Produk: yuan

  • Remaja Habiskan Puluhan Juta Terapi Tinggi Badan, ‘Nyusut’ Lagi setelah 2 Minggu

    Remaja Habiskan Puluhan Juta Terapi Tinggi Badan, ‘Nyusut’ Lagi setelah 2 Minggu

    Jakarta

    Seorang remaja laki-laki 16 tahun di China yang menghabiskan 16.700 yuan (sekitar Rp37 juta) untuk terapi tinggi badan. Meski tumbuh 1,4 cm dalam enam bulan, tubuhnya kembali menyusut ke tinggi aslinya dalam waktu dua minggu.

    Diberitakan SCMP, remaja yang bermarga Huang tersebut menjalani perawatan selama enam bulan, dari Februari hingga Agustus, di Xiamen, Provinsi Fujian. Ayahnya mengungkapkan bahwa meskipun tinggi badan anaknya meningkat dari 165 cm menjadi 166,4 cm pada bulan Agustus, ia kembali menyusut menjadi 165 cm hanya dua minggu setelah perawatan berakhir.

    Ayahnya mengeluh kepada institusi yang memberikan perawatan tersebut. Seorang staf mengatakan kepadanya bahwa anaknya “terlalu tua untuk dikoreksi” dan memberikan pengembalian dana penuh. Ayah Huang merasa seharusnya mereka diberitahu kebenaran itu lebih awal.

    Perawatan yang Tidak Ilmiah

    Setiap satu atau dua minggu sekali, Huang membawa putranya untuk perawatan yang mencakup peregangan kaki dan penggunaan peralatan medis untuk “mengaktifkan” lututnya. Sang ayah memperhatikan bahwa tinggi badan putranya menyusut saat mereka melewatkan janji temu, tetapi pihak institusi mengatakan itu hanya karena perawatannya belum selesai.

    Institusi tersebut mengatakan kepada The Beijing News bahwa perawatan mereka bertujuan untuk menstimulasi tulang lutut anak-anak agar tumbuh lebih tinggi.

    Namun, seorang endokrinologis di Peking Union Medical College Hospital, Wu Xueyan, mengatakan bahwa peregangan secara paksa bukanlah cara ilmiah untuk menambah tinggi badan seseorang.

    Ia setuju bahwa mungkin saja tinggi seseorang bertambah setengah hingga satu sentimeter dengan peregangan. Namun, Wu menambahkan, “Seseorang di pagi hari setengah hingga satu sentimeter lebih tinggi dari diri mereka sendiri di sore hari.”

    Wu menjelaskan bahwa berat badan seseorang memadatkan tulang belakang mereka sepanjang hari, dan di malam hari, tulang belakang kembali rileks sehingga tinggi badan bertambah. “Manusia bukanlah mi. Tidak ilmiah untuk meregangkan seseorang agar menjadi lebih panjang,” tegas Wu.

    Nama institusi tersebut tidak diungkapkan, dan tidak diketahui apakah mereka memenuhi syarat untuk melakukan perawatan semacam itu pada anak-anak.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video Survei: 34,9% Remaja Alami Masalah Mental”
    [Gambas:Video 20detik]
    (kna/kna)

  • Denza N9 Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 900 Jutaan!

    Denza N9 Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 900 Jutaan!

    Jakarta

    Denza N9 versi terbaru meluncur. SUV premium ini dibanderol mulai Rp 900 jutaan.

    Merek premium di bawah naungan BYD, Denza, baru saja meluncurkan SUV N9 versi teranyar. Denza N9 merupakan SUV plug-in hybrid dengan bodi bongsor. Secara dimensi, Denza N9 punya panjang 5.258 mm, lebar 2.030 mm, dan tinggi 1.830 mm.

    Jarak sumbu rodanya 3.125 mm. Denza N9 versi anyar ini kini sudah dibekali dengan sistem bantuan mengemudi ‘Mata Tuhan’ alias ‘God’s Eye B’ hasil pengembangan BYD. Tak cuma itu, N9 juga sudah mengusung sistem ‘DiSus-A’ yang ditopang tiga motor listrik.

    Di bagian interior, Denza N9 versi 2026 ini menyajikan interior bernuansa ‘Golden Mountain Brown’. Di dalam kabin terdapat instrumen panel berupa layar LCD berukuran 13.2 inch dengan resolusi 2.5K, layar pusat kontrol berukuran 17,3 inch 2.5K, dan layar penumpang depan 13,2 inch 2.5K.

    Ada juga fitur tambahan meliputi layar AR-HUD berukuran 50 inch, sistem audio Devialet dengan 26 speaker, dan teknologi kokpit DiLink 150. Konfigurasi tempat duduknya adalah 2+2+2, dengan penumpang di depan bisa menikmati kursi ‘Queen Seat’ dengan teknologi nol gravitasi.

    Kursi di depan dan baris kedua dilengkapi dengan fungsi pemanas, ventilasi, dan juga pijat. Kursi di baris kedua dapat bergerak secara horizontal. Di baris kedua, terdapat dua meja kecil, wireless charging ganda 50 W, layar 17,3 inch yang terpasang di langit-langit, dan kulkas.

    Bagi yang duduk di baris ketiga, hanya tersedia pengaturan daya dan fungsi pemanas. Fitur ‘Mata Tuhan’ yang disematkan Denza pada N9 dapat menyediakan bantuan navigasi perkotaan tanpa peta dari ujung ke ujung. Perangkat kerasnya mencakup satu LiDAR, lima radar gelo,bang untuk mendeteksi depan, samping, dan belakang, 12 kamera, serta 12 radar ultrasonik.

    Soal dapur pacu, Denza N9 menggabungkan mesin 2.0 turbo dengan efisiensi termal 44,13 persen, yang bisa menyalurkan tenaga 207 daya kuda. Sementara tiga motor listrik yang dibenamkan dalam Denza N9 memiliki tenaga sebesar 912 daya kuda. Di balik kemudi Denza N9, akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 3,9 detik.

    Bila tangki bensin dan baterai terisi penuh, mobil bisa menempuh jarak hingga 1.302 km. Kalau hanya mengandalkan motor listrik, Denza N9 ini bisa menjelajah sejauh 202 km. Denza N9 ditawarkan dengan banderol mulai 389.800 yuan hingga yang termahal 449.800 yuan. Kalau dikonversi ke rupiah, harganya mulai Rp 900 jutaan hingga Rp 1 miliaran. (1 yuan = Rp 2.330).

    (dry/din)

  • Alarm Ekonomi China, Belanja Pemerintah China Cuma Tumbuh 6%

    Alarm Ekonomi China, Belanja Pemerintah China Cuma Tumbuh 6%

    Bisnis.com, SOLO – Belanja pemerintah China tumbuh lebih lambat untuk bulan kedua berturut-turut, menandakan risiko baru bagi perekonomian Negeri Panda yang momentum pemulihannya mulai melemah.

    Data Kementerian Keuangan yang dikutip dari Bloomberg pada Kamis (18/9/2025) menunjukkan total pengeluaran dari dua pos fiskal utama hanya naik 6% pada Agustus 2025 dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 2,7 triliun yuan (US$380 miliar). Laju tersebut menjadi yang paling lambat sejak Mei.

    Sementara itu, penerimaan gabungan pemerintah dari anggaran publik umum dan dana yang dikelola pemerintah hanya naik kurang dari 0,3% menjadi 1,6 triliun yuan. Akibatnya, defisit anggaran periode Januari–Agustus melebar menjadi 6,7 triliun yuan.

    “Perlambatan pertumbuhan belanja pemerintah pada Agustus, akumulasi simpanan fiskal, serta penurunan tajam investasi infrastruktur selama Juli–Agustus menunjukkan bahwa pembuat kebijakan tidak terburu-buru menambah stimulus, meski ekspor masih cukup tangguh,” tulis ekonom Goldman Sachs Group Inc. termasuk Lisheng Wang dalam catatan riset.

    Pelemahan belanja ini mengikuti percepatan stimulus fiskal pada awal tahun ketika ekonomi terbesar kedua dunia itu menghadapi tekanan dari tarif impor yang diberlakukan Donald Trump. Pada Agustus, penerbitan obligasi pemerintah bersih juga melambat untuk pertama kalinya tahun ini, sehingga membatasi ruang belanja Beijing.

    Minimnya dukungan fiskal berkontribusi terhadap kinerja ekonomi terlemah sepanjang tahun, khususnya pada Juli dan Agustus. Investasi — salah satu instrumen utama pemerintah untuk mendorong pertumbuhan — anjlok signifikan.

    Meski semakin banyak analis mendesak Beijing meningkatkan stimulus, risiko lonjakan utang membuat otoritas kemungkinan menahan diri dari ekspansi fiskal agresif seperti beberapa tahun terakhir. Hingga Januari–Agustus, belanja pemerintah secara keseluruhan tercatat naik 8,9% dari tahun lalu menjadi 24,2 triliun yuan.

    Angka terbaru Kementerian Keuangan juga menunjukkan pemerintah kesulitan meningkatkan penerimaan. Pelemahan ekonomi membatasi pendapatan pajak, sementara penjualan lahan tetap lesu seiring krisis perumahan yang belum berakhir.

    Dalam delapan bulan pertama 2025, penerimaan pajak hanya naik tipis 0,02% menjadi 12,1 triliun yuan, sedangkan pendapatan pemerintah daerah dari penjualan lahan turun 4,7% menjadi 1,9 triliun yuan. Keduanya menyumbang 80% dari total penerimaan pemerintah selama periode tersebut.

    “Dengan permintaan domestik yang lesu serta kelemahan berlanjut di pasar tenaga kerja dan properti, kami menilai pelonggaran tambahan yang terukur dan terarah masih diperlukan dalam kuartal mendatang,” tambah ekonom Goldman Sachs.

  • Ecommerce China Empot-empotan Bakar Uang, Kondisinya Memprihatinkan

    Ecommerce China Empot-empotan Bakar Uang, Kondisinya Memprihatinkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Persaingan antar e-commerce China kian memprihatinkan gara-gara ingin memenangkan industri ‘ritel instan’. Diprediksi perang harga akan menekan laba jangka pendek hingga menengah. 

    Alibaba, Meituan, dan JD.com terus-terusan menggelar diskon hingga kupon untuk merebut pangsa pasar konsumen ritel instan. Strategi ‘bakar uang’ yang kian menggerus keuntungan ini menjadi sorotan para analis. 

    Menurut analis, persaingan harga yang sengit tak cuma akan memangkas laba, tetapi juga menambah tekanan deflasi di negara ekonomi terbesar kedua di dunia.

    Bahkan analis memperkirakan total uang yang dibakar industri ini mencapai lebih dari US$4 miliar (Rp65 triliun) hanya kuartal II 2025 untuk promosi dan subsidi.

    “Persaingan semakin menantang, mirip permainan berisiko tinggi di mana investasi awal pemain yang menyerah lebih dulu akan terbuang sia-sia. Kami memperkirakan persaingan intens ini akan berlanjut setidaknya hingga festival belanja [Singles’ Day] pada November,” kata Kenneth Fong, Kepala Riset Internet UBS Investment Bank di China, dikutip dari Reuters, Selasa (16/9/2025).

    CEO JD.com Sandy Xu bahkan menyebut adanya persaingan berlebihan yang tidak berkelanjutan, sementara CEO Meituan Wang Xing menilai industri memasuki fase baru kompetisi. PDD Holdings juga mengakui persaingan kian intensif sepanjang kuartal berjalan.

    Awal tahun, JD.com meluncurkan aplikasi baru untuk menyaingi bisnis inti pengiriman makanan Meituan. Alibaba kemudian mengikuti dengan meningkatkan investasi pada aplikasi Ele.me. Semua perusahaan berkomitmen menggelontorkan dana miliaran dolar untuk memenangkan pasar.

    S&P Global memperkirakan ketiga perusahaan besar itu akan menghabiskan sedikitnya 160 miliar yuan dalam 12-18 bulan ke depan demi mempertahankan atau memperluas pangsa pasar. Margin diprediksi sulit pulih dalam 1-2 tahun ke depan.

    Meituan diperkirakan paling terpukul karena bisnis pengiriman makanan menjadi kontributor utama pendapatannya. JD.com pun mencatat kerugian di segmen ini yang hampir menghapus laba kuartal II, sementara Alibaba dinilai relatif lebih aman.

    Meski demikian, perusahaan tetap yakin kerugian jangka pendek akan terbayar dengan potensi keuntungan jangka panjang. Alibaba memperkirakan segmen ritel instan dapat menambah 1 triliun yuan nilai transaksi tahunan dalam tiga tahun mendatang.

    Namun, regulator berulang kali mengingatkan agar perusahaan tidak terjebak dalam perang harga balapan ke dasar. Juli lalu, Meituan, Alibaba, dan JD.com bahkan terpaksa mengeluarkan pernyataan resmi berkomitmen menahan persaingan harga.

    “Kami memperkirakan komitmen perusahaan terhadap kebijakan pemerintah dalam mencegah involusi akan secara bertahap menormalkan dinamika persaingan,” kata Ying Wang, Analis Senior Moody’s Ratings.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Kemenhub Jamin Utang Whoosh Tak Ganggu Layanan Kereta Api PSO – Page 3

    Kemenhub Jamin Utang Whoosh Tak Ganggu Layanan Kereta Api PSO – Page 3

    Untuk diketahui, KAI punya porsi pengendali dalam PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). PSBI merupakan konsorsium BUMN yang memegang saham di PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

    Sebagai informasi juga, ada sejumlah beban utang yang ditanggung konsorsium dalam mengerjakan megaproyek kereta cepat Whoosh ini. Dalam catatan Liputan6.com, ada utang yang telah dicairkan China Development Bank (CDB) senilai Rp 6,89 triliun pada awal 2024 lalu ke KAI untuk menambal pembengkakan biaya pengerjaan proyek Whoosh.

    Pencairan utang itu dibagi dalam dua fasilitas. Fasilitas A senilai USD 230.995.000 atau USD 230,9 juta. Angka ini setara dengan Rp 3,6 triliun (kurs: Rp 15.635). Kemudian, Fasilitas B dengan mata uang Yuan China (CNY) 1.542.787.560 atau setara USD 217.080.000 dengan kurs berlaku CNY 7,107 per dolar AS. Angka ini setara dengan Rp 3,39 triliun (kurs Rp 15.635).

     

  • Harga Rp 140 Jutaan, Begini Spesifikasi Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin

    Harga Rp 140 Jutaan, Begini Spesifikasi Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin

    Jakarta

    Anak perusahaan BAIC di China, Arcfox, resmi meluncurkan Arcfox T1 untuk pasar domestik. Kendaraan listrik yang digadang-gadang sebagai penantang BYD Dolphin itu punya sejumlah kelebihan, mulai dari harga yang terjangkau hingga fitur hiburan yang lengkap!

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (13/9), Arcfox T1 dibanderol mulai dari 62.800 yuan atau Rp 140 jutaan di China. Meski termasuk murah, namun spesifikasi kendaraan tersebut setara mobil listrik mid-range atau kelas menengah.

    Di China, Arcfox T1 akan bersaing dengan nama-nama populer, seperti Geely Xingyuan dan BYD Dolphin. Keduanya sama-sama berstatus sebagai produk terlaris di kelasnya.

    Nah, dengan harganya yang sangat terjangkau, bagaimana spesifikasi Arcfox T1? Berikut hasil rangkuman kami.

    Spesifikasi Arcfox T1

    Desain

    Mobil listrik Arcfox T1. Foto: Doc. BAIC

    Desain Arcfox T1 mengusung filosofi “Arc-Flow” yang menciptakan tampilan modern dan aerodinamis. Dari samping, mobil itu tampil elegan berkat penggunaan velg aluminium alloy 18 inci dengan desain multi-spoke. Dimensinya pun cukup besar untuk sekelasnya, yakni panjang 4.337 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.572 mm, dan wheelbase 2.770 mm.

    Bagian yang paling menarik dari mobil listrik tersebut ada di area depan. Sebab, pabrikan benar-benar menonjolkan nuansa yang clean dan minimalis. Headlamp atau lampu utamanya dirancang terhubung, kemudian logonya dibuat kecil dan samar di area sentral.

    Fitur

    Mobil listrik Arcfox T1. Foto: Doc. BAIC

    Masuk ke interior, Arcfox T1 dibekali kabin dengan nuansa futuristik. Di balik kemudi terdapat panel instrumen LCD 8,8 inci, dipadukan dengan layar sentral floating 15,6 inci yang menjadi pusat kontrol utama. Fitur tersebut memberikan kesan mewah sekaligus canggih untuk mobil sekelasnya.

    Arcfox T1 juga menonjolkan kenyamanan dan kebersihan kabin lewat fitur “Extreme Clean Cabin”. Ruang kabinnya menggunakan lapisan anti-noda nano yang diklaim aman untuk bayi, serta memiliki tingkat VOC (Volatile Organic Compounds) rendah, bau kabin yang minim, dan emisi polusi rendah.

    Soal kepraktisan, mobil tersebut dibekali cup holder di bagian depan, dua kompartemen untuk smartphone, ruang penyimpanan di bawah konsol tengah, dan bagasi dengan desain cekung yang menambah kapasitas angkut.

    Mesin dan Baterai

    Mobil listrik Arcfox T1. Foto: Doc. BAIC

    Arcfox T1 hadir dalam lima varian yang terbagi ke dalam dua pilihan jarak tempuh, yakni 320 km dan 425 km. Menariknya, versi 425 km sudah bisa langsung dikirim ke konsumen, sementara varian 320 km dijadwalkan mulai dikirim pada pertengahan bulan depan.

    Arcfox T1 menggunakan motor listrik berdaya 70 kW (setara 94 hp). Untuk varian jarak tempuh 425 km, mobil tersebut mengandalkan baterai LFP 42,3 kWh buatan CALB. Sementara spesifikasi baterai varian 320 km belum dijelaskan secara rinci, namun diyakini tetap efisien untuk penggunaan dalam kota.

    (sfn/dry)

  • Zeekr X Terbaru Bakal Segera Meluncur dengan Tenaga Lebih Buas

    Zeekr X Terbaru Bakal Segera Meluncur dengan Tenaga Lebih Buas

    JAKARTA – SUV listrik populer dari Zeekr yakni Zeekr X dipastikan segera meluncur. Melalui pengungkapan dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) Tiongkok, model terbaru ini diketahui menghadirkan peningkatan signifikan pada sektor performa, meskipun desain eksteriornya tetap dipertahankan.

    Mengutip dari laman CarNewsChina, Jumat, 12 September, pembaruan utama Zeekr X terletak pada bagian penggerak. Motor listrik belakang kini ditingkatkan dari 200 kW (268 hp) menjadi 250 kW (335 hp).

    Varian Penggerak Roda Belakang (RWD) kini ditenagai sepenuhnya oleh motor 250 kW yang dipadukan dengan baterai lithium iron phosphate.

    Lalu varian Penggerak Semua Roda (AWD) mengombinasikan motor depan 115 kW (154 hp) dengan motor belakang baru 250 kW. Hasilnya, Zeekr X AWD memiliki total output daya gabungan mencapai 365 kW (489 hp).

    Kedua versi ini memiliki kecepatan tertinggi yang sama, yaitu 190 km/jam, menunjukkan fokus Zeekr untuk memberikan akselerasi dan performa yang lebih responsif.

    Desain dan Fitur yang Tetap Menarik

    Meskipun bagian dalamnya bertenaga baru, Zeekr X mempertahankan desain eksterior yang sudah dikenal. Dimensi bodinya tetap kompak, dengan panjang 4450 mm, lebar 1836 mm, dan tinggi 1572 mm, serta jarak sumbu roda 2750 mm.

    SUV ini tetap dilengkapi dengan detail pencahayaan yang futuristik, seperti lampu DRL yang terdiri dari 56 LED dan lampu belakang tembus sepanjang 1,5 meter dengan 229 LED. Beberapa opsi personalisasi seperti desain pelek, kaliper rem, dan warna kaca spion samping juga tersedia untuk disesuaikan dengan selera konsumen.

    Berdasarkan data penjualan dari media China, Zeekr X model lama mencatat penjualan 465 unit pada Agustus 2025 dan total kumulatif 4.611 unit sepanjang tahun ini, menunjukkan popularitasnya di pasar. Model Zeekr X yang ada saat ini ditawarkan dengan harga mulai dari 149.000 yuan (setara Rp343 juta) dengan pilihan tata letak 4 kursi atau 5 kursi.

  • Tampang Mobil Listrik Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 140 Jutaan

    Tampang Mobil Listrik Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 140 Jutaan

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Jumat, 12 Sep 2025 18:39 WIB

    Jakarta – Anak perusahaan BAIC, Arcfox resmi meluncurkan Arcfox T1 di China. Mobil listrik penantang BYD Dolphin itu dibanderol mulai dari 62.800 yuan atau Rp 140 jutaan.

  • Debut Spektakuler Huawei Maextro S800, Mampukah Geser Dominasi Maybach?

    Debut Spektakuler Huawei Maextro S800, Mampukah Geser Dominasi Maybach?

    JAKARTA – Maextro, merek mobil mewah yang lahir dari kolaborasi Huawei dan JAC Motors, membuat gebrakan amat positif di pasar otomotif China. Model mobil mewah perdananya, Maextro S800, mencatatkan pengiriman retail yang impresif, mencapai 1.006 unit di bulan pertama setelah diluncurkan.

    Pencapaian ini bukan main-main. Meski ditawarkan cukup mahal dengan rentang harga mencapai 1.018.000 yuan (sekitar Rp2,3 miliar), penjualannya telah menyumbang hingga 1 miliar yuan (sekitar Rp2,3 trilun) untuk JAC.

    Mobil inimenjadi model pertama yang dibangun di atas sistem sasis pintar Tuling generasi kedua dari Huawei dan dirancang dengan arsitektur smart driving L3. Secara dimensi, Maextro S800 memiliki panjang 5.480 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 3.370 mm.

    Maextro S800 hadir dengan beragam pilihan untuk memenuhi selera konsumen kelas atas, termasuk varian Battery Electric Vehicle (BEV) dan Extended-Range Electric Vehicle (EREV). Selain itu, konsumen dapat memilih antara konfigurasi empat kursi yang lebih eksklusif atau lima kursi yang lebih lapang.

    Respons pasar menunjukkan bahwa konsumen China kini semakin terbuka menerima kendaraan energi baru merek lokal. Selain memanfaatkan reputasi Huawei, daya tarik desain eksterior yang canggih dan teknologi range-extender yang praktis menjadi faktor kunci yang meredam kekhawatiran jarak tempuh.

    Pesanan Melebihi Maybach S-Class

    Dikutip dari laporan ChinaEVHome, Kamis, 11 September, angka pengiriman yang menjanjikan ini sejalan dengan minat pasar yang sangat tinggi. Direktur Eksekutif Huawei, Richard Yu, mengungkapkan bahwa S800 telah mengamankan lebih dari 10.000 pesanan dalam 67 hari pertama. Angka resmi terbaru bahkan menunjukkan pesanan kumulatif mencapai 12.000 unit dalam 87 hari.

    Sebagai perbandingan, Mercedes-Maybach S-Class, yang merupakan salah satu simbol kemewahan, mencatatkan total 12.449 penjualan di Tiongkok sepanjang tahun 2024. Ini berarti Maybach S-Class hanya menjual rata-rata 1.037 unit per bulan, angka yang nyaris setara dengan debut S800. Momentum pesanan Maextro S800 bahkan sudah menyaingi merek legendaris asal Jerman tersebut.

    Kini, persaingan di segmen EV mewah domestik semakin memanas. NIO juga telah meluncurkan sedan andalannya, ET9, dengan harga mulai dari RMB 788.000. Model ini mencatatkan pengiriman 835 unit di bulan April, menambah ketatnya persaingan.

    Saat ini, produksi S800 masih dalam tahap peningkatan. Sumber industri melaporkan pengiriman 330 unit minggu lalu, dengan proyeksi volume September mencapai sekitar 1.500 unit. Diharapkan, produksi akan stabil di kuartal keempat, mencapai 2.000–3.000 unit per bulan, menandakan bahwa Maextro siap menjadi pemain besar di pasar mobil mewah.

  • Spesifikasi SUV Off Road BYD Harga Rp 400 Jutaan, Konsumsi BBM Tembus Segini

    Spesifikasi SUV Off Road BYD Harga Rp 400 Jutaan, Konsumsi BBM Tembus Segini

    Jakarta

    SUV off road dari subbrand BYD, Fang Cheng Bao Tai 7 baru saja diluncurkan. Berikut ini spesifikasi SUV yang dibanderol mulai Rp 400 jutaan itu.

    SUV off road dengan wujud kekar BYD menyapa warga China. BYD melalui subbrand Fang Cheng Bao baru saja meluncurkan SUV off road berteknologi plug-in hybrid (PHEV) yang dinamakan Tai 7. Fang Cheng Bao Tai 7 itu dihadirkan dalam empat varian dengan opsi penggerak roda belakang dan penggerak di seluruh roda.

    Spesifikasi SUV Off Road BYD

    Menyoal spesifikasi, FCB Tai 7 PHEV tersebut menggabungkan mesin bensin turbo dan juga motor listrik serta baterai. Dikutip Car News China, BYD menyematkan teknologi hybrid dengan perpaduan mesin 1.5 turbo dan motor listrik. Mesinnya memiliki tenaga maksimal 154 daya kuda. Ada dua opsi tenaga penggerak yang ditawarkan yaitu RWD (Rear Wheel Drive) dan AWD (All-wheel Drive). Versi RWD, mesinnya dipasangkan dengan motor listrik 200 kW, serta opsi baterai 26,6 kWh dan 35,6 kWh. Masing-masing baterai itu menjanjikan jarak tempuh 135 km dan 200 km.

    Sedangkan varian AWD mengusung motor listrik 160 kW dan baterai 35,6 kWh dan menjanjikan jarak tempuh 190 km. Bila kondisi tangki terisi penuh bensin dan baterai, maka mobil ini bisa menjelajah sejauh 1.300 km. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik.

    Laiknya mobil hybrid pada umumnya, FCB Tai 7 terbilang irit. Di atas kertas, konsumsi BBM-nya per 100 km adalah 4,9 liter. Kalau dikonversi ke km/liter, maka tiap satu liter bisa menempuh jarak 20,4 km. Konsumen di negeri tirai bambu itu bisa memilih tujuh opsi warna eksterior di antaranya hijau, emas, silver, biru, hitam, dan abu-abu.

    Di dalam kabin, ada banyak layar yang tersemat. Total ada tujuh layar di bagian tengah, di balik kemudi, dan juga di baris belakang dengan ukuran beragam. Layar paling kecil berukuran 12,3 inch untuk instrumen panel. Sedangkan layar terbesar berukuran 26 inch untuk W-HUD. Konfigurasi lainnya berupa 20 speaker, kulkas di konsol tengah dengan pengaturan suhu -6 derajat celcius hingga 50 derajat celcius. Ada juga wireless charging dan ambient light.

    Harga SUV Off Road BYD

    Bagi yang tertarik, FCB Tai 7 ini bisa dibawa pulang dengan harga mulai Rp 400 jutaan. Sayangnya, baru konsumen di China yang bisa membawa pulang FCB Tai 7 ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut harga FCB Tai 7:

    135 KM RWD Pro: 179.800 yuan (setara Rp 415 jutaan)200 KM RWD Max: 189.800 yuan (setara Rp 438 jutaan)190 KM AWD Max: 206.800 yuan (setara Rp 477 jutaan)190 KM AWD Ultra: 219.800 yuan (setara 507 jutaan)

    (dry/rgr)