Produk: yuan

  • Kisah Mantan Pengemis Penyandang Polio yang Kini Menjadi Dokter

    Kisah Mantan Pengemis Penyandang Polio yang Kini Menjadi Dokter

    Jakarta

    Li Chuangye adalah seorang dokter berusia 37 tahun yang telah menginspirasi jutaan orang di dunia maya. Saat masih kanak-kanak dia hidup dengan polio, dan dipaksa mengemis. Dia baru belajar membaca pada usia 16 tahun.

    Lahir pada 1988 di Provinsi Henan dari keluarga petani miskin, Li Chuangye terjangkit polio saat berusia tujuh bulan. Penyakit itu menyebabkan Li tidak bisa berjalan. Ke mana-mana, dia harus berjongkok.

    Semasa kecil, Li bermimpi pergi ke sekolah membawa tas ransel seperti anak-anak lain, tetapi ia sering diejek. Beberapa anak menyebutnya “sampah”, dan ia “hanya bisa makan dan tidak punya kegunaan lain”.

    “Ini sangat menyakitkan saya,” kata Li.

    Ketika Li berusia sembilan tahun, orang tuanya mendengar bahwa operasi kaki akan membuat Li bisa berjalan. Mereka lalu meminjam banyak uang untuk operasi tersebut.

    Harapan Li untuk bisa berjalan lagi, begitu tinggi.

    Namun operasi itu gagal.

    Harapan Li untuk bisa berjalan hancur seketika. Akibatnya, dia terjerumus ke dalam depresi berat. Dia merasa hidupnya tak berarti. Bahkan, dia pernah mengatakan kepada ibunya bahwa dia lebih baik mati.

    Dr Li ChuangyeLi Chuangye menyiarkan pendakiannya kepada ribuan orang di dunia maya.

    Kata-kata sang ibu sangat menyentuh Li.

    “Saya memikirkan betapa besar pengorbanan orang tua dan keluarga untuk saya. Saya pun menangis tersedu-sedu. Saya menyadari bahwa saya harus hidup, bukan hanya untuk diri saya sendiri, tetapi juga untuk mereka,” kata Li.

    Tak lama kemudian, seorang pria dari luar kota datang ke desa tempat tinggal Li. Pria itu mencari anak-anak difabel untuk berjualan dupa di kuil.

    Dia berjanji kepada Li akan mengirimkan uang sebesar gaji bulanan ayahnya saat itu.

    “Orang tua saya sangat menentangnya, tetapi saya melihatnya sebagai kesempatan untuk mencari nafkah dan meringankan beban keluarga saya,” kata Li.

    Li setuju mengikuti pria itu.

    Mengemis di jalan

    Namun, janji pekerjaan itu bohong belaka.

    Li mengklaim bahwa orang asing itu menjalankan bisnis mengemis dengan memperkerjakan anak-anak difabel.

    Selama tujuh tahun berikutnya, Li mengaku dipaksa mengemis di jalanan bersama anak-anak penyandang disabilitas lainnya.

    Pada malam pertamanya bersama “bos” barunya, salah satu anak memperingatkan Li untuk bekerja keras atau ia akan dipukuli. Ternyata ini benar.

    Keesokan paginya, Li ditinggalkan di trotoar, bertelanjang dada. Kakinya dipelintir di punggungnya dalam pose yang akan mengundang lebih banyak simpati khalayak.

    Baca juga:

    Li tidak mengerti mengapa orang-orang memasukkan uang ke dalam mangkuknya. Pada suatu ketika, ada orang yang bertanya mengapa Li mengemis, padahal seharusnya ia bersekolah.

    “Di kampung halaman saya, mengemis itu memalukan. Saya tidak menyadari itulah yang saya lakukan. Kesadaran itu menghancurkan saya,” kata Li.

    Li bisa mendapatkan beberapa ratus yuan sehari uang yang sangat banyak pada 1990-an tetapi semuanya jatuh ke tangan bosnya.

    “Kalau penghasilan saya lebih rendah dari anak-anak lain, dia akan menuduh saya bermalas-malasan dan terkadang memukul saya,” ujarnya.

    “Jadi, itu sangat menyakitkan selama bertahun-tahun.”

    Selama bertahun-tahun, anak-anak lain melarikan diri atau dipulangkan oleh polisi. Tetapi Li tetap tinggal, bertekad untuk membantu keluarganya. Ketika polisi menawarkan bantuan, ia menolak, berkeras bahwa ia sedang bersama kerabat.

    Dr Li ChuangyeLi mengaku mendapat kebahagiaan dari mendaki gunung. Pada foto ini, dia mendaki Gunung Hua setinggi 2.154 meter.

    Selama tujuh tahun, baik musim dingin maupun musim panas, Li mengemis keliling negeri.

    “Rasanya seperti hidup di neraka. Saya malu, menghindari kontak mata, kaki saya terpelintir ke belakang dengan menyakitkan untuk membangkitkan rasa iba. Saya berdoa agar hujan atau kegelapan turun agar tidak mengemis,” ujarnya kepada program BBC World Service Outlook.

    Setiap malam Tahun Baru, ia menelepon ke rumah, meyakinkan orang tuanya bahwa semuanya baik-baik saja dan mereka tidak perlu khawatir.

    “Tetapi setelah menelepon, saya akan menangis di kamar. Saya tidak bisa memberi tahu mereka bahwa saya mengemis di jalanan,” katanya.

    Bahkan sekarang, 20 tahun kemudian, trauma itu masih membekas.

    “Mengemis meninggalkan luka psikologis yang mendalam. Saya masih memimpikannya, terbangun dengan lega dan menyadari bahwa itu hanyalah mimpi.”

    Membuka jalan melalui pendidikan

    Semuanya berubah ketika Li mengambil koran di jalan dan menyadari bahwa ia hanya bisa membaca huruf-huruf yang ada pada namanya.

    Saat itu, pada usia 16 tahun, ia memutuskan untuk pulang dan akhirnya bersekolah.

    “Saya tidak bisa membaca dan menulis. Hanya melalui pendidikanlah saya dapat mengubah hidup saya,” kenang Li.

    Pada waktu itu, pemerintah China memberlakukan kebijakan baru, yaitu tindakan menggunakan anak-anak penyandang disabilitas untuk mengemis adalah kejahatan.

    Li juga mendengar bahwa situasi keuangan keluarganya telah membaik. Ia memberi tahu ‘bos’ bahwa ia ingin mengunjungi keluarganya, dan dia diizinkan pergi.

    Baca juga:

    Setelah bertemu kembali dengan orang tuanya, Li baru mengetahui bagaimana kehidupan keluarganya yang sebenarnya.

    Li sangat marah ketika mengetahui bahwa pelaku eksploitasinya telah mengirimi uang kepada orang tuanya dengan jumlah jauh lebih sedikit daripada yang dijanjikan.

    Dengan dukungan orang tuanya, Li mendaftar di tahun kedua sekolah dasar, dengan murid-murid yang 10 tahun lebih muda darinya.

    Pada hari pertamanya, anak-anak mengerumuni mejanya, tetapi ia tidak peduli.

    “Saya tidak marahsaya sudah menghadapi begitu banyak ejekan dan kesulitan sebelumnya. Sekarang, sebagai pelajar, saya hanya ingin fokus belajar,” ujarnya.

    Dr Li ChuangyeAgar bisa sampai ke kampus, Li harus mengendarai skuter selama berjam-jam.

    Li menjadi siswa paling rajin, meskipun kondisi fisiknya menyebabkan sejumlah halseperti pergi ke toiletmenjadi tantangan.

    “Pergi ke toilet perlu usaha yang sangat besar. Jadi saya sering memaksakan diri untuk tidak minum air di sekolah,” ujarnya.

    Dengan tekad yang kuat, Li menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah dalam sembilan tahun.

    Dia kerap mengundang anak-anak desa untuk bermain serta mengerjakan PR.

    Ketika tiba saatnya mendaftar ke perguruan tinggi, kondisi fisiknya membatasi pilihannya. Namun, dia dapat mendaftar ke jurusan kedokteran.

    Li berpikir, “Jika saya menjadi dokter, mungkin saya dapat meneliti kondisi saya sendiri dan saya dapat membantu keluarga saya, menyelamatkan nyawa, dan berkontribusi bagi masyarakat.”

    Li diterima di sekolah kedokteran pada usia 25 tahun. Fasilitas di sana lebih mudah diakses, tetapi ia merasa kelas praktik adalah yang paling sulit.

    “Meskipun teman-teman sekelas dapat dengan mudah mengikuti guru untuk mengunjungi pasien atau berlari antarbangsal selama magang, saya mengalami masalah mobilitas.”

    “Apa yang dipelajari orang lain dalam sehari bisa memakan waktu lebih lama bagi saya.”

    Li merasa ia harus menjadi lebih kuat, dan memutuskan untuk mulai mendaki gunung.

    Pada pendakian pertamanya, ia membutuhkan waktu lima hari lima malam untuk mencapai puncak Gunung Tai.

    Ketika tangan dan kakinya retak dan mulai berdarah, ia tidak menyerah tetapi terus menaiki setiap anak tangga batu dengan pantatnya.

    Mendaki gunung tetap menjadi hobinya. Berkat hobi itulah, Li mulai dikenal khalayak ramai.

    Dr Li ChuangyeDr Li telah mendaki Lima Gunung Suci di China, serta Tembok Raksasa.

    Video-video pendakian yang dia bagikan ke media sosial menjadi viral beberapa bulan lalu.

    Sekarang Li mengelola sebuah klinik pedesaan kecil di Xinjiang. Dia sana, dia bertugas siang dan malam. Pasien-pasiennya memanggilnya “dokter ajaib”.

    “Merawat pasien dengan tangan saya sendiri, meningkatkan kesehatan tetangga saya itulah yang paling memuaskan saya,” katanya.

    Li terkejut ketika mengetahui kisah hidupnya menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dia berharap kisahnya akan membantu mengubah sikap dan pandangan masyarakat.

    “Beberapa orang menganggap penyandang disabilitas tidak berguna. Di restoran, saya pernah dikira pengemis saat berjongkok, dan diberi tahu tidak ada makanan. Saya tersenyum dan pergi kebanyakan orang baik,” ujarnya.

    Hidup penuh percaya diri dan tujuan

    Banyak orang bertanya kepada Li mengapa ia tidak melaporkan pria yang mengeksploitasinya saat masih kanak-kanak.

    “Saya memutuskan untuk melupakan masa lalu,” katanya.

    “Tujuh tahun itu memang pengalaman yang menyakitkan, tetapi itu adalah bagian dari hidup saya.”

    Perjalanan Li membentuk kembali perspektifnya.

    “Setelah bisa bersekolah, saya berhenti peduli dengan pendapat atau penilaian orang lain.”

    “Saya menyadari hal-hal itu tidak berarti. Saya ingin memfokuskan waktu dan energi saya untuk belajar dan mencapai tujuan hidup saya,” paparnya.

    Dr Li ChuangyeDr Li mengelola klinik dan siap dipanggil selama 24 jam dalam sehari, tujuh hari dalam sepekan.

    Ia mengatakan banyak penyandang disabilitas “berjuang untuk maju” karena mereka takut dihakimi atau diejek.

    “Tapi bagi saya, bukan itu intinya. Saya berkeliling kampus dan kota dengan berjongkok atau merangkak, entah untuk kelas, lokakarya, atau membantu ratusan teman disabilitas melalui pekerjaan saya.”

    “Saya pikir saya terlihat percaya diri melakukannya. Saya tidak peduli lagi dengan penampilan orang lain.”

    Kepada publik, ia menyampaikan perumpamaan berikut: “Hidup kita ibarat gunung kita mendaki satu gunung, dan masih ada gunung lain di depan. Kita terus berjuang dan maju.

    “Saya pikir seseorang harus selalu bersikap positif, optimis, dan pantang menyerah dalam meraih impian.”

    dr. Li Chuangye berbicara kepada program Outlook dari BBC World Service

    (haf/haf)

  • China Balas Dendam ‘Dibom’ Tarif Trump, Kapal AS Berlabuh Dipatok Biaya Tinggi

    China Balas Dendam ‘Dibom’ Tarif Trump, Kapal AS Berlabuh Dipatok Biaya Tinggi

    JAKARTA – China membalas kebijakan penetapan tarif yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap negaranya dengan menaikkan biaya pelabuhan khusus untuk kapal-kapal AS yang berlabuh.

    Tindakan itu dilakukan setelah AS berencana untuk untuk mengenakan biaya pelabuhan terhadap kapal-kapal China. Upaya China ini merupakan rangkaian balas dendam menjelang pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

    Mengutip AP, Jumat 10 Oktober, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) China pada Jumat 10 Oktober mengumumkan, kapal-kapal milik perusahaan atau warga negara AS, bahkan yang diproduksi di AS, akan dikenakan biaya 400 yuan atau sekitar Rp930 ribu per ton bersih per pelayaran jika berlabuh di Pelabuhan China.

    Biaya tersebut juga akan dibebankan pada kapal yang sama untuk maksimal lima pelayaran setiap tahun, dan akan naik setiap tahun hingga tahun 2028, ketika biaya tersebut akan naik menjadi 1.120 yuan atau Rp2,6 juta per ton bersih.

    Ilustrasi kapal kargo. (Hennie Stander-Unsplash)

    Penetapan tarif kapal-kapal AS di pelabuhan China akan mulai berlaku 14 Oktober mendatang, hari yang sama AS berencama mematok biaya pelabuhan pada kapal-kapal China.

    Sementara terkait rencana AS, kapal-kapal milik atau yang dioperasikan China akan dikenakan biaya 50 dolar AS atau Rp830 ribu per ton bersih untuk setiap pelayaran ke AS, yang kemudian akan naik sebesar 30 dolar AS atau Rp498 ribu per ton bersih setiap tahun hingga tahun 2028. Setiap kapal akan dikenakan biaya tidak lebih dari lima kali per tahun.

    Kemenhub China dalam pernyataannya menyebutkan, biaya khusus yang diberlakukannya terhadap kapal-kapal AS merupakan “tindakan balasan” sebagai tanggapan atas praktik-praktik AS yang “melanggar hukum”, merujuk pada rencana biaya pelabuhan AS terhadap kapal-kapal China.

    Kementerian tersebut juga mengecam biaya di pelabuhan AS “diskriminatif”, dan “sangat merugikan kepentingan sah industri pelayaran China”, termasuk “sangat merusak” tatanan ekonomi dan perdagangan internasional.

    China telah mengumumkan serangkaian langkah dan pembatasan perdagangan jelang pertemuan Trump dan Xi di sela-sela forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Korea Selatan yang akan dimulai pada akhir Oktober 2025.

  • HP Baru Xiaomi Bisa Ngobrol Tanpa Kuota, Begini Cara Kerjanya

    HP Baru Xiaomi Bisa Ngobrol Tanpa Kuota, Begini Cara Kerjanya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Xiaomi kembali menghadirkan inovasi unik, bukan HP, laptop, tapi Digital Walkie Talkie. Ini adalah perangkat komunikasi modern yang menggabungkan desain klasik dengan teknologi masa kini.

    Walkie-talkie ini diklaim mampu menjangkau komunikasi hingga 5 kilometer di area terbuka dan tetap berfungsi di area tertutup hingga 10.000 meter persegi.

    Perangkat ini hadir dengan berbagai fitur canggih seperti layar LED berwarna 1,57 inci, konektivitas Bluetooth, ketahanan air IP54, serta baterai berkapasitas 2.500 mAh yang mampu bertahan hingga 100 jam dalam mode siaga dan sekitar 14 jam waktu bicara.

    Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melihat informasi kontak, mengatur konfigurasi, hingga mengetahui lokasi relatif pengguna lain secara real-time. Xiaomi juga memungkinkan penggunaan headset Bluetooth agar komunikasi lebih praktis tanpa kabel.

    Perangkat ini ditujukan untuk penggunaan di area tanpa sinyal ponsel, seperti pegunungan, perkemahan, kegiatan luar ruang, hingga kebutuhan logistik dan keamanan.

    Xiaomi menyebut walkie-talkie ini bisa menjadi solusi komunikasi cepat dalam situasi koordinasi atau keadaan darurat karena tidak membutuhkan jaringan seluler.

    Perangkat ini dibanderol seharga 349 yuan (sekitar Rp814 ribu). Kehadiran perangkat ini menjadi bukti bahwa teknologi lama masih relevan di era modern.

    Xiaomi berupaya menghadirkan produk dengan sentuhan nostalgia namun tetap fungsional, sekaligus menjadi alternatif komunikasi praktis tanpa ketergantungan pada smartphone.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Rute terpanjang Shenzhen-Mexico City layani 50.000 perjalanan

    Rute terpanjang Shenzhen-Mexico City layani 50.000 perjalanan

    Shenzhen (ANTARA) – Penerbangan penumpang langsung antara Shenzhen dan Mexico City, yang telah beroperasi selama lebih dari setahun, telah merampungkan 348 perjalanan (termasuk keberangkatan dan kedatangan) dan telah mencatatkan lebih dari 50.000 kunjungan penumpang hingga 21 September, demikian menurut China Southern Airlines Cabang Shenzhen pada Kamis (2/10).

    Dengan jarak tempuh lebih dari 14.000 kilometer (km), penerbangan outbond dari Shenzhen ke Mexico City saat ini merupakan rute internasional nonstop terpanjang yang dioperasikan dalam industri penerbangan sipil China. Adapun penerbangan inbound mencakup pemberhentian di Tijuana, Meksiko.

    Dari 50.000 perjalanan penumpang, 27.000 di antaranya berangkat dari Shenzhen ke Mexico City, sementara 23.000 merupakan perjalanan pulang. Rute ini juga telah memfasilitasi pengangkutan 1.700 ton kargo, ungkap cabang Shenzhen tersebut.

    Diluncurkan pada 11 Mei 2024, rute itu dilayani menggunakan pesawat Airbus A350, dengan tiga penerbangan pulang pergi per pekan.

    Yuan Jintao, manajer umum China Southern Airlines Cabang Shenzhen, mengatakan rute tersebut membantu perusahaan-perusahaan China menjajaki pasar Meksiko, dan meningkatkan efisiensi perdagangan antara kedua negara.

    Pewarta: Xinhua
    Editor: Ade irma Junida
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Harga Xiaomi 17 Pro dan Pro Max, Kapan Dijual di Indonesia?

    Harga Xiaomi 17 Pro dan Pro Max, Kapan Dijual di Indonesia?

    Bisnis.com, JAKARTA – Xiaomi menggemparkan pasar gadget dengan merilis Xiaomi 17 Series. Ponsel ini disebut akan menjadi pesaing berat dari iPhone 17 series.

    Ponsel asal China ini secara sengaja melewati seri 16, dan langsung “menggeber” pasar dengan memperkenalkan inovasi baru pada Xiaomi 17 Pro dan Xiaomi 17 Pro Max.

    Kedua ponsel tersebut memiliki bentuk bodi belakang yang mirip dengan iPhone 17 series. Sayangnya, Xiaomi memberikan tambahan layar belakang aktif yang memiliki beragam fungsi.

    Inovasi ini menjadi pukulan telak bagi iPhone yang hingga kini belum memberikan pembaruan mumpuni pada ponsel mereka.

    Diketahui, Xiaomi 17 Series resmi diperkenalkan pada 25 September 2025 di pasar China. Ponsel tersebut pun bisa dibeli oleh masyarakat mulai bisa dipesan sejak 27 September 2025.

    Sayangnya varian terbaru ini tak bisa didapatkan dengan mudah di pasar Indonesia. Hal ini dikarenakan Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max hanya dijual di China saja.

    Harga Xiaomi 17 Series

    Daftar Harga Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max untuk pasar China:

    Xiaomi 17 Pro 12 GB/256 GB – 5.000 yuan (Rp11,7 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro 12 GB/512 GB – 5.300 yuan (Rp12,4 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro 16 GB/512 GB – 5.600 yuan (Rp13,1 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro 16 GB/1 TB – 6.000 yuan (Rp14,1 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro Max 12 GB/512 GB – 6.000 yuan (Rp14,1 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro Max 16 GB/512 GB – 6.300 yuan (Rp14,8 jutaan)
    Xiaomi 17 Pro Max 16 GB/1 TB – 7.000 yuan (Rp16,4 jutaan)

    Spesifikasi Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max

    Xiaomi 17 Pro

    Xiaomi 17 Pro memiliki layar sekunder yang mendukung refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 3.500 nits, dan sudah dilengkapi teknologi DC Dimming.

    Khusus untuk Xiaomi 17 Pro Max, layar sekunder didesain dengan ukuran lebih besar yakni 2,9 inci.

    Kemudian Xiaomi 17 Pro memiliki chipset Snapdragon 8 Elite Gen 5 terbaru yang dipasangkan dengan RAM berjenis LPDDR5X 12 GB dan 16 GB. Disematkan pula penyimpanan internal (storage) UFS 4.1 berkapasitas 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

    Ponsel ini juga diberikan sistem pendingin vapor chamber berukuran 4.637 mm persegi, yang membuat ponsel lebih dingin saat digunakan untuk performa maksimal.

    Untuk baterainya, Xiaomi 17 Pro memiliki kapasitas 6.300 mAh yang mendukung fitur pengisian daya cepat HyperCharge via kabel (wired) 100 watt, nirkabel (wireless) 50 watt, serta reverse charging 22,5 watt.

    Kamera Xiaomi 17 Pro memiliki kamera utama bersensor OmniVision Light Fusion 950L 50 MP (1/1,28 inci) dengan rentang dinamis 16,5 stop. Lensa Leica Summilux f/1,67-nya lengkap dengan fitur penstabil gambar (OIS).

    Fitur lainnya yakni adanya kamera periskop telefoto 50 MP (5x zoom, OIS, f/3.0), kamera ultrawide 50 MP yang memiliki bidang pandang 102 derajat, dan kamera depan resolusi 50 MP serta sensor 3D Time-of-Flight (ToF) baru.

    Xiaomi 17 Pro Max

  • Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Jakarta

    Toyota resmi menghadirkan bZ3X dalam versi setir kanan. Model mobil listrik baterai (BEV) ini meluncur di Hong Kong dan Makau, menandai langkah penting Toyota dalam memperluas pasar EV ke negara-negara pengguna setir kanan.

    Di Makau, Toyota bZ3X dijual HKD 259.000 atau setara Rp 552,8 juta. Harga tersebut ternyata lebih tinggi dibanding pasar China, di mana model ini dijual dengan banderol 139.800 yuan atau sekitar Rp 326 juta. Sementara untuk Hong Kong, harga resminya masih menunggu konfirmasi.

    Di pasar Hong Kong dan Makau, bZ3X mengusung motor listrik bertenaga 204 PS dan torsi 210 Nm. Tenaga ini bersumber dari baterai lithium iron phosphate (LFP) 70 kWh. Dalam siklus uji NEDC, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 565 km sekali pengisian. Baterai mendukung pengisian cepat DC hingga 90 kW dan pengisian AC hingga 6,6 kW.

    Toyota bZ3X kali pertama meluncur di China Foto: Carnewschina

    Dari sisi dimensi, bZ3X memiliki panjang 4.600 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, dan jarak sumbu roda 2.765 mm. Bobotnya 1.835 kg, sementara bagasi menampung hingga 1.000 liter. Mobil ini dilengkapi velg alloy 19 inci dengan ban 225/45R19, serta suspensi depan MacPherson strut dan torsion beam di belakang.

    Masuk ke interior, bZ3X menawarkan kabin modern dengan panel instrumen digital 9 inci dan layar sentral 14,6 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay nirkabel. Sistem audionya menggunakan 11 speaker Yamaha, sementara kursi depan memiliki fitur ventilasi, pemanas, pendingin, serta pengatur suhu zona ganda dengan filter PM2.5. Kursi belakang bisa direbahkan hingga 137 derajat, dilengkapi atap panoramik untuk menambah kenyamanan.

    Meski demikian, versi Makau tidak mendapatkan motor lebih bertenaga 224 PS atau perangkat kemudi berbasis lidar seperti model di China. Toyota bZ3X sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Toyota, Guangzhou Automobile Group, GAC Toyota Motor, dan IEM by Toyota. Model ini sebelumnya tampil perdana di Auto China Beijing 2024 bersama bZ3C dan bZ3.

    Selain Hong Kong dan Makau, bZ3X versi setir kanan diperkirakan akan merambah pasar Jepang, Inggris, Australia, Selandia Baru, hingga Singapura. Indonesia kebagian nggak ya?

    (lua/dry)

  • Dolar AS Bangkit, Pasar Tunggu Dampak Shutdown dan Keputusan The Fed

    Dolar AS Bangkit, Pasar Tunggu Dampak Shutdown dan Keputusan The Fed

    Bisnis.com, JAKARTA – Dolar AS menguat di perdagangan Asia pada Kamis (2/10/2025) setelah Mahkamah Agung menunda sidang pemecatan pejabat The Fed. Pasar juga tengah menunggu dampak penutupan (shutdown) pemerintah AS dan arah kebijakan suku bunga.

    Berdasarkan data Reuters, indeks dolar terhadap sejumlah mata uang utama naik 0,1% menjadi 97,80, setelah sebelumnya melemah empat hari beruntun.

    “Untuk sementara, kekhawatiran pasar soal independensi The Fed mundur ke belakang layar dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Tony Sycamore, analis pasar IG di Sydney.

    Pasar kini mencermati berapa lama shutdown pemerintah AS berlangsung dan dampaknya terhadap publikasi data ekonomi. “Kita berada dalam kekosongan data hingga 13 Oktober,” tambah Sycamore.

    Adapun, penutupan pemerintahan AS menghentikan aliran data ekonomi federal di tengah ketidakpastian arah kebijakan. 

    Sehari sebelumnya, pemerintahan Trump membekukan dana US$26 miliar untuk negara bagian yang condong ke Partai Demokrat, melanjutkan ancaman menggunakan shutdown sebagai tekanan politik.

    Platform prediksi Polymarket menunjukkan kemungkinan terbesar shutdown bertahan 1–2 pekan, namun terdapat 34% peluang berlangsung lebih lama, dengan hampir US$1 juta menjadi taruhan.

    Sementara itu, lapangan kerja sektor swasta AS pada September anjlok 32.000, menyusul revisi penurunan 3.000 pada Agustus, menurut laporan ADP. 

    Investor kini menjadikan data ini sebagai acuan utama, karena laporan ketenagakerjaan resmi Departemen Tenaga Kerja untuk September tidak akan dipublikasikan akibat shutdown.

    Di sisi lain, aktivitas manufaktur AS naik tipis pada September, tetapi pesanan baru dan perekrutan melemah karena tekanan tarif impor besar-besaran era Trump.

    Pasar memperkirakan The Fed akan kembali memangkas suku bunga 25 basis poin dalam pertemuan Oktober. Berdasarkan CME FedWatch Tool, peluang pemangkasan mencapai 99,4%, naik dari 96,2% sehari sebelumnya. Harga emas turun 0,2% ke level US$3.857,09 per ons setelah sebelumnya melonjak ke rekor tertinggi seiring pelemahan dolar AS.

    Di pasar valuta asing, dolar AS naik 0,2% menjadi 147,305 yen, serta menguat 0,1% ke 7,13 yuan dalam perdagangan offshore. 

    Adapun nilai tukar euro melemah tipis 0,04% menjadi US$1,1725 setelah laporan Wall Street Journal menyebut AS akan membantu Ukraina dengan intelijen untuk serangan rudal jarak jauh ke infrastruktur energi Rusia. Sementara itu, sterling stabil di level US$1,3474.

  • Pantas Laku Keras, Begini Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Seharga Rp 150 Juta

    Pantas Laku Keras, Begini Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Seharga Rp 150 Juta

    Jakarta

    Kurang dari sepekan lalu, produsen roda empat asal China, Wuling telah meluncurkan mobil listrik terbaru untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut bernama Wuling Binguo S dan hanya dibanderol mulai dari 66.800 yuan atau Rp 150 jutaan!

    Dilansir dari Carnewschina, Rabu (1/10), Wuling Binguo S bisa ditebus 63.800 yuan atau Rp 149 jutaan untuk konsumen yang melakukan trade-in atau tukar tambah. Harganya yang murah membuat kendaraan tersebut laku keras di China.

    Dua hari setelah diluncurkan, Wuling Binguo S sudah terpesan 55.840 unit. Sementara unit yang terkirim ke konsumen baru mencapai 7.250 unit.

    Wuling Binguo S Foto: Dok. Carnewschina

    Dengan harganya yang murah, ditambah penjualan yang laku keras, kalian mungkin penasaran seperti apa spesifikasi Wuling Binguo S. Nah, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut kami rangkum fitur dan mesinnya.

    Spesifikasi Wuling Binguo S

    Secara tampilan, Binguo S tetap mempertahankan bahasa desain bulat dan playful ala keluarga Binguo. Bagian depannya dihiasi lampu depan poligonal bergaya retro, sementara opsi warna bodi dual-tone dan desain velg kustom siap bikin tampilannya makin gemas.

    Soal ukuran, mobil ini cukup kompak dengan panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.600 mm, dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Meski mungil, Wuling mengklaim kabinnya lapang untuk sebuah city car lima penumpang. Headroom baris depan mencapai 1.008 mm, sementara baris kedua punya pitch kursi 882 mm.

    Wuling Binguo S Foto: Dok. Carnewschina

    Masuk ke interior, ada dua pilihan tema warna: Soft White dan Warm Brown. Sedangkan fiturnya cukup lengkap, ada panel instrumen 8,8 inch, layar hiburan floating 12,8 inch, konektivitas Bluetooth, tombol start/stop, lampu otomatis, dan cruise control. Trim lebih tinggi ditambah kamera panoramik, jok pengemudi elektrik, pemanas jok depan, hingga spion elektrik dengan heater.

    Sistem hiburannya mengandalkan platform Lingyu AI milik Wuling yang mendukung Hicar, Carlink, dan Apple CarPlay. Tak ketinggalan, ada dasbor sekunder model tembus untuk ruang ekstra dan wireless charging 50W.

    Di balik kap, Binguo S memakai motor listrik tunggal bertenaga 75 kW. Tenaganya dipasok baterai LFP dua pilihan kapasitas: 31,9 kWh dengan jarak tempuh 325 km dan 41,9 kWh yang bisa melaju hingga 430 km. Sementara pengisian daya dari 30 ke 80 persen hanya butuh 35 menit dengan fitur fast charging.

    (sfn/din)

  • Warga RI Makin Gampang Cari Kerja di China, Begini Syaratnya

    Warga RI Makin Gampang Cari Kerja di China, Begini Syaratnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kebijakan baru Amerika Serikat (AS) yang menetapkan biaya visa kerja H-1B hingga US$100.000 (sekitar Rp1,6 miliar) per tahun dinilai memberatkan perusahaan dan pekerja asing.

    Situasi ini langsung dimanfaatkan China dengan meluncurkan program visa baru untuk menarik talenta teknologi global.

    Visa kategori K, yang diumumkan pada Agustus dan resmi berlaku pekan ini, menyasar lulusan muda asing di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

    Berbeda dengan H-1B yang mengharuskan sponsor perusahaan dan tunduk pada sistem undian, visa K memungkinkan pekerja asing masuk, tinggal, dan bekerja di China tanpa perlu tawaran kerja terlebih dahulu.

    “Amerika Serikat jelas merugikan dirinya sendiri dengan kebijakan H-1B, dan waktunya sangat tepat bagi China meluncurkan visa K,” kata Michael Feller, Kepala Strategi di Geopolitical Strategy, dikutip dari Reuters, Selasa (30/9/2025).

    China sendiri selama ini dikenal memiliki pasokan besar untuk engineer lokal. Namun, di tengah ketidakpastian ekonomi akibat tarif impor AS, Beijing berusaha membangun citra sebagai negara yang terbuka terhadap investasi dan tenaga kerja asing.

    Upaya ini juga diperkuat dengan kebijakan bebas visa bagi warga sebagian besar negara Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

    Meski menjanjikan, visa K masih menyisakan banyak pertanyaan. Pedoman pemerintah hanya menyebut syarat umum seperti usia, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja, tanpa rincian mengenai insentif finansial, status tinggal permanen, maupun fasilitas keluarga.

    Kendala bahasa juga dinilai signifikan, mengingat mayoritas perusahaan teknologi di China beroperasi dengan bahasa Mandarin.

    Selain itu, ketegangan politik antara India dan China bisa membatasi jumlah pelamar dari India, yang selama ini menjadi penerima terbesar visa H-1B di AS dengan porsi 71% tahun lalu.

    “China harus memastikan warga India merasa diterima dan dapat bekerja secara bermakna meskipun tanpa kemampuan bahasa Mandarin,” kata Feller.

    Upaya perekrutan talenta asing sebenarnya bukan hal baru bagi China. Sebelumnya, pemerintah menawarkan insentif besar, termasuk subsidi rumah dan bonus hingga 5 juta yuan (Rp11 miliar), untuk menarik kembali ilmuwan China di luar negeri. Namun, program khusus bagi talenta non-China, seperti visa K, masih tergolong baru.

    Meski peluang perubahan besar dalam kebijakan imigrasi China dinilai kecil, analis menilai kehadiran visa K tetap memperkuat posisi Beijing dalam persaingan teknologi global dengan Washington.

    “Jika China berhasil menarik sebagian kecil saja dari talenta teknologi dunia, posisinya di bidang teknologi mutakhir akan semakin kuat,” ujar Feller.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Wuling Binguo S Meluncur, Harga Rp 100 Jutaan

    Wuling Binguo S Meluncur, Harga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    SAIC-GM-Wuling (SGMW) mengumumkan peluncuran resmi Binguo S, yang juga dikenal Bingo S pada beberapa pasar. Binguo S ini merupakan ekspansi portofolio dari keluarga model Binguo di China.

    Dikutip Carnewschina, Binguo S diposisikan lebih murah Binguo varian sebelumnya.

    Desain Binguo S mengadopsi garis-garis halus dan detail membulat. Di bagian depan, kendaraan ini menampilkan gril tertutup yang dipadukan dengan lampu depan poligonal yang menyertakan lampu senja berbentuk C. Bagian belakang menampilkan desain lampu belakang tipis yang menyatu, serta spoiler atap.

    Masuk ke dalam interior, Binguo S dilengkapi kluster instrumen digital 8,88 inci, layar tengah mengambang 12,8 inci.

    Binguo S didukung oleh motor listrik yang dipasang di depan yang menghasilkan 75 kW dan torsi 180 Nm. Pilihan baterai termasuk paket lithium-iron-fosfat 31,9 kWh dan 41,9 kWh, masing-masing sesuai dengan jangkauan CLTC 325 km dan 430 km. Model ini juga mendukung pengisian daya cepat DC, memungkinkan pengisian daya 30% hingga 80% dalam waktu kurang lebih 35 menit.

    Wuling melengkapi Binguo S dengan baterai Shenlian yang dikembangkan sendiri, yang menampilkan kekuatan struktural yang ditingkatkan melalui desain MUST (Modular Ultra-Safety Technology). Sistem keamanan standar termasuk kontrol stabilitas elektronik, penahanan otomatis, bantuan mulai bukit, dan empat kantung udara.

    Dengan diperkenalkannya Binguo S, jajaran Binguo sekarang mencakup tiga model di Tiongkok.

    Kendaraan ini berukuran panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda 2.610 mm.

    Semua model dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemantauan tekanan ban, kamera mundur, kontrol pelayaran, konektivitas Bluetooth ponsel cerdas, start tombol tekan, kursi kulit sintetis, enam speaker, lampu depan otomatis, dan pemilihan mode mengemudi. Trim yang lebih tinggi menambahkan sistem kamera panorama, penyesuaian kursi pengemudi elektrik, kursi depan berpemanas, dan kaca spion lipat berpemanas/listrik.

    4 Varian Binguo S:

    Binguo S 325 km: 66.800 Yuan (Rp 156 jutaan)Binguo S 325 km: 69.800 Yuan (Rp 163 jutaan)Binguo S 430 km: 76.800 Yuan (Rp 179 jutaan)Binguo S 430 km: 79.800 Yuan (Rp 186 jutaan)

    (riar/riar)