Produk: UMKM

  • Serunya MyPertamina WikenFES, Ada Konser Musik Hingga Baazar UMKM

    Serunya MyPertamina WikenFES, Ada Konser Musik Hingga Baazar UMKM

    Malang(beritajatim.com) – Warga Malang dihebohkan dengan MyPertamina WikenFES di Lapangan Utara Rampal, Malang sejak Sabtu, 15 hingga Minggu, 16 November 2025. Festival ini semakin meriah karena ada kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk UMKM binaan Pertamina, UMKM Lokal, UMKM Korem, komunitas otomotif, dan inisiatif hijau.

    Dalam Festival ini menghadirkan perpaduan antara hiburan musik, bazaar UMKM, hingga berbagai kegiatan komunitas yang meriah dan ramah keluarga. MyPertamina WikenFES mengusung semangat ‘Energi untuk Negeri’. Selama dua hari penyelenggaraan, pengunjung dapat menikmati berbagai zona kegiatan yang menggambarkan keberagaman energi positif masyarakat.

    Di zona Bazaar, puluhan UMKM unggulan binaan Pertamina bersama pelaku usaha lokal menampilkan produk kuliner, fesyen, dan karya kreatif khas Malang, menciptakan ruang pertemuan antara pelaku usaha dan pengunjung.

    Sementara itu, Pertamina juga menyuguhkan entertainment yang akan menjadi pusat perhatian dengan penampilan para musisi nasional seperti Happy Asmara, Shaggydog, Coldiac, dan Fakedopp, berpadu dengan pertunjukan komunitas dan seniman lokal yang menambah warna kebersamaan.

    Tak kalah menarik, kolaborasi bersama komunitas otomotif melalui kegiatan konvoi lintas kota dan aksi sosial sebagai bentuk energi kebaikan untuk masyarakat yang akan dilakukan secara simbolis di Yayasan Yatim Mandiri Pasuruan dan di Fuel Terminal Malang.

    Dalam kegiatan ini, Pertamina Patra Niaga menyerahkan bantuan sembako dan 500 pasang sepatu sekolah yang merupakan produk unggulan salah satu mitra binaan kepada 3 yayasan atau panti asuhan di Malang sebagai simbol energi kebaikan untuk masyarakat.

    Mereka juga mambuat program sustainability, sebuah inisiatif hijau yang mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dalam edukasi pengelolaan sampah bekerja sama dengan Waste Management Sopo Nyongko. Program ini menegaskan komitmen Pertamina terhadap penerapan gaya hidup ramah lingkungan dan energi bersih yang bertanggung jawab.

    Selain itu, area Competition & Workshop menjadi wadah ekspresi bagi masyarakat untuk menyalurkan bakat dan kreativitas melalui beragam kegiatan menarik, mulai dari lomba menari, cosplay walk, lomba menyanyi anak, hingga sesi demo masak bersama pemenang Bright Gas Cooking Competition 2025.

    Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, tersedia Kids Zone dan Game Corner yang penuh aktivitas interaktif. Pertamina juga menghadirkan program Tebus Murah Sembako untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, serta kegiatan CSR “Helm untuk Generasi Aman” yang mengedukasi pentingnya keselamatan anak di jalan.

    “MyPertamina WikenFES bukan sekadar festival, tetapi ruang energi bagi semua kalangan untuk berkumpul, berkreasi, dan berbagi manfaat. Kami ingin menghadirkan pengalaman digital, sosial, dan budaya yang menyatu dengan semangat kebersamaan masyarakat lokal. Melalui acara ini, kami juga mengajak masyarakat untuk semakin dekat dengan aplikasi MyPertamina dan berbagai inovasi layanan energi yang ramah lingkungan,” ujar Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Eko Ricky Susanto.

    Melalui acara ini, Pertamina berharap dapat memperkuat hubungan dengan masyarakat, memperluas edukasi penggunaan aplikasi MyPertamina, sekaligus menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung UMKM, gaya hidup berkelanjutan, dan energi bersih untuk masa depan Indonesia. [luc/aje]

  • DKI sepekan, “bully” di sekolah hingga regenerasi pramudi JakLingko

    DKI sepekan, “bully” di sekolah hingga regenerasi pramudi JakLingko

    Jakarta (ANTARA) – Sederet peristiwa menghiasi Jakarta pada sepekan terakhir, mulai dari bully atau perundungan di sekolah hingga regenerasi pramudi JakLingko.

    Simak kembali beberapa berita berikut ini:

    1. Pramono harap tak ada “bully” lagi di lingkup sekolah Jakarta

    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung Wibowo berharap tidak ada lagi perundungan atau bullying di lingkungan sekolah di ibu kota.

    “Jadi yang paling utama yang bersifat perundungan atau bullying tidak boleh terulang kembali karena ini bisa menjadi motivasi atau pemicu,” kata Pramono saat dijumpai di Balai Kota Jakarta, Senin.

    Selengkapnya di sini

    2. Kejari geledah Kantor Sudin UMKM Jaktim usut proyek mesin jahit

    Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur melakukan penggeledahan di Kantor Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jaktim untuk mengusut kasus dugaan korupsi proyek pengadaan mesin jahit senilai Rp9 miliar.

    “Tadi penggeledahan dilakukan oleh tim penyidik dari Kejari terkait pengadaan mesin jahit dengan total Rp9 miliar lebih,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasie Pidsus) Kejari Jakarta Timur, Adri Eddyanto Pontoh di Kantor Kejari Jakarta Timur, Senin.

    Selengkapnya di sini

    3. 59 personel padamkan kebakaran di toko tekstil kawasan Fatmawati

    Sebanyak 59 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan berhasil memadamkan kebakaran toko tekstil di kawasan Lotte Mart Fatmawati tepatnya Jalan RS. Fatmawati Raya No 15 RT 03/RW 06, Gandaria Selatan, Cilandak, Selasa pagi.

    “Sebanyak 59 personel dan 15 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api,” kata Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Asril Rizal kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

    Selengkapnya di sini

    4. 12 ribu lowongan kerja ditawarkan di Jakarta Job Festival 2025

    Sebanyak 12 ribu lowongan kerja dari 90 perusahaan berskala nasional dan internasional ditawarkan dalam kegiatan “Jakarta Job Festival” 2025 yang berlangsung pada 13-14 November 2025.

    “(Ada) sebanyak 20 perusahaan untuk skala internasional dan 70 perusahaan skala nasional, dengan harapan dapat tersedia sebanyak 12.000 lowongan pekerjaan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta Syaripudin di Balai Kartini, Jakarta, Kamis.

    Selengkapnya di sini

    5. Pemprov DKI segera lakukan regenerasi pramudi JakLingko

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan akan segera melakukan peremajaan (regenerasi) terhadap supir atau pramudi JakLingko.

    “Untuk Mikrotrans ini kan baru akan dimulai (peremajaan). Jadi, memang beberapa hal kami melihat supaya Mikrotrans juga terjadi peremajaan karena memang beberapa usianya juga sudah melebihi, sehingga kami akan melakukan peremajaan dan itu sedang dipersiapkan,” kata Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung saat dijumpai di kawasan Jakarta Timur, Kamis.

    Selengkapnya di sini

    6. Pedagang Pasar Pramuka diintimidasi agar tidak berjualan

    Para pedagang obat di Pasar Pramuka, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur yang kiosnya tidak terkena dampak penutupan sementara oleh Perumda Pasar Jaya mendapat intimidasi dari sejumlah orang.

    Aksi itu pun viral di media sosial Instagram @warungjurnalis, terlihat beberapa oknum meminta pemilik toko untuk segera menghentikan aktivitas berjualan.

    Selengkapnya di sini

    7. Ledakan SMAN 72, Pramono sebut banyak siswa ingin pindah

    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menyebutkan banyak siswa ingin pindah sekolah ke tempat belajar lain usai terjadi ledakan SMAN 72 Jakarta, pada Jumat (7/11)

    “Dampaknya juga di luar dugaan saya, banyak siswa yang kemudian minta pindah sekolah,” katanya saat ditemui di Jakarta, Minggu.

    Selengkapnya di sini

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Tuhan Yesus Hadir untuk Keluarga

    Tuhan Yesus Hadir untuk Keluarga

    Jakarta

    Perayaan Natal Nasional tahun 2025 akan mengangkat tema ‘Tuhan Yesus hadir untuk keluarga’. Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2025, Maruarar Sirait, mengatakan perayaan nantinya juga mengangkat konsep kesederhanaan.

    “Tema tahun ini ‘Tuhan Yesus hadir untuk keluarga’. Arahan Bapak Nomor Satu (Presiden Prabowo, red) sederhana saja jangan berpesta mewah-mewah. Perbanyak bantuan-bantuan sosial, apakah di bidang pendidikan sembako dan lain-lain,” kata Maruarar atau Ara saat rapat natal nasional di Grha PGI Salemba, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2025).

    Peringatan Natal Nasional akan berlangsung Senin, 5 Januari 2026 di Stadion Tenis Indoor Senayan. Ara mengungkap alasan perayaan digelar di Tenis Indoor.

    “Untuk sederhana ini tempatnya sederhana terus terang tadinya saya mau sewa GBK. Jadi tidak mungkin sederhana itu di GBK jadi cari tempat yang kecil saja tapi dampaknya besar jadi diputuskan Stadion Tenis Indoor Senayan,” ucap dia.

    Panitia juga melibatkan UMKM dalam pelaksanaan acara. Makanan juga disajikan dari kerja sama dengan UMKM.

    “Kemudian nanti ada kopi-kopi aktivis muda dari gereja katedral yang bisa ada makanan-makanan kita pesan dari situ, kita tidak usah pakai katering,” imbuhnya.

    Presiden Prabowo Subianto akan diundang pada Natal Nasional nanti. Panitia juga menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi jika terjadi hujan.

    (lir/lir)

  • Anggota DPR: Negara maju bukan soal kaya SDA tapi kaya talenta digital

    Anggota DPR: Negara maju bukan soal kaya SDA tapi kaya talenta digital

    Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi VII DPR RI Novita Hardini mengatakan bahwa untuk menuju sebuah negara maju, Indonesia harus tak hanya mengandalkan kekayaan sumber daya alam, tetapi juga mendorong terciptanya banyak talenta digital.

    Menurut dia, penguasaan teknologi digital bagi generasi muda merupakan hal penting agar Indonesia mampu bersaing di tengah perubahan global yang bergerak sangat cepat.

    “Indonesia punya bonus demografi, dan anak muda adalah penentu apakah bonus ini menjadi berkah atau beban,” kata Novita dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

    Dia menyampaikan hal itu dalam Pelatihan GenMetic (Generasi Melek Teknologi) oleh Kementerian Ekonomi Kreatif RI di Trenggalek, Jawa Timur. Menurut dia, penguasaan teknologi bukan lagi pilihan, tetapi keharusan strategis.

    Dia pun menyoroti pentingnya transformasi pola pikir generasi muda, dari sekadar pengguna media sosial menjadi pencipta dan pelaku ekonomi digital. Dia ingin generasi muda diajarkan membuat konten, membangun audiens, memahami algoritma, memonetisasi karya, hingga menjadi affiliator, digital marketer, atau technopreneur.

    Sebagai anggota Komisi VII yang bermitra dengan Kementerian Ekonomi Kreatif RI dirinya menyebut ada tiga kompetensi yang wajib dimiliki generasi muda hari ini, yakni literasi digital, kreativitas-inovasi, dan jiwa kewirausahaan.

    “Satu konten saja bisa mengangkat produk UMKM atau desa wisata ke level nasional,” katanya.

    Ia pun berpesan agar generasi muda berani mencoba, terus belajar, dan tidak takut memulai dari nol. Pasalnya, masa depan dimiliki mereka yang paling cepat beradaptasi.

    Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Gelar IMIFEST 2025, Kemenimipas Buka Layanan Paspor Hingga Lomba Lari

    Gelar IMIFEST 2025, Kemenimipas Buka Layanan Paspor Hingga Lomba Lari

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktorat Jenderal Imigrasi menyelenggarakan Festival Imigrasi (IMIFEST) 2025 pada Minggu, 16 November 2025 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

    Kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Hari Bakti atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Kemenimipas) yang terbentuk pada 19 November tahun 2024.

    Acara tersebut diawali dengan IMIPAS RUN, yaitu kegiatan olahraga lari jarak 5K dan 10K yang terbuka untuk masyarakat umum dan diikuti oleh sebanyak 2.500 orang peserta.

    IMIPAS RUN mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat, dengan kuota run yang ludes hanya setelah 3 hari pembukaan pendaftaran. Selain menjadi ajang olahraga dan silaturahmi, kegiatan ini juga mencerminkan semangat Kemenimipas untuk mendekatkan layanan keimigrasian kepada publik melalui kegiatan yang sehat, kolaboratif, dan menyenangkan.

    Rute IMIPAS RUN 5K dimulai dari Hutan Kota GBK ke arah Simpang Semanggi, putar balik ke Bundaran Senayan dan finish di titik awal start. Sementara itu, rute 10K meliputi Hutan Kora GBK, Simpang Semanggi, Jl. Jenderal Sudirman, berbelok ke Jl. Pattimura, berlanjut ke Jl. Sisingamangaraja, Bundaran Senayan dan kembali ke Hutan Kota GBK.

    IMIFEST kali ini juga menyediakan layanan paspor kepada 1.000 orang pemohon di lokasi acara yang disambut antusias oleh masyarakat, terlihat dari penuhnya kuota permohonan paspor sejak beberapa hari sebelum acara.

    “Satu tahun perjalanan Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan menjadi momentum bagi kami untuk meneguhkan komitmen pelayanan yang lebih dekat, cepat, dan transparan. Melalui kegiatan seperti IMIFEST dan IMIPAS RUN, kami ingin menunjukkan bahwa pelayanan publik bisa hadir dengan humanis, partisipatif, dan menyenangkan bagi masyarakat,” ujar Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto, dikutip Minggu, (16/11/2025).

    Tidak hanya pelayanan paspor, IMIFEST 2025 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk seluruh pengunjung. Di antaranya kuis berhadiah, doorprize, serta bazaar UMKM dan mitra Imigrasi yang menampilkan beragam produk kreatif. Sebagai penutup, acara akan dimeriahkan oleh penampilan grup musik RAN.

    IMIFEST telah menjadi agenda rutin tahunan Direktorat Jenderal Imigrasi sejak tahun 2022, dan terus bertransformasi menjadi wadah interaksi antara masyarakat dan Imigrasi. Melalui penyelenggaraan tahun ini, Imigrasi Indonesia berharap kegiatan ini dapat semakin mempererat hubungan dengan masyarakat dan memberikan kesan tersendiri tentang layanan keimigrasian.

    “Kemenimipas lahir dari semangat perubahan, semangat untuk menghadirkan layanan imigrasi dan pemasyarakatan yang berorientasi pada publik. Di usia yang baru satu tahun ini, kami ingin terus tumbuh menjadi institusi yang adaptif, inovatif, dan memberikan yang terbaik kepada bangsa,” tutup Agus.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Daftar Polisi Aktif yang Punya Jabatan di Luar Struktur Polri

    Daftar Polisi Aktif yang Punya Jabatan di Luar Struktur Polri

    Bisnis.com, JAKARTA — Polisi aktif dinilai sudah tidak boleh menduduki jabatan sipil usai adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No.114/PUU-XXIII/2025.

    Dalam putusan MK itu, telah menyatakan frasa “atau tidak berdasarkan penugasan dari Kapolri” dalam Penjelasan Pasal 28 ayat (3) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.

    Dalam pertimbangannya, Hakim Konstitusi menjelaskan bahwa keberadaan frasa tersebut justru menimbulkan ketidakjelasan norma hukum dan mengaburkan ketentuan utama dalam Pasal 28 ayat (3) UU Polri. Pasal itu menyatakan bahwa anggota Polri hanya dapat menduduki jabatan di luar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian.

    “Penambahan frasa tersebut memperluas makna norma dan berpotensi menimbulkan ketidakpastian hukum, baik bagi anggota Polri maupun bagi Aparatur Sipil Negara [ASN] di luar kepolisian,” ujar Hakim MK Ridwan Mansyur dalam sidang,

    Akibatnya, terjadi kerancuan dalam tata kelola jabatan publik serta potensi pelanggaran terhadap prinsip persamaan di hadapan hukum sebagaimana dijamin dalam Pasal 28D ayat (1) UUD 1945.

    Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho memastikan pihaknya bakal menghormati putusan MK itu. Namun, untuk saat ini putusan itu masih dipelajari.

    “Tentunya kalau memang sudah diputuskan dan kita sudah mempelajari apa yang sudah diputuskan tersebut, Polri akan selalu menghormati putusan pengadilan yang sudah diputuskan,” ujar Sandi saat ditemui di PTIK, Kamis (13/11/2025).

    Lantas, siapa saja polisi aktif yang menjabat posisi di luar struktur? Berikut daftar yang telah dirangkum Bisnis:

    Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Suyudi Aryo Seto
    Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Komjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho
    Komisaris di PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID, Komjen Fadil Imran
    Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Albertus Rachmad Wibowo
    Sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Komjen M. Iqbal 
    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Eddy Hartono 
    Irjen Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI), Komjen I Ketut Suardana 
    Sekretaris Utama Lemhanas RI, Komjen R. Z Panca Putra 
    Sekjen Kemenkumham, Komjen Pol Nico Afinta
    Sekjen Kemendagri, Komjen Polisi Tomsi Tohir
    Irjen Kementerian UMKM, Irjen Raden Argo Yuwono 
    Inspektur Jenderal Kementerian Kehutanan, Irjen Pol. Djoko Poerwanto
    Wakil Kepala Badan Gizi Nasional (BGN), Brigjen Sony Sanjaya 
    Pelaksana tugas Direktur Jenderal Imigrasi di Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Brigjen Yuldi Yusman  
    Staf Ahli di Kementerian Kehutanan, Brigjen Rahmadi
    Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Brigjen Edi Mardianto 
    Dirjen Pengawasan Ruang Digital di Komdigi, Brigjen Alexander Sabar,
    Tenaga Ahli di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Brigjen Raden Slamet Santoso 
    Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Kombes Sumardji
    Kementerian Haji dan Umrah, Kombes Jamaludin

  • Kahiyang Ayu Gaungkan Batik dan Kriya Sumut di Gebyar Kriya Nusantara & Jogja ITTAF 2025

    Kahiyang Ayu Gaungkan Batik dan Kriya Sumut di Gebyar Kriya Nusantara & Jogja ITTAF 2025

    Liputan6.com, Yogyakarta – Sumatera Utara kembali unjuk pesona budaya lewat partisipasi aktif dalam ajang nasional Gebyar Kriya Nusantara dan Jogja ITTAF 2025 yang digelar di Plaza Malioboro, Yogyakarta, Jumat (14/11/2025). Di bawah kepemimpinan Ketua Dekranasda Sumut, Kahiyang Ayu, provinsi ini memikat perhatian pengunjung lewat kekayaan kriya dan sajian budaya khas yang autentik.

    Dalam kesempatan tersebut, Kahiyang Ayu menegaskan bahwa keikutsertaan Sumut bukan hanya untuk memamerkan produk unggulan daerah, tetapi juga membuka ruang kolaborasi dan peluang bisnis yang lebih luas bagi pelaku UMKM.

     

    Perbesar

    (DISKOMINFO SUMUT)… Selengkapnya

    “Kehadiran kami di Gebyar Kriya Nusantara menjadi kesempatan besar untuk memperkenalkan karya perajin Sumut ke pasar lebih luas, sekaligus membuka peluang kerja sama dan investasi,” ujar Kahiyang, yang hadir bersama Wakil Ketua Dekranasda Sumut Titiek Sugiharti.

    Batik Sumut menjadi sorotan utama dalam ajang ini. Motif-motif lokal yang kaya filosofi dari berbagai etnis di Sumut tidak hanya menonjolkan nilai estetika, tetapi juga menegaskan identitas budaya yang kuat. Tak heran bila para pelaku industri kriya dan pengunjung menyambut hangat kehadiran batik Sumut sebagai karya yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

    Tak hanya batik, paviliun Sumut juga menyuguhkan kriya unggulan lainnya serta kuliner tradisional khas Sumatera Utara yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Penampilan seni seperti Tari Bolon Bolon, Medley Tari 8 Etnis Sumut, dan Tari Pangurason Sipitu Cawan menjadi daya pikat tersendiri yang menyegarkan atmosfer acara.

     

    Perbesar

    (DISKOMINFO SUMUT)… Selengkapnya

    Gebyar Kriya Nusantara & Jogja ITTAF 2025 sendiri merupakan ajang promosi dan jejaring bisnis berskala nasional yang menampilkan produk kreatif dari berbagai penjuru Nusantara, mulai dari batik, kriya logam, kulit, hingga sektor pertanian, pariwisata, perdagangan, dan perikanan. Dalam gelaran ini, Sumut menunjukkan kapasitasnya sebagai provinsi dengan potensi budaya yang kaya sekaligus ekosistem UMKM yang siap berkembang.

    Ajang ini menjadi momen strategis bagi Sumut untuk memperluas distribusi produk unggulan, memperkuat posisi dalam industri kriya nasional, dan menarik lebih banyak mitra serta investor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif daerah.

  • UMKM Naik Kelas, BRI dan Pundi Craft Buktikan Kerajinan Lokal Bisa Tembus Pasar Digital

    UMKM Naik Kelas, BRI dan Pundi Craft Buktikan Kerajinan Lokal Bisa Tembus Pasar Digital

    Liputan6.com, Jakarta – Dukungan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus digaungkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI lewat program pemberdayaan Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu kisah inspiratif datang dari Pundi Craft, produsen kerajinan asal Jakarta Barat yang kini kian eksis berkat pendampingan berkelanjutan dari Rumah BUMN BRI.

     

    Usaha kreatif yang digagas Dewi Wardah ini dikenal lewat produk-produk dekorasi rumah, tote bag, hingga merchandise berbasis kriya. Berbekal bakat yang telah diasah sejak sekolah dan latar belakang pendidikan seni rupa, Dewi membangun bisnis secara mandiri sejak 1985. Namun brand “Pundi Craft” baru resmi digunakan pada 1993.

    “Sejak masa sekolah saya sudah terbiasa membuat kerajinan secara otodidak karena memiliki bakat keterampilan. Mulai menjalankan usaha secara profesional sejak 1985 dengan memproduksi souvenir pernikahan, lalu kemampuan saya semakin terasah melalui latar belakang pendidikan seni rupa. Selama bertahun-tahun, berbagai produk saya buat tanpa menggunakan merek hingga akhirnya resmi menggunakan brand Pundi Craft pada 1993,” jelas Dewi.

     

    Langkah strategis tersebut membawa Dewi mengenal berbagai komunitas perajin, hingga terhubung dengan Dekranasda. Ia pun menerima penghargaan kriya kayu terbaik dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada 2019. Momen itu sekaligus mempertemukannya dengan inisiatif pelatihan dari BRI.

    “Tahun 2017 saya pertama kali aktif dalam komunitas dan organisasi seperti Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), kemudian pada 2019 mendapat penghargaan kriya kayu terbaik dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Dari situ saya mulai mengenal dan mengetahui bahwa BRI juga memberikan pembinaan bagi UMKM seperti kami melalui pelatihan,” imbuhnya.

    Sejak bergabung sebagai binaan Rumah BUMN BRI pada 2019, Dewi aktif mengikuti pelatihan pengembangan usaha, khususnya dalam peningkatan kualitas produk, manajemen usaha, dan digitalisasi pemasaran. Kini produk Pundi Craft hadir di berbagai kanal, mulai dari Tokopedia, Instagram, hingga toko fisik seperti Galeri MULA dan Galeri Dekranasda Kota Tua, Jakarta.

     

    Hingga akhir September 2025, tercatat BRI telah membina sebanyak 54 Rumah BUMN dan menyelenggarakan lebih dari 17 ribu pelatihan untuk UMKM. Corporate Secretary BRI, Dhanny, menegaskan bahwa ekosistem pendampingan yang tepat akan memperkuat peran UMKM dalam ekonomi nasional.

    “Pundi Craft mencerminkan bagaimana pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing melalui pendekatan yang konsisten terhadap kualitas produk dan identitas desain. Rumah BUMN binaan BRI hadir untuk menjembatani kebutuhan peningkatan kapasitas, mulai dari pelatihan hingga akses pasar. BRI berkomitmen untuk memperluas jangkauan pendampingan kepada pelaku usaha kreatif agar semakin berperan dalam rantai nilai ekonomi nasional,” ungkap Dhanny.

    Langkah nyata ini mempertegas komitmen BRI dalam memperluas akses pembinaan bagi UMKM di sektor ekonomi kreatif. Melalui Rumah BUMN, kisah seperti Pundi Craft tak hanya membuktikan bahwa kerajinan lokal bisa bersaing, tapi juga menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

  • Gran Max Laku Keras, Topang Penjualan Daihatsu di Indonesia

    Gran Max Laku Keras, Topang Penjualan Daihatsu di Indonesia

    Jakarta

    Gran Max laku keras. Moncernya penjualan Gran Max menjadikan mobil niaga itu kontributor utama dari total penjualan Daihatsu di Tanah Air.

    Penjualan Daihatsu Gran Max masih moncer. Bahkan di daftar model terlaris, mobil niaga itu bersaing dengan deretan mobil penumpang pada periode Oktober 2025. Berdasarkan catatan Daihatsu, Gran Max pikap sebanyak 4.436 unit atau berkontribusi sebesar 36,4 persen, disusul Gran Max Mini Bus 2.408 unit (19,7 persen), serta segmen LCGC (Low Cost Green Car) seperti Sigra 2.348 unit (19,3 persen) dan Ayla 764 (6,3 persen).

    “Pencapaian ini tentunya berkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan Daihatsu di seluruh Indonesia. Kami bersyukur, sepanjang Oktober 2025 lebih dari 80% penjualan Daihatsu didukung oleh segmen commercial low dan LCGC. Khusus segmen Commercial Low mendominasi penjualan Daihatsu sekitar 56% yang berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia karena menjadi mitra bisnis bagi para pelaku usaha dan UMKM baik perorangan maupun perusahaan,” ujar Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    Secara bulanan, penjualan ritel (retail sales) Daihatsu pada Oktober 2025 mencatatkan capaian sebanyak 12.196 unit, atau naik 7 persen dibandingkan bulan September 2025 lalu sejumlah 11.390 unit. Secara nasional, mobil Daihatsu khususnya pada segmen Commercial Low juga menjadi pilihan utama dengan kenaikan shares menjadi 65,5 persen, atau naik sebesar 2,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2024 lalu sebesar 63,1 persen.

    Segmen Commercial Low ini didukung oleh 2 model Daihatsu yang terdiri dari Gran Max Pikap sebanyak 34.340 unit yang mendominasi segmen Pikap Low sebesar 58,6 persen atau naik sebesar 1,5 persen dibanding tahun 2024 lalu; disusul Gran Max Mini Bus 14.098 unit dengan shares sebesar 91,8 persen di segmen Semi Commercial dengan kenaikan sebesar 0,9 persen dibandingkan tahun 2024 lalu.

    Capaian ini juga semakin memperkuat Daihatsu dengan perolehan market share sebesar 17 persen dengan capaian 112.530 unit dari pasar otomotif nasional sebanyak sekitar 660 ribu unit.

    Sebagaimana diketahui, terdapat beragam alasan konsumen memilih mobil Daihatsu sebagai kendaraan yang best value, seperti efisiensi bahan bakar optimal, harga kendaraan yang terjangkau, total cost ownership yang memberikan nilai ekonomis jangka panjang, kemudahan perawatan melalui jaringan layanan purnajual luas, serta harga jual kembali (resale value) yang stabil bahkan setelah beberapa tahun penggunaan yang menjadikan Daihatsu sebagai solusi tepat bagi masyarakat menginginkan kendaraan sebagai aset investasi.

    (dry/lua)

  • Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Jakarta

    Honda Bikers Days 2025 dipadati 32.373 bikers yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Acara kali ini mengusung tema “Brotherhood Festival”, pesertanya tembus 30 ribuan pemotor.

    Sebenarnya rangkaian HBD sudah diselenggarakan sejak jauh hari, di empat bulan besar di Indonesia, antara lain dimulai dari Istana Maimun, Medan (11 Oktober), dihadiri 1.567 bikers wilayah Sumatera. Dilanjutkan HBD Kalimantan di Dome Balikpapan (25 Oktober) yang disambut antusias 5.857 bikers, serta HBD Sulawesi di lapangan KONI Manado (1 November) yang menjadi ajang silahturahmi 4.485 pecinta sepeda motor Honda.

    Puncak kebersamaan HBD 2025 digelar di Lapangan Yonif Raider 303 Cikajang, Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (15/11). Sebanyak 20.464 bikers bersatu dalam keseruan dan cerita sesama pecinta sepeda motor Honda dari berbagai penjuru negeri.

    Selama acara, para peserta dimanjakan dengan penampilan musik dari artis nasional dan lokal, berbagai kegiatan menarik seperti Honda Modif Contest (HMC) Final Battle, kompetisi esport dan K-Pop, serta talkshow bersama HBD Founder.

    “Honda Bikers Day bukan sekadar pertemuan bikers, tetapi sebuah perayaan persaudaraan dari keberagaman. HBD telah menjadi acara tahunan yang telah mendapatkan ruang khusus di hati para pecinta sepeda motor dari berbagai lintas generasi dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan. Tahun ini, kami bangga karena semangat itu semakin kuat terasa di Garut,” ujar General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya.

    Kehadiran puluhan ribu bikers Honda di Garut turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama bagi pelaku UMKM lokal yang berpartisipasi di area acara maupun di jalur wisata Garut dan Tasikmalaya. Puluhan pelaku UMKM lokal hadir di puncak HBD 2025. Tak hanya menjual makanan dan minuman bagi peserta HBD, mereka juga menawarkan beragam produk khas lokal dan juga perlengkapan maupun aksesoris riding bagi pengguna sepeda motor.

    HBD telah menjadi tradisi ikonik selama lebih dari satu dekade, di mana ribuan bikers dari berbagai komunitas dan model motor Honda berkumpul. General Manager Corporate Communication PT AHM (Astra Honda Motor) Ahmad Muhibbuddin mengatakan total peserta dari tahun ke tahun sudah mencapai 220 ribu orang.

    Astra Honda Motor (AHM) menyebut HBD sebagai kegiatan silaturahmi akbar pengguna sepeda motor terbesar di dunia karena besarnya animo dan jumlah peserta yang terkumpul di satu lokasi untuk satu merek motor.

    “HBD adalah event kumpul para bikers Honda terbesar di dunia, brand Honda. Untuk event kumpul-kumpul seperti ini, yang terbesar hanya di Indonesia,” sambung Muhib.

    “Ada acara tradisi seperti ini, misalkan Philips Island sebelum MotoGP ada bikers-bikers yang riding ke Philip Island, tapi tidak sebesar ini,” tambahnya.

    (riar/lua)