Produk: startup

  • Kerja Sama dengan Jepang, MRT Jakarta Uji Coba "Smart Mobility" di Stasiun Bundaran HI
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        26 Desember 2024

    Kerja Sama dengan Jepang, MRT Jakarta Uji Coba "Smart Mobility" di Stasiun Bundaran HI Megapolitan 26 Desember 2024

    Kerja Sama dengan Jepang, MRT Jakarta Uji Coba “Smart Mobility” di Stasiun Bundaran HI
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    MRT Jakarta
    bekerja sama dengan Ministry of Land, Infrastructure, and Transport (MLIT) Jepang untuk menguji coba alat
    smart mobility
    guna menghidupkan ruang di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang sangat luas.
    Proyek yang juga melibatkan Oriental Consultants Global (OCG) Group dan startup Gekidaniino ini dibuat untuk menguji cara membuat ruang-ruang di stasiun lebih hidup, misalnya, di ruang dekat pintu B Stasiun MRT
    Bundaran HI
    yang jarang dilewati oleh penumpang.
    “MRT Jakarta lagi berusaha menghidupkan stasiunnya ini. Kan banyak
    space
    tapi enggak ada aktivitas,” kata perwakilan dari OCG Group, Puji Nata Djaja, saat ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2024).
    Alat yang dimaksud mempunyai bentuk menyerupai troli yang dapat ditumpangi oleh tiga orang dewasa dalam sekali jalan.
    Alat ini beroperasi secara otomoatis dari pintu A Stasiun MRT Bundaran HI (arah Bundaran HI) menuju pintu B (arah Kedutaan Besar Jepang) maupun sebaliknya.
    Namun, pengguna juga bisa turun dari alat tersebut di tengah perjalanan karena alat itu hanya berkecepatan maksimal di 5 km per jam.
    Alat ini juga dapat berhenti secara otomatis apabila ada manusia yang berdiri terlalu dekat di depan atau sekelilingnya.
    Akan tetapi, masa uji coba proyek ini sudah akan berakhir pada hari ini setelah dimulai sejak 23 Desember 2024 lalu.
    Belum diketahui apakah MRT akan menghadirkan
    alat mobilitas
    ini di stasiun Bundaran HI atau stasiun yang lain.
    Namun, di Jepang sendiri, alat serupa tidak hanya dipasang di stasiun, tetapi juga di ruang wisata.
    Selain untuk mengangkut penumpang, alat ini juga dipasang dengan pengeras suara untuk menjelaskan sejarah atau hal menarik yang ada di tempat yang dilaluinya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Penghargaan Prestisius untuk SAPX Express di BILA 2024

    Penghargaan Prestisius untuk SAPX Express di BILA 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT. Satria Antaran Prima. TBK Tech 3PL Company, yang bergerak di bidang jasa Last Mile Delivery Courier atau biasa dikenal SAPX Express, yang telah genap berusia 10 Tahun pada September 2024 lalu, berhasil Meraih Penghargaan Bergengsi “Bisnis Indonesia Logistic Award 2024 (Bila 2024)”. 

    Ajang Penghargaan tahunan ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh perusahaan Transportasi Logistik Swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selalu mampu menjawab tantangan terbaru di bidang industri Transportasi Logistik.

    Penghargaan BILA 2024 ini ditetapkan oleh enam juri dari sektor transportasi dan logistik yaitu,  Lulu Terianto – Direktur Utama Bisnis Indonesia Group, Bobby Gafur Umar – Ketua Bidang Industri Manufaktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Carmelita Hartoto – Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia – Mahendra Rianto, Hendra Wibawa – Redaktur Senior Sektor Transportasi dan Logistik Bisnis Indonesia Group, Imam Gandi Mihardja – Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

    Acara ini diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia Group, yang berlokasi di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta Selatan, pada hari Kamis 28 November 2024. Penyerahan penghargaan ini di wakili oleh Adhika Yosmik, Marketing Communication Manager SAPX Express.

    Lebih Jauh Budiyanto Darmastono, Presiden Direktur SAPX Express menyampaikan bahwa. Tema yang diusung Pada ajang Bila 2024 kali ini sangat relevan dengan Nilai Inti dari SAPX Express yaitu “Andal dan Efisien”. 

    Hal ini juga dibuktikan oleh SAPX Express dengan beragamnya Portofolio klien yang dimiliki, pada Industri skala besar (Corporate Client) seperti Perbankan dan Keuangan lainya, Otomotif, Pertambangan, Farmasi, FMCG, Food and Beverage (F&B), Retail and Fashion,  Electronic and Gadget, serta Ecommerce and Startup Tech Company.

    SAPX Express juga turut berperan serta aktif menjadi tulang punggung industri e-commerce dan memberikan support kepada seluruh UMKM (Social Seller) di Indonesia dengan membangun Brand Positioning sebagai #JagoNyaCOD hal ini dibuktikan dengan Competitive Advantage yang kami miliki dibanding kompetitor untuk kategori COD Service seperti: Coverage area COD yang Luas, Integrated CRM system, Fee COD yang rendah, dan Free Return Fee. 

    Penghargaan ini adalah bukti kerja keras dan komitmen kami untuk selalu memberikan layanan terbaik dan akan kami dedikasikan untuk seluruh pelanggan, mitra, dan serta seluruh Internal Team SAPX Express Ujar Denny Parhan, Corporate Secretary SAPX Express. 

    Perbesar

    SAPX Express berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan nya, dengan berbagai channel pelayanan pelanggan yang tersedia. Tertarik untuk mencoba layanan Delivery service dari SAPX Express untuk Perusahaan anda daftarkan segera perusahaan anda disini. Business Account Representative kami akan siap menghubungi dan melayani anda.

  • Janji Internet Gratis & Elon Musk Tanam Chip ke Otak Manusia

    Janji Internet Gratis & Elon Musk Tanam Chip ke Otak Manusia

    Jakarta

    Mengawali tahun 2024, Januari menyuguhkan berbagai isu menarik di bidang teknologi. Mulai janji internet gratis hingga Elon Musk berhasil menanamkan chip ke otak manusia.

    Pertama, dikarenakan masuk Pesta Demokrasi yaitu Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024, program-program dari pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai digaungkan ke masyarakat. Salah satu yang menarik adalah gagasan untuk menciptakan internet gratis bagi masyarakat oleh Ganjar Pranowo.

    Di minggu ke-2 Januari, data terbaru mengungkap kebiasaan Indonesia menggunakan HP yang ternyata menempati urutan pertama di dunia. Tak ketinggalan, adanya acara tahunan Samsung Unpacked dan diperkenalkannya fitur Circle to Search.

    Di penghujung bulan, ada kabar startup Elon Musk sukses menanamkan chip ke otak manusia. Lalu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis hasil survei penetrasi pengguna internet Indonesia dan diketahui bahwa ada lebih dari 221 juta pengguna internet di RI pada 2023.

    Berikut penjelasan lebih soal isu dan momen istimewa yang berlangsung pada Januari 2024.

    2 Januari 2024: Janji internet gratis di kampanye Pilpres 2024

    Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJogja

    Ganjar Pranowo yang saat itu menjadi calon presiden menyampaikan program layanan internet gratis itu dalam kampanyenya di Semarang pada 1 Januari 2024 kemarin. Internet gratis ini khususnya di sekolah-sekolah.

    Janji Ganjar pun mendapat banyak komentar dari berbagai pihak. Menkominfo yang kala itu menjabat, Budi Arie Setiadi beranggapan usulan itu masuk akal karena masyarakat memang berhak mendapatkan akses internet dan pemerintah wajib memenuhi.

    Di lain pihak, Pengamat Telekomunikasi Heru Sutadi berkata bahwa itu adalah mimpi indah yang sulit diwujudkan. Salah satu alasannya mayoritas jaringan telekomunikasi dan internet di Indonesia dibangun oleh penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi dan internet.

    “Karena dibangun swasta artinya ada biaya atau tarif yang dikenakan ke pengguna, agar biaya dalam bentuk capex dan opex itu bisa balik modal. Bahkan karena komersial, harus ada keuntungan yang didapatkan,” tuturnya.

    12 Januari 2024: Orang Indonesia paling lama main HP di dunia

    Foto: Shutterstock

    Orang Indonesia dinobatkan sebagai yang paling lama menggunakan HP atau ponsel di dunia. Rekor tersebut sekaligus mempertahankan posisi Indonesia yang juga peringkat pertama di tahun sebelumnya.

    Berdasarkan data terbaru dalam laporan State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.ai, mengungkapkan bahwa orang Indonesia masih mempertahankan ‘gelar juara’ yang paling lama main smartphone dan tablet.

    “Pengguna HP di Indonesia melampaui enam jam per hari,” tulis Data.Ai, Jumat (12/1/2024).

    Sementara itu, negara lainnya, seperti Thailand, Argentina, Arab Saudi, dan Brasil pakai HP sampai lima jam per harinya.

    18 Januari 2024: Samsung Unpacked 2024 perkenalkan Circle to Search

    Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Laporan dari San Jose, Amerika Serikat, Samsung memperkenalkan fitur Circle to Search pada Galaxy Unpacked 2024. Circle to Search adalah satu fitur baru yang hadir di Galaxy S24 series. Ini adalah hasil kolaborasi Samsung dan Google.

    Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan tombol home sedikit lebih lama. Setelah ada efek menyelimuti layar, kamu bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

    30 Januari 2024: Startup Elon Musk tanam chip ke otak manusia

    Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes/ File Photo Acquire Licensing Rights

    Startup Neuralink yang dibesut Elon Musk berhasil menanamkan chip ke otak manusia untuk pertama kalinya. Dalam cuitannya di X, Musk tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang prosedur tersebut atau status uji klinis. Ia hanya mengatakan hasil tes awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan.

    Musk mengatakan produk pertama dari Neuralink bernama Telepathy. Ia mengatakan teknologi ini memungkinkan pengguna mengontrol ponsel atau komputer hanya dengan kekuatan pikiran.

    “Pengguna pertama adalah mereka yang kehilangan fungsi anggota tubuhnya,” kata Musk dalam postingannya di X, seperti dikutip dari BBC, Selasa (30/1/2024).

    “Bayangkan jika Stephen Hawking bisa berkomunikasi lebih cepat dari juru ketik atau juru lelang. Itulah tujuannya,” kata Musk, merujuk pada ilmuwan Stephen Hawking yang mengalami amyothropic lateral sclerosis (ALS).

    ALS adalah penyakit yang memengaruhi sel saraf motorik di otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit saraf ini bersifat degeneratif.

    31 Januari 2024: Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang

    Ilustrasi internet. Foto: (Freepik)

    APJII merilis hasil survei penetrasi pengguna internet Indonesia terbaru. Terungkap bahwa dari 275,77 juta penduduk Indonesia, sebanyak 215.626.156 jiwa mengakses internet. Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2023 ini mencapai 78,19%. Angka tersebut tumbuh dari periode sebelumnya meski tidak sangat tipis.

    “Jumlah penduduk Indonesia yang terkoneksi dengan internet di tahun 2022-2023 sebanyak 21.626.156 jiwa dari total populasi sebesar 275.773.901 jiwa. Jika dibandingkan dengan survei APJII periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet Indonesia tahun ini mengalami peningkatan 1,17%,” ujar Arif di Kantor Sekretariat APJII, Jakarta, saat itu.

    Halaman 2 dari 6

    (ask/fay)

  • RI Tertinggal dari Australia hingga India soal Jumlah Startup Desember 2024

    RI Tertinggal dari Australia hingga India soal Jumlah Startup Desember 2024

    Bisnis.com, JAKARTA -Jumlah perusahaan rintisan (startup) Indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan Australia, Inggris, hingga India. Secara total, jumlah startup di Tanah Air sekitar mencapai 2.692 perusahaan pada Desember 2024. 

    Mengutip laporan DataIndonesia yang melansir Startup Ranking, secara global total startup di dunia sebanyak 153.517 startup per 17 Desember 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 54% atau 82.421 startup berada di Amerika Serikat.

    Posisi kedua ditempati oleh India yang memiliki 17.515 startup. Kemudian, jumlah startup di Inggris dan Kanada masing-masing sebanyak 7.537 perusahaan dan 4.063 perusahaan.

    Sebanyak 3.022 startup berada di Australia. Lalu, Indonesia menempati urutan keenam dengan jumlah startup sebanyak 2.692 perusahaan.

    Data jumlah startup Indonesia vs dunia/DataIndonesia-Startup RangkingPerbesar

    Dalam perkembangannya, startup di Indonesia terus mengalami penurunan. Beberapa startup raksasa melakukan perampingan karyawan, penutupan layanan hingga bangkrut. 

    Mengawali 2024, startup travel Pegi-pegi mengumumkan penghentian layanan. Persaingan yang ketat dan keterbatasan dana diduga menjadi penyebab. 

    Startup pendidikan yang telah beroperasi selama 20 tahun, Zenius, juga mengalami nasib yang sama dan memutuskan tutup pada awal 2024. CEO Zenius Sabda PS menyebut tantangan operasional menjadi penyebab startup tersebut tutup. 

    Sementara itu, perusahaan startup raksasa seperti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) juga melakukan penyederhanaan dengan menutup beberapa aplikasi dan kantor cabang di luar negeri. 

     Tokopedia memutuskan untuk menutup layanan Tokopedia Now pada Agustus 2024 dengan alasan konsolidasi. Penutupan terjadi setelah 75% saham Tokopedia dikuasai TikTok. 

    “Sebagai bagian dari kajian bisnis secara menyeluruh pascadekonsolidasi Tokopedia, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan bisnis Tokopedia Now,” kata Head of Corporate Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Sinta Setyaningsih  kepada Bisnis.

    GOTO juga menutup operasional layanan mereka, GoViet, di Vietnam pada 16 September 2024.

    Layanan ride hailing ini mulanya dibuka pada 6 tahun lalu, tepatnya pada 2018 di Hanoi. Peresmian tersebut dihadiri oleh CEO Go-Jek yang saat itu masih dijabat oleh Nadiem Makarim, CEO Go-Viet Nguyen Vu Duc, hingga Presiden Jokowi. 

    Adapun alasan penutupan operasional GoViet ini dilakukan untuk mengejar profitabilitas dan fokus pada pengembangan dalam negeri.

    Driver Goviet sedang menunggu penumpangPerbesar

    Corporate Secretary GoTo Koesoemohadiani mengatakan pihaknya mengambil keputusan strategis ini agar bisa lebih fokus mengembangkan dan memperkuat kegiatan operasional yang dapat memberikan potensi pertumbuhan signifikan secara berkelanjutan. 

    “Strategi ini sejalan dengan agenda Grup GoTo dalam mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang,” katanya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (4/9/2024).

    Dia menjelaskan, bisnis Gojek di Vietnam menyumbang kurang dari 0,5% dari nilai transaksi kotor (GTV) Grup GoTo dan 2% dari GTV on-demand services di 2Q24. “Sehingga, keputusan bisnis ini tidak akan berdampak negatif pada operasional Perseroan secara lebih luas, serta kinerja bisnis dan keuangan secara menyeluruh,” katanya.

    Kredit Startup

    Sementara itu, pada masa kampanye, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berjanji akan menghadirkan kredit khusus perusahaan rintisan (startup) milenial. Gagasan tersebut muncul di tengah kondisi badai PHK di industri startup sejak 2022. 

    Gibran mengatakan saat ini pemerintah telah memiliki berbagai macam kredit seperti kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit Mekar. Rencananya, Gibran akan menambahkan kredit baru lagi untuk perusahaan teknologi. 

    Sayangnya, Gibran tidak menjelaskan secara rinci kredit baru yang bakal diluncurkan itu. 

    “Nanti akan kami tambahkan lagi. Kredit startup milenial,” kata Gibran setelah menyelesaikan pendaftaran di KPU Jakarta, Rabu (25/10/2023).

    Gibran mencentuskan gagasan tersebut di tengah kondisi industri startup yang sedang bergejolak. 

    Merujuk pada laporan DataIndonesia.id yang mengutip Layoffs.fyi, secara global, jumlah karyawan startup di dunia yang terkena PHK sebanyak 204.665 orang sejak 1 Januari – 3 Mei 2023.

    Adapun, sebanyak 19.026 karyawan menjadi korban PHK dari 81 startup di dunia pada kuartal II/2023. Jumlah itu turun 89,8% dibandingkan pada kuartal sebelumnya yang sebanyak 185.639 karyawan di 649 startup.

  • CEO Startup Wanita Sulit Raih Pendanaan, AC Ventures Ungkap Tantangannya

    CEO Startup Wanita Sulit Raih Pendanaan, AC Ventures Ungkap Tantangannya

    Bisnis.com, JAKARTA – AC Ventures, Boston Consulting Group (BCG) dan Stellar Women mengungkapkan sejumlah tantangan bagi pengusaha wanita dalam meraih pendanaan. 

    Carta’s Annual Equity Report 2023 mengungkapkan hanya 2,8% perusahaan yang dipimpin perempuan berhasil memperoleh pendanaan dari venture capital.

    Dalam whitepaper terbaru berjudul “Closing the Funding Gap for Women Entrepreneurs in Indonesia”,  AC Ventures menyebut beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh pengusaha perempuan dalam mengakses pendanaan. 

    Permasalahan pertama adalah keterbatasan kesempatan untuk berjejaring. Pengusaha wanita memiliki peluang berjejaring yang lebih rendah, yang berdampak pada kesulitan mereka akses pendanaan. 

    Kedua, kesulitan dalam menyusun pitch deck yang sesuai dengan keinginan investor, dan kurangnya informasi yang disesuaikan mengenai pilihan pendanaan. 

    Principal di AC Ventures sekaligus Founder Stellar Women Samira Shihab mengatakan bias gender dan ketidaksesuaian antara model bisnis yang dipimpin perempuan dengan kriteria investor menambah daftar tantangan 

    “Keberagaman gender bukan hanya sebuah nilai. Ini adalah katalisator untuk kemajuan ekonomi dan sosial,” ujar Samira Shihab, dikutip Selasa (24/12/2024). 

    Untuk mengatasi kesenjangan ini, Samira mengidentifikasi tiga pilar utama yang harus dilakukan oleh swasta dan pemerintah.  

    Pertama pemerintah dan organisasi harus menyediakan platform mentoring dan pengetahuan yang disesuaikan untuk pengusaha perempuan.

    Kedua, pengusaha perempuan perlu secara aktif terlibat dalam pengembangan diri untuk menghadapi tantangan pendanaan dan bisnis. 

    Terakhir, pengusaha perempuan harus proaktif mencari opsi pendanaan yang sesuai dengan model bisnis mereka.

    Laporan ini menyoroti kesenjangan pendanaan di Indonesia yang mencapai US$1,7 triliun, serta berbagai kendala yang dihadapi, seperti terbatasnya akses ke modal, bias sosial yang masih ada, dan minimnya akses ke mentor. 

    Meski demikian, bisnis yang dipimpin perempuan terbukti mampu memberikan hasil yang lebih baik dan berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi.

  • Capaian Positif Ekosistem Startup Indonesia 2024: Endeavor Indonesia Tambah 9 Endeavor Entrepreneur – Page 3

    Capaian Positif Ekosistem Startup Indonesia 2024: Endeavor Indonesia Tambah 9 Endeavor Entrepreneur – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia sepanjang 2024 menunjukkan hasil positif. Meski menghadapi tantangan global, sektor ini terus mencatatkan perkembangan signifikan.

    Startup disebut tidak hanya menjadi motor penggerak ekonomi, tapi juga inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Salah satunya ditunjukkan dengan pencapaian Endeavor Indonesia.

    Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (23/12/2024), Endeavor Indonesia berhasil menambah sembilan Endeavor Entrepreneur hingga berjumlah total 104 dari 78 perusahaan di tahun ini.

    Untuk diketahui, Endeavor Entrepreneur merupakan sebutan bagi para pendiri bisnis yang telah melewati proses seleksi ketat untuk bergabung dalam jaringan global Endeavor.

    “Keberadaan Endeavor tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis dengan memberi akses ke jaringan mentor dan pemimpin industri di 43 negara, tetapi juga didorong untuk menjadi mentor dan inspirator bagi komunitas pengusaha,” tutur Managing Director Endeavor Indonesia Monika Rudijono.

    Menurut Monika, mereka juga didorong untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta menciptakan dampak positif yang meluas. Selain itu, keberagaman Endeavor Entrepreneur mencerminkan kuatnya inovasi di berbagai industri.

    “Dengan pencapaian sepanjang tahun 2024 ini, Endeavor Indonesia semakin memperkuat posisinya sebagai katalisator ekosistem kewirausahaan di Indonesia dan dunia hingga memberikan dampak nyata bagi pengembangan ekonomi serta inovasi di Tanah Air,” tutur Monika.

    Proses seleksi menjadi Endeavor Entrepreneur pun sangat ketat. Dimulai dari screening awal oleh tim Endeavor Indonesia, sesi 1-on-1 dengan mentor membahas tantangan dan evaluasi mendalam.

    Kemudian, mereka akan melakukan pertemuan dengan panel lokal untuk menilai kesiapan pengusaha menuju proses akhir di tingkat global, yakni International Selection Panels (ISP). Dalam tahap ini, dibutuhkan persetujuan bulat dari semua panelis.

    Terbaru, ada CEO dan Co-Founder IDN Winston Utomo yang terpilih menjadi Endeavor Entrepreneur ke-104. Dengan ini, keberagaman industri di Endeavor Entrepreneur pun semakin bertambah.

    Lewat jaringan 3000 mentor global yang tersebar di 43 negara, para Endeavor Entrepreneur akan mendapatkan akses terhadap wawasan strategis untuk mengembangkan modal bisnis, mengoptimalkan pengembangan produk, serta mempersiapkan strategi menuju ekspansi pasar internasional.Pencapaian Positif Ekosistem Startup Indonesia 2024: Endeavor Indonesia Tambah 9 Endeavor Entrepreneurs.

     

  • Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Evermos, platform connected commerce terkemuka di Indonesia yang juga merupakan portofolio dari Telkomsel Ventures, menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), secara praktis melalui  MyTelkomsel Super App.

    Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk berkualitas, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah. Kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce, selaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.

    Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.

    Sedangkan untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, pelanggan cukup menjalankan beberapa langkah berikut: 

    Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App. 
    Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang. 
    Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan. 
    Masukkan data alamat pengiriman. 
    Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret. 

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan, “Kolaborasi strategis dengan Evermos merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia.” 

    Co-Founder & Acting CEO Evermos, Ilham Taufiq menambahkan, “Kolaborasi ini semakin memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang. Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru.” 

    Saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, dengan porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.

    Evermos merupakan platform connected commerce dan salah satu portofolio Telkomsel Ventures. Telkomsel Ventures sendiri adalah unit investasi yang dimiliki oleh Telkomsel, bertujuan untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan (startup) yang inovatif, terutama yang memiliki potensi untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia. Fokus utama Telkomsel Ventures adalah mendukung pertumbuhan startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital dengan memberikan akses ke modal, jaringan, serta pengalaman Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka. Selain itu, Evermos mendukung pelaku UMKM untuk memulai serta mengembangkan usahanya melalui penyediaan jaringan distribusi di kota tier 2 dan 3, serta layanan commerce yang terintegrasi dengan komitmen akan prinsip syariah.

    Perbesar

    Sedangkan, MyTelkomsel  Super App merupakan layanan berbentuk aplikasi yang diluncurkan Telkomsel untuk mengakses layanan pelanggan dengan menggunakan smartphone. Transformasi MyTelkomsel Super App telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel Super App kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem. Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel Super App menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Informasi lebih lanjut terkait produk UMKM berkualitas yang dihadirkan Evermos dapat dilihat dari MyTelkomsel Super App maupun laman https://evermos.com/. 

  • Apa itu Ramen Profitability? Kenali Manfaatnya

    Apa itu Ramen Profitability? Kenali Manfaatnya

    Dalam dunia bisnis, istilah Ramen Profitability ternyata banyak dipakai oleh pemilik usaha startup. Istilah tersebut merujuk pada kemampuan perusahaan rintisan bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha dengan  menjaga biaya tetap rendah.

    Mencapai ramen profitability ternyata berperan penting bagi pertumbuhan dan produktivitas startup karena founder bisa menopang dirinya sendiri.

    Lantas, apa itu ramen profitability? Simak definisi hingga tips memakainya untuk mendapatkan keuntungan yang bisa menambah wawasan Anda.

    Apa itu ramen profitability?

    Tidak banyak perusahan startup yang berhasil mencapai keuntungan dalam kurun waktu tertentu dalam berbisnis. Tahap ramen profitability dapat membantu pemilik usaha rintisan untuk mencapai kesuksesan untuk bisa menjalankan kegiatan usaha harian.

    Lalu, apa itu ramen profitability? Dari definisinya, ramen profitability adalah kondisi sebuah startup sudah bisa menghasilkan uang, tapi masih sebatas untuk menghidupi pemiliknya.

    Namun, biaya hidup tersebut hanya mampu menghidupi pemiliknya dari makanan dengan harga murah seperti mi instan

    Istilah satu ini mengambil analogi dari ramen atau mi instan yang harganya relatif murah. Dicetuskan oleh Paul Graham, ramen profitability memiliki konsep profitabilitas tradisional karena tujuan yang ingin dicapai berbeda.

    Jika profitabilitas tradisional bertujuan untuk meraih jumlah pendapatan secara signifikan, ramen profitability bertujuan untuk menampilkan startup sebagai bisnis yang sudah mapan.

    Artinya, bisnis rintisan sudah bisa dikatakan mapan asal keuntungannya sudah bisa membiayai kehidupan founder. Dengan demikian, bisnis yang dirintis berkelanjutan.

    Konsep keuntungan dalam ramen profitability

    Mengambil filosofi ramen, konsep ini mengadopsi pandangan bahwa mi instan sebagai konsep makanan murah.

    Tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak untuk makan, seseorang masih bisa hidup hanya dengan meminimalisir biaya.

    Menikmati makanan murah seperti mi instan tentu lebih baik daripada tidak makan sama sekali demi bisa bertahan hidup.

    Mentalitas tersebut yang mendasari ramen profitability, yaitu mengusahakan bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang dengan menjaga biaya tetap rendah.

    Alih-alih fokus pada keuntungan besar, konsep satu ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang cukup, sehingga bisnis dapat terus erjalan.

    Memiliki bisnis berkelanjutan penting bagi setiap perusahaan, terutama bagi startup yang masih memperkenalkan brand di pasar.

    Maka dari itu, ramen profitability kerap dipandang sebagai tahap penting bagi pengusaha rintisan yang menandakan bisnis telah mencapai tingkat stabilitas dan keberlanjutan tertentu.

    Manfaat mencapai ramen profitability

    Dengan mencapai ramen profitability, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik usaha rintisan. Berikut beberapa manfaatnya.

    1. Memiliki kontrol lebih besar atas bisnis

    Dengan menargetkan keuntungan yang cukup, Anda bisa menghindari ketergantungan dana dari luar, sehingga Anda bisa memiliki kontrol lebih besar atas bisnis. Hal tersebut juga menguntungkan karena pencairan ekuitas lebih sedikit.

    2. Fokus membangun produk yang potensial

    Alih-alih berfokus pada menghasilkan uang dengan cepat, Anda dapat fokus mengembangkan produk yang potensial. Dengan begitu, produk yang diluncurkan memiliki nilai guna dalam jangka panjang.

    3. Bisnis bisa bertahan lebih lama

    Perusahaan rintisan seringkali termasuk bisnis yang tidak stabil. Dengan menerapkan biaya overhead yang rendah dan pengeluaran minimal, bisnis bisa bertahan lebih lama tanpa harus khawatir kehabisan uang.

    4. Meningkatkan kepercayaan diri dan moral

    Membangun perusahaan rintisan tentu tidak mudah. Untuk menghadapi pasang surut dalam perjalanan bisnis, ramen profitability bisa diterapkan karena memperlihatkan bisnis yang berkelanjutan. 

    Dengan begitu, Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup untuk menjamin kelangsungan hidup bisnis. 

    Tips melakukan ramen profitability

    Ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh pemilik usaha rintisan agar ramen profitability yang didapatkan bisa menghasilkan keuntungan. Berikut tips menjadikan ramen profitability menguntungkan.

    1. Menghindari pengeluaran berlebih

    Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, penting untuk menghindari pengeluaran berlebih. Alih-alih menginvestasikan modal untuk pengeluaran yang kurang dibutuhkan, Anda bisa mengalokasikannya pada alat atau perangkat yang memiliki nilai jangka panjang.

    Dengan begitu, kegiatan usaha bisa dilakukan lebih efektif dan hemat biaya. 

    2. Mengukur MRR dan ME

    Dalam upaya meningkatkan profitabilitas “ramen”, ada dua komponen yang dapat dimanfaatkan, yaitu monthly recurring revenue (MRR) dan monthly expense (ME).

    MRR dipakai untuk mengukur total pendapatan yang dihasilkan bisnis setiap bulannya dari sumber berulang seperti biaya berlangganan. Selain itu, ME mengukur pengeluaran bulanan bisnis, baik pengeluaran pribadi dan operasional. Makin rendah ME, makin tinggi peluang  “ramen” mendapatkan profit.

    3. Dapatkan saran dan kritik dari klien

    Agar bisnis rintisan bisa berkembang ke arah yang lebih baik, Anda bisa memanfaatkan saran dan kritik dari pelanggan. Dengan mendengarkan kebutuhan klien, Anda bisa merancang produk yang sesuai dengan preferensi mereka.

    Produk yang bisa menyasar konsumen dengan tetap tentu akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

    4. Memakai strategi MVP

    Menggunakan minimal viable product (MVP) juga akan sangat membantu dalam membuat produk yang tepat di pasar. Strategi pengembangan produk ini berfokus pada fitur-fitur penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

    Dengan meluncurkan MVP, Anda bisa memantau kinerja dan menyempurnakannya secara berkala.

    Demikian ulasan mengenai apa itu ramen profitability hingga tips melakukannya untuk mendapatkan untung. Semoga bermanfaat!

  • Startup Baru Makin Jarang Muncul, Menko Airlangga Ungkap Penyebabnya

    Startup Baru Makin Jarang Muncul, Menko Airlangga Ungkap Penyebabnya

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tidak menampik terjadi tren penurunan jumlah startup atau perusahaan rintisan baru.

    Airlangga menilai kini tren bisnis mengarah ke Business-to-Business (B2B) bukan Business-to-Customer (B2C). Tren tersebut secara tidak langsung memengaruhi jumlah kemunculan startup baru.

    “Kalau kita lihat kan banyak mengembangkan di dalam korporasi-korporasi. Jadi kita lihat saja, ini kan natural,” ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (20/12/2024).

    B2B sendiri merujuk kepada model bisnis yang menyediakan produk atau layanan untuk perusahaan lain, organisasi, atau institusi. Sementara itu, B2C merupakan model bisnis yang menyediakan produk atau layanan langsung kepada konsumen individu.

    Kendati demikian, Airlangga menyatakan pemerintah akan tetap mendorong peningkatan jumlah startup. Sementara itu, pengembangan startup unicorn alias perusahaan rintisan yang memiliki valuasi mencapai US$1 miliar atau lebih bukan yang utama.

    “Yang paling penting itu startup kita dorong supaya meningkatkan. Kalau unicorn itu salah satu target, bukan target utama,” katanya.

    Sebelumnya, Asisten Deputi Direktur Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian Danang Sri Wibowo menjelaskan pihaknya sudah menerapkan target pengembangan digital hingga 2045. Salah satu indikatornya yaitu iklim bisnis ekonomi digital.

    Pada 2030, ditarget terdapat 23 startup unicorn. Lalu, pemerintah menargetkan kontribusi ekonomi mencapai 11,1%—13,4% terhadap produk domestik bruto (PDB). Sebagai perbandingan, pada 2022 kontribusi ekonomi digital ‘hanya’ mencapai 7,6%—8,7%.

    Pada 2045, target semakin tinggi, diharapkan ada 61 startup unicorn dengan kontribusi ekonomi digital mencapai 17,4%—20,2% terhadap PDB.

    Saat ini, Danang mengungkapkan Indonesia mempunyai 2.651 startup—terbanyak keenam di dunia, 15 unicorn, dan 2 decacorn (GoTo dan J&T).

    “Ini [perusahaan-perusahaan rintisan] sebetulnya ikut menjadi landasan bagaimana kita menjadi satu negara yang maju dalam mewujudkan ekonomi digital sebagai penopang perekonomian nasional,” jelas Danang dalam acara Sosialisasi Penyampaian Data dan Informasi PMSE di kawasan Jakarta Utara, Selasa (10/12/2024).

    Sementara itu, laporan Outlook Ekonomi Digital 2025 yang dirilis Center of Economic and Law Studies (Celios) mengungkapkan kecenderungan penurunan jumlah permodalan ke startup di Indonesia.

    Laporan tersebut menunjukkan data perkembangan investasi startup digital di Indonesia dari tahun 2014 hingga 2023 dominasi perusahaan modal ventura dalam pendanaan sektor ini.

    Investasi modal ventura mencapai puncaknya pada 2021 dengan nilai mencapai Rp140,5 triliun. Hanya, pada 2022 dan 2023, terjadi penurunan investasi mencapai 66% pada tahun 2023, yang dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi global dan selektivitas investor yang lebih tinggi terhadap startup.

  • Data Center AI Lapar Listrik, Startup Geothermal Kebanjiran Investasi

    Data Center AI Lapar Listrik, Startup Geothermal Kebanjiran Investasi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kebutuhan listrik yang tinggi dari data center kecerdasan buatan (AI) yang boros energi mendorong kemunculan banyak startup di bidang geothermal.

    Meta (induk usaha Facebook, Instagram, dan WhatsApp) dan Alpahabet (induk usaha Google), menurut Reuters, sama-sama memiliki kerja sama dengan startup yang memproduksi energi geothermal untuk menyediakan pasokan listrik ke data center mereka.

    Operator data center lain juga berlomba berebut pasokan energi bersih yang dibutuhkan untuk menunjang proses komputasi AI. 

    “Kami percaya geothermal, berbarengan dengan gas alam yang berlimpah, bisa menjadi bagian dari bauran energi yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan,” kata CTO Devon Energy, Trey Lowe. Devon Energy adalah produsen shale gas dan investor di startup geothermal Fervo Energy.

    Geothermal digaungkan sebagai cara lebih cepat untuk memproduksi listrik bebas karbon dibanding nuklir, serta tanpa sela seperti angin dan surya. Namun, startup masih berhadapan dengan biaya awal yang tinggi, terutama untuk pengeboran serta perizinan yang jauh lebih panjang.

    Akibatnya, investasi ke proyek panas bumi cenderung terbatas. Analis memperkirakan pembiayaan untuk proyek geothermal sejak 2020 baru sekitar US$ 700 juta.

    Di sisi lain, produsen shale oil (sering disebut sebagai minyak serpih) seperti Chevron, Diamondback Energy, dan Exxon Mobil malah mendorong penggunaan gas alam sebagai bahan bakar pembangkit listrik yang bebas emisi.

    “Secara umum, ketertarikan datang dari produsen migas kecil dan perusahaan layanan. Kami berdiskusi juga dengan Chevron dan Sehll, tetapi mereka sepertinya cenderung ke wait and watch,” kata Cindy Taff, CEO startup Sage Geosystem, yang mengembangkan teknologi penyimpanan energi dan geothermal di lokasi jauh di bawah permukaan bumi.

    Sage baru-baru ini menggalang pendanaan US$ 30 juta dari produsen shale gas Expand Energy dan berencana membuka ronde pendanaan Seri B pada Januari.

    Pada Desember, startup asal Colorado bernama Gradient Geothermal yang mengembangkan cara menghasilkan energi geothermal menggunakan infrastruktur minyak dan gas, mengumumkan bahwa mereka membantu perusahaan migas Chord Energy dalam membangkitkan listrik di salah satu ladang migas mereka di North Dakota.

    COO Gradient Johanna Ostrum menyatakan perusahaan energi kecil dan menengah tertarik untuk menggunakan energi panas bumi untuk sumber pembangkit listrik untuk kebutuhan sendiri, bukan untuk dijual ke publik.

    Perusahaan geothermal kini sedang berusaha agar bisa lebih kompetitif secara biaya Rerata biaya listrik (LCOE) proyek panas bumi di Amerika Serikat adalah sekitar US$ 64 per MWh. Biaya ini lebih kompetitif dibandingkan dengan sumber energi dispatchable (bisa dimatikan dan dihidupkan) lain seperti pembangkit listrik tenaga gas dan uap (US$ 77 per MWh) dan nuklir (US$ 182 per MWh)

    Menurut Bryant Jones, Direktur Eksekutif Geothermal Rising ada sekitar 60 startup baru di bidang panas bumi yang muncul dalam 2 tahun terakhir. Sebanyak 10 dari 22 startup panas bumi yang didirikan di AS antara 2016 dan 2022 bermarkas di Texas.

    Arus investasi ke startup panas bumi juga terbantu oleh harga komoditas yang makin rendah. Perusahaan shale gas dan shale oil berusaha mencari sumber pendapatan baru dengan berinvestasi di panas bumi.

    (dem/dem)