Produk: skincare

  • Indonesia Asri Beri Edukasi Cara Merawat Diri dan Lingkungan Melalui Circle of Beauty 3.0

    Indonesia Asri Beri Edukasi Cara Merawat Diri dan Lingkungan Melalui Circle of Beauty 3.0

    Jakarta, Beritasatu.com – Kampanye Indonesia Asri yang diinisiasi oleh PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) kembali hadir dengan program inspiratif Circle of Beauty 3.0. Dengan tema “Self-Care Starts with Waste Care”, kegiatan ini bertujuan mengedukasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengelolaan sampah produk perawatan diri (personal care) sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

    Bertempat di Jakarta, acara ini menghadirkan kolaborasi dengan Rumah Atsiri, pusat edukasi dan inovasi di bidang minyak esensial (essential oil). Circle of Beauty 3.0 menjadi wadah bagi para peserta untuk mendalami keterampilan seputar kecantikan sembari belajar memilah sampah dari produk-produk kecantikan mereka.

    Edukasi dan Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Asri

    Head of Corporate Communications Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan menjelaskan bahwa kegiatan Circle of Beauty 3.0 merupakan bagian dari kampanye Indonesia Asri yang mengedepankan kolaborasi dan edukasi dalam mewujudkan lingkungan bersih, dimulai dari kesadaran diri untuk memilah sampah hasil konsumsi pribadi.

    “Inisiatif ini ditujukan bagi mereka yang memiliki passion di bidang kecantikan, mulai dari skincare, makeup, hingga personal care. Kami ingin memberikan edukasi tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan produk kecantikan, sekaligus memilah sampah kemasan produk dengan benar. Kebiasaan kecil ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk membiasakan diri memilah sampah di rumah agar dapat didaur ulang kembali,” ujar Chrysanthi.

    Dalam kesempatan yang sama, Corporate Representative Rumah Atsiri, yang merupakan produsen produk personal care Dewanti Subijantoro, menegaskan pentingnya keberlanjutan sebagai pilar utama dalam bisnis mereka. 

    “Keberlanjutan bukan sekadar kampanye, melainkan merupakan inti dari model bisnis kami. Kami mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap operasional yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Salah satu inisiatif yang kami jalankan adalah Kosara, Koperasi Sampah Rumah Atsiri, yang bertugas mengelola limbah hasil produksi kami secara berkelanjutan. Limbah tersebut tidak hanya membantu mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi komunitas sekitar,” jelas Dewanti.

    Kolaborasi dari Chandra Asri Group dan Rumah Atsiri ini menunjukkan komitmen nyata dalam menciptakan lingkungan yang lebih asri yang diharapkan dapat menjadi warisan bagi generasi mendatang.

  • BPOM Umumkan 55 Daftar Kosmetik yang Dinyatakan Mengandung Bahan Dilarang atau Berbahaya

    BPOM Umumkan 55 Daftar Kosmetik yang Dinyatakan Mengandung Bahan Dilarang atau Berbahaya

    GELORA.CO –   Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menindak 55 produk kosmetik ilegal yang berasal dari produk industri lokal dan impor. Produk-produk tersebut dinyatakan terbukti mengandung bahan berbahaya seperti merkuri hingga timbal. 

    Kepala BPOM Taruna Ikrar mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap temuan kosmetik yang mengandung bahan dilarang dan/atau bahan berbahaya tersebut. 

    “BPOM melalui 76 unit pelaksana teknis (UPT) di seluruh Indonesia telah melakukan penertiban ke fasilitas produksi, distribusi, dan media online,” kata Taruna dalam keterangan resminya, Kamis (28/11/2024).

    Untuk diketahui, sebanyak 55 produk kosmetik ditemukan mengandung bahan dilarang dan/atau bahan berbahaya. Temuan tersebut terdiri dari 35 produk kosmetik yang dibuat berdasarkan kontrak produksi, 6 produk kosmetik yang diproduksi dan diedarkan oleh industri kosmetik dan 14 produk kosmetik impor.

    Produk kosmetik hasil sampling dan pengujian tersebut ditemukan positif mengandung bahan dilarang dan/atau bahan berbahaya merkuri, asam retinoat, hidrokinon, pewarna merah K3, pewarna merah K10, pewarna acid orange 7, dan timbal. Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan dilarang dan/atau bahan berbahaya dapat menimbulkan risiko kesehatan.

    Merkuri dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna kulit berupa bintik-bintik hitam (ochronosis), alergi, iritasi kulit, sakit kepala, diare, muntah-muntah, dan kerusakan ginjal.

    Sementara, asam retinoat dapat mengakibatkan kulit kering, rasa terbakar, dan perubahan bentuk atau fungsi pada organ janin (bersifat teratogenik). Hidrokinon berpotensi mengakibatkan hiperpigmentasi, menimbulkan ochronosis, serta perubahan warna kornea dan kuku. 

    Kemudian pewarna dilarang (merah K3, merah K10, dan acid orange 7) bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker dan dapat mengganggu fungsi hati. Adanya timbal pada kosmetik dapat merusak fungsi organ dan sistem tubuh.

    Berikut produk kosmetik ilegal berdasarkan kontrak produksi:

    1. AEF Beauty by Anita Putri Tama Day Series (NA182301 16957) milik PT Putra Bumi Yusuf, Kota Makassar. Produk mengandung merkuri, izin edar dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    2. AEF Beauty by Anita Putri Tama Night Series (NA182301 16958) milik PT Putra Bumi Yusuf, Kota Makassar. Produk mengandung merkuri, izin edar dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    3. AEF Beauty by Anita Putri Tama Face Toner (NA182312 10880) milik PT Putra Bumi Yusuf, Sulsel. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    4. Amiglow Night Series (NA182301 17333) milik PT Putra Bumi Yusuf, Kota Makassar. Produk mengandung merkuri, izin edar dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    5. Booster Up Dazzling Lumina Night Cream, tidak diketahui pemilik serta nomor izin edarnya. Produk mengandung hidrokuinon dan tidak terdaftar di BPOM. 

    6. Byout Skincare Cream Glowing (NA18210100834) milik CV Gemilang Surabaya. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar sudahtidak berlaku dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    7. Byout Skincare Cream Glowing 2 (NA18210100835) milik CV Gemilang Surabaya. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar sudah tidak berlaku dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    8. Dinda Skin Care All Day and Night Series (NA18230114061) PT Putra Bumi Yusuf, Sulsel. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    9. Dinda Skin Care Bibit Lotion Thai (NA18230116725) PT Putra Bumi Yusuf, Sulsel. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    10. EBY Whitening Booster (NA18231904077) milik PT Kasyara Sula Maju, Makassar. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    11. F3 Glowing Cream Malam (NA18210102486) milik PT Prapta Rekayasa Buana. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    12. F3 Glowing Cream Siang (NA18210102490) milik PT Prapta Rekayasa Buana. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak.

    13. Four Beauty All In One Day & Night Series (NA18230116430) milik PT Putra Bumi Yusuf, Sulsel. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak.

    14. HK Beauty Glow Body Lotion (NA18230102137) milik PT Putra Bumi Yusuf. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak.

    15. Lea Gloria Day by Day Face Mask Mud Exclusive (NA18220200465) milik PT Larassanti Makmur Sejahtera, Tangerang. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak.

    16. Mamzi Skincare by Mama Zio Cream Booster (NA18230101176) milik PT Citra Kosmetika Industri, Bekasi. Produk mengandung hidrokinon, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    17. Maxie Glowing Night Cream (NA18230106213) milik PT Sandrica Beauty Derma, Bogor. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    18. Maxie Brightening Series Sunscreen Cream (NA18230106213) milik PT Sandrica Beauty Derma, Bogor. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    19. MK Glow Serum Crystal Ultimate (NA18221900498) milik CV Berlian Kosmetik, Kab Lumajang. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    20. NBS Noni Beauty Skin Extra Glow Night Cream (NA18210109898) milik PT Cosmotech Multi Mandiri, Depok. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    21. NEW WSP Brightening Night Cream (NA18230106084) milik PT Vavindo Global Kosmetik, Kab Sidoarjo. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan dan diproduksi oleh yang tidak berhak. 

    22. NRL Cosmetic Premium Day Cream milik CV NRL Cosmetics. Produk mengandung hidrokinon, tidak terdaftar di BPOM. 

    23. NRL Cosmetic Premium Night Cream milik CV NRL Cosmetics. Produk mengandung hidrokinon, tidak terdaftar di BPOM. 

    24. Ratu Glow Night Cream Whitening milik PT Bucar Megatama Kosmetika, Kota Makassar. Produk mengandung asam retinoat dan hidrokinon, tidak terdaftar di BPOM. 

    25. Ratu Glow Glowing Cream Whitening milik PT Bucar Megatama Kosmetika, Kota Makassar. Produk mengandung asam retinoat, tidak terdaftar di BPOM. 

    26. Ratu Glow Acne Night Cream Plus milik PT Bucar Megatama Kosmetika, Kota Makassar. Produk mengandung asam retinoat, tidak terdaftar di BPOM. 

    27. Ratu Glow Whitening Night Cream milik PT Bucar Megatama Kosmetika, Kota Makassar. Produk mengandung asam retinoat, tidak terdaftar di BPOM.

    28. RK Glow Beauty Lotion Booster (NA18230106714) milik PT Citra Kosmetika Industri, Bekasi. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan. 

    29. R&D Glow Fresh Toner (NA18211207787) produsen tidak diketahui. Produk mengandung asam retinoat, izin edar telah dibatalkan.

    30. R&D Glow Night Cream (NA18210110128) produsen tidak diketahui. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan.

    31. R&D Glow Day Cream (NA18211902967) produsen tidak diketahui. Produk mengandung merkuri, izin edar telah dibatalkan.

    32. SBC Night Cream Glowing Shining, produsen dan nomor izin edar tidak diketahui. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat. 

    33. SCI Beauty (NA18230102430) milik PT Berlian Kosmetika Manufaktur. Produk mengandung hidrokinon dan asam retinoat, izin edar telah dibatalkan.

    34. SYB Body Scrub (NA18180706653) milik JJ Top Cosmindo Jaya, Sidoarjo. Produk mengandung hidrokinon, izin edar sudah tidak berlaku. 

    35. Whitening Night Cream (dalam paket NezzMG Cosmetics) produsen dan nomor izin edar tidak diketahui. Produk mengandung hidrokinon, tidak terdaftar di BPOM. 

    Daftar produk kosmetik ilegal lokal:

    1. DR Pure Moisten – Skin Cream Night (NA18200108741) milik PT Pureo Kosmetik Masindo, Tangerang. Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    2. ELCY Beauty Ultimate Night Cream (NA18220108791) milik Cipta Anugerah Bakti Mandiri, Kab Banyuwangi. Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    3. Glowingin Whitening Night Cream (NA18220110689) milik PT Diva Asia Kosmetika, Kab Bogor. Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    4. Mira Hayati Cosmetic Toner (NA18231200521) milik PT Agus Mira Mandiri Utama, Maros. Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    5. Starlite Night Cream Brightening (NA18230103597) milik PT Resik Mitra Anugerah, Kab. Bogor). Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    6. Umi Beauty Care Brightening Cream (NA18211902984) milik PT Resik Mitra Anugerah, Kab. Bogor. Produk mengandung asam retinoat, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    Daftar produk kosmestik ilegal impor:

    1. Casandra Eye Brow Pencil (Brown) nomor izin edar (NA11221200512) milik PT Selamat Makmur/Weihai Baoli Cosmetics, Ltd. Produk mengandung timbal, nomor izin edar telah dibatalkan. 

    2. La Mei La Eye Shadow 01 tidak diketahui nomor izin edar dan produsen. Produk mengandung pewarna merah K3 dan tidak terdaftar di BPOM. 

    3. La Mei La Eye Shadow 03 tidak diketahui nomor izin edar dan produsen. Produk mengandung pewarna merah K3 dan tidak terdaftar di BPOM. 

    4. Mila Color Fresh Lemon 10 Colors tidak diketahui nomor izin edar dan produsen. Produk mengandung pewarna merah K3 dan timbal, serta tidak terdaftar di BPOM. 

    5. Pinkflash Pro Touch Eyeshadow Palette PF-E15 – #02 (NA11211201040) milik PT FCL International Indonesia/Guangzhou Duoduo Cosmetics Co. Ltd. Produk mengandung pewarna merah K3 dan pewarna merah K10, izin edar telah dibatalkan.

    6. Pinkflash L01 Lasting Matte Lipcream – R04 (NA11211300237) milik PT FCL International Indonesia/Guangzhou Duoduo Cosmetics Co. Ltd. Produk mengandung pewarna merah K3, izin edar tidak berlaku. 

    7. Pinkflash Multi Face Pallet PF-M02 – #01 (NA11211200494) milik PT FCL International Indonesia/Guangzhou Duoduo Cosmetics Co. Ltd. Produk mengandung pewarna acid orange 7, izin edar tidak berlaku. 

    8. Sherby’s Lip Gloss 04 (NA11201300624) produsen tidak diketahui. Produk mengandung pewarna merah K10, izin edar telah dibatalkan.

    9. Sherby’s Lip Gloss 05 (NA11201300625) produsen tidak diketahui. Produk mengandung pewarna merah K10, izin edar telah dibatalkan.

    10. Sherby’s Makeup Kit A-size 26 Colors Wi metal Button (NA11201200491) milik CV Rias Maju Sejahtera/Bofei Cosmetics Co., Ltd. Produk mengandung pewarna merah K10, izin edar telah dibatalkan.

    11. Sherby’s 9 Colors Eyeshadow and Blush On Set 02 (blush on) (NA11201200761) milik CV Rias Maju Sejahtera/Bofei Cosmetics Co., Ltd. Produk mengandung timbal,  izin edar telah dibatalkan.

    12. Sherby’s 2-Side Colors Blush On 03 (NA11201200747) milik CV Rias Maju Sejahtera/Bofei Cosmetics Co., Ltd. Produk mengandung timbal, izin edar telah dibatalkan.

    13. Sherby’s makeu up kita Dramaqueen (NKIT200000832) milik CV Rias Maju Sejahtera/Bofei Cosmetics Co., Ltd. Produk mengandung timbal, izin edar telah dibatalkan.

    14. Sherby’s make up kit brilliant (NKIT2000000830) milik CV Rias Maju Sejahtera/Bofei Cosmetics Co., Ltd. Produk mengandung pewarna merah K3 dan pewarna merah K10, izin edar telah dibatalkan.

  • Review Mainan Anak, Perempuan Ini Raup Cuan Ratusan Juta di Shopee Live

    Review Mainan Anak, Perempuan Ini Raup Cuan Ratusan Juta di Shopee Live

    Jakarta

    Kegigihan dan kerja keras menjadi salah satu pengaruh utama yang membawa Cici Melda untuk mengubah nasibnya seperti saat ini. Pasalnya perempuan berumur 30 tahun ini bisa mendulang banyak penghasilan dengan memanfaatkan fitur Shopee Live.

    Lewat fitur tersebut, Melda mengulas produk dari kategori Ibu & Anak melalui setiap sesi live streamingnya di Shopee Live. Menariknya, lewat fitur tersebut dirinya berhasil mendapatkan komisi ratusan juta rupiah setiap bulannya melalui Shopee Live. Bahkan berkat fitur tersebut dirinya bisa membuka lapangan kerja dan membentuk tim tersendiri.

    “Sangat tidak terbayangkan sebelumnya kalau hidup ku bisa berubah bersama Shopee Live. Pandemi kemarin merupakan salah satu titik terendah dalam hidupku, dimana bisnis yang aku miliki harus terpaksa tutup. Saat itu, aku jadi banyak menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak. Namun dengan penghasilan keluarga yang ikut berubah, membuat aku merasa harus mencari kesempatan yang dapat membantu keluarga,” kata Melda dalam keterangan, Kamis (28/11/2024).

    “Sebagai pengguna setia Shopee, aku ikut terpapar akan peluang Shopee Affiliate dan terinspirasi dari kisah sukses banyak orang yang sudah mencoba sebelumnya. Hal ini merupakan langkah terbaik yang aku ambil. Walaupun baru bergabung bersama Shopee Affiliate Program dan Shopee Live setahun lalu, kini aku sudah bisa memiliki penghasilan yang luar biasa,” sambungnya.

    Dia menjelaskan bergabung menjadi Shopee Affiliate sudah sejak 2023 lalu. Melda memanfaatkan fitur ini dengan mengulas barang yang ada di sekitarnya, yaitu produk yang digunakan sang anak.

    Sering menggunakan Shopee untuk berbelanja memenuhi kebutuhan, Melda tidak membutuhkan waktu lama untuk membiasakan diri dengan Shopee Live. Bagi Melda, tampilan fitur yang mudah dan banyaknya variasi produk dari berbagai mitra brand dan penjual terpercaya, sangat membantu dirinya dalam menyusun etalase produk.

    “Dengan terus konsisten menjalankan sesi live streaming dan menggali kreativitas bersama Shopee Live, bisa membawa toko Cici_Melda semakin dikenal para orang tua yang sedang mencari rekomendasi produk bayi dan anak,” tuturnya.

    Ada berbagai tipe produk perlengkapan anak yang sering dirinya rekomendasikan seperti gendongan bayi, legging anak dan kasur bayi menjadi produk yang paling populer dan banyak dibeli oleh para penonton setia sesi live streaming Melda.

    “Berawal dari iseng mengulas produk milik anak yang ada di rumah, ternyata membuatku bisa dikenal sebagai creator Shopee di kategori Mom & Baby. Hanya dalam 3 bulan saja, Shopee Live telah memberikan dampak yang luar biasa dan dapat menjadi pendapatan Utama,” jelasnya.

    “Dengan komisi yang mencapai ratusan juta tiap bulan, aku bisa mengubah kualitas hidup keluarga hingga mewujudkan mimpi pergi umroh dan membangun rumah. Tidak hanya itu, aku juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi timku yang saat ini berjumlah 6 orang. Timku inilah yang turut membantu akunku berkembang dan bisa menayangkan sesi live streaming sepanjang hari,” tambahnya.

    Tips Mempersiapkan Produk untuk Si Kecil ala Cici Melda

    Dalam kesempatan tersebut, Melda pun berbagai tips untuk memiliki produk yang bagus bagi anak-anak. Nah berikut adalah tips dan triknya.

    1. Prioritaskan Perlengkapan dan Kebutuhan Utama

    Berbagai perlengkapan anak yang lucu dan menggemaskan tentu membuat kita ingin memborong semuanya ketika berbelanja.

    “Di sesi Shopee Live, aku sering mendapatkan live comment dari penonton yang bertanya rekomendasi produk untuk newborn. Aku selalu katakan untuk prioritaskan untuk membeli kebutuhan utama, seperti popok, skincare, baju dan celana bayi, gendongan, dan kasur bayi. Siapkan produk yang tidak hanya aman untuk Si Kecil, namun juga nyaman dan mudah dipakai oleh sang ibu,” kata Melda.

    2. Pastikan Pakaian yang Dibeli Menggunakan Bahan Lembut

    Saat membeli baju dan celana newborn, disarankan untuk memilih pakaian yang praktis dan tetap membuat Si Kecil nyaman. Pastikan juga pakaian terbuat dari bahan katun yang lembut, adem, dan mudah menyerap keringat sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif.

    Pilih juga pakaian dengan kancing di depan yang nyaman untuk Si Kecil, dan memudahkan orang tua dalam mengenakan dan melepaskannya. Untuk pilihan baju yang sebaiknya disiapkan adalah jumper dengan kancing di sepanjang bagian depan tubuh, piyama, atasan dengan kancing di bahu, hingga jaket dengan kancing di depan.

    3. Pilih Produk Aman untuk Kulit

    Bayi yang baru lahir cenderung memiliki kulit yang sensitif, sehingga pemilihan produk perawatan kulitnya harus diperhatikan. Pilih produk perawatan kulit bayi yang memiliki label hypoallergenic, yang menandakan bahwa produk tersebut mengandung lebih sedikit bahan-bahan yang mungkin memicu alergi di kulit.

    “Produk perawatan utama yang harus disiapkan untuk Si Kecil adalah sabun dan sampo, bedak bayi, pelembab kulit, dan salep untuk ruam popok,” tutup Melda.

    Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai perjalanan kamu sebagai konten kreator dengan Shopee sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya! Kamu bisa bergabung melalui tautan https://shopee.co.id/m/affiliates atau mencari kata kunci ‘Shopee Affiliate Program’ pada fitur pencarian di aplikasi Shopee.

    (akd/ega)

  • Lewat Ruang Belajar GoSend, UMKM Siap Ambil Kesempatan di Momen Akhir Tahun

    Lewat Ruang Belajar GoSend, UMKM Siap Ambil Kesempatan di Momen Akhir Tahun

    Jakarta

    Menjelang momen belanja akhir tahun, GoSend layanan pengiriman barang dari Gojek, semakin mempertegas komitmennya untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui berbagai inovasi, program edukasi dan promo menarik, GoSend membantu UMKM memaksimalkan potensi bisnis mereka untuk menghadapi tantangan di 2025.

    GoSend menghadirkan beragam layanan pengiriman yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan UMKM. Layanan seperti GoSend Instant misalnya, memungkinkan pengiriman cepat, cocok untuk seller yang menjual makanan pre-order hingga hampers yang banyak dipesan di momen akhir tahun. Ditambah lagi saat ini terdapat program jaminan pengantaran 1 jam untuk layanan GoSend Instan.

    Kemudian, GoSend SameDay untuk pengiriman barang dengan estimasi waktu pengantaran 6-8 jam. Cocok digunakan sebagai metode pengiriman para seller di e-commerce untuk barang-barang seperti fashion, kebutuhan rumah tangga, skincare, hingga alat make up. Tak ketinggalan, layanan GoSend Car untuk mengirim barang dalam jumlah banyak atau paket besar hingga 100 kilogram. Mitra UMKM yang bisa menggunakan layanan ini mengirim pesanan makanan dalam jumlah besar, alat elektronik besar, maupun barang lainnya yang sensitif dan pecah belah.

    “Inovasi terbaru kami, GoSend Instant Hemat, memberikan opsi pengiriman cepat dengan harga terjangkau, saat ini tengah diluncurkan secara bertahap dimulai dari Bandung dan Surabaya. Ini merupakan langkah kami untuk terus berinovasi guna menjawab kebutuhan pelaku UMKM,” ujar Steven Halim, Head of Transport and Logistics Gojek dalam keterangan tertulis, Selasa (26/11/2024).

    Selain itu, GoSend juga menawarkan fitur tambahan seperti Multi Delivery, asuransi pengiriman hingga Rp50 juta, dan jaminan pengiriman dalam 1 jam. Semua ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna sekaligus mendukung pelaku usaha dalam menjaga kualitas layanan kepada pelanggan.

    Foto: dok. Gojek

    Promo Akhir Tahun untuk Tingkatkan Penjualan

    Untuk menyambut akhir tahun, GoSend memberikan berbagai promo menarik seperti GoSend Flat Ongkir Rp5 ribu dan diskon eksklusif bagi pengguna Gojek PLUS. Penawaran ini diharapkan dapat mendukung pelaku UMKM menangkap peluang terutama pada periode belanja puncak di minggu ketiga Desember, yang menurut data internal GoSend menunjukkan lonjakan transaksi.

    Ruang Belajar GoSend, Tempat UMKM Berbagi dan Belajar

    Sebagai bagian dari dukungannya, GoSend juga membentuk komunitas Best Seller GoSend, yang telah menjangkau ratusan ribu pelaku usaha. Salah satu program unggulannya adalah Ruang Belajar GoSend Summit 2024, yang digelar untuk memberikan inspirasi dan wawasan strategis kepada UMKM.

    Acara yang diselenggarakan pada Selasa (26/11) ini menghadirkan narasumber ternama yakni CEO & Founder HMNS Perfume Rizky Arief, dan Managing Director MKS Shoes Fitria Vidyawati, yang berbagi pengalaman mereka dalam mambangun bisnis sukses. Diskusi dipandu oleh Ario Pratamo yang merupakan Content Creator, Entrepreneur & Investor. Mereka membahas tips menghadapi tantangan bisnis, strategi meningkatkan penjualan, hingga memanfaatkan momen tertentu untuk mendongkrak penjualan.

    “Dengan tiga langkah ini; inovasi produk, penawaran khusus dan ragam inisiatif edukasi, GoSend terus membuktikan komitmennya untuk mendorong UMKM Indonesia tumbuh dan bersaing di era digital. Kami ingin UMKM siap menjadi “best seller” di tahun 2025, dengan memanfaatkan momen-momen penting seperti akhir tahun ini,” tutup Steven.

    (prf/ega)

  • Tren Kecantikan 2025, Korean dan Hollywood Style Masih Diminati

    Tren Kecantikan 2025, Korean dan Hollywood Style Masih Diminati

    Jakarta, Beritasatu.com – Tren kecantikan selalu berkembang setiap tahunnya, ditambah dengan munculnya berbagai produk kosmetik dan skincare yang mengeklaim dapat meningkatkan penampilan seseorang. Lalu, bagaimana dengan tren kecantikan pada 2025?

    Spesialis kecantikan, dr Eklendro Senduk atau akrab disapa Ekles, memprediksi tren kecantikan pada 2025 masih akan banyak dipengaruhi oleh Korean style atau gaya dari Korea. Menurutnya, tren kecantikan ini akan terus diminati hingga tahun berikutnya.

    Kepada Beritasatu.com, dr Ekles menjelaskan bahwa ada dua tren kecantikan utama yang populer, yakni Korean style dan Hollywood style.

    “Di Indonesia, terutama di Asia yang mencakup sekitar 70% pasar, tren Korean style masih sangat diminati. Gaya ini lebih mengutamakan wajah dengan bentuk v-shape, tirus, soft, dan feminim,” ujar Ekles saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (23/11/2024).

    Menurut dokter Ekles, tren kecantikan Korea juga semakin diminati oleh pria, yang menginginkan tampilan wajah tirus seperti idola K-Pop. Namun, ia juga menambahkan tren Hollywood style diperkirakan tetap populer pada 2025.

    “Namun, sekitar 30% orang masih menginginkan tren ala Hollywood, yang lebih bold dan tegas, seperti keluarga Kardashian. Jadi, tren kecantikan ini kemungkinan akan tetap digemari hingga 2025,” terangnya.

    Sebagai seorang dokter dan pengusaha skincare, Ekles mengatakan baik tren Korean style maupun Hollywood style masih banyak diminati dalam berbagai usaha kecantikan yang ia kelola.

    “Melihat perkembangan di klinik kecantikan dan sejumlah produk skincare, kedua style tersebut tetap diminati, dan sepertinya akan terus menjadi tren kecantikan pada 2025,” pungkasnya.

  • Waspada Skincare Abal-abal, Ini Tips Memilih Produk yang Aman

    Waspada Skincare Abal-abal, Ini Tips Memilih Produk yang Aman

    Jakarta, Beritasatu.com – Produk perawatan kulit atau skincare kini semakin banyak beredar di pasaran dengan berbagai pilihan harga yang terjangkau. Namun, penting bagi konsumen untuk berhati-hati terhadap produk skincare abal-abal dan tidak mudah tergiur dengan janji hasil instan.

    Spesialis kecantikan dr Eklendro Senduk atau akrab disapa dokter Ekles, mengingatkan pembeli untuk selalu waspada saat memilih produk skincare. Ia pun membagikan beberapa tips atau tip yang dapat membantu konsumen memilih produk yang aman.

    “Kita memakai skincare pasti ingin kulit sehat, bukan malah merusak kulit. Jadi, tips pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan produk tersebut terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujar dokter Ekles saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (23/11/2024).

    Ia menyebut, apabila sebuah produk tidak mencantumkan logo BPOM atau tidak terdaftar, maka perlu dipertanyakan mengenai kandungan yang ada di dalamnya. Pembeli juga dapat memeriksa keaslian produk tersebut melalui situs resmi  BPOM.

    Namun, masalah baru muncul ketika produk yang terdaftar di BPOM ternyata mengandung bahan berbahaya. Kasus skincare abal-abal atau oplosan pun semakin marak ditemukan.

    “Namun yang menjadi kekhawatiran sekarang adalah produk yang sudah ada logo BPOM, tetapi ternyata berbahaya. Itu yang paling ditakutkan. Lalu, bagaimana cara kita mengenalinya?” terang dokter Ekles.

    Menurutnya, salah satu tanda produk skincare abal-abal atau mencurigakan adalah jika penggunaannya dalam waktu singkat sudah memberikan hasil yang terlalu instan, seperti kulit yang langsung tampak putih dan bercahaya misalnya porselen.

    Ia menjelaskan, apabila dalam tiga hari atau bahkan kurang dari dua minggu, kulit sudah tampak putih dan bercahaya, hal itu justru yang patut dipertanyakan. Sebab, regenerasi kulit memerlukan waktu yang tidak instan.

    “Biasanya, regenerasi kulit memerlukan waktu minimal dua minggu hingga satu bulan untuk menunjukkan perubahan,” tambahnya.

    Oleh karena itu, dr  Ekles mengingatkan pembeli untuk tidak mudah tergiur dengan hasil yang instan. Salah satu langkah lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan test kit untuk memeriksa apakah produk tersebut mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya.

    “Jangan tergiur dengan hasil instan, hati-hati skincare abal-abal, apalagi jika sedang viral atau harganya sangat murah. Masih banyak produk dengan harga terjangkau yang tetap aman digunakan,” pungkasnya.

  • Deretan Produk Paragon Ini Borong 9 Penghargaan di SMARTIES Awards

    Deretan Produk Paragon Ini Borong 9 Penghargaan di SMARTIES Awards

    Jakarta, CNBC Indonesia– ParagonCorp meraih Sembilan penghargaan dalam ajang SMARTIES™ Awards Indonesia 2024. Penghargaan tahunan ini diberikan untuk mengapresiasi kreativitas, inovasi, dan keunggulan dalam pemasaran dan periklanan.

    Penghargaan yang diraih melalui brand Wardah dan Kahf ini meliputi Brand Purpose/Activism (Bronze Winner: Kahf-Detik-Detik Berkahf), Social Impact Marketing (Bronze Winner: Wardah-#TeruskanLangkahBaikmu), Diversity and Inclusion (Silver Winner: Wardah-#TeruskanLangkahBaikmu dan Bronze Winner: Make Over-The Foundation of Diversity no shade left behind), Omnichannel Marketing (Silver Winner: Wardah Glasting Liquid Lip-Everglasting Shine), Personalization (Gold Winner: Wardah-The Color Expert dan Bronze Winner: Kahf Sunscreen), Real Tim Marketing (Bronze Winner: Redefining Men Skincare), dan Most Resilient Brand of The Year (Wardah).

    Chief Marketing Officer ParagonCorp, Amalia Sarah Santi, menyebut penghargaan ini mencerminkan dedikasi untuk terus mendorong inovasi dalam pemasaran sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat.

    “Selamat kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dan menciptakan kampanye yang tidak hanya kreatif tetapi juga bermakna,” ungkap dia dikutip Jumat (22/11/2024).

    Dia menjelaskan penghargaan ini menggarisbawahi komitmen ParagonCorp menghadirkan inovasi yang relevan dan berdampak. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai perusahaan yang mengutamakan kepedulian dan ketangguhan.

    “Lebih dari sekadar bisnis, ParagonCorp percaya pada nilai beyond business, di mana setiap inisiatif dan kampanye bertujuan untuk menciptakan perubahan sosial yang positif. Melalui kampanye seperti #TeruskanLangkahBaikmu dan Detik-Detik Berkahf, ParagonCorp menunjukkan bahwa pemasaran adalah sarana untuk mendorong inklusi, keberlanjutan, dan dampak sosial yang lebih luas,” kata Amalia.

    Amalia menambahkan Wardah dan Kahf juga mendapat pengakuan internasional atas pendekatan omnichannel dan personalisasi mereka. Di mana upaya ijni berhasil menciptakan pengalaman konsumen yang terintegrasi dan relevan.
    “Dengan inovasi ini, ParagonCorp tidak hanya mengukuhkan diri sebagai pemimpin di industri kecantikan, tetapi juga sebagai pelopor perubahan melalui strategi yang visioner,” terang dia.

    Sebagai informasi ajang SMARTIES™ Awards Indonesia 2024 menjadi momen yang menandai satu dekade dedikasi MMA Global Indonesia dalam mengapresiasi pencapaian di industri pemasaran. Tahun ini tercatat jumlah peserta tertinggi dengan lebih dari 800 entri, 165 finalis, dan 100 pemenang yang terpilih melalui proses seleksi ketat oleh dewan juri senior.

    (rah/rah)

  • Benarkah Kacang Tanah Bisa Menyebabkan Jerawat?

    Benarkah Kacang Tanah Bisa Menyebabkan Jerawat?

    Jakarta, Beritasatu.com – Kacang merupakan salah satu camilan yang banyak digemari karena rasanya yang gurih. Meski begitu, kacang sering dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat.

    Dikutip dari GMA News Online, seorang dokter bernama Juan Carlos menyatakan belum ada bukti penelitian yang cukup untuk membuktikan kacang langsung menyebabkan jerawat. Namun, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kondisi kulit, terutama jika kacang dikonsumsi dengan minyak tertentu.

    Minyak yang digunakan untuk memasak kacang, seperti minyak sayur atau minyak kanola, bisa berperan dalam timbulnya jerawat. Hal ini karena minyak jelantah dapat meningkatkan faktor pertumbuhan insulin (IGF-1), yang merangsang produksi hormon androgen, yaitu hormon yang dapat memicu munculnya jerawat, terutama pada orang yang memiliki kulit rentan.

    Kandungan Lemak Omega 6 dalam Kacang
    Kacang-kacangan mengandung lemak omega 6, yang bersifat proinflamasi (memicu peradangan). Konsumsi omega 6 berlebihan tanpa keseimbangan dengan omega 3 bisa memicu peradangan di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat memperburuk kondisi jerawat. Namun, ini lebih berlaku pada kondisi kulit yang sudah rentan terhadap jerawat.

    Manfaat Kacang untuk Kesehatan
    Walaupun ada potensi kacang menyebabkan jerawat bagi sebagian orang, kacang juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kacang, seperti kacang tanah adalah sumber lemak sehat, protein, serta magnesium, kalium, dan antioksidan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit.

    Kacang juga merupakan camilan bernutrisi yang dapat memberikan energi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan demikian, kacang dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis sebelum makan utama, yang dapat mengurangi risiko lonjakan gula darah yang bisa berkontribusi pada timbulnya jerawat.

    Cara Mencegah Jerawat
    Cara terbaik untuk mencegah jerawat adalah dengan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Beberapa tips yang bisa diikuti seperti berikut ini.

    1. Tidur yang cukup
    Pola tidur yang baik membantu tubuh memulihkan diri dan menjaga keseimbangan hormon.

    2. Hindari makanan yang menyebabkan peradangan
    Makanan tinggi gula, susu sapi, minyak jenuh, dan makanan olahan dapat memicu peradangan dalam tubuh, yang berpotensi memperburuk jerawat.

    3. Gunakan skincare yang sesuai
    Pemilihan produk perawatan kulit yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat.

  • Motor Listrik Murah Tancap Gas! Tangkas Tambah 4 Dealer di Jawa Timur

    Motor Listrik Murah Tancap Gas! Tangkas Tambah 4 Dealer di Jawa Timur

    Jakarta

    Tangkas motor listrik memperluas jaringan baru di Indonesia. CEO Tangkas Motor Listrik, Agung Pamungkas meresmikan empat dealer baru di wilayah Jawa Timur.

    Pria yang disapa Don Papank menyebut, fasilitas yang disajikan pada gerai terbaru cukup lengkap, salah satunya meliput ruang pamer yang menyajikan deretan motor listrik.

    Seperti diketahui, adanya showroom baru ini juga menjadi salah satu strategi yang diterapkan Tangkas untuk memudahkan masyarakat mengenal dan memiliki deretan produk ramah lingkungannya.

    “Sebagai bagian dari rencana besar perusahaan untuk berekspansi melalui saluran distribusi, maka hadirlah showroom yang menjadi pusat motor listrik berkualitas untuk masyarakat Jawa Timur,” kata Don Papank kepada media.

    Don Papank menyebut, dalam proses pembukaan empat showroom di Jawa Timur kali ini, pihaknya menggandeng pengusaha muda Raden Rizky Pengusaha Kontraktor, Skincare dan Baterai.

    Tangkas Motor Listrik membuka 4 dealer di Jawa Timur Foto: Tangkas Motor Listrik

    “Kami melakukan ekspansi di Timur bersamamas Rizky, dimana kami akan membuka showroom di Kalirungkut, Tidar, Tandes dan Sidoarjo,” kata Don Papank.

    Don Papank menyebut, Tangkas Motor Listrik merupakan buatan lokal yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah dengan izin yang lengkap.

    “Misalnya, SUT Tangkas Motor Listrik, Surat Rekomendasi Kakorlantas Tangkas Motor Listrik, Surat Konfirmasi NIK Tangkas Motor Listrik, Sertifikat TKDN P6 & E6 Tangkas Motor Listrik,” pungkasnya.

    Dua model yang mendapat TKDN itu, yakni P6 Pro menggunakan jenis baterai Seal Lead Acid (SLA) berkapasitas 72V 32 Ah. Motor listrik itu memiliki daya tempuh maksimal 80-90 kilometer dan kecepatan maksimalnya 55 – 60 km/jam. Sebelum mendapatkan subsidi, P6 Pro dijual Rp 16,8 juta.

    Selanjutnya E6 Box, motor listrik dengan tampilan yang unik dengan ciri khas body yang serba membulat. E6 Box didukung box tambahan pada area belakang untuk menunjang akomodasi yang lebih baik.

    E6 Box dibekali baterai 72 Volt dengan dimensi ringkas, panjang 1.820 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.025 mm. Motor yang diklaim bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer itu dijual Rp 14,5 juta.

    Tangkas motor listrik juga menyajikan beberapa model yang harganya kompetitif dari motor internal combustion engine.

    Misalnya skuter listrik ala tampilan retro modern, Tangkas Motor Listrik V8 New. Motor tersebut dibekali baterai 60 Volt/20 Ah yang sanggup menempuh jarak tempuh hingga 60 kilometer. Soal harga, motor itu dibanderol Rp 13,6 juta.

    Model lain yang sudah dijual yakni Tangkas Motor Listrik X7. Motor ini bergaya skutik bongsor dengan body dan kaki-kaki yang gambot. X7 dibekali baterai 72 V / 32 AH yang sanggup menempuh jarak 80 kilometer. Motor listrik ini dijual Rp 22,3 juta.

    (riar/lua)

  • MKEK IDI: Dokter Tidak Boleh Promosikan Produk Skincare di Medsos

    MKEK IDI: Dokter Tidak Boleh Promosikan Produk Skincare di Medsos

    Jakarta, Beritasatu.com – Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) menegaskan, dokter yang mempromosikan produk perawatan kulit atau skincare melalui media sosial (medsos) melanggar kode etik profesi kedokteran.

    Ketua MKEK IDI Djoko Widyarto menyampaikan, dalam fatwa MKEK, dokter tidak boleh berpromosi, kecuali untuk iklan layanan masyarakat.

    Dikatakan Djoko, apabila seorang dokter melakukan promosi, mereka tidak boleh menggunakan gelar dokter dalam kegiatan tersebut.

    “Identitas sebagai dokter harus dilepaskan, dan tidak boleh dipakai untuk kepentingan promosi,” kata Djoko Widyarto, Sabtu (16/11/2024).

    Djoko menekankan, profesi dokter tidak boleh digunakan untuk mengiklankan produk yang diklaim dapat menyembuhkan penyakit, meningkatkan kesehatan, atau mempercantik pengguna tanpa dasar ilmiah yang jelas.

    Djoko menambahkan, prinsip dasar kedokteran adalah berbasis bukti. Oleh karena itu, dokter harus menyampaikan informasi yang didukung data ilmiah dan penelitian yang valid ketika memperkenalkan suatu produk.

    Merujuk pada Deklarasi Helsinki dari World Medical Association (WMA) tentang penelitian medis, ia mengingatkan bahwa klaim tanpa bukti yang jelas dalam dunia medis dapat menimbulkan berbagai risiko. Dokter hanya diizinkan memperkenalkan produk kesehatan yang telah teruji secara ilmiah, diakui para ahli, dipublikasikan di jurnal ilmiah, dan diterima oleh komunitas medis.

    “Jadi kalau masalah skin clinic atau kecantikan, sepanjang dia bukan anggota IDI, maka kita tidak bisa apa-apa. Ada dari mereka yang kursus kecantikan dan bukan dokter, itu bukan domain kita, mestinya itu domain pemerintah yang punya fungsi pengawasan,” kata Djoko.