Produk: SIM

  • Selasa, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Selasa, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku terkait syarat legal berkendara, di Jakarta, Selasa.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung

    Jakut : LTC Glodok

    Jaksel : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakbar : Mall Citraland

    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan, dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pasukan Israel Jadi ‘Pahlawan Kesiangan’, Baru Datang sesudah Pejuang Terakhir Hamas Pergi – Halaman all

    Pasukan Israel Jadi ‘Pahlawan Kesiangan’, Baru Datang sesudah Pejuang Terakhir Hamas Pergi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Hasil penyelidikan tentang serangan Hamas tanggal 7 Oktober 2023 menunjukkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) datang terlambat.

    Kepala Staf Umum IDF, Letjen Herzi Halevi, mengatakan pasukan pertama IDF bahkan baru sampai di pemukiman Nir Oz setelah pejuang terakhir Hamas angkat kaki dari sana.

    Nir Oz disebut sebagai pemukiman yang paling terdampak parah oleh serangan Hamas. Halezi menyebut seperempat warga pemukiman itu tewas atau diculik.

    Halevi lalu mengatakan terlalu banyak pasukan Israel yang pergi ke Sderot, kota di Israel yang dekat dengan perbatasan Gaza.

    Dua pasukan dikirimkan ke Nir Oz. Namun, pasukan itu terlibat dalam pertempuran lain saat menuju ke pemukiman itu. Keduanya bahkan tidak sampai di Nir Oz.

    “Dampaknya sangat parah,” kata Halevi hari Minggu, (2/3/2025), dikutip dari The Times of Israel.

    Menurut Halevi, warga Nir Oz mengklaim tentara pertama baru tiba setelah pejuang terakhir Hamas pergi.

    “Inilah hal terburuk yang bisa kami dengar,” ujar bos IDF itu.

    Dia menyebut absennya data intelijen adalah bagian besar dalam kegagalan IDF. Kata dia, data intelijen itu bisa mengubah kenyataan. Sayangnya, IDF tidak mendapatkannya.

    PAMER SENJATA – Foto yang diambil dari Telegram Brigade Al-Quds pada Sabtu (15/2/2025) menunjukkan tentara Hamas memamerkan senjata dan perlengkapan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang berhasil mereka sita. (Telegram Brigade Al-Quds)

    Kemudian, Halevi membahas sinyal-sinyal dari Hamas yang menujukkan mereka sedang merencanakan sesuatu. Sinyal itu baru diterima beberapa jam menjelang serangan.

    “Pertanyaan utamanya ada di sini: Bisakah kita memahami apa yang diterima pada malam itu secara berbeda, dan membuat keputusan berbeda?”

    Dia mengatakan Hamas mengaktifkan SIM card milik warga Israel pada Jumat malam tanggal 6 Oktober. Hal ini turut dilaporkan oleh intelijen IDF.

    Meski demikian, menurut Halevi, peristiwa seperti ini sudah pernah terjadi berkali-kali.

    IDF juga mengecek pergerakan pejabat senior Hamas. Hasil pengecekan menunjukkan mereka melakukan aktivitas seperti biasa.

    Halevi berujar beberapa minggu menjelang serangan, Hamas lebih sering mendiskusikan serangan yang dilancarkan dari Tepi Barat.

    Para pejabat tinggi IDF sudah diberi tahu tentang sinyal-sinyal buruk dari Gaza sekitar pukul 03.00 atau beberapa jam sebelum serangan. Sayangnya, pemberitahuan itu sudah terlambat.

    “Staf Umum, termasuk saya, memahami gambaran itu sekitar pukul 03.00. Saya pikir sudah terlalu telat,” ucap Halevi.

    “Sinyal pertama muncul pukul 09.00 hingga 09.30 pada malam sebelumnya. Namun, sinyal itu tidak mencukupi.”

    Menurut dia, setiap orang yang mengetahui sinyal itu meyakini tidak akan terjadi sesuatu dalam waktu dekat.

    Halevi menyebut level peringatan tidak ditingkatkan. Meski demikian, dia juga menyebut ada terlalu banyak hal yang sedang terjadi di Gaza dan tidak jelas.

    727 tentara IDF harus hadapi 5.000 pejuang Hamas

    Hasil penyelidikan IDF mengenai serangan Hamas tanggal 7 Oktober 2023 mulai diungkapkan.

    Menurut IDF, divisi Israel yang bertanggung jawab melindungi Israel selatan, yakni Divisi Gaza, dikalahkan selama berjam-jam oleh Hamas.

    Kekacauan dan kebingungan mendera tentara Israel sehingga memperlambat aksi balasan mereka pada hari itu.

    The Times of Israel melaporkan, pada saat itu, ada lebih dari 5.000 pejuang Hamas yang menyerbu Israel. Di sisi lain, hanya ada 767 tentara Israel yang ditempatkan di perbatasan.

    Akibatnya sudah bisa diduga, yakni Divisi Gaza ditumbangkan Hamas. Staf Umum Israel disebut tidak memahami besarnya serangan Hamas dan gagal menjelaskan situasi operasional.

    Hal itu menjadi tantangan besar bagi IDF untuk menghalangi serangan Hamas. IDF terbukti gagal melindungi warga Israel dan tidak siap menghadapi serangan besar.

    Menurut IDF, serangan Hamas dimulai pukul 06.29 waktu setempat dan melibatkan lebih dari 5.000 pejuang. Pada saat yang bersamaan ada hampir 4.700 roket yang ditembakkan ke Israel.

    Hamas menggunakan bom dan menerobos pagar perbatasan di 114 lokasi, termasuk 37 gerbang yang dipaksa dibuka.

    Pukul 06.37 waktu setempat, Divisi Gaza mengumumkan “Parash peleshet”, yaitu kode yang merujuk kepada skenario penerobosan paling ekstrem dan melibatkan puluhan pejuang Hamas.

    Divisi Gaza dikalahkan selama hampir 10 jam. Disebut hanya ada sekitar 700 tentara yang menjaga perbatasan sepanjang 59 kilometer itu. Banyak di antara mereka yang tewas.

    (*)

  • Emang Bisa Perpanjang SIM Mati Lewat Online?

    Emang Bisa Perpanjang SIM Mati Lewat Online?

    Jakarta

    SIM mati bisa diperpanjang dalam kondisi tertentu. Tapi bisakah diperpanjang lewat online?

    Surat Izin Mengemudi (SIM) berlaku selama lima tahun. Kalau masa berlakunya sudah habis maka harus diperpanjang. Tapi kalau mau perpanjang jangan sampai terlewat dari masa berlaku.

    Kalau terlewat, jangan kaget kamu tak bisa lagi perpanjang walaupun baru telat satu hari. Kamu harus membuat SIM dengan mekanisme baru. Memenuhi semua persyaratan termasuk melakoni ujian teori dan praktik.

    Meski begitu, ada beberapa kondisi yang membuat SIM mati bisa diperpanjang. Kondisi yang dimaksud salah satunya bila pelayanan SIM bertepatan dengan hari libur nasional. Bila kondisinya demikian, pemilik SIM yang masa berlakunya bertepatan dengan hari libur bisa melakukan perpanjangan setelahnya.

    Sebagai pengingat, pada pasal 4 Perpol 5 tahun 2021 disebutkan SIM berlaku selama lima tahun terhitung mulai tanggal penerbitan dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya. Kalau lewat waktu maka harus bikin baru seperti dijelaskan pada pasal 4 ayat 3. Namun dilanjutkan pada pasal 4 ayat 4, SIM lewat masa berlakunya karena keadaan tertentu masih bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru.

    Tapi bisakah SIM tersebut diperpanjang secara online? Dikutip laman Digital Korlantas, SIM yang sudah lewat masa berlakunya tidak dapat melakukan perpanjangan SIM di aplikasi.

    “Silakan menghubungi Satpas terdekat,” demikian keterangannya.

    Adapun untuk melakukan perpanjangan SIM online, minimal masa berlaku SIM adalah 90 hari sebelum habis. Namun untuk menghindari antrean di Satpas, sangat disarankan untuk melakukan perpanjangan 30 hari sebelum masa berlaku habis.

    Untuk melakukan perpanjangan SIM online ada enam dokumen yang harus disiapkan sebagai berikut.

    1. SIM lama
    2. e-KTP
    3. Hasil rikkes jasmani
    4. Hasil tes psikologi
    5. Pas foto (bukan selfie) dengan background warna biru
    6. Foto tanda tangan di atas kertas putih polos dengan tinta yang tebal

    “Mohon memastikan dokumen yang disubmit tidak buram untuk memudahkan verifikasi data dan untuk menghindari penolakan Satpas,” jelas laman tersebut.

    (dry/din)

  • Waspada Modus Penipuan Penjualan Tiket Konser dari Maraknya Jual Beli Rekening

    Waspada Modus Penipuan Penjualan Tiket Konser dari Maraknya Jual Beli Rekening

    Liputan6.com, Yogyakarta – Scams loophole atau celah penipuan yang terus berulang dan tidak mendapat perhatian serius karena dianggap masalah sepele sementara dalam tiga tahun terakhir jumlah korban penipuan penjualan tiket konser terus meningkat.

    Potensi besar penipuan ini memanfaatkan rekayasa sosial yang memanfaatkan kebutuhan hiburan masyarakat yang semakin tinggi, terutama untuk konser artis dari luar negeri.

    Para penipu ini memainkan emosi korban dengan memanfaatkan antusiasme yang ingin sekali hadir di konser-konser ini terjadi akibat dari adanya praktik jual beli rekening. Deputi Sekretaris Eksekutif Center of Digital Society (CFDs), Iradat Wirid, menjelaskan munculnya makelar rekening ini karena belum maksimalnya literasi finansial di Indonesia.

    “Skor kita untuk literasi keuangan menurut OJK masih di 60an persen, bahkan menurut OECD masih di bawah rata-rata dunia skornya,” ungkapnya, Rabu 26 Februari 2025.

    Menurutnya masalah bertambah karena rendahnya literasi keamanan digital, dimana pemahaman pentingnya akses rekening untuk tidak dipergunakan selain pada kebutuhan yang legal dan personal harus ditingkatkan. Pemahaman soal bahaya pencucian uang dengan skema makelar rekening ini juga harus diberikan sejak usia pelajar.

    Sebab, mereka yang sudah bisa mengakses pembuatan rekening, menjadi salah satu sasaran modus penipuan penjualan tiket konser ini.

    “Jangan hanya karena fee transaksi yang menggiurkan, rekening kita menjadi tempat cuci uang, dan bisa berujung pidana karena kita terlibat dalam praktik kejahatan,” tegasnya.

    Terlebih saat ini banyak muncul bank digital atau payment system yang dengan mudah diproses, tidak perlu ke bank, hanya perlu foto KTP dan pendaftaran via digital, sudah bisa jadi rekening bank digital. Iradat menegaskan pemerintah seharusnya dapat membuat aturan turunan yang lebih konkret terkait transaksi elektronik yang tercantum di UU ITE.

    Salah satunya tentang pengetatan aturan sim card dan pendaftaran nomor ponsel, yang selama ini dijadikan celah para penjahat. Modus yang digunakan adalah menggunakan nomor KTP orang lain untuk mendaftar nomor baru yang akan digunakan untuk mendaftar sosial media dan platform jual beli.

    Menurutnya kalau kondisi dapat ini diperketat dan penguatan identifikasi rekening bermasalah yang mudah diakses masyarakat, seharusnya kejahatan seperti ini semakin menurun.

    “Saya melihat upaya pemerintah setengah hati, padahal potensi dari industri musik terutama konser semacam ini sangat besar,” ungkapnya.

    Ia pun memberikan saran dan imbauan kepada masyarakat agar memastikan kejelasan identitas penjual, jika memungkinkan lebih baik untuk bertemu langsung dengan si penjual. Setelah itu lakukan background checking seperti memeriksa username, nomor handphone, nomor rekening di aplikasi pengecekan. Jika penjual meminta pembayaran uang muka masyarakat harus sangat berhati-hati.

    “Penjual akan memainkan emosi dengan seolah-olah peminatnya banyak, sehingga harus DP terlebih dahulu, terkadang kalau lengah kita akan menuruti saja hal-hal seperti ini,” jelasnya soal penipuan penjualan tiket konser.

     

    Hilang Misterius di Hutan Boja, Nenek 83 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa

  • Detik-detik Korban Rampok di Toko Jamu Jakarta Barat Rebut Celurit Pelaku
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        2 Maret 2025

    Detik-detik Korban Rampok di Toko Jamu Jakarta Barat Rebut Celurit Pelaku Megapolitan 2 Maret 2025

    Detik-detik Korban Rampok di Toko Jamu Jakarta Barat Rebut Celurit Pelaku
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Perampokan yang terjadi di sebuah toko jamu di Jalan Masjid Al Anwar RT 04, RW 09, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, pada Jumat (28/2/2025) sekitar pukul 02.40 WIB, terekam kamera CCTV dan viral di media sosial.
    Dalam video itu, korban bernama Yuman Hendra (29) mengalami momen dramatis saat berhasil merebut kembali senjata tajam jenis celurit dari pelaku.
    Saat kejadian, Yuman sedang bersiap menutup toko jamu milik orangtuanya ketika dua pelaku, TR (26) dan A (26), datang berboncengan menggunakan sepeda motor.
    Salah satu pelaku yang mengenakan sweater putih memasuki toko dan berpura-pura menanyakan obat pelumas.
    Yuman yang berusaha melayani permintaan tersebut, tiba-tiba diancam dengan celurit.
    “‘Kepala lo gue potong, keluarin semuanya! HP lo juga,’” ujar pelaku saat menodongkan senjata tajam tersebut.
    Dalam situasi tertekan, Yuman pun terpaksa menuruti permintaan pelaku dan membuka setiap laci di toko.
    Akibat perampokan ini, beberapa termasuk dompet hitam berisi uang tunai sebesar Rp 750.000, SIM, KTP, kartu ATM, dan STNK motor.
    Pembantu Unit (Panit) 5 Subdit Resmob Polda Metro Jaya, AKP Hijrahqul Fahrudin berujar, barang berharga milik Yuman berhasil dibawa kabur.
    “Dompet warna Hitam yang berisi Uang Rp.750.000, SIM, KTP, Kartu ATM dan STNK motor pelapor,” ucap Fahrudin.
    Setelah menyerahkan barang-barang berharga, Yuman nekat merebut celurit dari tangan pelaku. Melihat situasi yang memburuk, kedua pelaku panik dan melarikan diri.
    Yuman berusaha mengejar mereka hingga ke luar toko, namun ia tidak berhasil menangkap keduanya.
    Yuman kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Kedua tersangka TR dan A telah ditangkap dan kini sedang menjalani proses hukum.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cara Mendapatkan dan Aktivasi eSIM Indosat

    Cara Mendapatkan dan Aktivasi eSIM Indosat

    Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan teknologi telah membuat kartu SIM fisik perlahan tergantikan dengan SIM tertanam atau eSIM. Seluruh operator seluler di Indonesia telah mengembangkan eSIM, termasuk Indosat. Berikut cara mendapatkan, aktivasi, hingga mingrasi kartu eSIM Indosat. 

    eSIM (embedded SIM) adalah teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan seluler tanpa menggunakan kartu SIM fisik. 

    Indosat Ooredoo Hutchison kini menawarkan layanan eSIM yang memudahkan pelanggan dalam beralih antara operator dan paket data. 

    SIM digital yang terintegrasi dalam perangkat, memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan seluler tanpa perlu kartu fisik. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengoptimalkan fitur dual SIM pada ponsel mereka.

    Layanan eSIM Indosat tersedia untuk semua pelanggan Indosat, baik yang baru maupun yang sudah ada. Pelanggan yang ingin beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM juga dapat melakukan migrasi di gerai resmi.

    Pelanggan dapat membeli eSIM di gerai resmi Indosat atau melalui website resmi Indosat.

    Beberapa lokasi gerai yang melayani pembelian eSIM antara lain:

    1.Gerai Pusat Indosat Ooredoo Hutchison

    2.Gerai Kota Kasablanka

    3.Gerai Roxy

    4.Gerai Pondok Indah

    5.Gerai Mangga Dua

    6.Gerai Mall Ambassador

    Untuk mendapatkan eSIM, pelanggan harus mengajukan permohonan. Waktunya kapan saja, namun disarankan untuk melakukannya pada jam operasional gerai untuk memastikan layanan yang cepat dan efisien.

    Adapun keuntungan menggunakan eSIM Indosat adalah kemudahan dalam beralih antara paket data dan operator, serta tidak perlu khawatir kehilangan atau merusak kartu SIM fisik. Selain itu, eSIM juga mendukung penggunaan lebih dari satu nomor dalam satu perangkat.

    Langkah-langkah untuk mendapatkan eSIM Indosat adalah sebagai berikut:

    Pembelian eSIM:

    1.Kunjungi website resmi Indosat di https://im3.id/portal/id/indexpersonal atau datang ke gerai Indosat terdekat.

    2.Pilih tipe eSIM (prabayar atau pascabayar) dan nomor yang diinginkan.

    3.Isi data diri dan lakukan pembayaran secara online.

    Aktivasi eSIM:

    1.Setelah pembelian, Anda akan menerima email berisi kode QR untuk aktivasi.

    2.Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda, pilih Koneksi, dan tambahkan paket seluler dengan memindai kode QR yang diterima.

    3.Sementara itu, pelanggan yang ingin migrasi dari SIM fisik ke eSIM harus mengunjungi gerai Indosat dan mengikuti prosedur yang ditentukan.

    4.Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke eSIM Indosat dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan.

  • Cara Unreg Kartu XL dengan Mudah, Ketahui Langkahnya di Sini

    Cara Unreg Kartu XL dengan Mudah, Ketahui Langkahnya di Sini

    Jakarta

    Bagi pengguna telepon seluler, mengganti kartu menjadi hal yang biasa dilakukan. Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan sebelum beralih ke kartu lain adalah melakukan unreg atau menonaktifkan kartu.

    Cara ini bisa membatalkan layanan berlangganan yang tak lagi dibutuhkan serta mencegah nomor yang terdaftar disalahgunakan. Bagi pengguna XL, cara unreg kartu bisa dilakukan dengan mudah.

    Cara Unreg Kartu XL

    Berdasarkan informasi dari Customer Service XL, Chat Maya, cara unreg kartu XL dapat dilakukan dengan SMS dan mengunjungi XL Center. Simak informasinya berikut ini.

    1. Cara Unreg Kartu XL lewat SMS

    Kamu bisa melakukan perubahan data registrasi prabayar langsung dari ponsel melalui layanan SMS ke nomor 4444. Menurut laman XL, begini caranya:

    Kirim SMS dengan format: UNREG#Nomor ponsel, Contoh: UNREG#0878123456789Kirim ke 4444Tunggu pemberitahuan SMS selanjutnyaSetelah berhasil, kamu bisa melakukan registrasi ulang.

    2. Cara Unreg Kartu XL di XL Center

    Jika tidak bisa melakukan unreg dengan cara di atas, kamu bisa mengunjungi XL Center terdekat. XL Center sudah bisa ditemui di berbagai daerah.

    Kamu bisa mencari lokasi XL Center melalui laman resmi XL dengan memilih menu Bantuan. Pada bagian bawah pilih Lihat Lokasi XL Center.

    Mengutip laman XL, XL Center bisa membantu mengatasi berbagai kendala, mulai dari ganti kartu hingga pendaftaran kartu baru. Saat mendatangi XL Center, kamu bisa menyampaikan bahwa ingin menonaktifkan kartumu. Bawalah KTP, Kartu Keluarga (KK), dan SIM card yang ingin dinonaktifkan dan tunjukan kepada petugas.

    Sebagai informasi, setelah berhasil unreg, layanan SMS, telepon, dan data tidak bisa digunakan. Jadi, untuk menggunakannya kembali perlu melakukan registrasi ulang.

    Cara Registrasi Kartu XL Prabayar

    Untuk melakukan registrasi kartu XL Prabayar, lakukan langkah berikut:

    Siapkan e-KTP dan Kartu Keluarga.Tulis pesan SMS dengan format
    DAFTAR#NIK#nomorKK(harus sesuai dengan yang tertera pada KK) contoh: DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022Kirim ke 4444

    Untuk warga WNA bisa melakukan registrasi kartu prabayar dengan mendatangi gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa kartu identitas diri berupa paspor/KITAS/KITAP. Nanti, petugas akan membantu proses registrasi kartu perdana.

    (elk/row)

  • Truk ODOL Kerap Jadi Mesin Pembunuh, Sopirnya Tak Ada Pelatihan kayak Pilot

    Truk ODOL Kerap Jadi Mesin Pembunuh, Sopirnya Tak Ada Pelatihan kayak Pilot

    Jakarta

    Selain moda transportasi darat, pengemudi hampir semua jenis transportasi memiliki pelatihan dan pendidikan dulu sebelum turun ke lapangan. Ini berbanding terbalik dengan sopir truk dan bus yang tanpa pendidikan dan pelatihan bisa langsung turun ke jalan.

    Menurut Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), salah satu kontributor dari maraknya truk over dimension over load (ODOL) di Indonesia adalah karena para pengemudi truk tidak terdidik dengan baik dan benar.

    “Bagaimana mekanisme sertifikasi seorang pilot, mulai dari proses belajar untuk memperoleh Student License Pilot. Kemudian saat diizinkan membawa pesawat pribadi melalui Private License Pilot dan setelah terbang 1.500 jam baru boleh ikut sertifikasi untuk dapat Commercial License Pilot. Setelah dapat sertifikat license pilot tidak serta merta bisa menerbangkan semua pesawat, harus memperoleh sertifikat untuk setiap jenis pesawat yang akan diterbangkan. Karena setiap pesawat beda merek beda tipe teknologinya bisa berbeda,” kata Ahmad Wildan, Plt Ketua Subkomite Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

    Demikian juga di kapal, seorang nakhoda harus memperoleh sertifikasi melalui ANT 5 sampai ANT 1. Pun dengan masinis kereta api yang harus melalui pendidikan dan pelatihan.

    “Mereka semua yang mengendalikan alat transportasi benar-benar dipersiapkan untuk dapat memahami alat transportasinya, lintasan serta bahaya-bahaya yang akan dihadapinya. Selama 20 tahun lebih, di Indonesia belum pernah ada sekolah mengemudi bagi pengemudi bus dan truk. Sementara kendaraan-kendaraan itu memiliki merek, tipe dan teknologi yang berbeda beda. Sistem rem saja ada yang hidrolik, pneumatic maupun kombinasi keduanya. Belum lagi teknologinya sekarang bukan lagi otomotif, melainkan sudah bridging ke ototronik dan mekatronik dan sebentar lagi electrical vehicle,” beber Wildan.

    KNKT menyarankan agar pemerintah juga melakukan edukasi kepada pengemudi yang diawali dengan membuat sekolah mengemudi bagi pengemudi bus dan truk.

    “Hal ini selaras amanah Pasal 77 (ayat 4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum, calon Pengemudi wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan Pengemudi angkutan umum,” katanya.

    “Sekolah Mengemudi wajib diadakan untuk mendapatkan pengemudi yang profesional dan Diklat Pengemudi untuk pengemudi sekarang agar lebih berkualitas. Tentunya harus disertai dengan upah minimal yang mensejahterakan agar dalam mengoperasikan kendaraan dengan nyaman dan aman,” sambungnya.

    (rgr/dry)

  • Perbandingan iPhone 16 dan 16e, Mending Mana?

    Perbandingan iPhone 16 dan 16e, Mending Mana?

    Jakarta

    iPhone 16e sudah mulai dijual di sejumlah negara sejak Jumat (28/2/2025). Namun apakah HP ini lebih menarik dari iPhone 16 yang harganya tidak terpaut jauh?

    Nah detikinet coba membuat perbandingan singkat spesifikasi keduanya. Ini bisa membantu kamu menentukan beli iPhone16 dan 16e saat telah dirilis resmi di Indonesia.

    Desain

    Baik iPhone 16e maupun 16 memiliki desain serupa dengan sisi logam datar, panel kaca datar, dan sudut membulat. Hanya saja dimensi keduanya berbeda.

    iPhone 16e berukuran 146.7 x 71.5 x 7.8 mm dan berat 167 gram. Sementara iPhone 16 sedikit lebih panjang dan berbobot, ukurannya 147.6 x 71.6 x 7.8 mm dengan berat 170 gram.

    Perbedaan yang paling mencolok adalah notch pada layar iPhone 16e. Sedangkan iPhone 16 dilengkapi dengan Dynamic Island.

    Bagian belakang pun terlihat perbedaannya, hanya ada kamera tunggal pada iPhone 16e . iPhone 16 memiliki kamera utama dan ultra-wide.

    Kedua ponsel memiliki tombol Action dan port USB-C, tetapi hanya iPhone 16 yang memiliki tombol Camera Control .

    iPhone 16e hanya tersedia dalam warna putih dan hitam, sedangkan warna standar iPhone 16 meliputi Ultramarine, Teal, dan Pink, selain putih dan hitam. Kedua model memiliki tekstur eksterior matte.

    Kedua perangkat memiliki peringkat IP68 yang sama untuk perlindungan terhadap debu dan air.

    Pemenang: iPhone 16

    Layar

    Foto: Apple

    Kedua perangkat menggunakan layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci, tetapi resolusinya sedikit berbeda. iPhone 16e memiliki resolusi 2.532 x 1.170 piksel, sedangkan iPhone 16 memiliki resolusi 2.556 x 1.179 piksel.

    Meskipun ada sedikit perbedaan dalam jumlah piksel, Apple mengatakan keduanya memiliki kerapatan yang sama yaitu 460 piksel per inci untuk pengalaman menonton yang pada dasarnya sama.

    Kecerahan khas iPhone 16 adalah 1.000 nits, dan mencapai puncaknya pada 2.000 nits di luar ruangan. iPhone 16e sedikit lebih redup, dengan kecerahan khas 800 nits dan puncaknya 1.200 nits. Layar iPhone 16e masih mudah dilihat dalam sebagian besar kondisi pencahayaan, tetapi saat dipegang berdampingan, layar iPhone 16 jelas lebih terang.

    Pemenang: iPhone 16

    Performa

    Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    iPhone 16 dan 16e sama-sama menggunakan prosesor Apple A18, meskipun sedikit berbeda. Prosesor A18 pada iPhone 16 memiliki CPU enam inti dengan dua inti performa dan empat inti efisiensi, Neural Engine 16 inti, dan GPU lima inti.

    Sementara itu, 16e memiliki GPU empat inti, jadi lebih sedikit inti dari iPhone 16. Laporan awal menunjukkan bahwa 16e memiliki RAM 8GB yang sama dengan 16, tetapi Apple belum mengonfirmasi hal itu.

    Kedua perangkat menjalankan iOS 18 dengan Apple Intelligence dan dapat memproses tugas AI baik di perangkat maupun di cloud. Semua fitur Intelligence Apple saat ini, termasuk Genmoji, Image Playground, Visual Intelligence, dan Writing Tools, sudah bisa dipakai di 16e.

    iPhone 16e adalah perangkat pertama dengan modem rancangan Apple, C1. Perusahaan mengklaim ini adalah modem paling hemat daya yang pernah ada di iPhone dan 25% lebih hemat daya daripada modem iPhone 15.

    C1 mendukung semua spektrum 5G pita rendah dan menengah yang digunakan oleh operator AS tetapi tidak mendukung sinyal mmWave yang sangat cepat seperti yang dimiliki iPhone 16.

    iPhone 16 memiliki Wi-Fi 7 dan chip ultra-wideband (UWB) untuk pelacakan lokasi yang tepat, sedangkan 16e memiliki Wi-Fi 6 dan tidak memiliki chip UWB.

    Pemenang: Seri

    Kamera

    Kamera iPhone 16e. Foto: Apple

    iPhone 16e memiliki kamera Fusion 48MP di bagian belakang. iPhone 16 memiliki kamera Fusion 48MP dan kamera ultra-lebar 12MP.

    iPhone 16 dapat mengambil foto makro dan foto spasial untuk Apple Vision Pro , tetapi iPhone 16e tidak dapat melakukan keduanya. iPhone 16 mendukung zoom optik 0,5x, 1x, dan 2x, sedangkan iPhone 16e terbatas pada 1x dan 3x. Keduanya mendukung zoom digital 10x.

    Kamera swafoto TrueDepth 12MP pada iPhone 16e dan 16 sama saja, dan keduanya memiliki akses ke prosesor sinyal gambar A18. iPhone 16 dilengkapi mode Sinematik dengan perekaman video hingga 4K30 serta kontrol fokus dan kedalaman dalam mode potret. iPhone 16e tidak memiliki mode Sinematik dan hanya dapat mengontrol kedalaman dalam mode potret. Selain itu, spesifikasi keduanya sama.

    iPhone 16 memiliki fitur perekaman video yang lebih canggih. iPhone 16 memiliki mode Sinematik dengan kedalaman bidang yang dangkal dan Dolby Vision, mode Aksi, perekaman video spasial, dan perekaman video makro. Semua opsi ini tidak tersedia pada iPhone 16.

    Pemenang: iPhone 16

    Baterai dan Pegisian Daya

    iPhone 16. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Apple tidak mengungkapkan kapasitas baterai model iPhone-nya. Namun, berdasarkan skor yang diklaim Apple secara resmi, iPhone 16e mengungguli iPhone 16 dalam hal daya tahan baterai di semua kategori.

    Menawarkan 4 jam tambahan untuk pemutaran video, 3 jam tambahan untuk streaming video, dan 10 jam tambahan untuk pemutaran audio.

    Dalam hal pengisian daya, iPhone 16 dan 16e mendukung pengisian daya kabel 25W, yang tidak berubah dari model sebelumnya. Namun, kekurangan utama iPhone 16e adalah kurangnya dukungan MagSafe, yang dapat menjadi kendala bagi mereka yang mengandalkan aksesori MagSafe.

    Kedua ponsel ini menjalankan iOS 18 secara langsung. Apple Intelligence diluncurkan bersama iOS 18.1, dan Apple secara bertahap memperkenalkan fitur-fitur baru, dengan lebih banyak fitur yang diharapkan hadir di iOS 18.2 dan 18.3.

    Semua peningkatan ini juga akan hadir di iPhone 16e, yang mengejutkan karena iPhone 16e menghadirkan pengalaman perangkat keras dan perangkat lunak yang hampir sama dengan iPhone 16, beserta siklus dukungan yang identik.

    Pemenang: iPhone 16

    Harga

    iPhone 16 dan 16 Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    iPhone 16e mulai dari harga USD 599 dan hadir dengan penyimpanan 128GB. Model 256GB harganya USD 699, dan versi 512GB seharga $899.

    Sementara itu, iPhone 16 menawarkan tiga opsi penyimpanan yang sama tetapi masing-masing seharga USD799, USD 899, dan USD 1.099.

    Tabel PerbandinganModeliPhone 6eiPhone 16Layar:Layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci; 2.532×1.170 piksel; kecepatan refresh 60HzLayar OLED Super Retina XDR 6,1 inci; 2.556×1.179 piksel; kecepatan refresh 60HzKepadatan460ppi460ppiProcessor:A18A18Storage Internal:128GB, 256GB, 512GB128GB, 256GB, 512GBKamera Belakang:48 MP wide48 megapiksel (wide), 12 megapiksel (ultrawide)Kamera Depan:12 megapiksel12 megapikselKartu SIM:USB-C dan eSIM:USB-C dan eSIMFitur:Tombol aksi, modem Apple C1 5G, Apple Intelligence, Ceramic Shield, Emergency SOS, konektivitas satelit, ketahanan IP68. Warna: hitam dan putih.Apple Intelligence, Tombol Aksi, Tombol Kontrol Kamera, Dynamic Island, Rentang kecerahan layar 1 hingga 2.000 nits, Tahan terhadap IP68, Ceramic Shield. Warna: hitam, putih, merah muda, biru kehijauan, biru laut.Baterai:Hingga 26 jam pemutaran video, 21 jam pemutaran video streaming, 90 jam pemutaran audio. Pengisian daya kabel 20 watt, pengisian daya nirkabel Qi 7,5 wattPemutaran video hingga 22 jam; pemutaran video hingga 18 jam (streaming). Pengisian daya kabel 20 watt. Pengisian daya nirkabel MagSafe hingga 25 watt dengan adaptor 30 watt atau lebih tinggi; Qi2 hingga 15 wattHagra:Rp 8.999.000 (128GB), Rp 1.099.000 (256GB), Rp 1.299.000 (512GB)Rp 1.299.000 (128 GB), Rp 1.399.000 (256 GB), Rp 1.099.000 (512 GB)

    Jadi Mending Mana?

    Foto: Apple

    Jika kamu mencari titik masuk berbiaya terendah ke dalam ekosistem iPhone, masa pakai baterai yang hebat, dan Apple Intelligence, iPhone 16e adalah pilihan yang tepat.

    Jika kamu menginginkan fitur fotografi dan videografi yang lebih canggih, iPhone 16 adalah pilihan yang lebih baik.

    Bila kamu lebih suka fitur tambahan seperti kompatibilitas MagSafe, mmWave 5G yang lebih cepat, Wi-Fi 7 yang lebih cepat, dan Dynamic Island Apple, Anda harus mendapatkan iPhone 16.

    Singkatnya, iPhone 16e lebih cocok dipadukan dengan paket ponsel ekonomis yang tidak menyertakan 5G pita lebar. Namun, mereka yang menghargai kamera ultrawide akan lebih memilih iPhone 16, terlepas dari konektivitas 5G pita lebar.

    Halaman 2 dari 7

    Simak Video “Video: Rumor iPhone 16 Versi Murah Bakal Dirilis Tahun Ini”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)

  • Bukan karena Berani, Ini Alasan Banyak Sopir Truk Angkut Muatan ODOL

    Bukan karena Berani, Ini Alasan Banyak Sopir Truk Angkut Muatan ODOL

    Jakarta

    Truk over dimension over load (ODOL) masih menjadi ancaman serius di jalan raya. Tak main-main, truk ODOL mengancam nyawa pengguna jalan lainnya. Sudah banyak kecelakaan maut yang dipicu oleh truk ODOL.

    Plt Ketua Subkomite Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan, praktik truk ODOL terjadi bukan karena sopirnya pemberani. Menurut Wildan, praktik truk ODOL terjadi karena ketidakpahaman sopir truk.

    “Pengemudi melakukan perbuatan over loading ini bukan karena dia seorang pemberani melainkan dia tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang power weight to ratio, risiko apa saja yang akan dihadapi ketika dia melakukan itu,” ujar Wildan dalam keterangan tertulisnya.

    KNKT mencontohkan kasus truk trailer di Bekasi yang membawa muatan 50 ton dengan jumlah berat keseluruhan mencapai 70 ton lebih. Dengan beban itu, pengemudi berani membawa dengan kendaraan 260 PS yang hanya memiliki kemampuan mesin dan sistem pengereman yang pada kondisi barunya saja didesain untuk berat total maksimal di 35 ton.

    Itulah sebabnya, KNKT menyarankan agar dalam pemberantasan truk ODOL, selain upaya penegakan hukum, Pemerintah juga melakukan edukasi kepada pengemudi. Langkah itu perlu diawali dengan membuat sekolah mengemudi bagi sopir bus dan truk.

    “Pengemudi bus dan truk di Indonesia selama ini belajar secara otodidak, dari teman-temannya dan lain-lain. Tidak ada yang belajar secara terstruktur sebagaimana di moda lainnya. Oleh sebab itu KNKT membuat rekomendasi ke Pemerintah agar segera membuat sekolah pengemudi bagi pengemudi bus dan truk,” ujar Wildan.

    Hal ini selaras amanah Pasal 77 (ayat 4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal itu menyebutkan, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum, calon Pengemudi wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan Pengemudi angkutan umum.

    “Sekolah Mengemudi wajib diadakan untuk mendapatkan pengemudi yang profesional dan Diklat Pengemudi untuk pengemudi sekarang agar lebih berkualitas. Tentunya harus disertai dengan upah minimal yang mensejahterakan agar dalam mengoperasikan kendaraan dengan nyaman dan aman,” ucapnya.

    Wildan membandingkan profesi ‘pengemudi’ di moda transportasi lainnya. Misalnya pilot untuk pesawat, nakhoda untuk kapal laut, dan masinis untuk kereta api, semuanya harus melalui rangkaian pendidikan dan pelatihan sebelum mengoperasikan kendaraannya. Sedangkan pengemudi truk tidak melalui pendidikan dan pelatihan untuk membawa kendaraan besar dan berat.

    (rgr/dry)