Produk: SIM

  • Menkomdigi Tiru Penggunaan eSIM di Dubai, untuk Perketat Pengawasan di Ruang Digital

    Menkomdigi Tiru Penggunaan eSIM di Dubai, untuk Perketat Pengawasan di Ruang Digital

    Menkomdigi Tiru Penggunaan eSIM di Dubai, untuk Perketat Pengawasan di Ruang Digital
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi)
    Meutya Hafid
    mengatakan bahwa Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan besar di ranah digital.
    Menurut laporan terbaru Sea Times, Indonesia menempati peringkat pertama dunia dalam tingkat
    kecanduan internet
    , dengan pengguna yang tidak hanya banyak tetapi juga sangat aktif.
    Hal ini disampaikan Meutya dalam kunjungan Kuliah Kerja Profesi (KKP) II Sespimti Polri di Kantor Kementerian Komdigi Jakarta Pusat, Senin (5/5/2025).
    “Kondisi ini menjadikan ruang digital Indonesia sangat rentan terhadap berbagai bentuk serangan siber,” kata Meutya dalam keterangan resmi.
    “Mulai dari penipuan daring hingga judi online dan ancaman-ancaman yang berpotensi menggoyang stabilitas nasional,” lanjut dia.
    Meutya menegaskan bahwa
    keamanan siber
    tidak bisa hanya menjadi tugas satu lembaga.
    Dia menegaskan bahwa keamanan siber adalah tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas nasional.
    “Keamanan ruang digital harus melibatkan semua pihak—pemerintah, Polri, TNI, lembaga intelijen, hingga masyarakat luas,” tegasnya.
    Untuk memperkuat benteng digital Indonesia, pemerintah telah membentuk Direktorat Jenderal Pengawasan Ruang Digital, sebuah unit baru yang secara khusus bertugas mengawasi dan menangani ancaman di ruang siber.
    Meutya mencontohkan pentingnya sinergi dengan berbagai lembaga, termasuk Polri, dalam menangani berbagai kasus kejahatan digital.
    Salah satunya adalah kerja sama dalam memantau dan menindak penyalahgunaan SIM card ilegal serta judi online yang semakin marak.
    “Di Dubai, mereka menerapkan sistem eSIM yang diintegrasikan saat proses imigrasi, sehingga semua pendatang terpantau secara digital,” jelasnya.
    “Langkah-langkah inovatif seperti ini perlu kita pelajari dan adaptasi untuk memperkuat pengawasan di Indonesia,” katanya.
    Selain memperketat tata kelola SIM card, pemerintah juga tengah mempersiapkan regulasi baru yang mengatur penyelenggara jasa internet (ISP), khususnya untuk menindak penyelenggara ilegal yang dinilai berpotensi menjadi sumber kejahatan digital.
    “Begitu banyak ISP ilegal yang masih beroperasi bebas. Ini adalah celah yang harus segera ditutup agar tidak dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan,” ujar Meutya.
    Di sisi lain, dalam menangani konten ilegal seperti judi online, pemerintah menerapkan sistem moderasi konten berbasis sanksi finansial (SAMAN), yang mengharuskan platform global lebih kooperatif.
    “Platform-platform global memperlakukan kita sebagai pasar. Oleh karena itu, kita harus tegas agar mereka bertanggung jawab dalam menjaga keamanan ruang digital kita,” tegas Meutya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pelajar di Jabar Dilarang Naik Motor ke Sekolah, Ini Alasannya

    Pelajar di Jabar Dilarang Naik Motor ke Sekolah, Ini Alasannya

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi mengumumkan kebijakan baru saat memperingati Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Rindam III Siliwangi, Jumat (2/5). Dia mengharamkan pelajar setempat pergi ke sekolah naik sepeda motor.

    Selain tak boleh naik sepeda motor, pelajar juga diharamkan membawa ponsel ke sekolah. Sebab, penggunaan perangkat tersebut kerap menimbulkan distraksi dalam kegiatan belajar.

    Sementara untuk larangan membawa motor, kata Dedi, berkaitan erat dengan keselamatan dan kepatuhan terhadap hukum. Dia menegaskan, aturan terkait berlaku untuk semua jenjang sekolah, baik SD, SMP maupun SMA. Dia menganggap, mereka belum cukup umur untuk membawa kendaraan pribadi.

    “Untuk anak SMA itu yang belum cukup umur tidak boleh bawa kendaraan bermotor,” ungkapnya.

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berbincang dengan sejumlah siswa saat meninjau program pendidikan karakter dan kedisiplinan di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (5/5/2025). Ratusan siswa SMA/SMK dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat yang memiliki perilaku khusus seperti terlibat tawuran, terafiliasi geng motor, kecanduan permainan daring (game online), mabuk dan perilaku tidak terpuji lainnya menjalani program pendidikan karakter dan kedisiplinan selama 14 hari. ANTARA FOTO/Abdan Syakura/bar Foto: ANTARA FOTO/ABDAN SYAKURA

    Dedi menjelaskan, larangan siswa membawa sepeda motor ke sekolah harus diberlakukan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

    Dalam aturan itu, dia mengungkap, setiap pengemudi diwajibkan memiliki dokumen seperti SIM dan STNK untuk berkendara di jalan raya. Itulah mengapa, Dedi ingin agar aturan tersebut ditegakkan khususnya untuk kalangan siswa sekolah.

    “Kan itu undang-undang lalu lintas. Selama ini penegakannya tidak bisa berjalan karena ada keraguan tindakan di lapangan,” kata dia.

    Sebelumnya, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana pernah menjelaskan, usia minimal untuk membawa motor pribadi adalah 17 tahun lebih. Sementara di bawah itu, pengendara harus berada di bawah pantauan orang tua.

    “Kewaspadaan dalam mengemudikan motor pada kondisi lalu lintas yang mobile belum ada di pikiran anak-anak, sehingga risiko bahaya terabaikan oleh lebih tingginya faktor ego dan emosi,” ujar Sony kepada detikOto, belum lama ini.

    Itulah mengapa, untuk membuat SIM, seseorang harus berusia 17 tahun. Bukan tanpa alasan, dalam lembar putusan MK soal masa berlaku SIM seumur hidup, usia minimal 17 tahun sebagai syarat pembuatan SIM sudah mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya psikologi.

    Sementara itu, pelajar sekolah di Indonesia rata-rata baru berusia 17 tahun di kelas 3 SMA. Maka, apa yang disampaikan Dedi terdengar masuk akal.

    (sfn/rgr)

  • Lebih Tipis, Lebih Kuat! Inilah Alasan vivo V50 Lite Layak Jadi Smartphone Andalan – Page 3

    Lebih Tipis, Lebih Kuat! Inilah Alasan vivo V50 Lite Layak Jadi Smartphone Andalan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Di era yang setiap detik berarti dan peluang terbuka lebar, vivo V50 Lite siap menjadi teman terbaik bagi generasi muda yang dinamis dan ekspresif. Smartphone ini bukan sekadar pelengkap gaya, tapi menjelma sebagai perangkat modern yang bisa diandalkan dari pagi hingga malam, 24/7, dengan beragam fitur multitasking dan tangguh. 

    Dibanderol dengan harga mulai Rp3.599.000, vivo V50 Lite hadir dalam dua varian dan tersedia di seluruh platform online, offline, dan mitra resmi vivo.

    vivo V50 Lite 4G – Rp3.599.000 (8/128GB) dan Rp3.999.000 (8/256GB)

    vivo V50 Lite 5G – Rp4.599.000 (8/256GB) dan Rp5.599.000 (12/512GB)

    Product Manager vivo Indonesia, Fendy Tanjaya mengatakan vivo V50 Lite bukan hanya sebagai smartphone, tapi sebagai life companion dalam transisi harian penggunanya. 

    “Smartphone ini hadir untuk memastikan pengalaman penggunaan perangkat harian yang tetap lancar, aman, dan menyenangkan. vivo V50 Lite adalah bentuk komitmen kami dalam menghadirkan teknologi yang relevan, memenuhi kebutuhan pengguna, dan teman yang dapat diandalkan untuk segala aktivitas,” katanya.

    1. Lebih Tipis, Lebih Kuat: Baterai Lebih Besar dengan Desain Tipis, Cocok Buat Si Aktif dengan Mobilitas Tinggi

    Perbesar

    vivo V50 Lite hadir dengan tiga pilihan warna. (Foto: Istimewa)… Selengkapnya

    Tipis atau tahan lama? Kini tak perlu memilih. vivo V50 Lite adalah jawaban atas kebutuhan generasi masa kini yang hidup dengan mobilitas tinggi, pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya.

    Dengan baterai besar 6500mAh yang dibalut dalam desain tipis 7,79mm, vivo V50 Lite menjadi perangkat paling tipis dengan daya paling besar di kelasnya. Aktivitas seharian? Lancar.

    Streaming, gaming, editing? Aman. Saat butuh isi ulang, 90W FlashCharge siap mengisi 50% daya hanya dalam 24 menit. Bahkan saat benar-benar mati, Zero-Power Superfast Startup akan menyalakan perangkat kembali hanya dalam 3 detik.

    Tak hanya mengandalkan kapasitas besar, baterai vivo V50 Lite juga dirancang untuk tahan dalam jangka panjang. Dengan 5-Year Battery Health, perangkat ini mampu mempertahankan hingga 80% kapasitasnya setelah 1.700 kali pengisian, setara dengan pemakaian aktif selama lebih dari lima tahun.

    Diperkuat dengan 24-Dimension Charging Protection, proses pengisian daya pun berjalan aman dari risiko over-voltage, panas berlebih, dan arus pendek.

    2. Kreasi Konten Lebih Mudah dan Lebih Jernih dengan Kamera 50MP Sony IMX882

    Momen terbaik terkadang muncul di tengah keramaian, saat hujan, atau di kondisi cahaya kurang ideal. Tak perlu khawatir hasil foto kurang optimal, karena vivo V50 Lite 5G dan 4G ini dibekali kamera utama 50MP Sony IMX882 yang memungkinkan hasil foto tetap tajam, terang, dan penuh warna, dalam ruangan atau outdoor, walaupun di dalam keadaan minim pencahayaan, dengan hasil profesional bahkan saat malam hari.

    Didukung oleh 2x golden focal length, kamera ini sangat ideal untuk menangkap momen emosional secara lebih dekat. 

    Berkat fitur AI Erase 2.0, pengguna tak perlu khawatir hasil foto di momen penting mereka terganggu dengan objek yang tak diinginkan. Tak perlu aplikasi tambahan, tak perlu repot, pengguna dapat menghapus objek yang mengganggu hanya dalam satu ketukan objek akan hilang, hasil foto dari vivo V50 Lite 5G dan 4G langsung lebih bersih dan estetik.

    3. Lebih Tangguh di Segala Kondisi, Proteksi Selevel Militer

    Perbesar

    vivo V50 Lite berwarna black. (Foto: Istimewa)… Selengkapnya

    Bagi kamu yang aktif berpindah lokasi, dari co-working space ke coffee shop, dari aktivitas outdoor ke transportasi umum, daya tahan perangkat jadi kebutuhan mutlak. vivo V50 Lite hadir dengan SGS 5-Star Drop Resistance dan Military Grade Certification.

    Bahkan saat perangkat digunakan tanpa casing, struktur perlindungan internal seperti Tough Body Armor, Shield Glass, dan Diamond Anti-Drop Film tetap bekerja aktif menyerap guncangan dan menjaga layar tetap utuh.

    vivo V50 Lite telah sukses melalui uji bertahan dari jatuh hingga 1,5-meter (1,7-meter dengan casing), menawarkan kepercayaan diri dalam genggaman, bahkan saat digunakan tanpa pelindung tambahan.

    Dengan perlindungan gahar ini, vivo V50 Lite siap menemani setiap tantangan, dari rutinitas harian hingga petualangan mendadak, tanpa rasa khawatir dan tetap stylish.

    Perbesar

    Promo yang dihadirkan vivo V50 Lite. (Foto: Istimewa)… Selengkapnya

    V50 Lite telah tersedia di seluruh Indonesia dengan beragam promo menarik dan kemudahan pembayaran.

    Program Cicilan 0% dan Exclusive Gift Box

    Untuk memberikan kenyamanan ekstra dalam pembelian, vivo menyediakan berbagai kemudahan pembayaran melalui program cicilan 0% yang bekerja sama dengan Home Credit Indonesia, Kredivo, Spektra, dan Kredit Plus.

    Pengguna dapat menikmati opsi cicilan hingga 12 bulan dengan syarat yang ditentukan, DP mulai dari 0%, serta proses pengajuan yang mudah hanya dengan KTP dan satu dokumen pendukung.

    Tersedia juga promo spesial berupa gratis 1x hingga 3x cicilan, di akhir tenor jika pembayaran dilakukan tepat waktu, tergantung pada mitra pembiayaan dan tempat pembelian. Selain itu, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp350.000 untuk setiap pembayaran menggunakan Blibli Instore.

    Pengguna berhak untuk mendapatkan cicilan 0% untuk ShopeePayLater hingga 6 bulan, cicilan,, cicilan 0% AkulakuPayLater selama 3 bulan, dan cicilan 0% Kartu Kredit selama 6 bulan untuk pembelian di Blibli.

    Promo cicilan memiliki periode dan kuota yang terbatas. Dapatkan diskon PayLater 50% hingga Rp700.000 untuk pembelian di TikTok. Promo memiliki periode dan kuota yang terbatas.

    Pembeli di sesi live stream pada kanal online juga berkesempatan mendapatkan M-Tix E-Voucher senilai Rp50.000. Hadir juga program Referral & Share & Earn, di mana pelanggan bisa mendapatkan GoPay Coins senilai Rp20.000 hanya dengan berbagi bukti transaksi dan konten media sosial.

    Program Trade-in vivo V50 Lite Series

    vivo membuka program tukar tambah (trade-in) bekerja sama dengan Laku6 dan ENB, memungkinkan pengguna untuk menukarkan smartphone lamanya dengan vivo V50 Lite dan mendapatkan penawaran harga spesial.

    Cukup unduh aplikasi VTradein (untuk Laku6) atau Trade-In Plus (untuk ENB), lalu ikuti proses diagnostik untuk mengetahui nilai tukar perangkat.

    Setelah mendapat kode unik dari aplikasi, pengguna dapat datang langsung ke toko mitra vivo untuk menuntaskan proses tukar tambah. Program ini mempermudah transisi ke perangkat baru tanpa ribet dan cocok bagi pengguna yang ingin upgrade tanpa harus menyimpan perangkat lama yang sudah tak terpakai.

    Program trade-in vivo V50 Lite Series ini berlangsung selama periode 17 April – 30 September 2025.

    Program Bundling Operator XL vivo V50 Lite Series

    Bagi 100.000 pelanggan tercepat yang membeli vivo V50 Lite juga berkesempatan mendapatkan SIM card XL Prabayar secara gratis dengan tambahan benefit kuota 36GB setahun.

    Layanan vivo Care+

    Tak hanya itu saja, vivo juga menghadirkan layanan vivo Care+ yang memberikan perlindungan ekstra selama 12 bulan. Program ini mencakup perpanjangan garansi layar (Extended Screen Warranty), penggantian anti gores dan casing ponsel secara gratis, layanan perbaikan cepat dalam 1 jam (1-Hour Rapid Repair), hingga layanan antar jemput servis dan pengecekan berkala.

    Dengan aktivasi IMEI sebelum 30 Juni 2025, pengguna juga akan mendapatkan garansi layar tambahan secara otomatis. vivo Care+ menjadi solusi perlindungan menyeluruh yang memastikan pengguna vivo V50 Lite tetap tenang dan nyaman dalam penggunaan jangka panjang.

    Review & Win dan Giveaway di E-Commerce

    Untuk kamu yang senang berbagi pengalaman, program Review & Win di Shopee, Tokopedia, dan E-Store pada periode 17 April – 17 Mei 2025 memungkinkan pelanggan berkesempatan memenangkan 1 unit vivo Watch GT dengan memberikan review terkait vivo V50 Lite.

    Ikuti aktivitas giveaway di Instagram @tiktokshop_bytokopedia dan menangkan 1 unit vivo V50 Lite secara gratis.

    Semua promo dan keuntungan di atas bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan berlaku.  Untuk info lengkap terkait promosi dan syarat ketentuannya, pengguna dapat mengunjungi resmi www.vivo.com/id atau akun media sosial vivo Indonesia di YouTube, Instagram, Facebook, dan X.

     

    (*)

  • Kena PHK? Simak Tips Atur Pesangon Biar Nggak Habis Cuma-cuma!

    Kena PHK? Simak Tips Atur Pesangon Biar Nggak Habis Cuma-cuma!

    Jakarta

    Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) banyak terjadi belakangan ini. Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan, PHK terjadi di 15 provinsi di Indonesia. Total 18.160 orang atau tenaga kerja kehilangan pekerjaannya selama dua bulan pertama 2025. Meningkat tajam, sekitar 15.285 orang dibandingkan data jumlah PHK pada Januari 2025 sebanyak 3.325 orang saja.

    Terkait PHK, pekerja acap kali diberikan uang pesangon dari tempatnya bekerja. Kendati demikian, Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari, bilang soal pentingnya bagi eks karyawan agar mengelola uang pesangon.

    Ia merinci, ‘korban’ PHK yang mendapatkan pesangon penting untuk memiliki skala prioritas perihal apa saja yang perlu dibayarkan terlebih dulu dengan uang pesangon. Supaya ke depannya, masalah utang ini tidak lagi mengganggu kondisi keuangan yang masih fluktuatif.

    “Apakah ada utang yang bisa kita lunasi dulu seperti pinjol (pinjaman online), pay later, kartu kredit, KTA (kredit tanpa agunan). Karena ini biasanya cukup mengganggu. Kalau ada, yuk, kita lunasi saja utang-utang ini,” katanya berbincang kepada detikcom, Senin (5/5/2025).

    Lalu, hal kedua yang perlu diperhatikan, perlu menghitung anggaran bulanan dengan mode hemat, kata Tejasari. Hal ini melingkupi pengeluaran pribadi dan pengeluaran rutin, dan menentukan anggaran yang efisien.

    “Hitung budget bulanan dengan mode berhemat, kurangi pengeluaran pribadi dan pengeluaran rutin. Dicek apakah masih bisa dihemat. Tentukan budget per bulan yang efisien tapi kita juga masih bisa berpikir dengan positif,” tambahnya.

    Lebih lanjut ia mengelaborasi, pentingnya untuk mengecek pengeluaran lainnya yang perlu dibayarkan di tahun berjalan. Misalnya, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), asuransi, atau pembayaran lainnya.

    “Nah, masukkan dalam budget yang harus kita siapkan, karena kita jatuh tempo. Jangan sampai kita tidak bisa bayar,” tegasnya.

    Setelah menghitung kebutuhan anggaran bulanan dan pembayaran lainnya, bandingkan dengan dana darurat yang kita punya, lalu ditambah dengan pesangon yang kita dapat.

    “Selanjutnya, bisa bertahan berapa bulan, ya, kita tanpa bekerja ? Nah, inilah yang jadi patokan kita untuk mengejar alternatif pekerjaan berikutnya. Usahakan langsung ambil keputusan, apakah mau cari pekerjaan tetap, atau kah sambil cari pekerjaan part time, atau kah berbisnis,” bebernya.

    “Jangan berlama-lama ambil keputusan. semakin lama kita memutuskan, maka semakin habis dana darurat kita, lho,” tutupnya.

    (fdl/fdl)

  • Jadwal SIM Keliling di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung 5-11 Mei 2025

    Jadwal SIM Keliling di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung 5-11 Mei 2025

    Senin, 5 Mei 2025: Bank HIK Cileunyi
    Selasa, 6 Mei 2025: Dealer Honda Nambo Banjaran
    Rabu, 7 Mei 2025: Kantor Kecamatan Ciparay
    Kamis, 8 Mei 2025: Jalan Baru Majalaya
    Jumat, 9 Mei 2025: Dealer Honda Nambo Banjaran
    Sabtu, 10 Mei 2025: Toserba Borma Katapang
    Minggu, 11 Mei 2025: Tidak beroperasi

    Pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Perlu diingat, jadwal dan lokasi SIM Keliling tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

    Selain itu, layanan SIM Keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C. Adapun biaya perpanjangan adalah Rp80.000 untuk SIM A dan Rp75.000 untuk SIM C.

     

    Penulis: Arby Salim

  • Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini, Senin 5 Mei 2025

    Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini, Senin 5 Mei 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini, Senin 5 Mei 2025, ditlantas Polda Metro Jaya menggelar layanan SIM keliling di Jakarta dan sekitarnya.

    Layanan SIM keliling hari ini dibuka di lima wilayah Jakarta.

    Berikut lokasi lengkap layanan SIM keliling hari ini, 5 Mei 2025

  • Pakar Sebut World ID Dapat Dioptimalkan untuk Melawan Buzzer

    Pakar Sebut World ID Dapat Dioptimalkan untuk Melawan Buzzer

    Bisnis.com, JAKARTA — Kehadiran Worldcoin dan World ID berpotensi memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keamanan digital di Indonesia, khususnya untuk melawan buzzer. 

    Dalam konteks online, buzzer sering digunakan untuk merujuk pada akun atau pengguna yang sengaja memposting komentar atau konten provokatif untuk memancing reaksi atau memanipulasi opini publik. Buzzer dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk, ide, atau agenda tertentu, atau untuk mengganggu diskusi online.

    Istilah buzzer sering digunakan dalam diskusi tentang media sosial, politik, atau kampanye online.

    Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan potensi tersebut bisa tercapai asalkan World ID dikelola dengan baik, transparan, dan sesuai standar keamanan data.

    Apalagi, transparansi dalam pengelolaan data dan audit dari lembaga independen sangat penting untuk menjaga kepercayaan publik.

    “Harusnya kalau dikelola dengan baik World ID akan sangat berguna,” kata Alfons kepada Bisnis, Minggu (4/5/2025).

    Menurut Alfons, sistem World ID dapat menjadi alat yang efektif untuk menghadapi masalah bot dan buzzer yang sering disalahgunakan untuk kepentingan negatif. 

    Dirinya juga menyebut sistem ini dapat mencegah akun-akun palsu atau bot yang memberikan kesan seolah-olah mewakili banyak individu, padahal dikendalikan oleh segelintir pihak.

    Tak hanya itu, Alfons menilai World ID juga berpotensi membantu mencegah penyalahgunaan identitas ganda seperti pembuatan KTP, SIM, atau paspor lebih dari satu kali oleh individu yang sama.

    “Meskipun orangnya bisa ganti nama dan identitasnya tetapi biometriknya akan tetap sama dan terdeteksi oleh sistem,” ujarnya.

    Mengenai kekhawatiran soal kebocoran data, Alfons menekankan pentingnya pengelolaan dan enkripsi yang baik, serta pengawasan dari institusi yang terpercaya. 

    Dirinya juga menyoroti bahwa data pribadi warga Indonesia saat ini sudah banyak yang dikelola oleh perusahaan asing, seperti Google Maps dan Waze.

    “Demikian pula dengan data kita di cloud, Microsoft apps, WhatsApp, Meta itu semua data berharga. Jadi agak memperihatinkan kalau pemerintah kurang menyadari hal ini,” ucap Alfons.

    Di sisi lain, Direktur Eksekutif ICT sekaligus pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi mengingatkan pentingnya menjaga data biometrik, seperti sidik jari dan terutama iris mata, dari potensi penyalahgunaan. 

    Diringa menyoroti potensi penyalahgunaan oleh aplikasi yang tidak bertanggung jawab, salah satunya World ID.

    “Alih-alih untuk keamanan, bisa saja aplikasi nakal memanfaatkannya untuk hal-hal negatif, termasuk kejahatan siber,” pungkas Heru.

  • Pilot dan Nakhoda Wajib Sekolah, Tapi Sopir Truk dan Bus? Cuma Belajar dari Jalanan!

    Pilot dan Nakhoda Wajib Sekolah, Tapi Sopir Truk dan Bus? Cuma Belajar dari Jalanan!

    Jakarta

    Plt Ketua Subkomite Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, menyoroti pengemudi bus dan truk di Indonesia.

    MenurutWildan, para pengemudi ini belum mendapat pemahaman dan pelatihan langsung dari sekolah mengemudi. Pasalnya, hingga kini Indonesia memang belum memiliki sekolah khusus untuk pengemudi bus dan truk. Alhasil, sebagian besar sopir belajar secara otodidak alias mandiri.

    KNKT mencatat bahwa salah satu faktor penyebab maraknya trukoverdimension dan overload (ODOL) di Indonesia adalah kurangnya pendidikan dan pelatihan formal bagi para pengemudi truk.Wildan pun membandingkan situasi ini dengan proses pendidikan bagi pilot pesawat terbang dan nakhoda kapal laut.

    “Bagaimana mekanisme sertifikasi seorang pilot, mulai dari proses belajar untuk memperoleh Student License Pilot. Kemudian saat diizinkan membawa pesawat pribadi melalui Private License Pilot dan setelah terbang 1.500 jam, baru boleh ikut sertifikasi untuk dapat Commercial License Pilot. Setelah dapat sertifikat license, pilot tak serta merta bisa menerbangkan semua pesawat, harus memperoleh sertifikat buat setiap jenis pesawat yang akan diterbangkan karena setiap pesawat beda merk beda tipe teknologinya bisa berbeda,” tulis Wildan dalam keterangannya.

    Polisi melakukan penindakan terhadap truk ODOL di Subang Foto: Istimewa

    “Demikian juga di kapal, bagaimana seorang nakhoda harus memperoleh sertifikasi melalui ANT 5 sampai dengan ANT 1, demikian pula dengan masinis kereta. Mereka semua yang mengendalikan alat transportasi benar benar dipersiapkan untuk dapat memahami alat transportasinya, lintasan, serta bahaya bahaya yang akan dihadapinya,” sambung Wildan.

    Selama lebih dari 20 tahun, kataWildan, Indonesia belum pernah memiliki sekolah mengemudi khusus bagi sopir bus dan truk. Padahal kendaraan-kendaraan tersebut memiliki tipe, merek, dan teknologi yang berbeda-beda.

    Sistem rem saja bisa menggunakan hidrolik, pneumatik, atau kombinasi keduanya. Belum lagi teknologi kendaraan yang kini tak lagi sebatas otomotif, tapi sudah menjurus ke ototronik, mekatronik, dan bahkan kendaraan listrik.

    “Pengemudi bus dan truk di Indonesia selama ini belajar secara otodidak, dari teman-temannya dan lain-lain. Tidak ada yang belajar secara terstruktur, sebagaimana di moda lainnya. Oleh sebab itu KNKT membuat rekomendasi ke pemerintah, agar segera membuat sekolah pengemudi bagi pengemudi bus dan truk,” tambah Wildan.

    KNKT mencontohkan kasus di Bekasi, di mana sebuah truk trailer membawa muatan 50 ton dengan total berat mencapai lebih dari 70 ton. Padahal, truk itu hanya menggunakan mesin berkekuatan 260 PS yang sejatinya dirancang untuk beban maksimal 35 ton.

    Plt Kepala Subkomite Moda Investigasi LLAJ KNKT Ahmad Wildan Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng

    “Pengemudi melakukan perbuatan overloading ini bukan lantaran dia seorang pemberani, melainkan dia tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang power weight to ratio. Risiko apa saja yang akan dihadapi ketika dia melakukan itu. Itulah sebabnya, KNKT menyarankan agar dalam pemberantasan truk ODOL, selain upaya penegakan hukum, pemerintah juga melakukan edukasi kepada pengemudi yang diawali dengan membuat sekolah mengemudi bagi pengemudi bus dan truk,” sambungnya.

    Hal ini selaras amanah Pasal 77 (ayat 4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan bahwa, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum, calon Pengemudi wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan Pengemudi angkutan umum.

    “Sekolah Mengemudi wajib diadakan untuk mendapatkan pengemudi yang profesional dan Diklat Pengemudi untuk pengemudi sekarang agar lebih berkualitas. Tentunya harus disertai dengan upah minimal yang mensejahterakan agar dalam mengoperasikan kendaraan dengan nyaman dan aman,” tukas Wildan.

    (lua/mhg)

  • Harga Smartphone Apple Terbaru Mei 2025, iPhone 16 Diskon Besar

    Harga Smartphone Apple Terbaru Mei 2025, iPhone 16 Diskon Besar

    Bisnis.com, JAKARTA — Para penggemar Apple dapat memiliki smartphone iPhone dengan harga yang lebih murah pada Mei 2025. Ada diskon untuk beberapa perangkat smartphone iPhone, salah satunya iPhone 16.

    Seri iPhone 16 yang baru saja resmi meluncur di Indonesia langsung mendapat sambutan diskon besar. Diskon yang diberikan berkisar antara 6% hingga 12%, membuat harga iPhone 16 menjadi lebih terjangkau dibandingkan harga peluncuran global. Pemesanan awal sudah dibuka sejak akhir Maret dan kini sudah tersedia di gerai offline maupun online iBox.

    Berikut rangkuman harga iPhone dan diskon terbaru berdasarkan pantauan resmi iBox dan berbagai sumber:

    iPhone 16/128GB: Rp14.999.000  (harga normal: Rp16.999.000)

    iPhone 16/256GB: Rp17.499.000  (harga normal: Rp19.499.000)

    iPhone 16/512GB: Rp21.999.000  (harga normal: Rp23.499.000)

    iPhone 15/128GB: Rp11.499.000 

    iPhone 15 Plus /128GB: Rp13.749.000  (harga normal: Rp16.499.000)

    iPhone 14/128GB: Rp9.999.000  (harga normal: Rp12.499.000)

    iPhone 12/64GB: Rp11.499.000

    iPhone 11/64GB: Rp6.249.000  (harga normal: Rp9.749.000)

    Adapun iPhone di atas telah mendukung teknologi eSIM. Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menyebut penetrasi pengguna Embedded Subscriber Identity Module (esim) di Indonesia baru mencapai 5%.

    Aturan eSIM yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Komdigi Nomor 7 Tahun 2025 tentang Pemanfaatan Teknologi Modul Identitas Pelanggan Melekat atau Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

    Meutya menyebut, adanya oermen ini diharapkan dapat membuat pengguna SIM Card bisa bermigrasi atau beralih ke eSIM.

    “Ke depan itu gak ada lagi SIM card fisik. Namun demikian insentif yang kita harapkan bisa dirasakan oleh masyarakat ketika beralih ke eSIM,” kata Meutya dikutip, Minggu (13/4/2025).

    eSIM adalah teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan seluler tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

    Berbeda dengan kartu SIM biasa yang terbuat dari plastik serta harus dimasukkan ke dalam slot SIM, eSIM ini sifatnya digital dan tidak memerlukan slot fisik.

    Berikut ini daftar ponsel iPhone yang sudah bisa menggunakan e-SIM.

    iPhone 16
    iPhone 16 Plus
    iPhone 16 Pro
    iPhone 16 Pro Max
    iPhone 16 e
    iPhone 15
    iPhone 15 Plus
    iPhone 15 Pro
    iPhone 15 Pro Max
    iPhone 14
    iPhone 14 Plus
    iPhone 14 Pro
    iPhone 14 Pro Max
    iPhone 13
    iPhone 13 Mini
    iPhone 13 Pro
    iPhone 13 Pro Max
    iPhone 12
    iPhone 12 Mini
    iPhone 12 Pro
    iPhone 12 Pro Max
    iPhone 11
    iPhone 11 Pro
    iPhone 11 Max
    iPhone XS
    iPhone XS Max
    iPhone XR
    iPhone SE (2020 dan 2022)

  • Jangan Gampang Memberikan Foto Iris Mata Kita ke Orang Lain!

    Jangan Gampang Memberikan Foto Iris Mata Kita ke Orang Lain!

    Jakarta

    Jangan asal memberikan foto iris mata kita ke orang lain karena berpotensi disalahgunakan. Saldo rekening pun bisa ludes kalau sudah kecolongan.

    Di era modern ini, biometrik dibutuhkan untuk akses ke banyak hal termasuk akun perbankan. Karena itu, pengamat keamanan siber Vaksincom Alfons Tanujaya mengingatkan orang-orang lewat wawancara bersama detikINET, Sabtu (3/5/2025).

    “Iya, kalau foto iris itu benar bahaya dan jangan pernah disebarkan atau diberikan tanpa kita ketahui keamanan pengelolanya. Contohnya sekarang ada world.id yang diinisiasi Sam Altman yang tujuannya baik untuk membedakan manusia dengan bot dan bisa sangat banyak membantu misalnya war tiket bot tidak bisa ikut, mencegah akun bodong,” ujarnya.

    Di sejumlah negara, banyak yang khawatir dengan world.id, akan tetapi pakar yang satu ini justru mendukung platform tersebut. Sebab, dibanding risikonya, manfaat world.id dirasa Alfons lebih banyak.

    “World.id ini kan ingin mengidentifikasi manusia dan tiap manusia dapat satu identitas yang sangat sulit dipalsukan serta bisa mengidentifikasi dan membedakan manusia dengan bot,” terangnya.

    Manfaat dari world.id antara lain:

    Membuat war tiket konser lebih adil dan bebas bot⁠Buzzer di sosmed berkurang karena tidak akan bisa buka banyak akun untuk komen dan bullying⁠Identitas tidak akan bisa disalahgunakan untuk aksi berganda misalnya buat SIM, KTP, atau paspor dobel karena meskipun ganti nama dan identitas tapi iris dan face recongnition hanya satu dan tidak bisa diubah sehingga pemalsu bisa diidentifikasi.

    “Tapi resikonya kalau ada satu badan yang mengelola data ini dan mereka jahat atau datanya bocor itu akan berbahaya. Itu yang dikhawatirkan. Saya sudah mengikuti proses scan iris ini dan menurut pengamatan saya prosesnya cukup transparan,” ucapnya.

    Sejauh ini, Alfons menilai pengelolaan data dan pengamanannya sudah mengikuti standar sekuriti. Soal organisasi pengelola data beritikad buruk, tentu tetap ada risikonya. Akan tetapi dengan adanya pengawasan dari banyak lembaga harusnya eksploitasi ini akan mudah terdeteksi.

    Selain itu, akan sangat merugikan bagi lembaga yang bersangkutan jika mereka menyalahgunakan data ini karena orang akan berbondong-bondong menghindari penggunaannya.’

    “Contohnya hari ini, kita tenang-tenang saja pakai Google Maps, padahal data yang dimiliki oleh Google Maps sangat membahayakan kita kalau disalahgunakan. Tetapi kita tetap pakai kan, karena manfaatnya lebih besar dari bahayanya,” tuturnya.

    Jika Google akan mengeksploitasi, tentu saja penggunanya bakal celaka. Tapi mereka tidak bodoh dan tentunya akan berpikir 1.000 kali sebelum melakukan eksploitasi karena produk-produknya akan langsung dihindari oleh penguna dan mereka akan mengalami kerugian besar.

    “Sama juga dengan produk digital lain dari Meta, Microsoft bahaya dan risikonya juga mirip,” tandasnya.

    (ask/rns)