Produk: SIM

  • Blackberry Bangkit dari Kubur, Tiba-Tiba Diburu Gen Z

    Blackberry Bangkit dari Kubur, Tiba-Tiba Diburu Gen Z

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi asal China, Zinwa Technologies bakal meluncurkan ponsel qwerty model BlackBerry Classic Q20. Perusahaan menangkap peluang pasar itu setelah muncul fenomena baru di kalangan Gen Z yang berbondong-bondong mengincar HP jadul, termasuk BlackBerry.

    BlackBerry Classic Q20 yang dirilis pada 2014 silam memang sempat merajai pasar ponsel genggam. Namun, kemunculan handphone atau hp Android dan popularitas iPhone pelan-pelan menggerus dominasi BlackBerry.

    Oleh sebab itu, ketika permintaan kembali mencuat, Zinwa Technologies berencana meluncurkan ponsel pintar dengan fitur keyboard qwerty kembali dengan nama Zinwa Q25.

    BlackBerry Classic Q20 hasil modifikasi itu akan meluncur pada Agustus 2025 mendatang, dikutip dari TechRadar, Sabtu (21/6/2025).

    Spesifikasi BlackBerry Classic Q20 yang Disulap Jadi Zinwa Q25

    Zinwa Q25 akan mengusung beberapa pembaruan hardware, tetapi tetap mempertahankan komponen-komponen ikonik dari BlackBerry Classic Q20.

    Misalnya layar touchscreen 720×720, keyboard fisik, lampu notifikasi LED, hingga bingkai atau shell bagian luar.

    Proyek Zinwa Q25 akan mengombinasikan form factor BlackBerry yang legendaris dan kapabilitas smartphone canggih masa kini.

    Zinwa Q25 mengusung chipset MediaTek Helio G99, RAM 12GB LPDDR4X, dan penyimpanan internal 256GB UFS 2.x. Baterainya juga mengalami peningkatan dengan kapasitas 3.000 mAh. Kamera belakangnya beresolusi 50MP dan kamera depannya 8MP.

    Zinwa Q25 berjalan dengan sistem operasi Android 13 yang terhitung lawas. Belum ada rencana untuk meningkatkannya ke Android 14 atau yang lebih baru.

    Zinwa sepertinya berencana menelurkan pembaruan reguler untuk membasmi bug dan menambah fitur-fitur minor untuk keamanan.

    Zinwa Q25 juga mendukung NFC, port USB-C, headphone jack, slot SIM, serta slot MicroSD untuk menambah memori. HP ini berjalan dengan jaringan 4G, sehingga tersedia di hampir seluruh dunia.

    Zinwa Q25 akan tersedia dalam kondisi sudah dirakit lengkap seharga US$400 (Rp6,5 jutaan) atau sebagai kit konversi seharga US$300 (Rp4,8 jutaan) bagi pengguna yang sudah memiliki BlackBerry Classic dan ingin memasangnya sendiri.

    Baik kit maupun perangkat yang sudah jadi diharapkan akan dikirim pada awal Agustus 2025.

    Zinwa juga telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan pembaruan serupa untuk BlackBerry KEYone dan Passport, dengan model mendatang kemungkinan masing-masing diberi nama K25 dan P26.

     

     

    (hsy/hsy)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Misteri Suara Robot Saat Telepon ke Iran: Perang AI Dimulai?

    Misteri Suara Robot Saat Telepon ke Iran: Perang AI Dimulai?

    Jakarta

    Pascaserangan Israel ke Iran seminggu lalu, dunia digemparkan tak hanya oleh gejolak geopolitik, tetapi juga oleh fenomena aneh yang menimpa warga Iran di diaspora. Mereka melaporkan pengalaman ganjil saat mencoba menghubungi keluarga di Teheran dan kota-kota lain: suara robot misterius yang menjawab panggilan, memicu spekulasi apakah ini merupakan permulaan dari perang kecerdasan buatan (AI).

    Salah satunya adalah Ellie, seorang warga Inggris-Iran berusia 44 tahun yang tinggal di Inggris. Ketika ia menelepon ibunya di Teheran, suara robot perempuan menjawab, “Alo? Alo? Siapa yang menelepon?” dalam bahasa Inggris yang kurang sempurna.

    Suara yang mengaku bernama “Alyssia” itu melanjutkan, “Saya tidak bisa mendengar Anda. Anda ingin bicara dengan siapa? Saya rasa saya tidak tahu siapa Anda.”

    Ellie bukan satu-satunya. Setidaknya sembilan warga Iran di diaspora, termasuk di Inggris dan Amerika Serikat, melaporkan pengalaman serupa kepada The Associated Press. Mereka memilih untuk merahasiakan identitas atau hanya menggunakan nama depan karena kekhawatiran akan keselamatan keluarga di Iran.

    Fenomena ini muncul berbarengan dengan serangan Israel yang menargetkan situs nuklir dan militer Iran, yang kemudian dibalas oleh Iran dengan ratusan rudal dan drone. Pemerintah Iran juga memberlakukan pemblokiran internet besar-besaran, yang diklaim untuk melindungi negara, namun justru mengisolasi warga Iran dari dunia luar.

    Suara Robot: AI, Chatbot, atau Rekaman?

    Lima ahli yang menganalisis rekaman suara tersebut untuk AP menduga itu bisa berupa kecerdasan buatan berteknologi rendah, chatbot, atau pesan rekaman yang mengalihkan panggilan dari luar negeri. Namun, siapa dalang di baliknya masih menjadi misteri besar. Empat ahli menduga pemerintah Iran sebagai pelaku, sementara satu ahli menunjuk Israel sebagai pihak yang lebih mungkin.

    Amir Rashidi, pakar keamanan siber Iran yang berbasis di AS, menyebut suara itu sebagai bagian dari pola pemerintah Iran dalam menangani situasi darurat, seperti pesan suara dan teks massal yang dikirimkan untuk menyebarkan kepanikan selama dua hari pertama serangan Israel. “Ini mirip dengan taktik yang digunakan selama perang Iran-Irak pada 1980-an,” ujar Rashidi, direktur Miaan, sebuah kelompok yang memantau hak digital di Timur Tengah.

    Namun, Marwa Fatafta dari Access Now, sebuah organisasi hak digital di Berlin, berpendapat bahwa ini bisa menjadi bentuk perang psikologis oleh Israel. Ia melihat kemiripan dengan pesan langsung yang pernah dikirimkan ke warga Lebanon dan Palestina selama konflik di Gaza dan melawan Hizbullah. “Pesan ini seolah dirancang untuk menyiksa warga Iran di diaspora yang sudah cemas,” katanya.

    Dampak Emosional pada Diaspora Iran

    Foto: Getty Images/miniseries

    Bagi warga Iran di luar negeri, pengalaman ini sangat mengganggu. Seorang wanita berusia 30 tahun di New York menyebutnya sebagai “perang psikologis.” “Menelepon ibumu, berharap mendengar suaranya, tapi malah mendengar suara AI adalah salah satu hal paling menakutkan,” ujarnya.

    Pesan-pesan yang sering muncul pun aneh, seperti satu rekaman yang mengucapkan, “Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mendengarkan. Hidup ini penuh dengan kejutan yang tak terduga…” atau bahkan meminta penelepon membayangkan “berjalan di hutan yang tenang” atau “di tepi pantai.”

    Ellie, yang ibunya menderita diabetes dan kekurangan insulin di pinggiran Teheran, merasa putus asa karena tak bisa menyampaikan pesan untuk mengungsi. “Saya tidak tahu mengapa mereka melakukan ini,” katanya. Ia akhirnya berhasil berkomunikasi melalui seseorang di perbatasan Iran-Turki yang memiliki dua kartu SIM, memungkinkan panggilan domestik di Iran disambungkan ke luar negeri.

    Upaya Menembus Blokade Komunikasi

    Pemblokiran internet oleh pemerintah Iran telah mempersulit komunikasi. Banyak panggilan hanya berdering tanpa jawaban atau diarahkan ke pesan robot. Beberapa warga Iran terpaksa menggunakan antena parabola ilegal untuk mengakses berita internasional. Di sisi lain, Elon Musk mengklaim telah mengaktifkan Starlink di Iran, meskipun penggunaannya dianggap ilegal dan diawasi ketat oleh otoritas setempat.

    Bagi sebagian diaspora, seperti M., seorang wanita di Inggris, pengalaman ini meninggalkan rasa tak berdaya. Ia gagal menghubungi ibu mertuanya, yang kini dirawat di ICU di Teheran akibat masalah pernapasan setelah serangan Israel. “Ketika saya menelepon, saya hanya mendengar pesan aneh tentang hutan dan ombak. Itu hanya membuat saya merasa semakin tidak berdaya,” katanya.

    Siapa di Balik Suara Robot?

    Hingga kini, belum ada kejelasan tentang tujuan atau pelaku di balik suara robot ini. Colin Crowell, mantan wakil presiden Twitter, menduga perusahaan telekomunikasi Iran mengalihkan panggilan ke sistem pesan default. Sementara itu, Mehdi Yahyanejad, aktivis kebebasan internet, menyebut sistem telekomunikasi Iran yang diawasi ketat oleh Kementerian Informasi dan Teknologi Komunikasi membuat peretasan oleh pihak luar, termasuk Israel, menjadi sulit.

    Baik misi Iran di PBB maupun militer Israel tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar terkait fenomena ini. Yang jelas, fenomena suara robot ini telah memperdalam kecemasan dan isolasi warga Iran, baik di dalam negeri maupun di diaspora, di tengah ketegangan geopolitik yang terus memanas.

    Apakah ini pertanda awal dari perang AI yang semakin canggih, ataukah hanya taktik psikologis di tengah konflik yang memanas? Misteri ini masih menunggu jawaban.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video Iran Usai Diserang AS: Kami Akan Konsultasi dengan Putin”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)

  • Jangan Nembak! Segini Batas Usia Minimal Bikin SIM

    Jangan Nembak! Segini Batas Usia Minimal Bikin SIM

    Jakarta

    Bikin SIM jangan nembak! Ada batas usia minimal yang harus dipenuhi. Batas usia minimal itu bukan sembarangan, melainkan sudah mempertimbangkan berbagai aspek.

    Setiap pengendara wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). SIM adalah bukti legitimasi kompetensi pengemudi sesuai jenis dan golongan SIM yang dimilikinya setelah memenuhi persyaratan administrasi, usia, kesehatan, jasmani maupun rohani, serta dinyatakan lulus melalui proses pengujian.

    Seperti disebutkan di atas, bikin SIM harus memenuhi persyaratan usia. Nah batas usia minimal bikin SIM ini berbeda-beda tergantung jenisnya. Diatur dalam Perpol 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM pasal 8, berikut ini batas usia minimal bikin SIM.

    Batas Usia Minimal Bikin SIM

    “Persyaratan usia penerbitan SIM sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 huruf a, harus memenuhi ketentuan usia paling rendah:
    a. 17 tahun untuk SIM A, SIM C, SIM D, dan SIM D1
    b. 18 tahun untuk SIM CI
    c. 19 tahun untuk SIM CII
    d. 20 tahun untuk SIM A umum dan SIM BI
    e. 21 tahun untuk SIM BII
    f. 22 tahun untuk SIM BI Umum, dan
    g. 23 tahun untuk SIM BII Umum,” demikian penjelasan aturannya.

    Batasan usia tersebut juga ada alasannya. Dalam lembar putusan MK yang menolak masa berlaku SIM seumur hidup, disebutkan bahwa persyaratan batas usia minimal itu sudah mempertimbangkan aspek psikologi.

    “Bahwa pada usia 17 tahun seseorang sudah mampu memahami tingkat bahaya dalam berlalu lintas di jalan umum serta mempunyai kecermatan dalam berperilaku termasuk dalam berlalu lintas dan mampu bertanggungjawab terhadap akibat dari perilakunya,” begitu bunyi keterangan dalam putusan MK.

    “Batas usia minimal tersebut ditentukan semakin tinggi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan dan menuntut kecermatan dan tanggung jawab yang lebih tinggi,” lanjut keterangan tersebut.

    Nah buat kamu yang baru membuat SIM, pastikan persyaratan usia minimal sudah terpenuhi ya! Jangan nembak membuat SIM sebelum umurnya, karena akan membahayakan keselamatan dalam berlalu lintas.

    (dry/rgr)

  • Dispar Sleman siap gelar jelajah wisata motor “Tour de Merapi” 2025

    Dispar Sleman siap gelar jelajah wisata motor “Tour de Merapi” 2025

    Sleman (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar kegiatan bersepeda motor menjelajahi destinasi pariwisata di Kabupaten Sleman Tour de Merapi (TdM).

    “Tahun ini merupakan gelaran TdM ke-21 kalinya ini, dengan mengambil tema ‘Dolan Sleman Marai Tuman’ yang akan menempuh tidak kurang dari 100 kilometer,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Hendarto di Sleman, Jumat.

    Menurut dia, TdM 2025 akan dilaksanakan pada Minggu, 27 Juli 2025 dengan start di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman dan finish di kawasan wisata lereng Gunung Merapi, Bukit Klangon, Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan.

    “Tour de Merapi 2025 ini dimaksudkan untuk mengingatkan dan lebih mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman sekaligus sebagai upaya sosialisasi berkendara dengan aman, dengan tetap mentaati aturan lalu lintas yang berlaku,” katanya.

    Ia mengatakan, ditargetkan sekitar 500 sepeda motor akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    ” Adapun spesifikasi sepeda motor yang dapat mengikuti gelaran ini adalah sepeda motor dengan kapasitas mesin antara 125cc sampai dengan 250 cc dengan kondisi baik. Karena tidak menutup kemungkinan rute yang dilewati merupakan rute dengan tanjakan atau turunan membutuhkan kondisi motor yang prima,” katanya.

    Kus Endarto mengatakan, dalam kegiatan ini, Dinas Pariwisata Sleman melibatkan Dinas Perhubungan Sleman, Satuan Polisi Pamong Praja Sleman, Kepolisian Republik Resor Kota Sleman, Polisi Pariwisata.

    “Kami juga melibatkan Satuan Karya Pariwisata, Ikatan Dimas Diajeng Sleman, Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Sleman, Palang Merah Indonesia dan lain-lain,” katanya.

    Ia mengatakan, untuk fasilitas yang didapat peserta Tour de Merapi 2025 adalah asuransi bagi pengendar dan pembonceng, dua kupon makan, dua kupon door prize, satu jaket dan produk sponsor.

    “Terkait hal ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman membuka kesempatan untuk menjadi sponsor dalam kegiatan ini,” katanya.

    Sedangkan beberapa door prize yang disiapkan Dinas Pariwisata Sleman untuk memeriahkan gelaran ini meliputi dua buah sepeda motor Honda Beat, empat unit kulkas, empat unit mesin cuci, tiga sepeda gunung, satu laptop, tiga LED TV, lima kompor gas, lima magic com dan beberapa doorprizes menarik lainnya.

    Pendaftaran Tour de Merapi akan dibuka di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jalan KRT Pringgodiningrat No.13, Tridadi, Sleman mulai 23 Juni 2025 jam 08.00 WIB.

    “Pendaftar diharapkan datang langsung ke Dinas Pariwisata dengan membawa kelengkapan pendaftaran berupa salinan KTP/SIM pengemudi dan pembonceng yang masih berlaku, salinan STNK sepeda motor dan uang pendaftaran,” katanya.

    Ia mengatakan, untuk 300 sepeda motor pertama, ditetapkan besaran uang pendaftaran sebesar Rp230 ribu dan selanjutnya menjadi Rp250 ribu.

    “Bagi masyarakat Sleman dan sekitarnya yang berminat mengikuti jelajah wisata ini, segera daftarkan diri untuk menjelajahi destinasi pariwisata di Kabupaten Sleman dan mendapatkan pengalaman bermotor yang tidak terlupakan,” katanya.

    Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Bukan Pascabayar Biasa, XL PRIORITAS Tawarkan Layanan Premium & Kepuasan Pelanggan Maksimal – Page 3

    Bukan Pascabayar Biasa, XL PRIORITAS Tawarkan Layanan Premium & Kepuasan Pelanggan Maksimal – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Konektivitas menjadi bagian penting dari gaya hidup modern. Dari urusan pekerjaan, komunikasi, hiburan dan transaksi, semua menuntut akses internet yang cepat, stabil, dan bisa diandalkan Tanpa koneksi yang prima, produktivitas bisa terganggu, bahkan momen penting bisa terlewat. Di sinilah pentingnya memilih layanan internet yang lengkap dan jaminan kualitas.

    Menjawab kebutuhan tersebut, XL PRIORITAS menghadirkan layanan pascabayar premium yang menawarkan pengalaman lebih dari sekedar koneksi biasa. XL PRIORITAS memberikan kemudahan penggunaan tanpa perlu repot isi ulang seperti layanan prabayar. Pengguna juga dapat menikmati akses internet lancar sepanjang bulan dengan jaringan prioritas yang lebih stabil dan cepat. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan layanan XL PRIORITAS yang bisa kamu nikmati:

    1. Bebas Pilih Nomor Cantik

    Perbesar

    Ilustrasi nomor telepon. (Sumber: belchonock/Depositphotos)… Selengkapnya

    Nomor ponsel bukan sekadar angka, tapi aset dan identitas sekunder yang kamu gunakan 24/7. Dengan kombinasi angka cantik dan mudah diingat, tentu bisa menjadi investasi untuk kehidupan personal maupun profesional.

    Saat mendaftar layanan XL PRIORITAS, kamu akan diberi kebebasan untuk memilih nomor ponselmu sendiri. Mau pilih kombinasi tanggal spesial, angka berurutan, atau nomor kembar? Temukan opsi terbaik yang sesuai dengan kepribadian kamu.

    2. eSIM Ready: Aktivasi Praktis Tanpa Kartu Fisik

    Perbesar

    Ilustrasi kartu SIM digital. (Sumber: perig76/Depositphotos)… Selengkapnya

    eSIM menjadi terobosan teknologi yang mengubah cara kita menggunakan jaringan seluler. Tak perlu repot mengganti fisik SIM Card, dengan eSIM semua kebutuhan konektivitas bisa terpenuhi.

    XL PRIORITAS pun menawarkan opsi penggunaan eSIM. Aktivasinya mudah lewat QR code yang tersimpan di email. Cocok banget untuk perangkat terbaru yang tidak lagi memakai slot SIM.

    3. Kuota Besar hingga 300GB per Bulan + Internet Unlimited

    Perbesar

    Seorang pria menggunakan smartphone dan akses internet. (Sumber: Vadymvdrobot/Depositphotos)… Selengkapnya

    Di dunia yang serba terkoneksi, paket data habis sama frustrasinya dengan kehabisan daya baterai. Karena itulah paket data unlimited sangat penting untuk kebebasan digital.  Kamu bisa menikmati paket unlimited dengan kuota utama beragam, mulai dari 30 GB hingga 300 GB per bulan tergantung paket pilihan (Silver, Gold, Platinum, Diamond, Ultima).

    Setelah kuota utama habis, layanan internet tetap berjalan menggunakan sistem Fair Usage Policy (FUP) yang menyesuaikan batas kecepatan koneksi. Artinya, kamu tetap bisa mengakses layanan online seperti chatting, browsing ringan, atau streaming dengan kualitas standar, tanpa gangguan layanan.

    4. Pembayaran Otomatis, Tagihan Beres Setiap Bulan

    Perbesar

    Seorang wanita menggunakan kartu kredit untuk pembayaran otomatis. (Sumber: ryanking999/Depositphotos)… Selengkapnya

    Bagi kamu yang ingin pembayaran tagihan berjalan otomatis, kamu bisa menggunakan fitur auto-debit dengan kartu kredit. Dengan cara ini, biaya akan langsung dipotong dari kartu kredit-mu secara rutin, sehingga kamu enggak perlu mengeceknya setiap bulan.

    Pendaftaran auto-debit kartu kredit bisa dilakukan melalui aplikasi myXL atau melalui layanan PRIORITAS Center dan XL Center. Pastikan kartu kredit kamu memiliki saldo yang cukup serta masih berada di masa aktif agar proses pembayaran berjalan lancar.

    5. Layanan Pelanggan Khusus via WhatsApp & Aplikasi

    Perbesar

    Layanan customer service. (Sumber: BiancoBlue/Depositphotos)… Selengkapnya

    Namanya saja XL PRIORITAS, pasti pelanggan mendapatkan layanan prioritas atau khusus. Pendaftaran XL PRIORITAS tersedia melalui WhatsApp Business dengan nomor 0818-8000-55 setiap pukul 08:00 hingga 20:00 WIB. Selain itu, kamu juga bisa membeli paket pascabayar pada laman prioritas.xl.co.id.

    Untuk pengelolaan akun, kamu cukup membuka aplikasi myXL. Mulai dari cek kuota, lihat detail tagihan, ubah metode pembayaran, hingga mengaktifkan layanan tambahan, all in one app. Kamu bebas mengatur layanan PRIORITAS kamu maupun mencari bantuan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke XL Center.

    6. PRIO Club: Akses Eksklusif, Banyak Bonus

    Perbesar

    Seorang pria gembira mendapat kabar baik. (Sumber: kalkasandi.gmail.com/Depositphotos)… Selengkapnya

    PRIO Club merupakan salah satu inovasi layanan terbaru untuk menawarkan berbagai kemudahan yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan XL PRIORITAS. Setiap pelanggan XL PRIORITAS akan secara otomatis tergabung di PRIO Club dan langsung bisa menikmati berbagai benefit yang diberikan dari hari pertama kartu diaktifkan.

    Tanpa perlu menukar poin atau memenuhi syarat tambahan, pelanggan bisa menikmati berbagai benefit premium seperti bonus layanan streaming maupun voucher diskon perjalanan. Semakin tinggi paket yang kamu gunakan, semakin lengkap pula keuntungan yang kamu dapat, misalnya akses LiveChat layanan pelanggan lebih responsif dan prioritas, serta perlindungan untuk perangkat baru dari kerusakan fisik.

    Dapatkan informasi lebih lanjut seputar PRIO Club melalui website https://bit.ly/XLPrioClub dan jadilah pelanggan yang bisa menikmati berbagai layanan prioritas mendatang!     Sudah waktunya upgrade ke koneksi internet premium yang bebas repot! XL PRIORITAS menghadirkan layanan pascabayar dengan beragam keuntungan eksklusif, mulai dari kemudahan pendaftaran, paket data unlimited, layanan pelanggan hingga bonus-bonus voucher, yang semua dirancang untuk kenyamananmu sehari-hari.

    Yuk, kunjungi prioritas.xl.co.id untuk informasi lebih lengkap seputar layanan pascabayar XL PRIORITAS, dan jadi bagian dari dunia internet tanpa batas!

     

    (*)

  • Alasan Pemilik Harus Restart iPhone dan HP Android Secara Rutin

    Alasan Pemilik Harus Restart iPhone dan HP Android Secara Rutin

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sering kali kita lupa atau malas mematikan ponsel, apalagi merestartnya. Restart HP secara rutin padahal bisa mencegah berbagai masalah mulai dari HP lemot hingga ancaman peretasan.

    Samsung melalui laman resmi mereka menyarankan agar pengguna menjadikan restart ponsel sebagai rutinitas harian, sedangkan Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) menyarankan restart minimal seminggu sekali demi keamanan data.

    Menurut Samsung Filipina, restart berkala bisa menjadi solusi atas ponsel yang melambat atau mendadak freeze. Bahkan, sebelum pergi ke pusat servis, pengguna disarankan mencoba restart terlebih dahulu.

    Samsung juga menyediakan fitur restart otomatis yang bisa diatur sesuai jadwal, caranya:

    Buka Settings > Battery and device care
    Ketuk ikon titik tiga (More options)
    Pilih Automation
    Aktifkan Auto restart at set times
    Atur jadwal restart sesuai kebutuhan

    Ponsel akan restart otomatis dalam waktu satu jam dari jadwal yang ditentukan, asalkan: layar dalam keadaan mati, ponsel tidak sedang digunakan, baterai di atas 30%, kunci SIM tidak aktif.

    Intelijen AS Anjurkan Restart Rutin

    Bukan hanya vendor ponsel, lembaga intelijen Amerika Serikat pun mengimbau hal serupa. NSA merekomendasikan pengguna smartphone, terutama iPhone, untuk melakukan restart minimal seminggu sekali sebagai bagian dari praktik keamanan siber.

    Meski restart tidak menjamin ponsel bebas dari serangan siber kompleks, langkah sederhana ini bisa menghambat serangan berantai yang memanfaatkan banyak celah keamanan sekaligus.

    Seperti dijelaskan oleh Direktur Teknis NSA, Neal Ziring, bahwa restart dapat memaksa penyerang untuk mengulang dari awal rantai serangan.

    NSA juga memberikan saran lain seperti mematikan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan. Dan selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi

    NSA juga mengingatkan untuk menonaktifkan layanan lokasi, menggunakan sandi layar yang kuat, serta enghindari penggunaan aksesori tak dikenal, terutama kabel atau USB misterius

    Jadi walaupun terdengar sepele, restart ponsel secara rutin bisa menjadi langkah kecil dengan dampak besar.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • SIM Keliling ada juga di Lobby Admisi Kampus Anggrek Binus

    SIM Keliling ada juga di Lobby Admisi Kampus Anggrek Binus

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan layanan surat izin mengemudi (SIM Keliling) di lima lokasi di Jakarta untuk membantu warga dalam memperpanjang masa berlaku syarat legal berkendara itu pada Jumat.

    Melalui akun X (Twitter) resmi TMC Polda Metro Jaya, layanan tersebut berada di:

    Jakarta Timur : Mal Grand Cakung

    Jakarta Utara : LTC Glodok

    Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Jakarta Barat : Halaman Parkir Lobby Admisi Kampus Anggrek Binus

    Gerai SIM itu dibuka mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

    Untuk dapat mengakses dan terlayani dalam fasilitas SIM Keliling ini, masyarakat harus mempersiapkan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan biaya administrasi sebelum mendatangi lokasi perpanjangan dokumen SIM.

    Adapun persyaratan tersebut yakni, foto kopi KTP yang masih berlaku, kemudian foto kopi SIM lama dan SIM aslinya, bukti cek kesehatan serta bukti tes psikologi.

    Layanan mobil SIM Keliling ini, hanya dapat memperpanjang SIM yang masih berlaku saja untuk golongan tertentu, yakni SIM A dan SIM C.

    Bagi SIM yang telah habis masa berlakunya, pemilik SIM harus membuat permohonan SIM baru di tempat yang telah ditentukan oleh Kepolisian.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Adapun untuk jenis SIM B, tidak bisa dilakukan perpanjangan masa berlaku pada layanan SIM Keliling, tapi harus diperpanjang di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) karena adanya perbedaan peruntukan dokumen.

    Dokumen SIM B itu sendiri diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki berat lebih dari 3,5 ton.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Menteri PANRB: Indeks kepuasan layanan lalu lintas Polri melonjak

    Menteri PANRB: Indeks kepuasan layanan lalu lintas Polri melonjak

    “Kenaikan ini adalah hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan lalu lintas Polri melonjak.

    Dilansir dari keterangan yang dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis, Rini mengatakan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan lalu lintas Polri meningkat dari 84,83 persen menjadi 94,92 persen.

    Menurutnya, peningkatan ini merupakan bukti nyata transformasi pelayanan Polri yang semakin profesional, humanis, dan berbasis teknologi.

    “Kenaikan ini adalah hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Polri di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Jakarta.

    Diungkapkan Rini, peningkatan kualitas layanan publik, seperti perpanjangan SIM dan STNK, respons cepat terhadap kecelakaan, hingga penegakan hukum di jalan yang lebih humanis, menjadi indikator konkret keberhasilan reformasi birokrasi dan transformasi digital yang diusung Polri.

    Selain itu, inovasi dalam transparansi, aksesibilitas informasi, dan pemanfaatan teknologi juga memperkuat kepercayaan publik.

    Dia menilai bahwa capaian ini merupakan cermin dari profesionalisme Polri yang terus berkembang sekaligus tantangan untuk menjaga momentum agar pelayanan ke depan semakin efektif dan responsif.

    Menanggapi capaian tersebut, Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho menegaskan komitmennya untuk terus mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan di bidang lalu lintas.

    Dirinya juga menilai bahwa peningkatan kepuasan ini sekaligus memperkuat posisi Polri sebagai institusi yang modern, adaptif, dan dipercaya publik dalam menghadirkan rasa aman di jalan raya.

    “Ini tantangan bagi kami untuk terus berbenah, memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlalu lintas. Keselamatan pengguna jalan adalah prioritas utama,” katanya.

    Pewarta: Nadia Putri Rahmani
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Spesifikasi Zinwa Q25, Blackberry Rombakan dari China Harga Rp6 Jutaan

    Spesifikasi Zinwa Q25, Blackberry Rombakan dari China Harga Rp6 Jutaan

    Bisnis.com, JAKARTA – Blackberry kini sedang digandrungi oleh anak-anak muda sebagai perangkat telepon “retro”.

    Tren penggunaan Blackberry pun semakin meluas, di mana banyak anak muda mulai memamerkan ponsel lawas tersebut di akun sosial media mereka seperti TikTok.

    Makin diincar oleh anak-anak muda, perusahaan asal China, Zinwa Technologies, pun melihat potensi cemerlang.

    Zinwa Technologies siap membawa kembali BlackBerry seri Classic Q20 dengan perombakan internal agar bisa digunakan oleh masyarakat modern.

    BlackBerry Classic Q20 hasil modifikasi akan diberi nama Zinwa Q25 yang akan dirilis pada pada Agustus 2025 mendatang, dikutip dari TechRadar.

    Ponsel ini akan dilengkapi perangkat keras baru dengan tetap mempertahankan banyak komponen ikonik asli termasuk layar sentuh 720×720, keyboard fisik, lampu notifikasi LED, dan rangka luar.

    Proyek ini bertujuan untuk memadukan bentuk BlackBerry yang nostalgia dengan kemampuan telepon pintar modern.

    Spesifikasi ponsel ini yakni kurang lebih akan mempunyai chipset MediaTek Helio G99, RAM LPDDR4x 12 GB, dan penyimpanan UFS 2.x 256 GB.

    Baterainya ditingkatkan menjadi 3.000 mAh dan sistem kameranya mencakup sensor belakang 50MP dan kamera depan 8MP.

    Q25 akan menjalankan Android 13, tetapi tidak ada rencana untuk meningkatkan ke Android 14 atau yang lebih baru.

    Meskipun begitu, Zinwa berencana untuk menyediakan pembaruan rutin untuk mengatasi bug dan menambahkan fitur-fitur kecil.

    Perusahaan akan mengirimkan Q25 dengan NFC, USB-C, jack headphone, dukungan kartu MicroSD, dan satu slot SIM. Modem di motherboard baru mendukung semua pita 4G LTE global, sehingga ponsel ini kompatibel dengan sebagian besar jaringan di seluruh dunia.

    Untuk harganya, Zinwa Q25 akan tersedia dalam kondisi sudah dirakit lengkap seharga $400 atau setara dengan Rp6 jutaan. Ponsel ini juga akan dijual sebagai kit konversi seharga $300 bagi pengguna yang sudah memiliki BlackBerry Classic dan ingin memasangnya sendiri.

    Zinwa juga telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan pembaruan serupa untuk BlackBerry KEYone dan Passport, dengan model mendatang kemungkinan masing-masing diberi nama K25 dan P26.

  • Lagi Tren, Kini Blackberry Ramai Jadi Incaran Gen Z

    Lagi Tren, Kini Blackberry Ramai Jadi Incaran Gen Z

    Bisnis.com, JAKARTA – Blackberry tiba-tiba menjadi ponsel incaran para anak muda kelahiran 1997-2012 alias Gen Z.

    Tren penggunaan Blackberry pun semakin meluas, di mana banyak anak muda mulai memamerkan ponsel lawas tersebut di akun sosial media mereka seperti TikTok.

    Melansir New York Post, Blackberry banyak diincar Gen Z sebagai ponsel jadul yang aesthetic dan mampu memberikan kesan vintage.

    Kemudian muncul juga pergerakan “Social Media Detox” yang membuat para anak muda rehat sejenak dari iPhone mereka ke Blackberry.

    Apabila melakukan pencarian cepat di TikTok dengan kata kunci “Blackberry”, akan menampilkan ribuan video Gen Z yang membeli ponsel Blackberry yang sudah tidak terpakai di eBay.

    Selain itu, mereka juga memamerkan Blackberry bekas pemakaian orang tuanya.

    Dalam salah satu video, seorang gen Z memamerkan menghias ponsel lawasnya itu dan menunjukkan keyboard yang berbunyi klik dan layak untuk direkam dengan suara ASMR.

    Namun tak hanya Blackberry, para anak muda kini memang sedang ramai mengincar gawai lawas seperti iPod, kamera pocket, hingga Walkman.

    China Rebranding Blackberry

    Makin diincar oleh anak-anak muda, perusahaan asal China, Zinwa Technologies, pun melihat potensi cemerlang.

    Zinwa Technologies siap membawa kembali BlackBerry seri Classic Q20 dengan perombakan internal agar bisa digunakan oleh masyarakat modern.

    BlackBerry Classic Q20 hasil modifikasi akan diberi nama Zinwa Q25 yang akan dirilis pada pada Agustus 2025 mendatang, dikutip dari TechRadar.

    Ponsel ini akan dilengkapi perangkat keras baru dengan tetap mempertahankan banyak komponen ikonik asli termasuk layar sentuh 720×720, keyboard fisik, lampu notifikasi LED, dan rangka luar.

    Proyek ini bertujuan untuk memadukan bentuk BlackBerry yang nostalgia dengan kemampuan telepon pintar modern.

    Spesifikasi ponsel ini yakni kurang lebih akan mempunyai chipset MediaTek Helio G99, RAM LPDDR4x 12 GB, dan penyimpanan UFS 2.x 256 GB.

    Baterainya ditingkatkan menjadi 3.000 mAh dan sistem kameranya mencakup sensor belakang 50MP dan kamera depan 8MP.

    Q25 akan menjalankan Android 13, tetapi tidak ada rencana untuk meningkatkan ke Android 14 atau yang lebih baru.

    Meskipun begitu, Zinwa berencana untuk menyediakan pembaruan rutin untuk mengatasi bug dan menambahkan fitur-fitur kecil.

    Perusahaan akan mengirimkan Q25 dengan NFC, USB-C, jack headphone, dukungan kartu MicroSD, dan satu slot SIM. Modem di motherboard baru mendukung semua pita 4G LTE global, sehingga ponsel ini kompatibel dengan sebagian besar jaringan di seluruh dunia.