Produk: SIM

  • SIM Mati Hari Ini Bisa Diperpanjang Tanpa Bikin Baru, Catat Syaratnya

    SIM Mati Hari Ini Bisa Diperpanjang Tanpa Bikin Baru, Catat Syaratnya

    Jakarta

    Surat izin mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku selama lima tahun. Sebelum masa berlakunya terlewat, SIM harus diperpanjang masa berlakunya. Sebab, kalau lewat satu hari saja, maka SIM tidak berlaku dan pemiliknya harus membuat baru.

    Tapi, kini ada pengecualian. SIM yang mati hari ini tetap bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru.

    Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi pasal 4 ayat 3, sejatinya jika SIM lewat dari masa berlakunya, maka harus diajukan penerbitan SIM baru. Itu berarti pemilik SIM harus ikut ujian teori dan praktik lagi.

    Namun, dilanjutkan pada pasal 4 ayat 4, SIM yang lewat dari masa berlakunya karena kahar dapat dikecualikan terhadap ketentuan tersebut dan bisa dilakukan perpanjangan SIM berdasarkan Keputusan Kakorlantas Polri atas laporan dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah.

    Lebih lanjut pada pasal 4 ayat 5, perpanjangan SIM yang sudah lewat masa berlaku itu dilaksanakan sesuai waktu dan tempat pelayanan pada Satpas yang ditetapkan Kakorlantas Polri.

    Pada hari ini, Jumat (5/9/2025), pelayanan SIM tutup dalam rangka libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari akun media sosial TMC Polda Metro Jaya, pelayanan Satpas Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit Gerai SIM DKI Jakarta dan Unit SIM Keliling diliburkan hari ini. Pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali pada tanggal 6 September 2025.

    “Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 5 September 2025, dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada tanggal 6 September 2025 dengan mekanisme perpanjangan,” demikian dikutip dari akun media sosial TMC Polda Metro Jaya.

    Jadi perlu dicatat, tidak semua SIM mati bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru. Syarat utamanya adalah SIM tersebut masa berlakunya habis di hari ini, 5 September 2025, tepat saat pelayanan penerbitan SIM diliburkan. Kemudian, SIM tersebut harus diperpanjang besok, 6 September 2025. Di luar tanggal-tanggal itu, perpanjangan SIM mati tidak bisa dilakukan, alias harus bikin SIM baru dengan mekanisme ujian teori dan praktik lagi.

    Syarat Perpanjang SIM

    Adapun perpanjang SIM harus melampirkan syarat-syarat berikut:

    KTP asli dan dua lembar fotokopi.SIM asli yang hendak diperpanjang dan 2 lembar fotokopi.Surat keterangan kesehatan. Bisa dibuat di lokasi perpanjang SIMHasil keterangan lulus tes psikologi. Tes ini juga bisa dilakukan secara online melalui situs ePPsi SIM atau aplikasi ePPSi SIMFormulir pengajuan perpanjangan SIM yang telah diisi lengkap.Biaya Perpanjang SIM

    Untuk biaya perpanjang SIM tak ada perbedaan dengan perpanjangan SIM pada umumnya. Khusus untuk perpanjang SIM, biaya per penerbitannya paling mahal Rp 80 ribu untuk SIM A, SIM B I, dan SIM BII. Untuk tahu lebih rinci, berikut biaya penerbitan perpanjangan SIM:

    SIM A, SIM BI, SIM BII: Rp 80 ribu per penerbitanSIM C, SIM CI, dan SIM CII: Rp 75 ribu per penerbitanSIM D, SIM DI: Rp 30 ribu per penerbitan

    Biaya di atas bukan merupakan biaya final dari proses pengurusan perpanjang SIM. Untuk mengurus perpanjang SIM, ada biaya lain yang juga harus dikeluarkan yaitu tes kesehatan, tes psikologi, dan asuransi.

    (rgr/lth)

  • Indosat Ungkap Alasan Jumlah Pelanggan Merosot Semester I/2025

    Indosat Ungkap Alasan Jumlah Pelanggan Merosot Semester I/2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) mencatat jumlah pelanggan mencapai 95,4 juta pada semester I/2025. Angka tersebut turun 5,76% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 100,9 juta pelanggan pada paruh pertama 2024.

    Director and Chief Business Officer IOH, Muhammad Buldansyah, mengatakan perubahan jumlah pelanggan tersebut dipengaruhi oleh konsolidasi SIM yang sejalan dengan tren di industri.

    “Indosat Ooredoo Hutchison melihat perubahan angka pelanggan dipengaruhi oleh konsolidasi SIM, sejalan dengan tren di industri,” kata Buldansyah kepada Bisnis pada Kamis (4/9/2025). 

    Buldansyah menegaskan strategi utama perusahaan adalah menjaga pertumbuhan kinerja melalui peningkatan pendapatan rata-rata per pelanggan (Average Revenue per User/ARPU). Perusahaan meningkatkan ARPU lewat peningkatan kualitas layanan sekaligus memperluas jangkauan jaringan. 

    “Melalui upaya tersebut, masyarakat di lebih banyak wilayah dapat merasakan manfaat konektivitas yang andal,” katanya.

    Buldansyah menambahkan, penguatan strategi juga dilakukan melalui penerapan teknologi hyper personalization untuk memberikan layanan yang lebih relevan sesuai kebutuhan pelanggan.

    “Langkah ini diperkuat dengan implementasi hyper personalization, dengan begitu layanan menjadi lebih personal dan relevan guna meningkatkan pengalaman yang mengesankan bagi seluruh pelanggan,” katanya.

    Meski basis pelanggan menurun, trafik data Indosat tercatat meningkat 3,6% secara tahunan pada semester I/2025. Untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi data, Indosat terus memperluas infrastruktur jaringan dengan meningkatkan jumlah BTS 4G menjadi 203.000 unit.

    Adapun ARPU seluler Indosat pada semester I/2025 tercatat sebesar Rp38,900, naik 2,5% atau Rp1.000 lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

  • Galaxy Tab S11 Series Resmi Rilis, Tablet Flagship Samsung Spek Gahar

    Galaxy Tab S11 Series Resmi Rilis, Tablet Flagship Samsung Spek Gahar

    Jakarta

    Samsung resmi meluncurkan lini tablet flagship terbarunya Galaxy Tab S11 Series pada acara Galaxy Event yang digelar secara online pada 4 September 2025, sehari sebelum IFA 2025 di Berlin. Seri ini menghadirkan dua model sekaligus: Galaxy Tab S11 dan Galaxy Tab S11 Ultra.

    Tablet terbaru ini membawa desain premium, layar AMOLED besar, performa kencang, hingga fitur AI canggih yang disiapkan untuk menantang dominasi iPad di pasar tablet premium.

    “Galaxy Tab S11 Series menggabungkan layar besar, S Pen, dan Galaxy AI terbaru ke dalam tablet tercanggih kami. Tablet ini hadir dalam dua ukuran, salah satunya Galaxy Tab S11 Ultra menjadi tablet tertipis kami dengan ketebalan 5,1 mm dan berat 692 gram,” ujar Nelson Allen, Product Marketing Samsung saat peluncuran secara online.

    Spesifikasi Galaxy Tab S11 Series

    Galaxy Tab S11 Series mengusung material Armour Aluminium yang kokoh namun ringan, lengkap dengan sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu. Khusus Galaxy Tab S11 Ultra hadir dengan bodi ultra-tipis 5,1 mm dan bezel 5,2 mm, memaksimalkan area layar tanpa mengurangi portabilitas.

    Kedua model menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X dengan kecerahan hingga 1.600 nits, memastikan visual jernih di segala kondisi pencahayaan.

    Galaxy Tab S11 memakai layar ukuran 11 inch beresolusi 2560 x 1600 piksel dengan refresh rate 120Hz.Galaxy Tab S11 Ultra hadir lebih jumbo dengan 14,6 inch resolusi WQXGA+ (2960 x 1848 piksel), refresh rate 120Hz, dan dukungan HDR.Samsung Galaxyu Tab S11 Series Tahan Air Foto: X.com

    Samsung membenamkan chipset MediaTek Dimensity 9400+ pada Galaxy Tab S11 Series. Chip ini diklaim peningkatan performa signifikan: 33% pada NPU, 24% pada CPU, dan 27% pada GPU dibandingkan pendahulunya. Sehingga mulus untuk multitasking, gaming berat, dan aplikasi berbasis AI.

    Galaxy Tab S11: RAM 12GB, penyimpanan 128GB-512GB.Galaxy Tab S11 Ultra: RAM hingga 16GB, penyimpanan hingga 1TB.

    Untuk kebutuhan fotografi dan video conference, Galaxy Tab S11 Ultra dilengkapi dengan dual kamera belakang (13 MP utama + 8 MP ultrawide) dan kamera depan 12 MP, memastikan kualitas gambar yang tajam untuk panggilan video atau perekaman. Galaxy Tab S11 memiliki konfigurasi kamera serupa, hanya saja di bagian belakang hanya dibekali satu kamera saja.

    Samsung Galaxyu Tab S11 Series Foto: X.com

    Seri ini juga dijejali fitur kecerdasan buatan (AI) dalam ekosistem Galaxy AI, termasuk Circle to Search, Solve Math, Handwriting Help, Object Eraser, Best Face, dan Auto Trim. Fitur-fitur ini meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna, seperti membantu menyelesaikan soal matematika, mengedit foto secara otomatis, hingga mengoptimalkan tulisan tangan.

    Galaxy Tab S11 Ultra dibekali baterai berkapasitas 11.200 mAh dengan dukungan fast charging 45W, memungkinkan pengisian daya cepat untuk penggunaan seharian. Galaxy Tab S11 memiliki baterai 8.000 mAh dengan pengisian cepat 45W.

    Dari sisi konektivitas, seri ini mendukung 5G, WiFi 6, dan Bluetooth 5.3, serta fitur seperti dual speaker, sensor fingerprint di layar, dan dual-SIM pada varian tertentu. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 16 dengan antarmuka One UI 8, yang menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan personal.

    S Pen Galaxy Tab S11 Ultra Foto: Screenshot detikINET

    Samsung menyertakan S Pen baru dengan desain heksagonal dan ujung kerucut menawarkan kontrol lebih presisi dan kenyamanan ergonomis. Fitur seperti Quick Tools dan Sticky Note mempermudah pencatatan ide secara instan.

    Sementara itu, Samsung DeX yang ditingkatkan memperkenalkan Extended Mode, memungkinkan penggunaan dual-screen dengan monitor eksternal untuk multitasking yang lebih fleksibel.

    Samsung Galaxyu Tab S11 Series Foto: X.com

    Pengguna juga dapat membuat hingga empat workspace yang disesuaikan untuk kebutuhan kerja, kreativitas, atau perencanaan pribadi.Dengan Book Cover Keyboard Slim yang dilengkapi Galaxy AI Key, Galaxy Tab S11 Series bertransformasi menjadi workstation mobile yang ideal untuk presentasi, pengeditan dokumen, atau bekerja saat bepergian.

    Galaxy Tab S11 Series mendukung aplikasi pihak ketiga seperti Goodnotes, Clip Studio Paint, LumaFusion, dan Notion, dengan penawaran eksklusif seperti uji coba gratis dan diskon langganan. Aplikasi lain seperti Noteshelf 3, ArcSite, Sketchbook, dan Picsart juga tersedia untuk mendukung kebutuhan kreatif dan produktif pengguna.

    Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S11 Foto: SamsungHarga dan Ketersediaan

    Galaxy Tab S11 Series mulai dijual 4 September di jumlah negara. Tablet ini di AS dijual seharga:

    Galaxy Tab S11 mulai USD 799 atau Rp 13,1 juta
    Galaxy Tab S11 Ultra mulai USD 1.099 atau Rp 18 juta

    (afr/afr)

  • Malaysia Sahkan UU Perlindungan Ojol, Indonesia Harusnya Bisa Tiru!

    Malaysia Sahkan UU Perlindungan Ojol, Indonesia Harusnya Bisa Tiru!

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia melalui Dewan Rakyat telah meresmikan Undang-undang (UU) Pekerja Gig yang memberikan perlindungan hukum kepada mitra perusahaan seperti driver ojol dan kurir. Lantas, kapan Indonesia mampu dan mau mengikuti jejak tersebut?

    Ketua Umum asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menegaskan, keputusan Pemerintah Malaysia menerbitkan UU Pekerja Gig membuktikan kepedulian mereka terhadap pekerja lepas seperti ojol. Menurutnya, untuk hal ini, mereka lebih unggul dari Indonesia.

    “Artinya pihak pemerintah Malaysia lebih peduli terhadap perlindungan ojol ketimbang pemerintah Indonesia yang kami nilai lambat dan tidak responsif terhadap aspirasi atau keinginan driver ojol,” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Kamis (4/9).

    Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia Igun Wicaksono Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom

    Berbeda dengan Malaysia, driver ojol di Indonesia telah melakukan aksi berjilid-jilid untuk mendapat kepastian hukum dari pemerintah. Namun, hingga sekarang, tuntutan tersebut belum benar-benar dikabulkan.

    Sebenarnya, penyelenggaraan bisnis transportasi online di Indonesia merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 117 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek sebagaimana telah diubah dengan Permenhub Nomor 16 Tahun 2019.

    Kemudian, Permenhub Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus sebagaimana telah diubah dengan Permenhub No. 17 Tahun 2019; dan Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

    Meski begitu, landasan hukum transportasi online yang hanya diatur melalui Permenhub dianggap kurang memiliki kekuatan hukum, karena angkutan orang dan barang secara konvensional diatur melalui peraturan yang lebih tinggi, yakni UU LLAJ dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

    Itulah mengapa, Igun meminta pemerintah Indonesia mau meniru atau mencontoh langkah Malaysia. Hal tersebut untuk membuktikan kepedulian mereka terhadap ‘pasukan hijau’ di Tanah Air.

    “Kebijakan itu sepatutnya dicontoh Indonesia. Pertanyaannya, perusahaan Indonesia lebih pro terhadap perusahaan aplikasi atau lebih pro kepada rakyat Indonesia sebagai pengemudi ojol?” ungkapnya.

    Kurir Grab di Malaysia. Foto: Doc. The Star

    Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia, Datuk Anwar Ibrahim mengumumkan pengesahan UU Gig yang memberikan perlindungan hukum terhadap driver ojol, kurir dan pekerja lepas lain.

    “Ini adalah kemenangan bagi pekerja lepas, sejalan dengan semangat kemerdekaan yang kita rayakan, membebaskan mereka dari tekanan dan memenuhi tuntutan mereka, yang telah kami janjikan untuk penuhi,” kata Anwar dalam keterangannya.

    “Meski proses legislasinya rumit dan menghadapi berbagai keberatan, saya bersyukur bahwa aspirasi para pekerja lepas, termasuk pengemudi online, pengantar makanan, dan mereka yang bekerja menggunakan platform digital tak hanya didengar, tapi juga ditindaklanjuti,” tambahnya.

    Dengan diterbitkannya aturan tersebut, pekerja lepas atau mitra perusahaan seperti ojol dan kurir mendapat perlindungan hukum. Bahkan, menurut CNN Indonesia, mereka mendapat sejumlah benefit atau manfaat yang sebelumnya tak pernah mereka terima.

    Benefit yang Diterima Ojol-Kurir Malaysia

    Penghasilan lebih jelas

    Dalam undang-undang itu, semua platform dan perusahaan yang melibatkan pekerja lepas termasuk Grab dan Foodpedia harus menyediakan kontrak secara jelas, merinci standar minimum pembayaran hingga pengaturan kerja.

    Dilarang ubah tarif

    Untuk mengekang praktik tak adil, UU tersebut melarang perubahan tarif sepihak, penonaktifan akun secara sewenang-wenang dan pembatasan pekerjaan multi platform.

    Asuransi hingga aturan PHK jelas

    Menurut UU itu pula, perusahaan yang melibatkan pekerja lepas seperti mereka harus memberi asuransi dan memiliki prosedur terkait pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Bentuk pengadilan pekerja gig

    Tak cuma itu, UU tersebut juga membentuk Pengadilan Pekerja Gig yang berwenang menyelesaikan perselisihan dan memerintahkan penyelesaian seperti pemulihan jabatan, kompensasi, atau pembayaran upah yang belum dibayar.

    Pengemudi ojol bisa ditangguhkan secara sepihak oleh platform jika dianggap melanggar aturan.

    “Untuk pertama kalinya, pekerja akan memiliki hak untuk didengar sebelum adanya penangguhan,” kata Steven Sim Chee Keong selaku Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia.

    “Jika terbukti tidak bersalah, mereka akan diberi kompensasi setengah dari pendapatan harian rata-rata mereka, sebuah perlindungan yang sebelumnya tidak tersedia,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Bocoran Tanggal Peluncuran Xiaomi 16

    Bocoran Tanggal Peluncuran Xiaomi 16

    Jakarta

    Tahun 2024 lalu Xiaomi 15 dirilis pada Oktober bersama Xiaomi 15 Pro, dan berdasarkan bocoran terbaru, tanggal peluncuran Xiaomi 16 akan lebih cepat.

    Berdasarkan postingan dari Digital Chat Station, seri Xiaomi 16 akan dirilis pada akhir September 2025, diperkirakan antara 24-26 September, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (3/9/2025).

    Tanggal peluncuran ini berkaitan dengan peluncuran prosesor flagship Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen Elite 2 pada 23 September mendatang. Kabarnya, ponsel jagoan Xiaomi ini akan jadi ponsel pertama yang memakai Snapdragon 8 Elite 2.

    Berdasarkan rumor yang sebelumnya beredar, akan ada tiga varian Xiaomi 16. Yaitu Xiaomi 16, 16 Pro Mini, dan 16 Pro Max. Sementara varian Ultra mungkin baru akan dirilis pada tahun 2026.

    Xiaomi 16 dan 16 Pro Mini disebut akan memiliki layar OLED berukuran 6,3 inch. Layar itu memiliki permukaan yang datar dan bezel ultra-tipis di keempat sisinya. Sementara 16 Pro Max mungkin akan punya layar 6,8 inch.

    Semua seri Xiaomi 16 akan memakai Snapdragon 8 series. Perbedaannya ada pada kapasitas baterai, di mana Xiaomi 16 baterainya 6.800 mAh sementara 16 Pro Mini 6.300 mAh. Ponsel ini juga akan mendukung charging 100W.

    Rumor lainnya tentang Xiaomi 16 mengklaim ponsel ini akan memiliki tiga kamera belakang 50 MP, termasuk kamera periskop telephoto. Walaupun kapasitas baterainya besar, ponsel ini akan memiliki desain yang tipis dan ringan.

    Lalu dari bocoran gambar render yang beredar, terlihat Xiaomi 16 menjadi penyempurnaan dari Xiaomi 15.

    Xiaomi 16 terlihat memiliki modul kamera belakang berbentuk persegi yang ditempatkan di sudut kiri atas. Modul kamera itu diisi tiga lensa dan dihiasi logo Leica. Flash LED-nya ada di sebelah kanan modul kamera.

    Menariknya, punggung Xiaomi 16 terlihat menggunakan desain dual-tone. Bagian punggung dan keempat sisinya terlihat flat alias datar dengan tepian yang sedikit membulat.

    Di sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan power, dan bagian bawah ponsel diisi port USB-C, speaker, dan baki kartu SIM. Sama seperti ponsel flagship Xiaomi sebelumnya, Xiaomi 16 kembali menggunakan layar datar dengan punch-hole untuk kamera depan.

    (asj/asj)

  • Apple Bakal Rilis iPhone Lipat, Target Penjualan Naik hingga 25 Juta Unit 2027

    Apple Bakal Rilis iPhone Lipat, Target Penjualan Naik hingga 25 Juta Unit 2027

    Bisnis.com, JAKARTA — Apple dikabarkan siap merilis iPhone lipat (iPhone Fold) pertama pada akhir 2026. Rumor tersebut makin kuat setelah laporan terbaru dari analis menunjukkan optimisme tinggi dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

    Dilansir dari GSMArena, Rabu (3/9/2025) Apple menaikkan proyeksi pengiriman iPhone Fold menjadi 8 juta –10 juta unit pada 2026, naik dari perkiraan sebelumnya di kisaran 6 juta – 8 juta unit. Jumlah tersebut kemudian diperkirakan melonjak drastis menjadi 20–25 juta unit pada 2027.

    Tidak hanya iPhone Fold, Apple juga dikabarkan tengah menyiapkan iPad lipat yang dijadwalkan meluncur pada 2028. Namun, perangkat ini diprediksi akan lebih terbatas peminatnya. Proyeksi pengiriman hanya berkisar 0,5–1 juta unit di tahun peluncuran, mencerminkan posisinya sebagai produk khusus bagi segmen tertentu.

    Selain lini perangkat lipat, Apple juga disebut menyiapkan headset baru bernama Vision Air, yang direncanakan hadir pada 2027. Produk ini digadang-gadang sebagai jawaban atas keluhan utama pengguna Vision Pro, yaitu berat dan harga yang mahal.

    Vision Air diperkirakan akan 40% lebih ringan dan dijual dengan harga kurang dari setengah Vision Pro. Target pengirimannya diproyeksikan mencapai 1 juta unit di tahun pertama — jauh lebih tinggi dibanding Vision Pro yang sejak peluncurannya hanya terjual sekitar 400.000 unit.

    Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seluruh lini iPhone 17 khusus pasar Uni Eropa, membuat eSIM menjadi satu-satunya opsi konektivitas seluler.

    Sumber anonim yang familiar dengan persoalan ini menyebut Apple telah meminta seluruh karyawan reseller resmi di Eropa mengikuti pelatihan aktivasi eSIM yang wajib rampung sebelum 5 September, atau hanya empat hari sebelum event peluncuran global digelar.

    Materi pelatihan tersebut bahkan tercantum di aplikasi resmi internal Apple yakni SEED, yang selama ini digunakan sebagai standar pelatihan di Apple Store maupun reseller resmi di berbagai negara.

    Langkah ini menandai perluasan strategi yang sebelumnya sudah diterapkan Apple di Amerika Serikat sejak era iPhone 14, di mana semua model sudah tidak lagi memiliki slot SIM fisik dan sepenuhnya mengandalkan eSIM.

    Jika rumor ini benar, Eropa bakal menjadi kawasan kedua yang turut menerima perubahan signifikan pada perangkat iPhone setelah Amerika Serikat, dan dimungkinkan akan disusul oleh pasar global lain, meski beberapa pasar besar seperti China—yang masih menuntut dukungan dual SIM fisik—kemungkinan tetap mendapat pengecualian.

  • Bikin Undang-Undang Ojol Dkk, Anwar Ibrahim: Profesi Kalian Dihargai!

    Bikin Undang-Undang Ojol Dkk, Anwar Ibrahim: Profesi Kalian Dihargai!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Parlemen Malaysia resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pekerja Gig 2025 yang akan melindungi kesejahteraan lebih dari 1,2 juta pekerja gig atau pekerja lepas, termasuk pengemudi ojek online (ojol), kurir hingga konten kreator.

    UU ini secara resmi mengakui pekerja gig sebagai kategori tenaga kerja tersendiri, bukan karyawan tetap maupun kontraktor independen.

    Dengan aturan baru, semua perusahaan dan platform seperti Grab dan Foodpanda wajib menyediakan kontrak tertulis yang memuat standar minimum, termasuk skema pembayaran, jam kerja, asuransi, serta prosedur pemutusan kerja.

    Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyatakan RUU Pekerja Gig adalah hadiah untuk semua orang yang bekerja di sektor tersebut.

    “RUU ini memberikan definisi yang jelas soal profesi kalian, termasuk pengakuan, jaringan sosial yang kuat, dan masa depan yang jelas,” katanya. “Saya pastikan setiap keringat dan usaha pekerja gig dihargai.”

    Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, Steven Sim Chee Keong, mengatakan aturan ini menutup celah perlindungan hukum yang sudah lama dirasakan pekerja gig.

    “Selama ini, 1,2 juta pekerja gig di Malaysia bekerja setiap hari tanpa perlindungan memadai, seakan-akan kontribusi mereka pada ekonomi tidak layak diakui. RUU ini mengakhiri ketidakadilan tersebut,” ujar Sim di hadapan Parlemen, dikutip dari Malay Mail, Selasa (2/9/2025).

    Menurut data Organisasi Jaminan Sosial (Socso), hingga 2025 terdapat 133.481 pekerja di sektor p-hailing dan 189.450 di sektor e-hailing yang tercatat dalam Undang-Undang Jaminan Sosial Pekerja Mandiri 2017. Secara keseluruhan, pekerja gig dan pekerja mandiri diperkirakan mencapai 1,2 juta orang.

    Aturan ini juga melarang praktik tidak adil seperti perubahan tarif sepihak, penonaktifan akun tanpa alasan jelas, serta pembatasan bekerja di lebih dari satu platform. Untuk menyelesaikan sengketa, pemerintah membentuk Tribunal Pekerja Gig yang berwenang memutus kasus dan memberikan kompensasi, termasuk pembayaran upah tertunggak hingga pemulihan hak pekerja.

    “Untuk pertama kalinya, pekerja akan punya hak untuk didengar sebelum diberlakukan penangguhan. Jika terbukti tidak bersalah, mereka akan mendapat kompensasi setengah dari pendapatan harian rata-rata,” jelas Sim.

    Inisiatif ini berawal pada Maret 2024, saat Kementerian Sumber Daya Manusia menerima mandat dari Anwar untuk merancang kerangka perlindungan bagi pekerja gig.

    Bekerja sama dengan Universiti Malaya, kementerian menyusun model kebijakan dan melakukan konsultasi luas, yang melibatkan kementerian di tingkat federal, pemerintah negara bagian Sabah dan Sarawak, serta hampir 40 sesi diskusi di seluruh negeri dengan sekitar 4.000 pemangku kepentingan, mulai dari pekerja gig dan perusahaan platform hingga serikat buruh, akademisi, dan organisasi non-pemerintah.

    Draf tersebut bahkan dipresentasikan pada Komite Teknis ILO tentang Pekerjaan Layak di Ekonomi Platform di Jenewa, untuk memastikan kesesuaiannya dengan standar internasional.

    “RUU ini bukan produk imajinasi di menara gading. Aturan ini lahir dari suara dan aspirasi rakyat, khususnya para pelaku ekonomi gig,” pungkasnya.

    Kepada seluruh anak muda yang berkecimpung dalam industri gig (penghantar makanan, pemandu e-hailing dan seluruh keluarga pekerja gig), Rang Undang-Undang Pekerja Gig yang telah diluluskan Parlimen baru-baru ini adalah hadiah untuk kalian.

    RUU tersebut memberi takrifan yang lebih jelas kepada profesyen kalian, termasuk pengiktirafan, jaringan sosial yang kukuh serta masa depan yang jelas.

    Ada juga yang curiga, selain mendakwa Kerajaan lambat dalam hal ini. Hakikatnya, kita cermat dan berhati-hati kerana RUU ini mengesankan hidup jutaan rakyat. Justeru, bersempena bulan kemerdekaan ini, saya tegaskan bahawa setiap keringat dan usaha pekerja gig adalah bermaruah, dan kalian punyai sumbangan yang besar pada pengukuhan ekonomi rakyat dan negara.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Motor Listrik Maka Cavalry Bisa Disewa untuk Ojol, Biaya Rp 70 Ribu/Hari

    Motor Listrik Maka Cavalry Bisa Disewa untuk Ojol, Biaya Rp 70 Ribu/Hari

    Jakarta

    Sejak beberapa bulan terakhir, motor listrik Maka Cavalry mulai banyak dipakai armada ojek online (ojol) di Indonesia. Karuan saja, selain pengalaman berkendara dan jarak tempuh, kendaraan tersebut menjadi pilihan karena ditawarkan juga melalui skema sewa.

    Raditya Wibowo selaku CEO & Founder Maka Motors mengatakan, meski termasuk produk baru, namun motor listriknya sudah mendapat kepercayaan konsumen, termasuk dari kalangan ojek online.

    “Meski Maka Cavalry tergolong pendatang baru, penggunaan motor ini sudah meluas ke berbagai segmen dan jadi andalan bagi banyak orang-mulai dari masyarakat umum, perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, sampai pengemudi ojek online,” ujar Raditya melalui rilis resmi yang diterima detikOto, Selasa (2/9).

    “Adopsi yang luas ini memperlihatkan bahwa motor listrik buatan Indonesia ini berhasil memenuhi kebutuhan pasar yang paling mendasar, seperti jarak tempuh, performa, ketangguhan, dan kenyamanan,” tambahnya.

    Maka Cavalry dipakai ojol. Foto: Doc. Maka Motors

    Maka Motors menghadirkan program kepemilikan motor listrik dengan skema yang dirancang khusus untuk ojol. Dengan biaya sewa Rp 70 ribu/hari, pengemudi bisa memiliki Maka Cavalry serta menikmati beragam keuntungan, seperti fasilitas fast charging gratis, perawatan rutin gratis selama tiga tahun, layanan darurat 24 jam selama satu tahun dan perlindungan asuransi.

    Pengemudi ojol yang mau melakukan pendaftaran, cukup melengkapi dokumen yang diperlukan seperti KTP dan SIM C aktif, serta mengikuti proses verifikasi.

    Sebagai catatan, Maka Cavalry merupakan motor listrik yang dirancang akomodatif. Kendaraan tersebut menggunakan baterai yang dalam kondisi penuh bisa menempuh jarak 160 km. Sementara kapasitas bagasinya mencapai 20 liter. Menariknya lagi, motor listrik itu punya kecepatan maksimum hingga 105 km/jam.

    Sejak diluncurkan pertengahan Januari lalu, Cavalry terus menyedot perhatian publik dan mendapatkan respons positif dari pasar. Meski pendatang baru, Cavalry sukses menarik perhatian konsumen dengan jargon uniknya: ‘motor listrik paling enak’.

    Kepopuleran Maka Cavalry menunjukkan penerimaan yang baik dari pasar. Bukan hanya masyarakat umum, tunggangan tersebut juga banyak dipakai driver ojol di Indonesia. Pilihan itu semakin memperkuat posisi Cavalry sebagai motor listrik tangguh dan mampu menjawab kebutuhan konsumen.

    (sfn/rgr)

  • iPhone 17 Dirumorkan Tanpa Slot SIM Fisik, Apple Bakal Transisi eSIM Total?

    iPhone 17 Dirumorkan Tanpa Slot SIM Fisik, Apple Bakal Transisi eSIM Total?

    Bisnis.com, JAKARTA — Menjelang peluncuran iPhone 17 pada 9 September 2025, sejumlah rumor kencang berhembus. Salah satunya Apple diduga akan menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seluruh lini iPhone 17 khusus pasar Uni Eropa, membuat eSIM menjadi satu-satunya opsi konektivitas seluler.

    Dilansir dari GSMArena, Selasa (2/9/2025) sumber anonim yang familiar dengan persoalan ini menyebut Apple telah meminta seluruh karyawan reseller resmi di Eropa mengikuti pelatihan aktivasi eSIM yang wajib rampung sebelum 5 September, atau hanya empat hari sebelum event peluncuran global digelar.

    Materi pelatihan tersebut bahkan tercantum di aplikasi resmi internal Apple yakni SEED, yang selama ini digunakan sebagai standar pelatihan di Apple Store maupun reseller resmi di berbagai negara.

    Langkah ini menandai perluasan strategi yang sebelumnya sudah diterapkan Apple di Amerika Serikat sejak era iPhone 14, di mana semua model sudah tidak lagi memiliki slot SIM fisik dan sepenuhnya mengandalkan eSIM.

    Jika rumor ini benar, Eropa bakal menjadi kawasan kedua yang turut menerima perubahan signifikan pada perangkat iPhone setelah Amerika Serikat, dan dimungkinkan akan disusul oleh pasar global lain, meski beberapa pasar besar seperti China—yang masih menuntut dukungan dual SIM fisik—kemungkinan tetap mendapat pengecualian.

    Khusus varian iPhone 17 Air yang digadang-gadang tampil super tipis, rumor hilangnya slot SIM fisik memang makin kuat muncul, mengingat keterbatasan ruang desain pada bodinya yang sangat ramping. Namun kini, potensi absennya slot SIM diprediksi bakal berlaku untuk seluruh lini iPhone 17.

    Langkah ini membuat konsumen wajib memastikan operator seluler mereka sudah mendukung layanan eSIM demi kemudahan aktivasi dan migrasi ke perangkat baru. Sementara itu, Apple dan reseller siap memberikan panduan penuh terkait proses aktivasi eSIM sebagai pengganti kartu SIM konvensional.

    Taktik berani Apple ini diprediksi mempercepat revolusi layanan seluler digital di era smartphone modern, sekaligus menandai berakhirnya era kartu SIM fisik yang selama puluhan tahun menjadi standar industri ponsel.

  • Sederet Benefit yang Didapat Ojol Malaysia Usai UU Pekerja Gig Disahkan

    Sederet Benefit yang Didapat Ojol Malaysia Usai UU Pekerja Gig Disahkan

    Kuala Lumpur

    Perdana Menteri Malaysia, Datuk Anwar Ibrahim mengumumkan, Undang-Undang (UU) Pekerja Gig telah disahkan Dewan Rakyat. Aturan tersebut akan memberikan perlindungan hukum kepada ojek online (ojol), taksi online (taksol), kurir dan pekerja lepas lain.

    Melalui akun media sosial resminya, Anwar Ibrahim menegaskan, UU Pekerja Gig tak hanya menandakan kesediaan pemerintah mendengarkan rakyat, melainkan juga komitmen pemerintah mengimplementasikan solusi atas permasalahan yang dikeluhkan pekerja lepas.

    “Ini adalah kemenangan bagi pekerja lepas, sejalan dengan semangat kemerdekaan yang kita rayakan, membebaskan mereka dari tekanan dan memenuhi tuntutan mereka, yang telah kami janjikan untuk penuhi,” ujar Anwar dalam keterangannya, dikutip Selasa (2/9).

    “Meski proses legislasinya rumit dan menghadapi berbagai keberatan, saya bersyukur bahwa aspirasi para pekerja lepas, termasuk pengemudi online, pengantar makanan, dan mereka yang bekerja menggunakan platform digital tak hanya didengar, tapi juga ditindaklanjuti,” tambahnya.

    PM Malaysia Anwar Ibrahim. Foto: AFP/DAVID GRAY

    Dengan diterbitkannya aturan tersebut, pekerja lepas atau mitra perusahaan seperti ojol dan kurir mendapat perlindungan hukum. Bahkan, menurut CNN Indonesia, mereka mendapat sejumlah benefit atau manfaat yang sebelumnya tak pernah mereka terima.

    Benefit yang Diterima Ojol-Kurir Malaysia

    Penghasilan lebih jelas

    Dalam undang-undang itu, semua platform dan perusahaan yang melibatkan pekerja lepas termasuk Grab dan Foodpedia harus menyediakan kontrak secara jelas, merinci standar minimum pembayaran hingga pengaturan kerja.

    Dilarang ubah tarif

    Untuk mengekang praktik tak adil, UU tersebut melarang perubahan tarif sepihak, penonaktifan akun secara sewenang-wenang dan pembatasan pekerjaan multi platform.

    Asuransi hingga aturan PHK jelas

    Menurut UU itu pula, perusahaan yang melibatkan pekerja lepas seperti mereka harus memberi asuransi dan memiliki prosedur terkait pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Bentuk pengadilan pekerja Gig

    Tak cuma itu, UU tersebut juga membentuk Pengadilan Pekerja Gig yang berwenang menyelesaikan perselisihan dan memerintahkan penyelesaian seperti pemulihan jabatan, kompensasi, atau pembayaran upah yang belum dibayar.

    Pengemudi ojol bisa ditangguhkan secara sepihak oleh platform jika dianggap melanggar aturan.

    “Untuk pertama kalinya, pekerja akan memiliki hak untuk didengar sebelum adanya penangguhan,” ujar Steven Sim Chee Keong selaku Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia.

    “Jika terbukti tidak bersalah, mereka akan diberi kompensasi setengah dari pendapatan harian rata-rata mereka , sebuah perlindungan yang sebelumnya tidak tersedia,” kata dia menambahkan.

    (sfn/rgr)