Produk: SIM

  • Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series Bundling Halo+, Ini Keuntungannya

    Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series Bundling Halo+, Ini Keuntungannya

    Jakarta

    Setelah periode pre-order yang disambut antusias oleh pelanggan, Telkomsel kini menawarkan produk terbaru Apple termasuk iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max. Pelanggan dapat melakukan pemesanan untuk model iPhone terbaru mulai 17 Oktober 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengungkapkan promo paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan secara resmi Telkomsel hadirkan mulai hari ini.

    “Kami harap seluruh pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan promo istimewa ini. Telkomsel berharap kehadiran paket bundling ini dapat menjadi solusi bagi seluruh pelanggan yang ingin memaksimalkan penggunaan iPhone terbaru mereka dengan dukungan jaringan Telkomsel,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/10/2025).

    Paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan hadir dengan ragam keuntungan, yakni:

    Buy 12 Get 24. Cukup membayar 12 bulan bisa mendapatkan langganan 24 bulan.

    Penawaran dari Halo+ dengan harga spesial Rp1.332.000 (termasuk pajak) dari harga normal Rp2.109.000.

    Paket data 58 GB dan data eSIM 10 GB tiap bulan.

    Kuota telpon 80 menit dan 80 SMS tiap bulan, yang dapat digunakan ke semua operator.

    1 Extra Benefit tanpa biaya tambahan untuk menikmati langganan layanan digital Disney+ Hotstar, Google Play Pass, Vidio, Capsyl, TREND, Noice, WeTV, Langit Musik Premium, atau Fita melalui tsel.id/halolifestyle.

    Pelanggan dapat membeli di ragam channel pembelian, seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store , Blibli.com, Digimap, Digiplus, Erafone, Hello Store, dan iBox dengan cara:

    Channel pembelian offline:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian mitra offline pilihan Anda.

    Kunjungi mitra offline dan beli iPhone 17 pilihan Anda.

    Beli promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Channel pembelian online:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian di “Blibli.com”.

    Pilih iPhone 17 pilihan dan pilih promo Telkomsel yang ada pada link produk.

    Pilih promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran di Blibli.com, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Untuk menambah keuntungan, pelanggan yang melakukan pembelian di mitra penjualan seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Erafone, Hello Store, dan iBox dapat menukarkan Telkomsel Poin untuk mendapatkan tambahan potongan harga hingga Rp2.000.000.

    Selain itu, tambahan benefit khusus bagi pelanggan yang melakukan pembelian di GraPARI Kota Kasablanka Jakarta dan GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta (selama persediaan masih ada).

    Semua rangkaian iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max telah didukung layanan eSIM Telkomsel yang memungkinkan akses ke jaringan 4G dan 5G tanpa kartu SIM fisik.

    Selain itu, kecanggihan lineup iPhone 17 juga semakin optimal dengan dukungan jaringan broadband 5G tercepat dan terluas milik Telkomsel yang memiliki lebih dari 3.000 BTS 5G Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia.

    Untuk informasi lengkap mengenai harga dan ketersediaan, silakan kunjungi tsel.id/iPhone17.

    (anl/ega)

  • Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series dengan Paket Bundling Halo+

    Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series dengan Paket Bundling Halo+

    Bisnis.com, JAKARTA – Setelah periode pre-order yang disambut antusias oleh pelanggan, Telkomsel kini menawarkan produk terbaru Apple termasuk iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max. Pelanggan dapat melakukan pemesanan untuk model iPhone terbaru mulai 17 Oktober 2025. Untuk informasi lengkap mengenai harga dan ketersediaan, silakan kunjungi tsel.id/iPhone17.

    Paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan hadir dengan ragam keuntungan, yakni:

    Buy 12 Get 24. Cukup membayar 12 bulan bisa mendapatkan langganan 24 bulan.
    Penawaran dari Halo+ dengan harga spesial Rp1.332.000 (termasuk pajak) dari harga normal Rp2.109.000.
    Paket data 58 GB dan data eSIM 10 GB tiap bulan.
    Kuota telpon 80 menit dan 80 SMS tiap bulan, yang dapat digunakan ke semua operator.
    1 Extra Benefit tanpa biaya tambahan untuk menikmati langganan layanan digital Disney+ Hotstar, Google Play Pass, Vidio, Capsyl, TREND, Noice, WeTV, Langit Musik Premium, atau Fita melalui tsel.id/halolifestyle.

    Pelanggan dapat membeli di ragam channel pembelian, seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Blibli.com, Digimap, Digiplus, Erafone, Hello Store, dan iBox dengan cara:

    Channel pembelian offline:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian mitra offline pilihan Anda.
    Kunjungi mitra offline dan beli iPhone 17 pilihan Anda.
    Beli promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Channel pembelian online:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian di “Blibli.com”.
    Pilih iPhone 17 pilihan dan pilih promo Telkomsel yang ada pada link produk.
    Pilih promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.
    Selesaikan pembayaran di Blibli.com, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengungkapkan, “Promo paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan secara resmi Telkomsel hadirkan mulai hari ini. Kami harap seluruh pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan promo istimewa ini. Telkomsel berharap kehadiran paket bundling ini dapat menjadi solusi bagi seluruh pelanggan yang ingin memaksimalkan penggunaan iPhone terbaru mereka dengan dukungan jaringan Telkomsel.”

    Untuk menambah keuntungan, pelanggan yang melakukan pembelian di mitra penjualan seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Erafone, Hello Store, dan iBox dapat menukarkan Telkomsel Poin untuk mendapatkan tambahan potongan harga hingga Rp2.000.000. Selain itu, tambahan benefit khusus bagi pelanggan yang melakukan pembelian di GraPARI Kota Kasablanka Jakarta dan GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta (selama persediaan masih ada).

    Semua rangkaian iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max telah didukung layanan eSIM Telkomsel yang memungkinkan akses ke jaringan 4G dan 5G tanpa kartu SIM fisik. Selain itu, kecanggihan lineup iPhone 17 juga semakin optimal dengan dukungan jaringan broadband 5G tercepat dan terluas milik Telkomsel yang memiliki lebih dari 3.000 BTS 5G Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia.

  • Rekening Rp 16 Triliun Ludes Dirampok Maling Asal China, Ini Modusnya

    Rekening Rp 16 Triliun Ludes Dirampok Maling Asal China, Ini Modusnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Geng kriminal asal China dilaporkan telah mengumpulkan uang sebanyak US$1 miliar (Rp16,5 triliun) dalam 3 tahun. Uang itu didapatkan dari para korban yang terjerat penipuan lewat beragam modus.

    Di antaranya modus pesan teks yang memancing pengguna untuk menekan tautan berbahaya. Isinya bisa berupa tagihan denda palsu, yang berakibat ke pencurian identitas dan pembobolan akun keuangan. Hal ini diungkap Kementerian Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS).

    Sebagai bagian dari aksi penipuan, geng maling memanfaatkan perangkat yang mampu menyimpan banyak kartu SIM sekaligus (SIM farm) dan dioperasikan dari jarak jauh.

    Lokasinya di mana saja, mulai dari bengkel mobil hingga ruang kantor bersama, untuk mengirimkan ribuan pesan tipuan kepada warga AS untuk dibobol rekeningnya.

    “Satu orang di ruangan dengan jaringan SIM farm dapat mengirimkan pesan teks sebanyak yang dapat dikirimkan oleh 1.000 nomor telepon,” ujar Adam Parks, asisten agen khusus yang bertanggung jawab di divisi Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS, kepada The Wall Street Journal, dikutip dari Independent, Kamis (16/10/2025).

    Pesan palsu itu akan mengarahkan korban ke situs berbahaya yang memungkinkan penipu melacak penekanan tombol, password, dan informasi keuangan yang dimasukkan ke HP.

    Dari sana, kelompok kriminal memasang informasi yang dicuri ke dompet Google dan Apple di Asia, lalu menghubungkan dompet ini kembali ke telepon seluler para pekerja lepas di AS.

    Para pekerja ini menggunakan informasi palsu untuk membeli kartu hadiah (gift card), iPhone, dan barang berharga lainnya yang kemudian dikirim ke China, menurut para ahli.

    Petugas pemerintahan di seluruh AS, mulai dari Florida, Massachusetts, Texas, Colorado, California, Minnesota, dan Washington, D.C., telah memperingatkan masyarakat tentang modus penipuan ini. Biasanya diistilahkan sebagai ‘smishing’, menggabungkan ‘SMS’ dan ‘phishing’.

    “Masyarakat diminta mengabaikan pesan-pesan semacan ini dan segera melapor ke Komisi Perdagangan Federal (FTC),” kata Jaksa Agung Distrik Columbia, Brian Schwalb.

    “Kami tidak tahu siapa dalang ini,” ujar Jennifer Givner, juru bicara Otoritas Jalan Tol Negara Bagian New York, kepada NBC News pada Maret 2025, di tengah maraknya penipuan smishing yang berpura-pura pengguna berutang uang kepada sistem tol E-ZPass.

    “Kami hanya tahu penipuan ini terus terjadi dan terus berubah setiap beberapa hari,” ia menambahkan.

    Tahun lalu, hampir 6.000 laporan masuk ke FBI terkait penipuan berbasis teks yang terkait dengan tagihan tol.

    Para peneliti mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka melacak sekitar 330.000 penipuan dengan modus tagihan tol dalam sehari pada bulan lalu. Jumlah itu naik 3 kali lipat dari yang dihimpun pada Januari 2024.

    Skema penipuan ini sudah sangat mapan, sehingga kelompok kriminal menjual perangkat keras siap pakai di Telegram untuk menjalankan kejahatan siber ini.

    Pengguna HP diperingatkan untuk tidak menanggapi permintaan dari nomor yang tidak dikenal atau memasukkan detail pembayaran ke situs web pemerintah yang tidak resmi.

    Meskipun kejadian ini marak di Amerika Serikat (AS), namun pola penipuan yang sama bisa saja terjadi di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan terus waspada di internet!

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cara Migrasi SIM Fisik ke eSIM iPhone Air di Telkomsel, XL, dan Indosat

    Cara Migrasi SIM Fisik ke eSIM iPhone Air di Telkomsel, XL, dan Indosat

    Jakarta

    iPhone Air menjadi HP tertipis Apple dengan ketebalan hanya 6 mm, sekaligus menjadi seri pertama tanpa slot SIM fisik sama sekali yang dijual secara global. Sebagai gantinya, Apple sepenuhnya beralih ke eSIM, kartu digital yang tertanam langsung di perangkat.

    Bagi pengguna iPhone di Indonesia, kabar ini tak perlu dikhawatirkan. Tiga operator besar – Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison (IoH) – sudah mendukung layanan eSIM untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar. Proses migrasinya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa ganti nomor.

    Berikut panduan lengkap cara migrasi dari SIM fisik ke eSIM di masing-masing operator, agar siap saat iPhone Air resmi diluncurkan.

    Telkomsel

    Pelanggan bisa migrasi secara online melalui aplikasi MyTelkomsel atau situs resmi tanpa perlu ke GraPARI.

    Langkah-langkah migrasi:

    Buka link ini atau aplikasi MyTelkomsel.Masukkan nomor HP aktif.Verifikasi kode OTP yang dikirim via SMS.Lengkapi data diri (NIK dan nomor KK).Setelah konfirmasi, QR code eSIM akan dikirim via email.Kartu SIM fisik kamu akan otomatis dinonaktifkan saat proses migrasi ke eSIM dimulai. Estimasi waktu migrasi sekitar 2-3 menit.XLSmart

    XL Axiata juga sudah menyediakan layanan eSIM bagi pengguna prabayar dan pascabayar, termasuk pelanggan Smartfren.

    Klik link di siniPilih eSIMmasukkan nomor XL aktif.Lakukan verifikasi OTP.Isi data e-KTP dan KK untuk validasi.Pilih paket data (opsional) lalu lakukan pembayaran via e-wallet.Tunggu QR code dikirim ke email dalam 5-10 menit, kemudian scan di menu Tambahkan eSIM di iPhone.

    Jika lebih nyaman offline, pengguna bisa datang ke XL Center terdekat untuk proses langsung.

    Indosat Ooredoo Hutchison (IoH)

    Pelanggan IM3 dan Three juga bisa migrasi ke eSIM secara gratis lewat aplikasi myIM3 atau gerai resmi. Prosesnya mencakup verifikasi biometrik wajah atau sidik jari untuk keamanan data pengguna.

    Cara Aktivasi eSIM

    Berikut cara aktiviasi eSIM di iPhone Air

    Buka menu “Pengaturan” di iPhone.Pilih “Seluler”.Klik “Tambah eSIM”.Pilih “Gunakan Kode QR”.Pindai kode QR eSIM.Setelah terdeteksi, klik “Tambah/Lanjutkan”.Masukkan kode informasi eSIM.Jika nomor sudah terdaftar, klik “OK”.Selesai.

    (afr/afr)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Honda Jazz Tabrak Pohon dan Terbakar di Surabaya

    Pelajaran dari Kecelakaan Honda Jazz Tabrak Pohon dan Terbakar di Surabaya

    Jakarta

    Sebuah mobil Honda Jazz menabrak pohon dan terbakar di kawasan Manyar, Surabaya. Dua orang meninggal dunia dalam insiden nahas tersebut. Kecelakaan maut itu diduga disebabkan sopir dalam pengaruh alkohol saat mengemudi.

    “Diduga (pengemudi) dalam pengaruh alkohol,” kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Galih Bayu Raditya, dilansir detikJatim, Rabu (15/10/2025).

    Peristiwa kecelakaan ini terjadi pada Rabu (15/10/2025), sekitar pukul 04.00 WIB. Tepatnya di Jalan Manyar Kertoarjo 26 Surabaya.

    Hal senada disampaikan Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Surabaya Iptu Suryadi. Menurutnya, laka tunggal Honda Jazz dengan nopol L-1361-CBD yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB itu diduga karena pengaruh alkohol.

    “Penyebab kecelakaan faktor manusia, kurang konsentrasi karena pengaruh alkohol,” ujarnya.

    Suryadi menegaskan pihaknya tengah melakukan penyelidikan. Saat didalami, ia mendapati pengemudi juga tidak memiliki SIM.

    Berkendara perlu tingkat kewaspadaan dan konsentrasi tinggi. Sementara efek minuman keras sampai mabuk dapat menurunkan konsentrasi seseorang. Maka dari itu, hal tersebut sangat berbahaya jika dipaksakan berkendara dalam keadaan mabuk. Terlebih, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat besar karena tingkat konsentrasi yang mulai berkurang.

    Praktisi keselamatan berkendara Erreza Hardian menjelaskan bahwa ketika sedang berkendara dalam kondisi mabuk merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai impaired driving.

    “Impaired driving adalah kondisi mengemudi di bawah pengaruh alkohol (miras) bahkan obat-obatan, akan punya ciri penglihatan kurang, sulit konsentrasi serta refleks sangat buruk,” kata dia beberapa waktu lalu.

    Kecepatan reaksi motorik manusia juga menurun ketika dalam pengaruh minuman beralkohol. Lambatnya reaksi tentu akan menentukan apakah pengemudi siap menghindari bahaya yang ada di depannya. Belum lagi apabila kadar alkohol dalam tubuh sudah berlebihan dapat menimbulkan halusinasi.

    “Akibat minuman alkohol 13% reaksi terhambat,” lanjut Reza.

    (riar/rgr)

  • SIM Card Face Recognition, Akurasi 95% Cegah Penipuan Online

    SIM Card Face Recognition, Akurasi 95% Cegah Penipuan Online

    Jakarta

    Penggunaan teknologi biometrik berbasis pengenalan wajah (face recognition) disebut memiliki tingkat akurasi mencapai 95%. Hal itu diyakini dapat mengatasi persoalan penyalahgunaan data pribadi hingga penipuan online.

    Indosat Ooredoo Hutchison baru saja melakukan Live Biometric Demo bersama Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) untuk layanan prabayar dan proses registrasi mandiri eSIM di Gerai IM3 Jakarta.

    Indosat mengatakan bahwa pelanggan memungkinkan melakukan registrasi secara digital (self-register) dengan memindai wajah yang kemudian diverifikasi melalui sistem liveness detection dan face matching terhadap data Dukcapil. Dengan tingkat kecocokan minimal 95%, sistem ini mampu memastikan identitas pengguna secara akurat sekaligus menekan potensi penyalahgunaan data pribadi.

    Reski Damayanti, Chief Legal and Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan pentingnya keamanan pelanggan di era digital.

    “Bagi Indosat, keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah prioritas. Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk memastikan implementasi kebijakan biometrik berjalan optimal demi kepentingan pelanggan dan industri,” katanya dikutip dari siaran pers Kamis (16/10/2025).

    Sementara itu, Direktur Jenderal Ekosistem Digital Komdigi, Edwin Hidayat Abdullah, menegaskan bahwa pemerintah mendukung penuh langkah ini sebagai bagian dari penguatan ekosistem digital nasional.

    “Komdigi mendukung penuh langkah Indosat untuk menghadirkan kemudahan akses digital bagi masyarakat. Dengan sistem yang memenuhi standar keamanan internasional, kami optimis ekosistem telekomunikasi Indonesia semakin aman dan terpercaya,” ujar Edwin.

    Sistem biometrik yang digunakan Indosat telah mengacu pada standar keamanan internasional ISO 30107-3, mencakup proses validasi nomor pelanggan (MSISDN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), pengambilan self-photo, verifikasi keaslian wajah, hingga pencocokan otomatis dengan data Dukcapil.

    Adapun, sejak Agustus 2025, Indosat juga mengimplementasikan fitur Anti-Spam dan Anti-Scam berbasis AIvolusi5G, teknologi kecerdasan buatan yang bekerja real-time mendeteksi pesan dan panggilan berisiko.

    (agt/fyk)

  • Kronologi Remaja 16 Tahun di Jakut Bunuh Bocah SD 11 Tahun Lalu Mayatnya Dicabuli – Page 3

    Kronologi Remaja 16 Tahun di Jakut Bunuh Bocah SD 11 Tahun Lalu Mayatnya Dicabuli – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Seorang bocah perempuan berusia 11 tahun ditemukan tewas di rumah kawasan Kampung Sawah, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Korban tewas diduga akibat dibunuh oleh seorang remaja.

    Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Onkoseno mengatakan, pihaknya menangkap terduga pelaku di Bawah umur berusia 16 tahun. Pelaku ini adalah masih tetangga yang tinggal tak jauh dari rumah korban.

    Berdasarkan pemeriksaan polisi, pembunuhan berawal dari ajakan terduga pelaku untuk membelikan baju baru korban pada Senin, 13 Oktober 2025. Korban diajak ke rumah terduga pelaku dengan alasan mengambil SIM.

    Setelah masuk ke dalam rumah, dia langsung membekap dan melilit kabel ke tubuh korban hingga korban tidak bisa bernapas.

    “Jadi korban diimingi pelaku mau dibeliin baju. Terus pelaku ngajak korban ke rumah pelaku dulu untuk mengambil SIM. Setelah korban ikut, korban langsung dibekap dan dililit kabel sehingga sesak tidak bernapas,” kata Onkoseno kepada wartawan, Rabu (15/10).

    Saat korban tidak bernyawa, terduga pelaku mencabuli korban yang sudah tidak bernyawa. “Dia membunuh korban dulu baru baru melakukan (pencabulan),” ujarnya.

  • Satpas Colombo Surabaya Sediakan Layanan Fotokopi Gratis, Permudah Pemohon SIM

    Satpas Colombo Surabaya Sediakan Layanan Fotokopi Gratis, Permudah Pemohon SIM

    Surabaya (beritajatim.com) – Satpas Colombo Surabaya terus melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat, khususnya bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM). Terbaru, satuan pelayanan administrasi ini menyediakan fasilitas fotokopi gratis bagi pemohon yang lupa menduplikat berkas persyaratan.

    Kanit Regident Satlantas Polrestabes Surabaya, AKP Tri Arda Meidiansyah, menjelaskan bahwa inovasi kecil ini berawal dari pengamatan para petugas terhadap kebiasaan pemohon yang sering kali lupa melakukan fotokopi dokumen penting. Akibatnya, mereka harus keluar area Satpas untuk mencari jasa fotokopi di Jalan Raya Perak, dengan jarak yang cukup jauh.

    “Padahal kan kalau dilihat jaraknya juga lumayan dari Satpas ke jalan raya situ. Jadi kebanyakan para pemohon mengeluh,” kata Tri Arda kepada beritajatim.com, Rabu (15/10/2025).

    Berangkat dari keluhan itu, pihaknya berinisiatif menghadirkan layanan fotokopi gratis di area Satpas Colombo. Dengan adanya fasilitas tersebut, pemohon yang lupa menduplikat berkas kini tidak perlu repot keluar area pelayanan.

    “Kelihatannya sederhana hanya menyediakan mesin fotokopi. Namun, perbaikan layanan ini cukup efektif membantu para pemohon. Apalagi jika pemohon fotokopi di Satpas (Colombo) itu tidak dipungut biaya alias gratis,” jelasnya.

    Tri Arda mengakui bahwa pelayanan di Satpas Colombo masih terus disempurnakan. Namun, pihaknya berkomitmen untuk melakukan pembenahan berkelanjutan melalui edukasi kepada petugas, penerapan standar pelayanan, serta peningkatan fasilitas di lingkungan Satpas.

    “Kami terus ingin berbenah. Sehingga jangan ragu untuk menyampaikan kritik dan masukan untuk kami. Kami sebagai petugas kepolisian berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” pungkasnya.

    Sementara itu, Rahmat (18), salah satu pemohon SIM, mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas tersebut. Ia yang baru pertama kali mengurus SIM sempat lupa membawa salinan kartu identitas, tetapi tidak perlu keluar area Satpas untuk memperbanyak dokumen.

    “Terbantu banget sih (ada mesin fotokopi), jadi ga usah keluar lagi jauh ke Jalan Raya,” tutur Rahmat.

    Rahmat juga memuji keramahan para petugas Satpas Colombo yang dinilainya komunikatif dan informatif dalam melayani pemohon.

    “Ngasih taunya ke pemohon itu enak sekali petugasnya. Ramah juga. Tadi saya nanya-nanya juga dijawab dengan baik. Jadi saya ga bingung tahapan untuk membuat SIM,” terangnya. [ang/beq]

  • Badan Pengawas Data Bocor Belum Berdiri, Warga RI Rasakan Dampaknya

    Badan Pengawas Data Bocor Belum Berdiri, Warga RI Rasakan Dampaknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pembentukan Badan Pelindungan Data Pribadi yang diperintahkan undang-undang untuk melindungi warga RI sudah molor nyaris 1 tahun. Ironisnya, UU PDP justru beberapa kali digunakan untuk menyeret warga biasa dalam kasus pidana.

    Meskipun Indonesia sudah 4 tahun memiliki Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi, upaya mencegah dan menghukum peristiwa kebocoran data milik warga RI masih tersendat karena pemerintah belum juga melaksanakan perintah UU untuk membentuk badan pengawas.

    Seharusnya badan pengawas terbentuk 1 tahun setelah UU no. 27 tahun 2022 tentang PDP diterbitkan. UU PDP diundangkan pada 17 Oktober 2022. Oleh karena itu, badan pengawas seharusnya sudah berdiri sejak 17 Oktober 2024.

    Peneliti Lembaga Studi & Advokasi Masyarakat (ELSAM), Parasurama Pamungkas menjelaskan fungsi PDP untuk menghukum keteledoran lembaga dan perusahaan dalam mengelola data pribadi bergantung kepada badan pengawas.

    Karena badan pengawas tidak ada, UU PDP belum juga bisa digunakan untuk menjatuhkan sanksi administratif atau menggugat secara perdata.

    “Belum-belum, itu problemnya, jadi memang belum ada tuh exercise penggunaan undang-undang PDP untuk kasus-kasus kebocoran data pribadi dalam 3 tahun terakhir,” kata Parasurama kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/10/2025).

    Kasus hukum yang sudah menggunakan pidana dalam UU PDP cenderung pada kejahatan yang ringan. Namun, aparat menggunakan hukuman dengan pidana yang maksimal.

    “Ada, misalnya yang soal SIM card gitu ya, dia meminjam SIM card, mendaftarkan SIM card atas nama orang lain Kemudian ada juga yang dia jual-beli akun rekening, itu juga ada beberapa kayak gitu. Jadi sebenarnya kasus-kasusnya kecil gitu ya, tetapi ternyata aparat penegak hukum menggunakannya secara maksimal,” dia menuturkan.

    Di sisi lain, kasus kebocoran data besar belum ada yang menggunakan aturan ini termasuk yang melibatkan perusahaan besar hingga platform digital.

    Fakta ini, dia mengatakan sangat disayangkan. Karena tak ingin UU PDP pada akhirnya semacam UU ITE dengan batasan hukuman pidananya tidak begitu jelas.

    “Jadi akan baik ketika mekanisme-mekanisme administratif serta perdata yang diamanatkan di undang-undang PDP digunakan untuk menyelesaikan kasus kebocoran selama 3 tahun ini,” jelasnya.

    Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menyoroti perbedaan perlakuan dalam UU PDP antara perusahaan dan lembaga pemerintah. Institusi swasta diberikan hukuman yang cukup berat termasuk terkait finansial, sedangkan hukuman untuk sesama badan publik ringan.

    “Kalau yang swasta atau yang asing kan ada hukumannya gitu. Hukuman denda finansial atau berat,” kata Alfons kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/10/2025).

    Ini juga yang membuat banyak perusahaan swasta lebih berbenah dalam hal pelindungan data pribadi sebab mereka dibebankan sanksi yang berat jika melanggar.

    “Itu akan mengubah. Tapi akan lebih banyak mengubah swasta daripada pemerintah,” ujarnya.

    Dia mengatakan hal ini jadi kritik yang perlu diperhatikan. Jangan sampai pemerintah membuat aturan yang adil dan tidak memberatkan pihak lain.

    Salah satu sanksi yang diberikan termasuk sanksi administratif. Dalam Pasal 57 ayat (3) disebutkan bisa dibebankan paling tinggi 2% dari pendapatan tahunan atau penerimaan tahunan pada variabel pelanggaran.

    Pasal 70 juga mengatur pelanggaran pada korporasi berupa denda sebanyak 10 kali dari maksimal pidana denda. Selain itu, juga ada pidana tambahan seperti perampasan keuntungan, pembayaran ganti rugi, hingga mencabut izin dan membubarkannya.

    Aturan pidana dalam UU PDP

    Ada sejumlah pasal yang mengatur soal hukuman pidana hingga denda pada para pelanggar UU PDP. Berikut pasal yang mengatur hal tersebut:

    Pasal 67 ayat (1)

    Setiap Orang yang dengan sengaja dan melawan hukum memperoleh atau mengumpulkan Data Pribadi yang bukan miliknya dengan maksud untuk menguntungkandiri sendiri atau orang lain yang dapat mengakibatkan kerugian Subjek Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 65 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

    Pasal 67 ayat (2)

    Setiap Orang yang dengan sengaja dan melawan hukum mengunglapkan Data Pribadi yang bukan miliknya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 65 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun
    dan/atau pidana denda paling banyak Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).

    Pasal 67 ayat (3)

    Setiap Orang yang dengan senqaja dan melawan hukum menggunakan Data Pribadi yang bukan miliknya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 65 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun
    dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.00O.OOO.000,00 (lima miliar rupiah).

    Pasal 68

    Setiap Orang yang dengan sengaja membuat Data Pribadi palsu atau memalsukan Data Pribadi dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain yang dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 66 dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau pidana denda paling
    banyak Rp6.0OO.000.000,00 (enam miliar rupiah).

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • SIM Keliling ada di lima lokasi pada Rabu ini

    SIM Keliling ada di lima lokasi pada Rabu ini

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku SIM di Jakarta, Rabu.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka pukul 08.00-14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung
    Jakut : LTC Glodok
    Jaksel : Universitas Trilogi
    Jakbar : Lobby Selatan Mall Ciputra
    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa saat ke gerai SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku. Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) adalah Rp80.000 untuk perpanjangan.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.