Produk: SIM

  • Frekuensi 1,4 GHz Dirilis, Penetrasi Internet Meningkat

    Frekuensi 1,4 GHz Dirilis, Penetrasi Internet Meningkat

    Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki satu tahun pemerintahan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mencatatkan sejumlah capaian dalam mempercepat transformasi digital, termasuk meningkatkan penetrasi internet serta menghadirkan frekuensi baru.

    Salah satu capaian yang dipandang penting adalah keberhasilan membuka akses digital di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    Sejak 20 Oktober 2024 hingga akhir September 2025, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Komdigi telah merampungkan pembangunan 479 lokasi BTS 4G di 6 provinsi, yaitu Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

    Langkah ini disebut memastikan konektivitas digital menjangkau seluruh pelosok Tanah Air, memperkuat integrasi nasional, serta membuka peluang ekonomi dan pendidikan berbasis digital di kawasan timur Indonesia.

    Untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital nasional, Kemkomdigi meluncurkan program WiFi 6E/7 yang menjawab kebutuhan akan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi, efisien, dan stabil. Teknologi ini diharapkan mampu memperkuat daya saing industri serta mendukung pertumbuhan startup digital di berbagai sektor.

    Selain itu, pemerintah juga menggulirkan program internet murah dengan menyediakan layanan fixed broadband berkecepatan hingga 100 Mbps melalui pemanfaatan pita frekuensi 1,4 GHz untuk layanan Broadband Wireless Access (BWA).

    “Program ini memberikan manfaat langsung bagi masyarakat di daerah terpencil, khususnya dalam sektor pendidikan dan kesehatan,” tulis Kemkomdigi dalam unggahan Instagram resmi Kementerian, dikutip Bisnis, Senin (20/10/2025).

    Kemkomdigi juga mengaku mengambil langkah besar dalam menjaga keamanan ruang digital nasional melalui percepatan migrasi ke teknologi embedded SIM atau e-SIM.

    Integrasi sistem komunikasi ini dinilai menjadi kunci untuk melawan kebocoran data dan penyalahgunaan identitas digital yang semakin marak di era konektivitas tinggi. Pemerintah menilai implementasi e-SIM akan menjadi pondasi penting dalam memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital.

    Capaian strategis lain yang turut dipamerkan adalah pembangunan Pusat Data Nasional (PDN). Proyek ini merupakan langkah pemerintah dalam melakukan efisiensi pengelolaan data yang selama ini tersebar di berbagai instansi.

    Melalui PDN, pengelolaan data akan lebih terpusat, aman, dan efisien. Salah satu sasaran utama pembangunan PDN adalah memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) lebih transparan dan akuntabel dengan dukungan sistem digital yang terintegrasi.

    Di sisi lain, Indonesia juga menunjukkan keseriusan dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) melalui peluncuran Peta Jalan AI Nasional.

    Dokumen strategis ini menegaskan komitmen pemerintah untuk membangun ekosistem AI yang inklusif, etis, dan berpihak pada kesejahteraan rakyat. Terdapat 6 sektor prioritas dalam peta jalan tersebut, yakni kesehatan, pendidikan, pengembangan talenta digital, reformasi birokrasi, pengembangan kota cerdas, dan ketahanan pangan.

    Selain itu, kehadiran Indonesia Central Cloud Region oleh Microsoft dianggap menjadi penguat utama infrastruktur digital nasional. Investasi senilai Rp41 triliun ini menandai langkah besar Indonesia menuju pusat ekonomi digital di kawasan Asia Pasifik.

    Menurut pemerintah, pusat data komersial tersebut tidak hanya memperkuat kapasitas nasional dalam pengelolaan data dan komputasi awan, tetapi juga memperluas kemampuan Indonesia dalam bidang kecerdasan buatan dan transformasi digital lintas sektor.

    “Langkah-langkah konkret ini menjadi fondasi penting dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai kekuatan digital utama di Asia, sejalan dengan arah kebijakan pemerintahan Prabowo–Gibran yang menempatkan digitalisasi sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi dan pelayanan publik,” tulis Komdigi.

  • Nomor Telkomsel Hangus Bisa Aktif Lagi, Ini Caranya

    Nomor Telkomsel Hangus Bisa Aktif Lagi, Ini Caranya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nomor telepon yang hangus bisa terjadi saat kita sudah lama tak menggunakannya. Ini membuat nomor tidak bisa beraktivitas seperti biasa saja, seperti menerima panggilan, SMS, hingga berselancar internet.

    Nomor hingga dinyatakan hangus biasanya melewati sejumlah proses. Salah satunya masuk masa tenggang setelah masa aktif habis.

    Masa tenggang ini berlangsung 30 hari. Selama satu bulan tidak ada aktivitas membeli pulsa atau paket data, maka nomor akan hangus.

    Sebagai catatan, ada waktu 175 hari antara akhir masa tenggang hingga hangus berakhir. Jika ini sudah lewat maka nomor akan masuk masa daur ulang. Nomor dalam status ini juga masih bisa diaktifkan kembali.

    Jika Anda pengguna Telkomsel dan masih ingin menggunakan nomor ponsel itu, ada beberapa caranya. Pastikan telah menyiapkan dokumen penduduk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) yang didaftarkan saat aktivasi kartu dan SIM Card yang hangus.

    Simak caranya untuk mengembalikan nomor Telkomsel yang hangus berikut ini:

    Kode USSD

    1. Ketik *888*89# dari nomor Telkomsel yang sudah hangus
    2. Pilih menu Reaktivasi Kartu
    3. Klik Setuju
    4. Masukkan data nomor KTP dan KK
    5. Anda akan mendapatkan pesan SMS jika nomor yang hangus bisa kembali aktif atau tidak

    Media Sosial Telkomsel

    1. Cari akun customer service Telkomsel di Twitter atau Instagram
    2. Buka fitur Direct Message
    3. Ketik ‘Reaktivasi prepaid’ pada kolom DM
    4. Akan ada link untuk mengunggah sejumlah data, yakni foto KTP, nomor KK, dan foto SIM card fisik yang akan diaktifkan kembali
    5. Anda akan melakukan validasi data dengan melakukan video call

    Grapari

    1. Cari Grapari terdekat dari tempat Anda
    2. Silahkan menuju Grapari untuk mengaktifkan kartu yang hangus
    3. Mengaktifkan kembali kartu yang hangus harus dilakukan sendiri tanpa diwakilkan

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Vertu Agent Q Resmi Dirilis, ‘HP Sultan’ Berlapis Emas dan Kulit Buaya

    Vertu Agent Q Resmi Dirilis, ‘HP Sultan’ Berlapis Emas dan Kulit Buaya

    Jakarta

    Vertu, merek legendaris asal Inggris yang dikenal dengan perangkat mewah berbalut material premium, kembali menarik perhatian dunia lewat peluncuran Vertu Agent Q. Ponsel ini diresmikan di butik ikonik Harrods, London, menandai babak baru bagi Vertu dalam memadukan kemewahan klasik dan kecerdasan buatan modern.

    Vertu tidak main-main dalam urusan estetika. Agent Q diklaim “dibalut kulit buaya tanpa noda, dilengkapi ruang SIM bersayap elang, dan disempurnakan dengan engsel Swiss”. Ponsel ini dirakit dari 320 komponen buatan tangan, memiliki pelapisan emas tebal, bantalan keramik, dan struktur berbentuk U tanpa sambungan. Vertu bahkan menegaskan, “ini bukan desain, ini upacara.”

    Soal spesifikasi, Agent Q mengusung layar AMOLED 6,02 inch dengan resolusi 1080×2340 piksel dan refresh rate 120Hz. Dapur pacunya diperkuat chipset Snapdragon 8 Elite versi “Supreme”, varian dengan performa tertinggi di kelasnya. Perangkat ini didukung RAM 16GB serta penyimpanan internal 512GB atau 1TB, lengkap dengan baterai 5.565 mAh yang mendukung pengisian cepat 65W.

    Kamera Vertu Agent Q Foto: GSM Arena

    Vertu membenamkan tiga kamera belakang beresolusi tinggi: kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX906 dan aperture variabel f/1.59-4.0, kamera ultrawide 50 MP dengan sensor OmniVision OV50D berkemampuan super makro 2,5 cm dan bidang pandang 122 derajat, serta kamera telefoto 64 MP dengan zoom optik 2x dan OIS berbasis sensor OmniVision OV64B. Di bagian depan, terdapat kamera 32 MP untuk swafoto tajam berkualitas profesional.

    Salah satu fitur paling menarik adalah evolusi dari layanan eksklusif Vertu. Tombol khas Ruby Key kini menjelma menjadi Ruby Talk, asisten berbasis kecerdasan buatan yang terhubung ke jaringan AIGS – sistem yang diklaim berisi lebih dari 200 agen AI khusus yang siap menjalankan perintah pengguna.

    Vertu Agent Q Foto: GSM Arena

    Jika pengguna menginginkan sentuhan manusia, Vertu tetap menyediakan opsi concierge manusia 24/7 seperti layanan klasik mereka terdahulu.

    Selain desain dan AI, Vertu juga menyematkan chip enkripsi perangkat keras khusus untuk menjaga keamanan data, speaker stereo dengan DTS Ultra, serta bonus penyimpanan cloud 10 TB bagi setiap pembeli.

    Vertu Agent Q Foto: GSM Arena

    Harga resmi Vertu Agent Q belum diumumkan, namun perangkat ini hanya akan dijual eksklusif di Harrods, London – simbol “kembalinya Vertu ke rumah spiritual kemewahan Inggris”, sekaligus representasi perpaduan tradisi dan inovasi dalam satu perangkat ultra-premium

    (afr/afr)

  • Gen Z Ubah Cara Pakai Layanan Seluler

    Gen Z Ubah Cara Pakai Layanan Seluler

    Jakarta

    Generasi muda Indonesia kini mengubah cara orang berlangganan layanan seluler. Survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, jumlah pengguna internet nasional pada 2025 mencapai 229 juta jiwa, dan mayoritasnya berasal dari kalangan Gen Z dan Milenial. Bagi dua generasi ini, internet bukan lagi fasilitas tambahan, tapi kebutuhan utama seperti listrik atau air.

    Perubahan perilaku ini berpengaruh langsung pada cara mereka memilih layanan seluler. Gen Z yang terbiasa hidup serba digital mulai meninggalkan model konvensional yang mengharuskan datang ke gerai fisik. Mereka lebih nyaman dengan layanan prabayar digital yang bisa diatur mandiri dari smartphone, mulai dari pembelian SIM card hingga pembayaran paket data.

    Tren inilah yang dimanfaatkan Telkomsel lewat by.U, operator digital pertama di Indonesia yang sejak awal dirancang “by youth, for youth”. Diluncurkan pada Oktober 2019, by.U tumbuh pesat dan kini telah mengantongi lebih dari 10 juta pengguna aktif hingga kuartal ketiga 2025. Capaian ini mengukuhkan posisi by.U sebagai pemimpin di kategori seluler digital.

    Berbeda dengan operator konvensional, seluruh pengalaman berlangganan by.U dikemas serba digital. Pengguna bisa memilih nomor, membeli kartu SIM, mengatur paket internet hingga membayar semuanya lewat aplikasi. SIM card dikirim langsung ke rumah, tanpa perlu antre atau isi formulir. Skemanya mirip layanan streaming: fleksibel, personal dan bisa disesuaikan kebutuhan tanpa ribet.

    VP Brand & Marketing Communications Telkomsel, Emir G. Surya dalam keterangan yang diterima detikINET, menyebut keunggulan by.U lahir dari empat pilar utama yang dirancang sesuai karakter Gen Z: fleksibilitas, harga terjangkau, layanan yang simpel dan transparan, hiburan digital, serta jaringan Telkomsel yang luas. Paket internet bisa diatur sesuka hati–termasuk masa aktif di bawah 14 hari yang ramah kantong pelajar–tanpa syarat tersembunyi. Kuota berlaku 24 jam dan SIM card tetap aktif selama terkoneksi jaringan Telkomsel.

    “Dan pilar keempat adalah jaringan nomor 1 Telkomsel, dimana by.U mengandalkan jaringan terluas dan terdepan untuk memastikan Gen Z selalu terkoneksi kapan saja, di mana saja,” terang Emir.

    Di sisi hiburan, by.U menghadirkan fitur U-Tainment yang menyatukan musik, video, games, komik, komunitas, serta bonus kuota loyalitas dan merchandise lewat U-Store. Semua dirancang agar pengguna tetap terhubung dengan ekosistem digital favorit mereka.

    Pendekatan komunikasinya pun berbeda. Alih-alih iklan formal, by.U membangun kedekatan lewat bahasa ringan, meme culture, dan kolaborasi dengan komunitas lokal, kreator digital hingga tim e-sports. Kampanye seperti “Aneh Tapi Nyata” menampilkan fenomena khas dunia online yang relate dengan keseharian Gen Z, mulai dari livestream rebahan 24 jam hingga gendong teman di game online dengan sinyal kencang.

    Emir menjelaskan, strategi itu mencerminkan karakter Gen Z yang cenderung random tapi progresif. Mereka ingin kebebasan mengatur kuota, tapi juga butuh jaringan yang stabil dan mudah diakses kapan saja. Paket seperti “Super Kaget” 7 GB seharga Rp15 ribu untuk 14 hari jadi contoh bagaimana fleksibilitas dan keterjangkauan disatukan tanpa mengorbankan kualitas jaringan.

    Seiring bertambahnya pengguna, by.U kini bukan sekadar penyedia paket data. Layanan ini berkembang menjadi bagian dari gaya hidup digital anak muda. Integrasi dengan platform hiburan, e-wallet, program loyalitas pelajar, hingga fitur komunitas jadi strategi lanjutan untuk memperkuat posisi di pasar.

    Sebagai bagian dari Telkomsel, by.U disebut tengah bergerak menuju ekosistem “beyond connectivity”. Fokusnya bukan hanya internet cepat, tapi pengalaman digital yang lengkap: mulai dari musik, gaming, komunitas, hingga benefit eksklusif yang relevan dengan budaya digital muda Indonesia.

    Dengan jumlah pengguna Gen Z yang terus mendominasi lanskap digital nasional, operator digital seperti by.U diproyeksi akan memainkan peran besar dalam fase berikutnya transformasi seluler di Indonesia.

    (asj/asj)

  • Jadi Operasi Kriminal Bernilai Miliaran Dollar

    Jadi Operasi Kriminal Bernilai Miliaran Dollar

    Jakarta

    Apa yang dulu dianggap sekadar gangguan kini berubah menjadi operasi kriminal terorganisir bernilai besar. Pejabat AS dan penyelidik menyebut jaringan SMS penipuan–yang mengaku dari jasa tol, kurir, atau instansi pemerintah–telah menjadi mesin penghasil uang lebih dari USD 1 miliar dalam tiga tahun terakhir.

    Skema bermula dari pesan singkat palsu yang mengarahkan korban ke situs phishing tiruan. Di sana korban tanpa sadar memasukkan data kartu pembayaran dan kode otentikasi satu kali (OTP). Data ini lalu diolah oleh sindikat internasional: nomor kartu dimuat ke dompet digital di Asia, sehingga pelaku di lapangan bisa memakai kartu itu lewat fitur “tap-to-pay” seolah-olah kartu asli milik mereka. Metode ini memungkinkan penipuan melewati banyak pengamanan tradisional.

    Skala operasi mengejutkan. Perusahaan keamanan Proofpoint mencatat rekor satu hari dengan sekitar 330.000 pesan scam bertema tol pada bulan lalu, atau naik sekitar 3,5 kali lipat dibanding awal 2024. Lonjakan ini menandakan kapasitas pengiriman pesan yang telah dimultiplikasi secara industri, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (19/10/2025).

    Rahasia kapasitas massal itu ada pada “SIM farm”, atau rak-rak perangkat berisi ratusan SIM card yang dikendalikan untuk menyebarkan jutaan SMS secara cepat. Penyelidik menemukan puluhan lokasi semacam itu di kota-kota AS; operatornya mengandalkan pekerja sementara yang dibayar sedikit untuk “mengonversi” data curian menjadi barang atau gift card.

    Rantai criminal ini juga menunjukkan bagaimana barang hasil penipuan dipindahkan: pembelian barang di AS dengan kartu curian, lalu pengiriman ke luar negeri. Kasus ilustratif terjadi di Kentucky, dimana seorang terdakwa mengaku membeli puluhan gift card menggunakan ratusan nomor kartu curian yang dimuat ke dompet digital ponselnya.

    Para ahli menyebut ini masalah lintas-batas yang membutuhkan respons terkoordinasi: penguatan filter SMS, tindakan terhadap SIM farm, dan langkah antiphishing. Sementara itu, publik diimbau selalu curiga terhadap link tak dikenal, mengaktifkan notifikasi transaksi bank, dan tidak memasukkan data sensitif melalui tautan SMS–karena sekali bocor, konsekuensinya bisa panjang dan mahal.

    (asj/asj)

  • Kisah Nayla Bikin Prabowo Berkaca-Kaca, Jadi Inspirasi Sekolah Rakyat

    Kisah Nayla Bikin Prabowo Berkaca-Kaca, Jadi Inspirasi Sekolah Rakyat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Utusan Khusus Presiden Bidang Iklim dan Energi Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan keresahan Presiden Prabowo Subianto atas kesejahteraan dan pendidikan anak-anak yang mengalami kesulitan dalam hidupnya menjadi cikal bakal lahirnya program Sekolah Rakyat Rintisan. Hal itu diungkapkan Hashim saat menghadiri acara Indonesia Berdoa yang digelar FORMAS di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (18/10/2025).

    Hashim menceritakan dirinya dipanggil ke Istana Negara untuk berbincang dengan Prabowo. Dalam perbincangan tersebut, Prabowo menceritakan bagaimana dirinya merasa pilu mendapati seorang bernama Nayla yang ditinggal ayahnya dan hidup sangat sederhana di bersama ibu dan dua saudaranya di dalam gubuk.

    Hashim menceritakan bagaimana Prabowo kaget dan sedih dengan fakta tersebut, apalagi penghasilan ibunya yang tak seberapa.

    “So Prabowo bilang, ‘Sim, kalau bukan kita yang bantu mereka, siapa yang bantu mereka ya? Kita harus bantu mereka.’” kata Hasim menirukan Prabowo.

    Menurut Hashim, dari situ muncul program Sekolah Rakyat karena banyak Nayla-Nayla lain di Indonesia.

    “Kita berikan harapan bagi mereka. Itu yang Pak Prabowo waktu itu berkaca-kaca hampir nangis di depan saya,” ungkap Hashim.

    Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan segera meresmikan 165 Sekolah Rakyat Rintisan sebagai bagian dari program prioritas Presiden Prabowo Subianto.

    Melansir keterangan resmi, Wakil Menteri Sosial Agus Jabo Priyono menjelaskan Presiden Prabowo akan meresmikan Sekolah Rakyat rintisan dan meletakkan batu pertama Sekolah Rakyat di gedung permanen tahun ini.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • SIM Keliling ada di lima lokasi

    SIM Keliling ada di lima lokasi

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di lima lokasi di Jakarta pada Minggu.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini bukap pukul 08.00-12.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    1. Jalan Raden Inten, samping McDonalds Duren Sawit, Jakarta Timur

    2. Lobby utama LTC Glodok, Jakarta Barat

    3. Jalan Panjang, samping Indomaret Kebon Jeruk, Jakarta Barat

    4. Lobby selatan Mall Ciputra, Jakarta Barat

    5. Area parkir Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan.

    Pewarta: Ade irma Junida
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • by.U Lampaui 10 Juta Pengguna Aktif, Fokus Bidik Gen Z dan Milenial – Page 3

    by.U Lampaui 10 Juta Pengguna Aktif, Fokus Bidik Gen Z dan Milenial – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2025 diproyeksikan mencapai 229 juta jiwa. Berdasarkan survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), angka itu didominasi kalangan Gen Z (13–28 tahun) dan Milenial (29–44 tahun).

    Kedua generasi yang dikenal sebagai digital-native ini menjadikan internet sebagai kebutuhan primer dalam aktivitas harian mereka.

    Tren ini secara signifikan mendorong pergeseran perilaku dalam memilih layanan seluler, di mana generasi muda semakin mengutamakan layanan digital prabayar yang serba mandiri, mulai dari pembelian kartu SIM, pengaturan paket data, hingga pembayaran tanpa perlu mengunjungi gerai fisik.

    Peluang tersebut dimanfaatkan Telkomsel melalui operator digital by.U. Sejak diluncurkan pada Oktober 2019, pertumbuhan pelanggan tumbuh pesat dan diklaim menjadi pilihan utama pengguna muda.

    Hingga kuartal ketiga 2025, by.U kian mengukuhkan posisinya sebagai layanan seluler digital dengan melampaui 10 juta pengguna aktif.

    VP Brand & Marketing Communications Telkomsel, Emir G. Surya, menyebut keunggulan by.U didukung oleh empat pilar utama.

    Pertama, fleksibilitas penuh dan harga terjangkau. Pelanggan bebas membuat paket internet sendiri dengan variasi masa aktif, termasuk opsi di bawah 14 hari yang ramah kantong pelajar.

    “Pilar kedua, by.U menawarkan produk yang simple dan transparan. Semua syarat jelas di awal, kuota utuh berlaku 24 jam, tanpa biaya tersembunyi, dan SIM card aktif selamanya selama berada di jaringan Telkomsel,” Emir menjelaskan, Sabtu (18/10/2025).

    Pilar ketiga adalah hiburan tanpa batas melalui fitur U-Tainment, yang menghadirkan musik, video, games, komik, komunitas, plus bonus kuota loyalitas dan merchandise unik.

    “Dan pilar keempat adalah jaringan nomor 1 Telkomsel, memastikan Gen Z selalu terkoneksi kapan saja, di mana saja,” Emir menambahkan.

     

  • ​Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Hari Ini, Sabtu 18 Oktober

    ​Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Hari Ini, Sabtu 18 Oktober

    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menghadirkan layanan SIM Keliling untuk memudahkan masyarakat memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Sabtu, 15 Oktober 2025.

    Dikutip dari akun X TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, SIM Keliling di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat tidak ada pelayanan.
    Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Sabtu 18 Oktober

    Namun jangan khawatir layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya masih melayani di wilayah Kota Tangerang, Kota Bekasi hingga Depok. Berikut jadwal dan lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Hari Ini, Sabtu 18 Oktober.

    Kota Tangerang: Alun-Alun Cibodas & Apartemen Ayodya Tangerang: 08.00 S.D 12.00 WIB

    Serpong: Halaman Parkir Samsat 08.00 S.D 11.30, MB & ITC BSD 13.00 S.D 15.00 WIB

    Ciledug: Halaman Kantor Samsat & Komplek Rukan Fresh Market Green Lake City 09.00 S.D 12.00 WIB

    Ciputat: Halaman Parkir Samsat & Halaman Kel. Pondok Betung: 09.00 S.D 12.00 WIB

    Kelapa Dua: Halaman  G Town House: 08.00 S.D 12.00 WIB

    Kota Bekasi: Kantor Kecamatan Bekasi Barat: 09.00 S.D 11.00 WIB

    Depok: Halaman Parkir Samsat & Kantor Kelurahan Cipayung: 08.00 S.D 12.00 WIB

    Cinere: Halaman Kantor Kelurahan Pasir Putih: 08.00 S.D 11.30 WIB
     

     

    Dokumen yang harus dibawa
    Masyarakat yang ingin memperpanjang SIM wajib membawa dokumen berikut:

    Fotokopi KTP yang masih berlaku
    Fotokopi dan asli SIM lama
    Bukti cek kesehatan
    Bukti tes psikologi
    Penting dicatat, layanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan untuk SIM A dan SIM C yang masih berlaku.
    Layanan mobil SIM Keliling tidak bisa digunakan untuk memperpanjang SIM yang sudah habis masa berlaku. Pemilik SIM yang kadaluarsa wajib mengajukan permohonan SIM baru di Satpas atau lokasi yang telah ditentukan kepolisian.

    Biaya Perpanjangan SIM
    Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya perpanjangan SIM ditetapkan sebagai berikut:

    SIM A: Rp80.000
    SIM C: Rp75.000

    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menghadirkan layanan SIM Keliling untuk memudahkan masyarakat memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Sabtu, 15 Oktober 2025.
     
    Dikutip dari akun X TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, SIM Keliling di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat tidak ada pelayanan.
    Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Sabtu 18 Oktober

    Namun jangan khawatir layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya masih melayani di wilayah Kota Tangerang, Kota Bekasi hingga Depok. Berikut jadwal dan lokasi SIM Keliling Polda Metro Jaya Hari Ini, Sabtu 18 Oktober.
     
    Kota Tangerang: Alun-Alun Cibodas & Apartemen Ayodya Tangerang: 08.00 S.D 12.00 WIB

    Serpong: Halaman Parkir Samsat 08.00 S.D 11.30, MB & ITC BSD 13.00 S.D 15.00 WIB
     
    Ciledug: Halaman Kantor Samsat & Komplek Rukan Fresh Market Green Lake City 09.00 S.D 12.00 WIB
     
    Ciputat: Halaman Parkir Samsat & Halaman Kel. Pondok Betung: 09.00 S.D 12.00 WIB
     
    Kelapa Dua: Halaman  G Town House: 08.00 S.D 12.00 WIB
     
    Kota Bekasi: Kantor Kecamatan Bekasi Barat: 09.00 S.D 11.00 WIB
     
    Depok: Halaman Parkir Samsat & Kantor Kelurahan Cipayung: 08.00 S.D 12.00 WIB
     
    Cinere: Halaman Kantor Kelurahan Pasir Putih: 08.00 S.D 11.30 WIB
     

     

    Dokumen yang harus dibawa
    Masyarakat yang ingin memperpanjang SIM wajib membawa dokumen berikut:

    Fotokopi KTP yang masih berlaku
    Fotokopi dan asli SIM lama
    Bukti cek kesehatan
    Bukti tes psikologi
    Penting dicatat, layanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan untuk SIM A dan SIM C yang masih berlaku.
    Layanan mobil SIM Keliling tidak bisa digunakan untuk memperpanjang SIM yang sudah habis masa berlaku. Pemilik SIM yang kadaluarsa wajib mengajukan permohonan SIM baru di Satpas atau lokasi yang telah ditentukan kepolisian.

    Biaya Perpanjangan SIM
    Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya perpanjangan SIM ditetapkan sebagai berikut:
     
    SIM A: Rp80.000
    SIM C: Rp75.000

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Kekejian Remaja 16 Tahun Bunuh dan Perkosa Bocah 11 Tahun di Jakut

    Kekejian Remaja 16 Tahun Bunuh dan Perkosa Bocah 11 Tahun di Jakut

    Jakarta

    Penyidikan kasus remaja inisial MR (15) yang membunuh bocah berinisial VI (11) di Cilincing, Jakarta Utara, masih berlanjut. Fakta terbaru, mengungkapkan bahwa remaja tersebut sudah berniat membunuh korban.

    Dirangkum detikcom, Sabtu (18/10/2025), polisi mengungkapkan kekejian remaja MR ini diduga telah diniatkan sebelumnya. Hal ini lantaran MR kesal ditagih utang oleh ibu korban.

    Kasus pembunuhan dan pencabulan ini terjadi pada Senin, 13 Oktober 2025 pukul 18.30 WIB. Penganiayaan dilakukan pelaku di rumahnya kawasan Kampung Sawah, Semper Timur, Cilincing, Jakut.

    Kasus bermula saat pelaku mengiming-imingi ingin membelikan baju untuk korban. Korban diajak ke rumah pelaku lebih dulu dengan alasan ingin mengambil SIM.

    “Jadi korban tuh kan diajak ke rumah pelaku tuh mau dibelikan baju. Jadi korban diimingi pelaku mau dibeliin baju,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Onkoseno, Selasa (14/10).

    Setibanya di rumah, pelaku langsung membekap korban. Pelaku juga melilit leher korban menggunakan kabel hingga tidak bernapas.

    Pelaku kemudian melakukan tindakan asusila kepada korban yang sudah tidak bernyawa.

    Warga sekitar yang mengetahui kasus itu langsung menangkap pelaku. Warga sempat melampiaskan kemarahan dengan menghajar pelaku sebelum menyerahkan ke polisi.

    Pembunuhan Sudah Diniatkan

    Penyidikan polisi mengungkap fakta lain. Pelaku ternyata sudah punya niat membunuh korban.

    Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Onkoseno Gradiarso Sukahar mengatakan MR mengajak korban ke rumahnya dengan iming-iming akan dibelikan baju. Padahal itu hanya omongan belaka.

    “Yang jelas adalah apa yang dilakukan oleh pelaku ini ada niatan untuk membunuh korban,” kata Onkoseno, dilansir Antara, Jumat (17/10).

    Pada saat terjadi pembunuhan, korban sempat diikuti oleh teman-temannya ke rumah MR. Namun, MR saat itu menahan mereka agar tidak masuk ke dalam rumah.

    “Ini pelaku berupaya menahan saksi masuk rumah,” ujar Onkoseno.

    Motif Awal Pembunuhan

    Belum diketahui pasti apa motif MR membunuh dan memperkosa mayat korban. Sejauh pemeriksaan diketahui bahwa MR punya utang kepada ibu korban dan sering ditagih.

    Menurut pengakuannya, utang-piutang itu membuat ibu korban sering menjelekkan dan memalukan pelaku hingga akhirnya berniat membunuh korban.

    “Jadi, yang berutang ini adalah pelaku. Dia berhutang ke ibu korban untuk kebutuhan sehari-harinya. Berapa angka yang dipinjamnya, masih kita dalami,” ungkap Onkoseno.

    Halaman 2 dari 3

    (mea/mea)