Produk: SIM

  • Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Hari Ini 2 Januari 2025

    Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Hari Ini 2 Januari 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pelayanan SIM Surat Izin Mengemudi (SIM) diliburkan pada Rabu, 1 Januari 2025. Masyarakat yang hendak memperpanjang masa berlaku SIM bisa dilakukan hari ini Kamis, 2 Januari 2025. Perpanjangan SIM mati ini mudah dilakukan tanpa perlu membuat baru.

    “Hari Rabu tanggal 1 Januari 2025 pelayanan di Satps Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit gerai SIM DKI Jakarta dan Unit SIM keliling diliburkan. Dan unit pelayanan SIM dibuka kembali pada hari Kamis, 2 Januari 2025,” tulis akun TMC Polda Metro Jaya.

    SIM merupakan dokumen legal bagi pengendara baik sepeda motor dan mobil. Surat tersebut harus diperpanjang per lima tahun untuk memastikan kelayakan mengemudi seseorang.

    Setiap SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun setelah diterbitkan ini bukan lagi mengacu pada tanggal lahir pemohon.

    Sebagai contoh, apabila pengguna lahir 19 Maret dan membuat SIM pada 1 Januari 2024, maka masa berlakunya sampai 1 Januari 2029, bukan habis pada tanggal lahir, 19 Maret 2029.

    Ketentuan ini sudah berlaku sejak 7 Oktober 2019 berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012. Pada aturan itu masa berlaku SIM selama lima tahun terhitung sejak legalitas berkendara terbit.

    Syarat perpanjang SIM

    Ada sejumlah syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk memperpanjang SIM. Baiknya, dokumen ini dipersiapkan sebelum menjalani serangkaian proses pembuatan SIM. Berikut ini syaratnya:

    1. Usia minimal 17 tahun
    2. Pas foto
    3. KTP asli dan fotokopi KTP sebanyak 4 lembar
    4. Kesertaan BPJS Kesehatan/JKN

    Berikut cara memperpanjang SIM secara langsung di satpas SIM
    • Kunjungi Satpas, SIM Corner, atau SIM Keliling terdekat
    • Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan untuk perpanjang SIM dan pastikan tidak ada terlewat
    • Mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM
    • Lakukan pembayaran perpanjangan SIM sesuai dengan jenis SIM perpanjang
    • Lakukan proses perekaman sidik jari dan foto
    • Tunggu hingga petugas memberikan SIM. Bila blanko SIM kosong, petugas akan memberitahu tentang jadwal pengambilan kembali SIM.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Awal 2025, Polres Bangkalan Amankan 16 Motor Hasil Operasi Lilin Semeru

    Awal 2025, Polres Bangkalan Amankan 16 Motor Hasil Operasi Lilin Semeru

    Bangkalan (beritajatim.com) – Sebanyak 16 kendaraan bermotor diamankan oleh petugas Satlantas Polres Bangkalan, selama operasi lilin semeru 2024. Jumlah itu merupakan hasil dari operasi selama 13 hari.

    Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya melalui Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Diyon Fitrianto mengatakan, jumlah pelanggaran tersebut tergolong minim dibandingkan tahun 2023 lalu. Menurutnya hal itu didasari oleh kesadaran lalu lintas masyarakat yang mulai tumbuh. “Ketika jumlah pelanggarannya menurun artinya tingkat kesadaran keselamatan dalam berkendara mulai naik,” ujarnya, Rabu (1/1/2025).

    Tak hanya itu, sebanyak 16 motor itu berasal dari berbagai pelanggaran. Yakni mulai dari tidak mempunyai SIM, pengendara di bawah umur serta penggunaan knalpot brong. “Rata-rata menggunakan knalpot brong. Beberapa dari mereka menggunakan knalpot brong untuk tahun baru dan kami amankan,” imbuhnya.

    Ia mengaku, motor yang telah diamankan bisa diambil ke Mapolres Bangkalan. Pemilik motor bisa datang membawa surat dan kelengkapan kendaraan. Tak hanya itu, pemilik knalpot brong juga harus mengganti knalpotnya sesuai standart motor.

    “Pemilik bisa datang membawa surat-surat lengkap dan knalpot harus dikembalikan ke bentuk standart, bagi pelanggar di bawah umur pengambilannya harus bersama orang tuanya,” pungkasnya.[sar/kun]

  • Mutasi Polri Besar-besaran, 101 Kapolres Digeser Kapolri di Penghujung 2024, Ini Nama-namanya

    Mutasi Polri Besar-besaran, 101 Kapolres Digeser Kapolri di Penghujung 2024, Ini Nama-namanya

    loading…

    Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi 101 Kapolres di berbagai wilayah Indonesia di penghujung tahun 2024. Foto/Dok.SINDOnews

    JAKARTA – Sederet nama Kapolres di berbagai wilayah Indonesia masuk daftar mutasi Polri penghujung tahun 2024. Beberapa di antaranya dimutasi dalam rangka Dikbangti T.A. 2025.

    Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi terhadap 734 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri di akhir 2024 ini.

    Ketentuannya tercantum dalam empat surat telegram (ST), masing-masing bernomor ST/ 2778 /XII/KEP /2024, ST/2775/XII/KEP./2024, ST/ 2777/XII/KEP./2024, dan ST/ 2776 /XII/KEP./2024.

    Keempat surat telegram tersebut dikeluarkan pada tanggal 29 Desember 2024 dan ditandatangani oleh Irwasum Polri Komjen Pol. Dedi Prasetyo. Melihat daftarnya, ada sederet nama Kapolres yang masuk. Siapa saja?

    101 Kapolres Digeser Kapolri di Penghujung 2024
    1. Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Kapolresta Bogor Kota Polda Jabar diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri

    2. Kombes Pol Ade Rahmat Idnal, dikukuhkan menjadi Kapolres Metro Jakarta Selatan

    3. AKBP Suryadi S.I.K. M.H, Kapolres Rembang Polda Jateng diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirreskrimum Polda Jateng

    4. AKBP Dhanang Bagus Anggoro, Kapolres Magelang Kota Polda Jateng diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Rembang

    5. Kombes Pol Iwan Saktiadi, Kapolresta Surakarta Polda Jateng diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit Sim Ditregident Korlantas Polri

  • 5 HP Paling Ditunggu-tunggu di 2025, Cek Daftarnya

    5 HP Paling Ditunggu-tunggu di 2025, Cek Daftarnya

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun 2025 akan menjadi tahun yang menarik, salah satunya untuk pasar smartphone. Sebab ada banyak HP yang ditunggu-tunggu yang rencananya bakal dirilis tahun depan.

    Berbagai merek ternama seperti Samsung, Apple, dan lainnya sudah bersiap meluncurkan produk unggulan mereka dengan spesifikasi yang semakin canggih dan fitur yang inovatif.

    Beberapa diantaranya sudah muncul berbagai bocoran mengenai spesifikasi ponsel tersebut, salah satunya Samsung Galaxy S25 Ultra. Selain Samsung, juga ada pabrikan asal China, Xiaomi yang siap menggebrak pasa smartphone.

    Berikut ini CNBC Indonesia rangkum 5 HP paling ditunggu di 2025.

    Samsung Galaxy S25 Ultra

    Seri Ultra Samsung telah lama menjadi tolok ukur untuk ponsel Android kelas atas, dan Galaxy S25 Ultra sepertinya tidak akan menyimpang jauh dari formula ini.

    Galaxy S25 Ultra akan membangun kesuksesan pendahulunya, dengan fokus pada peningkatan fitur daripada desain ulang perangkat.

    S25 Ultra kemungkinan akan mempertahankan desain industrial berbentuk yang kotak yang khas. Tapi menurut bocoran desain kali ini dengan tepi yang lebih membulat. Bagian depannya akan menampilkan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci, mirip dengan model sebelumnya.

    Panel OLED diperkirakan akan mempertahankan resolusi 1440 x 3080 piksel, menawarkan ketajaman lebih dari 500ppi. Samsung juga kemungkinan akan terus menyempurnakan integrasi S Pen-nya, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi pengguna yang mementingkan produktivitas.

    Di bagian depan kamera, S25 Ultra diperkirakan akan meningkatkan lensa ultrawide ke sensor ISOCELL JN3 50MP yang baru. Tiga kamera lainnya kemungkinan tidak akan berubah, yang akan terdiri dari kamera utama 200MP, telefoto 10MP dengan 3x zoom, dan telefoto 50MP dengan 5x zoom.

    Tenaga S25 Ultra kemungkinan besar akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Elite, yang dibuat oleh TSMC dan secara resmi diumumkan pada Oktober 2024. Dua inti kinerja chipset mencapai clock speed hingga 4GHz.

    Vivo X200 Ultra

    Vivo seri X secara konsisten mengesankan dunia smartphohe yang mengutamakan keunggulan kamera. Nah untuk sri X kali ini,yaitu X200 Ultra, vivo dikabarkan akan menggunakan sensor utama 50MP.

    Merek asal China ini mengambil pendekatan serupa dengan X200 Pro, yang diluncurkan pada Oktober lalu. Vivo menukar sensor Sony IMX 989 1 inci dari X100 Pro dengan lensa 1/1.28 inci yang sedikit lebih kecil pada X200 Pro.

    Namun, perusahaan mengklaim bahwa sensor baru ini akan bekerja sebaik sensor sebelumnya, dan mungkin lebih baik dalam situasi tertentu.

    Dari sisi performa, X200 Ultra kemungkinan akan menggunakan Snapdragon 8 Elite. Diharapkan akan menampilkan layar beresolusi 2K dengan kecepatan refresh 120Hz. Perangkat ini juga diharapkan ahdir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung pengisian daya 100W dan pengisian daya nirkabel 50W.

    Oppo Find X8 Ultra

    Seri Find X dari Oppo selalu memadukan desain premium dengan kinerja yang kuat, dan Find X8 Ultra tampaknya akan melanjutkan warisan tersebut.

    Find X8 Ultra dikabarkan akan menampilkan layar lengkung micro-quad. Ponsel ini Kemungkinan akan menggunakan panel OLED BOE X2 LTPO 6,82 inci dengan resolusi 2K + dan kecepatan refresh 120Hz.

    Dari segi kamera, Find X8 Ultra diperkirakan akan mempertahankan sensor utama satu inci dan lensa telefoto periskop.

    Diharapkan juga kamera periskop 3x dan 6x untuk kemampuan zoom. Dan Oppo juga akan mengintegrasikan sensor multi-spektral Hasselblad untuk meningkatkan akurasi warna dan kinerja cahaya rendah.

    Find X8 Ultra diharapkan membawa peringkat IP68/69 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Dari segi keamanan, ponsel ini akan menampilkan sensor sidik jari ultrasonik satu titik, yang membuat pembukaan kunci lebih cepat dan lebih andal.

    Ditenagai oleh Snapdragon 8 Elite, Find X8 Ultra kemungkinan akan menawarkan RAM hingga 16GB dan penyimpanan 1TB pada model premiumnya.

    Xiaomi 15 Ultra

    Lagi-lagi dari pabrikan ponsel China. Kali ini ada Xiaomi 15 Ultra yang diperkirakan akan menampilkan panel AMOLED 6,73 inci dengan desain melengkung micro-quad.

    HP ini akan menawarkan resolusi 2K, kecepatan refresh 120Hz, dan sensor sidik jari dalam layar ultrasonik. Perangkat ini akan berjalan pada Android 15 berbasis HyperOS 2.

    Xiaomi 15 Ultra diharapkan membawa chip Snapdragon 8 Elite dan baterai 6.000 mAh dengan dukungan pengisian daya berkabel 100W dan nirkabel 50W. Xiaomi 15 Ultra diperkirakan akan hadir dengan RAM LPDDR5x hingga 16 GB dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB.

    Untuk selfie, perangkat ini diharapkan memiliki kamera depan 32 megapiksel. Pengaturan kamera belakang perangkat akan memiliki kamera utama Sony LYT-900 50 megapiksel dengan dukungan OIS, kamera ultra-wide snapper Samsung JN5 50 megapiksel, kamera telefoto Sony IMX858 50 megapiksel, dan kamera telefoto periskop 200 megapiksel Samsung HP9 dengan dukungan hingga 100x zoom hybrid berbasis AI.

    iPhone 17

    Terakhir, tak lain dan tak bukan adalah iPhone 17, seri iPhone terbaru dari Apple yang ditunggu setiap tahunya. Kali ini, Apple dilaporkan akan melakukan perombakan besar-besaran pada iPhone 17. Setidaknya ada beberapa fitur yang akan dihilangkan pada smartphone yang dirilis tahun depan itu.

    Menurut laporan Wayne Ma dari The Information, model Air akan memiliki ketebalan 5-6 mm. Artinya ponsel tersebut memiliki ketebalan yang sama seperti iPad Pro M4 dan jauh lebih tipis dari iPhone 16 dengan ketebalan 7,8 mm.

    Namun, ada beberapa fitur yang kabarnya terpaksa harus dihilangkan. Salah satunya terkait baterai, kemungkinan perusahaan asal Cupertino itu akan meluncurkan ponsel dengan baterai yang lebih kecil.

    Dari sisi kamera, Apple akan menanggalkan zoom optik. Desain iPhone 17 Air dilaporkan memiliki tonjolan kamera yang besar dan terpusat.

    Sementara itu, chip yang mendukung kinerja iPhone 17 Air dengan modem 5G tidak akan bekerja sebaik Qualcomm. Termasuk dari segi kecepatan dan tidak ada teknologi mmWave 5G.

    Hal lain adalah Apple akan menghilangkan slot kartu SIM. Bagi beberapa negara slot ini masih diperlukan untuk meletakkan kartu SIM.

    (fab/fab)

  • Agar Tak Ada Lagi Truk ‘Pencabut Nyawa’ di Jalan Raya

    Agar Tak Ada Lagi Truk ‘Pencabut Nyawa’ di Jalan Raya

    Jakarta

    Kecelakaan maut yang melibatkan truk masih sering terjadi di Indonesia. Bahkan, pengamat transportasi menilai angkutan barang itu menjadi ‘pencabut nyawa’ di jalan.

    Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, ada beberapa penyebab mengapa truk masih menjadi ‘pembunuh’ di jalan, Mulai dari kendaraan yang tak laik jalan, masih maraknya angkutan barang berdimensi dan bermuatan lebih (overdimension overload/ODOL), hingga sopir truk yang tidak kompeten.

    “Rekomendasi dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan sudah dilayangkan ke Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi. Kita tunggu kebijakan selanjutnya dari Menteri Perhubungan, supaya angka kecelakaan menurun. Juga selalu dinanti ketegasan Presiden Prabowo Subianto mengatasi angkutan barang berdimensi dan bermuatan lebih (overdimension overload/ODOL). Jika masih diabaikan, truk akan tetap menjadi pencabut nyawa di jalan. Bermobilitas di negeri yang tidak berkeselamatan akan menghambat cita-cita pemerintah mewujudkan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima detikOto.

    Untuk itu, menurut Djoko, beberapa langkah ini perlu diambil agar kendaraan angkutan barang ini tidak lagi menjadi pembunuh di jalan raya.

    Berantas Truk ODOL

    Menurut Djoko, armada truk menduduki peringkat kedua penyebab kecelakaan lalu lintas meski jumlah armada truk lebih sedikit ketimbang kendaraan roda empat. Pengawasan terhadap operasional angkutan barang dinilai belum maksimal.

    Menurut Djoko, sejak 2017 Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah mulai membenahi persoalan ODOL. Namun, upaya itu gagal karena penolakan Kementerian Perindustrian dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta tidak didukung Kementerian Perdagangan lantaran kekhawatiran pemerinah akan naiknya setelah ditakut-takuti oleh pihak penolak.

    “Namun tidak ada upaya dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Apindo untuk mengusulkan program membenahi masalah ODOL, selain menolak dan menakut-nakuti dengan isu inflasi,” katanya.

    “Saatnya pemerintah tidak bertindak secara reaktif saja, ketika ada masalah teriak-teriak, tetapi setelah lewat masalahnya lupa, dan nanti teriak lagi saat muncul masalah lagi. Saatnya pemerintah bertindak secara cerdas dan terencana. Kalau sudah bertindak cerdas dan terencana tapi kecelakaan lalu lintas masih tetap terjadi, baru kita bisa bilang itu nasib. Tetapi kalau kondisi pembiaran itu terjadi terus-menerus, tidak bisa dikatakan itu nasib dan tidak bisa pula kesalahannya dibebankan pada masyarakat. Pemerintah harus bertanggung jawab,” ujar Djoko.

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT kerap menemukan adanya operasional truk pada proyek pemerintah yang melebihi dimensi dan kapasitas. Kondisi ini ironis mengingat pemerintah gencar menertibkan kendaraan kelebihan muatan yang kerap menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas hingga kerusakan jalan.

    “Masih terdapat sejumlah proyek negara yang kedapatan menggunakan truk yang melebihi dimensi dan kapasitas (overdimension overload/ODOL),” sebut Djoko.

    Kompetensi Sopir Truk

    Menurut Djoko, faktor penyebab kecelakaan bus dan truk yang terkait dengan kecakapan pengemudi ternyata tidak tertangkap pada mekanisme pengambilan SIM B1/B2, serta mekanisme pelatihan defensive driving training (DDT) yang selama ini dijadikan persyaratan wajib oleh Kementerian Perhubungan untuk memberi izin.

    “Sebagai pengemudi tidak hanya cukup berbekal keahlian dalam berkendara, namun juga mendalami teori dan praktik dengan menitikberatkan pada keselamatan, maka akan menjadikan pengemudi lebih percaya diri. Waktu kerja, waktu istirahat, waktu libur, dan tempat istirahat pengemudi bus dan truk di Indonesia sangat buruk. Tidak ada regulasi yang melindungi mereka, sehingga performance mereka berisiko tinggi terhadap kelelahan dan bisa berujung pada microsleep,” ungkap Djoko.

    Menurut KNKT, sebanyak 84 persen penyebab kecelakaan terjadi akibat kegagalan sistem pengereman dan kelelahan pengemudi. Kegagalan sistem pengereman dapat disebabkan oleh kondisi pengemudi yang tidak siap dan tidak menguasai kendaraan, ataupun kondisi dari kendaraan itu sendiri.

    “Adapun penyebab kelelahan pengemudi adalah kurangnya waktu untuk beristirahat,” kata Djoko.

    Pengemudi bukan hanya harus memiliki kemampuan teknik mengendarai yang baik dan pengetahuan berlalu lintas yang baik. Pengemudi juga harus memiliki kepribadian dan kompetensi yang baik, meliputi skill, knowledge, dan attitude, sehingga dapat melayani dan menghargai penumpang dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan.

    Selama tahun 2024, pemetaan di lapangan dan diskusi dengan beberapa pihak berkepentingan sudah dilakukan Pusat Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan. Hasil pengamatan dan wawancara dengan pengemudi angkutan umum mendapatkan usia pengemudi rata-rata 40-55 tahun. Surat izin mengemudi (SIM) yang dimiliki pengemudi belum sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikannya, pengemudi memperoleh SIM tanpa melalui Pendidikan dan Pelatihan/Diklat (tanpa Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP).

    “Kurang sosialisasi bahwa pengemudi wajib kompetensi pengemudi melalui diklat dan uji kompetensi, sehingga tidak diperoleh pengemudi yang telah mengikuti uji kompetensi. Kurang pahamnya pengemudi terhadap pentingnya kompetensi pengemudi. Penghasilan pengemudi sebulan rata-rata Rp 1 juta sampai dengan Rp 4 juta, masih di bawah upah minimal di daerah,” ungkap Djoko.

    Selanjutnya, perusahaan angkutan umum kesulitan untuk mendapatkan pengemudi yang kompeten apalagi tersertifikasi, sehingga saat ini jumlah pengemudi angkutan umum mengalami penurunan dibanding dengan jumlah kendaraan yang beroperasi. Rekrutmen pengemudi belum didasarkan pada kompetensi pengemudi.

    Memastikan Truk Siap Beroperasi

    Ada enam langkah untuk memastikan kendaraan truk siap dioperasikan. Pertama, menyiapkan kendaraan dengan benar. Kendaraan di parkir di tempat yang sesuai dan memastikan roda terganjal. Menurunkan rem tangan dan memutar kunci kontak ke posisi “on”. Memastikan semua fungsi kendaraan berjalan normal (tidak ada lampu indikator yang menyala), tabung angin terisi penuh.

    Kedua, mengecek kebocoran pneumatic. Menginjak pedal rem selama kurang lebih dua menit. Tekanan angin tidak boleh turun lebih dari 0,5 bar. Jika tekanan angin lebih 0,5 bar, kampas rem mungkin bermasalah, maka segera menghubungi mekanik untuk pemeriksaan. Jika tekanan angin terus menurn, kemungkinan ada kebocoran. Maka matikan mesin, periksa desain di sekitar kendaraan, dan laporkan ke mekanik jika ditemukan kebocoran.

    Ketiga, memeriksa kondisi tabung angin. Menarik tuas atau cincin tabung angin. Jika keluar air atau oli, maka dihentikan operasi dan minta mekanik memeriksa filter air dryer atau kompresor.

    Keempat, memastikan rem berfungsi optimal. Menguji exhaust brake (skep/brake/rem angin) dan rem tangan untuk memastikan keudanya bekerja dengan baik.

    Kelima, mengecek sistem hidrolik. Memastkan tidak ada kebocoran minyak rem. Memeriksa persediaan minyak rem agar dalam kondisi cukup. K

    Keenam, pemeriksa ban. Memastikan tekanan angin dan kondisi fisik ban dalam keadaan baik.

    Kendalikan Kendaraan di Jalan turunan

    Sementara jika kendaraan melewati jalan menurun, KNKT telah memberikan prosedur. Pertama sebelum memasuki jalan menurun, pindahkan posisi transmisi ke gigi rendah. Kedua, ketika jalan mulai menurun aktifkan exhaust brake dan pertahankan exhaust brake tetap aktif (jangan matikan dan hidupkan berulang-ulang). Ketiga, jika jarum RPM masih naik dan menuju ke zona merah (zona bahaya), injak pedal rem secukupnya untuk mengembalikan posisi jarum RPM ke zona putih (torsi maksimal) dan lepaskan kembali pedal rem jika jarum RPM sudah berada di zona putih (aman).

    Keempat, hindari penggunaan rem pedal secara berulang-ulang atau pengereman panjang karena hal ini dapat menyebabkan rem tidak berfungsi (rem blong). Kelima, maksimalkan bidang pandang di luar kendaraan, sehingga mampu mengantisipasi keadaan lalu lintas di depan dan memiliki cukup waktu.

    (rgr/din)

  • Bikin SIM Baru Tanpa Calo, Kena Biaya Segini kalau Resmi

    Bikin SIM Baru Tanpa Calo, Kena Biaya Segini kalau Resmi

    8. TVS Callisto

    TVS Callisto 125 Foto: dok. TVS Motor Company Indonesia

    TVS juga punya produk lain yang irit, yaitu TVS Callisto dengan mesin 110 cc, 4 langkah SOHC 2 katup berpendingin udara, FI, yang menghasilkan tenaga hingga 7,5 dk/7.500 rpm, dengan torsi 8 Nm/5.500 rpm. Motor ini memiliki catatan konsumsi BBM 52,7 km/liter.

    9. Yamaha Jupiter Z1

    Yamaha Jupiter Z1 adalah salah satu motor bebek paling irit 2024. Motor ini dibekali mesin 113,7cc, 4-stroke, SOHC, 1 silinder berpendingin udara. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 10 dk/7750 RPM dengan torsi maksimal 9,8 Nm/6.750 rpm. Motor ini mencatatkan konsumsi BBM 53 km/liter.

    10. Yamaha Vega Force

    Yamaha Vega Force dilengkapi mesin 114 cc, 4 Langkah, SOHC, 1 silinder, berpendingin udara. Mesin ini menggunakan teknologi FI dan Euro 3, sehingga lebih irit.

    Teknologi Forged Piston membuat motor ini lebih bertenaga dan bandel. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 8,7 dk/ 7.000 rpm dengan torsi maksimal 9,53 Nm / 5.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya 55,6 km/liter.

    11. Honda Scoopy

    Honda Scoopy menggunakan mesin eSP generasi terbaru dan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 9 dk/7.500 rpm dengan torsi maksimal 9,3 Nm/5.500 rpm. Skutik bergaya retro ini terbilang irit dengan catatan konsumsi BBM 55,7 km/liter.

    12. Honda Supra X 125 FI

    Motor paling irit selanjutnya ada Honda Supra X 125 FI. Motor ini menggunakan mesin 4-Langkah, SOHC, silinder tunggal, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 10,1 dk/ 8.000 rpm dengan torsi maksimal 9,30 Nm/4.000 rpm. Konsumsi BBM-nya 57,2 km/liter.

    13. Honda BeAT

    Honda BeAT Foto: Dok. Wahana Honda

    Honda Beat terbaru mengusung mesin 4 Langkah, SOHC, eSP 110 cc, yang menghasilkan daya maksimal 9 dk/7.500 rpm dengan torsi maksimal 9.2 Nm/6000 rpm. Adapun kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 4,2 liter. Skutik ini sangat irit dengan konsumsi BBM 60,6 km/liter.

    14. Honda Revo

    Honda Revo 110 FI memiliki keunggulan hemat BBM, sehingga sering dipilih untuk pekerja dengan mobilitas tinggi. Mesin berteknologi (PGM-FI) ini menghasilkan tenaga 8,91 dk/7.500 rpm dengan torsi 8,76 Nm/6.000 rpm. Motor bebek ini mencatatkan konsumsi BBM 62,2 km/liter.

    15. Honda Super Cub C125

    Honda Super Cub C125 2024 Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    Yang terakhir ada Honda Super Cub C125 yang hadir untuk pecinta motor klasik. Desainnya yang jadul membuat kamu tampil beda. Meski jadul, motor ini dilengkapi fitur terbaru, seperti smart key system, panel digital, dan lampu LED. Konsumsi bahan bakar motor bebek bergaya klasik ini mencapai 67 km/liter.

    Dari segi performa, motor ini dilengkapi mesin 4-stroke SOHC 2-Valve PGM-FI. Transmisinya manual 4-speed. Mesin ini menghasilkan daya maksimal 9,8 dk/ 7.500 rpm dengan torsi maksimal 10,4 Nm/ 6.250 rpm.

    (dry/din)

  • Ini Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Motor dan Mobil Mulai 2025

    Ini Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Motor dan Mobil Mulai 2025

    Jakarta

    Pemerintah akan mewajibkan semua kendaraan memiliki asuransi. Adapun jenis asuransi yang harus dimiliki setiap kendaraan adalah asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga atau third party liability (TPL).

    Kewajiban asuransi TPL untuk kendaraan itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK). Dalam Undang-Undang PPSK pasal 39A disebutkan, Pemerintah dapat membentuk Program Asuransi Wajib sesuai dengan kebutuhan.

    Program Asuransi Wajib yang dimaksud di antaranya mencakup asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability) terkait kecelakaan lalu lintas, asuransi kebakaran, dan asuransi rumah tinggal terhadap risiko bencana.

    Penerapan wajib asuransi ini masih menunggu peraturan pemerintah. Berdasarkan undang-undang itu, ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Program Asuransi Wajib diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) setelah mendapatkan persetujuan dari DPR. Lebih lanjut pada Pasal 339 UU PPSK, peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini ditetapkan paling lama dua tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan pada 12 Januari 2023. Artinya, pada tahun 2025 peraturan pelaksanaan tentang kewajiban asuransi TPL untuk kendaraan ini diterbitkan.

    Dikutip dari situs resmi beberapa perusahaan asuransi, asuransi tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga atau Third Party Liability (TPL) adalah asuransi yang menanggung risiko tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga akibat kerugian yang disebabkan oleh tertanggung. Dalam Asuransi Tanggung Jawab Hukum, perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi sejumlah nilai tertentu jika tertanggung secara hukum wajib membayar kerugian finansial yang diderita oleh pihak ketiga akibat kelalaian tertanggung.

    Ada dua hal yang termasuk dalam manfaat asuransi TPL. Pertama, kematian atau cedera pihak ketiga. TPL mengganti kerugian atas kematian atau cedera yang dialami oleh pihak ketiga akibat kecelakaan. Pihak ketiga adalah siapa pun yang berada di kendaraan lain yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan kita. Misalnya, jika mobil kita bertabrakan dengan mobil lain yang membawa tiga penumpang, dan ketiganya mengalami cedera, biaya pengobatan mereka akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

    Kedua, kerusakan aset pihak ketiga. TPL juga mengganti kerusakan aset pihak ketiga, di luar aset milik kita sebagai pemegang polis. Perusahaan asuransi akan membayar biaya perbaikan sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis. Jadi, jika dalam kecelakaan terjadi kerusakan pada mobil pihak ketiga, biaya perbaikan mobil tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

    Sementara kerugian yang tidak termasuk dalam manfaat asuransi TPL antara lain kendaraan yang diasuransikan digunakan oleh orang tanpa Surat Izin Mengemudi yang sah saat kecelakaan; atau melanggar lalu lintas dan menyebabkan kecelakaan yang menimbulkan kerugian dan tuntutan hukum dari pihak ketiga; serta kejadian seperti terorisme, radiasi, ledakan nuklir, perang, atau pemberontakan juga dikecualikan dari manfaat TPL.

    (rgr/din)

  • Menilik Rolls Royce ‘Hantu’ di Kemensos yang Tidak Laku-laku

    Menilik Rolls Royce ‘Hantu’ di Kemensos yang Tidak Laku-laku

    Jakarta

    Rolls-Royce Ghost, atau yang memiliki arti hantu tidak laku-laku dilelang Kementerian Sosial. Kenapa ya, mobil mewah itu susah lakunya?

    Rolls-Royce ini sejatinya sudah menjadi simbol kemewahan bagi para pemilik kantong berkocek tebal. Sudah kencang, mobil ini juga dibekali fitur-fitur premium.

    Material joknya menggunakan finishing kulit yang dilengkapi lumbar support di bagian kursi pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga sudah menggunakan suspensi udara adaptif di keempat sudut, yang bertugas ‘menjinakkan’ roda dengan diameter pelek 19 inci berwarna silver.

    Bicara fitur, Rolls-Royce Ghost sudah dilengkapi sistem ABS, driveline traction control, navigation system, dan parking assist. Beberapa fitur lainnya meliputi front air conditioning, dual zone automatic, rear air conditioning with separate controls, SiriusXM AM/FM/HD/Satellite, seek-scan Radio, 1st row LCD monitor, keyfob (all doors) remote keyless entry, heated mirrors, dan windshield wipers – rain sensing.

    Urusuan jantung pacu, Rolls-Royce Ghost ini menggendong mesin 6.600 cc, V12, dikombinasi sistem transmisi otomatis 8 percepatan dan sistem penggerak roda belakang.

    Soal performa, mesin itu mampu menghasilkan tenaga puncak 562 dk di 5.250 rpm dan torsi 780 Nm pada 1.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, Rolls-Royce Ghost Series bisa berakselerasi dari 0-100 km hanya dalam 5 detik dan bisa meraih kecepatan maksimum hingga 250 km/jam.

    Hadiah dari maskapai penerbangan

    Dalam catatan detikOto, Batik Air yang berada di bawah naungan Lion Air Group mengundi hadiah utama berupa mobil mewah Rolls-Royce bagi pelanggan setia. Tapi, sayangnya si pemenang tak bisa dihubungi sehingga Batik Air menyerahkan hadiah Rolls-Royce ke Kementerian Sosial.

    Mobil Rolls-Royce ini merupakan grand prize dari program undian Batik Air yaitu ‘Pergi dengan Batik Air, Pulang Bawa Rolls-Royce’ yang berlangsung dari Agustus 2015 hingga Januari 2016 dengan hadiah bulanan 2 unit Honda Jazz dan 1 unit Mercedes-Benz.

    Menteri Sosial Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan sejatinya mobil tersebut diberikan kepada pemenang namun harus membayar sekitar 25 persen dari harga mobil.

    “Ada satu mobil Rolls-Royce di sini ya, belum ada yang membeli sekarang, mulai tahun berapa ini? Jadi ada undian, waktu itu harganya mobil Rolls-Royce, kemudian yang dapat itu harus bayar 25%. Mereka nggak mampu, maunya dijual aja,” kata Gus Ipul dalam sambutannya di acara peluncuran aplikasi SIM UGB-PUB di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat (27/12).

    Tidak laku-laku, mau dilelang lagi

    Gus Ipul mengatakan mobil mewah Rolls-Royce dari undian yang tak bertuan sudah dua kali dilelang. Namun, mobil itu tak kunjung laku.

    “Rolls-Royce ini sudah dua kali mengalami pelelangan, yang pertama adalah di Rp 6 miliar tetapi belum ada peminat, tahun 2020 kemarin sudah Rp 3,6 miliar, tetapi belum ada peminat dan ini akan segera dilakukan pelelangan kembali,” kata Gus Ipul kepada wartawan, Senin (30/12/2024) dikutip dari detikNews.

    (riar/din)

  • 10 Rekomendasi HP Flagship Android Tahun 2024

    10 Rekomendasi HP Flagship Android Tahun 2024

    Jakarta

    Tahun 2024 telah menghadirkan berbagai inovasi luar biasa di dunia smartphone, khususnya pada segmen flagship. Berbagai produsen berlomba-lomba menawarkan spesifikasi terbaik dengan harga yang semakin kompetitif.

    Kabar baiknya, kini kamu bisa mendapatkan performa kelas atas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Di rentang harga Rp 6 hingga 10 juta rupiah, pilihan HP flagship Android semakin beragam dengan fitur-fitur canggih seperti chipset terbaru, layar memukau, kamera berkualitas tinggi, dan baterai tahan lama.

    Bingung memilih yang terbaik? Tenang saja! Kami telah merangkum 10 rekomendasi HP flagship Android terbaik di tahun 2024 yang bisa kamu pertimbangkan.

    Xiaomi 14T Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINETXiaomi 14T ProLayar: AMOLED 6,67 inch, Resolusi 1,5K CrystalRes (1220 x 2712 piksel), 12 bit, Refresh rate 144Hz, Kerapatan piksel 446 ppi, Tingkat kecerahan maksimum 4.000 nits, HDR10+ Dolby VisionChipset: MediaTek Dimensity 9300 PlusRAM: 12 GBMemori internal: 256 GB atau 512 GBKamera belakang: lensa Leica Summilux 50 MP (f/1.7, OIS, Sensor gambar Sony IMX906), telefoto 50 MP (f/1.9), ultrawide 12 MP (f/2.2)Kamera depan: 32 MP (f/2.0)Baterai: 5.000 mAh, Pengisian daya cepat 120W dan wireless 50WFitur: Koneksi 5G, USB-C, NFC, WiFi 7, Bluetooth 5.4
    Sertifikasi tahan air dan debu IP68, Dolby Atmos, AI Face Unlock, Fingerprint dalam layar, Dukungan AIDimensi: 160,5 x 75,1 x 7,8 mmBerat: 195 gramHarga: mulai Rp 8.499.000

    Samsung Galaxy A55 Foto: Adi Fida Rahman/detikINETSamung Galaxy A55Layar: Super AMOLED 6.6 inch Full HD+, refresh rate: 120Hz, kecerahan hingga 1.000 nits, Corning Gorilla Glass Victus+Chipset: Exynos 1480 (5nm) dengan GPU berteknologi AMDRAM: 12GBMemori internal: 256GBKamera belakang: 50 MP (wide), f/1.8, OIS; 12 MP (ultrawide), f/2.2; 5 MP (makro), f/2.4Kamera depan: 32 MP (wide), f/2.2Baterai: 5000 mAh didukung fast charging: 25WFitur: Galaxy AI, Fingerprint (di bawah layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, NFC, USB Type-C, Stereo speakers, IP67 untuk ketahanan air dan debu, Samsung DeXSistem Operasi: Android 14, One UI 6.1. Mendapatkan update Android 4 kali.Dimensi: 161.1 x 77.4 x 8.2 mmBerat: 213 gramHarga: Rp 6.699.000Vivo V40 Foto: Adi Fida Rahman/detikINETVivo V40 4GLayar: AMOLED 6,78 inch, resolusi 2.800 x 1.260 piksel, refresh rate 120 Hz
    tingkat kecerahan maksimum 4.500 nitsChipset: Snapdragon 7 Gen 3 (4 nm)RAM: 8 GB/12 GBMemori internal: 256 GB/512 GBKamera belakang: 50 MP (f/1.88, OIS); ultra wide: 50 MP (f/2.0, Autofocus); 50 MP (f/2.0, Autofocus)Kamera depan: 50 MPBaterai: 5.500 mAh dengan Pengisian daya cepat 80 WattFitur: Dukungan teknologi Zeiss, Aura Light, dukungan AI, rating IP68 serta IP69 (tahan debu dan air), dual stereo speaker, sertifikasi SGS Low Blue Light, koneksi 5G, NFC, USB C, Fingerprint in-displayDimensi: 164,16 × 74,93 × 7,58 mmBerat: 190 gramHarga: mulai dari Rp 6.499.000Oppo Reno 12 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINETOppo Reno 12 Pro 5GLayar: AMOLED 6,7 inch, resolusi Full HD+, 120Hz, HDR10+, 1,07 miliar warna, kecerahan puncak 1400 nits, terlindungi kaca Gorilla Glass Victus 2Chipset: MediaTek Dimensity 7300 (4 nm)6RAM: 12GB LPDDR5Memori internal: 512GB UFS 3.1Kamera belakang: 50 MP (wide) dilengkapi OIS, f/1.8, OIS, PDAF; 8 MP (ultrawide), f/2.2; 50 MP (telephoto), f/2.0Kamera depan: 32 MP (wide), f/2.4Baterai: Li-Po 4.700 mAh didukung fast charging 80W
    Fitur: Sensor sidik jari di bawah layar (optik), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band
    Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD, NFC USB Type-C 2.0, OTG, Speaker stereoSistem operasi: Android 13, ColorOS 13.1Dimensi: 159.2 x 73.6 x 7.5 mmBerat: 188 gramHarga: Rp 8.999.000

    Samsung Galaxy S24 FE

    Foto: Adi Fida Rahman/detikIINET

    Layar: Dynamic AMOLED 2X, 6.7 inch, resolusi 1080 x 2340 piksel, refresh rate adaptif 120Hz, kecerahan hingga 1.900 nits, Vision Booster, HDR10+, terlindungi Corning Gorilla Glass Victus+,Chipset: Exynos 2400e (4 nm)RAM: 8 GBMemori Internal: 128 GB/256 GB
    Kamera Belakang: 50 MP (wide), f/1.8, OIS, PDAF; 12 MP (ultrawide), f/2.2; 8 MP (telephoto), f/2.4, 3x optical zoomKamera Depan: 10 MP (wide), f/2.4Baterai: 4700 mAh dengan dukungan fast charging 25W wiredFitur: 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NFC, Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
    Lainnya: Samsung DeX, Samsung Knox, Circle to Search, Browsing Assist, Live Translate, IP68 dust/water resistant, stereo speakersSistem Operasi: Android 14, One UI 6.1.1Dimensi: 162.0 x 77.3 x 8.0 mmBerat: 213 gramHarga: Rp 9.999.000Asus Zenfone 11 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINETAsus Zenfone 11 UltraLayar: 6.78 inch FHD+ (2400×1080 piksel) LTPO OLED dengan refresh rate 120Hz (adaptif hingga 144Hz saat gaming), kecerahan puncak hingga 2.500 nits, Corning Gorilla Glass Victus 2Chipset: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)RAM: 12/16 GBMemori internal: 256/512 GBKamera Belakang: 50 MP (f/1.9, sensor Sony IMX890, OIS) dengan 6-axis Gimbal Stabilizer; telefoto: 32 MP (f/2.4, OIS, 3x optical zoom); ultra-wide: 13 MP (f/2.2)Kamera Depan: 32 MPBaterai: 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 65W, Qi wireless charging 15WOS: Sistem operasi Android 14Fitur: 5G, NFC, USB Type-C, In-display fingerprint sensor, Speaker stereo, Audio jack 3.5mm, Fitur AIDimensi: 163.8 x 76.8 x 8.9 mmBerat: 225 gramHarga: mulai dari Rp 8.499.000Realme GT 6 Foto: Adi Fida Rahman/detikINETRealme GT 6Layar: AMOLED 6,78 inch, Full HD+, refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, kecerahan maksimum 6.000 nit, dilindungi Gorilla Glass Victus 2Chipset: Snapdragon 8s Gen 3 (4nm)RAM: 12 GBMemori internal: 256 GBKamera belakang: 50 MP (f/1.69), sensor Sony LYT-808, fitur OIS; 50 MP (f/2.0), sensor Samsung JN5, zoom optis 2x; ultra wide: 8 MP (f/2.2), sensor Sony IMX355Kamera depan: 32 MP (f/2.45)Baterai: 5.500 mAh dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 120 WattFitur: Dukungan Next AI, WiFi 6, Bluetooth 5.4, NFC, Konektivitas 5G, Dual-nano SIM Speaker stereo ganda, IR remote, sensor sidik jari di layar, USB Type CDimensi: 162 x 75,1 x 8,6 mmBerat: 199 gram

    Sharp Aquos R9

    Sharp Aquos R9 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Layar: Pro IGZO OLED 6.5 inch, resolusi: 1080 x 2340 pixels, refresh rate: 1 – 240Hz (variable refresh rate), Dolby Vision, HDR, 1500 nits (HBM), 2000 nits (peak)Chipset: Snapdragon 7+ Gen 3 (4 nm)RAM: 12 GBMemori internal: 256 GB dilengkapi slot microSDXCKamera belakang: Lensa Leica Hektor 50.3 MP (wide), f/1.9, 23mm, 1/1.55″, dual pixel PDAF, OIS; 50.3 MP (ultrawide), f/2.2, 13mm, 122˚, 1/2.55″, PDAFKamera depan: 50.3 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/2.88″, AFBaterai: 5000 mAh dengan fast charging 30WFitur: Tahan air dan debu (IP68), Standar militer MIL-STD-810G, Pemindai sidik jari (side-mounted), Face recognition, Stereo speakers, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.4, A2DP, LE, NFC, USB Type-CDimensi: 156 x 75 x 8.9 mmBerat: 195 gramHarga: Rp 9.999.000Realme 13 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINETRealme 13 Pro PlusLayar: Curved OLED 6,7 inch, FHD+ (2412 x 1080 piksel), Refresh rate 120Hz, Touch sampling rate 240Hz, Kecerahan maksimal 2.000 nitsChipset: Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm)RAM: 12 GBMemori internal: 512 GBKamera belakang: 50 MP (f/1.88, OIS) sensor Sony LYT-701; telephoto periscope 50 MP (f/2.65, OIS, 3x optical zoom) sensor Sony LYT-600; ultra-wide 8 MP (f/2.2)Kamera depan: 32 MP (f/2.45)Baterai: 5.200 mAh, SuperVOOC 80 WattFitur: Jaringan 5G, USB C, Bluetooth 5.2, WiFi 6, Dual SIM Card, Hi-Res Dual Stereo Speaker, IP65 Dust & Water Resistant, Fingerprint dalam layarDimensi: 16,134 x 7,391 x 0,841 cmBerat: 185,5 gramHarga: Rp 6.499.000Oppo Reno 11 Pro 5G Foto: detikINET/Josina
    Oppo Reno 11 ProLayar: 6,7 inch, AMOLED Full HD+, 1B colors, refresh rate 120Hz, HDR10+, 800 nits (HBM), 950 nits (peak), rasio layar 93%Chipset: Mediatek Dimensity 8200 (4 nm)RAM: 12GBMemori internal: 512GBKamera belakang: 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, multi-directional PDAF, OIS; telefoto: 32 MP, f/2.0, 47mm (telephoto), 1/2.74″, 0.8µm, PDAF, 2x optical zoom; ultrawide: 8 MP, f/2.2, 16mm, 112˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µmKamera depan: 32 MP, f/2.4, 22mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm, AFBaterai: Li-Po 4600 mAh dengan dukungan pengisian daya 80WFitur: Link Boost untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan sinyal internet, Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, NFCSistem Operasi: Android 14, ColorOS 14Dimensi: 162.4 x 74.1 x 7.6 mm atau 7.7 mmBerat: 181 gHarga: Rp 7.199.000

    Halaman 2 dari 3

    Simak Video “5 Alasan Kenapa Tecno Pova 6 Bisa Jadi HP Gaming Andalan “
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)

  • Jadwal Perpanjangan SIM Mati Tanpa Bikin Baru di 2025

    Jadwal Perpanjangan SIM Mati Tanpa Bikin Baru di 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis pada 1 Januari 2025 tidak perlu khawatir karena ada dispensasi sehingga tidak perlu bikin baru yang prosesnya dari awal.

    Pemilik SIM tidak perlu bikin urus dokumen dari awal apabila masa berlakunya habis karena satpas pelayanan SIM di awal tahun tutup. Oleh karena itu pemilik SIM mendapat kelonggaran perpanjangan di hari berikutnya, yakni di tanggal 2 dan 3 Januari 2025.

    “Hari Rabu tanggal 1 Januari 2025 pelayanan di Satps Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit gerai SIM DKI Jakarta dan Unit SIM keliling diliburkan. Dan unit pelayanan SIM dibuka kembali pada hari Kamis, 2 Januari 2025,” tulis akun TMC Polda Metro Jaya

    Setiap SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun setelah diterbitkan, bukan lagi mengacu pada tanggal lahir pemohon.

    Hal tersebut mengubah kebiasaan masyarakat yang sebelumnya memahami waktu perpanjangan SIM berdasarkan tanggal lahir

    Sebagai contoh, apabila pengguna lahir 19 Maret dan membuat SIM pada 1 Januari 2024, maka masa berlakunya sampai 1 Januari 2029, bukan habis pada tanggal lahir, 19 Maret 2029.

    Ketentuan ini sudah berlaku sejak 7 Oktober 2019 berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012. Pada aturan itu masa berlaku SIM selama lima tahun terhitung sejak legalitas berkendara terbit.

    Dispensasi memperpanjang SIM sering diterapkan oleh polisi pada musim liburan ataupun pada hari-hari yang terjepit tanggal merah.

    Ini bertujuan untuk memudahkan pemilik SIM yang masa berlakunya habis ketika Satpas dan gerai SIM tutup, sehingga, pemilik SIM tetap bisa melakukan perpanjangan namun pada saat layanan sudah kembali buka.

    Syarat perpanjang SIM

    Ada sejumlah syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk memperpanjang SIM. Baiknya, dokumen ini dipersiapkan sebelum menjalani serangkaian proses pembuatan SIM. Berikut ini syaratnya:

    1. Usia minimal 17 tahun
    2. Pas foto
    3. KTP asli dan fotokopi KTP sebanyak 4 lembar
    4. Kesertaan BPJS Kesehatan/JKN

    Berikut cara memperpanjang SIM secara langsung di satpas SIM
    • Kunjungi Satpas, SIM Corner, atau SIM Keliling terdekat
    • Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan untuk perpanjang SIM dan pastikan tidak ada terlewat
    • Mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM
    • Lakukan pembayaran perpanjangan SIM sesuai dengan jenis SIM perpanjang
    • Lakukan proses perekaman sidik jari dan foto
    • Tunggu hingga petugas memberikan SIM. Bila blanko SIM kosong, petugas akan memberitahu tentang jadwal pengambilan kembali SIM.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]