Produk: rupee

  • SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    Honda menyegarkan SUV kompak Honda Elevate di India. SUV Honda tersebut menghadirkan tema interior baru dan sejumlah penambahan fitur.

    Honda Elevate merupakan kompak SUV andalan Honda di pasar India. Meluncur pertama kali dua tahun lalu, Honda Elevate kini mendapat pembaruan di bagian interiornya. Dikutip Cartoq, pembaruan yang paling menonjol adalah warna kabinnya.

    Honda Elevate tipe ZX sebagai trim tertinggi hadir dengan interior dua warna Ivory dan Black dengan jok kulit imitasi dan sisipan soft-touch, menggantikan opsi Tan sebelumnya. Tampilan yang lebih terang dirancang untuk menambah kesan premium. Sedangkan tipe di bawahnya hadir dengan jok kain hitam dengan sisipan ivory, menggantikan jok Shadow Beige.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Sementara itu, di bagian eksterior, Honda telah memperkenalkan “Alpha-Bold Plus Grille” opsional dengan desain yang lebih lebar untuk tampilan yang lebih tegas di jalan. Hal ini ditujukan bagi pembeli yang menginginkan gaya SUV yang lebih berani tanpa mengubah desain dasar Elevate.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda juga telah meluncurkan dua varian Black Edition. Versi standar memadukan cat gelap dengan detail krom dan silver, sementara Signature Black Edition hadir dengan sentuhan serba hitam, gril Alpha-Bold, dan pencahayaan ambient sebagai standar. Edisi-edisi ini ditujukan untuk pembeli muda yang lebih menyukai gaya yang lebih dramatis.

    Dari segi mekanis, Elevate tetap tidak berubah. Honda Elevate mengusung mesin 1.5 i-VTEC DOHC yang menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Honda Elevate menggunakan transmisi CVT dan juga memiliki versi transmisi manual dengan 6 percepatan. Powertrain tersebut telah dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan serta ramah lingkungan.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda Elevate telah dilengkapi teknologi Honda Connect serta teknologi keselamatan terdepan Honda SENSING. Teknologi ini merupakan teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang. Teknologi ini dapat memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

    Di India, Honda Elevate terbaru dijual dengan harga 1.239.000 rupee sampai 1.551.000 rupee. Kalau dirupiahkan, mobil ini setara dengan Rp 230,9 juta sampai Rp 289 jutaan.

    (rgr/dry)

  • Dolar AS Menguat ke Rp 16.445 Hari Ini

    Dolar AS Menguat ke Rp 16.445 Hari Ini

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap rupiah pagi ini. Mata uang Paman Sam kini berada di level Rp 16.400-an.

    Dikutip dari data Bloomberg, Kamis (9/9/2025), pukul 09.37 WIB nilai tukar dolar AS berada pada level Rp 16.445 atau naik sebesar 30 poin (0,18%). Nilai tukar dolar AS hari ini diperdagangkan di rentang Rp 16.441 sampai Rp 16.463.

    Selanjutnya, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang lainnya cenderung bervariatif. Dolar AS terpantau menguat 0,20% terhadap won Korea Selatan.

    Begitu juga terhadap peso Filipina, dolar AS menguat sebesar 0,12%. Dolar AS melemah pada dolar baru Taiwan 0,09%.

    Nilai tukar dolar AS juga menguat terhadap ringgit Malaysia 0,02%. Sementara itu, terhadap mata uang yen Jepang minus 0,01%. Lalu terhadap dolar Hong Kong minus 0,02%.

    Nilai dolar AS melemah terhadap rupee India 0,10%. Dolar AS menguat terhadap baht Thailand 0,01%, serta terhadap mata uang yuan China menguat 0,01%.

    (acd/acd)

  • Apple dan Samsung Ngamuk, Tegur Keras Kelakuan Xiaomi

    Apple dan Samsung Ngamuk, Tegur Keras Kelakuan Xiaomi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Serangkaian iklan yang dikeluarkan Xiaomi di India berujung mendapatkan masalah. Apple dan Samsung dilaporkan mengambil tindakan hukum atas aktivitas tersebut.

    Menurut Times of India, iklan Xiaomi itu membandingkan dan “meremehkan” kedua produk buatan Apple dan Samsung.

    Iklan pertama Xiaomi dilakukan pada Maret dan April dicetak dalam satu halaman penuh. Perusahaan membandingkan iPhone 16 Pro Max milik Apple dengan Xiaomi 15 Ultra.

    Dalam iklan tersebut dipertanyakan apakah ponsel iPhone benar-benar yang terbaik. Hal serupa juga dilakukan pada Samsung dengan mengkritik beberapa model ponsel langsung di media sosial.

    Bukan hanya ponsel, Xiaomi juga membandingkan TV QLED milik perusahaan dengan TV LED Samsung. Xiaomi mengklaim produknya menawarkan teknologi masa depan dengan harga serupa dengan teknologi lama raksasa asal Korea Selatan.

    Dari laporan Economic Times, Apple dan Samsung mengeluarkan surat teguran terpisah pada merek asal China. Surat kedua perusahaan ditunjukkan untuk melindungi nilai merek Apple dan Samsung pada pasar smartphone premium, yang disebut sangat kompetitif untuk India.

    Iklan tersebut dinilai merugikan nilai merek dua perusahaan, dan Xiaomi diminta agar menghentikan peredarannya.

    Samsung, Apple dan Xiaomi tidak menanggapi komentar terkait polemik ini.

    Di India sendiri, Apple dan Samsung menguasai 95% pasar smartphone premium India. Namun Xiaomi berupaya bisa merebut pasar di kategori HP di atas 50 ribu rupee atau sekitar Rp 9,3 juta.

    Spesialis bisnis dan strategi merek, Harish Bijoor mengatakan kemungkinan Xiaomi telah meraup untuk dengan iklan provokasi yang dikeluarkannya. Perusahaan-perusahaan juga lebih sensitif dengan iklan seperti yang dikeluarkan Xiaomi.

    “Segala bentuk iklan berbentuk komparatif atau merendahkan dianggap merugikan merek,” jelas Bijoor.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Begini Spesifikasi Mobil SUV Eropa yang Harganya Mulai Rp 116 Jutaan

    Begini Spesifikasi Mobil SUV Eropa yang Harganya Mulai Rp 116 Jutaan

    Jakarta

    Renault Kiger terbaru telah meluncur dengan sejumlah pembaruan. Meski dibanderol sangat terjangkau, namun mobil SUV yang berstatus sebagai produk Eropa tersebut punya spesifikasi yang cukup mumpuni.

    Dilansir dari Gaadiwaadi, Rabu (27/8), Renault Kiger terbaru bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Namun, mengingat statusnya sebagai produk global, maka kendaraan tersebut berpeluang dipasarkan ke negara lain.

    “Kiger telah menjadi produk unik di kelasnya, dan melalui evolusi terbaru ini, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk menghadirkan desain ekspresif, rekayasa cerdas, serta performa nyata yang dapat diakses oleh konsumen India,” kata Venkatram Mamillapalle selaku MD dan CEO Renault India.

    Di India, Renault Kiger terbaru hadir dalam beberapa varian berbeda, yakni Authentic, Evolution, Techno, Emotion dan Turbo. Sementara harganya mulai dari 629.995 rupee atau Rp 116 jutaan untuk versi manual. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan?

    Spesifikasi Renault Kiger Terbaru

    Tampang

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Renault India.

    Bicara desain, Renault Kiger 2025 hadir dengan pembaruan visual berupa grafis anyar pada pilar C, pelek alloy two-tone berukuran 16 inci, serta logo Renault dengan desain terbaru. Selain itu, ada penyegaran di area bumper depan dengan aksen perak, ditambah lampu utama LED dan rumah lampu kabut.

    Mobil tersebut kini juga hadir dengan pilihan kelir Oasis Yellow. Warna itu terlihat menonjol berkat grille depan berwarna hitam dan skid plate abu-abu metalik. Selain Oasis Yellow, kendaraan juga ditawarkan dalam enam opsi lain, yakni Shadow Grey, Radiant Red, Caspian Blue, Ice Cool White, Moonlight Silver dan Stealth Black.

    Di luar itu, tampilan Renault Kiger terbaru masih sama seperti model sebelumnya. Mobil tersebut mengusung desain kompak dengan konfigurasi lima-penumpang. Dimensi panjangnya 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.605 mm dan jarak sumbu roda 2.500 mm.

    Mesin

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Renault India.

    Di balik kap mesin, Renault Kiger tetap mengandalkan dua pilihan mesin bensin, yakni 1.0L naturally aspirated dan 1.0L turbocharged. Mesin NA menghasilkan tenaga puncak 71 bhp dengan torsi maksimum 96 Nm, sementara versi turbo menyemburkan tenaga 98,5 bhp dan torsi 160 Nm.

    Kendaraan tersebut punya tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport. Sedangkan menurut sumber lain, konsumsi bahan bakarnya berkisar 19-20 km/liter.

    Fitur

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Gaadiwaadi.

    Pabrikan membekalinya dengan sejumlah fitur unggulan, seperti kamera multi-view, lampu utama otomatis, wiper dengan sensor hujan, konektivitas smartphone nirkabel, layar sentuh hiburan berukuran 8 inci, serta sistem audio premium 3D ARKAMYS surround.

    Selain itu, seluruh varian mobil sudah dilengkapi 21 fitur keselamatan canggih, termasuk 6 airbags, ESP, kontrol traksi, Hill Start Assist, ISOFIX dan masih banyak lagi.

    Harga Renault Kiger

    Authentic Energy Manual – Rs. 629.995 (Rp 116 jutaan)Evolution Energy Manual – Rs. 709.995 (Rp 131 jutaan)Techno Energy Manual – Rs. 819.995 (Rp 152 jutaan)Emotion Energy Manual – Rs. 914.995 (Rp 169 jutaan)Evolution Easy-R AMT – Rs. 759.995 (Rp 141 jutaan)Techno Easy-R AMT – Rs. 869.995 (Rp 161 jutaan)Turbo Manual – Rs. 999.995 (Rp 185 jutaan)Turbo X-Tronic CVT Techno – Rs. 999.995 (Rp 185 jutaan)Turbo X-Tronic CVT Emotion – Rs. 1.129.995 (Rp 209 jutaan).

    (sfn/din)

  • Dolar AS Tekuk Rupiah ke Level Rp 16.288

    Dolar AS Tekuk Rupiah ke Level Rp 16.288

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap rupiah pada perdagangan hari ini. Mata uang Paman Sam itu mendekati level Rp 16.300/US$.

    Dilansir dari Bloomberg, Kamis (21/8/2025), sekitar pukul 09.15 WIB dolar AS berada pada level Rp 16.288, menguat 16,5 poin atau sebesar 0,28% dibandingkan saat penutupan.

    Sementara itu, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang lainnya terlihat bervariasi. Dolar AS terpantau menguat terhadap dolar baru Taiwan 0,39%. Begitu juga terhadap won Korea Selatan 0,04%.

    Nilai tukar dolar AS juga mengalami penguatan terhadap rupee India 0,14% dan terhadap dolar Singapura juga menguat 0,03%. Dolar AS juga menguat terhadap dolar Australia sebesar 0,11%.

    Di sisi lain, dolar AS mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang lainnya. Mata uang Paman Sam itu melemah terhadap peso Filipina 0,06%. Lalu terhadap mata uang yuan China juga mengalami pelemahan 0,05%.

    Nilai tukar dolar AS juga mengalami pelemahan terhadap mata uang baht Thailand 0,01% dan juga terhadap ringgit Malaysia sebesar 0,11%. Pelemahan juga terjadi terhadap mata uang dolar Hong Kong 0,05% dan yen Jepang 0,01%.

    (acd/acd)

  • Tren Pernikahan Palsu di India, Gaya Baru Gen Z Rayakan Hidup

    Tren Pernikahan Palsu di India, Gaya Baru Gen Z Rayakan Hidup

    JAKARTA – Belakangan ini, generasi muda di kota-kota besar India seperti Delhi, Bengaluru, dan Pune tengah ramai mengikuti tren pesta yang unik dan tidak biasa, yakni pesta pernikahan palsu. Sesuai namanya, pesta ini meniru suasana pernikahan India yang meriah dan penuh warna, tapi tanpa pasangan pengantin sungguhan.

    Mulai dari alat musik tabuhan dhol yang semarak, busana etnik nan glamor, hujan kelopak bunga, tarian sangeet, prosesi varmala dan kehadiran pandit palsu, semua elemen khas pernikahan India ada di sini.

    Tapi jangan cari pasangan pengantin sungguhan,karena inti dari acara ini bukanlah pernikahan, melainkan bersenang-senang tanpa drama.

    “Apakah kamu akan menghadiri pernikahan ini? Bagaimana sudut pandangmu? Apakah ini hanya tren sesaat atau model bisnis?” ujar Mukul Khurana, konten kreator asal India, dikutip dari laman Indian Express.

    Ungkapan tersebut dibagikan Mukul Khurana di akun Instagram-nya, sembari mengunggah dokumentasi dari salah satu pesta pernikahan palsu di Delhi. Ia menyebutkan bahwa acara seperti ini diselenggarakan oleh komunitas seperti Jumma Ki Raat, dengan harga tiket masuk mulai dari 500 Rupee India hingga 3.000 Rupee India (Rp93 ribu-Rp560 ribu) tergantung skala dan lokasi.

    Beberapa pesta digelar secara profesional dengan sistem tiket, sementara yang lain berlangsung lebih santai di lingkungan kampus atau rooftop bar. Tujuan utamanya sederhana, yakni menikmati semua keseruan pesta pernikahan tanpa beban komitmen, tradisi, atau tekanan sosial dari keluarga.

    Bagi Gen Z, konsep ini sangat cocok dengan gaya hidup mereka yang lebih bebas, terbuka, dan fokus pada pengalaman serta ekspresi diri. Tidak heran jika tren ini juga menyebar ke luar India.

    Mukul Khurana menyebut mahasiswa di Cornell University, Amerika Serikat, juga mengadakan pesta pernikahan palsu selama dua hari.

    “Tetaplah bersenang-senang, hilangkan drama keluarga,”salah satu slogan tidak resmi dari pesta ini yang menggambarkan esensi acaranya.

    Di media sosial, tren ini memancing berbagai reaksi. Sebagian menganggapnya menyenangkan dan kreatif, sementara yang lain mengkritiknya sebagai bentuk pemborosan atau hilangnya nilai budaya.

    “Saya rasa seperti tren-tren lainnya, ini cuma akan bertahan sebentar lalu menghilang,” komentar salah satu pengguna media sosial.

    “Generasi sekarang sudah sesat, bukannya ditunjukkan jalan yang benar, mereka malah semakin terpuruk.” ujar seorang netizen, mengkritik generasi muda yang dianggap kehilangan arah.

    Meski menuai pro dan kontra, pesta pernikahan palsu ini menjadi bukti nyata bagaimana Gen Z menciptakan cara baru dalam merayakan hidup. Mereka tidak segan melanggar norma demi menciptakan ruang sesuai keinginan, bebas tekanan, dan penuh ekspresi.

  • Lawan Tarif Trump, India Potong Pajak Demi Pertumbuhan Ekonomi – Page 3

    Lawan Tarif Trump, India Potong Pajak Demi Pertumbuhan Ekonomi – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pasar saham India bergerak positif pada perdagangan Senin (18/8/2025) setelah Perdana Menteri, Narendra Modi, mengumumkan pemangkasan pajak yang dinilai memberi dorongan besar bagi perekonomian domestik di tengah tekanan tarif dari Amerika Serikat.

    Indeks Nifty 50 naik 1%, sementara BSE Sensex menguat 0,84%. Di pasar valuta asing, nilai tukar dolar AS melemah 0,18% terhadap rupee.

    Dikutip dari CNBC, Selasa (19/8/2025), dalam pidato Hari Kemerdekaan yang disampaikan Jumat lalu, Modi menekankan pentingnya kemandirian ekonomi dan mengumumkan sejumlah reformasi keuangan. Pemerintah India kini berencana memberlakukan struktur pajak barang dan jasa (GST) dua tingkat sebesar 5% dan 18%, menggantikan tarif lama 12% dan 28% untuk sejumlah barang.

    Menurut India Brand Equity Foundation, langkah ini bertujuan menyederhanakan kepatuhan, menurunkan tarif pajak, sekaligus memodernisasi sistem GST agar lebih mendukung pertumbuhan.

    Para eksekutif industri mengharapkan langkah-langkah seperti merasionalisasi tarif menjadi dua lapisan, meringankan beban pajak bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memangkas pungutan atas barang-barang penting, dan menggunakan proses berbasis teknologi seperti pengembalian pajak yang telah diisi sebelumnya dan pengembalian dana yang lebih cepat untuk mendorong investasi.

    Industri yang diproyeksikan mendapat manfaat meliputi manufaktur, logistik, perumahan, serta barang konsumsi.

    Sektor otomotif menjadi salah satu yang langsung merasakan dampaknya. Setelah penjualan mobil penumpang India hanya tumbuh 4,2% pada 2024—laju paling lambat dalam empat tahun—saham produsen kendaraan melonjak signifikan. Maruti Suzuki India naik 8,75% dan Hyundai Motor India menguat 8,15% pada sesi perdagangan Senin.

    “Saya cukup optimistis dengan pengumuman ini. Sektor otomotif yang sebelumnya tertinggal wajar jika kini bangkit cukup kuat,” ujar James Thom, Senior Investment Director Asian Equities Aberdeen, dikutip CNBC.

  • Toyota Camry Edisi Spesial Meluncur, Konsumsi BBM-nya 25,4 Km/L

    Toyota Camry Edisi Spesial Meluncur, Konsumsi BBM-nya 25,4 Km/L

    Jakarta

    Toyota Kirloskar Motor (TKM) telah meluncurkan Toyota Camry Hybrid Sprint Edition. Meski tampilannya dibuat lebih sporty dan elegan, namun sedan mewah tersebut tetap mempertahankan mesinnya yang irit bahan bakar!

    Toyota Camry Hybrid Sprint Edition bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Kendaraan tersebut dikhususkan untuk konsumen premium yang mau tampil berkelas di jalan raya.

    “Camry Sprint Edition merefleksikan pendekatan customer-centricity Toyota, dengan karakter sporty lewat dual-tone styling, velg matte black, dan sports kit eksklusif yang membuatnya tampil lincah sekaligus berwibawa di jalan,” kata Varinder Wadhwa selaku Vice President Toyota Kirloskar Motor, dikutip dari Gaadiwaadi, Selasa (19/8).

    Toyota Camry Hybrid Sprint Edition. Foto: Doc. Toyota India.

    Sejak dikenalkan pertama kali di India pada 2002, Camry sudah jadi andalan Toyota di segmen sedan premium. Bahkan secara global, Camry sudah mengaspal sejak 1982 dengan reputasi yang cukup kuat. Kehadiran edisi Sprint menjadi upaya Toyota menyegarkan line-up Camry lewat ubahan visual yang berbeda dari model standar.

    Ubahan paling mencolok ada di bagian eksterior. Camry Sprint Edition tampil beda dengan kap mesin, atap, dan bagasi berlapis matte black, dipadukan dengan velg alloy matte black. Ditambah lagi sports kit yang mencakup body kit depan-belakang serta spoiler belakang, bikin sedan itu terlihat lebih agresif.

    Masuk ke kabin, kenyamanan tetap jadi prioritas. Fitur andalannya termasuk ambient lighting, ventilated seat di baris depan, jok pengemudi 10 arah dengan memori, paddle shifter, wireless charging, hingga heads-up display. Ada juga lampu peringatan di pintu yang menambah kesan premium.

    Jantung mekanisnya tetap sama seperti versi regular. Pabrikan membekalinya dengan mesin 2.5 liter Dynamic Force yang dipadukan transmisi e-CVT dan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi. Kombinasi tersebut membuat mobil mampu menghasilkan tenaga maksimal 230 PS dan konsumsi BBM 25,49 km/liter!

    Toyota membekali Camry Sprint Edition dengan paket lengkap Toyota Safety Sense 3.0. Isinya mulai dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, hingga Automatic High Beam. Tak ketinggalan, ada sembilan SRS airbag, Vehicle Stability Control, Traction Control, Hill Start Assist, Electronic Parking Brake with Brake Hold, TPMS, serta kamera 360 derajat.

    Camry Sprint Edition hadir dengan lima pilihan warna two-tone: Emotional Red & Matte Black, Platinum White Pearl & Matte Black, Cement Grey & Matte Black, Precious Metal & Matte Black, serta Dark Blue Metallic & Matte Black.

    Di India, Toyota Camry Hybrid Sprint Edition dibanderol 48.50 lakh rupee atau sekira Rp 900 jutaan. Pemesanan sudah dibuka baik secara online maupun di seluruh jaringan dealer Toyota setempat.

    (sfn/rgr)

  • Harga Rp 14 Jutaan, Fitur Sekelas NMax

    Harga Rp 14 Jutaan, Fitur Sekelas NMax

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Yamaha meluncurkan Yamaha Fascino dan Fascino S terbaru. Meski harganya terjangkau, skuter matik (skutik) bertampang retro tersebut sudah mengadopsi sejumlah fitur milik Yamaha NMax dan Aerox.

    Disitat dari Gaadiwaadi, Sabtu (16/8), Yamaha Fascino terbaru mengusung tampilan ala ala skutik Italia, yakni berdimensi mungil dengan aksen membulat di hampir seluruh bagian. Namun, berbeda dengan Grand Filano, motor tersebut dirancang lebih pendek.

    Pabrikan masih membekalinya dengan lampu utama atau headlamp lebar di bagian kepala, kemudian sepasang sein memanjang yang terpasang di bawahnya. Sedangkan ekornya dibuat meruncing dengan tambahan handle besi yang cukup besar.

    Yamaha Fascino. Foto: Doc. Yamaha India.

    Secara keseluruhan Yamaha Fascino dirancang nyaman untuk penggunaan harian di wilayah perkotaan. Skutik tersebut secara dimensi dan tinggi jok juga dibuat akomodatif untuk melaju di kawasan yang cenderung ramai.

    Yamaha Fascino tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni standard hybrid, S hybrid dan S hybrid dengan Y-Connect. Seluruhnya sudah dibekali fitur bawaan, seperti pencahayaan LED, panel instrumen digital, Smart Motor Generator (SMG), Silent Start and Stop & Start System (SSS), Answer Back System dan masih banyak lagi.

    Namun, khusus untuk varian tertinggi, pabrikan sudah memasangkan sejumlah fitur tambahan, yakni konektivitas Y-Connect yang memungkinkan motor terhubung dengan smartphone. Selain itu, ada navigasi turn-by-turn yang terhubung ke GMaps serta informasi lain seputar kendaraan.

    Yamaha Fascino. Foto: Doc. Yamaha India.

    Fitur tersebut umumnya ditemukan di skutik sekelas Yamaha NMax dan Aerox. Sementara Yamaha Fascino merupakan motor entry level yang harganya masih di bawah Rp 20 juta!

    Yamaha Fascino masih menggunakan mesin berkapasitas 125cc satu silinder dengan teknologi ‘hybrid’ dan pendingin udara. Sayangnya, tak ada informasi resmi soal tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan kendaraan.

    Sayangnya, Yamaha Fascino bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Tunggangan tersebut sudah bisa dipesan di sejumlah dealer resmi di sana.

    Berikut Daftar HarganyaYamaha Fascino 125 FI Hybrid – 80.750 rupee (Rp 14 jutaan)Yamaha Fascino S 125 FI Hybrid – 95.850 rupee (Rp 17 jutaan)Yamaha Fascino S 125 FI Hybrid (TFT/TBT) – 102.790 rupee (Rp 19 jutaan).

    (sfn/dry)

  • Mobil SUV Toyota Dapat Penyegaran, Harganya Rp 140 Jutaan

    Mobil SUV Toyota Dapat Penyegaran, Harganya Rp 140 Jutaan

    Jakarta

    Toyota Kirloskar Motor (TKM) meluncurkan Toyota Urban Cruiser Taisor versi lebih canggih dan ‘segar’. Kendaraan yang berstatus sebagai kembaran Suzuki Fronx itu mendapat sentuhan warna baru dan enam airbags atau kantung udara.

    Warna Bluish Black yang melekat di tubuh Urban Cruiser Taisor bukan sekadar hitam biasa. Ada sentuhan kebiruan yang bikin mobil kelihatan elegan tapi tetap sporty. Namun, opsi tersebut tak ada di semua tipe, melainkan hanya eksklusif di varian tertentu.

    Menariknya, urusan safety tak main-main. Semua tipe Taisor mulai dari E, S, S+, G, sampai V, sudah dibekali enam kantung udara, yakni dual front, side dan curtain airbag. Sehingga, tak perlu lagi bayar ekstra untuk paket keamanan tambahan.

    Toyota Urban Cruiser Taisor meluncur di India. Foto: Doc. Toyota Kirloskar Motor / Gaadiwaadi.

    Mesin? Masih sama seperti model sebelumnya. Ada dua pilihan: 1.2L K-Series yang terkenal irit dan 1.0L turbo petrol yang lebih bertenaga. Konsumsi BBM-nya diklaim tembus 22,79 km per liter!

    Transmisi juga tak berubah, tetap manual 5-speed, AMT 5-speed, dan otomatis 6-speed. Tinggal pilih mau yang hemat, praktis atau yang nyaman untuk nyetir santai.

    Secara tampilan, Taisor punya desain yang cukup familiar dengan konsumen di Indonesia. Lampu depannya LED tajam, DRL ganda, dan grille trapezoidal dengan aksen krom bikin tampilannya modern.

    Masuk ke kabin, nuansa dual-tone langsung terasa. Kursi belakang bisa dilipat 60:40, ada AC belakang, head unit layar sentuh dengan Android Auto & Apple CarPlay nirkabel. Fitur lain seperti cruise control, paddle shifter (AT), wireless charging, sampai Toyota i-Connect juga terpasang di kendaraan.

    Interior Toyota Urban Cruiser Taisor. Foto: Doc. Toyota Bharat

    Soal keamanan aktif, masih lengkap. Ada Vehicle Stability Control, Hill Hold Assist, sampai ISOFIX buat kursi anak. Jadi nggak cuma nyaman, tapi juga pede dibawa ke mana-mana.

    Meski dapat tambahan fitur dan penyegaran warna, Toyota Urban Cruiser Taisor masih dibanderol cukup terjangkau di India, yakni mulai dari 770.000 rupee atau sekira Rp 140 jutaan. Nominal tersebut sudah termasuk garansi tiga tahun atau 100 ribu km!

    (sfn/rgr)