Produk: rupee

  • Laba Singapore Airlines Anjlok 82% per Kuartal III/2025, Efek Kecelakaan Air India

    Laba Singapore Airlines Anjlok 82% per Kuartal III/2025, Efek Kecelakaan Air India

    Bisnis.com, JAKARTA — Singapore Airlines (SIA) mencatat penurunan laba bersih sebesar 82% menjadi Rp668 miliar atau Sin$52 juta (kurs Rp12.860 per dolar Singapura) pada kuartal III/2025, menuju level terendah dalam tiga setengah tahun.

    Penurunan ini terjadi seiring dengan tantangan yang terus dihadapi Air India Ltd., yang berdampak negatif pada kinerja keuangan grup SIA.

    Melansir Bloomberg, Kamis (13/11/2025), meski laba menurun, pendapatan SIA naik 2,2% menjadi Sin$4,9 miliar. Setelah menghapus kontribusi dari perusahaan afiliasi, laba operasional kuartalan SIA meningkat sekitar 23% menjadi Sin$398 juta.

    Maskapai ini berencana membayar dividen khusus sebesar 10 sen Singapura per saham per tahun selama tiga tahun, dengan total sekitar Sin$900 juta, serta mengumumkan dividen interim sebesar 5 sen Singapura per saham untuk paruh pertama 2025.

    Namun, SIA masih menghadapi tantangan dari Air India, di mana grup memiliki kepemilikan saham 25,1%. Bagian hasil dari perusahaan afiliasi ini turun Sin$417 juta secara tahunan pada paruh pertama 2025, mencerminkan kerugian yang dialami maskapai India tersebut.

    Air India sendiri masih terdampak oleh kecelakaan fatal awal tahun ini dan tengah mencari dukungan keuangan setidaknya 100 miliar rupee (US$1,1 miliar) dari pemiliknya, Tata Sons Pvt. dan Singapore Airlines. SIA menyatakan komitmennya untuk bekerja sama dengan Tata Sons dalam mendukung rencana pemulihan Air India.

    Pada tingkat grup, yield penumpang—indikator keuntungan penerbangan—turun 3% menjadi 9,8 sen Singapura per kilometer. Penurunan yield ini melambat, menandakan prospek kompetitif yang membaik setelah penutupan maskapai pesaing kecil Jetstar Asia selama periode fiskal.

    SIA juga diuntungkan oleh biaya operasional yang relatif stabil, sementara biaya bahan bakar turun pada kuartal tersebut.

    Meskipun mengalami penurunan laba bersih kuartal ketiga berturut-turut dan menghadapi tantangan dari ketegangan geopolitik, hambatan ekonomi, serta kendala rantai pasokan, SIA tetap optimis terhadap prospek jangka pendek. Permintaan perjalanan udara tetap tangguh menjelang kuartal ketiga, menurut maskapai.

    SIA Group mengangkut rekor 10,5 juta penumpang pada kuartal tersebut. Baik merek utama SIA maupun unit berbiaya rendah Scoot mengalami penerbangan yang lebih penuh seiring peningkatan kapasitas akibat permintaan yang kuat.

    Scoot menonjol dengan faktor muatan melebihi 90% selama enam bulan berturut-turut hingga September, kemungkinan besar mendapat manfaat dari penghentian layanan Jetstar Asia pada Juli, di mana Scoot dan SIA mengisi celah yang ditinggalkan.

    Pasca rilis hasil kuartal III/2025, saham Singapore Airlines turun 0,5%, meski secara keseluruhan naik 3,3% sepanjang tahun ini.

  • Pedagang Emas Tertipu, 2 Toko Emas Gelapkan Rp704 Juta

    Pedagang Emas Tertipu, 2 Toko Emas Gelapkan Rp704 Juta

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kasus dugaan penipuan emas kembali mencuat di kawasan Kalbadevi, Mumbai, India. Seorang pedagang emas, Ashwin Jayantilal Jain (39), melapor ke polisi setelah dua pemilik toko emas diduga menggelapkan emas miliknya senilai 38 lakh rupee atau sekitar Rp704 juta.

    Menurut laporan polisi, Jain yang tinggal di Gundecha Garden, Lalbaug, menyerahkan 300 gram emas murni dan 26 gram logam paduan kepada dua bersaudara, Amit Dakan (50) dan Ketan Dakan (55), pemilik toko Shreeraj Gold, pada 7 Oktober 2025. Kedua pelaku berjanji akan mengolah logam mulia tersebut menjadi anting dan perhiasan emas.

    Namun hingga batas waktu yang dijanjikan, perhiasan tak kunjung dikembalikan. Ketika Jain menagih hasil pesanan atau meminta emas mentahnya kembali, kedua pelaku disebut justru menghindari komunikasi.

    “Pelapor menyadari telah menjadi korban penipuan setelah berulang kali gagal menghubungi para terdakwa,” ujar seorang pejabat Kepolisian Letnan Marg, dikutip Free Press Journal pada Rabu (12/11/2025).

    Atas laporan tersebut, kepolisian mendaftarkan kasus penipuan dan pelanggaran kepercayaan terhadap kedua pemilik toko emas itu. Penyidik kini tengah melacak keberadaan pelaku dan berupaya memulihkan kerugian korban.

    Kasus ini menambah daftar panjang penipuan di sektor perhiasan Mumbai yang kerap melibatkan hubungan bisnis antara pedagang emas dan toko emas lokal.

    (sef/sef)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Motor Listrik Suzuki e-Access Bakal Dijual di Indonesia

    Motor Listrik Suzuki e-Access Bakal Dijual di Indonesia

    Jakarta

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan, pihaknya berencana menjual Suzuki e-Access di Indonesia. Motor listrik untuk konsumen pemula itu sebelumnya telah meluncur di India.

    Kepastian tersebut disampaikan Teuku Agha selaku 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS. Meski demikian, dia belum bisa mengurai lebih jauh mengenai detailnya.

    “Tunggu aja, pokoknya tunggu aja. Plan-nya ada semua,” ujar Teuku Agha saat ditanya soal peluncuran Suzuki e-Access di Indonesia.

    Suzuki e-Access. Foto: Doc. Suzuki India.

    Ketika ditanya kapan, Agha juga bungkam. Namun, jika melihat timeline-nya, Suzuki e-Access hampir mustahil meluncur tahun ini. Maka, besar kemungkinan, kendaraan nonemisi itu mulai dijual di Indonesia tahun depan.

    “Tahun ini kan sisa satu bulan. (Kalau tahun depan?), tunggu aja. Kayak Satria lah, nanti tiba-tiba diundang,” kata dia.

    Suzuki e-Access mengusung tampilan khas skuter matik India. Kendaraan tersebut punya dimensi kompak, namun gemuk di bagian belakang. Selain itu, mukanya dirancang bermoncong dengan sepasang roda berukuran mungil.

    Suzuki e-Access. Foto: Doc. Suzuki India.

    Suzuki e-Access disematkan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 5,5 dk dan torsi 14,9 Nm. Meski cenderung kecil, namun catatan tersebut diklaim sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan harian pengendara.

    Sementara baterainya menggunakan lithium-ion 60Ah dengan jangkauan maksimum 95 km. Baterai tersebut memerlukan waktu 6 jam 42 menit untuk pengecasan 0-100 persen menggunakan standard charging. Sementara dari nol ke 80 persen butuh 4 jam 30 menit.

    Namun, kendaraan itu juga sudah dibekali sistem pengecasan cepat atau fast charging. Pengendara hanya memerlukan waktu 1 jam 12 menit untuk mengisi baterai dari nol ke 80 persen. Sedangkan dari nol ke 100 persen butuh 2 jam 12 menit.

    Sayangnya, sumber yang sama tak mengurai fitur apa saja yang tertanam di kendaraan. Hanya saja, menurut foto yang beredar, Suzuki e-Access sudah menggunakan panel instrumen full digital, soket USB, sistem nirkunci pintar atau keyless, bagasi lega dan pencahayaan LED.

    Meski sudah meluncur di India, namun harga resmi Suzuki e-Access belum benar-benar diumumkan. Menurut bocoran yang diterima sumber, skuter listrik tersebut kemungkinan dibanderol berkisar 100 ribu rupee atau Rp 19 jutaan.

    (sfn/rgr)

  • Pilu Perempuan India Diserahkan ke Dewa, Tapi Terjebak Jadi Pekerja Seks

    Pilu Perempuan India Diserahkan ke Dewa, Tapi Terjebak Jadi Pekerja Seks

    Jakarta

    “Pekerjaan seks telah berdampak besar pada hidupku. Tubuhku sangat lemah, dan aku secara mental hancur,” kata Chandrika*.

    Kehidupan Chandrika sebagai pekerja seks dimulai dengan upacara keagamaan. Pada usia 15 tahun, ia dibawa ke sebuah kuil dan secara upacara dinikahkan dengan seorang dewi.

    “Saat itu, aku tidak menyadari makna dari upacara tersebut,” katanya kepada BBC.

    Chandrika kini berusia akhir tiga puluhan dan telah melakukan hubungan seks untuk uang selama hampir dua dekade.

    Dari pengantin suci menjadi pekerja seks

    Empat tahun setelah diinisiasi ke dalam tradisi devadasi, Chandrika menjadi pekerja seks penuh waktu – ia ingin tetap anonim untuk melindungi anak-anaknya. (BBC)

    Negara bagian Karnataka di India Selatan sedang melakukan survei untuk mengidentifikasi orang-orang seperti Chandrika yang menjadi pekerja seks setelah diinisiasi ke dalam tradisi devadasi.

    Meskipun larangan mulai diberlakukan pada era kolonial di banyak bagian India, Karnataka baru melarang praktik ini pada 1982. Namun, praktik ini tetap berlanjut hingga saat ini.

    Devadasi yang tinggal di desa mungkin memiliki pasangan intim dan juga melayani klien lain. Banyak dari mereka migrasi ke kota-kota seperti Mumbai untuk bekerja di rumah bordil.

    Dipaksa masuk ke dalam industri seks

    Setelah upacara pengukuhannya di kota Belgaum, Chandrika pulang ke rumah dan hidup normal selama empat tahun. Kemudian, seorang kerabat perempuan membawanya ke kota industri Sangli, menjanjikan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Dia meninggalkan Chandrika di sebuah rumah bordil.

    “Sangat sulit pada bulan-bulan pertama. Saya merasa sakit. Saya tidak bisa makan atau tidur dengan baik,” kenang Chandrika. “Saya berpikir untuk melarikan diri, tapi secara bertahap saya menerimanya.”

    Chandrika baru berusia 19 tahun, memiliki pendidikan yang sangat minim, dan hampir tidak memahami bahasa Hindi atau Marathi yang digunakan di Sangli.

    “Beberapa [klien] menyerang saya secara fisik, beberapa menggunakan kata-kata kasar. Saya kesulitan menghadapinya,” lanjutnya.

    Klien rumah bordil bervariasi, mulai dari mahasiswa, sopir, pengacara, hingga pekerja harian.

    Chandrika bertemu pasangannya, seorang sopir truk, melalui pekerjaan seks di Sangli.

    Bersama-sama mereka memiliki seorang putri dan seorang putra. Pasangannya merawat anak-anak sementara Chandrika terus bekerja di rumah bordil, di mana ia melayani 10 hingga 15 klien sehari.

    Beberapa tahun setelah kelahiran anak keduanya, pasangannya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas dan ia pindah kembali ke Belgaum, di mana ia berbicara dengan BBC melalui penerjemah.

    ‘Laki-laki tidak datang kepada kami untuk menikah’

    Sakhi TrustKalung mutiara yang dikenakan oleh devadasis seperti Ankita membuat mereka mudah dikenali.

    Tidak semua devadasi bekerja di rumah bordil dan beberapa di antaranya sama sekali bukan pekerja seks.

    Ankita dan Shilpa, keduanya berusia 23 tahun, adalah sepupu dan tinggal di sebuah desa di utara Karnataka. Seperti Chandrika, mereka berasal dari kasta Dalit, kelompok yang mengalami diskriminasi berat di India.

    Shilpa putus sekolah setelah hanya satu tahun dan upacara pengabdiannya dilakukan pada 2022. Ankita belajar hingga usia sekitar 15 tahun dan orang tuanya mengatur upacara tersebut pada 2023. Setelah kematian saudaranya, dia ditekan untuk menjadi devadasi.

    “Orang tuaku mengatakan bahwa mereka ingin mendedikasikan aku kepada dewi-dewi. Aku menolak. Setelah seminggu, mereka berhenti memberi aku makan,” kata Ankita.

    “Aku merasa sangat sedih, tapi menerimanya demi keluargaku. Aku berpakaian seperti pengantin dan dinikahkan dengan dewi.”

    Ankita memegang kalung terbuat dari mutiara putih dan manik-manik merah, yang melambangkan persatuan ini.

    Baik ibunya maupun neneknya bukan devadasi. Keluarga tersebut memiliki sebidang tanah pertanian kecil, tetapi tidak cukup untuk menghidupi mereka.

    “Ada ketakutan bahwa jika tidak ada yang diinisiasi, dewi akan mengutuk kita.”

    Devadasi tidak boleh menikah, tetapi dapat memiliki pasangan intim yang mungkin secara hukum menikah dengan wanita lain.

    Ankita menolak semua pendekatan dari pria dan masih bekerja sebagai buruh tani, mendapatkan sekitar US$4 per hari.

    Sakhi TrustShilpa segera memiliki pasangan intim setelah upacara inisiasinya dan hamil.

    Hidup Shilpa berubah drastis. Setelah upacara inisiasinya, ia mulai menjalin hubungan dengan seorang pekerja migran.

    “Dia datang kepadaku karena dia tahu aku adalah seorang devadasi,” ujarnya.

    Seperti banyak perempuan devadasi lainnya, Shilpa tinggal bersama pasangannya di rumahnya.

    “Dia hanya bersama saya selama beberapa bulan dan membuat saya hamil. Dia memberi saya 3.000 rupee (US$35) selama dia bersama saya. Dia tidak bereaksi terhadap kehamilan saya dan suatu hari dia tiba-tiba menghilang.”

    Shilpa hamil tiga bulan dan bingung.

    “Aku mencoba meneleponnya, tapi teleponnya tidak bisa dihubungi. Aku bahkan tidak tahu dari mana asalnya.”

    Dia tidak pergi ke polisi untuk melacaknya.

    “Dalam sistem kami, laki-laki tidak datang kepada kami untuk menikah,” katanya.

    Kemiskinan dan eksploitasi

    Sakhi TrustAnkita berharap dapat keluar dari sistem devadasi dan menemukan suami.

    Dr. M. Bhagyalakshmi adalah direktur di LSM lokal Sakhi Trust dan telah bekerja dengan perempuan devadasi selama lebih dari dua dekade. Ia mengatakan upacara inisiasi terus berlangsung meskipun ada larangan.

    “Setiap tahun kami mencegah tiga atau empat gadis menjadi devadasi. Namun, sebagian besar upacara dilakukan secara rahasia. Kami baru mengetahui hal itu ketika seorang gadis muda hamil atau melahirkan.”

    Dr. Bhagyalakshmi mengatakan banyak perempuan kekurangan fasilitas dasar, makanan yang layak, atau pendidikan, dan terlalu takut untuk meminta bantuan.

    “Kami telah mensurvei 10.000 devadasi di distrik Vijayanagara. Saya melihat banyak perempuan cacat, buta, dan rentan lainnya yang dipaksa masuk ke dalam sistem. Hampir 70% di antaranya tidak memiliki rumah,” katanya kepada BBC.

    BBCRibuan orang memadati Kuil Saundatti Yellamma di Belgaum untuk sebuah festival yang menjadi inti tradisi devadasi.

    Pasangan intim sering menolak menggunakan kondom, yang mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan atau penularan HIV.

    Dr Bhagyalakshmi memperkirakan sekitar 95% dari semua devadasi berasal dari kasta Dalit dan sisanya dari komunitas suku.

    Berbeda dengan masa lalu, devadasi modern tidak mendapatkan dukungan atau penghasilan dari kuil-kuil.

    “Sistem devadasi hanyalah eksploitasi,” katanya dengan tegas.

    Menghentikan praktik tersebut

    BBCPerempuan devadasi menjadi sorotan utama dalam festival tahunan.

    Devadasi yang masih aktif dan yang sudah pensiun berkumpul di Kuil Saundatti Yellamma di Belgaum untuk festival tahunan, tetapi pejabat setempat mengatakan tidak ada upacara inisiasi yang dilakukan di sana.

    “Sekarang ini merupakan pelanggaran yang dapat dikenai hukuman. Kami memasang poster dan brosur selama festival untuk memperingatkan orang-orang bahwa tindakan tegas akan diambil,” kata Vishwas Vasant Vaidya.

    Vaidya adalah anggota Dewan Legislatif Karnataka dan juga anggota dewan kuil Yellamma. Ia mengatakan kepada BBC bahwa jumlah devadasi aktif telah menurun drastis.

    “Sekarang mungkin ada 50 hingga 60 devadasi di daerah pemilihan saya,” katanya. “Tidak ada yang mendorong inisiasi devadasi di kuil.”

    “Kami telah menghentikan tradisi devadasi berkat tindakan tegas kami,” klaimnya.

    Survei terbaru pemerintah Karnataka pada 2008 mengidentifikasi lebih dari 46.000 devadasi di negara bagian tersebut.

    Generasi berikutnya

    Sakhi TrustShilpa ingin memberikan pendidikan yang baik kepada putrinya dan berharap sistem devadasi akan berakhir pada generasinya.

    Uang dari pekerjaan seks membantu Chandrika keluar dari kemiskinan. Untuk melindungi anak-anaknya dari stigma, dia mengirim mereka ke sekolah asrama.

    “Saya selalu khawatir tentang anak perempuan saya,” kata Chandrika.

    “Ketika dia berusia sekitar 16 tahun, saya menikahkannya dengan seorang kerabat agar dia tidak perlu menjadi devadasi seperti saya. Sekarang dia tinggal bersama suaminya.”

    Chandrika kini bekerja dengan sebuah LSM dan secara rutin melakukan pemeriksaan HIV.

    “Saya sudah tua – saya tidak akan bisa melakukan pekerjaan seks dalam beberapa tahun ke depan,” katanya. Ia berencana membuka toko untuk menjual buah dan sayuran.

    Shilpa ingin memberikan pendidikan yang baik untuk putrinya. Ia merasa kecewa dengan tradisi devadasi.

    “Saya ingin ini berhenti. Saya tidak akan menjadikan putri saya sebagai devadasi. Saya tidak ingin melanjutkan sistem ini,” katanya.

    Ankita mengatakan dia ingin menikah dan akhirnya melepas kalung mutiara.

    (Nama *Chandrika telah diubah demi melindungi identitasnya)

    (ita/ita)

  • Ratusan Orang Tertipu Beli Properti, Total Kerugian Rp 188 M

    Ratusan Orang Tertipu Beli Properti, Total Kerugian Rp 188 M

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kepolisian Mumbai mendaftarkan kasus penipuan besar di bidang real estate alias properti, Rabu. Ini melibatkan pengembang properti yang menipu ratusan pembeli rumah senilai 100 crore rupee (Rp 188 miliar).

    Kasus ini menambah daftar panjang skandal penipuan di sektor real estate India. Pengembang itu pun mengalihkan dana tersebut untuk kepentingan pribadi pemilik dan istrinya.

    Mengutip Rediff, Kamis (6/10/2025), kasus pertama dibuka oleh Unit Kejahatan Ekonomi (Economic Offences Wing/EOW) Kepolisian Mumbai. Penyelidikan awal dilakukan berdasarkan aduan Anil Dron, seorang akuntan publik berusia 62 tahun, yang juga merupakan penduduk Mumbai.

    Pihak berwenang kemudian mengidentifikasi terdakwa utama, yakni seorang pengembang real estate bernama Subbaraman Anand Vilaynur dan istrinya Uma Subbaraman. Perusahaan mereka, B P Gangar Constructions serta beberapa pihak lainnya juga dijerat.

    Dilaporkan ada sekitar 102 orang yang tertipu sejak tahun 2018 senilai 1 miliar rupee. Dana tersebut dikumpulkan dengan janji menjual unit apartemen di proyek perumahan bernama ‘Sky 31’ yang berlokasi di Wadala (West), Mumbai.

    “Namun, setelah mengumpulkan uang dari para korban, terdakwa diduga berkonspirasi untuk mengalihkan dana tersebut ke rekening bank pribadi dan rekening lainnya, alih-alih menggunakannya untuk pembangunan proyek perumahan yang dijanjikan,” ujar EOW.

    Skema penipuan ini semakin diperparah dengan temuan bahwa terdakwa juga menjual satu unit flat kepada dua orang berbeda. Mereka menerima uang dari kedua pembeli tersebut, menyebabkan kerugian ganda.

    EOW kini telah mendaftarkan kasus terhadap para terdakwa atas tuduhan penipuan (cheating) dan pelanggaran kepercayaan kriminal (criminal breach of trust). Penyelidikan mendalam terhadap kasus ini sedang berlangsung untuk mengungkap seluruh jaringan dan aliran dana yang diselewengkan.

    (tps/sef)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dolar AS Melemah ke Level Rp 16.616 Pagi Ini

    Dolar AS Melemah ke Level Rp 16.616 Pagi Ini

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap rupiah pada perdagangan pagi ini. Pelemahan ini membawa mata uang Paman Sam itu berada di level Rp 16.616/US$.

    Dikutip dari data Bloomberg, Jumat (31/10/2025), sekitar pukul 09.16 WIB dolar AS berada pada level Rp 16.616, melemah 20,00 poin atau sebesar 0,12%.

    Pada pembukaan perdagangan, dolar AS berada di level Rp 16.623. Pergerakan dolar AS pagi ini berada di antara Rp 16.615-Rp 16.625.

    Sementara itu, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia-Pasifik lainnya cukup bervariasi. Dolar AS terpantau menguat terhadap won Korea Selatan 0,19%. Sementara terhadap peso Filipina melemah 0,22%.

    Nilai tukar dolar AS juga mengalami penguatan terhadap rupee India 0,57%. Kemudian terhadap yuan China melemah 0,01%. Dolar AS juga menguat terhadap baht Thailand sebesar 0,17%.

    Sementara itu, nilai tukar dolar AS justru mengalami pelemahan terhadap dolar Singapura 0,12%. Jika terhadap dolar baru Taiwan menguat 0,09%,

    Dolar AS terhadap ringgit Malaysia melemah 0,07%, serta terhadap yen Jepang 0,25%. Nilainya juga melemah terhadap dolar Hong Kong 0,02% dan dolar Australia 0,01%.

    Lihat juga Video Trump Ancam Tarif 150% ke BRICS: Mereka Coba Hancurkan Dolar AS!

    (acd/acd)

  • Langganan ChatGPT Gratis Setahun, Warga RI Kebagian atau Tidak?

    Langganan ChatGPT Gratis Setahun, Warga RI Kebagian atau Tidak?

    Jakarta, CNBC Indonesia – OpenAI membuka layanan ChatGPT untuk bisa diakses gratis. Sayang kebijakan ini baru tersedia untuk pengguna di India saja.

    Layanan ChatGPT Go digratiskan selama satu tahun mulai 4 November 2025 mendatang. Alasannya untuk meningkatkan adopsi di negara tersebut, dikutip dari Reuters, Rabu (29/10/2025).

    Sebelumnya ChatGPT Go dibanderol senilai 399 rupee (Rp 75 ribu) per bulan. Ini berlaku sejak pertama kali diluncurkan bulan Agustus.

    Tidak diketahui bagaimana nasib pelanggan sebelumnya ChatGPT Go setelah ada kebijakan baru ini.

    Sebagai informasi, ChatGPT Go merupakan layanan dengan paket berlangganan yang lebih murah. Pengguna masih bisa mendapatkan akses ke sejumlah fitur populer milik chatbot tersebut.

    Tidak semua negara memiliki layanan ini. Mengutip laman resmi OpenAI, Indonesia salah satu yang bisa mengakses ChatGPT Go, begitu juga negara lain seperti Brunei Darussalam, Brasil, Kamboja, Malaysia, Afrika Selatan, Sudan, hingga Thailand.

    Layanan gratis sebenarnya bukan hal yang aneh. Sebab sejumlah perusahaan juga telah melakukan kebijakan serupa untuk produk AI.

    Misalnya Perplexity telah menawarkan akses gratis untuk pengguna India. Kebijakan ini hasil kerja sama dengan operator seluler Bharti Airtel.

    Sama seperti ChatGPT, layanan gratis untuk paket premium pada paket premium berlaku selama setahun.

    Begitu juga dengan Gemini AI Pro. Google menggratiskan akses produknya untuk pelajar pada periode yang sama.

    Sementara itu, Reuters mencatat langkah OpenAI dilakukan saat India memiliki usulan aturan baru terkait pengaturan AI. Perusahaan dan media sosial harus punya label yang jelas soal konten AI, sebagai cara mengatasi penyebaran deepfake dan misinformasi.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Geger 4,5 Kg Emas Dicuri Pendeta Kuil, Modus Pakai Ritual

    Geger 4,5 Kg Emas Dicuri Pendeta Kuil, Modus Pakai Ritual

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pencurian emas kembali terjadi. India melaporkan bagaimana 4,5 kilogram (kg) emas dicuri dari sebuah kuil di Kannada, negara bagian Kerala.

    Mengutip laman lokal, Republic, kejadian baru diketahui setelah Tim Investigasi Khusus (SIT) meluncurkan penyelidikan atas dugaan pencurian emas. Kejadian baru terungkap setelah koin-koin & 400 gram emas dijual penjual perhiasan setempat.

    “Insiden yang melibatkan emas curian dari Kuil Sabarimala terungkap setelah SIT menemukan koin emas dan 400 gram emas dari seorang penjual perhiasan yang berbasis di Ballari,” tulis laman itu, dikutip Senin (27/10/2025).

    “Sebagian besar emas curian tersebut belum ditemukan,” tambahnya.

    Masih melansir laman yang sama, SIT mengatakan bahwa saat ini penjual emas sudah ditangkap. Bersamanya disita uang 2.00.000 rupee (sekitar Rp 37 juta).

    Penangkapan pelaku membawa aparat ke tersangka utama yakni Unnikrishnan Potti. Ia mengaku sebagai pendeta di kuil tersebut dan berpartisipasi dalam ritual, yang kemudian menjual emas curian tersebut.

    Penyelidikan juga mengungkap adanya jaringan yang lebih luas. Smart Creations yang berbasis di Chennai diduga mentransfer sebagian emas ke perantara, termasuk seorang bernama Kalpesh, yang bertindak atas instruksi Potti.

    Sebenarnya ini bukan kasus pertama sang pendeta. Ada satu kasus pencurian lempengan emas lagi yang melibatkannya di wilayah Dwarapalaka.

    (sef/sef)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Spesifikasi Mobil Baru Rival Suzuki Jimny yang Harganya Rp 180 Jutaan

    Spesifikasi Mobil Baru Rival Suzuki Jimny yang Harganya Rp 180 Jutaan

    Jakarta

    Mahindra Thar yang berstatus sebagai rival Suzuki Jimny tiga-pintu akhirnya mendapat pembaruan minor. Kendaraan tersebut secara umum mendapat sentuhan anyar di bagian interior, eksterior serta teknologi.

    Meski demikian, Mahindra Thar terbaru bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Mobil off-road itu sejak awal memang dikembangkan dan diproduksi khusus untuk konsumen di Negeri Hindustan.

    Di India, Mahindra Thar terbaru hanya dibanderol mulai dari 9.99 lakh rupee atau sekira Rp 180 jutaan. Lantas, dengan harganya yang sedemikian miring, bagaimana spesifikasi mobil penantang Jimny tersebut?

    Spesifikasi Mahindra Thar Terbaru

    Disitat dari Gaadiwaadi, Sabtu (18/10), Mahindra Thar terbaru sekarang mendapat sentuhan dua warna atau dual-tone di bagian gril dan bumper depan. Sementara bagian interiornya kini dibuat lebih gelap dengan dasbor dan setir yang dilaburi kelir serba hitam.

    Mahindra Thar 3 Pintu 2025. Foto: Doc. Mahindra Auto

    Bukan hanya itu, produsen juga menyematkan AC atau pendingin tambahan di baris kedua, kemudian kursi depan mendapat sandaran tangan untuk memberikan kenyamanan lebih. Selain itu, kendaraan tersebut kini dilengkapi kamera belakang dan layar hiburan sentuh dengan dukungan Android Auto dan Apple Carplay.

    Selain itu, tak ada yang baru dari rival terberat Suzuki Jimny 3-pintu tersebut. Kendaraan itu masih mengusung gaya off road dengan aksen yang dirancang serba mengotak. Meski tampangnya garang, namun buatan India itu punya dimensi yang tergolong kompak. Panjangnya hanya 3.985 mm dengan lebar 1.820 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

    Di balik kap mesin, Mahindra tetap menawarkan mesin bensin turbo mStallion 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi hingga 320 Nm.

    Selain itu, ada opsi mesin diesel mHawk 2.2 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 130 hp dan torsi puncak 300 Nm. Tersedia juga mesin diesel D117 CRDe yang disetel pada 117 hp dengan torsi 300 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis dan manual enam-percepatan.

    (sfn/lth)

  • Toyota Luncurkan SUV Edisi Khusus, Harganya Rp 212 Juta

    Toyota Luncurkan SUV Edisi Khusus, Harganya Rp 212 Juta

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Jepang, Toyota resmi meluncurkan SUV edisi khusus untuk konsumen di India. Kendaraan tersebut bernama Toyota Urban Cruiser Hyryder Aero Edition. Apa saja yang membuatnya unik?

    Disitat dari Gaadiwaadi, Jumat (17/10), Toyota Urban Cruiser Hyryder Aero Edition hanya mendapat sentuhan khusus di bagian eksterior atau tampilan terluar kendaraan, yakni di area bumper depan-belakang, sisi-sisi bodi dan detail-detail lainnya.

    Sementara pilihan warnanya ada putih, silver, hitam dan merah. Menariknya, sentuhan khusus tersebut bisa dikustom untuk Urban Cruiser Hyryder edisi biasa atau regular.

    Toyota Urban Cruiser Hyryder Aero Edition. Foto: Doc. Toyota India

    Sentuhan baru tersebut membuat harga Urban Cruiser Hyryder naik 32 ribu rupee atau Rp 6 jutaan. Sehingga, mobil bertampang garang tersebut bisa ditebus mulai dari 1,12 juta rupee atau sekitar Rp 212 jutaan. Kit khusus tersebut juga bisa dipasang untuk seluruh varian kendaraan.

    Di luar tambahan kit, tak ada yang baru dari Urban Cruiser Hyryder. Kendaraan tersebut masih menggunakan platform C Global yang digunakan Maruti Suzuki di model Grand Vitara.

    Toyota Hyryder hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama, 1.500 cc K-Series dari Suzuki yang dikombinasikan dengan sistem mild hybrid. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 101 dk dan torsi 136 Nm. Sementara transmisinya manual lima percepatan dan otomatis enam percepatan.

    Sedangkan untuk mesin satunya, kendaraan tersebut menggunakan jantung mekanis milik Toyota dengan kapasitas 1.500 cc hybrid yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 114 dk dan torsi puncak 141 Nm.

    Beralih ke fitur, kendaraan tersebut dibekali berbagai teknologi kekinian, misalnya layar hiburan 9 inci yang bisa dihubungkan ke Apple CarPlay atau Android Auto, control jelajah, start/stop engine, enam airbags, charger nirkabel, enam-speaker Arkamys audio, panoramic sunroof, kamera 360 derajat, dan masih banyak lagi.

    (sfn/sfn)