Produk: MRT

  • Daftar rekayasa lalu lintas DKI Jakarta selama malam Tahun Baru 2025

    Daftar rekayasa lalu lintas DKI Jakarta selama malam Tahun Baru 2025

    Jakarta (ANTARA) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di tiga lokasi utama pada malam Tahun Baru 2025.

    Syafrin di Jakarta, Senin (23/12) malam menjelaskan, pada malam pelaksanaan “Semarak Jakarta Mendunia”, Dinas Perhubungan akan melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas pada tiga lokasi yang diselenggarakan malam bebas kendaraan (car free night).

    “Yang pertama adalah di kawasan Sudirman, Thamrin sampai Merdeka Barat. Ini akan dilakukan penutupan jalan. Sepanjang Sudirman, Thamrin, Merdeka Barat sampai dengan di Jalan Majapahit dari arah Harmoni ini akan ditutup total ada 30 ruas jalan,” katanya.

    Selanjutnya, “car free night” juga akan berlangsung di Jalan Lapangan Banteng Barat pada malam pergantian tahun. Di area ini, Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan rekayasa lalu lintas.

    “Jadi dari Jalan Perwira yang biasanya bisa belok kanan ke jalan Lapangan Banteng Barat ini Lapangan Banteng itu akan ditutup. Lalu lokasi di kawasan Kota Tua yang dimulai dari Pintu Besar Selatan kemudian lurus ke arah utara Pintu Besar Utara,” katanya.

    Kemudian rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan di Jalan Kali Besar Barat. Di jalan tersebut, pengguna jalan nantinya diarahkan untuk belok kanan ke Jalan Kunir, kemudian Jalan Kemukus, Jalan Lada dan kembali lagi ke Pintu Besar Utara.

    Tak hanya melakukan rekayasa lalu lintas, Dishub DKI Jakarta juga telah menyiapkan kantong parkir untuk masyarakat yang ingin menghadiri acara-acara malam pergantian tahun.

    Syafrin menjelaskan, tempat parkir sudah ada identifikasi di sepanjang Sudirman-Thamrin sebanyak 24 titik yang mampu menampung kendaraan roda dua sebanyak 17.493. Kemudian kendaraan roda empat sebanyak 21.914.

    “Namun demikian, menyambut “Semarak Jakarta Mendunia” ini juga akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk angkutan umum Jakarta, yakni Transjakarta, MRT dan LRT itu akan digratiskan selama dua hari dari 31 Desember dan tanggal 1 Januari,” kata Syafrin.

    Untuk itu, Dishub DKI mengimbau kepada masyarakat, walaupun disiapkan ruang parkir yang cukup, namun diharapkan masyarakat menggunakan transportasi umum untuk ke pusat-pusat kegiatan di malam tahun baru.

    Pada malam pergantian tahun, layanan Transjakarta akan operasional selama 24 jam pada 13 koridor utama dengan mengerahkan 2.158 unit bus besar.

    Selain itu untuk ganjil-genap, sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 bahwa ganjil-genap tidak berlaku pada 25-26 pada hari libur.

    “Tetapi tanggal 23, 24, dan 27 Desember, ganjil genap tetap berlaku. Selanjutnya pada tanggal 30 hingga 31 Desember dan 1 Januari, tidak berlaku,” katanya.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dishub Sediakan 24 Titik Parkir di Sudirman-Thamrin saat Malam Tahun Baru

    Dishub Sediakan 24 Titik Parkir di Sudirman-Thamrin saat Malam Tahun Baru

    Jakarta

    Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta akan menyediakan 24 titik parkir kendaraan selama malam tahun baru. Titik parkir itu mampu menampung belasan ribu motor dan puluhan ribu mobil.

    “Berikutnya kami sudah siagakan untuk Lapangan banteng untuk tempat parkirnya sudah ada di sepanjang jalan Sudirman Thamrin,” kata Kadishub Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Senin (23/12/2024).

    “Ada 24 titik parkir yang mampu menampung untuk roda dua sebanyak 17.493 satuan ruang parkir roda dua. Kemudian roda empatnya mampu menampung 21.914 satuan ruang parkir,” lanjutnya.

    Syafrin menyampaikan selama perayaan tahun baru, transportasi umum seperti Transjakarta, MRT dan LRT digratiskan. Selama dua hari penumpang tidak perlu melakukan pembayaran saat menaiki transportasi massal tersebut.

    “Menyambut Jakarta mendunia ini juga akan berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana untuk angkutan umum massa di Jakarta, Transjakarta, MRT dan LRT itu akan digratiskan dua hari, tanggal 31 Desember dan tanggal 1 Januari,” ujarnya.

    Syafrin mengatakan meski pihaknya menyediakan tempat parkir, namun masyarakat diimbau untuk menggunakan transportasi umum. Dia menyebut ada dua ribu lebih TransJakarta yang akan beroperasi 24 jam pada 1 Januari 2024.

    “Untuk pelayanan Transjakarta itu akan operasional 24 jam pada 13 koridor utama dengan 2.158 minibus besar. Jadi bus besar akan operasional penuh, sementara untuk MRT lrt dan KRL akan operasional sampai dengan pukul 02.00 pagi pada tanggal 1 Januari Januari 2025,” imbuhnya.

    (maa/maa)

  • Setor Dividen Rp147,8 Miliar, IDSurvey Jadi Denyut Nadi Utama Ekonomi RI

    Setor Dividen Rp147,8 Miliar, IDSurvey Jadi Denyut Nadi Utama Ekonomi RI

    Jakarta: IDSurvey, holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia, telah memasuki usia tiga tahun. Namun kontribusi dan dampak kepada negara sudah cukup besar.
     
    “Hal ini salah satunya dibuktikan dengan setoran dividen kepada negara untuk 2024 atas kinerja tahun buku 2023 sebesar Rp147,8 miliar dan merupakan kontribusi dividen IDSurvey terbesar,” ucap Komisaris Utama PT BKI/IDSurvey Susyanto dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 21 Desember 2024.
     
    Direktur Utama PT BKI/IDSurvey Arisudono Soerono menambahkan, BUMN Jasa Survei kini semakin mendapat perhatian lebih, karena peran penting di berbagai sektor pemastian. Hal tersebut menjadi semakin vital di denyut nadi perekonomian bangsa Indonesia.
    “Kita Merah Putih, maka mari tegakkan kepercayaan diri untuk mengoptimalkan segala upaya mendukung visi Indonesia ke depan,” tegas dia.
     
    Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN Chairiah juga menyampaikan apresiasi dan harapannya atas IDSurvey di tahun-tahun mendatang,
     
    “Mencapai tahun ke-3 ini, IDSurvey diharapkan dapat terus menguatkan sinergitas internal, dan terus menghasilkan inovasi yang mampu membawa holding mencapai tujuan bersama, Top 20 Global,” tutur Chairiah.
     
    Dalam tiga tahun ini, IDSurvey hadir untuk memastikan keamanan dan kehalalan produk konsumsi masyarakat, konektivitas logistik di darat, laut, dan udara, memastikan rantai pasok industri berjalan dengan lancar, memastikan mutu dan keandalan industri, menghadirkan laboratorium lingkungan, mineral, pelumas, dan migas, pengawas independen satelit Satria-1 dan Palapa Ring.
     
    Kemudian menjamin keandalan transportasi kereta cepat, bus kota, angkutan kota, dan MRT Jabodebek, memastikan konektivitas di sektor maritim melalui Marine Cloud Platform, menginisiasi, mempromosikan, dan mendorong pertumbuhan bisnis hijau dan penerapan industri berkelanjutan, verifikasi teknis impor, dan lain sebagainya.
     

     

    Kedepankan konsep berkelanjutan

    Adapun, IDSurvey menggelar puncak acara ulang tahun ke-3 secara serentak di Batam, Medan, Jakarta, Semarang, Palembang, Balikpapan, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru. Kegiatan perayaan ulang tahun serentak mengedepankan konsep keberlanjutan dan kebersamaan tiga entitas.
     
    Kegiatan perayaan serentak ini sendiri merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang terdiri dari berbagai kegiatan, diantaranya Peresmian Greenhouse dan Ecofarm di Gianyar Bali, IDS Battle Of Excellence adu kecerdasan antarentitas di Jakarta, IDS Drops of Hope donor darah dan cek kesehatan di sembilan Kantor Cabang IDSurvey.
     
    Selanjutnya IDS Green Action di berbagai lokasi di delapan kota, IDS Fun Run di Kota Batam, hingga IDSurvey Goes to Campus di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Riau.
     
    Terkait peresmian Greenhouse dan Ecofarm di Gianyar Bali, hal ini merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pembangunan Greenhouse dan Ecofarm yang terintegrasi dengan pengelolaan limbah canang di Kawasan Tirta Empul, Gianyar, Bali. Program ini bertujuan untuk menciptakan solusi nyata terhadap tantangan lingkungan sekaligus mendukung terciptanya ekonomi sirkular di komunitas lokal Kawasan Tirta Empul.
     
    Melalui pembangunan Greenhouse dan Ecofarm ini, IDSurvey menunjukkan komitmennya untuk mendukung praktik pertanian berkelanjutan, pemberdayaan komunitas lokal, serta pengurangan emisi karbon, sejalan dengan visi untuk menciptakan ekosistem yang lebih hijau dan berkelanjutan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • DPRD Jakarta sahkan empat raperda jadi perda air limbah hingga MRT

    DPRD Jakarta sahkan empat raperda jadi perda air limbah hingga MRT

    Jakarta (ANTARA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengesahkan empat rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi perda terkait pengelolaan air limbah domestik, pendirian dan penyertaan modal PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) serta tentang Moda Raya Terpadu (MRT).

    “Setelah raperda ini disetujui, maka harapan kami Penjabat Gubernur bisa memperhatikan saran, masukan dan harapan yang telah disampaikan anggota,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin di Jakarta, Senin.

    Ia mengatakan bahwa empat raperda yang disahkan yaitu tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, Pendirian Perseroan Terbatas serata Penyertaan Modal Daerah Perseroan Terbatas Jakarta Industrial Estate Pulogadung dan Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2018 tentang Perseroan Terbatas MRT Jakarta.

    “Apakah raperda ini disetujui?,” kata Khoirudin serta dijawab anggota dewan setuju.

    Setelah itu, disusul dengan penyerahan secara simbolis Raperda yang telah disetujui dari pimpinan DPRD kepada Penjabat Gubernur.

    Khoirudin mengatakan bahwa ketika pembukaan rapat paripurna, persetujuan peraturan daerah, harus memenuhi kourum yaitu 70 orang dari total jumlah anggota DPRD Jakarta yaitu 106 orang.

    “Rapat diskors hingga pukul 17.15 WIB, karena baru ada 60 orang anggota,” katanya.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • 3 Tahun Holding BUMN Jasa Survei, Apa Saja Kontribusi ke Indonesia? – Page 3

    3 Tahun Holding BUMN Jasa Survei, Apa Saja Kontribusi ke Indonesia? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta IDSurvey, holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia, merayakan puncak ulang tahun ke-3 secara serentak di sembilan kota besar di Indonesia.

    Acara ini dilaksanakan di Batam, Medan, Jakarta, Semarang, Palembang, Balikpapan, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru dengan konsep yang mengedepankan keberlanjutan dan kebersamaan antar-entitas.

    Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono, hadir langsung di Kota Batam untuk memimpin perayaan. Seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris juga tersebar di sembilan kota tersebut, menandai pentingnya kolaborasi dan semangat kebersamaan dalam merayakan perjalanan tiga tahun IDSurvey.

    Rangkaian Kegiatan Bertema Keberlanjutan

    Puncak acara ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya, termasuk:

    Sustainability CSR: Peresmian Greenhouse dan Ecofarm di Gianyar, Bali.
    IDS Battle of Excellence: Kompetisi antar-entitas di Jakarta.
    IDS Drops of Hope: Donor darah dan pemeriksaan kesehatan di sembilan kantor cabang IDSurvey.
    IDS Green Action: Kegiatan ramah lingkungan di delapan kota.
    IDS Fun Run: Olahraga bersama di Kota Batam.
    IDSurvey Goes to Campus: Kunjungan ke Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Riau.

    Kontribusi IDSurvey untuk Indonesia

    Selama tiga tahun terakhir, IDSurvey telah memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan kehalalan produk konsumsi masyarakat, mendukung konektivitas logistik, menjaga mutu industri, dan mengembangkan teknologi hijau serta industri berkelanjutan.

    IDSurvey juga berperan dalam pengawasan independen satelit Satria-1 dan Palapa Ring, memastikan keandalan transportasi kereta cepat dan MRT Jabodebek, hingga pengembangan Marine Cloud Platform untuk sektor maritim.

    Dalam program sosial, IDSurvey aktif melalui inisiatif yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

    Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono, menegaskan pentingnya peran holding ini dalam berbagai sektor.

    “BUMN Jasa Survei kini menjadi bagian penting dari denyut nadi perekonomian Indonesia. Kita harus terus percaya diri untuk mendukung visi Indonesia ke depan,” ujar Arisudono, Senin (23/12/2024).

     

  • Catat! Ini Jadwal MRT Jakarta saat Libur dan Cuti Bersama Natal 2024

    Catat! Ini Jadwal MRT Jakarta saat Libur dan Cuti Bersama Natal 2024

    Jakarta

    PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memberlakukan jadwal operasional khusus saat libur Hari Raya Natal dan Cuti Bersama pada 25-26 Desember 2024, yakni pukul 05.00-24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antar-kereta atau headway setiap 10 menit.

    Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, mengatakan perubahan operasi tersebut dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

    Bersamaan dengan itu, Perseroda akan memberikan sejumlah program menarik bagi para pelanggan yang menggunakan layanan MRT Jakarta selama periode libur dan cuti bersama Natal itu.

    “Di antaranya program promo pembelian tiket perjalanan dengan menggunakan AstraPay dan blu by BCA digital, program promo feeder, serta program promo beragam gerai di stasiun MRT,” kata Ahmad dalam keterangan resminya, Senin (23/12/2024).

    Meski begitu, ia menegaskan pola operasi tersebut hanya berlaku untuk selama libur dan cuti bersama Natal saja. Kemudian untuk pola operasi hari selanjutnya, Jumat (27/12), akan kembali menggunakan jadwal operasional normal.

    Dalam hal ini, untuk hari Senin-Jumat operasi MRT pukul 05.00-00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antar kereta setiap lima menit pada waktu sibuk (pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB). Lalu untuk hari Sabtu-Minggu operasi layanan akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta 10 menit.

    “Untuk menggunakan layanan MRT Jakarta, pelanggan dapat menggunakan sejumlah metode pembayaran seperti kartu uang elektronik (e-money Mandiri, flazz BCA, BRIzzi BRI, TapCash BNI, JakCard Bank DKI), aplikasi MyMRTJ (iSaku, AstraPay, blu by BCA, dan kartu kredit mastercard), mesin penjualan tiket QR MyMRTJ Lite (QRIS, kartu debit, dan kartu kredit), dan pembelian tiket pada loket di stasiun menggunakan tunai, QRIS, kartu debit, dan kartu kredit,” pungkasnya.

    (fdl/fdl)

  • Pemprov Disarankan Naikkan Tarif Transjakarta Dibanding Hapus Rute Blok M-Kota

    Pemprov Disarankan Naikkan Tarif Transjakarta Dibanding Hapus Rute Blok M-Kota

    Pemprov Disarankan Naikkan Tarif Transjakarta Dibanding Hapus Rute Blok M-Kota
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyarankan Pemprov Jakarta menaikkan tarif Transjakarta dibandingkan menghapus koridor 1 Blok M-Kota.
    “Kalau memang merasa beban, Transjakarta itu tarifnya harus naik,” ujar Djoko Setijowarno saat diwawancarai Kompas.com, Senin (24/12/2024).
    Djoko mengatakan, Transjakarta bisa menaikkan tarif seperti sebelum 2010. Saat itu, rute Transjakarta ada enam koridor.
    Rute ke-6 tersebut merupakan Ragunan-Kuningan. Saat itu, para penumpang diminta membayar tarif di atas Rp 5.000 dan tidak keberatan.
    “Waktu itu kan mereka disuruh bayar di atas Rp 5.000, mau tuh. Karena itu kan premium gitu kan, yang penting buat mereka tepat waktu,” kata Djoko.
    Djoko menilai, banyak masyarakat yang rumahnya di Kuningan tetap mau naik Transjakarta meski tarifnya naik saat itu.
    Namun, khusus untuk kelompok tertentu seperti lansia dan lainnya, Djoko menyarankan agar tarifnya tetap.
    “Jadi, tarifnya sekarang Rp 3.500 dinaikkan Rp 5.000. Tapi, ada yang tetap bertahan di Rp 3.500, khusus kelompok tertentu,” tegas Djoko.
    Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jakarta mengungkapkan rencana penghapusan rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT.
    Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, langkah itu diambil supaya tidak terjadi tumpang tindih antarmoda transportasi umum.
    “Contohnya untuk MRT Lebak Bulus sampai Kota (jika sudah) terbangun, maka untuk koridor satu Transjakarta dari Blok M sampai Kota itu nanti ditiadakan,” kata Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (20/12/2024).
    Syafrin menyebut, penghapusan bakal dilakukan setelah pengerjaan jalur MRT rute Lebak Bulus sampai Kota rampung.
    “Memang sudah masuk dalam rencana induk transportasi Jakarta,” ucap dia.
    Selain itu, Dishub juga berencana menghapus rute Transjakarta koridor dua Pulo Gadung-Harmoni jika seluruh jaringan MRT sudah terbangun.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DPRD dan Pemprov Jakarta Sahkan Empat Raperda, Salah Satunya soal Air Limbah

    DPRD dan Pemprov Jakarta Sahkan Empat Raperda, Salah Satunya soal Air Limbah

    DPRD dan Pemprov Jakarta Sahkan Empat Raperda, Salah Satunya soal Air Limbah
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Setelah diskors kurang lebih satu jam, rapat paripurna
    DPRD Jakarta
    bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta terkait pengesahan empat
    Raperda
    kembali digelar di Gedung DPRD Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2024).
    Pengamatan
    Kompas.com
    , rapat paripurna untuk mengesahkan empat Raperda ini dimulai kembali pada pukul 17.15 WIB usai satu jam diskors akibat tidak mencapai jumlah minimum 2/3 dari jumlah anggota yang hadir. Rapat ini berkahir sekitar puku 17.45 WIB.
    Ketua DPRD Jakarta Khoirudin mengatakan,
    raperda
    tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, Raperda tentang Pendirian PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 9 Tahun 2018 tentang PT MRT Jakarta, telah disetujui.
    “Untuk menjadi peraturan daerah maka raperda tersebut akan diserahkan untuk penjabat gubernur untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Khoirudin dalam rapat, Senin.
    Setelahnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi bersama pimpinan DPRD Provinsi Jakarta menandatangani berita acara terkait pengesahan empat raperda tersebut.
    Disusul dengan dengan penyerahan secara simbolis raperda yang telah disetujui dari pimpinan DPRD kepada Teguh Setyabudi.
    Dalam pidatonya, Teguh mengapresiasi para pimpinan dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta atas kecermatan, ketelitian, dan kesungguhan dalam menelaah seluruh substansi materi Raperda ini.
    “Berbagai saran, komentar, dan rekomendasi dari Dewan yang disampaikan selama proses pembahasan, penyelesaian dan persetujuan Peraturan Daerah ini akan dijadikan catatan penting untuk ditindaklanjuti oleh jajaran Eksekutif,” ujar Teguh.
    Sebelumnya, Rapat paripurna DPRD Jakarta terkait pengesahan empat Raperda diskors satu jam karena tidak memenuhi kuorum atau tidak mencapai jumlah minimum 2/3 dari jumlah anggota yang hadir.
    Pengamatan Kompas.com, mulanya, anggota DPRD Jakarta dari Fraksi Partai Demokrat, Ferrial, melakukan interupsi. Ia meminta Ketua DPRD Khoirudin membacakan daftar anggota dewan yang hadir dalam rapat ini.
    “PKS hadir 12 dari 18, PDIP 9 dari 15, Partai Gerindra 11 dari 14, Partai Nasdem 9 dari 11, Golkar 9 dari 10, PKB 4 dari 10, PAN 8 dari 10, Demokrat-Perindo 7 dari 9, PSI 4 dari 8. Total 73, jadi 70 persen,” ujar Khoirudin dalam rapat di Gedung DPRD Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2024).
    Sesuai dengan tata tertib, anggota dewan harus diabsen dengan kehadiran fisik, bukan sesuai absen yang telah ditandatangani.
    Khoirudin lalu memutuskan untuk meminta setiap anggota dari seluruh fraksi untuk berdiri agar dapat dihitung sesuai kehadiran fisik.
    “PKS 12 dari 18, PDIP 7 dari 15, Gerindra 9 dari 14, Nasdem-PPP 6, Golkar 9, PKB 1, PAN 6, Demokrat-Perindo 5 dari 10, dan PSI 2 dari 8,” kata dia.
    Melihat jumlah anggota dewan yang hadir, Wakil Ketua DPRD Basri Baco mengatakan, kekosongan harus segera diisi sesuai dengan tata tertib.
    “Mohon bantuannya semua teman-teman fraksi untuk menghadirkan anggotanya,” ucap dia.
    Khoirudin lalu mengatakan, jumlah anggota dewan yang hadir masih kurang 10 orang. Oleh karena itu, rapat paripurna diskors selama satu jam.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pengamat: Karakteristik Penumpang Harus Diperhatikan Sebelum Hapus Koridor 1 Transjakarta

    Pengamat: Karakteristik Penumpang Harus Diperhatikan Sebelum Hapus Koridor 1 Transjakarta

    Pengamat: Karakteristik Penumpang Harus Diperhatikan Sebelum Hapus Koridor 1 Transjakarta
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengimbau Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta untuk mempertimbangkan karakteristik penumpang Transjakarta sebelum memutuskan penghapusan
    koridor 1
    Blok M-Kota dan menggantikannya dengan MRT.
    “Artinya, harus lihat karakternya penumpang MRT dengan penumpang Transjakarta,” ujar Djoko saat diwawancarai
    Kompas.com
    , Senin (24/12/2024).
    Djoko menjelaskan, karakteristik penumpang Transjakarta dan MRT berbeda, terutama dari segi sosial ekonomi. Menurutnya, perbedaan tersebut harus menjadi perhatian mengingat disparitas sosial masyarakat Indonesia yang masih tinggi.
    “Coba Indonesia, direktur ada yang gaji di atas Rp 100 juta kan? Tapi ada orang yang gaji hanya UMR saja, itu beda beberapa kali lipat,” ucap Djoko.
    Ia menambahkan, penumpang Transjakarta tidak bisa dipaksa untuk beralih ke MRT karena perbedaan tarif dan aksesibilitas.
    “Kalau Transjakarta itu kan plus ke bawah rata-rata. MRT beda tarifnya. Kalau office boy ditanya pilih MRT atau Transjakarta, maka mereka lebih milih Transjakarta,” jelasnya.
    Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta mengumumkan rencana penghapusan rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT. Salah satunya adalah
    Koridor 1
    Blok M-Kota, yang akan dihapus setelah MRT rute Lebak Bulus-Kota selesai dibangun dan beroperasi penuh.
    “Contohnya untuk MRT Lebak Bulus sampai Kota (jika sudah) terbangun, maka untuk
    Koridor 1 Transjakarta
    dari Blok M sampai Kota itu nanti ditiadakan,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Jumat (20/12/2024).
    Syafrin menuturkan, langkah ini diambil untuk menghindari tumpang tindih antarmoda transportasi umum.
    “Memang sudah masuk dalam rencana induk transportasi Jakarta,” katanya.
    Selain itu, Dishub juga berencana menghapus rute Transjakarta Koridor 2 Pulo Gadung-Harmoni jika seluruh jaringan MRT selesai dibangun.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rencana Penghapusan Koridor 1, Pj Gubermur: Saya Belum Bisa Cermati Lebih Jauh

    Rencana Penghapusan Koridor 1, Pj Gubermur: Saya Belum Bisa Cermati Lebih Jauh

    Rencana Penghapusan Koridor 1, Pj Gubermur: Saya Belum Bisa Cermati Lebih Jauh
    Tim Redaksi

    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi menyatakan belum ada keputusan resmi terkait rencana penghapusan rute Transjakarta
    Koridor 1
    rute Blok M-Kota.
    Menurut Teguh, hingga saat ini pihaknya belum menerima naskah akademis yang menjadi dasar pembahasan rencana tersebut.
    “Naskah akademisnya yang masuk ke kami itu belum (ada). Saya belum bisa cermati lebih jauh ya,” ujar Teguh saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2024).
    Teguh menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mengambil keputusan terkait penghapusan Koridor 1.
    “Belum ada keputusan tentang itu, bahkan (surat naskah akademis) belum sampai ke meja saya,” katanya.
    Ia menjelaskan, pembahasan rencana itu saat ini masih berlangsung antara Dinas Perhubungan (Dishub) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
    “Jadi itu kalau enggak salah kan pada waktu sifatnya masih pembahasan itu ya antara DPRD dengan OPD-OPD,” tambah Teguh.
    Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengusulkan penghapusan
    Koridor 1 Transjakarta
    rute Blok M-Kota pada 2029 mendatang.
    Rute tersebut akan dilakukan peralihan (rerouting) setelah Moda Raya Terpadu (MRT) fase 2A, rute Bundaran HI-Kota, selesai dan MRT Lebak Bulus-Kota beroperasi sepenuhnya.
    “Koridor Blok M-Kota ini akan dilakukan
    rerouting
    , tetapi menunggu selesai pembangunan MRT fase 2A (Bundaran HI-Kota) dan MRT operasional
    full
    (dari Lebak Bulus sampai Kota),” jelas Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (21/12/2024).
    Syafrin menyebut, penghapusan rute Transjakarta Koridor 1 dilakukan untuk mencegah tumpang tindih subsidi transportasi umum.
    “Otomatis ada dua subsidi, contohnya Blok M-Kota itu kemudian pada saat MRT Fase 2A selesai, layanan MRT jadi full Lebak Bulus-Kota,” ujarnya.
    Meski demikian, Syafrin memastikan halte Transjakarta sepanjang rute Blok M-Kota tidak akan dibongkar dan tetap digunakan untuk mendukung sistem transportasi umum di Jakarta.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.