Produk: MRT

  • DKI siap beri modal awal untuk buka rute MRT ke Tangsel

    DKI siap beri modal awal untuk buka rute MRT ke Tangsel

    Arsip foto – Foto udara jembatan layang (skybridge) penghubung Stasiun MRT Asean dan Halte Transjakarta CSW di Jakarta, Rabu (11/8/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/aa.

    DKI siap beri modal awal untuk buka rute MRT ke Tangsel
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Minggu, 25 Mei 2025 – 23:55 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap memberi modal awal untuk proyek perluasan rute Moda Raya Terpadu (MRT) dari Jakarta menuju ke Tangerang dan Tangerang Selatan.

    “Saya menyampaikan ke Pemerintah Banten, kalau perlu modal dasarnya, modal awalnya dari Pemerintah Provinsi DKI ya nanti tergantung hitungan bisnis ke bisnisnya,” ujar Gubernur Jakarta Pramono Anung di Jakarta, Minggu.

    Pramono meyakini rute MRT bisa diperluas sampai Tangerang dan Tangerang Selatan. Bahkan Tanjung Priok dan Ancol sekalipun mampu untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

    “Saya meyakini kalau bisa sampai Tangerang atau Tangerang Selatan, dan bahkan nanti sampai Tanjung Priok, kemudian Ancol. Saya yakin MRT akan betul-betul bisa mengurai kemacetan yang ada di Jakarta,” katanyaml.

    Sementara itu, menurut informasi, rancangan proyek MRT menuju Tangsel sudah melewati tahap uji kelayakan dan sudah dilakukan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion/FGD).

    Diskusi melibatkan berbagai pihak seperti Pemerintah Pusat mulai dari Kemenko Perekonomian, Bappenas, Kementerian Perhubungan, Pemprov DKI Jakarta dan Banten, Pemkab Tangerang, hingga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT MRT Jakarta (Perseroda).

    Adapun terkait jalur, terdapat dua yang dinilai potensial, yakni jalur Pondok Aren-Serpong dan Ciputat-Pondok Cabe. Kedua jalur ini akan terhubung dengan stasiun utama di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

    Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menyatakan pihaknya mendukung rencana kelanjutan pembangunan transportasi massal berbasis kereta itu hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel).

    Dia berpendapat dengan kehadiran jalur perpanjangan itu, maka interkoneksi dari Jakarta ke kota penyangga pun akan semakin baik.

    Meski demikian, menurut Tuhiyat, masalah utama dari rencana ini adalah dari sisi pendanaan. Dia menyebut tidak semua pemerintah daerah memiliki kemampuan pendanaan seperti DKI Jakarta.

    Sumber : Antara

  • Review AirPods 4 ANC: Earbuds Terbaru Apple dengan Bass Nendang dan Head Gesture Canggih, Layak Beli? – Page 3

    Review AirPods 4 ANC: Earbuds Terbaru Apple dengan Bass Nendang dan Head Gesture Canggih, Layak Beli? – Page 3

    Saat pertama kali memakai earbuds ini, kami sangat terkejut dengan kemampuan ANC-nya, mengingat perangkat ini mengusung desain open-ear.

    Meski tanpa eartip, earbuds ini sanggup meredam suara bising frekuensi rendah seperti deru KRL, suara MRT, atau kipas angin.

    Hal ini berkat kehadiran chipset Apple H2 memungkinkan fitur noise canceling bekerja secara adaptif, ketika digunakan di transportasi umum atau area ramai, suara tetap jernih dan fokus.

    Fitur noise control–baik noise canceling, adaptive, atau transparency–sangat membantu untuk tetap fokus pada musik atau game, ketika bepergian dengan kereta atau TransJakarta.

    Bass yang dihasilkan terasa dalam dan bertenaga, sementara vokal terdengar hangat dan detail. Saat mencoba berbagai genre musik, dari rock, pop, hingga K-pop, semuanya terdengar detail serta menyenangkan.

     

  • Hindari Pelanggaran, Ini Info Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Selasa 27 Mei 2025 – Page 3

    Hindari Pelanggaran, Ini Info Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Selasa 27 Mei 2025 – Page 3

    Hari kerja di Jakarta identik dengan padatnya aktivitas dan tingginya volume kendaraan di jalan. Untuk mengendalikan kepadatan lalu lintas, kebijakan ganjil genap kembali diberlakukan pada Selasa (27/5/2025).

    Pembatasan ini diterapkan di jam-jam sibuk, sehingga pengemudi kendaraan roda empat perlu menyusun strategi perjalanan agar aktivitas tetap berjalan lancar dan bebas dari pelanggaran aturan.

    Berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan agar perjalanan tetap efisien saat ganjil genap berlangsung:

    1. Cermati nomor terakhir di pelat kendaraan

    Tanggal 27 termasuk hari ganjil, jadi hanya kendaraan dengan angka ganjil di akhir pelat yang boleh melintas saat ganjil genap berlaku.

    2. Hindari berkendara saat pembatasan berlaku

    Jam operasional ganjil genap berlangsung pukul 06.00–10.00 WIB dan 16.00–21.00 WIB. Bagi kendaraan yang tidak sesuai, sebaiknya atur perjalanan di luar waktu tersebut.

    3. Gunakan bantuan aplikasi lalu lintas

    Aplikasi seperti Google Maps atau Waze dapat memberikan informasi titik lokasi ganjil genap dan menyarankan jalur alternatif yang aman.

    4. Pertimbangkan beralih ke transportasi umum

    Jika kendaraan pribadi tak dapat digunakan, pilihan moda seperti busway, MRT, KRL, atau LRT bisa menjadi solusi efektif dan efisien.

    5. Buat rencana perjalanan dari awal

    Tentukan waktu dan rute secara detail agar perjalanan tidak terganggu aturan ganjil genap. Persiapan ini juga bisa menghindari keterlambatan menuju tempat tujuan.

    6. Selalu patuhi rambu dan marka jalan-jalan

    Rambu pembatasan ganjil genap dan kamera ETLE terus aktif memantau. Pelanggaran akan tetap tercatat meski tak ada petugas di lokasi.

    7. Pastikan surat kendaraan dibawa

    Jangan lupa membawa SIM dan STNK yang masih berlaku untuk kelancaran perjalanan jika ada pemeriksaan oleh petugas.

    8. Siapkan kendaraan dalam kondisi prima

    Periksa tekanan angin ban, bahan bakar, dan komponen penting lainnya agar perjalanan tetap nyaman, apalagi jika harus menempuh rute alternatif yang lebih jauh.

    Meski aturan ganjil genap dapat menjadi tantangan, kesiapan dan kepatuhan bisa membantu menciptakan perjalanan yang lebih teratur.

    Lebih dari sekadar menghindari tilang, disiplin dalam berlalu lintas menjadi bagian penting dari upaya bersama untuk mewujudkan kota yang lebih tertib dan nyaman bagi semua penggunanya.

  • Pelanggan Keluhkan Security Check Hambat Perjalanan, MRT Jakarta Janjikan Evaluasi – Page 3

    Pelanggan Keluhkan Security Check Hambat Perjalanan, MRT Jakarta Janjikan Evaluasi – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Moda raya terpadu (MRT) Jakarta menjadi salah satu alternatif transportasi publik favorit bagi publik. Kecanggihannya sudah menyamai kelas dunia, meski jaraknya masih terbatas di fase satu, Lebak Bulus-Bundaran HI.

    Sejak pertama beroperasi tahun 2019, MRT Jakarta memiliki ketepatan waktu yang presisi dan keamanan yang ketat yakni dengan pemeriksaan sebelum penumpang masuk ke dalam peron.

    Seiring berjalannya waktu, tingginya pengguna moda transportasi tersebut membuat publik memilih MRT Jakarta sebagai alternatif utama, khususnya berangkat kerja.

    Anti macet dan jarak tempuh yang singkat menjadi alasan utama, mengapa MRT Jakarta menjadi favorit. Namun demikian, ada sejumlah kritik dari pengguna yang harus menjadi perhatian. Salah satunya security check atau pemeriksaan keamanan.

    Dhika, seorang pekerja swasta yang selalu menggunakan MRT Jakarta mempertanyakan mengapa kebijakan pemeriksaan kemanan untuk tas harus dilakukan. Menurut dia, di saat harus mengejar waktu untuk berangkat kerja, dirinya dan penumpang lain justru harus tertahan karena hal tersebut.

    “Gue bingung sama kebijakan MRT, awal mereka pakai xray tiap mau masuk stasiun yang mana menurut gue agak berlebihan dan bikin antrian panjang. Lalu all of the sudden bulan ini mereka hilangkan tuh xray di tiap stasiun, digantikan garrett (metal detector),” kata Dhika di Jakarta, Senin (26/5/2025).

    Dhika bercerita, dari beberapa stasiun yang disambangi, CSW menjadi stasiun paling sibuk karena menjadi rute transit yang bersinggungan dengan penumpang TransJakarta.

    “CSW notabene salah satu stasiun paling sibuk, mereka bukannya pakai garrett tp cek manual pakai stik, penumpang harus buka tas, pagi-pafi orang lagi incrush malah diribetin,” keluh dia.

    Senada dengan itu, Evi yang bekerja di daerah Sudirman juga merasakan hal senada. Dia memperhatikan, biasanya pemeriksaan keamanan dilakukan dengan metal detector tapi kali ini hanya pakai stick.

    “Saya juga bingung awalnya cuma garrett terus sekarang manual check di MRT Bunderan Senayan. Itu bikin ribet,” kritik dia.

    Evi berpandangan, jika hal itu hanya sebatas formalitas harusnya MRT Jakarta bisa lebih bijak untuk menyiasati cara efisien untuk keamanan. Karena dengan cara saat ini, hal itu justru mengganggu kenyamanan pelanggan dan memakan waktu saat sedang terburu-buru.

    “Saya pernah komen ke satpamnya, kalian lihat isi tas gini kalau formalitas doang mending engga usah. Pakai garrett aja. Saya pernah lagi ribet banget barang dibawa banyak, saya bilang buka dan lihat sendiri aja, tangan saya ribet,” keluh dia.

     

  • Menko AHY ingin investasi berkelanjutan bagi MRT Fatmawati-Kp.Rambutan

    Menko AHY ingin investasi berkelanjutan bagi MRT Fatmawati-Kp.Rambutan

    Kita berharap akan hadir investasi yang sustainable berkelanjutan agar proyek ini bisa dituntaskan dengan baik dan dalam waktu yang secepatnya

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap investasi berkelanjutan dapat hadir untuk pembangunan proyek MRT Fatmawati ke Kampung Rambutan.

    Ia memastikan proyek pembangunan MRT Fatmawati ke Kampung Rambutan akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU).

    “Kita berharap akan hadir investasi yang sustainable berkelanjutan agar proyek ini bisa dituntaskan dengan baik dan dalam waktu yang secepatnya,” ujar Menko AHY saat meninjau proyek MRT Fase 2A di kawasan Monas di Jakarta, Senin.

    Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengungkapkan proyek MRT Fatmawati ke Kampung Rambutan merupakan inisiator dari swasta, yang ingin mengerjakan dengan skema KPBU Non Availability of Payment.

    Ia menjelaskan, proyek MRT jalur tersebut akan sepanjang 11 kilo meter (KM) dengan sebanyak 10 stasiun pemberhentian.

    “Saat ini progresnya masih sedang dalam progres kajian mendalam oleh pihak inisiator (swasta). Swastanya dari luar negeri, nanti akan kolaborasi dengan lokal,” ujar Tuhiyat.

    MRT Jakarta saat ini tengah mengerjakan proyek MRT Jakarta Fase 2A, yang mencakup pembangunan jalur sepanjang 5,8 kilometer dari Bundaran HI sampai Kota Tua, dengan tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota Tua.

    Nilai investasi proyek MRT Jakarta Fase 2A diperkirakan mencapai sekitar Rp25,3 triliun, yang dibiayai melalui pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

    Kemudian, Fase 2B direncanakan melanjutkan jalur dari Kota Tua hingga Depo Ancol Barat, yang masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study). ​

    Secara keseluruhan, nilai investasi untuk proyek MRT Jakarta Fase 2 (Fase 2A dan 2B) diperkirakan sekitar Rp45,4 triliun, dengan skema pendanaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta pinjaman luar negeri. ​

    Sementara itu, MRT Jakarta Fase 3 Timur-Barat direncanakan memiliki panjang kurang lebih 84,10 kilometer, yang bermula dari Stasiun Balaraja di Kabupaten Tangerang hingga Stasiun Cikarang, Bekasi.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • AHY targetkan MRT Jakarta fase 2A beroperasi 2027

    AHY targetkan MRT Jakarta fase 2A beroperasi 2027

    ANTARA – Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono menargetkan proyek MRT Jakarta fase 2A dari Stasiun Thamrin ke Stasiun Monas dapat beroperasi pada 2027. Hal itu disampaikan AHY saat meninjau progres pembangunan di Stasiun Monas, Jakarta Pusat, Senin (27/5). (Irfansyah Naufal Nasution/Pradanna Putra Tampi/Andi Bagasela/Gracia Simanjuntak)

  • MRT Jakarta Bundaran HI-Kota Baru 48%, Kapan Tersambung?

    MRT Jakarta Bundaran HI-Kota Baru 48%, Kapan Tersambung?

    Jakarta

    Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat memaparkan progres MRT Fase 2A jalur Bundaran HI ke Kota hingga saat ini sudah tembus 48%. Proyek ini dibagi dalam tiga tahap.

    Pertama, CP201 dari Bundaran HI ke Harmoni, kedua, CP202 dari Harmoni ke Mangga Besar, ketiga, CP203 dari Mangga Besar ke Kota. Tuhiyat mengatakan progres paling maju adalah paket pengerjaan CP201 yang sudah mencapai 87%.

    Rencananya, proyek ini akan beroperasi duluan pada 2027. Hanya saja yang siap lebih dulu beroperasi baru dari Thamrin hingga Monas.

    “Kemudian kita akan coba sekuat tenaga beroperasi sebelum selesai sampai Kota. Jadi step by step. Pertama itu Bundaran HI diteruskan ke Monas, insyaallah di 2027,” papar Tuhiyat ditemui di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (26/5/2025).

    Lebih lanjut, proyek CP202 dari Harmoni ke Mangga Besar menjadi yang paling lambat progresnya karena pengadaan sempat terhambat pandemi, rata-rata pengerjaan baru selesai 51%. Sementara proyek CP203 dari Mangga Besar ke Kota progresnya sudah 72%.

    Tuhiyat menjabarkan rencananya pada 2029, proyek MRT Jakarta Fase 2A akan tersambung penuh dari Bundaran HI ke Kota. Dia menargetkan dua tahun setelah MRT tersambung sampai Monas, proyek ini bisa selesai sepenuhnya.

    “Nanti dua tahun kemudian (setelah MRT Monas tersambung di 2027) baru sampai Kota,” sebut Tuhiyat.

    (hal/ara)

  • Kampung Rambutan-Fatmawati Bakal Tersambung MRT, Begini Rencananya

    Kampung Rambutan-Fatmawati Bakal Tersambung MRT, Begini Rencananya

    Jakarta

    Proyek MRT Jakarta Fase 4 Kampung Rambutan-Fatmawati mulai disiapkan pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan proyek ini bakal digarap sepenuhnya oleh swasta.

    Proyek itu bakal digarap dengan skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU). Pembangunan ruas MRT Jakarta yang satu ini tidak lagi dilakukan dengan pembiayaan dari pihak Jepang, yakni JICA seperti yang selama ini dilakukan di proyek MRT Jakarta.

    “Nanti ada untuk ruas Kampung Rambutan ke Fatmawati. Ini yang nanti skemanya tidak menggunakan skema dengan JICA, tetapi ini adalah murni KPBU, kerja sama pemerintah dan badan usaha,” sebut AHY di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (26/5/2025).

    “Tentunya kita berharap akan hadir investasi-investasi yang sustainable berkelanjutan agar proyek ini bisa dituntaskan dengan baik dan dalam waktu yang secepatnya,” bebernya menambahkan.

    Sementara itu, di tempat yang sama Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan, jalur MRT dari Kampung Rambutan ke Fatmawati akan dikerjakan dengan skema KPBU Non Availability of Payment.

    Nantinya, ada jalur sepanjang 11 kilometer (km) yang dibangun dari Kampung Rambutan ke Fatmawati dengan jumlah stasiun sebanyak 10. Seluruhnya, jalur akan dibangun di bawah tanah atau underground.

    Pihaknya sedang menunggu kajian mendalam oleh pihak investor yang menjadi inisiator proyek ini. Dia bilang, inisiator itu merupakan pihak swasta asing yang akan berkolaborasi dengan pihak lokal, Tuhiyat mengaku belum bisa bicara siapa pihak tersebut.

    “Saat ini sedang dalam progres kajian mendalam oleh pihak inisiator. Kita masih menunggu kajian dari pihak swasta ini,” sebut Tuhiyat.

    (hal/ara)

  • DKI tampilkan musik di CFD setiap minggu sambut HUT ke-498 Jakarta

    DKI tampilkan musik di CFD setiap minggu sambut HUT ke-498 Jakarta

    panggung musik telah dicoba di satu titik sebelumnya yakni daerah Dukuh Atas

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI akan menampilkan panggung musik di Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) setiap minggu dalam rangka menyambut HUT ke-498 Jakarta.

    “Coba besok bayangin. Sekarang setiap minggu Car Free Day ada musik. Itu membuat masyarakat Jakarta selain sehat, juga bahagia,” kata Wakil Gubernur DKI Rano Karno usai pencanangan HUT ke-498 Kota Jakarta di Blok M Jakarta Selatan, Sabtu.

    Rano yang akrab disapa Bang Doel menilai hal ini juga bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun kebudayaan.

    Kebudayaan memang penting untuk dibangun. Selain untuk melestarikan, kebudayaan juga merupakan persyaratan dari kota global.

    Dia menambahkan panggung musik telah dicoba di satu titik sebelumnya yakni daerah Dukuh Atas.

    Pemprov DKI Jakarta akan menggelar panggung musik CFD menjadi tiga titik.

    “Bulan depan kita akan coba di tiga titik yakni Gelora Bung Karno (GBK), Dukuh Atas, dan juga di Bundaran HI,” ucapnya.

    HUT ke-498 Jakarta akan dilaksanakan dalam satu rangkaian panjang mulai dari Jakarta Light Festival di Lapangan Banteng hingga pagelaran wayang Betawi di Museum Fatahillah.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang masyarakat untuk menghadiri pencanangan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-498 Kota Jakarta di Taman Literasi, Blok M, Jakarta Selatan.

    Masyarakat akan disuguhi berbagai acara menarik, di antaranya panggung ekspresi seni dan kreativitas anak muda, menampilkan hiburan dari artis Ibu Kota, tarian budaya dan stand up comedy.

    Lalu, bazar produk UMKM dan produk kreatif dari Jakarta dan negara-negara ASEAN, etalase kuliner khas Betawi seperti kerak telor, asinan, dan soto Betawi serta pameran produk inovasi dari PT MRT Jakarta yang diadakan pada 23-26 Mei 2025.

    Kemudian, sebagai wujud kota global, pada acara tersebut juga akan diadakan kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Kementerian Luar Negeri dan negara-negara ASEAN.

    Kolaborasi yang dijadwalkan berlangsung pada 23-25 Mei 2025 tersebut bertema “ASEAN Fest”, berisi pameran foto, kuliner dan kriya dari negara-negara ASEAN.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Pramono targetkan Jakarta masuk top 50 kota global pada 2029

    Pramono targetkan Jakarta masuk top 50 kota global pada 2029

    jika pemerintah maupun masyarakat bisa bekerja bersama-sama maka impian tersebut akan terwujud

    Jakarta (ANTARA) – Gubernur DKI Pramono Anung menargetkan kota Jakarta masuk dalam daftar top 50 kota global atau peringkat ke-58 pada 2029 mendatang dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

    “Kita mempunyai target 2029 kita akan berada di 58 atau top 50 kota global,” kata Gubernur DKI Pramono Anung dalam pencanangan HUT ke-498 Kota Jakarta di Blok M Jakarta Selatan, Sabtu.

    Pramono optimis jika pemerintah maupun masyarakat bisa bekerja bersama-sama maka impian tersebut akan terwujud.

    Dia menyoroti saat ini Jakarta berada di peringkat 74 dari 156 kota terbaik di dunia.

    Maka itu, dia menargetkan untuk membangun Jakarta menjadi kota global yang berbudaya yakni mengenalkan budaya Betawi demi dikenal seluruh dunia.

    “Betawi itu merupakan budaya utama yang ada di Jakarta ini. Maka kenapa kami memilih tema utama dalam hari ulang tahun ini menjadi kota global dan berbudaya Jakarta,” ucapnya.

    Berbagai capaian Jakarta guna merumuskan strategi menuju 20 kota besar dunia. Pada sektor ekonomi, Jakarta dalam 10 tahun terakhir mengalami pertumbuhan ekonomi stabil dengan rata-rata 5,2 persen per tahun dan menjadi kontributor utama perekonomian nasional.

    Jakarta juga memiliki lebih dari 2.000 perusahaan rintisan (startup) dan menduduki peringkat 21 di dunia dalam ekosistem perusahaan rintisan pada tahun 2023.

    Selanjutnya, Jakarta juga tercatat mengalami kemajuan dalam pembangunan infrastruktur transportasi massal dalam 20 tahun terakhir. Diantaranya Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta jalur Lebak Bulus – Bundaran HI sepanjang 16 km, lalu berlanjut sampai dengan stasiun Kota atau Ancol.

    Ada juga Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta dengan jalur Velodrome – Kelapa Gading sepanjang 5,8 km, kemudian dilanjutkan hingga Manggarai yang saat ini masih berjalan pembangunannya.

    Selain itu, terdapat Transjakarta yang tercatat sebagai sistem bus rapid transit (BRT) terbesar di dunia dengan 3.500 unit bus, 260 rute, dan 1 juta penumpang per hari.

    Jakarta juga memiliki sumber daya manusia yang dapat bersaing di tingkat global, dengan Indeks pembangunan manusia mencapai nilai 80,67 pada tahun 2022.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.