Produk: MRT

  • Transum Jakarta Makin Diminati, Transjakarta dan MRT Catat Lonjakan Penumpang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        1 Desember 2025

    Transum Jakarta Makin Diminati, Transjakarta dan MRT Catat Lonjakan Penumpang Megapolitan 1 Desember 2025

    Transum Jakarta Makin Diminati, Transjakarta dan MRT Catat Lonjakan Penumpang
    Penulis

    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Jakarta menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan transportasi publik secara bulanan maupun tahunan pada Oktober 2025.
    Lonjakan jumlah penumpang secara tahunan terlihat pada
    MRT
    , LRT, dan
    Transjakarta
    , yang dapat menunjukkan makin banyak warga menggunakan angkutan publik.
    Kenaikan ini juga sejalan dengan meningkatnya frekuensi perjalanan dan jumlah armada yang beroperasi di beberapa moda.
    Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta yang dirilis pada Senin, (1/12/2025) mencerminkan pergerakan mobilitas masyarakat yang semakin aktif menggunakan transportasi umum di Jakarta.
    Transjakarta menjadi moda dengan jumlah penumpang terbesar sepanjang Oktober 2025, yakni 40.360.840 orang.
    Angka tersebut naik 10,77 persen secara bulanan (m-to-m) dari September 2025 yang mencapai 36.437.848 penumpang.
    Dibandingkan Oktober 2024 (y-on-y), terjadi kenaikan 13,23 persen dari total 35.646.480 penumpang.
    Secara kumulatif Januari–Oktober 2025, jumlah penumpang Transjakarta mencapai 339.113.847 orang, naik 7,07 persen dibanding 2024.
    Jumlah bus yang beroperasi pada Oktober 2025 tercatat 5.073 unit, naik 0,40 persen dari September 2025 dan meningkat 11,42 persen dibandingkan Oktober 2024.
    Total armada yang beroperasi sepanjang Januari–Oktober 2025 mencapai 48.481 unit, tumbuh 8,61 persen secara tahunan.
    Jumlah penumpang MRT Jakarta pada Oktober 2025 tercatat 4.398.017 orang. Angka ini naik 12,37 persen dibandingkan September 2025 secara bulanan dan meningkat 13,90 persen dibandingkan Oktober 2024.
    Secara kumulatif Januari–Oktober 2025, jumlah penumpang MRT mencapai 37.359.772 orang, atau meningkat 13,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024.
    Dari sisi operasional, realisasi perjalanan MRT mencapai 8.325 perjalanan pada Oktober 2025, naik 4,64 persen dari September 2025 atau bertambah 369 perjalanan.
    Namun secara tahunan, jumlah perjalanan MRT tidak berubah dibandingkan Oktober 2024.
    Total perjalanan sepanjang Januari–Oktober 2025 sebesar 79.556 perjalanan, sedikit turun 0,30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
    Total penumpang LRT Jakarta pada Oktober 2025 mencapai 115.070 orang. Secara bulanan, angkanya turun 5,60 persen atau berkurang 6.822 penumpang dibanding September 2025.
    Namun secara tahunan terjadi kenaikan 13,00 persen atau bertambah 13.234 penumpang dibanding Oktober 2024.
    Secara kumulatif Januari–Oktober 2025, jumlah penumpang LRT tercatat 1.044.381 orang, meningkat 2,45 persen dari periode yang sama pada 2024.
    Jumlah perjalanan LRT pada Oktober 2025 mencapai 6.322 perjalanan, naik 3,33 persen dibanding September 2025.
    Secara tahunan, jumlah perjalanan tidak berubah dari Oktober 2024. Kumulatif perjalanan hingga Oktober 2025 tercatat 61.960 perjalanan, turun tipis 0,39 persen dibanding tahun sebelumnya.
    Peningkatan pengguna transportasi umum di Jakarta pada Oktober 2025 memperlihatkan tren mobilitas warga yang terus menguat.
    Kenaikan penumpang pada MRT, LRT, dan Transjakarta, baik secara bulanan maupun tahunan, menunjukkan semakin besarnya ketergantungan masyarakat pada layanan angkutan publik sebagai opsi perjalanan harian.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DKI perluas layanan dan perkuat regulasi perlindungan perempuan-anak

    DKI perluas layanan dan perkuat regulasi perlindungan perempuan-anak

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta memperluas layanan dan memperkuat regulasi perlindungan perempuan dan anak.

    “Pemprov DKI telah menyediakan banyak kanal pengaduan gratis untuk memudahkan masyarakat melapor,” kata Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Iin Mutmainnah dalam acara kampanye 16 hari cegah kekerasan perempuan dan anak di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Senin.

    Layanan tersebut meliputi posko Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak dengan hotline 24 jam, konsultasi dalam jaringan (daring) melalui layanan pusat pelayanan keluarga (Puspa).

    “Layanan mobile untuk penjangkauan lapangan. Ada 44 pos pengaduan kecamatan, masing-masing berisi konselor dan paralegal,” ujarnya.

    Posko tersebut berkolaborasi dengan jaringan relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di tingkat masyarakat.

    Untuk memperkuat perlindungan hukum, kata dia, Pemprov DKI Jakarta juga tengah merevisi Perda Nomor 8 Tahun 2011 yang akan dipecah menjadi dua regulasi khusus.

    Pertama, Perda Perlindungan Perempuan dan Perda Penyelenggaraan Kota Layak Anak. Substansi terkait UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) telah disisipkan dalam revisi tersebut.

    Selain itu, sedang disusun pula Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) berbasis masyarakat yang melibatkan berbagai unsur, mulai dari PATBM, Dasawisma, hingga kader posyandu dan pendamping program lainnya.

    “Kita ingin satuan tugas (satgas) ini mampu memitigasi risiko kekerasan sejak dini. Kader PPK atau posyandu dapat menjadi relawan untuk menurunkan angka kekerasan,” ucap Iin.

    Pada 2026 Dinas PPAPP DKI Jakarta menargetkan wilayah layanan PPA menjadi zona integritas untuk memperkuat tata kelola dan kualitas pelayanan.

    Pemprov DKI juga menambah fasilitas pendukung seperti penitipan anak (day care) di UPT PPA, serta menggandeng PT JIEP untuk membangun rumah perlindungan bagi pekerja perempuan.

    Berbagai materi sosialisasi berupa stiker dan informasi layanan juga dibagikan kepada warga, serta ditempelkan di halte Transjakarta, MRT, dan melalui BUMD seperti PAM Jaya dan Pasar Jaya.

    Dinas PPAPP DKI Jakarta pun mencatat 1.917 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi di daerah itu sejak Januari hingga pertengahan November 2025.

    Berdasarkan data itu, kasus yang terbanyak adalah kasus kekerasan seksual pada anak dengan 588 kasus atau 21,9 persen, perempuan jadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan 412 kasus atau 15,4 persen.

    Kemudian perempuan jadi korban kekerasan psikis 318 kasus atau 11,9 persen dan perempuan jadi korban kekerasan fisik sebanyak 276 kasus atau 10,3 persen.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • BNPT Akui 24 Objek Vital dan 13 Fasilitas Penuhi Standar Penanganan Teror
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        1 Desember 2025

    BNPT Akui 24 Objek Vital dan 13 Fasilitas Penuhi Standar Penanganan Teror Nasional 1 Desember 2025

    BNPT Akui 24 Objek Vital dan 13 Fasilitas Penuhi Standar Penanganan Teror
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyerahkan sertifikat penerapan pedoman perlindungan sarana dan prasarana obyek vital strategis dalam pencegahan tindak pidana terorisme kepada 24 pengelola obyek vital strategis dan 13 pengelola fasilitas publik, Senin (1/12/2025).
    Kepala
    BNPT
    Komjen Pol Eddy Hartono mengatakan bahwa pemberian sertifikat ini diberikan karena pengelola obyek vital strategis dan fasilitas publik telah memenuhi standar minimum pengamanan sesuai Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.
    “Hari ini beberapa obyek vital dan fasilitas publik yang sudah kami lakukan asesmen, tentunya masuk kepada standar minimal, standar minimum terhadap antisipasi ancaman terorisme,” tegas Eddy di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (1/12/2025).
    Jenderal bintang tiga itu mengatakan bahwa upaya ini menjadi bagian dari penguatan sistem perlindungan terhadap obyek vital dan fasilitas publik yang memiliki peran krusial bagi keberlangsungan negara.
    Selain itu, penyerahan sertifikat dinilai mendukung prioritas pemerintah untuk memantapkan sistem pertahanan dan keamanan nasional serta mendorong kemandirian bangsa, termasuk di sektor pangan, energi, air, ekonomi syariah, ekonomi digital, dan ekonomi biru.
    Melalui penyerahan sertifikat ini, BNPT berharap seluruh pengelola obyek vital dan fasilitas publik yang telah memenuhi standar pengamanan dapat terus meningkatkan mitigasi terhadap ancaman terorisme yang semakin kompleks.
    “Ke depan, BNPT akan memperkuat kolaborasi dengan mitra strategis, termasuk perusahaan pengelola obyek vital serta pengelola fasilitas publik di Indonesia, guna meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan terhadap potensi ancaman keamanan,” jelas dia.
    Berikut daftar 24 pengelola
    objek vital
    strategis penerima sertifikat:
    1. PT PLN Indonesia Power UBP Jeranjang
    2. PT PLN Indonesia Power UBP Keramasan – PLTGU Keramasan
    3. PT PLN Indonesia Power UBP Cilegon – PLTGU Cilegon
    4. PT PLN Indonesia Power UBP Banten 1 Suralaya
    5. PT PLN Indonesia Power UBP Pangkalan Susu
    6. PT PLN Indonesia Power UBP Sintang
    7. PT PLN Indonesia Power UBP Teluk Sirih
    8. PT PLN Indonesia Power UBP Ombilin
    9. PT PLN Indonesia Power UBP Tello – PLTD dan PLTG Tello
    10. PT PLN Indonesia Power UBP Semarang – PLTGU Tambak Lorok
    11. PT PLN Indonesia Power UBP Saguling – PLTA Saguling
    12. PT PLN Indonesia Power UBP Mrica – PLTA PB. Soedirman
    13. PT Jakarta International Container Terminal
    14. PT Pelabuhan Tanjung Priok Branch Tanjung Priok
    15. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cabang Tanjung Priok
    16. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Bali Nusra Cabang Benoa
    17. PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas Semarang
    18. PT Pelindo Terminal Petikemas TPK Semarang
    19. PT LRT Jakarta
    20. PT MRT Jakarta (Perseroda)
    21. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta – Stasiun Gambir
    22. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta – Stasiun Pasar Senen
    23. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya – Stasiun Gubeng
    24. Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin – Belitung
    Daftar 13 Fasilitas Publik penerima sertifikat bidang pelayanan publik:
    1. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia – Bidang Kepariwisataan
    2. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (PT Grand Indonesia)
    3. Renaissance Bali Nusa Dua Resort (PT Royal Pacific Nusantara)
    4. Sheraton Bali Kuta Resort (PT Indonesian Paradise Island)
    5. Pacific Place Mall
    6. Sarinah (PT Sarinah)
    7. Tunjungan Plaza (PT Pakuwon Jati)
    8. Pakuwon Mall Surabaya (PT Pakuwon Permai)
    9. Royal Plaza (PT Dwi Jaya Manunggal)
    10. Pakuwon Mall Jogja (PT Pakuwon Permai)
    11. Pakuwon Mall Solo Baru (PT Pakuwon Permai)
    12. Pertamina Mandalika International Circuit (PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ITDC) – Bidang Keramaian Tertentu
    13. Sentul International Convention Center (SICC)
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DKI bagikan 146 kartu layanan gratis bagi penyandang disabilitas

    DKI bagikan 146 kartu layanan gratis bagi penyandang disabilitas

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno secara simbolis membagikan 146 Kartu Layanan Gratis (KLG) kepada penyandang disabilitas dalam rangka menyambut Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2025.

    “Kartu ini memberikan akses gratis pada layanan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta, bersama 15 kelompok masyarakat lainnya yang termasuk dalam skema layanan ini,” kata Rano di Jakarta, Minggu.

    Dia menuturkan rangkaian peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2025 merupakan bentuk nyata komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan kota yang inklusif dan ramah bagi semua.

    Dalam kesempatan itu, sambung Rano, Pemprov DKI menyerahkan 146 Kartu Layanan Gratis transportasi umum bagi penyandang disabilitas. Namun, jumlah tersebut hanya simbolis karena masih ada ratusan kartu lainnya.

    Menurut dia, penyandang disabilitas merupakan bagian dari kekuatan Jakarta. Mereka memiliki hak, martabat, serta potensi besar yang harus didukung dan difasilitasi.

    Oleh karena itu, Pemprov DKI berkomitmen memastikan seluruh moda transportasi publik semakin ramah disabilitas, sesuai dengan prinsip aksesibilitas, keadilan, dan kesetaraan.

    “Kartu bagi penyandang disabilitas merupakan wujud nyata komitmen pemerintah untuk memastikan setiap warga memiliki hak yang sama untuk bergerak dan menikmati layanan kota,” tutur Rano.

    Dia pun berharap kartu tersebut dapat mendukung mobilitas para penyandang disabilitas sehingga semakin mudah, aman, nyaman, dan inklusif, serta memperkuat kemandirian dan kepercayaan diri.

    Dia juga mengajak seluruh pihak, mulai dari operator transportasi, instansi teknis, komunitas, hingga masyarakat luas, untuk bersama-sama merawat layanan publik yang inklusif.

    “Mari bersama membangun infrastruktur yang aksesibel, menghadirkan pelayanan dengan empati, serta menghapus stigma yang masih membayangi saudara-saudari penyandang disabilitas,” ungkap Rano.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • DKI distribusikan bantuan bagi warga Sumut, Sumbar dan Aceh

    DKI distribusikan bantuan bagi warga Sumut, Sumbar dan Aceh

    Jakarta (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bersama sejumlah mitra mendistribusikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak bencana di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), dan Aceh.

    “Langkah ini merupakan bagian dari komitmen BPBD DKI Jakarta dalam mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak bencana sekaligus memperkuat koordinasi antarinstansi,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan di Jakarta, Minggu.

    Menurut dia, proses pendistribusian bantuan tersebut berlangsung di Markas Kodaeral III, Jakarta Utara.

    Pendistribusian itu dilakukan melalui kolaborasi antara BPBD DKI Jakarta, Badan Nasional Penanggunangan Bencana (BNPB), MRT Jakarta, Inirateks, JakPro, PAM Jaya dan sejumlah lembaga lainnya.

    Yohan mengatakan bantuan yang dikirimkan ke tiga provinsi di Pulau Sumatera itu berupa kidsware sebanyak 1.000 paket, family kit 1.000 paket, sandang 1.000 paket, dan air mineral 1.000 dus.

    Selain itu, ada pula selimut 1.000 lembar, kasur lipat 1.000 buah, bantal 1.000 buah, bahan makanan, makanan ringan, beras, dan lain sebagainya.

    “Kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam misi kemanusiaan ini,” ucap Yohan.

    Dia pun berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana serta mendukung percepatan pemulihan di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh.

    Lebih lanjut, sebagai bagian dari kesiapsiagaan bencana, masyarakat Jakarta juga diimbau agar tetap waspada terhadap potensi keadaan darurat di sekitarnya.

    “Apabila mengalami atau menemukan kondisi darurat, masyarakat dapat segera menghubungi call center Jakarta Siaga 112 untuk mendapatkan penanganan cepat,” imbau Yohan.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Melihat dari Dekat Stasiun Terdalam dan Terowongan Bertingkat di Jakarta

    Melihat dari Dekat Stasiun Terdalam dan Terowongan Bertingkat di Jakarta

    Foto Bisnis

    Rafida Fauzia – detikFinance

    Kamis, 27 Nov 2025 17:02 WIB

    Jakarta – Pembangunan MRT Fase 2A menampilkan struktur bertingkat di Stasiun Sawah Besar. Desain terdalam ini jadi tantangan utama dalam proyek jalur bawah tanah.

  • MRT Jakarta Lanjut Pembangunan MRT Timur-Barat Mulai Akhir 2026

    MRT Jakarta Lanjut Pembangunan MRT Timur-Barat Mulai Akhir 2026

    Jakarta

    PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan pembangunan MRT Fase 3 lintas Timur-Barat atau East-West Line akan dimulai akhir 2026. Hal ini seiring dengan proses pengadaan proyek yang akan memasuki tahap tender pada kuattal IV 2025.

    Division Head of Project Management for Construction 1 MRT Jakarta, Sony Desta, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih dalam proses persiapan untuk tender proyek MRT Fase 3

    “Karena ini tendernya juga baru mau dimulai. Tender belum, tapi kami lagi mempersiapkan proses tender dulu. Itu kayaknya di akhir tahun (2026),” ujar Sony di Area Proyek Pembangunan Stasiun MRT Jakarta Sawah Besar, Kamis (27/11/2025).

    Menurut Sony, proyek MRT Timur-Barat berpotensi menghadapi tantangan yang lebih besar dibandingkan dengan fase sebelumnya. Hal ini lantaran rute jauh lebih panjang mencapai 24,5 kilometer, ditambah akses ke depo sepanjang 5,9 kilometer.

    “Di sana (proyek MRT East – West) sebetulnya lebih masif ya, itu (panjangnya) 24,5 km, ditambah akses ke Depo 5,9 km ya. Jadi, itu lebih panjang ya, ketimbang Fase 1 dan Fase 2,” terang Sony.

    Meski demikian, ia menegaskan bahwa MRT Jakarta akan tetap menjalankan pembangunan sesuai rencana. Menurutnya, setiap proyek konstruksi memiliki tantangannya tersendiri, terlebih pada proyek skala besar seperti ini.

    “Setiap proyek pasti ada tantangan cuma masalah panjang bisa jadi tantangannya lebih besar. Apa pun itu kan namanya proyek untuk pembangunan kita jalani,” ujar Sony.

    Sebagai informasi, MRT Jakarta sudah mengantongi komitmen pinjaman dari Jepang senilai Rp 14 triliun untuk pembangunan proyek MRT lintas timur-barat (east-west line) Fase 1 Tahap 1. Proyek itu membentang dari Tomang hingga Medan Satria sepanjang 24,5 kilometer.

    Pinjaman ini ditandai dengan penandatangan pertukaran nota antara Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani. Pinjaman ini berasal dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Asian Development Bank (ADB).

    Berdasarkan catatan detikcom, MRT Lintas Timur-Barat menghubungkan Cikarang hingga Balaraja. Pembangunan MRT Lintas Timur-Barat terdiri dari dua fase yakni fase I tahap 1 Medan Satria-Tomang sepanjang 24,5 km.

    Lalu, fase I tahap 2 Tomang-Kembangan sepanjang 9,2 km. Berikutnya, fase II mencakup Kembangan-Balaraja dan Medan Satria-Cikarang dengan panjang 50,4 km.

    (shc/hns)

  • Hoaks, Jokowi marahi Purbaya karena tolak tanggung utang Whoosh

    Hoaks, Jokowi marahi Purbaya karena tolak tanggung utang Whoosh

    Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah narasi di Facebook mengklaim Presiden ke-7 RI Joko Widodo marah terhadap Menteri Keuangan Purbaya Yudha, karena menolak menangani utang proyek kereta cepat Whoosh.

    Konten dengan video itu diawali sebuah cuplikan yang menampilkan Jokowi sedang berpidato membahas isu transportasi publik.

    Dalam paparannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), dan kereta cepat Whoosh memang masih menimbulkan kerugian negara secara pendapatan ekonomi.

    Walau demikian, kerugian yang dialami negara akibat kemacetan angkanya lebih besar, kata Jokowi dalam pidato itu.

    Unggahan tersebut disimpulkan sebagai bentuk kemarahan Jokowi terhadap Menkeu Purbaya Yudhi Sadewa.

    Dalam video di Facebook juga disematkan tulisan:
    Pak Purbaya Di Skak Jokowi, Terlalu Ikut Campur Urusan Kereta Cepat..!!!!!
    Baru kali ini liat Jokowi marah
    Beginilah pernyataan Jokowi atas kerugian kreta cepat yang Tak mau hutangnya di tanggung Pak Purbaya, Minggu (19/10/2025).

    Namun, benarkah konten itu memuat kemarahan Jokowi terhadap Purbaya yang menolak tanggung utang Whoosh?

    Tangkapan layar unggahan di media sosial yang menyatakan bahwa Jokowi marahi Purbaya karena tolak tanggung utang Whoosh (Facebook)

    Penjelasan:
    Video yang menampilkan Jokowi di Facebook itu merupakan pidato lama, tepatnya pada 13 Agustus 2024.

    Saat itu, Jokowi masih menjabat sebagai Kepala Negara dan sedang memberikan pengarahan kepada kepala daerah seluruh Indonesia di Ibu Kota Nusantara. Video aslinya dapat dilihat di sini.

    Sementara itu, Purbaya Yudhi Sadewa baru diangkat jadi Menteri Keuangan RI oleh Presiden Prabowo pada 8 September 2025, sebagaimana diberitakan Antara di sini.

    Purbaya memang sempat menarik perhatian publik karena pernyataannya soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak akan ikut menanggung beban utang Whoosh yang dikelola PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

    Ia mendorong agar penyelesaian pembiayaan proyek strategis itu dilakukan oleh Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara), seperti dilansir berita Antara pada Oktober 2025.

    Namun, Purbaya mengaku akan ikuti arahan Presiden Prabowo soal penyelesaian utang Whoosh.

    Perbedaan waktu antara penayangan video pidato Jokowi dengan pernyataan Purbaya terkait Whoosh, memperlihatkan bahwa pengunggah konten di Facebook itu telah memuat narasi yang direkayasa.

    Faktanya, paparan Jokowi di video Facebook sama sekali tak terkait dengan pernyataan Purbaya soal utang Whoosh.

    Klaim: Jokowi marahi Purbaya karena tolak tanggung utang Whoosh
    Rating: Hoaks

    Cek fakta: Hoaks! Purbaya nyatakan uang negara 1000 triliun hilang tiap tahunnya di era Jokowi

    Cek fakta: Hoaks! Luhut minta Prabowo untuk ganti Menkeu Purbaya

    Cek fakta: Hoaks! Jokowi sebut utang Whoosh akan dibayar rakyat dalam waktu 3 tahun

    Pewarta: Tim JACX
    Editor: M Arief Iskandar
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Pendaftaran Kartu Gratis Naik Transjakarta Dibuka Lagi di CFD Jakarta Hari Ini
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        23 November 2025

    Pendaftaran Kartu Gratis Naik Transjakarta Dibuka Lagi di CFD Jakarta Hari Ini Megapolitan 23 November 2025

    Pendaftaran Kartu Gratis Naik Transjakarta Dibuka Lagi di CFD Jakarta Hari Ini
    Penulis

    JAKARTA, KOMPAS.com –
     Pendaftaran Kartu Layanan Gratis (KLG) kembali dibuka pada pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Minggu (23/11/2025).
    Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta membuka layanan pendaftaran
    KLG
    khusus kategori lansia pada acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD di kawasan Bundaran HI.
    Layanan pendaftaran KLG berlangsung pada pukul 06.00–10.00 WIB.
    Program ini memberikan fasilitas transportasi gratis menggunakan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta bagi warga tertentu, terutama lansia, pelajar, dan penyandang disabilitas.
    Melalui akun Instagram @
    dishubdkijakarta
    , Dishub DKI menyampaikan bahwa pendaftaran pada HBKB kali ini hanya dibuka untuk kategori lansia berusia 60 tahun ke atas dengan kuota maksimal 200 kartu.
    Sementara itu, pendaftar yang sudah mengajukan sebelumnya dapat mengambil kartu di kelurahan terdekat setelah mendapat pemberitahuan melalui WhatsApp PT Transjakarta.
    Calon pendaftar kategori lansia perlu menyiapkan dokumen dalam bentuk
    softcopy
    , terdiri atas:
    Dishub DKI mengingatkan agar peserta mematuhi ketentuan yang diberlakukan dan mengikuti arahan petugas selama proses pendaftaran berlangsung.
    Selain melalui
    booth
    di CFD, masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran melalui:
    Seluruh lokasi tersebut melayani pendaftaran setiap hari pukul 06.00–22.00 WIB.
    Dishub DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk selalu mendapatkan informasi melalui kanal digital resmi seperti Instagram @
    dishubdkijakarta
    dan situs milik Transjakarta.
    Imbauan ini disampaikan untuk menghindari kesalahpahaman maupun potensi penipuan informasi.
    Ketersediaan layanan KLG menjadi bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung aksesibilitas transportasi publik bagi kelompok rentan dan memastikan kemudahan mobilitas masyarakat.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pohon Tumbang di Jalur MRT karena Angin Kencang, Tercabut Sampai Akar
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 November 2025

    Pohon Tumbang di Jalur MRT karena Angin Kencang, Tercabut Sampai Akar Megapolitan 21 November 2025

    Pohon Tumbang di Jalur MRT karena Angin Kencang, Tercabut Sampai Akar
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menyebut, pohon tumbang di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (20/11/2025), disebabkan angin kencang.
    Tumbangnya
    pohon
    raksasa tersebut menimpa jalur MRT dan menyebabkan jalanan lumpuh.
    “Kemarin yang terjadi yang mengakibatkan MRT terganggu, itu betul-betul karena angin kencang dan kemudian tercabut sampai dengan akar-akarnya,” ujar Pramono kepada wartawan usai menghadiri acara Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-80 di Sungai Ciliwung, Jumat (21/11/2025).
    Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI
    Jakarta
    tercatat sudah merapikan lebih dari 62.000 pohon di berbagai wilayah.
    Namun, beberapa waktu terakhir memang Jakarta terus dilanda cuaca ekstrem sehingga membuat banyak pohon tak sanggup bertahan dari terpaan angin kencang.
    Pramono menegaskan, pohon yang tumbang di Jalan Sisingamangaraja maupun Jalan Dharmawangsa beberapa waktu lalu, tidak berada di pinggir jalan.
    Dengan demikian, pohon-pohon tersebut sebenarnya bukan merupakan target Distamhut Jakarta untuk dirapikan.
    “Berbeda dengan yang di Pondok Indah,” kata dia.
    Meskipun telah memangkas lebih dari 62.000 pohon, Pramono tetap menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan.
    Ia meminta Distamhut untuk kembali menyisir dan merapikan pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan membahayakan warga.
    Langkah antisipasi ini dinilai sangat krusial mengingat Jakarta sedang memasuki musim penghujan dan rawan bencana.
    Status siaga banjir dan cuaca ekstrem di Jakarta diprediksi akan berlangsung hingga Februari mendatang.
    “Jakarta siaga hal yang berkaitan dengan banjir dan (cuaca) di bulan-bulan “ber-ber” ini sampai Februari,” ujar Pramono.
    Lurah Gunung Elvita Rahmadani mengatakan, akar pohon mahoni yang tumbang di Jalan Sisingamangaraja, sudah keropos karena dimakan rayap.
    Temuan ini memperkuat dugaan bahwa kerusakan akar menjadi penyebab pohon tersebut tiba-tiba roboh.
    “Kalau kami lihat kasat mata kan itu masih sehat ya pohonnya, ternyata di bawah pohonnya itu akarnya sudah keropos dimakan rayap,” kata Elvita kepada wartawan di lokasi.
    Pohon mahoni tersebut diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun.
    Akibat tumbangnya pohon ini, layanan MRT Jakarta harus diperpendek. Kereta hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Blok M menggunakan empat rangkaian.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.