Produk: MRT

  • 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini Rabu 6 November 2024, Cek Selengkapnya! – Page 3

    26 Titik Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini Rabu 6 November 2024, Cek Selengkapnya! – Page 3

    Bagi pengendara yang harus beraktivitas di Jakarta pada hari ini, berikut beberapa tips untuk membantu Anda menavigasi aturan ganjil genap dengan lebih baik:

    1. Periksa Pelat Nomor Kendaraan:

    Pastikan pelat nomor kendaraan Anda sesuai dengan tanggal hari ini. Jika tidak, pertimbangkan alternatif transportasi.

    2. Gunakan Transportasi Umum:

    Memanfaatkan transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, atau KRL bisa menjadi pilihan yang lebih efisien dan ekonomis.

    3. Manfaatkan Aplikasi Navigasi:

    Aplikasi seperti Google Maps atau Waze dapat membantu Anda menemukan rute alternatif yang tidak terpengaruh oleh kebijakan ganjil genap.

    4. Pertimbangkan Carpooling:

    Berbagi kendaraan dengan rekan kerja atau teman dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan menghemat biaya bahan bakar.

    5. Rencanakan Perjalanan Lebih Awal:

    Memulai perjalanan lebih awal atau setelah jam sibuk dapat membantu menghindari kemacetan dan stres di jalan.

    6. Tetap Patuhi Aturan Lalu Lintas:

    Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk dari petugas di lapangan untuk memastikan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

    Dengan memahami dan mematuhi kebijakan ganjil genap, Anda tidak hanya membantu mengurangi kemacetan, tetapi juga berkontribusi pada upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan tertib di Jakarta. 

  • Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203

    Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203

    Bor terowongan (tunnel boring machine) pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP 203 di terowongan bawah tanah Stasiun Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2024). ANTARA/Khaerul Izan

    Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203
    Dalam Negeri   
    Calista Aziza   
    Selasa, 05 November 2024 – 15:40 WIB

    Elshinta.com – Perusahaan konsultan teknik CECI Engineering Consultants memasang sensor untuk mencegah rumah warga rusak selama pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP203 rute Bundaran HI – Kota sebagai upaya menjaga keamanan.

    “Kami pasang sensor pada titik-titik peninjauan untuk memastikan keamanan saat konstruksi berlangsung,” kata Teknisi Geoteknik Departemen Teknik Rapid Transit CECI Raymond Utama saat dihubungi di Jakarta, Selasa. 

    Raymond mengatakan dalam perencanaan pembangunan MRT Jakarta, CECI terlebih dahulu menghitung pergerakan bangunan-bangunan sekitar yang dilakukan konstruksi. 

    Diharapkan dengan adanya antisipasi ini mampu meminimalkan terjadinya risiko kerusakan pada bangunan seperti rumah warga yang ada di sekitar. 

    “Lewat perencanaan ini,  kita bisa meminimalkan risiko kerusakan pada bangunan sekitar,” ujarnya. 

    Terkait tantangan dalam pembangunan, dia mengatakan pada  fase 2A CP203 tidak jauh berbeda dengan fase 1. 

    Adapun tantangan yang dihadapi yakni pembangunan berdekatan dengan bangunan bersejarah dan rumah warga. 

    “Tantangan di paket Fase CP203 adalah beberapa heritage building dan rumah-rumah warga yang berdekatan dengan konstruksi stasiun,” ujarnya. 

    Dengan demikian, CECI sebagai konsultan teknik sudah dipertimbangkan secara matang dari perencanaan hingga konstruksi pembangunan MRT Fase 2A CP203. Dipastikan keamanan warga terjaga. 

    Proyek pembangunan MRT fase 2A Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Kota dengan panjang 5,6 kilometer telah mencapai 37,55 persen sampai dengan Juli 2024. 

    Ada tiga paket pekerjaan yang sudah berjalan, yaitu paket kontrak CP 201, CP 202, dan CP 203. 

    Pada CP 203 yaitu penggalian terowongan antara Stasiun Glodok ke Stasiun Kota dengan panjang 244,5 meter di kedalaman 23,75 meter. 

    Proyek pembangunan MRT CP 203 kini sudah di angka 57,89 persen dan selanjutnya akan dimulai kembali pengeboran terowongan dari arah sebaliknya. 

    Proyek pembangunan moda transportasi massal tersebut akan dioperasikan pada 2027 akhir untuk Fase 2A. 

    Lalu, Proyek MRT Fase 2A terbagi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. 

    Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp22,5 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

    Sumber : Antara

  • DJKA Dorong Masyarakat Beralih ke Kereta Api sebagai Transportasi Utama
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        5 November 2024

    DJKA Dorong Masyarakat Beralih ke Kereta Api sebagai Transportasi Utama Megapolitan 5 November 2024

    DJKA Dorong Masyarakat Beralih ke Kereta Api sebagai Transportasi Utama
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (
    DJKA
    ) mengajak masyarakat untuk menjadikan
    kereta api
    sebagai
    moda transportasi
    utama.
    Dalam acara bertema “Budaya Baru, Transportasi Maju”, yang gelar di Sudirman, Minggu (3/11/2024) lalu, DJKA memberikan pemahaman mengenai kemajuan teknologi perkeretaapian di Indonesia yang kini semakin terintegrasi dengan moda transportasi lain dan lebih ramah lingkungan.
    Direktur Jenderal Perkeretaapian, Mohamad Risal Wasal, menegaskan peran DJKA dalam mendorong kemajuan moda transportasi ini.
    “Kami bekerja keras memastikan bahwa seluruh masyarakat, baik di perkotaan maupun di daerah, mendapatkan akses yang memadai terhadap transportasi yang aman dan nyaman,” ujar Risal dalam siaran pers, Selasa (5/11/2024).
    Risal menjelaskan bahwa dalam satu dekade terakhir, DJKA telah melakukan penambahan dan peremajaan jalur kereta api serta peningkatan fasilitas stasiun, khususnya di wilayah Jabodetabek.
    Wilayah ini kini dilayani oleh berbagai moda transportasi kereta seperti
    KRL
    Jabodetabek,
    LRT
    Jabodetabek, LRT Jakarta, serta
    MRT
    Jakarta yang tengah dalam pembangunan Fase 2A jalur Thamrin-Kota dan Fase 2B menuju Ancol.
    “Dengan pengembangan ini, kami berharap budaya mobilitas masyarakat akan beralih ke moda transportasi umum,” kata Risal.
    Ia menambahkan, penggunaan transportasi umum berdampak positif bagi masyarakat, seperti mengurangi kemacetan dan emisi karbon yang dihasilkan kendaraan pribadi.
    “Inilah budaya baru yang ingin kami bangun bersama masyarakat,” lanjutnya.
    Selain wilayah Jabodetabek, Risal menyebut layanan kereta api telah diperluas hingga Surabaya dan Bandung, dengan rencana pembangunan Autonomous Rapid Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN).
    “Saat ini, Indonesia telah mengoperasikan kereta otomatis dari GoA 1 hingga GoA 4, serta kereta cepat Jakarta-Bandung yang mencapai kecepatan 350 km/jam.”
    “Transportasi perkotaan juga terus diperluas, termasuk pembangunan jalur di kawasan aglomerasi seperti Surabaya dan Bandung,” ujar Risal.
    Risal menegaskan bahwa upaya DJKA akan terus dilanjutkan untuk menyediakan transportasi umum yang nyaman dan praktis bagi masyarakat.
    “Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menjadikan kereta api sebagai pilihan transportasi utama bagi masyarakat Indonesia yang praktis, nyaman, aman, dan ramah lingkungan,” tutupnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DPRD DKI minta LRT Jakarta matangkan rancangan sarana untuk difabel

    DPRD DKI minta LRT Jakarta matangkan rancangan sarana untuk difabel

    Jakarta (ANTARA) – Komisi B DPRD DKI Jakarta meminta PT LRT Jakarta mematangkan rancangan sarana dan prasarana untuk memudahkan para penyandang disabilitas (difabel) dalam memanfaatkan transportasi tersebut.

    “Tentunya di sana harus ada jalur khusus buat difabel,” ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

    Sarana dan prasarana ramah disabilitas ini termasuk membuat sudut kemiringan untuk berjalan, lift, penunjuk arah dan akses kursi roda.

    Nova saat itu meninjau pembangunan jalur Fase 1B Velodrome-Manggarai. Dia berharap, setelah pembangunan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai rampung, sambung dia, dapat diperpanjang ke Dukuh Atas.

    “Saya menginginkan jangan sampai di Manggarai saja, tapi sampai di Dukuh Atas,” tutur Nova.

    Nantinya, kata dia, Stasiun Dukuh Atas memiliki akses transit terbanyak di Jakarta. Terdiri dari lima jenis moda transportasi publik, yaitu MRT Jakarta, BRT Transjakarta, kereta bandara, commuterline dan LRT Jabodebek.

    Dengan demikian, masyarakat bisa berpindah dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum. Pada akhirnya, transportasi yang aman dan nyaman akan mengurangi kemacetan, sekaligus mengurangi polusi udara.

    Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menyambut baik usulan dari Komisi B terkait sarana prasarana bagi penyandang disabilitas.

    Dia mengatakan, pihaknya akan mengundang para penyandang disabilitas dalam tahap uji coba LRT, ketika fase 1B Velodrome-Manggarai rampung. “Kami akan mengundang mereka semua komunitas difabel untuk mencoba fasilitas,” katanya.

    Selain itu, akan ada beberapa petugas yang dibekali kemampuan tambahan berupa bahasa isyarat. “Sebab kemampuan tersebut sangat diperlukan pengguna LRT dari kelompok tuna rungu,” katanya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kembali Berlaku, Cek Lagi 26 Titik Ganjil Genap Jakarta di Awal Pekan Senin 4 November 2024 – Page 3

    Kembali Berlaku, Cek Lagi 26 Titik Ganjil Genap Jakarta di Awal Pekan Senin 4 November 2024 – Page 3

    Agar perjalanan Anda tetap lancar dan nyaman selama pemberlakuan sistem ganjil genap, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

    1. Cek Pelat Nomor Kendaraan:

    Pastikan Anda mengetahui apakah hari tersebut adalah hari ganjil atau genap, dan sesuaikan dengan nomor akhir pelat kendaraan Anda. Misalnya, jika hari ini adalah tanggal ganjil, maka hanya kendaraan dengan nomor pelat akhir ganjil yang diizinkan melintas di ruas jalan yang terkena kebijakan ini.

    2. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    Manfaatkan aplikasi navigasi yang dapat memberikan informasi real-time mengenai kondisi lalu lintas dan rute alternatif. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze biasanya juga memberikan peringatan terkait ganjil genap.

    3. Pertimbangkan Transportasi Umum:

    Jika memungkinkan, beralihlah ke transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, atau KRL untuk menghindari pembatasan ganjil genap. Selain menghindari kemacetan, Anda juga berkontribusi pada pengurangan emisi karbon.

    4. Carpooling:

    Berbagi kendaraan dengan rekan kerja atau teman yang memiliki tujuan yang sama dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan menghemat biaya perjalanan.

    5. Rencanakan Rute Alternatif:

    Kenali beberapa rute alternatif yang tidak terkena kebijakan ganjil genap. Dengan demikian, Anda dapat tetap mencapai tujuan tanpa harus melanggar peraturan.

    6. Atur Waktu Perjalanan:

    Jika memungkinkan, sesuaikan jadwal perjalanan Anda agar tidak bertepatan dengan jam operasional ganjil genap. Berangkat lebih awal atau pulang lebih larut dapat membantu menghindari pembatasan ini.

    7. Tetap Update dengan Informasi Terbaru:

    Pemerintah dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan terkait kebijakan ganjil genap, baik itu penambahan ruas jalan atau perubahan jam operasional. Pastikan Anda selalu mengikuti berita terbaru agar tidak terkena tilang.

    Dengan memahami dan menerapkan tips di atas, Anda dapat tetap beraktivitas dengan lancar meskipun sistem ganjil genap kembali diberlakukan.

  • Pramono-Rano bicara soal KJP-transportasi saat kampanye akbar perdana

    Pramono-Rano bicara soal KJP-transportasi saat kampanye akbar perdana

    tidak ada hidangan Betawi untuk menjamu tamu-tamuJakarta (ANTARA) – Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno berbicara terkait janjinya mengenai Kartu Jakarta Pintar (KJP) hingga pembangunan transportasi di kota ini saat kampanye akbar perdana.

    “Kami tidak berimajinasi akan bangun mimpi-mimpi besar. Kami akan langsung menyelesaikan persoalan-persoalan ini yang ada, di masyarakat,” kata Pramono saat sambutan “Festival Menyala” di Jakarta International Velodrome Stadion Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu.

    Pramono mengatakan, saat ini masalah yang banyak dikeluhkan warga mengenai KJP.

    Menurut Pramono, KJP merupakan hak bagi masyarakat yang memang layak untuk mendapatkannya.

    “Nanti kagak usah ribet. KJP cukup diselesaikan di kecamatan masing-masing,” tegas Pramono.

    Selain itu, Pramono membicarakan janjinya untuk membolehkan warga tamatan SD dan bisa membaca serta menulis bisa menjadi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), tidak harus lulusan SMA.

    Pramono juga menegaskan tidak akan membangun infrastruktur dan fasilitas untuk daerah yang sudah bagus seperti di Jalan Sudirman, Thamrin dan Jalan Gatot Subroto.

    “Fasilitas untuk orang-orang kaya sudah cukup. Sekarang yang diperlukan adalah perbaikan di masyarakat bawah, akar rumput,” ujar Pramono.

    “Setahu saya di istana selama ini, tidak ada hidangan Betawi untuk menjamu tamu-tamu. Nanti kalau saya jadi Gubernur Jakarta, saya upayakan itu dan setiap ada acara akan dibuka dengan bir pletok,” jelas Pramono.

    Lalu, Pramono mengatakan, Jakarta tidak boleh lagi bergantung dari retribusi, harus mempunyai sumber pendapatan baru dengan cara membuat Jakarta “Funding”.

    Pramono yakin Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta sudah cukup dan akan dibuat lebih sehat dan transparan.

    Selanjutnya, Pramono memastikan di setiap kelurahan akan punya balai rakyat sehingga yang bisa dipakai warga untuk berbagai kegiatan, termasuk tempat pernikahan dan sunatan.

    “Kalau kita kerja rukun guyub, riang gembira Insyaallah kemenangan ada di depan kita. Tapi kita jangan lengah. Kita harus bekerja lebih keras terpadu dan kerja sama. Jangan lupa coblos nomor 3,” ucap Pramono.

    Baca juga: Ridwan Kamil pastikan program KJP dilanjutkan

    Serba gratis

    Sementara itu, Rano Karno mengatakan, dirinya akan membuat Jakarta lebih menyala jika terpilih di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

    “Ncang ncing kalo kita suara serak tapi tidak memenangkan nomor tiga percuma. Minimal satu orang ajak tujuh tetangga, Insyaallah bisa menang,” kata Rano.

    Rano mengatakan, dirinya juga tidak mau ribet untuk urusan KJP dan Kartu Jakarta Manusia Unggul (KJMU).

    “Kalau dulu untuk mendapatkan KJP dan KJMU harus melakukan verifikasi setiap tahun. Nanti ga pake ribet KJP dan KJMU bisa dapat sampai lulus,” ujar Rano.

    “Kita akan lanjutkan program Bang Anies Baswedan, kontrak farming. Kita langsung potong harga pangan. Kita bikin pasar murah,” ucal Rano.

    Kemudian tak ketinggalan kebijakan fasilitas gratis naik angkutan umum bagi 15 golongan warga Jakarta.

    “Pokoknya gratis gunakan angkutan umum di Jakarta. Gratis LRT, MRT, JakLingko dan Transjakarta,” ujar Rano.

    Konsolidasi akbar Festival Jakarta Menyala dihadiri sekitar 7.000 simpatisan yang terdiri dari pengurus wilayah Partai PDI Perjuangan (PDIP) se-Jakarta.

    Selain berkampanye, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan artis dan penyanyi ibu kota mulai dari Once Mekel, Anang, Happy Asmara, Iwa K, komedian The Limpa, serta penampilan tari tradisional Betawi.

    Tidak hanya itu, ada pula simulasi pencoblosan paslon nomor tiga (3) pada 27 November 2024.

    Pemungutan suara Pilkada Jakarta 2024 akan diadakan pada 27 November 2024.

    Pilkada DKI Jakarta kali ini diikuti pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pramono akan buka kembali trayek JakLingko yang ditutup

    Pramono akan buka kembali trayek JakLingko yang ditutup

    Jakarta (ANTARA) – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3
    Pramono Anung akan menghidupkan kembali sejumlah trayek JakLingko yang ditutup jika dirinya menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

    “Kalau saya (jadi gubernur) akan kita buka kembali trayek JakLingko yang ditutup,” kata Pramono di Jakarta, Jumat.

    Pramono menjelaskan, ide JakLingko yang digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini cukup bagus karena dapat mengurangi kemacetan.

    Pramono menyayangkan beberapa trayek atau koridor JakLingko ditutup ketika Anies tidak lagi menjadi gubernur.

    Menurut Pramono, persoalan kemacetan di Jakarta disebabkan para pekerja yang berasal dari wilayah sekitar Jakarta seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok dan sebagai Cianjur.

    Karena itu, Pramono akan membuat Transjabodetabek yang akan memaksa orang naik kedaraan umum dan tidak memakai kendaraan pribadi demi mengatasi permasalahan kemacetan di Jakarta.

    “Bagaimana cara pengaturannya? Akan dibebaskan (gratiskan) 15 golongan. Tidak hanya naik busway tetapi juga MRT, LRT dan juga JakLingko. Maka untuk itu, kami akan mensubsidi untuk seperti itu biayanya jauh lebih murah,” katanya.

    KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta pada Minggu (22/9).

    Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Awal Bulan, Periksa Lagi 26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini Jumat 1 November 2024 – Page 3

    Awal Bulan, Periksa Lagi 26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini Jumat 1 November 2024 – Page 3

    Bagi pengendara roda empat atau lebih yang harus melintasi wilayah ganjil genap, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

    1. Cek Kalender dan Pelat Nomor:

    Pastikan untuk selalu memeriksa tanggal dan mencocokkannya dengan pelat nomor kendaraan Anda. Ini adalah langkah pertama untuk memastikan Anda mematuhi aturan.

    2. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze dapat membantu Anda menemukan rute alternatif yang tidak terkena aturan ganjil genap. Aplikasi ini juga memberikan informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas.

    3. Pertimbangkan Transportasi Umum:

    Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, atau KRL untuk menghindari kemacetan dan aturan ganjil genap. Ini juga merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan.

    4. Berkendara di Luar Jam Ganjil Genap:

    Jika perjalanan Anda tidak mendesak, cobalah untuk berkendara di luar jam-jam ganjil genap yang ditetapkan.

    5. Carpooling:

    Pertimbangkan untuk berbagi kendaraan dengan teman atau kolega yang memiliki pelat nomor yang sesuai dengan aturan hari itu. Ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah kendaraan di jalan, tetapi juga dapat menghemat biaya bahan bakar.

    6. Siapkan Dokumen Kendaraan:

    Pastikan semua dokumen kendaraan Anda lengkap dan valid, termasuk SIM dan STNK, untuk menghindari masalah saat pemeriksaan.

    7. Periksa Kondisi Kendaraan:

    Sebelum berangkat, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa tekanan ban, oli, dan bahan bakar untuk memastikan perjalanan Anda lancar dan aman.

    Dengan memahami dan mematuhi kebijakan ganjil genap, pengendara dapat berkontribusi pada pengurangan kemacetan dan polusi udara di Jakarta.

  • Mengenal ‘Easy Card’ sistem pembayaran satu kartu di Taiwan

    Mengenal ‘Easy Card’ sistem pembayaran satu kartu di Taiwan

    ANTARA – PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama delegasi jurnalis dari Indonesia mengenal “Easy Card”, yaitu sistem pembayaran satu kartu yang digunakan oleh warga Taiwan. Easy Card menjadi ikon pembayaran yang terintergrasi karena dapat digunakan diberbagai sektor, mulai dari transportasi hingga berbelanja di toko-toko waralaba. (Azhfar Muhammad Robbani/Sandy Arizona/Rinto A Navis)

  • MRT Jakarta ajak jurnalis RI pelajari sistem pembayaran Metro Taipei

    MRT Jakarta ajak jurnalis RI pelajari sistem pembayaran Metro Taipei

    Taipei (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda) mengajak sejumlah jurnalis Indonesia untuk mempelajari sistem pembayaran (payment) Metro Taipei, Taiwan melalui program studi banding MRTJ Fellowship Program 2024.

    “Kita belajar bagaimana Taiwan mempunyai alternatif metode pembayaran untuk MRT baik itu aplikasi, kartu, atau uang elektronik,” kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Ahmad Pratomo dalam keterangan resmi yang diterima di Taiwan, Kamis.

    Pratomo mengatakan nantinya sejumlah alternatif itu diharapkan bisa mendorong kemajuan sistem pembayaran MRT Jakarta.

    Adapun alasan memilih Taiwan sebagai negara percontohan karena restorasi digitalnya sejalan dengan yang diharapkan MRT Jakarta.

    Dengan demikian, MRT Jakarta berharap dapat menyerap segala pengetahuan di Taiwan terutama dalam sistem pembayaran berbasis digital.

    Sementara, Kepala Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Arif Sulistyo berharap Indonesia dan Taiwan terus menjalin kerja sama dalam bidang perekonomian.

    “Diharapkan terus terjalin baik dari sisi perdagangan, pariwisata, kerja sama industri dan investasi,” ujar Arif.

    Sejumlah jurnalis yang terlibat dalam MRTJ Fellowship Program 2024 antara lain dari LKBN ANTARA, Kompas TV, IDX Channel dan IDN Times.

    Mereka diajak mempelajari pembayaran digital maupun transportasi melalui narasumber dari Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI), organisasi Intelligent Transportation Society of Taiwan (ITS Taiwan) dan konsultan teknik “CECI Engineering Consultant”.

    Baca juga: Warga harap MRT Jakarta tiru kecepatan layanan Metro Taipei

    Lalu, perusahaan sewa sepeda “YouBike”, perusahaan kartu pembayaran digital “EasyCard Corp Office”, Taipei Rapid Transit Corp Office dan The Ministry of Transportation and Communications (MOTC).

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024