MRT Jakarta Tak Batasi Waktu Donasi Pakaian Bekas di Drop Box Stasiun
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– PT
MRT Jakarta
memastikan program pengumpulan donasi pakaian bekas melalui
drop box
di sejumlah stasiun masih terus berlangsung tanpa batas waktu tertentu.
Program ini menjadi bagian dari komitmen MRT Jakarta dalam mendukung inisiatif keberlanjutan lingkungan.
Kepala Divisi Sekretariat Korporasi MRT Jakarta, Rendy Primartantyo, mengatakan pihaknya tidak menetapkan periode khusus untuk pengumpulan pakaian bekas agar program tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.
“Tidak ada periode khusus (pengumpulan donasi pakaian), kami berharap program ini dapat terus berkelanjutan,” kata Rendy kepada Kompas.com, Sabtu (20/12/2025).
Saat ini, MRT Jakarta menyediakan empat
drop box
yang tersebar di empat stasiun berbeda. Dua
drop box
ditempatkan di stasiun yang berada di ujung lintasan, yakni Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Lebak Bulus.
Sementara itu, dua
drop box
lainnya dapat ditemukan di Stasiun Bendungan Hilir dan Stasiun Blok M.
Rendy menjelaskan, pakaian yang dapat didonasikan harus dalam kondisi bersih dan layak pakai. Donatur juga diimbau untuk tidak menyumbangkan sejumlah jenis pakaian tertentu, seperti pakaian dalam, masker, kaus kaki, celana legging, serta seragam sekolah maupun kantor.
Ia menambahkan, larangan donasi seragam kantor diberlakukan karena MRT Jakarta memiliki program tersendiri untuk mendaur ulang seragam karyawannya.
“Seragam kantor tidak bisa karena MRT Jakarta memiliki program Zero Waste Seragam Kantor Insan MRT dalam program yang sama ‘Menjahit Perjalanan,’” jelas Rendy.
Pakaian yang terkumpul selanjutnya akan melalui proses pemilahan. Sebagian pakaian akan diolah kembali menjadi produk bernilai guna baru, sementara sisanya disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.
“Pakaian bekas yang masih pantas akan diubah menjadi produk bernilai guna dan barang untuk kebutuhan sehari-hari seperti, dan hasil kerajinan tangan lainnya,” tutur dia.
Dalam proses
pengolahan pakaian bekas
tersebut, MRT Jakarta menggandeng sekitar 20 orang warga di sekitar Stasiun MRT Blok A, termasuk penyandang disabilitas dan komunitas lainnya.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Produk: MRT
-
/data/photo/2025/12/16/6940f5b47ca4a.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
MRT Jakarta Tak Batasi Waktu Donasi Pakaian Bekas di Drop Box Stasiun Megapolitan 20 Desember 2025
-

Mau Sewa Kost? Ini Cara Mencari Kost Dekat Transportasi Umum dalam 7 Langkah Mudah
Saat ini, mencari tempat tinggal sementara seperti kos menjadi salah satu kebutuhan penting, terutama bagi mahasiswa atau pekerja yang ingin mendapat akses mudah ke fasilitas transportasi umum. Jika Anda sedang mencari kost, kost Pluit, penting untuk memilih lokasi yang tidak hanya nyaman tapi juga strategis dekat dengan halte bus, stasiun KRL, MRT, atau titik ojek online. Dengan begitu, aktivitas harian Anda bisa berjalan lebih efisien tanpa perlu khawatir soal transportasi.
Untuk mempermudah, website 99.co Indonesia bisa bantu Anda menemukan kost yang sesuai dengan kebutuhan dan budget tanpa kesulitan. Berikut adalah 7 langkah mudah untuk membantu Anda menemukan kost dekat transportasi umum, sehingga Anda bisa lebih fokus menjalani aktivitas harian dan menikmati kenyamanan kos yang ideal.
Cara Mencari Kost Dekat Transportasi Umum
Mencari kost dekat transportasi umum memang membutuhkan pendekatan khusus agar lokasi yang dipilih benar-benar praktis dan sesuai harapan. Berikut 7 langkah mudah yang bisa Anda ikuti:1. Gunakan Aplikasi dan Situs Pencari Kost dengan Fitur Peta
Mulailah pencarian dengan menggunakan aplikasi atau situs pencari kost yang menyediakan fitur peta. Fitur ini memungkinkan Anda melihat lokasi kost secara langsung dan jaraknya ke stasiun atau halte transportasi umum. Dengan fitur radius pencarian, Anda bisa menentukan batas jarak yang paling nyaman untuk dijangkau dengan berjalan kaki.
Manfaatkan filter untuk menyesuaikan harga dan fasilitas kost agar pencarian lebih tepat. Pastikan juga Anda mencatat beberapa pilihan untuk melakukan survei lebih lanjut.
2. Pertimbangkan Waktu Tempuh Saat Jam Sibuk
Saat menentukan pilihan, jangan hanya mengandalkan jarak secara kasat mata. Cobalah hitung waktu tempuh nyata dari kost ke titik transportasi umum pada jam sibuk, misalnya jam berangkat kerja atau kuliah. Hal ini penting karena kondisi jalan dan kepadatan bisa mempengaruhi kenyamanan perjalanan Anda setiap hari.
Jika memungkinkan, lakukan survei langsung di lokasi pada jam-jam tersebut agar Anda mendapatkan gambaran yang akurat.
3. Perhatikan Keamanan dan Kenyamanan Rute
Jalan menuju halte atau stasiun perlu aman, terang, dan tidak sepi. Ini terutama jika Anda pulang larut malam. Keamanan dan kenyamanan rute ini memengaruhi rasa aman Anda dalam mobilitas sehari-hari. Jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar atau calon penghuni kost tentang kondisi lingkungan dan keamanan di sekitar.
4. Cek Fasilitas Kost yang Mendukung Aktivitas Harian
Selain lokasi, perhatikan juga fasilitas kost yang membantu kebutuhan Anda. WiFi cepat, kamar mandi dalam, keamanan 24 jam, dan kebersihan lingkungan sangat penting bagi kenyamanan tinggal. Kost dengan fasilitas lengkap cenderung membuat aktivitas kerja atau kuliah lebih lancar tanpa hambatan.
Selain itu, pastikan juga listrik dan air sudah termasuk dalam harga sewa. Tujuannya tentu tidak ada biaya tak terduga yang membebani Anda.
5. Survei Langsung dan Bandingkan Pilihan
Jangan hanya puas dengan melihat foto atau deskripsi online. Survei langsung ke lokasi kost adalah langkah penting untuk memastikan kondisi sebenarnya sesuai harapan. Lakukan kunjungan pada waktu berbeda, pagi dan malam hari, untuk menilai suasana dan kenyamanan lingkungan. Selain itu, bandingkan beberapa pilihan, catat kelebihan dan kekurangannya agar Anda dapat membuat keputusan terbaik.
6. Manfaatkan Rekomendasi dari Teman atau Komunitas
Minta rekomendasi dari teman, keluarga, atau komunitas yang sudah pernah tinggal di area dekat transportasi umum. Mereka bisa memberikan informasi jujur tentang pengalaman dan tips memilih kost yang cocok. Juga, testimoni dari orang yang Anda percaya dapat menjadi bahan pertimbangan berharga dalam memilih kost.
7. Perhitungkan Total Biaya Transportasi dan Sewa
Walaupun harga sewa kost dekat transportasi umum mungkin sedikit lebih mahal, perhitungkan juga biaya transportasi yang harus Anda keluarkan setiap bulan. Kost yang dekat moda transportasi akan mengurangi biaya dan waktu perjalanan, sehingga lebih hemat secara total.
Mencari kost dekat transportasi umum memang membutuhkan riset dan survei yang cukup teliti. Kost yang tepat akan memudahkan aktivitas harian Anda dan menghemat waktu maupun biaya transportasi.
Jadi, pastikan Anda memanfaatkan aplikasi pencari kost, mempertimbangkan waktu dan keamanan rute, serta membandingkan fasilitas dan harga. Tentu, dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kost yang tidak hanya nyaman tapi juga strategis.
Kalau Anda sedang mencari kost atau hunian yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk kunjungi 99.co. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai pilihan kost dan properti lengkap dengan fitur pencarian yang memudahkan Anda mendapatkan lokasi terbaik dekat transportasi umum.
-

Cek Diskon & Cashback Kereta Cepat Libur Natal 2025 & Tahun Baru 2026
Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menghadirkan berbagai program promo tiket Whoosh menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, kehadiran promo ini sebagai bentuk komitmen KCIC dalam memberikan kemudahan dan keringanan biaya perjalanan menjelang masa libur Nataru.
“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan promo ini untuk merencanakan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bersama Whoosh,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Minggu (14/12/2025).
Beragam promo menarik yang diberikan terdiri dari potongan harga tiket, penawaran cashback hingga Rp.100.000, serta program khusus dari berbagai kanal pembelian untuk periode keberangkatan tertentu.
Mulai dari diskon tiket Rp25.000 untuk keberangkatan 10-15 Desember 2025, hingga cashback di aplikasi online dan pembayaran melalui merchant tertentu.
Sampai dengan Oktober 2025, Whoosh tercatat telah mengangkut sebanyak 5,05 juta penumpang atau tumbuh 3,46% dari periode yang sama tahun lalu.
Melihat data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang Whoosh memang tercatat yang paling sedikit di antara moda lainnya. Misalnya MRT (37,35 juta penumpang), Kereta Bandara (7,7 juta orang), dan LRT yang mencapai (28,35 juta penumpang).
Berikut daftar lengkap promo yang berlaku selama periode liburan Nataru:
1. Diskon Tiket Whoosh Rp25.000
– Periode keberangkatan: 10–15 Desember 2025
• Pemesanan mulai 10 Desember 2025
• Channel pembelian: Aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, dan Traveloka.
2. Cashback hingga Rp100.000 di Traveloka
– Kode promo 12WHOOSH
• Cashback Traveloka Poin hingga 2% (maksimal Rp100.000)
• Minimum transaksi Rp500.000 untuk perjalanan Round Trip (PP)
– Periode promo : hingga 5 Januari 2026
• Channel pembelian: Aplikasi Traveloka & Traveloka Web.
3. Cashback Rp50.000 di Livin’ Sukha
• Cashback Rp50.000 untuk transaksi minimal Rp500.000
– Periode promo: hingga 31 Desember 2025
• Channel pembelian: Aplikasi Livin’ by Mandiri → fitur Livin’ Sukha
4. Cashback 20% s.d Rp50.000 di BRImo
• Cashback 20% hingga Rp50.000
• Periode promo hingga 31 Desember 2025
• Berlaku setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu
• Channel pembelian: BRImo → menu Lifestyle → Travel
5. Cashback Rp20.000 pembayaran dengan Mandiri Taspen
• Periode hingga 31 Desember 2025
• Channel pembelian: Vending Machine Whoosh, aplikasi Whoosh, website KCIC
• Metode pembayaran: Pembayaran dengan QRIS Movin by Bank Mandiri Taspen
6. Cashback hingga Rp10.000 dengan Tiket.com
• Kode promo: TIKETWHOOSH
• Periode promo hingga 31 Desember 2025
• Cashback 2% hingga IDR 10.000 dengan minimum transaksi IDR 150.000
• Channel pembelian: Aplikasi Tiket.com
-

Stasiun Lebak Bulus disiapkan jadi TOD ketiga di Jakarta
Jakarta (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda) menyiapkan Stasiun Lebak Bulus menjadi kawasan berorientasi transit (transit oriented development/TOD) ketiga di Jakarta sebagai konsep pengembangan area perkotaan.
“Selain Dukuh Atas, Blok M dan Lebak Bulus ini yang baru,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat dalam konferensi pers peresmian Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu.
Tuhiyat mengatakan tujuan ini selaras dengan mandat pemerintah yaitu membangun pengembangan bisnis dan kawasan TOD, terutama di setiap stasiun MRT.
Kawasan TOD diharapkan mampu mempertahankan prinsip keberlanjutan perusahaan yang diberikan amanah untuk memberikan pelayanan publik.
“Kami ditugaskan membenahi pedestrianisasi, interkoneksi dan sebagainya dalam radius 800 meter di setiap stasiun, seperti yang dilakukan di Stasiun Lebak Bulus,” ucapnya.
Dalam rangka mendukung TOD di Stasiun Lebak Bulus, MRT juga menyiapkan tempat parkir kendaraan yang terkoneksi dengan transportasi umum (park and ride) dan pusat perbelanjaan (mall) Point Square melalui jembatan.
“Park and ride” yang akan dibangun ini berkapasitas besar dengan menggunakan pendanaan kreatif (creative financing) oleh MRT Jakarta.
“Kami berencana membangun area campuran (mixed-use) di sampingnya untuk membiayai ‘park and ride’ ini. Tujuannya agar penumpang dari arah selatan Jakarta dan Tangerang Selatan berhenti di sini, lalu melanjutkan perjalanan dengan MRT menuju pusat kota,” ucapnya.
Diharapkan, kawasan TOD Lebak Bulus bisa mengurangi kepadatan di pusat kota dengan memberikan pelayanan penuh.
Stasiun Lebak Bulus merupakan stasiun pertama dari fase pertama sebelum 13 stasiun menuju Bundaran HI sehingga, ada sembilan stasiun layang (elevated) hingga ASEAN dan enam stasiun bawah tanah hingga Bundaran HI.
Berdasarkan data MRT Jakarta, Stasiun Lebak Bulus merupakan stasiun dengan jumlah pelanggan terbanyak ke-3, yakni 431.536 pelanggan pada 2025.
Sepanjang November 2025, MRT Jakarta mencatat 4.173.621 pelanggan menggunakan layanan MRT Jakarta. Dari total tersebut, sekitar 139.121 pelanggan per hari naik MRT Jakarta.
Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2025Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.
-

Ini alasan BSI pilih “naming rights” di Stasiun MRT Lebak Bulus
Jakarta (ANTARA) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membeberkan alasannya memilih hak penamaan (naming rights) di Stasiun MRT Lebak Bulus, yaitu sebagai upaya strategi agar lebih dikenal masyarakat.
“Kita melihat bahwa Stasiun Lebak Bulus itu selalu disebut di setiap stasiun. Harapannya, dengan selalu disebut Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia, masyarakat semakin perhatian tentang Bank Syariah Indonesia. Ini bagian dari strategi branding kita,” kata Direktur Utama BSI Anggoro Eko Cahyo dalam peresmian Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu.
Dia mengatakan dengan seringnya melihat dan mendengar langsung nama BSI, maka diharapkan pengguna MRT tertarik menjadi nasabah.
Terkait rentang waktu kontrak, dia menjelaskan itu dapat berjalan selama tiga tahun atau lebih, seiring evaluasi yang dijalankan bersama dengan pihak MRT Jakarta.
“Kerja sama ini tentu akan kita selalu melihat kembali (review) apakah ada peningkatan manfaatnya. Tapi paling tidak, kerja sama ini akan berjangka panjang,” ucap Anggoro.
Acara peresmian hak penamaan (naming rights) Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (10/12/2025). ANTARA/Luthfia Miranda Putri.
Lebih lanjut, BSI mengungkapkan tujuannya berkolaborasi dengan MRT Jakarta melalui naming rights, yakni demi meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap perbankan syariah.
Kemudian, mendukung keberlanjutan dengan mendorong warga untuk menggunakan transportasi publik demi mengurangi emisi.
Dalam promosinya bagi pengguna MRT, BSI menawarkan pengembalian uang (cashback) Rp100 ribu untuk 1.000 nasabah.
Selain itu, ada pula 50 persen diskon bagi tenant yang menggunakan aplikasi BYOND, serta fasilitas cuci emas dan layanan perbankan syariah lainnya.
Sementara itu, duta (brand ambassador) BSI pasangan artis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah mengharapkan kolaborasi BSI dengan MRT Jakarta berdampak positif bagi pengguna transportasi publik.
“Semoga kolaborasi MRT dan Bank Syariah banyak manfaatnya untuk masyarakat,” ucap Atta.
Berdasarkan data MRT Jakarta, Stasiun Lebak Bulus merupakan stasiun dengan jumlah pelanggan terbanyak ke-3, yakni 431.536 pelanggan.
Sepanjang November 2025, MRT Jakarta mencatat 4.173.621 pelanggan menggunakan layanan MRT Jakarta. Dari total tersebut, sekitar 139.121 pelanggan per hari naik MRT Jakarta.
Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2025Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.
-

Layanan Perbankan BSI di 23 Kabupaten-Kota Aceh Mulai Pulih
Jakarta –
Layanan perbankan milik PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI di 23 kabupaten/kota Provinsi Aceh kembali pulih setelah sebelumnya terdampak bencana. Dari 145 kantor cabang di Aceh, kini hanya tinggal 10 yang belum beroperasi imbas bencana tersebut.
Direktur Utama BSI, Anggoro Eko Cahyo, mengatakan akses layanan perbankan untuk masyarakat kembali berfungsi penuh. Namun, terdapat beberapa lokasi yang masih terdampak sehingga unit cabang yang beroperasi masih terbatas seperti di Aceh Tamiang.
“Dari 145 cabang, tadinya kan yang bener-bener nggak bisa 60 (kantor cabang), hari ini tinggal 10,” ungkap Anggoro kepada wartawan di Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia, Jakarta, Rabu (10/12/2025).
“Di Aceh Tamiang yang paling sulit, itu ada 2 cabang on. Di sana ada 10 cabang, tapi 2 sudah on,” tambahnya.
Sementara layanan mesin ATM, Anggoro menjelaskan, ada sebanyak 500 unit yang sudah kembali beroperasi. Adapun total BSI memiliki unit ATM sebanyak 920 di provinsi Aceh.
“Kalau ATM, dari 920 ATM, itu 500 sudah on. Artinya di semua kabupaten kota sudah on, semua. Tapi beberapa yang belum on, ya karena situasinya ya. Jadi intinya, pelayanan pada masyarakat, sudah fully di semua kabupaten-kota, walaupun belum di semua spot cabang,” imbuhnya.
Sebagai informasi, muncul kekhawatiran masyarakat Aceh karena tidak dapat menarik uang di ATM beberapa waktu lalu. Hal ini terjadi imbas pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet di sejumlah titik bencana di Provinsi Aceh.
Tonton juga Video: BSI untuk Aceh: Bantuan yang Bergerak Cepat
(kil/kil)
-

MRT Jakarta resmikan Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia
Jakarta (ANTARA) – PT. MRT Jakarta (Perseroda) meresmikan nama Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia sebagai bagian dari bisnis perusahaan dalam bidang penjualan hak penamaan (naming rights).
“Semoga kolaborasi antara MRT Jakarta dan BSI (Bank Syariah Indonesia) dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, terutama bagi publik,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat dalam peresmian Stasiun MRT Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu.
Dia mengatakan pihaknya mendapatkan tiga mandat dari pemerintah, yakni membangun infrastruktur, mengoperasikan dan memelihara kereta, jalur, stasiun, dan seluruh fasilitas yang ada, serta membangun kawasan transit di setiap stasiun.
Ketiga mandat tersebut sejalan dengan pembangunan proyek MRT Jakarta yang berkelanjutan.
Sementara itu, Direktur Utama BSI Anggoro Eko Cahyo menambahkan kehadiran mereka yang kini menjadi bagian dari MRT Jakarta itu diharapkan mampu mendorong mobilitas masyarakat urban.
“Dengan hadirnya BSI di Lebak Bulus, tentu saja bagian dari kita menjadi lebih dekat dengan masyarakat, hadir di ruang publik, sehingga masyarakat bisa lebih melihat apa itu produk-produk perbankan syariah,” tutur Anggoro.
Dia menyebutkan BSI memiliki dua tujuan, yakni literasi perbankan syariah Indonesia yang mencapai 4,3 persen, namun dari segi inklusifnya baru mencapai 13 persen.
Kemudian, tujuan selanjutnya, yakni prinsip keberlanjutan yang mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.
“Jadi, dua poin penting inilah yang mendasari kami untuk BSI bekerja sama dengan PT MRT. Satu, literasi. Kedua, memang kita sama-sama mendorong masyarakat untuk ayo naik MRT sebagai transportasi publik,” ucap Anggoro.
Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya ingin mendekatkan bank syariah kepada masyarakat melalui produk-produk terbaru, di antaranya zakat, infaq, dan sedekah.
“Insya Allah, semakin berkah, tidak hanya buat BSI, tapi juga buat PT MRT. Karena setiap tahun, dari keuntungan Bank Syariah, ada bagian zakat yang kita bayarkan,” ungkap Anggoro.
Sejauh ini, tercatat sembilan stasiun MRT Jakarta yang telah mendapatkan hak penamaan, yaitu Bundaran HI Bank DKI, Stasiun Fatmawati Indomaret, Cipete Raya TUKU, Blok M BCA, Senayan Mastercard, Istora Mandiri, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Lebak Bulus Bank Syariah Indonesia.
Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2025Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.


/data/photo/2023/10/26/6539d7574a955.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)