Produk: KTP

  • Mudik Gratis PT PELNI Dibuka Hari Ini untuk 500 Kuota, Catat Syaratnya – Halaman all

    Mudik Gratis PT PELNI Dibuka Hari Ini untuk 500 Kuota, Catat Syaratnya – Halaman all

    Pendaftaran Mudik Gratis PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dibuka mulai hari ini, Selasa (4/3/2025) hingga 19 Maret 2025.

    Tayang: Selasa, 4 Maret 2025 09:16 WIB

    Tangkap Layar Akun Instagram @pelni162

    MUDIK GRATIS PELNI – Tangkap layar akun Instagram @pelni162 yang diambil pada Selasa (4/3/2025). Mudik gratis PT PELNI dibuka mulai hari Ini untuk 500 kuota. 

    TRIBUNNEWS.COM – Pendaftaran Mudik Gratis PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dibuka mulai hari ini, Selasa (4/3/2025) hingga 19 Maret 2025.

    Rute mudik gratis tahun ini adalah dari Sampit menuju Semarang menggunakan kapal KM Leuser dengan kuota sebanyak 500 orang.

    Nantinya, mudik gratis PT PELNI ini akan berangkat pada tanggal 24 Maret 2025.

    Berikut adalah syarat dan ketentuannya:

    1. Calon pemudik harus memiliki Kartu Identitas berisi NIK (KTP untuk dewasa, dan Kartu Keluarga/KIA untuk calon penumpang di bawah 17 tahun)

    2. Calon pemudik harus memiliki akun pada aplikasi PELNI Mobile

    3. Pendaftaran dilakukan di Loket PELNI Cabang Sampit dengan membawa Fotocopy kartu identitas dan bukti cetak telah memiliki akun di aplikasi PELNI Mobile

    4. Calon pemudik yang memenuhi syarat dan telah diverifikasi akan diundang ke dalam Grup WhatsApp

    5. Kode booking calon pemudik akan diinformasikan melalui Grup WhatsApp

    6. Setelah mendapatkan kode booking, calon pemudik wajib datang 5 jam sebelum waktu keberangkatan kapal

    7. Calon pemudik wajib taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku

    8. Kuota tersedia 500 seat

    PELNI Buka Penjualan Tiket Lebaran

    Adapun terkait layanan umum, PT PELNI menyediakan 781.723 tiket untuk angkutan Lebaran 2025.

    Pada lebaran tahun ini, PELNI menyediakan total kapasitas 60.212 seat dari kapal 25 kapal penumpang yang melayani 74 pelabuhan dan 30 kapal perintis yang menjangkau 230 pelabuhan di seluruh Indonesia.

    Periode angkutan Lebaran PELNI akan dimulai pada 16 Maret hingga 16 April 2025.

    (Tribunnews.com/Widya)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Mudik Gratis ASDP 2025 via Bus dan Kapal Ferry Dibuka: Cek Rute Tujuan, Syarat dan Cara Daftarnya – Halaman all

    Mudik Gratis ASDP 2025 via Bus dan Kapal Ferry Dibuka: Cek Rute Tujuan, Syarat dan Cara Daftarnya – Halaman all

    Informasi lengkap program mudik gratis 2025 dari perusahaan BUMN PT ASDP Indonesia Ferry dengan keberangkatan dari Jakarta, Bajoe dan Baubau.

    Tayang: Selasa, 4 Maret 2025 09:16 WIB

    Instagram @asdp_id

    MUDIK GRATIS 2025 – Pengumuman pendaftaran mudik gratis ASDP 2025 via bus dan kapal ferry di Instagram @asdp_id diunggah Senin (3/3/2025). Informasi lengkap program mudik gratis 2025 dari perusahaan BUMN PT ASDP Indonesia Ferry dengan keberangkatan dari Jakarta, Bajoe dan Baubau. 

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut informasi lengkap program mudik gratis 2025 dari perusahaan BUMN PT ASDP Indonesia Ferry.

    Sambut Lebaran Idul Fitri 1446 H, ASDP menyelenggarakan program mudik gratis 2025 via bus dan Kapal Ferry.

    Pendaftaran Mudik Gratis ASDP 2025 sudah dibuka sampai dengan 17 Maret 2025, 

    ASDP menyediakan berbagai rute perjalanan untuk Mudik Gratis ASDP 2025 dengan keberangkatan dari Jakarta, Bajoe dan Baubau.

    Sementara untuk rute Mudik Gratis ASDP 2025 via Kapal Ferry akan dibagi dua khusus penumpang dan khusus pengguna kendaraan roda 2.

    Keberangkatan Mudik Gratis ASDP 2025 akan dilaksanakan serentak pada 27 Maret 2025.

    Lantas, apa saja syarat daftar Mudik Gratis ASDP 2025?

    Selengkapnya simak rute tujuan, syarat dan cara daftar Mudik Gratis ASDP 2025, dikutip dari Instagram @asdp_id, berikut ini.

    1. Keberangkatan Jakarta

    Moda: Bus pariwisata

    Rute: Jakarta – Bandar Lampung (via Kalianda).

    2. Keberangkatan Bajoe

    Moda: Kapal Ferry (khusus pejalan kaki Golongan 1)

    Rute:

    Bajoe – Kolaka
    Siwa – Tobaku
    Sabatung – Balanglompo

    3. Keberangkatan Baubau

    Moda: Kapal Ferry (khusus kendaraan roda 2 Golongan 2)

    Rute:

    Kendari – Langara
    Tampo – Torobulu
    Labuan – Amolengo
    Baubau – Waara
    Raha – Pure

    Program Mudik Gratis ini TIDAK memungut biaya; 
    Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI); 
    Calon peserta mudik BELUM/TIDAK melakukan pendaftaran di BUMN lain; 
    Calon peserta mudik BERSEDIA diverifikasi oleh panitia BUMN penyelenggara; 
    Peserta Mudik adalah peserta yang telah LOLOS verifikasi oleh panitia BUMN penyelenggara dan disesuaikan dengan kuota yang tersedia; 
    Peserta yang telah lolos verifikasi TIDAK BOLEH mengundurkan diri; 
    Peserta WAJIB untuk melakukan daftar ulang dan pengambilan tiket serta merchandise di waktu dan tempat yang telah ditentukan; 
    Peserta TIDAK BOLEH memperjualbelikan dan memindahtangankan tiket kepada pihak lain (Tiket harus sesuai dengan KTP/NIK yang telah didaftarkan);
    Peserta BERSEDIA menggunakan atribut seperti: Baju, Topi, Nametag yang diberikan oleh Panitia/BUMN penyelenggara; 
    Peserta WAJIB datang tepat waktu di lokasi dan jam keberangkatan yang telah ditentukan; 
    Peserta DILARANG KERAS menggunakan/membawa narkoba/obat-obatan terlarang serta membawa senjata tajam; 
    Peserta DILARANG KERAS membawa hewan peliharaan (seperti burung, kucing. anjing, ayam, dll);
    Peserta WAJIB mematuhi peraturan yang berlaku.

    Calon pemudik dapat mendaftar Mudik Gratis ASDP 2025 melalui link berikut: KLIK 

    Jika kuota sudah terpenuhi, maka link pendaftaran tersebut akan ditutup.

    Jadi calon pemudik dapat segera mengakses link daftar tersebut untuk menikmati program Mudik Gratis ASDP 2025.

    Informasi lengkap terkait pendaftaran Mudik Gratis ASDP 2025 dapat dicek melalui Instagram @asdp_id.

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Hari Ini di Jadetabek

    Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Hari Ini di Jadetabek

    Jakarta, Beritasatu.com – Polda Metro Jaya kembali menyediakan layanan Samsat keliling hari ini untuk memudahkan warga dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di 14 lokasi yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) pada Selasa (4/3/2025).

    Informasi ini diumumkan melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, yang menginformasikan 14 lokasi Samsat keliling di wilayah Jadetabek sebagai berikut:

    Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Utara di halaman parkir Samsat Jakarta Utara dan halaman Masjid Al Musyawarah Kelapa Gading pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Barat di Mal Ciputra pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat Jakarta Selatan pukul 08.00-15.00 WIB dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Timur di halaman parkir Samsat Jakarta Timur pukul 08.00-15.00 WIB dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB.Samsat keliling hari ini juga ada di Kota Tangerang yaitu di Alun-alun Cibodas pukul 08.00-11.00 WIB.Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD Serpong pukul 16.00-19.00 WIB.Ciledug di Giant Poris Batu Ceper Kota Tangerang dan Rukan  Fresh Market Grand Lake City Cipondoh pukul 09.00 WIB-12.00 WIB.Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-11.00 WIB dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-12.00 WIB.Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan halaman GTOWN Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB.Kota Bekasi KFC Zamrud 08.00-12.00 WIB.Kabupaten Ruko Robson Lippo Cikarang 09.00-12.00 WIB.Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB dan RS Bhayangkara Brimob 08.00-12.00 WIB.Cinere di kompleks Perum Mega pukul 08.00-11.00 WIB.

    Warga yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat keliling diminta untuk membawa dokumen-dokumen penting, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli beserta fotokopinya. 

    Perlu dicatat layanan Samsat keliling hari ini hanya melayani pembayaran PKB tahunan. Untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) atau penggantian pelat nomor kendaraan, pemilik kendaraan tetap harus mengunjungi kantor Samsat terdekat.

  • Selasa, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Selasa, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku terkait syarat legal berkendara, di Jakarta, Selasa.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung

    Jakut : LTC Glodok

    Jaksel : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakbar : Mall Citraland

    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan, dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • BNN Jatim Geledah Rumah Penerima Sabu 15 Kilogram di Bangkalan Madura

    BNN Jatim Geledah Rumah Penerima Sabu 15 Kilogram di Bangkalan Madura

    Surabaya (beritajatim.com) – Anggota BNN Provinsi Jatim melakukan penggeledahan di rumah Muchlis. Ia adalah penerima sabu 15 kilogram yang dikirimkan oleh kurir Agus Mardianto.

    Penyidik Madya BNN Provinsi Jatim, Kombes Pol Rachmad Kurniawan mengatakan, pihaknya menggeledah 5 kamar di rumah Muchlis tepatnya di dusun Rabesen Barat, Bangkalan, Madura. Dari 5 kamar yang digeledah, anggota BNN Provinsi Jatim tidak menemukan narkotika.

    “Untuk narkotika tidak kami temukan. Namun ada beberapa barang bukti yang disinyalir berhubungan dengan transaksi narkoba,” tegas Rachmad Kurniawan, Senin (03/03/2025).

    Di kamar pertama, petugas menemukan tiga senjata tajam. Yaitu, samurai, golok dan celurit. Di kamar kedua dan ketiga, petugas menemukan buku rekening Muchlis yang disinyalir menjadi tempat penampungan uang transaksi narkoba. Sementara di kamar keempat dan kelima, petugas menemukan uang tunai Rp 1 juta, dokumen, surat perhiasan dan tiga handphone lalu juga perhiasan. Namun, menurut orang tua Muchlis yang mendampingi penggeledahan, perhiasan yang ditemukan petugas adalah perhiasan mainan.

    “Untuk orang tua M tidak mengetahui keberadaan anaknya. Saat ini statusnya masih buron dan kita lakukan pengejaran,” kata Rachmad Kurniawan.

    Diketahui, penggeledahan terhadap rumah Muchlis adalah pengembangan dari penangkapan Agus Mardianto yang sudah diamankan BNN Provinsi Jawa Timur karena kedapatan membawa 15 kilogram sabu. Dihadapan petugas, Agus mengaku bahwa narkoba itu diperuntukan untuk Muchlis. Nantinya, 15 kilogram sabu itu akan diedarkan ke seluruh wilayah Madura.

    Diberitakan beritajatim.com, BNN Jatim menangkap kurir membawa 15 kilogram sabu, Kamis (19/02/2025) kemarin di Jembatan Suramadu. Selain itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur (Jatim) juga melakukan penggeledahan di 4 rumah yang diduga punya keterkaitan dengan kasus itu.

    AKBP Suharsi mengatakan, kurir yang diamankan itu berinisial AM. Ia mengaku mendapatkan belasan kilogram sabu dari seseorang berinisial F yang saat ini tengah buron.

    “AM ditangkap pada Kamis, 19 Februari 2025, di Parseh, Bangkalan, saat mengendarai mobil Toyota Calya putih bernomor polisi L 1079 CAE. Saat digeledah, petugas menemukan 15 bungkus plastik kemasan teh merek Guanyinwang berisi kristal putih yang diduga sabu,” ujar Suharsi, Senin (03/03/2025).

    Atas peristiwa ini, anggota BNN Jatim melakukan penggeledahan di 4 tempat. 2 di Madura dan 2 lokasi di Surabaya. Salah satu yang digeledah adalah rumah orang tua AM di Jalan Kedondong Kidul 2, Tegalsari, Surabaya. Namun, tak ada barang bukti narkotika yang ditemukan di tempat tersebut.

    “Penggeledahan dilakukan berdasarkan alamat KTP tersangka. Tapi di lokasi itu tidak ada indikasi keterlibatan orang tua tersangka dalam jaringan ini,” tuturnya. (ang/ted)

  • Hari pertama bertugas Bupati Langkat tanda tangani komitmen penerapan UHC

    Hari pertama bertugas Bupati Langkat tanda tangani komitmen penerapan UHC

    Foto: M Salim/Radio Elshinta

    Hari pertama bertugas Bupati Langkat tanda tangani komitmen penerapan UHC
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 03 Maret 2025 – 22:12 WIB

    Elshinta.com – Serah terima jabatan Penjabat Bupati Langkat M. Faisal Hasrimy, kepada Bupati Langkat Syah Afandin, telah resmi dilaksanakan.  Pasca sertijab, dihari pertamanya bekerja, Bupati Langkat Syah Afandin langsung bergerak menerapkan pelaksanaan Universal Health Converage (UHC) di Kabupaten Langkat.

    Hal ini ditandai dengan penandatanganan komitmen menerapkan UHC di Kabupaten Langkat yang ditandatangani oleh Kepala BPJS Kesehatan Medan, Kadis Kesehatan Kabupaten Langkat serta Bupati Langkat. Kegiatan ini berlangsung di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Senin (3/3).

    UHC sendiri merupakan jaminan kesehatan yang adil dan berkualitas kepada seluruh masyarakat. Program ini merupakan Asta Cita Presiden Republik Indonesia  dan merupakan visi misi Gubernur Sumatera Utara.

    Di Kabupaten Langkat sendiri, sebanyak 96 persen capaian peserta dengan angka peserta aktif sebesar 72 persen. Nantinya sebanyak 22.130 jiwa akan didaftarkan peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) sehingga capaian ya mencapai angka 98 persen.

    Bupati Langkat Syah Afandin menyampaikan, program ini akan mengarah pada kemudahan akses pelayanan kesehatan. Dimana masyarakat hanya membutuhkan KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

    Ia mengajak kepada seluruh forkopimda beserta seluruh ASN di Kabupaten Langkat untuk bersama bergerak membangun Kabupaten Langkat.

    “Bismilllahirahmanirahim, mari kita bergerak bersama mewujudkan visi misi kami menuju Langkat maju, sehat, sejahtera, religius dan berkelanjutan untuk kebaikan Kabupaten Langkat kedepannya,” ujarnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim.

    Sementara, Faisal Hasrimy yang telah menyerahkan jabatan kepada Bupati Langkat sekaligus mewakili Gubernur Sumut mengucapkan selamat dan menyampaikan harapannya untuk kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Langkat periode 2025-2030.

    “Saya ucapkan selamat kepada Bapak Syah Afandin, dan Ibu Tiorita Br Surbakti, semoga kepemimpinan bapak ibu dapat membawa Kabupaten Langkat menuju arah yang lebih baik,” tutupnya.

    Sumber : Lansir

  • 5 Lokasi Penukaran Uang Baru 2025 di Jakarta, Lengkap dengan Jam Operasional

    5 Lokasi Penukaran Uang Baru 2025 di Jakarta, Lengkap dengan Jam Operasional

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H/2025 M, Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang baru melalui kas keliling di berbagai lokasi strategis di Jakarta.

    Layanan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan uang pecahan baru yang layak edar untuk kebutuhan Lebaran.

    Jika Anda melakukan pendaftaran 3 Maret 2025, berikut adalah 5 lokasi penukaran uang baru 2025 di Jakarta, lengkap dengan jam operasionalnya:

    5 Lokasi Penukaran Uang Baru 2025 di Jakarta

    1. Jakarta Barat

    Lokasi: Masjid KH Hasyim Ashari, Jl. Daan Mogot KM 14,5 No. 14, Duri Kosambi, Cengkareng

    Tanggal: 4 Maret 2025 & 6 Maret 2025

    Waktu: 4 Maret (13:00 – 14:00 WIB), 6 Maret (12:00 – 13:00 WIB)

    2. Jakarta Selatan

    Lokasi: Masjid Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja XII No. 12, Kebayoran Baru

    Tanggal: 4 Maret 2025

    Waktu: 13:00 – 14:00 WIB

    Lokasi tukar uang baru.*

    3. Jakarta Pusat

    Lokasi: Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar

    Tanggal: 5 Maret 2025

    Waktu: 13:00 – 14:00 WIB

    4. Jakarta Utara

    Lokasi: Islamic Center, Jl. Kramat Jaya Raya RW 1, Tugu Utara, Koja

    Tanggal: 5 Maret 2025

    Waktu: 13:00 – 14:00 WIB

    5. Jakarta Timur

    Lokasi: Masjid At-Tin, Jl. Raya Taman Mini Pintu 1

    Tanggal: 6 Maret 2025

    Waktu: 12:00 – 13:00 WIB

    Cara Penukaran Uang Baru

    1. Penukaran uang baru dilakukan melalui pemesanan online di laman resmi pintar.bi.go.id.

    2. Pilih lokasi dan jadwal penukaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    3. Bawa bukti pemesanan dan KTP asli saat melakukan penukaran.

    Tips Penukaran Uang Baru

    – Lakukan pemesanan online sesuai jadwal yang telah ditentukan.

    – Datang ke lokasi penukaran tepat waktu.

    – Bawa bukti pemesanan dan KTP asli.

    – Siapkan uang tunai yang akan ditukarkan.

    Disclaimer: Jadwal dan lokasi dapat berubah sewaktu-waktu. Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti informasi terbaru dari BI.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Kurir Sabu 15 Kg Tertangkap BNN Jatim, Pemasok Masih Buron

    Kurir Sabu 15 Kg Tertangkap BNN Jatim, Pemasok Masih Buron

    Surabaya (beritajatim.com) – BNN Jatim menangkap kurir membawa 15 kilogram sabu, Kamis (19/02/2025) kemarin di Jembatan Suramadu. Selain itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur (Jatim) juga melakukan penggeledahan di 4 rumah yang diduga punya keterkaitan dengan kasus itu.

    AKBP Suharsi mengatakan, kurir yang diamankan itu berinisial AM. Ia mengaku mendapatkan sabu dari seseorang berinisial F yang saat ini tengah buron.

    “AM ditangkap pada Kamis, 19 Februari 2025, di Parseh, Bangkalan, saat mengendarai mobil Toyota Calya putih bernomor polisi L 1079 CAE. Saat digeledah, petugas menemukan 15 bungkus plastik kemasan teh merek Guanyinwang berisi kristal putih yang diduga sabu,” ujar Suharsi, Senin (03/03/2025).

    Atas peristiwa ini, anggota BNN Jatim melakukan penggeledahan di 4 tempat. 2 di Madura dan 2 lokasi di Surabaya. Salah satu yang digeledah adalah rumah orang tua AM di Jalan Kedondong Kidul 2, Tegalsari, Surabaya. Namun, tak ada barang bukti narkotika yang ditemukan di tempat tersebut.

    “Penggeledahan dilakukan berdasarkan alamat KTP tersangka. Tapi di lokasi itu tidak ada indikasi keterlibatan orang tua tersangka dalam jaringan ini,” tuturnya.

    Kini, AM beserta barang bukti narkoba berbentuk kristal putih itu saat ini diamankan di kantor BNNP Jatim di Surabaya. “Kami masih terus mengembangkan kasus ini untuk mengungkap jaringan yang lebih besar,” kata Suharsi.

    Masyarakat juga dihimbau agar turut serta dalam mencegah dan memerangi peredaran narkoba di Jawa Timur. “Kolaborasi dengan warga sangat penting. Jika ada informasi sekecil apa pun, segera laporkan,” tegasnya. (ang/but)

  • Mengapa Pemungutan Suara Ulang Terjadi? Ini Faktor Penyebabnya

    Mengapa Pemungutan Suara Ulang Terjadi? Ini Faktor Penyebabnya

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebanyak 24 daerah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) yang menandakan masih adanya pelanggaran atau ketidaksesuaian dalam proses pemilu yang memengaruhi hasil akhir.

    PSU merupakan fenomena yang kerap terjadi dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Dari segi efektivitas dan efisiensi, PSU tentu disayangkan karena mengharuskan pengulangan proses pemungutan suara yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini berdampak pada waktu dan anggaran yang dikeluarkan.

    Namun, di sisi lain, PSU berfungsi sebagai mekanisme perbaikan atas kesalahan, baik yang terjadi secara sengaja maupun tidak, oleh pemilih maupun penyelenggara pemilu. Lantas, apa saja faktor penyebab PSU? Berikut ulasannya.

    Faktor Penyebab Terjadinya PSU

    Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 372 tentang Pemilihan Umum, ayat (1), PSU dapat dilakukan apabila:

    Terjadi bencana alam dan/atau kerusuhan yang menyebabkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau tidak memungkinkan dilakukannya perhitungan suara.

    Selain itu, pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) wajib diulang apabila, berdasarkan penelitian dan pemeriksaan pengawas TPS, ditemukan keadaan yang tidak sesuai prosedur, seperti:

    Pembukaan kotak suara dan/atau kertas pemungutan dan perhitungan suara tidak dilakukan sesuai tata cara yang berlaku.

    Faktor lain yang mewajibkan dilakukannya PSU meliputi:

    Petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) terbukti meminta pemilih memberikan tanda khusus, menandatangani, atau menuliskan nama atau alamat pada surat suara yang telah digunakan.Petugas KPPS terbukti merusak lebih dari satu surat suara sehingga menjadi tidak sah.Pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) setempat dan tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap ikut memberikan suara.Pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tambahan turut memilih.Prosedur dan Mekanisme PSU

    Proses pelaksanaan PSU diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 373, yang menjelaskan:

    Ayat (1): KPPS mengusulkan PSU berdasarkan penyebab-penyebab yang diperbolehkan dalam undang-undang.Ayat (2): Usulan PSU dari KPPS diteruskan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK), yang kemudian mengajukan keputusan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/kota.

    PSU wajib dilaksanakan dalam waktu maksimal 10 hari setelah pemungutan suara sesuai keputusan KPU kabupaten/kota.

    Upaya Meminimalisir PSU

    PSU bertujuan menjaga kemurnian suara rakyat agar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun, keharusan mengulang pemungutan suara dapat mengurangi semarak pemilu sebagai pesta demokrasi. Oleh karena itu, berbagai langkah perlu dilakukan untuk meminimalisir PSU, antara lain:

    Peningkatan akurasi daftar pemilih: Proses pencocokan dan penelitian (coklit) harus dilakukan dengan lebih cermat agar tidak ada pemilih yang tidak memenuhi syarat.Peningkatan kualitas petugas KPPS: Seleksi petugas KPPS harus lebih ketat, dengan pelatihan yang optimal dan profesional. Serta, optimalisasi bimbingan teknis (Bimtek) bagi petugas KPPS dan pengawas TPS.Pendidikan pemilih secara masif: Sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan pemilu, misalnya melalui kampanye terbuka yang menghadirkan pengawas pemilu atau pakar kepemiluan.Penegakan hukum yang tegas: Pemberian sanksi berat bagi pelanggar aturan untuk mencegah praktik kecurangan (dirty vote).

    Pelaksanaan pemungutan suara ulang menandakan adanya pelanggaran terhadap asas dan prinsip Pemilu. Oleh karena itu, pencegahan terhadap PSU menjadi langkah krusial agar demokrasi tetap terjaga. Pemilu yang tertib dan sesuai regulasi akan memastikan bahwa kekuasaan tetap berada di tangan rakyat, demi kesejahteraan dan masa depan demokrasi Indonesia.

  • Info Cara Penukaran Uang Baru 2025 Melalui Online di Pintar.bi.go.id, Simak Jadwal dan Syaratnya

    Info Cara Penukaran Uang Baru 2025 Melalui Online di Pintar.bi.go.id, Simak Jadwal dan Syaratnya

    TRIBUNJATIM.COM – Simak cara melakukan penukaran uang baru 2025, lengkap dengan jadwal dan syaratnya.

    Penukaran uang baru untuk Ramadan 2025 dapat dilakukan di Bank Indonesia (BI).

    Tukar uang baru dapat dilakukan dengan cara online.

    Anda dapat melakukan penukaran uang baru di website PINTAR BI atau Pintar.bi.go.id.

    Dikutip dari Instagram resmi @bank_indonesia, penukaran uang baru dilakukan dalam beberapa periode.

    Untuk periode penukaran yang baru yang pertama adalah pada hari ini, Senin (3/3/2025).

    Cara Daftar Tukar Uang Baru 2025 di Bank Indonesia Melalui Pintar.bi.go.id

    Pertama buka website PINTAR BI di pintar.bi.go.id atau klik Link
    Kemudian klik menu ‘Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’
    Lalu pilih ‘Provinsi’ sebagai lokasi untuk melakukan penukaran uang baru
    Selanjutnya klik ‘Lihat Lokasi’ untuk melihat lokasi penukaran terdekat
    Berikutnya tentukan tanggal dan jam penukaran, lalu klik ‘Pilih’
    Setelah itu masukkan data pemesan, seperti nomor KTP/NIK, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Klik ‘Lanjutkan’
    Berikutnya isi jumlah lembar atau keping uang Rupiah yang akan ditukarkan sesuai dengan batas penukaran
    Kemudian centang pada kotak pernyataan, lalu klik ‘Pesan’
    Setelah selesai melakukan pemesanan, situs PINTAR akan menampilkan kode pemesanan
    Jangan lupa simpan bukti pemesanan. 
    Selanjutnya unduh bukti pemesanan dengan mengklik ‘Download Bukti Pemesanan’
    Terakhir bawa bukti pemesanan beserta KTP asli ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru.

    Jadwal Penukaran Uang Baru 2025

    Periode I (3 Maret 2025 mulai Pukul 12.00 WIB), untuk masa penukaran 4-9 Maret 2025.⁣
    Periode II (9 Maret 2025 mulai Pukul 09.00 WIB), untuk masa penukaran 10-16 Maret 2025.⁣
    Periode III (16 Maret 2025 mulai Pukul 09.00 WIB), untuk masa penukaran 17-23 Maret 2025. ⁣
    Periode IV (23 Maret 2025 mulai Pukul 09.00 WIB), untuk masa penukaran 24-27 Maret 2025.⁣

    Syarat Penukaran Uang Baru 2025

    1. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku

    2. Membawa uang dengan jumlah nominal yang sesuai

    3. Bawa bukti penukaran pemesanan pada saat melakukan penukaran uang baru

    4. Pastikan datang sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah dipilih saat pendaftaran online. 

    Berita Viral dan Berita Jatim lainnya

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunJatim.com