Produk: KTP

  • Perpanjang SIM Online Ditolak, Duit Bisa Balik?

    Perpanjang SIM Online Ditolak, Duit Bisa Balik?

    Jakarta

    Perpanjangan SIM online bisa ditolak. Kalau sudah ditolak uang yang sudah dibayarkan bisa kembali?

    Surat Izin Mengemudi (SIM) diperpanjang setiap lima tahun sekali. Kini perpanjangan itu kian mudah karena bisa dilakukan lewat online melalui aplikasi Digital Korlantas. Tapi tidak semua perpanjangan SIM online diterima. Tak menutup kemungkinan pengajuan perpanjangan SIM online kamu malah ditolak.

    Meski begitu, kamu tak perlu khawatir bila sudah melakukan pembayaran. Pasalnya, uang kamu akan kembali dan dikirimkan ke rekening yang sudah didaftarkan. Untuk diketahui, saat melakukan registrasi kamu memang diminta mengisi rekening pengembalian. Rekening pengembalian adalah rekening untuk menerima pengembalian dana jika pengajuan ditolak.

    “Jika pengajuan SIM Anda ditolak, maka terdapat ketidaksesuaian data yang Anda berikan atau ada persyaratan dokumen yang tidak lengkap. Silakan cek rekening pengembalian dana Anda secara berkala,” tulis laman Digital Korlantas Polri.

    Bila sudah pernah mendapat penolakan, kamu bisa kembali melakukan pengajuan melalui aplikasi. Dengan catatan, masa berlaku SIM masih aktif. Untuk menghindari penolakan pengajuan, kamu harus memenuhi persyaratan yang ditentukan.

    “Untuk menghindari penolakan Satpas, pastikan dokumen yang diperlukan benar dan lengkap dan lakukan pengajuan 30 hari sebelum masa berlaku habis,” terang laman tersebut.

    Syarat Perpanjang SIM Online

    Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk perpanjang SIM online? Berikut ini syarat perpanjangan SIM online.

    Dokumen Pendukung

    Kartu SIM yang akan diperpanjangKartu Tanda Penduduk (KTP)Foto tanda tangan di atas kertas putih polos dengan tinta tebalPas fotoHasil Rikkes jasmaniHasil tes psikologi

    Syarat Pas Foto

    Bukan swafoto dengan kamera depanMenggunakan latar belakang biruResolusi foto 480 x 640 pixelFoto tanpa menggunakan kacamataFoto tidak boleh menggunakan topi atau peciFoto menghadap ke depanCara Perpanjangan SIM Secara OnlineMemperpanjang SIM secara online dilakukan lewat aplikasi Digital Korlantas Polri. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:Download dan instal aplikasi Digital Korlantas PolriBuka aplikasi dan lakukan registrasi dengan mengisi nomor HP aktif, dan tunggu hingga menerima kode OTP via SMSMasukkan kode OTPBuat PIN dan konfirmasi ulang PINLengkapi data pribadi di menu Profil dengan memasukkan NIK, nama sesuai KTP, dan alamat emailTunggu email yang masuk dan aktivasi akunLakukan verifikasi KTP untuk menggunakan layanan Digital Korlantas PolriUntuk mengajukan permohonan perpanjang SIM, pilih layanan SIM lalu klik Perpanjangan SIM pada halaman utamaLakukan tes Rikkes jasmani di erikkes.id dan tes psikologi di app.eppsi.id. dengan membuka situs di browser ponsel jika belum. Apabila sudah, lanjut pengisian data dan unggah dokumen di aplikasiPilih Satpas penerbit SIMMasukkan nomor rekening yang aktifPilih metode pengiriman, melalui pos atau pengambilan di Satpas penerbitPilih metode pembayaran dan sertakan nomor rekeningSelesaikan pembayaran sesuai biaya yang telah terteraPeriksa status transaksi di menu TransaksiSelanjutnya, sistem akan memproses permohonan perpanjangan SIM

    (dry/lth)

  • Pendaftaran Motis Mudik Lebaran 2025 Dibuka: Cara Daftar, Syarat, Rute Tujuan & Jadwal Keberangkatan – Halaman all

    Pendaftaran Motis Mudik Lebaran 2025 Dibuka: Cara Daftar, Syarat, Rute Tujuan & Jadwal Keberangkatan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut informasi lengkap pendaftaran Motis 2025 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

    Dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri 1446 H, DJKA kembali menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api atau Motis 2025.

    Program Motis Lebaran 2025 ini diselenggarakan untuk mengangkut motor pemudik saat arus mudik dan arus balik.

    Pendaftaran Motis 2025 dibuka secara online dan offline mulai hari ini, Sabtu (8/3/2025).

    Calon pemudik dapat mendaftar Motis 2025 secara online melalui laman nusantara.kemenhub.go.id atau https://motis.djka.kemenhub.go.id/register: KLIK.

    Selain itu calon pemudik juga dapat mengecek lokasi pendaftaran offline melalui laman website tersebut.

    Merujuk pada Instagram @motis.djka, terdapat 15 stasiun pendaftaran Motis 2025, beserta rute dan tujuannya.

    Lantas, apa saja syarat daftar Motis 2025?

    Selengkapnya simak syarat dan cara daftar Motis 2025, melansir dari website resmi DJKA Kemenhub, berikut ini.

    1. Semua peserta Motis 2025 dengan KA, mendaftarkan diri secara Online atau dapat dilakukan di posko pendaftaran yang ditunjuk.

    2. Peserta tidak sedang terdaftar atau mengikuti program mudik gratis lainnya yang diselenggarakan oleh pihak manapun.

    3. Pemudik yang telah mendaftarkan diri di program motis wajib untuk mengikuti dan apabila mengundurkan/membatalkan diri maka pemudik tidak dapat mengikuti program ini ditahun berikutnya

    4. Syarat pendaftaran peserta motis :

    Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C
    Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc
    Satu motor dapat difasilitasi pembelian 2 tiket penumpang dan satu tiket infant (anak umur dibawah 3 tahun), dengan persyaratan:

    Pembelian Tiket KA untuk Peserta Motis adalah sesuai dengan Nama Peserta Motis yang terdaftar
    Penumpang kedua tercantum dalam Kartu Keluarga Peserta yang terdaftar
    Tiket yang telah dibeli tidak dapat dibatalkan, diubah jadwal, dan perubahan nama penumpang

    5. Bagi Peserta yang sudah berhasil mendaftar secara Online WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis.

    6. Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya.

    7. Sepeda Motor diserahkan H-2 atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor

    8. Pada saat penyerahan Sepeda Motor, Peserta wajib menunjukkan KTP Asli pendaftar dan bukti pendaftaran.

    9. Sepeda Motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun Tujuan, akan dikenakan biaya Parkir oleh pengelola Parkir Resmi Stasiun.

    10. Tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion.

    11. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan

    12. Kode Booking Tiket KA akan diberikan pada saat penyerahan Sepeda Motor.

    13. Peserta DILARANG memberikan Tip bagi Petugas Motis 2025.

    14. Para peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.

    Jakarta Gudang 
    Tangerang 
    Bekasi 
    Cibinong 
    Depok Baru 
    Cirebon Prujakan 
    Tegal 
    Pekalongan 
    Semarang Tawang 
    Purwokerto 
    Gombong 
    Kroya 
    Kebumen 
    Kutoarjo 
    Lempuyangan

    1. Lintas Utara (Jakarta Gudang – Semarang Tawang) PP

    Rute: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Pasar Senen – Stasiun Bekasi – Stasiun Cirebon Perujakan – Stasiun Tegal – Stasiun Pekalongan – Stasiun Semarang Tawang

    2. Lintas Tengah (Jakarta Gudang – Lempuyangan) PP

    Rute: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Pasar Senen – Stasiun Cirebon Perujakan – Stasiun Purwokerto – Stasiun Kroya – Stasiun Gombong – Stasiun Kebumen – Stasiun Kutoharjo – Stasiun Lempuyangan

    Jadwal Keberangkatan Motis 2025

    Angkutan arus Mudik Motis 2025:  tanggal 26,27,28,29 Maret 2025

    2. Angkutan arus Balik Motis 2025: tanggal 4,5,6,7 April 2025

    Informasi lengkap terkait pendaftaran Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api atau Motis 2025 dapat dicek di website motis.djka.kemenhub.go.id atau Instagram @motis.djka.

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

  • Gerai Samsat Keliling hanya layani pajak tahunan

    Gerai Samsat Keliling hanya layani pajak tahunan

    Jakarta (ANTARA) – Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyediakan gerai layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling di 9 wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) pada Sabtu.

    Di Samsat Keliling masyarakat dapat mendapatkan sejumlah manfaat seperti layanan pengesahan STNK setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLLJ).

    Bawalah beberapa persyaratan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan Anda, seperti KTP asli pemilik kendaraan, BPKB dan STNK, masing-masing disertai fotokopi P Pemohon juga tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun.

    Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran PKB tahunan. Sedangkan untuk pembayaran pajak kendaraan lima tahunan dan ganti pelat nomor kendaraan pemohon harus datang langsung ke kantor Samsat terdekat.

    Samsat Keliling biasanya tersebar di beberapa daerah agar masyarakat mudah untuk menjangkau dan tak perlu untuk mendatangi kantor pusat.

    Berikut wilayah layanan Samsat Keliling di Jadetabek hari ini sesuai info akun X resmi TMC Polda Metro Jaya @tmcpoldametro:

    1. Samsat Keliling Kota Tangerang di Apartemen Ayodhya dan Alun-alun Cibodas pukul 08.00-11.00 WIB

    2. Samsat Keliling Serpong di halaman parkir Samsat pukul 08.00-11.30 WIB dan ITC BSD pukul 13.00-15.00 WIB.

    3. Samsat Keliling Ciledug di Halaman Parkir Samsat dan Rukan Fresh Market Green Lake City Cipondoh pukul 09.00-11.30 WIB

    4. Samsat Keliling Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-11.30 WIB

    5. Samsat Keliling Kelapa Dua di Pasar Intermoda dan halaman Gtown house pukul 08.00-12.00 WIB

    6. Samsat Keliling Kota Bekasi di Kantor Kecamatan Bekasi Barat pukul 09.00-11.00 WIB

    7. Samsat Keliling Kabupaten Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 08.00-11.00 WIB

    8. Samsat Keliling Depok di halaman parkir Samsat Depok dan Dealer Honda Simpang Depok pukul 08.00-11.30 WIB

    9. Samsat Keliling Cinere di halaman Parkir Samsat pukul 08.00-11.30 WIB

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Masa berlaku SIM lima tahun dihitung sejak tanggal penerbitan

    Masa berlaku SIM lima tahun dihitung sejak tanggal penerbitan

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya membuka layanan SIM (Surat Izin Mengemudi) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku syarat legal berkendara itu di wilayah Jakarta pada Sabtu.

    Dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, melampirkan bukti kepesertaan aktif dalam program BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), formulir permohonan dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku sedangkan bagi pemegang SIM yang masa berlakunya telah habis wajib mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Masa berlaku SIM kini dihitung lima tahun sejak tanggal penerbitan dan tidak lagi menyesuaikan dengan tanggal lahir pemilik. Kebijakan ini memastikan bahwa tanggal kedaluwarsa SIM ditentukan berdasarkan waktu penerbitannya, bukan tanggal lahir pemohon.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku untuk Polri adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Selain biaya tersebut, pemohon juga perlu membayar biaya tambahan lainnya. Mencakup biaya tes psikologi sebesar Rp60.000 dan tes kesehatan sebesar Rp35.000.

    Sebagai informasi, pengendara yang tidak dapat memperlihatkan SIM yang masih berlaku, akan dikenakan sanksi sesuai dengan Pasal 288 ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Sanksi maksimal yang bisa dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

    Melalui akun X resmi @tmcpoldametro, diinformasikan, layanan ini buka pukul 08.00-12.00 WIB.

    Jakarta Timur : Mall Grand Cakung

    Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakarta Utara : LTC Glodok

    Jakarta Barat : Mall Citraland

    Jakarta Pusat. : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025: Ini Kuota, Link Pendaftaran, Jadwal Keberangkatan dan Lokasi Tujuan

    Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025: Ini Kuota, Link Pendaftaran, Jadwal Keberangkatan dan Lokasi Tujuan

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemprov DKI Jakarta membuka pendaftaran program Mudik Gratis tahun 2025 sejak 7 Maret. Berikut ini info resmi kuota, jadwal, hingga link pendaftaran mudik gratis 2025 dari Pemprov DKI Jakarta. 

    Mudik gratis 2025 dari Pemprov DKI Jakarta diarahkan untuk warga Jakarta yang ingin pulang ke kampung halaman. Program yang difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ini bertujuan mengurangi kepadatan lalu lintas serta meningkatkan keselamatan pemudik.

    Pendaftaran program Mudik Gratis 2025 akan dibuka mulai 7 Maret 2025. Program Mudik Gratis tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 521 unit bus bagi peserta dengan total 22.403 kursi, serta 20 unit truk yang akan mengangkut 600 sepeda motor.

    Pendaftaran dilakukan secara daring di alamat, https://mudikgratis.jakarta.go.id. Bagi warga yang ingin mengikuti program ini, harus menyiapkan Kartu Keluarga (KK), KTP DKI Jakarta (diutamakan) dan STNK jika membawa sepeda motor. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran maksimal untuk 4 (empat) orang per KK.

    Setelah berhasil mendaftar, calon peserta diminta melakukan langkah selanjutnya yakni, verifikasi dengan membawa fotokopi kelengkapan administrasi ke lokasi terdekat yang telah ditentukan.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, program mudik ini akan melayani 20 kota/kabupaten di enam provinsi dengan moda transportasi bus dan truk pengangkut sepeda motor.

    Dia mengatakan bahwa kendaraan truk pengangkut sepeda motor akan diberangkatkan dari Terminal Pulogadung pada 26 Maret 2025. Sedangkan para peserta akan diberangkatkan dari Kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 27 Maret 2025.

    “Pemprov DKI Jakarta mengadakan Mudik Gratis sebagai bagian dari upaya memastikan perjalanan mudik yang lebih aman, nyaman dan lancar. Kami ingin mengurangi risiko kecelakaan dengan memfasilitasi bus untuk pemudik dan truk untuk mengangkut sepeda motor mereka,” ujar Syafrin, Kamis (6/3/2025) seperti dilansir Beritajakarta. 

    Syafrin menjelaskan bahwa layanan mudik ini akan mengantar pemudik ke berbagai kota seperti, Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, hingga Surabaya. Selain itu, bagi pemudik yang ingin membawa sepeda motor, Dishub juga menyiapkan truk pengangkut dengan tujuan ke beberapa terminal di Semarang, Solo, Wonogiri dan Sidoarjo.

    “Setelah selesai melakukan proses pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran atau kode booking. Selanjutnya, calon peserta membawa bukti pendaftaran dan kelengkapan administrasi ke lokasi verifikasi peserta yang telah ditetapkan untuk memperoleh tiket elektronik,” katanya.

    Berikut lokasi tujuan bus pemudik:

    Terminal Rajabasa, Bandar Lampung
    Terminal Alang-Alang Lebar, Palembang
    Terminal Indihiang, Tasikmalaya
    Terminal Kertawangunan, Kuningan
    Terminal Tegal
    Terminal Pekalongan
    Terminal Mangkang, Semarang
    Terminal Kebumen
    Terminal Cilacap
    Terminal Bulupitu, Purwokerto
    Terminal Tirtonadi, Solo
    Terminal Mendolo, Wonosobo
    Terminal Giwangan, Yogyakarta
    Terminal Pilangsari, Sragen
    Terminal Giri Adipura, Wonogiri
    Terminal Purboyo, Madiun
    Terminal Tamanan, Kediri
    Terminal Kepuhsari, Jombang
    Terminal Arjosari, Malang
    Terminal Purabaya, Sidoarjo

    Lokasi tujuan truk pengangkut sepeda motor pemudik:

    Terminal Mangkang, Semarang
    Terminal Kebumen
    Terminal Tirtonadi, Solo
    Terminal Giwangan, Yogyakarta
    Terminal Giri Adipura, Wonogiri
    Terminal Purabaya, Sidoarjo

    Untuk keberangkatan mudik, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menetapkan jadwal sebagai berikut:

    Pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor:

    • Tanggal: 26 Maret 2025

    • Lokasi: Terminal Pulogadung (motor harus diserahkan paling lambat 25 Maret 2025 pukul 17.00 WIB)

    Pemberangkatan bus pemudik:

    • Tanggal: 27 Maret 2025

    • Lokasi: Monumen Nasional (Monas).

    Sedangkan untuk arus balik ke Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menyediakan layanan bus dan truk dengan jadwal sebagai berikut:

    Pemberangkatan truk dari daerah tujuan ke Jakarta:

    • Tanggal: 5 April 2025

    • Lokasi: dari enam terminal tujuan ke Terminal Pulogadung.

    Pemberangkatan bus pemudik dari daerah tujuan ke Jakarta:

    • Tanggal: 6 April 2025

    • Lokasi: dari 20 terminal tujuan ke Terminal Terpadu Pulogebang

    Lokasi verifikasi:

    Peserta wajib datang ke salah satu lokasi berikut untuk melakukan verifikasi dengan membawa dokumen asli dan fotokopi:

    1. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

    • Jalan Taman Jatibaru No 1, Gambir, Jakarta Pusat

    • Call Center: 081316238181

    2. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan

    • Jalan MT Haryono Kav 45-46 Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan

    • Call Center: 081316238176

    3. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara

    • Jalan Plumpang Semper, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara

    • Call Center: 0895400956113

    4. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat

    • Jalan Pasar Senen No 5, RW 3, Senen, Jakarta Pusat

    • Call Center: 0895400956114

    5. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur

    • Jalan Perserikatan No 1 RT 2 RW 8, Jati, Pulogadung, Jakarta Timur

    • Call Center: 0895400956115

    6. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat

    • Jalan Raya Ring Road, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat

    • Call Center: 0895400956116.

    Jadwal Verifikasi

    Verifikasi dilakukan berdasarkan klaster tujuan perjalanan, dengan jadwal sebagai berikut:

    • Klaster 1 (8–10 Maret 2025): Solo, Tasikmalaya, Palembang, Madiun, Sragen, Cilacap.

    • Klaster 2 (11–13 Maret 2025): Yogyakarta, Kuningan, Lampung, Tegal, Kebumen, Jombang, Pekalongan.

    • Klaster 3 (14–16 Maret 2025): Ngawi, Klaten, Malang, Wonosobo, Purwokerto, Semarang, Sidoarjo.

    “Peserta yang tidak hadir sesuai jadwal verifikasi dianggap mengundurkan diri, dan kuota akan diberikan kepada peserta lain,” tandasnya.

    Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta atau Suku Dinas Perhubungan di masing-masing wilayah.

  • Rekrutmen Bersama BUMN 2025: Ini Link Pendaftaran, Syarat dan Dokumen yang Dibutuhkan

    Rekrutmen Bersama BUMN 2025: Ini Link Pendaftaran, Syarat dan Dokumen yang Dibutuhkan

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) resmi membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 atau RBB pada Jumat 7 Maret 2025. 

    Adapun, periode pengajuan lamaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 jalur reguler dan disabilitas baru dibuka pada 10-16 Maret, sementara jalur Orang Asli Papua pada minggu kedua dan ketiga April 2025. 

    Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 hanya dilakukan secara online melalui laman resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yakni https://rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id.

    Peminat Rekrutmen Bersama BUMN 2025 juga dapat secara berkala mengecek informasi terbaru melalui akun resmi FHCI.

    Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2025:

    Dilansir dari instagram @fhci.bumn, setiap peserta wajib mempersiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk proses registrasi. Berikut jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2025:

    Pembuatan akun

    Tanggal 7-16 Maret 2025, pembuatan akun Rekrutmen Bersama BUMN
    Calon peserta bisa melakukan pendaftaran
    Cek lowongan di link resmi
    Segera lengkapi dokumen

    Pengajuan Lamaran

    Calon peserta bisa mengajukan lamaran melalui link resmi
    Pengajuan lamaran dilakukan pada 10-16 Maret 2025
    Dikutip dari akun instagram FHCI BUMN, ada beberapa tahapan dan seleksi yang wajib diikuti.

    Registrasi

    Seleksi administrasi
    Tes online 1 (TKD, AKHLAK, Wawasan Kebangsaan)
    Tes online 2 (Tes Bahasa Inggris dan Learning Agility)
    Tes Kemampuan Bidang di masing2 BUMN (Psikotes, Wawancara, Tes Kesehatan, dan lain-lain) Pengumuman Akhir. 

    Adapun, pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 membutuhkan beberapa dokumen penting agar lolos seleksi administrasi.

    Dokumen penting Rekrutmen Bersama BUMN 2025 hanya bisa dimasukkan ke dalam link resmi yakni https://rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id  dan update bisa juga dicek di akun instagram @fhci.bumn.

    Dokumen Penting Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 

    Foto profil
    KTP
    Ijazah/ surat keterangan lulus
    Transkrip nilai/nilai ujian
    Akta kelahiran (khusus orang  asli Papua)
    Kartu keluarga (khusus orang asli Papua)

    Dokumen pendukung seleksi rekrutmenbersama2025 BUMN adalah

    SKCK
    Sertifikat pelatihan
    Sertifikat Bahasa Inggris
    Curriculum vitae
    Portofolio
    Surat rekomendasi

    Setiap peserta wajib memperhatikan perangkat kamera yang  digunakan, agar pengambilan gambar foto profil tetap jelas saat pengambilan foto profil, ketika registrasi dilakukan.

    Selain itu, peserta yang ingin mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN harus mengecek ulang email dan memastikan email yang digunakan aktif, nomor handphone tetap aktif dan hanya milik sendiri. (Novita Sari Simamora)

  • Baru Dibuka, 22.403 Kuota Mudik Gratis Pemprov Jakarta Langsung Ludes
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        7 Maret 2025

    Baru Dibuka, 22.403 Kuota Mudik Gratis Pemprov Jakarta Langsung Ludes Megapolitan 7 Maret 2025

    Baru Dibuka, 22.403 Kuota Mudik Gratis Pemprov Jakarta Langsung Ludes
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Kuota program
    mudik gratis
    yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta langsung ludes tak lama setelah pendaftarannya dibuka pada Jumat (7/3/2025).
    Sebanyak 22.403 penumpang berhasil terdaftar dan akan diberangkatkan menggunakan 293 unit bus yang disiapkan.
    Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kuota mudik gratis tersebut sudah penuh dan saat ini tengah memasuki tahap verifikasi data.
    “Benar (kuota mudik penuh) saat ini sudah masuk tahapan verifikasi,” ucap Syafrin saat dihubungi
    Kompas.com
    , Jumat (7/3/2025).
    Peserta yang berhasil mendaftar diminta untuk hadir ke lokasi verifikasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.
    Pada tahap ini, data berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan diperiksa.
    Jika ditemukan ketidaksesuaian data, maka kuota yang tersisa akan diumumkan kembali untuk pengisian ulang.
    “Jika dari hasil verifikasi ternyata ada data yang tidak sesuai maka akan diumumkan kembali untuk pengisian
    seat-
    nya. Data yang diverifikasi Data peserta, seperti KTP, KK dan STNK,” ungkap Syafrin.
    Program mudik gratis tahun ini mencakup perjalanan ke enam provinsi dengan total 20 kota tujuan.
    Untuk wilayah Sumatera, rute yang tersedia meliputi Palembang (Sumatera Selatan) dan Bandar Lampung.
    Di Jawa Barat, para pemudik dapat memilih tujuan ke Kuningan dan Tasikmalaya. Sementara di Jawa Tengah, ada 10 kota yang dilayani, mulai dari Tegal, Pekalongan, hingga Sragen.
    Selain itu, satu kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta lima kota di Jawa Timur, termasuk Blitar dan Malang, juga masuk dalam daftar tujuan.
    Tidak hanya arus mudik, Pemprov Jakarta juga menyiapkan program arus balik gratis.
    Sebanyak 228 unit bus disediakan untuk mengangkut pemudik kembali ke Jakarta dari 20 kota tujuan
    “Arus balik gratis sebanyak 228 bus untuk 20 kota rute tujuan,” tambah Syafrin.
    Masyarakat yang belum mendapatkan kuota mudik gratis diimbau untuk terus memantau informasi melalui media sosial resmi Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta.
    “Jika masih terdapat sisa kuota setelah proses verifikasi selesai, pendaftaran akan dibuka kembali,” kata Syafrin.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pelni Siapkan Mudik Gratis Rute Sampit-Semarang di Periode Lebaran 2025, Simak Syaratnya – Halaman all

    Pelni Siapkan Mudik Gratis Rute Sampit-Semarang di Periode Lebaran 2025, Simak Syaratnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menggelar program mudik gratis pada angkutan Lebaran 2025. Total kuota 500 pax dengan rute Sampit-Semarang.

    Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan, sejatinya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menugaskan Pelni sebanyak 9.900 tiket mudik gratis. Namun khusus untuk Pelni hanya mengangkut 500 pax penumpang.

    Sedangkan BUMN lain seperti PT PLN 1.300 pax, PT Pegadaian sebanyak 200 pax, PT Angkasa Pura Airports sebanyak 400 pax, Persero Batam sebanyak 200 pax dan Telkomsel sebanyak 600 pax. Sehingga kuota mudik gratis menggunakan kapal Pelni sebanyak 3.200 pax.

    “Yang Pelni sendiri 500 pax, kemudian dari teman-teman BUMN yang lain 2.700 pax, kemudian yang anggaran dari Kementerian Perhubungan, itu sebenarnya lebih dari 9.900 tiket, namun yang ditugaskan ke kami itu hanya 9.900,” kata Tri Andayani dalam Konferensi Pers Angkutan Lebaran 2025 PT Pelni di Hotel Borobudur, Jumat (7/3/2025).

    Pelni menyediakan kapal KM Leuser dengan rute Sampit – Semarang yang akan berangkat pada 24 Maret 2025 dengan alokasi tiket gratis sebanyak 500 penumpang. Pendaftaran untuk mendapatkan tiket gratis ini telah resmi dibuka sejak 4 Maret dan akan berlangsung hingga 19 Maret 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy menyampaikan bahwa program mudik gratis ini adalah bentuk nyata dari komitmen Pelni untuk hadir bagi masyarakat di momen-momen berharga. 

    “Lebaran kali ini kami meluncurkan program mudik gratis bersama KM Leuser dengan alokasi sebanyak 500 tiket gratis. Tujuan kami adalah membantu masyarakat menjalankan tradisi silaturahmi tanpa harus khawatir dengan biaya perjalanan,” ucap Dessy.

    “Kami berharap 500 penumpang yang bergabung dapat merasakan kenyamanan dan kehangatan dalam perjalanan ini. Kami juga mengajak masyarakat yang memenuhi syarat untuk segera mendaftar sebelum kuota habis,” sambungnya.

    Pelni juga mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan segera mendaftar ke loket Pelni Cabang Sampit sebelum kuota habis, mengingat antusiasme yang selalu tinggi pada setiap kegiatan mudik gratis sebelumnya.

    “Seluruh kru kapal dan petugas di lapangan juga telah kami persiapkan secara maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan,” papar Dessy.

    Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut :

    1. Calon pemudik harus memiliki Kartu Identitas berisi NIK (KTP untuk dewasa dan Kartu Keluarga/KIA untuk calon penumpang dibawah 17 tahun)

    2. Calon pemudik harus memiliki akun pada aplikasi PELNI Mobile

    3. Pendaftaran dilakukan di Loket PELNI Cabang Sampit dengan membawa fotocopy kartu identitas dan bukti cetak telah memiliki akun di aplikasi PELNI Mobile

    4. Calon pemudik yang memenuhi syarat dan telah diverifikasi akan diundang ke dalam Grup Whatsapp

    5. Kode booking calon pemudik akan diinformasikan melalui Grup Whatsapp

    6. Setelah mendapatkan kode booking, calon pemudik wajib datang 5 jam sebelum waktu keberangkatan kapal

    7. Calon pemudik wajib taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku

    8. Kuota tersedia 500 seat

  • LINK Live Streaming Persita vs PSS Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    LINK Live Streaming Persita vs PSS Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    JABAR EKSPRES – Pertandingan pekan ke-25 BRI Liga 1 2024/2025 telah selesai digelar pada hari Rabu, 5 Maret 2025, namun pada hari yang sama juga mulai digelar pertandingan pekan ke-26. Untuk per hari ini, Jumat, 7 Maret 2025 terdapat dua pertandingan yang mempertemukan antara Persita dengan PSS, dan PSM Makassar dengan Persebaya.

    Dalam pertandingan di pekan ke-26 antara Persita dengan PSS ini akan disiarkan langsung di Indosiar, Vidio dan Sportstars 3 mulai pukul 20:30. Diketahui bahwa pertandingan antara Persita dengan PSS berlangsung di Indomilk Arena Stadium.

    BACA JUGA: DANA KAGET 7 Maret 2025, Saldo Gratis Rp50.000 Tersedia Langsung Cair

    BACA JUGA: Dapat Pinjaman Saldo Dana Rp500.000 Tanpa Syarat KTP, Ini Cara Mudahnya

    Dalam urutan klasemen sendiri Persita berada pada posisi ke-10 dengan mencetak poin 36 dengan 109 kali menang, 6 kali seri dan 9 kali kalah. Sementara untuk PSS dalam urutan klasemen berada pada posisi ke-18 dengan poin 19, dengan 6 kali menang, 4 kali seri, dan 15 kali kalah.

    Berikut ini tersedia link live streaming bagi kamu yang ingin menonton pertandingan antara Persita dengan PSS yang berlangsung hari ini.

    BACA JUGA: Dapatkan Saldo Gratis Via Aplikasi Penghasil Uang Populer di 2025 Hingga Rp200.000

    Jadwal Lengkap BRI Liga 1 2024/2025 Pekan ke-26 : Jadwal Pekan Ke-26 BRI Liga 1 2024/2025 Lengkap, Catat Tanggalnya!

    LINK STREAMING Persita vs PSS

    https://www.vidio.com/live/205-indosiarhttps://www.vidio.com/watch/8304650-gaskeun-bri-liga-1-2024-2025-segera-dimulai-dukung-saksikan-klub-kesayanganmu-hanya-di-indosiar?utm_source=google&utm_medium=pre-game&utm_campaign=liga1-ENLink Nonton: https://www.vidio.com/live/17775-bri-liga-1?schedule_id=4123038

     

     

     

  • Cara Menukar Uang Baru untuk Lebaran di Bank BSI

    Cara Menukar Uang Baru untuk Lebaran di Bank BSI

    Jakarta: Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi berbagi angpao atau Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi momen yang selalu dinanti. 
     
    Tak heran jika permintaan uang pecahan baru meningkat tajam. Agar tidak kehabisan, masyarakat biasanya mulai menukar uang baru jauh-jauh hari.
     
    Namun, di tengah tingginya permintaan, muncul jasa penukaran ilegal yang menawarkan kemudahan tanpa antrean. 

    Sayangnya, praktik ini berisiko, seperti kemungkinan mendapatkan uang palsu. Untuk menghindari hal tersebut, masyarakat disarankan melakukan penukaran di lembaga resmi seperti Bank Indonesia (BI) atau bank terpercaya, salah satunya Bank Syariah Indonesia (BSI).
     

    Tahapan menukar uang baru di Bank BSI
    Merangkum Antara, agar proses penukaran uang baru berjalan lancar, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

    1. Siapkan dokumen yang diperlukan

    Sebelum datang ke bank, pastikan kamu membawa KTP, kartu ATM, atau buku tabungan sebagai syarat penukaran uang baru. Persyaratan ini dapat berbeda di setiap cabang, jadi sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu.

    2. Kunjungi kantor cabang BSI terdekat

    Datangi kantor cabang Bank BSI yang menyediakan layanan penukaran uang baru. Disarankan datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang, terutama mendekati hari Lebaran.

    3. Perhatikan batas maksimal penukaran

    Bank BSI biasanya menerapkan batas maksimal jumlah penukaran uang per nasabah. Pastikan jumlah uang yang ingin kamu tukarkan sesuai dengan ketentuan agar prosesnya berjalan lancar.

    4. Ikuti prosedur dari petugas bank

    Saat tiba di kantor cabang, ikuti instruksi dari petugas bank. Proses ini biasanya mencakup pengisian formulir dan pengecekan ketersediaan pecahan uang baru.
     
    Setelah seluruh tahapan selesai, petugas bank akan menyerahkan uang baru sesuai dengan nominal yang kamu tukarkan.
     

    Jam operasional penukaran Uang di Bank BSI
    Selama bulan Ramadhan, layanan kantor cabang Bank BSI beroperasi pada hari Senin-Jumat pukul 07.30-15.00 WIB. Pastikan kamu datang sesuai jam layanan agar proses penukaran berjalan lancar.
     
    Dengan mengikuti prosedur yang tepat, kamu dapat menukar uang baru dengan aman dan nyaman di Bank BSI tanpa khawatir risiko penipuan.
     
    Jadi, pastikan untuk menyiapkan kebutuhan uang pecahan sejak dini agar momen Lebaran semakin berkesan!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)