Produk: KTP

  • Mudik Gratis Kemenhub 2025 Buka Besok 10 Maret 2025, Simak Syarat, Rute, hingga Cara Dapatnya!

    Mudik Gratis Kemenhub 2025 Buka Besok 10 Maret 2025, Simak Syarat, Rute, hingga Cara Dapatnya!

    PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) kembali menyelenggarakan program mudik gratis untuk membantu masyarakat yang ingin pulang kampung saat Lebaran 2025/1446 H.

    Program ini menawarkan angkutan mudik gratis ke berbagai kota tujuan di seluruh Indonesia dengan kuota terbatas.

    Syarat Pendaftaran Mudik Gratis Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Pendaftaran hanya berlaku untuk penumpang dan sepeda motor, dengan kuota terbatas. Peserta harus berusia minimal 17 tahun atau sudah memiliki KTP. Cara Pendaftaran Mudik Gratis Pendaftaran Online: Pendaftaran dibuka mulai 10 Maret 2025 pukul 16.00 WIB hingga 23 Maret 2025. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi Kemenhub (KLIK DI SINI).  Kuota Dibuka Bertahap: Pendaftaran dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB, dan akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Pilih Kota Asal dan Tujuan: Pilih kota asal dan kota tujuan mudik atau arus balik, yang telah ditentukan dalam program ini. Beberapa kota tujuan mudik antara lain Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan lainnya. Kota asal untuk arus balik antara lain Madiun, Surabaya, Yogyakarta, dan sebagainya. Pendaftaran Sepeda Motor: Pendaftaran untuk sepeda motor dapat dilakukan jika peserta memilih untuk membawa sepeda motor. Beberapa kota yang mendukung program mudik dan balik dengan sepeda motor termasuk Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, dan Purwokerto. Registrasi Ulang: Bagi yang telah mendaftar, registrasi ulang dapat dilakukan pada 3 dan 4 April 2025 melalui website yang sama. Rute Mudik Gratis Kemenhub 2025

    – Kota Tujuan Arus Mudik

    Berikut adalah beberapa kota tujuan mudik yang dapat dipilih untuk program mudik gratis:

    Jawa Barat: Garut, Tasikmalaya, Cirebon Jawa Timur: Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, Tulungagung Jawa Tengah dan DIY: Semarang, Solo, Pati, Blora, Yogyakarta, Cilacap, Wonogiri, Wonosobo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Magelang, Pekalongan, Wonosari, Demak, Jepara, Boyolali, Sragen, Klaten Sumatera: Lampung, Palembang, Bengkulu, Padang

    – Kota Asal Arus Balik

    Bagi yang ingin kembali ke kota asal, arus balik tersedia dari beberapa kota berikut:

    Jawa Tengah dan DIY: Madiun, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto Sumatera: Palembang, Cirebon, Semarang, Solo Mudik dengan Sepeda Motor dan Bus

    Selain penumpang, program ini juga menyediakan fasilitas mudik dan balik untuk sepeda motor.

    Kota-kota yang menjadi jalur mudik dan balik sepeda motor ialah, Jawa Tengah dan DIY, yaitu, Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, dan Purwokerto.

    Total kuota mudik untuk penumpang adalah 21.536 orang dan untuk sepeda motor adalah 300 unit. Simak informasi Penyerahan dan Keberangkatan sepeda motor di arus mudik:

    Penyerahan Sepeda Motor: Selasa, 25 Maret 2025 Keberangkatan Sepeda Motor: Rabu, 26 Maret 2025

    Keduanya dilakukan di Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Di sisi lain, keberangkatan dengan bus antara lain:

    Kamis, 27 Maret 2025: Dari Terminal Jatijajar, Depok, Terminal Pulogebang, Jakarta, dan Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Jumat, 28 Maret 2025: Di Terminal Poris Plawad, Tangerang dan Terminal Kp. Rambutan, Jakarta.

    Kemudian, saat hendak melaksanakan arus balik, penyerahan motor berada di Terminal Bulupitu, Purwokerto, Terminal Mangkang, Semarang, dan Terminal Giwangan, Yogyakarta, Kamis, 3 April 2025. Kemudian, pemotor berangkat hari Jumat, 4 April 2025

    Adapun, penumpang bus registrasi ulang pada 3 dan 4 April 2025, dengan keberangkatan mulai 5 April 2025 dari berbagai terminal di kota tujuan seperti Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Palembang, Cirebon, Madiun, dan Surabaya.

    Untuk diingat, program mudik gratis ini hanya tersedia dengan kuota terbatas, dan pendaftaran dibuka secara bertahap setiap harinya. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mudik dengan biaya gratis dan aman. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Ini dua lokasi pelayanan SIM Keliling Jakarta pada Ahad

    Ini dua lokasi pelayanan SIM Keliling Jakarta pada Ahad

    Arsip foto – Sejumlah warga antri memperpanjang STNK keliling di Jalan Pos, Jakarta. Pelayanan perpanjangan STNK dan SIM, semakin mudah dan cepat karena berada di tempat yang stategis. ANTARA/ Ujang Zaelani/pd/pri.

    Ini dua lokasi pelayanan SIM Keliling Jakarta pada Ahad
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 09 Maret 2025 – 06:47 WIB

    Elshinta.com – Pada Ahad ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di dua lokasi yang hanya untuk mengurus perpanjangan SIM yang masih berlaku. Informasi yang dihimpun melalui akun resmi X @TmcPoldaMetro bahwa layanan tersebut buka mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB.

    Dua lokasi pelayanan SIM keliling adalah di Jakarta Timur di Jalan Raden Intan Kalimalang, Samping McD Duren Sawit. Di Jakarta Barat, layanan SIM Keliling berada di Jalan Panjang, Samping Indomaret Kebon Jeruk. Sedangkan untuk di Jakarta Selatan, Utara, dan Pusat pelayanan SIM Keliling ditiadakan.

    Untuk mengakses layanan tersebut, pemohon diminta membawa SIM yang akan diperpanjang dan KTP, masing-masing disertakan fotokopi. Saat di lokasi gerai pemohon akan diminta untuk mengisi formulir serta mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi.

    Kembali diingatkan bahwa layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku. Sementara bagi pemegang SIM yang masa berlakunya telah habis, wajib mengajukan permohonan SIM baru di satpas SIM yang ada di masing-masing wilayah. Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku untuk Polri adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Selain biaya tersebut, pemohon juga perlu membayar biaya tambahan untuk tes psikologi sebesar Rp37.500 dan biaya asuransi sebesar Rp50.000. Sebagai informasi, pengendara yang tidak dapat memperlihatkan SIM yang masih berlaku, akan dikenakan sanksi sesuai dengan Pasal 288 ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Sanksi maksimal yang bisa dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.*

    Sumber : Antara

  • Jumlah Kasus  Kehilangan KTP di Jember dalam Setahun ini, Dispendukcapil Beri Penjelasan

    Jumlah Kasus  Kehilangan KTP di Jember dalam Setahun ini, Dispendukcapil Beri Penjelasan

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Imam Nawawi

    TRIBUNJATIM.COM, JEMBER– Kasus kehilangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Jember, Jawa Timur, sepertinya cukup tinggi dalam setahun dua bulan terakhir.

    Tercatat sejak Januari 2024 hingga awal Maret 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember mendapatkan 46 ribu laporan kehilangan KTP.

    Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti mengungkapkan jumlah itu lebih tiinggi dibandingkan permohonan pencetakan KTP baru bagi pemula.

    “Lebih tinggi  dari mereka yang memperbarui dokumen kependudukan. Lebih banyak warga yang kehilangan KTP,” ujarnya, Sabtu (8/3/2025).

    Menurutnya, Dipenduk Capil Jember juga menemukan beberapa kejanggalan dalam kasus ini, Sebab ada warga melapor kehilangan KTP, setelah dlacak dokumen tersebut masih mereka simpan.

    “Kami juga menemukan ada kasus di mana seseorang mengaku kehilangan KTP padahal masih menyimpannya. Hal ini bisa berpotensi disalahgunakan,”  ucap perempuan yang akrab disapa Santi.

    Sementara itu, Dispendukcapil Jember tidak bisa mencetak KTP baru. Kata Santi, hal tersebut  karena alokasi blanko dari pemerintah pusat sangat terbatas.

    “Blanko KTP dicetak oleh dua perusahaan rekanan pemerintah pusat, sehingga jumlah yang dikirim ke daerah terbatas. Setiap bulan, kami tidak bisa langsung mendapatkan blanko dalam jumlah banyak,” tuturnya.

    Dia menjelaskan, pada tahun 2024 Kabupaten Jember hanya mendapatkan 127.000 blanko. Jumlah tersebut masih belum sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Oleh karena itu untuk mengetasi kasus ribuan KTP hilang. Katanya, Dispendukcapil Jember memberikan dokumen kependudukan sementara yang terbuat dari ketras HVS.
     
    “Dokumen pengganti ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi, beberapa instansi seperti Imigrasi, sudah menerima dokumen tersebut untuk pengurusan paspor,” paparnya.

    Santi berharap masyarakat lebih jeli menyimpan KTP-nya, agar tidak hilang. Karena dokumen ini penting untuk kebutuhan adminitrasi.

    “Kalau KTP hilang risikonya besar, karena bisa disalahgunakan untuk berbagai hal. Kami mohon warga lebih berhati-hati,” ucapnya.

  • Tabel Angsuran KUR BRI 9 MAR 2025 Lengkap Pinjaman Rp 1 Juta-Rp 500 Juta

    Tabel Angsuran KUR BRI 9 MAR 2025 Lengkap Pinjaman Rp 1 Juta-Rp 500 Juta

    Tabel Angsuran KUR BRI 2025 Periode Maret

     

    TRIBUNJATENG.COM- KUR BRI adalah pinjaman bunga rendah subsidi pemerintah. Bunga pinjaman KUR BRI sebesar 6 persen di tahun pertama, 7 persen di tahun kedua, 8 persen di tahun ketiga dan 9 persen di tahun ke-empat.

    Berikut tabel angsuran KUR BRI Maret 2025:

    1. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025

          

    2. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025 Rp 100 Juta – Rp 500 Juta

     

    Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2025

    Calon debitur yang ingin mengajukan KUR BRI 2025 perlu memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

    -Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak.

    -Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan.

    -Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit.

    -Untuk proses pengajuan, calon debitur dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen pendukung seperti identitas diri, dokumen legalitas usaha, dan laporan keuangan sederhana. 

    Syarat Dokumen:

     * KTP

     * Kartu Keluarga (KK)

     * NPWP (untuk plafond di atas Rp 50 juta)

     * Surat Izin Usaha (SIUP) atau Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

     * Agunan (untuk KUR Mikro dan Kecil dengan plafond di atas Rp 50 juta)

    • Akta Nikah (jika sudah berkeluarga)

     

    Suku Bunga KUR BRI 2025

    Untuk pinjaman pertama, suku bunga yang ditetapkan adalah 6 persen per tahun. Namun, untuk pengajuan pinjaman kedua, ketiga, dan seterusnya, suku bunga akan meningkat secara bertahap. Misalnya, untuk pinjaman kedua, suku bunga menjadi 7 persen , pinjaman ketiga 8 persen , dan seterusnya.

    (*)

  • Lowongan Kerja Pramugara dan Pramugari KAI Services Masa Angkutan Lebaran, Cek Syarat dan Penempatan – Halaman all

    Lowongan Kerja Pramugara dan Pramugari KAI Services Masa Angkutan Lebaran, Cek Syarat dan Penempatan – Halaman all

    KAI Services buka lowongan kerja posisi pramugara dan pramugari guna masa angkutan lebaran, pendaftaran walk in interview 10-11 Maret 2025.

    Tayang: Minggu, 9 Maret 2025 07:45 WIB

    Instagram/@rmu.id

    LOWONGAN KERJA KAI – Pramugari Kereta Api diambil dari Instagram @rmu.id pada Minggu (9/3/2025). KAI Services buka lowongan kerja posisi Pramugara dan Pramugari Masa Angkutan Lebaran, pendaftaran walk in interview 10-11 Maret 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia, PT Reska Multi Usaha (KAI Services) kembali membuka lowongan pekerjaan untuk posisi pramugara dan pramugari guna masa angkutan Lebaran 2025.

    Lowongan kerja pramugara dan pramugari KAI Services ini terbuka untuk lulusan pendidikan minimal SMA sederajat dengan nilai minimal ujian nasional 6,00.

    Syarat tinggi badan pelamar yakni minimal 160 cm untuk wanita dan 170 cm bagi pria. 

    Pendaftaran lowongan kerja pramugara dan pramugari KAI Services ini dilakukan secara walk in interview pada 10-11 Maret 2025.

    Kualifikasi Pelamar

    Mengutip unggahan Instagram resmi @rmu.career, berikut ini kualifikasi pelamar lowongan kerja pramugara dan pramugari KAI Services:

    Warga negara Indonesia (WNI);
    Belum menikah;
    Berpenampilan menarik;
    Usia 18-27 tahun;
    Pendidikan Minimal SMA/Sederajat (Tataboga, Pariwisata, Perhotelan, Penerbangan dan Marketing) dengan nilai minimal ujian nasional 6,00;
    Tinggi badan minimal untuk pria 170 cm dan wanita 160 cm dengan berat badan proporsional;
    Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari puskesmas/rumah sakit;
    Memiliki kartu BPJS Kesehatan aktif;
    Tidak menggunakan kacamata dan kawat gigi;
    Diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang F&B Industry, Hospitality, Beauty Advisor dan Marketing;
    Wajib memiliki handphone Android;
    Dapat berbahasa Inggris aktif menjadi nilai tambah.

    Berkas Lamaran

    Adapun sejumlah berkas persyaratan untuk melamar lowongan kerja Pramugara dan Pramugari KAI Services, meliputi:

    Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    Fotokopi Kartu Keluarga (KK) terbaru;
    Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) (asli);
    Foto berwarna berukuran 4×6 sebanyak satu lembar background warna merah (ditempel pada CV);
    Fotokopi ijazah terakhir;
    Fotokopi transkrip nilai/SKHUN;
    Fotokopi kartu BPJS Kesehatan aktif;
    Surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh puskesmas/rumah sakit (asli).

    Jadwal Walk in Interview

    Simak jadwal walk in interview lowongan kerja Pramugara dan Pramugari KAI Services di bawah ini.

    Penempatan BO 5 Distrik Kutoarjo

    Hari, tanggal: Senin, 10 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walk in interview: Jalan Stasiun 1 Nomor 4 Bantarsoka, Purwokerto

    Penempatan BO 7 Distrik Blitar

    Hari, tanggal: Senin, 10 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walk in interview: Jalan Prambanan No. 10 RT 020/RW 003 Madiun Lor, Mangunharjo, Madiun

    Penempatan BO 6 Distrik Yogyakarta

    Hari, tanggal: Senin, 10 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walk in interview: Jalan Tukangan NO. A51, Komplek Emplasemen Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

    Penempatan BO 8 Distrik Malang

    Hari, tanggal: Senin, 10 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walk in interview: Kompleks Stasiun Pasarturi

    Penempatan BO 8 Distrik Malang

    Hari, tanggal: Selasa, 11 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walk in interview: Stasiun Malang Kota Baru

    Penempatan BO 9 Jember

    Hari, tanggal: Senin, 10 Maret 2025
    Pukul: 09.00 WIB
    Lokasi walks in interview: Jalan Wijaya Kusuma Nomor 7B Jemberlor, Patrang, Jember

    (Tribunnews.com/Nurkhasanah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Desentralisasi Politik Daerah Bakal Kokoh Jika MK Kabulkan Syarat Caleg Harus Berasal dari Dapilnya – Halaman all

    Desentralisasi Politik Daerah Bakal Kokoh Jika MK Kabulkan Syarat Caleg Harus Berasal dari Dapilnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pakar Hukum Kepemiluan Universitas Indonesia (UI), Titi Anggraini menilai uji materi Undang-Undang Pemilu yang diajukan sejumlah mahasiswa ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai syarat domisili Calon Legislatif (Caleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) dapat menguntungkan kader-kader partai politik di daerah.

    “Karena bisa memperkuat kelembagaan partai politik di daerah dan memperkokoh desentralisasi politik. Selain itu, ini juga akan memperbesar peluang keterpilihan putra-putri daerah dalam kontestasi politik nasional,” ujar Titi saat dikonfirmasi, Sabtu (8/3/2025).

    Menurutnya, jika gugatan ini dikabulkan MK, para caleg harus memastikan diri memenuhi syarat domisili sesuai dengan dapil tempat mereka mencalonkan diri.

    Titi menilai permohonan ini layak diapresiasi karena menekankan pentingnya keterhubungan antara caleg dan daerah yang mereka wakili.

    “Didasari oleh besarnya jumlah caleg yang tidak berdomisili di daerah pemilihannya, tidak lahir dan juga tidak pernah bersekolah di dapil tempat mereka dicalonkan,” jelasnya.

    Adapun para mahasiswa yang mengajukan gugatan ini ingin agar syarat domisili bagi caleg DPR dan DPRD disamakan dengan caleg DPD.

    Hal ini merujuk pada putusan MK No.10/PUU-VI/2008 yang mewajibkan caleg DPD berdomisili di dapil atau provinsi tempat mereka mencalonkan diri.

    Lebih 50 Persen Calon Pileg Tidak Berdomisili di Dapilnya, Mahasiswa Gugat ke MK

    Aliansi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Stikubank Semarang mengajukan gugatan terhadap Pasal 240 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

    Para mahasiswa menyoroti tingginya jumlah calon anggota legislatif (caleg) yang tidak berdomisili di daerah pemilihannya (dapil).

    Gugatan ini diajukan setelah data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan 3.387 atau 59,53 persen caleg dalam Pemilu Legislatif 2019-2024 berasal dari luar dapilnya.

    Sidang pendahuluan perkara dengan Nomor 7/PUU-XXIII/2025 ini dipimpin oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra, bersama Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur dan Arsul Sani pada Rabu (5/3/2025).
     
    Perwakilan Pemohon, Ahmad Syarif Hidayatullah, mengungkapkan sebanyak 1.294 caleg pada Pemilu 2024 tidak memiliki keterkaitan dengan dapilnya, baik dari segi domisili, tempat lahir, maupun riwayat pendidikan.

    Sementara 3.605 caleg atau 36,4 persen dari total Daftar Calon Tetap (DCT) tinggal di luar dapil dan tidak lahir di kabupaten/kota di dapilnya. Serta tidak pernah bersekolah di wilayah tersebut.

    Mereka inilah yang dianggap tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan dapilnya.

    “Sebagai pembanding, dalam konteks pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), terdapat ketentuan calon anggota DPD harus merupakan penduduk yang berdomisili di wilayah daerah pemilihan yang bersangkutan. Ketentuan ini menunjukkan keterwakilan daerah dalam lembaga perwakilan negara diatur dengan mengutamakan keterkaitan calon dengan daerah yang diwakili,” sebut Syarif yang menghadiri persidangan secara daring.

    Para Pemohon meminta MK menyatakan Pasal 240 ayat (1) huruf c UU Pemilu bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat. Mereka mengusulkan agar aturan tersebut diubah sehingga mengharuskan caleg bertempat tinggal di dapil yang mereka wakili minimal lima tahun sebelum pencalonan, dibuktikan dengan KTP.

  • Cara Mudah Tukar Uang Baru di BNI untuk Lebaran, Jangan Sampai Kehabisan!

    Cara Mudah Tukar Uang Baru di BNI untuk Lebaran, Jangan Sampai Kehabisan!

    Jakarta: Menjelang Lebaran, tradisi berbagi angpao atau Tunjangan Hari Raya (THR) selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. 
     
    Akibatnya, permintaan uang pecahan baru meningkat drastis, terutama dalam beberapa minggu sebelum Idulfitri. 
     
    Agar tidak kehabisan stok, penting untuk mengetahui cara menukar uang baru dengan aman dan praktis.

    Salah satunya melakukan penukaran di perbankan resmi seperti Bank Negara Indonesia (BNI).
     

    Langkah-langkah menukar uang baru di BNI
    Agar proses penukaran berjalan lancar, berikut tahapan yang perlu kamu lakukan:

    1. Pastikan ketersediaan uang baru

    Sebelum datang ke bank, cek terlebih dahulu apakah stok uang baru masih tersedia. Kamu bisa menghubungi kantor cabang BNI terdekat atau mengecek informasi di situs resmi BNI.

    2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

    Untuk menukar uang baru di BNI, pastikan kamu membawa dokumen penting seperti KTP, kartu ATM, atau buku tabungan. Beberapa cabang mungkin memiliki ketentuan khusus, jadi ada baiknya menanyakan terlebih dahulu.
     

    3. Datang ke kantor cabang BNI lebih awal

    Karena banyak orang yang ingin menukar uang baru, usahakan datang lebih awal agar terhindar dari antrean panjang. Biasanya, layanan ini sudah mulai ramai sejak awal Ramadan.

    4. Pahami batas maksimal penukaran

    BNI biasanya menetapkan batas maksimal penukaran uang per nasabah. Pastikan jumlah yang ingin kamu tukar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kendala saat proses penukaran.

    5. Ikuti prosedur dari petugas bank

    Saat berada di lokasi, ikuti arahan petugas bank agar proses berjalan lancar. Setelah seluruh tahapan selesai, petugas akan menyerahkan uang baru dalam pecahan yang sesuai dengan nominal yang ditukarkan.

    Tukar uang baru tanpa ke bank? Bisa lewat BNI Mobile Banking!
    Selain datang langsung ke kantor cabang, BNI juga menyediakan layanan penukaran uang baru melalui aplikasi BNI Mobile Banking. 
     
    Ini menjadi solusi praktis bagi kamu yang ingin menghindari antrean panjang dan tetap bisa mendapatkan uang pecahan baru dengan aman.
     
    Jadi, sudah siap tukar uang baru untuk Lebaran? Pastikan juga untuk mengikuti cara yang resmi agar terhindar dari risiko penukaran di tempat yang tidak terpercaya. Yuk, tukar uang baru di BNI sekarang sebelum kehabisan!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Warga Jakarta! Ini Lokasi Pangan Murah Selama Ramadhan yang Bisa Dikunjungi Menjelang Lebaran 2025

    Warga Jakarta! Ini Lokasi Pangan Murah Selama Ramadhan yang Bisa Dikunjungi Menjelang Lebaran 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Demi menjaga setiap masyarakat dapat mencukupi kebutuhan pangan selama Ramadhan, diketahui saat ini pemerintah memang telah mengadakan program pasar Gerangan Pangan Murah (GPM) di beberapa titik lokasi di wilayah Indonesia, salah satunya Jakarta.

    Pasar pangan murah ini memang menjadi salah satu harapan, agar setiap masyarakat bisa mendapatkan bahan yang berkualitas namun tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkannya.

    Dilansir dari laman Indonesia.go.id, dikatakan bahwa pasar pangan murah yang digerakkan oleh Presiden Prabowo Subianto ini, memang telah dimulai semenjak Februari lalu dan akan berlangsung menjelang datangnya hari raya Idul Fitri, yakni pada 29 Maret 2025 mendatang.

    Untuk Jakarta, diketahui ada 193 titik yang telah dipilih untuk pelaksanaan pasar pangan murah ini selama 21 hari, di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Kantor Balai Kota sebanyak 15 kali

    2. Kantor Wali Kota sebanyak 30 kali

    3. Kantor kelurahan sebanyak 132 kali

    4. Ruman susun (Rusun) sebanyak 9 kali

    5. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebanyak 2 kali

    6. Gedung Dhanapala sebanyak 3 kali

    7. SMK Sejahtera sebanyak 1 kali

    8. Perumahan Cinta sebanyak 1 kali

    9. Kecamatan Cengkareng sebanyak 1 kali

    Tidak hanya di titik ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan kepada masyarakat, yang ingin mengusulkan lokasi pengadaan pasar pangan murah ini, agar dapat menjangkau lokasi yang lebih luas.

    Bahkan dengan hal ini, tentunya diharapkan program yang telah berjalan dapat membantu terutama masyarakat yang memang membutuhkannya.

    Di sisi lain, diketahui juga bahwa ada beberapa komoditas yang dijual yakni minyak goreng, beras, bawang putih, gula, hingga daging kerbau beku.

    Bahan pokok yang dijual ini, pemerintah akan mengusahakan penjualan dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET) dan harga acuan penjualan (HAP) di tingkat konsumen.

    Sehingga dengan harga yang dibawah harga eceran tertinggi ini, diharapkan dapat membuat masyarakat merasa lebih ringan dalam pemenuhan kebutuhan pokok harian selama Ramadhan 2025.

    Selain itu, BUMN pangan ID Food juga akan menghadirkan komoditas pangan seperti cabai rawit, bawang merah, hingga telur ayam yang jumlah pembelian maksimalnya akan ditentukan.

    Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya bahwa pembeli yang melakukan transaksi di pasar pangan melakukan pembelian untuk dikonsumsi, bukan dijual kembali.

    Bahkan perlu untuk diketahui juga bahwa, untuk pembelian di pasar pangan murah ini pemerintah telah memberlakukan penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar program lebih tepat sasaran dan berjalan dengan lancar.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cuma Klik Amplop Ini Saldo DANA Gratis Hingga Rp200.000 Langsung Cair ke Akunmu

    Cuma Klik Amplop Ini Saldo DANA Gratis Hingga Rp200.000 Langsung Cair ke Akunmu

    JABAR EKSPRES – Siapa yang tidak ingin mendapatkan saldo Dana secara gratis? Link Dana Kaget menjadi salah satu cara paling populer untuk mendapatkan saldo tambahan tanpa perlu repot. Banyak orang membagikan link Dana Kaget melalui berbagai platform, mulai dari media sosial hingga grup komunitas. Namun, sebelum menggunakannya, penting untuk mengetahui cara kerja serta keamanannya agar tidak terjebak dalam modus penipuan.

    Dana Kaget adalah fitur dari aplikasi Dana yang memungkinkan pengguna membagikan saldo secara acak atau merata kepada penerima yang mengakses link tertentu. Link ini biasanya dibagikan dalam grup atau komunitas sebagai bentuk giveaway atau promosi.

    Baca juga : Buka Amplop Digital Cair Langsung Saldo DANA Gratis 100rb Hari Ini

    Untuk mendapatkan saldo dari Dana Kaget, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

    Cari Link Dana Kaget – Biasanya, link ini dibagikan di grup WhatsApp, Telegram, atau media sosial lainnya.Klik Link Tersebut – Pastikan Anda masuk menggunakan akun Dana yang aktif.Dapatkan Saldo – Jika beruntung, saldo akan langsung masuk ke akun Dana Anda.

    Berikut ini adalah link yang bisa Anda klik untuk mendapatkan Dana Kaget:

    Klik di sini untuk mencoba keberuntungan Anda!

    Catatan: Link Dana Kaget ini bersifat terbatas, sehingga tidak semua orang akan mendapatkan saldo yang sama. Jumlah saldo yang diterima bisa jadi sama, lebih sedikit, atau bahkan habis jika kuota sudah terpenuhi.

    Jumlah saldo yang diterima dari amplop Dana bisa mencapai Rp200.000, tetapi setiap pengguna akan mendapatkan jumlah yang berbeda. Beberapa mungkin mendapatkan saldo penuh, sementara yang lain bisa mendapatkan jumlah yang lebih kecil tergantung pada ketersediaan saldo dalam amplop tersebut.

    Baca juga : Gak Perlu KTP, Cuma HP! Begini Cara Dapat Uang Jutaan Rupiah per Hari

    Jika ingin berbagi saldo melalui Dana Kaget, berikut langkah-langkahnya:

    Buka aplikasi Dana dan masuk ke akun Anda.Pilih menu “Dana Kaget”.Atur jumlah saldo yang ingin Anda bagikan.Tentukan metode pembagian (merata atau acak).Bagikan link ke teman atau komunitas.

  • Mau Tukar Uang Baru di BCA untuk Lebaran? Begini Caranya!

    Mau Tukar Uang Baru di BCA untuk Lebaran? Begini Caranya!

    Jakarta: Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi membagikan uang baru kepada sanak saudara menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. 
     
    Tak heran, permintaan terhadap uang pecahan baru meningkat drastis. 
     
    Nah, agar tidak terjebak oleh jasa penukaran uang tidak resmi yang sering mematok biaya tinggi, sebaiknya menukarkan uang di bank, salah satunya di BCA.

    Bagi nasabah yang ingin menukar uang baru di BCA, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar, seperti dilansir Antara.
     

    Cara menukar uang lebaran di BCA

    1. Cek ketersediaan uang baru di kantor cabang BCA

    Sebelum datang ke bank, pastikan terlebih dahulu ketersediaan uang baru di kantor cabang BCA terdekat. Hal ini bisa dilakukan dengan menghubungi customer service BCA atau mengecek informasi di laman resmi BCA.

    2. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

    Untuk melakukan penukaran uang di BCA, siapkan dokumen penting seperti:
     
    – Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    – Kartu ATM atau buku rekening BCA (jika diperlukan)

    3. Kunjungi kantor cabang BCA Terdekat

    Setelah memastikan ketersediaan uang baru, datanglah ke kantor cabang BCA sesuai dengan jam operasional. Pastikan datang lebih awal agar menghindari antrean panjang, terutama saat mendekati Lebaran.
     

    4. Perhatikan batas maksimal penukaran

    BCA biasanya menetapkan batas maksimal penukaran uang baru untuk setiap nasabah. Oleh karena itu, pastikan jumlah uang yang ingin ditukar sesuai dengan kebijakan bank.

    5. Ikuti prosedur penukaran di bank

    Setelah tiba di lokasi, ambil nomor antrean dan tunggu giliran untuk dilayani oleh petugas. Serahkan uang lama yang ingin ditukarkan dan ikuti arahan dari petugas bank agar proses berjalan lancar.

    6. Terima uang baru sesuai denominasi yang tersedia

    Setelah proses selesai, petugas bank akan memberikan uang baru dalam pecahan yang tersedia. 
     
    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses penukaran uang baru di BCA akan lebih mudah dan aman. 

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)