Produk: KTP

  • Syarat hingga Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025, Dibuka Hari Ini

    Syarat hingga Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025, Dibuka Hari Ini

    Jakarta: Pendaftaran program Mudik Gratis 2025 yang diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan dibuka pada hari ini, Senin, 10 Maret 2025, pukul 16.00 WIB. Simak informasi dan syarat mendaftar program ini.
     
    Ada 520 unit bus untuk menampung sekitar 21 ribu lebih calon penumpang dalam program Mudik Gratis Kemenhub 2025. Pendaftaran dibuka setiap harinya pukul 08.00 WIB dan ditutup jika kuota harian sudah terpenuhi.
     
    Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025
    Calon peserta mudik gratis Kemenhub 2025 dapat mendaftar secara daring melalui laman nusantara.kemenhub.go.id atau aplikasi MitraDarat. Berikut langkah-langkahnya:

     

     

    Membuat Akun dan Login

    Buka aplikasi MitraDarat
    Login menggunakan email atau akun Google
    Masukan nomor WhatsApp untuk menerima OTP
    Masukan OTP yang dikirimkan
    Jika berhasil, masuk ke halaman utama aplikasi

     

    Memesan Tiket Mudik Gratis

    Pilih tab ‘Event’ dan masuk ke menu ‘Mudik Gratis’
    Pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik sesuai yang diinginkan
    Pilih Armada bus yang tersedia
    Lengkapi data diri sesuai identitas resmi
    Klik tombol ‘Selesaikan Pesanan’ untuk mengonfirmasi tiket
    Calon peserta akan mendapatkan e-ticket/kode booking hasil pendaftaran
    Calon peserta wajib melakukan registrasi ulang (validasi) di Posko Registrasi.

     

     

    Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025

    Syarat dan ketentuan pendaftaran penumpang

    Pendaftaran hanya secara online
    Satu akun dapat mendaftarkan maksimal tiga anggota keluarga, dengan total empat peserta dalam satu akun
    Wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/KK)
    Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik dan satu terminal keberangkatan
    Peserta hanya diberikan waktu H+3 hari setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan
    Apabila lewat H+3 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap hangus dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK akan diblok oleh sistem)
    Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik
    Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum jam keberangkatan.

     

    Lokasi Posko Validasi Mudik Gratis Kemenhub 2025
     
    Peserta program Mudik Gratis Kemenhub 2025 wajib melakukan registrasi ulang maksimal 3 hari setelah pendaftaran online. Berikut daftar posko validasi atau registrasi ulang peserta Mudik Gratis Kemenhub 2025. Setiap posko buka pukul 08.00-16.00 WIB.
     

    Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta
    GOR Bulungan Blok M, Jakarta 
    Terminal Jatijajar, Depok  
    Terminal Kayuringin, Bekasi
    Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan
    Kantor Dishub Kota Tangerang

     

    Kota Tujuan Mudik Gratis Jalur Darat 

    Jawa Barat

    Garut
    Tasikmalaya
    Cirebon 

    Jawa Tengah dan DIY

    Semarang
    Solo
    Yogyakarta
    Wonogiri
    Pati
    Blora
    Cilacap
    Wonosobo
    Purwokerto
    Kebumen
    Magelang
    Tegal
    Pekalongan
    Jepara
    Wonosari
    Demak
    Klaten
    Sragen
    Boyolali

    Jawa Timur

    Madiun
    Tuban
    Surabaya
    Malang
    Tulungagung 

    Sumatera

    Lampung
    Bengkulu
    Palembang
    Padang

    Jakarta: Pendaftaran program Mudik Gratis 2025 yang diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan dibuka pada hari ini, Senin, 10 Maret 2025, pukul 16.00 WIB. Simak informasi dan syarat mendaftar program ini.
     
    Ada 520 unit bus untuk menampung sekitar 21 ribu lebih calon penumpang dalam program Mudik Gratis Kemenhub 2025. Pendaftaran dibuka setiap harinya pukul 08.00 WIB dan ditutup jika kuota harian sudah terpenuhi.
     
    Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025
    Calon peserta mudik gratis Kemenhub 2025 dapat mendaftar secara daring melalui laman nusantara.kemenhub.go.id atau aplikasi MitraDarat. Berikut langkah-langkahnya:
     
     

     

    Membuat Akun dan Login

    Buka aplikasi MitraDarat
    Login menggunakan email atau akun Google
    Masukan nomor WhatsApp untuk menerima OTP
    Masukan OTP yang dikirimkan
    Jika berhasil, masuk ke halaman utama aplikasi

     

    Memesan Tiket Mudik Gratis

    Pilih tab ‘Event’ dan masuk ke menu ‘Mudik Gratis’
    Pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik sesuai yang diinginkan
    Pilih Armada bus yang tersedia
    Lengkapi data diri sesuai identitas resmi
    Klik tombol ‘Selesaikan Pesanan’ untuk mengonfirmasi tiket
    Calon peserta akan mendapatkan e-ticket/kode booking hasil pendaftaran
    Calon peserta wajib melakukan registrasi ulang (validasi) di Posko Registrasi.

     

     

    Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2025

    Syarat dan ketentuan pendaftaran penumpang

    Pendaftaran hanya secara online
    Satu akun dapat mendaftarkan maksimal tiga anggota keluarga, dengan total empat peserta dalam satu akun
    Wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/KK)
    Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik dan satu terminal keberangkatan
    Peserta hanya diberikan waktu H+3 hari setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan
    Apabila lewat H+3 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap hangus dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK akan diblok oleh sistem)
    Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik
    Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum jam keberangkatan.

     

    Lokasi Posko Validasi Mudik Gratis Kemenhub 2025
     
    Peserta program Mudik Gratis Kemenhub 2025 wajib melakukan registrasi ulang maksimal 3 hari setelah pendaftaran online. Berikut daftar posko validasi atau registrasi ulang peserta Mudik Gratis Kemenhub 2025. Setiap posko buka pukul 08.00-16.00 WIB.
     

    Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta
    GOR Bulungan Blok M, Jakarta 
    Terminal Jatijajar, Depok  
    Terminal Kayuringin, Bekasi
    Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan
    Kantor Dishub Kota Tangerang

     

    Kota Tujuan Mudik Gratis Jalur Darat 

    Jawa Barat

    Garut
    Tasikmalaya
    Cirebon 

    Jawa Tengah dan DIY

    Semarang
    Solo
    Yogyakarta
    Wonogiri
    Pati
    Blora
    Cilacap
    Wonosobo
    Purwokerto
    Kebumen
    Magelang
    Tegal
    Pekalongan
    Jepara
    Wonosari
    Demak
    Klaten
    Sragen
    Boyolali

    Jawa Timur

    Madiun
    Tuban
    Surabaya
    Malang
    Tulungagung 

    Sumatera

    Lampung
    Bengkulu
    Palembang
    Padang

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Dibuka Hari Ini, Ini Cara Daftar Mudik Gratis BTN 2025, Lengkap dengan Syaratnya – Halaman all

    Dibuka Hari Ini, Ini Cara Daftar Mudik Gratis BTN 2025, Lengkap dengan Syaratnya – Halaman all

    PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyelenggarakan program mudik gratis lebaran 2025.

    Tayang: Senin, 10 Maret 2025 14:23 WIB

    Instagram @btn

    MUDIK GRATIS BTN – Foto ini diambil dari Instagram @btn pada Senin (10/3/2025) menunjukkan mudik gratis BTN 2025. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyelenggarakan program mudik gratis lebaran 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyelenggarakan program mudik gratis lebaran 2025.

    Mengutip dari Instagram @btn, pendaftaran mudik gratis BTN 2025 dibuka mulai hari ini (10/3/2025).

    Tahun ini, BTN menyediakan kuota sebanyak 600 orang untuk mudik gratis lebaran 2025.

    Nantinya, mudik gratis BTN 2025 dijadwalkan berangkat pada Kamis, 27 Maret 2025.

    Bagi kamu yang ingin mendaftar mudik gratis BTN 2025 dapat melakukan pendaftaran secara offline atau langsung.

    Pendaftaran dapat dilakukan di beberapa lokasi cabang BTN, di antaranya:

    BTN KC Jakarta Harmoni
    BTN KC Bekasi
    BTN KC Bogor
    BTN KC Cikarang
    BTN KC Ciputat
    BTN KC Depok
    BTN KC Tangerang

    Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis BTN 2025

    Nasabah BTN
    Setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftar 1 (satu) kali pada 1 (satu) BUMN dalam Program Mudik Gratis BUMN
    Jika diketahui bahwa peserta telah mendaftar di BUMN lain untuk Program Mudik Gratis BUMN, maka peserta tersebut dibatalkan
    Wajib mengunduh aplikasi dan balé aktivasi oleh BTN untuk nasabah BTN dan BTN Syariah Mobile Banking untuk nasabah BTN Syariah
    1 (satu) nomor rekening berlaku untuk maksimal 4 (empat) tiket berangkat (tidak harus satu keluarga atau 1 KK)
    Jika perserta ditampilkan oleh pendaftar, maka pendaftar wajib menunjukkan KTP asli dan membawa fotocopy KTP peserta yang didaftarkan;
    Setiap 1 tiket keberangkatan berlaku untuk 1 orang
    Peserta yang melakukan pendaftaran wajib menunjukkan KTP asli dan membawa fotocopy KTP
    Jika peserta diwakili oleh pendaftar, maka pendaftar wajib menunjukkan KTP asli dan membawa fotocopy KTP peserta yang didaftarkan
    Wajib menunjukkan buku Tabungan BTN dan Tabungan BTN Syariah ketika melakukan pendaftaran dan membawa fotocopy buku tabungan
    Jika peserta adalah anak yang belum memiliki identitas diri, orang tua anak yang bersangkutan wajib membawa fotocopy kartu keluarga
    Wajib follow akun media sosial BTN dan follow media sosial BTN Syariah (Instagram, Youtube, Facebook, Twitter/X).

    Jalur atau Rute Mudik Gratis BTN 2025

    Mudik gratis BTN 2025 ini terbagi menjadi tiga rute, yaitu:

    1. Jalur 1

    Jakarta – Semarang – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya – Malang

    2. Jalur 2

    Jakarta – Cirebon – Tegal – Pekalongan – Semarang – Salatiga – Solo

    3. Jalur 3

    Jakarta – Bandung – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Purwokerto – Kebumen – Yogyakarta

    (Tribunnews.com/Farrah)

    Artikel Lain Terkait Mudik Lebaran 2025

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • 10 Tempat dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Sumatera Selatan, Buka Sampai 26 Maret 2025

    10 Tempat dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Sumatera Selatan, Buka Sampai 26 Maret 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Ramadan dan Idulfitri 1446 H, kebutuhan uang pecahan baru semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan kembali menghadirkan layanan kas keliling.

    Masyarakat dapat menukarkan uang Rupiah dengan mudah dan aman di berbagai titik yang telah disediakan. Layanan ini berlangsung mulai 5 Maret hingga 26 Maret 2025 dengan lokasi yang tersebar di berbagai wilayah.

    Cara Penukaran Uang Baru Melalui PINTAR BI

    Sebelum datang ke lokasi kas keliling, pemesanan wajib dilakukan melalui aplikasi atau situs PINTAR BI. Berikut langkah-langkahnya:

    Akses situs pintar.bi.go.id. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling” dan tentukan lokasi provinsi. Pilih lokasi dan waktu penukaran yang tersedia. Masukkan data diri seperti NIK, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Tentukan jumlah dan pecahan uang yang akan ditukarkan dengan maksimal Rp4,3 juta. Setelah pemesanan selesai, unduh dan simpan kode pemesanan beserta QR Code. Datang ke lokasi yang dipilih sesuai jadwal dengan membawa bukti pemesanan dan KTP asli. Syarat dan Ketentuan Penukaran Uang Baru Hanya bisa dilakukan sesuai dengan lokasi dan waktu yang telah dipesan. Wajib membawa KTP asli atau Identitas Kependudukan Digital (IKD). Tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Membawa uang Rupiah dalam jumlah nominal yang pas sesuai bukti pemesanan. Uang yang akan ditukarkan harus dipilah sesuai pecahan dan tahun emisi. Tidak diperbolehkan menggunakan selotip, perekat, atau steples untuk mengelompokkan uang. Bank Indonesia akan memberikan penggantian uang dengan nilai nominal yang sama, baik dalam pecahan maupun tahun emisi yang sama atau berbeda. Daftar Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Sumatera Selatan

    Berikut lokasi dan jadwal kas keliling yang akan melayani penukaran uang baru:

    5 Maret 2025: Stasiun LRT (DJKA) 6 Maret 2025: Stasiun KAI Kertapati 7 Maret 2025: Pelabuhan Boom Baru 10 Maret 2025: Terminal Alang-Alang Lebar 11 Maret 2025: Masjid Agung SMB II dan Pasar Kota Pagar Alam 12 Maret 2025: Stasiun LRT Palembang Icon dan Pasar Kota Pagar Alam 13 Maret 2025: Pesantren Aulia Cendikia 14 Maret 2025: Terminal Alang-Alang Lebar 17 Maret 2025: Stasiun KAI Kertapati dan Pelabuhan Boom Baru 19 Maret 2025: Bandara SMB II 20 Maret 2025: Masjid Agung SMB II dan Bandara SMB II 24, 25, 26 Maret 2025: Halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan Nominal dan Paket Penukaran Uang Baru

    Bank Indonesia telah menetapkan batas maksimal penukaran uang sebesar Rp4.300.000, dengan rincian sebagai berikut:

    Rp50.000: 30 lembar (Rp1,5 juta) Rp20.000: 25 lembar (Rp500 ribu) Rp10.000: 100 lembar (Rp1 juta) Rp5.000: 200 lembar (Rp1 juta) Rp2.000: 100 lembar (Rp200 ribu) Rp1.000: 100 lembar (Rp100 ribu)

    Bank Indonesia juga dapat memberikan uang pengganti dengan tahun emisi yang berbeda selama masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

    Pastikan Melakukan Pemesanan Sebelum Kuota HabisDengan adanya layanan kas keliling ini, masyarakat di Sumatera Selatan dapat memperoleh uang pecahan baru dengan mudah dan resmi. Pastikan telah melakukan pemesanan melalui situs PINTAR BI sebelum datang ke lokasi, serta ikuti semua ketentuan agar proses penukaran berjalan lancar. Jangan tunggu hingga kuota habis, segera tukarkan uang sebelum 26 Maret 2025!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Daftar Lokasi dan Tujuan Kirim Motor Gratis ke Kampung Pakai Kereta

    Daftar Lokasi dan Tujuan Kirim Motor Gratis ke Kampung Pakai Kereta

    Jakarta

    Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran pengiriman motor gratis menggunakan kereta api dalam periode mudik lebaran tahun ini. Program Motor Gratis (Motis) Tahun 2025 sudah dibuka sejak 8 Maret 2025.

    Program pengiriman motor gratis ini diadakan untuk mendorong masyarakat agar tidak mengendarai sepeda motor saat mudik. Oleh karenanya masyarakat yang mengikuti program ini mendapatkan fasilitas untuk mengikutsertakan motor yang dimilikinya untuk diangkut dengan kereta api sesuai tujuan mudik.

    Ada kuota sebanyak 7.424 unit motor dan 16.960 penumpang dalam program ini. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal mengatakan, mekanisme, rute perjalanan serta ketentuan pendaftaran Motis yang tidak banyak mengalami perubahan dengan program di tahun sebelumnya.

    “Program Motis ini merupakan program yang secara rutin kami selenggarakan sebagai bentuk dukungan dan kehadiran Pemerintah untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Hari Raya Idul Fitri dengan lebih murah, aman, nyaman dan selamat. Pendaftaran Motis akan dimulai pada tanggal 8 Maret hingga 7 April 2025 yang penyelenggaraannya akan dilaksanakan selama 8 hari dengan jadwal pemberangkatan angkutan pada arus mudik dimulai pada 26 – 29 Maret 2025 serta pemberangkatan angkutan pada arus balik mulai tanggal 4 – 6 April 2025,” kata Risal dikutip dari keterangan tertulisnya.

    Pendaftaran program pengiriman motor gratis ini bisa dilakukan secara online di website nusantara.kemenhub.go.id. Juga bisa langsung melakukan pendaftaran di Stasiun Bekasi, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang dan Stasiun Cibinong.

    Menurut Risal, ada dua rute utama layanan pengiriman motor gratis, yaitu Lintas Utara dan Lintas Tengah. Lintas Utara mencakup rute Jakarta Gudang-Pasarsenen (penumpang)-Bekasi (penumpang)-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang. Sementara itu, Lintas Tengah meliputi rute Jakarta Gudang – Pasarsenen (penumpang) – Cirebon Prujakan – Kroya – Gombong – Kebumen – Kutoarjo – Lempuyangan.

    Risal juga menjelaskan kuota harian Motis sebanyak 232 unit sepeda motor/hari dan 530 penumpang/hari untuk Lintas Utara, serta 696 unit sepeda motor/hari dan 1.590 penumpang/hari untuk Lintas Tengah.

    “Nantinya, program Motis ini akan menggunakan kereta api kelas ekonomi dengan skema Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation/PSO) sebagai bentuk dukungan serta kehadiran negara dalam mendukung akses transportasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Sehingga dengan adanya subsidi ini dapat mengakomodir kebutuhan mobilitas masyarakat yang dapat diakses dengan mudah, aman, dan nyaman dengan layanan kereta api ekonomi yang dapat dinikmati secara gratis,” jelas Risal.

    Untuk persyaratan pendaftaran, setiap calon pendaftar wajib memiliki KTP, SIM, STNK yang masih berlaku dan motor dengan kapasitas besaran

    (rgr/dry)

  • Mudah Banget! Begini Cara Bikin SKCK Online Lewat HP – Page 3

    Mudah Banget! Begini Cara Bikin SKCK Online Lewat HP – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Buat kamu yang butuh SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) tapi sibuk, sekarang ada kabar baik! Proses pembuatannya bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Super Apps Presisi.

    Aplikasi ini tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Kamu bisa mengurus SKCK kapan saja dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet.

    Prosesnya dimulai dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Super Apps Presisi di HP. Setelah itu, buat akun dengan memasukkan nomor HP dan alamat email.

    Jangan lupa siapkan foto KTP, foto selfie, dan foto selfie bersama KTP yang berkualitas baik. Alamat yang kamu masukkan harus sesuai dengan KTP dan NPWP (jika ada). Setelah akun aktif, kamu bisa langsung mengajukan permohonan SKCK online.

    Aplikasi ini benar-benar memudahkan masyarakat. Bayangkan, kamu nggak perlu lagi bolak-balik ke kantor polisi hanya untuk mengurus SKCK.

    Proses online ini menghemat waktu dan tenaga. Namun, perlu diingat, meskipun proses pendaftarannya online, pengambilan SKCK tetap harus dilakukan secara offline di kantor polisi yang kamu pilih.

  • Baznas DKI targetkan 700 orang dihapus tatonya saat Ramadhan 2025

    Baznas DKI targetkan 700 orang dihapus tatonya saat Ramadhan 2025

    Jakarta (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) DKI Jakarta menargetkan sebanyak 700 orang di Jakarta dihapus tatonya melalui “Layanan Hapus Tato Ramadhan” tahun 2025 atau bertambah 100 orang dibandingkan target tahun lalu.

    “Di tahun ini ditargetkan untuk mencapai 700 orang. Itu terdiri dari 6 lokasi termasuk di sini Balaikota, wilayah Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Timur, dan Barat,” kata ujar Ketua Baznas-Bazis Provinsi DKI Jakarta, Akhmad Abu Bakar saat ditemui di Balaikota Jakarta, Senin.

    Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Baznas DKI kembali bekerjasama dengan tim dokter dari Islam Medical Service (IMS) Center dalam kegiatan tersebut. Tim menggunakan teknologi laser dalam kegiatan pembersihan tato.

    Kemudian, walau ditujukan untuk warga DKI Jakarta yang ingin hijrah secara menyeluruh, namun warga ber-KTP non-DKI juga dapat mengikuti program tersebut.

    “Memang kami fokus pada warga DKI, tetapi bila warga di luar DKI sudah datang ke sini menghadap petugas, ingin hapus tatonya, kami terima. Jadi memang itu konsepnya,” ujar Abu.

    Adapun bagi mereka yang non-Muslim, juga diperbolehkan mengikuti layanan yang selama Ramadhan mulai diadakan hari ini hingga 21 Maret 2025 itu.

    “Tidak masalah (kalau non-Muslim). Intinya kami punya tujuan bagaimana mereka berhijrah, kembali kepada hal yang semula, artinya murni,” kata dia.

    Abu mengatakan tahun ini menandai tahun keenam Layanan Hapus Tato Ramadhan oleh Baznas-Bazis DKI Jakarta. Selain menjadi upaya membantu masyarakat yang ingin memperbaiki diri secara menyeluruh, layanan ini juga menjadi sarana edukasi kesehatan tentang tato dan cara menghapusnya.

    “Dan mudah-mudahan dengan kembali ke semula itu mereka sadar dan tahu fungsi dan perannya sebagai seorang warga pada umumnya dan Muslim pada khususnya sehingga mereka bisa shalat, bisa diterima oleh masyarakat umum,” ujar Abu.

    Merujuk data, jumlah penerima manfaat kegiatan tersebut bervariasi namun rata-rata bertambah setiap tahun. Pada tahun 2023, misalnya, jumlah penerima manfaat layanan mencapai 385 orang, lalu 2024 jumlah menjadi 484 orang.

    Adapun sejumlah syarat mengikuti program tersebut, yakni memiliki tato yang ingin dihapus dengan alasan hijrah atau perubahan hidup ke arah yang lebih baik.

    Lalu, tidak sedang dalam kondisi medis yang menghambat proses penghapusan tato (misalnya, penyakit kulit kronis, diabetes yang tidak terkontrol, atau gangguan pembekuan darah).

    Kemudian, bersedia mengikuti seluruh prosedur dan tahapan yang ditentukan oleh penyelenggara serta peserta tidak diperkenankan mengikuti program jika memiliki tato permanen di area sensitif atau berisiko tinggi terhadap komplikasi medis.

    Peserta tidak dipungut biaya (gratis), namun wajib berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh tahapan prosedur.

    Calon peserta perlu mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar secara daring (ada di laman Instagram Baznas DKI), melampirkan fotokopi KTP atau surat keterangan domisili, melampirkan foto tato yang ingin dihapus.

    Mereka juga harus masuk dalam grup WhatsApp Layanan Hapus Tato wilayah masing-masing serta melakukan daftar ulang di lokasi kegiatan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Link Pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025, Dibuka 10-12 Maret 2025 – Halaman all

    Link Pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025, Dibuka 10-12 Maret 2025 – Halaman all

    Simak link pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025 yang dibuka mulai 10-12 Maret 2025.

    Tayang: Senin, 10 Maret 2025 10:44 WIB

    Instagram @sucofindoofficial

    MUDIK GRATIS 2025 – Grafis Mudik Gratis BUMN Sucofindo 2025 diambil dari Instagram @sucofindoofficial pada Jumat (7/3/2025).Simak link pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025 yang dibuka mulai 10-12 Maret 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – Pendaftaran program mudik gratis PT Sucofindo 2025 resmi dibuka mulai hari ini, Senin (10/3/2025) pukul 10.00 WIB. 

    Link pendaftaran mudik gratis Sucofindo 2025 melalui https://bit.ly/MudikBersamaSCI2025

    Sebelum melakukan pendaftaran, calon pemudik perlu menyiapkan foto atau scan Kartu Keluarga (KK) dan kartu identias berupa KTP atau KIA.

    Setelah berhasil registrasi online, calon pemudik perlu melakukan konfirmasi dan daftar ulang pada 13-14 Maret 2025.

    Pendaftaran mudik gratis Sucofindo 2025 dapat ditutup sewaktu-waktu jika kuota telah terpenuhi.

    Sebagai informasi, mudik gratis Sucofindo 2025 akan dilaksanakan menggunakan moda transportasi kereta api dan bus. 

    Nantinya, peserta mudik gratis Sucofindo 2025 akan mendapatkan sejumlah fasilitas berupa uang saku, snack & air mineral, obat-obatan hingga kaos dan topi, seperti dikutip dari unggahan Instagram @sucofindoofficial.

    Simak ketentuan, rute perjalanan, dan jadwal keberangkatan mudik gratis Sucofindo 2025 di bawah ini.

    Diutamakan tenaga pendukung PT Sucofindo (office boy, security, cleaning, petugas taman, dll), masyarakat sekitar, pegawai PTT dan LS PT Sucofindo.
    Bersedia melakukan pendaftaran secara online
    Sehat jasmani dan rohani.
    Jumlah pendaftar dalam 1 KK maksimal 4 orang.
    Satu kali pengisian formulir hanya untuk 1 orang pemudik. Jika ingin mendaftarkan keluarga, wajib mengisi formulir sesuai dengan jumlah anggota keluarga.
    Tidak mendaftar di mudik gratis BUMN lainnya.
    Nomor ponsel yang didaftarkan wajib terhubung dengan WhatsApp.
    Melakukan daftar ulang pada jadwal yang telah ditentukan.
    Jika melakukan pembatalan maka akan di blacklist.
    Pendaftaran akan ditutup saat kuota telah habis.
    Pemudik yang berhasil mendapatkan kuota dan memenuhi kriteria akan dihubungi oleh admin.

    1. Moda Kereta Api

    Surabaya (KA Kertajaya): Stasiun Pasar Senen – Cepu – Bojonegoro – Babat – Lamongan – Surabaya Pasar Turi

    2. Moda Bus

    Pangandaran: Jakarta – Nagrek – Gentong – Ciamis – Tasik – Pangandaran
    Yogyakarta: Jakarta – Bumiayu – Purwokerto – Banyumas – Kebumen – Yogyakarta
    Solo: Jakarta – Cikampek – Tol Cipali – Exit Tol Semarang – Solo
    Malang: Jakarta –  Solo – Madiun – Tulungagung – Malang
    Surabaya: Jakarta – Karanganyar – Sragen – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Jombang – Mojokerto – Surabaya
    Palembang: Jakarta – Bandar Lampung – Palembang (Kantor Sucofindo Soekarno Hatta)

    Catatan:

    Pemudik hanya dapat turun di Exit Tol masing-masing daerah sesuai rute pejalanan.
    Pemudik mohon mempersiapkan akomodasi lanjutan masing-masing.

    Moda kereta api: 25 Maret 2025 pukul 14.00 WIB
    Moda bus: 27 Maret 2025 pukul 06.00 WIB

    (Tribunnews.com/Nurkhasanah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Jadwal Pencairan, Cara Cek Status, dan Prosedur Pencairan

    Jadwal Pencairan, Cara Cek Status, dan Prosedur Pencairan

    PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan warga lanjut usia (lansia) melalui program bantuan sosial Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Program yang telah berjalan sejak tahun 2018 ini ditujukan bagi lansia yang tidak memiliki penghasilan tetap atau memiliki pendapatan rendah. Bantuan ini memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

    Hingga kini, KLJ telah memberikan manfaat bagi lebih dari 100.000 lansia di wilayah Jakarta. Pada tahun 2025, program ini kembali dilanjutkan dengan jadwal pencairan yang telah ditentukan.

    Jadwal Pencairan KLJ 2025

    Bantuan KLJ 2025 diberikan setiap tiga bulan sekali dengan nominal Rp900 ribu per tahap, yang setara dengan Rp300 ribu per bulan. Berikut adalah jadwal pencairan yang telah ditetapkan:

    Tahap 1: Januari – Maret 2025

    Tahap 2: April – Juni 2025

    Tahap 3: Juli – September 2025

    Tahap 4: Oktober – Desember 2025

    Bagi penerima yang belum mendapatkan bantuan sejak awal tahun, pencairan akan dilakukan secara kolektif pada bulan Maret 2025.

    Cara Mengecek Status Penerima KLJ 2025

    Untuk memastikan apakah seseorang termasuk dalam daftar penerima KLJ 2025, masyarakat dapat melakukan pengecekan secara daring melalui langkah-langkah berikut:

    Kunjungi situs resmi Dinas Sosial DKI Jakarta di https://siladu.jakarta.go.id/. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan e-KTP. Klik tombol “Cek NIK”. Sistem akan menampilkan informasi apakah NIK tersebut terdaftar sebagai penerima KLJ atau tidak. Prosedur Pencairan Dana KLJ 2025

    Setelah memastikan status sebagai penerima KLJ aktif, lansia dapat mencairkan dana bantuan dengan mengikuti prosedur berikut:

    Pastikan Status Aktif – Cek status penerima melalui situs resmi atau aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Kunjungi Bank DKI – Datang ke kantor cabang Bank DKI terdekat untuk melakukan pencairan dana. Bawa Dokumen yang Diperlukan – Siapkan Kartu KLJ dan KTP sebagai bukti identitas. Ambil Antrian – Dapatkan nomor antrian di loket layanan pencairan bantuan sosial. Proses Verifikasi – Petugas bank akan melakukan pengecekan dan verifikasi data penerima. Terima Dana Bantuan – Setelah verifikasi selesai, dana bisa dicairkan melalui penarikan tunai atau metode lain yang tersedia. Pantau Jadwal Pencairan – Pastikan selalu mengikuti informasi terbaru dari Dinas Sosial atau Bank DKI terkait jadwal pencairan berikutnya.

    Bagi penerima KLJ, penting untuk selalu mengecek status dan mengikuti prosedur pencairan yang telah ditentukan agar bantuan dapat diterima dengan lancar. Dengan adanya program ini, lansia yang berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu dapat tetap menjalani kehidupan dengan lebih layak dan sejahtera.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Begini Alur Cabut Berkas Motor dan Biayanya

    Begini Alur Cabut Berkas Motor dan Biayanya

    Jakarta

    Mengurus cabut berkas motor adalah langkah penting bagi pemilik kendaraan yang ingin memindahkan registrasi kendaraannya ke daerah lain. Proses ini umumnya diperlukan saat seseorang pindah domisili atau membeli motor bekas dari luar daerah.

    Dengan melakukan mutasi kendaraan, data kendaraan akan disesuaikan dengan alamat baru, sehingga pemilik lebih mudah dalam melakukan perpanjangan STNK dan pembayaran pajak di kemudian hari. Meskipun terdengar rumit, prosedur cabut berkas motor sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan calo.

    Pemilik hanya perlu memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi, alur pengurusannya, serta biaya yang dibutuhkan. Dengan menyiapkan dokumen yang lengkap dan mengikuti prosedur yang benar, proses ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

    Syarat dan Alur Cabut Berkas Motor

    Cabut berkas atau mutasi kendaraan diperlukan jika pemilik motor berpindah domisili. Misalnya, jika kamu pindah dari Bali ke Jakarta, maka pelat nomor kendaraan yang semula berawalan DK harus diganti menjadi B sesuai dengan wilayah baru.

    Hal ini akan mempermudah kamu dalam pembayaran pajak kendaraan di tahun-tahun mendatang. Memiliki data kendaraan yang sesuai dengan alamat terbaru akan mempermudah proses administrasi, seperti perpanjangan STNK atau pembayaran pajak.

    Jika kendaraan masih terdaftar di alamat lama, kamu mungkin akan mengalami kesulitan saat mengurus berbagai keperluan tersebut. Selain itu, proses ini juga penting jika kamu membeli motor bekas dari luar daerah. Dalam hal ini, selain melakukan mutasi kendaraan, kamu juga harus mengurus balik nama agar dokumen kepemilikan sah atas namamu.

    Mutasi kendaraan dapat dilakukan kapan saja, tetapi ada perbedaan dalam perhitungan sisa masa berlaku pajak. Jika mutasi dilakukan antarprovinsi, sisa masa pajak akan hangus dan tidak bisa digunakan. Namun, jika masih dalam satu provinsi, sisa masa pajak tetap diperhitungkan.

    Dokumen Mutasi Kendaraan yang Perlu Disiapkan

    Sebelum mengajukan permohonan mutasi kendaraan, berikut beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan dilansir dari laman Portal Indonesia dan Samsat Sleman:

    KTP Asli dan Fotokopi

    Identitas pemilik baru atau pemilik lama yang berpindah domisili.

    BPKB Asli dan Fotokopi

    Sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

    STNK Asli dan Fotokopi

    Surat tanda nomor kendaraan yang masih berlaku wajib dibawa.

    Kuitansi Bukti Pembelian Motor Bekas

    Dokumen ini harus ditandatangani penjual dengan materai, baik asli maupun fotokopi.

    Faktur/Form A Asli dan Fotokopi

    Dokumen resmi dari dealer atau pabrik kendaraan.

    Prosedur Mencabut Berkas

    Setelah menyiapkan seluruh dokumen tersebut, berlanjut mengikuti prosedur cabut berkas kendaraan:

    1. Datang ke Samsat Mutasi

    Pemohon datang ke Samsat tujuan mutasi untuk melakukan cek fisik kendaraan sebagai syarat pencabutan berkas di Samsat asal. Setelah mendapatkan hasil cek fisik dari Samsat tujuan, kendaraan tidak perlu lagi dibawa ke Samsat asal.

    2. Melakukan Cek Fisik Motor

    Cek fisik dilakukan untuk memastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen kendaraan. Kemudian, pemohon membawa hasil cek fisik ke Layanan BPKB Samsat untuk mendapatkan legalisasi di loket 1 Layanan BPKB.

    3. Pembayaran Mutasi Kendaraan

    Pemohon menuju loket mutasi di Gedung Unit BPKB untuk mengajukan pencabutan berkas BPKB dan membayar biaya mutasi keluar, yaitu Rp150.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp250.000 untuk kendaraan roda empat. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai.

    4. Proses Pencabutan Berkas

    Setelah pembayaran dilakukan, Samsat akan memproses pencabutan berkas. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung kebijakan Samsat masing-masing.

    Kamu akan mendapatkan tanda terima sebagai bukti bahwa dokumen sedang dalam proses. Pemohon akan mendapatkan tanda terima permohonan mutasi keluar yang mencantumkan tanggal pengambilan berkas.

    6. Mengambil Dokumen Cabut Berkas

    Setelah dokumen selesai diproses, kamu akan diberi tahu untuk mengambilnya. Berkas ini kemudian perlu dibawa ke Samsat domisili baru untuk didaftarkan ulang.

    7. Cabut Berkas Selesai

    Pada tanggal yang tertera di tanda terima, pemohon kembali ke Counter. Jika ada tunggakan pajak, pemohon harus melunasinya terlebih dahulu. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai, menggunakan kartu debit yang mendukung EDC, atau melalui Scan QRIS.

    Setelah menerima berkas mutasi keluar dari Counter, pemohon menuju Loket Mutasi Layanan BPKB untuk mengambil berkas BPKB. Pemohon kemudian dapat mendaftarkan mutasi masuk di Samsat tujuan sesuai alamat barunya.

    Biaya Cabut Berkas Motor

    Pada setiap transaksi pembayaran pemohon harus memastikan membayar sesuai tarif yang berlaku dan mendapatkan bukti bayar yang sah.

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 yang diperbarui dengan PP No 76 Tahun 2020 mengenai Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya cabut berkas kendaraan adalah sebagai berikut:

    Kendaraan roda 2 atau roda 3: Rp150.000 per penerbitanKendaraan roda 4 atau lebih: Rp250.000 per penerbitan.

    Jika pemilik kendaraan juga mengurus balik nama, maka akan ada biaya tambahan sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah.

    Itulah tadi alur proses cabut berkas motor. Memang memerlukan kesabaran karena membutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu. Dengan memahami persyaratan, biaya, dan prosedur yang harus dilakukan, kamu bisa mengurusnya sendiri tanpa perlu bantuan calo.

    (aau/fds)

  • 16 Tempat Penukaran Uang Baru di Bank Umum Sumatera Barat, Ada 100 Titik

    16 Tempat Penukaran Uang Baru di Bank Umum Sumatera Barat, Ada 100 Titik

    PIKIRAN RAKYAT – Masyarakat Sumatera Barat kini dapat menukarkan uang lama dengan uang baru melalui layanan kas keliling yang disediakan oleh Bank Indonesia. Program ini berlangsung mulai 3 hingga 23 Maret 2025 dan bertujuan untuk memastikan ketersediaan uang pecahan baru menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2025.

    Layanan ini tersedia di berbagai titik di seluruh provinsi, termasuk di kantor-kantor perbankan yang telah ditunjuk.

    Tata Cara Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling

    Pemesanan Layanan Penukaran

    Melakukan pendaftaran melalui aplikasi PINTAR BI dengan memindai barcode yang tersedia. Pada halaman utama aplikasi, memilih menu “Kas Keliling”. Memilih provinsi dan lokasi penukaran yang diinginkan. Aplikasi akan menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia untuk dipilih. Mengisi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, dan email (opsional). Memasukkan jumlah lembar atau keping uang yang akan ditukarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menyelesaikan pemesanan untuk mendapatkan bukti pemesanan yang akan digunakan saat penukaran.

    Proses Penukaran

    Penukaran hanya dapat dilakukan sesuai dengan tanggal, lokasi, dan waktu yang tercantum dalam bukti pemesanan. Bukti pemesanan dalam bentuk digital atau cetak wajib dibawa saat penukaran. Uang yang akan ditukar harus disiapkan sesuai nominal yang tertera dalam bukti pemesanan. Sebelum diserahkan, uang rupiah yang akan ditukar harus dipilah dan dikemas dengan rapi. Cara memilah dan mengemas uang rupiah yang akan ditukar: Uang dipilah berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi, lalu disusun searah. Tidak diperbolehkan menggunakan selotip, perekat, lakban, atau steples untuk menggabungkan lembaran uang. Lokasi Layanan Penukaran Uang di 100 Titik Kantor Perbankan

    Penukaran uang baru dapat dilakukan di berbagai kantor perbankan yang tersebar di berbagai wilayah Sumatera Barat. Beberapa lokasi utama yang melayani penukaran uang baru antara lain:

    Padang

    BRI By Pass BRI Padang Nagari KC Siteba BRI Pondok BRI Unit Bandar Buat BRI Unit Belimbing BRI Unit Bundo Kanduang BRI Unit Bungus BRI Unit By Pass BRI Unit Pasar Baru BRI Unit Pasar Raya BRI Unit Pemuda BRI Unit Simpang Haru BRI Unit Siteba BRI Unit Tabing BRI Unit Teluk Bayur BRI Unit Kuranji BRI Unit Lubuk Begalung BRI Unit Ulak Karang BRI Padang Khatib Sulaiman Nagari KC SY Padang Nagari KC Utama Padang

    Bukittinggi

    BRI Aur Kuning BRI Bukittinggi BRI Unit Ampek Nagari BRI Unit Baso BRI Unit Biaro BRI Unit Gadih Ranti BRI Unit Koto Tangah BRI Unit Kurai V Jorong BRI Unit Lawang BRI Unit Manggopoh BRI Unit Maninjau BRI Unit Padang Luar BRI Unit Pasar Bawah BRI Unit Simpang Tembok BRI Unit Tiku Nagari KC Bukittinggi Nagari KC SY Bukittinggi.

    Padang Panjang

    BRI Unit X Koto BRI Unit Kota 1 BRI Unit Kota 2 BRI Unit Batipuh BRI Unit Kayu Tanam Nagari KC Mentawai

    Payakumbuh

    Nagari KC Payakumbuh Nagari KC SY Payakumbuh BRI KC Payakumbuh BRI Unit Pangkalan BRI Unit Muara Paiti

    Pariaman

    BRI Unit Sungai Limau BRI Unit Lubuk Alung BRI Unit Sicincin BRI KC Pariaman Nagari KC Lubuk Alung Nagari KC Pariaman

    Batusangkar

    BRI KC Batusangkar BRI Unit Lubuk Jantan BRI Unit Kota II BRI Unit Simabur BRI Unit Sungai Tarab Nagari KC SY Batusangkar Nagari KC Batusangkar Nagari KC Lintau

    Solok

    BRI KC Solok BRI Unit Sumani BRI Unit Alahan Panjang Nagari KC Solok Nagari KC SY Solok Nagari KC Padang Panjang

    Painan

    Nagari KC Painan BRI Unit Tarusan BRI KC Painan

    Tapan

    Nagari KC Tapan

    Lubuk Basung

    BRI Unit Lubuk Basung Nagari KC Lubuk Basung

    Pasaman Barat

    Nagari KC Simpang Empat Nagari KC Ujung Gading BRI Unit Simpang Tiga BRI KC Simpang IV

    Sijunjung

    Nagari KC Sijunjung BRI Unit Tanjung Ampalu BRI KC Sijunjung

    Sawahlunto

    Nagari KC Sawahlunto

    Dharmasraya

    BRI KC Dharmasraya Nagari KC Koto Baru Nagari KC Pulau Punjung

    Lubuk Sikaping

    BRI KC Lubuk Sikaping Nagari KC Tapus Nagari KC Lubuk Sikaping

    Muara Labuh

    Nagari KC Lubuk Gadang Nagari KC Muara Labuh Nagari KC Alahan Panjang

    Penukaran uang baru melalui kas keliling Bank Indonesia di Sumatera Barat dilakukan untuk memastikan ketersediaan uang layak edar menjelang Ramadan dan Idulfitri. Proses penukaran dilakukan dengan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR BI dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

    Dengan adanya 100 titik layanan yang tersebar di berbagai daerah, masyarakat memiliki banyak pilihan lokasi untuk menukarkan uang lama dengan uang baru sesuai kebutuhan. Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat agar dapat memperoleh uang pecahan baru dalam kondisi yang baik dan siap digunakan selama momen perayaan mendatang.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News