Produk: KTP

  • Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bangka Belitung Periode 3 dan 4, Dibuka 16-25 Maret 2025

    Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bangka Belitung Periode 3 dan 4, Dibuka 16-25 Maret 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Idul Fitri 2025, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadirkan program penukaran uang baru bertajuk “Serambi 2025 – Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri.”

    Program ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil guna keperluan lebaran.

    Penukaran uang baru dibagi dalam beberapa periode dan lokasi agar lebih mudah diakses. Pada Periode 3 dan 4, layanan penukaran berlangsung mulai 16 hingga 25 Maret 2025.

    Berikut rincian jadwal dan lokasi penukarannya:

    Periode Penukaran: 17-21 Maret 2025

    17 Maret 2025 (09.00 – 12.00 WIB)

    BSB KCSUNGAILIAT, Jl. Jenderal Sudirman No.32 A, Sungailiat BSB KC Mentok, Jl. Jenderal Sudirman No. 162, Mentok

    18 Maret 2025 (09.00 – 12.00 WIB)

    BNI KC PKP, Jl. Jenderal Sudirman No. 120, Pangkalpinang BRI KANCA Pangkalpinang, Jl. Diponegoro No. 1, Kecamatan Tamansari BNI KCP Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Ruko Permata Indah Blok 1-2, Sungailiat OCBC Pangkalpinang, Jl. Pasar Lama No.13 & 15, Pangkalpinang (09.00 – 13.00 WIB)

    19 Maret 2025 (09.00 – 12.00 WIB)

    BRI KCP Mentok, Jl. Jenderal Sudirman, KP Jawa Lama BRI KCP Koba, Jl. Soekarno Hatta II, Kel. Berok, Kecamatan Koba, Bangka Tengah BNI KCP Toboali, Jl. Jenderal Sudirman No. 58, Toboali SMBCI KCP Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman No. 105, Kel. Gabek 1, Kecamatan Gabek

    20 Maret 2025 (09.00 – 12.00 WIB)

    Bank Mandiri KC Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman No. 31, Pangkalpinang Bank Mandiri KC Mentok, Jl. Yos Sudarso No. 1/78, Mentok, Kabupaten Bangka Barat Bank Mandiri KCP Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman, Sungailiat, Kabupaten Bangka BSB KC Toboali, Jl. Jenderal Sudirman, Toboali JTrust KC Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman No. 30-32, Pangkalpinang JTrust KC Sungailiat, Komplek Ruko Permata Indah Blok A No. 1A-B, Jl. Jenderal Sudirman, Sungailiat (09.00 – 13.00 WIB) Maybank KC Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman, Kel. Gedung Nasional, Kecamatan Tamansari, Pangkalpinang Panin Pangkalpinang, Jl. Ruko Harmony Blok C 9-10, Bukit Intan Panin Sungailiat, Jl. Muhidin No. 168, Sungailiat BTN KC Pangkalpinang, Jl. Perniagaan, Komplek Mall BTC Blok B11-14

    21 Maret 2025

    BTN KCP Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman No. 18, Sungailiat (09.00 – 12.00 WIB) Bank Danamon, Jl. Masjid Jami No. 27, Pangkalpinang (08.00 – 12.00 WIB) Bank Mega KCP Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman No. 35 (08.00 – 12.00 WIB) Bank Sinarmas KC Pangkalpinang, Jl. Soekarno Hatta Km 5, Kel. Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (09.00 – 14.00 WIB) Bank Sinarmas KCP Sungailiat, Jl. Muhidin, Ruko Sutos Blok C3, Sungailiat, Kabupaten Bangka (09.00 – 14.00 WIB)
    Periode Penukaran: 24-25 Maret 2025

    24 Maret 2025

    BCA KCU Pangkalpinang, Jl. Raya Koba No. 50, Pangkalan Baru, Bangka Tengah (09.00 – 11.00 WIB) BCA KCP Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman No. 26, Sungailiat, Bangka (09.30 – 11.00 WIB)

    25 Maret 2025

    BSB KC Pangkalpinang, Jl. Jenderal Sudirman No. 08, Opas Indah, Tamansari, Pangkalpinang (09.30 – 12.00 WIB) BRI KANCA Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman No. 16, Sungailiat (09.00 – 12.00 WIB) BRI KCP Toboali, Jl. Jenderal Sudirman No. 26, Toboali (09.00 – 12.00 WIB) BCA KCP Jebus, Jl. Raya Penghijauan, Kel. Puput, Parit 3, Jebus (09.00 – 13.00 WIB) Bank Artha Graha Internasional, Komplek Bangka Square, Jl. Soekarno Hatta Km 5 No.1 (08.00 – 12.00 WIB) Bank Mega KCP Sungailiat, Jl. Jenderal Sudirman No. 35 (08.00 – 12.00 WIB) Paket Penukaran

    Masyarakat bisa menukarkan uang baru dengan batas maksimal Rp4,3 juta. Bank Indonesia menyediakan paket penukaran masyarakat yang terdiri dari:

    Pecahan Rp50.000: Bilyet 30, nominal Rp1,5 juta Pecahan Rp20.000: Bilyet 25, nominal Rp500.000 Pecahan Rp10.000: Bilyet 100, nominal Rp1 juta Pecahan Rp5.000: Bilyet 200, nominal Rp1 juta Pecahan Rp2.000: Bilyet 100, nominal Rp200.000 Pecahan Rp1.000: Bilyet 100, Nominal Rp100.000

    Layanan Penukaran Bank Indonesia pada SERAMBI 2025 minimal 1 (satu) jenis pecahan dan maksimal 1 (satu) paket seluruh pecahan dengan nominal Rp4.300.000. Masyarakat dapat memilih pecahan yang dibutuhkan dengan nilai per pecahan sebagaimana yang telah ditentukan.

    Persyaratan dan Ketentuan Wajib mendaftar melalui aplikasi PINTAR BI di pintar.bi.go.id Penukaran dilakukan pada waktu dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah. Penukaran tidak dapat diwakilkan. Penukar wajib membawa Kartu Tanda Penduduk asli (bukan copy atau scan) atau КТР elektronik yang terdapat pada aplikasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD). КТР tidak dapat digantikan dengan kartu identitas lainnya, termasuk tidak dapat menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA). Penukar wajib menunjukkan bukti pemesanan dalam bentuk digital/cetak. Penukar membawa uang Rupiah dalam jumlah nominal yang sesuai dengan yang tertera pada bukti pemesanan. Uang Rupiah yang akan ditukarkan telah dipilah dan dikemas dengan ketentuan: Uang Rupiah dipilah menurut jenis pecahan, tahun emisi, disusun searah, dan dipisahkan antara uang Rupiah yang masih layak edar dengan uang Rupiah yang tidak layak edar. Tidak menggunakan selotip, perekat, lakban, atau steples untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang Rupiah. Bank Indonesia (BI) akan menukarkan uang Rupiah yang dibawa masyarakat dengan nilai nominal yang sama. Penggantian terhadap uang Rupiah diberikan sepanjang ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya. Sebelum melakukan penukaran pada tempat layanan penukaran pada tanggal yang tertera pada bukti pemesanan, NIK-KTP tidak dapat digunakan untuk melakukan pemesanan penukaran baru. NIK-KTP dapat digunakan kembali setelah tanggal yang tertera pada bukti pemesanan terlewati. Apabila terdapat perbedaan data jumlah dan jenis pecahan antara bukti pemesanan penukaran yang ditunjukkan dengan data yang tertera pada aplikasi PINTAR, penukaran akan dilakukan sesuai jumlah dan jenis pecahan uang sebagaimana terdapat pada aplikasi PINTAR

    Dengan mengikuti jadwal dan syarat ini, penukaran uang akan lebih lancar dan nyaman. Semoga Lebaran tahun ini semakin berkah dengan uang baru yang rapi dan siap digunakan!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cek Lokasi Samsat Keliling Hari Ini di Detabek Sabtu 15 Maret 2025

    Cek Lokasi Samsat Keliling Hari Ini di Detabek Sabtu 15 Maret 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Polda Metro Jaya menyediakan layanan Samsat keliling hari ini untuk memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di area, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Detabek) pada Sabtu (15/3/2025).

    Namun, untuk wilayah Jakarta sementara tidak ada pelayanan Samsat keliling hari ini. Dilansir akun X resmi TMC Polda Metro Jaya,) pelayanan Samsat keliling di sembilan lokasi di Detabek:

    Kota Tangerang di Apartemen Ayodhya Tangerang dan Perumnas 2 Cibodas pukul 08.00-11.00 WIB.Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-11.30 WIB dan Mal ITC BSD Serpong pukul 13.00-15.00 WIB.Ciledug di Halaman Parkir Samsat dan Rukan Fresh Market Green Lake City Ketapang Cipondoh pukul 09.00-11.30 WIB.Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-11.30 WIB.Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan Halaman GTown House pukul 08.00-11.30 WIB.Samsat hari ini juga ada di Kota Bekasi berlokasi di i Kantor Kecamatan Bekasi Barat pukul 09.00-11.00 WIB.Kabupaten Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 08.00-11.00 WIB.Depok di Halaman Parkir Samsat & Dealer Honda Simpang Depok pukul 08.00-11.30 WIB.Cinere di Halaman Parkir Samsat pukul 08.00-11.30 WIB.

    Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk membawa dokumen seperti KTP, BPKB, dan STNK asli beserta fotokopinya.

    Gerai Samsat keliling hari ini hanya menyediakan layanan pembayaran PKB tahunan. Untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan penggantian pelat nomor kendaraan, wajib datang ke kantor Samsat terdekat.

  • Tenang saat Mudik, Warga Tangerang Bisa Titip Kendaraan di Polres Metro Tangerang Kota

    Tenang saat Mudik, Warga Tangerang Bisa Titip Kendaraan di Polres Metro Tangerang Kota

    TANGERANG – Guna mengantisipasi terjadinya aksi pencurian kendaraan bermotor saat momen mudik lebaran, Polres Metro Tangerang membuka layanan penitipan kendaraan baik roda dua dan empat di halaman Polres Metro Tangerang Kota dan Polsek.

    Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan pelaksanaan pelayanan penitipan kendaraan gratis ini akan dimulai 22 Maret hingga 8 April 2025.

    “Pelayanan penitipan kendaraan motor dan mobil gratis ini akan dimulai pada tanggal 22 Maret 2025 hingga 8 April 2025,” kata Zain dalam keterangannya, Jumat, 14 Maret.

    Ia juga menjelaskan, syarat utama untuk dapat menitipkan kendaraannya yakni harus menunjukkan identitas kepemilikan kendaraan berupa BPKB/STNK dan KTP agar mempermudah pendataan.

    “Syarat dan ketentuannya, masyarakat hanya perlu membawa dan menunjukkan identitas kepemilikan kendaraan berupa BPKB/STNK dan KTP,” tutupnya.

  • Daftar Lengkap dan Jalur Alternatif

    Daftar Lengkap dan Jalur Alternatif

    PIKIRAN RAKYAT – Kabar gembira bagi para pemudik Lebaran 2025! Pemerintah kembali berencana untuk menggratiskan beberapa ruas jalan tol sebagai upaya untuk memperlancar arus mudik dan balik.  

    Setidaknya ada enam ruas jalan tol yang telah diidentifikasi berpotensi untuk dibuka secara gratis selama periode penting ini. 

    Langkah ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas dan memberikan alternatif jalur yang lebih ekonomis bagi masyarakat yang akan pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri.

    Artikel ini akan mengulas secara lengkap daftar enam ruas jalan tol yang direncanakan gratis saat mudik Lebaran 2025. 

    Informasi ini sangat penting bagi Sobat PR yang berencana melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi, sehingga dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk perjalanan yang lebih efisien dan hemat biaya.

    Daftar 6 Ruas Jalan Tol yang Berpotensi Gratis Mudik Lebaran 2025

    Berdasarkan informasi terbaru, berikut adalah daftar enam ruas tol yang memiliki potensi untuk digratiskan selama periode mudik Lebaran 2025:

    – Tol Sigli-Banda Aceh: Ruas jalan tol yang terletak di ujung barat Indonesia ini menjadi harapan bagi pemudik yang menuju atau berasal dari wilayah Aceh. Jika digratiskan, tol ini akan memberikan kemudahan aksesibilitas dan mempersingkat waktu perjalanan di wilayah tersebut.

    – Tol Pekanbaru-Padang: Tol yang menghubungkan dua kota besar di Sumatera ini juga masuk dalam daftar ruas tol yang berpotensi gratis. Penggratisan tol ini akan sangat membantu memperlancar arus mudik di koridor Sumatera, khususnya bagi mereka yang melakukan perjalanan antara Pekanbaru dan Padang.

    – Tol Palembang-Betung: Sebagai bagian dari jaringan tol Trans Sumatera, ruas Palembang-Betung memiliki peran vital dalam menghubungkan berbagai wilayah di Sumatera bagian selatan.  

    Tol gratis di ruas ini akan memberikan dampak signifikan dalam mengurangi kepadatan lalu lintas dan memangkas waktu tempuh perjalanan mudik di Sumatera Selatan.

    – Tol Jakarta-Cikampek II Selatan: Ruas tol ini merupakan jalur alternatif penting untuk menghindari kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek eksisting, yang seringkali menjadi titik kemacetan parah saat mudik Lebaran. 

    Penggratisan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan diharapkan dapat memecah volume kendaraan dan memperlancar arus lalu lintas dari Jakarta menuju arah timur.

    – Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo: Kehadiran tol ini sangat krusial untuk mendukung aksesibilitas menuju Yogyakarta dan Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo (NYIA).  

    Tol gratis di ruas ini akan memberikan kemudahan bagi pemudik yang menuju Yogyakarta dan sekitarnya, serta mempercepat perjalanan ke bandara.

    – Tol Probolinggo-Banyuwangi: Ruas jalan tol paling timur di Pulau Jawa ini akan menjadi angin segar bagi pemudik yang menuju Banyuwangi dan wilayah Jawa Timur bagian timur.  

    Tol gratis ini akan memangkas waktu perjalanan secara signifikan dan meningkatkan kenyamanan perjalanan mudik ke destinasi tersebut.

    Catatan Penting: Dibuka Jika Kondisi Mendesak

    Perlu digarisbawahi bahwa penggratisan keenam ruas tol ini bersifat situasional. Artinya, tol-tol tersebut akan dibuka secara gratis jika diperlukan atau dalam situasi darurat.  

    Keputusan final mengenai penggratisan tol dan waktu pemberlakuannya akan sangat bergantung pada kondisi lalu lintas saat periode mudik Lebaran 2025.

    Pemerintah, melalui pihak terkait seperti Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), akan terus memantau perkembangan situasi lalu lintas secara real time. 

    Jika volume kendaraan meningkat signifikan dan terjadi kepadatan yang berpotensi menimbulkan kemacetan parah, maka opsi penggratisan tol akan diaktifkan.

    Tujuan Penggratisan Tol saat Mudik Lebaran

    Kebijakan penggratisan tol saat mudik Lebaran memiliki tujuan yang sangat jelas, yaitu:

    – Mengurai Kemacetan: Lonjakan volume kendaraan saat mudik Lebaran seringkali menyebabkan kemacetan panjang di gerbang tol dan ruas-ruas utama. Tol gratis menjadi salah satu solusi untuk memecah kepadatan dan memperlancar arus lalu lintas.

    – Mempercepat Waktu Tempuh: Dengan mengurangi antrean di gerbang tol dan memberikan jalur alternatif yang lebih lancar, waktu tempuh perjalanan mudik diharapkan dapat dipersingkat secara signifikan.

    – Meringankan Beban Biaya Pemudik: Biaya tol menjadi salah satu komponen pengeluaran yang cukup besar saat mudik. Tol gratis dapat membantu meringankan beban finansial pemudik, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan jarak jauh.

    – Meningkatkan Kenyamanan Perjalanan: Perjalanan mudik yang lancar dan bebas hambatan tentu akan meningkatkan kenyamanan dan mengurangi stres bagi para pemudik.

    Tips Memantau Informasi Tol Gratis Mudik Lebaran 2025

    Informasi resmi mengenai kepastian penggratisan tol dan jadwal pemberlakuannya akan diumumkan oleh pemerintah menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025.  

    Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan up-to-date, Sobat PR dapat memantau saluran-saluran informasi berikut:

    – Website Resmi Kementerian PUPR (pu.go.id)

    – Website Resmi BPJT (bpjt.pu.go.id)

    – Akun Media Sosial Resmi Kementerian PUPR dan BPJT

    Persiapan Mudik Lebaran 2025 Selain Tol Gratis

    Selain memantau informasi jalan tol gratis, ada beberapa persiapan penting lainnya yang perlu Sobat PR lakukan untuk mudik Lebaran 2025:

    – Pastikan Kondisi Kendaraan Prima: Lakukan servis kendaraan secara menyeluruh sebelum perjalanan jauh. Periksa mesin, ban, rem, lampu, dan komponen penting lainnya.

    – Jaga Kondisi Fisik Pengemudi: Istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Jangan memaksakan diri mengemudi jika merasa lelah.

    – Rencanakan Rute dan Waktu Perjalanan: Gunakan aplikasi navigasi untuk merencanakan rute terbaik dan menghindari jalan-jalan yang berpotensi macet. Pilih waktu perjalanan yang tepat untuk menghindari puncak arus mudik.

    – Siapkan Dokumen Kendaraan dan Identitas Diri: Pastikan STNK, SIM, dan KTP selalu dibawa dan mudah dijangkau.

    – Bawa Bekal Makanan dan Minuman: Siapkan bekal secukupnya untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi selama perjalanan, terutama jika terjebak kemacetan.

    – Utamakan Keselamatan: Patuhi rambu lalu lintas, jaga kecepatan, dan selalu berhati-hati selama berkendara.

    Penggratisan enam ruas tol ini menjadi angin segar bagi para pemudik Lebaran 2025. Meskipun sifatnya situasional, informasi ini tetap penting sebagai panduan dalam merencanakan perjalanan mudik.  

    Pantau terus informasi resmi dari pemerintah dan persiapkan mudik Lebaran 2025 Sobat PR dengan matang agar perjalanan berjalan lancar, aman, dan nyaman. 

    Selamat mudik Lebaran 2025 dan semoga selamat sampai tujuan!.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Klik Amplop Cair Saldo DANA hingga Rp150.000 Gratis

    Klik Amplop Cair Saldo DANA hingga Rp150.000 Gratis

    JABAR EKSPRES – Bayangkan, hanya dengan beberapa langkah sederhana, kita bisa mendapatkan saldo DANA hingga Rp150.000 gratis langsung ke akun kita.

    Tanpa perlu keluar modal, cukup manfaatkan fitur Link DANA Kaget terbaru! Nah, kalau kamu belum tahu cara mendapatkannya, tenang saja. Kami bakal kasih tahu semua rahasianya!

    Link DANA Kaget adalah fitur dari aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna membagikan saldo secara langsung dalam bentuk kejutan.

    Biasanya, link ini dibagikan oleh komunitas, influencer, atau bahkan teman-teman yang ingin berbagi rezeki. Nah kali ini, media Jabarekspres.com akan memberikan secara cuma-cuma.

    BACA JUGA: 2 Kode Redeem FC Mobile Terbaru 14 Maret 2025, Klaim Sekarang Sebelum Kedaluwarsa!

    Begitu kamu klik link-nya, saldo bisa langsung masuk ke akun DANA-mu hingga Rp150.000. Asik, kan?

    Cara klaim saldo DANA Kaget hingga Rp150.000

    Nah, sekarang kita masuk ke bagian paling penting. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengklaim saldo DANA gratis dari Link DANA Kaget:

    1. Cek Link DANA Kaget Terbaru

    Banyak orang membagikan link ini di media sosial seperti Facebook, Twitter, atau grup WhatsApp dan Telegram.

    Caranya, aktiflah di komunitas yang sering berbagi informasi soal Link DANA Kaget.

    Selain itu, di Akhir artikel ini tim Jabarekspres.com sudah menyiapkannya untukmu.

    2. Klik Link dan Klaim Saldo

    Begitu kamu menemukan link yang valid, langsung klik! Nanti, kamu akan diarahkan ke aplikasi DANA.

    Jika saldo masih tersedia, kamu bisa langsung mengklaimnya.

    3. Pastikan Akun DANA-mu Sudah Terverifikasi

    Agar saldo bisa masuk dengan lancar, akun DANA-mu harus sudah terverifikasi dengan nomor HP aktif dan KTP (untuk akun premium). Kalau belum, segera lakukan verifikasi di aplikasi DANA.

    4. Manfaatkan Event dan Giveaway

    Selain melalui link, DANA sering mengadakan event atau giveaway yang membagikan saldo gratis.

    Pastikan kamu mengikuti media sosial resmi DANA dan berpartisipasi di event yang sedang berlangsung.

    5. Ajak Teman dan Dapatkan Bonus

    Kamu juga bisa mendapatkan saldo tambahan dengan mengajak teman menggunakan DANA.

    Caranya mudah, cukup bagikan kode referral-mu dan dapatkan bonus setiap kali temanmu mendaftar dan melakukan transaksi.

  • Mau Itikaf di Masjid Istiqlal Ramadan 2025? Ini Waktu dan Cara Daftarnya

    Mau Itikaf di Masjid Istiqlal Ramadan 2025? Ini Waktu dan Cara Daftarnya

    Jakarta: Masjid Istiqlal kembali menggelar itikaf terpadu Ramadan 1446 H/2025 Masehi. Bagi kamu yang ingin ikutan itikaf di Istiqlal bisa daftar secara online.

    Melansir Instagram resmi Masjid Istiqlal, pendaftaran online itikaf Ramadan 2025 di Masjid Istiqlal ini sudah dibuka sejak 7 Maret 2025. Pendaftaran ini terbuka untuk umum dengan kuota 300 jamaah (150 laki-laki dan 150 perempuan). Adapun itikaf dilaksanakan selama 10 hari penuh.

    “Itikaf terpadu hanya diperuntukkan bagi jamaah yang akan mengikuti rangkaian itikaf di Masjid Istiqlal full 10 hari tanpa pulang-pergi,” tulis masjidistiqlal.official seperti dikutip Jumat, 14 Maret 2025.
    Syarat Pendaftaran Itikaf di Masjid Istiqlal Ramadan 2025

    Berikut syarat mengikuti itikaf terpadudi Masjid Istiqlal Ramadan 2025:

    Sehat jasmani & Rohani
    Berniat mengikuti program I’tikaf hingga akhir
    Ramadhan (diutamakan bagi peserta yang dapat mengikuti kegiatan selama 10 hari penuh)
    Bagi peserta yg berusia di atas 60 tahun  wajib menyertakan surat keterangan sehat dan didampingi oleh anak/saudara
    Mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia peserta minimal usia 12 tahun
    Bersedia mengikuti peraturan selama mengikuti program I’tikaf

     

     

    Pendaftaran Online Itikaf Masjid Istiqlal Ramadan 2025

    Pendaftaran dilakukan melalui tautan bit.ly/Itikafistiqlal2025, berikut langkah-langkahya:

    Buka bit.ly/Itikafistiqlal2025
    Lengkapi formulir dengan data yang diminta
    Unggah foto diri dan KTP
    Peserta yang berumur 60 – 65 tahun, wajib mengunggah foto surat keterangan sehat dari dokter.

    Jakarta: Masjid Istiqlal kembali menggelar itikaf terpadu Ramadan 1446 H/2025 Masehi. Bagi kamu yang ingin ikutan itikaf di Istiqlal bisa daftar secara online.
     
    Melansir Instagram resmi Masjid Istiqlal, pendaftaran online itikaf Ramadan 2025 di Masjid Istiqlal ini sudah dibuka sejak 7 Maret 2025. Pendaftaran ini terbuka untuk umum dengan kuota 300 jamaah (150 laki-laki dan 150 perempuan). Adapun itikaf dilaksanakan selama 10 hari penuh.
     
    “Itikaf terpadu hanya diperuntukkan bagi jamaah yang akan mengikuti rangkaian itikaf di Masjid Istiqlal full 10 hari tanpa pulang-pergi,” tulis masjidistiqlal.official seperti dikutip Jumat, 14 Maret 2025.
    Syarat Pendaftaran Itikaf di Masjid Istiqlal Ramadan 2025

    Berikut syarat mengikuti itikaf terpadudi Masjid Istiqlal Ramadan 2025:

    Sehat jasmani & Rohani
    Berniat mengikuti program I’tikaf hingga akhir
    Ramadhan (diutamakan bagi peserta yang dapat mengikuti kegiatan selama 10 hari penuh)
    Bagi peserta yg berusia di atas 60 tahun  wajib menyertakan surat keterangan sehat dan didampingi oleh anak/saudara
    Mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia peserta minimal usia 12 tahun
    Bersedia mengikuti peraturan selama mengikuti program I’tikaf

     

     

    Pendaftaran Online Itikaf Masjid Istiqlal Ramadan 2025

    Pendaftaran dilakukan melalui tautan bit.ly/Itikafistiqlal2025, berikut langkah-langkahya:

    Buka bit.ly/Itikafistiqlal2025
    Lengkapi formulir dengan data yang diminta
    Unggah foto diri dan KTP
    Peserta yang berumur 60 – 65 tahun, wajib mengunggah foto surat keterangan sehat dari dokter.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Cara Daftar KJP Plus dan KJMU, Pemprov DKI Jakarta Tambah Kuota Penerima jadi 705 Ribu Lebih – Halaman all

    Cara Daftar KJP Plus dan KJMU, Pemprov DKI Jakarta Tambah Kuota Penerima jadi 705 Ribu Lebih – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah cara daftar KJP Plus dan KJMU bagi siswa dan mahasiswa di DKI Jakarta dari keluarga yang tidak mampu.

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

    Dilansir dari Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta (@disdikdki), terkait program KJP Plus, Pemprov Jakarta berencana menambah penerima manfaat dari yang saat ini kurang lebih 520 ribu menjadi 705.332 ribu siswa penerima.

    Kemudian, kuota penerima bantuan pendidikan KJMU juga akan ditingkatkan dari 15 ribu mahasiswa menjadi 20 mahasiswa penerima.

    “Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pemprov DKI Jakarta menambah penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) hingga lebih dari 700.000 penerima dan diberikan secara selektif dan tepat sasaran,” tulis keterangan Instagram @disdikdki, dikutip Jumat (14/3/2025).

    Adapun bantuan dana KJP Plus dan KJMU dapat dimanfaatkan untuk keperluan terkait pendidikan, seperti:

    Biaya pendidikan
    Pembelian buku pelajaran/alat tulis
    Biaya transportasi
    Bahan perlengkapan belajar

    Lantas, bagaimana cara daftar KJP Plus dan KJMU?

    Selengkapnya, simak cara daftar KJP Plus dan KJMU merujuk pada tahapan yang telah dibuka sebelumnya, berikut ini.

    Buka laman https://edu.jakarta.go.id/;
    Login menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah;
    Masukkan password yang sudah dibuat;
    Klik “Aplikasi” di sebelah kiri halaman;
    Lalu, klik “Bantuan sosial (KJP dan BPMS);
    Klik “Pendaftaran”;
    Klik ikon “Edit”;
    Ubah data peserta didik jika banyak ketidaksesuaian data, harap cek pada NIK peserta didik;
    Cek kembali data siswa. Jika terdapat data siswa yang tidak sesuai, harap disesuaikan;

    Jika verval Dapodik dan verval Dukcapil sudah bertanda ceklist, pada barisan KJP klik tombol pada peserta didik yang sudah sesuai.

    Cara Daftar KJMU

    1. Isi formulir pendaftaran dari sekolah SMA asal

    2. Buka laman p4op.jakarta.go.id/kjmu

    3. Upload kelengkapan dokumen usulan, seperti:

    Surat permohonan kepada Gubernur
    Scan kartu mahasiswa/surat keterangan sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi
    Scan KK Scan KTP
    Scan kartu hasil studi (khusus bagi pendaftaran lanjutan KJMU)

    4. Upload surat pernyataan di atas meterai yang menyatakan sebagai warga DKI Jakarta dan anggota keluarga dalam 1 KK tidak ada yang berstatus sebagai:

    ASN (PNS/PPPK)
    TNI/Polri
    Anggota MPR RI
    Anggota DPR RI Anggota DPD RI
    Anggota DPRD Provinsi
    Anggota DPRD Kabupaten/Kota Pegawai tetap BUMN
    Pegawai tetap BUMD

    5. Upload surat pernyataan di atas meterai yang menyatakan bahwa orangtua/wali tidak memiliki kendaraan roda empat/mobil atau tidak memiliki aset berupa tanah/bangunan dengan nilai NJOP diatas Rp 1 miliar, serta keluarga tidak mengkonsumsi air kemasan bermerek paling sedikit 19 liter.

    6. Upload surat pernyataan di atas meterai yang menyatakan pada saat ini tidak sedang menerima beasiswa/bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD.

    7. Tunggu hasil seleksi dan pengumuman penerima.

    (Tribunnews.com/ M Alvian Fakka)

  • Peserta Mudik Gratis Dishub Bekasi Jangan Lupa Validasi Pendaftaran, Catat Waktunya Cuma 2 Hari!

    Peserta Mudik Gratis Dishub Bekasi Jangan Lupa Validasi Pendaftaran, Catat Waktunya Cuma 2 Hari!

    TRIBUNJAKARTA.COM – Dinas Perhubungan Kota Bekasi meenutup pendaftaran online pada layanan mudik gratis lebaran 2025 pada hari ini, Jumat (14/3/2025).

    Dibuka sejak kemarin, kuota pendaftaran mudik ke empat kota tujuan, yakni Bekasi – Purwekwrto (Terminal Bulupitu), Bekasi – Solo (Terminal Tirtonadi), Bekasi – Yogyakarta (Terminal Giwangan), Bekasi – Semarang (Terminal Terboyo) akan ditutup bila sudah penuh.

    Kendati begitu, saat pendaftaran, warga Bekasi tetap diminta mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku diantaranya:

    – Follow akun @dishubbekasikota & @bid.angkutandanterminal

    – Warga yang memiliki e-KTP Kota Bekasi;

    – Bagi warga yang bertempat tinggal di kota bekasi, Namun e-KTP beralamat di luar Kota Bekasi wajib menyertakan surat keterangan domisili tempat tinggal di Kota Bekasi;

    – Maksimal 1 kartu keluarga 5 orang peserta;

    – Persiapkan foto e-KTP dan kartu keluarga untuk di upload di link pendaftaran dan surat keterangan domisili bagi warga yang beralamat diluar Kota Bekasi;

    – Anak dibawah usia 3 tahun tidak mendapatkan kursi penumpang;

    lihat foto
    KLIK SELENGKAPNYA: Curhat ABG Berinisial N (15) jadi PSK Demi Menghidupi Dua Adiknya Serta Neneknya di Kampung Halaman. Ia Hilang arah Gara-gara Ucapan Orangtua.

    – Untuk informasi lebih lanjut harap hubungi contact person yang telah disediakan.

    Kemudian setelahnya, pendaftar yang lolos akan diminta untuk validasi pendaftaran mudik gratis 2025.

    Validasi pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 24-25 Maret 2025 pada pukul 09.00-12.00 WIB di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

    Sementara untuk pemberangkatan mudik gratis ini berlangsung pada Kamis, 27 Maret 2025 di Lapangan parkir MAKO Kota Bekasi.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Khusus Catlovers Ber-KTP DKI Bisa Steril Kucing Gartis Loh, Ini Syarat Lengkapnya!

    Khusus Catlovers Ber-KTP DKI Bisa Steril Kucing Gartis Loh, Ini Syarat Lengkapnya!

    TRIBUNJAKARTA.COM – Catloves yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta, bisa steril peliharan gratis loh.

    Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, menyediakan fasilitas ini dengan target kucing yang tersteril berbeda di tiap kota.

    Plt Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi DKI Jakarta, drh Hasudungan A Sidabalok mengatakan ada beberapa titik lokasi yang tersebar.

    Diantaranya di Puskeswan Ragunan dan Sudin KPKP wilayah, termasuk di Kepulauan Seribu.

    “Untuk di wilayah kota administrasi di laksanakan tiap bulan, lokasinya dikabarkan via medsos sudin. Untuk di Puskeswan tiap Rabu,” katanya saat dihubungi, Jumat (14/3/2025).

    Berikut Persyaratan Peserta Sterilisasi Kucing Gratis:

    1. Pemlik kucing adalah warga yang memiliki KTP DKI Jakarta dan bertempat tinggal di DKI Jakarta

    2. Pemilik memiliki kucing lokal lebih dari 5 ekor

    3. Setiap pemilik maksimal diperbolehkan membawa 2 ekor kucing

    4. Pemilik harus konfirmasi ulang kedatangan 3 hari sebelum pelaksanaan

    Persyaratan Kucing yang Akan Disteril:

    lihat foto
    KLIK SELENGKAPNYA: Curhat ABG Berinisial N (15) jadi PSK Demi Menghidupi Dua Adiknya Serta Neneknya di Kampung Halaman. Ia Hilang arah Gara-gara Ucapan Orangtua.

    1. Kucing lokal berumur minimal 7 bulan dan tidak lebih dari 5 tahun

    2. Kucing dalam keadaan sehat, tidak sedang dalam masa bunting/menyusui

    3. Kucing sudah dipuasakan minimal selama 6-8 jam sebelum dilakukan steril

    4. Kucing dibawa ke lokasi steril di dalam kandang sendiri

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Cair Sebelum Idul Fitri? Ini Cara Cek NIK KTP Penerima Bansos Maret 2025

    Cair Sebelum Idul Fitri? Ini Cara Cek NIK KTP Penerima Bansos Maret 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Bantuan Sosial (bansos) Maret 2025 diperkirakan akan cair sebelum Idul Fitri. Diharapkan KPM (Keluarga Penerima manfaat) untuk cek NIK KTP agar dapat memastikan sebagai penerima bansos.

    Program bansos masih menjadi komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia pra sejahtera.

    Sama seperti tahun lalu, bansos yang diberikan mencangkup pendidikan, pangan, hingga dana tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di bulan Ramadhan.

    Berikut adalah daftar bansos yang diperkirakan akan cair bulan Maret 2025 dan dan cara cek NIK KTP untuk mendapatkannya:

    1. BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

    Bansos BPNT merupakan program bantuan dari pemerintah berupa non tunai yang diberikan melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

    Periode pencairan dana ini dari bulan Januari sampai Maret 2025, agar KPM dapat memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

    2. PKH (Program Keluarga Harapan)

    PKH merupakan salah satu bansos yang dinantikan pencairannya oleh KPM. Bantuan berupa dana tunai ini ditujukan untuk keluarga Indonesia pra sejahtera dan sudah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

    Pencairan bansos PKH melalui empat tahap dalam setahun, dimulai dari bulan Januari sampai Maret 2025.

    3. BLT BBM (Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak)

    Bantuan berupa BBM ini diberikan kepada masyarakat menjelang Idul Fitri, jumlah yang diterima KPM masih menunggu informasi selanjutnya dari pemerintah.

    Bansos BLT BBM diberikan untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan kebutuhan pokok seperti bahan pangan.

    Cara Cek NIK KTP Penerima Bansos Maret 2025 via Situs

    · Kunjungi situs resmi Kemensos https://cekbansos.kemensos.go.id/ .

    · Masukkan data diri dengan benar seperti nama wilayah dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan sesuai KTP.

    · Isi data di kolom nama penerima manfaat sesuai KTP.

    · Masukkan kode captcha untuk verifikasi sistem.

    · Klik tombol Cari Data, tunggu sampai sistem menampilkan informasi apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

    · Jika terdaftar, akan tampil informasi mengenai jenis bantuan yang akan diterima.

    Cara Cek NIK KTP Penerima Bansos Maret 2025 Via Aplikasi

    · Unduh aplikasi Cek Bansos di Google Play Store lalu install.

    · Lalu buka aplikasi dan mulai Buat Akun.

    · Isi data diri sesuai KTP seperti NIK, nomor KK, nama lengkap, alamat, nomor ponsel, email, dan wilayah seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa.

    · Unggah foto selfie sambil memegang KTP dan foto KTP.

    · Sebelumnya periksa kembali kelengkapan data yang diperlukan jangan sampai ada kesalahan dalam mengisi data.

    · Lalu tekan tombol Buat Akun Baru.

    · Tunggu sampai akun diverifikasi oleh admin Kemensos.

    · Setelah akun terverifikasi, selanjutnya masuk ke aplikasi menggunakan username dan password yang telah dibuat.

    · Untuk melihat status sebagai penerima bansos, pilih menu Cek Bansos.

    · Selanjutnya akan tampil Informasi mengenai jenis bantuan yang akan terima beserta data anggota keluarga yang telah terdaftar di DTKS.

    Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan pengecekan bansos dilakukan melalui jalur resmi agar terhindar dari penipuan. Dan selalu pantau informasi dari Kemensos untuk mendapatkan bantuan secara tepat. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News