Produk: KTP

  • Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025 Dibuka Kembali 19 Maret: Cara Daftar dan Jadwal – Halaman all

    Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2025 Dibuka Kembali 19 Maret: Cara Daftar dan Jadwal – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta dibuka kembali 19 Maret 2025. 

    Cara daftar dan jadwal pemberangkatan.

    Cara Daftar

    Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs web mudikgratis.jakarta.go.id 

    Bagi calon pemudik yang berhasil melakukan pendaftaran, Dishub DKI meminta untuk segera melakukan verifikasi data pada 20 Maret sampai 24 Maret 2025.

    Proses verifikasi bisa dilakukan di kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan di kantor Suku Dinas Perhubungan yang ada di lima wilayah kota administrasi.

    Jadwal Pemberangkatan

    27 Maret 2025 di Monumen Nasional

    Kuota

    5.459 seat 

    3.614 seat arus mudik

    1.845 seat arus balik

    Syarat Pendaftaran

    Calon peserta yang ingin mendaftar perlu menyiapkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP DKI Jakarta (diutamakan).

    Jika membawa sepeda motor, peserta juga harus menyertakan STNK

    Kota Tujuan

    1. Terminal Rajabasa, Bandar Lampung

    2. Terminal Alang-alang Lebar, Palembang

    3. Terminal Indihiang, Tasikmalaya

    4. Terminal Kertawangunan, Kuningan

    5. Terminal Tegal

    6. Terminal Pekalongan

    7. Terminal Mangkang, Semarang

    8. Terminal Kebumen

    9. Terminal Cilacap

    10. Terminal Bulupitu, Purwokerto

    11. Terminal Tirtonadi, Solo

    12. Terminal Mendolo, Wonosobo

    13. Terminal Giwangan, Yogyakarta

    14. Terminal Pilangsari, Sragen

    15. Terminal Giri Adipura, Wonogiri

    16. Terminal Purboyo, Madiun

    17. Terminal Tamanan, Kediri

    18. Terminal Kepuhsari, Jombang

    19. Terminal Arjosari, Malang

    20. Terminal Purabaya, Sidoarjo

  • Cara Mengurus KIS di Dinas Sosial, Bawa 5 Dokumen Ini

    Cara Mengurus KIS di Dinas Sosial, Bawa 5 Dokumen Ini

    PIKIRAN RAKYAT – Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu program jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan secara gratis atau dengan biaya terjangkau.

    KIS sangat penting, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu, karena dapat digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jika kamu belum memiliki KIS atau perlu melakukan pembaruan, mengurusnya di Dinas Sosial adalah langkah yang harus dilakukan.

    Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus KIS di Dinas Sosial bisa bervariasi tergantung pada kelengkapan data dan kebijakan di daerah masing-masing. Jika terdapat kendala dalam verifikasi atau antrean yang panjang, waktu penyelesaiannya bisa lebih lama. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengurus KIS sesegera mungkin agar tidak mengalami keterlambatan dalam mendapatkan layanan kesehatan.

    Di bawah ini, Pikiran-Rakyat.com menjelaskan syarat-syarat dan cara untuk mengurus KIS di Dinas Sosial. Seperti apa? Simak penjelasannya.

    Apa Saja Persyaratan Bikin KIS Gratis?

    Bagi yang ingin mengajukan rekomendasi pembuatan KIS, selama kuota dari BPJS masih tersedia, dokumen berikut perlu dipersiapkan:

    Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau Lurah. Foto yang menunjukkan kondisi rumah tempat tinggal. Kartu Keluarga asli serta salinan fotokopinya. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli beserta fotokopinya. Surat pengantar dari Puskesmas Cara Mengurus KIS di Dinas Sosial

    Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilewati untuk membuat KIS di Dinas Sosial:

    Menyiapkan Dokumen Persyaratan

    Kumpulkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

    Ajukan permohonan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke kantor kelurahan sesuai dengan domisili tempat tinggalmu.

    Memperoleh Surat Pengantar dari Puskesmas

    Dapatkan surat pengantar pendaftaran KIS yang diterbitkan oleh puskesmas setempat.

    Menyerahkan Dokumen ke Kantor Dinas Sosial

    Serahkan semua dokumen persyaratan ke kantor Dinsos terdekat untuk diproses.

    Mengisi dan Mengembalikan Formulir

    Isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas Dinsos, lalu serahkan kembali setelah selesai diisi.

    Tunggu hingga proses pencetakan kartu KIS selesai dilakukan oleh pihak Dinsos

    Menggunakan Layanan Kesehatan

    Setelah kartu KIS diterbitkan, kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit kelas III.

    Berapa Lama Mengurus KIS Gratis dari Pemerintah?

    Seperti diungkapkan sebelumnya, bahwa waktu pengurusan KIS bisa bervariasi. Namun untuk penerbitan kartu fisik, biasanya maksimal dibutuhkan enam hari jika kamu mendaftar secara online.

    Namun jika kamu melakukan pendaftaran KIS secara offline, biasanya kamu tidak perlu menunggu waktu hingga berhari-hari karena petugas di tempat langsung mengurus kartu di tempat saat itu juga, setelah semua proses pendaftaran dan persyaratannya terpenuhi.

    Oleh karena itu, jika kamu mengunjungi Dinas Sosial untuk mengurus KIS kamu harus menunggu terlebih dahulu hingga petugas selesai membuat kartu fisik yang menunjukkan keanggotaanmu dalam program pemerintah tersebut.

    Setelah proses pengajuan selesai dan KIS kamu telah diterbitkan, kartu ini dapat langsung digunakan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

    Dengan memiliki KIS, kamu tidak perlu khawatir akan biaya perawatan medis karena program ini bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itu, pastikan kamu mengurus KIS dengan baik dan menyimpannya dengan aman agar bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Link Daftar Mudik Gratis DKI Jakarta yang Dibuka Lagi Hari Ini 19 Maret 2025 – Page 3

    Link Daftar Mudik Gratis DKI Jakarta yang Dibuka Lagi Hari Ini 19 Maret 2025 – Page 3

    Untuk mengikuti program Mudik Gratis DKI Jakarta 2025, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat utama yang wajib dipenuhi adalah Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta (diutamakan). Jika membawa sepeda motor, STNK juga dibutuhkan sebagai persyaratan tambahan.

    Proses pendaftarannya cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi situs mudikgratis.jakarta.go.id.

    Setelah itu, pilih moda transportasi yang diinginkan, isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar, serta unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Satu pendaftar maksimal mendaftarkan tiga anggota keluarga dalam satu KK.

    Setelah mendaftar, jangan lupa untuk melakukan verifikasi pendaftaran di posko yang telah ditentukan pada tanggal 20-24 Maret 2025.

    Lokasi verifikasi tersebar di enam wilayah DKI Jakarta, yaitu di Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan lima Suku Dinas Perhubungan di Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

    Informasi lengkap mengenai alamat posko verifikasi dapat diakses melalui situs resmi mudikgratis.jakarta.go.id.

  • Rabu, layanan Samsat Keliling tersedia 14 wilayah Jadetabek

    Rabu, layanan Samsat Keliling tersedia 14 wilayah Jadetabek

    Patut diperhatikan, gerai Samsat Keliling hanya dapat melayani pembayaran PKB tahunan

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya menyediakan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling untuk membantu pemilik kendaraan di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) membayar pajak, Rabu.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, sejumlah wilayah itu sebagai berikut:

    Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Utara di halaman parkir Samsat Jakarta Utara dan halaman parkir Itali Mall Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Barat di Mal Citraland pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat Jakarta Selatan dan Gudang Sarinah Cikoko Pancoran pukul 09.00-15.00 WIB; Jakarta Timur di halaman parkir Samsat Jakarta Timur pukul 08.00-14.00 WIB dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB; Kota Tangerang di Alun-alun Cibodas pukul 08.00-14.00 WIB; Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-14.00 WIB dan Mal ITC BSD Serpong pukul 15.00-17.00 WIB; Ciledug di Perum Banjar Cipondoh dan Metland Cyber Puri pukul 09.00-12.00 WIB; Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-12.00 WIB; Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan Halaman GTown Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB; Kota Bekasi di kantor Kelurahan Teluk Pucung pukul 09.00-12.00 WIB; Kabupaten Bekasi di Ruko Robson Lippo Cikarang pukul 09.00-12.00 WIB; Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB dan kantor Kecamatan Tajurhalang pukul 08.00-12.00 WIB; Cinere di halaman Pasir Putih Sawangan pukul 08.00-11.00 WIB.

    Sejumlah syarat harus diperhatikan sebelum membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), yakni membawa dokumen seperti KTP, BPKB, dan STNK asli yang disertai lampiran fotokopi.

    Patut diperhatikan, gerai Samsat Keliling hanya dapat melayani pembayaran PKB tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan ganti pelat nomor kendaraan harus mendatangi kantor Samsat terdekat.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Asa Gelandangan hingga Anak Jalanan Menimba Ilmu di Sekolah Rakyat

    Asa Gelandangan hingga Anak Jalanan Menimba Ilmu di Sekolah Rakyat

    Asa Gelandangan hingga Anak Jalanan Menimba Ilmu di Sekolah Rakyat
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Anak-anak jalanan, gelandangan, hingga pengemis dan pemulung yang selama ini hidup terlunta-lunta di jalanan kini punya kesempatan menimba ilmu lewat program
    Sekolah Rakyat
    yang digagas pemerintah Presiden
    Prabowo Subianto
     
    Wakil Kepala Badan Pengentasan Kemiskinan (BP Taskin) Nanik S Deyang mengatakan, Sekolah Rakyat bakal menampung masyarakat yang belum terdata dalam sistem administrasi kependudukan maupun pendataan resmi Badan Pusat Statistik (BPS), misalnya para anak jalanan di atas.
    “Jadi benar-benar rakyat yang paling bawah, yang mungkin selama ini kita lihat hidup di jalanan. Mereka lahir di lingkungan yang tidak stabil dan akhirnya mewarisi kemiskinan dari orangtua mereka,” ujar Nanik di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Selasa (18/3/2025).
    Ia mengingatkan, Sekolah Rakyat ditujukan tidak hanya untuk masyarakat miskin pada umumnya, tetapi juga masyarakat miskin ekstrem serta mereka yang selama ini tak terdata. 
    Oleh karena itu, BP Taskin bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan berbagai pihak lainnya untuk mendata masyarakat yang selama ini tidak terjangkau sistem administrasi.
    “Kalau yang miskin ekstrem mungkin sudah masuk dalam data, tapi ada banyak yang belum terdaftar sama sekali,” ujar Nanik.
    Ia mencontohkan, menurut laporan sementara dari Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), terdapat sekitar 4,2 juta pemulung di Indonesia (belum diverifikasi), di mana 50 persen di antaranya tidak memiliki KTP.
    BP Taskin akan terus melakukan verifikasi terhadap data tersebut dan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk memproses administrasi kependudukan bagi mereka yang belum memiliki identitas resmi.
     
    “Tapi ada banyak ternyata yang kita temukan dia itu pemulung dan ini masih laporan sementara kita mesti verifikasi,” ujar Nanik.
    “Nah ini berarti nanti yang kita sekolahkan ini baik yang tidak ber-KTP, atau yang nggak punya KTP nanti kita proses,” kata dia melanjutkan.
    Kepala BP Taskin Budiman Sudjatmiko menyebutkan, anak-anak miskin yang bersekolah di Sekolah Rakyat juga bakal diberikan pekerjaan di proyek-proyek strategis pememrintah ketika mereka lulus kelak.
    “Bagi yang lulus, kami sepakat untuk melakukan inkubasi dan menyalurkan mereka ke program-program besar seperti pembangunan 3 juta rumah, penyediaan makanan bergizi gratis, dan program prioritas lainnya,” kata Budiman, Selasa.
    Menurut dia, langkah ini merupakan bagian dari upaya memutus mata rantai kemiskinan dengan memberikan pendidikan yang layak serta akses langsung ke dunia kerja.
    “Sekolah Rakyat ini bukan hanya tempat belajar, tetapi juga menjadi jembatan bagi lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” kata Budiman.
     
    Kendati demikian, Budiman juga tetap mendorong lulusan Sekolah Rakyat untuk melanjutkan pendidikan hingga pendidikan tinggi.
    Ia menyatakan, pemerintah akan menggandeng perusahaan swasta untuk mendukung pendanaan pendidikan maupun membuka peluang kerja bagi lulusan Sekolah Rakyat.
    “Kami sepakat bahwa lulusan Sekolah Rakyat tidak hanya berhenti di SMA. Mereka yang berbakat dan berminat akan didorong untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, sementara yang siap bekerja akan disalurkan ke program strategis pemerintah,” ujar Budiman.
    Sementara itu, Menteri Sosial Saifullah Yusuf mengungkapkan, Presiden Prabowo Subianto ingin agar setiap kabupaten dan kota di Indonesia minimal mempunyai satu Sekolah Rakyat.
    “Harapan Presiden, ke depan setiap kabupaten/kota minimal memiliki satu Sekolah Rakyat,” kata Saifullah.
    “Namun, tentu ini dilakukan secara bertahap,” ujar dia.
    Gus Ipul
    , sapaan akrabnya, menargetkan Sekolah Rakyat bisa mulai beroperasi pada tahun ajaran 2025-2026.
     
    Saat ini, Kementerian Sosial tengah mengidentifikasi jumlah sekolah yang siap beroperasi dalam tahap awal program ini.
    “Mudah-mudahan di tahun ajaran 2025-2026 bisa kita mulai. Sekarang sedang kita matangkan, kita identifikasi berapa sekolah yang bisa memulai program ini,” kata Gus Ipul.
    Ia menyebutkan bahwa pemerintah membuka berbagai opsi untuk mendanai pembangunan Sekolah Rakyat, termasuk dukungan dana dari pihak swasta.
    Namun, pendanaan dari perusahaan swasta harus seizin Presiden Prabowo.
    “Kalau tadi disebut oleh BP Taskin, bahwa pihak swasta bisa berpartisipasi, tentu semua harus mendapat persetujuan dari Presiden,” ujar Gus Ipul.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rabu, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi DKI Jakarta

    Rabu, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi DKI Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku terkait syarat legal berkendara, di Jakarta, Rabu.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung

    Jakut : LTC Glodok

    Jaksel : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakbar : Mall Citraland

    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan, dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Hisar Sitanggang
    Copyright © ANTARA 2025

  • War Tiket Program Balik Gratis Pemkab Nganjuk, Hitungan Menit Kursi Ludes Terpesan

    War Tiket Program Balik Gratis Pemkab Nganjuk, Hitungan Menit Kursi Ludes Terpesan

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

    TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK – Antusiasme warga dalam menyambut program balik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk begitu besar. 

    Terbukti, ratusan kuota kursi yang tersedia ludes terpesan dalam hitungan menit saja. 

    Bahkan, untuk mengakomodir kebutuhan warga, Pemkab Nganjuk sampai menambah kuota balik gratis lewat kerja sama dengan sejumlah pihak. 

    Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk, Makrus mengatakan, program balik gratis tahun ini melayani rute Nganjuk-Surabaya dan Nganjuk-Jakarta. 

    Mulanya, Pemkab Nganjuk menyiapkan lima armada dalam program itu. 

    Rincian kuotanya, 165 kursi rute Nganjuk-Surabaya serta 110 kursi rute Nganjuk-Jakarta. 

    Pendaftaran balik gratis dibuka pada Senin (3/3/2025). 

    “Tiga armada untuk rute Nganjuk-Surabaya. Dua armada untuk rute Nganjuk-Jakarta. Saat kami buka tautan pendaftaran daring, warga langsung menyerbunya. Dalam kurun waktu 3 menit seluruh kuota kursi sudah langsung habis terpesan,” katanya kepada Tribun Jatim Network, Selasa (18/3/2025). 

    Makrus mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025 Nganjuk hanya sanggup membiayai lima armada balik gratis. 

    Namun, Pemkab Nganjuk melihat minat masyarakat mengikuti program ini sangat tinggi. 

    Oleh karena itu, pihaknya memutuskan mengambil upaya lanjutan. 

    Dishub kemudian menjalin komunikasi dengan bank pelat merah. 

    “Hasilnya, kami dapat dua armada tambahan dari CSR (Corporate Social Responsibility) Bank Jatim. Rutenya, Nganjuk-Jakarta. Lagi-lagi, total 96 kursi lekas terpesan,” ungkapnya. 

    Tak berhenti di situ, Dishub makin memperluas koordinasi. 

    Beberapa hari lalu, kata Makrus, pihaknya berkontak dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Timur. 

    Pemprov Jawa Timur sepakat menambah dua armada balik gratis di rute Nganjuk-Jakarta. Kuotanya sebanyak 70 kursi. 

    “Pendaftaran dibuka, Jumat (14/3/2025), 70 kursi terpesan kilat. Sama kurun waktunya 3 menit,” urainya. 

    Dia menambahkan, meski demikian, warga tak perlu khawatir. 

    Pasalnya, bakal ada penambahan dua armada dari Pemprov Jatim berjumlah 80 kursi rute Nganjuk-Jakarta. 

    Pemkab juga mengutamakan yang mendaftar warga ber-KTP Nganjuk. 

    Pendaftaran berikutnya, atau gelombang empat, dibuka pada Rabu (19/3/2025). 

    “Kami sedang menyiapkan tiket dan segala administrasinya. Mengapa tambahannya hanya rute Nganjuk-Jakarta, itu karena peminatnya lebih banyak,” ujarnya. 

    Makrus menjelaskan mekanisme pendaftaran balik gratis. 

    Warga bisa melakukan pendaftaran lewat daring. 

    Caranya mudah, bisa masuk ke laman dishub.nganjukkab.go.id atau memindai kode respons cepat (QR code) di postingan terbaru Instagram akun resmi @dishubnganjuk_.

    Sesudah itu, pendaftar akan bergabung ke grup WhatsApp buatan Dishub. 

    Sementara persyaratan yang harus dipenuhi pendaftaran, yakni fotokopi KTP atau kartu keluarga (KK). 

    Lalu, pendaftar melakukan verifikasi dan pengambilan tiket di kantor Dishub pada jam kerja, yakni Senin-Jumat pukul 09.00 WIB-14.00 WIB. 

    “Pendaftar diminta lekas mengambil tiket. Batas pengambilan tiket, Kamis (3/4/2025). Jika tidak diambil kami anggap batal, kursi yang sebelumnya dipesan beralih ke pendaftar lain. Balik gratis dilangsungkan pada Sabtu (5/4/2025),” terangnya.

  • Selasa, SIM Keliling di lima wilayah Jakarta

    Selasa, SIM Keliling di lima wilayah Jakarta

    Arsip foto- Seorang warga mengurus perpanjangan SIM di mobil pelayanan SIM Keliling, LTC Glodok, Jakarta. (FOTO ANTARA/Andika Wahyu/mes/aa.)

    Selasa, SIM Keliling di lima wilayah Jakarta
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 18 Maret 2025 – 10:47 WIB

    Elshinta.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih menyediakan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di lima lokasi Jakarta untuk membantu warga dalam memperpanjang masa berlaku syarat legal berkendara itu pada Selasa.

    Polda Metro Jaya melalui akun X @tmcpoldametro menyampaikan gerai SIM ini dibuka mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

    Berikut lokasinya:

    Jakarta Timur : Mall Grand Cakung

    Jakarta Utara : LTC Glodok

    Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakarta Barat : Mall Citraland

    Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Masyarakat perlu mempersiapkan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan biaya administrasi sebelum mendatangi lokasi perpanjangan dokumen SIM.

    Persyaratan yang dibutuhkan yakni, fotokopi KTP yang masih berlaku, SIM lama yang asli dan masih berlaku, bukti pemeriksaan kesehatan, serta bukti tes psikologi melalui aplikasi Simpel Pol.

    Layanan mobil SIM keliling ini hanya dapat memperpanjang SIM yang masih berlaku untuk golongan tertentu, yakni SIM A dan SIM C.

    Adapun bagi SIM yang telah habis masa berlakunya bahkan sehari saja, pemilik SIM harus membuat permohonan SIM baru di tempat yang telah ditentukan oleh kepolisian.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku untuk Polri adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Selain biaya tersebut, pemohon juga perlu membayar biaya tambahan lainnya yakni tes psikologi, biaya tes kesehatan melalui aplikasi Simpel Pol.

    Sumber : Antara

  • Info KUR BRI 2025 Periode Maret, Cek Syarat, Kuota dan Dokumen

    Info KUR BRI 2025 Periode Maret, Cek Syarat, Kuota dan Dokumen

    Tabel Angsuran KUR BRI 2025 Periode Maret

     

    TRIBUNJATENG.COM- KUR BRI adalah pinjaman bunga rendah subsidi pemerintah. Bunga pinjaman KUR BRI sebesar 6 persen di tahun pertama, 7 persen di tahun kedua, 8 persen di tahun ketiga dan 9 persen di tahun ke-empat.

    Berikut tabel angsuran KUR BRI Maret 2025:

    1. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025

          

    2. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025 Rp 100 Juta – Rp 500 Juta

     

    Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2025

    Calon debitur yang ingin mengajukan KUR BRI 2025 perlu memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

    -Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak.

    -Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan.

    -Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit.

    -Untuk proses pengajuan, calon debitur dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen pendukung seperti identitas diri, dokumen legalitas usaha, dan laporan keuangan sederhana. 

    Syarat Dokumen:

     * KTP

     * Kartu Keluarga (KK)

     * NPWP (untuk plafond di atas Rp 50 juta)

     * Surat Izin Usaha (SIUP) atau Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

     * Agunan (untuk KUR Mikro dan Kecil dengan plafond di atas Rp 50 juta)

    • Akta Nikah (jika sudah berkeluarga)

     

    Suku Bunga KUR BRI 2025

    Untuk pinjaman pertama, suku bunga yang ditetapkan adalah 6 persen per tahun. Namun, untuk pengajuan pinjaman kedua, ketiga, dan seterusnya, suku bunga akan meningkat secara bertahap. Misalnya, untuk pinjaman kedua, suku bunga menjadi 7 persen , pinjaman ketiga 8 persen , dan seterusnya.

    (*)

  • Menteri Agama Apresiasi Peran BPKH dalam Pengelolaan Dana Haji

    Menteri Agama Apresiasi Peran BPKH dalam Pengelolaan Dana Haji

    Jakarta: Menteri Agama KH Nasaruddin Umar mengapresiasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), yang fokus menghimpun, mengelola, mendayagunakan, dan menyalurkan dana haji.

    Ia mengapresiasi kontribusi BPKH yang tidak hanya bermanfaat bagi jemaah haji, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi masyarakat luas melalui berbagai program kemaslahatan, termasuk program Berkah Ramadan 1446 H yang digagas BPKH.

    “BPKH selalu berusaha memberdayakan dana haji. Tidak bisa diingkari, banyak bantuan yang disalurkan untuk penguatan umat,” kata Nasaruddin dalam acara peluncuran Program Berkah Ramadan 1446 H di Jakarta.

    Menag menyoroti perubahan signifikan yang terjadi setelah terbentuknya BPKH. Sebelumnya, pengelolaan dana haji belum terstruktur dan profesional. Namun dengan kehadiran BPKH, potensi keuangan haji kini dikelola dengan lebih baik dan memberikan dampak yang lebih besar. 

    “Sejak didirikan pada 26 Juli 2017, BPKH telah memperkuat umat melalui program-program terukur serta mengelola keuangan haji. Bandingkan dengan sebelum terbentuk, belum semua potensi keuangan haji dikelola secara terstruktur dan profesional seperti sekarang,” ujarnya.

    Nasaruddin menyebut umat Islam memiliki potensi besar, terutama dalam hal zakat. Data menunjukkan sekitar 87,2 persen umat Muslim di Indonesia memiliki rekening di bank, baik dalam bentuk tabungan atau deposito. 

    “Jika semua orang yang ber-KTP Islam menyimpan dananya di bank, apakah dalam bentuk tabungan atau deposito, maka pengumpulan zakat saja sudah mencapai angka Rp300 triliun per tahun,” katanya

    Jumlah itu menurutnya, cukup untuk membiayai 40 juta orang miskin, termasuk mereka yang tergolong miskin mutlak. “Umat miskin mutlak di Indonesia ada sekitar 2,2 juta jiwa. Itu bukan jumlah yang sedikit,” ujarnya.

    Menag mengusulkan agar kedepannya BPKH dapat berkolaborasi dengan lembaga lain seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk memberdayakan potensi zakat. 

    “Disamping zakat, ada potensi umat yang lain. Mungkin nanti BPKH bisa berkolaborasi dengan BAZNAS atau lembaga lain supaya pundi-pundi umat ini dapat diberdayakan secara bersama-sama. Dengan begitu, pengeluaran kita bisa lebih terarah dan produktif,” kata Nasaruddin Umar.

    Jakarta: Menteri Agama KH Nasaruddin Umar mengapresiasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), yang fokus menghimpun, mengelola, mendayagunakan, dan menyalurkan dana haji.
     
    Ia mengapresiasi kontribusi BPKH yang tidak hanya bermanfaat bagi jemaah haji, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi masyarakat luas melalui berbagai program kemaslahatan, termasuk program Berkah Ramadan 1446 H yang digagas BPKH.
     
    “BPKH selalu berusaha memberdayakan dana haji. Tidak bisa diingkari, banyak bantuan yang disalurkan untuk penguatan umat,” kata Nasaruddin dalam acara peluncuran Program Berkah Ramadan 1446 H di Jakarta.

    Menag menyoroti perubahan signifikan yang terjadi setelah terbentuknya BPKH. Sebelumnya, pengelolaan dana haji belum terstruktur dan profesional. Namun dengan kehadiran BPKH, potensi keuangan haji kini dikelola dengan lebih baik dan memberikan dampak yang lebih besar. 
     
    “Sejak didirikan pada 26 Juli 2017, BPKH telah memperkuat umat melalui program-program terukur serta mengelola keuangan haji. Bandingkan dengan sebelum terbentuk, belum semua potensi keuangan haji dikelola secara terstruktur dan profesional seperti sekarang,” ujarnya.
     
    Nasaruddin menyebut umat Islam memiliki potensi besar, terutama dalam hal zakat. Data menunjukkan sekitar 87,2 persen umat Muslim di Indonesia memiliki rekening di bank, baik dalam bentuk tabungan atau deposito. 
     
    “Jika semua orang yang ber-KTP Islam menyimpan dananya di bank, apakah dalam bentuk tabungan atau deposito, maka pengumpulan zakat saja sudah mencapai angka Rp300 triliun per tahun,” katanya
     
    Jumlah itu menurutnya, cukup untuk membiayai 40 juta orang miskin, termasuk mereka yang tergolong miskin mutlak. “Umat miskin mutlak di Indonesia ada sekitar 2,2 juta jiwa. Itu bukan jumlah yang sedikit,” ujarnya.
     
    Menag mengusulkan agar kedepannya BPKH dapat berkolaborasi dengan lembaga lain seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk memberdayakan potensi zakat. 
     
    “Disamping zakat, ada potensi umat yang lain. Mungkin nanti BPKH bisa berkolaborasi dengan BAZNAS atau lembaga lain supaya pundi-pundi umat ini dapat diberdayakan secara bersama-sama. Dengan begitu, pengeluaran kita bisa lebih terarah dan produktif,” kata Nasaruddin Umar.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)