Produk: KTP

  • Antisipasi Kebutuhan Nasabah Momen Ramadan & Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Net Rp 31,6 T

    Antisipasi Kebutuhan Nasabah Momen Ramadan & Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Net Rp 31,6 T

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2025, Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 10 Maret – 8 April 2025.

    Disiapkan, uang tunai disiapkan tersebut sekitar Rp 31,6 triliun. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 5,9 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, kebutuhan uang tunai sebesar Rp4,6 triliun.
     
    Regional CEO Bank Mandiri Kanwil VII/ Jawa 2, Iwan Tri Imawan mengatakan Inisiatif ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

    Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut, kata dia, digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 3,6 triliun selama periode tersebut. 
     
    “Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.905 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia dan 1.202 mesin ATM/CRM di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Iwan dalam keterangannya.
     
    Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan 264.000 mesin EDC, dan aplikasi Livin’ by Mandiri.
     
    “Sejalan dengan tema program Ramadan tahun ini, yakni Raih Ketenangan, Banyak Kemenangan dan mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas superapp ini agar tetap dapat memberikan layanan prima saat puncak transaksi, sehingga nasabah dapat beribadah dan berlibur dengan tenang,” jelasnya.

    Dia menambahkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.
     
    Sedangkan langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 1.202 ATM/CRM yang tersebar di seluruh Jateng – DIY, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.
     
    Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri untuk berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha

    “Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Iwan.
     
    Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Iwan menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 1,02 juta kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.
     
    Iwan menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

    Sediakan Layanan Penukaran Uang Tunai

    Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 H, Bank Mandiri turut mendukung kebijakan Bank Indonesia dalam penyediaan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat.

    Penukaran tahun ini dapat dilakukan melalui dua skema utama, yakni layanan penukaran terpadu dan layanan penukaran di loket cabang perbankan. Layanan ini terbuka bagi masyarakat umum, baik nasabah maupun non-nasabah, dan dapat dilakukan selama stok masih tersedia.  

    Iwan menjelaskan, sesuai ketentuan pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/), masyarakat dapat memilih lokasi bank dan nominal uang yang diinginkan. Setelah mendaftar, masyarakat datang ke lokasi penukaran yang dipilih dan tidak dapat diwakilkan serta wajib membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang akan diverifikasi oleh teller bank sesuai data pemesanan. (*)

  • 14 Lokasi Samsat Keliling Jadetabek yang Buka Hari Ini

    14 Lokasi Samsat Keliling Jadetabek yang Buka Hari Ini

    Jakarta, Beritasatu.com – Polda Metro Jaya kembali menyediakan layanan Samsat keliling untuk memudahkan warga dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di 14 lokasi yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) pada Rabu (26/3/2025).

    Informasi ini diumumkan melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, yang menginformasikan 14 lokasi Samsat keliling di wilayah Jadetabek sebagai berikut:

    Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Utara di halaman parkir Samsat Jakarta Utara dan halaman parkir Itali Mal Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Barat di Mal Ciputra pukul 08.00-14.00 WIB.Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat Jakarta Selatan dan gudang Sarinah Cikoko Pancoran pukul 09.00-15.00 WIB.Jakarta Timur di halaman parkir Samsat Jakarta Timur pukul 08.00-14.00 WIB dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB.Kota Tangerang di Alun-alun Cibodas pukul 08.00-14.00 WIB.Serpong di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD Serpong pukul 15.00-17.00 WIB.Ciledug ada di Perum Banjar Cipondoh dan Metland Cyber Puri pukul 09.00-12.00 WIB.Kantor Kelurahan Pondok Betung Ciputat pukul 09.00-11.00 WIB.Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan halaman GTOWN Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB.Kota Bekasi halaman parkir Samsat 08.00-13.30 WIB.Kabupaten Bekasi halam parkir Samsat pukul 09.00-12.00 WIB.Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB.Cinere di halaman parkir Samsat pukul 08.00-11.00 WIB.

    Warga yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat keliling diminta untuk membawa dokumen-dokumen penting, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli beserta fotokopinya. 

    Perlu dicatat layanan Samsat keliling di Jadetabek hari ini hanya melayani pembayaran PKB tahunan. Untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) atau penggantian pelat nomor kendaraan, pemilik kendaraan tetap harus mengunjungi kantor Samsat terdekat.

  • Jadwal dan Lokasi Pelayanan Samsat Keliling di Kabupaten Purbalingga Hari Ini Rabu 26 Maret 2025

    Jadwal dan Lokasi Pelayanan Samsat Keliling di Kabupaten Purbalingga Hari Ini Rabu 26 Maret 2025

    TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – Samsat keliling merupakan fasilitas pemerintah yang dapat dijadikan opsi mudah bagi masyarakat Purbalingga yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang ke kantor pusat. 

    Hari ini, Rabu (26/3/2025), layanan samsat keliling Purbalingga akan hadir di tiga titik.

    Bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran harap persiapkan beberapa dokumen berikut sebagai persyaratan pembayaran. 

    1. STNK asli

    2. KTP/SIM/KK 

    Untuk lokasi pembayaran samsat keliling Purbalingga hari ini ialah sebagai berikut : 

    1. Kantor Kecamatan Karanganyar 

    2. Kantor Balai Desa Losari Rembang

    3. Kantor Kecamatan Padamara 

    Untuk jam operasional layanan buka mulai pukul 08.00-11.30 WIB setiap hari Senin-Kamis. 

    Sedangkan hari Jumat-Sabtu buka mulai pukul 08.00-11.00 WIB. 

    Anda juga masih bisa melakukan pembayaran di samsat induk Purbalingga yang beralamat di Jalan Mayjend Sungkono Purbalingga dengan jam operasional Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB dan Sabtu 08.00-12.00 WIB. 

    Atau, Anda juga bisa melakukan pembayaran di samsat paten Bukateja yang beralamat di Kantor Kecamatan Bukateja dengan jam operasional Senin-Kamis 08.00-11.00 WIB dan Jumat-Sabtu 08.00-11.00 WIB. (anr)

  • Brosur Angsuran KUR BRI 26 Maret 2025 Lengkap Rp 30 Juta, Rp 40 Juta hingga Rp 500 Juta

    Brosur Angsuran KUR BRI 26 Maret 2025 Lengkap Rp 30 Juta, Rp 40 Juta hingga Rp 500 Juta

    Tabel Angsuran KUR BRI 2025 Periode Maret

     

    TRIBUNJATENG.COM- KUR BRI adalah pinjaman bunga rendah subsidi pemerintah. Bunga pinjaman KUR BRI sebesar 6 persen di tahun pertama, 7 persen di tahun kedua, 8 persen di tahun ketiga dan 9 persen di tahun ke-empat.

    Berikut tabel angsuran KUR BRI Maret 2025:

    1. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025

          

    2. tabel angsuran KUR BRI 2025

    PINJAMAN KUR BRI – tabel angsuran KUR BRI 2025 Rp 100 Juta – Rp 500 Juta

     

    Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2025

    Calon debitur yang ingin mengajukan KUR BRI 2025 perlu memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

    -Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak.

    -Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan.

    -Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit.

    -Untuk proses pengajuan, calon debitur dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen pendukung seperti identitas diri, dokumen legalitas usaha, dan laporan keuangan sederhana. 

    Syarat Dokumen:

     * KTP

     * Kartu Keluarga (KK)

     * NPWP (untuk plafond di atas Rp 50 juta)

     * Surat Izin Usaha (SIUP) atau Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

     * Agunan (untuk KUR Mikro dan Kecil dengan plafond di atas Rp 50 juta)

    • Akta Nikah (jika sudah berkeluarga)

     

    Suku Bunga KUR BRI 2025

    Untuk pinjaman pertama, suku bunga yang ditetapkan adalah 6 persen per tahun. Namun, untuk pengajuan pinjaman kedua, ketiga, dan seterusnya, suku bunga akan meningkat secara bertahap. Misalnya, untuk pinjaman kedua, suku bunga menjadi 7 persen , pinjaman ketiga 8 persen , dan seterusnya.

    (*)

  • Warga Binaan Lapas Bojonegoro Diberi Waktu Buka Puasa Bersama Keluarga

    Warga Binaan Lapas Bojonegoro Diberi Waktu Buka Puasa Bersama Keluarga

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro memberikan kesempatan spesial bagi warga binaan untuk melaksanakan buka puasa bersama keluarga. Kegiatan itu digelar di lapangan lingkungan Lapas Bojonegoro yang ada di Jalan Diponegoro.

    “Kegiatan buka bersama ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian pihak Lapas terhadap keinginan keluarga warga binaan,” ujar Kalapas Bojonegoro, Alzuarman, Selasa (25/3/2025).

    Hal itu, lanjut Alzuarman, juga sesuai perintah pimpinan untuk mempererat tali silaturahmi antara warga binaan dengan keluarganya. Permintaan buka puasa bersama juga merupakan permintaan keluarga warga binaan yang disampaikan melalui kolom komentar di media sosial Lapas Bojonegoro.

    “Kami sangat menghargai masukan dari masyarakat dan berusaha mewujudkannya dalam bentuk kegiatan yang positif seperti ini,” ujar Kalapas Bojonegoro, Alzuarman.

    Syarat untuk dapat mengikuti acara buka bersama adalah setiap warga binaan dapat mengundang maksimal tiga orang anggota keluarga inti. Setiap anggota keluarga yang datang wajib membawa kartu identitas asli, seperti KTP atau SIM, untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara.

    Bagi tahanan baru, mereka juga diwajibkan membawa surat izin dari pihak penahanan sebagai prosedur administratif.

    Dalam kegiatan itu, tercatat ada kurang lebih 89 pendaftar untuk mengikuti kegiatan buka bersama. Setiap pendaftar membawa dua hingga tiga anggota keluarga sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Lapas.

    Kegiatan buka bersama juga diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi warga binaan dalam menjalani proses pembinaan. Serta menjalankan fungsi pembinaan Lapas yang humanis dan memberikan ruang bagi keluarga untuk tetap menjalin hubungan dengan anggota keluarga mereka yang sedang menjalani masa pidana. [lus/kun]

  • Kisaran Gaji Orang Indonesia Berstatus Tokutei Ginou di Pabrik Gula Okinawa Jepang, Capai 2 Digit – Halaman all

    Kisaran Gaji Orang Indonesia Berstatus Tokutei Ginou di Pabrik Gula Okinawa Jepang, Capai 2 Digit – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Tokutei Ginou merupakan program Pemerintah Jepang guna mengatasi kekurangan tenaga kerja di beberapa sektor, dengan membuka lapangan pekerjaan bagi orang asing, termasuk Indonesia.

    Program tersebut menarik minat tenaga kerja dari Indonesia untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

    Baru-baru ini diinformasikan, pabrik gula di Pulau Kita Daito, Prefektur Okinawa, Kita Daito Sugar Co., Ltd, mempekerjakan 21 orang Indonesia dengan status Tokutei Ginou.

    Tak hanya di sektor pengolahan makanan seperti halnya pabrik gula, Jepang, khususnya di Okinawa juga membutuhkan tenaga kerja asing dari sektor lainnya.

    Antara lain sektor transportasi, konstruksi, hingga medis.

    Berikut besaran gaji rata-rata gaji per bulan yang bisa diperoleh Tokutei Ginou di prefektur Okinawa, Jepang.

    Tokutei Ginou sendiri memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja lokal asli Jepang. Termasuk soal gaji mengikuti standar upah minimum regional masing-masing prefektur.

    Menurut data Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang seperti dikutip saiteichingin.mhlw.go.jp, UMR di Prefektur Okinawa resmi naik menjadi 952 yen per jam sejak 9 Oktober 2024. 

    Maka, gaji UMR di Prefektur Okinawa per bulan dengan perkiraan 160 jam kerja, yakni berkisar 152.320 yen atau Rp 16,8 juta.

    Namun, untuk beberapa industri, dikenakan aturan Upah Minimum Khusus yang bisa jadi lebih rendah dibanding UMR yang berlaku di prefektur tersebut.

    Pabrik gula misalnya, menurut data yang disampaikan saiteichingin.mhlw.go.jp, upah minimum per jam senilai 769 yen. Jika dihitung per bulan menjadi 123.040 yen atau sekira Rp 12,8 juta.

    Namun, angka upah tersebut tidak pasti, bergantung kebijakan perusahaan dan pengalaman kerja masing-masing Tokutei Ginou.

    Sementara itu, di Jepang sendiri, ada 14 bidang pekerjaan yang menggunakan Visa Tokutei Ginou. Dikutip dari lpkjepang.id, berikut daftarnya:

    1. Perawat lansia (Kaigo/Caregiver)

    Membutuhkan sertifikat Nursing care skills evaluation test dan Nursing care Japanese language evaluation test.

    2. Pembersihan gedung

    Membutuhkan sertifikat Ujian Evaluasi Keahlian Manajemen Building Cleaning;

    3. Material casting

    4. Manufaktur mesin industri

    5. Industri terkait informasi, listrik, dan elektronik

    Untuk material casting, manufaktur mesin industri, serta industri terkait informasi, listrik, dan elektronik, sertifikat yang dibutuhkan adalah Ujian penilaian untuk keterampilan khusus 1 di bidang manufaktur.

    6. Konstruksi

    Untuk bidang konstruksi, saat ini belum ada ujian khusus Tokutei Ginou. Hanya mantan pemagang konstruksi yang bisa mengambil Visa Tokutei Ginou untuk bidang ini.

    7. Pembuatan kapal

    Sertifikat yang diperlukan adalah:

    Ujian pengelasan;
    Ujiang pengecatan;
    Ujian pekerjaan besi;
    Ujian finishing;
    Ujian proses permesinan;
    Ujian perakitan kelistrikan.

    8. Perawatan mobil

    Membutuhkan sertifikat Ujian Perbaikan dan Pemeliharaan Mobil.

    9. Aviasi

    Diwajibkan memiliki sertifikat Ujian Penerbangan.

    10. Bisnis akomodasi/perhotelan

    Sertifikat yang dibutuhkan adalah tes Visa Tokutei Ginou bidang perhotelan.

    11. Pertanian

    Sertifikat yang dibutuhkan adalah Agriculture Skill Assessment Test (general crop farming) dan Agriculture Skill Assessment Test (general livestock farming).

    12. Perikanan

    Membutuhkan sertifikat Ujian Budidaya Perikanan dan Ujian Perikanan Tangkap.

    13. Pengolahan makanan dan minuman

    Dibutuhkan sertifikat Ujian Kemahiran Keterampilan Industri Manufaktur Produk Makanan dan Minuman.

    14. Jasa makanan

    Membutuhkan sertifikat The Food Service Industry Skills Proficiency Test.

    Tentang Visa Tokutei Ginou

    Visa Tokutei Ginou adalah visa kerja keahlian khusus bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang.

    Pemegang Visa Tokutei Ginou bisa bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama seperti pekerja Jepang.

    Menurut laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Tokutei Ginou biasanya berlaku selama satu tahun.

    Tetapi, visa itu bisa diperpanjang setiap 4-6 bulan sekali dengan total jangka waktu tinggal selama lima tahun.

    Syarat Visa Tokutei Ginou

    Minimal lulusan SMA/SMK sederajat (D1, D2, D3, dan S1 diutamakan);
    Usia 18-28 tahun saat mendaftar;
    Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk perempuan;
    Berat badan proporsional;
    Tidak ada ikatan dengan LPK atau lembaga penyalur tenaga kerja lainnya;
    Belum pernah bekerja di luar negeri;
    Tidak berstatua sebagai pelajar atau masih dalam proses pembelajaran;
    Tidak berstatus sebagai karyawan atau pekerja (tidak ada ikatan kerja);
    Belum pernah mengikuti program magang Jepang sebelumnya;
    Mendapat izin dari orang tua.

    Bagi pemula, pemagang satu tahun, dan pelajar, ada syarat utama yang harus dipenuhi saat mengajukan Visa Tokutei Ginou, yaitu:

    Minimal usia 18 tahun. Tidak ada batas usia maksimal, tapi peserta di bawah 40 tahun lebih diutamakan.
    Kemampuan bahasa Jepang, harus lulus tes bahasa Jepang level N4 (JLPT N4) atau JFT-Basic A2. Biasanya, untuk sampai level N4, membutuhkan kursus bahasa Jepang selama 6 bulan.
    Lulus Tes Keterampilan (Skill Test SSW). Peserta harus lulus tes keterampilan bidang kerja Tokutei Ginou yang tersedia untuk 14 bidang pekerjaan.
    Lulus Tes Kesehatan, hasilnya harus memenuhi standar kelayakan kerja di Jepang.

    Jika ingin mengajukan Visa Tokutei Ginou secara pribadi, dokumen yang harus disiapkan adalah:

    Paspor;
    Formulir permohonan visa dan pasfoto terbatu (ukuran 4,5 cm x 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir, tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram);
    Fotokopi KTP;
    Certificate of Eligibility (asli atau fotokopinya), hanya bisa dilakukan di kantor Imigrasi di Jepang oleh sponsot/penjamin yang berada di wilayah Jepang;
    Hasil cetak E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) yang diterbitkan melalui Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) BNP2TKI;
    Harus sudah mendaftarkan diri pada SISKOTKLN dari BNP2TJKI.

    (Tribunnews.com/Pravitri Retno W/Richard Susilo)

  • 5 Lokasi Penukaran Uang Baru di Cimahi 24-27 Maret 2025 Lengkap dengan Jadwalnya

    5 Lokasi Penukaran Uang Baru di Cimahi 24-27 Maret 2025 Lengkap dengan Jadwalnya

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Lebaran 2025, kebutuhan uang pecahan baru semakin meningkat. Bank Indonesia kembali menyediakan layanan penukaran uang baru melalui program SERAMBI 2025.

    Warga Cimahi kini bisa menukarkan uang lama dengan uang pecahan baru di berbagai titik lokasi perbankan yang telah ditentukan. Layanan ini akan berlangsung mulai tanggal 24 hingga 27 Maret 2025.

    Pemesanan layanan penukaran hanya dapat dilakukan secara online melalui situs PINTAR BI (pintar.bi.go.id) pada Sabtu, 22 Maret 2025, mulai pukul 09.00 WIB. Pendaftaran ini khusus untuk wilayah Pulau Jawa, termasuk Cimahi.

    Kuota setiap lokasi terbatas hingga 300 orang per hari, sehingga pemesanan lebih awal sangat disarankan agar bisa mendapatkan layanan penukaran.

    Lokasi Penukaran Uang Baru Cimahi

    Berikut adalah jadwal lengkap dan lokasi penukaran uang baru di Cimahi:

    Senin, 24 Maret 2025

    BRI Kantor Cabang (KC) Cimahi, pukul 09.00-12.00 WIB

    Selasa, 25 Maret 2025

    BTN Kantor Cabang (KC) Baros, pukul 09.00-12.00 WIB BTN Kantor Cabang (KC) Cimahi, pukul 09.00-12.00 WIB

    Rabu, 26 Maret 2025

    BSI Kantor Cabang (KC) Cimahi, pukul 09.00-12.00 WIB

    Kamis, 27 Maret 2025

    BJB Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Cimahi, pukul 09.00-12.00 WIB
    Syarat dan Ketentuan

    Setiap penukar wajib mematuhi ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia. Beberapa syarat utama yang harus dipenuhi di antaranya adalah membawa KTP asli (bukan fotokopi) atau e-KTP dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

    Selain itu, penukar harus menunjukkan bukti pemesanan dari situs PINTAR BI dalam bentuk cetak atau digital.

    Uang yang akan ditukarkan harus sudah dipilah dan disusun sesuai pecahan serta tahun emisinya agar proses lebih cepat dan rapi. Bank Indonesia juga akan memberikan pengganti uang baru dalam pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda, tergantung ketersediaan.

    Paket Penukaran Uang Baru

    Paket penukaran yang disediakan mencakup total nominal Rp4.300.000 dengan rincian sebagai berikut:

    Pecahan Rp50.000 sebanyak 30 lembar (Rp1.500.000) Pecahan Rp20.000 sebanyak 25 lembar (Rp500.000) Pecahan Rp10.000 sebanyak 100 lembar (Rp1.000.000) Pecahan Rp5.000 sebanyak 200 lembar (Rp1.000.000) Pecahan Rp2.000 sebanyak 100 lembar (Rp200.000) Pecahan Rp1.000 sebanyak 100 lembar (Rp100.000)

    Proses penukaran tidak dapat diwakilkan dan penukar diharapkan menjaga ketertiban selama kegiatan berlangsung. Dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan, layanan penukaran uang baru di Cimahi ini diharapkan berjalan lancar dan tertib demi memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • KAI Siapkan 1.080 Perjalanan KA Ekstra Hadapi Lonjakan Penumpang Lebaran 2025

    KAI Siapkan 1.080 Perjalanan KA Ekstra Hadapi Lonjakan Penumpang Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyiapkan perjalanan ekstra sebagai strategi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang naik kereta api menjelang Lebaran 2025 atau Hari Raya Idulfitri 1446 H.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, perseroan telah mengoperasikan sebanyak 9.656 perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran, meningkat 8% dibandingkan tahun lalu. Selain itu, KAI menyediakan kapasitas hingga 4,59 juta tempat duduk.

    “Sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan penumpang, KAI juga menyiapkan 1.080 perjalanan KA ekstra yang siap melayani masyarakat di berbagai rute favorit,” ujar Anne dalam keterangannya, Selasa (25/3/2025). 

    Adapun, KAI mengimbau seluruh pelanggan untuk memastikan membawa identitas resmi dan tiket perjalanan guna memperlancar proses boarding. Namun, KAI juga memiliki strategi untuk mengurai antrean pada saat proses boarding, yakni menggunakan sensor wajah atau layanan face recognition.

    Pelanggan dapat memanfaatkan layanan face recognition yang tersedia di 21 stasiun KAI, termasuk Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan lainnya. 

    “Dengan teknologi ini, proses boarding menjadi lebih praktis tanpa perlu menunjukkan tiket fisik atau identitas,” katanya.

    PT KAI mencatat tingginya pergerakan pemudik yang menggunakan kereta api pada periode Angkutan Lebaran 2025. Dalam empat hari pertama, yakni dari 21 hingga 24 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, KAI telah memberangkatkan sebanyak 689.274 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatra.

    Selama periode tersebut, lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi untuk KA Jarak Jauh adalah Stasiun Pasar Senen dengan 117.569 penumpang, disusul Stasiun Gambir sebanyak 44.967 penumpang.

    Selain itu, Stasiun Yogyakarta mencatat 31.540 penumpang, Stasiun Semarang Poncol melayani 25.616 penumpang, dan Stasiun Bekasi dengan 23.265 penumpang.

    Pantauan di Stasiun Gambir

    Ribuan pemudik yang menggunakan kereta api terpantau mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (25/3/2025) atau H-6 Hari Raya Idulfitri 1446 H.

    Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB, tampak para pemudik mulai memenuhi ruang tunggu stasiun untuk menantikan keberangkatan kereta ke tujuannya masing-masing.

    Para porter kereta api pun terlihat sibuk untuk membantu mengangkut barang bawaan pemudik yang cukup banyak seperti koper, kotak kardus dan lain-lain. 

    Selain itu, para staf PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang sedang berjaga di Stasiun Gambir juga tampak sibuk melayani penumpang kereta api, termasuk memberikan informasi soal jadwal kedatangan dan keberangkatan.

    “Iya pastinya ramai, karena dalam satu hari ada 45 keberangkatan, ke kota Malang, Yogyakarta, Surabaya, Cirebon, dan lain-lain. Paling banyak ke Surabaya dan Yogyakarta,” ujar Bryan, salah satu staf KAI saat ditemui di Stasiun Gambir, pada Selasa (25/3).

    Dia mengatakan, Stasiun Gambir juga menyediakan sejumlah fasilitas khusus seperti tempat duduk prioritas bagi lansia, serta ada kursi roda bagi yang membutuhkan. 

    Meskipun cukup ramai, namun antrean pemudik di area boarding Stasiun Gambir cukup kondusif dan tidak ada antrean panjang yang mengular. Hal itu berkat teknologi face recognition.

    “Kami di Stasiun Gambir sudah pakai face recognition atau scan wajah, jadi otomatis pemudik bisa langsung masuk tanpa perlu menunggu antre cek tiket dan KTP secara manual,” pungkas Bryan.

  • 9 Lokasi Penukaran Uang Baru di Banjar dan Pangandaran 24-27 Maret 2025

    9 Lokasi Penukaran Uang Baru di Banjar dan Pangandaran 24-27 Maret 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Sebentar lagi Lebaran 2025 tiba, dan momen ini selalu identik dengan tradisi membagikan uang baru kepada sanak saudara. Bank Indonesia kembali menggelar layanan penukaran uang baru di berbagai wilayah, termasuk di Banjar dan Pangandaran.

    Layanan ini berlangsung dari 24 hingga 27 Maret 2025, dengan beberapa titik lokasi yang sudah disiapkan.

    Pemesanan penukaran uang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi PINTAR (pintar.bi.go.id) pada Sabtu, 22 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB khusus wilayah Pulau Jawa. Penting untuk memastikan data pemesanan terisi lengkap dan membawa bukti pemesanan saat hari penukaran.

    Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru

    Berikut adalah jadwal dan lokasi penukaran uang baru di Banjar dan Pangandaran:

    Senin, 24 Maret 2025

    Bank BJB Kota Banjar Bank BNI Kabupaten Pangandaran

    Selasa, 25 Maret 2025

    Bank Mandiri Kota Banjar Bank BJB Kabupaten Pangandaran

    Rabu, 26 Maret 2025

    Bank BRI Kota Banjar Bank Mandiri Kabupaten Pangandaran

    Kamis, 27 Maret 2025

    Bank BRI Kabupaten Pangandaran Bank BRI Kota Banjar BPR BKPD Kabupaten Pangandaran Syarat dan Ketentuan Penukaran Uang Baru Kuota setiap layanan kas keliling terbatas untuk 300 penukar. Wajib menunjukkan bukti pemesanan dalam bentuk cetak atau digital. Harus membawa KTP asli atau KTP elektronik di aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Tidak bisa diwakilkan, setiap penukar harus hadir sendiri. Uang yang ditukarkan harus dalam kondisi terpilah, tersusun rapi searah sesuai pecahan dan tahun emisi. Penggantian uang akan diberikan dalam pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda, selama ciri keaslian uang masih dikenali. Paket Penukaran

    Bank Indonesia menyediakan paket penukaran uang baru dengan total nominal Rp4.300.000, terdiri dari:

    Rp50.000: 30 lembar (Rp1.500.000) Rp20.000: 25 lembar (Rp500.000) Rp10.000: 100 lembar (Rp1.000.000) Rp5.000: 200 lembar (Rp1.000.000) Rp2.000: 100 lembar (Rp200.000) Rp1.000: 100 lembar (Rp100.000)

    Pastikan datang tepat waktu dan menjaga ketertiban selama proses penukaran berlangsung agar semuanya berjalan lancar. Dengan adanya layanan ini, tradisi berbagi uang baru saat Lebaran tetap bisa berjalan dengan meriah dan tertib. Jangan sampai ketinggalan jadwal dan lokasinya!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Gubernur Jakarta Pramono Anung Buka Lowongan untuk Petugas Pemadam Kebakaran, Ini 3 Syarat Utamanya – Halaman all

    Gubernur Jakarta Pramono Anung Buka Lowongan untuk Petugas Pemadam Kebakaran, Ini 3 Syarat Utamanya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, mengumumkan bahwa Pemerintah Provinsi Jakarta akan segera membuka lowongan untuk posisi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). 

    Pramono menegaskan bahwa perekrutan ini akan diprioritaskan bagi warga yang memiliki KTP Jakarta.

    Pramono, yang akrab disapa Pram, menyatakan bahwa lowongan akan dibuka secara bertahap, meskipun ia belum menetapkan tanggal pasti pembukaannya.

     

    Namun, ia memastikan bahwa proses perekrutan petugas Damkar akan dimulai pada tahun 2025.

    “Yang jelas, lowongan ini akan segera dibuka tahun ini,” ujarnya saat ditemui di Kantor Damkar Jakarta Pusat, Senin (24/7/2025).

    Saat ini, Jakarta memiliki sekitar 4.000 petugas Damkar. Angka ini masih jauh dari kebutuhan ideal yang seharusnya mencapai 10.000 hingga 11.000 petugas.

    “Kami memang kekurangan personel Damkar, dan kami akan mengupayakan untuk mencapainya secara bertahap,” kata Pramono.

    Selain itu, Pramono juga mengungkapkan bahwa dari total 267 kelurahan di Jakarta, hanya sekitar 170 yang memiliki pos Damkar.

    Di tingkat kecamatan, 44 kecamatan telah memiliki sektor Damkar.

    Ia menambahkan, daerah dengan kepadatan penduduk tinggi, seperti Tambora, perlu persiapan yang matang, termasuk langkah-langkah preventif untuk pencegahan kebakaran.

    Syarat Ketat untuk Petugas Damkar

    Plt Kepala Dinas Gulkarmat Jakarta, Satriadi, menjelaskan bahwa calon petugas Damkar harus memenuhi dua kriteria utama.

    Pertama, petugas harus dalam kondisi fisik yang prima karena mereka akan terlibat langsung dalam penanganan kebakaran.

    Kedua, calon petugas tidak boleh memiliki trauma tertentu, seperti takut ketinggian atau gelap, yang bisa menghambat tugas mereka.

    “Selain itu, akan ada tes tambahan untuk memastikan kondisi mental dan fisik calon petugas,” tambah Satriadi.

    Longgarkan Syarat Pendidikan untuk Petugas PPSU

    Di sisi lain, Pramono juga mengumumkan perubahan syarat untuk menjadi petugas PPSU (Pasukan Orange) di Jakarta.

    Kini, pelamar hanya memerlukan ijazah SD untuk dapat melamar, sebuah perubahan signifikan dari sebelumnya yang mengharuskan pelamar memiliki ijazah SMA.

    “Kami juga telah merubah sistem penerimaan untuk petugas PPSU agar lebih transparan. Yang penting adalah etos kerja yang tinggi dan kemampuan dasar seperti membaca dan menulis,” ujar Pramono saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Minggu (23/3/2025).

    Dengan melonggarkan syarat pendidikan, Pramono berharap dapat membuka lebih banyak kesempatan kerja, terutama untuk mengurangi angka pengangguran di Jakarta.

    Ia juga menyebutkan bahwa gaji petugas PPSU akan mengikuti Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta yang pada 2025 tercatat mencapai Rp 5,4 juta per bulan. “PPSU bukan pekerjaan rendah.

    Mereka memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan kerapian kota,” kata Pramono.

    Target 500.000 Lapangan Kerja Baru

    Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno, juga mendukung kebijakan ini dan menekankan bahwa tujuan dari pembukaan lowongan ini adalah untuk mengurangi pengangguran di Jakarta, terutama di daerah-daerah yang rawan tawuran seperti Cipinang, Jakarta Timur.

    “Permasalahan pengangguran dan anak putus sekolah sering kali menjadi akar masalah sosial. Dengan menciptakan lapangan kerja baru, kami berharap dapat mengurangi konflik sosial,” ujar Rano.

    Rano juga menambahkan bahwa Jakarta berkomitmen untuk menciptakan 500.000 lapangan kerja guna menekan angka pengangguran dan mendorong kesejahteraan warga Jakarta.