Produk: KTP

  • Kamis, tersedia 21 lokasi Samsat Keliling di Jadetabek

    Kamis, tersedia 21 lokasi Samsat Keliling di Jadetabek

    Agar dapat mengakses layanan Samsat Keliling, masyarakat wajib membawa beberapa persyaratan yang meliputi: KTP asli pemilik kendaraan, BPKB, dan STNK, masing-masing disertai fotokopi, pemohon juga tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor leb

    Jakarta (ANTARA) – Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyediakan layanan 21 lokasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling di 14 wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) pada Kamis.

    Samsat keliling biasanya disebar di beberapa titik yang berdekatan dengan permukiman untuk memudahkan masyarakat untuk menjangkau dan tak perlu untuk mendatangi kantor pusat.

    Berikut wilayah layanan Samsat Keliling di Jadetabek sesuai info akun X resmi TMC Polda Metro Jaya @tmcpoldametro:

    Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Utara di halaman parkir Samsat dan Itali Mall Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Barat di Mall Citraland pukul 08.00-14.00 WIB; Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat pukul 09.00-15.00 WIB dan Gudang Sarinah Cikoko pukul 09.00-14.00 WIB; Jakarta Timur di halaman parkir Samsat dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB; Kota Tangerang di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB; Serpong di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD pukul 16.00 – 19.00; Ciledug di Giant Poris Ruko Batu Ceper dan Fresh Rukan Fresh Market pukul 09.00 – 12.00 WIB; Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-11.00 WIB; Kelapa Dua di Pasar Intermoda dan halaman Gtown house pukul 08.00-14.00 WIB; Kota Bekasi di halaman Parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB; Samsat keliling Kabupaten Bekasi di halaman Parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB; Samsat keliling Depok di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB; Samsat keliling Cinere di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB.

    Agar dapat mengakses layanan Samsat Keliling, masyarakat wajib membawa beberapa persyaratan yang meliputi: KTP asli pemilik kendaraan, BPKB, dan STNK, masing-masing disertai fotokopi, pemohon juga tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun.

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Lowongan Kerja Garuda Indonesia untuk Posisi Cabin Crew, Pendaftaran Dibuka hingga 21 April 2025 – Halaman all

    Lowongan Kerja Garuda Indonesia untuk Posisi Cabin Crew, Pendaftaran Dibuka hingga 21 April 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

    Garuda Indonesia membuka rekrutmen Flight Attendant untuk posisi cabin crew atau awak kabin.

    Rekrutmen ini terbuka untuk para lulusan Diploma.

    Adapun usia maksimal untuk mengikuti rekrutmen ini yakni 26 tahun.

    Lowongan kerja Garuda Indonesia dibuka hingga 21 April 2025.

    Untuk lebih jelasnya, simak detail lowongan kerja Garuda Indonesia di bawah ini.

    Lowongan Kerja

    Persyaratan umum:

    – Pria atau Wanita

    – Warga Negara Indonesia (WNI)

    – Berusia 21 hingga 26 tahun

    – Tinggi badan wanita 158 cm, dan pria 165 cm

    – Belum menikah (tidak pernah menikah)

    – Sehat jasmani dan rohani

    – Tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak selama proses seleksi

    – Fasih berbahasa Inggris dengan kemampuan komunikasi yang baik (kemampuan bahasa asing lainnya menjadi nilai tambah)

    – Belum pernah memiliki pengalaman sebagai cabin crew

    – Berorientasi pada pelayanan, berdedikasi, dan berpengalaman dalam interaksi langsung.

    Persyaratan dokumen:

    *) Surat Lamaran

    *) Curriculum Vitae (CV)

    *) Kartu Identitas (KTP)

    *) Fotokopi ijazah Diploma

    *) Resep kacamata dari Dokter Spesialis Mata

    *) Foto Berwarna Profesional: 

    – Satu lembar foto seluruh badan ukuran postcard

    – Satu lembar foto tampak samping

    – Satu lembar foto close-up ukuran 4×6.

    Cara Daftar

    Bagi Anda yang memenuhi kriteria di atas, dapat melakukan pendaftaran melalui website Garuda Indonesia atau dapat mengklik link ini

    Rekrutmen Garuda Indonesia tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen.

    Masyarakat harap berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Garuda Indonesia.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Cara, Syarat, dan Biaya Urus Sertifikat Tanah yang Hilang

    Cara, Syarat, dan Biaya Urus Sertifikat Tanah yang Hilang

    PIKIRAN RAKYAT – Kehilangan sertifikat tanah tentu menjadi hal yang sangat meresahkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sertifikat tanah yang hilang dapat diganti.

    Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang, beserta biaya dan syarat yang diperlukan.

    Mengapa Sertifikat Tanah Penting?

    Sertifikat tanah merupakan bukti kepemilikan sah atas tanah yang Anda miliki. Kehilangan sertifikat tanah dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti kesulitan dalam melakukan transaksi jual beli, pemberian warisan, atau mendapatkan pinjaman dengan agunan tanah.

    Oleh karena itu, mengurus pembuatan sertifikat tanah pengganti sangat penting dilakukan.

    Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang

    1. Laporkan Kehilangan ke Kepolisian

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan kehilangan sertifikat tanah ke kantor polisi terdekat. Anda akan mendapatkan surat tanda laporan kehilangan yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu syarat pengurusan sertifikat pengganti.

    2. Membuat Pengumuman di Media Massa

    Setelah melaporkan kehilangan ke polisi, Anda perlu membuat pengumuman kehilangan sertifikat tanah di surat kabar lokal minimal dua kali dalam jangka waktu dua bulan. Simpan semua bukti pembayaran iklan tersebut.

    3. Kumpulkan Persyaratan

    Selain surat laporan kehilangan dan bukti pengumuman, Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

    – Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani

    – Surat kuasa (jika dikuasakan)

    – Fotokopi identitas diri (KTP, KK)

    – Fotokopi sertifikat tanah yang hilang (jika ada)

    – Bukti kepemilikan tanah lainnya (jika ada)

    – Surat pernyataan tanah tidak sedang dalam sengketa

    – Surat pernyataan bahwa tanah dikuasai secara fisik

    Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang, beserta biaya dan syarat yang diperlukan.*

    4. Ajukan Permohonan ke Kantor Pertanahan

    Setelah semua persyaratan lengkap, ajukan permohonan penggantian sertifikat tanah ke kantor pertanahan setempat.

    5. Proses Verifikasi

    Petugas pertanahan akan melakukan verifikasi terhadap data dan dokumen yang Anda ajukan.

    6. Penerbitan Sertifikat Bar

    Setelah proses verifikasi selesai, kantor pertanahan akan menerbitkan sertifikat tanah pengganti.

    Biaya Pengurusan Sertifikat Tanah yang Hilang

    Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang bervariasi tergantung pada wilayah dan jenis tanah. Namun, secara umum biaya yang perlu dikeluarkan meliputi:

    – Biaya penerbitan sertifikat: Biaya ini sudah termasuk biaya materai, biaya pengumuman di media massa, dan biaya administrasi lainnya.

    – Biaya pengukuran ulang (jika diperlukan): Jika batas-batas tanah sudah berubah atau tidak jelas, maka diperlukan pengukuran ulang yang akan dikenakan biaya tambahan.

    Tips Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang

    Semakin cepat Anda melaporkan kehilangan, semakin cepat pula proses penggantian sertifikat dapat dilakukan. Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan dalam kondisi baik.

    Jika ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas pertanahan. Tanyakan secara berkala mengenai perkembangan proses penggantian sertifikat tanah Anda.

    Disclaimer: Informasi yang disajikan dalam artikel ini bersifat umum dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya Anda mengkonfirmasi informasi terbaru mengenai prosedur dan biaya penggantian sertifikat tanah dengan menghubungi Kantor BPN setempat.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Ekstradisi Paulus Tannos, KPK Upayakan Penuhi Dokumen Tambahan – Page 3

    Ekstradisi Paulus Tannos, KPK Upayakan Penuhi Dokumen Tambahan – Page 3

    Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus mega korupsi Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP, Paulus Tannos masih tertahan di Singapura usai ditangkap otoritas setempat. Menurut Menteri Hukum Supratman Andi Agtas, Paulus Tannos belum bisa diekstradisi karena masih ada proses administrasi yang belum selesai.

    “Menyangkut soal ekstradisi, saat ini Direktur Direktur Otoritas Pusat dan Hukum Internasional (OPHI) di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) itu ada dokumen yang lagi diminta oleh otoritas Singapura dan Insya Allah sebelum 30 April, dokumen tersebut akan segera dikirim,” kata Supratman di Kantor Kementerian Hukum Jakarta, Selasa (15/4/2025).

    Supratman memastikan, OPHI terus memfasilitasi pihak Singapura dalam hal ini sebagai jembatan komunikasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk sesegera mungkin bisa melakukan ekstradasi terhadap buronan Paulus Tannos.

    Senada dengan itu, Dirjen AHU Widodo memastikan Singapura selalu kooperatif dan optimisti kepada Indonesia untuk membantu proses ekstradisi terhadap yang bersangkutan.

    “Diperkirakan sekitar akhir April, dokumen itu sudah submit ke sana. Nanti setelah itu ada jadwal persidangannya,” jelas Widodo.

    Widodo memastikan, sejatinya semua dokumen dibutuhkan otoritas Singapura sudah masuk dan dilengkapi. Namun memang ada beberapa dokumen tambahan yang diperlukan.

    “Mungkin pihak pihak Singapura butuh penekanan dari beberapa alat bukti, ya terkait dengan Affidavit (surat pernyataan tertulis yang dibuat di bawah sumpah) dan lain sebagainya,” jelas Widodo.

     

  • Sengketa Lahan Pulosari Surabaya, Saksi Nyatakan Tanah Berstatus Eigendom Verponding

    Sengketa Lahan Pulosari Surabaya, Saksi Nyatakan Tanah Berstatus Eigendom Verponding

    Surabaya (beritajatim.com) – Sidang sengketa lahan warga Pulosari dengan PT Patra Jasa yang saat ini bergulir di PN Surabaya menghadirkan saksi Krisno Hadi Wibowo. Krisno adalah pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pernah menjabat sebagai Lurah Gunungsari mulai Februari 2017 sampai Desember 2021.

    Kuasa hukum warga Pulosari selaku penggugat yakni Ananta Rangkugo pun bertanya kepada Krisno Hadi Wibowo tentang status tanah seluas enam hektar tersebut. Pertanyaan, apakah tercatat di Kelurahan Gunungsari.

    Krisno Hadi Wibowo menjelaskan, berdasarkan informasi yang ia terima dari salah satu staf Kelurahan Gunungsari, bahwa tanah seluas 60 ribu meter persegi lebih itu memang tercatat di buku desa.

    “Yang tercatat di buku warkah, tanah seluas enam hektar itu bukan milik PT. Patra Jasa. Disini dijelaskan bahwa status tanah tersebut adalah eigendom verponding,” ungkap Krisno Hadi Wibowo.

    Usai mendengar penjelasan Krisno Hadi Wibowo ini, Ananta Rangkugo kembali bertanya, lalu bagaimana PT. Patra Jasa bisa mengklaim bahwa tanah itu adalah miliknya?

    Krisno Hadi Wibowo lantas menjelaskan, beberapa saat setelah ia diangkat sebagai Lurah Gunungsari, ada perwakilan dari PT. Patra Jasa yang mengaku sebagai kuasa hukum PT. Patra Jasa yang menerangkan dengan membawa dokumen berupa bukti kepemilikan yang sah yaitu Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) nomor 134.

    Selain melihat langsung dokumen berupa SHGB ini, di dalam persidangan, Krisno Hadi Wibowo di muka persidangan juga mengaku membaca isi SHGB itu.

    Hal lain yang juga ingin diungkap tim kuasa hukum 44 warga Pulosari ini adalah tentang sosialisasi yang dilakukan PT. Patra Jasa pada Agustus 2017.

    “Bagaimana PT. Patra Jasa menyampaikan sosialisasinya kepada warga yang hadir pada saat itu?,” tanya Ananta Ramgkugo kepada Krisno Hadi Wibowo.

    Lebih lanjut Krisno menjawab, PT. Patra Jasa ketika itu menyatakan sebagai pemilik tanah yang sah berdasarkan Putusan PN Surabaya.

    “Karena sebagai pemilik lahan yang sah berdasarkan putusan pengadilan, PT. Patra Jasa lalu menghimbau kepada warga yang menempati lahan tersebut untuk segera melakukan pengosongan, karena akan dilakukan eksekusi,” papar Krisno Hadi Wibowo.

    Lalu, bagaimana pihaknya sebagaimana yang tertera dalam putusan pengadilan itu? Apakah Krisno Hadi Wibowo melihat nama-nama yang ada dalam putusan itu sebagai pihak yang dimohonkan dalam eksekusi?

    ASN yang memangku jabatan sebagai Lurah sejak 2008 ini terlihat kebingungan. Krisno hanya mengatakan hanya melihat adanya putusan dari pengadilan.

    Krisno Hadi Wibowo semakin terlihat panik dan kebingungan ketika tim kuasa hukum 44 warga Pulosari lainnya mengejarnya dengan pertanyaan.

    “Saksi di awal bilang kalau datang di acara sosialisasi yang dilakukan PT. Patra Jasa. Bahkan saksi bisa memastikan jika warga Gunungsari Bukit 1 sampai 12 yang datang 30 orang,” tanya Ananta Rangkugo.

    Mendapat pertanyaan ini, secara tiba-tiba, Krisno Hadi Wibowo pun menyangkalnya. Begitu juga dengan jumlah warga yang hadir yaitu 30 orang. Secara tegas Krisno membantah tidak pernah mengucapkan ini di muka persidangan.

    “Tidak. Saya tidak bilang 30 orang. Untuk warga yang hadir di acara sosialisasi itu jumlahnya 100 orang,” tegas Krisno Hadi Wibowo.

    Jawaban Krisno Hadi ini membuat beberapa warga yang menghadiri persidangan langsung bereaksi. Secara bersama-sama warga ini langsung membantah pernyataan Krisno Hadi.

    Warga tetap bersikukuh jika diawal persidangan, Krisno Hadi Wibowo mengatakan bahwa jumlah warga yang hadir diacara sosialisasi itu sebanyak 30 orang.

    Berkaitan dengan kesaksian Krisno Hadi Wibowo di awal persidangan yang menjelaskan bahwa yang datang diacara sosialisasi itu adalah warganya, yaitu warga Gunungsari yang menempati lahan Gunungsari Bukit 1 hingga 12, juga dipertanyakan kuasa hukum 44 warga Pulosari yang dalam perkara ini sebagai penggugat.

    “Mereka yang datang diacara sosialisasi itu warga bapak kan? Warga Gunungsari yang menempati lahan Gunungsari Bukit 1 sampai 12?,” tanya Ananta Rangkugo.

    Krisno Hadi hanya bisa terdiam dan berfikir sejenak. Diamnya Krisno ini akhirnya memancing teriakan warga yang memadati ruang persidangan.

    Setelah berfikir sejenak, Krisno Hadi lalu menjawab bahwa yang ikut sosialisasi itu adalah warga yang menempati Gunungsari Bukit 1 sampai 12.

    Lalu, siapa warga yang dimaksud ini? Apakah mereka itu adalah warga Gunungsari? Krisno Hadi kembali menerangkan bahwa sebagian warga yang menempati lahan tersebut adalah warga yang mempunyai identitas Gunungsari. Sebagian lagi tidak memiliki identitas.

    Kesaksian ini menjadi makin menarik bagi kuasa hukum 44 warga Pulosari. Mengapa? Diawal persidangan, Krisno Hadi Wibowo menjelaskan bahwa semua warga yang menempati lahan seluas enam hektar yang berada di Gunungsari Bukit 1 sampai 12 tidak memiliki KTP dan KK.

    Jikalau ada warga yang mempunyai identitas, mereka itu hanya meminjam identitas, menggunakan identitas lain.

    Krisno Hadi Wibowo akhirnya menyerah dan memberikan pernyataan tidak bisa menjawab saat kuasa hukum 44 warga Pulosari bertanya tentang status kependudukan warga yang menempati lahan yang diklaim milik PT. Patra Jasa tersebut.

    “Lalu mereka yang menempati lahan seluas enam hektar itu apakah warga bapak yang ketika itu sebagai Lurah Gunungsari atau penduduk liar?,” tanya Ananta Rangkugo.

    Masalah kepemilikan IMB juga menjadi bahan pertanyaan yang dilontarkan tim kuasa hukum 44 warga Pulosari kepada Krisno Hadi Wibowo.

    Kepada Krisno Hadi Wibowo, salah satu kuasa hukum 44 warga Pulosari pun bertanya, sejak kapan Krisno Hadi mengetahui bahwa bangunan-bangunan yang berdiri diatas lahan itu tidak memiliki IMB? Krisno pun menjawab sejak ia diangkat sebagai Lurah Gunungsari.

    “Lalu, ketika saksi mengetahui jika bangunan-bangunan itu tidak ber-IMB, mengapa saksi yang ketika itu menjabat sebagai Lurah Gunungsari tidak melakukan teguran, atau bahkan membongkar bangunan tersebut?,” tanya Ananta Rangkugo.

    Masalah eksekusi juga menjadi bahan pertanyaan untuk saksi dari kuasa hukum warga Pulosari. Krisno Hadi Wibowo yang mengaku hadir dan melihat langsung proses eksekusi rumah-rumah yang berdiri diatas lahan seluas enam hektar itu lalu mendapat pertanyaan, apakah rumah-rumah yang hanya bertanda “X” saja yang dirobohkan dengan menggunakan alat excavator atau rumah-rumah yang tidak ada tanda “X” tetap dirobohkan? Anehnya, saksi menjawab tidak mengetahui secara detail.

    Dipersidangan ini, di depan majelis hakim, Krisno Hadi Wibowo mendapat peringatan dari kuasa hukum warga Pulosari 44.

    Peringatan itu diberikan karena Krisno Hadi Wibowo dianggap berbohong di depan persidangan. Jika saksi ini terus berbohong, tim kuasa hukum warga Pulosari akan mendesak majelis hakim untuk memprosesnya dengan tuduhan memberikan keterangan palsu.

    Dugaan memberikan keterangan palsu itu karena di awal persidangan Krisno Hadi Wibowo menyampaikan adanya undangan dari PT. Patra Jasa untuk para warga terkait dengan sosialisasi rencana eksekusi, pemberian taliasih dan pemberitahuan kepada warga bahwa lahan yang ditempati ini adalah milik PT. Patra Jasa.

    Setelah diperingatkan, akhirnya Krisno Hadi Wibowo mengaku tidak melihat sendiri adanya undangan dalam bentuk fisik untuk warga.

    Krisno Hadi Wibowo sebagai saksi semakin terdesak ketika Luvino Siji Samora bertanya berkaitan dengan SHGB yang ditunjukkan kuasa hukum PT. Patra Jasa yang menemuinya di bulan April 2017.

    “Saksi ingat nomer SHGB-nya? Saksi juga ingat berapa luasan lahan milik PT. Patra Jasa sebagaimana dituliskan dalam SHGB tersebut?,” tanya Luvino Siji Samora.

    Untuk nomer SHGB, saksi Krisno Hadi Wibowo menjawab SHGB nomor 134. Dan luasnya 145 ribu meter persegi lebih.

    Namun, setelah mendapat peringatan dari kuasa hukum warga Pulosari dan ketua majelis, Krisno Hadi Wibowo akhirnya meralat pernyataannya menjadi tidak ingat.

    Masalah nomor SHGB dan berapa luasan tanah sebagaimana yang disebutkan di SHGB bukanlah satu-satunya peringatan yang diberikan kepada Krisno Hadi sebagai saksi.

    Krisno Hadi kembali mendapat peringatan ketika Luvino Siji Samora salah satu kuasa hukum warga menanyakan masalah masa berlaku SHGB PT. Patra Jasa.

    “Jika saksi tidak tahu sampai berapa tahun SHGB yang dimiliki PT. Patra Jasa, bagaimana saksi meyakini jika tanah yang menjadi obyek eksekusi tersebut adalah milik PT. Patra Jasa?,” tanya Luvino Siji Samora.

    Berkaitan dengan rumah warga yang diberi tanda “X” dimana pada pernyataan di awal persidangan, saksi mengatakan bahwa rumah yang dirobohkan adalah yang bertanda “X”.

    Untuk warga penerima taliasih jumlahnya 139 orang. Dan 139 orang ini rumahnya diberi tanda “X”. Yang menjadi pertanyaan kuasa hukum penggugat adalah apakah saksi Krisno Hadi menghitung bahwa ada 139 rumah yang diberi tanda “X”.

    Karena kebingungan dan tidak bisa menjawab pertanyaan kuasa hukum penggugat, saksi Krisno Hadi Wibowo akhirnya mengakui bahwa ia hanya mendapat informasi tanpa melakukan pengecekan dan penghitungan sendiri. [uci/but]

     

  • Pemprov harus bangun sistem agar subsidi transportasi tepat sasaran

    Pemprov harus bangun sistem agar subsidi transportasi tepat sasaran

    Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus membangun sistem yang baik agar subsidi transportasi umum yang direncanakan menyasar 15 golongan tepat sasaran.

    Rio di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta perlu membangun sistem verifikasi penerima manfaat berbasis KTP dan QR Code yang terintegrasi dengan kartu JakLingko dan terkoneksi dengan DTKS serta Dukcapil.

    “Ini penting untuk memastikan subsidi tepat sasaran dan mempercepat verifikasi secara aman dan efisien,” katanya.

    Selain itu, penggunaan teknologi seperti penerapan autentikasi biometrik dengan menggunakan sidik jari di halte utama juga perlu diterapkan.

    Semua itu untuk memastikan bahwa program transportasi umum gratis yang dikhususkan bagi 15 golongan benar-benar sesuai dengan peruntukannya.

    “Dashboard real-time juga harus dioperasikan oleh Dishub dan diaudit rutin oleh Bawasda untuk menjamin transparansi,” ujarnya.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang berkoordinasi dengan dinas terkait di luar Jakarta untuk menyiapkan layanan transportasi umum secara gratis bagi 15 golongan masyarakat guna mendukung akses mobilisasi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

    “Kami terus berkoordinasi dengan dinas terkait di luar Jakarta. Saat ini, persiapan layanan transportasi umum gratis bagi 15 golongan masyarakat tengah kami siapkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangannya.

    Adapun 15 golongan masyarakat penerima manfaat tersebut, yakni PNS Pemprov DKI Jakarta, pensiunan PNS, tenaga kontrak Pemprov DKI Jakarta, siswa penerima KJP Plus, penghuni rusunawa, Tim Penggerak PKK dan karyawan bergaji setara UMP.

    Nantinya, mereka dapat mendaftarkan diri melalui skema pendaftaran di bank.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Buka Rekening BCA Online Kini Makin Gampang! Cuma Butuh HP dan KTP!

    Buka Rekening BCA Online Kini Makin Gampang! Cuma Butuh HP dan KTP!

    Jakarta: Mau buka rekening bank tapi nggak mau antre di cabang? Tenang, sekarang kamu bisa buka rekening BCA cukup lewat HP! 
     
    Nggak perlu keluar rumah, cukup duduk santai di sofa, rekening langsung jadi dalam hitungan menit lewat aplikasi myBCA. 
     
    Cocok banget buat kamu yang sibuk atau mager ke luar rumah. Yuk, simak cara dan syaratnya biar nggak bingung lagi seperti dirangkum dari laman BCA!
    Syarat buka rekening BCA Online
    Sebelum memulai, siapkan dulu dokumen dan data berikut:

    – KTP
    – NPWP (opsional, kalau ada)
    – Nomor HP aktif
    – Alamat email aktif
    – Usia minimal 17 tahun
     

    Langkah buka rekening BCA online via myBCA

    Kalau belum punya BCA ID

    Unduh aplikasi myBCA di Play Store atau App Store.
    Pilih “Buka Rekening” lalu klik “Buat BCA ID Sekarang”.
    Daftarkan nomor HP, masukkan OTP.
    Aktivasi BCA ID lewat email.
    Login ke myBCA.
    Masukkan kode promo (kalau ada), pilih jenis tabungan dan kartu debit.
    Upload dokumen: e-KTP, NPWP (jika ada).
    Isi data pribadi, pekerjaan, alamat, dan pajak.
    Pilih kantor cabang untuk administrasi.
    Lakukan video call untuk verifikasi.
    Rekening langsung aktif setelah verifikasi selesai!

    Kalau sudah punya BCA ID

    Install aplikasi myBCA.
    Pilih Buka Rekening.
    Pilih Sudah Punya BCA ID.
    Login myBCA dengan BCA ID yang sudah diregistrasi.
    Masukkan kode promosi jika ada, pilih produk tabungan, jenis Kartu Debit, lalu upload dokumen yang dibutuhkan.
    Lengkapi data diri, alamat domisili, data pekerjaan, serta data perpajakan.
    Pilih kantor cabang, lalu konfirmasi dan centang pernyataan nasabah.
    Verifikasi diri dengan melakukan video call.
    Pembukaan rekening di myBCA berhasil.

    Tips sebelum buka rekening online
    1. Pastikan sinyal stabil
    Karena proses video call jadi bagian penting verifikasi, pastikan kamu punya koneksi internet yang stabil ya!
     
    2. Cari tempat yang tenang
    Waktu verifikasi, kamu akan diminta video call dengan petugas. Pastikan suasananya tenang dan pencahayaan cukup.
     
    3. Cek jenis tabungan
    Pilih produk tabungan yang sesuai kebutuhanmu. Misalnya kamu butuh limit transaksi besar, kamu bisa pilih kartu debit Platinum.
     
    Buka rekening BCA sekarang makin mudah berkat myBCA. Semua prosesnya bisa kamu selesaikan dari rumah, cuma modal HP dan KTP. 
     
    Praktis banget, kan? Yuk, download aplikasinya sekarang dan nikmati semua kemudahan perbankan digital dari BCA!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Jadwal Pendaftaran CPNS 2025 via SSCASN dan Informasi Lowongan Sekolah Kedinasan

    Jadwal Pendaftaran CPNS 2025 via SSCASN dan Informasi Lowongan Sekolah Kedinasan

    PIKIRAN RAKYAT – Simak dalam artikel di bawah ini, informasi terbaru mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2025 melalui portal SSCASN, serta bocoran mengenai formasi dan lowongan Sekolah Kedinasan (Sekdin) yang akan dibuka.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rini Widyantini, sebelumnya menyebutkan bahwa pendaftaran CPNS 2025 akan berkaitan dengan penambahan jumlah kementerian dan lembaga di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

    Diperkirakan, sekitar 300-400 ribu jabatan akan dibuka untuk mengisi berbagai posisi di instansi pemerintah. Namun, Kementerian PAN-RB belum dapat memastikan jumlah pasti pegawai yang diperlukan oleh setiap kementerian.

    Meski begitu, hingga kini belum ada pengumuman resmi terkait jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2025.

    Proses pemetaan jabatan oleh masing-masing kementerian masih berlangsung. Setelah selesai, seleksi CPNS akan dibuka sesuai kebutuhan.

    Persiapan Pendaftaran CPNS 2025

    Meskipun tanggal pasti pendaftaran belum diumumkan, calon pelamar dapat mempersiapkan diri dengan melengkapi dokumen persyaratan yang diperlukan. Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan:

    Dokumen Persyaratan Pendaftaran:

    Kartu Keluarga (KK) Pas foto berlatar belakang merah Swafoto KTP Ijazah + Serdik/STR Transkrip Nilai Surat Penugasan Guru untuk THK-2 (jika berlaku)

    Dokumen-dokumen ini perlu diunggah dalam format dan ukuran file yang ditentukan oleh masing-masing instansi.

    Persyaratan Umum:

    Warga negara Indonesia Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun (40 tahun untuk beberapa jabatan tertentu seperti dokter atau dosen) Sehat jasmani dan rohani Tidak memiliki catatan pidana Tidak sedang menjadi CPNS atau PNS, TNI, atau polisi Tidak terlibat dalam politik praktis

    Tata Cara Pendaftaran:

    Kunjungi laman resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id. Buat akun dengan mengisi data seperti NIK, KK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, serta email aktif. Lengkapi data pribadi dan unggah dokumen yang diperlukan. Pilih instansi dan formasi yang diinginkan, kemudian submit pendaftaran. Tunggu hasil seleksi administrasi. Link Pendaftaran dan Formasi CPNS 2025

    Pendaftaran CPNS 2025 akan dilakukan secara online melalui portal SSCASN. Tautan resmi pendaftaran akan tersedia: KLIK DI SINI.

    Formasi CPNS 2025 diprediksi akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat jumlah kementerian yang bertambah. Jumlah formasi yang dibuka akan bergantung pada posisi yang kosong setelah CPNS 2024.

    “Tahun 2025 nanti lihat dulu evaluasi kebijakan yang sekarang. Mudah-mudahan (CPNS 2025 ada lagi),” kata Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mohammad Averrouce.

    Sekolah Kedinasan 2025

    Untuk lulusan SMA/SMK, Sekolah Kedinasan adalah alternatif menarik karena menawarkan peluang menjadi CPNS setelah lulus, dengan kemungkinan kuliah gratis.

    Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025 diperkirakan akan dibuka pada April hingga Juni.

    Sekolah Kedinasan dengan Peminat Paling Sedikit:

    Politeknik Pelayaran Sorong: 26 pendaftar Politeknik Penerbangan Jayapura: 61 pendaftar Politeknik Penerbangan Makassar: 88 pendaftar Politeknik Penerbangan Medan: 153 pendaftar

    Berikut adalah beberapa Sekolah Kedinasan yang bisa dipilih:

    Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN (Kementerian Keuangan) Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) (BMKG) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) (Kemenhub) Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) (Kemenhub)

    Sekolah Kedinasan ini menawarkan berbagai program studi, seperti Akuntansi Sektor Publik, Meteorologi, dan Keamanan Siber.

    Pendaftaran CPNS 2025 masih menunggu pengumuman resmi mengenai tanggal pasti dan formasi yang dibuka. Sementara itu, calon pelamar bisa mempersiapkan dokumen dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

    Untuk yang tertarik melanjutkan pendidikan di Sekolah Kedinasan, pendaftaran juga akan segera dibuka dengan peluang besar untuk menjadi CPNS setelah lulus.

    Sebagai informasi, artikel bersifat prediktif dan dapat berubah sesuai kebijakan pemerintah. Pastikan untuk selalu memeriksa situs resmi SSCASN untuk pembaruan lebih lanjut. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • DKI siapkan layanan transportasi umum gratis untuk 15 golongan

    DKI siapkan layanan transportasi umum gratis untuk 15 golongan

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi dengan dinas terkait di luar Jakarta untuk menyiapkan layanan transportasi umum secara gratis bagi 15 golongan masyarakat guna mendukung akses mobilisasi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

    “Kami terus berkoordinasi dengan dinas terkait di luar Jakarta. Saat ini, persiapan layanan transportasi umum gratis bagi 15 golongan masyarakat tengah kami siapkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

    Adapun 15 golongan masyarakat penerima manfaat tersebut, yakni PNS Pemprov DKI Jakarta, pensiunan PNS, tenaga kontrak Pemprov DKI Jakarta, siswa penerima KJP Plus, penghuni Rusunawa, Tim Penggerak PKK dan karyawan bergaji setara UMP.

    Nantinya, mereka dapat mendaftarkan diri melalui skema pendaftaran di Bank DKI.

    Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui aplikasi Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Pendaftaran meliputi proses pendaftaran, verifikasi, validasi data, produksi dan distribusi kartu hingga aktivasi kartu dalam bentuk fisik maupun digital.

    Adapun layanan angkutan umum gratis bagi warga Jakarta akan menggunakan Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta dan sistem digital.

    Sedangkan pendaftaran melalui Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta berlaku bagi penduduk ber-KTP Kepulauan Seribu, penerima Raskin domisili Jabodetabek dan anggota TNI/Polri, veteran Republik Indonesia.

    Penyandang disabilitas, lansia di atas 60 tahun, pengurus rumah ibadah, pendidik PAUD serta golongan Jumantik, pengurus Karang Taruna, Dasawisma dan Posyandu.

    Syafrin mengatakan, masyarakat yang telah terdaftar dan memiliki KLG Transjakarta, maka dapat langsung menggunakan kartu tersebut untuk mengakses layanan gratis di MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

    “Pada tanggal 24 April bertepatan dengan Hari Angkutan Nasional, Pemprov DKI Jakarta juga akan menghadirkan layanan transportasi gratis sepanjang hari itu, meliputi Transjakarta (BRT, Non-BRT dan Mikrotrans), MRT Jakarta dan LRT Jakarta,” katanya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Awas SCAM, Ini Bukti Aplikasi Next 15 Tinggal Tunggu Waktu

    Awas SCAM, Ini Bukti Aplikasi Next 15 Tinggal Tunggu Waktu

    JABAR EKSPRES – Aplikasi Next 15 yang disebut-sebut sebagai aplikasi paling aman yang tidak mungkin scam ternyata mulai menunjukkan gejala bakal rungkad. Bahkan ada yang menyebut tinggal menunggu waktu saja.

    Jika awal bulan lalu, aplikasi ini sudah bisa beroperasi dengan normal lagi setelah mengalami libur hingga 20 hari, hingga banyak orang mempresiksi saat itulah aplikasi ini bakal scam, ternyata tidak terbukti.

    Aplikasi masih bisa berjalan normal, penarikan hingga saat ini amsih lancar dan memebr bisa menjalankan tugas seperti biasa.

    Banyak yang menyebut, saat itu tidak jadi scam karena bandar merasa keuntungan dari aplikasi ini belum besar.

    baca juga : Tak Jadi SCAM, Aplikasi Next 15 Makin Gencar Promosi

    Meski begitu, saat ini mulai banyak peringatan diberikan untuk member aplikasi Next 15, yang disebut mulai menunjukkan tanda-tanda bakal scam seperti aplikasi lain.

    Salah satu yang memberikan peringatan adalah akun facebook Yamanaka Ina yang mengunggah postingan di grup facebook Next 15 Kuningan Jawabarat.

    “Sebentar lagi bakal ada pemberitahuan kalo narik uang d acc harus verifikasi ktp atau kyc 👻
    Hati2 teman teman 👻👻,” tulisnya.

    Unggahan ini langsung ramai dapat komentar yang rata-rata setuju dengan unggahannya.

    “Tinggal hitung mundur aja,” tulis akun YanaNur***

    “Apakah sudah ada informasi dari manager kak,” tanya akun @vespa***

    Berberapa bukti lain bisa dilihat dengan membandingkan aplikasi ini dengan aplikasi ponzi lainnya yang sudah scam.

    Ada juga beberapa informasi dari anggota lain yang membagikannya di sosial media. seperti akun @Aing Saha yang memberikan informasi melalui komentar yang ditinggalkannya di grup yang sama.

    baca juga : Aplikasi NEXT 15 Kembali Normal, Benarkah Tak Bakal SCAM?

    “Maen beginii an malah rugi,,, tmn gw ikutan malah iklan ga muncul di persulit, grup wa pun di keluarkan dan manager ga ada respon sama sekali. Cuman orang peting yang bisa narik,” tulisnya.

    Dari info itu bisa diketahui perkembangan terakhir aplikasi ini, yang sesungguhnya sudah menerapkan scam permanajer.

    Maksudnya adalah, untuk member yang dirasanya sudah tidak menguntungkan untuk perusahaan dan leadernya, maka akan langsung dikeluarkan dari grup dan ditutup akses penarikannya, sehingga uang yang masih tersisa didalam aplikasi akan hangus.