Produk: KTP

  • Pra-SPMB Kota Tangerang 2025, Cek Jadwal dan Cara Ikut Pra-Pendaftaran – Halaman all

    Pra-SPMB Kota Tangerang 2025, Cek Jadwal dan Cara Ikut Pra-Pendaftaran – Halaman all

    Simak informasi jadwal, syarat dokumen, dan cara mengikuti Pra-SPMB Kota Tangerang 2025 di praspmb.tangerangkota.go.id.

    Tayang: Kamis, 8 Mei 2025 08:15 WIB

    praspmb.tangerangkota.go.id

    PRA-SPMB KOTA TANGERANG – Tangkapan layar website SPMB Kota Tangerang, Kamis (8/5/2025). Simak jadwal, syarat dokumen dan cara mengikuti pra-pendaftaran SPMB Kota Tangerang 2025 untuk SD-SMP. 

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini informasi Pra-SPMB Kota Tangerang 2025 bagi calon murid baru jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

    Pendaftaran Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Kota Tangerang segera dibuka dan diawali dengan pra-SPMB.

    Orang tua/wali dari calon peserta didik baru melakukan pra-SPMB atau pra-pendaftaran secara online melalui website praspmb.tangerangkota.go.id.

    Setelah mengisi formulir pra-SPMB, orang tua/wali akan mendapatkan nomor pendaftaran melalui nomor WhatsApp yang didaftarakan.

    Nomor tersebut berfungsi untuk melihat hasil pendaftaran, jika lolos seleksi/diterima sebagai murid baru, maka orang tua/wali akan mendapatkan nomor PIN yang digunakan untuk pendaftaran.

    Selengkapnya, simak informasi jadwal, syarat dokumen, dan cara mengikuti Pra-SPMB Kota Tangerang 2025 di bawah ini.

    Jadwal Pra-SPMB Kota Tangerang 2025

    Jenjang SD: 21 April 2025 – 10 Juli 2025
    Jenjang SMP: 21 April 2025 – 6 Juli 2025.

    Kegiatan pada dua jenjang tersebut akan diakhiri pada pukul 16.00 WIB pada tanggal yang telah ditentukan di atas.

    Dokumen Pra-SPMB Kota Tangerang 2025

    Jenjang SD

    Nomor Induk Kependidikan (NIK)
    Nomor Kartu Keluarga (KK)
    Nomor Induk Siswa Nasional (jika ada)
    Nama Lengkap
    Tempat Tanggal Lahir
    Jenis Kelamin
    Nama Ibu Kandung
    Alamat Lengkap
    Nomor Telepon Orang tua (Whatsapp aktif)
    Asal Sekolah (bagi yang bersekolah TK/RA/SPS/KB/ΤΡΑ)
    NPSN Sekolah Asal (bagi yang bersekolah TK/RA/SPS/KB/ΤΡΑ)
    Upload Kartu Keluarga (KK)
    Upload KTP Orang tua / akta kematian/akta cerai (apabila orang tua sudah meninggal dunia/bercerai)

    Jenjang SMP

    Nomor Induk Kependidikan (NIK)
    Nomor Kartu Keluarga (KK)
    Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    Nama Lengkap
    Tempat Tanggal Lahir
    Jenis Kelamin
    Nama Ibu Kandung
    Alamat Lengkap
    Nomor Telepon Orang tua (Whatsapp aktif)
    Asal Sekolah
    Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Sekolah Asal
    Upload Kartu Keluarga (KK)
    Upload KTP Orang tua / akte kematian/ akta cerai (apabila orang tua sudah meninggal dunia/bercerai)
    Bagi lulusan luar Kota Tangerang / lulusan tahun 2025 atau sebelumnya / lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) wajib mengisi nilai rapor dan mengupload rapor asli

    Cara Ikut Pra-SPMB Kota Tangerang 2025

    Buka website https://praspmb.tangerangkota.go.id/
    Pada halaman utama, klik “Daftar”
    Lalu, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon murid baru
    Klik “Cek NIK”
    Masukkan Captcha, lalu klik “Proses”
    Anda akan melihat formulir pendaftaran untuk mengikuti Pra-SPMB Kota Tangerang 2025
    Isi formulir sesuai data diri calon murid baru berdasarkan Kartu Keluarga (KK) Anda
    Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) calon murid baru
    Unggah file KK Anda pada kolom yang disediakan, file dalam format .pdf, .jpg, atau .png dengan ukuran maksimal 2 Mb
    Isi alamat lengkap calon murid baru sesuai dengan KK
    Tentukan titik lokasi tempat tinggal, klik pada lokasi domisili calon murid baru di Maps yang tersedia
    Setelah semua data lengkap, klik “Simpan”.

    (Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Kamis, tersedia layanan Samsat Keliling di 14 wilayah Jadetabek

    Kamis, tersedia layanan Samsat Keliling di 14 wilayah Jadetabek

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya menyediakan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling untuk membantu para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Kamis.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, sejumlah wilayah itu sebagai berikut:

    1. Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB;

    2. Jakarta Utara di halaman parkir Samsat dan parkir Itali Mall Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB;

    3. Jakarta Barat di Mal Citraland pukul 08.00-14.00 WIB;

    4. Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat pukul 08.00-15.00 WIB dan Sarinah Cikoko Pancoran pukul 08.00-14.00 WIB;

    5. Jakarta Timur di halaman parkir Samsat dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB;

    6. Kota Tangerang di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB;

    7. Serpong di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB dan Mal ITC BSD Serpong pukul 16.00-19.00 WIB;

    8. Ciledug di Giant Poris Batu Ceper dan Fresh Market Green Lake City Cipondoh pukul 09.00-12.00 WIB;

    9. Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-11.00 WIB;

    10. Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan Halaman GTown Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB;

    11. Kota Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB;

    12. Kabupaten Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 09.00-14.00 WIB;

    13. Depok di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB;

    14. Cinere di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB.

    Sejumlah syarat harus diperhatikan sebelum membayar pajak kendaraan, yakni membawa beberapa dokumen seperti KTP, BPKB dan STNK asli yang disertai lampiran fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling hanya melayani pembayaran PKB tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan ganti pelat nomor kendaraan harus mendatangi kantor Samsat terdekat.

    Selain itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan para wajib pajak menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Kamis, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Kamis, layanan SIM keliling tersedia di lima lokasi Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku terkait syarat legal berkendara, di Jakarta, Kamis.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung

    Jakut : LTC Glodok

    Jaksel : Parkir Arion Mall Jalan Pemuda Rawamangun

    Jakbar : Mall Citraland

    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan, dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

    Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Viral IRT di Lumajang Gunakan 195 Data Pribadi Orang untuk Pinjol, Berhasil Raup Rp2,9 Miliar

    Viral IRT di Lumajang Gunakan 195 Data Pribadi Orang untuk Pinjol, Berhasil Raup Rp2,9 Miliar

    GELORA.CO –  Viral seorang ibu rumah tangga berinisial AK (29) menggunakan data pribadi 195 orang untuk pinjaman online (pinjol).

    Tak tanggung-tanggung, dari aksinya itu, AK mendapatkan uang sebanyak Rp2,9 miliar.

    Diketahui saat ini warga Lumajang, Jawa Timur itu sudah ditangkap oleh Satreskrim Polres Pasuruan.

    Menurut keterangan Kapolres Pasuruan AKBP Jazuli Dani Iriawan, pelaku menawarkan kredit barang elektronik murah kepada para korban.

    Kemudian, AK membantu mengajukannya ke beberapa aplikasi pinjaman online.

    “Tersangka menawarkan kredit barang elektronik dengan angsuran yang sangat murah jauh dari harga pasar. Korban tergiur dan menyerahkan data pribadi seperti KTP dan scan wajah,” katanya Jazuli pada Rabu, 7 Mei 2025.

    KTP dan scan wajah korban ini yang digunakan tersangka untuk melakukan penipuan. Kemudian data-data itu digunakan untuk mengajukan pinjol.

    Agar aksinya tak terendus, Kapolres menjelaskan bahwa tersangka menyuruh ratusan korbannya mengirimkan seluruh kode pembayaran kepadanya dengan dalih akan membantu menyelesaikan proses pembayaran.

    Kemudian pelaku melarikan diri dengan tagihan yang dibiarkan dan ditagih kepada para korban.

    Akhirnya pelaku pun dilaporkan kepada pihak berwajib.

  • Nggak Perlu Bingung! Begini Cara Aman Tukar Rupiah ke Riyal Buat Jemaah Haji

    Nggak Perlu Bingung! Begini Cara Aman Tukar Rupiah ke Riyal Buat Jemaah Haji

    Jakarta: Menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, calon jemaah haji biasanya sibuk menyiapkan banyak hal. Salah satunya yang penting tapi sering bikin bingung adalah bagaimana cara menukar uang rupiah ke riyal Arab Saudi?
     
    Tenang, kamu tidak perlu panik atau bingung. Ada banyak cara praktis, aman, dan legal untuk menukar uang rupiah ke riyal (SAR), tanpa harus keliling ke banyak tempat atau takut rugi kurs.
    Mengenal uang Riyal Arab Saudi
    Sebelum menukar uang, penting untuk mengenal dulu bentuk dan nilai mata uang yang berlaku di Arab Saudi. Riyal Arab Saudi atau SAR adalah mata uang resmi dengan simbol SAR.
     
    Merangkum artikel dilaman Fahum UMSU, uang kertas SAR tersedia dalam pecahan 1, 5, 10, 50, dan 100 riyal, serta koin 1-2 riyal dan pecahan halalah (10, 25, dan 50).

    Nilai tukar riyal terhadap rupiah berubah-ubah, tergantung kondisi pasar. Per April 2025, 1 Riyal sekitar Rp4.427. Maka dari itu, selalu cek kurs terbaru sebelum menukar, ya!
     

    Tempat tukar uang rupiah ke riyal yang aman dan resmi
    Berikut adalah beberapa tempat terpercaya dan resmi buat menukar uang:
     
    1. Bank Umum
    Menukar uang di bank adalah opsi paling aman. Kamu bisa menukar di cabang terdekat dengan membawa KTP atau paspor. Nilai tukarnya kompetitif dan dijamin keaslian uangnya.
     
    2. Money Changer Berizin BI
    Kalau kamu butuh proses lebih cepat, money changer resmi bisa jadi solusi. Pastikan tempatnya punya izin dari Bank Indonesia. Jangan lupa minta nota transaksi sebagai bukti sah.
     
    3. Bandara Internasional
    Perlu tukar uang mendadak? Bisa juga dilakukan di bandara seperti Soekarno-Hatta, Juanda, atau Kualanamu. Tapi ingat, kurs di sini biasanya lebih tinggi, jadi sebaiknya hanya tukar sedikit saja untuk kebutuhan darurat.
     
    4. Penukaran di Arab Saudi
    Kalau terpaksa, kamu juga bisa tukar uang di Bandara Jeddah atau Madinah. Namun, saat musim haji, antrian bisa panjang dan nilai tukar bisa kurang menguntungkan.
    Langkah-langkah menukar uang rupiah ke riyal
    Agar proses tukar uang berjalan lancar, ikuti panduan berikut:
     
    – Siapkan identitas diri (KTP atau paspor).
    – Pastikan uang rupiah tidak rusak, sobek, atau dilakban.
    – Cek nilai tukar terbaru via situs resmi atau aplikasi kurs.
    – Datangi lokasi penukaran uang terpercaya.
    – Ambil antrean, isi formulir penukaran, dan sampaikan nominal yang ingin ditukar.
    – Teller akan menjelaskan kurs dan total uang riyal yang akan kamu terima.
    – Setelah sepakat, serahkan uang dan dokumen.
    – Hitung kembali uang riyal yang diterima sebelum pergi.
    – Simpan kwitansi penukaran sebagai bukti transaksi.
     
    Meskipun perlu membawa riyal, bukan berarti kamu harus membawa semuanya dalam bentuk tunai. Untuk keamanan, sebaiknya gunakan kartu debit internasional (berlogo Visa/Mastercard) untuk menarik uang riyal di ATM Arab Saudi.
     
    Menukar uang dari rupiah ke riyal adalah bagian penting dari persiapan ibadah haji. Dengan memilih tempat penukaran yang resmi, mengikuti prosedur yang tepat, dan menghitung kebutuhan secara bijak, kamu bisa menjalani ibadah dengan lebih tenang dan aman.
     
    Jangan lupa, jaga uang, jaga niat, dan fokus ibadah!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Cara Daftar OTS Antrian KJP Pasar Jaya di HP untuk Dapatkan Sembako Murah – Halaman all

    Cara Daftar OTS Antrian KJP Pasar Jaya di HP untuk Dapatkan Sembako Murah – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah cara daftar On the Spot (OTS) antrian Kartu Jakarta Pintar (KJP) Pasar Jaya untuk dapat sembako murah atau subsidi pangan.

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan subsidi pangan bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar atau KJP.

    Namun, pemberian sembako murah atau subsidi pangan dibatasi dalam atrian yang bisa daftarkan oleh pemegang KJP secara online.

    Setelah melakukan pendaftaran secara online, nantinya akan muncul nomor antrean dan barcode yang digunakan untuk memperoleh sembako murah yang diselenggarakan oleh Perumda Pasar Jaya.

    Pendaftaran OTS antrian KJP Pasar Jaya bisa dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

    Lokasi pengambilan bantuan sembako murah  OTS antrian KJP Pasar Jaya tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

    Pengambilan sembako OTS antrian KJP Pasar Jaya dilakukan satu hari setelah pendaftaran online atau tanggal yang tertera di tiket antrean.

    Lantas, bagaimana cara daftar OTS antrian KJP Pasar Jaya?

    Cara Daftar OTS Antrian KJP Pasar Jaya 

    Simak cara daftar OTS antrian KJP Pasar Jaya, melansir dari laman resmi https://antriankjp.pasarjaya.co.id/.

    Pemengan KJP Jakarta hanya perlu mendaftar lewat HP dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

    1. Buka website dengan link https://antriankjp.pasarjaya.co.id/ atau KLIK

    2. Lakukan registrasi data diri dengan mengisi formulir sesuai instruksi yang diberikan.

    3. Isi formulir sesuai yang diminta seperti wilayah, lokasi pengambilan, tanggal pengambilan, nomor kartu ATM penerima manfaat, dan tanggal lahir.

    4. Isi kolom captcha dengan angka yang sesuai.

    5. Klik centang pada bagian Disclaimer.

    6. Klik tombol Enter atau Simpan.

    7. Setelah berhasil mendaftar, sistem akan menampilkan nomor antrean beserta identitas pemilik KJP sebagai bukti pendaftaran.

    8. Unduh dan simpan tiket antrean online.

    9. Setelah proses verifikasi dan registrasi data selesai, cetak/download/screenshot (SS) tiket antrean sebagai syarat wajib untuk mengambil barang.

    Syarat dan Ketentuan Daftar OTS Antrian KJP Pasar Jaya

    1. Pendaftaran antrean hanya dapat dilakukan melalui Qr Code dan situs web resmi;

    2. Antrian online dapat diakses mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB;

    3. Pengambilan barang dilakukan pada H+1;

    4. Antrian online ini hanya berlaku di lokasi yang tertera dan untuk 1 kali pengembilan per hari;

    5. Pengambilan dilakukan pada pukul 08.00 – 17.00 WIB (disesuaikan dengan stok komoditi yang tersedia di gerai);

    6. Harus membawa beberapa data pendukung berupa:

    Kartu Pangan Subsidi
    KTP asli
    Fotocopy KK
    Bukti antrean online

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

  • Layanan SIM keliling buka di lima lokasi Jakarta pada Rabu

    Layanan SIM keliling buka di lima lokasi Jakarta pada Rabu

    Seorang warga mengurus perpanjangan SIM di SIM Keliling, LTC Glodok, Jakarta. FOTO ANTARA/Andika Wahyu

    Layanan SIM keliling buka di lima lokasi Jakarta pada Rabu
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Rabu, 07 Mei 2025 – 06:00 WIB

    Elshinta.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lokasi layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku terkait syarat legal berkendara, di Jakarta, Rabu Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan layanan ini buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

    Berikut sejumlah lokasi layanan tersebut :

    Jaktim : Mall Grand Cakung

    Jakut : LTC Glodok

    Jaksel : Kampus Trilogi Kalibata

    Jakbar : Mall Citraland

    Jakpus : Kantor Pos Lapangan Banteng

    Adapun dokumen yang harus dibawa ke SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli beserta fotokopi, formulir permohonan, dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai. Layanan ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

    Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan permohonan SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

    Sumber : Antara

  • Cara Cek Nama Penerima Bansos PKH BPNT Online, Cair Mei 2025

    Cara Cek Nama Penerima Bansos PKH BPNT Online, Cair Mei 2025

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Daftar penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) bisa dicek melalui situs resmi Kementerian Sosial.

    Sebagai informasi, bantuan PKH dan BPNT tahap 2 untuk periode April-Juni 2025 telah disalurkan oleh Kemensos.

    Bantuan PKH dan BPNT ditujukan bagi masyarakat kurang mampu sebagai bagian dari program pemberdayaan. Penerima manfaat terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kemensos.

    Lantas, bagaimana cara mengecek nama penerima bansos PKH dan BPNT?

    Cara Cek Nama Penerima Bansos PKH dan BPNT 2025

    Mengecek nama penerima untuk berbagai jenis bansos dapat dilakukan di laman resmi bansos Kemensos, yakni https://cekbansos.kemensos.go.id/. Berikut rincian cara mengeceknya melalui website dan aplikasi yang dapat dijadikan panduan.

    Cara cek penerima bansos Website

    Berikut cara mengecek nama penerima bansos lewat website Kemensos:

    Buka ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau langsung klik link ini
    Lalu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa sesuai KTP
    Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan KTP
    Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang tertera di laman, kemudian tekan “CARI DATA”
    Setelahnya, laman akan menampilkan hasil pencarian nama penerima bansos
    Jika termasuk penerima manfaat, nama yang dimasukkan akan muncul beserta jenis bansos yang diterima
    Namun, jika tidak termasuk penerima manfaat, maka laman akan memunculkan notifikasi bahwa nama yang dimasukkan tidak ada.

    Cara cek nama penerima bansos lewat aplikasi

    Untuk mengecek apakah dana bantuan sosial sudah cair, penerima perlu mengunduh dan memasang aplikasi Cek Bansos dari Play Store.

    Setelah aplikasi terinstal, ikuti langkah-langkah berikut:

    Buka aplikasi Cek Bansos
    Pilih menu “Buat Akun” bagi pengguna baru
    Isi data pribadi secara lengkap, termasuk nama, NIK, alamat, email, dan kata sandi
    Unggah foto diri (swafoto) dan foto KTP
    Tekan “Buat Akun Baru”
    Jika data sudah benar, akun akan otomatis dibuat. Jika diperlukan, lakukan verifikasi melalui email sesuai petunjuk di kotak masuk
    Setelah berhasil login, buka menu “Profil”
    Akan muncul informasi jenis bantuan yang diterima
    Di halaman profil juga ditampilkan status penerima bansos lainnya dalam satu keluarga yang terdaftar di DTKS, termasuk nama, usia, jenis kelamin, dan catatan atau sanggahan terkait.

    Cara Cek saldo dan pencairan bansos PKH dan BPNT

    Pencairan dana bantuan sosial (bansos) akan dilakukan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). KKS tersebut diberikan kepada warga yang terdaftar sebagai penerima manfaat dari Kementerian Sosial melalui pemerintah setempat.

    Untuk memastikan dana telah masuk, masyarakat dapat memeriksa saldo KKS. Jika bantuan sudah tersedia, pencairan bisa segera dilakukan.

    Berikut langkah-langkah pencairannya:

    Datangi ATM bank anggota Himbara (BNI, BRI, BTN, atau Mandiri) dengan membawa KKS
    Jika tidak tersedia ATM terdekat, saldo juga bisa dicek melalui e-warong atau agen bank resmi
    Lakukan pengecekan saldo melalui mesin ATM atau layanan yang tersedia
    Jika bantuan PKH dan BPNT telah masuk, dana dapat dicairkan sesuai kebutuhan
    Alternatif lainnya, pencairan juga bisa dilakukan di kantor pos dengan membawa surat undangan dari pengurus RT/RW setempat.

    Besaran Bansos PKH dan BPNT

    Jumlah bantuan PKH dan BPNT berbeda-beda disesuaikan dengan tujuannya. PKH bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, dan pangan, sementara BPNT hanya untuk kebutuhan pangan.

    Berikut perincian besaran bantuan PKH dan BPNT pada 2025:

    Bantuan PKH 2025

    Menurut Kemensos RI, besaran bantuan PKH untuk 2025 adalah sebagai berikut:

    Ibu hamil: Rp 750.000 setiap 3 bulan (Rp 3.000.000 per tahun)
    Anak usia dini (0-6 tahun): Rp 750.000 setiap 3 bulan (Rp 3.000.000 per tahun)
    Anak Sekolah SD: Rp 225.000 setiap 3 bulan (Rp 900.000 per tahun)
    Anak Sekolah SMP: Rp 375.000 setiap 3 bulan (Rp 1.500.000 per tahun)
    Anak Sekolah SMA: Rp 500.000 setiap 3 bulan (Rp 2.000.000 per tahun)
    Lanjut usia (70 tahun ke atas): Rp 600.000 setiap 3 bulan (Rp 2.400.000 per tahun)
    Penyandang disabilitas berat: Rp 600.000 setiap 3 bulan (Rp 2.400.000 per tahun)

    Bantuan BPNT 2025

    Sementara BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam DTKS.

    Meskipun disebut “bantuan pangan,” penerima tetap akan menerima bantuan dalam bentuk uang.

    Bantuan ini disalurkan menjadi empat tahap. Tahap 1 telah rampung pada bulan Januari, Februari, dan Maret.

    Selanjutnya, tahap 2 dimulai sejak April, Mei, dan Juni. Lalu tahap 3 baru akan dimulai pada bulan Juli hingga September.

    Sementara tahap 4 cair pada bulan Oktober hingga Desember. Melalui BPNT ini, masyarakat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan.

    (dem/dem)

  • Pemkot Kediri Dekatkan Layanan Adminduk ke Masyarakat Lewat Kelurahan dan Kecamatan

    Pemkot Kediri Dekatkan Layanan Adminduk ke Masyarakat Lewat Kelurahan dan Kecamatan

    Kediri (beritajatim.com) – Dalam rangka mewujudkan program prioritas Walikota Kediri yang tertuang dalam Sapta Cita, yaitu Pemerintahan Cepat Tepat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri menggelar sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Selasa (6/5/2025) di Balai Pertemuan Kecamatan Pesantren.

    Acara ini dibuka secara langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Mandung Sulaksono. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Walikota Kediri agar masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kependudukan.

    “Jika dulu layanan kependudukan hanya bisa dilakukan di Dispendukcapil, sesuai arahan Walikota Kediri pelayanan harus cepat dan dekat dengan masyarakat sehingga pelayanan adminduk bisa dilakukan di kelurahan dan kecamatan,” ungkapnya.

    Mandung menegaskan pentingnya ketelitian dalam menangani data administrasi kependudukan. Ia berpesan kepada para peserta agar selalu berhati-hati dan melakukan pemeriksaan data secara berulang. “Sebelum di launching harap untuk mempersiapkan segalanya dengan baik sehingga ke depan tidak ada kendala dan hambatan. Masyarakat harus terlayani dengan baik, dengan ramah, tulus dan ikhlas,” tambahnya.

    Ia juga berharap agar kegiatan ini menjadi momen untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sistem pelayanan di kelurahan, sehingga layanan adminduk bisa diberikan dengan lebih efisien dan akuntabel.

    “Kesempatan ini semoga bisa digunakan untuk membangun sumber daya manusia dan sistem di kelurahan agar bisa memberikan pelayanan kependudukan lebih cepat dan tepat sasaran. Pengurusan kependudukan tidak boleh diwakilkan dan harus hadir sendiri sehingga transparansi lebih terjamin dan tidak ada lagi praktik biro jasa, dsb,” tutupnya.

    Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Marsudi Nugroho, menjelaskan bahwa sosialisasi dilaksanakan secara bertahap, dengan sasaran Lurah, Kasi Pemerintahan, operator TIK, serta petugas kelurahan di tiga kecamatan. Dimulai pada 2 Mei 2025 untuk Kecamatan Mojoroto, dilanjutkan pada 6 Mei 2025 untuk Kecamatan Pesantren, dan 7 Mei 2025 untuk Kecamatan Kota.

    “Setelah diberikan sosialisasi, mereka juga diberi pemahaman dan praktik entry data langsung di aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di kantor Dispendukcapil selama dua hari,” jelasnya.

    Layanan kependudukan yang bisa diakses di kelurahan dan kecamatan antara lain pengurusan Kartu Keluarga, KTP, surat pindah, akta kelahiran, dan akta kematian. “Untuk rekam dan cetak KTP elektronik ada di kecamatan masing-masing, selain di Dispendukcapil dan MPP kami. Selain 5 jenis layanan tadi, pelayanan perkawinan, perceraian dan layanan kependudukan WNA hanya bisa diurus di Dispendukcapil,” tambahnya.

    Demi menjaga keamanan data, Dispendukcapil juga menerapkan perjanjian kerja sama sebagai syarat mendapatkan akses SIAK. “Karena di dalam aplikasi ini mengandung semua elemen data masyarakat Kota Kediri, maka kita lakukan perjanjian kerjasama dan surat pertanggungjawaban mutlak dan pernyataan tidak menyalahgunakan data untuk menjamin data tidak boleh diberikan pada orang yang tidak berkepentingan,” imbuh Marsudi.

    Marsudi juga mengingatkan masyarakat agar mengurus dokumen kependudukan secara mandiri. Namun, bila tidak memungkinkan, maka dapat diwakilkan oleh anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga. Jika yang bersangkutan hidup sendiri, maka pengurusan dapat dibantu oleh Ketua RT dengan dilengkapi surat kuasa.

    Melihat kesiapan SDM serta fasilitas yang ada, Marsudi optimistis pelayanan adminduk di tingkat kelurahan dan kecamatan segera terealisasi. “Setelah kita berikan sosialisasi, bimtek dan mengadakan perjanjian kerjasama inshaAllah kami bisa melakukan launching di akhir bulan Mei. Harapan kami masyarakat Kota Kediri bisa lebih cepat dan mudah untuk mengurus layanan kependudukan,” pungkasnya. [nm/kun]

  • Cara Cek KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 Cair Mei 2025, Siswa Penerima Segera Akses kjp.jakarta.go.id – Halaman all

    Cara Cek KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 Cair Mei 2025, Siswa Penerima Segera Akses kjp.jakarta.go.id – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Cara cek penerima KJP Plus Tahap 1 Tahun 2025 untuk Bulan Maret 2025 yang cair pada Mei 2025.

    Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jakarta telah mengumumkan pencairan dana bantuan biaya pendidikan KJP Plus Tahap 1 Tahun 2025 Bulan Maret yang cair secara bertahap mulai 5 Mei 2025.

    Adapun jumlah penerima dana KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 yang cair pada Mei 2025 disalurkan untuk total 707.622 peserta didik di seluruh DKI Jakarta.

    “Pencairan dana KJP Plus Tahap I Tahun 2025 bulan Maret 2025 akan dilaksanakan secara bertahap mulai 5 Mei 2025.”

    “Jumlah penerima KJP Plus Tahap I Tahun 2025 sebanyak 707.622 peserta didik,” tulis Instagram @disdikdki, dikutip pada Selasa (6/5/2025).

    Pencairan dana KJP Plus Tahap 1 Maret 2025  di bulan Mei 2025 ini disalurkan kepada siswa SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

    Siswa dapat melakukan pengecekan sebagai penerima dana KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 secara online lewat laman kjp.jakarta.go.id.

    Sementara untuk mencairkan dana KJP Plus Tahap 1 Maret 2025, siswa penerima memerlukan proses pembukaan rekening, cetak buku tabungan dan ATM, penyerahan buku tabungan dan ATM, serta pemindah bukuan dana ke rekening penerima.

    Cara Cek Penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025

    Simak cara cek Penerima KJP Plus Tahap 1 Tahun 2025 untuk mengetahui daftar siswa yang menerima dana bantuan yang cair untuk bulan Maret 2025:

    Buka laman kjp.jakarta.go.id atau Klik Link;
    Pilih layanan situs ‘Periksa Status Penerimaan KJP’;
    Pilih layanan situs ‘Pencarian’;
    Isi NIK KTP orang tua penerima KJP Plus;
    Klik ‘Tahun’;
    Pilih layanan situs ‘Pilih Tahap’;
    Klik menu ‘Cek’;

    Setelah itu, data penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 yang cair bulan Mei 2025 akan muncul.

    Besaran Dana KJP Plus Tahap 1 Maret 2025
    1. SD/MI/SDLB

    Besaran dana Rp 380.000/bulan terdiri dari Dana Personal perbulan Rp 250.000.

    Lalu tambahan SPP untuk sekolah Swasta per bulan sebesar Rp 130.000/bulan.

    Jumlah penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 jenjang SD/MI/SDLB sebanyak 341.879 peserta didik.

    2. SMP/MTs/SMPLB

    Besaran dana Rp 470.000/bulan terdiri dari Dana Personal perbulan Rp 300.000.

    Kemudian tambahan SPP untuk sekolah Swasta per bulan sebesar Rp 170.000/bulan.

    Jumlah penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 jenjang SMP/MTs/SMPLB sebanyak 189.437 peserta didik.

    3. SMA/MA/SMALB

    Besaran dana Rp 710.000/bulan terdiri dari Dana Personal perbulan Rp 420.000.

    Lalu tambahan SPP untuk sekolah Swasta per bulan sebesar Rp 290.000/bulan.

    Jumlah penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 jenjang SMA/MA/SMALB sebanyak 62.295 peserta didik.

    4. SMK

    Besaran dana Rp 690.000/bulan terdiri dari Dana Personal perbulan Rp 450.000.

    Serta tambahan SPP untuk sekolah Swasta per bulan sebesar Rp 240.000/bulan.

    Jumlah penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 jenjang SMK sebanyak 111.315 peserta didik.

    5. PKBM

    Besaran dana personal per bulan PKBM adalah Rp 300.000.

    Jumlah penerima KJP Plus Tahap 1 Maret 2025 untuk PKBM ada sebanyak 2.696 peserta didik.

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)