Produk: KRL

  • Aplikasi HP yang Wajib Ada Saat Ramai Demo Kawal Putusan MK

    Aplikasi HP yang Wajib Ada Saat Ramai Demo Kawal Putusan MK

    Jakarta

    Hari ini, Kamis (22/8/2024) akan digelar demo Kawal Putusan MK di Jakarta, dan sejumlah kota di Indonesia, terkait mengawal agenda Badan Legislasi (Baleg) DPR yang menggelar rapat untuk membahas Rancangan Undang-undang Pilkada.

    Untuk berjaga-jaga, baik kalian yang ikut turun ke jalan maupun tidak, aplikasi ini penting ada di HP kamu untuk membantu keamanan kamu di tengah ramainya aksi demo.

    1. Google Maps

    Aplikasi Google Maps akan sangat terpakai untuk menentukan jalan menuju lokasi aksi, janjian bertemu dengan massa aksi lain atau mencari titik keberangkatan untuk long march.

    Google Maps juga akan terpakai setelah aksi unjuk rasa selesai dan kalian mencari rute untuk pulang ke rumah. Titik kemacetan di sekitar lokasi aksi, terpantau mudah di sini.

    Aplikasi ini juga membantu kalian yang tidak ikut aksi massa dan justru menghindari area tempat massa berdemo, mencari rute pergi atau pulang yang aman dari kemacetan dampak unjuk rasa.

    2. Waze

    Aplikasi Waze akan sangat membantu memberikan informasi penting ada apa di jalanan, apalagi saat ada unjuk rasa. Bagaimana kondisi lalu lintas dan ada peristiwa penting apa di jalan raya, semua terpantau dengan mudah di sini.

    Informasi real time dari para netizen akan sangat berguna untuk memantau situasi saat menuju, berada dan kembali dari lokasi. Kalian juga bisa menghindari rute-rute yang terhalang demo supaya perjalanan tetap lancar.

    3. Media sosial X, Instagram, TikTok

    Media sosial penting untuk memantau apakah isu-isu yang disuarakan bergema atau tidak. Informasi tersebut bisa berguna untuk memantau perkembangan terkini. X (dulu Twitter), Instagram, dan TikTok adalah yang paling update terkait situasi semacam ini.

    Selain itu, ada beberapa akun media sosial yang berguna karena mengabarkan perkembangan paling mutakhir dari aksi dan jalur transportasi, seperti TMC Polda Metro, info KRL, Trans Jakarta, akan milk situs berita resmi, dan lainnya.

    4. detikcom

    Aplikasi portal berita detikcom juga penting untuk memantau perkembangan unjuk rasa. Untuk rujukan sumber informasi tercepat, terupdate dan bisa dipercaya dari perkembangan terkini di sekitar kawasan Gedung DPR dan di jalanan, kalian bisa tahu dari detikcom.

    detikcom memantau setiap detik perkembangan aksi unjuk rasa di berbagai kota. Jadi, kalian bisa ikut mengikuti perkembangannya.

    5. Speedtest by Ookla

    Saat sedang unjuk rasa, seringkali koneksi internet di lokasi aksi mendadak lelet dan macet sehingga sulit berkomunikasi. Mau memantau situasi juga jadi terhambat.

    Kalian perlu punya aplikasi untuk mengetes kecepatan internet, misalnya saja Speedtest by Ookla. Secara berkala, pantaulah kecepatan koneksi internet untuk berjaga-jaga.

    6. Aplikasi Transportasi Online

    Dalam situasi unjuk rasa, sangat mungkin transportasi umum jadi terhambat karena terhalang atau eskalasi yang meningkat. Maka, aplikasi transportasi online wajib ada untuk pulang ke rumah dengan aman atau mengarah ke tujuan lain.

    Tentunya saat ini, aplikasi transportasi online sudah menjadi hal yang wajib ada di HP. Tapi pastikan aplikasi tersebut beroperasi dengan baik dan siap digunakan sewaktu-waktu.

    (rns/rns)

  • 800 Ribu Kartu Multi Trip BT21 Bakal Dirilis, Segini Biayanya

    800 Ribu Kartu Multi Trip BT21 Bakal Dirilis, Segini Biayanya

    Jakarta

    PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter akan merilis 800.000 kartu multi trip (KMT) beredisi kartun BT21. Tujuannya untuk mempersembahkan kepada semua pengguna KRL di Indonesia.

    Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan pihaknya berencana akan menyediakan 16 desain yang berbeda. Sebelumnya, pihaknya juga telah meluncurkan KMT dengan empat desain edisi BT21 pada Senin (12/8) lalu. KMT edisi khusus ini dibanderol dengan harga Rp 60 ribu, sudah termasuk saldo sebesar Rp 10 ribu.

    “Setiap mengeluarkan (4 desain) itu, itu 200 ribu kartu. Jadi, kayak di Agustus ini kan kita keluarin 4 desain kartu yang berbeda, itu 200 ribu. Nanti di Oktober, kita akan keluarin lagi 4 desain yang berbeda, itu juga 200 ribu kartu. Kemudian di Desember, yang (batch) keempat itu juga nanti kita keluarkan lagi sebanyak 200 ribu. Total nanti akan ada 800 ribu kartu multi trip dengan tema BT21 tadi, yang bisa kita sebar ke masyarakat,” terang Joni kepada awak media, di Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024).

    Joni menjelaskan pihaknya melihat generasi muda tengah menggandrungi BT21. Maka dia menilai akan lebih baik apabila masyarakat dapat mengoleksi semua desainnya.

    Nantinya kartu bertema BT21 tersebut akan tersedia di loket-loket stasiun KRL. Kartu ini dapat digunakan untuk LRT, MRT, Jaklingko, Transjakarta, TransJogja, TransJatim, hingga TransJateng. Meski begitu, pihaknya tengah mengupayakan agar KMT tersebut bisa digunakan untuk transaksi tarif tol.

    “Total nanti akan ada 16 desain kartu itu. Jadi, teman-teman anak-anak muda yang sangat menggandrungi itu, mereka punya banyak pilihan untuk mengoleksi kartu itu. Jumlah transaksi pembayaran melalui KMT itu tinggi banget, kalau sampai dengan Juli ini transaksi orang beli KMT Commuter Line dengan tap itu ada 101 juta lebih,” jwlasnya.

    Terkait investasi yang dibutuhkan untuk program tersebut, Joni tidak menjelaskan detail. Namun, apabila diasumsikan satu kartu bernilai Rp 60.000 dan diluncurkan dengan total 800.000 kartu. Setidaknya butuh dana sekitar Rp 48 miliar untuk produksi kartu tersebut.

    “Iya, iya (sekitar miliyaran). Kalau totalnya, kita belum ini ya. Saya harus-harus konfirmasi dulu ya,” imbuhnya.

    (hns/hns)

  • Jokowi: Sudah Ada Kereta Cepat, Jakarta Masih Macet di Semua Titik

    Jokowi: Sudah Ada Kereta Cepat, Jakarta Masih Macet di Semua Titik

    Jakarta, CNN Indonesia

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung kemacetan Jakarta yang masih saja terjadi meskipun kereta cepat dan berbagai transportasi publik lainnya sudah dibangun.

    Jokowi mengatakan hal ini terjadi karena tingkat karena penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi. Hal itu terjadi selama bertahun-tahun.

    “Jakarta macetnya bertahun-tahun. Kita sudah ada KRL, ada LRT, ada MRT, ada kereta cepat, itu pun masih macet di semua titik,” kata Jokowi saat meresmikan Terminal Samarinda Seberang di Samarinda, Rabu (28/2).

    Jokowi mengatakan kecenderungan serupa terjadi di beberapa kota besar. Dia mulai menemukan kemacetan yang sama di Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin.

    Menurut Jokowi, solusi satu-satunya adalah menggeser penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan publik massal. Oleh karena itu, pemerintah mendorong pembangunan fasilitas-fasilitas penopang transportasi publik massal.

    “Kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri, pentingnya transportasi umum. Saya senang pada sore hari ini melihat pembangunan Terminal Samarinda Seberang di Kota Samarinda,” ujarnya.

    Jokowi menilai Terminal Samarinda Seberang rapi dan bersih. Penataan terminal ini juga dinilai baik. Dia berharap masyarakat perlahan beralih ke transportasi publik.

    “Ini untuk mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki,” ucap Jokowi.

    (dhf/sfr)

  • Alam Sutera Luncurkan CASSIA, Hunian Harga Rp1,8 M di Tangerang

    Alam Sutera Luncurkan CASSIA, Hunian Harga Rp1,8 M di Tangerang

    Jakarta, CNN Indonesia

    Ayodhya by Alam Sutera meluncurkan Klaster CASSIA, hunian modern dan strategis yang ditujukan bagi pangsa millenials di pusat Kota Tangerang.

    CASSIA merupakan kawasan mixed-use development seluas 16 hektare. Klaster ini menyediakan kemudahan bagi para milenial yang sedang mencari tempat tinggal yang nyaman, terjangkau, dengan kemudahan akses.

    Sales & Marketing Division Head Ayodhya by Alam Sutera Adeline Permana menuturkan para milenial memiliki tantangan tersendiri dalam mencari hunian yang sesuai dengan gaya hidup. Menurutnya, para milenial menginginkan hunian yang modern dengan desain menarik dan lokasi yang strategis.

    “Klaster CASSIA hadir untuk memberikan kenyamanan di dalam dan di luar hunian, dan juga kenyamanan untuk beraktivitas di luar hunian,” kata Adeline melalui keterangan resmi, Jumat (23/2).

    Klaster CASSIA terletak di jalan protokol MH Thamrin, yang hanya 5 menit dari Tol Jakarta-Merak, 10 menit ke stasiun KRL dan railink bandara dan 20 menit dari Bandara Soekarno Hatta.

    Selain itu, Klaster CASSIA juga dikelilingi oleh berbagai fasilitas publik, seperti rumah sakit, sekolah, universitas, dan pusat perbelanjaan.

    Adeline menjelaskan nama CASSIA diambil dari salah satu nama rasi bintang yaitu ‘Cassiopeia’ yang melambangkan suatu cahaya yang bersinar cemerlang di alam semesta. Layaknya bintang yang bersinar, CASSIA diharapkan mampu menjadi cahaya yang membawa kehidupan melalui kenyamanan sebuah hunian untuk keluarga.

    Klaster CASSIA menawarkan tiga tipe rumah dua lantai yang juga diambil berdasarkan nama rasi bintang lainnya, yaitu Aquila (6×14), Vela (6×16), dan Lyra (7×14). Ketiga tipe rumah ini memiliki luas yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan untuk setiap penghuninya.

    Rinciannya adalah sebagai berikut:

    – Tipe Aquila (6×14), LT : 84 m2 | LB : 85 m2 dengan 3 Kamar Tidur, 3 Kamar Mandi
    – Tipe Vela (6×16), LT : 96 m2 | LB : 103 m2 dengan 3+1 Kamar Tidur, 3+1 Kamar Mandi
    – Tipe Lyra (7×14), LT : 98 m2 | LB : 115 m2 dengan 3+1 Kamar Tidur, 3+1 Kamar Mandi

    Adapun Klaster CASSIA dibanderol dengan harga perdana mulai dari Rp1,8 miliar.

    “Selain itu, Klaster CASSIA juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berkualitas, seperti sport lounge dengan lapangan basket, kolam renang, taman bermain anak, serta sistem keamanan single gate cluster yang menjamin kenyamanan para penghuninya,” tutur Adeline.

    (mrh/agt)

  • Siapa Vela Aero, Perusahaan yang Digandeng PTDI Bangun Taksi Terbang?

    Siapa Vela Aero, Perusahaan yang Digandeng PTDI Bangun Taksi Terbang?

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menggandeng Vela Aero dalam mengembangkan taksi terbang (air taxi) sebagai sarana transportasi masa depan anti kemacetan.

    Taksi terbang yang dinamai Vela Alpha itu ditargetkan bisa beroperasi pada 2028 mendatang.

    Humas PTDI Anissa Carolina mengatakan dalam kerja sama tersebut, pihaknya berkontribusi di aspek man hour untuk kegiatan engineering dan produksinya.

    “Ke depan PTDI dan Vela Aero akan melakukan co-partnering untuk produksi air taxi tersebut dan pengembangan lanjutannya. Untuk manufacturing-nya paling memungkinkan di fasilitas PTDI,” kata Annisa dalam keterangan di website PTDI, Kamis (22/2) lalu.

    Ia menyebut proses pra-aplikasi sertifikasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub saat ini sudah dilakukan. PTDI sudah mengajukan uji laik terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub.

    Lantas, siapa sebenarnya Vela Aero?

    Vela Aero merupakan perusahaan startup yang beroperasi sejak 2020. Perusahaan yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini memiliki visi untuk menjadi pionir dalam memberikan solusi mobilitas udara lanjut (advanced air mobility) di Indonesia.

    Berdasarkan informasi di website perusahaan, Vela Aero terdiri dari gabungan disiplin kedirgantaraan. Para ahli di perusahaan itu fokus untuk mewujudkan moda transportasi udara berteknologi masa depan.

    Tercatat terdapat lebih dari 40 insinyur yang tergabung dalam Vela Aero. Adapun beberapa anggota tim di perusahaan itu adalah Rejeki S sebagai head of technology, Suharyadi P sebagai head of airworthiness, Donny P sebagai program manager, dan R Durmanto sebagai head of government affairs.

    Lalu, ada Ilham P sebagai chief engineer, Heru Y sebagai systems engineering lead, Bambang S sebagai electrical propulsion lead, dan Indra P sebagai structur lead.

    Vela Aero juga telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar, seperti PT Garuda Indonesia Tbk, Toyota, Airbus, Mitsubishi Aircraft Corporation, Rolls Royce, Bombardier Aerospace, hingga PT Len Industri (Persero).

    Perusahaan saat ini tengah fokus pada pembuatan taksi terbang Vela Alpha. Dalam video perkenalan yang ditayangkan di kanal YouTube Vela Aero, taksi itu berbentuk mirip seperti helikopter. Namun, ukurannya lebih kecil.

    Tampak di ruangan utamanya pun hanya berisi empat kursi penumpang. Sementara, di bagian depan terdapat satu kursi kendali untuk pilot.

    Mengenai spesifikasi dan kinerjanya, Vela Alpha memiliki panjang 10,8 meter, rentang sayap 13,1 meter, dan tinggi 4,2 meter. Pesawat diawaki satu pilot dengan empat penumpang dan maksimum muatan 456 kilogram (kg).

    Taksi udara yang memiliki berat tinggal landas maksimum (MTOW) 2.850 kg ini ditenagai sistem propulsi full electric berdaya 216 kWh atau hybrid powered berdaya 71 kWh.

    Untuk kecepatan maksimumnya, Vela Alpha mencapai 250 km per jam. Sementara untuk jangkauannya, versi full electric (eVTOL) mencapai 100 km, dan versi hybrid (hVTOL) hingga 500 km.

    Masih dalam video yang sama, pihak Vela Aero mengklaim perjalanan dari pusat Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang hanya membutuhkan waktu tempuh 8 menit.

    Waktu tersebut jauh lebih singkat jika dibandingkan menggunakan KRL yang mencapai 44 menit dan mobil 60 menit.

    (mrh/agt)

  • KRL Tabrak Mobil di Tigaraksa, Sejumlah Perjalanan Kereta Terganggu

    KRL Tabrak Mobil di Tigaraksa, Sejumlah Perjalanan Kereta Terganggu

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa pola operasi imbas tabrakan Kereta Rel Listrik (KRL) Tanah Abang – Rangkasbitung dengan mobil sedan di
    jalur antara Stasiun Daru dan Tigaraksa.

    External Relations & Corporate Image Care Manager KCI Leza Arlan mengatakan rekayasa pola operasi dilakukan pada dua KRL. Pertama, KRL Nomor 1741 (Rangkasbitung -Tanah Abang) yang perjalanannya menjadi hanya sampai Parungpanjang.

    “Kedua, KRL Nomor 1742 (Tanah Abang – Rangkasbitung), perjalanan hanya sampai Parungpanjang,” kata Leza dalam keterangan resmi, Kamis (8/2).

    Selain itu, sejumlah perjalanan KRL terganggu akibat kecelakaan tersebut di antaranya KRL Nomor 1694 di antara Daru-Tigaraksa mengalami keterlambatan 33 menit, KRL nomor 1696 di Stasiun Daru terlambat 37 menit.

    Kemudian, KRL Nomor 1700 di Stasiun Parung Panjang terlambat 24 menit, KRL Nomor 1725 di antara Dari-Tigaraksa terlambat 27 menit, dan KRL Nomor 1729 di Stasiun Tigaraksi terlambat 8 menit.

    Leza mengatakan tabrakan terjadi pada Kamis (8/2) pukul 12.35 WIB di KM 53+4 antara Stasiun Daru dan Tigaraksa.

    “Setelah dilakukan pengecekan jalur dan rangkaian commuter line serta evakuasi mobil. Pada pukul 13.08 WIB Commuter line No. 1694 sudah dapat diberangkatkan kembali menuju Rangkasbitung yang selanjutnya akan dilakukan pengecekan ulang di Rangkasbitung,” kata Leza.

    Info terbaru yang disampaikan akun KAI Commuterline, saat ini evakuasi sudah selesai dilakukan.

    “Saat ini proses evakuasi telah selesai. Perjalanan Commuter Line lintas Daru – Tigaraksa dapat dilalui kembali dan dalam proses penguraian kepadatan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” demikian cuitan KAI Commuterline di media sosial X.

    (fby/sur)

    [Gambas:Video CNN]

  • Luhut Sebut Elon Musk Janji Pasang Internet Starlink di IKN

    Luhut Sebut Elon Musk Janji Pasang Internet Starlink di IKN

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan baru saja teleponan dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk pada Jumat (2/2) lalu.

    Luhut mengatakan komunikasi terakhir dengan Musk membicarakan soal rencana pemasangan jaringan internet Starlink milik SpaceX di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

    Musk diklaim berjanji memasang jaringan internet di ibu kota anyar Indonesia itu.

    “Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai ya persyaratannya, dia akan ke IKN,” tuturnya di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

    Ia mengatakan Musk Cs akan datang ke Indonesia setelah persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika rampung. Selang seminggu, Luhut dan jajaran akan mengeluarkan surat izin layak operasi (SILO) kepada SpaceX.

    Lima hari usai SILO terbit, Luhut mengatakan Elon Musk Cs bisa datang ke Indonesia.

    “Begitu dia datang, kita sudah usul datang ke IKN, katanya dia mau launching di IKN dan Puskesmas dekat IKN,” jelas Luhut.

    “Karena Presiden (Joko Widodo) minta, kenapa Starlink ini supaya Puskesmas-Puskesmas yang tidak terjangkau komunikasi, dengan Starlink bisa terjangkau. Sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau,” tambahnya.

    Di lain sisi, Luhut tak mau pikir panjang soal rencana investasi Tesla di tanah air.

    Menurutnya, Indonesia sudah kedatangan Build Your Dreams (BYD). Ia mengklaim pabrikan mobil listrik dari China itu tak kalah bagus dari Tesla.

    “Tesla? Kita sudah ada BYD kok. BYD juga gak jelek, bagus. Kalau Tesla gak mau datang ya silakan juga,” tutup Luhut.

    Respons Impor KRL China

    Pada kesempatan yang sama, Luhut juga merespons soal isu China mengancam Indonesia agar tak membeli KRL Jepang demi Kereta Cepat Whoosh. Ia mengaku baru mendengar isu tersebut.

    “Oh, baru tahu saya kalau ada (ancaman China) itu,” ucap Luhut di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

    Padahal, seorang sumber CNNIndonesia.com yang mengetahui rencana impor KRL ini mengatakan ada ancaman dari China kepada Indonesia.

    Tiongkok melalui China Development Bank (CDB) diklaim mengancam bakal menahan gelontoran pinjaman untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh jika Indonesia ngotot mengimpor KRL dari Jepang.

    Selain membantah isu tersebut, Luhut menjelaskan mengapa Indonesia akhirnya menjatuhkan pilihan kepada 3 trainset KRL baru dari CRRC Sifang Co., Ltd, perusahaan China yang juga memproduksi Whoosh.

    “Itu kan pernah dirapatkan, itu (impor KRL baru) bridging saja, tiga trainset kan itu ya,” tuturnya.

    “Sambil kita membangun yang di Banyuwangi dengan INKA di Madiun agar buatan dalam negeri. Ngapain kita mengimpor bekas? Sekalian saja kita impor yang sudah jadi, tapi tiga (trainset) ini bridging untuk membangun (KRL) dalam negeri,” tutup Luhut.

    (skt/sfr)

  • Penumpang KRL Diprediksi Tembus 1 Juta pada Semester II 2024

    Penumpang KRL Diprediksi Tembus 1 Juta pada Semester II 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter memprediksi jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) menembus 1 juta penumpang per hari pada semester II 2024.

    Karenanya, perusahaan menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi hal tersebut.

    Sekretaris Perusahaan KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan adalah pengadaan tiga kereta rel listrik (KRL) dari China.

    “Kenapa tadi ada tiga KRL impor karena tahun ini kita sudah mendekati sampai 1 juta (penumpang) ya bahkan nanti di semester II-2024, kita sudah mencapai 1 juta penumpang untuk prediksinya,” ujar Anne dalam konferensi pers seperti dikutip dari Antara.

    Selain upaya jangka pendek, perusahaan juga menyiapkan strategi untuk jangka panjang dalam, khususnya untuk mengantisipasi 2 juta penumpang pada 2025-2026.

    Anne mengungkapkan jumlah penumpang KRL naik hingga 32 persen tak lepas dari beroperasinya pembangunan LRT yang terhubung dengan Stasiun Cawang dan Stasiun BNI City.

    “Pada tahun 2025-2026 sebenarnya pemerintah meminta kita menargetkan bagaimana kita mengangkut 2 juta orang makanya disiapkan untuk membeli KRL baru yang 16 itu, untuk menambah kapasitas kemudian yang impor itu untuk mengantisipasi hal itu,” kata Anne.

    Dalam pemenuhan KRL tersebut, perusahaan juga sudah menandatangani kerja sama pengadaan sarana KRL di antaranya pengadaan 16 rangkaian sarana KRL baru oleh PT INKA dengan total investasi Rp3,83 triliun.

    Lalu, pengadaan 19 rangkaian KRL retrofit oleh INKA dengan total investasi Rp2,23 triliun. Kemudian, pengadaan tiga rangkaian KRL baru impor oleh CRRC Sifang dengan total investasi Rp783 miliar.

    Pembiayaan pengadaan tersebut berasal dari pinjaman KAI Commuter, shareholder loan dari PT KAI, dan bantuan dari pemerintah melalui penyertaan modal negara (PMN).

    Tahun lalu, KCI mengangkut 331,8 juta penumpang di seluruh wilayah operasinya. Angka itu naik 38 persen dibandingkan 2022.

    (sfr/sfr)

  • KCI Beber Alasan Pilih Impor KRL China Ketimbang Jepang dan Korea

    KCI Beber Alasan Pilih Impor KRL China Ketimbang Jepang dan Korea

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membeberkan alasan memilih impor tiga rangkaian KRL dari China ketimbang Jepang maupun Korea.

    Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan mengatakan perusahaan awalnya menerima proposal dari produsen KRL Jepang J-TREC, produsen KRL Korea Selatan Wojin dan Dawonsys, dan produsen KRL China CRRC Cifang Qingdao.

    KCI kemudian memutuskan memilih impor KRL dari China karena harganya lebih murah dan memiliki spesifikasi yang lebih cocok dengan yang dibutuhkan KCI.

    “Ada spesifikasi teknis yang paling mendekati memang CRRC karena dia memang produksi benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita dan dari harga juga sangat kompetitif antara tiga negara itu,” katanya dalam konferensi pers di Kantor KCI, Rabu (6/2).

    “Sehingga memang saat kami menerima semua proposal itu, memang CRRC yang lebih kompetitif,” imbuhnya.

    Anne menjelaskan salah satu spesifikasi KRL impor China yang sesuai dengan kebutuhan di Indonesia terkait AC. Kapasitas AC di setiap negara berbeda-beda. CRRC, sambungnya, telah menyesuaikan kapasitas dengan yang dibutuhkan di Indonesia.

    “Termasuk juga luasan ruang bebas, kemudian penggunaan prasarana dan lain-lain itu mereka assessment semuanya,” imbuhnya.

    Anne menyebut mengatakan KRL impor akan datang sekitar 13,5 bulan dari tanda tangan kontrak pada Januari lalu. Artinya, KRL impor ditargetkan akan masuk awal tahun depan.

    Selain impor KRL, Anne mengatakan KCI juga akan membeli 16 trainset KRL baru dan 19 trainset retrovit dari PT INKA (Persero).

    Kemudian, impor delapan KRL baru yang masih belum diputuskan dari mana. Total dana yang dibutuhkan sekitar Rp9 triliun.

    “(Sumber dana) dari pinjaman, stakeholder loan, dan PMN (penyertaan modal negara),” katanya.

    (sfr/sfr)

  • Fakta-fakta China Tikung Jepang Suplai KRL ke Indonesia

    Fakta-fakta China Tikung Jepang Suplai KRL ke Indonesia

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    China menikung Jepang dalam proyek pengadaan 3 trainset KRL baru di Indonesia yang didatangkan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

    Sengkarut impor KRL ini sudah berlangsung cukup lama, setidaknya sejak akhir 2022. Kementerian BUMN yang menaungi KCI berselisih paham dengan Kementerian Perindustrian.

    Mulanya, KAI Commuter ‘mengemis’ ke Kementerian Perdagangan untuk memboyong kereta bekas dari Jepang. Pada surat tertanggal 13 September 2022 dengan nomor 32/AL.105/CU/KCl/lX/2022, KCI meminta izin impor 348 unit KRL Seri E217 bekas dari Jepang, di mana 120 unit untuk 2023 dan 228 unit lain di 2024.

    Kemendag butuh rekomendasi teknis dari Kemenperin untuk memberikan izin impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) tersebut. Namun, Kemenperin menolak rencana mendatangkan rangkaian kereta dari luar negeri.

    Setelah menunggu empat bulan lamanya, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin memberi jawaban berisi penolakan impor. Menperin Agus Gumiwang dan jajaran ingin Indonesia mengedepankan produk dalam negeri, yakni buatan PT Industri Kereta Api (INKA).

    Ribut-ribut anak buah Presiden Joko Widodo itu pun dibawa ke forum yang lebih serius. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditugaskan untuk membereskan gaduh tersebut.

    1. BPKP turun tangan

    Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akhirnya diperintahkan untuk mereviu urgensi impor rangkaian KRL tersebut. Kala itu, KCI berdalih kudu mencari pengganti 10 trainset KRL Jabodetabek yang bakal dipensiunkan pada 2023 dan 19 rangkaian lain di 2024.

    Hasil reviu BPKP diumumkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto. Ia menyebut kementerian pimpinan Luhut sudah menerima hasil reviu itu sejak 29 Maret 2023.

    Seto mengatakan BPKP menemukan bahwa estimasi biaya impor dari PT KCI yang akan dibayarkan kepada Japan Railway tidak akurat karena tidak berdasarkan survei harga.

    “Namun, terkait kewajaran biaya handling dan transportasi dari Jepang ke Indonesia yang diajukan PT KCI tidak dapat diyakini karena perhitungannya tidak berdasarkan survei harga, melainkan hanya berdasarkan harga pengadaan KRL bukan baru 2018 ditambah 15 persen,” ungkapnya di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2023.

    Selain itu, Seto menyebut BPKP melakukan klarifikasi dengan pihak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo. Hasilnya ditemukan kontainer yang tersedia tidak cocok, sehingga pengangkutan harus menggunakan kapal kargo dan akan menambah biaya.

    Berdasarkan sederet temuan BPKP yang merekomendasikan tidak mengimpor KRL bekas dari Jepang, Kemenko Marves mengetuknya menjadi keputusan bersama. Luhut Cs lantas meminta KCI meninjau kembali rencana tersebut.

    2. Luhut putuskan impor 3 rangkaian KRL baru, berapa harga KRL Jepang?

    Pada Juni 2023, Menko Marves Luhut kembali menegaskan penolakan impor KRL bekas. Ia memutuskan akan mendatangkan tiga trainset baru, sembari menunggu pesanan KCI yang diproduksi INKA rampung pada 2024 dan 2025.

    “Karena itu rapat kemarin, saya minta dari tiga-empat hari lalu untuk mengambil langkah-langkah apa yang dilakukan supaya tidak terganggu angkutan dengan kereta api. Dan ternyata bisa, tapi kita memang harus mengimpor barang baru. Tapi kita akan mengimpor tiga (trainset) saja yang baru, untuk menutupi, kritisnya hanya tahun depan (2024) dan 2025,” tegas Luhut kala itu.

    Luhut mengatakan mengimpor barang bukan baru berpotensi melanggar tiga aturan sekaligus, yakni peraturan presiden (perpres), peraturan menteri perindustrian, dan peraturan menteri perhubungan.

    PT Kereta Api Indonesia selaku induk KCI pun mendapatkan biaya modal atau capex untuk mengimpor tiga trainset KRL baru dari Jepang sebesar Rp676,8 miliar. Pembahasan untuk mematangkan impor KRL baru ini turut dibahas di DPR RI, salah satunya pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V pada September 2023.

    Pymt. Direktur Utama KAI John Roberto mengatakan capex itu didapat dari total kebutuhan mendatangkan tiga rangkaian KRL baru dari Jepang. Ia menyebut satu trainset KRL dibanderol seharga Rp225,6 miliar.

    “Kereta baru dari Jepang karena untuk memenuhi kebutuhan 2024 kita butuh tiga trainset,” tutur John dalam RDP bersama Komisi V DPR RI saat itu.

    3. Main sikut Jepang vs China

    Polemik impor KRL memunculkan isu bahwa China masuk untuk menyikut Jepang. Bahkan, seorang sumber CNNIndonesia.com yang mengetahui soal rencana impor KRL ini mengatakan ada ‘ancaman’ dari China kepada Indonesia.

    China diklaim mengancam bakal menahan gelontoran pinjaman untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh jika Indonesia ngotot mengimpor KRL dari Jepang.

    “Dilema kalau ambil dari Jepang, China (China Development Bank/CDB) katanya enggak mau kasih pinjaman utang buat proyek KCJB,” ujar sumber tersebut.

    Namun, klaim itu dibantah Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto. Dalam wawancara khusus bersama CNNIndonesia.com pada Juni 2023, Seto tegas menepis isu tersebut.

    Ia mengatakan setiap keputusan yang diambil pemerintah terkait impor KRL dari Jepang dilandaskan pada kehati-hatian. Pemerintah tidak ingin kasus korupsi impor KRL bekas Jepang yang pernah terjadi pada 2006-2007 lalu terulang lagi.

    “Tidak ada, tidak ada (sikut-sikutan). Tidak ada hubungannya, saya jamin tidak ada (sikut-sikutan) itu. Kita kan hanya hati-hati impor KRL bekas ini karena dulu sempat ada kasus. Kami tidak mau ini terulang,” tuturnya.

    4. KCI pilih KRL dari China seharga Rp783 miliar

    Proses impor KRL yang kontroversial ini berakhir dengan mendatangkan 3 rangkaian kereta baru dari China. KAI Commuter memutuskan membeli 3 rangkaian KRL baru dengan tipe KCI-SFC120-V dari perusahaan China, CRRC Sifang Co., Ltd pada Rabu (31/1).

    Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto menyebut pengadaan KRL baru itu juga bagian dari rangkaian pemenuhan sarana KRL Jabodetabek.

    Asdo mengatakan keputusan ini dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada Juni 2023 lalu. Rapat tersebut diklaim dihadiri Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, BPKP, PT INKA, dan stakeholder terkait lainnya.

    KCI pun mengklarifikasi mengapa akhirnya memilih produk China yang lebih mahal dari Jepang. Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan ada perubahan harga dari produsen KRL Jepang, yakni J-TREC.

    “Setelah proposal resmi dari J-TREC kami terima Oktober 2023 lalu, pihak produsen ini menyampaikan adanya perubahan rekomendasi teknis dan pembiayaan yang diajukan dari proposal sebelumnya. Selain terus melakukan komunikasi dengan J-TREC Jepang, KAI Commuter juga melakukan komunikasi ke Korea Selatan (Wojin dan Dawonsys) dan China (CRRC Sifang Qingdao) yang juga memproduksi Kereta Cepat Whoosh,” jelas Anne dalam keterangan resmi, Jumat (2/2).

    “Setelah menerima proposal dari keempat pihak tersebut, dari hasil pembahasan proses pengadaan Sarana KRL, CRRC Sifang dapat memenuhi spesifikasi teknis dan time delivery yang sesuai dengan persyaratan dan harga yang kompetitif dibandingkan produk lainnya,” tegasnya soal alasan memilih China.

    (skt/isn)

    [Gambas:Video CNN]