Produk: KRL

  • Tuding Penumpang KRL Mau Goda Suaminya, Ibu-ibu Viral Disebut Tantrum Buka Suara: Saya Kan Cinta

    Tuding Penumpang KRL Mau Goda Suaminya, Ibu-ibu Viral Disebut Tantrum Buka Suara: Saya Kan Cinta

    TRIBUNJATIM.COM – Aksi ibu-ibu memaki penumpang wanita di KRL Commuter Line karena merasa suaminya digoda, belakangan jadi sorotan.

    Penumpang KRL bernama Rose merekam momen saat dirinya dituding menggoda suami orang oleh seorang ibu-ibu.

    Saat itu ia sedang naik KRL tujuan Bogor.

    Diungkap Rose dalam unggahannya, kondisi KRL saat itu memang sedang padat alias banyak penumpang.

    Alhasil antar penumpang pun saling berdesakan lantaran memasuki jam pulang kantor.

    Saat sedang siap-siap turun menuju Stasiun Pasar Minggu, Rose pun bergerak ke arah depan pintu agar mudah untuk turun.

    Namun rupanya di momen tersebut, Rose terdorong hingga berdiri tepat di depan seorang pria yang ternyata sudah beristri.

    Melihat hal itu, istri dari pria tersebut langsung marah-marah ke Rose.

    Wanita tersebut menuduh Rose telah menggoda suaminya.

    Dituduh macam-macam, Rose tak tinggal diam.

    Wanita Sarjana Hukum yang baru lulus itu pun menjawab tuduhan ibu-ibu tersebut dengan balasan menohok.

    “Hari gini mau sama laki orang, enggak nafsu kali bu,” ucap Rose.

    “Baguslah kek gitu, nyadar diri,” balas si ibu-ibu.

    “Ya iyalah, bukan level saya juga,” timpal Rose.

    Penumpang wanita cekcok dengan ibu-ibu lantaran dituding menggoda suami orang di KRL (Istimewa)

    Tak puas, ibu-ibu tersebut semakin menghina Rose.

    Menjawab hinaan tersebut, Rose terus menimpali ucapan ibu-ibu itu dengan balasan spontan.

    Di momen itu, Rose mengaku hampir tertawa mendengar ucapan ibu-ibu tersebut.

    “Mbak, jangan sok cantik deh mbak,” kata ibu-ibu.

    “Ya emang saya cantik,” balas Rose.

    “Najis, lebih cantikan pantat gue daripada muka lu,” ucap ibu-ibu.

    “Ya udah, saya enggak pernah ngelihat pantat ibu, ngapain,” balas Rose.

    Ternyata adu mulut dengan Rose membuat ibu-ibu tersebut kian tersulut emosi.

    Ibu-ibu yang tak diketahui identitasnya ini malah mendorong Rose.

    “Ya suami ibu aja suruh geser, ngapain nyalahin orang,” ucap Rose.

    “Saya juga masih lama,” jawab si ibu-ibu.

    “Saya mau turun. Ibu kalau misal enggak suka tinggal turun aja, ribet banget,” pungkas Rose.

    Diungkap Rose, ia sebelumnya sempat bertanya ke ibu-ibu galak tersebut soal tujuannya.

    Ternyata tujuan ibu-ibu tersebut adalah di Stasiun Depok Baru.

    Alhasil Rose pun langsung maju ke depan pintu agar mudah turun.

    Namun tak disangka, hal itu malah membuat ibu-ibu itu marah.

    “Makanya kalau punya laki dijaga. Kalau enggak suka ya udah mundur,” imbuh Rose.

    “Banyak bacot deh lu,” timpal si ibu-ibu.

    “Jangan bacot-bacot, diem-diem dorong dorong,” kata Rose.

    Sepanjang perdebatan antara Rose dan ibu-ibu tersebut, suami dari wanita tersebut hanya diam saja.

    Alih-alih melerai istrinya yang cekcok, pria tersebut malah diam saja dan memilih pura-pura tak mendengar keributan itu.

    Mengetahui hal itu, Rose pun kesal.

    “Di sini lakinya posisinya diem aja ga ada geser dan ga bela istrinya padahal istrinya tantrum dilihatin banyak orang,” kata Rose.

    Alami hal mengejutkan sepulang kerja, Rose menitipkan pesan untuk ibu-ibu tersebut.

    Bahwa jangan pernah menuduh wanita lain tanpa bukti yang kuat.

    “Cape banget kalau udah seharian kerja harus ngadepin orang tantrum dan cemburu gatau tempat. Gaada maksud dan ga napsu juga ama lakinya, tipeku bukan om-om apalagi bapak-bapak bu. Malu bu sama umur, atleast kalau punya trauma diselingkuhin gausah ngerepotin stranger,” kata Rose.

    Usai aksinya viral, ibu-ibu yang disebut tantrum ini akhirnya muncul dan memberikan klarifikasi.

    Klarifikasi tersebut disampaikan ibu-ibu bernama Chica Melisa di akun TikTok pribadinya pada Senin (30/12/2024).

    “Saya sama suami saya mau klarifikasi yang sebenarnya terjadi di dalam KRL,” ucap Chica sambil mengandeng erat lengan suaminya.

    Chica Melisa lalu menjelaskan awal mula dirinya bisa cekcok dengan penumpang wanita bernama Rose di KRL.

    “Itu kan posisinya saya baru naik, terus tiba-tiba ada cewek yang nepok, katanya dia mau turun, padahal masih dua stasiun lagi,” ujarnya.

    “Kenapa enggak sabar dulu mbak, terus masih banyak space yang kosong, kenapa mesti mepet ke suami saya? Gitu aja mbak,” kata Chica Melisa.

    Chica menyebut, dirinya berusaha menegur Rose, namun wanita tersebut malah tak terima.

    Keduanya akhirnya terlibat adu mulut.

    Selama melakukan klarifikasi, suami Chica juga hanya diam saja.

    “Terus saya coba tegur mbaknya malah nyolot ke saya, ya udah saya jadi kebawa emosi,” beber Chica.

    “Wajar dong mbak kalau saya marah-marah, soalnya ini kan suami saya, bukan suami orang. Ya saya jaga suami saya, saya kan cinta,” repet dia.

    “Iya,” balas suaminya pendek, yang belakangan diketahui bernama Andrie.

    Usai mengurai klarifikasi, Chicha Melisa berharap netizen tak lagi menghujatnya.

    “Untuk para netizen yang terhormat, kita kalau seandainya ada masalah, jangan satu orang yang jadi patokan.”

    “Jadi kita klarifikasi kedua belah pihak biar tidak terjadi salah paham,” imbuh Chicha Melisa.

    Akhirnya ibu-ibu tantrum bernama Chicha Melisa yang viral karena cekcok lantaran suaminya dipepet di KRL oleh wanita bernama Rose buka suara (TikTok)

    Rose kemudian menanggapi klarifikasi Chica dan suaminya.

    Usai Chicha buka suara, Rose kembali angkat bicara.

    Wanita yang baru saja mendapat gelar Sarjana Hukum ini membantah dengan tegas semua klarifikasi yang disampaikan Chicha.

    Diungkap Rose, yang lebih dulu memulai pertikaian adalah Chicha.

    Lagipula ditegaskan Rose, ia tidak pernah ada niatan untuk menggoda atau menempel-nempel ke suami Chicha.

    Ditelisik dari laman media sosialnya, Rose diketahui telah memiliki pacar.

    “Kalau Mbak Cica Melisa ngira aku nempel-nempel suaminya. Ya mohon maaf sekali Mbak Cica Melisa, suami Mbak kaya enggak, cakep enggak, bukan tipe aku sama sekali, pinter juga enggak.

    Yang mau sama suami Mbak cuma Mbak, begitu pun si Andrie ini yang mau sama Mbak Cica Melisa cuma suami Mbak sendiri. Aku enggak ada urusan sama kalian, aku orang asing baru kenal,” ungkap Rose.

    Tak mau kalah dengan Chicha, Rose mengaku siap menempuh jalur hukum jika Chicha enggan meminta maaf kepadanya.

    “Aku berani jabanin untuk cari orang-orang di situ jadi saksi, cek cctv, atau bawa ke jalur hukum karena udah masuk tindakan tidak menyenangkan, kriminal, dan pencemaran nama baik. Atleast keluarin bukti kalau aku emang nempel ke suaminya, no pict hoax met,” ucap Rose.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA, pengamat usul stasiun diperluas

    Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA, pengamat usul stasiun diperluas

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA, pengamat usul stasiun diperluas
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 19:57 WIB

    Elshinta.com – Pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 stasiun Yogyakarta dan stasiun Lempuyangan dipadati penumpang kereta api. Yogyakarta sebagai kota wisata ternyata memang menjadi tujuan favorit para pelanggan kereta api dari berbagai tujuan.

    “Secara nasional, KAI telah menjual tiket lebih dari 2,8 juta dan yang sudah berangkat sekitar 1,8 juta dan yang menjadi tujuan Utama adalah Kota Yogyakarta baik di Stasiun Yogyakarta maupun Lempuyangan,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba di stasiun Yogyakarta, Sabtu (28/12/2024).

    Anne mengungkapkan bahwa jumlah kedatangan beberapa kereta di stasiun Yogyakarta cukup tinggi. Seperti penumpang KRL Commuterline yang volumenya sudah mencapai 30 ribu per hari dan KA Jarak jauh hampir 20 ribu per hari

    Pada kesempatan yang sama, pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio memberikan masukan bahwa perlu ada perluasan karena kondisi stasiun Yogyakarta yang sudah cukup padat. Para pemangku kepentingan seharusnya duduk bersama agar stasiun Yogyakarta bisa mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan. Menurutnya, yang dibutuhkan di stasiun Yogyakarta tidak hanya beautifikasi. 

    “Harus dibuat multifungsi dari sebuah stasiun yang multi moda seperti yang kita ketahui disini ada KA Jarak jauh, KA Bandara, KRL. Kereta adalah transportasi favorit karena sangat jarang kecelakaan. Saat ini daripada naik bus, pesawat, cuaca buruk juga mending naik kereta api,” katanya.

    Sementara itu, pengamat Transportasi Darmaningtyas, menambahkan bahwa 10 tahun terakhir selalu menjadi transportasi andalan karena selamat, aman, nyaman, hanya saja persoalan akses harus dipikirkan Bersama.

    “Tidak ada alternatif lain kecuali membangun integrasi dengan layanan angkutan umum perkotaan, seperti Transjogja sehingga tidak semua orang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api di Stasiun Yogya maupun Lempuyangan menggunakan kendaraan pribadi,” jelasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Senin (30/12). 

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada para pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan dengan kereta api pada sisa masa Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    “Bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan KA di sisa masa Angkutan Nataru 2024/2025 juga bisa memanfaatkan Diskon Year End Sale (YES) Deals untuk mendapatkan tiket KA dengan Harga lebih terjangkau. Promo tersebut bisa didapatkan mulai 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 dengan tanggal keberangkatan 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” kata Krisbiyantoro.   

    Kemudian untuk okupansi KA-KA keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta saat ini telah mencapai total 90% atau telah terjual 297.689 tempat duduk. Jumlah tersebut terdiri dari KA reguler dan KA tambahan keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta

    Daop 6 Yogyakarta sendiri mencatat bahwa pada Sabtu (28/12) pukul 09.00 WIB, kepadatan volume penumpang KA jarak jauh di Stasiun Yogyakarta mencapai 21.274 penumpang dan Stasiun Lempuyangan mencapai 12.601 penumpang, jauh melebihi stasiun lainnya di Daop 6 Yogyakarta. (Izan Raharjo

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tahun Baru, KAI Commuter Tambah Perjalanan Seluruh Lintasan

    Tahun Baru, KAI Commuter Tambah Perjalanan Seluruh Lintasan

    Jakarta, FORTUNE – Untuk menghadapi potensi lonjakan penumpang pada malam pergantian tahun 2025, PT Kereta Api Commuter menyesuaikan layanan operasional kereta rel listrik (KRL) atau commuter line di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Penyesuaian ini mencakup penambahan 66 perjalanan sehingga operasional berlangsung penuh selama 24 jam.

    “KAI Commuter menambah pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek hingga 24 jam dengan menambah 66 perjalanan di seluruh lintas menjadi 1.114 perjalanan,” ungkap Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, dalam keterangan pers, Selasa (31/12)..

    Dengan tambahan perjalanan ini, kapasitas angkut yang disediakan mencapai 1,9 juta penumpang. Berdasarkan perkiraan KAI Commuter, jumlah pengguna Commuter Line yang akan terangkut pada 31 Desember 2024 hingga pergantian tahun diproyeksikan mencapai 1,1 juta orang.

    Untuk lintas Bogor, Joni menjelaskan adanya tambahan 12 perjalanan. Sementara itu, di lintas Bekasi/Cikarang akan dioperasikan 11 perjalanan tambahan. “Sedangkan lintas Tanjungpriuk mendapat 24 perjalanan, lintas Tangerang sebanyak 11 perjalanan, dan lintas Rangkasbitung sebanyak sembilan perjalanan,” imbuhnya.

    Kepadatan penumpang akan terkonsentrasi di stasiun tertentu

    KAI Commuter juga memprediksi kepadatan penumpang akan terkonsentrasi di stasiun-stasiun yang berdekatan dengan lokasi kegiatan malam Tahun Baru, seperti Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Sudirman, serta Stasiun BNI City. Selain itu, stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Tanah Abang, dan Duri juga diperkirakan akan mengalami keramaian.

    Sebagai tambahan, demi memberikan kenyamanan kepada pengguna, KAI Commuter menyiapkan petugas di berbagai pos layanan seperti pos kesehatan, pelayanan, kebersihan, dan pengamanan.

    “Demi keamanan dan kenyamanan bersama, KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun di dalam perjalanan KRL,” ujar Joni.

    KAI Commuter mengimbau para pengguna KRL yang berencana bepergian pada malam pergantian tahun dilarang membawa barang-barang yang mudah terbakar seperti petasan, kembang api, atau benda lain yang sejenis. Jika ditemukan pengguna membawa barang-barang tersebut, petugas akan menyitanya sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila pengguna menolak, maka mereka akan diminta turun di stasiun terdekat.

    Sebagai perbandingan, pada malam pergantian tahun 2023 menuju 2024, KAI Commuter hanya menambah 24 perjalanan, dengan total perjalanan mencapai 1.100 per hari. Penambahan perjalanan pada 2024 meningkat 1,27 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

  • Merias wajah Jakarta sebagai kota global melalui pembangunan LRT

    Merias wajah Jakarta sebagai kota global melalui pembangunan LRT

    Jakarta (ANTARA) – Padatnya jumlah penduduk DKI Jakarta serta pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya menyisakan persoalan besar yakni kemacetan yang tak kunjung terselesaikan.

    Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, jumlah penduduk tercatat 10,56 juta jiwa sedangkan jumlah kendaraan bermotor yang ada di Daerah Khusus Jakarta ini pada tahun 2023 21,8 juta

    Jumlah kendaraan tersebut setiap harinya memenuhi ruang-ruang jalan yang ada di DKI Jakarta. Meski ada kebijakan pembatasan penggunaan kendaraan roda empat atau lebih melalui kebijakan Ganjil Genap dirasa masih belum memberikan dampak yang signifikan pada penurunan angka kemacetan.

    Kemacetan terus terjadi dan menjadi bagian cerita kerasnya hidup di DKI Jakarta terutama di jam-jam padat seperti waktu pagi hari atau sewaktu pulang kerja di sore hari.

    Pemprov DKI Jakarta bersama pihak penyedia angkutan terus memutar otak agar arus lalu lintas tetap lancar dengan mengoptimalkan keberadaan angkutan massal mulai dari mikro trans, TransJakarta, kereta listril (KRL) , MRT hingga yang terbaru LRT Jakarta Fase 1 B.

    Saat ini proses pembangunan LRT Jakarta Fase 1 B yang menghubungkan Rawamangun dengan kawasan Manggarai masih terus berjalan. Proyek LRT Jakarta Fase 1B, dengan panjang lintasan 6,4-kilometer yang mencakup 5 stasiun yakni Stasiun Velodrome Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan Manggarai.

    Pekerjaan yang dimulai dengan peletakan batu pertama atau ground breaking pada 30 Oktober 2024 ditarget rampung pada 2026.

    Sejumlah penumpang bersiap memasuki gerbong kereta moda raya terpadu (MRT) melintas di Stasiun Blok M, Jakarta, Jumat (27/12/2024). ANTARA FOTO/Aditya Nugroho/app/rwa.

    LRT Jakarta Fase 1 B ini dibuat untuk menghubungkan jalur LRT Fase 1 A yang telah eksis melayani penumpang dari dari Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Jalur LRT Fase 1 A ini nantinya akan terhubung menuju Stasiun Manggarai nantinya pada tahun 2026.

    Warga Jakarta akan dapat berpindah dari Stasiun LRT Kelapa Gading menuju Manggarai sepanjang 12,2 kilometer dengan waktu tempuh 26 menit . Warga Jakarta Utara akan terhubung dengan Stasiun Manggarai dan menyambungkan mereka dengan kereta listrik (KRL) ke seluruh stasiun yang ada di Jakarta.

    Pembangunan ini bertujuan untuk memperpanjang dan meningkatkan jalur layanan LRT Jakarta, mendukung integrasi antar Moda di kawasan Manggarai sebagai stasiun sentral.

    Hal ini juga menjadi satu solusi kemacetan dan polusi yang ada di Jakarta serta menciptakan budaya warga Jakarta beralih menggunakan transportasi umum aman nyaman, tertib, lancar serta harga terjangkau.

    Pembangunan LRT Jakarta 1B ini juga memiliki sejumlah tantangan berat mulai dari dibangun di atas kawasan yang padat kendaraan membuat persoalan baru yakni kemacetan karena ruas jalan yang menyempit akibat proyek ini.

    Selain itu proses pembangunan yang dilakukan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda yang melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System dilakukan di atas jalan tol Wiyoto Wiyono sehingga harus memperhatikan aspek keselamatan lalu lintas aktif.

    Editor: Alviansyah Pasaribu
    Copyright © ANTARA 2024

  • Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA di musim libur Nataru

    Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA di musim libur Nataru

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Yogyakarta jadi tujuan favorit penumpang KA di musim libur Nataru
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 21:56 WIB

    Elshinta.com – Pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 stasiun Yogyakarta dan stasiun Lempuyangan dipadati penumpang kereta api. Yogyakarta sebagai kota wisata ternyata memang menjadi tujuan favorit para pelanggan kereta api dari berbagai tujuan.

    “Secara nasional, KAI telah menjual tiket lebih dari 2,8 juta dan yang sudah berangkat sekitar 1,8 juta dan yang menjadi tujuan Utama adalah Kota Yogyakarta baik di Stasiun Yogyakarta maupun Lempuyangan,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba di stasiun Yogyakarta, Sabtu (28/12/2024).

    Anne mengungkapkan bahwa jumlah kedatangan beberapa kereta di stasiun Yogyakarta cukup tinggi. Seperti penumpang KRL Commuterline yang volumenya sudah mencapai 30 ribu per hari dan KA Jarak jauh hampir 20 ribu per hari

    Pada kesempatan yang sama, pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio memberikan masukan bahwa perlu ada perluasan karena kondisi stasiun Yogyakarta yang sudah cukup padat. Para pemangku kepentingan seharusnya duduk bersama agar stasiun Yogyakarta bisa mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan. Menurutnya, yang dibutuhkan di stasiun Yogyakarta tidak hanya beautifikasi. 

    “Harus dibuat multifungsi dari sebuah stasiun yang multi moda seperti yang kita ketahui disini ada KA Jarak jauh, KA Bandara, KRL. Kereta adalah transportasi favorit karena sangat jarang kecelakaan. Saat ini daripada naik bus, pesawat, cuaca buruk juga mending naik kereta api,” katanya.

    Sementara itu, pengamat Transportasi Darmaningtyas, menambahkan bahwa 10 tahun terakhir selalu menjadi transportasi andalan karena selamat, aman, nyaman, hanya saja persoalan akses harus dipikirkan Bersama.

    “Tidak ada alternatif lain kecuali membangun integrasi dengan layanan angkutan umum perkotaan, seperti Transjogja sehingga tidak semua orang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api di Stasiun Yogya maupun Lempuyangan menggunakan kendaraan pribadi,” jelasnya.

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada para pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan dengan kereta api pada sisa masa Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    “Bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan KA di sisa masa Angkutan Nataru 2024/2025 juga bisa memanfaatkan Diskon Year End Sale (YES) Deals untuk mendapatkan tiket KA dengan Harga lebih terjangkau. Promo tersebut bisa didapatkan mulai 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 dengan tanggal keberangkatan 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” kata Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Senin (30/12).   

    Kemudian untuk okupansi KA-KA keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta saat ini telah mencapai total 90% atau telah terjual 297.689 tempat duduk. Jumlah tersebut terdiri dari KA reguler dan KA tambahan keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta

    Daop 6 Yogyakarta sendiri mencatat bahwa pada Sabtu (28/12) pukul 09.00 WIB, kepadatan volume penumpang KA jarak jauh di Stasiun Yogyakarta mencapai 21.274 penumpang dan Stasiun Lempuyangan mencapai 12.601 penumpang, jauh melebihi stasiun lainnya di Daop 6 Yogyakarta. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KRL Jabodetabek Beroperasi 24 Jam di Tahun Baru 2025: Jangan Bawa Petasan – Page 3

    KRL Jabodetabek Beroperasi 24 Jam di Tahun Baru 2025: Jangan Bawa Petasan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter akan melakukan penyesuaian layanan operasional KRL Commuter Line Jabodetabek, pada Selasa (31/12/2024), atau jelang momen Tahun Baru 2025.

    “Sebagai antisipasi kepadatan pengguna, KAI Commuter akan menambah pelayanan perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek hingga 24 jam. Dengan menambah 66 perjalanan di seluruh lintas menjadi 1.114 perjalanan,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus, Selasa (31/12/2024).

    Dengan penambahan perjalanan ini, kapasitas angkut pengguna KRL Jabodetabek yang disediakan KAI Commuter sebanyak 1,9 juta pengguna. Menurut prediksi, kereta KRL akan mengangkut hingga sebanyak 1,1 juta pengguna pada 31 Desember 2024 hingga Tahun Baru 2025.

    Untuk lintas Bogor, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan tambahan sebanyak 12 perjalanan. Sementara pada lintas Bekasi/Cikarang akan dioperasikan sebanyak 11 perjalanan tambahan.

    “Sedangkan untuk lintas Tanjungpriuk sebanyak 24 perjalanan, lintas Tangerang sebanyak 11 perjalanan dan lintas Rangkasbitung sebanyak sembilan perjalanan,” imbuh Joni.

    KAI Commuter juga memprediksi kepadatan pengguna akan terjadi di stasiun-stasiun di sekitar pusat kegiatan di malam pergantian tahun, seperti Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Sudirman serta Stasiun BNI City. Selain itu diprediksi juga kepadatan akan terjadi di Stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Duri.

     

  • Ekonomi Indonesia Selama 2024 dan Dampaknya bagi Masyarakat pada 2025

    Ekonomi Indonesia Selama 2024 dan Dampaknya bagi Masyarakat pada 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Tahun 2024 menjadi salah satu tahun yang penuh dinamika di sektor ekonomi Indonesia. Berbagai kebijakan yang diterapkan pada tahun ini tak hanya membawa dampak signifikan pada perekonomian nasional dan kondisi masyarakat saat ini, tetapi juga secara jangka panjang termasuk untuk 2025 mendatang.

    Ekonom sekaligus pakar kebijakan publik  Achmad Nur Hidayat merangkum sejumlah sejumlah kebijakan ekonomi yang menjadi sorotan masyarakat, pelaku usaha, dan dunia internasional sepanjang tahun 2024 ini.

    Januari: Undang-undang Harmonisasi Peraturan Pajak (UU HPP)
    Pemerintah membuka 2024 dengan pengesahan UU HPP. Langkah ini bertujuan untuk menyederhanakan sistem perpajakan, meningkatkan efisiensi, serta memperkuat daya saing investasi.

    “Namun, dampaknya pada kelas menengah mulai terasa pada 2025, dengan beban pajak yang lebih terstruktur tetapi tidak secara langsung meningkatkan daya beli,” ungkap Achmad, dalam keterangannya, Selasa (31/12/2024).

    Februari: Pengetatan Subsidi BBM
    Pemerintah mulai mengusulkan perubahan mekanisme subsidi bahan bakar minyak (BBM). Subsidi yang sebelumnya berlaku luas akan diubah berbasis nomor induk kependudukan (NIK).

    “Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan subsidi lebih tepat sasaran, tetapi pada 2025, beban biaya transportasi bagi kelas menengah yang tidak memenuhi kriteria subsidi diprediksi meningkat,” ujar Achmad.

    Maret: Perpanjangan Kontrak Freeport
    Pada Maret, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kontrak PT Freeport Indonesia. Kontrak baru ini mencakup kewajiban membangun smelter dan peningkatan royalti yang harus dibayarkan kepada negara.

    “Perpanjangan kontrak ini dipandang strategis untuk menjaga stabilitas investasi asing di sektor pertambangan, meskipun mendapat kritik dari pihak-pihak yang menganggap pengelolaan sumber daya alam masih kurang optimal,” kata Achmad dalam pemaparan ekonomi Indonesia 2024.

    April: Kebijakan Ekspor Pasir Laut
    Pemerintah mencabut larangan ekspor pasir laut yang telah berlaku selama lebih dari dua dekade. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan devisa negara, tetapi juga memicu kekhawatiran terkait dampak lingkungan.

    “Kebijakan ini mendapat sorotan luas dari kalangan pemerhati lingkungan dan masyarakat pesisir yang merasa kebijakan tersebut dapat merusak ekosistem laut,” tutur Achmad.

    Mei: Pajak Barang Mewah dan Tarif PPN
    Pemerintah meningkatkan tarif pajak barang mewah sebagai bagian dari upaya menciptakan keadilan fiskal dan meningkatkan penerimaan negara.

    Selain itu, isu kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 11% menjadi 12% mulai mencuat.

    “Dampak langsung dari kenaikan PPN di akhir 2024 akan dirasakan masyarakat kelas menengah di 2025, dengan harga kebutuhan pokok dan barang konsumsi yang semakin mahal,” jelas Achmad.

    Juni: Fokus pada Investasi
    Achmad menilai, Juni menjadi momentum penting dengan kebijakan penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) badan untuk menarik lebih banyak investasi asing.

    Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global.

    Juli: Starlink dan Program Food Estate
    Starlink, perusahaan satelit milik Elon Musk, resmi berinvestasi di Indonesia dengan nilai mencapai Rp 30 miliar. Investasi ini bertujuan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi di wilayah terpencil Indonesia, sebuah langkah strategis dalam mendorong digitalisasi nasional.

    “Pada bulan yang sama, pemerintah meluncurkan program Food Estate di Papua dengan target membuka 2 juta hektare sawah dalam lima tahun. Program ini diproyeksikan mendukung swasembada pangan nasional,” paparnya.

    Agustus: Program Tapera
    Pemerintah mulai mengimplementasikan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Program ini mewajibkan kelas menengah menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk dana perumahan.

    Menurut Achmad, kebijakan ini akan berpengaruh pada ekonomi masyarakat pada 2025, karena menjadi tambahan beban finansial di tengah tekanan ekonomi lainnya.

    September: Subsidi KRL dan Pengetatan BBM
    September menandai perubahan skema subsidi KRL yang berbasis nomor KTP. Kebijakan ini diambil untuk memastikan subsidi lebih tepat sasaran.

    Selain itu, pembatasan penyaluran Pertalite mulai diberlakukan, di mana pembelian BBM subsidi hanya diperbolehkan bagi pengguna tertentu yang terdaftar.

    Oktober: Mobil Maung dan Pailit Sritex
    Pada Oktober, pemerintah mulai menggunakan mobil Maung buatan PT Pindad sebagai kendaraan dinas pejabat. Langkah ini dimaksudkan untuk mendukung industri dalam negeri.

    Namun, di sisi lain, kabar buruk datang dari sektor tekstil. Sritex, salah satu perusahaan tekstil terbesar Indonesia, dinyatakan pailit, yang berpotensi menyebabkan PHK massal bagi ribuan pekerja.

    November: Penetapan Upah, PPN 12%, dan Makan Bergizi Gratis 
    Achmad menilai, November menjadi bulan penuh kebijakan penting. Pemerintah menetapkan sistem pengupahan baru yang berbasis kebutuhan hidup layak untuk memberikan perlindungan lebih baik kepada buruh.

    Selain itu, isu ekonomi Indonesia pada 2024 yang paling menonjol, yakni penetapan tarif PPN yang dinaikkan menjadi 12%. Hal ini langsung memengaruhi daya beli masyarakat kelas menengah pada 2025 dengan lonjakan harga kebutuhan pokok.

    Pemerintah juga meluncurkan program makan bersama gratis (MBG) untuk siswa sekolah dasar dengan alokasi Rp 10.000 per anak, yang dampaknya lebih terasa di kalangan bawah dibanding kelas menengah.

    Desember: Anggaran 2025 dan Transisi Pemerintahan
    Pada Desember, anggaran 2025 sebesar Rp 3.621,3 triliun disahkan dengan defisit 2,53% dari PDB. Anggaran ini memprioritaskan belanja infrastruktur, pendidikan, dan transisi pemerintahan. Langkah ini menjadi penutup tahun yang penuh dinamika di sektor ekonomi.

    “Tahun 2025 akan menjadi ujian sejauh mana pemerintah mampu mengatasi dampak kebijakan ini dan menjaga stabilitas ekonomi nasional,” tutup Achmad yang memaparkan ekonomi Indonesia selama 2024.

  • Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi 24 Jam

    Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi 24 Jam

    loading…

    KRL Commuter Line beroperasi 24 jam pada malam pergantian tahun. Pengoperasian Commuter Line ini untuk mengantisipasi lonjakan pengguna saat merayakan malam Tahun Baru 2025. Foto: Dok SINDOnews

    JAKARTA – KRL Commuter Line beroperasi 24 jam pada malam pergantian tahun. Pengoperasian Commuter Line ini untuk mengantisipasi lonjakan pengguna saat merayakan malam Tahun Baru 2025.

    “Sebagai antisipasi kepadatan pengguna, KAI Commuter akan menambah pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek hingga 24 jam,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus, Selasa (31/12/2024).

    Kebijakan tersebut membuat KAI Commuter menambah 66 perjalanan di semua rute. Sehingga, terdapat 1.114 perjalanan di semua lintas.

    “Dengan penambahan perjalanan ini, kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek yang disediakan KAI Commuter sebanyak 1,9 juta orang,” ujarnya.

    (jon)

  • KAI Commuter Tambah 66 Perjalanan Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Malam Tahun Baru 2025 – Halaman all

    KAI Commuter Tambah 66 Perjalanan Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Malam Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – KAI Commuter menambah 66 perjalanan KRL Jabodetabek untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat malam tahun baru pada Selasa (31/12/2024).

    “Sebagai antisipasi kepadatan pengguna, KAI Commuter akan menambah pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek hingga 24 jam dengan menambah 66 perjalanan di seluruh lintas menjadi 1.114 perjalanan,” VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa.

    Joni bilang, dengan penambahan perjalanan ini kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek yang disediakan KAI Commuter sebanyak 1,9 juta pengguna. 

    Menurut prediksi KAI Commuter sendiri, kereta Commuter Line akan mengangkut hingga sebanyak 1,1 juta pengguna pada 31 Desember 2024 hingga pergantian tahun.

    Untuk lintas Bogor, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan tambahan sebanyak 12 perjalanan, sementara itu pada lintas Bekasi/Cikarang akan dioperasikan sebanyak 11 perjalanan tambahan. 

    “Sedangkan untuk lintas Tanjungpriuk sebanyak 24 perjalanan, lintas Tangerang sebanyak 11 perjalanan dan lintas Rangkasbitung sebanyak sembilan perjalanan,” ucap dia.

    Selain menambah perjalanan Commuter Line, untuk layanan pengguna pada malam pergantian tahun KAI Commuter juga mengantisipasi dengan menyiagakan petugas di pos kesehatan stasiun, petugas pelayanan, kebersihan, dan pengamanan. 

    “Demi keamanan dan kenyamanan bersama, KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna Commuter Line untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun di dalam perjalanan Commuter Line,” tambah Joni Martinus.

    KAI Commuter memprediksi kepadatan pengguna akan terjadi di stasiun-stasiun di sekitar pusat kegiatan di malam pergantian tahun seperti Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Sudirman serta Stasiun BNI City. 

    Selain itu diprediksi juga kepadatan akan terjadi di Stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Duri.

     

  • Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Jakarta: PT Surveyor Indonesia memegang peran penting dalam memastikan keandalan dan kualitas berbagai proyek besar di Indonesia melalui layanan pemastian yang mencakup sektor-sektor penting seperti minyak, gas, dan energi baru terbarukan; batu bara dan mineral; infrastruktur dan transportasi; layanan industri; pemerintahan dan kelembagaan; dan layanan keberlanjutan dan lingkungan.
     
    Selain itu, perusahaan juga aktif menjalankan tanggung jawab sosial korporat yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan kinerja yang terus berkembang, Surveyor Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat perannya dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dan kemajuan Indonesia.
     
    Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna menyampaikan peran ‘The Guardian of Assurance’ merupakan langkah retrospektif yang dianggap mampu mewakili upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan.
     
    “Peran ini terinspirasi dari upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan, mendukung perkembangan industri dan masyarakat menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Sandry dalam media gathering di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Senin, 30 Desember 2024.
     
    “Surveyor Indonesia berkomitmen untuk memastikan pemenuhan standar industri nasional dan memberikan kepastian kepada pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Sebagai ‘The Guardian of Assurance’, kami menjaga kualitas, keselamatan, dan kepastian di setiap proyek, dengan fokus pada integritas dan akurasi” sambung dia.
     
    Sebagai bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey, Surveyor Indonesia memperkuat layanan pemastian di berbagai sektor industri melalui sinergi dengan PT BKI (Persero) dan PT Sucofindo. Sinergi ini memungkinkan IDSurvey memberikan layanan survei, inspeksi, dan verifikasi yang efisien, mendukung kebutuhan nasional, dan memperluas jangkauan internasional.
     
    Peran penting di berbagai sektor
     
    Dalam sektor minyak, gas, dan energi baru terbarukan, Surveyor Indonesia mengambil peran dalam beberapa proyek besar milik Pertamina seperti pemastian kehandalan fasilitas kilang (refinery unit) dan monitoring lingkungan pada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), survei LIDAR di wilayah kerja Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Cargo Monitoring, dan Biodiesel.
     
    Sementara itu, dalam sektor mineral, batu bara, serta lingkungan, PT Surveyor Indonesia mengambil peran dalam memastikan kualitas dan kuantitas batu bara di PT Bukit Asam dan PT Kaltim Prima Coal dan konsultan perizinan lingkungan serta rehabilitasi daerah aliran Sungai (DAS) di PLN dan Pertamina.
     
    Surveyor Indonesia juga berperan penting dalam meningkatkan keandalan transportasi umum, termasuk sebagai integrator pada proyek KRL Jabodebek dan dalam program Buy The Service (BTS) untuk 10 kota besar di Indonesia.
     
    Dalam kedua proyek ini, perusahaan memastikan infrastruktur dan manajemen transportasi berjalan aman, efisien, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah, mendukung pengembangan transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau.
     
    PT Surveyor Indonesia juga berkontribusi pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) dengan memastikan fasilitas sosial, umum, dan utilitas berfungsi dengan baik. Keberhasilan proyek-proyek ini memperkuat posisi perusahaan sebagai mitra handal dalam mendukung kemajuan infrastruktur transportasi nasional.
     
    PT Surveyor Indonesia berperan signifikan dalam sektor teknologi dan informasi, termasuk dalam integrasi layanan Satelit Satria-1 dan Palapa Ring, yang mendukung perluasan akses internet dan transformasi digital hingga ke wilayah terjauh dan terdalam di Indonesia. Kepercayaan pemerintah dan sektor swasta pada proyek-proyek ini semakin memperkuat posisi Surveyor Indonesia sebagai mitra andal di bidang teknologi dan informasi.
     

     

    Perkuat komoditas RI di pasar global
     
    PT Surveyor Indonesia mendukung kepatuhan Indonesia terhadap European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang berlaku mulai 2025, dengan mengembangkan platform ketertelusuran berbasis blockchain untuk memastikan komoditas ekspor seperti kelapa sawit, kopi, cokelat, dan karet memenuhi standar EUDR.
     
    Inisiatif ini memperkuat posisi komoditas Indonesia di pasar global yang mengutamakan keberlanjutan dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan platform ini secara nasional.
     
    Surveyor Indonesia akan memperluas perannya di sektor energi, mendukung penggunaan kendaraan listrik, dan terlibat dalam proyek energi terbarukan, seperti pengembangan biofuel dan manajemen komoditas berkelanjutan, mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan mempromosikan energi bersih.
     
    Sandry menyampaikan pentingnya peran tersebut dalam upaya bersama mendorong penguatan industri nasional. Surveyor Indonesia memainkan peran vital dalam kemajuan infrastruktur Indonesia, termasuk melalui proyek-proyek strategis seperti KRL Jabodebek, Kereta Cepat, dan Satelit Satria-1, juga layanan berkelanjutan yang semuanya merupakan upaya bersama penguatan industri nasional dan keandalan bangsa.
     
    “Ke depan, kami berharap dapat terus memperluas peran dan memperkuat komitmen kami terhadap keberlanjutan sehingga dapat semakin maksimal mendukung Indonesia dalam memenuhi tujuan pengurangan emisi karbon dan memperkuat daya saing di pasar global yang semakin menuntut kepatuhan terhadap keberlanjutan,” jelas Sandry.
     
    Ia menambahkan pencapaian Surveyor Indonesia dalam memberikan peran bagi negara dan masyarakat merupakan komitmen kolektif dari seluruh cabang dan wilayah kerja. “Pencapaian kami di tahun ini tidak lain adalah kerja keras dan komitmen dari kesembilan cabang kami dan wilayah-wilayah kerja yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi klien dan pemangku kepentingan,” tutur dia.
     
    “Inovasi dan prudensi atas risiko menjadi hal yang krusial dalam mendukung langkah kami ke depan, sehingga dapat mencapai performa yang semakin baik,” lanjut Sandry.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)