Produk: kendaraan listrik

  • Eramet Gandeng Danantara dan INA Bangun Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik – Page 3

    Eramet Gandeng Danantara dan INA Bangun Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik – Page 3

    Chief Executive Officer Eramet Group, Paulo Castellari mengatakan, sejak 2006, Eramet telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan salah satu cadangan nikel terbesar di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

    Eramet hadir di Indonesia sejak tahun 2006 melalui operasional pertambangan nikelnya di Weda Bay, Maluku. Sebagai bagian dari komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, pada 2024 Eramet Indonesia menjalin kemitraan dengan Badan Geologi untuk memulai studi dan eksplorasi mineral kritis, termasuk lithium, guna mendukung target transisi energi nasional.

    Dengan fokus pada pengolahan hilir, transisi energi, dan mineral kritis, prioritas Danantara Indonesia dan INA sejalan dengan ambisi strategis Eramet di Indonesia.

    “Kami telah meninjau berbagai peluang untuk berpartisipasi dalam rantai nilai baterai EV berbasis nikel di Indonesia, dan menyambut baik inisiatif hari ini. Kami siap memberikan kontribusi melalui keahlian kami di bidang pertambangan berkelanjutan serta komitmen jangka panjang dalam mengembangkan industri strategis di tanah air,” pungkas Paulo.

  • Deretan Kesepakatan Kerja Sama Strategis yang Diteken Prabowo dan Macron

    Deretan Kesepakatan Kerja Sama Strategis yang Diteken Prabowo dan Macron

    Bisnis.com, JAKARTA —Presiden Prabowo Subianto dan Presiden Prancis Emmanuel Macron secara resmi menyepakati 17 bentuk kerja sama strategis yang mencakup berbagai sektor, mulai dari pertahanan hingga energi terbarukan.

    Empat deklarasi bersama menjadi fondasi utama hubungan jangka panjang Indonesia-Prancis, termasuk “Joint Vision 2050” untuk pengembangan kemitraan strategis, strategi kebudayaan bilateral, komitmen terhadap solusi dua negara untuk Palestina, dan pernyataan bersama kedua kepala negara.

    Selain deklarasi, terdapat 11 kesepakatan kerja sama (deliverables signing) yang ditandatangani di hadapan Presiden. Sepuluh di antaranya adalah kesepakatan antar-pemerintah (G-to-G). Pertama, kesepakatan Kerja Sama di bidang Peningkatan Kapasitas Diplomatik yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Sugiono dan French Minister Delegate for Francophonie and International Partnership Thani Mohamed Soilihi.

    Kedua, kesepakatan Kerja Sama di bidang Pertukaran dan Pelindungan Bersama atas Informasi Rahasia dan Dilindungi dalam bidang Pertahanan (MPCIA) yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan French Minister of Armed Forces Sébastien Lecornu. Ketiga, pernyataan Kehendak Kerja Sama Pertahanan Strategis yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan French Minister of Armed Forces Sébastien Lecornu.

    Keempat, kesepakatan Kerja Sama di bidang Pertanian yang ditandatangani oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard. Kelima, kesepakatan Kerja Sama di Mineral Kritis dan Metal yang ditandatangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard.

    Keenam, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Kehutanan Berkelanjutan yang ditandatangani oleh Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard. Ketujuh, Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Ekonomi Kreatif yang ditandatangani oleh

    Selain antara Prabowo dan Macron, 4 penandatanganan kerja sama  dilakukan antara Menteri Ekonomi Kreatif (Ekraf) Teuku Riefky Harsya dan French Minister of Culture Rachida Dati. Keempat kesepakatan itu antara lain: 

    Kedelapan, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Kebudayaan yang ditandatangani oleh Menteri Kebudayaan Fadli Zon dan French Minister of Culture Rachida Dati. Kesembilan, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Pengelolaan Risiko Bencana yang ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dan French Minister Delegate for Francophonie and International Partnership Thani Mohamed Soilihi.

    Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Transportasi yang ditandatangani oleh:

    Signatories: Minister for Transportation (ID)

    Minister Delegate for Francophonie and International Partnership (FR)

    Kesepakatan P-to-P (1 deliverable)

    11. Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Pengembangan Ekosistem Olahraga Kuda yang ditandatangani oleh Pengurus Pusat Persatuan Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), The French Horse and Riding Institute (IFCE), French Equestrian Federation (FFE), France Galop The Association for Training and Social Action of Racing Stables (AFASEC) dan Filiere Cheval

    Selain itu, kerja sama diperluas pada 5 bidang. Kerja sama itu bersifat G2B dan B2B.

    1. Kesepakatan kerja sama antara Badan Gizi Nasional (BGN dan Danone untuk mendukung upaya peningkatan gizi nasional untuk membangun generasi yang sehat dan maju.

    2. Kesepakatan kerja sama antara Danantara, Indonesia Investment Authority (INA) dan Eramet terkait kerja sama mineral kritis untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik dan hilirisasi nikel.

    3. Investasi Bersama antara PT. RGE Indonesia dan TotalEnergies: terkait pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga surya dan penyimpanan energi baterai guna mendukung transisi energi.

    4. Investasi antar PT Citra Bonang dan Lesaffre terkait perluasan fasilitas produksi ragi guna memperkuat rantai pasok dalam rangka mendukung prioritas ketahanan pangan.

    5. Kesepakatan kerja sama antara PT SMI, PT PLN, dan HDF mengenai pengembangan proyek hidrogen hijau di Indonesia Timur untuk mendorong energi bersih termasuk melalui dukungan pembiayaan di sektor ketenagalistrikan.

    Satu kesepakatan lainnya merupakan kerja sama antar masyarakat (P-to-P), yakni pengembangan ekosistem olahraga kuda yang melibatkan asosiasi dari kedua negara, seperti PORDASI dari Indonesia dan sejumlah institusi berkuda terkemuka dari Prancis.

    Terakhir, diumumkan pula satu kerja sama antar bank sentral, yaitu antara Bank Indonesia dan Banque de France, sebagai bagian dari penguatan kerja sama keuangan kedua negara.

    Langkah ini mencerminkan komitmen kuat Indonesia dan Prancis dalam memperdalam hubungan bilateral dan menghadapi tantangan global bersama melalui kemitraan yang inklusif dan berorientasi masa depan.

  • Meizu Mblu 21 Rilis di Indonesia: HP Rp 1 Juta dengan Dukungan DeepSeek – Page 3

    Meizu Mblu 21 Rilis di Indonesia: HP Rp 1 Juta dengan Dukungan DeepSeek – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Setelah mengumumkan kembalinya operasional di Indonesia, Meizu langsung membuat gebrakan dengan meluncurkan smartphone terbarunya, Meizu Mblu 21.

    Meizu Mblu 21 tidak hanya menawarkan spesifikasi tangguh, tetapi juga menjadi bagian dari ekosistem pintar yang terintegrasi dengan teknologi AI, kendaraan listrik, dan perangkat wearable melalui sistem operasi Flyme OS.

    “Kami sangat bangga bisa kembali ke Indonesia dengan membawa Meizu Mblu 21, sebuah perangkat yang tidak hanya cerdas tetapi juga menjadi pusat kendali bagi kehidupan digital pengguna,” ujar Country Sales Meizu Indonesia, Floy Yang dalam peluncuran di Jakarta, Rabu (28/5/2025).

    “Dengan Flyme OS yang diperkuat oleh AI DeepSeek-R1, pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih personal dan efisien dalam segala aktivitas,” ujarnya.

    Ia mengatakan, peluncuran Mblu 21 menandai babak baru Meizu dalam membangun ekosistem teknologi yang saling terhubung di Indonesia. “Visi kami adalah menciptakan dunia di mana semua perangkat pintar terhubung dengan mulus,” tuturnya lebih lanjut. 

  • Beli Mobil Listrik Rp 2 Miliar, Harga Jual Seken 8 Bulan Sisa Segini

    Beli Mobil Listrik Rp 2 Miliar, Harga Jual Seken 8 Bulan Sisa Segini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tesla untuk pertama kalinya membuka program tukar tambah untuk kendaraan listrik produksinya. Skema trade-in hanya berlaku untuk truk listrik premium Tesla, Cybertruck.

    Namun, pemilik Cybertruck yang mengikuti program tukar tambah kaget dengan harga yang ditawarkan Tesla. CarGurus melaporkan depresiasi harga jual Cybertruck paling parah  mencapai 45 persen.

    Pengalaman dua pemilik Cybertruck yang diwawancarai oleh Business Insider menggambarkan penurunan harga drastis produk yang dibangga-banggakan oleh CEO Tesla Elon Musk.

    Seorang pemilik Cybertruck model AWD 2024 yang baru menempuh jarak sekitar 31 ribu kilometer menerima penawaran US$ 63.100 (Rp 1 miliar) dari Tesla. Harga yang ditawarkan Tesla 37 persen lebih rendah dari harga beli US$ 100.000 (Rp 1,62 miliar).

    Pemilik Tesla model termahal yaitu Cyberbeast juga harus menerima depresiasi tinggi, yaitu 38 persen. Truk listrik yang ia beli di harga US$ 127.000 (Rp 2 miliar), dihargai US$ 78.200 (Rp 1,27 miliar) hanya 8 bulan setelah pembelian.

    Program tukar tambah untuk Cybertruck adalah perubahan drastis dari kebijakan standar Tesla yang melarang pembeli menjual kembali mobilnya. Kebijakan ini adalah upaya Tesla untuk mengendalikan harga di tengah permintaan yang tinggi.

    Kebijakan ini, menurut Tech Crunch, mengurangi tekanan terhadap harga jual mobil Tesla dari dampak negatif aktivitas Elon Musk. Kedekatan Musk dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pernyataan kontroversialnya, mendorong banyak pemilik Tesla untuk menutup-nutupi atribut Tesla di mobil milik mereka serta membuat penjualan Tesla anjlok di seluruh dunia.

    Tesla juga melalui banyak permasalahan dalam hal kualitas produksi, seperti pedal gas yang tersangkut hingga aksesori yang rontok.

    Namun, menurut Wired, harga jual mobil listrik seken memang cenderung rendah dibanding mobil bermesin BBM. Harga beberapa merek mobil listrik bisa anjlok hingga separuhnya hanya dalam setahun.

    (dem/dem)

  • Industri petrokimia sebagai peluang ekonomi yang menggiurkan

    Industri petrokimia sebagai peluang ekonomi yang menggiurkan

    Pengolahan industri petrokimia (ANTARA/HO-Kemenperin)

    Industri petrokimia sebagai peluang ekonomi yang menggiurkan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 27 Mei 2025 – 07:05 WIB

    Elshinta.com – Industri petrokimia bisa memberikan masa depan yang menjanjikan untuk ekonomi Indonesia. Sektor ini disebut sebagai ibu industri (mother of industry) karena produk yang dihasilkan bisa digunakan sebagai bahan baku sektor lain. Seperti olefin yang digunakan untuk memproduksi plastik, agrochemical untuk penguatan sektor agro, serta aromatik yang bisa digunakan untuk membuat plastik, nilon, detergen, dan bahan baku kosmetik.

    Selanjutnya, bitumen yang digunakan untuk membuat aspal yang kemudian dimanfaatkan untuk melapisi tanggul, jalan, dan menjadi campuran briket, serta petroleum coke yang digunakan untuk meleburkan timah dan aluminium. Salah satu kunci utama penguatan industri petrokimia nasional adalah ketersediaan nafta, yakni fraksi minyak bumi yang menjadi bahan utama untuk menghasilkan produk dasar seperti ethylene, propylene, dan butadiene melalui proses pemurnian.

    Saat ini, sebagian besar kebutuhan nafta di Tanah Air masih dipenuhi melalui importasi. Meski demikian, Pemerintah sudah berkeinginan untuk mendorong produksi nafta dalam negeri, mengingat strategisnya produk tersebut.

    Melalui pembangunan dan revitalisasi kilang minyak nasional, termasuk proyek-proyek strategis yang dijalankan oleh PT Pertamina (Persero). Kilang-kilang yang ada tengah dirancang agar mampu menghasilkan nafta dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan industri domestik.

    Selama beberapa dekade, industri petrokimia telah menjadi tulang punggung banyak sektor, mulai dari plastik, tekstil, hingga farmasi. Kini, permintaan terhadap produk berbasis kimia mengalami peningkatan signifikan secara global. Pasar petrokimia mengalami pertumbuhan yang pesat, didorong kebutuhan akan produk konsumsi yang berkaitan erat dengan industri tersebut.

    Laporan International Energy Agency (IEA) menyebut, produk petrokimia akan menyumbang lebih dari 30 persen pertumbuhan permintaan minyak global pada 2030. Hal ini terjadi meskipun kendaraan listrik dan energi terbarukan mulai mengurangi permintaan bahan bakar fosil.

    Pemerintah memandang industri petrokimia sebagai salah satu prioritas dalam upaya substitusi impor, karena apabila sektor ini diperkuat dan nafta berhasil diproduksi secara swasembada, maka tak hanya memperkuat industri petrokimia itu sendiri tapi turut memperkuat sektor lain yang membutuhkan bahan baku dari nafta.

    Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Saat ini, produksi nafta untuk 1 juta ton per tahun memerlukan sekitar 3,03 juta ton minyak mentah jenis light crude per tahun atau 1:3.

    Hingga kini Indonesia hanya memiliki enam kilang minyak dan semuanya sudah berumur. Dari enam kilang itu, baru mampu diproduksi nafta sebesar 7,1 juta ton per tahun. Sedangkan kebutuhan nafta nasional saat ini mencapai 9,2 juta ton per tahun, artinya masih dibutuhkan impor sebanyak 2,1 juta ton.

    Seperti halnya petrokimia yang merupakan ibu industri, nafta merupakan ibu dari sektor petrokimia, yang apabila dapat diproduksi secara domestik mampu menghemat impor hingga 9 miliar dolar AS per tahun atau Rp146,03 triliun (kurs Rp16.226). Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri petrokimia dalam negeri untuk terus tumbuh.

    Prospek Cerah

    Meski dunia tengah bergerak menuju energi terbarukan, industri petrokimia justru diprediksi akan terus tumbuh. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan terhadap produk hilir petrokimia, seperti plastik teknik, komposit ringan, dan bahan baku untuk farmasi yang masih belum bisa tergantikan.

    Sektor petrokimia disebut akan menjadi salah satu kontributor dalam pertumbuhan permintaan minyak global hingga 2040, melampaui sektor transportasi. Oleh karena itu, Indonesia yang memiliki posisi strategis secara global diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan ini.

    Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memasukkan industri petrokimia menjadi salah satu sektor perindustrian yang diprioritaskan pengembangannya.

    Investasi di sektor petrokimia dinilai memberikan dampak ekonomi berlapis. Selain membuka lapangan kerja langsung dalam jumlah besar, sektor ini juga menciptakan efek berganda (multiplier effect) terhadap industri lain seperti logistik, jasa pendukung, konstruksi, dan industri hilir.

    Proyek petrokimia bernilai 1 miliar dolar AS atau Rp16,2 triliun berpotensi menciptakan hingga 4.000 lapangan kerja. Di sisi fiskal, industri ini berkontribusi signifikan terhadap penerimaan negara melalui pajak, dan royalti. Selain itu, substitusi atau pengurangan volume impor dari industri petrokimia domestik juga dapat menghemat devisa negara hingga miliaran dolar AS per tahun.

    Dengan memberikan pemanis insentif berupa pembebasan pajak (tax holiday) hingga 100 persen dan keringanan pembayaran pajak (tax allowance) hingga 30 persen, diharapkan investor asing di sektor petrokimia mau menanamkan modalnya di Tanah Air. Saat ini, sejumlah proyek strategis tengah digarap untuk memperkuat struktur industri petrokimia nasional.

    Salah satu yang terbesar adalah pembangunan kompleks petrokimia terintegrasi oleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Cilegon, Banten. Proyek senilai Rp15 triliun tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2027 dan diperkirakan mampu menyerap hingga 3.000 tenaga kerja.

    Selain itu, pemerintah juga tengah membangun beberapa fasilitas kilang minyak atau refinery dengan total kapasitas hingga 1 juta barel per hari, serta mengusulkan untuk membangun kilang minyak baru di wilayah Tuban, yang saat ini telah memiliki pabrik petrokimia, yaitu PT Trans-Pasific Petrochemical Indotama (TPPI).

    PT TPPI punya dua mode produksi, yaitu petrokimia dan bahan bakar. Sebagian besar bahan baku yang digunakan untuk memproduksi produk aromatik berasal dari kondensat. Selain itu, TPPI juga memproduksi nafta yang digunakan untuk memproduksi bahan bakar. Penguatan industri petrokimia bukan sekadar kebutuhan ekonomi, melainkan fondasi bagi kemandirian industri nasional.

    Dengan memanfaatkan potensi pasar domestik dan membangun ekosistem industri petrokimia yang kuat, Indonesia dapat melangkah lebih percaya diri menuju masa depan sebagai negara manufaktur yang berdaya saing kuat di dunia internasional.

    Sumber : Antara

  • Volvo Pangkas 3.000 Pekerja Profesional di Tengah Perlambatan EV dan Ketidakpastian Dunia Otomotif

    Volvo Pangkas 3.000 Pekerja Profesional di Tengah Perlambatan EV dan Ketidakpastian Dunia Otomotif

    JAKARTA – Volvo mengumumkan restrukturisasi signifikan yang akan menyebabkan pengurangan sekitar 3.000 pekerjaan, terutama di posisi pekerja profesional yang melakukan pekerjaan kantor, administratif, atau manajerial. 

    Keputusan ini, yang diumumkan pada hari Senin, 26 Mei, dilansir dari laporan Reuters. Volvo mengambil kebijakan ini di tengah produsen mobil Swedia ini berjuang menghadapi biaya tinggi, perlambatan permintaan kendaraan listrik (EV), dan ketidakpastian perdagangan yang sedang berlangsung.

    Pemangkasan pekerjaan ini adalah bagian dari inisiatif penghematan biaya yang lebih luas, dengan target pemangkasan sebesar 18 miliar krona Swedia (sekitar Rp30,8 triliun)), yang awalnya diumumkan pada bulan April. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat kondisi keuangan perusahaan dan mendongkrak harga sahamnya.

    Menurut CEO Hakan Samuelsson, yang baru-baru ini kembali menjabat, PHK akan mencakup berbagai departemen, termasuk Penelitian & Pengembangan, Komunikasi, dan Sumber Daya Manusia. Ia meyakini bahwa restrukturisasi ini akan menghasilkan organisasi yang lebih sehat, penghematan biaya, dan peluang bagi karyawan untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar.

    Chief Financial Officer Fredrik Hansson mengindikasikan bahwa meskipun semua departemen dan lokasi akan terdampak, sebagian besar pengurangan akan terjadi di Gothenburg. Ia menekankan bahwa ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi struktural secara menyeluruh.

    PHK yang diumumkan mewakili sekitar 15 persen dari staf kantor Volvo Cars secara global dan akan menimbulkan biaya restrukturisasi satu kali sebesar 1,5 miliar krona.

    Volvo Cars menghadapi berbagai tantangan khususnya karena sebagian besar produksinya berbasis di Eropa dan China, jadi sangat rentan terhadap tarif baru Amerika Serikat. Perusahaan sebelumnya menyatakan bahwa potensi tarif dapat membuat ekspor model-modelnya yang lebih terjangkau ke AS menjadi tidak layak. Meskipun Presiden AS Trump baru-baru ini memperpanjang batas waktu pemberlakuan tarif terhadap barang-barang Uni Eropa hingga 9 Juli, ketidakpastian tetap ada.

    Analis Handelsbanken Hampus Engellau mencatat bahwa skala PHK sesuai dengan ekspektasi dan memandang perampingan operasi sebagai langkah positif bagi perusahaan.

    Menariknya, saham Volvo Cars mengalami kenaikan sebesar 3,6 persen pada Senin sore, dengan sebagian besar kenaikan ini terjadi sebelum pengumuman PHK. Namun, saham tersebut masih turun 24 persen sejak awal tahun.

  • Terobosan Baru! PO Sumber Alam Pakai Bus Listrik buat Trayek Yogyakarta-Bekasi

    Terobosan Baru! PO Sumber Alam Pakai Bus Listrik buat Trayek Yogyakarta-Bekasi

    Jakarta

    Terobosan baru dilakukan PO Sumber Alam bekerja sama dengan Kalista (member Indika Energy Group) dalam menyediakan layanan transportasi yang ramah lingkungan. Kedua perusahaan tersebut meluncurkan layanan bus listrik untuk trayek AKAP (antar kota antar provinsi) Yogyakarta-Bekasi. Ini membuktikan bahwa bus listrik bisa dioperasikan sebagai transportasi antar kota dengan rute ratusan kilometer.

    Seperti dilihat detikOto di Instagram @sumberalam.id, layanan bus listrik AKAP PO Sumber Alam ini sudah beroperasi sejak Senin (26/5) kemarin, dengan keberangkatan dari Yogyakarta menuju ke Bekasi. Kemudian hari Selasa (27/5) ini dimulai keberangkatan dari Bekasi menuju ke Yogyakarta.

    Untuk harga tiketnya, PO Sumber Alam membanderolnya Rp 170 ribu saja. Bus berukuran maxi ini dilengkapi 40 kursi yang diklaim nyaman dan juga dilengkapi AC. Namun sayangnya, bus ini belum dilengkapi fasilitas toilet. Buat rutenya sendiri, layanan bus ini menggunakan jalur selatan.

    “Dulu, naik bus yang kita cari cuma kenyamanan dan ketepatan waktu. Sekarang, kita mulai mikir soal satu hal lagi: masa depan bumi,” tulis PO Sumber Alam di Instagram resminya.

    “Sumber Alam melangkah ke depan dengan meluncurkan bus listrik pertama rute Yogyakarta – Bekasi. Tanpa asap, tanpa bising, tapi tetap nyaman dan juga tepat waktu,” sambungnya.

    Tiket bus ini bisa didapatkan di Aplikasi Sumber Alam Ekspres, website sumberalam.co.id, agen resmi & OTA.

    Oh iya, sedikit mengulas sisi eksterior, bus ini mengombinasikan warna putih, hitam, biru, dan juga hijau. Di bagian kaca depan terdapat tulisan 100% electric vehicle, lalu pada bagian bodi samping juga terdapat gambar colokan kabel yang menandakan bahwa ini kendaraan listrik.

    Logo Kalista juga tersemat di bagian bodi samping. Bagi yang belum tahu, Kalista adalah perusahaan fleets-as-a-service (FaaS) yang menyediakan solusi end-to-end dengan ekosistem EV yang komprehensif untuk mempermudah transisi bisnis menuju EV.

    (lua/rgr)

  • Spesifikasi ‘Ngeri’ Mobil Listrik Kedua Xiaomi, Bisa Tempuh 835 Km!

    Spesifikasi ‘Ngeri’ Mobil Listrik Kedua Xiaomi, Bisa Tempuh 835 Km!

    Jakarta

    Setelah ditunggu-tunggu sejak lama, Xiaomi YU7 akhirnya resmi meluncur. Mobil listrik kedua pabrikan tersebut punya spesifikasi ‘mengerikan’ yang tak dimiliki produk lain sekelasnya. Penasaran?

    Disitat dari Carnewschina, Selasa (27/5), meski sudah meluncur, namun pengumuman harga Xiaomi YU7 baru akan disampaikan dua bulan lagi. Menariknya, menurut rumor yang beredar, mobil listrik tersebut dibanderol mulai dari 199 ribu yuan atau Rp 450 jutaan.

    Xiaomi YU7 tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Standard, Pro dan Max. Biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi kendaraan listrik tersebut.

    Spesifikasi Xiaomi YU7

    Dimensi dan Desain

    Mobil listrik Xiaomi YU7. Foto: Doc. Xiaomi

    Xiaomi YU7 merupakan SUV berukuran sedang yang dibangun di atas platform Modena milik perusahaan. Kendaraan tersebut punya dimensi panjang 4.999 mm, lebar 1.996 mm, tinggi 1.608 mm dan jarak sumbu roda 3.000 mm. Sementara warnanya tersedia dalam beberapa opsi, termasuk hijau, jingga dan titanium metalik.

    Secara tampilan, YU7 punya wajah yang mirip-mirip mobil listrik pertama Xiaomi, yakni SU7. Hanya saja, kendaraan tersebut dirancang lebih banyak lekukan ‘bergelombang’ seperti SUV buatan Eropa. Sementara bagian belakangnya dibuat ‘buntung’.

    YU7 menggunakan gagang pintu elektrik yang bisa dilipat ke dalam dengan pencahayaan tambahan. Selain itu, ada dukungan UWB (Ultra Wideband) untuk akses masuk tanpa kunci dan akses bagasi melalui ponsel pintar.

    Interior dan Fitur

    Interior Xiaomi YU7. Foto: Doc. Xiaomi

    Di dalam, seluruh kabinnya dilapisi kulit dengan jok Nappa di bagian depan yang menawarkan sandaran 123° dan fungsi pijat 10 titik. Penumpang belakang mendapatkan keuntungan dari jok yang dapat disetel secara elektrik hingga 135° dan layar kontrol sentuh 6,68 inci untuk fungsi pengaturan suhu, musik, dan navigasi.

    Dasbornya dilengkapi “HyperVision” selebar 1,1 meter yang terdiri dari tiga layar Mini LED dengan resolusi retina 108 PPD. Sistem itu mengintegrasikan data berkendara, media, informasi titik buta dan widget yang dapat disesuaikan. Kendaraan tersebut juga didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 untuk proses data yang super cepat.

    Motor Listrik

    YU7 Std RWD: Single motor 235 kW dan torsi 528 Nm, akselerasi 0-100 kpj dalam 5.88 detik, top speed 240 kpjYU7 Pro AWD: Dual motors dengan kombinasi daya 365 kW dan torsi 690 Nm, akselerasi 0-100 kpj dalam 4.27 detik, top speed 240 kpjYU7 Max AWD: Dual motors dengan kombinasi daya 508 kW dan 866 Nm, akselerasi 0-100 kpj dalam 3.23 detik, top speed 253 kpj.

    Baterai

    Std RWD: 96.3 kWh LFP battery – jarak tempuh 835 kmPro AWD: 96.3 kWh LFP battery – jarak tempuh 770 kmMax AWD: 101.7 kWh NCM battery – jarak tempuh 760 km.

    (sfn/rgr)

  • BYD Atto 3 Ada Versi Lebih Murah, Harga Rp 300 Jutaan!

    BYD Atto 3 Ada Versi Lebih Murah, Harga Rp 300 Jutaan!

    Jakarta

    BYD menghadirkan mobil listrik Atto 3 yang lebih murah dalam varian BYD Atto 3 Advanced STD. Mobil listrik ini resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 300 jutaan.

    PT BYD Motor Indonesia secara resmi memperkenalkan varian terbaru dari BYD Atto 3, yakni BYD Atto 3 Advanced STD. Mobil listrik tersebut hadir dengan penyesuaian fitur untuk semakin menjawab kebutuhan pasar kendaraan listrik di Indonesia. Varian ini menawarkan pilihan yang lebih terjangkau bagi konsumen, tanpa mengesampingkan kenyamanan dan kualitas khas BYD.

    “Sebagai bagian dari komitmen kami dalam mendukung adopsi kendaraan listrik di Indonesia, BYD terus mendengarkan kebutuhan konsumen dan beradaptasi secara strategis. Melalui kehadiran varian BYD Atto 3 Advanced STD, kami ingin menjangkau lebih banyak lapisan konsumen. Kami percaya bahwa dengan memberikan pilihan yang relevan dan terjangkau, semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan pengalaman berkendara kendaraan listrik yang aman, nyaman, dan modern bersama BYD,” ujar President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/5/2025).

    Pada BYD Atto 3 Advanced STD, beberapa fitur pada varian Advanced sebelumnya telah disederhanakan. Varian ini tidak dilengkapi dengan panoramic sunroof, roof rail, wireless charger, dan sejumlah fitur keselamatan aktif seperti Adaptive Cruise Control dan Automatic Emergency Braking System.

    BYD Atto 3 Advanced STD Foto: Dok. BYD

    Meski begitu, varian ini tetap mengusung desain dan performa yang sama dengan BYD Atto 3 sebelumnya. Di bagian interior, tetap ada touch screen rotatable berukuran 12.8 inci, sistem audio dengan 6 speaker, Apple CarPlay dan Android Auto, NFC Digital Key & Bluetooth Key, Teknologi Vehicle-to-Load (VTOL) hingga 3.3 kW, serta desain eksterior modern dengan LED headlight strip dan Crystal LED headlights.

    Varian ini memiliki interior berwarna hitam dengan ambient lighting, electric seat dengan 6-way untuk driver seat & 4-way untuk passenger seat. Kapasitas bagasi juga tetap lapang, hingga 1.340 liter.

    BYD Atto 3 Advanced STD Foto: Dok. BYD

    BYD Atto 3 Advanced STD memiliki pilihan warna eksterior baru Harbour Gray, melengkapi warna lain seperti Surf Blue, Ski White, dan Cosmos Black. Bagian dalam mobil juga akan hadir dengan interior berwarna hitam.

    Konsumen sudah dapat melihat BYD Atto 3 Advanced STD di seluruh jaringan dealer BYD Indonesia. Mobil ini ditawarkan dengan harga OTR Jakarta Rp 390.000.000. Sebagai perbandingan, BYD Atto 3 Advanced saat ini dijual seharga Rp 470 juta dan BYD Atto 3 Advanced Superior seharga Rp 520 juta.

    (rgr/din)

  • Volvo Bakal PHK 3.000 Orang di Seluruh Dunia, dari Pekerja hingga Konsultan

    Volvo Bakal PHK 3.000 Orang di Seluruh Dunia, dari Pekerja hingga Konsultan

    Bisnis.com, JAKARTA — Volvo Car AB. akan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK 3.000 orang, memangkas sekitar 7% tenaga kerjanya secara global.

    Dilansir dari Bloomberg, produsen mobil Swedia itu merencanakan PHK massal untuk mengurangi biaya produksi, demi mengimbangi permintaan yang lesu dan menjaga laba.

    Pihak Volvo menyampaikan pada Senin (26/5/2025) bahwa langkah itu akan memengaruhi sekitar 3.000 posisi, termasuk 1.000 konsultan. Pabrikan itu mempekerjakan sekitar 43.800 orang secara global, lebih dari setengahnya di Swedia.

    Volvo akan menanggung biaya restrukturisasi hingga 1,5 miliar kronor Swedia (sekitar US$140 juta) yang akan memengaruhi kinerja kuartal II/2025 perusahaan itu.

    Chief Executive Officer Volvo Hakan Samuelsson sedang mendorong program efisiensi sebesar 18 miliar kronor setelah perusahaan melaporkan penurunan pendapatan operasional hingga 60% pada kuartal I/2025. Langkah-langkah itu, yang diumumkan bulan lalu, bertujuan menstabilkan kinerja perusahaan karena harus menghadapi hambatan perdagangan yang meningkat dan permintaan tidak merata untuk kendaraan listrik.

    Dalam sebuah wawancara pada Jumat (23/5/2025), Samuelsson menepis kekhawatiran bahwa pemotongan tersebut menjadi tanda bahwa pemegang saham asal China ingin mengambil lebih banyak kendali atas pengembangan produk dan mengalihkan pekerjaan di bidang R&D ke Negeri Panda.

    Didukung oleh mandat tegas dari pendiri Zhejiang Geely Holding Group, Li Shufu, Samuelsson yang berusia 74 tahun ditugaskan untuk menegakkan integrasi yang lebih ketat dan mengekstraksi sinergi di seluruh grup Geely yang lebih luas.

    Dia telah mengganti kepala keuangannya dan berencana untuk memberikan lebih banyak otonomi kepada wilayah China dan Amerika Serikat (AS) untuk bereaksi lebih cepat terhadap preferensi pelanggan lokal. Sebagai bagian dari program efisiensi yang diluncurkan bulan lalu, Volvo bertujuan untuk mengurangi biaya material, biaya personel, dan investasi.

    Pemotongan terbaru memengaruhi 1.200 karyawan di Swedia, 1.000 posisi saat ini diisi oleh konsultan—sebagian besar juga di Swedia—dan sisanya di pasar lain, kata perusahaan itu.

    “[Langkah tersebut] sangat penting bagi kami untuk menciptakan perusahaan yang secara struktural lebih efisien dan tangguh”, kata CFO Volvo, Fredrik Hansson.

    Terakhir kali Volvo mengumumkan pengurangan tenaga kerja pada 2023, ketika perusahaan memperingatkan bahwa sebanyak 1.300 pekerjaan kerah putih di Swedia terancam. Akhirnya, perusahaan tersebut menghilangkan sekitar 700 posisi, kata seorang juru bicara Senin (26/5/2025).

    Saham Volvo naik hingga 4,9% pada perdagangan hari ini di Stockholm. Sahamnya turun sekitar seperempat harga sepanjang tahun ini.