Produk: kendaraan listrik

  • Huawei Luncurkan Sedan Mewah Pesaing Maybach, Harga Cuma Rp 1,6 Miliaran

    Huawei Luncurkan Sedan Mewah Pesaing Maybach, Harga Cuma Rp 1,6 Miliaran

    Jakarta

    Perusahaan patungan Huawei dan JAC Motors resmi meluncurkan sedan mewah, Maextro S800, di China. Dijual antara 708.000 yuan (Rp 1,6 miliar) hingga 1.018.000 yuan (Rp 2,3 miliar), mobil ini bakal menjadi penantang serius sedan premium buatan Jerman, Mercedes-Benz Maybach S-Class.

    Jika dibandingkan, harga Mercedes-Benz Maybach S-Class jauh lebih mahal dari Maextro S800. Di Eropa, tipe Maybach S-Class dipasarkan dari 255.849 euro (Rp 4,7 miliar) hingga 546.210 euro (Rp 10,1 miliar).

    Secara dimensi, Maextro S800 diklaim lebih besar ukurannya dibanding S-Class, dengan panjang sekitar 5.480 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda 3.370 mm. Konsumen dapat memilih konfigurasi 4 kursi dan 5 kursi.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    Maextro S800 mengadopsi bahasa desain baru ‘Zongheng Xinghan’ yang dicirikan oleh empat elemen horisontal dan dua elemen vertikal. Hal ini menciptakan tampilan area depan yang khas dan dinamis, dipertegas lampu depan kristal.

    Di bagian buritan, sedan ini memiliki rakitan lampu belakang bertema nebula yang disebut ‘galaxy scroll’ menghasilkan efek ‘milky way’ yang menyala malam hari. Lambang ‘Maextro’ diambil dari kata maestro dalam bahasa Italia, yang berarti konduktor atau ahli, yang menekankan kehadiran mobil berwibawa.

    Maextro S800 ditawarkan dalam varian kendaraan listrik murni dan kendaraan listrik jarak jauh (EREV). Varian listrik murni memiliki pengaturan motor ganda, dengan daya 390 kW dan baterai 95 kWh. Mobil ini menghasilkan jarak tempuh CLTC hingga 702 km dan pengisian daya sangat cepat dari 10%-80% dalam waktu 12 menit.

    Varian EREV menggabungkan motor listrik dengan mesin turbo 1,5L (115 kW) dan baterai 65 kWh yang mendukung pengisian cepat 6C dan arsitektur 800V, pengisian daya 10% hingga 80% dalam 10,5 menit. EREV motor ganda menghasilkan output 390 kW, menawarkan jarak tempuh listrik murni 400 km, jarak tempuh total 1.333 km, dan konsumsi bahan bakar 0,09 L/100 km.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    Sementara varian EREV motor tiga menghasilkan power 635 kW, jarak tempuh listrik murni 365 km, jarak tempuh total 1.200 km, dan konsumsi bahan bakar 0,25 L/100 km. Semua varian menggunakan teknologi Whale Battery 2.0 dari Huawei.

    Dari segi performa, Maextro S800 menawarkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,3 detik (EV dual-motor), 4,7 detik (EREV tri-motor), dan 4,9 detik (EREV dual-motor). Jarak pengereman dari 100 km/jam adalah 34,5 m. Dengan kemudi roda belakang ±12°, mobil ini memiliki radius putar yang sempit hanya 5,05 meter dan sudut crab-walk maksimum 16°.

    Mobil ini mengadopsi sistem pengemudian cerdas ADS 4 terbaru dari Huawei yang dilengkapi dengan kemampuan ‘AI trans AI’. Sistem ini mencakup empat sensor LiDAR dan gabungan 32 sensor lainnya untuk persepsi 360 derajat yang komprehensif dan dukungan untuk skenario mengemudi yang kompleks seperti navigasi jalur sempit, kemudian automatic obstacle evasion dan parkir presisi. Sistem ini juga memiliki kokpit cerdas Harmony ALPS 2.0 dan teknologi Huawei Galaxy Communication.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    (lua/rgr)

  • Spesifikasi Bus Listrik PO Sumber Alam yang Layani Trayek Bekasi-Yogyakarta

    Spesifikasi Bus Listrik PO Sumber Alam yang Layani Trayek Bekasi-Yogyakarta

    Jakarta

    PO Sumber Alam bersama Kalista resmi membuka layanan bus listrik untuk rute Bekasi-Yogyakarta (PP). Bus yang digunakan adalah buatan perusahaan asal China, Higer. Seperti apa spesifikasi bus nol emisi ini?

    Diketahui Perusahaan Otobus asal Purworejo ini telah mengoperasikan bus listrik sejak tanggal 26 Mei 2025 dari arah Yogyakarta dan tanggal 27 Mei dari arah Bekasi. Bus tersebut bisa menjadi opsi buat masyarakat yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan bus listrik.

    Bus listrik PO Sumber Alam Foto: Dok. PO Sumber Alam

    Sedikit mengulas sisi eksterior, bus ini mengombinasikan warna putih, hitam, biru, dan hijau. Di bagian kaca depan terdapat tulisan 100% electric vehicle, lalu pada bagian bodi samping juga terdapat gambar colokan kabel yang menandakan bahwa ini kendaraan listrik.

    Logo Kalista juga tersemat di area bodi samping. Bagi yang belum tahu, Kalista adalah perusahaan fleets-as-a-service (FaaS) yang merupakan salah satu anak perusahaan Indika Energy Group. Kalista menyediakan solusi end-to-end dengan ekosistem EV yang komprehensif buat mempermudah transisi bisnis menuju EV.

    Bus listrik PO Sumber Alam Foto: Dok. PO Sumber Alam

    Adapun unit bus listrik yang digunakan PO Sumber Alam merupakan Higer Coach 12M tipe Big Bus. Mengenai dimensi, bus ini memiliki panjang 11.965 mm, lebar 2.500 mm, kemudian tingginya 3.490 mm. Bus ini bisa menempuh jarak hingga 404 km, kecepatan tertinggi 90 km/jam, dan kapasitas kabinnya bisa mengangkut 41 penumpang.

    Bus ini memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 16.000 kg, Curb Weight (CW) 12.900 kg. Secara performa, bus yang menggunakan sasis monokok ini memiliki tenaga maksimal 245 kW dan torsi badak 3.239 mm. Sementara baterainya menggunakan besutan CATL kapasitas 303 kWh dengan tipe pengecasan menggunakan colokan CCS2.

    Soal layanan purnajual, bus ini memiliki garansi baterai 8 tahun, garansi motor listrik 5 tahun, dan garansi bodi 1 tahun.

    (lua/rgr)

  • Segini Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas buat Pejabat

    Segini Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas buat Pejabat

    Jakarta

    Besar biaya pengadaan kendaraan dinas untuk pejabat berbeda-beda. Paling tinggi mencapai Rp 931 juta. Berikut rinciannya.

    Biaya pengadaan kendaraan dinas pejabat diatur pemerintah. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menyeri Keuangan Nomor 32 Tahun 2025 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2026.

    Dalam lampiran dijelaskan biaya pengadaan kendaraan merupakan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pengadaan kendaraan operasional bagi pejabat, operasional kantor, dan/atau lapangan serta bus melalui pembelian guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian negara/lembaga.

    Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas Buat Pejabat

    Besar biayanya berbeda-beda. Dalam tabel dijelaskan untuk pejabat eselon I dan eselon II besarannya Rp 931.648.000. Selanjutnya biayanya menyesuaikan daerah. Misalnya di Aceh, biaya pengadaan kendaraan dinas per unitnya Rp 641.995.000 sedangkan di DKI Jakarta Rp 731.123.000. Adapun kisaran biayanya mulai dari Rp 641 juta hingga yang tertinggi Rp 836 jutaan untuk wilayah Papua Barat serta Papua Barat Daya.

    Sementara bila yang digunakan adalah kendaraan listrik, besaran biaya pengadaan untuk pejabat eselon I senilai Rp 1.005.477.000 dan pejabat eselon II Rp 775.955.000.

    Selanjutnya bila pengadaan kendaraan listrik untuk kendaraan operasional kantor, biaya pengadaan per unitnya senilai Rp 430.080.000. Sementara pengadaan kendaraan roda dua listrik Rp 29.120.000.

    Dalam aturan itu dijelaskan juga bila kebutuhan kendaraan operasional telah terpenuhi melalui mekanisme sewa kendaraan, maka pengadaan melalui pembelian tidak diperkenankan lagi. Khusus untuk kendaraan listrik, besaran biaya pengadaan belum termasuk biaya pengiriman dan pemasangan instalasi pengisian daya.

    “Pelaksanaan pengadaan KBLBB harus memperhitungkan kebijakan pemerintah terkait fasilitas KBLBB,” demikian bunyi aturannya.

    Soal modelnya, dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 138 Tahun 2024 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara, pejabat eselon I A mendapat mobil jenis sedan/sedan listrik atau SUV/SUV listrik dengan kualifikasi B. Kualifikasi B berarti sedan berkapasitas 2.500 cc 4 silinder. Sedangkan bila SUV 3.000 cc 6 silinder. Bila yang digunakan listrik maka spesifikasinya 215 kW untuk sedan dan 200 kW untuk SUV.

    Eselon I B dan yang setingkat mendapatkan sedan/sedan listrik atau SUV/SUV listrik kualifikasi C yakni sedan 2.500 cc 4 silinder atau SUV 2.500 cc 4 silinder. Bila pengadaannya kendaraan listrik maka spesifikasinya sedan listrik 135 kW dan SUV listrik 160 kW.

    Eselon II A dan yang setingkat mendapat SUV/SUV listrik dengan kualifikasi D yaitu SUV berkapasitas 2.500 cc 4 silinder atau SUV listrik 150 kW. Kemudian eselon II B dan yang setingkat mendapat SUV/SUV listrik kualifikasi E yakni SUV 2.000 cc 4 silinder atau SUV listrik 125 kW.

    (dry/rgr)

  • Elon Musk Keluar dari Rezim Trump, Masalah Tesla Masih di Depan Mata

    Elon Musk Keluar dari Rezim Trump, Masalah Tesla Masih di Depan Mata

    Jakarta

    Elon Musk keluar dari posisinya sebagai DOGE (Department of Government Efficiency). Meski sudah resmi mundur, masalah Tesla yang perlu diselesaikan sudah menunggu Elon Musk di depan mata.

    Elon Musk melalui platform X nya turut mengucapkan terima kasih kepada Presiden AS Donald Trump atas kepercayaan yang telah diberikan.

    “Karena masa tugas saya sebagai Pegawai Pemerintah Khusus akan segera berakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden @realDonaldTrump atas kesempatan untuk mengurangi pemborosan pengeluaran,” ujar Musk via @elonmusk.

    Meski Musk sudah mundur, adanya Gerakan Tesla Takedown belum pudar, mereka mengatakan “pertarungan masih jauh dari selesai” karena Musk masih memiliki akses langsung ke Presiden.

    Perlu diketahui “Tesla Takedown” mengacu pada gerakan protes akar rumput yang muncul pada awal tahun 2025. Gerakan ini menargetkan Tesla, Inc. dan CEO-nya, Elon Musk. Gerakan ini melibatkan demonstrasi damai di toko-toko Tesla, mendesak masyarakat untuk melepaskan diri dari Tesla dengan menjual kendaraan dan saham mereka di Tesla. Tujuannya adalah untuk memberikan dampak ekonomi kepada Musk dan menantang pengaruh politiknya melalui cara-cara tanpa kekerasan.

    Asosiasi Produsen Mobil Eropa baru-baru ini merilis data untuk bulan April dan itu menunjukkan pendaftaran Tesla turun 52,6% yang mengejutkan bulan lalu. Perusahaan juga turun 46,1% selama empat bulan pertama tahun ini.

    Itu adalah angka yang mengkhawatirkan dan mereka datang pada saat kendaraan listrik semakin populer.

    “Dalam empat bulan pertama tahun 2025, penjualan mobil baterai-listrik baru tumbuh sebesar 26,4%, menjadi 558.262 unit, menangkap 15,3% dari total pangsa pasar UE,” seperti yang dicatat oleh EAMA.

    masalah Tesla tidak terbatas pada Eropa karena merek tersebut juga mengalami penurunan yang signifikan di tempat lain. Menurut Business Insider penjualan Tesla di provinsi Quebec Kanada anjlok 85% pada kuartal pertama karena pelanggan hanya membeli 524 kendaraan. Model 3 terpukul sangat buruk karena penjualan sedan entry-level turun sebesar 94%.

    (riar/lua)

  • Jakpro hadirkan replika Formula E Gen3 Evo di HBKB Jakarta

    Jakpro hadirkan replika Formula E Gen3 Evo di HBKB Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) menghadirkan replika Formula E Gen3 Evo di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) menjelang Jakarta E-Prix 2025 di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Minggu.

    Kegiatan merupakan bagian dari ABB FIA Formula E World Championship musim ke-11 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada 21 Juni 2025.

    “Kegiatan ini adalah simbol kolaborasi antara olahraga, teknologi dan kota Jakarta sebagai tuan rumah yang siap menyambut transformasi hijau,” kata Direktur Bisnis dan Operasional PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Adi Adnyana di Jakarta.

    Pihaknya mengundang seluruh pihak, baik masyarakat maupun pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyukseskan Jakarta E-Prix 2025 dan menjadikannya sebagai kebanggaan bagi kota Jakarta.

    Kehadiran mobil Gen3 Evo di Bundaran HI adalah bagian dari strategi untuk mendekatkan Jakarta E-Prix ke masyarakat.

    Menurut dia, ini bukan hanya soal balapan, tapi soal membangun koneksi dengan publik sejak jauh hari.

    “Kami mengajak warga Jakarta datang ke CFD, lihat langsung mobilnya dan beli tiketnya sebelum kehabisan,” kata dia.

    PT Jakpro selaku penyelenggara resmi menghadirkan Pameran Replika Mobil Formula E Gen3 Evo di arena HBKB atau “Car Free Day” (CFD) Sudirman-Thamrin, tepatnya di Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai 1 hingga sepanjang bulan Juni 2025.

    Mobil Formula E dengan akselerasi tercepat yang pernah dibuat ini tidak hanya menjadi simbol dari performa tinggi dan kemajuan teknologi kendaraan listrik, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukatif untuk masyarakat Jakarta.

    Pameran ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-498 DKI Jakarta dan menjadi bagian dari upaya kota untuk memperkuat posisinya sebagai calon “Top 20 Global City” yang berorientasi pada inovasi dan keberlanjutan.

    Kemeriahan juga akan terasa di sepanjang arena HBKB yang berlangsung pada 1, 8 dan 15 Juni 2025 di kawasan Sudirman-Thamrin.

    Selain melihat langsung mobil Formula E Gen3 Evo, masyarakat juga dapat memperoleh berbagai informasi mengenai ajang balap listrik ini dan membeli tiket dengan harga spesial untuk kategori Grandstand.

    Penjualan tiket secara offline dengan harga spesial tersedia selama periode 1, 8, dan 15 Juni 2025 di area CFD Pullman Hotel Jakarta (Bundaran HI), Sarinah, FX Sudirman dan Grand Hyatt Jakarta.

    Selama periode 1-21 Juni 2025 berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta International Velodrome dan Taman Ismail Marzuki (TIM).

    Pengunjung cukup memindai kode batang (barcode) yang tersedia di lokasi menggunakan telepon pintar, memilih tiket Grandstand, melakukan pembayaran dan menerima e-tiket langsung melalui email. Informasi penukaran tiket fisik akan diumumkan melalui media sosial resmi dan email pembeli.

    “Jakarta E-Prix 2025 siap hadir lebih dari sekadar balapan melainkan sebuah perayaan sportainment global, teknologi bersih.dan identitas Jakarta sebagai kota masa depan,” kata dia.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Honda Pamer Kendaraan Elektrifikasi di Surabaya, Apa Tuh?

    Honda Pamer Kendaraan Elektrifikasi di Surabaya, Apa Tuh?

    Jakarta

    Honda kembali ‘pamer’ berbagai kendaraan elektrifikasi mereka di Surabaya nih. Tapi bukan hanya sekedar pamer kendaraan listrik, berbagai model andalan Honda juga ikut dipajang.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, Honda Surabaya Center, Main Dealer resmi Honda wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara kembali hadir meramaikan ajang Indonesia International Motor Show(IIMS) Surabaya 2025 dengan menampilkan jajaran kendaraan elektrifikasi, termasuk penampilan perdana New Honda Civic RS e:HEV untuk wilayah Surabaya. Ajang yang bertempat di Grand City Convention and Exhibition, dan yang berlangsung mulai 28 Mei-1 Juni 2025 dengan Honda mengusung tema “Dreams in Motion: Now Electrified”.

    Menyesuaikan dengan tema booth, Honda menghadirkan berbagai produk elektrifikasi lainnya seperti All New Honda CR-V RS e:HEV, Honda e:N1, serta Honda N-VAN EV Prototype yang ditampilkan dalam bentuk Mobile Dreams Café. Selain menampilkan lini kendaraan ramah lingkungan, Honda juga menyuguhkan program penjualan menarik dan berbagai aktivitas hiburan bagi pengunjung dari semua kalangan.

    Selain itu, ajang IIMS Surabaya 2025 juga menjadi ajang pertama New Honda Civic RS e:HEV diperkenalkan di Surabaya, sejak resmi di rilis pada 8 Mei 2025 oleh PT Honda Prospect Motor, sebagai model yang memadukan desain sporty khas Civic, performa bertenaga, dan teknologi hybrid canggih yang menghadirkan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan kenikmatan berkendara.

    New Honda Civic RS e:HEV mengusung sistem full hybrid dengan motor listrik bertenaga dan mesin bensin 2.0L Atkinson-cycle yang efisien, serta dilengkapi Intelligent Power Unit yang secara otomatis menyeimbangkan performa dan efisiensi.

    Mesin bensinnya menghasilkan 141 PS dan torsi 182 Nm, sementara motor listriknya menghasilkan 184 PS dan torsi maksimum 315 Nm. Kombinasi tersebut menghasilkan total tenaga sistem sebesar 203 PS, memberikan akselerasi spontan dan responsif di berbagai kondisi jalan.

    Honda Civic RS Hybrid Foto: Dok.PT Honda Prospect Motor

    Untuk pengalaman berkendara yang lebih personal, model ini dilengkapi dengan fitur Drive Mode yang menghadirkan empat pilihan: Mode Eco untuk efisiensi maksimal, Mode Normal untuk penggunaan sehari-hari, Mode Sport untuk akselerasi lebih agresif, serta Mode baru Individual yang dapat dikustomisasi sesuai preferensi pengemudi. Saat ini New Honda Civic RS e:HEV ditawarkan dengan harga Rp 704.800.000 (harga on the road Surabaya untuk kepemilikan mobil pertama tahun 2025).

    “Sejalan dengan tema booth pada ajang IIMS Surabaya 2025, hari ini kami membawa model Honda yang paling ikonik, yaitu Honda Civic terbaru, sebagai wujud nyata kesungguhan kami untuk memperluas pilihan kendaraan Hybrid Honda yang futuristik. Kini, New Honda Civic RS e:HEV, berevolusi dengan menyatukan DNA sporty khas Civic dengan teknologi elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan, dan tentu saja tetap Fun to Drive,” kata President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong.

    Selama IIMS Surabaya 2025, Honda menghadirkan program penjualan spesial bertajuk “Honda STECU: Slay Teknologinya, Cuan Belinya”, yang memberikan berbagai keuntungan langsung bagi konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda, antara lain:

    – Super Slay Bonus (1x) berupa cashback tambahan hingga Rp 3 juta.
    – Super Slay Bonus (2x) berupa voucher hingga Rp 1 juta.
    – Super Slay Claw Machine Time, berupa hadiah langsung.
    – Test Drive Berhadiah, pengunjung berkesempatan mendapatkan cashback tambahan hingga Rp 3 juta.
    – All New Honda HR-V Extra Benefit, memungkinkan konsumen mendapatkan cashback puluhan juta Rupiah.
    – Selain itu, tersedia pula berbagai kemudahan finansial mulai dari Bunga 0% selama 2 tahun, Cicilan ringan mulai 2 jutaan, DP Rendah mulai 20 jutaan, Tenor panjang hingga 8 tahun, serta Gratis paket perawatan berkala.

    Wendy Miharja, Director Honda Surabaya Center mengatakan, Kepuasan pengunjung adalah prioritas Honda, hal tersebut yang membuat Honda Surabaya Center menggelar berbagai program menarik untuk pengunjung IIMS 2025.

    “Selain membawa jajaran kendaraan elektrifikasi yang futuristik, kami juga menghadirkan berbagai program dan aktivitas seru selama lima hari, mulai dari test drive berhadiah hingga hiburan untuk semua usia. Kami percaya, pengalaman positif di booth Honda akan membangun loyalitas konsumen terhadap brand kami ke depannya,” Wendy menambahkan.

    (lth/din)

  • Industri Tertekan, China Desak Hentikan Perang Harga Otomotif

    Industri Tertekan, China Desak Hentikan Perang Harga Otomotif

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah China akhirnya angkat bicara terkait perang harga industri otomotif yang kian intensif. Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Sabtu (31/5/2025), Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mendesak para pelaku industri untuk menghentikan persaingan harga yang dianggap “brutal” dan merusak kesehatan sektor otomotif, terutama dalam jangka panjang.

    “Tidak ada pemenang dalam perang harga, apalagi masa depan,” tegas kementerian melalui akun resminya di WeChat, dikutip dari Reuters, Sabtu (31/5/2025).

    Pemerintah menyatakan akan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum untuk mengatasi praktik persaingan tidak sehat dan siap mengambil tindakan regulasi demi menjaga keberlanjutan industri.

    Langkah ini diambil setelah perdebatan hangat di kalangan eksekutif perusahaan otomotif mengenai dampak diskon besar-besaran yang ditawarkan kepada konsumen.

    Salah satu pemicu utama ketegangan adalah insentif besar yang baru-baru ini diberikan oleh raksasa kendaraan listrik BYD, termasuk potongan harga untuk lebih dari 20 model, seperti hatchback BYD Seagull, yang harganya bisa turun menjadi hanya 55.800 yuan (sekitar US$ 7.750) berkat subsidi tukar tambah dari pemerintah.

    Tindakan BYD ini dengan cepat diikuti oleh pesaing lain, seperti Geely dan Chery, yang ikut menawarkan diskon demi menjaga daya saing.

    Namun, lonjakan strategi potong harga ini membuat beberapa pihak khawatir akan dampaknya terhadap laba perusahaan, efisiensi, dan struktur pasar secara keseluruhan.

    Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) juga turut menyuarakan kekhawatiran serupa. Mereka menyerukan agar para pemain industri melakukan “gencatan senjata” terhadap perang harga otomotif, yang menurut mereka justru merugikan profitabilitas perusahaan dan menghambat inovasi.

    “Perusahaan harus mematuhi prinsip persaingan yang adil, dan pemain besar diharapkan menahan diri dari mendominasi pasar melalui praktik monopoli,” tulis CAAM dalam pernyataannya.

    Organisasi itu menekankan, perusahaan tidak seharusnya menjual produk di bawah biaya produksi, kecuali untuk penyesuaian harga yang sah menurut hukum.

    Situasi ini memanas setelah komentar pedas muncul dari Wei Jianjun, CEO Great Wall Motor, yang menyebut kondisi industri otomotif saat ini tidak sehat.

    Pernyataannya memicu reaksi keras dari seorang eksekutif BYD yang menilai kritik tersebut berlebihan. Ketegangan ini mencerminkan bagaimana persaingan harga mobil listrik di China telah mencapai titik kritis.

    Meski di satu sisi memberikan keuntungan bagi konsumen, di sisi lain strategi potong harga ekstrem dapat melemahkan fondasi bisnis jangka panjang dan mengganggu stabilitas ekosistem industri.

    Pemerintah China kini mengambil peran aktif dalam menata ulang arah persaingan industri otomotif, seraya mengingatkan bahwa pertumbuhan berkelanjutan harus didasarkan pada inovasi dan efisiensi, bukan sekadar pemotongan harga semata.

    Dengan dukungan regulasi dan dorongan menuju kebijakan otomotif yang lebih sehat, pemerintah berharap perang harga otomotif di China dapat berakhir, sehingga mereka bisa mempertahankan posisinya sebagai pasar terbesar di dunia tanpa harus mengorbankan stabilitas industrinya.

  • Canggih! Malaysia Akan Pakai AI untuk Atur Lalu Lintas

    Canggih! Malaysia Akan Pakai AI untuk Atur Lalu Lintas

    Jakarta

    Malaysia akan melakukan inovasi untuk sistem transportasinya. Negara tetangga ini melirik teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) untuk mengatur lalu lintas hingga memantau infrastruktur jalan.

    Dilansir dari Bernama, rencana ambisius Malaysia itu disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi, dalam forum Intelligent Transport Systems Asia Pacific 2025 yang digelar di Korea Selatan.

    “Melalui teknologi pemantauan cerdas seperti drone, sensor, dan Internet of Things (IoT), kami bisa mendeteksi kerusakan jalan secara real-time. AI membantu menganalisis data ini untuk menentukan lokasi yang butuh penanganan segera dan memprediksi potensi kerusakan di masa depan,” ujarnya, dikutip dari Bernama.

    Nanta menyebut, sistem transportasi cerdas atau Intelligent Transport System (ITS) saat ini menjadi kebutuhan dasar dalam membangun kota masa depan yang tangguh, efisien, dan berkelanjutan.

    Malaysia sendiri sedang menyusun ITS Roadmap 2030, peta jalan yang akan jadi panduan utama dalam transformasi sistem transportasi negara tersebut.

    Diklaim, roadmap itu terdiri dari lima pilar utama. Mulai dari mobilitas cerdas yang saling terhubung, transisi ke transportasi hijau dan berkelanjutan, digitalisasi layanan publik, ekosistem transportasi yang aman, hingga pemanfaatan data untuk perencanaan mobilitas.

    “Semua rencana ini bukan cuma wacana. Malaysia akan terus berinovasi, berinvestasi, dan berkolaborasi untuk membangun negara yang hiper-terhubung,” tegas Nanta.

    Ia juga menyebut sejumlah inisiatif yang sedang berjalan, termasuk pengembangan kendaraan otonom, penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi umum, penerapan sistem pembayaran tol tanpa henti alias Multi-Lane Free Flow (MLFF), serta pembentukan National Intelligent Traffic Management Centre (NITMC).

    “Transformasi ini menunjukkan komitmen kuat Malaysia untuk membangun ekosistem transportasi yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan, sejalan dengan visi besar menuju kota hiper-terhubung,” pungkasnya.

    Kalau rencana ke depan Indonesia apa ya detikers?

    (mhg/lth)

  • Indonesia-Prancis komitmen tingkatkan bisnis dan perdagangan

    Indonesia-Prancis komitmen tingkatkan bisnis dan perdagangan

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Kedaulatan Industri serta Digital Prancis Eric Lombard, di Gedung A.A. Maramis, Jakarta, Rabu (28/5/2005) lalu Foto: Kemenko Perekonomian

    Indonesia-Prancis komitmen tingkatkan bisnis dan perdagangan
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Sabtu, 31 Mei 2025 – 10:07 WIB

    Elshinta.com – Indonesia & Prancis sepakati komitmen meningkatkan hubungan kerjasama bisnis & perdagangan serta investasi. Hal ini terungkap dalam pertemuan bilateral antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Kedaulatan Industri serta Digital Prancis Eric Lombard, di Gedung A.A. Maramis, Jakarta, Rabu (28/5/2005) lalu.

    Dalam keterangan tertulis yang diterima Elshinta dijelaskan pertemuan tersebut membahas berbagai isu strategis yang menjadi perhatian bersama, termasuk penguatan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral. Nilai total perdagangan Indonesia dan Prancis sepanjang tahun 2024 tercatat mencapai 2,4 miliar dolar AS dengan tren pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir tetap menunjukkan arah positif. Namun demikian, neraca perdagangan Indonesia terhadap Prancis masih menunjukkan defisit yang signifikan yaitu mencapai 532 juta dolar AS, tahun 2024.

    Dalam kesempatan tersebut Menko Airlangga menyampaikan berbagai potensi kerja sama strategis, termasuk proyek energi panas bumi (geothermal project) yang menjadi salah satu fokus pengembangan energi bersih dan berkelanjutan. “Pemerintah Indonesia telah membentuk DANANTARA (Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara) sebagai lembaga dana investasi Indonesia yang juga akan berperan penting dalam membangun hilirisasi dan ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) secara menyeluruh,” jelas Menko Airlangga.

    Seperti diketahui, Prancis merupakan salah satu mitra utama Indonesia dalam bidang investasi dengan nilai realisasi investasi pada tahun 2023 lalu, mencapai 302,8 juta dolar AS. Investasi ini tersebar di berbagai sektor prioritas nasional, antara lain konstruksi, industri mesin dan elektronik, pariwisata, properti, serta industri makanan. Perusahaan-perusahaan Prancis yang beroperasi di Indonesia seperti Eramet, Danone, L’Oréal, dan Michelin memainkan peran penting dalam mendorong pembangunan di Indonesia.

    Kedua Menteri juga mendiskusikan perkembangan Perundingan Indonesia–European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) yang ditargetkan rampung tahun ini. Perundingan IEU CEPA ini merupakan proses negosiasi antara Indonesia dan Uni Eropa untuk mencapai sebuah perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif. Tujuan utama dari perjanjian ini adalah memperkuat hubungan ekonomi kedua belah pihak melalui peningkatan perdagangan dan investasi, serta kerja sama di berbagai bidang.

     “Kami mengharapkan dukungan penuh dari Prancis terhadap percepatan penyelesaian Perundingan IEU CEPA serta proses aksesi Indonesia ke OECD,” ujar Menko Airlangga.

    Menanggapi hal tersebut, Menteri Lombard menyampaikan bahwa ia akan melaporkan permintaan dukungan tersebut kepada Presiden Emmanuel Macron guna mendorong keterlibatan aktif Prancis dalam mendukung Indonesia pada kedua isu tersebut.

    Diharapkan Perundingan IEU CEPA dapat mencapai konklusi dan diumumkan pada tahun ini. Sebagai ekonomi terbesar kedua di Uni Eropa setelah Jerman, Prancis memiliki pengaruh yang signifikan dalam proses perundingan. Keberhasilan penyelesaian Perundingan IEU CEPA akan membuka akses pasar yang lebih luas, memperkuat arus perdagangan dan investasi, serta mendorong peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan negara-negara anggota Uni Eropa, khususnya Prancis sebagai salah satu mitra utama.

    Turut hadir pada pertemuan tersebut di antaranya yakni Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi dan Investasi  Edi Prio Pambudi, Deputi Bidang Perdagangan dan Ekonomi Digital Ali Murtopo Simbolon, serta Deputi Bidang Koordinasi Industri, Ketenagakerjaan, dan Pariwisata Kemenko Perekonomian Rudi Salahuddin. Usai pertemuan, kedua menteri ekonomi tersebut menghadiri Forum Bisnis Indonesia – Prancis, dimana keduanya dijadwalkan memberikan Closing Remarks serta menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha kedua negara. (Ter/KemenkoPerekonomian)

     

     

     

     

     

     

     

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jalan Jauh Pakai Mobil Listrik? Lakukan Ini Biar Gak Abis Baterai di Jalan!

    Jalan Jauh Pakai Mobil Listrik? Lakukan Ini Biar Gak Abis Baterai di Jalan!

    Jakarta

    Bepergian jarak jauh dengan mobil listrik kini bukan lagi hal yang sulit. Teknologi dan infrastruktur pengisian daya yang terus berkembang membuat perjalanan jadi lebih praktis.

    Meski begitu, ada satu hal yang tetap penting diperhatikan yakni kondisi baterai dan jangan sampai kehabisan baterai di tengah jalan. Karena itu, perencanaan rute dan pengisian daya jadi kunci utama untuk memastikan perjalanan tetap lancar.

    Menurut Aldi Ruvian dari After Sales Department AION Indonesia, sekarang udah ada fitur bernama trip planner yang bisa bantu perhitungan titik-titik charging selama perjalanan.

    “Ada yang namanya trip planner gitu ya. Jadi trip planner itu bisa dipakai dari aplikasi-aplikasi untuk pengisian daya (charging) seperti yang saya contohkan dari PLN Mobile misalkan, dia sudah ada semacam trip planner. Jadi misalkan pelanggan ingin melakukan perjalanan ke suatu kota, di titik mana aja sih yang nanti sebaiknya dilakukan charging,” jelas Aldi.

    Di sisi lain, Marketing Communications dan Public Relations AION Indonesia, Valdo Prahara, juga menyebutkan bahwa pengguna mobil listrik sekarang umumnya sudah paham dengan kondisi mobilnya serta tantangan yang mereka hadapi saat perjalanan jauh.

    AION Indonesia sudah berulang menguji mobilnya untuk perjalanan jauh, bahkan mengajak awak media untuk tes mobil listriknya dari Jakarta ke Semarang tanpa mengecas. Terbukti aman tanpa perlu khawatir.

    “Tabiatnya orang-orang yang pakai mobil listrik itu yang sekarang pasti udah bisa banget nge-plan dan juga gak perlu khawatir lagi ya karena produk AION sendiri kan jaraknya cukup jauh,” kata Valdo.

    SPKLU PLN Foto: 20detik

    Tips Berkendara Jauh dengan Mobil Listrik

    Agar perjalanan jarak jauh dengan mobil listrik tetap aman dan nyaman, berikut beberapa tips yang disarankan oleh PLN:

    1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

    Periksa seluruh komponen kendaraan, termasuk tekanan ban, sistem kelistrikan, dan kondisi rem. Pastikan juga baterai dalam keadaan terisi penuh sebelum memulai perjalanan.

    2. Manfaatkan Fitur Trip Planner

    Gunakan aplikasi seperti PLN Mobile untuk merencanakan rute perjalanan sekaligus melihat lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Perencanaan ini penting untuk menghindari risiko kehabisan daya di tengah perjalanan.

    3. Hindari Akselerasi dan Kecepatan Berlebih

    Jaga kecepatan agar tetap stabil dan hindari akselerasi mendadak. Kebiasaan berkendara yang agresif dapat mempercepat konsumsi daya baterai.

    4. Maksimalkan Fitur Regenerative Braking

    Aktifkan mode berkendara hemat seperti ECO Mode atau E-Pedal untuk mengoptimalkan fitur regenerative braking. Fitur ini memungkinkan daya listrik dikembalikan ke baterai saat kendaraan melambat.

    5. Siapkan Kabel Charging Pribadi

    Saat ini, penyebaran SPKLU belum merata di seluruh daerah. Lantas penting juga bagi pemilik mobil listrik untuk membawa kabel charging sendiri untuk berjaga-jaga baterai lemah di jalan atau untuk mengecas saat di penginapan di kota tujuan.

    6. Hindari Jalur dengan Kemacetan Parah

    Meski daya yang termakan lebih banyak saat melaju kencang, mobil listrik tetap mengkonsumsi daya saat berhenti apalagi jika sistem AC menyala. Oleh sebab itu, efisiensi akan lebih optimal saat melintasi jalan yang bebas dari kemacetan. Gunakan aplikasi navigasi untuk memantau lalu lintas dan memilih jalur yang lebih lancar.

    7. Siapkan Rencana Cadangan

    Sebaiknya tentukan titik SPKLU alternatif di sepanjang rute perjalanan. Hal ini berguna apabila lokasi pengisian utama tidak tersedia atau sedang antre.

    (mhg/lth)