Produk: kendaraan listrik

  • Bamsoet Puji Kesuksesan Formula E Jakarta, Sebut Berdampak Positif bagi RI

    Bamsoet Puji Kesuksesan Formula E Jakarta, Sebut Berdampak Positif bagi RI

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Formula E-Jakarta (Jakarta E-Prix 2025). Diikuti 22 pebalap, Jakarta E-Prix 2024 membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan rumah kejuaraan internasional.

    Selain itu, ajang yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol tersebut juga dinilai sebagai sarana promosi kendaraan listrik dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan industri kreatif.

    Menurut Bamsoet, kesuksesan Jakarta E-Prix 2025 tidak hanya menjadi prestasi bagi penyelenggara dan peserta, tetapi juga bagi masyarakat Indonesia. Hal itu adalah pembuktian nyata bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah kejuaraan internasional dengan standar tinggi.

    “Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2025 bukan hanya sukses dari sisi teknis dan penyelenggaraan, tetapi juga memberi dampak positif yang luar biasa luas bagi bangsa Indonesia. Kita tidak hanya menyelenggarakan balapan, kita menyuguhkan masa depan,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (21/6/2025).

    Hal ini ia ucapkan usai mengalungkan FIA President Medal kepada the winner of the 2025 Jakarta E-Prix di JIEC Ancol, Sabtu (21/6/25). Hasil akhir balap Formula E Jakarta 2025 dimenangkan oleh Pembalap tim Cupra Kiro, Dan Ticktum dari Inggris.

    Sementara posisi kedua ditempati pembalap Mahindra Racing, Edoardo Mortara dari Switzerland, dan posisi ketiga diraih pembalap Andretti, Nico Mueller dari Switzerland.

    Anggota DPR ini menuturkan, lebih dari sekedar balapan, Jakarta E-Prix menjadi ajang efektif untuk mempromosikan kendaraan listrik di dalam negeri. Event ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif dan mempercepat transisi Indonesia menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

    Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kendaraan listrik, diharapkan sektor ini semakin berkembang yang berujung pada peningkatan kualitas hidup dan lingkungan.

    “Debut mobil GEN3 Evo yang merupakan peningkatan signifikan dalam teknologi kendaraan listrik, memberikan nuansa kompetisi yang lebih seru. Mobil balap ini mencatatkan akselerasi 0-60 mph 30 persen lebih cepat dibandingkan dengan mobil Formula 1 terkini, serta 36 persen lebih cepat dibandingkan model GEN3 sebelumnya. Teknologi inovatif ini menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus mengukuhkan Formula E sebagai ajang balap paling relevan di era elektrifikasi dan keberlanjutan,” kata Bamsoet.

    Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan, Jakarta E-Prix mampu menarik wisatawan domestik maupun internasional, mendorong sektor pariwisata dan industri kreatif. Hotel-hotel di sekitar kawasan Ancol mencatat tingkat okupansi hampir penuh sejak H-3 menjelang balapan, industri kreatif, bisnis kuliner serta UMKM sekitar lokasi juga turut menggeliat.

    Puluhan ribu pengunjung yang hadir tidak hanya datang untuk menyaksikan balapan, tetapi juga mengajak mereka untuk menjelajahi kekayaan budaya dan atraksi yang ditawarkan Jakarta. Hal ini membuktikan event olahraga dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi inklusif.

    “Hotel-hotel, restoran, UMKM dan lokasi wisata sekitar Jakarta mendapatkan manfaat ekonomi dari kehadiran puluhan ribu pengunjung Jakarta E-Prix. Hal ini menunjukkan bagaimana olahraga dapat menjadi pendorong kemajuan ekonomi di tingkat lokal dan nasional. Dengan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, event seperti Jakarta E-Prix akan terus didorong sebagai bagian dari strategi pembangunan berkelanjutan Indonesia,” pungkas Bamsoet.

    (anl/ega)

  • MIND ID Garap 4 Proyek Strategis Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

    MIND ID Garap 4 Proyek Strategis Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

    Bisnis.com, JAKARTA — Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID mengungkap sejumlah upaya untuk menjadikan Indonesia hub ekosistem industri kendaraan listrik (electric vehcile/EV) global. 

    Wakil Direktur Utama MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memasok kebutuhan industri ekosistem EV guna menjawab permintaan pasar yang terus meningkat.

    Menurut dia, EV merupakan ruang pasar baru yang penuh potensi. Apalagi saat ini banyak negara tengah berlomba-lomba untuk menembus pasar kendaraan listrik. 

    “Namun, Indonesia memiliki kekuatan yang sangat fundamental, kekayaan sumber daya alam dan kemampuan hilirisasi yang solid. Kami yakin Indonesia dapat menjadi pemain kunci dalam rantai pasok ekosistem EV global,” kata Dany dalam keterangan resminya, Sabtu (21/6/2025). 

    Dalam hal ini, MIND ID bersama seluruh perusahaan anggotanya akan memaksimalkan kapasitas dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak agar potensi pasar ini dapat dimanfaatkan oleh industri dalam negeri.

    Dany menerangkan, sejumlah proyek-proyek strategis yang menghasilkan bahan baku mineral penting untuk industri turunan EV.

    Proyek pertama, Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR), Mempawah, Kalimantan Barat telah beroperasi dan mampu memproduksi 1 juta ton alumina per tahun sebagai baku utama untuk produksi aluminium, yang menjadi material dasar rangka dan bodi kendaraan listrik.

    Kedua yaitu Smelter Pemurnian Nikel yang sedang dikembangkan di Pomalaa, Morowali, Sorowako, dan Halmahera Timur untuk memproduksi Nickel Pig Iron (NPI) dan Mixed Hydroxide Precipitate (MHP), yakni bahan baku utama baterai EV.

    Ketiga, proyek smelter Tembaga di Gresik yang memiliki kapasitas produksi 600.000 ton katoda tembaga per tahun, yang menjadi komponen penting dalam sistem kelistrikan di dalam EV.

    Keempat yakni pilot proyek Coal-to-Graphite di Sumatra Selatan yang mampu mengonversi batu bara menjadi grafit sintetis dan anode sheet yang merupakan komponen utama baterai EV. 

    “Proyek ini merupakan solusi inovatif bagi Indonesia yang belum memiliki tambang grafit alam yang ekonomis,” tuturnya. 

    Dany juga menegaskan bahwa perseroan memahami pentingnya keberlanjutan riset dan pengembangan teknologi dalam menopang transformasi industri EV di masa depan. 

    Melalui payung riset Indonesia Mining & Minerals Research Institute (IMMRI), MIND ID berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi mineral yang relevan dengan kebutuhan industri.

    “Kunci untuk memenangkan perlombaan ini adalah semangat untuk terus melakukan riset dan pengembangan. Kami tidak akan berhenti pada proyek yang sudah berjalan — inovasi harus terus hidup, agar posisi Indonesia semakin kuat dalam rantai pasok global,” terangnya. 

  • Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Strategis di SPIEF 2025

    Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Strategis di SPIEF 2025

    Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Strategis di SPIEF 2025
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk mempererat
    kerja sama strategis
    dengan Rusia di berbagai bidang. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian
    Airlangga Hartarto
    saat memberikan pidato pembukaan dalam Russia-Indonesia Business Dialogue 2025 yang berlangsung di Rusia.
    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian St Petersburg International Economic Forum (SPIEF) Ke-28, sekaligus menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rusia.
    Selain Menko Airlangga, Deputi Pertama Perdana Menteri Rusia
    Denis Manturov
    juga turut hadir dan menyampaikan pidatonya.
    SPIEF dikenal sebagai forum ekonomi internasional bergengsi yang mempertemukan para pemimpin negara, pelaku usaha, akademisi, dan pemangku kepentingan global. Forum ini menjadi wadah merumuskan arah baru kerja sama ekonomi dunia di tengah dinamika geopolitik dan transformasi digital.
    Dalam sambutannya, Manturov menjelaskan bahwa dialog bisnis oti merupakan tindak lanjut dari Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang digelar di Jakarta pada April 2025 sebagai bagian dari Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-13 RI-Rusia Bidang Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi, dan Teknik.
    “Sebagaimana disampaikan pada April lalu, Rusia berminat untuk semakin meningkatkan kerja sama strategis dengan Indonesia di berbagai bidang, seperti
    sovereign wealth fund
    , transportasi, energi, pupuk, pangan, hingga
    digital health
    ,” ujar Manturov seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/6/2025).
    Lebih lanjut, Manturov menambahkan bahwa Rusia juga menjajaki potensi kerja sama yang lebih luas di sektor
    energi terbarukan
    dan dukungan terhadap berbagai proyek infrastruktur di Indonesia.
    Dalam kesempatan itu, Manturov turut menyatakan kepuasannya atas kemajuan substansial dalam Perundingan Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (
    I-EAEU FTA
    ). Ia berharap, perjanjian tersebut bisa segera ditandatangani tahun ini.
    “Rusia juga mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pameran Industri INNOPROM 2025 di Ekaterinburg. Bahkan, Indonesia akan menjadi “Partner Country” pada INNOPROM 2026 dengan dukungan penuh dari Presiden RI
    Prabowo Subianto
    ,” jelas Manturov.
    Menko Airlangga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas undangan Rusia kepada Indonesia untuk berpartisipasi di
    SPIEF 2025
    . Ia menegaskan pentingnya forum ini sebagai wadah strategis memperkuat kemitraan ekonomi, membuka dialog tingkat tinggi, dan menciptakan peluang investasi yang inklusif dan berkelanjutan.
    “SPIEF adalah salah satu forum ekonomi terbesar di dunia. Indonesia membuka diri untuk diskusi komprehensif terkait peningkatan kerja sama perbankan dan keuangan dengan Rusia, termasuk kerja sama retail dan skema pembayaran,” ujar Airlangga.
    Airlangga juga menyoroti pembukaan kembali jalur penerbangan langsung Moskow-Denpasar pulang pergi oleh maskapai Aeroflot yang kini melayani tiga sampai empat kali penerbangan per minggu.
    “Presiden Prabowo Subianto bahkan telah meminta kepada Presiden Vladimir Putin agar jadwal penerbangan ini bisa ditambah,” ucap Airlangga.
    Terkait perundingan perdagangan bebas I-EAEU FTA, Airlangga menyatakan rasa puas karena perundingan telah selesai secara substansial.
    “Saya mendorong kedua pihak untuk segera menyelesaikan hal-hal teknis yang tersisa agar dapat ditandatangani tahun ini,” lanjutnya.
    Dialog bisnis itu juga menghadirkan sejumlah tokoh penting dari Indonesia dan Rusia, di antaranya Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Direktur Jenderal State Atomic Energy Corporation ROSATOM, perwakilan khusus Presiden Rusia untuk hubungan dengan organisasi internasional dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, serta Direktur Jenderal URALCHEM.
    Para pembicara mengangkat beragam isu kerja sama strategis, mulai dari penyelesaian perundingan I-EAEU FTA, kolaborasi dalam platform
    BRICS
    , modernisasi sektor pertanian, isu pekerja migran, pengembangan infrastruktur, pengembangan energi nuklir, keamanan siber, platform digital, kerja sama pendidikan, hilirisasi mineral kritis, energi terbarukan, hingga suplai bahan baku pupuk.
    Menutup dialog, Airlangga kembali mengundang para pelaku usaha Rusia untuk terus memperluas kemitraan strategis di Indonesia.
    “Ada banyak potensi kerja sama yang bisa terus dikembangkan, mulai dari pengembangan mineral kritis, baterai kendaraan listrik, hilirisasi produk minyak sawit, hingga ekspor produk pertanian Rusia seperti gandum,” katanya.
    Partisipasi Indonesia dalam SPIEF 2025 menjadi momentum penting untuk menegaskan peran aktif Indonesia dalam menciptakan tatanan ekonomi global yang lebih inklusif, adil, dan tangguh di era multipolar dan terdigitalisasi.
    Selain itu, keikutsertaan Indonesia juga mencerminkan tekad untuk memperkuat diplomasi ekonomi dan membangun kemitraan strategis jangka panjang dengan mitra global, termasuk Rusia.
    Turut hadir mendampingi Menko Airlangga dalam pertemuan ini, antara lain Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Staf Khusus Menko Perekonomian Boo Hyung Lee.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Aspira Dukung Ajang Balap Internasional Formula E Jakarta E-Prix 2025

    Aspira Dukung Ajang Balap Internasional Formula E Jakarta E-Prix 2025

    Jakarta

    PT Astra Otoparts Tbk, melalui merek unggulannya Aspira mendukung pelaksanaan Formula E – Jakarta E-Prix 2025. Dukungan ini merupakan wujud komitmen Aspira di industri otomotif nasional dan global.

    Setelah sukses tampil bersama Gresini Racing di ajang MotoGP 2025, kini Aspira hadir mendukung balap kendaraan listrik yang digelar hari ini, (21/6) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

    “Kami ingin memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus edukatif bagi para pengunjung, serta menunjukkan bagaimana Aspira terus berinovasi dan menjadi bagian aktif dalam perkembangan dunia otomotif global,” ujar Direktur Astra Otoparts, Martogi Siahaan, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/6/2025).

    Jakarta E-Prix merupakan bagian dari ABB FIA Formula E World Championship, yaitu ajang balap mobil listrik internasional yang pertama kali digelar pada 2014. Keterlibatan Aspira dalam Jakarta E-Prix 2025 menjadi bagian dari langkah strategis Astra Otoparts dalam mendorong perkembangan mobilitas berkelanjutan dan ramah lingkungan.

    Hal ini juga menjadi bukti nyata konsistensi Aspira dalam menghadirkan produk otomotif berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan masa depan. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Formula E 2025, Aspira menghadirkan booth spesial yang menyuguhkan berbagai aktivitas interaktif dan hiburan menarik bagi para pengunjung.

    Mulai dari permainan seru, photobooth 360, hingga kesempatan untuk memenangkan hadiah eksklusif, booth Aspira menjadi salah satu daya tarik utama selama Formula E – Jakarta E-Prix 2025 berlangsung.

    Melalui partisipasi ini, Aspira menegaskan perannya tidak hanya sebagai merek suku cadang otomotif terpercaya dengan standar Kualitas Astra, tetapi juga sebagai bagian dari ekosistem otomotif yang terus bergerak maju bersama perkembangan teknologi dan tren kendaraan masa depan.

    Kehadiran Aspira di Jakarta E-Prix 2025 bukan semata sebagai sponsor, tetapi sebagai penggerak semangat inovasi di tengah semaraknya kompetisi otomotif global. Aspira berharap kontribusi ini dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia secara berkelanjutan dan inovatif.

    (anl/ega)

  • DHL terus dukung Indonesia jadi pemain kunci perdagangan regional dan global

    DHL terus dukung Indonesia jadi pemain kunci perdagangan regional dan global

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    DHL terus dukung Indonesia jadi pemain kunci perdagangan regional dan global
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 20 Juni 2025 – 19:57 WIB

    Elshinta.com – DHL sebagai perusahaan logistik terkemuka di dunia menegaskan komitmennya untuk mendukung ambisi Indonesia untuk menjadi pemain kunci dalam perdagangan regional maupun global. Hal itu disampaikannya pada wartawan dalam diskusi bertajuk Strategy 2030 – Accelerate Sustainable Growth, di Jakarta, Jumat (20/06/2025). 

    Berdasarkan laporan DHL Trade Atlas 2025, Indonesia diperkirakan akan masuk dalam 30 besar negara dengan pertumbuhan perdagangan tercepat dan terbesar dalam lima tahun ke depan. Perekonomian Indonesia yang dinamis, didorong oleh transformasi digital yang pesat dan investasi infrastruktur strategis, menghadirkan peluang besar bagi dunia usaha.

    Namun, lingkungan bisnis yang serba tidak stabil yang ditandai oleh ketegangan geopolitik dan perubahan pola perdagangan global, menyisakan tantangan dan ketidakpastian dalam proses pertumbuhan bisnis.

    Dengan kehadiran tiga divisi utama DHL Group—DHL Express, DHL Global Forwarding, dan DHL Supply Chain—pelaku usaha di Indonesia kini dapat memanfaatkan layanan solusi logistik menyeluruh dari hulu ke hilir, mengakses jaringan logistik global yang luas, serta mendapatkan dukungan dari pakar logistik yang dapat diandalkan dalam menghadapi dinamika perdagangan yang terus berubah. Ketiga divisi ini juga secara khusus berkomitmen mendukung pengembangan sektor-sektor yang tengah tumbuh pesat di Indonesia, seperti kendaraan listrik (EV), ilmu hayati dan layanan kesehatan, serta e-commerce dan ritel.

    Kehadiran DHL sangat tepat untuk membantu negara dan pelaku usahanya dalam mewujudkan ambisi pertumbuhan.

    Keunggulan Letak Geografis (Geographic Tailwinds)

    “Selama ini perhatian lebih banyak tertuju pada negara-negara tetangga Indonesia dalam hal ketahanan rantai pasok. Sebenarnya, Indonesia memiliki potensi besar yang belum sepenuhnya tergali. Kita memiliki pasar domestik yang luas, talenta yang kompeten, serta dukungan pemerintah yang terus berinvestasi dalam mendorong modernisasi sektor logistik melalui inisiatif National Logistics Ecosystem,” ujar Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia.

    “Kami juga melihat peluang pertumbuhan yang menjanjikan di luar wilayah Jakarta, seperti di Surabaya, Semarang, Batam, dan Bali —yang kini menjadi alternatif strategis bagi bisnis yang ingin mendiversifikasi rantai pasok mereka. Dan yang terpenting kami juga berkomitmen untuk membantu merek-merek Indonesia memperluas cakrawala mereka ke pasar global melalui jalur e-commerce,” sambungnya.

    Selain masuknya merek-merek internasional ke Indonesia, kini juga banyak brand lokal yang semakin mendunia. Lokasi strategis dan kedekatan Indonesia dengan pasar-pasar utama di kawasan ini menjadikannya lokasi yang menarik sebagai pusat perdagangan global.

    Indonesia merupakan bagian aktif dari setidaknya 12 perjanjian perdagangan bilateral dan multilateral utama, termasuk Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang saat ini merupakan perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia.

    DHL Group terus berinvestasi di Indonesia untuk mendukung peningkatan kapabilitas logistik dan rantai pasok nasional. Saat ini, DHL didukung lebih dari 4.000 karyawan di Indonesia, dengan sekitar 180 fasilitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, guna memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan yang tengah berkembang pesat di Tanah Air.

    Energi Terbarukan

    ”Sektor lain yang kami lihat memiliki peluang pertumbuhan pesat adalah energi terbarukan di Indonesia, khususnya baterai kendaraan listrik (EV). Target Indonesia untuk menjadi salah satu dari tiga produsen baterai EV terbesar di dunia pada tahun 2027 juga sejalan dengan fokus Strategy 2030 kami di bidang ini.

    Sejak tahun lalu, kami telah melihat setidaknya ada tujuh produsen kendaraan listrik (EV) yang berkomitmen untuk membangun fasilitas produksi di Indonesia. Selain itu, banyak perusahaan EV asal Tiongkok yang menunjukkan minat besar dalam mencari mitra logistik yang mampu menyediakan layanan logistik menyeluruh secara aman dan sesuai regulasi. Pengalaman kami yang sudah ada di industri otomotif bersama pelanggan seperti Chery dan Wuling Motors, ditambah kapabilitas regional serta pengetahuan mendalam di industri EV, menempatkan kami pada posisi strategis untuk membantu para pelaku EV menavigasi lanskap bisnis di Indonesia,” ujar Matthias Gehrsitz, Managing Director DHL Supply Chain Indonesia.

    Untuk mendukung industri yang berkembang pesat ini, pelanggan DHL di sektor kendaraan listrik (EV) mendapatkan akses ke solusi logistik menyeluruh dari hulu ke hilir yang dirancang khusus untuk supply chain EV. Solusi ini mencakup:

    Manajemen transportasi multimoda, pergudangan khusus dengan layanan bernilai tambah penting seperti pengujian dan pengisian daya baterai dan solusi menyeluruh untuk penanganan baterai purna jual. Selain itu, DHL juga menyiapkan tim khusus logistik EV dengan keahlian mendalam dalam menangani kompleksitas sektor ini, sekaligus memastikan standar tinggi keselamatan dan kepatuhan tetap terjaga.

    Life Science (Ilmu Hayati) & Layanan Kesehatan

    Sektor Life Science dan layanan kesehatan (LSHC) di Indonesia sangatlah besar, namun masih dalam tahap pengembangan. Selama ini, Indonesia sangat bergantung pada impor, namun pemerintah sedang mendorong pengurangan impor dan meningkatkan kemandirian nasional. Diperkirakan nilai pasar sektor farmasi akan meningkat hingga US$11 miliar (sekitar EUR 9,5 miliar) pada tahun 2025.

    “Bagi kami, hal ini berarti berinvestasi pada infrastruktur logistik yang tepat untuk mendukung ambisi tersebut, seperti menerapkan solusi cold-chain khusus yang andal dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk membangun fasilitas mereka di Indonesia,” ujar Nicholas Bongsosartono, President Director DHL Global Forwarding Indonesia.

    DHL telah berinvestasi di Indonesia sejak awal untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Kok Bisa Motor Listrik TVS Turun Harga Rp 23 Juta?

    Kok Bisa Motor Listrik TVS Turun Harga Rp 23 Juta?

    Jakarta

    Motor listrik pabrikan India, TVS iQube S sempat dipasarkan di Indonesia dengan banderol harga yang cukup tinggi, yakni Rp 52,9 juta. Tapi, penjualannya minim.

    Dalam satu tahun, angka distribusinya bahkan tak sampai 100 unit. Padahal TVS bisa menjual sekitar 700-an unit motor per bulannya.

    “Dengan Rp 52,9 juta, kita jualannya di bawah 100 unit (setahun). Jadi memang tidak banyak,” ujar DGM Business Development & Electric Vehicles TVS Motor Company Indonesia Rizal Tandju.

    Tingginya harga motor listrik TVS iQube S pada saat peluncuran menjadi salah satu faktor utama penyebab rendahnya minat konsumen.

    Kini, dengan harga yang lebih terjangkau, TVS berharap respons pasar akan membaik seiring meningkatnya kesadaran terhadap kendaraan listrik di tanah air.

    “Dengan harga yang sesuai diharapkan konsumen, mudah-mudahan bisa jauh lebih baik, gitu kan. Tapi semua tergantung dari pasar motor listriknya sendiri,” lanjutnya.

    Lalu, bagaimana dengan para konsumen yang lebih dulu membeli motor listrik TVS saat harganya masih di kisaran Rp 50 jutaan?

    Rizal menyatakan sebagian besar unit sebelumnya dibeli oleh institusi atau perusahaan dengan perjanjian tertentu, bukan oleh pembeli ritel perorangan.

    “Jadi pembeli kami kebanyakan corporate, ya. Sudah ada term of-nya,” jelasnya.

    Namun, jika ada konsumen individu yang merasa keberatan dengan perbedaan harga ini, TVS menyatakan siap untuk berdiskusi secara terbuka.

    “Kalau ada yang retail, ya nanti kita bisa case by case,” tegasnya.

    Langkah koreksi harga ini menjadi strategi TVS untuk tetap relevan di tengah ketatnya persaingan motor listrik di Indonesia.

    Harga motor listrik iQube S turun jauh dari yang pernah diperkenalkan pada tahun 2024 lalu. Dulu pertama kali dirilis dijual Rp 52,9 juta, sekarang harga iQube S ini dibanderol Rp 29,9 juta.

    “Harganya memang bisa lebih turun ini berkaitan komponen-komponen,” kata dia.

    Dia menjelaskan meski harganya turun, motor listrik ini tidak mengalami pengurangan spek teknis secara signifikan.

    Skuter ini menawarkan jarak tempuh maksimal di 115 km dengan sekali pengisian daya, berdasarkan klaim pabrikan. iQube S memiliki pilihan mode ECO dan POWER, dan kecepatan tertinggi 78 km/jam. Akselerasinya 0-40 km/jam hanya dalam 4,2 detik sehingga ideal untuk perjalanan di perkotaan.

    (riar/dry)

  • Daftar Harga Toyota bZ4X, Ada yang Rp 600 Jutaan

    Daftar Harga Toyota bZ4X, Ada yang Rp 600 Jutaan

    Jakarta

    Toyota bZ4X per Juni 2025 ada yang ditawarkan mulai Rp 600 jutaan. Berikut ini daftar harga Toyota bZ4X terbaru.

    Toyota bZ4X rupanya ada yang dijual mulai Rp 600 jutaan. Dilihat detikOto dalam daftar harga Toyota bZ4X, termurah dibanderol Rp 682,8 juta. Bahkan ada juga yang dijual Rp 700 jutaan. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut daftar harga Toyota bZ4X.

    Daftar Harga Toyota bZ4XToyota bZ4X (without wall charger): Rp 682,8 jutaToyota bZ4X (with wall charger): Rp 726,2 jutaToyota bZ4X (one tone color): Rp 1.200.700.000Toyota bZ4X (two tone color): Rp 1.208.800.000

    Perlu digarisbawahi, Toyota bZ4X yang dijual Rp 600-700 jutaan itu bukanlah penurunan harga pada model baru, melainkan bekas digunakan pada KTT (Konferensi Tingkat Tinggi). Seperti diketahui bersama, Toyota bZ4X memang digunakan sebagai kendaraan resmi KTT ASEAN, KTT G20, hingga KTT AIS Forum 2023. Selain bekas digunakan KTT, Toyota juga masih menawarkan bZ3X dengan VIN 2023. Itu sebabnya dijual lebih murah ketimbang versi yang paling baru.

    “Untuk unit bZ4X tidak ada perubahan harga ya. Tapi memang masih tersedia beberapa stok VIN lama (VIN2023) terutama ex penggunaan pemerintah untuk beberapa KTT di Indonesia yang kami jual dengan penyesuaian pada harga OTR,” jelas CEO Auto2000 Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (20/6/2025).

    Sebagai informasi tambahan, bZ4X merupakan mobil listrik pertama dari Toyota. Toyota bZ4X merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan Subaru. Mobil ini menggunakan platform e-TNGA yang didesain khusus buat kendaraan listrik Toyota.

    Spesifikasi Toyota bZ4X

    Mengenai kapasitas baterai, mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

    Baterai ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mengisi daya sampai 80 persen hanya perlu 30 menit.

    Mobil listrik dijual dalam dua tipe, yakni FWD (Front Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive). Versi FWD bisa menjangkau jarak hingga 500 km, untuk tipe AWD sanggup menempuh jarak hingga 460 km. Toyota bZ4X tipe FWD dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di gandar depan. Motor listrik itu mempunyai tenaga maksimal 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

    Sementara AWD menghadirkan dua motor listrik di gandar depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.

    (dry/rgr)

  • DHL memmperkuat komitmen jadikan RI pusat perdagangan global

    DHL memmperkuat komitmen jadikan RI pusat perdagangan global

    Target Indonesia untuk menjadi salah satu dari tiga produsen baterai EV terbesar di dunia pada tahun 2027 juga sejalan dengan fokus strategi 2030 kami di bidang ini.

    Jakarta (ANTARA) – DHL perusahaan logistik terkemuka di dunia, melalui strategi 2030 menegaskan komitmennya untuk mendukung ambisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam perdagangan regional maupun global.

    Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad, di Jakarta, Jumat, menjelaskan hal ini karena Indonesia diperkirakan akan masuk dalam 30 besar negara dengan pertumbuhan perdagangan tercepat dan terbesar dalam lima tahun ke depan.

    Menurut dia, perekonomian Indonesia yang dinamis, didorong oleh transformasi digital yang pesat dan investasi infrastruktur strategis, menghadirkan peluang besar bagi dunia usaha.

    Namun, lingkungan bisnis yang serba tidak stabil, ditandai oleh ketegangan geopolitik dan perubahan pola perdagangan global menyisakan tantangan dan ketidakpastian dalam proses pertumbuhan bisnis.

    Melalui tiga unit bisnis yang dimiliki, DHL Express, DHL Global Forwarding, dan DHL Supply Chain, pelaku usaha di Indonesia dapat memanfaatkan layanan solusi logistik menyeluruh dari hulu ke hilir, mengakses jaringan logistik global yang luas, serta mendapatkan dukungan dari pakar logistik yang dapat diandalkan dalam menghadapi dinamika perdagangan yang terus berubah.

    Dia menyampaikan pula, ketiga divisi ini juga secara khusus berkomitmen mendukung pengembangan sektor-sektor yang tengah tumbuh pesat di Indonesia, seperti kendaraan listrik (EV), keberagaman hayati dan layanan kesehatan, serta e-commerce dan ritel.

    “Kami juga melihat peluang pertumbuhan yang menjanjikan di luar wilayah Jakarta, seperti di Surabaya, Semarang, Batam, dan Bali yang kini menjadi alternatif strategis bagi bisnis yang ingin mendiversifikasi rantai pasok mereka, dan yang terpenting kami juga berkomitmen untuk membantu merek-merek Indonesia memperluas cakrawala mereka ke pasar global melalui jalur e-commerce,” ujarnya.

    Managing Director DHL Supply Chain Indonesia Matthias Gehrsitz menyampaikan, untuk mendukung industri yang berkembang pesat seperti EV, pelanggan DHL di sektor itu mendapatkan akses ke solusi logistik menyeluruh dari hulu ke hilir yang dirancang khusus untuk rantai pasok EV.

    Solusi ini mencakup manajemen transportasi multimoda, pergudangan khusus dengan layanan bernilai tambah penting seperti pengujian dan pengisian daya baterai, solusi menyeluruh untuk penanganan baterai purna jual, tim khusus logistik EV dengan keahlian mendalam dalam menangani kompleksitas sektor ini, sekaligus memastikan standar tinggi keselamatan dan kepatuhan tetap terjaga.

    “Target Indonesia untuk menjadi salah satu dari tiga produsen baterai EV terbesar di dunia pada tahun 2027 juga sejalan dengan fokus strategi 2030 kami di bidang ini,” ujarnya.

    Lebih lanjut, President Director DHL Global Forwarding Indonesia Nicholas Bongsosartono menyampaikan pihaknya menjadi pelopor dalam operasional logistik rendah karbon sejalan dengan target hijau Indonesia.

    Pemerintah Indonesia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan mewujudkan ekonomi rendah karbon selambatnya tahun 2060.

    Indonesia juga berkomitmen untuk menghentikan operasional pembangkit listrik berbahan bakar fosil pada tahun 2039 dan secara signifikan meningkatkan kapasitas energi terbarukan.

    Pihaknya mendukung target keberlanjutan Indonesia melalui berbagai inisiatif, seperti DHL Global Forwarding memiliki Life Science and Healthcare (LSH) Competency Centre di Jakarta yang menyediakan fasilitas penyimpanan khusus dengan pengaturan suhu 2-8 derajat Celsius dan 15-25 derajat Celsius. Fasilitas ini menjamin integritas produk dan kepatuhan terhadap regulasi, didukung oleh tenaga ahli yang terlatih.

    Selanjutnya, DHL Medical Express yang memberikan layanan premium yang menggabungkan keahlian logistik pada divisi ini dengan serangkaian fitur khusus untuk menciptakan solusi fleksibel bagi industri Life Sciences (ilmu hayati).

    Pengangkutan aman dan suhu yang terkontrol dari barang-barang medis vital melalui pengemasan khusus, menjaga integritas bahan-bahan penting dari farmasi dan bioteknologi.

    DHL Supply Chain menghadirkan keahlian mendalam untuk berbagai kebutuhan, mulai dari logistik farmasi dan alat kesehatan hingga dukungan logistik untuk uji klinis, serta layanan konsultasi supply chain dan manajemen inventaris untuk rumah sakit dan layanan kesehatan.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Honda akan Luncurkan StepWGN di GIIAS 2025, Sudah Bisa Dipesan

    Honda akan Luncurkan StepWGN di GIIAS 2025, Sudah Bisa Dipesan

    JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) akan kembali meramaikan salah satu gelaran otomotif terakbar di tanah air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

    Tidak hanya mewarnai acara yang berlangsung selama 11 hari, perusahaan juga memastikan bakal meluncurkan model StepWGN sebagai kendaraan hybrid berikutnya.

    PR & Event Department Head PT HPM, Yessy Anastasia mengatakan pihaknya akan meresmikan peluncuran Step WGN untuk pasar Indonesia di GIIAS 2025 dan sudah dapat dipesan melalui online serta jaringan dealer terdekat.

    “Dengan teknologi yang semakin berkembang, kita mau menyediakan untuk segmen lain juga serta relevan untuk masyarakat Indonesia. Untuk melengkapi model-model hybrid ini, di GIIAS Booth Honda 2025 kami akan official launch Honda StepWGN. Dan tak hanya itu saja, MPV ini sudah bisa dipesan mulai dari hari ini melalui website dan jaringan dealer terdekat,” kata Yessy dalam presentasi kepada media jelang GIIAS 2025 di Kuningan, Jakarta, Rabu, 18 Juni.

    Tak hanya produk baru, pabrikan berlogo “H” tegak ini juga memajang beragam lini hybrid di Indonesia lainnya seperti Accord, CR-V, Civic, dan HR-V e:HEV sebagai langkah perusahaan dalam memantapkan persebaran kendaraan rendah emisi namun tetap mengutamakan kesenangan dalam berkendara.

    “Tahun ini di GIAS 2025, Honda hadir dengan tema ‘Power for Every Drive’ dimana tema tersebut mencerminkan komitmen kami untuk menyampaikan bagaimana teknologi Honda. Ini dapat memberikan kesenangan dan juga kenyamanan dalam segi konsumen Indonesia,” tambah Yessy.

    Ia menjelaskan pabrikan akan menghadirkan sebanyak 13 unit display yang tergabung dalam beberapa jenis mesin seperti ICE, Hybrid, hingga kendaraan listrik (EV).

    “Kami akan hadir dengan 13 mobil display yang terdiri dari berbagai mobil ICE, Hybrid, serta juga unit elektrifikasi model lainnya,” terang Yessy.

    Untuk pembelian secara online melalui aplikasi Auto360, pengunjung dapat membeli tiket GIIAS 2025 sebesar Rp50.000 untuk weekdays, Rp100.000 pada weekend, dan VIP Rp250.000 mulai 16 Juli mendatang.

    Sementara itu, pengunjung untuk pembelian onsite dapat membayar Rp75.000 weekdays, Rp125.000 weekend, dan VIP Rp300.000 mulai 24 Juli.

    Pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara presale melalui program “Surprise Drop” sebesar Rp32.000 mulai 23 Juni.

  • Ferrari Tunda Peluncuran EV Keduanya Hingga 2028, Ini Alasannya

    Ferrari Tunda Peluncuran EV Keduanya Hingga 2028, Ini Alasannya

    JAKARTA – Menurunnya permintaan kendaraan listrik (EV) secara global, membuat sejumlah merek otomotif ternama merevisi rencananya untuk menghadirkan lebih banyak mobilitas ramah lingkungan.

    Ferrari merupakan salah satu merek yang memutuskan mengambil langkah ini. Pabrikan berlogo “kuda jingkrak” ini merubah rencana menghadirkan EV keduanya yang bermula dijadwalkan pada 2026, kini menjadi di tahun 2028.

    Dilaporkan Reuters, Rabu, 18 Juni, pabrikan menilai permintaan untuk EV mewah performa tinggi saat ini sangat rendah. Namun, sisi positif dari penundaan peluncuran EV kedua Ferrari adalah pabrikan memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan mobil tersebut.

    Ferrari akan menghadirkan kendaraan listrik pertamanya terlebih dahulu dan akan diluncurkan secara world premiere pada tahun depan. Pengirimannya ke pelanggan diperkirakan akan dimulai pada Oktober 2026.

    Kendaraan listrik pertama Ferrari beberapa kali terlihat mengenakan jubah kamuflase dengan siluet desain menyerupai Maserati Levante. Rumor menariknya adalah mobil tersebut akan memiliki suara imitasi menyerupai deru V8.

    Hingga kini, Ferrari masih bungkam mengenai spesifikasi, posisi model EV pertamanya, dan gaya yang akan diusung. Sebelumnya, harga EV pertama dari Ferrari bocor ke publik dengan kisaran 500.000 euro atau setara Rp9,4 miliar.

    Elektrifikasi bukanlah barang baru bagi Ferrari. Sebelumnya, pabrikan telah merilis LaFerrari berbekal teknologi mild-hybrid yang dikawinkan bersama mesin 6,3 liter V12 sehingga memberikan total output mencapai 950 hp digabungkan transmisi tujuh percepatan dual-clutch.

    Kemudian, model elektrifikasi berikutnya seperti SF90 Stradale dan 296 mengusung sistem Plug-In Hybrid (PHEV), yang membuat supercar tersebut dapat berjalan dengan tenaga listrik murni dalam jarak pendek.

    SF90 Stradale memiliki mesin 4,0 liter V8 yang digabungkan bersama motor listrik, memberikannya dorongan tenaga mencapai 986 hp.

    Berbekal baterai 7,9 kWh, supercar penerus F8 ini dapat melaju dengan tenaga listrik murni sejauh 26 km dalam sekali pengisian energi penuh.

    Sementara itu, Ferrari 296 yang merupakan penerus model 488 memiliki mesin 3,0 liter V6 twin-turbo digabungkan dengan penggerak listrik yang menghasilkan tenaga gabungan mencapai 819 hp.

    Bersama dengan baterai 7,45 kWh, mobil tersebut dapat berjalan dengan daya listrik murni sejauh 25 km saja.