Produk: kendaraan listrik

  • Harga Emas Pegadaian Hari Ini 19 Juli 2025: UBS Melambung Rp 14.000 – Page 3

    Harga Emas Pegadaian Hari Ini 19 Juli 2025: UBS Melambung Rp 14.000 – Page 3

    Awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump menuturkan, tidak berencana memecat ketua the Federal Reserve (the Fed) Jerome Powell, tetapi tetap membuka opsi itu. Ia juga kembali mengkritik Jerome Powell karena tidak memangkas suku bunga.

    Pelaku pasar mengantisipasi dua kali pemangkasan suku bunga AS hingga akhir 2025. Diprediksi pemangkasan suku bunga 50 basis poin (bps).

    Selain itu, emas menguat di tengah ketidakpastian ekonomi, dan suku bunga lebih rendah mendorong permintaan investor karena merupakan aset yang tidak memberikan imbal hasil.

    Selain itu, harga platinum spot susut 0,8% menjadi USD 1.432 per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak Agustus 2014.

    “Kami memperkirakan penurunan permintaan investor fisik dan perhiasan China akan menyebabkan penurunan harga platinum pada kuartal ketiga 2025,” ujar Senior Commodities Strategist BNP Paribas Markets 360, David Wilson.

    Di sisi lain, harga paladium melemah 0,7% menjadi USD 1.271,08. Harga perak menguat 0,4%  menjadi USD 38,26.

    “Meskipun terdapat kekhawatiran jangka panjang terkait pertumbuhan kendaraan listrik dan pasoka daur ulang, sentimen terhadap paladium di China positif, dengan kemungkinan peningkatan penggunaan katalis menjelang undang-undang emisi China 7 yang mulai berlaku 2028,” ujar Head of Business Development & Strategy Mitsubishi Corp, Jonathan Butler.

  • Industri Modifikasi Terus Berkembang, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan

    Industri Modifikasi Terus Berkembang, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan

    Jakarta

    Seiring dengan pertumbuhan industri otomotif Tanah Air, ikut membuat industri modifikasi berkembang. Menyadari hal tersebut, Yoong Motor Group sadar modifikasi kendaraan tidak bisa sembarangan, hal ini yang membuat perusahaan spesialis modifikasi lampu Yoong Motor Group mendirikan Yoong Motor Academy Training sejak tahun lalu.

    Langkah ini diapresiasi orang nomor satu Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, saat mengunjungi pusat pelatihan Yoong Motor Academy yang berlokasi di Jl. Krukah Timur No. 47, Surabaya, Jawa Timur.

    Menurut lelaki yang kerap disapa Bamsoet tersebut, Yoong Motor Academy Berkomitmen menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, membuka lapangan pekerjaan, serta menghadirkan produk terbaik yang menjamin kenyamanan dan keselamatan berkendara, dan mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

    “Sektor industri perlampuan ini telah membuktikan perannya yang besar bagi pertumbuhan perekonomian kita,” ujar Bamsoet.

    Bamsoet juga menekankan pentingnya semua pihak untuk terus mendorong perekonomian dengan menciptakan peluang bisnis baru, memberikan kesempatan kerja yang lebih luas, serta meningkatkan kualitas SDM.

    Sementara itu pendiri Yoong Motor Group Indonesia, Yomin Sugianto, menegaskan perkembangan Yoong Motor yang berdiri sejak 2005, tak sekadar dari sisi bisnis.

    “Yoong Motor tentu saja selain memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna kendaraan terutama di malam hari maupun pengendara lain, juga turut membantu perekonomian nasional melalui pengembangan industri perlampuan,” jelas Yomin.

    Ia menambahkan, Yoong Motor juga aktif membuka peluang bisnis bagi cabang-cabang di seluruh Indonesia serta menciptakan lapangan pekerjaan yang baik untuk tenaga-tenaga terampil di daerah.

    “Cabang-cabang Yoong Motor bukan hanya jaringan bisnis, tapi juga pusat pemberdayaan masyarakat lokal. Dengan kontrol kualitas ketat dan sistem evaluasi berkala, kami memastikan standar kerja dan keselamatan modifikasi yang tinggi,” katanya.

    Yoong Motor Academy Foto: dok. Yoong MotorYoong Motor Academy Punya Kurikulum Lengkap

    Dalam industri modifikasi kendaraan faktor keamanan menjadi poin terpenting yang harus diutamakan. Soalnya salah sedikit bisa berdampak buruk, bahkan bisa menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

    Akibat hal tersebut Yoong Motor merasa perlu mendirikan Academy Training Center yang kompeten. Sehingga kurikulum mengenai modifikasi perlampuan perlu diciptakan.

    Dijelaskan kurikulum di akademi ini dirancang komprehensif, mulai dari dasar bongkar pasang perlampuan kendaraan berbagai merek (Jepang, Eropa, Amerika, China), hingga mendalami sistem kelistrikan dan komputerisasi (ECU) mobil, termasuk kendaraan listrik (EV).

    Selanjutnya pelatihan berlangsung 1-3 bulan, mayoritas 3 bulan, dengan sertifikasi teori dan praktik yang ketat, memastikan lulusannya qualified sebagai ahli.

    “Ada dua sesi yang kita fokuskan, yakni fungsional dan fashion (ubah model dan warna-warni). Akademi ini membina dan membimbing bibit-bibit SDM baru yang bakal menjadi pakar di dunia perlampuan,” terang Yomin.

    Hingga saat ini, Yoong Motor telah mencetak lebih dari 500 SDM terampil yang tersebar di sekitar 80-87 kota di seluruh Indonesia. Yoong Motor Academy dilengkapi peralatan lengkap, ruang praktik steril maupun kotor, ruang research and development (R&D), serta ruang kelas teori. Silabus pembelajarannya disusun berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), bekerja sama dengan National Modification & Aftermarket Association (NMAA) Indonesia dan Kementerian Perindustrian, bahkan akan menjadi syarat uji kompetensi standarisasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di masa mendatang.

    Untuk memastikan kualitas SDM, Yoong Motor Academy memprioritaskan calon yang memiliki dasar kelistrikan dari SMK atau lulusan jurusan elektronika di universitas, namun juga terbuka bagi individu otodidak yang memiliki kemauan belajar tinggi.

    Yoong Motor Academy Foto: dok. Yoong Motor

    Sebagai catatan, Yoong Motor Group juga menerapkan kontrol ketat terhadap cabang-cabangnya melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) pekerjaan, mulai basic hingga level sulit, termasuk pembuatan wiring diagram dan electrical troubleshooting. Kontrol kualitas dilakukan setiap tiga bulan dengan pembaruan sistem online dan pelatihan langsung di akademi untuk panduan mobil-mobil terbaru.

    Dalam menjaga kualitas produk, Yoong Motor melakukan uji coba, R&D ekstensif selama 1-3 bulan di berbagai kondisi cuaca dan jalan (dalam/luar kota, bahkan off-road) sebelum dirilis ke pasaran. Ini untuk memastikan produk sesuai spesifikasi dan karakter jalan di Indonesia, memberikan kenyamanan dan keselamatan optimal, tidak hanya bagi pemilik kendaraan tetapi juga pengendara lain terutama di malam hari.

    (lth/dry)

  • Dukung Penggunaan Energi Terbarukan, Alfamart Beli 10.000 REC di ICDX

    Dukung Penggunaan Energi Terbarukan, Alfamart Beli 10.000 REC di ICDX

    Jakarta – Alfamart membeli 10.000 Renewable Energy Certificate (REC) atau setara dengan 10.000 Megawatt hour (MWh) melalui Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi Derivatif Indonesia (BKDI).

    REC merupakan sertifikat yang merepresentasikan penggunaan listrik dari sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti pembangkit listrik tenaga surya, panas bumi, atau air. Adapun setiap 1 REC setara dengan 1 MWh listrik terbarukan yang dihasilkan dan digunakan.

    Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, mengatakan langkah ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang Alfamart untuk mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya.

    “Pembelian REC ini merupakan langkah strategis lanjutan yang mempertegas komitmen Alfamart terhadap penggunaan energi terbarukan di Indonesia,” ujar Solihin dalam keterangannya, Jumat (18/7/2025).

    Dalam transaksi tersebut, Alfamart membeli REC yang bersumber dari energi Geothermal di PLTP Dieng Unit-1 dan Hydro-electric PLTM Cikopo 2.

    Sebelumnya, Alfamart telah lebih dulu mengimplementasikan penggunaan energi terbarukan melalui pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kantor cabang dan pusat distribusi. Alfamart juga menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di gerainya.

    “Saat ini, kami telah mengoperasikan 32 unit PLTS dan menyediakan 700 lebih SPBKLU. Pembelian REC ini semakin memperkuat kontribusi Alfamart dalam memperluas pemanfaatan energi bersih dalam rantai operasional Alfamart,” ungkap Solihin.

    Lebih lanjut, Solihin mengungkapkan Alfamart juga aktif menjalankan sejumlah program keberlanjutan lingkungan lainnya, seperti penanaman 50.000 pohon mangrove sejak dua tahun terakhir, serta pemberdayaan kampung berbasis ekonomi sirkular.

    Alfamart juga aktif mengkampanyekan dan dukung larangan kantong plastik sekali pakai, serta penyediaan stasiun penukaran minyak jelantah dan Reverse Vending Machine untuk botol plastik bekas di beberapa gerai.

    Alfamart Jadi Perusahaan Ritel Pertama yang Beli REC di ICDX

    Direktur Utama ICDX, Fajar Wibhiyadi pun menyambut baik langkah Alfamart. Ia menilai Alfamart merupakan perusahaan ritel pertama yang melakukan pembelian REC melalui ICDX, serta salah satu pelaku usaha yang memanfaatkannya secara konkret.

    “Alfamart adalah pionir di sektor ritel yang mengambil langkah progresif dalam mendukung transisi energi bersih. Ini menjadi bukti bahwa sektor swasta siap berperan aktif dalam memperluas adopsi energi terbarukan,” papar Fajar.

    Fajar mengatakan ICDX telah memperoleh izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan untuk memperdagangkan REC dalam bentuk kontrak fisik. Hal ini menjadikan ICDX bursa berjangka pertama di Indonesia yang secara sah menyelenggarakan perdagangan sertifikat energi terbarukan.

    “Sebagai bursa penyelenggara perdagangan REC, kami telah menyiapkan teknologi maupun infrastruktur perdagangan yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Infrastruktur ICDX juga telah terkoneksi dengan sistem registri dari Evident I-REC dan APX TIGRs sesuai dengan standar internasional,” pungkas Fajar.

    (akd/akd)

  • Mobil Listrik Polytron Mulai Dirakit di Purwakarta, Kapasitas 30 Ribu Per Tahun

    Mobil Listrik Polytron Mulai Dirakit di Purwakarta, Kapasitas 30 Ribu Per Tahun

    Jakarta

    Polytron memulai perakitan mobil listrik G3+ dan G3 di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Purwakarta, Jawa Barat. Perakitan mobil listrik Polytron masih dalam tahap semi knocked down (SKD), kendaraan keadaan setengah dirakit atau masih sebagian utuh.

    “Dengan dimulainya produksi di Purwakarta ini, Polytron mempertegas keseriusannya membangun ekosistem kendaraan listrik nasional, bukan hanya sebagai produk, tetapi sebagai investasi jangka panjang yang didukung oleh fasilitas produksi, kualitas manufaktur, dan layanan purna jual yang komprehensif,” kata Chief Executive Officer Polytron, Hariono dalam keterangannya dikutip Jumat (18/7/2025).

    Polytron menyebut pihaknya juga berinvestasi ke fasilitas milik PT HIM di Purwakarta, seperti lini perakitan khusus seperti Dyno Test, Vacuum Filling Machines, – untuk pengisian brake oil, refrigerant, coolant, kemudian Dynamic Performance Test Equipment, Safety Testing Equipment, hingga ADAS Calibration Equipment.

    Mobil listrik Polytron mulai dirakit di PT Handal Indonesia Motor, Purwakarta, Jawa Barat. Foto: Dok. Polytron

    Polytron menyebut ada tahapan Electric Safety Test dalam proses produksi. Tahapan pengujiannya antara lain:

    Setelah pemasangan bateraiSetelah proses perakitanSetelah rain and water leak testTahap akhir Pre Delivery Center (PDC) sebelum kendaraan dikirimkan ke konsumen.

    Kapasitas produksi Polytron di fasilitas PT Handal dapat mencapai kemampuan maksimal hingga 30.000 unit per tahun. Namun diketahui target awal Polytron bisa laku 1.500 unit hingga akhir tahun.

    Mobil listrik Polytron G3+ dan G3 untuk pertama kalinya akan debut dan hadir di penyelenggaraan the Gaikindo Indonesia International Auto Show yang berlokasi di booth Selasa Convention Hall, ICE-BSD City pada tanggal 24 Juli – 3 Agustus 2025.

    Seperti diketahui G3+ dan G3 ditawarkan dalam dua metode kepemilikan baterai. Pertama, Konsumen dapat memilih skema Buy to Own, dengan pembelian unit beserta baterai lengkap dengan garansi baterai 8 tahun atau 180.000 km, garansi kendaraan 5 tahun atau 150.000 km, serta jaminan resale value sebesar 70% dalam 3 tahun.

    Kedua, Polytron menghadirkan skema Battery-as-a-Service (BaaS), memungkinkan konsumen membeli mobil tanpa harus membeli baterai di awal.

    (riar/din)

  • Kondisi Ekonomi Indonesia, PPPI: Kita Berlari Tapi Tetap di Tempat

    Kondisi Ekonomi Indonesia, PPPI: Kita Berlari Tapi Tetap di Tempat

    Vietnam menjadi contoh menarik—dulu tertinggal dari Indonesia, kini mampu menyalip lewat konsistensi kebijakan dan keberanian reformasi.

    Umam juga mewanti-wanti ancaman ketidakstabilan global, seperti konflik Rusia-Ukraina dan ketegangan Timur Tengah, yang dapat memperparah perlambatan ekonomi.

    Ia mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan sebesar 4,7% masih belum mampu menjawab kebutuhan penciptaan lapangan kerja dan daya saing industri nasional.

    Di sisi lain, ia menyoroti kelemahan institusional dalam negeri, seperti praktik politik klientelistik dan stagnasi reformasi birokrasi. Demokrasi, katanya, tidak boleh sekadar prosedural. “Negara gagal bukan karena ideologi, tapi karena institusi yang lemah dan politik transaksional,” tegasnya, mengutip Francis Fukuyama.

    Umam menyerukan pentingnya reformasi tata kelola, pembangunan civil service yang profesional, serta pengelolaan anggaran pembangunan yang transparan dan akuntabel. Ia mengingatkan bahwa belanja besar tanpa tata kelola dapat menjadi bumerang yang justru melemahkan ekonomi.

    Ia juga menyesalkan belum dimanfaatkannya pasar domestik Indonesia yang besar untuk membangun basis produksi nasional, terutama dalam menghadapi revolusi kendaraan listrik dan ekonomi hijau. “Ketika saya ke Beijing, semua motor sudah listrik. Di Indonesia, kita masih membicarakan potensi, belum aksi” keluhnya.

    Menurut Umam, Indonesia sebagai negara middle power harus berani menjadi pelopor, bukan sekadar pengikut. Visi kepemimpinan regional yang berdaya saing, berbasis data, dan ditopang oleh institusi kuat menjadi kunci menuju transformasi sejati.

  • Donald Trump Tetapkan Tarif 93,5% untuk Bahan Baterai dari China

    Donald Trump Tetapkan Tarif 93,5% untuk Bahan Baterai dari China

    Bisnis.com, JAKARTA — Departemen Perdagangan Amerika Serikat memberlakukan bea masuk antidumping awal sebesar 93,5% untuk impor grafit China, yang merupakan komponen utama baterai. Pemerintah AS menyimpulkan bahan-bahan itu mendapatkan subsidi secara tidak adil.

    Dilansir dari Bloomberg, Departemen Perdagangan mengeluarkan penetapan awal yang menegaskan bea masuk antidumping dalam sebuah dokumen pada Kamis (17/7/2025) waktu Amerika Serikat (AS). Penetapan akhir akan diumumkan paling lambat Desember 2025.

    Grafit merupakan bahan baku utama untuk membuat anoda baterai. Hampir 180.000 metrik ton produk grafit diimpor ke AS tahun lalu, dengan sekitar dua pertiganya berasal dari China, menurut BloombergNEF.

    China mendominasi kapasitas pemrosesan grafit, dengan Badan Energi Internasional (IEA) menyebut material tersebut sebagai salah satu yang paling rentan terhadap potensi risiko pasokan dan membutuhkan upaya diversifikasi yang mendesak.

    Grafit diperkirakan akan tetap menjadi material anoda paling umum untuk semua jenis baterai litium-ion dalam jangka menengah, menurut IEA, sementara silikon baru diperkirakan akan mulai menggerogoti pangsa pasarnya mulai 2030.

    Bea masuk antidumping untuk grafit akan meningkatkan ketegangan di sepanjang rantai pasok kendaraan listrik global, yang telah menghadapi kontrol ekspor China atas beberapa mineral penting dan teknologi baterai.

    Bea masuk baru tersebut akan menambah tarif yang ada sehingga tarif efektif menjadi 160%, menurut American Active Anode Material Producers. Kelompok dagang itu, yang mewakili produsen grafit AS, mengajukan gugatan kepada dua lembaga federal meminta penyelidikan untuk mengetahui apakah perusahaan-perusahaan China melanggar undang-undang antidumping, pada Desember 2024.

    “Keputusan Departemen Perdagangan membuktikan bahwa China menjual AAM [active anode material] dengan harga di bawah nilai wajar ke pasar domestik,” ujar juru bicara kelompok dagang produsen anoda, Erik Olson.

    Kepala divisi material baterai di perusahaan konsultan CRU Group, Sam Adham, menilai bahwa tarif impor itu akan menjadi pukulan bagi produsen baterai. Menurutnya, tarif 160% setara dengan biaya tambahan US$7 per KWh untuk sel baterai kendaraan listrik rata-rata, atau seperlima dari kredit pajak manufaktur baterai—yang berasal dari Undang-Undang Pengurangan Inflasi dan lolos dari rancangan anggaran Presiden Trump.

    “Hal itu pada dasarnya menghapus keuntungan produsen baterai Korea Selatan selama satu atau dua kuartal penuh,” kata Adham.

    Tesla Inc. dan pemasok baterai utamanya, Panasonic Inc., termasuk di antara perusahaan yang mendesak pemblokiran tarif baru tersebut, dengan alasan bahwa mereka bergantung pada impor grafit China karena industri dalam negeri belum cukup berkembang untuk memenuhi standar kualitas dan volume yang disyaratkan.

    Bea masuk tambahan untuk baterai akan menambah tekanan yang dihadapi industri energi terbarukan. Meskipun penyimpanan energi tetap mempertahankan insentif pajak utama dalam rancangan anggaran Trump, peraturan Departemen Keuangan yang membatasi penggunaan sel surya China mempersulit kepatuhan bagi banyak pengembang.

    Risiko dan biaya rantai pasokan akan memperlambat laju pertumbuhan penyimpanan di jaringan listrik AS, menurut Wood Mackenzie.

  • Presiden letakkan batu pertama pembangunan proyek Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik Terintegrasi

    Presiden letakkan batu pertama pembangunan proyek Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik Terintegrasi

    Minggu, 29 Juni 2025 17:29 WIB

    Presiden Prabowo Subianto menyampaikan sambutannya saat peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik Terintegrasi Konsorsium ANTAM-IBC-CBL di Artha Industrial Hill, Karawang, Jawa Barat, Minggu (29/6/2025). Presiden Prabowo mengatakan pembangunan tersebut menjadi salah satu pengembangan industri energi baru sebagai salah satu langkah strategis menuju kemandirian dan ketahanan energi nasional. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

    Presiden Prabowo Subianto menyampaikan sambutannya saat peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik Terintegrasi Konsorsium ANTAM-IBC-CBL di Artha Industrial Hill, Karawang, Jawa Barat, Minggu (29/6/2025). Presiden Prabowo mengatakan pembangunan tersebut menjadi salah satu pengembangan industri energi baru sebagai salah satu langkah strategis menuju kemandirian dan ketahanan energi nasional. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

    Presiden Prabowo Subianto (tengah) didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia (kedua kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Dubes China untuk Indonesia Wang Lutong (kiri) dan Co Founder CATL Li Ping (kedua kiri) menekan tombol bersama sebagai tanda pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik Terintegrasi Konsorsium ANTAM-IBC-CBL di Artha Industrial Hill, Karawang, Jawa Barat, Minggu (29/6/2025). Presiden Prabowo mengatakan pembangunan tersebut menjadi salah satu pengembangan industri energi baru sebagai salah satu langkah strategis menuju kemandirian dan ketahanan energi nasional. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Motor Listrik Honda Banyak Dilirik Pengunjung PRJ, Penjualan Tembus Segini

    Motor Listrik Honda Banyak Dilirik Pengunjung PRJ, Penjualan Tembus Segini

    Jakarta

    Jajaran motor listrik Honda laku keras di ajang Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2025 yang dibuka mulai 19 Juni hingga 13 Juli di JIExpo Kemayoran. Motor listrik Honda mendapatkan diskon besar-besaran di PRJ 2025, salah satunya model CUV e: yang kena diskon Rp 35,1 juta sehingga harganya jadi Rp 19,2 juta saja.

    Honda hadir di PRJ 2025 melalui PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang. Selama sebulan penyelenggaraan, booth Honda jadi tempat yang menyedot animo para pengunjung yang hadir.

    Hal itu dibuktikan dengan capaian total penjualan lebih dari 5.000 unit sepeda motor Honda dari seluruh line up yang ditampilkan lewat delapan zona produk, yaitu EV, Xplorer, Fashion, Big Scooter, Urban, Lifestyle, Modif Corner, dan Racing.

    Dari data penjualan selama JFK 2025, sepeda motor bertipe AT terjual dengan capaian positif lebih dari 5.000 unit (all type). Sementara untuk line up sepeda motor Honda Cub, Sport, dan Big Bike terjual lebih dari 100 unit.

    Honda CUV e: Foto: Ridwan Arifin

    “Antusiasme masyarakat terhadap booth Honda pada event JFK 2025 sungguh luar biasa. Kami mengapresiasi kepercayaan para pengunjung Jakarta Fair yang menjadikan booth Wahana sebagai pilihan utama. Penjualan tembus mencapai angka lebih dari 5.000 unit adalah bukti nyata sepeda motor Honda masih menjadi favorit,” ujar Division Head of Sales PT Wahana Makmur Sejati, Olivia Widyasuwita, dalam keterangan resminya.

    Tak hanya dari sisi penjualan, booth Honda tahun ini juga tampil kuat dari sisi konsep. Selain delapan zona produk yang menggambarkan semangat dan karakter setiap line up sepeda motor Honda. Ada juga sparepart & apparel, semua disusun untuk memudahkan pengunjung pengunjung mengenal lebih dekat setiap produk unggulan Honda.

    Dukungan penuh Astra Honda Motor (AHM) dan seluruh jaringan diler sepeda motor Honda di wilayah Jakarta-Tangerang juga berperan besar dalam kelancaran operasional selama pameran. Seluruh elemen ini bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik dan menyajikan informasi produk yang komprehensif.

    Honda EV Dapat Sambutan Positif

    Satu pencapaian signifikan lainnya selama Jakarta Fair 2025 adalah meningkatnya minat masyarakat terhadap sepeda motor listrik (EV) Honda. Honda EM1 e:, EM1 e: Plus, Icon e:, CUV e: standard dan CUV e: RoadSync Duo yang dipamerkan di Zona EV mencatat penjualan lebih dari 300 unit.

    “Kami sangat optimis terhadap masa depan kendaraan listrik di Indonesia. Penjualan lebih dari 300 unit EV selama JFK merupakan langkah awal kuat menuju ekosistem mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Terima kasih untuk kepercayaan dan dukungan masyarakat,” tambah Olivia.

    Penutupan JFK 2025 tak hanya menandai akhir dari pesta rakyat yang warga Jakarta yang terselenggara setiap tahun, tetapi juga membuka peluang baru bagi WMS untuk memperluas penetrasi pasar. Dengan hasil penjualan yang kuat dan penerimaan positif terhadap kendaraan listrik, WMS semakin yakin terhadap perkembangan bisnis ke depan.

    Booth Wahana di Jakarta Fair tahun ini juga mendapat banyak pujian karena menghadirkan beragam aktivitas interaktif, seperti program trade-in, konsultasi pembiayaan, permainan berhadiah, serta hiburan musik yang membuat pengunjung betah berlama-lama.

    (lua/dry)

  • Siasat Perusahaan Amankan Charger EV dari Maling Kabel

    Siasat Perusahaan Amankan Charger EV dari Maling Kabel

    Jakarta

    Maraknya motor dan mobil listrik ternyata bukan cuma menarik perhatian konsumen, melainkan juga pelaku kejahatan. Di Inggris, fasilitas pengecasan atau stasiun pengisian kendaraan listrik (EV) jadi sasaran maling. Bukan dicolong seluruh unitnya, tapi dirusak demi ambil kabel tembaga!

    Disitat dari Rideapart, Kamis (17/7), jaringan pengisian cepat InstaVolt di Inggris mengalami insiden serius. Lebih dari 700 stasiun mereka dibobol. Bukan oleh hacker canggih, tapi sindikat maling yang hanya mengincar kabel tembaga senilai £20 atau kurang dari Rp 400 ribuan.

    Yang bikin geleng-geleng kepala, perusahaan justru harus keluar uang hingga £1.000 atau hampir Rp 20 juta untuk tiap titik yang rusak. Kerugiannya bukan main. Padahal barang yang diincar pelaku nilainya jauh lebih kecil.

    Lantas, strategi apa yang diambil InstaVolt agar kasus tersebut tak terulang kembali? Mengingat, mereka terus mengalami kerugian yang terbilang besar.

    Siasat InstaVolt Amankan Charger EVSPLU Motor Listrik Dibobol Maling. Foto: Doc. Rideapart

    Setelah kasus pencurian tersebut ramai, InstaVolt mulai melengkapi kabel dengan pelindung berbahan Kevlar yang terkenal kuat. Selain itu, mereka pakai teknologi pelacak forensik bernama SmartWater-semacam penanda khusus yang bisa menempel di barang curian dan dilacak bahkan setelah dipotong-potong.

    Bukan hanya itu, mereka juga mulai memasang GPS tracker di titik-titik strategis dan menyewa tenaga keamanan alias satpam. Sayangnya, sampai saat ini, langkah hukum dari pihak kepolisian masih belum terlihat signifikan.

    Itulah sebabnya, InstaVolt mendorong agar stasiun charger EV diakui sebagai critical infrastructure-atau infrastruktur penting negara. Kalau status ini disetujui, maka penegakan hukumnya bisa jauh lebih serius dan pelaku bisa dikenakan hukuman berat.

    Namun, perlindungan ekstra ini tentu bukan tanpa biaya. Dan siapa yang akhirnya menanggung? Yes, konsumen. Biaya operasional naik, tarif ngecas bisa lebih mahal, dan pembangunan stasiun pengisian daya baru jadi lebih lambat.

    (sfn/rgr)

  • Hari Biasa-Weekend Beda, VIP Day Rp 250 Ribu

    Hari Biasa-Weekend Beda, VIP Day Rp 250 Ribu

    Jakarta

    Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 24 Juli-3 Agustus 2025. Pengunjung bisa datang pada hari pertama GIIAS 2025 atau VIP Day dengan membayar tiket masuk lebih mahal dari hari biasa.

    Tiket VIP Day GIIAS 2025 dapat dibeli secara online melalui web Auto360 dengan harga Rp 250.000. Sedangkan untuk pembelian langsung di area pameran (onsite), tiket tersedia pada tanggal 24 Juli 2025 dengan harga Rp 300.000.

    Sementara itu, harga tiket weekdays senilai Rp 50.000 dan tiket weekend senilai Rp 100.000.

    Pengunjung yang hadir saat VIP Day akan mendapatkan kesempatan eksklusif untuk menjadi yang pertama menyaksikan kendaraan terbaru, melihat langsung teknologi otomotif terkini, serta mencoba berbagai model kendaraan yang baru saja diperkenalkan di area test drive yang juga akan mulai dibuka pada hari yang sama, mulai pukul 14.00 hingga 20.00 WIB.

    Tahun ini, peserta tidak hanya menampilkan model-model terbaru, tetapi juga menghadirkan berbagai teknologi masa depan seperti kendaraan listrik, sistem keselamatan canggih, fitur berkendara otonom, serta solusi mobilitas berkelanjutan.

    Beberapa merek bahkan akan membawa langsung kendaraan konsep dari luar negeri untuk memberikan pengalaman visual dan edukatif bagi para pengunjung.

    Tingginya antusiasme peserta tahun ini juga tercermin dari meningkatnya jumlah peluncuran kendaraan yang direncanakan selama pameran berlangsung.

    “Berdasarkan informasi terakhir, akan ada lebih dari 40 model kendaraan yang dijadwalkan untuk diluncurkan di GIIAS 2025. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya GIIAS sebagai panggung utama industri otomotif untuk memperkenalkan inovasi mereka kepada publik,” ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2025.

    (riar/rgr)