Produk: kendaraan listrik

  • Harga BYD Atto 1 Gak Masuk Akal, VinFast Bilang Begini

    Harga BYD Atto 1 Gak Masuk Akal, VinFast Bilang Begini

    Jakarta

    BYD Atto 1 meluncur di GIIAS 2025 dengan banderol yang bikin geleng-geleng kepala. Betapa tidak, mobil yang di China bernama BYD Seagull tersebut dipasarkan dengan harga mulai Rp 195 juta. Di Indonesia, BYD Atto 1 berhadapan dengan mobil listrik mungil asal Vietnam, VinFast VF 3. Gimana tanggapan VinFast Indonesia?

    Dijelaskan oleh CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, setiap pabrikan memiliki strategi masing-masing. VinFast mempunyai strategi yang fokus pada ekosistem mobil listrik. VinFast mengklaim memiliki ekosistem kendaraan listrik paling lengkap di Indonesia.

    VinFast VF 3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Pertama setiap brand pasti punya strategi sendiri-sendiri. Kedua dengan misalnya banyak launching (mobil baru) itu istilahnya menguntungkan konsumen. Konsumen yang diberikan keuntungan berupa pilihan lebih,” buka CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto ditemui wartawan di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    “Tetapi dari sisi VinFast, kami melihatnya itu sebagai sesuatu yang normal di dalam persaingan. Strategi kita masih tetap fokus kepada ekosistem. Oke mungkin mereka bisa memberikan harga kompetitif. Tetapi mungkin mereka tidak memberikan ekosistem selengkap kita,” sambung pria yang akrab disapa Kerry.

    Sebagai informasi, VinFast menawarkan banyak benefit kepada para calon konsumennya, seperti free charging atau ngecas gratis selama tiga tahun di stasiun-stasiun yang dioperasikan oleh V-Green.

    “Dan yang paling penting adalah buyback garansi atau resale value garansi. Itu yang menurut kami masih tetap menjadi keunggulan, yang saat ini kita belum diikuti merek lain. Jadi kita confident dengan itu,” bilang Kerry.

    Sejauh ini, VinFast Indonesia telah memasarkan model VF 3, VF 4, VF 5, VF 6, dan VF 7, dalam waktu satu tahun sejak masuk pasar Indonesia. VinFast juga sedang bangun pabrik di Subang yang dijadwalkan beroperasi akhir 2025.

    (lua/din)

  • Arti Warna Pelat Kendaraan, Cek Penjelasannya!

    Arti Warna Pelat Kendaraan, Cek Penjelasannya!

    Jakarta

    Pelat nomor resmi dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui proses registrasi kendaraan bermotor. Pelat ini tercatat dalam database kendaraan resmi.

    Perlu diketahui, warna pada setiap pelat kendaraan memiliki arti tertentu. Simak penjelasan berikut.

    Berdasarkan informasi resmi dari Jasa Raharja, ini arti warna pada pelat kendaraan.

    Pelat Nomor Merah
    Kriteria kendaraan pelat nomor merah dengan tulisan putih adalah kendaraan milik instansi pemerintahan.Pelat Nomor Hijau
    Kriteria kendaraan pelat nomor hijau dengan tulisan hitam adalah kendaraan yang beroperasi di kawasan perdagangan bebas.Pelat Nomor Kedinasan
    Kriteria kendaraan pelat nomor dengan standar dan warna khusus adalah pelat milik instansi pemerintah, TNI, Polri, atau lembaga negara lainnya yang digunakan untuk keperluan dinas.Pelat Nomor Putih
    Kriteria kendaraan pelat nomor putih dengan tulisan hitam adalah kendaraan milik perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional.Pelat Nomor Putih Bergaris Biru
    Kriteria kendaraan pelat nomor putih dengan garis biru adalah untuk kendaraan listrik.Pelat Nomor Kuning
    Kriteria kendaraan pelat nomor kuning dengan tulisan hitam adalah kendaraan umum, seperti taksi, mikrolet, bus, truk dan beberapa kendaraan besar lainnya.7 Kendaraan Prioritas di Jalan Raya

    Menurut Pasal 134 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), ada tujuh kendaraan yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan raya. Ini urutannya.

    Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;Ambulans yang mengangkut orang sakit;Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;Kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia;Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;Iring-iringan pengantar jenazah;Konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Jika suatu waktu di jalan raya terdapat beberapa kendaraan prioritas yang datang bersamaan, maka wajib mendahulukan kendaraan sesuai urutan yang telah disebutkan. Para pengguna jalan raya harus bisa memahami aturan tersebut agar mendahulukan atau memberikan prioritas bagi tujuh jenis kendaraan tersebut.

    Menurut Pasal 135 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, berikut tata cara pengaturan kelancaran kendaraan prioritas di jalan raya.

    (2) Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan pengamanan jika mengetahui adanya Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

    (3) Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas dan Rambu Lalu Lintas tidak berlaku bagi Kendaraan yang mendapatkan hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134.

    (kny/imk)

  • BMW Pajang Seri 2, X3 Produksi Indonesia dan Si Listrik iX xDrive45

    BMW Pajang Seri 2, X3 Produksi Indonesia dan Si Listrik iX xDrive45

    Jakarta

    Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 menjadi ajang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya untuk masyarakat yang hendak memiliki kendaraan, GIIAS juga menjadi tempatnya pabrikan unjuk gigi.

    Sebut saja seperti produsen ternama asal Jerman, BMW, yang memilih untuk memajang mobil produksi Indonesia Seri 2, X3, dan mobil listrik Facelift BMW iX xDrive45. Dengan memperkenalkan beberapa produk mereka, BMW ingin menunjukkan bahwa mereka tidak hanya sekadar menjual kendaraan. Namun ingin membangun koneksi, kepercayaan dan rasa saling menghargai yang berkembang menjadi kemitraan jangka panjang.

    “Hari ini, BMW dan MINI dengan bangga hadir secara luar biasa di pameran otomotif tahunan terbesar di Indonesia: di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Selamat datang di BMW Group Pavilion, di rumah Anda, di mana Anda bukan sekadar tamu. Anda adalah bagian dari komunitas yang memiliki semangat yang sama terhadap desain, performa, dan inovasi,” ujar President Director BMW Group Indonesia, Peter “Sunny” Medalla, Rabu (23/7).

    Sunny dalam kata sambutanya menambahkan, di Indonesia BMW Group telah hadir secara resmi selama hampir 25 tahun, dengan sejarah produksi lokal yang dimulai hampir lima dekade lalu. Warisan ini terus dilanjutkan melalui peluncuran dua model rakitan lokal terbaru di GIIAS 2025. BMW juga terus mempertahankan posisi terdepan di segmen otomotif premium, dengan pangsa pasar mencapai 49 persen hingga Juli 2025.

    Mobil dari koleksi BMW Group Indonesia tampil di BMW Group Pavilion di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Kabupaten Tangerang, Rabu (23/7/2025). BMW Pavillion menempati area paling premium di Convention Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD mulai hari ini hingga 3 Agustus 2025. Foto: Grandyos Zafna

    “GIIAS selalu menjadi ajang yang tampilkan masa depan industri otomotif. Di BMW Group Pavilion tahun ini, kami menghadirkan inovasi masa depan sekaligus merayakan warisan masa lalu melalui rangkaian kendaraan listrik terbaru paling inovatif dan diminati, kendaraan performa tinggi yang menjadi favorit, serta model legendaris dari BMW dan MINI,” ucap Peter.

    “Salah satu wujud janji masa depan kami hadir di depan Anda hari ini, yaitu New BMW iX xDrive45. Dengan jangkauan hingga 602 kilometer, BMW iX membawa kemampuan long-distance nyata ke dalam mobilitas listrik dan sebuah visi BMW akan kemewahan elektrifikasi,” Peter menambahkan.

    BMW dan MINI menempati area paling premium di Convention Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD mulai hari ini hingga 3 Agustus 2025. Sebanyak 20 model kendaraan BMW dan 11 model kendaraan MINI akan hadir untuk publik, di area seluas 2,007 m2 . Pelanggan dapat mencoba secara langsung model kendaraan terbaru dari BMW dan MINI.

    Sebagai pemimpin pasar di segmen otomotif premium Indonesia, BMW Group Indonesia mengusung tema ‘Driven by Passion, Built on Legacy’ di mana tema ini direpresentasikan dengan sempurna di mana BMW Indonesia hadirkan model-model terbarunya dan juga hadirkan salah satu model BMW paling legendaris untuk merayakan 50 tahun BMW Seri 3 serta salah satu model MINI Heritage di BMW Group Pavilion di GIIAS 2025.

    (lth/rgr)

  • Intip Spesifikasi VinFast VF 7 yang Baru Meluncur di GIIAS 2025

    Intip Spesifikasi VinFast VF 7 yang Baru Meluncur di GIIAS 2025

    Jakarta

    VinFast VF 7 resmi diperkenalkan di Indonesia melalui ajang GIIAS 2025. VinFast VF 7 adalah sebuah SUV listrik murni segmen C setir kanan di pasar Indonesia yang menjadi model kelima dalam jajaran kendaraan VinFast di Tanah Air. Seperti apa spesifikasi mobil ini?

    “Hari ini kami bangga, karena telah menorehkan tonggak penting di pasar Indonesia. Dengan peluncuran model kelima kami, VinFast semakin memperkuat posisinya sebagai produsen dengan jajaran kendaraan listrik murni paling lengkap di nusantara. Melalui keunggulan lini produk yang beragam serta upaya dalam menyediakan ekosistem ‘For a Green Future’ yang menyeluruh, kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan finansial masyarakat, juga mendorong percepatan transisi menuju mobilitas hijau di Indonesia, demi masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera,” ungkap CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto.

    Baik VF 7 Plus maupun VF 7 Eco mengusung bahasa desain Asymmetric Aerospace yang dirancang studio desain ternama asal Italia, Torino Design. Estetika ini mencerminkan kebebasan, teknologi, dan gaya berpikir maju yang individualistis.

    Bagian eksterior VF 7 tampil mencolok dengan lampu LED berbentuk “V” khas VinFast di depan dan belakang, menciptakan identitas visual yang kuat. Desain atap miring gaya coupe, lengkungan roda besar, serta pelek alloy berukuran hingga 19 inci semakin menegaskan kesan tangguh dan atletis kendaraan ini.

    Dengan dimensi optimal (panjang 4.545 mm, jarak sumbu roda 2.840 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.635,75 mm, dan jarak bebas tanah 190 mm), VF 7 menghadirkan kabin yang luas dan lapang, dilengkapi jok berlapis kulit premium untuk kenyamanan maksimal. Desain interiornya berfokus pada pengemudi, ditandai dengan layar sentuh berukuran 12,9 inci, head-up display (HUD), setir dua warna model D-cut yang unik, serta tombol pemilih gigi bergaya tuts piano.

    VinFast VF 7 Foto: Lutfi Anshori/detikoto

    VF 7 menawarkan pilihan lima warna eksterior dan dua warna interior, dengan varian Plus menghadirkan nuansa interior dua warna untuk gaya yang lebih personal. Untuk detail dan ketersediaan warna yang akurat, pelanggan dapat menghubungi dealer VinFast terdekat.

    Dari sisi performa, VinFast VF 7 Plus dibekali dua motor listrik yang menghasilkan total tenaga maksimum 260 kW (setara dengan 349 tenaga kuda) dan torsi puncak 500 Nm. Sistem penggerak semua roda (all-wheel drive) menjadikannya salah satu kendaraan paling bertenaga di kelasnya. Didukung baterai berkapasitas 70,8 kWh, VF 7 Plus mampu menempuh jarak hingga 471 km dalam sekali pengisian penuh (berdasarkan standar NEDC).

    Sementara itu, VF 7 Eco dilengkapi dengan satu motor listrik yang menghasilkan tenaga maksimum 130 kW (setara dengan 174 tenaga kuda) dan torsi puncak 250 Nm. Dipadukan dengan baterai berkapasitas 59,6 kWh, VF 7 Eco mampu menempuh jarak hingga 430 km dalam sekali pengisian penuh (berdasarkan standar NEDC).

    Varian Plus cocok untuk perjalanan jarak jauh dan pengemudi yang mengutamakan performa tinggi, sementara varian Eco merupakan pilihan gaya dan praktis untuk mobilitas perkotaan sehari-hari.

    Komitmen VF 7 terhadap keselamatan ditegaskan melalui kehadiran 7 airbag serta beragam sistem keselamatan aktif canggih, termasuk:

    1. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD).
    2. (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System.
    3. (TCS), Hill Start Assist (HSA), dan Roll Over Mitigation (ROM).

    VinFast terus memperluas kehadirannya di Indonesia dengan cepat, mencakup berbagai segmen populer melalui jajaran produk seperti VF 3, VF 5, VF 6, VF e34, hingga VF 7. Seluruh produk didukung oleh kebijakan penjualan dan purna jual yang menarik, termasuk pengisian daya gratis di stasiun V-GREEN dan pembiayaan dengan bunga 0%.

    VinFast juga aktif menjalin kolaborasi dengan jaringan dealer, pusat layanan, serta mitra perbankan untuk menghadirkan solusi mobilitas hijau yang lebih mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.VinFast juga akan menyediakan pembaruan fitur secara gratis melalui
    Over-the-Air (OTA), memastikan kendaraan selalu dilengkapi dengan teknologi terbaru.

    VinFast terus memperluas kehadirannya di Indonesia dengan cepat, mencakup berbagai segmen populer melalui jajaran produk seperti VF 3, VF 5, VF 6, VF e34, hingga VF 7. Seluruh produk didukung oleh kebijakan penjualan dan purna jual yang menarik, termasuk pengisian daya gratis di stasiun V-GREEN dan pembiayaan dengan bunga 0%. VinFast juga aktif menjalin kolaborasi dengan jaringan dealer, pusat layanan, serta mitra perbankan agar transportasi ramah lingkungan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

    (lua/dry)

  • BAIC Luncurkan BJ30 Hybrid, Ketum IMI Minta Produsen Asing Genjot TKDN

    BAIC Luncurkan BJ30 Hybrid, Ketum IMI Minta Produsen Asing Genjot TKDN

    Jakarta

    Anggota DPR RI sekaligus Ketua MPR RI ke-15 dan Board of Commissioner PT JIO Distribusi Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi diluncurkannya mobil hybrid terbaru, BAIC BJ30 dibandrol harga untuk 4×2 Rp. 499 juta per-unit dan 4×4 Rp 575 juta per-unit, oleh PT JIO Distribusi Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    Kehadiran BAIC BJ30 bukan hanya menambah pilihan dalam pasar kendaraan hybrid tanah air, tetapi juga mempertegas bahwa Indonesia semakin menarik bagi pabrikan otomotif dunia untuk menghadirkan teknologi kendaraan ramah lingkungan, tangguh, dan futuristik.

    “Peluncuran BAIC BJ30 menjadi momen yang menegaskan arah baru industri otomotif Indonesia yang ramah lingkungan, canggih, dan terbuka untuk kolaborasi global. Arah tersebut harus senantiasa berpijak pada kepentingan nasional. Kedaulatan industri otomotif nasional jangan hanya slogan, tetapi tanggung jawab bersama,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (24/7/25).

    Hadir antara lain Board of Commissioner PT JIO Distribusi Indonesia Aries Marsudiyanto, Sidik Lijandi dan Alvin Kennedy, Vice President BAIC International Gao Ming, Director BAIC International Han Shao serta Deputy Director BAIC International Houjie. Hadir pula Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Erwin MP serta Komunikasi dan Media IMI Pusat Dwi Nugroho Marsudianto.

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua DPR ke-20 serta mantan Ketua Komisi III DPR RI ke-7 ini menilai, peluncuran BAIC BJ30 merupakan sinyal positif atas meningkatnya minat produsen otomotif global terhadap pasar Indonesia. Namun, kehadiran mobil-mobil impor di pasar nasional harus dibarengi dengan komitmen jangka panjang dari para prinsipal otomotif. Terutama terkait perakitan lokal dan peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    “Indonesia bukan hanya pasar, tetapi juga harus menjadi basis produksi otomotif regional maupun global. Kita harapkan para produsen mobil dari luar negeri mau merakit kendaraannya di Indonesia. Sehingga, kita bisa meningkatkan kontribusi sektor otomotif terhadap PDB nasional, sekaligus membuka lapangan kerja dan memperkuat ekosistem industri komponen dalam negeri,” kata Bamsoet.

    Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, dengan total penjualan mobil nasional mencapai lebih dari 1 juta unit pada tahun 2024, dan dengan proyeksi kenaikan hingga 1,2 juta unit pada akhir 2025, pasar otomotif Indonesia menjadi salah satu yang paling potensial di kawasan Asia Tenggara. Potensi tersebut harus mampu mendorong transfer teknologi, pengembangan SDM lokal, dan kolaborasi nyata dengan industri otomotif dalam negeri.

    “Bukan hal yang mustahil jika dalam 10 tahun ke depan, Indonesia mampu menjadi pemain utama kendaraan listrik dan hybrid di kawasan Asia, asal kita mampu membangun industri yang berbasis inovasi dan keberlanjutan. Kehadiran BAIC BJ30 harus dibaca sebagai peluang, sekaligus tantangan. Jangan sampai kita hanya jadi pasar bagi produk luar, tetapi tidak memperoleh nilai tambah yang maksimal,” pungkas Bamsoet.

    (ega/ega)

  • Produksi Katoda Dimulai, Smelter PTFI Jadi Contoh Hilirisasi Pro-Rakyat

    Produksi Katoda Dimulai, Smelter PTFI Jadi Contoh Hilirisasi Pro-Rakyat

    Jakarta

    PT Freeport Indonesia (PTFI) siap memulai produksi katoda tembaga perdana dari smelter Manyar, Gresik dengan target tahunan sebesar 441.000 ton. Momentum ini dinilai menjadi strategi pembangunan ekonomi yang menyentuh masyarakat secara langsung.

    Dalam laporan riset Laporan Akhir Membangun Kemitraan antara Masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Perusahaan untuk Optimalisasi Manfaat Hilirisasi yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) tahun 2024, Gresik disebut sebagai contoh keberhasilan model kemitraan yang melibatkan masyarakat lokal sejak tahap awal pembangunan industri. Salah satu bentuk kolaborasi itu adalah forum ‘Rembuk Akur’ yang memfasilitasi perekrutan tenaga kerja dari sembilan desa Ring 1 di sekitar kawasan industri smelter.

    Riset FEB UB tersebut juga mencatat bahwa keterlibatan pelaku usaha lokal telah membuka ruang partisipasi ekonomi yang lebih luas. UMKM tidak hanya berperan sebagai penyedia jasa katering dan logistik, tetapi juga didorong melalui pengembangan sentra IKM seperti Songkok Kemuteran dan Mesin Logam Pelemwatu Menganti di Gresik.

    “Dengan kemitraan strategis, pelaku UMKM dapat mengambil peran lebih besar dalam rantai pasok industri, yang pada akhirnya memperkuat ekosistem ekonomi lokal,” kata salah satu peneliti laporan tersebut, Hendi Subandi dalam keterangan, Rabu (23/7/2025).

    Lebih jauh, laporan ini menekankan bahwa manfaat hilirisasi akan jauh lebih berkelanjutan bila dilakukan melalui pendekatan kolaboratif yang melibatkan enam unsur utama: perusahaan, pemerintah daerah, masyarakat, akademisi, media, dan NGO. Pendekatan hexahelix ini dianggap penting untuk menjaga kesinambungan antara kepentingan ekonomi dan pembangunan sosial di tingkat lokal.

    “Dengan melibatkan berbagai aktor dalam model kemitraan hexahelix, hilirisasi dapat menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan, memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat lokal,” lanjut Hendi.

    Hal ini sejalan dengan temuan tim riset Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berjudul Kajian Dampak Hilirisasi Industri Tambang terhadap Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan: Tembaga, Bauksit, dan Pasir Silika, yang menyoroti bahwa hilirisasi di sejumlah daerah, termasuk Gresik, berdampak pada peningkatan indikator sosial.

    Studi mereka mencatat perbaikan dalam rata-rata lama sekolah, umur harapan hidup, serta penurunan angka stunting, sebagai bagian dari dampak tidak langsung pembangunan industri dan pemanfaatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta Dana Bagi Hasil (DBH).

    FEB UI juga mencatat bahwa hilirisasi dapat memperkuat belanja pembangunan di sektor-sektor publik seperti pendidikan dan kesehatan, karena peningkatan pendapatan daerah membuka ruang fiskal yang lebih besar. Dalam konteks jangka panjang, model ini dipandang mampu mendongkrak kualitas hidup masyarakat di sekitar kawasan industri.

    “Dengan pendapatan daerah yang meningkat, daerah-daerah hilirisasi kini memiliki kapasitas fiskal yang lebih baik untuk membiayai layanan dasar. Ini menunjukkan bahwa manfaat hilirisasi bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” kata Wakil Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI Nur Kholis.

    Produksi katoda tembaga dari smelter Manyar akan menyuplai kebutuhan bahan baku untuk kabel listrik, kendaraan listrik, dan teknologi energi terbarukan. Dengan kapasitas pengolahan yang besar dan proses produksi yang terintegrasi, fasilitas ini memperkuat posisi Indonesia dalam rantai pasok industri global.

    “Lebih dari sekadar angka produksi, langkah ini memberi gambaran bahwa pembangunan industri bisa diarahkan untuk menciptakan nilai bersama. Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat setempat punya peran yang saling menguatkan. Gresik menunjukkan bahwa hilirisasi bukan hanya agenda nasional, tapi juga proses yang bisa menghidupkan ekonomi daerah dari dekat,” tutupnya.

    (akn/ega)

  • Apple Investasi Rp 8,5 Triliun Amankan Pasokan Bahan Baku iPhone

    Apple Investasi Rp 8,5 Triliun Amankan Pasokan Bahan Baku iPhone

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi, Apple menginvestasikan US$500 juta atau setara dengan Rp 8,15 triliun dalam sebuah kesepakatan dengan perusahaan tanah jarang AS, MP Materials. Kesepakatan tersebut terjadi dalam menghadapi tekanan dari Presiden AS Donald Trump untuk memproduksi ponsel pintarnya yang populer di dalam negeri.

    Dalam kesepakatan tersebut, pembuat IPhone ini berkomitmen untuk membeli magnet tanah jarang (LTJ) atau Rare Earth Element (REE) langsung dari MP Materials untuk membantu meningkatkan rantai pasokannya di AS.

    Selain itu, Apple juga akan berkolaborasi dengan perusahaan tersebut untuk melakukan jalur daur ulang baru di California, yang akan menggunakan kembali material-material magnet tanah jarang yang didaur ulang untuk digunakan dalam produk-produk Apple.

    Kesepakatan ini merupakan bagian dari investasi senilai US$500 miliar yang diumumkan Apple pada awal tahun ini. Investasi tersebut untuk memperluas operasinya di AS seiring dengan upaya pemerintahan Trump untuk mendorong produksi teknologi di dalam negeri dan mengurangi ketergantungan terhadap China.

    Unsur-unsur tanah jarang tersebut sangat penting untuk segala hal mulai dari ponsel pintar hingga TV dan jet militer, telah menjadi alat tawar-menawar utama dalam perundingan perdagangan antara Washington dan Beijing. Hal ini dikarenakan China mengendalikan hampir semua pemrosesannya.

    “Inovasi Amerika mendorong semua yang kami lakukan di Apple, dan kami bangga memperdalam investasi kami dalam ekonomi AS,” kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah siaran pers, mengutip CNN Internasional, Sabtu (19/7).

    “Bahan tanah jarang sangat penting untuk membuat teknologi canggih, dan kemitraan ini akan membantu memperkuat pasokan bahan penting ini di Amerika Serikat,” sebutnya.

    MP Materials menyebut, fasilitas MP Materials di Fort Worth, Texas, akan membuat lini produksi magnet baru khusus untuk produk Apple. Pengiriman diperkirakan akan dimulai pada tahun 2027 dan pada akhirnya akan mendukung ratusan juta perangkat Apple.

    Nantinya, bahan-bahan tersebut akan dikirim ke seluruh Amerika Serikat dan seluruh dunia.

    Apple mengatakan bahwa ekspansi ini akan menciptakan puluhan pekerjaan baru. Kedua perusahaan juga akan memberikan pelatihan untuk mengembangkan tenaga kerja AS untuk pembuatannya.

    China memiliki monopoli virtual atas elemen logam tanah jarang, yang merupakan komponen penting untuk produk sehari-hari mulai dari ponsel pintar, turbin angin, lampu LED, dan TV layar datar. Unsur-unsur ini juga sangat penting untuk baterai pada kendaraan listrik serta pemindai MRI dan perawatan kanker.

    Bahan-bahan ini ditemukan di seluruh kerak bumi tetapi sulit dan mahal untuk diekstraksi dan diproses. China memiliki satu-satunya peralatan yang dibutuhkan untuk memproses beberapa elemen dan saat ini menguasai 92% produksi global dalam tahap pemrosesan.

    Meskipun kesepakatan MP Materials dapat membantu Apple mendapatkan dukungan dari Trump di tengah ancaman tarif, kesepakatan ini juga sejalan dengan upaya Apple untuk memasukkan lebih banyak bahan daur ulang ke dalam produknya. Hal itu juga merupakan sebuah rencana yang sudah ada jauh sebelum Trump menjabat.

    Sebagai contoh, iPhone 16e, yang diluncurkan awal tahun ini, memiliki 30 persen konten daur ulang. Apple mengatakan bahwa mereka menggunakan logam tanah jarang yang didaur ulang pada produk-produk utamanya, termasuk pada magnet yang terdapat pada iPhone, iPad, Apple Watches, MacBook, dan model Mac terbaru.

    Pemerintahan Trump telah mendorong Apple dan perusahaan-perusahaan teknologi raksasa lainnya untuk memproduksi produk mereka di Amerika Serikat, bukannya mengandalkan fasilitas perakitan dan operasi rantai pasokan yang sebagian besar berlokasi di Cina, India, dan Vietnam.

    Namun, Apple belum membahas rencana untuk memindahkan produksi iPhone ke AS, dan tampaknya hal itu tidak mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan perusahaan teknologi raksasa ini harus mengubah cara mereka membuat produk yang paling menguntungkan.

    Kolaborasi Apple dan MP Manufacturing melibatkan pengembangan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk pembuatan magnet. Itulah salah satu alasan mengapa sangat sulit untuk memindahkan produksi iPhone ke Amerika Serikat. Sebab, Amerika tidak memiliki tenaga kerja dengan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk melakukannya, kata para ahli.

    “Keahlian untuk membuat setiap komponen adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam jangka waktu yang lama,” kata David Marcotte, wakil presiden senior di perusahaan riset pasar internasional Kantar.

    Cook, saat berbicara di acara Majalah Fortune pada tahun 2017, juga pernah berbicara tentang kesenjangan tenaga kerja di masa lalu, menggambarkan tenaga kerja di China sebagai kombinasi dari keterampilan pengrajin, robotika canggih, dan dunia ilmu komputer.

    Namun, komitmen untuk berinvestasi di tanah jarang yang bersumber dari AS sepertinya akan menyenangkan Trump. Presiden telah memuji pengumuman investasi Apple sebelumnya sebagai kemenangan dalam upayanya untuk meningkatkan manufaktur Amerika.

    (haa/haa)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cek Harga Emas 1 Gram Hari Ini 19 Juli 2025: UBS dan Antam Melonjak – Page 3

    Cek Harga Emas 1 Gram Hari Ini 19 Juli 2025: UBS dan Antam Melonjak – Page 3

    Awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump menuturkan, tidak berencana memecat ketua the Federal Reserve (the Fed) Jerome Powell, tetapi tetap membuka opsi itu. Ia juga kembali mengkritik Jerome Powell karena tidak memangkas suku bunga.

    Pelaku pasar mengantisipasi dua kali pemangkasan suku bunga AS hingga akhir 2025. Diprediksi pemangkasan suku bunga 50 basis poin (bps).

    Selain itu, emas menguat di tengah ketidakpastian ekonomi, dan suku bunga lebih rendah mendorong permintaan investor karena merupakan aset yang tidak memberikan imbal hasil.

    Selain itu, harga platinum spot susut 0,8% menjadi USD 1.432 per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak Agustus 2014.

    “Kami memperkirakan penurunan permintaan investor fisik dan perhiasan China akan menyebabkan penurunan harga platinum pada kuartal ketiga 2025,” ujar Senior Commodities Strategist BNP Paribas Markets 360, David Wilson.

    Di sisi lain, harga paladium melemah 0,7% menjadi USD 1.271,08. Harga perak menguat 0,4%  menjadi USD 38,26.

    “Meskipun terdapat kekhawatiran jangka panjang terkait pertumbuhan kendaraan listrik dan pasoka daur ulang, sentimen terhadap paladium di China positif, dengan kemungkinan peningkatan penggunaan katalis menjelang undang-undang emisi China 7 yang mulai berlaku 2028,” ujar Head of Business Development & Strategy Mitsubishi Corp, Jonathan Butler.

  • Bos BYD Sambangi Pabrik Mobil Xiaomi, Ada Apa Nih?

    Bos BYD Sambangi Pabrik Mobil Xiaomi, Ada Apa Nih?

    Jakarta

    Ada yang menarik dari linimasa otomotif China pekan ini. Chairman dan CEO BYD, Wang Chuanfu, tertangkap kamera sedang mengunjungi pabrik mobil Xiaomi. Dia tak sendirian, melainkan ditemani Lei Jun selaku founder Xiaomi Group!

    Dalam video pendek yang beredar di media sosial, disitat dari Carnewschina, Wang tampak diajak Lei berkeliling pabrik. Di belakang mereka, terlihat Hu Zhengnan selaku mantan bos R&D Geely dan kini mitra di Shunwei Capital–firma investasi yang dekat dengan Xiaomi.

    Meski tak diumumkan secara resmi, kehadiran trio ini langsung memantik spekulasi. BYD dan Xiaomi memang sudah lama menjalin kerja sama, baik di sektor smartphone maupun otomotif. Mobil listrik Xiaomi SU7 Standard Edition menggunakan baterai Blade buatan BYD.

    Bos BYD dan Bos Xiaomi. Foto: Weibo.

    Di Beijing Auto Show 2024 lalu, Lei Jun menyebut BYD sebagai ‘partner penting selama lebih dari satu dekade’. Wang Chuanfu juga terlihat mengunjungi booth Xiaomi dan menyatakan dukungannya terhadap ekspansi Xiaomi di dunia kendaraan listrik.

    Belum ada detil teknis yang diumumkan, tapi analis industri menilai kekuatan keduanya saling melengkapi. BYD unggul di baterai dan drivetrain, sementara Xiaomi kuat di ekosistem digital dan kokpit pintar. Kombinasi ini bisa jadi sangat berbahaya bagi kompetitor.

    Kehadiran Hu Zhengnan menambah bobot teknis dalam pertemuan ini. Sosok yang pernah memimpin proyek Geely Boyue itu dikenal sebagai otak di balik banyak inovasi R&D otomotif di China.

    Menariknya, kunjungan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Lei Jun foto bersama bos Nvidia, Jensen Huang, di samping Xiaomi SU7 Ultra. Semua ini menunjukkan Xiaomi sedang membangun narasi serius di ranah EV pintar.

    Dalam ekosistem EV China yang kian kompetitif, kolaborasi dan kompetisi bisa berjalan bersamaan. Xiaomi dan BYD seolah ingin menunjukkan, meski punya ambisi masing-masing, mereka tetap bisa saling dorong dalam membangun masa depan otomotif pintar.

    (sfn/dry)

  • Harga Emas Antam Hari Ini 19 Juli 2025 Lebih Mahal Rp 10.000 – Page 3

    Harga Emas Antam Hari Ini 19 Juli 2025 Lebih Mahal Rp 10.000 – Page 3

    Terkait tarif, Indonesia masih menggodok detil perjanjian dagang baru dengan AS. Sementara itu, kesepakatan dagang yang baik AS dan Jepang akan tercapai.

    Awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump menuturkan, tidak berencana memecat ketua the Federal Reserve (the Fed) Jerome Powell, tetapi tetap membuka opsi itu. Ia juga kembali mengkritik Jerome Powell karena tidak memangkas suku bunga.

    Pelaku pasar mengantisipasi dua kali pemangkasan suku bunga AS hingga akhir 2025. Diprediksi pemangkasan suku bunga 50 basis poin (bps).

    Selain itu, emas menguat di tengah ketidakpastian ekonomi, dan suku bunga lebih rendah mendorong permintaan investor karena merupakan aset yang tidak memberikan imbal hasil.

    Selain itu, harga platinum spot susut 0,8% menjadi USD 1.432 per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak Agustus 2014.

    “Kami memperkirakan penurunan permintaan investor fisik dan perhiasan China akan menyebabkan penurunan harga platinum pada kuartal ketiga 2025,” ujar Senior Commodities Strategist BNP Paribas Markets 360, David Wilson.

    Di sisi lain, harga paladium melemah 0,7% menjadi USD 1.271,08. Harga perak menguat 0,4%  menjadi USD 38,26.

    “Meskipun terdapat kekhawatiran jangka panjang terkait pertumbuhan kendaraan listrik dan pasoka daur ulang, sentimen terhadap paladium di China positif, dengan kemungkinan peningkatan penggunaan katalis menjelang undang-undang emisi China 7 yang mulai berlaku 2028,” ujar Head of Business Development & Strategy Mitsubishi Corp, Jonathan Butler.