Produk: kendaraan listrik

  • United Tractors buka peluang untuk perluas bisnis nikel dan emas

    United Tractors buka peluang untuk perluas bisnis nikel dan emas

    Jakarta (ANTARA) – PT United Tractors Tbk (kode saham: UNTR) terus membuka peluang untuk memperluas portofolio bisnis nikel dan emas, sembari mengoptimalkan portofolio pada segmen batubara dan metalurgi untuk memastikan profitabilitas dan pengembalian yang berkelanjutan bagi pemegang saham.

    “UT atau UNTR saat ini terus aktif mencari peluang di sektor nikel dan emas, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Mudah-mudahan ke depannya kita bisa terus untuk menambah portofolio di sektor mineral mining ini,” kata Direktur United Tractors Iwan Hadiantoro dalam Public Expose Live 2025 di Jakarta, Senin.

    UNTR telah memiliki dua portofolio untuk segmen bisnis nikel, salah satunya PT Stargate Pasific Resources (SPR) yang tengah membangun Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dan ditargetkan selesai pada 2026 serta berproduksi mulai 2027.

    “Dan kita juga pada saat yang bersamaan, saat ini melakukan studi untuk pengembangan ke arah battery making material melalui smelter HPAL,” ujar Iwan.

    Selain itu, ada Nickel Industries Limited (NIC) yang sahamnya dimiliki perseroan sebesar 20,14 persen. Iwan mengatakan, NIC juga tengah membangun smelter HPAL di Morowali yang ditargetkan mulai memproduksi bahan baku baterai kendaraan listrik pada kuartal I tahun depan.

    Sementara segmen usaha pertambangan emas dioperasikan oleh PT Agincourt Resources (PTAR) dan PT Sumbawa Jutaraya (SJR). PTAR mengoperasikan tambang emas Martabe di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dan SJR mengoperasikan tambang emas di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

    Adapun segmen pertambangan batubara termal dan metalurgi dijalankan oleh PT Tuah Turangga Agung (Turangga Resources).

    Sebagai informasi, sampai dengan Juli 2025, tambang batu bara Turangga Resources mencatatkan volume penjualan batu bara sebesar 8,0 juta ton (termasuk 2,4 juta ton batu bara metalurgi), naik 19 persen dari periode yang sama tahun 2024.

    “Sementara batubara dan metalurgi, yang kita lakukan saat ini adalah strateginya untuk melakukan ekspansi atas aset yang kita miliki,” kata Iwan.

    Ia menambahkan bahwa ke depannya, UNTR juga akan masuk ke bisnis-bisnis yang bersifat jangka panjang dan berkelanjutan. Setelah mineral mining, fokus berikutnya yakni sektor energi terbarukan, sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk bertransisi dari energi fosil menuju energi baru dan terbarukan (EBT).

    Terdapat tiga sektor yang menjadi perhatian utama antara lain pembangkit listrik tenaga air (hydropower plant), pembangkit listrik tenaga surya (solar PV), serta panas bumi (geothermal).

    Untuk geothermal, strategi yang dijalankan adalah melakukan studi dan eksplorasi pada portofolio yang sudah dimiliki UNTR, yaitu Supreme Energy Rantau Dedap (SERD), dengan harapan kapasitas terpasang dapat terus ditingkatkan seiring dengan kegiatan eksplorasi yang dilakukan.

    Pada semester pertama tahun 2025, UNTR membukukan pendapatan bersih sebesar Rp68,5 triliun atau naik sebesar 6 persen dari Rp64,5 triliun pada periode yang sama di tahun 2024.

    Pendapatan bersih terutama ditopang dari segmen kontraktor penambangan sebesar Rp26,1 triliun serta segmen mesin konstruksi sebesar Rp20,9 triliun.

    Sementara segmen pertambangan batubara termal dan metalurgi menyumbang pendapatan Rp13,4 triliun, 14 persen lebih rendah dari semester I 2024. Adapun segmen pertambangan emas dan mineral lainnya menyumbang Rp7,0 triliun, meningkat 60 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

    Laba bersih UNTR tercatat turun 15 persen menjadi Rp8,1 triliun, disebabkan oleh penurunan kinerja dari segmen kontraktor penambangan yang terkendala curah hujan tinggi serta segmen pertambangan batubara termal dan metalurgi akibat harga jual batu bara yang lebih rendah.

    Namun demikian, catat perseroan, sebagian dapat diimbangi oleh peningkatan kontribusi dari segmen pertambangan emas dan mineral lainnya serta segmen mesin konstruksi.

    Pewarta: Rizka Khaerunnisa
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Jakarta

    Honda Motor Co. Ltd akan menghadirkan produk mobilitas masa depan di Japan Mobility Show atau JMS 2025 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, mulai 29 Oktober hingga 9 November mendatang.

    Bukan hanya mobil dan motor, Honda juga akan menampilkan Power Products, pesawat terbang, serta teknologi terbaru dan kendaraan konsep di pameran yang digelar setiap dua tahun tersebut.

    Hadir dengan semangat The Power of Dreams, booth Honda akan memamerkan Honda 0 Series EV yang siap dipasarkan secara global tahun depan. Dua model andalan, yakni Honda 0 Saloon Prototype dan Honda 0 SUV Prototype akan tampil perdana di kawasan Asia & Oseania setelah sebelumnya debut global di Amerika Serikat.

    Honda 0 Saloon dan Honda 0 SUV Foto: Dok. Honda

    Selain kendaraan listrik, Honda juga akan menampilkan mock-up interior penuh dari HondaJet Elite II, jet bisnis ringan yang memungkinkan pengunjung masuk dan merasakan langsung kenyamanan ruang kabinnya.

    Dari segmen roda dua, pengunjung dapat melihat Honda CUV e:, sepeda motor listrik kategori Class-2 dengan baterai Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar, serta Honda Rebel 1100 S Edition, model cruiser besar yang dilengkapi transmisi kopling ganda.

    Sedangkan untuk lini Power Products, Honda menghadirkan Miimo Series, robot pemotong rumput cerdas, serta UNI-ONE, perangkat mobilitas personal inovatif yang dapat bergerak ke segala arah hanya dengan menggeser berat badan pengguna.

    Sejak didirikan, Honda telah menjadi perusahaan mobilitas komprehensif yang digerakkan mimpi, teknologi, dan ide-ide kreatif, serta terus menantang diri untuk menciptakan solusi mobilitas yang memberi kemungkinan baru bagi masyarakat.

    Detail lengkap seluruh konten pameran Honda akan diumumkan selanjutnya pada akhir September 2025, serta dapat diakses melalui situs khusus Honda Japan Mobility Show 2025.

    (sfn/rgr)

  • Mobil Nasional Malaysia Punya Pabrik Mobil Listrik Sendiri

    Mobil Nasional Malaysia Punya Pabrik Mobil Listrik Sendiri

    Jakarta

    Merek mobil nasional Malaysia, Proton, punya pabrik mobil listrik sendiri. Dalam setahun, pabrik itu bisa memproduksi 20 ribu unit.

    Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim meresmikan pabrik perakitan pertama khusus untuk memproduksi kendaraan listrik Proton. Pabrik itu berlokasi di Automotive High Tech Valley (AHTV) di Tanjong Malim.

    Pabrik mobil listrik pertama Proton akan mulai memproduksi mobil listrik Proton e.Mas 7. Selanjutnya, Proton juga akan memproduksi mobil listrik keduanya, Poron e.Mas 5. Selain itu, kemitraan Proton dengan Zhejiang Geely Holding Ltd (Geely) juga akan memungkinkan merek-merek premium lainnya, seperti Zeekr, dirakit secara lokal pabrik baru tersebut.

    Pabrik mobil listrik pertama buat merek mobil nasional Malaysia itu berdiri di lahan seluas 5,57 hektar. Tak tanggung-tanggung, pabrik perakitan itu menghabiskan investasi 82 juta ringgit (Rp 318,1 miliar).

    Untuk tahap pertama, pabrik tersebut bisa memproduksi 20 ribu unit mobil listrik per tahun. Produksinya dapat ditingkatkan hingga maksimal 45 ribu unit per tahun.

    Pabrik pertama mobil listrik Malaysia itu dirancang dan dibangun melalui kerja sama dengan Geely. Fasilitas perakitan EV pertama yang dibangun khusus oleh Proton dan Malaysia ini menggabungkan operator produksi yang terotomatisasi dan sangat terlatih.

    “Peluncuran pabrik kendaraan listrik canggih ini menandai tonggak bersejarah bagi Proton dan industri otomotif Malaysia. Fasilitas ini, yang dibangun dengan teknologi canggih dan berfokus pada skalabilitas, akan menjadi tulang punggung komitmen kami untuk memproduksi kendaraan listrik kelas dunia. Proton e.MAS 7, yang telah diterima oleh konsumen Malaysia, hanyalah awal dari perjalanan kami menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Dr. Li Chunrong, CEO Proton.

    Mobil listrik Proton sebenarnya adalah model Geely. Pabrikan mobil asal China itu memberikan panduan teknis mengenai sistem produksi, membantu pemilihan peralatan, dan mengerahkan para ahli untuk membantu instalasi dan uji coba. Geely juga memfasilitasi pelatihan di luar negeri bagi staf Proton dan memastikan pabriknya selaras dengan standar manufaktur kendaraan listrik global.

    (rgr/dry)

  • Seberapa Hemat Pengeluaran Pakai Mobil Listrik? Cukup Rp 9 Ribuan per Hari

    Seberapa Hemat Pengeluaran Pakai Mobil Listrik? Cukup Rp 9 Ribuan per Hari

    Jakarta

    Kendaraan listrik dikenal bisa memberi keuntungan signifikan dalam hal efisiensi biaya operasional sehari-hari. Seberapa hemat ya jika kita menggunakan mobil listrik untuk aktivitas harian?

    Sebagai gambaran, bagi masyarakat perkotaan umumnya rata-rata jarak tempuh sekitar 50 km per hari. Contohnya untuk mobil listrik AION UT, klaimnya hanya perlu biaya Rp 9.690 per hari, atau setara Rp290.760 per bulan.

    Jika dihitung sepanjang tahun, pengeluaran untuk kebutuhan energi menggunakan AION UT berkisar Rp 3.489.168. Angka tersebut diklaim jauh lebih hemat dibandingkan
    kendaraan konvensional yang rata-rata masih memerlukan belasan juta rupiah per tahun untuk mobilitas dengan jarak yang sama.

    Tidak hanya menawarkan efisiensi energi, mobil listrik seperti AION UT juga tawarkan keuntungan dalam perawatan yang murah. Mobil ini menawarkan perawatan gratis selama tiga tahun atau jarak tempuh 40.000 km.

    Selain itu, insentif pajak kendaraan berbasis energi terbaru ini turut memberikan keringanan tambahan. AION UT hanya memerlukan sekitar Rp 400.000 per tahun untuk
    pajak kendaraan.

    Total Penghematan Hingga 80%

    Secara keseluruhan, total biaya operasional AION UT hanya sekitar Rp 4.889.168 per tahun. Perhitungan ini mencakup biaya charge, perawatan, dan pajak. Jika dibanding rata-rata biaya hatchback lain dengan jarak tempuh serupa, penghematan yang bisa didapatkan mencapai hingga 80%.

    Lebih dari sekadar sarana transportasi, AION UT menjadi solusi mobilitas cerdas yang menggabungkan gaya hidup modern, kepedulian terhadap lingkungan, dan efisiensi
    finansial. Keuntungan ini menjadikan AION UT pilihan ideal bagi masyarakat perkotaan yang mengutamakan kenyamanan, teknologi, serta keberlanjutan.

    “Penghematan biaya operasional yang signifikan ini menunjukkan bahwa kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan value for money yang
    nyata bagi konsumen. Inilah wujud mobilitas masa depan yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan,” ungkap Andry Ciu, CEO GAC Indonesia, dalam keterangannya.

    Ilustrasi biaya operasional menggunakan mobil listrik Foto: Dok. AION

    (lua/riar)

  • Yamaha Luncurkan Skutik Listrik Baru, Bisa Tempuh 83 Km

    Yamaha Luncurkan Skutik Listrik Baru, Bisa Tempuh 83 Km

    Jakarta

    Yamaha resmi memperkenalkan motor listrik terbarunya di Taiwan pada 4 September 2025. Skutik bernama CUXiE ini akan dipasarkan melalui jaringan Electric Vehicle Specialty Stores Yamaha di Taiwan, dan menjadi tonggak baru perjalanan pabrikan garpu tala di era mobilitas ramah lingkungan.

    CUXiE hadir sebagai skuter listrik pertama Yamaha yang mendukung sistem tukar baterai Gogoro Network. Model ini mewarisi desain mungil nan menawan dari CUXi klasik yang sejak 2006 dikenal sebagai pilihan favorit kaum muda dan wanita perkotaan. Mengusung filosofi ‘kelucuan klasik, tenaga maksimal’, CUXiE menggabungkan kepraktisan dengan sentuhan modern khas kendaraan listrik.

    Yamaha CUXiE Foto: Dok. Yamaha

    Secara tampilan, Yamaha tetap mempertahankan identitas desain ‘boxy dengan sentuhan bulat’ yang kini dipadukan dengan estetika modern bergaya CUBE. Hasilnya, sosok skutik tampak lebih ramping sekaligus stylish. Yamaha juga menyediakan enam pilihan warna baru yang terbagi dalam dua kategori.

    Pertama, seri Natural & Soft dengan baterai tunggal yang menawarkan warna abu-abu muda, putih, hijau muda, dan emas matte. Keempatnya dipadukan jok kulit cokelat lembut yang memberi kesan hangat. Kedua, seri Urban Vitality dengan baterai ganda tersedia dalam merah muda matte dan abu-abu tua. Varian ini dibekali jok kain antiselip abu-abu tua yang tampil sporty.

    Urusan performa, Yamaha CUXiE dipersenjatai motor listrik bertenaga 2,5 kW pada 700 rpm dengan torsi puncak 100 Nm sejak putaran awal. Ada dua pilihan konfigurasi baterai. Varian baterai tunggal mampu menempuh jarak hingga 39 km, sementara varian baterai ganda sanggup melaju sampai 83 km dalam sekali isi daya.

    Yamaha CUXiE Foto: Dok. Yamaha

    Untuk harga, Yamaha CUXiE versi baterai tunggal dibanderol 63.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp 33,8 juta, sedangkan versi baterai ganda dilepas 64.000 dolar Taiwan atau setara Rp 34,3 juta.

    Dengan kombinasi desain klasik, teknologi modern, serta kepraktisan sistem tukar baterai Gogoro, Yamaha CUXiE diposisikan sebagai skutik listrik stylish sekaligus ramah lingkungan yang cocok untuk kebutuhan mobilitas urban masa kini.

    (lua/riar)

  • Indomobil Bakal Hidupkan Pabrik Nissan tapi…

    Indomobil Bakal Hidupkan Pabrik Nissan tapi…

    Jakarta

    PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) mengakuisisi PT Nissan Motor Indonesia dari Nissan Motor Co., Ltd melalui anak usaha, PT National Assemblers (NA). Pembelian saham ini tidak lantas akan merakit jajaran produk Nissan di Indonesia.

    Jusak membenarkan pabrik yang sempat memproduksi Nissan akan diaktifkan kembali. Seperti diketahui, sebelumnya Nissan Motor Indonesia (NMI) memiliki pabrik perakitan yang berada di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

    “Betul,” ujar Direktur Utama IMASJusak Kertowidjojo saat dihubungi detikOto.

    Dalam catatan detikOto, dulunya pabrik Nissan di Cikampek itu sempat memproduksi mobil Nissan Grand Livina. Terakhir, pabrik itu hanya memproduksi mobil Datsun. Hingga akhirnya, Nissan resmi menyetop produksi mobil Datsun di pabrik tersebut awal tahun 2020.

    Namun dia memastikan fasilitas tersebut tidak akan memproduksi mobil Nissan.

    “Bukan (produksi) buat Nissan,” kata Jusak.

    Pihaknya kini sedang melakukan inventarisasi serta pengecekan untuk merealisasi rencana itu. Dia belum bisa menginformasikan produk apa saja yang akan diproduksi di sana.

    “Sedang dibuat rencananya. belum selesai. Lagi cek pabriknya,” jelas dia.

    PT National Assemblers, anak perusahaan Indomobil Group, adalah perusahaan yang bergerak di bidang perakitan kendaraan bermotor. Mereka merakit berbagai merek mobil, terutama kendaraan listrik.

    Selain itu,IMAS menaungi penjualan sejumlah mobil penumpang di Indonesia, seperti Audi, VW, Suzuki, Kia, Jaguar, Land Rover, dan Citroen. Indomobil melalui anak-anak usahanya juga menjadi agen pemegang merek kendaraan niaga seperti Hino, Volvo Bus, Volvo Truck, dan Renault Truck.

    Sebelum akuisisi penuh, hubungan Indomobil dan Nissan telah mengalami beberapa perubahan signifikan dalam hal kepemilikan saham.

    Pada tahun 2018, Indomobil sempat melepas 5,1% sahamnya di NMI melalui anak perusahaannya, IMG Sejahtera Langgeng. Kemudian, pada tahun 2020, Indomobil kembali menjual 18,9% sahamnya di NMI.

    Meskipun demikian, Indomobil justru memperkuat posisinya di PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI). Pada tahun 2020, Indomobil meningkatkan kepemilikan sahamnya di NMDI menjadi 75%, sementara sisanya 25% masih dimiliki oleh Nissan Motor. Langkah ini menunjukkan Indomobil tetap memegang peranan penting dalam jaringan distribusi Nissan di Tanah Air.

    Puncaknya terjadi pada 29 Agustus 2025. PT National Assemblers (NA), anak perusahaan dari Indomobil, resmi mengakuisisi 99,9% saham NMI dari Nissan Motor Co., Ltd.

    (riar/din)

  • Titah Trump: 475 Pekerja Hyundai di AS Digerebek, Banyak Warga Korsel

    Titah Trump: 475 Pekerja Hyundai di AS Digerebek, Banyak Warga Korsel

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ratusan pekerja di fasilitas aki mobil Hyundai Motor yang sedang dibangun di Georgia, ditahan dalam penggerebekan oleh otoritas AS pada hari Kamis, yang menghentikan pekerjaan di pabrik yang merupakan salah satu investasi utama produsen mobil Korea tersebut di AS.

    Sekitar 475 pekerja, yang sebagian besar adalah warga negara Korea Selatan, ditangkap, menurut pejabat imigrasi AS, operasi penegakan hukum satu lokasi terbesar dalam sejarah Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (DHS).

    Dilansir Reuters, Pemerintahan Presiden Donald Trump telah meningkatkan tindakan keras terhadap imigran, mengganggu bisnis di seluruh negeri, bahkan ketika Gedung Putih telah mendorong lebih banyak arus masuk dari investor asing.

    Penangkapan tersebut dapat memperburuk ketegangan antara Washington dan Seoul, sekutu dan investor utama di AS. Kedua negara telah berselisih mengenai detail kesepakatan perdagangan yang mencakup investasi senilai $350 miliar. Pada pertemuan puncak bulan lalu, Korea Selatan menjanjikan investasi AS senilai US$ 150 miliar – termasuk US$ 26 miliar dari Hyundai Motor.

    Pejabat Keamanan Dalam Negeri mengatakan para pekerja yang ditangkap di lokasi Ellabell, Georgia, dilarang bekerja di AS setelah melintasi perbatasan secara ilegal atau melebihi batas waktu visa.

    “Penyelidikan berlangsung selama beberapa bulan,” ujar Steven Schrank, agen khusus yang bertanggung jawab atas investigasi untuk Georgia, dalam sebuah konferensi pers.

    “Ini bukan operasi imigrasi di mana agen memasuki lokasi, mengumpulkan orang-orang, dan menempatkan mereka di dalam bus,” ujarnya. Schrank mengatakan terdapat jaringan subkontraktor di lokasi tersebut.

    “Para pekerja yang ditangkap ditahan di fasilitas penahanan ICE di Folkston, Georgia. Sebagian besar dari 475 orang tersebut adalah warga negara Korea Selatan,” ujarnya Schrank

    Juru bicara Hyundai Motor mengatakan tidak ada satu pun orang yang ditahan yang bekerja langsung di perusahaan mobil tersebut.

    Perusahaan tersebut mengatakan bahwa kepala manufaktur untuk Amerika Utara, Chris Susock, akan “mengambil alih tata kelola seluruh megasite di Georgia.”

    “Kami akan melakukan investigasi untuk memastikan semua pemasok dan subkontraktor mereka mematuhi semua hukum dan peraturan. Hyundai tidak menoleransi siapa pun yang tidak mematuhi hukum,” demikian pernyataan perusahaan.

    Media Korea menyebutkan jumlah warga Korea Selatan yang ditahan sekitar 300 orang. Penggerebekan tersebut-yang dijuluki “Operasi Tegangan Rendah”-melibatkan lebih dari 400 petugas penegak hukum setelah penyelidikan selama berbulan-bulan.

    Seorang juru bicara di mitra usaha patungan baterai Hyundai, produsen baterai Korea Selatan LG Energy Solutions mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bekerja sama dan telah menghentikan sementara pekerjaan konstruksi. Fasilitas tersebut, yang merupakan usaha patungan antara LGES dan Hyundai Motor, dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir tahun ini, menurut LGES.

    Saham Hyundai Motor ditutup turun 0,7% pada hari Jumat, dan saham LGES turun 2,3%.

    Di bawah kepemimpinan Trump, Imigrasi dan Penegakan Bea Cukai, atau ICE, bagian dari DHS, telah mendorong tindakan keras pemimpin Partai Republik tersebut terhadap para migran, yang didukung oleh pendanaan yang memecahkan rekor dan keleluasaan baru untuk melakukan penggerebekan.

    Trump mengatakan ia ingin mendeportasi penjahat “terburuk dari yang terburuk”, tetapi data ICE menunjukkan peningkatan jumlah non-penjahat yang ditangkap. Para aktivis hak asasi manusia mengecam penggerebekan semacam itu.

    Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat bahwa “setiap pekerja asing yang didatangkan untuk proyek-proyek tertentu harus memasuki Amerika Serikat secara legal dan dengan izin kerja yang sesuai.”

    Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan penyesalan dan kekhawatirannya atas penggerebekan tersebut.

    “Aktivitas ekonomi perusahaan-perusahaan kami yang berinvestasi di Amerika Serikat dan kepentingan warga negara kami tidak boleh dilanggar secara tidak semestinya selama proses penegakan hukum AS,” kata juru bicara kementerian Lee Jae-woong dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

    Video di media sosial menunjukkan seorang pria mengenakan rompi bertuliskan HIS, akronim untuk Investigasi Keamanan Dalam Negeri, memberi tahu para pekerja dengan rompi keselamatan kuning.

    “Kami memiliki surat perintah penggeledahan untuk seluruh lokasi. Kami ingin konstruksi segera dihentikan. Kami ingin semua pekerjaan di lokasi itu segera dihentikan.”

    Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan mengatakan beberapa orang mencoba melarikan diri selama penggerebekan. Beberapa orang harus disedot keluar dari kolam limbah di lokasi tersebut, kata Departemen Kehakiman.

    Partai Demokrat Georgia mengutuk penggerebekan tersebut, menyebutnya sebagai bagian dari “taktik menakut-nakuti bermotif politik yang dirancang untuk meneror orang-orang yang bekerja keras mencari nafkah, menggerakkan perekonomian kita, dan berkontribusi kepada masyarakat di seluruh Georgia yang telah mereka jadikan rumah.”

    Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gubernur Georgia Brian Kemp mengatakan: “Di Georgia, kami akan selalu menegakkan hukum, termasuk semua undang-undang imigrasi negara bagian dan federal.”

    Hyundai menyatakan produksi kendaraan listriknya di lokasi yang luas tersebut tidak terpengaruh.

    Pada tahun 2023, Hyundai Motor dan LG Energy mengumumkan kerja sama senilai $4,3 miliar untuk memproduksi sel baterai kendaraan listrik (EV), dengan masing-masing perusahaan memegang 50% saham. Pabrik tersebut akan memasok baterai untuk model EV Hyundai, Kia, dan Genesis.

    Pabrik baterai tersebut merupakan bagian dari investasi Hyundai senilai $12,6 miliar di negara bagian tersebut, termasuk pabrik mobil yang baru saja dibuka oleh produsen mobil tersebut, yang akan menjadi proyek pembangunan ekonomi terbesar, membuka lembaran baru dalam sejarah negara bagian.

    (haa/haa)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Harga Mobil Listrik Bekas ‘Melorot’, VinFast Pasang Strategi Ini

    Harga Mobil Listrik Bekas ‘Melorot’, VinFast Pasang Strategi Ini

    Jakarta

    Menurunnya harga jual kembali mobil listrik bekas masih menjadi momok menakutkan untuk sebagian pecinta otomotif. Tentu hal ini banyak penyebabnya, salah satunya dengan semakin murahnya mobil listrik baru, ditambah banyaknya pabrikan yang mengurangi harga jualnya.

    Situasi tersebut membuat pabrikan otomotif yang memang memfokuskan pada penjualan mobil listrik coba menerapkan strategi baru.Salah satunya produsen mobil asal Vietnam, yang memberi garansi bahwa harga mobil listrik bekas mereka tidak akan jatuh.

    Agar bisa menjaga harga jual mobil bekas VinFast, produsen dengan logo V ini resmi memperkenalkan jaminan nilai jual kembali minimal 73% hingga tiga tahun. Sehingga memastikan bahwa depresiasi harga kembali bukan lagi masalah bagi FinVast.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, jaminan VinFast ini merupakan komitmen mereka kepada konsumen. Hal ini dibuktikan dengan data riset Vinfast yang mengatakan, dalam enam bulan pertama kepemilikan, tingkat pembelian ulang (repurchase) mencapai 93%, bukti nyata kepuasan pelanggan. Bahkan seiring berjalannya waktu, loyalitas tetap tinggi: 91,7% pada bulan ke-8, 90,3% pada bulan ke-10, dan 89% di tahun pertama.

    Selanjutnya dijelaskan data jangka panjang semakin menegaskan stabilitas dan kepercayaan konsumen. Setelah dua tahun, tingkat pembelian ulang masih kuat di angka 78%, dengan tingkat tukar tambah (trade-in) sebesar 81%. Hingga 36 bulan, loyalitas pelanggan tetap terjaga dengan tingkat pembelian ulang sebesar 70% dan tukar tambah sebesar 73%, angka yang jauh melampaui standar industri.

    Dengan menghadirkan jaminan nilai jual kembali yang belum pernah ada sebelumnya di industri, VinFast tidak hanya menghilangkan kekhawatiran konsumen terkait depresiasi, tetapi juga memosisikan diri sebagai pionir di pasar kendaraan listrik. Langkah inovatif ini berpotensi mengubah standar industri sekaligus mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

    Edisi spesial VinFast VF6 dan VF7 yang berkolaborasi dengan Disney. Foto: dok. FinVast

    Selanjutnya dijelaskan, Kebijakan baru yang mulai berlaku sejak 1 Agustus 2025 memberikan dua opsi pembelian untuk masyarakat Indonesia, yakni: membeli langsung dengan baterai, atau melalui skema sewa baterai (battery subscription) dengan jarak tempuh tak terbatas.

    Skema ini diklaim secara signifikan menurunkan harga beli awal. Konsumen dapat menghemat mulai dari Rp 45,6 juta untuk VF 6 Plus hingga Rp 112,86 juta untuk VF e34, yang merupakan penghematan terbesar dalam jajaran produk. Biaya sewa bulanan pun dirancang terjangkau, mulai dari Rp 253 ribu (VF 3) hingga Rp 1,03 juta (VF 7 Plus AWD).

    Model sewa baterai ini juga memberikan ketenangan bagi konsumen, mengingat degradasi baterai dan biaya perbaikan sering menjadi kekhawatiran utama di pasar kendaraan listrik. Program ini pada dasarnya merupakan “garansi baterai seumur hidup” untuk pasar Indonesia, di mana VinFast bertanggung jawab penuh atas performa baterai.

    Dalam kebijakan ini,VinFastme nanggung seluruh biaya perawatan, perbaikan, hingga penggantian baterai jika kapasitas pengisian daya turun di bawah 70%. Komitmen ini melengkapi garansi kendaraan VinFast, menempatkan perusahaan sebagai pemimpin layanan purna jual di industri kendaraan listrik global. VinFast juga meringankan beban konsumen dengan kebijakan pengisian daya gratis di seluruh jaringan stasiun V-Green.

    Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto menegaskan bahwa masyarakat Indonesia berhak untuk merasakan mobil listrik.

    “Izinkan saya sedikit merefleksikan perjalanan kita bersama. Lebih dari satu tahun yang lalu, VinFast mengambil langkah besar dengan masuk ke pasar Indonesia. Saat itu, kami menyampaikan komitmen yang jelas: membangun ekosistem kendaraan listrik yang menyeluruh dan berkelanjutan di Indonesia,” ucap Kariyanto Hardjosoemarto.

    Kariyanto juga menambahkan, untuk bisa bersaing di Indonesia tidaklah cukup dengan mengandalkan produk terbaik. Ada beberapa langkah pasti yang juga dilakukan VinFast di tanah air.

    “Namun kendaraan saja tidak cukup, kami juga terus membangun infrastruktur pendukung agar pengalaman menggunakan EV menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Saat ini kami telah membuka 22 showroom di seluruh Indonesia agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk dan layanan kami. Secara paralel, kami menargetkan pembangunan purnajual yang mencakup 500 bengkel resmi hingga akhir tahun, untuk memastikan layanan purnajual yang andal,” Kariyanto menambahkan.

    (lth/din)

  • AS “Serbu” Pabrik Baterai Hyundai-LG, Langsung Tahan Ratusan Orang

    AS “Serbu” Pabrik Baterai Hyundai-LG, Langsung Tahan Ratusan Orang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Petugas imigrasi Amerika Serikat (AS) melakukan penggerebekan besar-besaran ke pabrik baterai Hyundai di negara bagian Georgia, Kamis (4/9/2025) malam, waktu setempat. Setidaknya, 475 orang ditahan akibat penggerebekan itu, sekitar 300 orang di antaranya disebut warga negara Korea Selatan.

    AP News mengutip pernyataan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS yang menyebut penggeledahan-penggerebekan itu ditujukan untuk penyelidikan kriminal atas tuduhan praktik ketenagakerjaan yang melanggar hukum dan kejahatan serius lainnya.

    Disebutkan, akibat penggerebekan itu, aktivitas pembangunan pabrik baterai tersebut terhenti. Padahal, pabrik ini ditetapkan sebagai investasi terbesar yang masuk ke Georgia.

    Dilansir Reuters, pabrik tersebut merupakan investasi patungan antara Hyundai Motor dengan perusahaan Korea Selatan lainnya, LG Energy Solutions. Pabrik itu direncanakan mulai beroperasi pada akhir tahun 2025 ini.

    Penggerebekan ini pun dikhawatirkan menambah ketegangan antara Korea Selatan dengan AS di tengah negosiasi kesepakatan perdagangan, termasuk investasi sebesar US$350 miliar.

    Reuters mengutip Pejabat Keamanan Dalam Negeri AS yang mengungkapkan, pekerja yang ditangkap dilarang bekerja di AS karena melintas perbatasan secara ilegal atau melebihi batas waktu visa. Ditambahkan, sebelumnya telah dilakukan penyelidikan selama beberapa bulan.

    Reaksi Korea Selatan dan Hyundai Motor

    Menyusul penggerebekan dan penahanan warganya itu, Korea Selatan pun telah mendesak AS segera mengklarifikasi dan memastikan perlindungan hak-hak perusahaan dan warganya.

    “Aktivitas ekonomi perusahaan kami yang berinvestasi di Amerika Serikat dan kepentingan warga negara kami tidak boleh dilanggar secara tidak semestinya selama proses penegakan hukum AS,” ujar juru bicara kementerian Lee Jae-woong, dilansir Reuters.

    Sementara Hyundai menyebut tidak ada di antara yang ditahan adalah pekerjanya.

    “Kami sedang menilai situasi. Hingga saat ini, telah dipastikan bahwa tidak satu pun warga Korea yang ditahan merupakan karyawan Hyundai Motor. Kami berkomitmen untuk mengambil semua langkah yang diperlukan guna memastikan keselamatan semua personel yang bekerja di lokasi,” demikian pernyataan Hyundai Motor Group, dikutip dari The Korea Herald, Sabtu (6/9/2025).

    LG Energy Solutions pun telah memberikan pernyataan resmi.

    “Kami memantau situasi dengan saksama dan berupaya memverifikasi detailnya. Bekerja sama dengan pemerintah Korea dan otoritas terkait, kami mengambil semua langkah yang diperlukan, termasuk dukungan penerjemahan dan bantuan hukum, untuk melindungi karyawan dan staf mitra kami serta memastikan pembebasan mereka segera,” seperti dilansir The Korea Herald.

    Disebutkan, pabrik ini dirancang memproduksi 30 gigawatt-jam baterai per tahun, yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhan 300.000 kendaraan listrik performa tinggi. Sementara pabrik kedua direncanakan lebih kecil, untuk memasok kebutuhan 200.000 unit kendaraan per tahun.

    Pemerintahan Presiden Donald Trump memang tengah meningkatkan penindakan tegas terhadap imigran di AS. Hal ini menjadi ironi di tengah upaya AS menarik investor asing lebih banyak masuk.

    Reuters menyebut, Trump ingin mendeportasi mereka yang disebutkan sebagai penjahat yang terburuk dari terburuk. Hal ini pun mengundang kecaman keras dari aktivis hak asasi manusia.

    (dce/dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Peringati Hari Pelanggan Nasional, Direksi Pertamina Patra Niaga Tinjau Layanan SPBU MT Haryono – Page 3

    Peringati Hari Pelanggan Nasional, Direksi Pertamina Patra Niaga Tinjau Layanan SPBU MT Haryono – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, jajaran Direksi Pertamina Patra Niaga bersama para Pengamat Energi melakukan tinjauan  layanan ke SPBU MT Haryono, Jakarta pada 4 September 2025 

    Rangkaian kunjungan tersebut meliputi peninjauan uji tera kualitas dan kuantitas BBM, pengecekan fasilitas swapping station untuk kendaraan listrik, hingga program penukaran minyak jelantah melalui UCollect Box yang tersedia di SPBU.

    Jajaran direksi berinteraksi langsung dengan pelanggan berupa edukasi tentang safety saat berada di SPBU, semisal bagaimana perilaku yang aman saat mengisi bahan bakar agar tidak berisiko. Tak hanya itu, rombongan turut menyapa langsung para pelanggan yang mengisi BBM di SPBU. Interaksi hangat ini menjadi wujud apresiasi sekaligus cara memaknai Hari Pelanggan Nasional 2025.

    Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari upaya menjaga kualitas layanan di SPBU.

    “Hari ini kami hadir langsung di SPBU untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik. Kami juga didampingi para Pengamat Energi serta Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) untuk melihat bagaimana pelayanan diberikan kepada masyarakat. Kepercayaan publik adalah amanah besar yang harus terus kami jaga,” jelas Mars Ega.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua YLKI, Niti Emiliana, mengapresiasi langkah Pertamina Patra Niaga yang transparan dalam menunjukkan kualitas layanan.

    “Pertamina Patra Niaga pasti sudah memiliki standar pelayanan yang baik. Yang perlu diperhatikan adalah isu-isu yang beredar di masyarakat. Melalui kegiatan ini, isu-isu yang tidak terbukti bisa dipatahkan dengan adanya pembuktian uji, dan hal ini menjadi poin penting untuk edukasi publik. Karena itu, saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari peringatan Hari Pelanggan Nasional,” ujar Niti. 

    Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum bagi Pertamina Patra Niaga untuk terus melayani dengan sepenuh hati, menghadirkan energi yang aman, andal, dan berkelanjutan bagi masyarakat.