Produk: kendaraan listrik

  • Tambah 12 Mobil Reader, Upaya Astra Tol Jombang – Mojokerto Urai Kepadatan di Gerbang Tol

    Tambah 12 Mobil Reader, Upaya Astra Tol Jombang – Mojokerto Urai Kepadatan di Gerbang Tol

    Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 1,2 juta kendaraan diprediksi akan melewati ruas Jalan Tol Jombang – Mojokerto pada arus mudik dan balik Lebaran 2024 mendatang. Astra Tol Jombang – Mojokerto menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang digunakan untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

    Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jombang – Mojokerto, Yuni Rihal mengatakan, selain melakukan persiapan rekayasa lalu-lintas bersama dengan PJR Polda Jatim III, Astra Tol Jombang – Mojokerto juga menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang digunakan untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

    “Total akan ada 200 petugas yang siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan. Layanan lalu-lintas jalan tol juga disiagakan dalam kondisi prima, 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulans dengan perlengkapan medis lengkap, serta 4 mobil derek,” ungkapnya saat media gathering di kantor Astra Tol Jombang – Mojokerto, Rabu (3/4/2024).

    Astra Tol Jombang – Mojokerto berkolaborasi dengan Astra World menyiapkan bengkel Astra Siaga Lebaran yang berada di rest area KM 695 A ’Teras Melati’. Astra Tol Jombang – Mojokerto juga berkoordinasi dengan Pertamina menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 678 B ‘Teras Dipa’.

    “Pengguna jalan dapat memanfaatkan layanan periksa kendaraan sambil beristirahat dan untuk pengguna kendaraan listrik, kami juga menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’. Kami ada 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol,” katanya.

    Pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai H-10 hingga H+10 Lebaran. Pihaknya memastikan, unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan. Pihaknya mengimbau pemudik untuk selalu mempersiapkan diri.

    “Mengisi bahan bakar dan uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Bila terjadi kepadatan di rest area, kami menyarankan agar pengguna jaladapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan,” ujarnya.

    Sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan lalu lintas, Astra Tol Jombang – Mojokerto memberikan apresiasi diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan secara menerus. Diskon tersebut berlaku untuk semua golongan kendaraan yang masuk dari GT (Gerbang Tol) Banyumanik ke GT Bunder Gresik (dan sebaliknya).

    Atau dari GT Banyumanik ke GT Warugunung (dan sebaliknya). Diskon berlaku mulai tanggal 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB dan 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Besaran diskon untuk golongan I sebesar Rp11 ribu, golongan II & III sebesar Rp18.500 dan golongan IV & V sebesar Rp22 ribu.

    “Diskon berlaku untuk transaksi tol menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup. Kami berharap pengguna jalan dapat menggunakan kesempatan ini agar terhindar dari kepadatan arus lalu-lntas pada mudik Lebaran, selalu mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan,” tuturnya.

    Pihaknya mengimbau para pemudik agar memeriksa kendaraan sebelum digunakan, menjaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara, mematuhi batas kecepatan di jalan tol. [tin/suf]

  • Mobil Listrik Xiaomi Laku Keras, Tapi…

    Mobil Listrik Xiaomi Laku Keras, Tapi…

    Jakarta

    Xiaomi telah terjun ke bisnis mobil listrik. Bahkan model perdananya yang dinamakan SU7 Max itu terindikasi laris manis di China, dengan 88 ribu unit telah dipesan dan masa tunggu sampai 6 bulan. Tetapi tentu masih panjang jalan bagi Xiaomi untuk merajai pasar mobil listrik.

    Pendiri Xiaomi, Lei Jun, menyebut SU7 Max hanya akan dipasarkan di China. Tetapi tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang, Xiaomi akan memasarkan model lain untuk pasar dunia, mungkin juga Eropa atau Amerika Utara.

    Beberapa tantangan menghadang Xiaomi. China memang pasar mobil listrik yang sangat besar, dengan 9 juta kendaraan listrik diproduksi di sana tahun silam. Akan tetapi karena kompetisi sangat ketat, terjadi perang harga yang dapat mengikis laba para produsen.

    Tesla adalah perusahaan pertama yang melakukan beberapa diskon senilai ribuan dolar ketika perusahaan Elon Musk itu turun ke posisi kedua di bawah rivalnya dari China, BYD, pada kuartal terakhir 2023. Saingan Tesla juga menyusul menurunkan harga, sehingga harga kendaraan turun lebih dari 8% tahun lalu.

    Menambah kerugian bagi sektor otomotif, subsidi pemerintah China untuk mendorong transisi ke kendaraan listrik, senilai hampir USD 1.800 per kendaraan, habis akhir tahun 2022. Beberapa analis memperkirakan konsolidasi akan terjadi dalam dua tahun ke depan dan beberapa produsen kendaraan bahkan mungkin bangkrut.

    Di sisi lain, pasar mancanegara juga akan menantang bagi Xiaomi, terutama di negara-negara maju. Secara merek, Xiaomi merek ponsel pintar terpopuler ketiga di Eropa namun hanya menempati peringkat kelima di Amerika Serikat.

    “Dengan tidak adanya ekuitas merek di Eropa atau Amerika Utara, akan sulit menembus pasar tersebut. Terutama dengan kemungkinan Uni Eropa akan menaikkan tarif impor pada musim panas ini dan AS akan menerapkan tarif impor hampir 30% untuk produsen China,” cetus analis otomotif Matthias Schmidt yang dikutip detikINET dari Deutsche Welle.

    Brussels khawatir bahwa impor kendaraan listrik murah dari China dapat menghambat pertumbuhan produsen mobil Eropa. Mereka banyak berinvestasi dalam produksi mobil listrik namun menghadapi pertumbuhan penjualan kendaraan listrik yang lebih lambat

    Komisi Eropa, sedang menyelidiki apakah subsidi China pada kendaraan listrik merupakan persaingan tidak sehat dan sedang mempertimbangkan untuk menerapkan bea masuk lebih tinggi. Kedatangan mobil merek ponsel pintar China bisa membuat Brussel bertindak.

    (fyk/fay)

  • Lebaran, 1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Lewat Ruas Tol Jombang – Mojokerto

    Lebaran, 1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Lewat Ruas Tol Jombang – Mojokerto

    Mojokerto (beritajatim.com) – Lebaran tahun 2024 ini, puncak arus mudik di ruas Tol Jombang – Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin (8/4/2024). Pada arus mudik, estimasi kendaraan yang akan melewati ruas Tol Jombang – Mojokerto ini sebanyak 71 ribu kendaraan.

    Sementara puncak arus balik di ruas Tol Jombang – Mojokerto diprediksi pada Minggu (14/4/2024) dengan estimasi 99 ribu kendaraan. Secara total, diprediksi 1,2 juta kendaraan diprediksi akan melintas di ruas Tol Jombang – Mojokerto. Jumlah ini meningkat 5,2 persen dibandingkan Lebaran tahun 2023 lalu.

    Astra Infra sebagai perusahaan investor operator layanan infrastruktur, turut berkomitmen mendukung kenyamanan masyarakat menikmati momen penting tersebut. Kesiapan menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 disampaikan saat media gathering nasional lebaran Astra Infra Group di Menara Astra, Jakarta.

    “Melalui Kampanye Lebaran Penuh Makna, Astra Infra berkomitmen untuk melayani pemudik dengan layanan yang andal dan komunikatif, agar perjalanan mudik menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan,” ungkap Group Chief Executive Officer Astra Infra, Firman Yosafat Siregar, Kamis (28/3/2024).

    Kesiapan tersebut antara lain meliputi kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait.

    Untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan balik Lebaran, Astra Infra telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV terintegrasi sebagai sarana pemantauan bersama pada titik-titik krusial ruas tol Tangerang – Merak, Cikopo – Palimanan, dan Jombang – Mojokerto.

    Hal tersebut juga didukung dengan terpasangnya CCTV di setiap kilometer ketiga ruas tol tersebut. Astra Infra juga berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, melalui pembukaan posko Astra Siaga Lebaran di rest area KM 68 B ruas Tol Tangerang – Merak, Rest area KM 166 A ruas tol Cikopo – Palimanan.

    Rest area KM 695 A ruas tol Jombang – Mojokerto dan Resta Pendopo KM 456 A & B ruas tol Semarang – Solo. Berbagai persiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi mencapai 6,8 juta kendaraan atau naik sebesar 3,4 persen dibandingkan lebaran 2023.

    Persiapan juga telah dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto dengan menyiapkan mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. Selain itu, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A.

    Tidak hanya itu, dilakukan juga koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim untuk melakukan antisipasi lonjakan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan. Sejalan dengan tekad untuk berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, Astra Infra menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di delpan titik.

    Yakni di rest area KM 43 A & 68 A ruas tol Tangerang Merak, rest area KM 101 A, 130 A, 130 B Tol Cikopo – Palimanan, rest area Resta Pendopo KM 456 A & B Tol Semarang – Solo, serta rest area KM 695 A Tol Jombang Mojokerto. SPKLU dan beberapa upaya lain seperti penggunaan panel surya untuk lampu penerangan jalan umum.

    Sistem pengolahan limbah di rest area, inisiasi Astra Infra Mini Forest, dan berbagai upaya lainnya. merupakan bentuk komitmen Astra Infra untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

    Ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Tak ketinggalan, demi keselamatan dan kenyamanan bersama, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak.

    “Persiapan kondisi kendaraan maupun fisik yang prima. Selama di perjalanan, pemudik diimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol,” katanya.

    Masih kata Firman, untuk kembali masuk ke jalan tol tanpa tambahan biaya. Untuk mencegah antrean di gerbang tol, pemudik juga diimbau untuk dapat menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi. Dalam kondisi cuaca hujan, pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam. [tin/suf]

  • Pj Gubernur Adhy Beri Dukungan Terhadap Potensi Energi di Jatim

    Pj Gubernur Adhy Beri Dukungan Terhadap Potensi Energi di Jatim

    Surabaya (beritajatim.com) – Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono menyampaikan nota penjelasan atas usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2019 Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Jatim Tahun 2019-2050.

    Penyampaian tersebut disampaikan saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/3/2024).

    Dalam sambutannya, Adhy mengatakan, usulan Raperda tentang perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2019 mengacu pada ketentuan Pasal 5 ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2023 tentang Urusan Pemerintahan Konkuren Tambahan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada Sub bidang Energi Baru Terbarukan.

    Adhy melanjutkan, pelaksanaan urusan pemerintahan konkuren tambahan di bidang energi dan sumber daya mineral pada sub bidang Energi Baru Terbarukan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi dituangkan dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

    Sehubungan dengan hal tersebut, maka Pemprov Jatim membentuk Perda Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur yang mengakomodir kewenangan tambahan sesuai Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2023.

    Lebih lanjut, sebagai bahan masukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2024-2029 dimana capaian target Bauran Energi merupakan Indikator Kinerja Pembangunan Daerah.

    “Dalam rangka pengelolaan energi di Jawa Timur, maka ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019-2050 yang memuat kebijakan dan strategi untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi,” ujar Pj. Gubernur Adhy.

    Menurut Adhy, peran energi sangat penting bagi pembangunan nasional mengingat energi dapat mewujudkan keseimbangan tujuan pembangunan berkelanjutan yang mencakup aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

    Selain itu, energi juga berperan sebagai pendorong utama berkembangnya sektor lain, khususnya sektor industri dan transportasi. Hal itu selaras dengan Jatim sebagai provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Maka tingkat konsumsi energi dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup besar. Hal ini merupakan tantangan dalam memenuhi pasokan dan kebutuhan energi,” kata Adhy.

    Energi di Jawa Timur ini, lanjut Adhy, memiliki beragam potensi sumber energi. Mulai energi fosil dan energi baru terbarukan. Selain itu, usaha hulu migas Jawa Timur memiliki 16 Blok Wilayah Kerja (WK) produksi. Masing-masing 8 blok wilayah kerja migas pengembangan dan 4 blok wilayah kerja migas eksplorasi.

    “Potensi energi berupa gas bumi di Jawa Timur sebesar 5.377,9 Billion Cubic Feed (BCF). Sedangkan, potensi minyak bumi sebesar 264,2 juta barel,” katanya.

    “Termasuk potensi energi terbarukan sebesar 188.410 Mega Watt (MW), yakni energi panas bumi sebesar 1.280 MW yang tersebar di Gunung Blawan Ijen, Ngebel Ponorogo, Gunung Pandan, Gunung Arjuno Welirang, Songgoriti, Gunung Iyang Argopuro, Gunung Lawu, Gunung Wilis,” urainya menambahkan.

    Pj. Gubernur Adhy juga menjelaskan, panas bumi merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Nantinya, panas bumi akan menjadi andalan energi terbarukan untuk memenuhi bauran energi Jawa Timur yang ditargetkan sebesar 17,09 persen pada tahun 2025 dan 19,56 persen pada tahun 2050.

    “Selain itu, terdapat potensi energi terbarukan yang dapat dikembangkan di Jawa Timur seperti energi surya sebesar 176.390 MW, energi angin 10,200 MW, energi air 80 MW, dan energi biomassa 350 MW,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Perda ini juga selaras dengan kebijakan nasional pelaksanaan Transisi Energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk mengakselerasi dan mendukung sepenuhnya melalui pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), penggunaan kendaraan listrik di sektor transportasi dan pengembangan jaringan gas pada sektor industri dan rumah tangga.

    Menurutnya, pengembangan pembangkit EBT setiap tahun mengalami peningkatan. Hingga saat ini, jumlah kapasitas pembangkit EBT di Jawa Timur sebesar 1.892,89 MW dengan capaian Bauran EBT 9.96 persen terhadap energi minyak bumi 45,14 persen, gas bumi 16,72 persen, dan batu bara 28,18 persen.

    “Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Jawa Timur juga meningkat secara signifikan sebanyak 7.659 unit terdiri dari Kendaraan R2 (6.1551 unit) dan Kendaraan R4 (1.504 unit),” tuturnya.

    “Keberhasilan pelaksanaan transisi energi di Jatim tentunya perlu sinergi, kontribusi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan stakeholder terkait baik Pemerintah Pusat, BUMN, BUMD, dan Swasta,” pungkasnya. (tok/ian)

  • Australia Desak LME Pisahkan Nikel Kotor-Bersih Imbas Banjir Produk RI

    Australia Desak LME Pisahkan Nikel Kotor-Bersih Imbas Banjir Produk RI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Australia mendesak London Metal Exchange (LME) untuk memisahkan kontrak-kontrak nikel berdasarkan kategori bersih dan kotor gara-gara pasar dibanjiri produk dari Indonesia

    Yang mendesak bursa perdagangan adalah Andrew Forrest, raja bijih besi Australia, yang juga ketua dan pendiri Fortescue Metals Group (FMG.AX). Menurutnya pemisahan ini perlu dilakukan agar para pembeli punya pilihan.

    “Jika Anda memiliki nikel kotor dalam sistem baterai Anda, maka Anda harus mengetahui hal tersebut karena Anda tidak ingin menyebarkannya dan Anda menginginkan pilihan untuk membeli nikel bersih jika Anda bisa,” kata Forrest, dilansir dari Reuters.

    “Jadi London Metal Exchange harus membedakan antara yang bersih dan yang kotor,” lanjutnya.

    Desakan Andrew merupakan bagian dari dorongan untuk dari penambang dan parlemen Australia untuk menyelamatkan industri nikel negara tersebut.

    Dorongan ini muncul usai harga nikel jatuh di tengah lonjakan pasokan yang lebih murah dari Indonesia.

    Nikel, bahan utama dalam baterai kendaraan listrik, biasanya diproduksi dengan standar lingkungan dan peraturan yang lebih tinggi di Australia dibandingkan di Indonesia. Hal ini membuat produsen Australia menyerukan konsep green premium.

    Juru bicara LME menyebut pihak bursa mendorong dan mendukung industri logam dan pertambangan dalam sejumlah langkah keberlanjutan untuk memastikan transparansi di seluruh rantai pasokan kepada konsumen.

    LME, bursa terbesar di dunia untuk logam industri, telah bekerja sama dengan platform online Jerman Metalshub, yang pada 2022 mengembangkan indeks harga untuk premi briket nikel kelas 1. Briket adalah bentuk padat nikel yang diperoleh dengan mengompresi bubuk dan serpihan logam.

    “Nikel rendah karbon sudah dapat didaftarkan di Metalshub hari ini dan data transaksi mendukung identifikasi ‘premi hijau’ yang kredibel untuk harga LME,” tambah juru bicara tersebut.

    Belakangan, industri nikel Australia telah kehilangan ratusan tenaga kerja. Perusahaan investasi swasta Forrest, Wyloo Metals, mengumumkan akan menghentikan operasi nikelnya di Australia Barat pada akhir Mei karena harga nikel yang anjlok.

    Perusahaan itu membeli aset-aset tersebut pada tahun lalu dengan harga US$504 juta atau setara Rp7,88 triliun (asumsi kurs Rp15.654 per dolar AS).

    (del/pta)

  • Polusi Udara Selimuti Bangkok, Para Pegawai Diperintahkan WFH

    Polusi Udara Selimuti Bangkok, Para Pegawai Diperintahkan WFH

    Jakarta

    Para pegawai di Bangkok, ibu kota Thailand diperintahkan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk menghindari polusi udara yang berbahaya. Ini dilakukan seiring lapisan kabut berbahaya menyelimuti ibu kota Thailand pada hari Kamis (15/2).

    Dilansir kantor berita AFP, Kamis (15/2/2024), otoritas Bangkok meminta kerja sama dari para pengusaha untuk membantu para pekerja di kota berpenduduk sekitar 11 juta orang tersebut menghindari polusi, yang diperkirakan akan berlangsung hingga Jumat besok.

    Situs web pemantau udara IQAir menempatkan Bangkok di antara 10 kota paling tercemar di dunia pada Kamis pagi.

    Menurut IQAir, tingkat partikel PM2.5 yang paling berbahaya – sangat kecil sehingga dapat memasuki aliran darah – lebih dari 15 kali lipat dari pedoman tahunan Organisasi Kesehatan Dunia.

    Sebelumnya, Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt mengatakan pada Rabu malam waktu setempat, bahwa semua pegawai kota itu akan bekerja dari rumah pada hari Kamis dan Jumat.

    “Saya ingin meminta kerja sama dari jaringan BMA yang terdiri dari sekitar 151 perusahaan dan organisasi, baik kantor pemerintah maupun sektor swasta,” katanya dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa lebih dari 60.000 orang terkena dampaknya.

    BMA adalah singkatan dari Administrasi Metropolitan Bangkok.

    Kualitas udara di Thailand sering kali merosot pada bulan-bulan awal tahun ini karena asap dari para petani yang membakar jerami di ladang menambah emisi industri dan asap knalpot kendaraan.

    Bangkok dan kota di Thailand utara, Chiang Mai termasuk di antara kota-kota paling tercemar di dunia dalam beberapa hari pada tahun lalu.

    Perdana Menteri Srettha Thavisin mengadakan pembicaraan pada hari Kamis dengan para pejabat di kementerian lingkungan hidup dan sumber daya alam mengenai penanganan tingkat PM2.5.

    “Kita menghadapi banyak masalah polusi saat ini, jadi kita harus segera bertindak untuk mengurangi dampaknya terhadap manusia,” kata Srettha kepada wartawan.

    Ia mengatakan bahwa sekitar 25 persen polusi di Bangkok berasal dari kendaraan. Dia mengatakan bahwa dalam jangka panjang, membatasi mobil diesel yang berpolusi tinggi dapat menjadi sebuah pilihan, bersamaan dengan langkah-langkah untuk mempromosikan kendaraan listrik.

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Misteri Warga Amerika Ngamuk Bakar Taksi Robot

    Misteri Warga Amerika Ngamuk Bakar Taksi Robot

    San Francisco

    Sebuah taksi otonom Waymo dibakar massa di area Chinatown, San Francisco. Penyebabnya masih misterius. Pihak berwenang sedang berupaya menentukan apa pembakaran itu terkait dengan serangkaian protes yang menargetkan kendaraan otonom di sana.

    Menurut pemadam kebakaran San Francisco, sekelompok orang melompat ke kendaraan listrik itu di distrik Chinatown kota tersebut pada perayaan Imlek. Mereka memecahkan jendela, mencorat coretnya, sebelum membakarnya dengan kembang api.

    Kendaraan yang terbakar adalah Jaguar I-Pace yang dioperasikan oleh Waymo, proyek mobil self-driving Google dan tidak ada penumpangnya saat kejadian. Sejauh ini, belum ada penangkapan pelaku

    “Kendaraan itu tidak mengangkut pengendara dan tidak ada korban luka yang dilaporkan. Kami bekerja sama dengan pejabat keselamatan setempat untuk merespons situasi ini,” sebut Waymo yang dikutip detikINET dari Guardian.

    Serangan tersebut menyusul sejumlah kasus dan protes yang menyasar kendaraan otonom di California, negara bagian terdepan dalam revolusi mobil tanpa pengemudi. Ada kelompok bernama Safe Street Rebels, yang tujuannya mengganggu dan menonaktifkan kendaraan tanpa pengemudi di San Francisco sejak pertama kali muncul tahun 2022.

    Mereka mengetahui bahwa merusak komponen kerucut di kap mobil self-driving akan mengganggu sensor dan menempatkannya dalam mode panik, sehingga tidak dapat bergerak sampai ada karyawan yang datang untuk memperbaikinya.

    Pengunjuk rasa mempertanyakan keselamatan kendaraan tersebut, dioperasikan di California hampir secara eksklusif oleh Waymo sejak Cruise, anak perusahaan General Motors, dicabut izinnya Oktober lalu. Cruise dituduh berusaha menyembunyikan parahnya insiden di mana seorang pejalan kaki ditabrak mobil yang dikendarai pengemudi manusia dan terlempar ke jalur mobil Cruise, dan wanita itu tertabrak.

    Cruise menarik armadanya yang berjumlah 950 kendaraan setelah DMV California mengatakan kendaraan tersebut menimbulkan ancaman yang tidak masuk akal terhadap keselamatan publik.

    Walikota San Francisco London Breed sendiri mengutuk insiden dibakarnya taksi robot Waymo. “Chinatown adalah salah satu lingkungan terpadat di San Francisco, dan kebakaran apa pun dapat meledak dan menyebar di antara gedung-gedung yang padat hingga membahayakan nyawa, rumah, dan bisnis,” katanya.

    “Itu adalah tindakan yang tidak dapat diterima dan tidak memiliki tempat di kota kami, dan kami akan berupaya untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukannya,” tambahnya.

    (fyk/fyk)

  • Bos Semikonduktor Taiwan Berbagi Resep Sukses hingga Peluang Investasi

    Bos Semikonduktor Taiwan Berbagi Resep Sukses hingga Peluang Investasi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Taiwan memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi dunia. Maklum, mayoritas semikonduktor global, terutama yang tercanggih, berasal dari Negeri Formosa itu.

    Semikonduktor kerap dianggap sebagai ‘otak’ dari beragam alat elektronik sehari-hari dan teknologi yang bisa mengubah masa depan manusia mulai dari kecerdasan buatan hingga 5G.

    CNN Indonesia berkesempatan untuk wawancara eksklusif dengan Chairman Win Semiconductors Corp Dennis Chen melalui program Asia Forward yang ditayangkan pada Kamis (25/1) lalu.

    Perusahaan yang berdiri sejak Oktober 1999 ini merupakan produsen cip 6 inchi dari GalliumArsenida (GaAs) pertama di dunia dan menjadi pemimpin di kelasnya. Cip produksi perusahaan banyak digunakan pada piranti komunikasi seperti telepon pintar hingga wifi.

    Pria penggemar olahraga ini membagikan soal resep Taiwan menjadi pemain industri global hingga dampak gejolak geopolitik terhadap industri semikonduktor.

    Chen juga membagikan sejumlah saran bagi Indonesia jika ingin membangun industri berteknologi tinggi.

    Berikut petikan wawancaranya:

    1. Sekitar 50 hingga 60 persen pasokan semikonduktor yang dibutuhkan dunia berasal dari Taiwan. Mengapa Taiwan memiliki industri semikonduktor yang begitu kuat?

    Saya pikir hasil dari industri semikonduktor Taiwan tidak terbentuk dalam satu atau dua hari karena ini merupakan masa akumulasi yang sangat lama.

    Taiwan memiliki beberapa poin spesial. Pertama, orang Taiwan pekerja keras, berbeda dengan yang biasa kami lakukan di daratan.

    Kami melewati Selat Taiwan dan Ngarai Heishui, kami berbincang tentang semangat reklamasi lahan kosong di jalan biru dan hijau dari Ngarai Heishui menuju Taiwan.

    Kedua, pendidikan di Taiwan cukup populer sehingga tingkat pendidikan seluruh masyarakat pada umumnya cukup tinggi. Itu karena kerja keras dan standar pendidikan yang tinggi.

    Kemudian, ketiga, jiwa tanggung jawabnya cukup besar, yang ini lumayan bagus.

    Apa yang menyebabkan berbagai faktor ini? Dimulai dari industri yang sangat tradisional. Perlahan, perlahan, perlahan, ia berkembang menjadi industri semikonduktor, dan dengan cara ini, seluruh rantai industri terbentuk sedikit demi sedikit, sedikit demi sedikit.

    Untuk melengkapi semikonduktor ini lebih dari setelah tiga puluh atau empat puluh tahun, ini merupakan hasil kumulatif. Jadi bukan suatu kebetulan.

    2. Apakah pemerintah Taiwan juga memberikan dukungan kepada industri semikonduktor?

    Saya pikir dukungan pemerintah tidak bisa dihindari. Pemerintah Taiwan pada awalnya tentu saja dia pemimpin satu arah. Bagaimana dengan masyarakat sipil Taiwan yang cukup kuat?

    Oleh karena itu, setelah arahan pemerintah relatif jelas dan Taiwan karena negara kepulauan, berkembang sampai mendunia.

    Hampir semua orang mempunyai gagasan ini. Jadi penjualan ekspor Taiwan menyumbang hampir setengah dari penjualan ekspor kami. Sekitar 70 persen pendapatan warga negara kami. Jadi, disinilah orang tersebut menetap dan tinggal.

    Satu demi satu, kita mempelajari model ekonomi ilmu ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat Taiwan bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini agar dapat bertahan hidup, jaraknya cukup dekat.

    3. Menurut Anda, apa yang akan ditimbulkan oleh kebijakan atau situasi geopolitik saat ini terhadap industri semikonduktor?

    Saya kira dampaknya cukup besar. Geopolitik sebenarnya adalah perubahan besar. Seluruh industri terdampak, bukan hanya semikonduktor.

    Anda bilang rantai pasokan dunia berasal dari globalisasi dan kemudian tiba-tiba menjadi teregionalisasi. Dengan kata lain, biaya globalisasi adalah rantai pasokan yang relatif panjang.

    Mari kita membagi pekerjaan dan bekerja sama, bagaimana setelah menjadi satu blok? Kemudian akan putus dan rantai panjang tersebut akan menjadi rantai pendek maka seluruh dunia juga akan menjadi dunia dengan dua rantai pasokan.

    Kalau begitu, tentu saja ini dampaknya besar. Bukan hanya semikonduktor saja. Setiap industri juga punya dampak yang besar.

    Tentu saja, di antara mereka, semikonduktor ini punya dampak yang lebih besar. Karena tiba-tiba semua orang mengetahui bahwa semikonduktor adalah bahan strategis negara. Jadi setelah geopolitik, maka setiap negara harus menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dimiliki negaranya.

    Materi strategis, khususnya bagi negara maju. Negara-negara berkembang juga secara aktif berharap untuk berkembang. Jika Anda berdiri di posisi Taiwan, Anda akan ingin keluar.

    Ternyata tentu saja dia (industri semikonduktor) berada di Taiwan karena hal tersebut integrasi waktu yang tepat, tempat yang tepat, orang yang tepat dan seluruh kondisi sangat baik.

    Tapi karena harus berhadapan dengan hubungan geopolitik, jadi juga harus keluar. Sekarang kalau lihat Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC), Anda pergi ke Amerika Serikat, Jepang, atau Jerman. Itu disebut dispersi. Maka saya yakin tren ini tidak akan berubah.

    Ketika industri semikonduktor Taiwan menghadapi situasi seperti ini, hal itu mungkin akan terjadi. Letakkan ini milik Anda sendiri. Industri semikonduktor telah menyebar dan menyebar ke seluruh dunia adalah tren yang tidak berubah pasti akan menjadi seperti ini.

    4. Beberapa pabrik TSMC telah dipindahkan ke negara lain, mungkin karena kebijakan beberapa negara mengharuskan Anda untuk berproduksi. Apakah semikonduktor perdagangan luar negeri juga menghadapi situasi seperti ini sekarang?

    Tentu saja kami juga dihadapkan pada tuntutan seperti itu. Namun, perkembangan industri semikonduktor berbeda dengan industri pada umumnya.

    Industri semikonduktor memiliki rantai pasokan yang cukup kompleks. Kebutuhan. Lihatlah titik pendaratan yang sudah dipindahkan sekarang, mungkin semuanya terjadi di negara-negara maju, misalnya, di Amerika Serikat. Dalam hal peralatan dan desain, ini relatif maju. Jadi sekarang ini menggantikan bagian yang dibuatnya.

    Tentu saja biayanya akan bertambah karena sebelumnya tidak ada basis manufaktur, kemudian ada pembatasan ketenagakerjaan, undang-undang, dan aspek lainnya.

    Untuk berada dalam substansi itu mungkin biaya bukanlah faktor yang mereka pertimbangkan.

    Bagaimana dengan yang kedua, seperti Jepang, Jepang mempunyai bahan yang sangat kuat. Dia bisa, dan sebelum Plaza Accord ini. Faktanya, semikonduktor Jepang cukup kuat, terutama pada memori akses acak dinamis (DRAM) penyimpanan.

    Jadi pada dasarnya Jepang sudah memiliki rantai pasokan untuk manufaktur dan material semikonduktor. Ada juga peluang sukses di sini dan ditambah dengan semangat keahlian Jepang dalam mengerjakan sesuatu.

    Artinya, semangat mengejar kualitas ini dan mereka juga cukup rajin. Bagaimana dengan sikap ini, sikap terhadap kualitas? Peluang keberhasilan mereka, menurut saya, lebih besar dibandingkan Amerika Serikat.

    Jepang juga memilikinya ketekunan dan tanggung jawab. Negara-negara Asia seperti itu.

    Bersambung ke halaman berikutnya.

    5. Apa pendapat Anda tentang industri semikonduktor China?

    Saya telah ditanyai pertanyaan ini oleh banyak orang. Lalu jawaban saya adalah selama masih ada, selama diberi waktu, suatu saat dia (China) akan mendirikan industri semikonduktor.

    Karena saya telah berbicara tentang kerja keras, Seiring berjalannya waktu, dia akan melakukannya. Hasilnya berhasil.

    Segera setelah saya mulai, saya berkata konon industri ini mengandalkan akumulasi untuk maju selangkah demi selangkah.

    Bagaimana dengan China? Ini bersifat nasional. Saya harus mempercayainya pada akhirnya akan berhasil. Mengapa? Karena setelah perdagangan Sino-AS dan perang teknologi, Amerika Serikat memberikan pembatasan yang besar.

    Tentu saja saya berbicara tentang kualitas masyarakat. Jalanan seharusnya baik-baik saja. Tapi keterampilan, peralatan, dan material Anda kuat kelengkapan tersebut sangat diperlukan, waktu untuk berlatih.

    Itu karena teknologi dan peralatan canggih ini untuk sementara dikendalikan di luar China. Jadi dia masih harus membeli kunci untuk pergi ke sana.

    Dapatkan peralatan dan teknologi ini, atau andalkan kekuatan Anda sendiri. Pembangunan, itu yang perlu, memang butuh waktu. Saya percaya itu, perlahan dan perlahan kesenjangan ini secara bertahap akan berkurang.

    6. Bagaimana dengan perkembangan teknologi di Indonesia?

    Saya yakin Indonesia adalah negara unggulan di Asia. Misalnya saja, India yang terus memiliki keunggulan yakni memiliki populasi 4 miliar jiwa. Kedua, tentu saja Indonesia.

    Bagaimana dengan Indonesia? Saya yakin populasi pertama Indonesia adalah 280 juta jiwa. Ditambah lagi ASEAN bisa menggambarkan seluruh jangkauannya.

    Potensi Indonesia sangat besar. Kedua, sejujurnya tingkat perdagangan Indonesia cukup bagus. Tentu saja, di masa lalu, di industri yang lebih tradisional, berdasarkan pengalaman Taiwan.

    Saya yakin mereka juga bisa perlahan-lahan beralih ke industri ICT.
    Dari pendirian industri TIK hingga industri semikonduktor tapi ini harus dilakukan selangkah demi selangkah, sulit dilakukan dengan kecepatan jumbo.

    Saya yakin Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang baik dan sistem perdagangan yang baik. Ada juga sumber daya bahan mentah yang kaya. Jadi ini sangat penting untuk pengembangan semikonduktor di masa depan.

    Tapi bagaimana cara mewujudkannya? Hal pertama yang saya pikirkan adalah semikonduktor baru saja berbicara tentang perlunya talenta.
    Oleh karena itu, dalam hal kebijakan perdagangan, mungkin perlu untuk mulai mengembangkan beberapa bakat ilmiah terkait semikonduktor. Pelatihan bakat dasar harus.

    Saran kedua adalah memulai dari kedua sisi, dari perspektif keseluruhan rantai pasokan.

    Industri TIK final dapat dikembangkan terlebih dahulu dari perakitan lalu pengemasan. Dari perakitan ke pengemasan, lalu naik. Sebaliknya, karena desain IC, dia tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan, dia membutuhkan bakat.

    Setelah talenta dilatih bisa juga mulai dengan IC Design karena ini hanya bisa dicapai oleh talenta elit. Jadi bagian atas dan bawah dibuat bersamaan, padahal pembuatannya adalah bagian yang paling rumit.

    Mari kita mulai dengan kedua ujungnya, seperti desain IC. Sangat penting bagi orang lain untuk menjadi lebih penting.

    Tidak ada masalah pada bagian pendukung ini, yang berdasarkan transaksi tingkat tinggi di Indonesia. Untuk sistem berikut ini mari kita mulai dengan pembuatan sistemnya, komputer dan laptop pada sistem tersebut.

    Kemudian ke pengemasan, pengemasan IC, dan pengemasan naik ke manufaktur. IC juga diproduksi, jadi kedua sisi bertemu di sini.
    Seluruh rantai pasokan perlahan terbentuk.

    Saya tetap menekankan bahwa itu membutuhkan waktu. Tapi jangan terburu-buru, kita akan mencapainya suatu hari nanti. Selama metode Anda benar, menurut saya hasilnya akan dua kali lipat dengan setengah usaha.

    7. Apakah mungkin berinvestasi di Indonesia dalam waktu dekat?

    Kami tidak menutup kemungkinan investasi asing sekarang, kami akan melakukan sosialisasi di setiap negara. Selama waktunya tepat, saya yakin kita akan berangkat.

    8. Pemerintah Indonesia saat ini sedang berencana memindahkan ibu kota. Ada banyak kebijakan preferensial, sudahkah Anda mempertimbangkannya?

    Ini pasti akan menjadi pertimbangan yaitu semua negara Asia, termasuk Jepang, Indonesia, bahkan Amerika Serikat.

    Semua itu akan dipertimbangkan. Adapun apa yang akan terjadi di masa depan, sangat tergantung pada perubahan lingkungan eksternal dan internal.

    Ini adalah bagian yang sangat penting dalam industri, seperti tambang litium dan litium dalam elektronik litium.

    Piramida litium sedang dalam produksi litium, menurut saya ini merupakan keunggulan absolut di Indonesia, bagian ini sangat tidak nyaman dalam hal baterai untuk kendaraan listrik di masa depan.

    Peluang di Indonesia akan sangat besar. Saya kira begitu. Industri ini harus bisa terus maju.

     

    [Gambas:Photo CNN]

    9. Apakah Anda memiliki saran untuk Indonesia agar bisa membangun industri berteknologi tinggi?

    Saya pikir hal pertama yang selalu saya tekankan adalah pengembangan bakat, ini sangat penting.

    Yang kedua, tentu saja, pemerintah harus memberikan arah dan penghargaan yang lebih jelas kepada industri-industri ini. Saya rasa ini juga sangat penting. Dalam hal talenta wirausaha.

    Saran saya, belum tentu semua, Indonesia sendiri yang membudidayakannya, seperti Taiwan, Jepang, dan Amerika.

    Pelajar luar negeri dalam jumlah besar dapat dikirim untuk melakukan studi semacam ini Lalu menurut saya hal ini dapat mempercepat kembalinya teknologi tersebut ke Indonesia. Ini pasti akan membuat kemajuan untuk keseluruhan pembangunan.

    Karena banyak sekali orang di Indonesia yang sebenarnya bisa mengirimnya ke Taiwan, jaraknya pun tidak jauh dari Jepang.
    Bahkan, Amerika Serikat saya yakin bisa membantu Indonesia lagi karena aspek kesepakatan ini dan karena bakat semikonduktor.

    Karena Indonesia belum pernah mengalami hal ini sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda bisa pergi ke luar negeri untuk mempelajari lebih lanjut.

    Jika Anda ingin pergi ke Indonesia untuk mendirikan pabrik dan mengembangkan bisnis Anda, talenta-talenta ini bisa melakukannya. Sangat pasti, sesuai dengan kebutuhan, mereka dapat menggunakan talenta lokal untuk perusahaan yang berinvestasi di Indonesia.

    Saksikan wawancara lengkap bersama Chairman Win Semiconductors Corp Dennis Chen dalam tayangan program Asia Forward sebagai berikut:

    [Gambas:Youtube]

  • Tesla Kehilangan Rp1.266 T dalam Sehari Imbas Saham Anjlok

    Tesla Kehilangan Rp1.266 T dalam Sehari Imbas Saham Anjlok

    Jakarta, CNN Indonesia

    Tesla (TSLA) kehilangan nilai pasar sekitar US$80 miliar atau Rp1.266,07 triliun (asumsi kurs Rp15.826 per dolar AS) akibat saham anjlok lebih dari 12 persen pada perdagangan, Kamis (25/1).

    Mengutip Reuters, Jumat (26/1), kondisi ini dikarenakan Pendiri Tesla Elon Musk mengungkapkan bahwa penjualan akan melambat pada tahun ini, meskipun harga mobilnya telah dipangkas lebih murah dari sebelumnya.

    Pada Rabu (24/1), Musk berkomentar pertumbuhan akan sangat lebih rendah karena Tesla berfokus pada kendaraan listrik generasi berikutnya yang lebih murah dan akan dibuat di pabrik di Texas pada paruh kedua 2025. Mobil generasi baru ini diperkirakan akan memicu lonjakan pengiriman berikutnya.

    Namun dia mengatakan peningkatan produksi model baru akan menjadi tantangan karena melibatkan teknologi mutakhir.

    Saham Tesla mengalami persentase kerugian intraday paling tajam dalam lebih dari setahun, dengan nilai pasar sebesar US$80 miliar hilang. Hal ini membuat kapitalisasi pasarnya pada bulan tersebut menjadi sekitar US$210 miliar.

    “Berita utama Tesla pada dasarnya berubah dari buruk menjadi lebih buruk,” kata analis TD Cowen. Ia juga mencatat bahwa pendapatan dan laba kuartal keempat Tesla akan di bawah ekspektasi.

    Saham pembuat EV lainnya juga turun, dengan Rivian Automotive Inc (RIVN.O), Lucid Group (LCID.O) dan Fisker (FSR.N) turun antara 4,7 persen dan 8,8 persen.

    Industri kendaraan listrik telah bergulat dengan perlambatan permintaan selama lebih dari setahun dan pemotongan harga oleh Tesla kemungkinan akan memperburuk tekanan pada perusahaan rintisan dan produsen mobil seperti Ford (F.N).

    Beberapa analis mengatakan jika penjualan dan margin Tesla semakin melemah ia akan masuk kelompok mobil pada umumnya.

    “Tesla semakin terlihat seperti perusahaan otomotif tradisional,” kata Analis Bernstein, Toni Sacconaghi.

    (ldy/agt)

  • Belajar Membangun Industri Unggulan dari Raja Semikonduktor Taiwan

    Belajar Membangun Industri Unggulan dari Raja Semikonduktor Taiwan

    Taipei, CNN Indonesia

    Suhu dingin menyambut saat tiba di Hwaya Technology Park, Distrik Guishan, Kota Taoyuan, Taiwan, jelang penghujung 2023. Sepanjang mata memandang gedung-gedung perkantoran berdiri ditemani hamparan rumput hijau dan pepohonan yang tampak asri.

    Hwaya Technology Park adalah kawasan yang diperuntukkan bagi pengembangan dan inovasi teknologi. Di taman sains itu, banyak perusahaan teknologi Taiwan berada, termasuk pabrik-pabrik semikonduktor yang menjadi andalan Negeri Formasa.

    Taiwan merupakan pemasok cip semikonduktor terbesar di dunia, tulang punggung perkembangan elektronik dan teknologi dewasa ini. Maklum, semikonduktor merupakan komponen penting dan kerap dianggap sebagai ‘otak’ pada piranti elektronik yang digunakan sehari-hari mulai dari kulkas, televisi, komputer, telepon genggam, hingga kendaraan.

    Asosiasi Industri Semikonduktor (SIA) memperkirakan penjualan semikonduktor global mencapai US$588,4 miliar atau sekitar Rp9.114 ribu triliun (asumsi kurs Rp15.490 per dolar AS) tahun ini.

    Taiwan merupakan pemain paling dominan. Tercatat, lebih dari 60 persen produksi cip dari lini foundry global berasal dari Taiwan yang dipimpin oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC).

    Pagi itu, CNN Indonesia berkesempatan untuk mengunjungi pabrik salah satu produsen semikonduktor besar Taiwan, Win Semiconductors Corp (WIN).

    Perusahaan yang berdiri sejak Oktober 1999 ini merupakan produsen cip 6 inchi dari Gallium Arsenida (GaAs) pertama di dunia dan menjadi pemimpin di kelasnya. Cip produksi perusahaan banyak digunakan pada piranti komunikasi seperti telepon pintar hingga wifi.

    Setelah diajak melihat proses litograf pada ruang bersih bercahaya kuning, CNNIndonesia berbincang-bincang dengan Chairman WIN Dennis Chen (Chin-Tsai Chen).

    Chen mengungkapkan industri semikonduktor Taiwan tidak dibangun dalam semalam. Industri ini merupakan akumulasi dari pengembangan dan konsistensi hingga terbentuk satu rantai produksi.

    Taiwan melakukannya secara bertahap mulai dari perakitan, pengemasan, manufaktur semikonduktor (foundry), hingga kini unggul dalam hal riset dan pengembangan.

    “Dimulai dari industri yang sangat tradisional, perlahan, perlahan berkembang menjadi industri semi konduktor. Dengan cara ini, seluruh rantai industri terbentuk sedikit demi sedikit,” ujar Chen di kantornya.

    Chen menilai modal penting untuk membangun industri berbasis teknologi adalah talenta sumber daya manusia. Beruntung, menurut Chen, Taiwan diberkati oleh warganya yang pekerja keras, berpendidikan tinggi, dan bertanggung jawab besar. Dengan modal itu, Taiwan bisa mewujudkan riset dan pengembangan (R&D) di bidang teknologi yang mumpuni.

    Hal itu penting mengingat kebutuhan semikonduktor terus berkembang. Saat ini, lanjut Chen, perkembangan teknologi semikonduktor akan mengarah ke piranti kecerdasan buatan dan internet untuk segala (internet of things).

    Selain itu, permintaan semikonduktor masa depan juga akan meningkat untuk piranti realitas virtual, kendaraan listrik, rumah pintar, kota pintar, kendaraan otonom dan komunikasi satelit. Tak ayal, pihaknya juga bersiap untuk mengembangkan infrastruktur dan melakukan riset terkait kebutuhan permintaan itu agar bisa mengimbangi pasar.

    “Ada ciri (industri semikonduktor), pabrik baru dibangun ketika permintaan datang, sudah terlambat. Semikonduktor merupakan industri yang berisiko tinggi. Anda harus memprediksi permintaan di masa depan, dan Anda harus membangun pabriknya terlebih dahulu. Jadi belanja modalnya tinggi, risikonya juga tinggi,” terang Chen.

    Bersambung ke halaman berikutnya…

    Berawal dari Meja Sarapan

    Melihat ke belakang, perkembangan industri semikonduktor Taiwan tak bisa lepas dari peran pemerintah yang mengubah ekonomi dari yang tadinya berorientasi ekspor ke teknologi.

    Mengutip situs resmi Institut Riset Teknologi Industri (ITRI), pada 1974 lalu, sehari setelah Tahun Baru Imlek, menteri urusan ekonomi Taiwan kala itu Sun Yun-suan sarapan di sebuah kedai di Kota Taipei bersama enam orang pejabat lainnya.

    Keenamnya yakni Dirjen Transportasi dan Komunikasi Yu-Shu Kao, Pimpinan Institut Riset Teknologi Industri (ITRI) Chao-chen Wang, Direktur Laboratorium Telekomunikasi Bao-Huang Kang, Sekjen Eksekutif Hua Fei, Dirjen Telekomunikasi Hsien-Chi Fang, dan Direktur Radio Corporation of America (RCA) Wen-Yuan Pan.

    Mereka berbincang mengenai cara meningkatkan industri Taiwan yang saat itu masih berorientasi padat karya. Salah seorang dari mereka menyarankan kepada Sun untuk melirik industri sirkuit terpadu (IC), semikonduktor yang digunakan pada alat elektronik.

    Setelah itu dimulailah penyusunan cetak biru untuk mengembangkan industri IC berteknologi tinggi dengan melibatkan ITRI yang baru berdiri pada 1973. Sebagai proyek awal, Taiwan menyiapkan anggaran sekitar US$10 juta.

    Pada 1976, ITRI bekerja sama dengan RCA untuk melakukan transfer teknologi IC dan kontrak lisensi senilai US$4 juta. RCA memperkenalkan wafer 3 inci ke Taiwan dan mulai mengembangkan teknologi manufaktur semikonduktor.

    Selang dua tahun, Taiwan berhasil memproduksi IC yang digunakan untuk jam tangan elektronik. Setelah itu, teknologi semikonduktor kian melaju dan menjadi masa depan industri Taiwan.

    SVP ITRI Stephen Su mengungkapkan lembaganya memang berperan dalam membantu industri Taiwan berkembang dan bisa bersaing di kancah internasional.

    Selain dari pemerintah, sebagian dana operasional dan riset juga berasal dari industri. Dengan demikian, pihaknya bisa menjadi jembatan untuk memastikan riset terapan yang dilakukan bermanfaat dan menjawab kebutuhan pelaku pasar.

    Upaya riset dan pengembangan dilakukan Taiwan secara terbuka dengan menggandeng negara lain. Ketika industri semikonduktor mulai dirintis, ITRI banyak mengirimkan putra-putri terbaik Taiwan untuk belajar ke AS.

    Setelah mereka pulang ke Taiwan, mereka menggunakan ilmunya untuk membangun pabrik demo sebelum akhirnya berkembang menjadi pabrik manufaktur.

    “Kami pergi ke luar negeri untuk belajar dari pengalaman,” ujar Su saat ditemui di Kantor ITRI di Taipei.

    Dengan cara itu, industri semikonduktor Taiwan terus berkembang. Pada saat yang sama, pemerintah dan industri memahami pentingnya peran ITRI. Saat ini, ITRI mendapat alokasi anggaran lebih dari US$600 juta dolar (sekitar Rp9,3 triliun) dan didukung oleh staf dan peneliti sekitar 6.000 orang.

    “Kami tidak melakukan penelitian-penelitian yang ujung-ujungnya hanya menulis makalah. Penemuan teknologi adalah penelitian yang kami lakukan untuk membantu masyarakat dan membantu industri berkembang,” terang Su.

    Bagaimana dengan Indonesia?

    Su menilai Indonesia memiliki keunggulan tersendiri yakni sumber daya alam yang melimpah dan bonus demografi. Kondisi ini berbeda dengan Taiwan yang populasi dan pasar domestiknya relatif kecil.

    Untuk membangun industri unggulan, menurut Su, Indonesia bisa fokus pada satu bidang dan mengembangkannya. Tentu, hal itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Dalam hal ini, perlu perencanaan, riset, dan peta jalan yang jelas.

    Indonesia sendiri sudah memiliki semangat untuk membangun industri unggulan. Hal itu diawali dengan langkah pemerintah melarang ekspor barang mentah, salah satunya nikel.

    Sejak 1 Januari 2020, Indonesia melarang ekspor bijih nikel.

    Larangan itu dimaksudkan agar industri hilirisasi nikel tumbuh di dalam negeri. Momentum itu pas mengingat kesadaran dunia untuk menciptakan ekonomi hijau kian meningkat, salah satunya dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik.

    Sementara, nikel merupakan salah satu komponen penting baterai kendaraan listrik. Tak heran, pemerintah bercita-cita agar Indonesia menjadi pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

    Nilai tambah nikel pada 2013 memang sudah melonjak dari US$2,1 miliar menjadi US$33,8 miliar (setara Rp510 triliun) sejak larangan ekspor diberlakukan. Namun, untuk membangun industri baterai kendaraan listrik masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan.

    [Gambas:Photo CNN]

    Berdasarkan Kementerian Ekonomi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengutip United State Geological Survey (USGS), pemanfaatan nikel untuk membuat baterai kendaraan listrik baru 5 persen. Mayoritas nikel masih digunakan untuk membuat baja anti karat (stainless steel).

    Perjalanan Indonesia untuk membangun industri unggulan seperti Taiwan memang masih panjang. Kendati demikian, hal itu bukanlah tidak mungkin jika Indonesia terus konsisten dalam mengembangkan industrinya.