Produk: kendaraan listrik

  • PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024

    PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 20 November 2024 – 17:22 WIB

    Elshinta.com – Sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN Icon Plus ditunjuk sebagai Co-Organizer dalam ajang bergengsi Electricity Connect 2024. PLN Icon Plus akan berperan dalam zona Beyond kWH Zone dengan titel ICONNEXT, yang menjadi salah satu daya tarik utama dalam acara yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, pada tanggal 20-22 November 2024.

    Dengan mengusung tema ICONNEXT “Transform Your Future, NOW,” Beyond KWH Zone dirancang sebagai ruang eksplorasi untuk memperkenalkan berbagai inovasi teknologi hingga gaya hidup masa depan. Zona ini menghadirkan enam area tematik, yaitu The Future Electricity System, The Future Home, The Future Office, The Future Vehicle, The Future Energy Transition, dan The Future Lifestyle. Masing-masing zona menampilkan solusi inovatif untuk mendukung transisi energi hijau serta transformasi digital di berbagai aspek kehidupan.

    The Future Electricity System akan memamerkan teknologi terbaru dalam pengelolaan energi listrik yang cerdas dan berkelanjutan. Di zona ini, pengunjung dapat melihat solusi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi distribusi energi dan mengurangi jejak karbon.

    Sementara itu, The Future Home dan The Future Office menampilkan konsep rumah dan kantor pintar yang mengintegrasikan teknologi IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi energi. Pengunjung dapat mencoba secara langsung bagaimana teknologi ini dapat mengubah cara bekerja dan kehidupan sehari-hari.

    Di The Future Vehicle, PLN Icon Plus menghadirkan berbagai inovasi di sektor kendaraan listrik, termasuk solusi pengisian daya yang cepat dan efisien. 

    Sedangkan The Future Energy Transition berfokus pada langkah-langkah konkret menuju energi terbarukan, termasuk solar panel, baterai penyimpanan energi, dan teknologi lainnya yang mendukung net zero emission.

    The Future Lifestyle memperkenalkan gaya hidup modern yang mengedepankan keberlanjutan, seperti penggunaan perangkat hemat energi dan solusi digital yang dapat membantu masyarakat menjalani kehidupan yang lebih hijau dan efisien.

    Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan, “Menjadi bagian dari Electricity Connect 2024 adalah kehormatan besar bagi PLN Icon Plus. ICONNEXT tidak hanya menampilkan inovasi teknologi, tetapi juga menjadi wadah bagi PLN Icon Plus untuk menunjukkan bagaimana solusi digital dapat mendukung transisi energi berkelanjutan, mendorong efisiensi, serta menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan.”

    Keikutsertaan PLN Icon Plus sebagai Co-Organizer dalam Electricity Connect 2024 menunjukkan komitmen nyata PLN Icon Plus dalam mendukung target net zero emission pemerintah Indonesia. PLN Icon Plus yakin bahwa kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting untuk mempercepat transisi energi berkelanjutan.

    Acara ini tidak hanya menjadi ajang pameran teknologi, tetapi juga sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan dan membangun kolaborasi strategis di tingkat nasional maulu internasional. Dengan berbagai inovasi yang ditampilkan di ICONNEXT, PLN Icon Plus berharap dapat menginspirasi pelaku industri serta masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Standardisasi untuk transformasi ekonomi yang berkelanjutan

    Standardisasi untuk transformasi ekonomi yang berkelanjutan

    Sumber foto: Radio Elshinta/ Irza Farel

    Bulan mutu nasional 2024: Standardisasi untuk transformasi ekonomi yang berkelanjutan
    Dalam Negeri   
    Editor: Valiant Izdiharudy Adas   
    Rabu, 20 November 2024 – 19:06 WIB

    Elshinta.com – 

    Dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 %, Pemerintah Indonesia terus mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045.

    “Proses transformasi perekonomian Indonesia menjadi ekonomi hijau yang berkelanjutan harus menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), Paris Agreement, Visi Indonesia Emas 2045, serta mampu mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060,” ungkap Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, dalam pembukaan Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Indonesia Standard and Conformity Assessment Summit 2024 di Jakarta, Rabu (20/11/2024).

    Bulan Mutu Nasional 2024 mengusung tema “Standardisasi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. Tema tersebut dipilih karena standardisasi memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekonomi yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan jangka pendek, tetapi juga jangka panjang. Dalam konteks global yang semakin kompetitif, penerapan standar mampu meningkatkan kualitas, efisiensi, dan daya saing produk Indonesia di pasar internasional.

    Dalam mendukung upaya pengurangan jejak karbon dan pencapaian NZE, pemerintah telah menerapkan lima prinsip utama, yaitu: Peningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT); pengurangan energi fosil; penggunaan kendaraan listrik di sektor transportasi; peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri; dan yang terakhir pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS).

    Sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif tersebut, BSN telah menetapkan 4 SNI terkait CCS yaitu :
    1.     SNI ISO 27914:2017 Penangkapan, transportasi dan penyimpanan geologis karbon dioksida —Penyimpanan geologis (ISO 27914:2017 Carbon dioxide capture, transportation and geological storage — Geological storage)

    2.    SNI ISO/TR 27915:2017 Penangkapan, transportasi dan penyimpanan geologis karbon dioksida — Kuantifikasi dan verifikasi (ISO/TR 27915:2017 Carbon dioxide capture, transportation and geological storage — Quantification and verification)

    3.    SNI ISO/TR 27918:2018 Manajemen risiko daur hidup proyek penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida terintegrasi (ISO/TR 27918:2018 Lifecycle risk management for integrated CCS projects)

    4.    SNI ISO/TR 27923:2022 Penangkapan, transportasi dan penyimpanan geologis karbon dioksida – Operasi injeksi, infrastruktur dan monitoring (ISO/TR 27923:2022 Carbon capture, transportation and geological storage – Injection operations, infrastructure and monitoring).

    Hingga 31 Oktober 2024, BSN telah menetapkan 15.432 SNI yang mendukung berbagai sektor strategis, termasuk transformasi ekonomi, keberlanjutan, dan daya saing nasional.

    Bulan Mutu Nasional 2024 juga menjadi momentum penting, bertepatan dengan 10 tahun diberlakukannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK). Selama satu dekade terakhir, berbagai capaian di bidang standardisasi telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional.

    Dalam mendukung program Makan Siang Bergizi Gratis yang diinisiasi Presiden Prabowo, BSN terus membina pelaku UMKM dan memberi edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya standar mutu dan keamanan pangan. Hingga Oktober 2024, sebanyak 775.763 pelaku UMKM dengan 910.181 produk telah memperoleh tanda SNI Bina UMK, memberikan kemudahan akses pasar dan mendukung keberlanjutan ekonomi masyarakat.

    Kegiatan dalam Peringatan Bulan Mutu Nasional tahun 2024 yang diselenggarakan oleh BSN dan para mitra pemangku kepentingan diantaranya adalah Indonesia Standard and Conformity Assessment Summit; Indonesia Standardization Youth Summit; Herudi Technical Committee Award; Malam Penganugerahan SNI Award; SNI Expo; serta berbagai Seminar, Workshop, dan Talkshow.

    Kepala BSN, Kukuh S. Achmad, menyatakan, “Kolaborasi yang luar biasa antara pemangku kepentingan menjadi kunci dalam memperkuat infrastruktur mutu nasional untuk mendukung keseimbangan pertumbuhan ekonomi, kelestarian lingkungan, dan efisiensi sumber daya. Melalui standardisasi, kita optimistis dapat mencapai transformasi ekonomi yang berkelanjutan dan membangun daya saing bangsa.” pungkasnya, seperti yang dilaporkan Kontributor Elshinta Irza Farel.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Perusahaan SPKLU Jepang Turun Tangan Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia – Page 3

    Perusahaan SPKLU Jepang Turun Tangan Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Terra Charge, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) nomor satu dari Jepang di Indonesia, terus memperluas jangkauannya di Indonesia dengan kemitraan strategis bersama Plaza Mandiri, yang berlokasi di Jl Gatot Subroto, Jakarta, dan dikelola PT Gedung Bank Exim.

    Instalasi jaringan 10 mesin pengisian daya AC di area parkir basement Plaza Mandiri itu merupakan langkah signifikan dalam mendukung komitmen Indonesia menuju Net Zero Emissions pada 2060, sekaligus memperkuat posisi Terra Charge sebagai pemimpin dalam transisi menuju mobilitas yang lebih bersih dan berkelanjutan.

    Managing Director Terra Charge Indonesia Go Suzuki mengatakan kemitraan dengan Plaza Mandiri bukan sekadar penyediaan infrastruktur pengisian daya. Bagi Terra Charge, ini adalah langkah strategis untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia melalui jaringan properti Bank Mandiri.

    Dengan mengintegrasikan teknologi pengisian daya yang efisien dan berkelanjutan, Terra Charge tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga mempersiapkan masa depan mobilitas yang lebih hijau.

    “Kami sangat antusias dengan kemitraan ini. Plaza Mandiri merupakan mitra yang ideal bagi kami karena memiliki visi sama dalam mendorong keberlanjutan. Dengan menginstalasi jaringan pengisian daya di sini, kami tidak hanya memberikan kemudahan bagi karyawan Plaza Mandiri, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lingkungan lebih bersih dan sehat bagi semua,” ujar Go Suzuki.

    Dia melanjutkan instalasi pengisian daya EV di Plaza Mandiri menawarkan lebih dari sekadar fasilitas pengisian kendaraan. Ini juga sebagai sebuah pernyataan yang kuat tentang komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan kesejahteraan karyawan.

    “Dengan menyediakan akses mudah ke infrastruktur pengisian daya, Terra Charge mendorong karyawan untuk beralih ke kendaraan listrik, mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan kualitas udara di perkotaan,” tutur Go Suzuki.

     

  • Kok Bisa BYD M6 Salip Honda HR-V, Fortuner dkk hingga Masuk 10 Mobil Terlaris?

    Kok Bisa BYD M6 Salip Honda HR-V, Fortuner dkk hingga Masuk 10 Mobil Terlaris?

    Jakarta

    BYD M6 menyalip deretan mobil bermesin konvensional hingga bisa tembus jajaran 10 mobil terlaris. Apa faktornya?

    Mobil listrik BYD M6 bikin kejutan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Oktober 2024, mobil listrik yang menghuni segmen MPV itu menembus posisi 10 besar.

    Bertengger di posisi 10, BYD M6 menyalip mobil-mobil langganan di daftar terlaris seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Daihatsu Terios, Toyota Fortuner, hingga Honda HR-V.

    Torehan penjualan wholesales BYD M6 memang meningkat cukup signifikan sejak Juli 2024. Bila pada Juli unit M6 yang terdistribusi hanya 40 unit, kemudian pada Agustus jumlahnya menjadi 312 unit, September 836 unit, dan Oktober langsung melesat 1.866 unit. Lantas apa faktornya?

    “Peningkatan penjualan ini mencerminkan tingginya minat konsumen terhadap kendaraan listrik sekaligus kepercayaan mereka pada inovasi teknologi BYD, khususnya pada BYD M6 yang dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia,” jelas Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan kepada detikOto, Selasa (19/11/2024).

    Secara keseluruhan, BYD memang mengalami peningkatan distribusi baik secara wholesales maupun retail. Bermodalkan empat mobil listrik yang dijual pada rentang harga Rp 370 jutaan hingga Rp 700 jutaan, penjualan BYD pada Oktober itu juga bahkan melampaui Hyundai sekaligus menggusur pabrikan asal Negeri Ginseng itu keluar dari 10 besar. BYD pada Oktober mendistribusikan 2.488 unit mobil secara wholesales dan 2.597 unit secara retail. Sementara Hyundai mencatatkan penjualan wholesales 1.711 unit dan retail 1.451 unit.

    Adapun kata Luther, pencapaian ini menjadi bukti bahwa ke depan kendaraan listrik akan makin mudah diterima masyarakat Indonesia.

    “Kami optimis bahwa kemajuan infrastruktur EV di Indonesia akan mendorong adopsi kendaraan listrik secara lebih luas,” tambah Luther.

    (dry/rgr)

  • BYD M6 Mobil Listrik Pertama Tembus 10 Besar Mobil Terlaris Indonesia

    BYD M6 Mobil Listrik Pertama Tembus 10 Besar Mobil Terlaris Indonesia

    Jakarta

    BYD M6 masuk jajaran 10 mobil terlaris di Indonesia periode Oktober 2024. Ini kali pertama mobil listrik masuk daftar 10 besar mobil paling laris di dalam negeri.

    Mobil listrik kembali meramaikan daftar mobil terlaris di Indonesia pada periode Oktober 2024. Sebagaimana terlihat dalam data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), satu-satunya mobil listrik yang masuk jajaran tersebut adalah BYD M6.

    BYD M6 tercatat terjual sebanyak 1.866 unit. Menariknya lagi, distribusi BYD M6 dari pabrik ke dealer itu menembus 10 besar, melampaui Honda HR-V, Toyota Agya, Toyota Fortuner, hingga Toyota Veloz.

    Bisa tembus 10 besar jadi prestasi tersendiri bagi BYD. Terlebih, para pesaingnya didominasi mobil-mobil bermesin konvensional.

    “Kami optimis baik BYD M6 dan kendaraan listrik BYD lainnya dapat terus bersaing, terutama dengan fokus kami pada inovasi teknologi, penetapan harga yang sesuai dengan pasar Indonesia, serta partisipasi aktif dalam membangun ekosistem EV yang lebih baik,” ungkap Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan kepada detikOto, Selasa (19/11/2024).

    Luther menambahkan, keberadaan BYD M6 di daftar mobil terlaris itu menjadi sinyal kendaraan listrik kian diminati masyarakat Indonesia. Peralihan ke kendaraan listrik pun bisa cepat terlaksana.

    “Dengan dukungan pemerintah dan kepercayaan konsumen, kami yakin pertumbuhan kendaraan listrik akan semakin pesat,” tambah Luther.

    BYD M6 merupakan mobil listrik yang dirancang khusus masyarakat Indonesia. Untuk itu BYD menghadirkan mobil listrik di segmen MPV yang cukup identik dengan masyarakat dalam negeri.

    Disajikan untuk masyarakat Indonesia, BYD mendesain M6 lebih mudah diterima. Mulai dari eksterior, interior, hingga fitur-fitur di dalamnya.

    Fiturnya juga disesuaikan untuk memanjakan konsumen Tanah Air. Dengan banderol mulai Rp 379 juta jarak tempuhnya mencapai 530 km untuk varian tertinggi. Pengecasan baterai juga cepat, jadi tak perlu khawatir kalau ingin dibawa berpergian.

    BYD M6 dilengkapi dengan 6 airbag untuk seluruh varian. Kemudian fitur tyre pressure monitoring system, isofix, ABS, electric parking brake, electronic stability control, traction control system, electronic brake-force distribution, vehicle dynamic control system, hill hold control, brake disc wiping system, coordinated regenerative braking system, roll movement intervention, brake override system, around vie monitor, rear 4 radars, auto hold juga tersedia di seluruh varian M6.

    (dry/din)

  • Dieng Simpan 2 ‘Harta Karun’ Langka, Bisa Bikin RI Jadi Raja Baterai

    Dieng Simpan 2 ‘Harta Karun’ Langka, Bisa Bikin RI Jadi Raja Baterai

    Jakarta, CNBC Indonesia-PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GDE menemukan dua sumber daya alam mineral kritis atau mineral langka di sumur panas buminya, yang terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

    Dua mineral kritis itu ialah silika sebagai bahan baku strategis untuk sektor otomotif, konstruksi, dan elektronika; serta lithium atau logam alkali putih sebagai bahan baku baterai Li-ion untuk kendaraan listrik.

    “Kami melihat dari uap dan air panas yang keluar dari sumur-sumur kami ternyata cukup mengandung lithium yang lumayan untuk kita menyusun atau memproduksi baterai,” kata Direktur Utama PT GDE Yudistian Yunis saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (19/11/2024).

    Yudistian mengatakan, khusus untuk lithium, temuan itu bisa membuat PT GDE memproduksi baterai listrik sebesar 3,5 giga watt hour (GWh), dengan kapasitas produksi baterai per tahun lithium mencapai 2.200 ton.

    “Kurang lebih hampir 3,5 giga watt hour kapasitas baterai per tahun yang bisa kami produksi dengan total lithium sebesar 2.200 ton per tahun,” ucapnya.

    Adapun untuk mineral kritikal berupa silika sebetulnya telah dihasilkan sejak beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit-1 sejak 2002. PLTP itu menghasilkan mineral brine Panas Bumi, utamanya silika.

    Yudistian Yunis mengatakan, dengan temuan itu terdapat grant atau hibah berupa pembiayaan dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat (USTDA) maupun Asian Development Bank atau ADB kepada PT GDE untuk ekstraksi dua mineral kritis itu.

    “Hari ini kami dapat bantuan grant dari USTDA (United States Trade and Development Agency) dan ADB untuk pilot plan lithium dan silika,” tuturnya.

    (arj/mij)

  • Jepang Temukan Mineral Senilai Rp 415 Triliun, Tajir Mendadak!

    Jepang Temukan Mineral Senilai Rp 415 Triliun, Tajir Mendadak!

    Jakarta

    Para ilmuwan di Jepang menemukan mineral Bumi senilai USD 26.290.780.000 (setara Rp 415 triliun). Mineral ini disebut akan menjaga perekonomiannya tetap berjalan setidaknya selama dekade berikutnya.

    Sebuah survei oleh The Nippon Foundation dan Universitas Tokyo menemukan ladang nodul mangan padat di dasar laut pulau Minami-Tori-shima. Nodul yang ditemukan 5.700 meter di bawah permukaan laut itu mengandung jutaan metrik ton kobalt dan nikel.

    Dikutip dari Nikkei Asia, mineral tersebut diperkirakan terbentuk selama jutaan tahun ketika logam yang diangkut di laut menempel pada tulang ikan dan menempel di dasar laut.

    Komponen Penting Baterai EV

    Kobalt dan nikel adalah dua komponen penting yang dibutuhkan untuk membuat baterai electronic vehicle (EV) atau kendaraan listrik, dan digunakan untuk membuat mesin jet, turbin gas, dan dalam pemrosesan kimia.

    Survei menemukan sekitar 610.000 metrik ton kobalt dan 740.000 metrik ton nikel, yang setara dengan jumlah uang yang sangat besar. Pada saat penulisan, satu metrik ton kobalt bernilai USD 24.300 sementara nikel bernilai USD 15.497, menurut angka pasar dari Trading Economics.

    Dengan melakukan perhitungan sederhana, artinya 610.000 metrik ton kobalt yang ditemukan bernilai USD 14.823.000.000 sementara 740.000 ton nikel bernilai USD 11.467.780.000. Dengan hitung-hitungan kasar ini, didapatkan total mencengangkan, yakni USD 26.290.780.000.

    Deposit mineral tersebut juga mengandung tembaga. Foto: The Nippon Foundation

    Tentu saja, seperti komoditas apa pun, pasar dapat berfluktuasi yang berarti terkadang mineral bisa bernilai lebih tinggi atau lebih rendah. Harga juga dapat berubah berdasarkan tekanan permintaan dari industri EV dan penyimpanan energi.

    Namun, antara April hingga Mei tahun ini, sekitar 230 juta ton mineral langka ditemukan setelah sebuah tim mensurvei 100 lokasi dasar laut menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh. Selain itu, endapan tersebut diperkirakan mengandung tembaga, unsur berharga lainnya.

    Menariknya, nodul mangan ini awalnya ditemukan dalam survei di 2016 dan para ahli mengklaim bahwa banyak nodul telah terbentuk di sekitar gigi milik hiu prasejarah, megalodon.

    Penemuan ini disebut dapat menjaga perekonomian Jepang tetap kuat selama dekade berikutnya. Foto: The Nippon Foundation

    Setelah survei terkini, Yasuhiro Kato, seorang profesor yang mengkhususkan diri dalam geologi sumber daya di Universitas Tokyo, mengatakan bahwa penggali sekarang berencana untuk mengangkat ‘tiga juta ton per tahun’ dari deposit tersebut.

    Ia mengklaim bahwa prosedur ini akan memungkinkan pembangunan berlanjut sambil ‘meminimalkan dampak terhadap lingkungan laut’. Oleh karena itu, tim akan memanfaatkan kapal penambangan luar negeri untuk mengangkat beberapa ribu ton nodul setiap hari mulai 2025.

    Dengan memanfaatkan kobalt dan nikel dari laut, negara tersebut akan mampu mengurangi ketergantungan pada negara lain dan memenuhi permintaan internal terhadap baterai kendaraan listrik.

    “Pada akhirnya, kami berharap hasil penelitian kami akan membantu meningkatkan pertumbuhan Jepang dengan membangun rantai pasokan domestik yang membentang dari ‘penambangan sumber daya’ hingga ‘manufaktur’, dan menjadikan Jepang sebagai negara yang berorientasi pada sains, teknologi, dan kelautan dalam arti sebenarnya,” demikian bunyi siaran pers dari Universitas Tokyo.

    (rns/rns)

  • Trump Bikin Takut, Eropa Paksa China Serahkan Teknologi

    Trump Bikin Takut, Eropa Paksa China Serahkan Teknologi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Uni Eropa dikabarkan akan memaksa perusahaan China yang beroperasi di Eropa untuk berbagi teknologi dan keahlian kepada perusahaan setempat.

    Financial Times memberitakan bahwa pemerintah Uni Eropa menyiapkan kebijakan yang mengharuskan perusahaan China penerima subsidi atau hibah lainnya, untuk melakukan transfer hak atas karya intelektual kepada perusahaan Eropa. Aturan ini juga akan mewajibkan perusahaan China membuka pabrik di Eropa.

    Kebijakan Uni Eropa dinilai sebagai bentuk antisipasi dampak dari perang dagang China dan Amerika Serikat memanas setelah Donald Trump kembali menjadi Presiden. Kebijakan tarif Trump ditakutkan membuat China mengalihkan sasaran dagang ke negara-negara Eropa.

    Sebelumnya, Uni Eropa telah menerapkan kebijakan tegas untuk membendung banjir mobil listrik buatan China. Aturan tersebut sudah digugat China di WTO.

    Dalam pernyataan resmi, Kementerian Perdagangan China mengaku menyesal dengan adanya manuver tarif ini. Mereka menyebut langkah ini tidak memiliki dasar faktual dan hukum, melanggar peraturan WTO, merupakan penyalahgunaan langkah-langkah pemulihan perdagangan, serta merupakan proteksionisme perdagangan.

    “Untuk menjaga kepentingan pengembangan industri kendaraan listrik dan kerja sama transformasi ramah lingkungan global, China telah memutuskan untuk mengajukan gugatan terhadap tindakan akhir anti-subsidi UE,” tulis pernyataan tersebut dalam situs resmi Kementerian Perdagangan China.

    UE berencana menerapkan tarif bagi EV buatan China hingga 35,3%. Brussels mengatakan, langkah itu bertujuan untuk melindungi produsen mobil Eropa dalam industri penting yang menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 14 juta orang di seluruh Benua Biru.

    Selain EV, Ketegangan perdagangan China dan UE juga melanda sektor panel surya dan turbin angin. Brussels juga melancarkan penyelidikan atas dua benda tersebut, yang dianggap mengancam industri Eropa.

    Atas situasi ini, Beijing menerapkan tindakan anti dumping sementara’ terhadap produk alkohol brendi asal UE. Dalam implementasinya, Otoritas China disebut akan menerapkan tarif ‘jaminan yang sesuai’ kepada para importir alkohol tersebut.

    Dikatakan jumlahnya akan didasarkan pada perhitungan yang melibatkan harga yang disetujui oleh bea cukai, serta pajak impor. Namun sejumlah info telah menyebutkan tarif yang diharapkan dibayarkan setiap perusahaan, mulai dari 30,6% untuk cognac Martell, hingga 39% untuk Hennessy, dan 38,1% untuk Remy Martin.

    (dem/dem)

  • Insentif EV hingga Hilangkan Lampu Merah

    Insentif EV hingga Hilangkan Lampu Merah

    Jakarta

    Polusi udara di Jakarta masih menjadi-jadi. Calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta memiliki program masing-masing dalam menangani polusi udara di Jakarta.

    Tiga pasangan cagub-cawagub Jakarta menyampaikan programnya masing-masing dalam Debat Ketiga Pilkada Jakarta 2024 semalam. Berikut program-program dari ketiga pasangan cagub-cawagub Jakarta untuk menangani polusi udara di Jakarta.

    Ridwan Kamil-Suswono (nomor urut 1)

    Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono menitikberatkan pada pengaturan tata ruang dalam menangani polusi udara di Jakarta. Untuk mengurangi pergerakan kendaraan bermotor, Ridwan Kamil-Suswono akan memperbanyak hunian di tengah kota dan ruang kerja di pinggir kota.

    “Sehingga ada alternatif warga untuk tinggal, bekerja, berekreasi di jarak yang dekat. Itu akibatnya akan mengurangi pergerakan, pergerakan berkurang otomatis polusi juga Insyaallah akan berkurang,” kata Ridwan Kamil dalam debat semalam.

    Solusi lain dari Ridwan Kamil adalah memperbanyak penanaman pohon, penggunaan energi matahari, hingga penerapan work from home (WFH) secara bergilir. Ridwan Kamil juga berencana untuk memberikan insentif untuk kendaraan listrik.

    “Transportasi diluaskan, JakLingko diluaskan sehingga ada alternatif yang lebih luas. Konversi dari BBM ke motor atau kendaraan listrik kita insentifkan. Ojol-ojol yang 1 juta seliweran akan kita beri insentif mengubah mesin BBM ke motor listrik,” beber Ridwan Kamil.

    Dharma Porengkun-Kun Wardana (nomor urut 2)

    Pasangan nomor urut 2 Dharma Porengkun-Kun Wardana punya delapan solusi untuk menangani polusi udara di Jakarta. Salah satu yang menjadi sorotan adalah solusi mengurangi kemacetan dan polusi udara dengan teknologi tanpa lampu merah.

    “Pertama mengurangi kemacetan dengan teknologi tanpa lampu merah. Dua, prioritaskan transportasi umum. Siapkan energi terbarukan seperti biodiesel. Mandiri, bisa dari rumput laut, bisa dari nipah, bisa dari bakau,” ungkap Dharma Porengkun.

    Menurut Dharma, keberadaan lampu merah itu justru menjadi biang kerok kemacetan. Sebagai gantinya, kata Dharma, dia akan membangun underpass dan overpass di persimpangan yang selama ini menggunakan lampu merah. Menurutnya, sudah ada teknologi yang hanya dalam 7 hari solusi itu bisa terbangun.

    Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3)

    Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno memiliki beberapa solusi untuk mengurangi polusi udara. Pramono mengungkapkan akan menambah armada dan transportasi Jabodetabek berbasis listrik. Pramono ingin menggeser gaya hidup masyarakat Jakarta yang tadinya selalu menggunakan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi umum.

    “Yang paling utama bagi saya adalah mengubah gaya hidup, cara hidup, shifting lifestyle masyarakat dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Ini menjadi hal yang sangat penting sekali. Untuk itu, kami akan membebaskan 15 golongan yang selama ini mendapat kebebasan naik bus, maka kami akan membuat Transjabodetabek, mereka naik MRT gratis, LRT gratis. Dengan demikian mereka akan mengubah pola hidup dari mengendarai kendaraan pribadi menjadi mengendarai transportasi umum,” ujar Pramono.

    “Untuk 500 meter dari rumah masing-masing yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Bekasi dan semuanya kami akan buatkan yang namanya ride and park. Sehingga orang ada kepastian. JakLingko kita perluas, sehingga orang dari mana pun akan sangat gampang terkoneksi dengan kendaraan umum yang sudah tersedia, saya yakin itu akan mengurangi emisi,” pungkasnya.

    (rgr/dry)

  • Baterai Bocor Bisa Digunakan Lagi, Ini Penjelasan Peneliti

    Baterai Bocor Bisa Digunakan Lagi, Ini Penjelasan Peneliti

    Jakarta, CNBC Indonesia – Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengguna perangkat adalah terkait baterai. Salah satunya adalah kapasitas yang terus menurun seiring berjalannya waktu.

    Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Misalnya membiasakan diri menjaga baterai perangkat sekitar 30-70%.

    Baik iPhone maupun sejumlah ponsel Android juga telah berusaha mencari cara mengatasinya. Misalnya dengan merilis fitur khusus untuk memperpanjang umur baterai.

    Mengutip PC World, Selasa (12/11/2024), sebuah penelitian berhasil menemukan cara untuk membuat kapasitas baterai tidak mudah terkuras habis. Ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Stanford yang diunggah dalam artikel Science.

    Mereka menemukan metode memulihkan kapasitas baterai silikon. Biasanya baterai tersebut akan habis karena partikel yang terbelah dan tidak bisa digunakan lagi.

    Baterai silikon telah digunakan pada berbagai perangkat, meskipun secara umum masih banyak menggunakan lithium-ion. Jenis baterai itu biasanya dipasang pada drone, perangkat wearable dan kendaraan listrik.

    Penelitian itu menggunakan pemaparan baterai untuk pulsa arus. Tiap baterai ditargetkan lima menit dan tidak boleh melebihi 4 volt. Ternyata cara ini bisa memulihkan kapasitas baterai. Dalam pengujian awal, kapasitasnya pulih hingga 30%.

    Penelitian ini akan sangat membantu memulihkan baterai pada kapasitas penuh. Namun PC World menuliskan tetap membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk menganalisa efek jangka panjangnya.

    (dem/dem)