Produk: kendaraan listrik

  • Chery Rayakan Penyerahan 5.000 Unit Mobil Listrik di Indonesia

    Chery Rayakan Penyerahan 5.000 Unit Mobil Listrik di Indonesia

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) sukses menggelar acara With Chery With Love (WCWL) pada Minggu (22/12/2014) di Bengkel Space, Jakarta Selatan. Acara ini menjadi momen penting bagi Chery, sekaligus menandai pencapaian serah terima 5.000 unit kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Model Chery J6 dan OMODA E5 menjadi simbol keberhasilan tersebut, memperkuat posisi Chery sebagai salah satu pemain utama di pasar kendaraan listrik nasional.

    Pencapaian ini bukan hanya mencerminkan kepercayaan konsumen terhadap Chery, tetapi juga komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah menuju net zero emission pada tahun 2060. Dalam sambutannya Head of Brand Department PT CSI Rifkie Setiawan menyatakan bahwa pencapaian ini menunjukkan keseriusan Chery dalam memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

    “Pencapaian ini merupakan kelanjutan dari handover ceremony 3.000 unit yang telah dilaksanakan pada Agustus lalu. Kami juga bangga dapat memenuhi komitmen pengiriman Chery J6 di bulan Desember, membuktikan keseriusan kami dalam melayani konsumen. Kepercayaan yang diberikan oleh tokoh publik seperti Anya Geraldine, pun semakin memotivasi kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ujarnya.

    Chery Rayakan Penyerahan 5.000 Unit EV di Indonesia Foto: Alvito Devano

    Tidak hanya berfokus pada penjualan, Chery juga memberikan apresiasi kepada konsumen melalui berbagai benefit eksklusif. Untuk 1.000 pembeli pertama Chery J6, perusahaan menawarkan garansi baterai seumur hidup, garansi komponen utama, hingga asuransi kendaraan selama satu tahun. Selain itu, konsumen juga mendapatkan perangkat pengisian daya lengkap, seperti V2L Cable, 7 kW AC Charger, dan Portable Charger secara gratis.

    Chery juga tetap memberikan program after sales unggulan yang telah dinikmati konsumen sebelumnya. Paket tersebut meliputi garansi kendaraan selama 6 tahun atau 160.000 km, gratis jasa dan suku cadang selama 5 tahun atau 75.000 km, serta layanan derek 24 jam selama satu tahun.

    Dalam upaya meningkatkan akses dan pelayanan, Chery memperluas jaringan dealernya di seluruh Indonesia. Hingga akhir 2024, sebanyak 50 dealer resmi telah beroperasi untuk memastikan konsumen mendapatkan layanan terbaik dengan standar premium.

    Dengan pencapaian ini, Chery tidak hanya memperkuat posisinya di pasar kendaraan listrik, tetapi juga menunjukkan komitmennya untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

    (rgr/rgr)

  • Airlangga Tegaskan Tidak Ada PPN untuk E-Tol dan QRIS

    Airlangga Tegaskan Tidak Ada PPN untuk E-Tol dan QRIS

    Tangerang, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah tidak akan mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk transaksi elektronik, seperti e-tol atau Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

    Hal ini disampaikan Airlangga Hartarto saat menghadiri peluncuran “Every Price is Cheap Sale (EPIC Sale)” yang diadakan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan di Tangerang.

    “Jadi transportasi itu tanpa PPN. Jadi yang namanya (transaksi) e-tol dan kawan-kawannya tidak ada PPN, jadi jangan diolah-olah (goreng),” kata Airlangga Hartarto di lokasi acara, Minggu (22/12/2024).

    Dia menipis isu yang berkembang transaksi pembiayaan dengan sistem elektronik, seperti QRIS akan ikut terkena penyesuain PPN pada awal Januari 2025. “Hari ini ramai QRIS. Itu juga tidak dikenakan PPN. Jadi QRIS tidak ada PPN, sama seperti debit card transaksi yang lain,” kata dia.

    Selain itu, dia menyampaikan untuk pembelian kendaraan listrik, tidak ada kenaikan PPN dan masih tetap sebesar 11%. Bahkan, bagi masyarakat yang menggunakan daya listrik di bawah 2.200 watt akan diberikan subsidi atau diskon oleh pemerintah sebesar 50% pada Januari sampai Februari 2025.

    Kemudian untuk pembelian perumahan seharga Rp 2 milar, PPN ditanggung pemerintah. Sedangkan untuk pembelian rumah seharga Rp 5 milar, mendapat potongan Rp 1 miliar. “Itu bukti pemerintah memperhatikan apa yang dibeli masyarakat,” tandas Airlangga.

    Sebelumnya beredar kabar transaksi uang elektronik menjadi objek pajak yang dikenakan tarif PPN 12% mulai 1 Januari 2025. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun memberikan klarifikasi. 

    “Perlu kami tegaskan bahwa pengenaan PPN atas jasa layanan uang elektronik sudah dilakukan sejak berlakunya UU PPN Nomor 8 Tahun 1983 yang berlaku sejak 1 Juli 1984, artinya bukan objek pajak baru,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Dwi Astuti dikutip dari Antara, Jumat (20/12/2024).

    UU PPN telah diperbarui dalam UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Dalam UU HPP, layanan uang elektronik tidak termasuk objek yang dibebaskan dari PPN. Artinya, ketika PPN naik menjadi 12% nanti, tarif tersebut juga berlaku untuk transaksi uang elektronik.

  • Pernyataan Lengkap Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Pernyataan Lengkap Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono alias Andre menanggapi kemunculan taksi online asal Vietnam, Xanh SM di Indonesia. Respons tersebut disampaikan dalam bentuk keterangan resmi yang masuk ke meja redaksi detikOto.

    Diberitakan sebelumnya, kemunculan Xanh SM diduga akan membuat Blue Bird kesulitan di industri taksi di Indonesia. Sebab, perusahaan asal Negeri Bintang Kuning tersebut menawarkan harga kompetitif dengan kendaraan yang senyap dan ramah lingkungan.

    Meski demikian, Andre selaku Dirut Blue Bird justru punya pandangan lain mengenai kemunculan Xanh SM di Indonesia. Menurut Andre, kehadiran pemain baru seperti Xanh SM asal Vietnam membuktikan pasar sedang sehat. Sehingga, dia menyambutnya dengan baik.

    Taksi listrik Hyundai Kona Electric milik Blue Bird. Foto: Doc. BlueBird Group.

    Mengenai mobil listrik, Blue Bird juga telah mengoperasikan kendaraan ramah lingkungan tersebut sejak lama. Bahkan, dia mengaku, pihaknya telah berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang mendukung transisi energi hijau.

    Lebih jauh, Andre mengklaim, pihaknya sudah setengah abad lebih menggeluti industri terkait. Sehingga, secara pengalaman, tentu jauh lebih matang.

    Berikut Pernyataan Lengkap Dirut Blue Bird

    Hadirnya pemain baru di pasar merupakan hal yang wajar dan menandakan dinamika industri yang sehat. Bagi Bluebird, kompetisi adalah kesempatan untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi kami sebagai pelopor layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia yang relevan bagi masyarakat selama lebih dari 52 tahun ini.

    Sebagai brand ikonik asli Indonesia, Selama lebih dari lima dekade, kami bangga menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia dengan pelayanan yang terpercaya dan dapat diandalkan dari generasi ke generasi.

    Bluebird menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia, karena kami bangga paling Indonesia.

    Kami percaya bahwa produk dan layanan lokal memiliki kekuatan untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi bangsa. Bluebird memberikan dampak positif nyata bagi masyarakat, sejalan dengan semangat #SetiapKilometerBerarti.

    Bluebird adalah pionir dalam penerapan kendaraan listrik (EV) di Indonesia, berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang mendukung transisi energi hijau.

    Kami memahami bahwa keberlanjutan tidak hanya tentang penggunaan kendaraan listrik, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang holistik untuk dampak jangka panjang.

    Soal Xanh SM

    Taksi online asal Vietnam itu mulai mengaspal di Jakarta bulan ini. SUV listrik VinFast VF e34 digunakan sebagai armada taksi tersebut. Foto: Grandyos Zafna

    PT XanhSM Green dan Smart Mobility Indonesia telah memperkenalkan layanan Xanh SM sebagai pendatang baru di sektor taksi online. Taksi Xanh SM yang identik dengan warna biru muda tersebut mengaspal di Jakarta mulai bulan ini.

    Operasional Xanh SM secara penuh menggunakan mobil listrik asal Vietnam, VinFast. Dilansir dari laman resminya, Xanh SM merupakan merek pertama yang melayani pemesanan mobil listrik di Negeri Bintang Jingga.

    “Layanan Xanh SM seluruhnya beroperasi menggunakan mobil listrik VinFast. Ini adalah generasi taksi tanpa aroma bensin, kebisingan mesin, baik untuk kesehatan pelanggan dan ramah lingkungan,” tulis Xanh SM dalam keterangannya di laman resmi.

    Perusahaan mengklaim punya tim terlatih dan supir profesional yang sudah mengikuti panduan pelayanan penuh dedikasi. Itulah mengapa, Xanh SM berkomitmen memberikan layanan bintang lima kepada para penumpangnya.

    (sfn/rgr)

  • Geliatkan Manufaktur, Kemenperin Rilis Insentif untuk Kendaraan Listrik hingga Hybrid – Page 3

    Geliatkan Manufaktur, Kemenperin Rilis Insentif untuk Kendaraan Listrik hingga Hybrid – Page 3

    Menperin Agus menuturkan, upaya pemerintah tersebut memberikan sinyal kepada investor regulasi berupa insentif dan stimulus ini cukup kompetitif. Insentif bagi sektor otomotif sejalan dengan upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai hub produksi KBLBB.

    Di samping itu, Pemerintah juga memberikan Insentif Pembiayaan Industri Padat Karya yang merupakan skema untuk menjaga industri padat karya dan bertujuan membantu para pelaku industri dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam revitalisasi mesin, guna meningkatkan produktivitas.

    “Skema ini ditujukan untuk kredit investasi dengan mengakomodasi kebutuhan Kredit Modal Kerja. Dengan kisaran plafon kredit tertentu, pemerintah memberikan subsidi bunga sebesar 5%,” papar Menperin.

    Pemerintah juga memberikan Insentif PPN 1% DTP bagi produk manufaktur yang merupakan bahan pokok penting (bapokting) atau yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat, termasuk minyak goreng, tepung terigu, dan gula industri.

    Diperkirakan, kebutuhan minyak goreng “MINYAKITA” pada 2025 mencapai 175.000 ton per bulan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp15.700 per liter. Kemudian, volume kebutuhan tepung terigu secara nasional pada 2025 diproyeksi mencapai 6,66 juta ton (harga rata-rata November 2023-November 2024 sebesar Rp13.139 per kilogram).

    Insentif PPN DTP 1% juga diberikan bagi gula industri. Sebagai pertimbangan, gula industri merupakan input penting bagi industri makanan minuman. Kontribusi sektor ini mencapai 36,3% terhadap total industri pengolahan.

    Pemberian insentif tersebut berdasarkan perhitungan yang menunjukkan kenaikan PPN 1% (dari 11% menjadi 12%) akan menyebabkan kenaikan harga di tingkat konsumen.

     

     

  • Volkswagen Batal PHK dan Potong Gaji Buruh Usai Negosiasi 70 Jam

    Volkswagen Batal PHK dan Potong Gaji Buruh Usai Negosiasi 70 Jam

    Jakarta, CNN Indonesia

    Volkswagen menyetujui tuntutan serikat pekerja untuk membatalkan wacana pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 35 ribu karyawan.

    Tak hanya itu, mereka juga setuju tidak melakukan pemangkasan upah.

    Keputusan ini telah menemui titik terang setelah perusahaan bernegosiasi dengan buruh selama 70 jam. Ini merupakan negosiasi terpanjang dalam sejarah 87 tahun perusahaan.

    Hasil dari negosiasi tersebut, perusahaan tidak akan menutup pabrik dan melakukan PHK dalam waktu dekat. Selain itu, pihak VW juga bakal mundur dari tuntutan pemotongan upah sebesar 10 persen.

    Kesepakatan untuk menghindari aksi mogok kerja yang merugikan ini juga dapat memberikan kelegaan bagi para investor setelah berbulan-bulan bernegosiasi.

    Keputusan membuat saham perusahaan naik 2,4 persen dalam transaksi yang diperpanjang setelah kesepakatan tersebut. Sebelumnya, saham Volkswagen telah anjlok sebesar 23 persen pada tahun ini.

    Sebelumnya, Volkswagen telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan serikat pekerja sejak September mengenai langkah-langkah yang diklaim diperlukan untuk bersaing dengan China dan menangani permintaan yang lesu di Eropa serta adopsi kendaraan listrik yang lebih lambat dari perkiraan.

    Selain itu, sekitar 100 ribu buruh pabriknya telah melakukan dua aksi mogok kerja terpisah dalam sebulan terakhir, aksi terbesar dalam sejarah Volkswagen, untuk memprotes rencana pemangkasan biaya.

    “Dengan paket langkah-langkah yang telah disepakati, perusahaan telah menetapkan arah yang menentukan bagi masa depan perusahaan dalam hal biaya, kapasitas, dan struktur,” kata CEO Volkswagen Group Oliver Blume dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters.

    “Kami sekarang kembali ke posisi untuk berhasil membentuk nasib kami sendiri,” imbuhnya.

    VW mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan menghemat sebesar 15 miliar euro atau setara Rp252,88 triliun (asumsi kurs Rp16.859 per euro) per tahun dalam jangka menengah dan tidak melihat adanya dampak yang signifikan terhadap rencana pada 2024.

    Pihak VW mengatakan sedang mencari opsi alternatif untuk pabrik Dresden dan menggunakan kembali situs Osnabrueck. Beberapa produksi kemudian akan dialihkan ke Meksiko.

    IG Metall, serikat pekerja logam yang dominan di Jerman, mengatakan kenaikan upah sebesar 5 persen yang disepakati pada November silam akan dibatalkan dan produksi kendaraan akan ditutup di pabrik Dresden pada akhir 2025.

    “Tidak ada lokasi yang akan ditutup, tidak ada yang akan di-PHK karena alasan operasional dan kesepakatan upah perusahaan kami akan dijamin untuk jangka panjang,” kata kepala dewan pekerja Daniela Cavallo.

    “Dengan tiga kesepakatan ini, kami telah mencapai solusi yang sangat kuat dalam kondisi ekonomi yang paling sulit,” katanya.

    (del/agt)

  • Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Jakarta

    Bos Mitsubishi buka suara soal kabar merger antara Nissan dan Honda. Representative Executive Officer, President, and CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato selaku prinsipal dari Jepang belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

    “Soal merger Nissan-Honda. Banyak orang bertanya, tapi ini masih rahasia,” kata Takao Kato di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Nissan dan Honda dikabarkan ingin melakukan merger guna menghadapi ketatnya persaingan di industri mobil listrik.

    Honda dan Nissan disebut-sebut telah membicarakan soal potensi merger. Langkah itu ditempuh di tengah ketatnya persaingan mobil listrik, terutama di China

    “Tapi sejauh ini belum ada keputusan. Berita ini merupakan prediksi dari apa yang sedang terjadi,” kata dia lagi.

    “Belum ada keputusan dari Mitsubishi Motors maupun perusahaan lain,” jelas Takao.

    “Kami sedang mempelajari lebih lanjut step yang lebih baik untuk melakukan kolaborasi bersama brand lain,” sambung dia.

    Melansir CNN, meski kedua perusahaan tersebut telah melakukan pembicaraan, tetapi mereka tidak memberikan rincian terkait kapan rencana merger tersebut terjadi.

    “Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, Honda dan Nissan sedang menjajaki berbagai kemungkinan untuk kolaborasi di masa mendatang, memanfaatkan kekuatan masing-masing,” tulis pernyataan Nissan dan Honda.

    Honda dan Nissan juga mengonfirmasi kepada CNN bahwa Mitsubishi adalah bagian dari pembicaraan awal ini, yang akan melibatkan produsen mobil besar ketiga Jepang yang potensial.

    Pada bulan Maret, Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka akan bermitra untuk kendaraan listrik dan pada bulan Agustus mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam teknologi baterai.

    Saat ini sejumlah produsen memang tengah menghadapi ketatnya persaingan dari industri otomotif yang beralih dari mesin bensin dan diesel ke kendaraan listrik. Produksi kendaraan listrik di China juga mengalami peningkatan yang pesat. Honda dan Nissan tak menampik kabar tentang potensi merger antar dua perusahaan. Namun disebut diskusi tersebut masih tahap awal dan belum tentu ada kesepakatan yang tercapai.

    Hal ini lantaran konsumen Tiongkok telah berbondong-bondong ke merek asing tetapi sebagian besar telah beralih ke merek domestik, yang memiliki nilai yang lebih baik di negara tersebut.

    Pemerintah Tiongkok juga telah memberikan insentif untuk membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida plug-in oleh pelanggan. Meskipun kedua perusahaan menawarkan EV dan plug-in – Nissan, khususnya, adalah pelopor dalam teknologi EV – merek Tiongkok seperti BYD telah melampaui teknologi mereka dan harganya lebih murah.

    Nissan mengatakan bahwa pendapatan operasionalnya antara Maret dan September turun 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sementara itu, Honda, yang kira-kira lima kali lebih besar dari Nissan, juga menghadapi tantangan. Perusahaan mengumumkan rencana untuk hanya menjual kendaraan tanpa emisi di pasar-pasar utama pada tahun 2040. Namun, transisi berjalan lambat, karena harga gas yang relatif rendah, infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan meningkatnya persaingan telah menurunkan permintaan EV di Amerika Serikat dan Eropa.

    Honda sejauh ini merupakan yang terbesar dari tiga produsen Jepang tersebut. Perjanjian baru ini belum diungkapkan secara gamblang,

    Diketahui aliansi Honda-Nissan-Mitsubishi sudah tercium pada 1 Agustus, kala itu rinciannya masih belum jelas. Namun Honda dan Nissan secara terpisah sudah menandatangani kesepakatan untuk mengerjakan baterai, motor listrik, dan kendaraan yang ditentukan software-defined vehicles (SDV). Selain itu, Nissan dan Honda akan saling melengkapi jajaran mobil internal combustion engine (ICE) dan mobil listrik.

    (riar/dry)

  • Indonesia Siap Jadi Pemain Global Hilirisasi Tembaga

    Indonesia Siap Jadi Pemain Global Hilirisasi Tembaga

    Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia berada pada posisi strategis dalam tren transisi energi global dengan mengembangkan industri hilirisasi tembaga. Langkah ini dinilai mampu mendukung teknologi rendah karbon sekaligus meningkatkan nilai tambah ekonomi nasional.

    Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mencatat bahwa ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia telah berkembang secara signifikan dan memiliki potensi strategis besar untuk menjawab kebutuhan pasar global.

    Direktur Eksekutif INDEF, Esther Sri Astuti menyebut Indonesia menempati posisi ke-10 dengan kepemilikan sekitar 3% dari total cadangan tembaga dunia, setara dengan 24.000 ton.

    ”Sejajar dengan China dan berada di atas negara-negara seperti Kazakhstan, Zambia, dan Canada. Sisa cadangan global sebesar 22% tersebar di berbagai negara lainnya. Meskipun bukan merupakan pemilik cadangan tembaga terbesar, posisi Indonesia cukup strategis dalam industri tembaga global. Besarnya cadangan yang dimiliki memberikan fondasi kuat bagi Indonesia untuk mengembangkan industri tembaga yang terintegrasi dan berkelanjutan. Posisi Indonesia sebagai pemilik cadangan tembaga terbesar ke-10 di dunia menunjukkan potensi signifikan dalam industri tembaga global,” kata Esther.

    Seiring dengan meningkatnya adopsi teknologi rendah karbon, kebutuhan global terhadap tembaga terus meningkat. Industri kendaraan listrik menjadi salah satu pendorong utama permintaan, mengingat teknologi ini membutuhkan logam tembaga dalam jumlah signifikan.

    Selain itu, pengembangan energi terbarukan seperti panel surya dan turbin angin, serta digitalisasi infrastruktur, memperkuat peran tembaga sebagai bahan strategis.

    ”Tren ini memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memperkuat sektor hilir tembaga melalui peningkatan nilai tambah. Dari pengolahan bijih tembaga menjadi konsentrat hingga produksi kabel listrik dan komponen kendaraan listrik, setiap tahapan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” kata Esther menjelaskan.

    Esther menekankan bahwa Indonesia memiliki kepastian pasar untuk investasi jangka panjang dalam hilirisasi tembaga. Pengembangan produk seperti komponen kendaraan listrik, sistem penyimpanan energi, dan infrastruktur energi pintar dinilai strategis untuk memperkuat daya saing nasional.

    Keberhasilan ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang menciptakan ekosistem industri terintegrasi. Implementasi UU Minerba menjadi salah satu pendorong utama terbentuknya rantai pasok yang kuat antara sektor hulu dan hilir.

    “Kebijakan yang mendukung keberlanjutan dan inovasi teknologi menjadi kunci transformasi industri tembaga di Indonesia. Transformasi sektor tembaga melalui hilirisasi diproyeksikan memberikan dampak signifikan, baik dalam peningkatan nilai ekspor maupun penciptaan lapangan kerja. INDEF mencatat bahwa sektor ini dapat menghasilkan ratusan ribu lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi signifikan terhadap GDP nasional,” ujar Esther.

    Selain itu, dengan meningkatnya kebutuhan global terhadap produk teknologi rendah karbon, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pemain utama dalam rantai pasok global.

    Langkah ini tidak hanya memperkuat perekonomian domestik tetapi juga memposisikan Indonesia sebagai pemimpin regional di sektor teknologi hijau.

    Sebagai contoh PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menyelesaikan pembangunan smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dengan kapasitas input 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

    Smelter ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 September 2024, menandai langkah signifikan dalam hilirisasi industri tembaga di Indonesia. Smelter ini merupakan fasilitas pemurnian tembaga dengan desain jalur tunggal terbesar di dunia yang dapat menghasilkan sekitar 600.000 hingga 700.000 ton katoda tembaga per tahun.

    Selain itu, Indonesia memiliki smelter tembaga dan fasilitas pemurnian logam mulia di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) di Bawah naungan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN).

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia juga turut memuji smelter tersebut karena menciptakan lapangan pekerjaan dan menaikkan pendapatan negara.

    “Lapangan kerjanya pun udah paten. Pendapatan negara udah mulai naik. Harapan kita besok pengusaha nasional yang sudah dikasih izin tambang, kalau tidak bangun smelter, saya akan tinjau aja, harus dipaksa bangun smelter,” kata Bahlil.

  • Hilirisasi Tembaga Dorong Pertumbuhan Strategis di Indonesia

    Hilirisasi Tembaga Dorong Pertumbuhan Strategis di Indonesia

    Bisnis.com, JAKARTA – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) melalui kajian terbarunya mengungkapkan perkembangan positif dalam pembentukan ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia. Temuan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif INDEF, Esther Sri Astuti, dalam paparan hasil kajian di Jakarta hari ini.

    “Indonesia memiliki posisi strategis dalam peta tembaga global dengan kepemilikan sekitar 3% dari cadangan tembaga dunia. Posisi ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan cadangan tembaga terbesar ke-10 di dunia dan produsen tembaga terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Esther.

    Menurut kajian INDEF, momentum ini diperkuat dengan tren global menuju transisi hijau yang membuka peluang besar bagi Indonesia. Konsumsi tembaga global diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2035 dengan pertumbuhan rata-rata 14% sejak 2016, terutama didorong oleh perkembangan industri kendaraan listrik dan teknologi ramah lingkungan.

    “Hilirisasi tembaga memiliki nilai strategis yang signifikan. Peningkatan nilai tambah dari hulu ke hilir sangat substansial, mulai dari pengolahan bijih tembaga menjadi konsentrat yang meningkat 2 kali lipat, hingga produk akhir berupa kabel listrik yang bisa mencapai 71 kali lipat nilai tambah,” jelas Esther.

    Dari sisi ekonomi, pengembangan industri hilir tembaga memiliki potensi dampak yang besar, mulai dari nilai ekspor yang mencapai 282 juta USD, penciptaan lapangan kerja (253.583 lapangan kerja) dengan kontribusi terhadap GDP sebesar 34,9 juta USD.

    Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, menekankan bahwa hilirisasi tembaga wajib memberikan manfaat kepada negara. Menurutnya hal itu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

    “Kita ingin proses nilai tambah yang panjang itu sebanyak mungkin memberi dampak bagi negara, untuk meningkatkan pendapatan negara, membuka lapangan kerja, dan membangun kemandirian (energi),” katanya.

    Selain itu INDEF mencatat bahwa pembentukan ekosistem menjadi aspek krusial dalam pengembangan hilirisasi industri tembaga.

    “Tanpa adanya ekosistem yang terintegrasi, sulit untuk mendorong hilirisasi karena membutuhkan keterkaitan antar sektor yang kuat,” kata Esther.

    Kajian INDEF menunjukkan bahwa ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia mulai terbentuk dengan baik, terutama setelah implementasi UU Minerba. Hal ini terlihat dari terbentuknya rantai nilai yang melibatkan berbagai aktor utama, dari produsen hulu hingga pemain hilir, termasuk industri kabel listrik.

    “Peran negara melalui kebijakan yang tepat terbukti krusial dalam membentuk ekosistem hilirisasi. Ini membuktikan pentingnya state-led development dalam transformasi industri. Kebijakan pemerintah telah berkembang dari penetapan dasar hukum hingga penguatan ekosistem industri yang terintegrasi, dengan fokus pada keberlanjutan dan inovasi teknologi,” kata Esther menjelaskan.

    Seperti diketahui, salah satu Langkah strategis yang dilakukan pemerintah melalui PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah dengan membangun smelter baru di Gresik, Jawa Timur.

    Smelter ini, yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 September 2024, merupakan fasilitas pemurnian tembaga dengan desain single-line terbesar di dunia, mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun menjadi sekitar 600.000 ton katoda tembaga.

    Investasi sebesar Rp58 triliun dalam pembangunan smelter ini tidak hanya meningkatkan kapasitas pengolahan tembaga nasional tetapi juga membuka peluang bagi tumbuhnya industrialisasi di Indonesia, khususnya di area Gresik, Jawa Timur. Beroperasinya smelter ini diperkirakan akan menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja, terdiri dari 1.200 pekerja kontraktor dan 800 karyawan PTFI.

  • Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    Blue Bird Group buka suara soal kemunculan perusahaan taksi listrik asal Vietnam, Xanh SM di Indonesia. Menurut mereka, kehadiran pemain baru di sektor bisnis yang sama merupakan suatu kewajaran.

    Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan, kemunculan pemain baru seperti Xanh SM asal Vietnam membuktikan pasar sedang sehat. Sehingga, dia menyambutnya dengan baik.

    “Hadirnya pemain baru di pasar merupakan hal yang wajar dan menandakan dinamika industri yang sehat,” ujar sosok yang karib disapa Andre tersebut saat dihubungi detikOto, Sabtu (21/12).

    “Bagi Blue Bird, kompetisi merupakan kesempatan untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi kami sebagai pelopor layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia yang relevan bagi masyarakat selama lebih dari 52 tahun ini,” tambahnya.

    Taksi listrik Hyundai Kona Electric milik Blue Bird. Foto: Doc. BlueBird Group.

    Andre menegaskan, dengan pengalaman lebih dari setengah abad, pihaknya lebih memahami kebutuhan pasar dan konsumen di Indonesia. Lebih lagi, kata dia, status Blue Bird yang merupakan perusahaan ‘anak bangsa’.

    “Blue Bird menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia, karena kami bangga paling Indonesia,” ungkapnya.

    Dia percaya, produk dan layanan lokal mampu menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi bangsa. Dia mengklaim, Blue Bird merupakan pionir dalam penerapan kendaraan listrik di Indonesia.

    “Kami memahami bahwa keberlanjutan tidak hanya tentang penggunaan kendaraan listrik, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang holistik untuk dampak jangka panjang,” kata dia.

    Taksi online asal Vietnam itu mulai mengaspal di Jakarta bulan ini. SUV listrik VinFast VF e34 digunakan sebagai armada taksi tersebut. Foto: Grandyos Zafna

    Diberitakan sebelumnya, PT XanhSM Green dan Smart Mobility Indonesia memperkenalkan layanan Xanh SM sebagai pendatang baru di sektor taksi online. Taksi Xanh SM yang identik dengan warna biru muda tersebut mengaspal di Jakarta mulai bulan ini.

    Operasional Xanh SM secara penuh menggunakan mobil listrik asal Vietnam, VinFast. Dilansir dari laman resminya, Xanh SM merupakan merek pertama yang melayani pemesanan mobil listrik di Negeri Bintang Jingga.

    “Layanan Xanh SM seluruhnya beroperasi menggunakan mobil listrik VinFast. Ini adalah generasi taksi tanpa aroma bensin, kebisingan mesin, baik untuk kesehatan pelanggan dan ramah lingkungan,” tulis Xanh SM dalam keterangannya di laman resmi.

    Perusahaan mengklaim punya tim terlatih dan supir profesional yang sudah mengikuti panduan pelayanan penuh dedikasi. Itulah mengapa, Xanh SM berkomitmen memberikan layanan bintang lima kepada para penumpangnya.

    (sfn/dry)

  • Top 5 News Bisnisindonesia.id: Nasib Pekerja Sritex hingga Target Tinggi Wisman saat PPN 12%

    Top 5 News Bisnisindonesia.id: Nasib Pekerja Sritex hingga Target Tinggi Wisman saat PPN 12%

    Bisnis, JAKARTA— Nasib raksasa tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. (SRIL) atau Sritex dan para pekerjanya kembali mengundang tanda tanya setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi terkait putusan pailit oleh Pengadilan Negeri Niaga Semarang.

    Sebelum kasasi, SRIL telah dinyatakan pailit oleh PN Niaga Semarang lewat putusan PN Semarang atas perkara No. 2/Pdt.Sus-Homologasi/2024/PN Niaga Smg. Selain Sritex, permohonan pailit tersebut mengarah ke anak perusahaan lainnya, yaitu PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya.

    Berita tentang perkembangan pailitnya SRIL menjadi satu dari lima berita dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id, Sabtu (21/12/2024). Simak ulasan singkatnya berikut ini.

    Nasib Pekerja Sritex (SRIL) Usai Resmi Dinyatakan Pailit

    Dalam perkara ini, PT Indobharat meminta PN Niaga untuk membatalkan putusan PN Semarang No. 12/Pdt.Sus PKPU/2021.PN.Niaga.Smg pada 25 Januari 2022 terkait Pengesahan Rencana Perdamaian (Homologasi).

    “Menyatakan PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Sinar Pantja Djaja, PT Biratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya pailit dengan segala akibat hukumnya,” tulis pernyataan dalam putusan terbaru.

    PN Niaga Semarang juga telah menyatakan bahwa para termohon telah lalai dalam memenuhi kewajiban pembayarannya kepada Pemohon berdasarkan Putusan Homologasi tanggal 25 Januari 2022. Setelah kasasi ditolak, Tim Kurator Sritex telah mengidentifikasi total tagihan yang diajukan kreditur kepada raksasa tekstil yang belakangan dinyatakan pailit itu mencapai Rp32,63 triliun.

    Bagaimana respons perusahaan soal kasus ini? Penjelasan lebih lanjut mengenai perkembangan Sritex bisa diakses melalui Bisnisindonesia.id.

    Target Tinggi Wisatawan Mancanegara 2025 di Tengah Kenaikan PPN 12%

    Penetapan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) 12% yang berlaku tahun 2025 berlanjut di tengah ambisi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengerek tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Pemerintah mengincar 14,6 juta hingga 16 juta kunjungan pada 2025.

    Adapun, target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 14,3 juta kunjungan. Untuk target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus), Kemenpar mematok sebesar 1,08 miliar perjalanan. Target tersebut sedikit lebih rendah dibanding target 2023 dan 2024 yang dipatok di kisaran 1,2 miliar hingga 1,4 miliar.

    Pemerintah juga menetapkan kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 4,6% pada 2025 dengan nilai devisa ditargetkan di kisaran US$19 miliar sampai dengan US$22,1 miliar dan jumlah tenaga kerja di sektor ini sebanyak 25,8 juta orang. Pemerintah pun optimistis bahwa target itu bakal tercapai dengan mengandalkan sejumlah inovasi.  

    Apa saja rancangan inovasi pemerintah untuk memoles daya tarik pariwisata RI di mata wisman? Simak berita selengkapnya di Bisnisindonesia.id.

    Masa Depan Aluminium RI Usai Pemerintah Kebut Proyek Kendaraan Listrik

    Permintaan aluminium rendah karbon diproyeksi akan mengalami lompatan pada 2033 seiring dengan kian masifnya penggunaan kendaraan listrik. Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara, permintaan kebutuhan aluminium rendah karbon juga diperkirakan akan meningkat di Indonesia.

    Proyeksi tersebut diungkapkan oleh produsen aluminium berbasis di Rusia, Rusal. Menurut perkiraan perusahaan tersebut, sektor kebutuhan konsumen dan otomotif akan menjadi pengadopsi pertama aluminum rendah karbon di masa depan. 

    Hal ini sejalan dengan ambisi pemerintah untuk membangun 100 gigawatt pembangkit listrik dalam 15 tahun ke depan. Dari total tersebut, 75% di antaranya atau 75 GW akan berasal dari pembangkit listrik energi terbarukan. Langkah ini sejalan dengan target net zero emission yang dapat tercapai pada 2060, sekaligus memangkas emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 senilai ekuivalen karbondioksida 140 juta ton.

    Bagaimana kemampuan industri aluminium di Tanah Air menghadapi prospek positif di balik perkembangan kendaraan listrik? Tim redaksi Bisnisindonesia.id telah membuat laporan lengkapnya.

    Mobil Hibrida Menolak Pelemahan Ekspor

    Meski laju ekspor mobil Indonesia mengalami penurunan, pengapalan kendaraan terlektrifikasi, terutama bertipe hibrida, meningkat signifikan.

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan ekspor mobil dalam bentuk utuh (completely built-up/CBU) pada Januari—November 2024 turun 9,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 343.223 unit. Adapun, volume pengapalan mobil dalam bentuk terurai lengkap (completely knock down) turun 20% dibandingkan dengaan periode yang sama tahun lalu menjadi 35.179 unit.

    Namun demikian, ekspor mobil terelektrifikasi, baik mobil listrik baterai (BEV) maupun mobil listrik hibrida (HEV) mengalami peningkatan, seiring dengan tren mobilitas ramah lingkungan di pasar global. Ekspor mobil listrik baterai rakitan Indonesia sepanjang Januari—November 2024 meningkat 597% dibandingkan pengapalan pada 2023 sebanyak 3.904 unit menjadi 17.570 unit.

    Negara mana saja yang menjadi pasar mobil hibrida Indonesia? Bagaimana potret pasar mobil hibrida global saat ini? Berita selengkapnya bisa diakses melalui tautan yang tersedia.

    Ketika Arus Peti Kemas Menurun Tapi Kasus Pelanggaran Meningkat

    Arus peti kemas ekspor dan impor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, mengalami penurunan sepanjang tahun ini. Akan tetapi, kasus pelanggaran justru mengalami peningkatan.

    Berdasarkan data Bea dan Cukai, jumlah peti kemas impor di Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 1.296.779 unit dan peti kemas ekspor sebanyak 765.143 unit. Adapun pada 2023, arus peti kemas impor mencapai 1.316.322 unit, dan peti kemas ekspor 1.113.748 unit.

    Arus peti kemas impor turun 1,5%, sementara arus peti kemas ekspor anjlok 31,3%. Dengan demikian, tingkat penurunan arus peti kemas ekspor dan impor di kisaran 15%.

    Meski arus peti kemas barang impor dan ekspor pada tahun ini menunjukkan penurunan signifikan, kasus pelanggaran kepabeanan meningkat signifikan. Pada 2024, terdapat 1.849 kasus pelanggaran kepabeanan (hasil target intelijen), dengan 1.744 kasus impor dan 105 kasus ekspor. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan kondisi 2023 dengan 597 kasus.

    Bagaimana potret penindakan oleh Bea Cukai Tanjung Priok? Laporan selengkapnya tersedia di Bisnisindonesia.id.