Produk: kendaraan listrik

  • Indomobil Respons Soal Merger Honda dan Nissan

    Indomobil Respons Soal Merger Honda dan Nissan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Distributor Nissan di Indonesia, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) membenarkan komunikasi aktif antara Honda Motor Co dan Nissan Motor Co menyusul rencana merger dua raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

    “lnformasi tersebut memang benar,” kata Direktur Utama IMAS Jusak Kertowidjojo, Selasa (24/12), diberitakan CNBC Indonesia.

    Meski begitu, Jusak mengaku hingga sekarang belum ada pembicaraan antara Nissan Global dengan pihaknya mengenai merger Honda dan Nissan. Sementara di Indonesia, mobil Honda di Indonesia diniagakan oleh agen pemegang merek (APM) PT Honda Prospect Motor.HPM bergerak di bidang produksi, pemasaran.

    “Belum ada pembicaraan antara Perseroan dengan Nissan Global terkait rencana aksi korporasi Nissan Global dengan Honda,” ungkapnya.

    Ia dapat memastikan, informasi yang beredar belum bisa dipastikan dampaknya pada operasional, baik penjualan jangka pendek maupun panjang Nissan di dalam negeri.

    Sejauh ini IMAS juga belum memiliki informasi detail terkait merger kedua perusahaan untuk bisnis masing-masing merek di Indonesia.

    Sebelumnya, diketahui dua produsen otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan, mengumumkan rencana merger keduanya dengan memulai kemitraan strategis dan mendirikan perusahaan induk baru pada 2026.

    “Perusahaan-perusahaan tersebut akan mempertimbangkan untuk membawa Mitsubishi Motors di bawah perusahaan induk untuk menciptakan salah satu grup otomotif terbesar di dunia,” dikutip dari Nikkei Asia.

    Penggabungan dua merek Jepang tersebut, ditambah dengan partisipasi Mitsubishi Motors – di mana Nissan menjadi pemegang saham utama, akan menciptakan grup otomotif terbesar ketiga setelah Toyota dan Volkswagen, dengan prediksi penjualan mencapai lebih dari 8 juta mobil.

    Seperti diketahui, bentuk sinergi yang dibahas meliputi Honda memasok kendaraan hybrid ke Nissan dan penggunaan bersama pabrik perakitan mobil Nissan di Inggris.

    Tujuh poin kesepakatan sinergi kedua perusahaan

    1. Standardisasi platform kendaraan

    Berbagai platform dipercaya menciptakan produk yang lebih kompetitif sambil mengurangi biaya produksi dan pengembangan.

    Standardisasi ini juga memungkinkan perusahaan menawarkan berbagai jenis kendaraan, termasuk mesin pembakaran dalam mobil konvensional (ICE), hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV), dan kendaraan listrik (EV). Cara ini diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan dan profitabilitas.

    2. Sinergi R&D

    Penelitian dan pengembangan (R&D) yang terintegrasi di bidang teknologi meliputi aplikasi, dan platform untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV). Kedua perusahaan diharapkan dapat mempercepat pengembangan teknologi kendaraan lebih terima konsumen namun dengan biaya tidak terlalu besar.

    3. Optimasi sistem dan fasilitas manufaktur

    Pengoptimalan fasilitas produksi menjadi salah satu prioritas utama dalam merger ini. Dengan berbagi lini produksi dan mengintegrasikan fasilitas, kedua perusahaan berharap dapat meningkatkan utilisasi pabrik, mengurangi biaya sehingga lebih efisiensi. Pengurangan emisi karbon dari pabrik juga menjadi fokus kedua perusahaan.

    4. Penguatan rantai pasok

    Integrasi fungsi pengadaan akan memungkinkan Honda dan Nissan meningkatkan daya saing dengan menyelaraskan sumber komponen dari rantai pasokan yang sama.

    Berkolaborasi bersama mitra bisnis, kedua perusahaan dapat memperoleh komponen secara lebih efisien, yang akan mendukung pengembangan dan produksi kendaraan secara optimal.

    5. Sinergi untuk menekan biaya operasional

    Penggabungan sistem dan proses operasional, termasuk back-office, akan menjadi fokus utama untuk menciptakan efisiensi yang signifikan.

    Standardisasi proses dan integrasi operasional, maka kedua perusahaan dapat menekan biaya secara signifikan, meningkatkan profitabilitas, dan mempercepat pengambilan keputusan.

    6.Sinergi manajemen keuangan

    Merger ini memungkinkan kedua perusahaan untuk meningkatkan fungsi operasional mulai dari pemasaran, produksi, hingga logistik untuk keberlangsungan kendaraan di dunia.

    7. Membentuk SDM yang berkualitas

    Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi kedua perusahaan. Setelah integrasi, pertukaran karyawan dan kolaborasi teknis akan ditingkatkan untuk memacu pengembangan keterampilan karyawan. SDM yang berkualitas diharapkan siap bertransformasi menuju era kendaraan listrik dan teknologi cerdas.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Wamen BUMN Cek Langsung Kesiapan SPKLU PLN Layani Kebutuhan Nataru

    Wamen BUMN Cek Langsung Kesiapan SPKLU PLN Layani Kebutuhan Nataru

    TRIBUNJATENG.COM – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Komisaris PT PLN (Persero), Aminuddin Ma’ruf memastikan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang Tol Trans Jawa dan Sumatra siap melayani masyarakat selama masa mudik serta libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Kesiapan itu dipastikan setelah ia meninjau langsung SPKLU di Rest Area KM 43 A ruas tol Jakarta – Merak, Banten yang didampingi Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada Selasa, (24/12).

    Dalam kunjungannya, Aminuddin mengapresiasi PLN dalam menyiapkan infrastruktur SPKLU di jalur Trans Jawa dan Sumatra yang diproyeksikan akan melayani peningkatan pengguna mobil listrik sebesar 2,5 hingga 3 kali lipat dibanding periode tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, kapasitas SPKLU di sepanjang jalur mudik telah ditingkatkan sebanyak 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu dari hanya 64 unit menjadi 500 unit.

    “Tadi sudah kita cek, semua kendaraan terlayani tanpa antre, sangat nyaman untuk digunakan oleh teman-teman yang berkendaraan listrik. Dan kenaikan 2,5 kali lipat pengguna juga direspons oleh teman-teman PLN dengan meningkatkan kapasitas 8 kali lipat dari tahun kemarin,” ucap Aminuddin.

    Sementara itu, Darmawan menyampaikan, saat ini PLN telah menyiapkan 3.069 unit SPKLU yang tersebar di 2.096 lokasi di seluruh Indonesia. Sebanyak 6 ribu personel SPKLU juga telah disiagakan untuk bertugas bergantian selama 24 jam nonstop.

    “Kami memastikan bahwa masyarakat yang menggunakan mobil listrik untuk mudik tidak akan mengalami kendala kehabisan daya di tengah jalan. Pola konsumsi penggunaan SPKLU telah kami petakan dari tren tahun sebelumnya, termasuk periode Nataru dan Lebaran,” jelas Darmawan.

    Selain itu, untuk memanjakan pengguna kendaraan listrik, PLN juga menyediakan fitur Trip Planner melalui aplikasi PLN Mobile. Fitur ini memudahkan pengguna mobil listrik merencanakan perjalanan mereka dengan informasi lokasi SPKLU, jarak tempuh, dan kebutuhan pengisian daya.

    “Saudara-saudara kita dapat menggunakan fitur Trip Planner di PLN Mobile. Cukup masukkan tujuan perjalanan dan jenis kendaraan listrik, sistem akan memberi tahu lokasi-lokasi SPKLU terdekat sepanjang perjalanan untuk mengisi daya kendaraan listriknya,” terang Darmawan.

    Bukan hanya itu, lanjut Darmawan, pihaknya juga menyediakan hotline khusus untuk membantu para pengguna kendaraan listrik saat melakukan perjalanan mudik atau libur Nataru. Dirinya berharap dengan ketersediaan SPKLU yang cukup dan upaya yang dilakukan oleh PLN dapat semakin memudahkan seluruh pengguna kendaraan listrik. 

    “Kami berharap saudara-saudara kita yang mudik menggunakan mobil listrik, bisa betul-betul nyaman dan menikmati waktu penuh kebahagiaan bersama keluarga. Jika ada kondisi darurat, cukup tekan tombol bantuan di aplikasi PLN Mobile atau hubungi WhatsApp di 087771112123,” tutup Darmawan. (*)

  • Ayah Dapat Donasi Rp 361 Juta dan Mobil usai Kerja Bawa Anak Sakit Parah, Tetap Pilih Naik Motor

    Ayah Dapat Donasi Rp 361 Juta dan Mobil usai Kerja Bawa Anak Sakit Parah, Tetap Pilih Naik Motor

    TRIBUNJATIM.COM – Seorang ayah dapat donasi Rp 361 juta dan mobil usai viral kerja bawa anak sakit parah naik motor.

    Ayah di Malaysia itu bernama Mohd Azlan Ishak.

    Pria berusia 36 tahun itu viral membawa bayinya yang sakit dan memakai ventilator ke rumah sakit dengan sepeda motor.

    Setelah kisahnya viral hingga membeberkan status pernikahannya, Ishak mengaku kehidupannya kini semakin membaik.

    Azlan mengungkapkan kelegaannya karena bisa terus hidup sederhana, namun yang penting baginya adalah melihat putranya kembali sehat dan bahagia.

    Putranya, Aariz Zafran kini menunjukkan perkembangan positif meski terlahir dengan masalah paru-paru kronis dan bergantung pada alat bantu pernapasan sejak kecil.

    “Saya bersyukur kehidupan setelah menikah lebih baik dari sebelumnya. 

    Bagaikan ‘kupu-kupu yang keluar dari kepompongnya’, kehidupan keluarga kami menjadi lebih bebas dan terbuka.

    “Kondisi Aariz semakin membaik. 

    Ia tidak lagi sepenuhnya bergantung pada oksigen. 

    Pagi dan malam, dia bisa bermain selama tiga jam tanpa tangki oksigen. 

    Hanya saja, gunakan tangki penuh hanya saat tidur.

    “Berat badan anak saya sudah mencapai 17 kilogram (kg) di usia satu tahun lima bulan. 

    Saya meneteskan air mata saat melihatnya mulai berjalan dan dia mulai memanggil saya ‘abah’,” kata Azlan yang jelas tak bisa menyembunyikannya sukacita, melansir dari mStar via TribunTrends.

    Setelah kisah Azlan viral, seorang operator bengkel otomotif di Alor Setar, Kedah mendonasikan sebuah mobil bekas Proton Persona untuk meringankan beban keluarga kecil tersebut.

    Selain itu, Azlan juga menerima bantuan bulanan sebesar RM500 (Rp 1,8 juta) dari Departemen Kesejahteraan Sosial (JKM) untuk mendukung putranya yang membutuhkan perawatan berkelanjutan.

    Meski menerima bantuan keuangan sekitar RM100.000 (Rp 361 juta) dari sumbangan masyarakat, Azlan tidak memanfaatkannya dan terus bekerja keras untuk menghidupi keluarganya.

    Bahkan, saat ini ia masih bekerja sebagai asisten di anjungan ikan dan mengantarkan stok bahan baku di sekitar Sungai Petani menggunakan sepeda motor miliknya sendiri.

    “Kondisi mobil masih bagus dan kami gunakan untuk keperluan keluarga. 

    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    “Bantuan dana itu akan saya gunakan sepenuhnya untuk kebutuhan anak-anak saya, termasuk masa depan mereka. 

    Namun untuk kebutuhan sehari-hari, saya tetap akan bekerja keras sendiri.

    Hanya saja Allah yang memberi rezeki dan merawat anak yang sakit itu. 

    Jadi biaya sekolah anak saya kalau sudah besar sudah tidak diperlukan lagi, dia bisa gunakan uang bantuan ini,” jelasnya.

    Ketika kisahnya mendapat simpati banyak orang, seorang imam Masjid Al-Makruf, Alor Setar mengungkapkan bahwa Azlan dan wanita yang sering terlihat bersamanya, Norhidayu (36), belum menikah dan tinggal bersamanya.

    Tudingan tersebut memicu berbagai spekulasi di masyarakat hingga Azlan mengaku belum bersatu sebagai pasangan sah pada 24 Mei 2024 lalu.

    Setelah itu, Azlan dan Norhidayu langsung menikah pada 28 Mei 2024 dan kini masih tinggal serumah di Taman Kota Nelayan, Kedah.

    Melihat kejadian tersebut sebagai pembelajaran, Azlan mengatakan pengalaman tersebut mengajarkannya untuk banyak berjuang dan berubah menjadi suami, ayah, dan pribadi yang lebih baik.

    “Saya mengakui kesalahan saya di masa lalu, tetapi saya memahami bahwa orang-orang tidak mengetahui situasi sebenarnya. 

    Apapun yang terjadi, jangan sia-siakan nyawa bayi yang tidak bersalah. 

    Mereka masih percaya pada Tuhan.

    “Sekarang, saya hanya ingin fokus membesarkan Aariz dan memastikan dia mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan saya sebagai ayahnya.

    “Pengalaman yang saya lalui ini menjadi pembelajaran dan pelajaran berarti bagi diri saya sendiri.

    Semoga bagi orang lain yang mengikuti perjalanan cerita kami,” ujarnya menutup perbincangan.

    Sementara itu sebelumnya, kisah ayah bawa anak 3 tahunnya saat jadi kurir juga viral di media sosial.

    Kisah nyata ini terjadi Suzhou, Hubei, China.

    Melansir dari Eva via TribunTrends, si ayah masih berusia 24 tahun.

    Menurut surat kabar Sohu, ia sering membawa putranya yang masih kecil ke tempat kerja. 

    Gambaran seorang anak laki-laki berusia 3 tahun yang duduk rapi di dalam kotak kargo di belakang ayahnya, di atas kendaraan listrik, membuat banyak orang merasa aneh.

    “Mengapa kamu membawa anakmu ke tempat kerja, kasihan sekali anak itu? Ibunya Dimana bayinya?” tanya mereka.

    Saat ditanya, pengirimnya hanya tersenyum kecut. 

    Semua orang ingin anaknya hidup sehat dan berkeluarga utuh.

    Namun menurutnya ibu anak tersebut pergi tanpa penjelasan lebih lanjut, seolah tak pernah muncul dalam kehidupan ayah dan anak tersebut.

    Meski mengalami kemalangan, anak yang “mencuri” itu berperilaku sangat baik, tidak menangis, dan tidak menimbulkan masalah saat ayahnya tidak ada.

    Dia bermain sendiri dan menghabiskan sebagian besar waktunya duduk diam di bus di belakang punggung ayahnya. 

    Apa yang dipikul oleh pengirim muda di punggungnya bukanlah seorang anak tetapi tanggung jawab seorang ayah. 

    Ini membawa beban besar yang tidak semua orang memiliki kepercayaan diri dan kekuatan untuk melakukannya.

    Banyak orang yang lewat melihat situasi ayah dan anak tersebut dan merasa sedih serta simpati.

    Setelah memposting foto ayah dan anak di media sosial, banyak orang, terutama orang tua, yang sangat terharu dan dikagumi.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Libur Natal, 15.000 Pengunjung Padati TMII

    Libur Natal, 15.000 Pengunjung Padati TMII

    loading…

    Ribuan pengunjung memadati Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada libur Natal 2024. Foto/SINDOnews/nur khabibi

    JAKARTA – Ribuan pengunjung memadati Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada libur Natal 2024. Para pengunjung tersebut umumnya berasal dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

    Direktur Komersial TMII Ratri Paramita mengatakan, berdasarkan data per pukul 15.00 WIB tercatat sebanyak 15.000 pengunjung memadati objek wisata TMII.

    “Sampai jam 3 (15.00 WIB) hari ini kita di 15.000, tapi saya yakin tercapai 25.000 hari ini, karena kita bukanya lebih malam sampai jam 8 (20.00 WIB),” kata Ratri di kawasan TMII pada Rabu (25/12/2024).

    Menurut Ratri, target TMII dalam musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini dapat mendatangkan 250.000 pengunjung. Ratri menjelaskan, pada musim libur Nataru kali ini TMII menyajikan beragam hiburan yang bisa dipilih pengunjung dari semua usia. Mulai dari perdana ria atau pasar malam hingga pertunjukan Stuntman Show Internasional.

    “Ini agak beda dengan tahun kemarin, tahun ini kita banyak menggandeng mitra, jadi enggak cuman satu, bisa lihat ada perdana ria itu pasar malam, biasanya pasar malam itu malam aja ini pagi sampai malam,” ujarnya.

    “Lalu ada Pipilaka ini kita bawa akan menjadi event nasional immersive itu bisa masuk itu untuk anak-anak, lalu ada international stuntman show di depan itu stuntman show pertama internasional yang diselenggarakan di Taman Mini,” sambungnya.

    Ratri menekankan, pengunjung agar tidak mengandalkan angkutan keliling TMII. Sebab antrean terlihat cukup panjang.

    “Kalau di sini memang mereka antre untuk naik ke angkutan keliling, kalau saran saya eksplore jalan kaki, karena di setiap sisi di setiap sudutnya kita jalan itu lihat anjungan, lihat wahana, di situ sebenarnya nikmatnya Taman Mini,” ucapnya.

    Pantauan di lokasi di halte selatan angkutan keliling Taman Mini, terlihat antrean pengunjung cukup panjang. Mereka rela berdiri dalam waktu yang cukup lama agar mendapat giliran menaiki kendaraan berbentuk minibus tanpa pintu itu.

    Di sisi lain, terlihat antusias pengunjung menaiki kendaraan listrik roda tiga. Beberapa dari mereka dengan sabar menunggu giliran dengan duduk sambil bercengkerama.

    (cip)

  • Libur Nataru 2024/2025 Pemudik Mobil Listrik Melonjak, SPKLU PLN Siap Layani

    Libur Nataru 2024/2025 Pemudik Mobil Listrik Melonjak, SPKLU PLN Siap Layani

    TRIBUNJATENG.COM,BATANG – Jumlah pemudik yang menggunakan mobil listrik selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) di Tol Batang-Semarang meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Andre, warga Jakarta Barat, menjadi salah satu dari ribuan pemudik yang menggunakan mobil listrik pada Nataru kali ini.

    Ia melakukan perjalanan dari Jakarta Barat ke Solo dan mengisi daya mobilnya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN di Rest Area Tol Batang-Semarang 379A.

    “Ini pertama kali saya mudik Nataru pakai mobil listrik hingga keluar kota. Ternyata sangat irit, hanya seperempat biaya dibandingkan mobil mesin,” ujar Andre, Rabu (25/12/2024).

    Andre mengatakan bahwa saat menggunakan mobil mesin, ia harus mengeluarkan Rp800 ribu untuk sekali jalan ke Solo.

    Namun, dengan mobil listrik, biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari Rp200 ribu.

    “Pengalaman mudik dengan mobil listrik sangat menyenangkan. Dari sisi tenaga lebih nyaman, biaya lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan,” tambahnya.

    Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, bersama jajarannya saat mengunjungi SPKLU di Rest Area Tol Batang-Semarang 379A, Rabu (25/12/2024).

    Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, bersama jajarannya mengunjungi SPKLU di Rest Area Tol Batang-Semarang 379A.

    Dalam kunjungannya, Darmawan menyebutkan bahwa jumlah pemudik yang menggunakan mobil listrik meningkat signifikan.

    “Pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, jumlah pemudik mobil listrik sekitar 2.800.

    Sekarang diperkirakan meningkat menjadi lebih dari 7.000, naik tiga kali lipat. Jumlah transaksi per hari juga meningkat lima kali lipat,” jelas Darmawan.

    PLN telah meningkatkan jumlah SPKLU hingga delapan kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan pemudik mobil listrik.

    “Tugas kami adalah memonitor antrean di SPKLU karena penting sekali.

    Mengisi mobil listrik membutuhkan waktu 20-30 menit, berbeda dengan mobil bensin yang hanya 2 menit,” jelas Darmawan.

    Ia menambahkan, jika ada antrean 10 mobil di satu SPKLU, waktu tunggu bisa mencapai 300 menit atau lima jam. 

    Namun, dengan banyaknya SPKLU yang disediakan PLN, skenario buruk tersebut dapat dihindari. 

    Hasil pantauan menunjukkan antrean hanya berkisar antara lima hingga 10 menit.

    “Saat ini jumlah SPKLU cukup, terutama di jalur mudik. Tahun lalu jumlah SPKLU di jalan tol Jawa-Sumatra sekitar 60-an, sekarang lebih dari 500,” ungkapnya.

    Darmawan menegaskan bahwa fokus utama PLN adalah memastikan kenyamanan pemudik mobil listrik sehingga mereka dapat menikmati waktu bersama keluarga.

    Selain itu, sistem ketenagalistrikan selama Nataru 2024/2025 terpantau sangat andal dengan stok energi primer yang aman dan pembangkit dalam kondisi optimal.

    “Pemeliharaan pembangkit sudah dilakukan sejak 3-4 bulan lalu sehingga sekarang dalam kondisi prima. Gardu Induk dan transmisi berjalan baik, distribusi dan retail juga berjalan baik. Kami mengerahkan 81 ribu pegawai untuk siaga selama Nataru dan membangun 4.900 posko,” pungkasnya.(din)

  • Dukung Swasembada Aluminium, INALUM Cetak Kinerja All-Time High

    Dukung Swasembada Aluminium, INALUM Cetak Kinerja All-Time High

    Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Grup BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), berhasil mencetak kinerja perusahaan terbaik sepanjang sejarah pada tahun 2024. Hal ini merupakan dampak positif dari langkah strategis Peseroan dalam mendorong produksi dan penjualan guna mengkapitalisasi pasar domestik, dan mampu membantu mewujudkan swasembada alumunium dari mineral dalam negeri.

    Adapun, INALUM mencapai All-Time High Achievement Supply Chain & Commercial Management 2024. INALUM berhasil mencapai All-Time High Production dengan kinerja produksi mencapai 265.546 kT per tanggal 22 desember 2024 yang merupakan capaian tertinggi sejak 2014 sebesar 264.474 kT.

    Selanjutnya, penjualan aluminium INALUM juga mencapai level tertinggi sebesar 263.195 metric ton (MT), yang merupakan rekor tertinggi sejak 2013 di level 260.651 MT.

    INALUM juga mampu meraih Quadrant 1 pada World-Class Smelter Cost Management dari Wood Mackenzie. Dari sisi cost leadership, INALUM telah berhasil menurunkan cash cost dari kuartal ketiga 2023 ke kuartal ketiga 2024 sebesar 9,5% sampai dengan 10%.

    Direktur Utama INALUM Ilhamsyah Mahendra menjelaskan sangat bersykur bahwa langkah strategis yang dijalankan Perseroan dalam beberapa tahun terkahir mulai memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan. “Kami akan berupaya konsisten melanjukan inisiatif yang telah dicanangkan agar mampu melesat lebih tangguh lagi di masa depan,” katanya.

    Ilham memaparkan kapasitas produksi INALUM mencapai 275.000 ton per 2024. Dengan Pot Upgrading dan Pot Optimalization, kapasitas produksi INALUM bisa sampai 300.000 ton di 2025-2026. INALUM berencana untuk ekspansi smelter ke-2 dengan kapasitas 600.000 ton aluminium, dan smelter ke-3 dengan kapasitas 600.000 ton sehingga total kapasitas produksi aluminium mencapai 1,5 juta ton dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.

    Dengan langkah ini, INALUM berupaya untuk mencukupi kebutuhan pasar aluminium domestik yang mencapai 1 juta s.d 1,2 juta ton dengan pertumbuhan pasar 3% sampai 5% pa.

    Di samping itu, permintaan aluminium global masih mengalami defisit pasokan sebesar 3 juta sampai 5 juta, sehingga menjadi kesempatan sangat baik untuk seluruh produksi aluminium global termasuk INALUM.

    “Kami akan mengkapitalisasi kesempatan ini sebaik mungkin. Tidak hanya untuk mencukupi pasar domestik tetapi juga meningkatan penetrasi pasar global, sehingga konsisten dapat melanjutkan kinerja terbaik ini di tahun-tahun berikutnya,” katanya.

    Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menjelaskan pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Grup MIND ID dalam mendukung swasembada aluminium Indonesia guna mampu menjadi penggerak hilirisasi dan industrialisasi dalam negeri.

    Dengan peran sebagai strategic active holding, MIND ID juga telah melakukan integrasi bisnis antara PT Aneka Tambang Tbk dan INALUM dalam upaya hilirisasi bauksit menjadi alumina yang menjadi bahan baku utama produksi alumunium bagi INALUM.

    “Kami tentunya sangat bersyukur dengan pencapaian ini dan kami akan terus konsisten untuk terus menjalankan seluruh inisiatif strategis yang telah direncanakan untuk mendukung sektor industri manufaktur agar mampu memberikan nilai tambah lebih baik lagi menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

    Heri menjelaskan aluminium akan menjadi salah satu komoditas utama dalam mendukung pembentukan ekosistem kendaraan listrik Indonesia. Terlebih kegunaannya cukup dominan sebagai penyusun rangka baterai, bodi dan velg mobil.

    “Kami akan konsisten mendukung pemerintah agar dapat mencapai pertumbuhan 8% dengan menjalankan serangkaian program hilirisasi mineral yang nantinya akan memperkuat industri strategis yang diamanatkan oleh pemerintah kepada MIND ID, yakni ekosistem kendaraan listrik,” katanya.

  • Gaspol! Geely Mau Investasi di Indonesia

    Gaspol! Geely Mau Investasi di Indonesia

    Jakarta

    Geely Holding Group bakal kembali ke Indonesia. Merek asal China itu bakal melakukan investasi produksi kendaraan listrik di Indonesia.

    Hal ini diketahui saat Menteri Investasi dan Hilirisasi Republik Indonesia/Kepala BKPM, Rosan Roeslani bertemu dengan Geely Holding Group di Republik Rakyat Tiongkok pada Rabu, 18 Desember 2024.

    Pertemuan di fasilitas produksi Geely Auto Group membahas potensi investasi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia. Salah satu produsen otomotif global terkemuka itu disebut telah berkomitmen melakukan kerja sama perakitan industri mobil listrik dengan perusahaan Indonesia.

    “Kami menyambut baik ajakan untuk pengembangan industri otomotif di Indonesia. Kami juga mengembangkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari mulai refinery, industri baterai dan battery recycling,” kata Vice President Geely Auto Group Song Jun.

    Geely memegang saham di beberapa merek mobil terkenal Eropa di antaranya Volvo, Daimler dan Lotus. Di Asia Tenggara, Geely menjadi pemegang saham minoritas Proton.

    Jun mengungkapkan, perusahaan yang telah berdiri lebih dari satu dekade itu juga sedang mengembangkan mobil berbahan bakar metanol dan mulai dipasarkan ke beberapa negara.

    “Kami melihat, di Indonesia potensi pengembangan mobil berbahan bakar metanol sangat besar karena Indonesia adalah produsen kelapa sawit terbesar di dunia dan kita tahu bahwa metanol itu salah satunya dari sawit,” ungkapnya.

    Dalam siaran pers Geely, kunjungan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mempercepat hilirisasi dan mendorong investasi di sektor kendaraan listrik serta industri strategis lainnya.

    Yusuf Anshori Brand Director Geely Indonesia menyebut Geely Holding Group juga menyampaikan perkembangan dan rencana investasi terintegrasi di Indonesia, termasuk upaya untuk mendukung pertumbuhan sektor kendaraan listrik di Tanah Air.

    “Geely Holding Group, sebagai salah satu pemimpin global dalam industri otomotif, juga menyampaikan progres dan rencana investasi terintegrasi di Indonesia, termasuk upaya untuk mendukung pertumbuhan sektor kendaraan listrik di tanah air,” tambah dia.

    Tidak disebutkan rinciannya model apa dan kapan Geely Holding Group bakal merealisasikan rencana investasi tersebut.

    “Geely Holding Group berkomitmen untuk terus membawa teknologi inovatif dan mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia guna mendukung agenda keberlanjutan nasional,” tulis pernyataan resmi Geely.

    Geely datang ke Indonesia dengan bendera Geely Auto Indonesia. Rencananya, manufaktur yang berdiri pada 6 November 1986 itu akan memasarkan mobilnya di Indonesia pada kuartal 1 2025.

    (riar/lua)

  • Pemerintah Malaysia Ganti Kendaraan Dinas ke Mobil Listrik Mulai Tahun Depan

    Pemerintah Malaysia Ganti Kendaraan Dinas ke Mobil Listrik Mulai Tahun Depan

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia berencana mengganti kendaraan dinas dari mobil konvensional ke mobil listrik mulai tahun depan. Proyek ini bertujuan untuk menunjukkan penerapan inisiatif kendaraan rendah emisi di lingkungan pemerintahan, agar nantinya bisa ditiru oleh departemen dan lembaga-lembaga lainnya.

    Seperti diungkap Menteri Sumber Daya Alam dan Kelestarian Lingkungan Hidup Nik Nazmi Nik Ahmad, peralihan kendaraan dinas pemerintah ke kendaraan listrik (EV) akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun depan.

    “Transisi ini tidak dilakukan sekaligus, akan dilaksanakan secara bertahap, namun prosesnya sudah dimulai dan akan segera diselesaikan,” bilang Nik Azmi dikutip Bernama.

    Nik Azmi tidak menjelaskan lebih rinci, lembaga pemerintahan apa saja yang bakal menggunakan mobil listrik. Dia mengatakan hal itu tergantung kebutuhan dan keputusan Kementerian Keuangan.

    “Tergantung kebutuhan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, karena dalam pedoman (peralihan kendaraan pemerintah) perlu dilihat, apa kebutuhannya, tergantung apakah transisi itu bisa dipenuhi oleh EV lokal atau merek EV lain, dan sebagainya,” tambahnya.

    Nik Nazmi menambahkan, transisi mobil pemerintahan dari mobil bensin ke mobil listrik berlandaskan pada Guidelines for Transitioning Government Vehicles to EVs, dokumen panduan yang dirancang Kementerian Sumber Daya Alam dan Keberlanjutan Alam (NRES) melalui Malaysian Green Technology and Climate Change Corporation (MGTC).

    Dokumen dirancang bersama dengan pakar teknis dan pemangku kepentingan dari berbagai kementerian, departemen dan lembaga serta industri. Dia mengatakan, dokumen tersebut merinci strategi transisi yang mencakup penilaian inventaris armada saat ini untuk mengidentifikasi kebutuhan operasional, pemilihan kendaraan listrik, perencanaan infrastruktur pengisian daya dan analisis biaya, serta pengurangan emisi karbon untuk memastikan transisi yang terencana dan efektif sekaligus memperkuat lingkungan dan agenda keberlanjutan.

    “Ini akan memberikan dampak positif dan efektif dalam pengelolaan lingkungan, selain menurunkan biaya operasional dan pemeliharaan kendaraan pemerintah dalam jangka panjang. Inisiatif ini juga mendukung visi Putrajaya sebagai Kota Rendah Karbon pada tahun 2025 dengan menjadikan Kompleks F sebagai contoh penerapan Zona Rendah Karbon,” kata Nik Azmi lagi.

    “Proyek ini bertujuan untuk menunjukkan penerapan inisiatif rendah karbon di lingkungan pemerintahan, memfasilitasi kepemilikan dan penggunaan kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur pendukung, serta memberikan contoh bagi kementerian, departemen, dan lembaga lainnya,” tukas dia.

    (lua/riar)

  • Wamen BUMN Pastikan SPKLU PLN Siap Layani Pemudik Nataru 2025 – Page 3

    Wamen BUMN Pastikan SPKLU PLN Siap Layani Pemudik Nataru 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Komisaris PT PLN (Persero), Aminuddin Ma’ruf, memastikan kesiapan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalur Tol Trans Jawa dan Sumatra untuk mendukung mobilitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.

    Hal ini dipastikan melalui peninjauan langsung di SPKLU Rest Area KM 43 A ruas tol Jakarta-Merak, Banten, bersama Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, pada Selasa (24/12).

    Peningkatan Infrastruktur SPKLU untuk Pemudik

    Aminuddin mengapresiasi langkah PLN dalam meningkatkan kapasitas SPKLU guna mengantisipasi lonjakan pengguna kendaraan listrik, yang diproyeksikan meningkat 2,5 hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

    Kapasitas SPKLU di sepanjang jalur mudik telah ditingkatkan secara signifikan dari 64 unit menjadi 500 unit, atau 8 kali lipat lebih banyak.

    “Dari hasil pengecekan tadi, semua kendaraan terlayani dengan baik tanpa antrean. Sangat nyaman untuk teman-teman pengguna mobil listrik. Peningkatan kapasitas yang dilakukan PLN ini menjawab kebutuhan masyarakat selama Nataru,” ujar Aminuddin.

    Sebaran SPKLU dan Personel Siaga

    PLN kini mengoperasikan 3.069 unit SPKLU di 2.096 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk memastikan layanan optimal, sebanyak 6.000 personel telah disiapkan untuk berjaga selama 24 jam, bekerja secara bergantian.

    “Kami memastikan masyarakat yang menggunakan mobil listrik selama mudik Nataru tidak akan mengalami kendala kehabisan daya di tengah perjalanan. Pola konsumsi SPKLU sudah kami analisis berdasarkan tren tahun-tahun sebelumnya, termasuk periode Nataru dan Lebaran,” ungkap Darmawan Prasodjo.

     

  • Beli Mobil Listrik Tahun 2025, Kena Pajak Apa Aja?

    Beli Mobil Listrik Tahun 2025, Kena Pajak Apa Aja?

    Jakarta

    Kendaraan listrik akan dibebaskan dari beberapa komponen pajak. Lalu pajak apa saja yang dibayarkan pembeli mobil listrik tahun 2025?

    Pemerintah akan melanjutkan insentif untuk kendaraan listrik. Tahun 2025, mobil listrik akan mendapat keringanan, utamanya dari sisi pajak. Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, disebutkan dalam pasal 7, kendaraan berbasis energi terbarukan akan dibebaskan dari pemungutan PKB.

    Tak cuma PKB, kendaraan berbasis energi terbarukan seperti mobil listrik itu juga akan dibebaskan dari BBNKB. Berikut bunyi aturannya.

    Yang dikecualikan dari objek PKB sebagaimana
    dimaksud pada ayat (1) adalah kepemilikan dan atau penguasaan atas:

    a. kereta api;
    b. Kendaraan Bermotor yang semata-mata digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara;
    c. Kendaraan Bermotor kedutaan, konsulat, perwakilannegara asing dengan asas timbal balik, dan lembaga-lembaga internasional yang memperoleh fasilitaspembebasan Pajak dari Pemerintah;
    d. Kendaraan Bermotor berbasis energi terbarukan; dan
    e. Kendaraan Bermotor lainnya yang ditetapkan dengan Perda.

    Sementara pengecualian pungutan BBNKB bakal kendaraan bermotor energi terbarukan ada di Pasal 12 ayat 3 poin D, sebagai berikut:

    Yang dikecualikan dari objek BBNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah penyerahan atas:
    a. kereta api;
    b. Kendaraan Bermotor yang semata-mata digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara;
    c. Kendaraan Bermotor kedutaan, konsulat, perwakilan negara asing dengan asas timbal balik, dan lembaga internasional yang memperoleh fasilitas pembebasan pajak dari Pemerintah;
    d. Kendaraan Bermotor berbasis energi terbarukan; dan
    e. Kendaraan Bermotor lainnya yang ditetapkan dengan Perda.

    Mengutip laman Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan RI, pembebasan pungutan PKB dan BBNKB itu dilakukan salah satunya mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan sebagaimana diatur dalam Perpres nomor 55 tahun 2019.

    [Gambas:Instagram]

    Tak cuma bebas PKB dan BBNKB, mobil listrik juga masih akan mendapat insentif PPN sebesar 10 persen. Ini merupakan program lanjutan yang sudah berjalan tahun 2024. Selanjutnya untuk PPnBM, diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021 tentang Penetapan Jenis Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Tata Cara Pengenaan, Pemberian, dan Penatausahaan Pembebasan, dan Pengembalian Pajak Penjualan atas Barang Mewah pasal 16, kendaraan bermotor berteknologi baterai dan fuel cell dikenakan tarif sebesar 15 persen dengan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 0 persen (15 x 0). Artinya kendaraan bermotor yang masuk kategori tersebut bebas PPnBM.

    Soal opsen pajak, dijelaskan bahwa opsen dipungut secara bersamaan dengan pajak yang dikenakan opsen. Sedangkan kendaraan listrik saat ini tak dipungut PKB dan BBNKB. Dengan demikian, pembelian mobil listrik tahun 2025 hanya akan dibebankan biaya seperti penerbitan STNK, penerbitan TNKB, dan juga SWDKLLJ

    (dry/lua)