Produk: kendaraan listrik

  • PLN UID Sulselrabar resmikan SPKLU ke-61 di Makassar

    PLN UID Sulselrabar resmikan SPKLU ke-61 di Makassar

    Dari puluhan SPKLU di area kerja kami, paling banyak di Sulawesi Selatan, totalnya sebanyak 47 SPKLU

    Makassar (ANTARA) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) beserta ruang tunggunya bertempat di ULP Karebosi UP3 Makassar Utara, Kota Makassar, Sulsel.

    General Manager PLN UID Sulselrabar Budiono pada peresmian SPKLU di Makassar, Selasa, mengatakan SPKLU dan ruang tunggu ini merupakan stasiun ke-61 dari 51 titik lokasi SPKLU yang tersebar di area kerja PLN UID Sulselrabar.

    “Dari puluhan SPKLU di area kerja kami, paling banyak di Sulawesi Selatan, totalnya sebanyak 47 SPKLU. Termasuk yang tersebar di daerah. Setiap Kantor PLN di daerah, sudah kami siapkan SPKLU,” kata dia.

    Budiono menyebut Makassar sebagai hub Indonesia Timur ditargetkan ada 100 SPKLU di Kota Makassar, agar secara maksimal mendorong ekosistem kendaraan listrik. Termasuk menambah SPKLU di daerah pada 2025.

    Apalagi, saat ini PLN terus melakukan transformasi secara digitalisasi maupun transmisi.

    “Di setiap SPKLU, kita juga menyiapkan rumah teduh untuk tempat menunggu pelanggan yang bisa digunakan selama pengisian daya kendaraan listrik,” tambahnya.

    Manajer PLN ULP Karebosi UP3 Makassar Utara Alexander J. Manuhuwa menyebut bahwa kehadiran SPKLU merupakan wujud dalam mendukung ekonomi hijau dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

    Kolaborasi antar pemerintah daerah dan pihak PLN dalam mewujudkan ekonomi hijau hingga zero emision dinilai sangat penting guna meningkatkan perekonomian yang lebih baik dan ramah lingkungan.

    “Lokasinya yang strategis, akan memudahkan masyarakat mengakses stasiun pengisian. Ini komitmen kita dalam membangun ekonomi hijau di Sulsel,” kata dia.

    Asisten Dua Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kota Makassar, Fatur Rahim sangat mengapresiasi kehadiran SPKLU di pusat Kota Makassar ini.


    “Saya mengapresiasi apa yang dilakukan PLN. Ini adalah suatu wujud nyata, kalau dari pemerintah pastilah ini kita juga berterima kasih sekali dengan peran serta dari PLN dan pihak lain di mana kita bisa menciptakan program-program pemerintah,” ujarnya.

    Pada kesempatan ini, PLN juga menyalurkan bantuan bahan pokok melalui YBM PLN kepada anak yatim dhuafa dan guru mengaji.

    Penyaluran bantuan dari YBM PLN kepada anak yatim dhuafa dan guru mengaji pada peresmian SPKLU beserta ruang tunggunya yang bertempat di ULP Karebosi UP3 Makassar Utara, Kota Makassar, Selasa (31/12/2024). ANTARA/Nur Suhra Wardyah (B)

    Pewarta: Nur Suhra Wardyah
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Erajaya Klaim 2 Mobil Listrik Xpeng Bakal Dirakit di Indonesia

    Erajaya Klaim 2 Mobil Listrik Xpeng Bakal Dirakit di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Xpeng bakal hadir di Indonesia tahun depan. Mobil listrik ini bakal dirakit lokal alias completely knocked down (CKD).

    Xpeng menunjuk perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik Erajaya Active Lifestyle (Eral) sebagai agen tunggal pemegang merek di Tanah Air.

    Djohan Sutanto CEO Erajaya Active Lifestyle mengatakan pihaknya sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) beberapa waktu lalu.

    “Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Xpeng, salah satu pemain EV terkemuka di dunia, untuk mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” kata Djohan Sutanto CEO Erajaya Active Lifestyle dalam keterangan resmi, Selasa (31/12).

    Di tahun depan, Xpeng akan meluncurkan dua model perdana di Indonesia yakni medium SUV G6 dan, X9 yang merupakan MPV premium 7-seater.

    Perusahaan juga memastikan kendaraan listrik Xpeng yang dijual Indonesia akan dirakit lokal, namun tak dirinci lokasi pabrik perakitannya.

    “Kemitraan kami dengan Eral merupakan langkah penting dalam ekspansi global Xpeng,”kata Alex Tang, Head of International Division of Sales and Service Xpeng.

    Bawa dua model Xpeng

    Xpeng akan membawa setidaknya dua model mobil listrik tahun depan. Di antaranya G6. Model SUV ini diklaim menggabungkan performa tinggi, teknologi mutakhir.

    SUV G6 menawarkan supercharging 800 volt dan jangkauan berkendara yang diklaim jauh.

    Ada pula MPV flagship 7 penumpang X9, yang diharapkan bisa mengisi segmen premium masyarakat dompet tebal di dalam negeri.

    Mobil mampu menempuh jarak tempuh maksimum sejauh 702 km sekali pengisian menurut CLTC. Xpeng X9 punya kemampuan pengisian supercharging 800 V.

    Xpeng X9, dilengkapi dengan sistem keselamatan ADAS XNGP dan sistem operasi mobil pintar generasi terbaru, XOS Tianji.

    Dengan fitur ADAS XNGP, mobil dapat dihidupkan dari jarak jauh hingga parkir otomatis tanpa bantuan pengemudi.

    Di China harga Xpeng G6 dijual dengan harga mulai Rp462 jutaan, sedangkan Xpeng X9 dijual mulai Rp796 juta.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 5 Proyeksi Bisnis Menguntungkan 2025, Apa Saja?

    5 Proyeksi Bisnis Menguntungkan 2025, Apa Saja?

    Memiliki sebuah bisnis yang sukses tentu menjadi impian banyak orang, terutama di kalangan pengusaha. Tidak heran, ada banyak yang mulai tertarik untuk berbisnis dan membuka usaha sendiri.

    Menjadi pelaku usaha dapat dijadikan salah satu target yang bisa dikejar di tahun 2025. Ada beberapa sektor yang punya prospek menguntungkan dan bisa dijadikan peluang usaha menguntungkan.

    1. Bisnis digital dan teknologi

    Salah satu proyeksi bisnis menguntungkan 2025 yang menarik untuk dicoba adalah bisnis digital dan teknologi. Transformasi digital jadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di tengah masifnya perkembangan teknologi.

    Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang untuk mempermudah hidup manusia. Pelaku bisnis digital pun semakin banyak dan menawarkan berbagai produk canggih.

    Beberapa tahun terakhir, tidak sedikit sektor yang digitalisasi, seperti layanan perbankan, kesehatan, jual beli, dan lain sebagainya. 

    Mengingat bidang teknologi dan digital yang semakin berkembang, bisnis di sektor ini memiliki prospek yang bagus di tahun 2025.

    Ada beberapa industri teknologi dan digital yang diperkirakan jadi peluang bisnis besar. Mulai dari bisnis berbasis Artificial Intelligence, e-commerce, dan inovasi di bidang teknologi lainnya.

    Selain itu, bisnis yang menawarkan layanan keamanan digital juga memiliki potensi meraih keuntungan di tahun depan, mengingat modus penipuan online yang juga kian marak terjadi.

    2. Bisnis transportasi dan logistik

    Bisnis transportasi dan logistik juga memiliki peluang pertumbuhan seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Terlebih pelaku usaha berbasis e-commerce semakin bertumbuh sehingga sektor transportasi dan logistik juga berkembang.

    Penerapan teknologi pada sektor tersebut juga memberikan dampak yang signifikan pada pertumbuhannya. Bisnis bisa berjalan lebih efektif dan jangkauan bisnis semakin luas yan membawa transformasi besar di sektor logistik.

    Hal tersebut juga didukung pembangunan nasional dari pembangunan tol hingga upaya pemerintah mempermudah akses ke seluruh wilayah Indonesia.

    3. Bisnis makanan dan minuman sehat

    Bisnis FnB termasuk salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Pasalnya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan manusia sehingga permintaannya cukup tinggi.

    Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis FnB, bisnis makanan dan minuman sehat jadi salah satu proyeksi bisnis menguntungkan 2025. Seiring dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan, tren makanan sehat jadi peluang menjanjikan di dalam bisnis kuliner.

    Kebutuhan makanan yang tidak hanya lezat, tetapi bermanfaat bagi kesehatan diprediksi jadi usaha yang berkembang di tahun baru,

    Ada banyak ide usaha makanan dan minuman dengan menawarkan menu yang lebih sehat, seperti menu vegan, gluten free, low sugar, dan lain sebagainya. 

    4. Bisnis kesehatan

    Selain bisnis makanan dan minuman sehat, bisnis di bidang kesehatan juga memiliki potensi berkembang pesat di tahun baru. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan membuat usaha di sektor tersebut mulai banyak digandrungi.

    Kebutuhan akan produk dan layanan kesehatan yang terintegrasi dengan teknologi jadi peluang usaha yang menarik. Aplikasi dan platform kesehatan akan terus berkembang sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan kesehatan.

    Pusat kebugaran dan pelatihan virtual juga bisa dijadikan ide bisnis menarik di bidang kesehatan. Kebutuhan personal trainer online banyak dijadikan solusi masyarakat yang ingin tetap bugar hanya dari rumah saja.

    5. Bisnis ramah lingkungan

    Kesadaran masyarakat pada isu lingkungan juga membuat berbagai bisnis yang berfokus pada keberlanjutan atau sustainability banyak diminati masyarakat. 

    Hal tersebut juga membuka berbagai ide bisnis ramah lingkungan yang layak dicoba dan ditekuni di tahun 2025. Anda bisa menawarkan produk ramah lingkungan, seperti barang daur ulang, peralatan dari material organik dan tidak mencemari lingkungan.

    Era kendaraan listrik juga sudah dimulai dalam beberapa tahun akhir. Di tahun depan, kendaraan listrik juga diprediksi akan terus berkembang seiring dengan permintaan masyarakat

    Industri energi terbarukan juga diperkirakan semakin berkembang, seperti panel surya dan solusi hemat energi lainnya.

    Keterbatasan lahan juga mendorong industri pertanian urban dan hidroponik berinovasi untuk menyediakan produk berkualitas dengan metode yang efisien dan ramah lingkungan. 

    Itu dia sejumlah proyeksi bisnis menguntungkan 2025 yang bisa dipertimbangkan untuk dicoba. Tertarik untuk mencoba berbisnis di tahun 2025?

  • Erajaya Jadi APM Mobil Listrik Xpeng di RI, Mulai Jual Tahun Depan

    Erajaya Jadi APM Mobil Listrik Xpeng di RI, Mulai Jual Tahun Depan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mobil listrik Xpeng akan masuk Indonesia pada awal 2025. Perusahaan otomotif asal China itu menunjukperusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik Erajaya Active Lifestyle (Eral) sebagai agen tunggal pemegang merek Xpeng di Tanah Air.

    Erajaya Active Lifestyle dan Xpeng telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) beberapa waktu lalu.

    “Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Xpeng, salah satu pemain EV terkemuka di dunia, untuk mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” kata Djohan Sutanto CEO Erajaya Active Lifestyle dalam keterangan resmi, Selasa (31/12).

    Xpeng Indonesia memastikan kendaraan listrik Xpeng yang dijual Indonesia dalam bentuk utuh (completely knocked down/CKD).

    “Kemitraan kami dengan Eral merupakan langkah penting dalam ekspansi global Xpeng,”kata Alex Tang, Head of International Division of Sales and Service Xpeng.

    Pada 2025, Xpeng akan meluncurkan dua model perdana di Indonesia yakni medium SUV G6 dan, X9 yang merupakan MPV premium 7-seater.

    Xpeng G6 diklaim menggabungkan performa tinggi, teknologi mutakhir. SUV G6 menawarkan supercharging 800 volt dan jangkauan berkendara yang lebih jauh.

    Sementara flagship X9 7-seater juga diharapkan bisa menjadi alternatif berkendara masyarakat berkocek tebal di Indonesia.

    Xpeng X9, yang dilengkapi dengan ADAS XNGP dan sistem operasi mobil pintar generasi terbaru, XOS Tianji.

    ADAS XNGP dapat digunakan untuk menyalakan mobil dari jarak jauh hingga parkir otomatis tanpa bantuan pengemudi.

    Xpeng X9 punya kemampuan pengisian supercharging 800 V. Mobil mampu menempuh jarak tempuh maksimum sejauh 702 km sekali pengisian menurut CLTC.

    Jantung penggeraknya menghasilkan daya 370 kW dan torsi 640 Nm. Sedangkan kemampuan akselerasi mobil ini 0 hingga 100 km per jam hanya dalam 5,7 detik, dan kecepatan tertinggi sanggup 200 km per jam.

    Di China, harga Xpeng X9 dijual mulai Rp796 juta.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Harga BBM di Tahun 2025 Bakal Turun? Begini Perkiraannya

    Harga BBM di Tahun 2025 Bakal Turun? Begini Perkiraannya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyampaikan bahwa harga minyak mentah global rata-rata diprediksi akan berada di sekitar US$ 71-80 per barel pada 2025. Hal ini tentunya akan mempengaruhi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih rendah di tahun depan.

    Turunnya harga minyak mentah dunia ini disebabkan oleh berbagai faktor. Menurut Bhima, harga ini masih relatif rendah dibanding puncak April 2024 di mana minyak mentah sempat menyentuh di level US$ 87 per barel.

    “Penurunan bunga acuan Fed belum cukup menjadi sentimen positif kenaikan harga minyak,” kata Bhima kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (31/12/2024).

    Setidaknya, terdapat beberapa faktor yang membuat harga minyak mentah global berpotensi lebih rendah pada 2025. Pertama, terpilihnya kembali Donald Trump sebagai Presiden AS yang akan mendorong eksplorasi dan produksi minyak di AS, sehingga membuat tahun 2025 diliputi oil glut atau pasokan minyak yang berlebih.

    “Kedua, permintaan minyak untuk industri di negara seperti China dan India diperkirakan melambat. Apalagi ekonomi China masih sluggish dan diproyeksi tumbuh di 4,5%,” kata dia.

    Bhima menilai dengan adanya potensi produksi minyak AS yang bertambah, maka hal itu akan berpengaruh pada harga minyak global dan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi di dalam negeri. “Ada potensi lebih rendah harganya,” tambahnya.

    Sementara, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Muhammad Ishak menilai harga minyak pada tahun depan diperkirakan melemah karena faktor permintaan yang turun. Hal ini didorong oleh dampak dari pertumbuhan ekonomi global yang relatif sama dengan tahun ini khususnya China dan negara negara industri seperti Jerman yang mengalami perlambatan dalam beberapa tahun terakhir.

    “Dengan kondisi ini sulit memproyeksikan kenaikan harga akibat lonjakan permintaan minyak tahun depan,” katanya.

    Selain itu, tingkat adopsi kendaraan listrik di berbagai negara juga terus meningkat sehingga secara fundamental permintaan minyak dari sisi transportasi juga cenderung akan terus tertekan. Adapun, dari sisi supply janji Donald Trump untuk mendorong produksi minyak mentah di AS dengan mempermudah izin produksi membuat pasokan minyak global akan semakin tinggi.

    “Meskipun akan ada potensi pemangkasan dari OPEC Plus namun tidak akan signifikan,” katanya.

    Adapun, pergerakan harga minyak mentah tersebut tentunya bakal berpengaruh pada penentuan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri. Apalagi salah satu komponen pembentuk harga BBM, yakni nilai tukar (kurs) rupiah terpantau menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

    Sebagai badan usaha yang ditugaskan menyalurkan BBM di dalam negeri, Pertamina belum dapat memastikan apakah harga BBM non subsidi akan mengalami penurunan pada 1 Januari 2025 mendatang seiring dengan kondisi yang terjadi saat ini.

    Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari mengatakan pihaknya hingga kini masih melakukan evaluasi. “Masih dievaluasi, besok baru bisa kami rilis ya,” kata dia.

    Perlu diketahui, perubahan harga BBM non subsidi akan ditentukan berdasarkan harga minyak, Mean of Platts Singapore (MOPS), maupun nilai tukar (kurs), rata-rata yang berlaku pada periode tanggal 25 pada dua bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 pada satu bulan sebelumnya untuk penetapan bulan berjalan. Adapun perubahan harga BBM non subsidi biasanya ditetapkan setiap tanggal 1 setiap bulannya.

    (pgr/pgr)

  • Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Jakarta: PT Surveyor Indonesia memegang peran penting dalam memastikan keandalan dan kualitas berbagai proyek besar di Indonesia melalui layanan pemastian yang mencakup sektor-sektor penting seperti minyak, gas, dan energi baru terbarukan; batu bara dan mineral; infrastruktur dan transportasi; layanan industri; pemerintahan dan kelembagaan; dan layanan keberlanjutan dan lingkungan.
     
    Selain itu, perusahaan juga aktif menjalankan tanggung jawab sosial korporat yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan kinerja yang terus berkembang, Surveyor Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat perannya dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dan kemajuan Indonesia.
     
    Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna menyampaikan peran ‘The Guardian of Assurance’ merupakan langkah retrospektif yang dianggap mampu mewakili upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan.
     
    “Peran ini terinspirasi dari upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan, mendukung perkembangan industri dan masyarakat menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Sandry dalam media gathering di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Senin, 30 Desember 2024.
     
    “Surveyor Indonesia berkomitmen untuk memastikan pemenuhan standar industri nasional dan memberikan kepastian kepada pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Sebagai ‘The Guardian of Assurance’, kami menjaga kualitas, keselamatan, dan kepastian di setiap proyek, dengan fokus pada integritas dan akurasi” sambung dia.
     
    Sebagai bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey, Surveyor Indonesia memperkuat layanan pemastian di berbagai sektor industri melalui sinergi dengan PT BKI (Persero) dan PT Sucofindo. Sinergi ini memungkinkan IDSurvey memberikan layanan survei, inspeksi, dan verifikasi yang efisien, mendukung kebutuhan nasional, dan memperluas jangkauan internasional.
     
    Peran penting di berbagai sektor
     
    Dalam sektor minyak, gas, dan energi baru terbarukan, Surveyor Indonesia mengambil peran dalam beberapa proyek besar milik Pertamina seperti pemastian kehandalan fasilitas kilang (refinery unit) dan monitoring lingkungan pada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), survei LIDAR di wilayah kerja Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Cargo Monitoring, dan Biodiesel.
     
    Sementara itu, dalam sektor mineral, batu bara, serta lingkungan, PT Surveyor Indonesia mengambil peran dalam memastikan kualitas dan kuantitas batu bara di PT Bukit Asam dan PT Kaltim Prima Coal dan konsultan perizinan lingkungan serta rehabilitasi daerah aliran Sungai (DAS) di PLN dan Pertamina.
     
    Surveyor Indonesia juga berperan penting dalam meningkatkan keandalan transportasi umum, termasuk sebagai integrator pada proyek KRL Jabodebek dan dalam program Buy The Service (BTS) untuk 10 kota besar di Indonesia.
     
    Dalam kedua proyek ini, perusahaan memastikan infrastruktur dan manajemen transportasi berjalan aman, efisien, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah, mendukung pengembangan transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau.
     
    PT Surveyor Indonesia juga berkontribusi pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) dengan memastikan fasilitas sosial, umum, dan utilitas berfungsi dengan baik. Keberhasilan proyek-proyek ini memperkuat posisi perusahaan sebagai mitra handal dalam mendukung kemajuan infrastruktur transportasi nasional.
     
    PT Surveyor Indonesia berperan signifikan dalam sektor teknologi dan informasi, termasuk dalam integrasi layanan Satelit Satria-1 dan Palapa Ring, yang mendukung perluasan akses internet dan transformasi digital hingga ke wilayah terjauh dan terdalam di Indonesia. Kepercayaan pemerintah dan sektor swasta pada proyek-proyek ini semakin memperkuat posisi Surveyor Indonesia sebagai mitra andal di bidang teknologi dan informasi.
     

     

    Perkuat komoditas RI di pasar global
     
    PT Surveyor Indonesia mendukung kepatuhan Indonesia terhadap European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang berlaku mulai 2025, dengan mengembangkan platform ketertelusuran berbasis blockchain untuk memastikan komoditas ekspor seperti kelapa sawit, kopi, cokelat, dan karet memenuhi standar EUDR.
     
    Inisiatif ini memperkuat posisi komoditas Indonesia di pasar global yang mengutamakan keberlanjutan dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan platform ini secara nasional.
     
    Surveyor Indonesia akan memperluas perannya di sektor energi, mendukung penggunaan kendaraan listrik, dan terlibat dalam proyek energi terbarukan, seperti pengembangan biofuel dan manajemen komoditas berkelanjutan, mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan mempromosikan energi bersih.
     
    Sandry menyampaikan pentingnya peran tersebut dalam upaya bersama mendorong penguatan industri nasional. Surveyor Indonesia memainkan peran vital dalam kemajuan infrastruktur Indonesia, termasuk melalui proyek-proyek strategis seperti KRL Jabodebek, Kereta Cepat, dan Satelit Satria-1, juga layanan berkelanjutan yang semuanya merupakan upaya bersama penguatan industri nasional dan keandalan bangsa.
     
    “Ke depan, kami berharap dapat terus memperluas peran dan memperkuat komitmen kami terhadap keberlanjutan sehingga dapat semakin maksimal mendukung Indonesia dalam memenuhi tujuan pengurangan emisi karbon dan memperkuat daya saing di pasar global yang semakin menuntut kepatuhan terhadap keberlanjutan,” jelas Sandry.
     
    Ia menambahkan pencapaian Surveyor Indonesia dalam memberikan peran bagi negara dan masyarakat merupakan komitmen kolektif dari seluruh cabang dan wilayah kerja. “Pencapaian kami di tahun ini tidak lain adalah kerja keras dan komitmen dari kesembilan cabang kami dan wilayah-wilayah kerja yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi klien dan pemangku kepentingan,” tutur dia.
     
    “Inovasi dan prudensi atas risiko menjadi hal yang krusial dalam mendukung langkah kami ke depan, sehingga dapat mencapai performa yang semakin baik,” lanjut Sandry.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • KPBB Klaim Cukai Emisi Kendaraan Bisa Hemat Belanja BBM hingga Rp677 Triliun

    KPBB Klaim Cukai Emisi Kendaraan Bisa Hemat Belanja BBM hingga Rp677 Triliun

    Bisnis.com, JAKARTA — Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) mengungkapkan penerapan cukai emisi karbon kendaraan bermotor bisa menghemat belanja BBM negara hingga Rp677 triliun pada 2030.

    Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Syafrudin menjelaskan penghematan belanja bahan bakar minyak (BBM) bisa terjadi seiring maraknya penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Pasalnya, dengan pengenaan cukai emisi karbon kendaraan bermotor, masyarakat bakal beralih menggunakan EV.

    Dia mengatakan pengenaan cukai emisi karbon kendaraan bermotor berasal dari kendaraan penghasil karbon lebih dari standar. Ahmad menuturkan asumsi standar karbon dari kendaraan adalah 85,43 gram CO2 per km untuk sepeda motor, 118 gram CO2 per KM untuk multi-purpose vehicle (MPV) atau truk ringan, dan 1.552,9 gram CO2 per km untuk heavy duty vehicle atau kendaraan besar.

    Dengan kata lain, bagi kendaraan yang memiliki emisi karbon di atas standar tersebut dikenakan cukai saat pembeliaan. Menurutnya, besaran cukai yang ideal adalah Rp2.240.000 per gram CO2 per km.

    Sebagai asumsi, Ahmad mengatakan rata-rata emisi karbon dari MPV adalah 200 gram CO2 per km. Dengan kata lain, kendaraan tersebut melebihi standar karbon sebesar 82 gram CO2 per km.

    Dengan begitu, cukai emisi karbon dari kendaraan tersebut bisa mencapai Rp183,6 juta. Ahmad mengatakan besaran cukai ini kelak ditambahkan ke dalam harga pembelian kendaraan.

    Di sisi lain, jika ada kendaraan yang memiliki emisi karbon di bawah standar karbon yang ditetapkan, maka kendaraan itu bakal mendapat insentif dan harganya lebih murah. Adapun kendaraan yang memiliki emisi karbon rendah adalah EV.

    Alhasil, masyarakatkan bakal berpindah pada kendaraan listrik karena harganya yang lebih kompetitif.

    “Bisa menghemat ya pada tahun 2030, menghemat bensin sebesar 59 juta kiloliter dan solar sebesar 56 juta kiloliter. Atau ekuivalen dengan nilai rupiah sebesar Rp677 triliun,” kata Ahmad dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (30/12/2024).

    Selain itu, Ahmad menyebut penggunaan kendaraan listrik buntut penerapan cukai emisi karbon kendaraan dapat membuat kualitas udara lebih baik.

    Menurutnya, emisi kendaraan bisa berkurang hampir 100% dari polusi udara perkotaan dan 280 Mton CO2e atau 59% BAU GRK (470 Mton CO2e) pada 2030.

    “Peningkatan kesehatan masyarakat, karena membaiknya kualitas udara di perkotaan dan meningkatnya production saving dari kinerja masyarakat,” ucap Ahmad.

    Lebih lanjut, dia mengatakan penerapan cukai emisi karbon kendaraan bermotor juga bisa menciptakan penerimaan negara hingga Rp92 triliun per tahun. Menurutnya, hal ini lebih menguntungkan daripada menaikkan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12% tahun depan.

    “Ternyata dengan cukai karbon kendaraan, maka pemerintah masih bisa mendapatkan neto income sebesar Rp92 triliun. Ketimbang kita mengejar atau memaksakan kenaikan PPN sebesar 12%,” ucapnya.

  • Jokowi Terkesan Mobil dengan Konsumsi BBM 1:31, STNK Mati 2 Tahun Data Dihapus

    Jokowi Terkesan Mobil dengan Konsumsi BBM 1:31, STNK Mati 2 Tahun Data Dihapus

    Jakarta

    Konsumsi bahan bakar Toyota Yaris Cross cukup hemat yakni mencapai 1:31. Saking hematnya, mobil ini bikin Presiden ke-7 Joko Widodo sangat terkesan. Informasi soal Jokowi terkesan dengan mobil irit ini menjadi berita populer detikOto pada Februari 2024. Simak ulasannya.

    Toyota Yaris Cross Hybrid unjuk gigi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Kehadiran Yaris Cross Hybrid itu bahkan mencuri perhatian Presiden ke-7 Joko Widodo yang turut hadir dan melihat langsung SUV irit Toyota tersebut.

    Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy bercerita, Jokowi mengapresiasi mobil hybrid yang turut berkontribusi terhadap emisi. Jokowi juga terkesan dengan Yaris Cross hybrid yang ramah lingkungan sekaligus konsumsi BBM-nya hemat.

    “Tadi juga di depan Yaris Cross ngobrol melihat konsumsi bahan bakar 1:31, emisi 50 persen (lebih rendah) dibandingkan bensin, beliau impress, happy tadi sempat ngobrol mengenai insentif dan beliau meminta Pak Menko untuk mengkaji lebih lanjut,” tutur Anton kala itu.

    Dari pengujian Toyota, Yaris Cross hybrid ini memang memiliki konsumsi BBM yang hemat. 1 liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 30-31 km. Menyoal spesifikasi, Toyota Yaris Cross Hybrid memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak sumbu roda 2.620 mm. merupakan SUV yang sudah menggunakan platform DNGA. Yaris Cross Hybrid di Indonesia menggendong mesin 2NR-VEX yang bisa memuntahkan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm dengan tambahan baterai lithium ion di mana motor listriknya berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm. Khusus varian hybrid hanya tersedia transmisi CVT.

    Yaris Cross hybrid itu menggendong baterai jenis Lithium Ion. Mobil ini juga dilengkapi adanya EV Mode memberikan kesempatan kepada pengendara untuk merasakan langsung keunikan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap, responsif, dan zero emission.

    Soal fitur penunjang keselamatan, Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Selain itu Yaris Cross juga dilengkapi Fitur Panoramic View Monitor.

    (Selanjutnya: Data Kendaraan STNK Mati 2 Tahun Mau Dihapus)

  • Produsen Soroti Ketimpangan Subsidi Mobil Hybrid Vs Listrik di RI

    Produsen Soroti Ketimpangan Subsidi Mobil Hybrid Vs Listrik di RI

    Jakarta

    PT Indomobil National Distributor (IND) selaku agen pemegang merek (APM) Citroen di Indonesia memberikan sorotan terhadap ‘subsidi’ mobil listrik dan hybrid yang besarannya sangat timpang.

    Sebab, ketika mobil listrik bebas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), mobil hybrid hanya mendapat potongan tiga persen. Selain itu, mobil listrik juga berhak mendapat potongan PPN sebesar 10 persen dari yang semula 11 menjadi 1 persen.

    Chief Executive Officer (CEO) PT IND, Tan Kim Piauw mengatakan, pihaknya sebenarnya punya kendaraan hybrid yang bisa dipasarkan di Indonesia. Namun, jika melihat ‘subsidi’ yang diberikan pemerintah, dia sementara ingin fokus ke mobil listrik dan bensin.

    “Kita lihat pemerintah memberikan dukungan terhadap EV-nya sangat kuat. Kalau kita bicara hybrid dan EV. Meskipun pemerintah sekarang ada perhatian terhadap mobil hybrid, tapi maaf aja kan cuma tiga persen. Seberapa besar sih dampaknya?” ujar Tan saat ditemui awak media di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    “Sekarang bandingkan dengan EV, besar banget! Pajaknya aja tahun ini 1 persen, lalu bisa CBU dengan garansi, luxury tax nol (persen), import duty juga bisa menjadi nol (persen). Waduh, kalau itu dijumlahin, (subsidi) mobil hybrid tidak seberapa,” tambahnya.

    Citroen bicara soal timpangnya subsidi mobil hybrid dan listrik Foto: Rifkianto Nugroho

    Dengan gambaran tersebut, Citroen tetap akan fokus ke segmen bensin dan listrik. Khusus untuk kendaraan listrik, dia memastikan ada model baru tahun depan.

    “Tentu ada (mobil listrik baru), karena kita inline dengan program pemerintah. Kita tidak mungkin hanya ICE, dua-duanya harus imbang. Soalnya market ICE masih kuat di Indonesia,” kata dia.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan pemberian diskon PPNBM untuk mobil hybrid sebesar 3 persen. Pengumuman tersebut disampaikan Menkeu Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan.

    “Mobil listrik kita meneruskan yang selama ini sudah dilakukan ditambah dengan untuk kendaraan hybrid yaitu PPNBM DTP-nya tiga persen,” kata Sri Mulyani.

    (sfn/rgr)

  • 7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    Initial Public Offering atau IPO bukanlah satu-satunya cara bagi perusahaan untuk terdaftar di bursa saham. Metode lain yang dikenal adalah Backdoor Listing.

    Backdoor listing adalah proses merger atau akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan swasta terhadap perusahaan yang sahamnya sudah terdaftar di bursa saham. Biasanya aksi backdoor listing juga disebut sebagai “jalur belakang”. Setelah proses merger atau akuisisi, perusahaan swasta dapat mengakses pasar saham tanpa harus melalui IPO.

    Ada beberapa alasan yang mendorong perusahaan melakukan backdoor listing sebagai alternatif untuk menjadi perusahaan publik. Berikut adalah beberapa alasannya:

    Proses pencatatan yang lebih cepat: Backdoor listing biasanya lebih cepat dibandingkan dengan pencatatan langsung di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena tidak memerlukan proses penawaran umum atau prosedur rumit lainnya. Biaya yang lebih rendah: Backdoor listing cenderung lebih efisien dari segi biaya karena perusahaan memanfaatkan perusahaan yang sudah terdaftar untuk mencapai status publik. Hal ini mengurangi biaya administrasi dan promosi yang biasanya terkait dengan pencatatan langsung. Akses ke modal tambahan: Dengan status sebagai perusahaan publik, perusahaan dapat lebih mudah mengakses pasar modal dan menarik investor baru untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.

    Backdoor listing atau reverse takeover dilakukan melalui akuisisi, yaitu emiten yang diakuisisi memiliki skala bisnis yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan akuisisi.

    Jika perusahaan berhasil mengakuisisi emiten dan memiliki setidaknya 50 persen dari total saham, maka perusahaan tersebut akan memiliki wewenang penuh untuk mengubah berbagai kebijakan bisnis emiten. Hal itu kemudian dapat memengaruhi kinerja saham di BEI. Dengan demikian, perusahaan akan secara otomatis menjadi pengendali emiten tersebut.

    Daftar perusahaan backdoor listing di BEI

    1. PT AirAsia Indonesia Tbk

    PT AirAsia Indonesia Tbk memasuki pasar modal melalui PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk atau sebelumnya merupakan perusahaan tambang dengan kode saham CMPP.

    CMPP menerbitkan 13,65 miliar saham baru seharga Rp250 per saham melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dengan rasio delusi mencapai 97,97 persen.

    Sebelum penerbitan, CMPP dimiliki oleh PT Rimau Multi Investama (76,24 persen) dan masyarakat (23,76 persen). Rimau Multi Investama mengalihkan haknya kepada AirAsia Investment Ltd dan PT Fersindo Nusaperkasa yang juga pemegang saham PT Indonesia AirAsia (IAA).

    Setelah rights issue, pemegang saham CMPP terdiri dari Fersindo Nusaperkasa 49,96 persen, AirAsia Investment Ltd 48 persen, Rimau Multi Investama 1,55 persen, dan masyarakat 0,48 persen.

    Penerbitan saham baru ini menghasilkan dana Rp3,4 triliun. Sebanyak 76 persen digunakan untuk mengakuisisi surat berharga sekuritas perpetual IAA senilai Rp2,6 triliun, lalu dikonversi menjadi saham IAA.

    Akibatnya, CMPP menguasai 57,25 persen saham IAA, sehingga IAA menjadi perusahaan terbuka melalui CMPP dan berganti nama menjadi PT AirAsia Indonesia Tbk. Namun, perdagangan saham ini dihentikan di bursa sejak 5 Agustus 2019 karena masalah porsi dan jumlah pemegang saham publik.

    Saat ini, AirAsia Indonesia dimiliki 49,25 persen oleh AirAsia Investment Ltd, 49,16 persen oleh Fersindo Nusaperkasa, dan masyarakat 1,59 persen.

    2. PT Meratus Jasa Prima Tbk

    Pada Februari 2024, perusahaan pelayaran nasional, Meratus Group, mengumumkan akuisisi 80,19 persen saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP) senilai Rp31 miliar. Sebelumnya, IJP dikuasai oleh perusahaan Filipina, Maharlika, melalui ICTSI Far East.

    PT Meratus Jasa Prima Tbk (KARW) sudah melakukan IPO di BEI sejak 1994. Sebelumnya, Meratus Jasa Prima bernama PT Karwell Indonesia Tbk dan bergerak di sektor garmen. Pada 2012, Maharlika melakukan backdoor listing dan mengubah fokus bisnisnya menjadi bongkar muat dan logistik pelabuhan.

    Meskipun menjadi cangkang baru bagi Meratus Group melalui Sarana Kelola Investasi, bisnis KARW tetap mirip dengan sebelumnya.

    Perusahaan yang kini dimiliki oleh pengusaha Charles Menaro ini juga dikabarkan menjalin kerja sama dengan Abu Dhabi Ports untuk mengelola Pelabuhan Patimban, meskipun manajemen belakangan membantah isu tersebut.

    3. PT Green Power Energy Tbk

    PT Green Power Energy Tbk (LABA) atau sebelumnya dikenal sebagai PT Ladangbaja Murni Tbk merupakan perusahaan yang mengalami perubahan nama setelah diakuisisi pada Juni 2024 oleh PT Nev Stored Energy dan PT Longpin Investasi Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memiliki 72 persen saham senilai Rp29 miliar.

    Huang Yeping menjadi figur kunci dalam akuisisi ini, yaitu ia menjabat sebagai Komisaris Utama LABA. Setelah akuisisi, LABA beralih dari bisnis baja ke sektor energi baru dan terbarukan (EBT) dengan fokus pada baterai kendaraan listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

    Dalam waktu singkat, perusahaan ini berhasil mendapatkan kontrak senilai Rp139 miliar dari PT Gotion Materials Indonesia untuk memproduksi baterai motor listrik.

    Selain itu, LABA juga aktif mencari kontrak untuk pengadaan PLTS. Baru-baru ini, perusahaan ini menandatangani perjanjian awal untuk memproduksi panel surya di Timor Leste dengan bekerja sama dengan perusahaan lokal.

    4. PT Eagle High Plantation Tbk

    PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) adalah emiten yang menjadi target backdoor listing. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama PT BW Plantation Tbk.

    Aksi korporasi ini dimulai ketika pebisnis Peter Sondakh melalui PT Rajawali Capital Internasional mengakuisisi 51 persen saham BW Plantation pada 2014. Akuisisi ini dilakukan melalui penerbitan saham baru atau rights issue dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp11 triliun dengan harga saham baru Rp400 per lembar.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham tersebut digunakan oleh BW Plantation untuk mengakuisisi Group Green Eagle milik Peter Sondakh dengan nilai transaksi mencapai Rp10,53 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari ekuitas Rp8,52 triliun dan utang Rp2 triliun.

    5. PT Hexa Prima Nusantara

    PT Hexa Prima Nusantara mengakuisisi emiten media dan telekomunikasi, PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR). Dalam akuisisi ini, Hexa Prima mengambil alih perusahaan pengendali FUTR, PT Digital Futurama Global yang memiliki 51,22 persen saham FUTR dengan nilai akuisisi sebesar Rp24,9 miliar.

    Hexa Prima dimiliki oleh Halim Suwandi sebagai pemilik manfaat. Setelah akuisisi, FUTR segera mengubah fokus bisnisnya, beralih ke sektor energi yang diklaim lebih menjanjikan dibandingkan dengan bisnis sebelumnya.

    Salah satu langkah awal yang diambil adalah menjalin kerja sama dengan China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) melalui calon anak perusahaan, PT Hexa Prima Mekanikal untuk proyek infrastruktur energi.

    Selain itu, pada 5 Desember 2024, FUTR mengumumkan akuisisi blok minyak di Pulau Seram, Maluku, dari Karlez Petroleum yang masih memiliki kontrak selama 15 tahun.

    6. PT Indoritel Makmur Internasional Tbk

    PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) merupakan bagian dari Salim Group yang melakukan backdoor listing melalui PT Dyviacom Intrabumi Tbk.

    Proses ini dimulai dengan rights issue DNET pada 2013. Saat itu, perusahaan menerbitkan 14 miliar saham dengan harga penawaran Rp500 per saham, sehingga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp7 triliun.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham baru ini digunakan DNET untuk mengakuisisi dua perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa. Pertama, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), yaitu pengelola waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia dengan kepemilikan 35,85 persen senilai Rp1,99 triliun. Kedua, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), pemilik merek Sari Roti, sebanyak 31,5 persen dengan nilai Rp2,13 triliun.

    Selain itu, DNET juga menggunakan dana tersebut untuk mengakuisisi PT Indomarco Prismatama, pengelola gerai Indomaret, sebanyak 40 persen dengan nilai Rp2,63 triliun. Dengan demikian, Indomaret secara tidak langsung telah melakukan listing di Bursa melalui skema backdoor listing.

    7. PT Solusi Kemasan Digital Tbk

    PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) diakuisisi oleh triliuner asal Cina, Deng Weiming, melalui PT Eco Energi Perkasa. Deng Weiming mengakuisisi 48,94 persen saham perusahaan.

    Setelah akuisisi, pengendali baru berencana untuk menerbitkan saham baru melalui rights issue tahap I dengan total hingga 100 miliar saham. Langkah korporasi ini berpotensi menyebabkan dilusi kepemilikan saham lama mencapai 98,43 persen.

    PACK berupaya menyelaraskan bisnisnya dengan pengendali baru di sektor pertambangan nikel. Perusahaan meyakini bahwa perubahan kegiatan usaha ini akan meningkatkan skala bisnis PACK dari pendapatan tahunan sebesar Rp50 miliar menjadi Rp5,3 triliun.

    PACK membukukan laba bersih Rp1,29 miliar pada semester I-2024. Perolehan tersebut tumbuh 11,2 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) dibanding dari semester yang sama tahun lalu dengan laba bersih sebesar Rp1,16 miliar.

    Demikianlah daftar perusahaan backdoor listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menarik diketahui.