Produk: kendaraan listrik

  • Maxus Serahkan 45 Unit Mobil Listrik MIFA 7 dan MIFA 9 ke Konsumen

    Maxus Serahkan 45 Unit Mobil Listrik MIFA 7 dan MIFA 9 ke Konsumen

    Jakarta

    PT Indomobil Energi Baru (IEB) resmi menyerahkan 45 unit mobil listrik MIFA 7 dan MIFA 9 ke konsumen di Indonesia, Sabtu (18/1). Prosesi penyerahan kendaraan tersebut digelar di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    Chief Operating Officer (COO) PT Indomobil Energi Baru, Yudhy Than mengatakan, pihaknya memang mengupayakan Maxus MIFA 7 dan MIFA 9 segera sampai ke tangan konsumen. Bahkan, jarak antara peluncuran dan penyerahan unit (handover) hanya dua bulanan.

    “Hari ini, Maxus Indonesia dengan penuh rasa syukur menyerahkan unit-unit pertama Maxus MIFA 7 dan Maxus MIFA 9 milik para pelanggan yang telah melakukan pemesanan dari Oktober lalu. Acara ini merupakan wujud nyata komitmen Maxus untuk segera memenuhi kebutuhan pelanggan,” ujar Yudhy, Sabtu (18/1).

    Maxus MIFA 7 dan MIFA 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom.

    Lebih jauh, Yudhy Tan menegaskan, komposisi pengiriman saat ini didominasi MIFA 9 sebagai varian yang lebih tinggi. Dia janji akan terus memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat.

    “Sekarang memang masih banyakan yang MIFA 9, kira-kira 60 persen lah. Kita memang butuh waktu untuk pengiriman,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Maxus, Maxus MIFA 9 punya nilai keamanan ENCAP bintang lima. Kendaraan listrik tersebut menggunakan baterai 90 kwh dengan jarak tempuh 435 km dalam kondisi penuh. Sementara lama pengecasan dari 30 ke 80 persen hanya 30 menit dengan fitur fast charger.

    Maxus MIFA 7 dan MIFA 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom.

    Teknologi yang tertanam di dalamnya cukup lengkap, misalnya seperti kursi captain seat dengan fitur pijat, pengecasan nirkabel, layar hiburan sentuh berukuran 12,3 inch, pengeras suara buatan JBL, driver assistance, tujuh airbags, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    Sementara Maxus MIFA 7 diposisikan sebagai adik kandung MIFA 9. Kendaraan tersebut juga punya nilai keamanan ENCAP bintang lima. Baterainya sama dengan MIFA 9, yakni 90 kwh. Namun, ukurannya yang lebih mungil membuat jarak tempuh kendaraan lebih jauh, yakni 480 km!

    MIFA 7 juga menggunakan kursi model captain seat. Hanya saja, tak ada fitur pijat seperti kakak kandungnya. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi tingkat kenyamanannya.

    Kendaraan itu sudah dibekali panel instrumen yang dibuat terhubung dengan layar hiburan, punya delapan pengeras suara premium, driver assistance, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    Maxus MIFA 7 dibanderol Rp 788 jutaan dan MIFA 9 mencapai Rp 1,08 miliaran. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Awal Tahun 2025, Ada Diskon Motor Listrik Honda di Jawa Barat

    Awal Tahun 2025, Ada Diskon Motor Listrik Honda di Jawa Barat

    JABAR EKSPRES – PT Daya Adicipta Motora (DAM), sebagai distributor utama sepeda motor Honda di Jawa Barat, menawarkan program spesial bagi konsumen yang ingin membeli sepeda motor listrik Honda.

    Program ini berlaku selama periode bulan Januari 2025 di seluruh jaringan dealer Honda EV di Jawa Barat.

    Bagi konsumen yang ingin membeli Honda CUV e:, ada penawaran menarik.

    Untuk 50 pembeli pertama, DAM memberikan voucher gratis berupa 2 charger yang akan memudahkan Anda dalam pengisian daya kendaraan.

    Selain itu, tersedia pula diskon senilai Rp10 juta yang dapat dinikmati oleh 150 pembeli pertama.

    Penawaran ini dirancang khusus untuk memastikan Anda mendapatkan kendaraan listrik canggih dengan nilai tambah yang maksimal.

    Sementara itu, Honda ICON e: juga hadir dengan promo spesial. Skutik listrik Honda ini bisa dimiliki dengan potongan harga sebesar Rp3 juta.

    Diskon ini berlaku untuk 250 pembeli pertama, menjadikan Honda ICON e: pilihan sempurna bagi Anda yang mencari kendaraan ramah lingkungan dengan desain modern dan efisiensi tinggi.

    General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Handi mengatakan, “Kami selalu berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik. Konsumen bisa langsung datang ke Dealer e: Shop terdekat, melihat langsung teknologi terkini dari sepeda motor listrik Honda, dan menikmati berbagai penawaran menarik.”

    Untuk melayani konsumen secara spesial di dealer Honda, telah hadir gerai dengan logo e: Shop yang sudah tersedia di 179 dealer Honda di berbagai wilayah Jawa Barat.

    Dealer spesial ini dilengkapi fasilitas e: Corner yang merupakan area khusus untuk mendapatkan berbagai informasi seputar motor listrik Honda serta ekosistem sepeda motor listrik Honda.

    Petugas Honda EV Specialist akan selalu siap melayani pengunjung Honda e: Shop setiap saat.

    Selain e: Shop, masyarakat juga dapat merasakan langsung layanan service khusus melalui fast track di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) serta Emergency Road Assistance dalam layanan darurat bagi konsumen.

    Tanpa perlu kuatir selama berkendara dengan sepeda motor listrik Honda, konsumen yang memiliki kendala di jalan dapat menghubungi Astra Honda Care 1-500-989.

  • Top 3: Awal Tahun, Harga Emas Antam Langsung Cetak Rekor – Page 3

    Top 3: Awal Tahun, Harga Emas Antam Langsung Cetak Rekor – Page 3

    Openspace, perusahaan investasi yang berfokus di Asia Tenggara, berinvestasi ke MAKA Motors, startup kendaraan listrik (EV). Dengan berinvestasi di MAKA Motors, Openspace tidak hanya melanjutkan legacy dalam membangun perusahaan transformasional, tetapi juga berkontribusi pada masa depan mobilitas yang lebih sustainable yang strategis bagi Indonesia.

    Executive Director dan Head of Indonesia Openspace Ayu Tanoesoedibjo menjelaskan, investasi Openspace di MAKA Motors mencerminkan komitmen untuk mendukung para founder yang memahami dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

    “Sepeda motor memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari di sini, dan visi MAKA Motors sejalan dengan upaya menciptakan solusi yang berbeda,” kata dia.

    Simak artikel selengkapnya di sini.

     

  • Formula E 2025 Bakal Kembali Digelar di Jakarta
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        17 Januari 2025

    Formula E 2025 Bakal Kembali Digelar di Jakarta Megapolitan 17 Januari 2025

    Formula E 2025 Bakal Kembali Digelar di Jakarta
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    Formula E
    bakal diadakan di Jakarta pada 21 Juni 2025. Dengan begitu, Jakarta sudah tiga kali ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balapan mobil listrik ini.
    Jakarta E-Prix 2025
    kembali digelar setelah sukses berlangsung pada 2022 dan 2023.
    “Kesuksesan Jakarta dalam menyelenggarakan Jakarta E-Prix pada tahun 2022 dan 2023 telah mengukuhkan reputasinya sebagai tuan rumah yang andal,” kata Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11/2025).
    Pengalaman ini harus mampu menjadi modal utama membawa Jakarta E-Prix 2025 ke tingkat yang lebih tinggi.
    “Dengan pengalaman dan dukungan dari berbagai pihak, kami optimistis pelaksanaan tahun ini akan lebih baik, lebih menarik, dan memberikan kebanggaan bagi Jakarta sebagai kota global,” tutur Bambang.
    Terlebih, ajang balapan ini juga sekaligus menjadi tempat peluncuran mobil balap Gen 3 Evo.
    “Dengan kehadiran mobil balap terbaru, Gen 3 Evo, yang akselerasinya kini mampu melampaui kecepatan mobil Formula 1, ajang ini menjanjikan pertunjukan teknologi canggih sekaligus inovasi ramah lingkungan,” kata Direktur Proyek Jakarta E-Prix 2025, Deni Rifky Purwana.
    Mobil balan Gen 3 Evo menawarkan performa yang menjanjikan, salah satunya memiliki akselerasi dari 0–60 mil/jam dalam 1,82 detik.
    “Inovasi lain, seperti teknologi all-wheel-drive (AWD) menjadikan mobil ini lebih stabil dan bertenaga, menjadikan mobil ini lebih stabil dan bertenaga, menjawab kebutuhan akan pengalaman balap yang lebih kompetitif,” ujar Deni.
    Oleh sebab itu, kehadiran Jakarta E-Prix 2025 menjadi bukti perkembangan teknologi berkelanjutan yang menawarkan inovasi menjanjikan.
    “Mobil listrik yang digunakan bukan hanya inovasi teknologi, tetapi juga solusi nyata untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil,” jelas Deni.
    “Dengan teknologi kendaraan listrik seperti yang digunakan dalam Jakarta E-Prix, Indonesia memiliki peluang besar untuk memimpin transformasi menuju energi terbarukan,” imbuh dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Polres Probolinggo Imbau Larangan Penggunaan Sepeda Listrik di Jalan Raya

    Polres Probolinggo Imbau Larangan Penggunaan Sepeda Listrik di Jalan Raya

    Probolinggo (beritajatim.com) – Polres Probolinggo, Jawa Timur, mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda listrik di jalan raya umum. Imbauan ini dikeluarkan menyusul maraknya penggunaan sepeda listrik yang terlihat di hampir setiap ruas jalan di wilayah Probolinggo.

    Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk mencegah potensi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengguna sepeda listrik. Hal ini dikatakan oleh Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Anthonio Effan Sulaiman, Jumat (17/1/2025).

    Effan mengatakan bahwa penggunaan sepeda listrik saat ini belum diatur secara spesifik dalam peraturan lalu lintas yang berlaku. Meskipun demikian, penggunaan sepeda listrik di jalan raya tetap dilarang demi keselamatan pengguna dan pengendara lainnya.

    Dasar hukum terkait penggunaan kendaraan listrik, termasuk sepeda listrik, mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik. “Sehingga meski dilarang, tapi tidak bisa ditindak. Hanya bisa diberikan himbauan saja,” kata Effan.

    Lebih lanjut, AKP Effan menjelaskan bahwa penggunaan sepeda listrik diperbolehkan di area-area tertentu yang lebih terbatas dan terkontrol. Salah satunta seperti di dalam kompleks perumahan, kawasan wisata, area car free day, dan lingkungan perkantoran.

    Pembatasan ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kecelakaan yang mungkin timbul akibat penggunaan sepeda listrik di jalan raya yang ramai dan padat. Meskipun belum ada sanksi yang dapat diterapkan karena belum adanya aturan yang spesifik mengatur pelanggaran penggunaan sepeda listrik di jalan raya.

    “Kami minta untuk tetap hati-hati dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, seperti maksimal kecepatan 25 kilometer perjam, penggunanya usia minimal 12 tahun dan tidak digunakan di jalan raya serta tidak bawa boncengan,” ungkapnya.

    Effan menambahkan bahwa banyak pengguna sepeda listrik yang ditemui di jalan raya seringkali tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendara dengan cara yang membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Hal ini menjadi perhatian serius bagi Polres Probolinggo, mengingat potensi terjadinya kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian materiil maupun korban jiwa.

    Dengan adanya imbauan ini, Polres Probolinggo berharap masyarakat Probolinggo, khususnya pengguna sepeda listrik, dapat lebih sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas merupakan kunci utama dalam menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman bagi semua pihak. (ada/kun)

  • Nggak Semua Dapat, Ini Syarat Pabrikan yang Dapat Insentif Mobil Hybrid

    Nggak Semua Dapat, Ini Syarat Pabrikan yang Dapat Insentif Mobil Hybrid

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian mengungkapkan syarat pabrikan yang masuk sebagai penerima insentif mobil hybrid berupa potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar tiga persen. Salah satunya terkait penggunaan komponen lokal dan komitmen nilai investasi.

    Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Setia Diarta mengatakan usulan diskon PPnBM tiga persen untuk mobil hybrid, mild hybrid, dan plug in hybrid masih dalam tahap pembahasan.

    “Beberapa usulan terkait itu kami sudah sampaikan, dan sekarang dalam pembahasan. Ini terkait insentif PPnBM ditanggung pemerintah, PPnBM DTP yang akan diberikan untuk kendaraan hybrid, baik plug in hybrid, full atau mild hybrid. Ini sebesar 3 persen,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik Kemenperin Setia Diarta saat diskusi dalam Forum Wartawan Industri (Forwin) “Prospek Industri Otomotif 2025 dan Peluang Insentif dari Pemerintah” di Jakarta, Selasa (14/1/2024).

    Dia menambahkan perluasan insentif mobil hybrid itu diusulkan berdasarkan Peraturan Kemenperin Nomor 36 tahun 2021. Terlampir dalam halaman 44 juga disebutkan berapa jumlah investasi tambahan untuk mild hybrid Rp 1 triliun, full hybrid Rp 2 triliun, dan plug in hybrid Rp 3 triliun. Ini tidak termasuk tanah dan bangunan, dan wajib direalisasikan paling lambat dalam lima tahun semenjak ditetapkan.

    Untuk diketahui, berdasarkan aturan yang sama, juga diatur soal emisi karbon rendah, dalam pasal 6, dijelaskan bahwa mobil hybrid memiliki isi silinder sampai dengan 4.000 cc. Konsumsi bahan bakarnya 15,5 km/liter untuk versi bensin sementara versi diesel konsumsi bahan bakarnya lebih dari 17,5 km/liter.

    Saat ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021, mobil hybrid dikenakan tarif PPnBM sebesar 15-20 persen dengan dasar pengenaan pajak yang berbeda mulai dari 40 persen hingga 55 1/3 persen dari harga jual. Setelah dihitung, pajak mobil hybrid itu sekitar 6-8 persen. Dengan ditanggung pemerintah tiga persen, maka tarif PPnBM mobil hybrid menjadi 3-5 persenan.

    Setia mengatakan pemerintah memprioritaskan kendaraan ramah lingkungan dalam masa transisi dari mesin pembakaran internal (ICE) menuju kendaraan listrik (EV).

    “Inisiasinya adalah bagaimana mendorong kendaraan-kendaraan yang berada di Indonesia ini bisa memberikan kontribusi pada NZE. Tentu saja kendaraan yang dimaksud adalah kendaraan ramah lingkungan ini, mau tadi KBH2 yang sebelumnya sudah ada masuk kategori ramah lingkungan, karena emisi CO2 lebih kecil yang dikeluarkan daripada kendaraan yang umum,” ujar Setia.

    (riar/dry)

  • IMI: Jakarta E-Prix 2025 langkah menuju Kota Global berkelanjutan

    IMI: Jakarta E-Prix 2025 langkah menuju Kota Global berkelanjutan

    Jakarta E-Prix kali ini membawa semangat baru dan ekspektasi tinggi setelah sukses pada edisi sebelumnya

    Jakarta (ANTARA) – Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyatakan balapan mobil listrik bertaraf dunia Formula E kembali kembali akan bergulir di Jakarta pada 21 Juni 2025 yang menguatkan keberadaan sebagai Kota Global berkelanjutan

    “Jakarta E-Prix kali ini membawa semangat baru dan ekspektasi tinggi setelah sukses pada edisi sebelumnya,” kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, E-Prix lebih dari balapan karena mencerminkan komitmen kota Jakarta sebagai pelopor keberlanjutan di tengah persaingan global.

    Dengan kehadiran mobil balap terbaru, Gen 3 Evo yang lebih akselerasi bahkan mampu melampaui kecepatan mobil Formula 1.

    Menurut dia ajang ini menjanjikan pertunjukan teknologi canggih sekaligus inovasi ramah lingkungan.

    Ia mengatakan kesuksesan Jakarta dalam menyelenggarakan Jakarta E-Prix pada tahun 2022 dan 2023 telah mengukuhkan reputasinya sebagai tuan rumah yang andal.

    “Pengalaman tersebut sebagai modal utama untuk membawa Jakarta E-Prix 2025 ke jenjang yang lebih tinggi,” kata dia.

    Selain itu, dengan pengalaman dan dukungan dari berbagai pihak, dirinya optimistis pelaksanaan tahun ini akan lebih baik, lebih menarik, dan memberikan kebanggaan bagi Jakarta sebagai kota global.

    Sementara itu, Direktur Proyek Jakarta E-Prix 2025 Deni Rifky Purwana menegaskan acara ini lebih dari sekadar balapan.

    “Ini adalah komitmen bagi kami Jakpro untuk memperkuat posisi Jakarta sebagai sebagai kota global sekaligus mendukung kampanye keberlanjutan.” jelasnya.

    Jakarta E-Prix 2025 akan menjadi panggung peluncuran mobil balap Gen 3 Evo, yang dirancang untuk memberikan performa luar biasa. Dengan akselerasi dari 0–60 mil/jam dalam 1,82 detik.

    Gen 3 Evo tidak hanya cepat tetapi juga mencerminkan masa depan mobilitas berkelanjutan.

    Inovasi lain, seperti teknologi all-wheel-drive (AWD), menjadikan mobil ini lebih stabil dan bertenaga, menjawab kebutuhan akan pengalaman balap yang lebih kompetitif.

    Jakarta E-Prix 2025 adalah bukti bahwa teknologi dan keberlanjutan dapat berjalan beriringan.

    Mobil listrik yang digunakan bukan hanya inovasi teknologi, tetapi juga solusi nyata untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

    “Dengan teknologi kendaraan listrik seperti yang digunakan dalam Jakarta E-Prix, Indonesia memiliki peluang besar untuk memimpin transformasi menuju energi terbarukan,” kata dia.

    Jakarta E-Prix 2025 bukan sekadar ajang olahraga, tetapi juga panggung bagi Jakarta untuk menegaskan posisinya di kancah dunia.

    “Acara ini adalah bukti nyata bahwa Jakarta tidak hanya bergerak maju tetapi juga berkomitmen pada masa depan yang lebih bersih, cerdas, dan berkelanjutan,” kata dia.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Emiten Alat Berat HEXA Dorong Efisiensi dan Keamanan Sektor Tambang di RI – Halaman all

    Emiten Alat Berat HEXA Dorong Efisiensi dan Keamanan Sektor Tambang di RI – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Emiten alat berat, PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) mendukung operasional dan transformasi sektor tambang di Indonesia.

    Dukungan HEXA melalui penyediaan alat berat terbaru yakni excavator Hitachi dan Articulated Dump Truck (ADT) Bell yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas di lapangan. 

    Direktur Penjualan PT Hexindo Adiperkasa Tbk, Dwi Swasono, mengatakan, kedua alat berat ini mampu menekan biaya operasional sekaligus mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. 

    “Hexindo berkomitmen mendukung bisnis pertambangan di Indonesia, khususnya memastikan keuntungan maksimal bagi pelaku usaha,” ujar Dwi dikutip dari Kompas.com, Jumat (17/1/2025).

    Adapun excavator Hitachi memiliki kapasitas bucket mencapai 3,20–3,40 m⊃3; dan tenaga mesin sebesar 296 kW (397 HP), alat berat ini tidak hanya tangguh tetapi juga hemat energi.

    Konsumsi bahan bakar pada mode ECO mampu berkurang hingga 24 persen, mendukung penghematan biaya operasional. 

    Sedangkan, Bell B45E yang merupakan ADT andalan dari Bell Equipment memiliki kapasitas angkut hingga 41 ton dan dilengkapi sistem penggerak enam roda untuk menjaga stabilitas di medan sulit. 

    Teknologi seperti transmisi otomatis tujuh percepatan dan Hill Assist juga dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar serta kemudahan pengendalian. 

    Ia menyampaikan, produk tersebut dirancang untuk mendukung pengelolaan tambang mineral, khususnya nikel, yang menjadi bahan baku utama kendaraan listrik. 

     

  • Top 5 News BisnisIndonesia.id: Dampak Pajak Global ke Investasi Hingga Pamor Paylater Dibanding Kartu Kredit

    Top 5 News BisnisIndonesia.id: Dampak Pajak Global ke Investasi Hingga Pamor Paylater Dibanding Kartu Kredit

    BisnisIndonesia.id, JAKARTA – Pemberlakuan pajak minimum global sebesar 15% bagi perusahaan multinasional dilakukan demi keadilan hak pajak, tetapi dikhawatirkan akan meredupkan daya tarik investasi Tanah Air.
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi menerapkan kebijakan Pajak Minimum Global dan berlaku efektif per 1 Januari 2025.

    Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 136/ 2024 tentang Pengenaan Pajak Minimum Global Berdasarkan Kesepakatan Internasional yang diteken pada 31 Desember 2024.

    Selain soal pajak minimum global, terdaapat informasi komprehensif lainnya yang menjadi berita pilihan redaksi BisnisIndonesia.id pada Jumat (17/1/2025). Di antaranya adalah:

    1. Pajak Minimum Global Tak Boleh Redupkan

    Implementasi pajak minimum global berarti pemerintah tidak bisa lagi menggunakan skema insentif pajak tertentu untuk menarik investasi.

    Selain itu, secara administrasi, pajak minimum global bukanlah hal yang mudah sehingga makanya hanya dikenakan pada PMN dengan omzet dan syarat tertentu.

    Pelaku usaha juga mengatakan investor asing bakal dihadapkan dengan tambahan beban seiring dengan rentetan masalah seperti birokrasi.

    2. Kripto Menguat Terkerek Penurunan Inflasi AS & Potensi Reli Menanti Pelantikan Trump

    Pasar kripto mulai bergerak ke zona hijau seiring dengan meredanya data inflasi CPI Amerika Serikat. Potensi reli juga dinanti jelang pelantikan presiden terpilih AS Donald Trump, yang sudah menjanjikan pemotongan pajak untuk memacu pertumbuhan.

    Adapun, laju kenaikan inflasi yang turun memberikan harapan terhadap potensi tercapainya target inflasi The Fed 2%. Aset kripto berkapitalisasi jumbo, Bitcoin terapresiasi ke level US$99 ribu, hingga kemudian menembus level US$100 ribu.

    Situasi tersebut juga diikuti oleh aset kripto lainnya, seperti Ethereum, XRP, SOL, XLM, dan mayoritas aset kripto di pasar. Sementara di pasar saham AS, Nasdaq Composite memimpin dengan kenaikan 2,17% diikuti S&P 500 1,62% dan Dow Jones Industrial Average dengan 1,5%.

    3. Aral Menantang Setrum Kendaraan Listrik

    Upaya pemerintah memperkuat ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air kian menantang, mengingat investasi untuk pembangunan infrastruktur pendukung berupa stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) mulai seret.

    Banyak investor disebut-sebut mulai membatalkan rencana investasinya untuk membangun infrastruktur pengisian daya kendaraan terelektrifikasi tersebut, lantaran penjualan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) di Indonesia belum begitu bergairah.

    Kendati demikian, pemerintah tetap optimistis investasi untuk pembangunan SPKLU tersebut akan kembali berdatangan. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiyani Dewi bahkan meyakini penjualan kendaraan listrik di Indonesia bakal makin meningkat seiring dengan banyaknya pilihan dan harga yang kompetitif.

    4. Alasan Daya Tarik Kartu Kredit Redup, Tapi Paylater Milik Bank Diminati

    Bank umum makin aktif dan agresif menggarap produk paylater atau Buy Now Pay Later (BNPL) di samping telah memiliki produk kartu kredit. Kondisi ini membuat proyeksi bisnis semakin meningkat dari tahun ke tahun.

    Pefindo Biro Kredit (IdScore) memproyeksikan bisnis paylater terus meningkat pada tahun ini. Bahkan potensinya bisa mengalami pertumbuhan hingga 30% hingga akhir 2025. Direktur Utama IdScore, Tan Glant Saputrahadi, mengatakan proyeksi itu sejalan dengan pertumbuhan kinerja tahun lalu dan prediksi pertumbuhan portofolio kredit nasional yang juga diperkirakan mencapai dua digit.

    Berdasarkan data yang dihimpun oleh hingga November 2024, pertumbuhan fasilitas BNPL tercatat sebesar 24,53% secara tahunan (year-on-year/YoY), dengan total nilai portofolio kredit mencapai Rp35,14 triliun.

    5. Nasib Fajar Surya Wisesa (FASW) Ditinggal Komisaris hingga Direksinya

    Emiten produsen kardus dan kertas PT Fajar Surya Wisesa Tbk. (FASW) atau Fajar Paper harus menerima kenyataan pahit dengan pengunduran diri salah seorang direksinya, mengakumulasi total lima komisaris dan direksi yang meninggalkan perusahaan.

    Berdasarkan keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Kamis (16/1/2025), Sekretaris Perusahaan Fajar Surya Wisesa Marco Hardy mengatakan bahwa perusahaan telah menerima surat pengunduran diri dari Thalengsak Ratchburi sebagai direktur. Sebelumnya, Ponthep Tuntavadcharom tercatat mengundurkan diri sebagai direktur.

    Dengan demikian, di deretan direksi, tersisa Presiden Direktur Yustinus Yusuf Kusumah, Direktur Ekachai Anujorn dan Direktur Arif Razif, mengacu pada laporan keuangan perusahaan periode 9 bulan pertama 2024.

  • Perusahaan yang Dipimpin Ayu Tanoesoedibjo Suntik Startup Kendaraan Listrik – Page 3

    Perusahaan yang Dipimpin Ayu Tanoesoedibjo Suntik Startup Kendaraan Listrik – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Openspace, perusahaan investasi yang berfokus di Asia Tenggara, berinvestasi ke MAKA Motors, startup kendaraan listrik (EV). Dengan berinvestasi di MAKA Motors, Openspace tidak hanya melanjutkan legacy dalam membangun perusahaan transformasional, tetapi juga berkontribusi pada masa depan mobilitas yang lebih sustainable yang strategis bagi Indonesia.

    Executive Director dan Head of Indonesia Openspace Ayu Tanoesoedibjo menjelaskan, investasi Openspace di MAKA Motors mencerminkan komitmen untuk mendukung para founder yang memahami dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

    “Sepeda motor memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari di sini, dan visi MAKA Motors sejalan dengan upaya menciptakan solusi yang berbeda,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1/2025).

    Memahami bahwa mendukung startup untuk meraih kesuksesan jangka panjang memerlukan lebih dari sekadar pendanaan. Openspace memiliki tim Portfolio Success yang terdiri dari para profesional di berbagai bidang strategis seperti tech & engineering, data science, brand & marketing, ESG & impact, serta people & culture.

    Dengan pendekatan kolaboratif tersebut, tim ini memberikan dukungan langsung kepada perusahaan portofolio dalam memperkuat strategi bisnis, mengatasi tantangan operasional, dan menerapkan praktik terbaik. Pendekatan ini juga penting dalam membangun fondasi yang kuat demi pertumbuhan yang berkelanjutan.

    Co-Founder MAKA Motors Raditya Wibowo menyoroti dampak positif dari kolaborasi ini, “Kami mengapresiasi pendekatan Openspace yang tidak hanya memberikan pendanaan, tetapi juga pemahaman mendalam tentang pasar Indonesia,” kata dia. 

    “Ini memberi kami kepercayaan lebih dalam mengembangkan mobility solutions yang tidak hanya inovatif, tetapi juga relevan dan dirancang untuk pengalaman berkendara ‘paling enak’ bagi masyarakat Indonesia.”