Produk: kendaraan listrik

  • Nggak Cuma di Indonesia, Chery Juga Tengah Asyik Geriliya di Eropa

    Nggak Cuma di Indonesia, Chery Juga Tengah Asyik Geriliya di Eropa

    Jakarta

    Pabrikan otomotif asal China, Chery, tak hanya agresif berekspansi di Asia, tetapi juga tengah seru ‘gerilya’ di pasar Eropa.

    Dilansir dari Carwow, meski banyak merek otomotif China yang mencoba menembus Eropa, langkah Chery terbilang lebih cepat dan senyap dibandingkan pesaingnya.

    Setelah hadir di Spanyol hingga Italia, Chery kini mulai serius menatap pasar Inggris. Terbukti, di sana Chery mulai memperkenalkan dua sub-merek andalannya yakni Omoda dan Jaecoo.

    Laporan media asal Inggris ini menyebutkan bahwa per Januari 2025, sudah ada 71 dealer yang menjual Omoda dan Jaecoo. Kabarnya, pabrikan asal Wuhu, China, ini akan menambah hingga 130 titik sampai dengan akhir tahun ini.

    Saat ini, Chery telah memasarkan Omoda 5 dan versi listriknya, Omoda E5. Sementara itu, Jaecoo akan mulai membuka pemesanan untuk model Jaecoo J7 pada awal 2025.

    Tak tanggung-tanggung, Chery juga menyiapkan beberapa model baru untuk pasar Inggris pada tahun ini. Omoda 9, yang dijadwalkan meluncur pada Mei, akan hadir dalam varian Plug In Electric Vehicle (PHEV) yang tengah menjadi sorotan dan mendapat berbagai insentif di Eropa.

    Kemudian, Jaecoo 5 dijadwalkan meluncur pada Agustus mendatang, diikuti oleh Omoda 7 pada September. Bahkan, Omoda 3 juga dikabarkan akan masuk ke pasar Inggris masih pada tahun ini.

    Sebagai bukti keseriusannya di Eropa, akhir tahun lalu Chery telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan EV Motors asal Spanyol untuk memproduksi kendaraan listrik mereka. Kehadiran fasilitas produksi atau perakitan ini semakin memperkuat komitmen Chery dalam memperluas jangkauannya di benua biru.

    (mhg/rgr)

  • Trump Mulai Perang Dagang 2.0, China, Meksiko & Kanada Siap Membalas

    Trump Mulai Perang Dagang 2.0, China, Meksiko & Kanada Siap Membalas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah China mengecam pengenaan tarif bea masuk tambahan sebesar 10% atas barang ekspornya. Kebijakan tarif ini akan berlaku mulai Selasa, 4 Februari 2025. Kendati dikenakan tarif yang lebih tinggi, China tetap membuka pintu untuk perundingan dengan AS.

    Ini diyakini dapat menghindari konflik yang semakin dalam. Beijing akan menentang tarif Presiden Donald Trump dan membawa masalah ini ke meja Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

    China menegaskan akan mengambil “tindakan balasan” yang tidak ditentukan sebagai tanggapan atas pengenaan tarif tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Keuangan dan Perdagangan China.

    Mengutip dari CNA, Kementerian Perdagangan China bahkan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah Trump “sangat melanggar” aturan perdagangan internasional, mendesak AS untuk “terlibat dalam dialog yang jujur dan memperkuat kerja sama”.

    Mengajukan gugatan hukum ke WTO akan menjadi langkah yang sebagian besar bersifat simbolis yang juga telah diambil Beijing terhadap tarif kendaraan listrik buatan China oleh Uni Eropa.

    Selama berminggu-minggu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan Beijing yakin tidak ada pemenang dalam perang dagang.

    Tidak hanya China, Trump juga memutuskan pengenaan tarif 25% untuk Kanada dan Meksiko. Ketetapan ini sudah dituangkan dalam perintah presiden yang diteken Trump pada Sabtu kemarin (1/2/2025).

    Dalam pernyataannya, Trump menekankan bahwa Beijing perlu menghentikan aliran fentanil, opioid yang mematikan, ke Amerika Serikat. Terkait dengan fentanil, China menolak dengan tajam.

    “Fentanil adalah masalah Amerika,” kata Kementerian Luar Negeri China. “Pihak China telah melakukan kerja sama antinarkotika yang ekstensif dengan Amerika Serikat dan mencapai hasil yang luar biasa.”

    Kanada dan Meksiko Siapkan Balasan

    Sementara itu, Kanada dan Meksiko juga telah mengumumkan rencana untuk membalas.

    Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya akan membalas tarif baru Trump dengan mengenakan tarif sebesar 25% pada barang-barang AS mulai dari minuman hingga peralatan.

    Ketika hubungan antara sekutu lama yang berbagi perbatasan darat terpanjang di dunia mencapai titik terendah, Trudeau mengatakan dalam konferensi pers bahwa ia akan mengenakan tarif pada barang-barang AS senilai C$155 miliar (US$107 miliar).

    Tarif senilai C$30 miliar akan mulai berlaku pada hari Selasa, hari yang sama dengan tarif Trump, dan bea masuk pada sisa C$125 miliar dalam 21 hari, katanya.

    Adapun, Presiden Meksiko Claudia Sheinbaum telah memerintahkan tarif pembalasan. Dalam posting yang panjang di X, Sheinbaum mengatakan pemerintahnya menginginkan dialog daripada konfrontasi dengan tetangganya ini, tetapi Meksiko terpaksa menanggapi dengan cara yang sama.

    “Saya telah menginstruksikan menteri ekonomi saya untuk melaksanakan rencana B yang telah kami kerjakan, yang mencakup tindakan tarif dan non-tarif untuk membela kepentingan Meksiko,” tulis Sheinbaum, tanpa merinci barang-barang AS apa yang akan menjadi target pemerintahnya.

    (haa/haa)

  • India Pangkas Tarif Impor Demi Genjot Ekspor Produk Manufaktur

    India Pangkas Tarif Impor Demi Genjot Ekspor Produk Manufaktur

    Bisnis.com, JAKARTA — India disebut akan memangkas tarif impor untuk kebutuhan produksi tekstil hingga elektronik. Hal ini dilakukan untuk menggenjot ekspor produk manufaktur dari negara tersebut sehingga industri lokal tumbuh dan menyerap tenaga kerja. 

    Dikutip dari Bloomberg, Minggu (2/2/2025) Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman mengatakan pemerintah juga akan menghapus tarif impor untuk komoditas mineral seperti kobalt, seng, dan timbal yang saat ini dikenakan tarif impor 5%. 

    Tidak hanya itu, tarif pada mesin yang digunakan dalam pembuatan baterai lithium-ion kendaraan listrik dan ponsel juga akan dibatalkan. Adapun, pemangkasan tarif impor ini akan berlaku efektif pada 2 Februari.

    “Ini juga akan mendukung manufaktur domestik dan penambahan nilai, mempromosikan ekspor, memfasilitasi perdagangan dan memberikan bantuan kepada rakyat jelata,” kata Sitharaman, dikutip dari Bloomberg. 

    Sementara itu, untukmeningkatkan daya saing ekspor di sektor kulit dan tekstil, pemerintah India kan mengurangi pungutan tarif bea cukai pada produk-produk tertentu.

    Pengurangan pungutan lintas sektor dinilai akan membantu pemerintahan yang saat ini dinakhodai Perdana Menteri Narendra Modi untuk meningkatkan produksi lokal dan menarik perusahaan yang ingin melakukan diversifikasi dari China. 

    Langkah ini disebut penting untuk menangani ancaman tarif universal Presiden AS Donald Trump. Adapun, beberapa produk yang bea masuknya telah dikurangi, yaitu esensi penyedap sintetis yang digunakan dalam makanan dan minuman hingga 20% dari semula 100%. 

    Bea masuk kulit wet blue menjadi nol dari semula 10%, modul kamera hingga papan sirkuit cetak menjadi nol dari 2,5%. 

    Di sektor telekomunikasi, pajak pada ethernet kelas operator beralih menjadi 10% dari 20%. Kemudian, barang yang digunakan dalam membangun kendaraan peluncuran dan peluncuran satelit dipangkas tarifnya menjadi nol dari 5%. 

    Lebih lanjut, bagian dari mainan elektronik hingga 20% dari 70%, sepeda motor yang dibangun sepenuhnya dengan kapasitas mesin 1600 cc menjadi 40% dari 50%; pada semi-diketuk turun menjadi 20% dari 25%, dan 10% dari 15% pada sepeda motor completely knock down (CKD). 

    Produk yang dipangkas tarif impornya juga yaitu ikan beku hingga 5% dari 30% untuk meningkatkan daya saing India di pasar makanan laut global. 

  • China Punya Mobil Murah Calon ‘Pembunuh’ Alphard, Tampangnya Mirip

    China Punya Mobil Murah Calon ‘Pembunuh’ Alphard, Tampangnya Mirip

    Jakarta, CNBC Indonesia – Alphard kini memiliki saingan baru. Produsen mobil asal China, BYD Motor Indonesia resmi merilis mobil di segmen premium Denza D9. Mobil ini adalah kendaraan listrik multiguna yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pribadi.

    “Sebagai bagian dari komitmen kami – untuk menawarkan berbagai macam EV, termasuk untuk segmen premium, kami dengan bangga memperkenalkan DENZA sebagai merek sub-premium BYD,” ungkap Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhou dalam peluncuran Denza D9 di Ritz Carlton, Jakarta, dikutip Sabtu (1/2/2025).

    Denza D9 memiliki Intelligent Driving Assist System, the DENZA Pilot-Advanced Driver Assistance System. Sistem LiDAR, radar, kamera, sensor sonik, AI canggih, peta HD, membuat setiap orang dapat berkendara dengan nyaman, baik saat berkendara di jalan raya, melewati lalu lintas kota, atau berkendara di tempat yang sempit.

    Sebagai kesempatan bagi semua pemilik DENZA untuk terhubung dan berbagi perjalanan inovasi. “Sebagai komitmen untuk melayani pelanggan kami yang berharga, kami akan segera menyediakan showroom DENZA baru di Kelapa Gading, BSD, Pluit, dan semakin banyak lagi showroom di berbagai daerah,” sebutnya.

    “Ini hanyalah awal dari perjalanan kami di Indonesia. Ke depannya, kami tetap berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan pasar Indonesia dan mempercepat ekosistem EV yang lebih tangguh dan berkelanjutan, memastikan dampak yang berkelanjutan pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” kata Eagle.

    Eagle Zhou terang-terangan pabrikannya ingin ikut serta dalam perkembangan energi hijau di Indonesia, termasuk ikut ke dalam segmen premium MPV.

    Foto: Pabrikan mobil listrik BYD sudah resmi merilis mobil MPV premium Dengan D9 . (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)
    Pabrikan mobil listrik BYD sudah resmi merilis mobil MPV premium Dengan D9 . (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

    “Seperti yang kita ketahui, permintaan kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pesat ini menghadirkan peluang yang signifikan bagi para pelaku industri, dan kami sangat gembira menjadi pemain terdepan dalam transisi yang menggairahkan ini menuju mobilitas berkelanjutan,” ungkapnya.

    Beberapa tahun belakangan merupakan tonggak penting bagi industri otomotif dan masyarakat. Ini bukan sekadar pengenalan merek baru, tetapi awal dari era transformasi mobil listrik premium di Indonesia.

    “Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi yang pertama berbagi tentang kemajuan luar biasa perjalanan BYD di pasar kendaraan listrik Indonesia yang dinamis,” kata Eagle.

    Pasar mobil Indonesia tengah terjadi terjadi perlambatan secara keseluruhan pada tahun 2024, namun segmen kendaraan listrik mengalami pertumbuhan yang signifikan.

    “Tahun lalu diawali dengan upacara peluncuran merek dan produk BYD, diikuti dengan keberhasilan pengiriman 1.500 unit, dan juga pengiriman ke 1.000 pelanggan hingga Juli 2024,” sebut Eagle.

    Adapun harga mobil ini dijual dengan harga tidak sampai Rp 1 miliar, atau hanya Rp 950 miliar dengan garansi 6 tahun atau 150.000 Km, free periodical maintenance 6 tahun, Drive motor/engine di 8 tahun serta high voltage Battery di 8 tahun atau 160.000 km. Sebagai perbandingan, lawannya yakni Toyota Alphard dijual Rp 1,4 miliar.

    “Ini adalah mobil MPV premium dengan harga paling kompetitif,” kata Operational Director BYD Indonesia Nathan Sun.

    Sebagai informasi, Denza merupakan hasil kolaborasi antara Mercedes-Benz dan BYD tahun 2010. Lambat laun kepemilikan saham Mercedes-Benz makin berkurang, pada akhir 2021, berkurang dari 50 persen menjadi 10 persen.

    Beberapa bulan lalu yakni September 2024, BYD sepenuhnya mengambil alih Denza setelah Mercedes-Benz melepas seluruh sahamnya. Artinya kini Denza menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh BYD.

    Mobil ini masuk ke dalam segmen MPV premium dengan pintu geser seperti mobil mewah seperti Toyota Alphard, Toyota Vellfire, dan Lexus LM350.

    (rob/wur)

  • Tidak Menghamburkan Uang Rakyat, Pejabat Eropa Lebih Pilih Transportasi Publik Ketimbang Kendaraan Dinas

    Tidak Menghamburkan Uang Rakyat, Pejabat Eropa Lebih Pilih Transportasi Publik Ketimbang Kendaraan Dinas

    PIKIRAN RAKYAT – Di banyak negara Eropa, penggunaan transportasi publik oleh pejabat negara bukanlah hal yang aneh. 

    Beberapa pemimpin dan anggota parlemen bahkan sering terlihat menaiki kereta bawah tanah, bus, atau sepeda untuk bepergian ke tempat kerja. Hal ini mencerminkan budaya politik yang menekankan kesederhanaan, transparansi, serta efisiensi dalam penggunaan anggaran negara.

    Di negara-negara seperti Jerman, Swedia, Belanda, dan Prancis, penggunaan transportasi publik oleh pejabat tinggi bukan hanya didorong oleh alasan efisiensi biaya, tetapi juga sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat serta komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

    Jerman

    Kanselir Jerman dan banyak anggota parlemen sering terlihat menaiki kereta atau transportasi umum. Mereka percaya bahwa menggunakan kendaraan dinas hanya perlu dilakukan untuk keperluan resmi atau dalam kondisi keamanan tertentu.

    Swedia

    Para pejabat tinggi Swedia dikenal dengan gaya hidup sederhana mereka. Perdana Menteri dan menteri kabinet sering menggunakan bus atau bahkan berjalan kaki untuk pergi ke kantor.

    Belanda

    Di Belanda, sepeda menjadi moda transportasi utama, bahkan bagi pejabat tinggi negara. Perdana Menteri Mark Rutte sering terlihat bersepeda ke kantornya, mencerminkan gaya hidup praktis dan hemat.

    Prancis

    Beberapa pejabat di Prancis juga menggunakan transportasi umum. Meskipun ada kendaraan dinas yang disediakan, penggunaannya dibatasi untuk keperluan resmi atau keadaan darurat.

    Kebijakan Kendaraan Dinas di Negara-Negara Eropa

    Pemerintah di Eropa umumnya memiliki kebijakan ketat terkait penggunaan kendaraan dinas bagi pejabat negara. Prinsip utama yang diterapkan adalah efisiensi, transparansi, dan pengurangan dampak lingkungan.

    Pembatasan Penggunaan: Kendaraan dinas hanya boleh digunakan untuk urusan resmi dan dalam kondisi tertentu, seperti saat menghadiri acara negara atau pertemuan dengan pejabat asing.

    Kendaraan Ramah Lingkungan: Banyak negara mulai beralih ke kendaraan listrik atau hibrida untuk mengurangi emisi karbon dari armada pemerintah.

    Transparansi Anggaran: Anggaran untuk kendaraan dinas diawasi secara ketat, dan dalam beberapa negara, laporan penggunaan kendaraan dinas harus dipublikasikan secara terbuka.

    Penggunaan Uang Pajak dalam Pengelolaan Transportasi Pejabat

    Uang pajak di negara-negara Eropa dikelola dengan prinsip akuntabilitas yang tinggi. Beberapa langkah yang diambil pemerintah dalam mengatur anggaran untuk transportasi pejabat meliputi:

    1. Subsidi Transportasi Publik untuk Pejabat

    Sebagai pengganti kendaraan dinas, beberapa negara memberikan subsidi atau kartu perjalanan gratis bagi pejabat agar mereka dapat menggunakan transportasi publik.

    2. Penghematan Anggaran

    Dengan membatasi penggunaan kendaraan dinas, negara dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk layanan publik lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

    3. Audit dan Pengawasan Ketat

    Beberapa negara menerapkan sistem audit yang ketat untuk memastikan bahwa penggunaan kendaraan dinas sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak ada penyalahgunaan anggaran.

    Tidak bisa disangkal, kebiasaan pejabat Eropa yang menggunakan transportasi publik mencerminkan budaya politik yang sederhana, transparan, dan bertanggung jawab terhadap uang rakyat. 

    Kebijakan ketat terkait kendaraan dinas menunjukkan komitmen negara-negara Eropa dalam memastikan bahwa anggaran publik digunakan secara efisien dan untuk kepentingan masyarakat luas. Langkah-langkah ini juga menjadi inspirasi bagi negara lain dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan berorientasi pada kepentingan publik. Bagaimana dengan para pejabat di Indonesia? ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Harga Nikel Anjlok Akibat Pasokan Berlebih, Diperparah Kebijakan Trump Cabut Keringanan Pajak Kendaraan Listrik

    Harga Nikel Anjlok Akibat Pasokan Berlebih, Diperparah Kebijakan Trump Cabut Keringanan Pajak Kendaraan Listrik

    FAJAR.CO.ID — Harga nikel anjlok lagi tahun ini. Selain faktor pasokan berlebih dan permintaan yang menurun, penurunan signifikan harga nikel juga imbas kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mencabut keringanan pajak konsumen untuk setiap pembelian kendaraan listrik.

    Pemerintah Amerika Serikat sebelumnya punya kebijakan pro electric vehicles (EV) atau mobil listrik. Presiden Trum kemudian mencabut keringanan pajak konsumen sebesar 7.500 Dolar Amerika Serikat untuk setiap pembelian kendaraan listrik.

    Trump menghentikan mandat adaptasi kendaraan berbasis energi hijau setelah dilantik menjadi presiden. Kebijakan adaptasi kendaraan listrik ini diinisiasi oleh presiden AS sebelumnya, Joe Biden.

    Alasan Trum mencabut mandat kendaraan listrik karena tidak mendukung industri otomotif AS yang memproduksi kendaraan-kendaraan berbasis bahan bakar minyak (BBM).

    Harga nikel spot ditutup pada level USD 15.180,39 per metrik ton pada Kamis (30/1). Penurunannya sekitar 0,65 persen dari sehari sebelumnya yang ada di USD 15.280,46 per metrik ton.

    Harga nikel ini turun 4,44 persen dari level tertingginya yang dicapai pada Jumat (17/1) di level USD 15.885,58 per metrik ton. Anjloknya harga nikel telah terjadi sejak awal tahun sekitar 0,46 persen.

    Harga nikel dunia anjlok sejak 2023 dan terus berlanjut hingga 2024 dan awal 2025 tahun ini. Stok atau pasokan nikel yang berlimpah memicu anjloknya komoditas yang kini menjadi unggulan Indonesia melalui program hilirisasi nikel.

    Tahun lalu, Australia juga telah berupaya memangkas produksi nikel, tetapi tidak cukup untuk menstabilkan harga. Penurunan signifikan harga nikel yang terus menerus terjadi setiap tahun tidak hanya akibat pasokan yang berlebih, tetapi juga permintaan yang lemah dan ketidakpastian ekonomi global.

  • Pemerintah Waspadai Dampak Trump 2.0,  Ancaman Perang Dagang Meluas

    Pemerintah Waspadai Dampak Trump 2.0, Ancaman Perang Dagang Meluas

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mewaspadai dampak Trump 2.0 terhadap ekonomi Tanah Air. Seperti diketahui, saat Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) pada periode pertamanya, sosok ini memulai perang dagang AS versus China. Selanjutnya, jelang pelantikan jilid dua, Trump kerap berkomentar keras tentang perlunya tarif tinggi bagi negara yang merugikan AS.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini dinamika global yang terjadi menjadi faktor yang akan turut mempengaruhi perkembangan perekonomian Indonesia ke depan.

    “Sejumlah risiko tentu masih akan kita hadapi, seperti volatilitas harga komoditas, kemudian tingkat suku bunga yang relatif tinggi, dan tentunya kebijakan perdagangan dari pemerintahan Amerika yang sering kita sebut sebagai Trump 2.0, serta kerentanan ketahanan pangan dan energi akibat perubahan iklim,” kata Airlangga di kantornya, Jumat (31/1/2025).

    Tak hanya ekonomi nasional, ketidakpastian global tersebut juga membuat proyeksi ekonomi global 2025 ini hanya diperkirakan tumbuh di kisaran 3,2%, yang, kata Airlangga, berada di bawah rata-rata historis.

    “Namun ada yang juga cukup membanggakan, kalau dari segi PPP, purchasing power parity, ekonomi Indonesia sudah masuk di nomor delapan. Itu lebih tinggi dari Italia, Prancis, dan ini suatu capaian yang baik,” pungkasnya.

    Sementara itu, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan ketidakpastian global yang disebabkan perang dagang AS versus China ini juga bisa berdampak pada iklim investasi di Indonesia. Kendati demikian, menurutnya, hal ini bisa dimanfaatkan Indonesia.

    Faisal menjelaskan, dalam kebijakan dagang Trump jilid pertama dahulu, perang dagang telah mendorong perusahaan-perusahaan yang tadinya berinvestasi ke China hengkang keluar dan mencari tujuan baru di negara-negara ASEAN. Limpahan tersebut, menurutnya, bisa ditangkap oleh Indonesia.

    “Walaupun yang diperoleh Indonesia dari relokasi manufaktur yang keluar dari China itu relatif sedikit. Tapi untuk ke depan, peluang itu tetap terbuka, tergantung sejauh mana pemerintah memperbaiki, belajar dari kelemahan yang sebelumnya, dan lebih agresif untuk menggaet investasi potensial dari relokasi keluar dari China tersebut,” kata Faisal kepada Bisnis, Jumat (31/1/2025).

    Punya pandangan berbeda, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan keputusan Trump yang menarik mandatori sejumlah kebijakan pendahulunya, Joe Biden, terkait pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle) dapat membuat harga mineral seperti nikel, litium, dan kobalt turun.

    Penurunan harga komoditas tersebut, menurutnya, akan berimbas pada minat investor di sektor hilirisasi. Bagi Indonesia sendiri, realisasi investasi sepanjang 2024 sebesar Rp1.714,2 triliun, hampir seperempatnya atau 23,8%, merupakan investasi di sektor hilirisasi yang mana didominasi oleh hilirisasi mineral tambang.

    Realisasi investasi terkait hilirisasi itu tumbuh 8,63% year on year (yoy). Rinciannya, portofolio investasi terbanyak terkait dengan bidang mineral yang mencapai Rp245,2 triliun, dengan sektor terbesar yaitu nikel (Rp153,2 triliun), tembaga (Rp68,5 triliun), dan bauksit (Rp21,8 triliun).

    “Ketika harga nikel turun, ekspor dari hilirisasi tambang juga akan terganggu. Jadi, porsi investasi yang berasal dari sektor hilirisasi tambang mineral diperkirakan akan tumbuh rendah, porsinya menurun. Jadi kalau 23%, mungkin tahun 2025 cuma 15%,” kata Bhima.

  • Dikepung Polusi Udara, India Mau Batasi Mobil Bensin dan Diesel

    Dikepung Polusi Udara, India Mau Batasi Mobil Bensin dan Diesel

    Mumbai

    India merupakan salah satu negara paling polutif di dunia. Itulah mengapa, pemerintah setempat harus putar otak untuk menuntaskan masalah tersebut. Mereka kabarnya akan membatasi peredaran mobil bensin dan diesel di kota-kota besar.

    Disitat dari Indianauto, Jumat (31/1), mobil bensin dan diesel kemungkinan akan dilarang di Mumbai dalam beberapa tahun mendatang. Penduduk setempat akan diminta beralih ke CNG dan kendaraan listrik.

    Menurut laporan India National Air Quality Index (AQI), kualitas udara di Mumbai belakangan selalu ada di level jingga atau merah. Hal tersebut menandakan, kawasan tersebut sudah benar-benar ‘kotor’. Bahkan, di Delhi, AQI-nya tembus 350an dengan keterangan ‘very poor’ atau sangat tercemar.

    Polusi udara di Mumbai, India. Foto: Doc. The Weather Channel.

    Berkaca dari kenyataan tersebut, pemerintah setempat berniat melarang mobil bensin dan solar di Mumbai. Bukan mustahil, larangan tersebut akan melebar ke kawasan lain yang kualitas udaranya kurang baik.

    “Melihat kualitas udara yang memburuk di Mumbai, Maharashtra telah membentuk panel yang terdiri dari tujuh ahli untuk mengevaluasi pelarangan kendaraan berbahan bakar bensin dan solar di kota tersebut,” demikian bunyi laporan tersebut.

    Petugas IAS (Indian Administrative Service) Sudhir Kumar Shrivastava memimpin panel tersebut dengan kelompok yang terdiri dari komisaris transportasi negara bagian, komisaris gabungan polisi kota (lalu lintas), Direktur Pelaksana Mahanagar Gas Limited, Manajer Proyektor Maharashtra State Power Distribution Company Limited, Presiden Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM), dan komisaris gabungan transportasi (penegakan hukum-1).

    Pada 9 Januari lalu, Pengadilan Tinggi Bombay telah mengeluarkan perintah yang menyatakan kekhawatiran mereka terhadap masalah polusi dan kemacetan lalu lintas di Mumbai. Perintah tersebut sekurangnya juga meminta adanya pembatasan mobil bensin dan diesel.

    “Emisi kendaraan merupakan salah satu sumber utama polusi udara,” kata perintah pengadilan tersebut.

    Meski demikian, rencana tersebut bukannya tanpa tantangan. Sebab, masyarakat Mumbai kemungkinan besar akan melayangkan protes besar-besaran, mengingat harga mobil CNG dan listrik masih lebih mahal dibandingkan mobil bensin dan diesel.

    “Selain itu, mengingat fakta bahwa Mumbai merupakan pasar yang sangat besar untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan solar, langkah tersebut akan sangat merugikan produsen kendaraan,” kata laporan yang sama.

    (sfn/dry)

  • Investasi di Sektor Hilirisasi Rp 407,8 Triliun, Smelter Mineral Mendominasi – Halaman all

    Investasi di Sektor Hilirisasi Rp 407,8 Triliun, Smelter Mineral Mendominasi – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi sektor hilirisasi sepanjang 2024 mencapai Rp 407,8 triliun atau setara 23,8 persen dari total realisasi tahun 2024 sebesar Rp 1.714,2 triliun.

    “Porsi dari hilirisasi dalam investasi yang masuk Indonesia secara overall, secara whole year tahun 2024 itu adalah 23,8 persen total realisasi investasi yang masuk dari Januari sampai dengan Desember,” kata Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani di acara Konferensi Pers di BKPM, Jumat (31/1/2025).

    Rosan mengatakan, pendorong utama investasi hilirisasi ini adalah di sektor mineral yakni Rp 245,2 triliun dengan rincian smelter nikel Rp 153,2 triliun, smelter tembaga Rp 68,5 Triliun, smelter bauksit Rp 21,8 triliun dan smelter timah Rp 1,6 triliun.

    “Angkanya memang dari mineral masih paling tinggi karena ini kita sudah memulai dengan nikel yang mempunyai kontribusi yang sangat-sangat baik, sejak kita memberlakukan hilirisasi di nikel ini dan ada tembaga, bauksit, timah,” jelas Rosan.

    Berdasarkan paparannya, investasi hilirisasi sektor kehutanan pulp and paper tercatat sebesar Rp 64 triliun, sektor pertanian Rp 67,1 triliun, sektor minyak dan gas petrochemical Rp 23,1 triliun dan ekosistem kendaraan listrik sebesar Rp 8,4 triliun.

    Rosan berharap, kedepan akan ada sektor lain yang masuk dalam daftar hilirisasi.

    Dia juga bilang, pihaknya tengah membahas bersama kementerian terkait untuk segera meluncurkan produk baru yang bisa dijadikan nilai tambah hilirisasi.

    “Jadi kita hanya ingin memberikan gambaran secara keseluruhan tetapi mungkin kedepannya akan muncul hilirisasi dari bidang-bidang lainnya gitu dan kami yakin itu akan muncul,” ujar Rosan.

    “Kita sedang berkoordinasi dengan Kementerian atau badan terkait lainnya. Sehingga kita bisa mencantumkan setelah program yang kita luncurkan untuk berjalan insyaallah ke depannya dengan baik,” sambungnya.

    Capaian realisasi investasi sepanjang tahun 2024 mencapai Rp 1.714,2 triliun atau melebihi dari target yang ditentukan Presiden sebesar Rp 1.650 triliun serta target Renstra sebesar Rp 1.239,3 triliun.

    Dari total investasi tersebut, jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat sebesar Rp 900,2 triliun atau setara 52,5 persen dan jumlah ini naik 21 persen dari tahun sebelumnya.

    Sedangkan, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 814 triliun atau 47,5 persen dari target investasi.

     

     

  • Awal Tahun Jadi Waktu yang Pas Beli Motor Listrik, Potongan Harga Sampai Segini

    Awal Tahun Jadi Waktu yang Pas Beli Motor Listrik, Potongan Harga Sampai Segini

    JAKARTA – Motor listrik semakin digemari oleh masyarakat luas, bahkan merujuk dari data Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) penjualan sepanjang 2024 lebih dari 62 ribu unit.

    Mengawali awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk membeli motor listrik, terutama model-model motor dari Polytron. Ya, Polytron menghadirkan ragam promo spesial potongan harga hingga akhir Februari mendatang.

    Head of Group Product Electric Vehicle Polytron Ilman Fachrian Fadly, mengatakan, program yang dihadirkan merupakan wujud nyata perusahaan untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang berorientasi terhadap aspirasi konsumen.

    “Antusiasme besar dari masyarakat terhadap produk motor listrik Polytron menunjukkan bahwa kami telah menjadi pilihan utama. Data dari SISAPIRa mencatat produk kami sebagai motor listrik dengan penjualan nomor satu. Maka, sebagai bentuk apresiasi, kami menghadirkan program potongan Rp5 juta untuk mendukung masyarakat yang ingin memiliki motor listrik Polytron,” kata Ilman, dalam keterangan resminya yang diterima, Kamis, 30 Januari.

    Lebih lanjut ia mengatakan, Polytrine optimis dengan produk yang ditawarkan akan terus mendorong minat masyarakat terkait adopsi motor listrik di Indonesia.

    Apalagi, merujuk dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target yang ambisius untuk penerapan kendaraan listrik, yang bertujuan untuk memiliki 13 juta unit kendaraan listrik roda dua di jalan pada tahun 2030.

    “Kami tentu berharap program promo diskon Polytron ini dapat mendukung pemerintah mengakselerasi target besar tersebut,” tambahnya.

    Bagi yang tertarik dengan program yang ditawarkan, Polytron menghadirkan tiga pilihan motor listrik yang mendapatkan harga spesial tersebut. Mulai dari Fox-R dan Fox-S. Promo ini dapat dinikmati dengan cara yang sangat mudah. Konsumen bisa mengunjungi dealer & showroom resmi Polytron di seluruh Indonesia untuk langsung melakukan pembelian motor listrik pilihan.

    Pastikan untuk melakukan pembelian dalam periode promo, yaitu mulai 20 Januari hingga 28 Februari 2025, agar bisa mendapatkan diskon spesial ini.