Produk: kendaraan listrik

  • Negara Tekor Rp 250 Triliun Tiap Tahun Gara-gara Impor BBM – Page 3

    Negara Tekor Rp 250 Triliun Tiap Tahun Gara-gara Impor BBM – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Meskipun memiliki kekayaan minyak dan gas bumi (migas) yang sangat besar. Ternyata Indonesia masih ketergantungan Bahan Bakar Minyak (BBM) dari luar negeri. Sebanyak 60 persen BBM yang dipasarnya di Indonesia ternyata berasal dari impor.

    Hal tersebut diungkap oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastuktur Dasar Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Kemenko IPK), Rachmat Kaimuddin. Adapun realisasi anggaran untuk impor BBM hingga Rp 250 triliun per tahun.

    “Kita hari ini mengimpor 60 persen dari oil kita, diimpor. Kita hitung rata-ratanya selama lima tahun, kira-kira kita spend (pengeluaran) Rp 250 triliun setiap tahun,” ujarnya dalam acara Strategic Forum Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik Nasional di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (12/2/2025).

    Anggaran untuk impor BBM tersebut cukup membebani neraca dagang Indonesia. Ironisnya anggaran jumbo tersebut masih belum tepat sasaran.

    Laporan Bank Dunia (World Bank) menyebutkan, program subsidi BBM hanya 11 persen dinikmati kelompok masyarakat di desil 1-5. Sementara sisa pengguna BBM dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu.

    “Jadi memang ada mismatch (ketidaksesuaian) dari subsidi dan tingkat ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

    Tak cuma itu, dampak lain dari penggunaan BBM berbasis fosil adalah membawa dampak buruk bagi polusi udara. Khususnya di saat musim kemarau.

    “Yang juga tidak kalah menariknya, terutama buat kita-kita yang di Jakarta, kalau di musim kemarau, polusi udara yang buruk, itu kita juga sudah lihat data-datanya sekitar 40 sampai 60 persen polusi udara itu bersumber dari emisi exhaust, asap knalpot,” beber dia.

    Penggunaan Mobil Listrik

    Rachmat menyebut penggunaan mobil listrik dapat menjadi alternatif untuk mengurangi keterangannya impor BBM. Selain itu, kendaraan listrik juga lebih ramah lingkungan dibandingkan penggunaan bahan bakar fosil.

    “Nah, oleh karena itu kita merasa mendorong ekosistem generalisasi ini cocok untuk Indonesia. Tapi kita juga perlu memastikan bahwa kita tidak hanya berpikir penggunaannya. Bahwa orang-orang Indonesia banyak yang berpindah ke EV (kendaraan listrik),” ucapnya.

    Pemerintah sendiri telah memberikan sejumlah insentif untuk mendorong pembelian kendaraan listrik. Namun, insentif ini hanya berlaku bagi produsen kendaraan listrik yang telah memenuhi ketentuan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

    “Untuk beberapa tahun ini, kita berikan demand side insentif. Mobil, kita berikan insentif PPN di tanggung pemerintah 10 persem. Tapi syaratnya hanya yang punya TKDN atau ada nilai tambah di Indonesia sesuai peraturan Kemenperin, yaitu 40 persen,” tandasnya.

    Reporter: Sulaeman

    Sumber: Merdeka.com

  • Ini Mobil Nasional Turki Pemberian Erdogan buat PM Malaysia

    Ini Mobil Nasional Turki Pemberian Erdogan buat PM Malaysia

    Jakarta

    Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mendapat mobil listrik asli merek Turki, Togg, pemberian dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Mobil listrik pemberian Erdogan untuk PM Malaysia itu merupakan simbol persahabatan kedua negara.

    Diberitakan Kantor Berita Bernama, kendaraan listrik Turki yang diberikan untuk PM Malaysia adalah SUV Togg T10X berkelir putih. Anwar Ibrahim mengendarai mobil listrik tersebut dengan setir kiri dengan Erdogan di sampingnya.

    “Anwar kemarin mengendarai kendaraan setir kiri itu ke Kompleks Seri Perdana, dengan Erdogan di sampingnya, untuk menghadiri pertukaran perjanjian, konferensi pers bersama, dan jamuan makan siang bersamaan dengan kunjungan resmi Erdogan selama dua hari ke Malaysia,” demikian dikutip Bernama.

    Anwar mengatakan, ia melihat hadiah itu sebagai milik negara, bukan miliknya. Anwar akan mengembalikan kendaraan itu ke negara itu pada akhir masa jabatan perdana menterinya.

    Mobil Nasional Turki Pemberian Erdogan buat PM Malaysia Foto: Dok. Instagram Anwar Ibrahim

    Togg adalah produsen mobil listrik nasional besar pertama di Turki. Merek mobil itu didirikan pada 2018. T10X adalah model pertamanya, yang mulai diproduksi pada tahun 2022 sebelum pengiriman pada tahun 2023.

    Togg T10X hadir dengan dua pilihan, versi penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) dan penggerak semua roda (all wheel drive/AWD). Versi RWD menggunakan satu motor listrik bertenaga 218 PS dan torsi 350 Nm. Sedangkan versi AWD hadir dengan dua motor berdaya 435 PS dengan torsi 700 Nm. Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 523 km dengan sekali pengisian daya penuh.

    Togg T10X bisa dicas cepat. Dengan pengisian fast charging DC 180 kW, ngecas dari 20 persen sampai 80 persen cuma butuh waktu 28 menit.

    (rgr/dry)

  • Kekayaan Elon Musk Menyusut di Bawah 400 Miliar Dolar AS Gegara Harga Saham Tesla Anjlok – Halaman all

    Kekayaan Elon Musk Menyusut di Bawah 400 Miliar Dolar AS Gegara Harga Saham Tesla Anjlok – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Kekayaan bersih miliarder kondang asal AS, Elon Musk dilaporkan turun di bawah 400 miliar dolar AS,  pertama kalinya dalam dua bulan terakhir.

    Mengutip laporan Bloomberg, anjloknya harta kekayaan Elon musk terjadi akibat terseret penurunan dua digit saham Tesla dari puncak tertinggi sepanjang masa pada pertengahan Desember. Adapun saham produsen mobil itu diketahui jatuh sebanyak 27 persen pada perdagangan Wall Street, Selasa (11/2/2025).

    Memperparah kerugian di pekan sebelumnya, dimana saat itu Tesla mengalami penurunan saham 11 persen, setelah melaporkan angka penjualan bulanan yang mengecewakan.

    Adapun tekanan yang menimpa saham Tesla terjadi akibat beberapa faktor, diantaranya penurunan penjualan di dua pasar Utama Tesla. Yakni di Jerman, dimana  Pengiriman mobil Tesla turun 59 persen ke level terendah sejak 2021. Sementara penjualan di China amblas 11,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, akibat persaingan ketat dari BYD Co.

    Masalah ini semakin diperparah dengan munculnya kekhawatiran investor Tesla atas kebijakan baru Donald Trump terkait pencabutan mandat eksekutif kendaraan listrik yang telah diterapkan sejak era pemerintahan Joe Biden pada tahun 2021 silam.

    Imbas dicabutnya mandat tersebut, maka kredit pajak konsumen sebesar 7.500 dolar AS untuk pembelian kendaraan listrik akan ditiadakan. 

    Alasan tersebut yang membuat investor Tesla kompak melakukan aksi jual saham hingga saham raksasa otomotif ini anjlok untuk hari keempat berturut-turut dalam perdagangan di New York.

    Kendati saham Tesla yang menjadi bagian terbesar dari kekayaan Musk telah susut. Namun Elon Musk diketahui masih memiliki sejumlah aset besar yang dapat menyokong lonjakan hartanya.

    Diantaranya saham SpaceX, dimana Musk memegang 42 persen saham di perusahaan ini, dengan nilai mencapai 136 miliar dolar AS. Kemudian ada saham xAI, Perusahaan kecerdasan buatan (AI) yang baru saja menggalang pendanaan dalam jumlah besar.

    Selain itu, Musk juga memimpin konsorsium investor yang mengajukan penawaran 95 miliar dolar AS untuk membeli OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT.

    Dengan total kekayaan ini Elon Musk menjadi manusia terkaya di dunia pada awal tahun 2025, berdasarkan daftar Forbes Real-Time Billionaires.

     

  • Bocoran Mobil Baru di IIMS 2025: Lebih dari 10 Produk Anyar Muncul!

    Bocoran Mobil Baru di IIMS 2025: Lebih dari 10 Produk Anyar Muncul!

    Jakarta

    Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 akan menjadi saksi keluaran kendaraan bermotor terbaru. Lebih dari 10 produk anyar akan menyapa masyarakat Indonesia. Segmen roda empat bakal dibanjiri mobil anyar dari beragam teknologi, mulai dari hybrid, battery electric vehicles, dan internal combustion engine (ICE). Simak rangkumannya!

    Suzuki

    PT Suzuki Indomobil Sales akan mendobrak lantai IIMS 2025 dengan produk global yang baru pertama kali debut di Indonesia. Status mobil itu masih sebatas mobil konsep alias belum diproduksi secara massal.

    Dari siluet yang ditampilkan, terlihat bentukannya mirip-mirip dengan Suzuki eWX Concept yang pernah ditampilkan Suzuki dalam ajang Japan Mobility Show 2023.

    Selain itu, Suzuki juga bakal memberikan kejutan lain. Apakah model baru? Suzuki Indomobil Sales (SIS) berjanji bakal meluncurkan beragam mobil baru di tahun 2025. Suzuki menyebut, tahun 2025 mereka akan meluncurkan jajaran mobil SUV.

    Toyota

    PT Toyota Astra Motor ikut meramaikan pameran IIMS 2025 pada 13 -25 Februari 2025. Toyota akan memperkenalkan tiga mobil baru di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 13 Februari 2025. Belum diketahui model apa yang bakal diluncurkan oleh Toyota.

    Seperti diketahui Toyota sedang rajin-rajinnya memasarkan model xEV, produknya terdiri dari berbagai model teknologi dari mobil listrik berbasis baterai dan mobil hybrid.

    Untuk mobil hybrid, rumornya Toyota sedang menyiapkan Veloz berteknologi hybrid. Apalagi, kode yang diduga Veloz Hybrid sudah muncul. Diketahui sinyal kehadiran mobil hybrid dengan harga kompetitif Toyota menguat dengan munculnya kode mesin W102RE-LBVFJ di Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2024 Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024.

    Apakah model lain yang bakal meluncur?

    Honda

    PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menambah line up terbaru dalam ajang IIMS 2025. Honda akan mengenalkan satu unit model baru elektrifikasi di Indonesia.

    PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mengenalkan Honda e:N1 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Kendaraan konsep tersebut kemungkinan besar akan menjadi HR-V listrik masa depan.

    Model itu berpotensi menjadi salah satu produk yang bakal diperkenalkan Honda. Mengingat Honda sudah merencanakan untuk menjual mobil ini di Indonesia tahun 2025.

    Tim internal HPM juga tengah melakukan riset atau studi untuk Honda Step WGN sebelum benar-benar dijual di Indonesia. Termasuk soal harganya. Apakah ini menjadi momen pengumuman harga dari Step WGN?

    Sementara itu, HR-V menjadi volume maker bagi Honda di Indonesia. Kontribusi HR-V saat ini sekitar 16-18 persen dari total penjualan Honda.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, dalam laman Samsat DKI Jakarta, tertera dua kode baru yang didaftarkan, yakni RV58 CVT ZZ dan RV58 RS CVT ZZ. Diketahui kode RV itu merupakan kode body Honda HR-V.

    Chery

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) akan meluncurkan produk baru dalam gelaran IIMS 2025. Dari siluet gambar yang ditampilkan, mobil itu adalah Tiggo Cross.

    Kehadiran Tiggo Cross menambah line up dari Tiggo Series yang sudah dipasarkan di Indonesia. Nomenklatur Tiggo Cross juga sudah muncul dalam website Samsat DKI Jakarta.

    BYD

    BYD bakal menambah produk baru di segmen kendaraan listrik. Mobil listrik murah BYD Seagull atau Sealion?

    Dari siluet yang ditampilkan dalam presentasi Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan, terlihat mobil tersebut memiliki garis desain dengan mobil 5 pintu yang bakal melengkapi empat model yang sudah dipasarkan yakni M6, Seal, Atto 3, dan Dolphin.

    Di sisi lain, BYD Sealion 7 kian dekat ke Indonesia. BYD baru saja meluncurkan mobil listrik terbaru BYD Sealion 7 di Malaysia. Ini merupakan SUV listrik terbaru dari BYD pesaing Tesla Model Y.

    Wuling

    Wuling akan membawa dua produk baru untuk pasar Indonesia. Dari siluet yang ditampilkan mirip dengan Wuling Hongguang Mini EV terbaru yang meluncur di China.

    Selain itu, ada salah satu SUV baru Wuling sudah terdaftar di Indonesia.

    Dalam dokumen itu, tampak ada sebuah desain SUV yang didaftarkan oleh SAIC GM WULING AUTOMOBILE CO., LTD yang beralamat di China. Desain mobil itu identik dengan SUV lima tempat duduk Wuling di China yang dijual dengan nama Baojun Yunhai.

    Kira-kira mobil listrik apalagi yang bakal dibawa Wuling, ataukah hadir model lain?

    Hyundai

    Hyundai tampaknya tengah menyiapkan mobil berukuran compact dalam ajang IIMS 2025.

    Siluet itu mirip dengan foto Hyundai Inster yang sedang mengisi ulang daya baterai dalam website global. Bisa saja Hyundai meluncurkan produk tersebut dalam ajang IIMS 2025.

    Selain itu, Hyundai juga bakal menampilkan varian N Line Series.

    Jaecoo

    Jaecoo melakukan debut di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Brand yang berada di bawah naungan Chery Group ini bakal membawa tiga model untuk ditampilkan kepada publik.

    Jaecoo bakal menempati booth Hall B3, JIExpo Kemayoran, pada 13-25 Februari 2025. Yang paling ditunggu adalah soal harga Jaecoo J7.

    Selain J7, Jaecoo juga akan membawa line up lain seperti J5 berteknologi battery electric vehicles (BEV) dan J8 internal combustion engine (ICE).

    Honri

    Utomocorp akan membawa mobil listrik mungil bergaya Alphard, namanya Honri.

    Honri, atau Hongri Automobile Group, memasarkan Boma EV dengan merek Weiao (Viauto) di China, di mana mobil ini dijual dengan harga antara 39.900 hingga 51.900 yuan (Rp 89 jutaan – Rp 115 jutaan).

    CEO Utomocorp Denny Utomo bilang Boma EV dikabarkan masuk Indonesia dengan banderolan di bawah Rp 200 juta.

    Baic

    Baic Indonesia juga meramaikan lantai IIMS 2025. Bocorannya bakal menambah varian baru dari BJ40 Plus.

    Jetour

    Jetour tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan panggung IIMS untuk pengenalan produk terbaru. Merek asal China yang mengkhususkan diri menawarkan model SUV buat berkendara jauh dan off road akan membawa elektrifikasi terbaru.

    Aion

    Aion akan membawa produk terbaru dalam ajang IIMS 2025. Bocorannya Aion bakal menghadirkan kendaraan baru yang memiliki kapasitas tujuh penumpang serta dimensi yang mencapai 5 meter.

    (riar/rgr)

  • Harga Mobil Listrik China Makin Murah, Tesla Bye!

    Harga Mobil Listrik China Makin Murah, Tesla Bye!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Persaingan Tesla di China kian sulit. Produsen dalam negeri, BYD baru saja merilis mobil dengan harga yang jauh lebih murah dari raksasa kendaraan listrik milik Elon Musk.

    Salah satu yang ditawarkan senilai US$9.555 (sekitar Rp 156,4 juta). BYD melengkapi tiga model mobilnya dengan sistem pengemudi canggih God’s Eye dengan harga di bawah 100 ribu yuan (Rp 224 juta), dengan termurah senilai 69.800 yuan (Rp 156,4 juta), dikutip dari Reuters, Selasa (11/2/2025).

    Total 21 model yang diluncurkan BYD. Pendiri BYD Wang Chuanfu menjelaskan semua model ini menjadi ‘batch pertama’ dari perusahaan.

    Wang juga menjelaskan fitur smart driving bakal jadi yang diperlukan. Misalnya sabuk pengaman dan kantung udara.

    Langkah yang dibuat BYD, membuat Wang yakin bisa membantu peralihan AI di China. Sebagai informasi, perusahaan telah mengintegrasikan DeepSeek dalam salah satu mobilnya Xuanji.

    Direktur Pelaksana Automotive Foresight, Yale Zhang melihat langkah BYD sama seperti DeepSeek. Model AI itu mengguncang dunia teknologi dengan pengembangan teknologi yang jauh lebih murah dari yang keluarkan raksasa teknologi dunia lain.

    “Mereka ingin menyamakan hak atas teknologi. Teknologi tidak harus canggih dan bisa melakukan perang harga,” kata Zhang.

    Kepala Prakiraan Pasar China di Global Data, John Zeng menjelaskan penjualan BYD sudah mencapai titik jenuh. Oleh karena itu perusahaan butuh terobosan.

    “Mobil pintar akan membawa penjualan ke tingkat baru. Pabrikan mobil lain termasuk Xpeng berada di bawah tekanan luar biasa dari mobil listrik terjangkau dengan tenaga ADAS milik BYD, namun sulit untuk mengikuti jejaknya dnegan kendaraan yang sama murahnya,” jelas Zeng.

    Xpeng dengan Mona bersama beberapa merek kendaraan listrik meluncurkan mobil EV dengan fitur smart driving yang dijual murah. Salah satu yang murah adalah Baojun Yunhai dan SAIC-General Motors-Wuling senilai US$15 ribu (Rp 245,6 juta).

    (fab/fab)

  • Pabrik Vinfast Siap Beroperasi pada Akhir 2025

    Pabrik Vinfast Siap Beroperasi pada Akhir 2025

    Jakarta, FORTUNE – VinFast Auto Ltd, perusahaan otomotif asal Vietnam yang berfokus pada Kendaraan Listrik (EV), menyatakan fasilitas produksi yang tengah dibangun di Subang, Jawa Barat, akan beroperasi secara penuh sebelum akhir 2025.

    CEO VinFast Asia, Pham Sanh Chau, menyatakan langkah ini merupakan bagian dari strategi perusahaan memperkuat posisinya sebagai pemain utama pada industri EV di kawasan Asia Tenggara.

    “Kami telah memutuskan untuk mendirikan pabrik di Subang dan menargetkan penyelesaiannya sebelum akhir tahun ini,” ujar Pham dalam acara Media Gathering VinFast Indonesia di Jakarta, Selasa (11/2).

    Pembangunan pabrik ini telah dimulai sejak pertengahan Juli tahun lalu dengan upacara peletakan batu pertama. Awalnya, fasilitas tersebut memang ditargetkan untuk selesai pada akhir 2025.

    Berlokasi di kawasan industri yang berkembang pesat, pabrik ini dibangun dengan nilai investasi US$200 juta atau setara Rp3,23 triliun pada saat itu, di atas lahan seluas 170 hektare. Fasilitas ini dirancang memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 50.000 unit kendaraan dan mencakup berbagai fasilitas utama, termasuk body shop, general assembly shop, paint shop, serta area pengujian.

    Daya tarik Subang untuk industri

    Subang kini semakin menarik perhatian sebagai pusat industri baru karena lokasinya yang strategis, dekat dengan pelabuhan, serta kemudahan akses menuju jalan tol Cipali, yang dapat memangkas biaya logistik. Dengan semakin banyaknya industri yang berkembang di wilayah ini, daya tarik Subang sebagai kawasan manufaktur semakin meningkat.

    Rencananya, pabrik VinFast di Indonesia akan memproduksi model VF5 dan VFe34, yang telah diperkenalkan ke pasar Indonesia sejak awal tahun lalu.

    Pembangunan pabrik di Indonesia merupakan bagian dari langkah strategis VinFast berekspansi secara global. Secara keseluruhan, pabrikan otomotif asal Vietnam ini menyiapkan investasi US$1,2 miliar untuk ekspansi ke Indonesia. Nilai ini dikucurkan secara bertahap dan tidak hanya ditujukan demi mengembangkan pabrik, tapi juga menyiapkan infrastruktur penunjang seperti charging station.

  • Daftar Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2025

    Daftar Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2025

    Berikut adalah daftar mobil listrik termurah di Indonesia pada 2025 yang wajib diketahui:

    1. Wuling Air ev Lite Standard

    Mobil listrik Wuling Air ev Lite Standard merupakan salah satu pilihan termurah dengan harga Rp179,1 juta, yang belum termasuk biaya pengisi daya (charger). Dibekali dengan baterai 17,3 kWh, mobil kompak ini mampu menempuh jarak sekitar 200 km dengan sekali pengisian penuh. 

    Meskipun mobil ini belum dilengkapi dengan sistem pengisian daya cepat, namun dengan pengisian menggunakan arus AC 7 kWh, pengguna tetap dapat mengisi daya dengan relatif mudah meskipun memerlukan waktu lebih lama.

    DFSK Seres E1 hadir sebagai pesaing Wuling Air ev Lite dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu Rp189 juta. Mobil ini memiliki desain yang hampir mirip dengan Wuling Air ev dan dilengkapi dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 25 kW dengan torsi 100 Nm. 

    Keunggulan dari DFSK Seres E1 adalah kemampuan motor yang menggerakkan roda belakang, memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil dan responsif.

    Vinfast VF 5, mobil listrik asal Vietnam, kini tersedia di Indonesia dengan harga promosi sekitar Rp286,450 juta (dengan pembelian baterai) atau Rp218,250 juta (dengan langganan baterai). Ditenagai oleh motor elektrik 70 kW yang setara dengan 94 tenaga kuda dan torsi 135 Nm, VF 5 memiliki daya jelajah yang cukup jauh berkat baterai lithium 29,6 kWh. 

    Keunggulan lainnya adalah proses pengisian daya yang cepat, di mana baterai dapat terisi dari 10 persen hingga 70 persen hanya dalam waktu 34 menit menggunakan pengisian cepat. Selain performa yang cukup baik, Vinfast VF 5 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan desain modern yang menarik.

    Neta V-II adalah kendaraan listrik compact SUV yang dirakit di Indonesia dengan harga Rp299 juta (termasuk insentif PPN 10 persen). Mobil ini dilengkapi dengan baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) berkapasitas 36,1 kWh yang memungkinkan jarak tempuh hingga 401 km. 

    Dikenal dengan fitur-fitur canggihnya, Neta V-II dilengkapi dengan sembilan fungsi Advanced Driver Assistance System (ADAS), seperti Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Lane Departure Warning (LDW), yang membantu meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Fitur-fitur keamanan dan kenyamanan lainnya juga menjadi nilai tambah pada mobil ini.

    Mobil listrik BYD M6 ditawarkan dalam tiga varian, yakni Standard 7 seater seharga Rp379 juta, Superior 7 seater seharga Rp419 juta, dan Superior Captain Seat 6 seater seharga Rp429 juta. M6 hadir dengan dimensi besar, panjang 4,7 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,6 meter, yang menjadikannya pilihan ideal bagi keluarga. 

    Varian Standard dan Superior dapat menampung hingga tujuh orang, sementara tipe Superior Captain Seat memiliki kapasitas enam orang dengan kursi baris kedua yang lebih mewah dan terpisah. Ditenagai oleh motor listrik AC Permanent Magnet Synchronous Motor, mobil ini memiliki jarak tempuh yang bervariasi, mulai dari 420 km untuk varian standar hingga 530 km untuk varian Superior dengan kapasitas baterai 71,8 kWh. Pengisian daya juga cukup cepat dengan pengisian DC 115 kW untuk varian Superior.

    Dengan semakin banyaknya pilihan mobil listrik yang terjangkau, masyarakat Indonesia kini semakin dimudahkan dalam memilih kendaraan yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga lebih ekonomis. Kendati harga mobil listrik masih lebih tinggi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil, kehadiran berbagai insentif dan subsidi serta penurunan biaya produksi akan membuat mobil listrik menjadi pilihan menarik di masa depan. 

    Dalam jangka panjang, penggunaan kendaraan listrik di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi polusi udara dan mendukung pencapaian target pengurangan emisi karbon.

  • Beda Pajak yang Dikorting buat Mobil Listrik dan Hybrid

    Beda Pajak yang Dikorting buat Mobil Listrik dan Hybrid

    Jakarta

    Pemerintah memberikan insentif pajak untuk kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan listrik berbasis baterai dan kendaraan hybrid mendapatkan insentif pajak ditanggung pemerintah. Namun, ada perbedaan pajak yang dikorting buat mobil listrik dan mobil hybrid.

    Kebijakan insentif untuk mobil listrik dan mobil hybrid tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 12 Tahun 2025 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu serta Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah Listrik Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2025.

    Peraturan Menteri Keuangan No. 12 Tahun 2025 berlaku sejak tanggal diundangkan. Peraturan itu diundangkan sejak 4 Februari 2025.

    Dalam aturan itu dijelaskan pemberian insentif untuk industri otomotif. Mobil listrik berbasis baterai yang telah memenuhi kriteria tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mendapatkan insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP). Sedangkan mobil hybrid yang memenuhi kriteria tertentu mendapatkan insentif berupa pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP).

    Besarannya beda-beda. Untuk mobil dan bus listrik, PPN yang ditanggung pemerintah sebesar 5-10 persen. Sedangkan mobil hybrid mendapat insentif PPnBM DTP sebesar 3 persen.

    Berikut kriteria TKDN yang harus dipenuhi kendaraan listrik untuk dapat insentif PPN DTP:

    a. KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen);

    b. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen); dan

    c. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) sampai dengan kurang dari 40% (empat puluh persen).

    Pajak Pertambahan Nilai yang ditanggung Pemerintah atas penyerahan mobil listrik dan bus yang memenuhi kriteria nilai TKDN pada huruf a dan huruf b sebesar 10 persen dari harga jual. Sedangkan untuk kriteria huruf c mendapat PPN DTP sebesar 5 persen dari harga jual.

    Sementara itu, untuk mobil hybrid mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang ditanggung Pemerintah sebesar 3 persen dari harga jual. Adapun LCEV (low carbon emission vehicle) yang akan mendapatkan insentif antara lain kendaraan roda empat full hybrid, mild hybrid, dan/atau plug-in hybrid.

    Mobil hybrid itu harus memenuhi persyaratan seperti diatur dalam ketentuan Pasal 37 Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

    Pajak PPnBM DTP untuk mobil hybrid diberikan untuk Masa Pajak Januari 2025 sampai dengan Masa Pajak Desember 2025.

    (rgr/dry)

  • Infrastruktur jaringan gas dan reformasi subsidi energi

    Infrastruktur jaringan gas dan reformasi subsidi energi

    Ilustrasi – Jaringan pipa gas bumi (jargas). (ANTARA)

    Infrastruktur jaringan gas dan reformasi subsidi energi
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 11 Februari 2025 – 08:28 WIB

    Elshinta.com – Beberapa hari yang lalu, elpiji (LPG) dalam tabung hijau ukuran 3 kilogram sempat sulit diperoleh, sehingga menimbulkan antrean panjang konsumen di pangkalan resmi elpiji.

    Kini situasi telah kembali normal, setelah pengecer diperbolehkan kembali menjual langsung pada publik.

    Kendati akhirnya pengecer boleh kembali menjual elpiji 3 kilogram (biasa disebut “gas melon”), antrean masyarakat berpotensi berulang, mengingat konsumen “gas melon” terbilang besar.

    Salah satu sebab, mengapa konsumen gas melon demikian besar, karena ada subsidi, artinya konsumen membeli gas melon di bawah harga keekonomiannya.

    Pada mulanya, elpiji bersubsidi itu diperuntukkan bagi masyarakat miskin, sebagaimana tertulis di badan tabung. Namun distribusinya melalui pengecer, dan dijual secara bebas, sehingga ada saja masyarakat yang secara ekonomi bukan kelompok miskin ikut menikmatinya juga, itu sebabnya subsidi energi akan terus meningkat.

    Kondisi tersebut semakin memperkuat urgensi reformasi subsidi energi di Indonesia, utamanya bagi elpiji 3 kilogram.

    Merujuk data 2024, alokasi subsidi energi mencapai Rp189,1 triliun, dengan Rp87,4 triliun disalurkan untuk elpiji 3 kg.

    Angka untuk subsidi elpiji 3 kg adalah yang terbesar dibandingkan subsidi energi lain, seperti jenis bahan bakar minyak tertentu (JBT) dan listrik.

    Reformasi subsidi energi

    Kebijakan subsidi energi Indonesia bertujuan untuk menjaga harga energi tetap stabil dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

    Dengan menahan harga energi di bawah harga pasar, ini memungkinkan masyarakat berpenghasilan rendah mengakses energi yang tidak mampu mereka beli.

    Salah satu masalah di Indonesia adalah orang-orang kaya juga menikmati akses elpiji 3 kg bersubsidi karena lemahnya sistem basis data kelompok sasaran.

    Elpiji subsidi yang bisa diakses semua warga, termasuk warga yang tergolong mampu, akan menimbulkan sejumlah masalah.

    Subsidi yang sifatnya universal, justru akan mendorong konsumsi berlebihan dari rumah tangga berpenghasilan tinggi, termasuk pelaku usaha skala besar.

    Reformasi subsidi menjadi sesuatu yang krusial, mengingat skema harga yang stagnan selama satu dekade terakhir, menjadikan beban keuangan pemerintah terus meningkat.

    Sejak 2009, harga elpiji 3 kg di angka Rp5.000 per kg. Harga eceran elpiji 3 kg saat ini di wilayah Jabodetabek masih di kisaran Rp22.000, artinya tidak mengalami kenaikan berarti. Harga tersebut jauh di bawah harga pasar yang semestinya.

    Subsidi berasal dari dana APBN, yang sebagian besar diambil dari uang pajak masyarakat, jadi harus digunakan juga untuk kesejahteraan rakyat.

    Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan reformasi subsidi untuk memastikan, bahwa subsidi energi ini akan diberikan untuk melindungi masyarakat terutama dari kalangan bawah.

    Pemerintah terus berupaya memperbaiki kebijakan subsidi energi yang pada prinsipnya adalah memastikan subsidi tersebut tepat sasaran.

    Reformasi subsidi energi juga harus diikuti dengan upaya menghadirkan alternatif bagi sektor-sektor yang terkena dampak. Upaya tersebut antara lain pengembangan jaringan gas kota, pembangkit listrik energi terbarukan, dan kendaraan listrik.

    Kebijakan ini juga akan mendorong masyarakat untuk mempelajari harga energi yang sebenarnya dan mulai mengubah gaya hidup mereka agar lebih bijak dan tidak boros dalam menggunakan energi.

    Pada saat yang sama, industri juga harus mendorong efisiensi energi dalam bisnis, yang akan membantu memastikan bahwa perubahan subsidi energi berdampak kecil pada kegiatan bisnis mereka.

    Selanjutnya perlu ada edukasi kepada masyarakat terkait urgensi pengurangan subsidi, semisal dengan cara menunjukkan bagaimana pengalihan dana subsidi digunakan untuk program pembangunan yang lebih berdampak luas, seperti pendidikan, kesehatan, atau bantuan sosial yang lebih terarah.

    Perlu juga disampaikan kepada publik, bahwa reformasi subsidi elpiji bukan hanya soal efisiensi fiskal pemerintah, bahwa kebijakan ini terhubung dengan asas keadilan sekaligus keberlanjutan energi.

    Setiap rupiah yang dikeluarkan untuk subsidi yang tidak tepat sasaran, merupakan bentuk ketidakadilan bagi warga yang benar-benar membutuhkan.

    Memperkuat infrastruktur jargas

    Pemerintah menargetkan beban subsidi dan impor energi bisa ditekan. Strateginya melalui pengembangan jaringan gas (jargas) rumah tangga secara masif.

    Pembangunan infrastruktur jargas dapat membantu mengurangi subsidi dan impor energi. Pemberian subsidi energi bisa menjadi lebih tepat sasaran dengan adanya jargas.

    Pada akhirnya, Indonesia bisa memperbaiki neraca keuangan. Jargas juga dinilai dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penyerapan tenaga kerja selama pembangunan jargas berlangsung.

    Jargas juga dapat membantu menurunkan impor yang selama ini membebani negara, rantai bisnis pengembangan jargas cukup panjang, sehingga membutuhkan kerja gotong royong yang sinergis agar jargas bisa optimal memberikan manfaat kepada masyarakat.

    Selain itu pengembangan jargas juga selaras dengan program Asta Cita pemerintahan Presiden Prabowo, khususnya dalam upaya swasembada energi sehingga keberlanjutan proyek akan terus dilakukan.

    Gas bumi merupakan salah satu sumber energi andalan di era transisi energi, oleh karenanya diperlukan infrastruktur terintegrasi untuk bisa menyalurkan gas dari area sumber gas menuju area penerima manfaat, seperti kawasan industri dan konsumen rumah tangga.

    Manfaat pembangunan infrastruktur jaringan gas, agar harga gas lebih terjangkau, dengan biaya (toll fee) lebih murah, guna memenuhi kebutuhan gas untuk industri, pembangkit listrik dan rumah tangga.

    Salah satu jargas skala besar yang sudah siap adalah jaringan pipa gas Cisem (Cirebon – Semarang) tahap 1 dengan investasi Rp1,13 triliun. Kemudian dilanjutkan pembangunan Cisem tahap 2, untuk tahun 2024 membutuhkan investasi Rp1,33 triliun, dan untuk tahun 2025 membutuhkan investasi Rp l2,01 triliun. Investasi lebih besar, karena jarak pipa yang dibangun juga lebih panjang.

    Proyek CISEM merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan bagian dari rencana interkoneksi pipa transmisi antara jaringan pipa transmisi Sumatera, Jawa Bagian Barat dengan jaringan pipa transmisi Jawa Bagian Timur.

    Interkoneksi pipa ini memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi dan dapat diakses masyarakat dengan harga terjangkau secara berkelanjutan, terutama untuk kebutuhan sektor industri eksisting di sepanjang jalur pipa dan kawasan-kawasan industri yang akan segera beroperasi di beberapa wilayah.

    Antara lain, Kawasan Industri Terpadu Batang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, serta kawasan industri lainnya yang sedang dalam proses pembangunan.

    Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menegaskan dukungannya, terhadap pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (CISEM).

    Kementerian ESDM berusaha mendukung sepenuhnya pembangunan CISEM Tahap I dan II selesai tepat waktunya. Kementerian ESDM sudah mengidentifikasi sumber-sumber gas yang produksinya bisa dialirkan lewat pipa ini untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat.

    Pembangunan pipa transmisi gas bumi seperti CISEM, bertujuan meningkatkan akses gas bumi bagi seluruh masyarakat maupun industri.

    Pipa transmisi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas gas bumi yang sebagian besar berasal dari lapangan gas di Jawa Timur dapat sampai ke wilayah Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan industri yang sedang berkembang.

    Dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri, khususnya industri maupun pembangkit listrik, pemerintah terus meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pembangunan transmisi pipa gas.

    Selain pipa Cirebon-Semarang, penting dicatat adalah proyek West Natuna Transportation System (WNTS)-Pemping dan Sei ruas Mangkei-Dumai.

    Selain itu, pengembangan pipa LNG skala kecil dan virtual untuk mengamankan pasokan energi di daerah-daerah yang terkendala faktor geografis, seperti di pulau-pulau kecil terutama yang berlokasi di bagian timur Indonesia.

    Sumber : Antara

  • Erdogan dan Anwar Ibrahim Saling Lontarkan Pujian dalam Lawatan sang Presiden Turki di Malaysia – Halaman all

    Erdogan dan Anwar Ibrahim Saling Lontarkan Pujian dalam Lawatan sang Presiden Turki di Malaysia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Kuala Lumpur untuk memulai kunjungan resminya selama dua hari di Malaysia pada Senin ini (10/2/2025).

    Pesawat yang membawa Erdogan mendarat di Kompleks Bunga Raya di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada pukul 14.10 waktu setempat.

    Kedatangannya, yang didampingi oleh Ibu Negara Turki Emine, disambut oleh Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim dan istrinya Datuk Seri Dr. Wan Azizah Wan Ismail.

    Turut hadir menyambut delegasi dari Turki adalah Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin dan Menteri Luar Negeri Datuk Seri Mohamad Hasan.

    Erdogan kemudian meninjau upacara penghormatan oleh 28 petugas dan personel dari Batalyon 1 Resimen Pengawal Raja (Seremonial) sebelum berangkat ke Pusat Konvensi Internasional Putrajaya (PICC) bersama Anwar untuk menggelar kuliah umum.

    Di acara kuliah umum tersebut, Erdogan dianugerahi Doktor Kehormatan Internasional Universiti Malaya (UM) oleh Wakil Yang di-Pertuan Agong Sultan Nazrin Muizzuddin Shah, yang juga merupakan Canselor universitas tersebut.

    Pembukaan acara kenegaraan yang berlangsung di PICC tersebut pun diwarnai aksi saling melontarkan ujian atas kinerja mereka di dunia internasional.

    Lontaran pujian pertama disampaikan oleh Anwar Ibrahim kepada Erdogan saat ia membuka acara tersebut.

    Di kesempatan tersebut, Anwar memuji Erdogan dengan menyebutnya sebagai salah satu pemimpin dunia yang telah menunjukkan keberanian moral dan keberanian dalam memperjuangkan nasib rakyat Palestina yang tertindas oleh rezim Zionis Israel.

    Anwar Ibrahim mengatakan bahwa meskipun prinsip seringkali dikorbankan demi kenyamanan, Erdogan telah sangat vokal dalam menentang penaklukan dan pendudukan ilegal, serta genosida terhadap rakyat Palestina.

    Dia mengatakan bahwa dukungan Turki untuk Palestina bukan hanya kata-kata, tetapi nyata, diplomatik, dan penuh tekad.

    “Ketika negara-negara lain ragu, dia menunjukkan keteguhan dan ketika reaksi dunia semakin meningkat (terhadap kekejaman Israel), dia memastikan bahwa dukungan untuk Palestina diterjemahkan ke dalam tindakan yang lebih berarti,” kata Anwar saat menyampaikan sambutan selamat datang dalam kuliah umum tersebut.

    Anwar juga memuji kemajuan Turki di bawah pemerintahan Erdogan selama ini.

    “Hari ini kita menyaksikan Turki sebagai fenomena, yang telah berhasil mencapai kemajuan teknologi dan kebangkitan yang mampu mendorongnya ke perbatasan baru.” ungkap Anwar seperti yang dikutip dari Astro Awani.

    Di dalam sambutannya tersebut, Anwar juga memuji ragam produk teknologi yang dihasilkan Turki beberapa waktu terakhir.

    “Keberhasilan pengembangan drone Bayraktar adalah kebangkitan industri mereka. Proyek kendaraan listrik TOGG, perkembangan pesat teknologi luar angkasa, dan kemampuan kecerdasan buatan (AI), semua membuktikan bahwa Turki menolak untuk dibelenggu oleh masa lalu kelamnya. Sekarang, Turki benar-benar menghargai makna liberalisasi dan kebebasan yang dapat mendorong Turki ke depan,” ungkap Anwar.

    “Hari ini, Turki lebih kuat, lebih aman, dan lebih teguh dari masa lalunya, dan itu tidak akan ada tanpa kepemimpinan beliau (Erdogan),” tambahnya.

    Anwar juga membahas mengenai persahabatannya dengan Erdogan dalam kuliah tersebut.

    “Ketika saya sedang kesulitan, dia mengulurkan tangan ketika banyak yang berpaling. Dukungannya tidak hanya sekadar basa-basi, dan bukan untuk kepentingan politik.” ungkap Anwar Ibrahim

    Anwar juga mengatakan bahwa hari ini Malaysia menyambut Erdogan bukan hanya sebagai seorang kepala negara, tetapi seorang pemimpin yang pengaruhnya melampaui batas negaranya.

    Balasan Pujian dari Erdogan.

    ERDOGAN ANWAR IBRAHIM – Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim (kanan) menyambut pesawat yang membawa Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kiri) yang mendarat di Kompleks Bunga Raya di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada Senin (10/2/2025) pukul 14.10 waktu setempat yang ditangkaplayar dari kanal Youtube KiniTV. Di kuliah umum yang digelar di PICC pada Senin (10/2/2025) kedua kepala negara tersebut saling melontarkan pujian (Tangkap Layar Youtube KiniTV)

    Di kuliah umum tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga memuji Anwar dan menggambarkan hubungan antara negaranya dengan Malaysia sebagai hubungan yang sejati sebagai teman, saudara, dan mitra, meskipun jarak antara kedua negara terletak di dua ujung benua Asia.

    Dia mengatakan bahwa hubungan bilateral antara kedua negara ditingkatkan ke tingkat strategis pada tahun 2014, dan selanjutnya menjadi tingkat strategis komprehensif pada tahun 2022, dengan salah satu fokusnya adalah pendidikan dan sumber daya manusia.

    Satu di antara kerjasama dalam bidang pendidikan tersebut dapat dilihat dari banyaknya pelajar asal Malaysia yang saat ini turut mengenyam pendidikan di Turki.

    “Saat ini, Turki menawarkan peluang pendidikan tinggi kepada hampir 340.000 siswa internasional dari 190 negara termasuk Malaysia.” ungkap Erdogan.

    Erdogan juga mengatakan bahwa banyak pemuda mereka memutuskan untuk datang ke Malaysia untuk melanjutkan studi dan membangun karier di dunia akademik.

    “Banyak generasi baru melanjutkan studi mereka di Turki dan Malaysia dengan bantuan beasiswa. Selain itu, sejak 2019, bahasa nasional Turki telah ditawarkan di Universitas Malaya melalui kolaborasi strategis di bawah Pusat Kebudayaan Emre Yunus. Saat ini, kami melihat lebih banyak lulusan dari Turki dan Malaysia, dan kami merasa sangat bangga,” tambahnya.

    Di acara tersebut, Erdogan juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sultan Nazrin yang memberikannya gelar Doktor Kehormatan Internasional UM.

    Erdogan mengatakan bahwa ia sangat menghargai penghargaan tersebut, dan menggambarkannya sebagai cerminan rasa hormat untuk dirinya, negaranya, dan rakyatnya.

    “Universitas Malaya, yang saat ini berada di peringkat 60 dalam Peringkat Universitas Dunia, dengan hampir 40.000 mahasiswa, memainkan peran yang sangat penting dalam dunia akademik dan penelitian di negara ini. Saya percaya kepemimpinan Sultan Nazrin Shah, dengan kontribusi akademiknya dan kepribadiannya, adalah faktor luar biasa dalam usaha ini.” ungkap Erdogan

    “Seperti yang kita ketahui bersama, universitas memainkan peran krusial dalam perkembangan masyarakat. Sistem akademik universitas yang kuat akan menciptakan generasi yang siap, dan ini menciptakan dasar bagi masa depan yang lebih cerah,” tambahnya.

    Erdogan mengatakan bahwa ia sepenuh hati percaya bahwa Malaysia akan mencapai kesuksesan yang lebih besar dengan sumber daya manusia yang terdidik.

    (Tribunnews.com/Bobby)