Produk: kendaraan listrik

  • Melihat Inovasi Terbaru Tiang Listrik PLN yang Dipakai Ngecas Mobil Listrik

    Melihat Inovasi Terbaru Tiang Listrik PLN yang Dipakai Ngecas Mobil Listrik

    Jakarta

    Melihat inovasi tiang listrik yang bisa menjadi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). PT PLN (Persero) ikut memamerkan proof of concept (PoC) pole mounted charger dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025.

    Kalau biasanya tiang listrik itu tanpa layar multi information display (MID). Nah, kali ini menampilkan informasi berupa power hingga kapasitas listrik yang disalurkan.

    “Ini sudah uji coba di satu titik di Tanah Abang, PLN Enjiniring,” kata Anhar salah satu Juru Penerangan PLN di IIMS 2025, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/2/2025).

    Untuk spesifikasi tiang listrik yang dipamerkan dalam ajang IIMS 2025 ini menggunakan charging machine merek ALTRO, ini merupakan bagian dari Astra Otopower.

    Sementara itu, spek keluaran arusnya bukan pengisian cepat AC dengan 7 kilo Watt (kW).

    “Ini masih uji coba,” ujarnya lagi.

    PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Keberadaan EV charging tersebut diharapkan mampu menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

    Layanan tersebut belum mendukung fast charging untuk menghindari gangguan pada saluran atau aliran daya ke perumahan.

    SPKLU PLN EYE punya dua kapasitas pengisian, yaitu 7 kW dan 22 kW yang sengaja didesain PLN Enjiniring untuk pole mounted charger, baik yang menempel di luar (tiang listrik beton) maupun yang masuk dalam tiang besi.

    Pengguna yang ingin menggunakan SPKLU tersebut dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile dan melakukan transaksi pembayaran dengan cara memindai QR Code yang tertera pada tiang listrik yang dimaksud.

    (riar/din)

  • BCA Expoversary 2025 dibuka di ICE BSD City

    BCA Expoversary 2025 dibuka di ICE BSD City

    Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja (ketiga dari kanan) beserta jajaran dalam konferensi pers BCA Expoversary 2025, di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (20/2/2025). ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas

    BCA Expoversary 2025 dibuka di ICE BSD City
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Kamis, 20 Februari 2025 – 14:23 WIB

    Elshinta.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan BCA Expoversary 2025 dalam rangka perayaan HUT ke-68 perusahaan, yang diadakan secara offline, di ICE BSD City selama 20-23 Februari; dan online melalui website https://expo.bca.co.id pada 20 Februari-31 Maret.

    “Memang kami rutin mengadakan acara seperti ini. Nah, tahun 2025 secara umum sih tetap sama, cuma memang dari segi pricing kita ada sedikit melakukan perubahan-perubahan, menyesuaikan dengan pasar,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers BCA Expoversary 2025, di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

    Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, BCA Expoversary 2025 disebut menawarkan beragam promo dan penawaran spesial. Mulai dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Sepeda Motor (KSM), hingga beragam produk unggulan Solusi BCA.

    Dalam pameran ini, BCA memberikan penawaran spesial suku bunga KPR BCA 2,68 persen eff.p.a fix untuk 3 tahun dengan penempatan sejumlah dana, biaya provisi 0,68 persen, dan diskon biaya administrasi 50 persen, bunga 2,88 flat p.a. dengan tenor 2 dan 3 tahun, program DP 0 persen untuk KKB BCA, dan program DP 0 persen untuk KSM BCA.

    Nasabah juga dinyatakan dapat menemukan beragam opsi hunian dari 21 developer yang berpartisipasi secara offline. Selain itu, pengunjung bisa mencari properti secara online pada lebih dari 362 proyek dari 168 developer, 96 kantor property agent, dengan lebih dari 1.891 listing property yang tersebar di berbagai kota besar.

    Berbagai kendaraan dari 21 merek mobil ternama turut dihadirkan dalam BCA Expoversary 2025, seperti Mercedes-Benz, BMW, Lexus, Hyundai, Toyota, Honda, Mitsubishi, Mazda, hingga kendaraan listrik seperti BYD dan Great Wall.

    Untuk sepeda motor, BCA menggandeng 26 merek ternama, antara lain Honda, Yamaha, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Ducati, Kawasaki, serta Vespa. Ada pula diskon produk gadget dan elektronik hingga Rp1,68 juta bagi pengguna kartu kredit BCA; serta penawaran berbagai kebutuhan travel pengunjung BCA Expoversary 2025 di seluruh travel agent Astindo Travel Air.

    “Nasabah BCA yang menghadiri BCA Expoversary 2025 offline dapat menggunakan sistem pembayaran seamless melalui aplikasi myBCA dan BCA mobile. Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa pilihan pembayaran, mulai dari kartu debit BCA, kartu kredit BCA, hingga QRIS BCA. Beragam solusi perbankan juga bisa diraih pengunjung BCA Expoversary 2025, mulai dari pembukaan rekening, pembuatan kartu kredit BCA, dan lainnya,” kata Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 dan Direktur BCA Finance Petrus Karim dalam keterangan resmi.

    Penawaran khusus diberikan bagi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas di BCA Expoversary 2025, di antaranya diskon 50 persen biaya admin KPR, diskon 0,5 persen biaya provisi KPR, biaya admin khusus KKB, bunga spesial dan pre-approved KSM BCA dengan harga maksimal Rp200 juta, tambahan unit penyertaan reksa dana hingga Rp17,5 juta untuk pembelian produk investasi, penawaran dari para mitra pengembang perumahan, serta diskon 15 persen asuransi perjalanan dan hemat biaya own risk kendaraan BCA Insurance.

    Bagi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, disediakan lounge khusus yang menghadirkan beragam fasilitas dan penawaran dari mitra bisnis berbagai sektor. Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas yang melakukan pembelian rumah dan kendaraan selama BCA Expoversary 2025 disebut berkesempatan mendapatkan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

    Produk-produk unggulan dari Desa Bakti BCA dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Binaan Bakti BCA ditampilkan pula di area Bakti BCA dalam pameran ini.

    “Pelibatan Desa Bakti BCA dan UMKM Binaan Bakti BCA merupakan bentuk komitmen BCA terhadap individu, komunitas, dan lingkungan untuk mendukung peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sehingga dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs),” ujar dia pula.

    Beberapa produk yang dipamerkan mencakup batik dari Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, kopi dari Doesoen Kopi Sirap Semarang, serta kain dari Wastra Warna Alam Tenun Baduy dan Timor Tengah Selatan. Pengunjung berkesempatan pula mencoba nail art dan riasan wajah oleh Sahabat Disabilitas tersertifikasi, lulusan program “Make Up Class with BCA” Bakti BCA.

    “Dukungan BCA terhadap produk lokal juga ditampilkan dengan menghadirkan ratusan merek dari BCA Bangga Lokal, seperti Compass, Kanky, HMNS, Botanical Essentials, Bagasi, dan Miwa Pattern,” katanya lagi.

    Sumber : Antara

  • Bekas Pabrik Gula ‘Disulap’ Jadi Rest Area Megah, Telan Rp 149 M

    Bekas Pabrik Gula ‘Disulap’ Jadi Rest Area Megah, Telan Rp 149 M

    Brebes

    Rest area heritage KM 260B Banjaratma merupakan salah satu proyek dari PT PP Sinergi Banjaratma, anak usaha dari PT PP (Persero) Tbk. Rest area ini awalnya merupakan pabrik gula yang berhenti beroperasi pada 1997 dan sempat tidak dipergunakan untuk apapun selama kurang lebih 20 tahun.

    Selanjutnya, pabrik gula tersebut dipugar menjadi rest area dengan nilai investasi Rp 149 miliar.

    “Awalnya (modal pembangunan) Rp 149 miliar. Yang kami bangun itu adalah atap gedung. Kalau bajanya, masih dari tahun 1908. Jadi, rangka gedungnya masih murni. Juga sekat-sekat, kalau yang bata itu masih sama. (Pembangunan) untuk atap, lantai, terus kawasan,” ujar Direktur PT PP Sinergi Banjaratma, Dina Yunanda di lokasi Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma, Brebes, Kamis (20/2/2025).

    Dina menjelaskan dengan luasan rest area yang mencapai 10,6 hektare (ha) ini membutuhkan biaya pemeliharan dan operasional. Ia bilang, untuk gedung saja, agar bisa menghasilkan pemasukan itu sebenarnya sedikit.

    “Kami harus mengeluarkan biaya untuk (pemeliharaan dan operasional) 10,6 hektar. Itu lumayan. Sebenarnya, itu tidak menghasilkan revenue, tapi malah kami harus ada opex (operating expense) untuk pemeliharaan,” bebernya.

    Menurut Dina rest area ini mencatatkan pertumbuhan laba di angka 15% per 2024 secara year on year (yoy). Meskipun, Dina bilang, di dua tahun awal ia memimpin ada masa di mana perusahaan merugi hingga Rp 6 miliar per tahunnya.

    “Karena di 2019 kami gratiskan satu tahun (biaya sewa untuk usaha UMKM). Lalu, baru mulai berbayar, kena COVID-19. Saya masuk pas zaman COVID-19, kawan-kawan pedagang ingin minta diskon 70%. Akhirnya, kami sepakat memberikan diskon 50%. Dari dua tahun awal ruginya, lumayan sekitar Rp 6 miliar per tahun,” terang Dina saat menjelaskan sebab perusahaan merugi kala itu.

    Sebagai informasi tambahan, keterisian gerai (tenant) di Rest Area Heritage Banjaratma KM 260B sebanyak lebih dari 70%-nya adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Secara total, saat ini terdapat 188 gerai UMKM dan 27 gerai non-UMKM, serta menyerap sebanyak kurang lebih 560 orang pekerja.

    Fasilitas yang terdapat di rest area ini antara lain ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), tempat ibadah, taman rekreasi, ruang auditorium, gerai makanan, pusat oleh-oleh, dan 80 toilet perempuan serta 40 toilet laki-laki.

    Menurut catatan detikcom, Rest Area Heritage Banjaratma KM 260B mulai beroperasi sejak 17 Maret 2019. Rest area ini merupakan eks Pabrik Gula Banjaratma yang beroperasi mulai 1913 di bawah pemerintahan Belanda kala itu. Pabrik gula itu didirikan oleh perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda, NV Cultuurmaatsschappij pada 1908.

    Pabrik yang terletaknya di Desa Banjaratma atau sekitar 5 kilometer sebelah barat kota Brebes, mulai beroperasi pada 1913. Keberadaannya dulu menjadi lapangan pekerjaan bagi sebagian warga desa.

    Pabrik gula ini terpaksa gulung tikar pada 1997 akibat tingginya biaya operasional. Tak berapa lama, bangunan itu pun ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat. Dari yang tadinya tak terurus, sinergi BUMN pun melirik PG Banjaratma karena lokasinya yang dekat dengan jalan tol dan menjadikan situs cagar budaya ini sebagai rest area ikonik di kawasan Brebes.

    Rest area heritage KM 260B Banjaratma. Dina Yunanda Dirut PT PP Sinergi Banjaratma, bersama Corporate Secretary PTPP Joko Raharjo.Foto: Amanda Christabel/detikcomJadi denyut nadi masyarakat di halaman berikutnya. Langsung klik

    Rest Area Heritage Banjaratma KM 260B yang terletak di ruas Tol Pemalang-Pejagan arah Jakarta menjadi salah sumber rezeki bagi masyarakat sekitarnya. Tercatat, rest area ini menyerap sebanyak 188 gerai usaha mikro kecil menengah (UMKM), atau setara lebih dari 70% dari total gerai yang ada di rest area tersebut.

    Beberapa gerai yang terdapat di rest area ini mulai dari aneka oleh-oleh makanan khas Brebes seperti telur asin, ada pula kerajinan tangan, mainan tradisional, hingga restoran yang menyajikan makanan khas Brebes.

    Salah satu pedagang di rest area ini, yang enggan menyebutkan namanya, menyewa gerai seharga kurang lebih Rp 2,3 juta per bulannya. Angka sewa ini bergantung pada luasan area dagang yang diinginkan. Dagangan yang ia jajakan pada gerainya antara lain mulai dari mainan tradisional, hingga kerajinan tangan dan peralatan makan yang terbuat dari kayu dan gerabah.

    “Kalau lagi musim ramai (hari raya dan libur panjang) omset hariannya bisa lebih dari Rp 5 juta per hari. Kalau lagi sepi, kadang nol Rupiah, kadang Rp 500 ribu per hari. Tergantung, biasanya berbeda-beda tiap harinya. Di sini mulai ramainya dari siang ke malam,” ujar pria paruh baya yang ditemui detikcom saat sedang menjaga gerai dagangannya, Kamis (20/2/2025).

    Berpindah ke gerai lainnya, yakni gerai oleh-oleh makanan khas Cirebon, tercatat mendapatkan omset yang lebih besar ketimbang penjaja kerajinan tangan. Per harinya, Gilang sang penjaga toko mengatakan, gerai makanan itu mampu menghasilkan omset harian Rp 5 juta.

    “Kalau lagi ramai banget bisa lebih dari Rp 20 juta kira-kira per harinya. Per harinya kurang lebih sekitar Rp 5 juta,” ujar Gilang saat berbincang dengan detikcom.

    Mengonfirmasi perihal harga sewa gerai kepada Direktur Utama PT PP Sinergi Banjaratma, Dina Yunanda, ia membeberkan angka sewanya senilai Rp 220 ribu per meter per seginya.

  • Mobil Bensin Bakal Tamat Akibat Penemuan Baru Peneliti Korea

    Mobil Bensin Bakal Tamat Akibat Penemuan Baru Peneliti Korea

    Jakarta, CNBC Indonesia – Peneliti Korea Selatan berhasil mengembangkan mobil listrik dengan baterai berbahan silikon, memungkinkannya melaju hingga 1.000 km dalam sekali charge. Temuan ini bisa mengakhiri era mobil bermesin cetus api yang ditenagai oleh BBM.

    Sebab, salah satu hambatan utama dari transisi dari kendaraan bermotor tenaga bensin ke kendaraan listrik adalah soal jarak. Kapasitas baterai yang terbatas membuat konsumen takut beralih dari BBM.

    Fokus penelitian para ahli dari Pohang University of Science and Technology di Korea Selatan adalah material silikon.

    Material silikon banyak diteliti untuk digunakan dalam pembuatan baterai karena tersedia melimpah berbagai belahan dunia. Namun, silikon juga punya karakter yang membuatnya bermasalah.

    Ukuran elemen silikon bisa bertambah besar hingga tiga kali saat dicas, kemudian menyusut kembali. Karena itu, kebanyakan penelitian mencoba membuat baterai dengan material silikon berbentuk partikel nano yang ukurannya sangat kecil.

    Permasalahannya, ongkos untuk memproduksi partikel nano sangat mahal dan prosesnya sangat kompleks.

    Peneliti dari Pohang punya pendekatannya yang berbeda. Mereka justru menggunakan partikel silikon berkurang 1.000 kali lebih besar, yaitu dalam skala mikro. Elemen ukuran ini lebih mudah dan murah untuk diproduksi dengan densitas energi yang lebih lega.

    Peneliti kemudian mencari solusi dari masalah kembang-kempis partikel silikon. Mereka menggunakan gel polimer elektrolit yang bentuknya berubah ketika elemen silikon berubah bentuk. Gel ini kemudian diikat secara kimia dengan radiasi lewat tembakan elektron. Hasilnya, adalah ikatan yang stabil meskipun partikel silikon kembang-kempis.

    Bahkan, kestabilan baterai silikon buatan para peneliti setara dengan baterai lithium-ion standar, dengan densitas energi 40 persen lebih besar.

    “Kami menggunakan anoda mikro-silikon, hasilnya tetap baterai yang stabil. Riset ini membawa kita lebih dekat ke sistem baterai lithium-ion densitas-energi-tinggi,” kata Park Soojin dari Pohang University.

    Para peneliti menyatakan baterai rancangan mereka bisa dengan mudah diaplikasikan.

    (dem/dem)

  • Penampakan Charging Station di Korea Selatan, Lebih Canggih dari Punya Indonesia  – Halaman all

    Penampakan Charging Station di Korea Selatan, Lebih Canggih dari Punya Indonesia  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Indonesia sedang merambah era elektrifikasi dengan kendaraan listrik. Pertarungan antara mobil listrik terlebih dahulu atau penyediaan infrastruktur dulu, masih menjadi perdebatan.

    Meski begitu, keduanya sekarang berjalan beriringan, dimana sekarang sudah banyak model kendaraan listrik roda empat yang dijual di Indonesia dan infrastruktur mulai dibangun secara masif.

    Infrastruktur isi daya atau biasa disebut SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) terus dibangun pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta.

    Saat ini, di Indonesia pengisian daya kendaraan listrik terdapat beberapa pilihan, diantaranya 2.3 kW, 7 kW, 22 kW, 50 kW, 100 kW, 150 kW hingga 200 kW.

    Kecepatan pengecasan pun bermacam-macam, mulai dari 15-30 menit dengan menggunakan DC Fast Charging, hingga 10 jam pengisian saat menggunakan arus 2,3 kW.

    Kebanyakan stasiun isi daya di Indonesia juga hanya terpasang di mall maupun lokasi publik lain, seperti area perkantoran hingga rest area.

    Lokasi-lokasi charging station di Indonesia dan di Korea Selatan sebenarnya hampir sama. Akan tetapi, di Korea stasiun isi daya hanya terdapat di area parkir basement gedung-gedung dan rest area.

    Masyarakat Korea Selatan biasanya tidak memasang fasilitas isi daya di rumah mereka. Kebanyakan akan mengakses SPKLU di tempat publik.

    Kali ini Tribunnews.com berkesempatan ke Korea Selatan memenuhi undangan Hyundai Indonesia. Tim dibawa ke Rest Area Chilgok, Korea Selatan.

    Di tempat istirahat usai berkendara ini terdapat fasilitas isi daya Ultra Fast Charging untuk kendaraan listrik. Secara desain, hampir sama seperti SPKLU di Indonesia, ada enam port yang bisa dipakai untuk mengisi daya Electric Vehicle (EV).

    Menariknya, saat kendaraan mengisi daya, di bagian atap SPKLU akan muncul berapa besar daya yang sudah terisi pada setiap mobil yang tengah melakukan pengecasan.

    Untuk tarifnya, pengisian daya EV di Korsel dipatok mulai 310 Won atau sekitar Rp 3.500 hingga 560 Won atau setara Rp 6.300 dengan kurs rupiah terhadap Won pada Kamis (20/2/2025).

    Di Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menetapkan tarif pengisian data baterai mobil listrik di SPKLU mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 1.700 per-kWh. Sementara di pengisian daya pihak swasta tarifnya mulai Rp 2.466 per-kWh.

  • China Balas Dendam Blokir Amerika, Perang Makin Panas

    China Balas Dendam Blokir Amerika, Perang Makin Panas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) terus-menerus mengeluarkan kebijakan pembatasan ekspor dan penambahan tarif yang bisa melumpuhkan upaya China mendominasi pengembangan industri teknologi. Tak tinggal diam, China melancarkan aksi balas dendam dengan memblokir akses mineral kritis ke AS dan sekutu.

    Terbaru, perusahaan China juga menyetop ekspor alat yang digunakan dalam pengembangan baterai metal lithium untuk kendaraan listrik (EV). Hal ini merupakan implementasi dari rencana Beijing untuk mulai melakukan kontrol ekspor untuk baterai dan lithium.

    Jiangsu Jiuwu Hi-Tech mengatakan kepada konsumen pada bulan lalu bahwa perusahaan akan menyetop ekspor alat filtrasi yang disebut ‘sorbent’ mulai 1 Februari 2025, menurut sumber yang familiar dengan isu ini, dikutip dari Reuters, Rabu (19/2/2025).

    China adalah produsen sorbent terbesar di dunia. Alat itu penting untuk melakukan ekstraksi lithium. Meski demikian, skala pasarnya sulit dipastikan karena Beijing membatasi pembagian data, menurut analis.

    Keputusan Jiangsu menunjukkan ancaman Beijing yang diumumkan pada Januari lalu mulai ditegakkan, meski regulasinya belum sah dan baru berbentuk proposal.

    Jika disetujui, perusahaan memerlukan lisensi khusus dari pemerintah untuk melakukan penjualan ke luar negeri untuk beberapa teknologi baterai dan lithium.

    Salah satu eksekutif di perusahaan teknologi ekstraksi lithium lainnya yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengatakan Jiangsu dan Sunresin New Materials yang sama-sama merupakan produsen sorbent besar, saat ini sedang bernegosiasi dengan pemerintah terkait proposal tersebut.

    Jiangsu dan Sunresin tidak merespons pertanyaan yang diajukan Reuters.

    (fab/fab)

  • PLN Bagi-Bagi Promo, Beli Kendaraan Listrik Dapat E-Voucher hingga Rp2 Juta

    PLN Bagi-Bagi Promo, Beli Kendaraan Listrik Dapat E-Voucher hingga Rp2 Juta

    Jakarta: Punya rencana beli kendaraan listrik? Sekarang waktu yang tepat! 
     
    PT PLN (Persero) menghadirkan promo spesial EV Deals dengan bonus E-Voucher listrik hingga Rp2 juta bagi masyarakat yang membeli kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile selama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025.
    Dukungan PLN untuk kendaraan listrik
    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya PLN dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. 
     
    “Kami ingin memberikan kemudahan dan dorongan bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, sejalan dengan upaya mendukung pengurangan emisi karbon nasional,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Februari 2025.
    Periode Promo dan Nominal E-Voucher
    Promo EV Deals 2025 berlangsung dari 13 Februari hingga 23 Februari 2025 dengan rincian hadiah sebagai berikut:

    – Beli mobil listrik dapat E-Voucher Rp2 juta
    – Beli motor listrik dapat E-Voucher Rp500 ribu
     
    Namun, promo ini hanya berlaku untuk pembelian kendaraan listrik dengan tanda khusus “automotive market” di aplikasi PLN Mobile.
     

    Syarat dan cara mendapatkan e-voucher PLN Mobile
    Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Daniel Lestanto menjelaskan setiap user PLN Mobile bisa mendapatkan maksimal satu E-Voucher. Adapun, masa aktif E-Voucher berlaku sampai 31 Desember 2025.
     
    “Lewat promo spesial ini, PLN berharap masyarakat semakin banyak yang beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ujar Daniel.
    Cara memperoleh Voucher Promo EV Deals PLN Mobile:

    Konsumen melakukan transaksi belanja motor listrik bertanda automotive market di Marketplace PLN Mobile akan mendapat e-voucher listrik senilai Rp500.000 (dengan rincian voucher Rp100.000 sebanyak 5 voucher.)
    Konsumen melakukan transaksi belanja mobil listrik bertanda automotive market di Marketplace akan mendapat e-voucher EV senilai Rp2.000.000 yang dapat diklaim menjadi EV Point.
    E-Voucher akan diterima setelah transaksi berubah menjadi status berhasil
    E-Voucher tidak dapat digabungkan dengan voucher/program pemasaran lainnya dan digunakan oleh user PLN Mobile lainnya.
    E-Voucher yang belum digunakan namun telah melewati masa berlaku layanan dinyatakan hangus atau tidak dapat digunakan lagi.
    E-Voucher dapat dilihat pada fitur “Reward” di aplikasi PLN Mobile.
    Pembatalan permohonan yang mengakibatkan E-Voucher listrik gagal ter-redeem, dapat digunakan kembali untuk pendaftaran atau permohonan produk layanan ini pada IDPEL permohonan sebelumnya atau IDPEL lainnya.

    Jangan sampai ketinggalan! Buruan beli kendaraan listrik di PLN Mobile sebelum promo berakhir!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Komponen Baterai Mobil Listrik dari RI: Diproses di China, Dikirim ke Amerika-Eropa

    Komponen Baterai Mobil Listrik dari RI: Diproses di China, Dikirim ke Amerika-Eropa

    Jakarta

    Bahan baku komponen baterai mobil listrik di dunia berasal dari Indonesia. Setelah itu diproses di China baru selanjutnya dikirim ke Amerika dan Eropa.

    Indonesia berpeluang menjadi pemain besar di pasar kendaraan listrik global. Sebab, Indonesia memiliki cadangan nikel yang besar. Terlebih lagi, hampir separuh bahan baku untuk baterai kendaraan listrik ternyata berasal dari Indonesia. Direktur Utama Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho mengatakan, proses hilirisasi dari bahan baku baterai seperti nikel masih banyak dilakukan di China. Barulah dari sana, hasil dari pengolahannya didistribusikan ke negara-negara produsen mobil listrik lainnya.

    “Kemungkinan hampir 40-45% kendaraan EV, mobil EV ada di dunia, asalnya (bahan baku) baterainya sebenarnya dari Indonesia. Dari Indonesia dibawa ke China, diproses, terus dikirim ke Amerika, dan Eropa,” kata Toto dikutip detikFinance.

    Berkaca pada hal itu, Toto menyebut Indonesia punya posisi strategis dan potensi besar untuk berkembang di sektor kendaraan listrik global. Di sisi lain, untuk mengelola baterai memang bukan hal mudah. Proses yang harus dilalui antara lain, mining, smelting, dan penyiapan secara kimia. Smelting dan refining itu akan dilakukan di Antam. Selanjutnya calon baterai itu akan diolah menjadi katoda baru selanjutnya membuat sel baterai.

    Tak cuma itu, dibutuhkan juga investasi besar dalam pembuatan sel baterai. Tak kalah penting, daur ulang baterai kendaraan listrik juga harus disiapkan. Toto menjelaskan, nantinya nikel yang sudah digunakan sebagai baterai untuk mobil itu bisa didaur ulang kembali, sehingga nikelnya bisa digunakan kembali.

    Toto menambahkan, hasil dari daur ulang baterai ini menghasilkan hampir 99%, sehingga keberlanjutan akan terjaga. Menurutnya, hal ini menjadi solusi dari kekhawatiran bahwa nikel akan hilang begitu saja usai diolah menjadi baterai.

    “Jadi sustainability itu akan selalu ada. Jadi ketakutan bahwa nikel kita untuk baterai EV itu langsung hilang, ini dengan ini ada solusi sebenarnya,” jelas Toto.

    (dry/din)

  • Usai Musk Bertemu Modi, Tesla Langsung Buka Lowongan di India

    Usai Musk Bertemu Modi, Tesla Langsung Buka Lowongan di India

    Jakarta

    Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, mengumumkan 13 lowongan pekerjaan di India pada Senin (17/02). Pengumuman posisi yang dibuka, mulai dari spesialis keterlibatan konsumen hingga manajer toko itu, diunggah di halaman LinkedIn perusahaan.

    Pengumuman ini muncul setelah kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi, ke AS, di mana ia bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk, yang juga merupakan pegawai pemerintah khusus di bawah Presiden AS Donald Trump.

    Tidak ada rencana resmi yang diumumkan setelah pertemuan tersebut, tetapi Modi menulis di X bahwa ia membahas “ruang angkasa, mobilitas, teknologi, dan inovasi” dengan Musk.

    Sebagian besar lowongan pekerjaan yang diumumkan Tesla tersedia di pusat keuangan India, Mumbai, sementara lima posisi terbuka untuk kandidat di Mumbai atau ibu kota New Delhi.

    Tesla dan India

    Kehadiran Tesla di India sebelumnya masih dalam skala kecil, dan selama ini ada kekhawatiran terkait tingginya bea masuk. Namun, India baru-baru ini mengurangi pajak untuk mobil mewah dengan harga di atas $40.000 (Rp653 juta) dari 110% menjadi 70%, yang dilaporkan oleh surat kabar keuangan India The Economic Times sebagai alasan meningkatnya minat Tesla di negara tersebut.

    Penurunan pajak ini kemungkinan dipengaruhi oleh ancaman Trump untuk memberlakukan tarif balasan.

    India saat ini bukan pasar besar bagi kendaraan listrik, dengan hanya 100.000 unit terjual tahun lalu. Sebagai perbandingan, 11 juta kendaraan listrik terjual di Cina pada tahun yang sama.

    Namun, minat terhadap kendaraan listrik di India semakin meningkat.

    Tesla telah mempersiapkan infrastruktur penjualan di India sejak 2021. Namun, Musk sebelumnya mengatakan bahwa tarif tinggi menjadi penghambat bagi rencana Tesla di India. Harian bisnis lokal Business Standard melaporkan bahwa dalam panggilan pendapatan pada April 2024, Musk berencana untuk “menggunakan jalur produksi saat ini dengan lebih efisien.”

    Belum jelas apakah Tesla akan mendirikan pabrik manufaktur di India. Namun, Musk telah mencari peluang di India selama beberapa waktu. Tahun lalu, terdapat laporan bahwa Tesla sedang mencari lokasi untuk pabrik dan showroom di India.

    Musk juga berencana meluncurkan layanan internet satelitnya, Starlink, di India.

    Artikel ini diadaptasi dari DW berbahasa Inggris

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Toyota Kembangkan Mesin Hidrogen Generasi Terbaru, Diklaim Lebih Murah

    Toyota Kembangkan Mesin Hidrogen Generasi Terbaru, Diklaim Lebih Murah

    Jakarta

    Toyota terus mengembangkan teknologi sel bahan bakar yang memanfaatkan hidrogen sebagai energi penggerak kendaraan. Mesin hidrogen itu diciptakan untuk menuju netralitas karbon.

    Produsen otomotif asal Jepang itu akan meluncurkan mesin hidrogen generasi ketiganya ke publik. Toyota akan memamerkan teknologi hidrogen terbaru di International Hydrogen and Fuel Cell Expo di Tokyo.

    Toyota mengatakan sistem baru itu memiliki peningkatan signifikan dalam hal performa, efisiensi, dan pengurangan biaya dibandingkan dengan versi sebelumnya. Raksasa otomotif Jepang itu juga mengklaim sistem generasi ketiga tersebut dirancang agar memiliki daya tahan yang sama dengan kendaraan bermesin diesel konvensional untuk kendaraan komersial.

    Meskipun adopsi teknologi sel bahan bakar hidrogen bergerak lebih lambat daripada kendaraan listrik dan hybrid, sistem sel bahan bakar Toyota telah digunakan di bus, kereta api, dan generator listrik stasioner untuk lebih dari 100 pelanggan di seluruh dunia. Kendaraan listrik sel bahan bakarnya, yaitu Toyota Mirai, telah terjual sebanyak 28.000 unit di lebih dari 30 negara sejak diluncurkan pada tahun 2014.

    Selain kendaraan penumpang, sistem hidrogen generasi ketiga Toyota akan diperluas untuk digunakan pada kendaraan komersial heavy duty, dan direncanakan akan diperkenalkan di Jepang, Eropa, Amerika Utara, dan China paling cepat setelah tahun 2026.

    Ekosistem Hidrogen Lahir di Indonesia

    Teknologi kendaraan hidrogen juga sedang diuji di Indonesia. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan ekosistem kendaraan hidrogen di Tanah Air. Mereka turut mengenalkan Stasiun Pengisian Bahan Bahar Hidrogen (SPBH) atau Hydrogen Refueling Stasion (HRS) di pabrik Karawang, Jawa Barat.

    Proses pembangunan SPBH atau HRS memerlukan waktu setahun dan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, akademisi, BRIN, Pertamina, PLN dan Indonesia Fuel Cell and Hydrogen Energy (IFHA). Langkah itu diklaim untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengadopsi energi hijau dan pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia.

    Toyota mengklaim, hidrogen memiliki potensi besar sebagai sumber energi yang tak hanya ramah lingkungan, melainkan juga elemen teringan dan paling melimpah di alam semesta. Hidrogen bisa ditemukan dengan mudah di air, gas alam, ataupun biomas seperti minyak nabati dan gas metana.

    Sebagai catatan, Toyota sudah beberapa kali menampilkan mobil hidrogennya, Toyota Mirai, di Indonesia. Namun, hingga saat ini, kendaraan tersebut belum dijual secara massal.

    (rgr/din)