Produk: kendaraan listrik

  • BYD Buka Suara Usai Digugat BMW di Indonesia

    BYD Buka Suara Usai Digugat BMW di Indonesia

    Jakarta

    Bayerische Motoren Werke (BMW) Aktiengesellschaft (AG) menggugat PT BYD Motor Indonesia soal klasifikasi merek. BYD buka suara usai digugat BMW di Indonesia.

    BMW AG mengajukan gugatan kepada PT BYD Motor Indonesia di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor perkara 19/Pdt.Sus-HKI/Merek/2025/PN Niaga Jkt.Pst. Gugatan itu terdaftar sejak 26 Februari 2025.

    Dalam gugatan itu tertulis klasifikasi perkara merek. Namun, petitum dan gugatan tidak ditampilkan. Status perkara itu masih dalam sidang pertama.

    Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan, buka suara soal gugatan BMW terhadap BYD Motor Indonesia. Luther membenarkan ada gugatan hukum antara BMW AG dan BYD Indonesia.

    “Adalah benar ada gugatan hukum antara BMW AG dan BYD Indonesia di Pengadilan Niaga Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Saat ini sedang ditangani oleh divisi hukum kami, dan kami memantau perkembangannya,” kata Luther kepada detikOto, Selasa (4/3/2025).

    Namun, Luther memastikan gugatan ini tidak mempengaruhi bisnis BYD di Indonesia. Bisnis dan layanan BYD di Indonesia masih berjalan seperti biasa.

    “Yang pasti kasus ini tidak akan mempengaruhi bisnis kami di Indonesia, terutama tingkat layanan kami. Kami yakin akan ada solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak,” ucap Luther.

    Tidak disebutkan perkara apa yang digugat BMW AG terhadap BYD Motor Indonesia. Namun, di belahan dunia lain, BMW Australia mengancam akan menggugat BYD dengan tuntutan hak paten. Hal itu bermula setelah BYD hendak menggunakan nama ‘Dolphin Mini’ untuk kendaraan listrik barunya.

    “BMW Group mengetahui adanya permohonan dari BYD terkait ‘Dolphin Mini’ mereka di Australia. Masalah ini sedang ditinjau departemen hukum kami dan mereka memilih untuk tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah yang sedang berlangsung ini,” demikian pernyataan juru bicara BMW-Mini Australia, dikutip dari Drive.

    Sebagai catatan, BMW telah memegang merek dagang ‘Mini’ sejak Maret 1997. Sementara untuk nama ‘Mini Cooper’ dipatenkan setahun sebelumnya. Pendaftaran hak paten itu dilakukan tak lama setelah merek tersebut berada di bawah kepemilikan Jerman.

    Sementara di Indonesia, dari penelusuran melalui laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkum, merek dengan nama ‘Mini Cooper’ sudah diterima sejak 20 Oktober 2007, tanggal perlindungan merek berakhir 20 Oktober 2027 dengan nomor permohonan R002007009624 dengan nama pemilik BMW AG.

    Kemudian BYD Company Limited juga sudah mendaftarkan BYD Dolphin Mini dengan nomor permohonan DID2023122429. Tanggal perlindungan merek berakhir 22 Desember 2033.

    (rgr/din)

  • Jadi Primadona, SUV Listrik VinFast VF 3 Paling Banyak Dicoba di IIMS 2025

    Jadi Primadona, SUV Listrik VinFast VF 3 Paling Banyak Dicoba di IIMS 2025

    Jakarta

    VinFast VF 3, SUV listrik kompak asal Vietnam, mencuri perhatian pengunjung di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Mobil ini meraih penghargaan ‘Most Test-Driven Vehicle’ setelah mencatatkan lebih dari 1.500 kali uji coba selama 10 hari pameran.

    “Kami merasa terhormat menerima penghargaan bergengsi ini di IIMS 2025. Respon luar biasa terhadap VF 3 menegaskan komitmen kami dalam menyediakan solusi transportasi inovatif dan ramah lingkungan bagi konsumen Indonesia,” ujar CEO VinFast Pham Sanh Chau, dalam keterangan tertulis, Senin (3/3/2025).

    SUV ini bukan pertama kalinya menarik perhatian Saat diluncurkan di pasar asalnya, Vietnam, VF 3 mencatatkan 27.400 non refundable pre order hanya dalam tiga hari, menjadikan VinFast pemimpin industri otomotif Vietnam pada tahun 2024.

    Dalam ajang IIMS 2025, VF 3 diuji coba sebanyak 1.582 kali selama 10 hari acara atau kurang lebih sebanyak 150 kali per harinya. Para pengunjung bersedia antri untuk merasakan kendaraan ini dan banyak di antaranya langsung tertarik untuk membeli.

    “Setelah test drive VF 3, saya merasa mobil ini menarik dan saya ingin membelinya,” ujar salah seorang pengunjung.

    Pham Sanh menilai pasar otomotif Indonesia menunjukkan tanda-tanda pemulihan, tetapi daya beli masyarakat masih menjadi tantangan. Harga mobil yang terus naik menjadi kepemilikan kendaraan semakin sulit dijangkau, 56% konsumen menganggap harga mobil baru tidak lagi dapat dijangkau.

    Menurutnya, VF 3 menjadi alternatif untuk calon pengguna yang ingin memiliki kendaraan listrik yang ringkas, fungsional, dan harga tetap terjangkau. Dengan panjang 3.190 mm dan tinggi 1.652 mm, VF 3 dirancang untuk menyusuri jalanan kota yang padat.

    Mobil ini menggunakan roda 16 inci dan memiliki ground clearance 175 mm, membuat mobil ini sangat cukup untuk menghadapi padatnya perkotaan. Namun VF 3 juga menarik secara bentuk bodi yang kokoh namun ringkas, dengan desain futuristik yang dipadukan dengan keringkasan, menjadikannya pilihan menarik bagi pembeli kendaraan listrik pertamanya.

    Salah satu yang tertarik oleh mini SUV EV ini adalah Erick Thohir, ketua PSSI ini langsung memesan VF 3 berwarna Crimson Red. Setelah penandatanganan kemitraan resmi antara VinFast dengan PSSI selama satu tahun ke depan pada Sabtu lalu (22/2).

    Penawaran Menarik, Program Buyback hingga 90%

    VinFast menawarkan berbagai insentif untuk menarik konsumen Indonesia. 1.000 pembeli pertama mendapatkan potongan harga awal sebesar Rp7.850.000, sementara pembelian sebelum 30 Juni 2025 berhak atas cashback Rp30.000.000 atau pengisian daya gratis selama tiga tahun di stasiun VinFast.

    Selain itu, program buyback VF 3 menjadi daya tarik tersendiri. Konsumen bisa menjual kembali mobil mereka dengan harga 90% dari harga asli setelah enam bulan, 86% setelah satu tahun, 78% setelah dua tahun, dan 70% setelah tiga tahun. Program ini memberikan jaminan fleksibilitas bagi pemilik kendaraan listrik.

    Bukan hanya harga awal yang menarik, tapi biaya perawatan yang lebih rendah serta eliminasi bahan bakar membuat kepemilikan kendaraan listrik lebih menarik. Program buyback VinFast semakin menambah daya tariknya.

    Konsumen dapat menjual kembali VF 3 dengan nilai yang telah ditentukan sebelumnya: 90% dari harga asli setelah enam bulan, 86% setelah satu tahun, 78% setelah dua tahun, dan 70% setelah tiga tahun. Fleksibilitas ini memberikan keamanan tambahan bagi konsumen opsi untuk upgrade atau keluar tanpa risiko finansial yang signifikan.

    “Mobil ini layak dibeli dan memiliki nilai yang baik. Selain itu, menyenangkan untuk dikendarai. Dimensinya sangat cocok untuk kehidupan di kota,” ungkap seorang pengunjung IIMS 2025.

    Bagian dari Ekosistem yang Lebih Besar

    VF 3 hanya salah satu bagian dari rencana besar VinFast. Perusahaan ini terus membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, memperluas jaringan stasiun pengisian daya, dealer serta layanan pendukung, dan memperkenalkan EV modern, cerdas, dan terjangkau seperti VF 5 dan VF e34 sebelum menghadirkan VF 3. Dengan bermitra bersama perusahaan pengisian daya seperti V-GREEN, VinFast sedang membangun pondasi bagi masa depan yang berkelanjutan.

    Keberhasilan VF 3 di IIMS 2025 lebih dari sekadar kemenangan bagi VinFast. Ini adalah bukti bahwa konsumen Indonesia siap untuk perubahan, di mana mobilitas listrik bukan lagi sekadar opsi, tetapi kenyataan yang praktis dan terjangkau.

    (akn/ega)

  • BMW Gugat BYD Indonesia

    BMW Gugat BYD Indonesia

    Jakarta

    Bayerische Motoren Werke (BMW) Aktiengesellschaft (AG) menggugat PT BYD Motor Indonesia terkait klasifikasi merek.

    BMW AG terlihat mengajukan gugatan kepada PT BYD Motor Indonesia di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor perkara 19/Pdt.Sus-HKI/Merek/2025/PN Niaga Jkt.Pst. Tanggal pendaftaran tercantum pada 26 Februari 2025.

    Petitum dan gugatan tidak ditampilkan. Status perkara itu masih dalam sidang pertama. Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania belum merespons pertanyaan detikOto saat dimintai konfirmasi.

    Screenshot gugatan BMW kepada BYD Foto: Screenshot SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

    Di belahan dunia lain, BMW Australia mengancam akan menggugat Built Your Dreams alias BYD dengan tuntutan hak paten. Hal itu bermula setelah BYD hendak menggunakan nama ‘Dolphin Mini’ untuk kendaraan listrik barunya.

    “BMW Group mengetahui adanya permohonan dari BYD terkait ‘Dolphin Mini’ mereka di Australia. Masalah ini sedang ditinjau departemen hukum kami dan mereka memilih untuk tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah yang sedang berlangsung ini,” demikian pernyataan juru bicara BMW-Mini Australia, dikutip dari Drive.

    Sebagai catatan, BMW telah memegang merek dagang ‘Mini’ sejak Maret 1997. Sementara untuk nama ‘Mini Cooper’ dipatenkan setahun sebelumnya. Pendaftaran hak paten itu dilakukan tak lama setelah merek tersebut berada di bawah kepemilikan Jerman.

    Di Australia, hingga sekarang, tak ada satu pun produk mobil dan motor yang menggunakan ‘Mini’ sebagai nama produknya. Itulah mengapa, ketika BYD berencana memakai nama tersebut, pabrikan Bavarian langsung siap-siap mengambil tindakan.

    Sementara di Indonesia, dari penelusuran melalui laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkum, merek dengan nama ‘Mini Cooper’ sudah diterima sejak 20 Oktober 2007, tanggal perlindungan merek berakhir 20 Oktober 2027 dengan nomor permohonan R002007009624 dengan nama pemilik BMW AG.

    Kemudian BYD Company Limited juga sudah mendaftarkan BYD Dolphin Mini dengan nomor permohonan DID2023122429. Tanggal perlindungan merek berakhir 22 Desember 2033.

    (riar/din)

  • Maroef Sjamsoeddin Diangkat Jadi Dirut MIND ID, Gantikan Hendi Prio

    Maroef Sjamsoeddin Diangkat Jadi Dirut MIND ID, Gantikan Hendi Prio

    Jakarta, CNBC Indonesia – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Industri Pertambangan MIND ID pada hari ini, Senin (03/03/2025) telah memutuskan untuk merombak petinggi MIND ID.

    Berdasarkan sumber CNBC Indonesia, RUPS menunjuk Maroef Sjamsoeddin sebagai Direktur Utama MIND ID, menggantikan Hendi Prio Santoso yang telah menjabat sebagai Direktur Utama MIND ID sejak 29 Oktober 2021.

    Terpantau, profil Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama MIND ID sudah tidak dipublikasikan lagi di situs resmi MIND ID pada Senin (03/03/2025) siang pada pukul 15.30 WIB ini.

    Perlu diketahui, Maroef Sjamsoeddin sebelumnya juga pernah menjabat sebagai pemimpin di perusahaan pertambangan di Tanah Air. Maroef pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia pada 2015-2016.

    Adik dari Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin ini merupakan purnawirawan TNI Angkatan Udara. Lulus dari Akademi Angkatan Udara pada 1980, Maroef pernah menjabat sebagai Komandan Skadron 465 Paskhas, Atase Pertahanan RI untuk Brasil, Direktur Kontra Separatis BIN, Sahli Hankam BIN dan Wakil Kepala BIN selama periode 2011-2014.

    Kinerja Hendi

    Selama empat tahun memimpin MIND ID, Hendi telah melakukan beberapa terobosan, baik dalam proyek pertambangan maupun hilirisasi di sejumlah perusahaan tambang di bawahnya. Sejumlah megaproyek hilirisasi besar tuntas dilakukan di bawah kepemimpinannya, seperti tuntasnya pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga bernilai Rp 58 triliun yang dioperasikan PT Freeport Indonesia, lalu Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) bernilai investasi hingga Rp 16 triliun di Mempawah, Kalimantan Barat.

    Beberapa proyek strategis ke depan lainnya meliputi implementasi Proyek Dragon di PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dimana telah memasuki tahap joint venture dengan perusahaan baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) terbesar asal China, yakni Cotemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL).

    Proyek strategis lainnya yakni proyek PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang berfokus pada upaya mengatasi kendala angkutan logistik. PTBA proaktif mengembangkan solusi untuk mengatasi kendala ini dengan melakukan pengembangan kapasitas angkutan lainnya.

    Selanjutnya, MIND ID melalui ANTM berupa Commodity Monetizing. Di antaranya, proyek EV Battery, Proyek Dragon dan proyek Titan yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan komoditas mineral dalam produksi baterai kendaraan listrik.

    MIND ID merupakan BUMN holding industri pertambangan yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, PT Timah Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

    Dalam kurun lima tahun terakhir, total aset MIND ID mengalami pertumbuhan hingga 57,22% dari Rp164,84 triliun pada 2019 menjadi Rp259,18 triliun pada 2023.

    Sementara itu, compound annual growth rate (CAGR) atau tingkat pertumbuhan total aset grup MIND ID pada periode 2019 hingga 2023 tercatat sebesar 9,47%.

    (wia)

  • Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional dengan Serangkaian Kebijakan Strategis – Halaman all

    Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional dengan Serangkaian Kebijakan Strategis – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah terus berupaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan mencapai target yang telah ditetapkan melalui serangkaian kebijakan strategis. 

    Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memastikan pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen yang tercantum dalam APBN 2025.

    Pemerintah juga fokus pada implementasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, mulai dari penyaluran bantuan sosial (bansos) hingga stimulus khusus untuk periode Ramadan dan Lebaran.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menekankan bahwa kebijakan-kebijakan tersebut disusun untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dan memastikan stabilitas makroekonomi.

    “Pemerintah akan terus memantau perkembangan konsumsi individu dan peningkatan mobilitas masyarakat pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), khususnya Nyepi dan Lebaran, yang diperkirakan akan menggerakkan aktivitas ekonomi pada Triwulan I-2025,” kata Airlangga dalam rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang digelar pada Kamis (27/2/2025).

    Rapat ini dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, Yassierli, Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Perindustrian, Faisol Riza, serta perwakilan Kementerian/Lembaga lainnya.

    Rapat ini bertujuan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, dalam Rapat Koordinasi Terbatas pada 17 Februari 2025 di Istana Negara terkait pencapaian target pertumbuhan ekonomi.

    Terdapat beberapa fenomena siklus pada sisi penawaran maupun permintaan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2025.

    Dari sisi penawaran, peningkatan produksi industri non-migas, seperti industri makanan dan minuman serta tekstil, diantisipasi untuk memenuhi lonjakan permintaan selama periode Ramadan dan Lebaran. 

    Selain itu, konsumsi listrik selama Ramadan diperkirakan akan meningkat, dan sektor perdagangan besar serta eceran juga diharapkan tumbuh berkat dorongan supply domestik. 

    Dari sisi permintaan, puncak konsumsi rumah tangga selama Ramadan 2025 menjadi salah satu motor penggerak utama.

    Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja swasta akan meningkatkan daya beli masyarakat. Kebijakan insentif listrik untuk menjaga penurunan nilai konsumsi listrik turut membantu masyarakat mengelola pengeluaran selama periode Ramadan.

    Optimalisasi Penyaluran Bansos

    Pemerintah memaksimalkan penyaluran bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan penyerapan gabah/beras petani. Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp150 triliun untuk pencairan PKH Tahap I tahun 2025. 

    Penyaluran pencairan PKH difokuskan melalui PT Pos Indonesia dan Himbara, dengan prioritas memastikan bantuan tepat sasaran serta mendukung daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah.

    Selain itu, Pemerintah juga menambahkan anggaran sebesar Rp16,6 triliun kepada Perum Bulog untuk menyerap beras sebanyak 3 juta ton hingga April 2025. Langkah tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas harga beras, memastikan ketersediaan stok pangan nasional, serta mendukung penyaluran bantuan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

    Program tersebut diharapkan dapat membantu menstabilkan harga pangan serta memperkuat daya beli masyarakat selama periode Ramadan dan Lebaran.

    Pencairan THR bagi ASN dan Pekerja Swasta

    Pencairan THR bagi ASN dan pekerja swasta akan dicairkan tepat waktu, dengan ketentuan pencairan bagi ASN paling cepat 3 minggu sebelum Lebaran dan bagi pekerja swasta paling lambat 1 minggu sebelum Lebaran. 

    Percepatan pencairan THR untuk ASN dengan alokasi sekitar Rp50 triliun bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat secara signifikan, memperkuat konsumsi domestik, serta mendorong perputaran ekonomi di berbagai sektor, terutama perdagangan dan jasa.

    Kebijakan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap stabilitas makroekonomi dan mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2025.

    Stimulus HBKN Ramadan & Lebaran Idulfitri 1446 H/2025 M

    1. Diskon Harga Tiket Pesawat: Pemerintah memberikan diskon harga tiket pesawat domestik kelas ekonomi melalui insentif PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) sebesar 6?serta kebijakan lainnya, dengan estimasi penurunan harga tiket mencapai 13,2% – 14% yang berlaku pada periode HBKN 25 Maret s.d. 7 April 2025. Program tersebut bertujuan untuk mendukung pergerakan sekitar 180 juta orang, termasuk 110 juta wisatawan selama periode Lebaran. Selain itu, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan maskapai nasional untuk memastikan ketersediaan kursi penerbangan yang memadai serta menjaga stabilitas harga tiket bagi masyarakat.

    2. Diskon Tarif Tol: Pemberian diskon tarif tol sebesar 20% untuk perjalanan jarak jauh selama periode mudik diharapkan dapat menekan biaya transportasi serta memperlancar distribusi barang dan jasa. Diskon ini berlaku untuk ruas tol utama yang menjadi jalur mudik. Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum (PU) serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan melakukan koordinasi intensif untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, termasuk penyediaan rest area yang memadai dan layanan informasi real-time bagi para pemudik.

    3. Program Diskon Belanja: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan program diskon belanja seperti Program Friday Mubarak yang berlangsung pada 28 Februari–28 Maret 2025 di berbagai ritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

    Program tersebut mencakup bazar UMKM untuk komoditas minyak goreng, gula pasir, dan sembako lainnya serta berbagai promo harian dan spesial setiap Jumat, dengan target transaksi mencapai Rp75–77 triliun. 

    Terdapat juga program BINA Lebaran yang dijadwalkan pada 14–30 Maret 2025 dan akan digelar serentak di pusat perbelanjaan, mall, serta gerai anggota Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI). Program tersebut menargetkan transaksi hingga Rp30 triliun. Selain itu, terdapat program lainnya seperti Bazaar Ramadhan dan Pasar Malam, Belanja Online Produk Lokal, dimana semua program tersebut diharapkan bisa mendorong konsumsi masyarakat dan meningkatkan penjualan UMKM secara signifikan.

    4. Program Pariwisata Mudik Lebaran: Pemerintah akan mengintegrasikan program pariwisata dengan momen mudik Lebaran melalui promosi destinasi wisata lokal, penyediaan paket wisata terjangkau, dan peningkatan fasilitas pariwisata di jalur-jalur mudik utama. 

    Pemerintah bersama BUMN, turut menyambut antusiasme wisatawan lokal dengan berbagai program insentif dan kolaborasi bersama pelaku industri pariwisata. Tujuan program tersebut juga untuk memastikan kenyamanan wisatawan lokal saat berwisata di destinasi tujuan mudik masing-masing serta mendorong peningkatan kontribusi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

    5. Stabilisasi Harga Pangan: Pemerintah bersama BUMN berupaya menjaga stabilitas harga pangan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran 2025 dengan menggelar operasi pasar secara masif. Langkah tersebut melibatkan Perum Bulog, Perkebunan Nusantara, dan ID FOOD dalam penyediaan minyak goreng, gula konsumsi, daging kerbau beku, serta beras dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Harga Eceran Tertinggi (HET). 

    Operasi pasar ini dilaksanakan di seluruh Indonesia melalui kantor PT Pos Indonesia mulai 24 Februari hingga 29 Maret 2025. Melalui langkah tersebut, Pemerintah berharap dapat menjaga ketersediaan pangan, menekan inflasi, dan melindungi daya beli masyarakat selama periode puncak konsumsi.

    Paket Stimulus Ekonomi

    1. Diskon Tarif Listrik: Diskon tarif listrik yang telah berjalan pada Januari dan Februari 2025, diberikan untuk menekan biaya hidup masyarakat serta mendukung konsumsi listrik rumah tangga dan industri kecil. Stimulus tersebut diharapkan turut membantu masyarakat mengelola pengeluaran selama periode Ramadan.

    2. PPN DTP Pembelian Properti dan Otomotif (EV): Pemerintah memberikan insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk pembelian properti dan kendaraan listrik (EV). Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong sektor properti dan otomotif sebagai penggerak utama ekonomi, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, serta mempercepat transisi ke energi bersih.

    3. PPnBM DTP Otomotif (EV dan Hybrid): Pemberian insentif berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan listrik dan hybrid diharapkan dapat mempercepat adopsi kendaraan ramah lingkungan serta memperkuat industri otomotif nasional.

    4. PPh DTP Sektor Padat Karya: Insentif Pajak Penghasilan Ditanggung Pemerintah (PPh DTP) diberikan bagi sektor padat karya untuk mempertahankan daya saing industri dalam negeri. Kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong penciptaan lapangan kerja baru, meningkatkan ekspor, serta menjaga stabilitas sektor industri di tengah ketidakpastian ekonomi global.

    5. Stimulus Perpajakan dalam Kegiatan Usaha Bulion: Sinkronisasi aturan perpajakan khususnya pungutan PPh 22 atas transaksi penjualan antara produsen emas dan bullion bank. Stimulus diharapkan dapat meningkatan daya tarik serta mendukung pengembangan ekosistem kegiatan usaha bulion.

    Optimalisasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 

    Pemerintah akan mengoptimalkan penyaluran KUR dengan tujuan untuk memperkuat daya saing UMKM serta mendorong konsumsi dan investasi domestik guna mencapai target pertumbuhan ekonomi pada tahun 2025.

    Realisasi KUR pada periode Januari 2025 hingga 21 Februari 2025 telah mencapai Rp28,73 triliun atau sekitar 9,99?ri target tahun 2025 yang sebesar Rp287,47 triliun, dan telah diberikan kepada 531.148 debitur di berbagai sektor produktif.

    Pemerintah menargetkan hingga 31 Maret 2025, KUR dapat tersalur sebanyak Rp55,4 triliun.

    Penyaluran KUR difokuskan pada sektor-sektor prioritas yang memiliki dampak besar terhadap perekonomian, termasuk sektor pertanian, perdagangan, dan manufaktur, serta mendukung transformasi ekonomi berbasis digital bagi UMKM.

     

  • Temuan Baterai Baru Bawa Petaka Bagi China, RI Bisa Kena

    Temuan Baterai Baru Bawa Petaka Bagi China, RI Bisa Kena

    Jakarta, CNBC Indonesia – Eropa menemukan inovasi baterai listrik baru. Temuan ini disebut bisa memutuskan ketergantungan akan teknologi daur ulang baterai milik China.

    Dua startup, Altilium dari Inggris dan Tozero asal Jerman mengembangkan baterai daur ulang untuk memenuhi syarat kendaraan listrik Eropa pada Agustus 2030. yakni sebanyak 6% lithium dan nikel serta 16% kobalt pada baterai mobil listrik di Eropa harus melalui proses daur ulang.

    Atilium bekerja sama dengan Tata Motors dari India membuat sel baterai dengan material daur ulang dari jaguar I-Pace. CEOO Altilium Christian Marston menjelaskan material daur ulang dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 70 persen dan lebih murah 20 persen jika dibandingkan dengan material baru.

    “Terobosan teknis nyata ini membuat penggunaan material daur ulang tak berisiko bagi pabrikan mobil,” kata Marston kepada Reuters.

    Startup Inggris itu, mengutip penelitian dari Imperial College, menjelaskan baterai kecil dari katoda daur ulang punya kinerja sama baiknya seperti material baru. Katoda biasanya berasal dari material lithium, kobalt, mangan, dan nikel yang salah satu produsen terbesarnya adalah Indonesia.

    Sementara Tozero yang didukung Honda mengembangkan pabrik grafit daur ulang. Menurut perusahaan proses hidrometalurgi yang dikembangkan tidak menghasilkan emisi (net zero) jika didukung dengan energi terbarukan.

    Sebagai informasi, grafit memiliki kontribusi hingga 40% dari jejak karbon baterai liithium ion.

    Pabrik Tozero berencana akan memproduksi 2.000 ton grafit daur ulang per tahun mulai 2027. Jumlah itu diperkirakan cukup untuk memproduksi hingga 50 ribu mobil listrik.

    (dem/dem)

  • Peluang Indonesia Lahirkan Mobil Nasional

    Peluang Indonesia Lahirkan Mobil Nasional

    Jakarta

    Industri otomotif Indonesia saat ini didominasi oleh merek asing mulai dari merek Jepang, China, Korea, Eropa, bahkan merek dari negara tetangga Asia Tenggara seperti Vietnam. Indonesia bisa saja melahirkan mobil nasional. Begini peluang Indonesia lahirkan mobil nasional.

    Dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Ir. Jayan Sentanuhady yakin Indonesia bisa mewujudkan mobil nasional (mobnas) asalkan strateginya tepat.

    Menurutnya, kunci utama keberhasilan mobnas adalah riset dan pengembangan (RnD) sehingga produk yang dihasilkan benar-benar relevan dengan pasar.

    “Umumnya masyarakat memilih kendaraan berukuran kompak atau yang bisa menampung banyak penumpang. Jika desain dan fitur yang ditawarkan sesuai dengan harapan konsumen, mobnas bisa bersaing,” katanya seperti dikutip Antara.

    Industri otomotif yang mengarah pada kendaraan elektrifikasi menjadi peluang bagi Indonesia untuk menghadirkan mobil nasional yang ramah lingkungan. Menurut Jayan, jika mobnas Indonesia bisa menghadirkan opsi mobil ramah lingkungan, tentu bakal lebih baik.

    Meski demikian, Jayan menekankan pentingnya membangun kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Ia mencontohkan keberhasilan Vietnam dengan Vinfast sebagai bukti bahwa negara berkembang juga bisa memiliki merek mobil sendiri.

    “Mungkin memang ada beberapa tantangan, tetapi Vietnam sudah bisa membuktikan dengan mobnas mereka sendiri, Vinfast. Kita juga akan bisa dengan kemampuan yang kita punya,” katanya.

    Pemerintah Godok Mobil Nasional

    Pemerintah mengklaim sedang menyiapkan fondasi untuk membangun mobil nasional. Dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, saat ini ada beberapa manufaktur yang siap mengembangkan mobil listrik nasional buatan Indonesia.

    “Mobil nasional sekarang sedang kita bahas bersama pabrikan, bahkan tadi ada sebuah pabrikan yang sudah menyampaikan kepada saya, mereka punya konsep membangun mobil nasional. Dan saya sekarang sedang tunggu, saya akan undang mereka, tapi sudah ada juga beberapa grup yang menyampaikan siap untuk membangun mobil nasional,” bilang Agus kepada wartawan di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/2/2025) lalu.

    Salah satu merek yang berminat membangun mobil nasional adalah Polytron. Polytron merupakan anak perusahaan group Djarum yang fokus memproduksi kebutuhan alat-alat elektronik. Tapi beberapa tahun belakangan ini Polytron juga merambah sektor industri kendaraan listrik dengan memproduksi dan menjual motor listrik.

    “Polytron juga tadi salah satunya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka siap untuk membangun mobil nasional, tapi juga ada beberapa (grup) selain Polytron,” tambah Agus.

    Saat ini merek mobil yang termasuk mobil nasional Indonesia adalah Maung yang digarap PT Pindad. Sebelumnya juga ada merek mobil nasional Esemka yang dirakit di daerah Boyolali, Jawa Tengah, yang diproduksi oleh PT SMK Manufaktur Kreasi (SMK).

    (rgr/din)

  • Ini 5 Tren AI yang Akan Ubah Masa Depan Industri Otomotif di 2025 – Page 3

    Ini 5 Tren AI yang Akan Ubah Masa Depan Industri Otomotif di 2025 – Page 3

    AI generatif juga merevolusi cara pelanggan membeli mobil. Merek seperti Ford dan ALVA menerapkan AI untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal, menyesuaikan rekomendasi berdasarkan preferensi individu.

    ALVA, produsen kendaraan listrik roda dua, bahkan menggunakan AI untuk memberikan wawasan real-time kepada tim layanan pelanggan mengenai perilaku berkendara pengguna.

    Volkswagen telah melangkah lebih jauh dengan mengintegrasikan AI generatif ke aplikasi selulernya, myVW. Pemilik kendaraan dapat langsung bertanya tentang perawatan atau arti indikator di dasbor hanya dengan mengarahkan kamera ponsel ke layar

    3. Agen AI Multimodal: Masa Depan Pengalaman Berkendara

    Tahun 2025 akan menjadi era bagi agen AI multimodal, yang mampu memahami berbagai input seperti teks, suara, dan gambar untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

    Mercedes-Benz, misalnya, telah mengintegrasikan agen AI dari Google Cloud ke dalam Asisten Virtual MBUX. 

    Teknologi tersebut memungkinkan pengemudi melakukan percakapan alami dengan sistem mobil, mencari restoran terdekat, atau bahkan mendapatkan rekomendasi menu tanpa mengalihkan perhatian dari jalan.

  • Perang Dagang Makin Panas, Trump Kaji Penerapan Tarif untuk Impor Kayu

    Perang Dagang Makin Panas, Trump Kaji Penerapan Tarif untuk Impor Kayu

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden AS Donald Trump memerintahkan penyelidikan perdagangan baru yang dapat menambah tarif impor terhadap produk kayu pada Sabtu (1/3/2025). 

    Melansir Reuters, Minggu (2/3/2025), tarif tambahan tersebut berisiko menambah bea masuk yang sudah ada untuk kayu lunak Kanada dan tarif 25% untuk semua barang Kanada dan Meksiko yang akan diberlakukan pekan depan.

    Dalam penyelidikan tarif baru ketiganya dalam sepekan terakhir, Trump menandatangani memo yang memerintahkan Menteri Perdagangan Howard Lutnick untuk memulai investigasi keamanan nasional terhadap impor kayu AS berdasarkan Pasal 232 dari Undang-Undang (UU) Perluasan Perdagangan 1962. 

    Untuk diketahui, UU Perdagangan ini adalah belied yang juga digunakan Trump untuk memberlakukan tarif impor baja dan aluminium global.

    Penyelidikan ini mencakup produk turunan yang terbuat dari kayu, mencakup perabot seperti lemari dapur. Dalam beberapa produk tersebut, nyatanya terbuat dari kayu AS yang telah diekspor dan diimpor kembali ke AS berupa perabot. 

    Perintah tersebut mengatakan bahwa penyelidikan Departemen Perdagangan harus diselesaikan dalam waktu 270 hari.

    Trump juga memerintahkan langkah-langkah baru dalam waktu 90 hari untuk meningkatkan pasokan kayu dalam negeri dengan menyederhanakan proses perizinan untuk memanen kayu dari lahan publik dan meningkatkan penyelamatan pohon-pohon yang tumbang dari hutan dan saluran air.

    Perintah tersebut menyerukan adanya panduan baru atau pembaruan dari badan yang berwenang untuk memfasilitasi peningkatan produksi kayu, termasuk persetujuan yang lebih cepat untuk proyek-proyek kehutanan di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah.

    Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan bahwa penyelidikan impor kayu akan menangkal tindakan para eksportir kayu besar seperti Kanada, Jerman, dan Brazil, yang menurutnya “membuang kayu ke pasar kita dengan mengorbankan kemakmuran ekonomi dan keamanan nasional.”

    “Hal itu berhenti hari ini dengan sepasang tindakan Trumpian yang dirancang untuk meningkatkan pasokan dan permintaan kayu dan kayu Amerika,” katanya kepada para wartawan. 

    Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa meningkatnya ketergantungan pada kayu impor merupakan risiko keamanan nasional yang mungkin terjadi, sebagian karena militer AS mengkonsumsi kayu dalam jumlah yang signifikan untuk kegiatan konstruksinya dan karena meningkatnya ketergantungan pada impor untuk komoditas yang memiliki pasokan domestik yang cukup merupakan bahaya bagi ekonomi AS.

    Pejabat tersebut tidak memberikan rincian mengenai tarif yang diusulkan di bawah penyelidikan kayu Pasal 232, tetapi Trump awal bulan ini mengatakan kepada wartawan bahwa ia sedang berpikir untuk mengenakan tarif 25% untuk kayu dan hasil hutan.

    Pejabat tersebut mengatakan bahwa setiap tarif yang dihasilkan dari penyelidikan tersebut akan ditambahkan ke bea masuk anti-dumping dan anti-subsidy duties sebesar 14,5% yang sudah ada untuk kayu lunak Kanada.

    Tarif bertubi-tubi untuk Kanada merupakan hasil dari perselisihan perdagangan yang telah berlangsung lama mengenai biaya tunggul yang rendah di Kanada atas lahan publik, yang menurut Washington merupakan subsidi yang tidak adil. 

    Sebagian besar kayu AS dipanen dari lahan pribadi dengan harga yang ditentukan oleh pasar. Para pembangun rumah telah lama mengkritik tarif tersebut karena menaikkan harga kayu dan berkontribusi pada inflasi harga rumah.

    Pejabat tersebut mengatakan bahwa bea masuk kayu yang baru juga akan menambah ancaman tarif umum AS sebesar 25% untuk semua barang Kanada dan Meksiko, kecuali jika Trump diyakinkan oleh upaya kedua negara tersebut untuk mengamankan perbatasan mereka dan menghentikan perdagangan fentanil.

    Dalam pekan terakhir Februari, Trump setidaknya mengeluarkan tiga kebijakan tarif, termasuk tarif impor kayu. 

    Penyelidikan tarif baru ini mengikuti perintah Trump pada Selasa (25/2/2025) untuk Pasal 232 baru untuk impor tembaga, yang bertujuan untuk membangun kembali produksi logam AS yang sangat penting untuk kendaraan listrik, perangkat keras militer, dan jaringan listrik.

    Sementara pada 21 Februari, Trump memerintahkan Perwakilan Dagang AS Jamieson Greer untuk menghidupkan kembali investigasi yang bertujuan untuk mengenakan tarif impor dari negara-negara yang memungut pajak layanan digital pada perusahaan teknologi AS. 

    Di mana Kanada lagi-lagi akan terancam terkena tarif tersebut, bersama dengan Prancis, Inggris, Italia, Spanyol, Austria, India, dan Turki.

  • Mengenal XPENG, Mobil Baru Asal China yang Ramaikan Industri Otomotif Indonesia

    Mengenal XPENG, Mobil Baru Asal China yang Ramaikan Industri Otomotif Indonesia

    Jakarta

    Merek asal China, XPENG, resmi hadir di Indonesia melalui kemitraan dengan perusahaan lokal Erajaya Active Lifestyle (ERAL). Berikut profil XPENG yang bakal bersaing di industri otomotif Tanah Air.

    “XPENG mencari mitra yang memiliki visi dan impian yang sama. Erajaya Active Lifestyle adalah ‘neo-force’ di Indonesia dan merupakan mitra yang tepat bagi XPENG di pasar lokal,” ujar Brian Gu selaku Vice Chairman and President of XPENG dalam peluncuran merek di Jakarta, Jumat (28/2/2025).

    Didirikan pada 2014, XPENG adalah perusahaan mobilitas berbasis AI terkemuka asal China yang merancang, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan kendaraan listrik pintar (Smart EV), melayani basis konsumen yang semakin cerdas secara teknologi.

    XPENG resmi hadir di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dengan kemajuan pesat dalam bidang AI, XPENG bercita-cita menjadi pemimpin global dalam mobilitas berbasis AI, dengan misi mendorong revolusi kendaraan listrik pintar melalui teknologi mutakhir, membentuk masa depan mobilitas.

    Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, XPENG mengembangkan teknologi sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) secara mandiri, bersama dengan sistem operasi pintar di dalam kendaraan, serta sistem inti kendaraan seperti powertrain dan arsitektur elektrik/elektronik (EEA).

    Berkantor pusat di Guangzhou, Tiongkok, XPENG juga memiliki kantor utama di Beijing, Shanghai, Silicon Valley, dan Amsterdam. Kendaraan listrik pintarnya diproduksi di fasilitasnya yang berlokasi di Zhaoqing dan Guangzhou, Provinsi Guangdong.

    Jika melihat situs resminya, XPENG memiliki lini model mobil listrik yang cukup banyak, dari X9, G9, G6, P7, P5, dan G3i. Adapun dua model XPENG yang berencana dijual di Indonesia adalah X9 dan G6.

    XPENG X9 menggabungkan desain futuristis, teknologi penggerak otonom tercanggih, dan interior mewah yang luas. Dirancang buat penggunaan keluarga dan buat bisnis, X9 diklaim menghadirkan pengalaman berkendara smooth, smart, dan nyaman.

    Sementara XPENG G6 merupakan SUV listrik berperforma tinggi yang dirancang buat perkotaan. G6 diklaim menawarkan jangkauan luar biasa, kemampuan pengisian daya cepat, dan kokpit cerdas yang canggih. Model ini punya jangkauan tempuh hingga 550 km, berakselerasi dari 0-100 km hanya dalam 4,1 detik, serta diisi daya baterainya dari 10-80% hanya dalam 20 menit.

    (lua/din)