Produk: kendaraan listrik

  • Perusahaan Raksasa Swedia Bangkrut, Ribuan Karyawan PHK

    Perusahaan Raksasa Swedia Bangkrut, Ribuan Karyawan PHK

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa baterai Eropa, Northvolt, telah mengajukan kebangkrutan di pengadilan Swedia, Rabu. Hal ini disampaikan langsung oleh perusahaan yang juga berasal dari Swedia itu dengan mengutip sejumlah tantangan usaha yang dihadapinya.

    Dalam pernyataannya, dikutip Kamis (13/3/2024), Northvolt mengatakan bahwa mereka telah melakukan upaya yang ‘melelahkan’ untuk mengamankan masa depan finansial dan operasional yang layak bagi perusahaan. Namun, mereka mengakui telah mengalami sejumlah ‘tantangan yang memberatkan’, mengutip kenaikan biaya modal, ketidakstabilan geopolitik, gangguan rantai pasokan, dan pergeseran permintaan pasar.

    “Selain latar belakang ini, perusahaan telah menghadapi tantangan internal yang signifikan dalam meningkatkan produksinya, baik dalam hal yang diharapkan dengan keterlibatan dalam industri yang sangat kompleks, dan hal lain yang tidak terduga,” kata Northvolt dalam sebuah pernyataan pers dikutip Euronews.

    Perusahaan baterai tersebut sebelumnya mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di Amerika Serikat (AS) November. Pasalnya, perusahaan berada dalam posisi keuangan yang sulit.

    Langkah tersebut memberikan perusahaan peningkatan keuangan sementara, meskipun Northvolt tidak dapat membalikkan neracanya. Seorang wali amanat yang ditunjuk pengadilan kini akan menjual aset perusahaan di Swedia.

    Kehancuran Northvolt, yang didirikan pada tahun 2016, merupakan kemunduran bagi upaya Eropa untuk mengembangkan teknologinya sendiri untuk kendaraan listrik. Saat ini Eropa harus bersaing dengan pemimpin global di industri tersebut, China.

    Perusahaan tersebut pernah dipandang sebagai bagian integral dari transisi hijau Eropa. Northvolt, sempat berhasil mengamankan sekitar US$ 15 miliar (Rp 246 triliun) dari pemerintah dan investor.

    Permintaan yang lesu untuk kendaraan listrik, yang sebagian terkait dengan perubahan subsidi negara, mendorong beberapa investor untuk mengurangi pendanaan. Pemerintah Swedia juga menolak menawarkan subsidi besar kepada Northvolt tahun lalu.

    “Sejatinya, kapasitas produksi Northvolt diperkirakan akan meningkat sekitar empat kali lipat pada akhir dekade ini dari 192 GWh menjadi 1.142 GWh,” menurut Benchmark Minerals Intelligence.

    Sekarang, Eropa harus meningkatkan ketergantungannya pada produsen baterai asing di kawasan tersebut, hingga perusahaan lokal dapat membangun kapasitas. Termasuk perusahaan China dan Korea Selatan (Korsel).

    “Tiga tahun setelah US IRA, Eropa masih belum memiliki kebijakan komprehensif untuk melokalisasi produksi baterai,” kata Julia Poliscanova, Direktur Senior Kendaraan & mobilitas di T&E, kepada Euronews.

    “Tarif baterai yang tidak signifikan dan tidak adanya bantuan produksi serta persyaratan konten berarti impor dapat dilakukan dengan mudah. Rencana Otomatis memiliki beberapa bahasa yang tidak jelas tentang semua ini, tetapi yang kita butuhkan adalah tindakan segera sekarang,” tambahnya

    Sebelumnya, Northvolt mengatakan telah memangkas 1.600 pekerjaan atau sekitar seperempat dari stafnya. Eropa hanya menyumbang 3% dari produksi sel baterai global tetapi telah menargetkan 25% pasar pada akhir dekade ini.

    (sef/sef)

  • Kemendag Minta Klarifikasi PT ZPT Terkait Penjualan Motor Listrik – Page 3

    Kemendag Minta Klarifikasi PT ZPT Terkait Penjualan Motor Listrik – Page 3

    Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan insentif bagi motor listrik kembali hadir pada 2025 ini. Menurut dia, aturan tersebut sedang dalam tahap finalisasi.

    Insentif ini diharapkan mampu memudahkan masyarakat untuk membeli sepeda motor listrik. Diketahui, pemerintah juga tengah berupaya untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.

    “Pemerintah sekarang juga sedang dalam proses dan InsyaAllah akan terbit dalam waktu dekat yaitu insentif untuk motor listrik InsyaAllah dalam waktu dekat akan terbit,” kata Agus dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/2/2025).

    Dia menerangkan, saat ini aturannya sudah masuk tahap finalisasi. Meski begitu, belum ada waktu pasti kapan aturan insentif motor listrik itu berlaku. “Dalam waktu dekat, ini sudah finishing up,” ungkapnya.

    Kendati demikian, Menperin Agus belum mengungkapkan berapa besaran insentif bagi pembelian motor listrik baru tersebut.

    “Masih dihitung, tapi pasti ada. Jadi untuk insentif motor listrik akan keluar dalam waktu dekat,” tegasnya.

    Dipastikan Lanjut

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memastikan subsidi Rp 7 juta untuk motor listrik akan diperpanjang 2025. Insentif ini, kembali diberikan untuk mendukung percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

    “Subsidi (motor listrik) harusnya masih tetap,”” jelas Airlangga, disitat dari Antara, ditulis Minggu, 9 Februari 2025. 

    Sementara itu, ketika ditanya terkait kemungkinan keberlanjutan subsidi motor listrik dengan mempertimbangkan kondisi fiskal saat ini. Airlangga menyatakan, program tersebut sudah mendapatkan persetujuan pemerintah sehingga tidak akan mengganggu program lain.

    “Mungkin (untuk diperpanjang), karena sudah setuju semua. Jadi program tidak terganggu,” ujarnya.

     

  • Elon Musk Kehilangan Rp 476,4 Triliun dalam Sehari, tapi Masih Jadi Orang Terkaya di Dunia – Halaman all

    Elon Musk Kehilangan Rp 476,4 Triliun dalam Sehari, tapi Masih Jadi Orang Terkaya di Dunia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Elon Musk tidak perlu khawatir soal keuangan pribadinya, meski kekayaannya telah menurun drastis dalam beberapa bulan terakhir.

    Baru-baru ini, Musk kehilangan 29 miliar dolar AS (sekitar Rp 476,4 triliun) dalam satu hari setelah saham Tesla anjlok 15 persen pada Senin (10/3/2025).

    Mengutip CBC News, beberapa analis menilai penurunan ini merupakan indikasi bahwa komentar kontroversial Musk, hubungannya dengan Presiden AS Donald Trump, serta perannya dalam pemotongan anggaran federal dapat berdampak signifikan pada kekayaannya.

    “Penjualan saham Tesla seperti ini memang berdampak. Tesla adalah jantung dan paru-paru ekosistem Musk,” kata analis keuangan yang berbasis di LA, Wedbush Securities, Dan Ives, kepada CBC News.

    “Apakah ini berdampak pada Musk secara pribadi? Tidak. Tapi apakah ini memberi sinyal kepada Musk dan Dewan Tesla? Ya.”

    Menurut Ives, sinyal tersebut menegaskan bahwa Musk, yang memiliki sekitar 13 persen saham Tesla, perlu kembali memprioritaskan perannya sebagai CEO Tesla.

    “Ini jelas merupakan masa yang menegangkan,” katanya. “Ini adalah momen krusial bagi Musk.”

    Para analis mengatakan penurunan harga saham Tesla sebagian disebabkan oleh meningkatnya persaingan dari produsen kendaraan listrik lain, terutama dari China.

    Penjualan Tesla turun 12 persen di California, pasar terbesarnya, dan anjlok drastis di Eropa.

    Di Jerman, misalnya, penjualan turun 76 persen pada Februari lalu.

    Tahun lalu, Tesla mencatat penurunan penjualan keseluruhan sebesar satu persen, yang merupakan penurunan pertama dalam lebih dari satu dekade.

    Sebagian dari penurunan ini disebabkan oleh tantangan operasional, termasuk antisipasi model baru serta penyegaran Tesla Model Y, serta manajemen inventaris, menurut laporan Financial Monthly.

    Ives menambahkan bahwa permintaan yang melemah untuk kendaraan listrik juga menjadi faktor utama.

    Namun, Anthony Sassine, ahli strategi investasi senior di firma pengelola investasi Kraneshares, mengatakan kepada CNBC bahwa penurunan saham Tesla juga disebabkan oleh serangkaian keputusan strategis yang keliru oleh Musk.

    Keputusan tersebut termasuk fokus berlebihan pada Cybertruck dibandingkan dengan pengembangan mobil Tesla yang lebih terjangkau, serta keterlibatan Musk dalam politik yang menimbulkan reaksi negatif dari investor dan pembeli di AS serta Eropa.

    Laporan dari Brand Finance bulan lalu menunjukkan bahwa nilai merek Tesla turun 26 persen akibat kegagalan mencapai target pendapatan, meningkatnya persaingan di sektor kendaraan listrik, dan pemotongan harga di pasar utama seperti China.

    Musk juga mendapat kritik atas komentarnya di media sosial X, serta dukungannya terhadap Trump dan kandidat sayap kanan lainnya di seluruh dunia.

    Di sisi lain, ia menghadapi kecaman atas keterlibatannya dalam upaya efisiensi pemerintah Trump yang dikenal sebagai Department of Government Efficiency (DOGE).

    “Boikot terhadap Tesla, demonstran di showroom Tesla di AS, dan bahkan vandalisme terhadap mobil Tesla di jalan adalah bukti bahwa perusahaan Musk telah menjadi simbol Trump dan DOGE, yang pada akhirnya merugikannya,” kata Ives.

    “Tesla identik dengan Musk. Musk identik dengan Tesla. Erosi merek adalah perhatian utama.”

    Banyak pelanggan utama Tesla berasal dari kalangan Demokrat di pesisir AS, tambah Ives.

    “Hal terakhir yang Anda inginkan adalah Tesla dikaitkan dengan Trump dan gerakan MAGA.”

    Namun, hal ini semakin sulit dihindari setelah Trump duduk di kursi pengemudi Tesla Model S berwarna merah pada Selasa (11/3/2025), sementara Musk menjadi penumpangnya.

    Momen ini berlangsung di jalan masuk Gedung Putih, sehari setelah Trump mengumumkan di platform media sosialnya bahwa ia akan membeli Tesla baru.

    “Elon Musk berusaha membantu negara kita, dan ia melakukan pekerjaan yang luar biasa!” tulis Trump di Truth Social.

    “Saya akan membeli Tesla baru besok pagi sebagai tanda kepercayaan dan dukungan untuk Elon Musk, seorang warga Amerika yang benar-benar hebat.”

    Menurut Abigail Wright, konsultan di firma penasihat bisnis Chamber of Commerce, Musk seharusnya lebih fokus pada inovasi dan pertumbuhan Tesla ketimbang politik.

    “Jika ia menyalurkan energinya ke eksplorasi ruang angkasa dan kemajuan teknologi alih-alih politik, kita mungkin sudah melihat terobosan yang menguntungkan umat manusia daripada penurunan saham dan kerusakan merek,” katanya kepada Newsweek.

    Musk Masih Lebih Kaya daripada Bezos

    Meski mengalami penurunan kekayaan, Musk tetap menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih 307 miliar dolar AS (sekitar Rp 5.041 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index.

    Pendiri Amazon, Jeff Bezos, berada di posisi kedua dengan kekayaan bersih 218 miliar dolar AS (sekitar Rp 3.586 triliun).

    Meskipun harga sahamnya turun, Tesla masih memiliki nilai pasar lebih dari 700 miliar dolar AS, menjadikannya produsen mobil paling bernilai di dunia.

    Tesla bahkan berada di atas sembilan produsen mobil besar lainnya yang secara kolektif menjual 44 juta unit tahun lalu, sementara Tesla hanya menjual 1,8 juta unit.

    Tesla Model Y juga menjadi kendaraan terlaris pada 2024.

    Dalam wawancara dengan Fox Business, Musk mengakui bahwa ia menjalankan bisnisnya dengan sangat ketat.

    Namun, menurut Ives, Musk perlu lebih aktif terlibat di Tesla untuk menahan kerusakan yang terjadi.

    “Ia perlu muncul di pabrik atau showroom Tesla, bukan hanya di Gedung Putih atau Mar-a-Lago,” kata Ives.

    “Ia harus menunjukkan bahwa ia masih memegang kendali, bukan hanya duduk di kursi belakang.”

    (Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

  • Toyota Setrum C-HR Jadi Mobil Listrik, Jarak Tempuh hingga 600 Km

    Toyota Setrum C-HR Jadi Mobil Listrik, Jarak Tempuh hingga 600 Km

    Jakarta

    Toyota C-HR kini disetrum menjadi mobil listrik. Toyota resmi memperkenalkan mobil listrik C-HR+.

    Toyota C-HR+ dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar Eropa tertentu pada akhir tahun 2025. Selanjutnya, pada 2026 mobil ini baru bakal dijual secara merata di seluruh Eropa.

    Toyota C-HR+ terinspirasi oleh Toyota C-HR yang mengusung mesin bensin dan hybrid. Mobil ini dibangun berdasarkan filosofi kendaraan listrik bertenaga baterai e-TNGA Toyota juga memiliki bodi dan interior yang unik.

    Pada tampilan tiga perempat bagian depan, gaya yang bersih dan modern dengan jelas mengidentifikasikannya sebagai mobil listrik kontemporer Toyota. Sementara posisi yang lebar menunjukkan jenis berkendara dinamis seperti Toyota C-HR. Desain bemper depan, gril, dan lampu depan semuanya eksklusif untuk model ini, sementara siluet crossover coupe tampil ramping dan aerodinamis.

    Gaya mobil ditekankan oleh garis karakter yang khas: tegas di bagian belakang, menyatu dengan mulus ke dalam desain bagian depan. Tampilannya juga sama khasnya di bagian belakang, lagi-lagi dengan posisi yang lebar dan lampu kombinasi belakang LED.

    Toyota C-HR+ Foto: Dok. Toyota

    Beralih ke interior, kabinnya modern dan ramping sehingga menciptakan nuansa terbuka. Dengan panjang keseluruhan 4.520 mm, jarak sumbu roda memanjang hingga 2.750 mm, Toyota C-HR+ tetap menyajikan kenyamanan. Dimensi itu membantu mengamankan akomodasi yang luas dengan ruang kepala yang luas.

    Toyota C-HR+ Foto: Dok. Toyota

    Toyota menawarkan dua opsi baterai untuk C-HR+. Ada baterai 57,7 kWh dengan penggerak roda depan, serta baterai 77 kWh untuk penggerak roda depan dan penggerak semua roda. Sekali cas sampai penuh, Toyota mengklaim mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 600 km.

    Toyota C-HR+ versi AWD bakal memiliki tenaga 252 kW, memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik. Model berpenggerak roda depan dengan baterai 57,7 kWh menghasilkan tenaga 123 kW, dan baterai 77 kWh berpenggerak roda depan tenaganya naik menjadi 165 kW.

    Mobil ini ditawarkan dengan pengisi daya onboard 11 kW dan ada unit 22 kW. Pengisian daya cepat arus DC bisa sampai 150 kW.

    (rgr/dry)

  • Debut Global, Inilah Mobil Listrik Toyota C-HR+ dengan Jarak Tempuh 600 Km

    Debut Global, Inilah Mobil Listrik Toyota C-HR+ dengan Jarak Tempuh 600 Km

    JAKARTA – Toyota tampaknya sangat serius dan tak mau ketinggalan gerbong dalam memperluas pasar mobil listriknya, terbaru dan menjadi debut global yaitu Toyota C-HR+ serba listrik yang menyasar pasar SUV di Eropa.

    Terinspirasi dari SUV C-HR yang sukses besar di Eropa, mobil ini menampilkan garis tegas yang ramping dan menarik perhatian, serta hadir dengan karakter yang benar-benar menyenangkan, dan menawarkan kepraktisan kenyamanan yang memang menjadi prioritas.

    “Mobil ini telah dikembangkan dari konsep SUV Kompak yang diperkenalkan Toyota pada tahun 2022 sekaligus juga mengusung kualitas-kualitas penting yang telah menjadikan Toyota C-HR sukses besar, dengan penjualan lebih dari satu juta unit di Eropa dalam dua generasi,” bunyi pernyataan perusahaan, dikutip dari laman resminya, Rabu, 12 Maret.

    Dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar-pasar Eropa tertentu pada akhir tahun 2025, dengan peluncuran penuh ke semua pasar Eropa mulai tahun 2026, mobil ini akan bergabung dengan Urban Cruiser baru dan bZ4X baru untuk memberi Toyota jajaran produk yang menarik di seluruh segmen B, C, dan D-SUV BEV.

    Pengenalannya akan semakin memperkuat strategi multi-jalur Toyota, yang menggabungkan kendaraan hybrid, plug-in hybrid, dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen, untuk menghasilkan pengurangan emisi kendaraan yang berkelanjutan guna mencapai netralitas karbon di Eropa pada tahun 2035.

    Lantas bagaimana spesifikasinya?

    Desain

    Meskipun terinspirasi oleh Toyota C-HR, model yang terus meraih kesuksesan luar biasa dalam menarik pelanggan baru ke merek tersebut, Toyota C-HR+ jelas merupakan model yang unik. Mobil ini dibangun berdasarkan filosofi kendaraan listrik bertenaga baterai e-TNGA Toyota dan memiliki bodi serta interior yang unik. Mobil ini menghadirkan tampilan yang bersih dan bersemangat yang pada dasarnya terlihat sederhana, tetapi memiliki kualitas emosional yang kuat untuk memikat hati dan pikiran. Desain bemper depan, gril, dan lampu depan semuanya eksklusif untuk model ini, sementara siluet coupe-crossover yang ramping terlihat khas dan aerodinamis. Garis atap coupe yang menonjol dibuat tanpa mengurangi ruang kepala untuk penumpang kursi belakang.

    Tampilannya juga sama khasnya pada bagian belakang, dengan posisi lampu yang lebar dan kombinasi serba LED membuatnya terlihat sporty. Sudut jendela belakang yang curam dan spoiler yang terintegrasi dengan rapi semakin menegaskan tampilan yang dinamis. Dengan panjang keseluruhan 4.520 mm, jarak sumbu roda memanjang hingga 2.750 mm, ini membantu mengamankan akomodasi yang luas dengan ruang kepala yang luas dan jarak antara jok depan-belakang 900 mm.

    Fitur

    Fitur yang disematkan pada model ini dihadirkan untuk menjadikan kendaraan sebagai ruang bersama, bukan hanya tentang pengemudi. Oleh karena itu, penyediaan, misalnya, dua pengisi daya ponsel cerdas nirkabel dan port USB kabin belakang untuk memastikan semua orang di dalam mobil dapat terhubung saat bepergian, kontrol AC kabin belakang dan atap panorama yang membawa cahaya alami ke semua bagian interior.

    Tenaga dan Performa

    Toyota C-HR+ menawarkan dua pilihan baterai yang berbeda. Unit 57,7 kWh (kapasitas kotor) akan menjadi eksklusif untuk model penggerak roda depan dan baterai 77 kWh berkapasitas lebih tinggi akan tersedia untuk powertrain penggerak roda depan dan semua roda. Jangkauan maksimum menurut siklus berkendara WLTP adalah hingga 600 km. Versi AWD diharapkan menghasilkan tenaga 343 hp yang memungkinkan mobil melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 5,2 detik. Model penggerak roda depan dengan baterai 57,7 kWh akan menghasilkan tenaga 167 hp dengan memilih baterai 77 kWh, tenaga akan meningkat menjadi 224 hp.

    Opsi penggerak semua roda menegaskan status Toyota C-HR+ sebagai SUV asli. Sistem ini meningkatkan cengkeraman dan traksi serta membantu memanfaatkan torsi dan tenaga ekstra yang menjadi ciri khas BEV. Hal ini berkontribusi pada keselamatan dan kesenangan berkendara yang lebih besar. Pengisi daya internal 11 kW disediakan sebagai standar, dengan unit 22 kW disediakan dari High grade. Pengisian daya DC cepat dapat mencapai kecepatan hingga 150 kW.

    Ketenangan kepemilikan

    Pelanggan, khususnya mereka yang membeli BEV untuk pertama kalinya, dapat yakin bahwa Toyota C-HR+ memiliki semua Kualitas, Daya Tahan, dan Keandalan yang menjadi ciri khas merek tersebut. Hal ini tercermin dalam Program Perawatan Baterai yang mencakup baterai setiap tahun hingga usia kendaraan 10 tahun atau hingga jarak tempuh satu juta kilometer, tergantung pada pemeriksaan kesehatan baterai tahunan.

  • Mobil Listrik Murah Asal Vietnam VinFast Dibandrol Rp 200 Jutaan!

    Mobil Listrik Murah Asal Vietnam VinFast Dibandrol Rp 200 Jutaan!

    JABAR EKSPRES – Tidak akan begitu lama pabrik mobil listrik VinFast asal Vietnam akan di bangun di Kabupaten Subang Jawa Barat. Kepastian ini dibenarkan oleh Menteri Investasi dan Hilirisasi/BKPM, Rosan Roeslani.

    Menurutnya, pabrik yang ada di Subang Jawa Barat itu, akan memproduksi 50.000 mobil listrik dengan nilai investasi mencapai Rp 4 Triliun. Dan pihak VinFast sudah membeli tanah di Kabupaten Subang Jawa Barat.

    BACA JUGA: Mobil Listrik NETA Kini Hadir di Bandung, Harga Paling Bersaing!

    ‘’Lahan yang sudah dibeli, seluas 120 hektare dan akan dijadikan pusat produksi di Indonesia,’’ ujar Rosan kepada wartawan, dikutip, Rabu, (12/03/2025).

    Rosan mengatakan, target pasar mobil listrik Vinfast ini adalah masyarakat kelas menengah. Sebab, kendaraan listrik ini dibandrol hanya Rp 200-600 jutaan.

    BACA JUGA: Pengguna Mobil Listrik di Jawa Barat Melonjak Drastis Capai 5.695 Unit

    Selain itu, mobil listrik Vinfast ini memiliki beberapa tipe yang akan dijual di Indonesia. Pihak Vinfast juga sudah melakukan koordinasi dan menyatakan keseriusannya untuk segera membangun pabrik di Kabupaten Subang Jawa Barat itu.

    “Iya. Benar. Vinfast sudah bertemu dengan kami juga untuk rencana membangun pabriknya di Indonesia,” kata Rosan.

    BACA JUGA: Kendaraan Listrik Masih Kurang Diminati Masyarakat, Ombusman Ungkap Alasannya!

    Vinfast memilih Indonesia untuk pengembangan bisnis ekspor mobil listri ke pasar Global. Selain itu, pangsa pasar mobil listri murah di Indonesia masih belum banyak yang menggarap.

    Untuk diketahui, selain membangun pabrik di Subang, Vinfast juga akan memasarkan mobil listri secara langsung dengan mendatangkan kendaraan tersebut sebanyak 2.500 unit.

    BACA JUGA: Indonesia – Vietnam jadi Mitra Strategis Kerja Sama Perdagangan!

    Vinfast menunjukan keseriuasannya untuk memasarkan mobil listri dengan memperkenalkan terlebih dahulu produknya agar lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

    Selain itu, kedatangan kendaraan mobil listrik tersebut, merupakan bagian dari komitmen, pemerintah Indonesia untuk memberikan

    BACA JUGA: Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam & Cara Mengatasinya

    Sementara itu, Vinfast juga sudah mulai aktif memperkenalkan produknya melalui website dengan bahasa Indonesia. Di  laman Vinfast.id terungkap, ada tiga tipe yang ditawarkan diantaranya tipe VF 3, VF e34, dan VF 5. (yan).

  • RI Perlu Lakukan Ini buat Optimalkan Hilirisasi Mineral!

    RI Perlu Lakukan Ini buat Optimalkan Hilirisasi Mineral!

    Jakarta

    Ketua Komisi XII DPR RI Bambang Patijaya menekankan pentingnya hilirisasi mineral bagi Indonesia. Menurut Bambang, Indonesia berhasil mendapat keuntungan, baik dari pertambahan nilai hingga pertambahan ekonomis lainnya.

    Pelaksanaan hilirisasi, kata dia, perlu mengoptimalkan penguasaan teknologi baterai. Bambang meminta hilirisasi terus dijalankan, khususnya pada teknologi baterai yang berkaitan dengan nikel.

    “Saya pikir hilirisasi pada mineral sangat strategis karena memang sudah sesungguhnya bisa memberikan pertambahan nilai dan pertambahan ekonomis lainnya,” katanya dalam detikcom Energi Forum: Kesiapan Indonesia Menuju Swasembada Energi yang dipersembahkan detikcom bersama Komisi XII DPR, dan didukung SKK Migas, PT Pertamina Hulu Energi, dan ANTAM.
    di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (12/3/2025).

    “Mudah-mudahan semangat hilirisasi ini tetap kita jalankan, tapi juga ada satu catatan penting. Salah satu yang mendasar di hilirisasi yang dilaksanakan ini misalnya penguasaan teknologi terhadap battery storage, saya pikir ini bentuk hilirisasi sebenarnya,” sambung Bambang.

    Hal tersebut sejalan dengan perkembangan electric vehicle atau kendaraan listrik yang diprediksi menjadi tren masa depan. Tentunya penggunaan baterai sangat berkaitan erat dengan kendaraan listrik.

    “Kalau hari ini kita bicara soal Migas, itu terkait dengan energi fosil. Terkait pengembangan energi ke depan, misalnya electric vehicle, maka energy storage atau battery adalah suatu yang harus kita kuasai,” imbuhnya.

    Ditambah lagi Indonesia memiliki bahan dasar melimpah untuk teknologi baterai, tepatnya adalah nikel. “Karena kita punya bahannya, punya nikel sebagai bahan dasarnya,” sebut Bambang.

    Bambang menilai hilirisasi yang dilakukan Indonesia sudah benar dan sesuai jalurnya. Hanya saja eksekusi yang dilakukan perlu dimatangkan demi menghadapi persoalan yang ada.

    “Apakah hilirisasi sudah betul? Sudah on the track, cuman persoalannya bagaimana kita mem-boost saja. Kalau mapping, semua sudah mapping. Bahkan semua yang menjadi problematika kita sudah deteksi semua. Cuman kan persoalan eksekusinya,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Politik kemarin, Prabowo teken PP hingga investasi VinFast

    Politik kemarin, Prabowo teken PP hingga investasi VinFast

    Jakarta (ANTARA) – Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Selasa (11/3). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

    1. Prabowo teken PP 11/2025 atur pemberian THR dan gaji ke-13 untuk ASN

    Presiden RI Prabowo Subianto resmi menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2025 yang mengatur kebijakan pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN), termasuk PPPK, PNS, TNI, Polri, hakim, hingga pensiunan.

    “THR dan gaji ke-13 pada tahun 2025 akan diberikan kepada seluruh aparatur negara di pusat dan di daerah, termasuk PNS, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, prajurit TNI dan Polri, para hakim, serta pensiunan dengan total mencapai 9,4 juta penerima,” kata Presiden Prabowo

    Baca selengkapnya di sini.

    2. Puan bertukar pikiran dengan Sekjen PKV soal efisiensi pemerintahan

    Ketua DPR RI Puan Maharani saling bertukar pikiran dan pengalaman saat bertemu Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (PKV) To Lam terkait dengan efisiensi pemerintahan yang dilakukan oleh Indonesia maupun Vietnam.

    Menurut Puan, kebijakan efisiensi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia berbeda dengan yang dilakukan Vietnam.

    Baca selengkapnya di sini.

    3. Prabowo panggil Pandawara Group bahas isu lingkungan dan sampah

    Presiden RI Prabowo Subianto memanggil kelompok pemuda peduli lingkungan, Pandawara Group, ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/3), untuk salah satunya membahas isu lingkungan dan sampah.

    “Soal isu lingkungan sampah, khususnya membicarakan isu persoalan sampah,” kata salah satu anggota Pandawara Group, Gilang Rahma.

    Baca selengkapnya di sini.

    4. Menhan: Ada 15 K/L bisa dijabat TNI aktif

    Menteri Pertahanan (Menhan) Sjafrie Sjamsoeddin menyebutkan ada 15 Kementerian/Lembaga yang bisa dijabat oleh prajurit aktif TNI.

    Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI yang membahas Revisi Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/3).

    Baca selengkapnya di sini.

    5. Rosan: VinFast rencana bangun SPKLU hingga 100.000 titik di Indonesia

    Menteri Investasi dan Hilirisasi Rosan Perkasa Roeslani mengatakan bahwa perusahaan otomotif asal Vietnam VinFast berencana membangun secara bertahap 30.000—100.000 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di berbagai daerah Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

    Rosan menyebutkan nilai investasi untuk membangun 100.000 SPKLU itu kemungkinan mencapai kurang lebih satu miliar dolar AS.

    Baca selengkapnya di sini.

    Pewarta: Nadia Putri Rahmani
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2025

  • Saham Tesla Babak Belur, Elon Musk Curhat

    Saham Tesla Babak Belur, Elon Musk Curhat

    Jakarta

    Keterlibatan mendalam Elon Musk di pemerintahan Donald Trump, dukungannya pada partai sayap kanan Eropa dan kontroversi lainnya, tampaknya amat berdampak pada salah satu perusahaan andalannya yaitu Tesla, di samping meningkatnya kompetisi.

    Seperti dikutip detikINET dari CNBC, Selasa (11/3/2025) perusahaan kendaraan listrik itu telah kehilangan lebih dari 50% kapitalisasi pasarnya atau setara dengan USD 800 miliar, karena harga saham yang terus merosot.

    Dalam wawancara terbaru dengan Fox News, manusia terkaya dunia itu mengakui bahwa saat ini dia menjalankan bisnisnya dengan kesulitan besar. “Bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda yang lain?” tanya presenter Larry Kudlow.

    “Dengan kesulitan yang besar. Yah, begitulah,” jawab Musk. Sebelumnya di X, dia juga menanggapi anjloknya saham Tesla. “Itu (harga saham) akan baik-baik saja dalam jangka panjang,” demikian tulisnya dengan nada optimisme.

    Pada awalnya, keterlibatan Musk di pemerintahan Trump dipandang positif oleh investor. Namun demikian, tindakannya yang dratis termasuk PHK banyak pegawai pemerintah tampaknya menimbulkan ketidaksenangan.

    Dalam wawancara dengan Fox itu, Musk sepertinya tidak begitu peduli dengan fenomena itu. Ia mengatakan saat ini ada sekitar 100 pegawai DOGE (Department of Government Eficiency) yang dipimpinnya dan menurutnya mungkin akan bertambah sampai 200 orang.

    Sejak DOGE mulai bekerja, lapangan kerja pemerintah federal turun sebanyak 10.000 pekerjaan pada bulan Februari. Musk menegaskan apa yang dilakukannya adalah penting untuk penghematan dan efisiensi di pemerintahan Amerika Serikat.

    “Saya di sini hanya mencoba membuat pemerintah lebih efisien, menghilangkan pemborosan dan penipuan, dan sejauh ini kami benar-benar membuat kemajuan yang baik. Penghematan kami saat ini melebihi USD 4 miliar per hari. Jadi ini sangat signifikan,” klaimnya.

    (fyk/fay)

  • Denza Resmikan 4 Dealer Sekaligus di Indonesia, Ini Lokasinya

    Denza Resmikan 4 Dealer Sekaligus di Indonesia, Ini Lokasinya

    Jakarta

    Denza sebagai sub brand premium dari BYD sudah hadir di Indonesia sejak Januari 2025. Kini brand asal China itu meresmikan empat dealer Denza sekaligus di Indonesia.

    “Tonggak sejarah Denza di Indonesia hari ini kita membuka empat dealer Denza, bersama mitra kita: Arista, Haka, Harmony, dan Bipo,” kata Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia di Autograph Tower Thamrin Nine, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Seni (10/3/2025).

    Keempat dealer Denza yang diresmikan secara simbolis itu berlokasi di tempat yang strategis, antara lain:

    Arista, BSD City, Tangerang Selatan, BantenHaka Auto Pluit, Jakarta Utara,Harmony Kelapa Gading,Jakarta UtaraBipo, Denpasar, Bali

    Salah satu mitra dealer dari Denza, Arista mengatakan merek premium tersebut sudah diterima dengan baik. Para konglomerat disebut puas dengan kualitas dari Denza D9.

    “Denza sangat bisa diterima, baik pricing, kualitas showroom, manpower itu tepat sasaran dengan market Indonesia,” kata Chairman Arista Group, Hartono Sohor.

    Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan dealer Denza akan berdiri sendiri, berbeda dengan dealer reguler BYD. Hal ini juga dilakukan brand premium lain di Indonesia, misalnya Toyota dan Lexus.

    Luther bilang dealer Denza mayoritas akan berdiri di pusat Ibu Kota. Jumlah dealer Denza akan lebih sedikit dari BYD. Khusus merek BYD diketahui punya target 80 titik di Indonesia pada tahun 2025.

    “Tidak lepas kemungkinan di kota-kota lainnya di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, khususnya di Ibu Kota-nya. Itu yang kita sasar di Denza ini. Jumlahnya tidak sebanyak brand reguler,” ujar Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan.

    Keempat showroom Denza yang diresmikan ini dirancang dengan luas yang bervariasi, mulai dari 1.200 m² hingga lebih dari 3.700 m².

    Beberapa fasilitas yang tersedia untuk brand mewah ini antara lain stasiun pengisian listrik di setiap showroom, area parkir khusus bagi unit EV yang sedang melakukan pengisian daya. Lanjut area pameran yang luas dapat menampilkan hingga 5-6 unit kendaraan.

    Fasilitas lainnya mencakup ruang tunggu premium dengan minibar, akses Wi-Fi, serta kursi ergonomis untuk kenyamanan maksimal. Selain itu, tersedia area konsultasi dan penjualan yang interaktif, ruangan service reception, ruang VIP eksklusif, serta bengkel dan area servis modern yang siap melayani kebutuhan perawatan kendaraan listrik pelanggan.

    (riar/dry)