Produk: kendaraan listrik

  • Xiaomi Cari Duit untuk Geber Bisnis Mobil Listrik

    Xiaomi Cari Duit untuk Geber Bisnis Mobil Listrik

    Jakarta

    Xiaomi mendapat dana sebesar USD 5,5 miliar dari penjualan saham tambahan mereka sebanyak 800 juta lembar dengan harga HKD 53,25 tiap lembarnya.

    Dana ini akan dipakai untuk mengembangkan bisnis mobil listrik mereka yang ambisius, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (25/3/2025).

    Xiaomi, produsen ponsel ketiga terbesar di dunia, baru-baru ini merambah bisnis mobil listrik dan mulai memproduksi mobil listrik itu sendiri sejak tahun 2024 lalu. Mereka sebelumnya hanya berencana untuk menjual 750 juta lembar saham, namun jumlahnya ditambah menjadi 800 juta lembar.

    Saham seharga HKD 53,25 per lembar ini lebih murah dibanding saham Xiaomi yang diperdagangkan di pasar bebas, yang pada Senin (24/3) lalu ditutup seharga HKD 57 perlembar saham.

    Xiaomi menyebut dana yang mereka galang ini akan dipakai untuk mendanai akselerasi ekspansi bisnis, penelitian dan pengembangan teknologi mereka.

    Setelah 15 tahun membuat ponsel, perangkat IoT, dan perangkat elektronik rumah tanggal, Xiaomi meresmikan mobil listrik mereka yang bernama SU7 pada 2025. Lalu pada pertengah Maret mereka menyebut mendapatkan peningkatan pemasukan Q4 2024 sebesar 50%, dan menggenjot target pengapalan kendaraan listrik mereka menjadi 350 ribu unit, naik dari sebelumnya 300 ribu unit.

    Mereka juga mencatatkan pemasukan sebesar USD 4,4 miliar dari bisnis mobil listrik pada 2024, yang didapat dari mengapalkan lebih dari 135 ribu unit sedan SU7. Kemudian mereka menargetkan untuk mengapalkan mobil listrik ke luar negeri mulai 2027.

    Xiaomi saat ini baru membeli sebuah lahan seluas 52 hektar di bagian selatan Beijing. Lahan itu akan dipakai untuk membangun pabrik mobil tahap ketiga mereka, yang diharapkan bisa membantu untuk menggenjot target pengapalan tahunan mobil listriknya.

    Selama 2025, Presiden Xiaomi Lu Weibing mengaku akan menginvestasikan 7-8 miliar yuan untuk pengembangan di sektor AI, dari total biaya pengembangan mereka yang mencapai 30 miliar yuan.

    (asj/asj)

  • Pabrik BYD Buka 18.000 Loker, Dedi Mulyadi Minta Calon Tenaga Kerja Dilatih Gaya Militer

    Pabrik BYD Buka 18.000 Loker, Dedi Mulyadi Minta Calon Tenaga Kerja Dilatih Gaya Militer

    Jakarta

    Pabrik BYD di Subang siap menampung 18.000 pekerja saat beroperasi penuh. Dedi Mulyadi meminta Subang menyiapkan tenaga kerja yang terlatih, bahkan dididik militer.

    Pabrik BYD siap ngebul tahun ini. BYD memang diketahui mempercepat realisasi pembangunan pabrik. Bila semula pembangunan fasilitas pabrik itu rampung pada awal 2026, kini menjadi kuartal keempat tahun 2025.

    Tak cuma itu, BYD juga melakukan penambahan kapasitas produksi guna memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor. Peningkatan kapasitas produksi itu membuka peluang BYD memproduksi kendaraan elektrifikasi lain seperti Plug-in Hybrid (PHEV).

    Adanya peningkatan kapasitas produksi juga membuat penyerapan tenaga kerja lebih banyak. Sebelumnya diperkirakan ada 8.700 tenaga kerja yang terserap. Dengan adanya perluasan kapasitas produksi yang lebih besar, diharapkan lebih dari 18.000 peluang pekerjaan baru akan tercipta di berbagai sektor, membuka lebih banyak kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk berkembang.

    Terkait penyerapan tenaga kerja itu, Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi meminta Bupati Subang untuk menyiapkan calon tenaga kerja lokal dengan matang. Dilihat detikOto dalam unggahan video di akun Instagramnya, Dedi bahkan menyebut agar Bupati Subang Reynaldi Putra Andita memberi pelatihan dengan pendidikan bergaya militer.

    “Pada tahun ini, pemerintah Jawa Barat harus menyiapkan 18.000 untuk calon tenaga kerja di BYD, ya kan, baik tenaga kerja terampilnya maupun tenaga kerja biasanya. Pak Bupati siapin latihan, didik gaya militer, jangan kolokan,” ungkap Dedi.

    “Tenaga kerja Subang itu tenaga kerja pemberani, jangankan kerja di Subang, kerja di Jepang aja bagus, kerja di Arab saja bagus, masa kerja di sini nggak bagus. Siap kan biayanya, biayanya disiapin,” lanjut Dedi.

    Selain menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, BYD meyakini dengan adanya peningkatan kapasitas produksi ini sekaligus membuka peluang untuk saling tukar ilmu. Dengan begitu, keterampilan teknis tenaga kerja di Indonesia juga akan meningkat.

    Melalui pengembangan new value-added skills, sumber daya manusia (SDM) Indonesia akan dilibatkan dalam berbagai cakupan keahlian dalam industri kendaraan listrik, mulai dari proses produksi kendaraan, pengembangan teknologi baterai, hingga elektrifikasi kendaraan. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan keterampilan teknis yang dibutuhkan di sektor industri otomotif dan energi terbarukan. Dengan demikian, investasi ini tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dapat berperan aktif dalam pengembangan potensi SDM lokal yang berdaya saing tinggi.

    (dry/rgr)

  • Bikin Tenang! AION Siapkan Bengkel Siaga bagi Pemudik yang Pakai Mobil Listrik

    Bikin Tenang! AION Siapkan Bengkel Siaga bagi Pemudik yang Pakai Mobil Listrik

    Jakarta

    Tingginya minat masyarakat terhadap mobil listrik turut mendorong tren penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini untuk perjalanan mudik Lebaran Idulfitri. Menyikapi hal tersebut, sejumlah produsen mobil listrik mulai menyiapkan layanan khusus bagi pelanggan, termasuk AION

    Sebagai merek yang sepenuhnya berfokus pada kendaraan listrik, AION menghadirkan berbagai pilihan mobil listrik murni di Indonesia, seperti AION V, AION Hyptec HT, dan AION Y Plus.

    Demi memastikan pengalaman mudik yang aman dan nyaman bagi pelanggannya, AION Indonesia menyiapkan delapan bengkel siaga di berbagai kota strategis.

    “Kami sudah mendapatkan banyak informasi dari para customer-customer pemilik EV atau mobil listrik ini sudah mulai ‘berani’ untuk keluar dari area Jakarta untuk sekadar berlibur atau mungkin di minggu depan, di mana periode mudik sudah mulai,” ujar Aldi Ruvian perwakilan dari tim aftersales AION Indonesia.

    “Maka dari itu, kami dari aftersales AION Indonesia sebagai komitmen kami dalam menemani atau menjaga customer kami yang akan melakukan mudik lebaran dengan menggunakan mobil EV kami akan menyediakan berbagai program agar customer merasa aman dan nyaman tanpa khawatir,” lanjut Aldi.

    Bengkel siaga yang disiapkan oleh AION Indonesia tersebar di beberapa kota besar di Indonesia:

    AION PIK (Jakarta Utara)AION Halim (Jakarta Timur)AION Cikarang (Kab. Bekasi)AION Soekarno Hatta Bandung (Kota Bandung)AION Semarang (Kota Semarang)AION Bantul (Kab.Bantul)AION Surabaya (Kota Surabaya)AION Bali (Kab. Badung)AION Indonesia siapkan 8 bengkel siaga selama mudik Lebaran Idul Fitri 2025. Foto: dok. AION Indonesia

    Layanan ini tersedia pada 29-30 Maret dan 2-6 April 2025, dengan jam operasional pukul 08:30 – 16:30 WIB. Di bengkel siaga ini, pelanggan dapat melakukan perawatan rutin, perbaikan kendaraan, atau sekadar beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

    Tak hanya itu, AION Indonesia juga menyediakan layanan darurat 24 jam melalui Emergency Roadside Assistance (ERA), yang dapat dihubungi di nomor 021-3005 8888. Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses layanan bantuan melalui WhatsApp Chatbot di nomor 0851 8605 7870.

    (mhg/dry)

  • Keuntungan Emiten Kendaraan Listrik VKTR Tumbuh 39 Persen di 2024 Jadi Rp7,6 Miliar – Halaman all

    Keuntungan Emiten Kendaraan Listrik VKTR Tumbuh 39 Persen di 2024 Jadi Rp7,6 Miliar – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), emiten kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia, melaporkan kinerja keuangan konsolidasian untuk tahun buku 2024.

    Direktur Utama VKTR, Gilarsi Wahju Setijono mengatakan, pada tahun 2024 lalu perseroan berhasil mendongkrak laba bersih hingga sebesar 39 persen secara year-on-year (yoy), menjadi sebesar Rp 7,6 miliar.

    “Perseroan berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 39 persen (yoy) yang mencapai Rp 7,6 miliar, dibandingkan perolehan laba bersih sebesar Rp 5,4 miliar pada tahun sebelumnya,” ujar Gilarsi di Jakarta, Selasa (25/3/2025).

    Lalu, total aset tercatat melandai 3,5 persen (yoy) menjadi Rp 1,6 triliun, dengan diiringi penurunan total liabilitas sebesar 13 persen (yoy) menjadi Rp 452 miliar. Hal itu disebabkan oleh adanya penyelesaian kewajiban kepada pihak-pihak terkait.

    Kemudian ada juga sedikit kontraksi pada pendapatan bersih sebesar 5,4 persen (yoy), dari Rp 1,06 triliun pada tahun 2023 menjadi Rp 1,00 triliun di tahun 2024.

    “Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tercatat mengalami pelemahan sebesar 5,03 persen pada tahun 2024, atau lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Gilarsi.

    Strategi diversifikasi produk dan klien menjadi faktor utama yang menopang kinerja VKTR. Pendapatan dari penjualan kendaraan listrik meningkat 44 persen secara tahunan, dengan ekspansi ke segmen B2G (Business to Government) dan B2B (Business to Business).

    Tahun 2024, VKTR menyelesaikan pengiriman 21 unit bus listrik ke operator TransJakarta dan menjual unit pertamanya untuk transportasi bandara. Di sektor swasta, tujuh unit bus listrik telah digunakan untuk mobilisasi karyawan industri pulp dan kertas.

    Selain bus, VKTR mulai memperluas penetrasi di segmen kendaraan listrik lain, seperti truk listrik compactor yang dijual ke BUMN untuk operasional di Ibu Kota Nusantara (IKN). Anak perusahaannya juga menjual tujuh unit forklift listrik ke perusahaan internal dan swasta.

    Sementara itu, bisnis manufaktur suku cadang mengalami kontraksi penjualan 16 persen akibat melemahnya permintaan di segmen kendaraan komersial. Namun, VKTR optimistis bahwa strategi efisiensi biaya dapat menjaga stabilitas bisnis ini.

    Untuk mengakselerasi adopsi kendaraan listrik, VKTR telah mengembangkan berbagai prototipe, termasuk bus listrik 12 meter dan 8 meter, transporter, tractor head, heavy-duty truck, dan forklift listrik.

    Program uji coba unit yang dilakukan sepanjang 2024 memungkinkan calon pelanggan mengevaluasi performa kendaraan sebelum melakukan pembelian.

    “Kami berharap pemerintah dapat memberikan dukungan lebih konkret untuk sektor ini, dengan merujuk pada keberhasilan negara-negara lain dalam percepatan transformasi mobilitas rendah emisi,” kata Gilarsi.

    VKTR juga memperkuat industri kendaraan listrik nasional dengan membangun fasilitas perakitan berbasis Completely Knocked Down (CKD) pertama di Indonesia di Magelang, Jawa Tengah.

    Pabrik ini telah memproduksi bus listrik dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen, sejalan dengan target Indonesia dalam meningkatkan daya saing industri kendaraan listrik regional.

  • Hindari Tilang! Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini Selasa 25 Maret 2025 – Page 3

    Hindari Tilang! Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini Selasa 25 Maret 2025 – Page 3

    Untuk memastikan perjalanan tetap lancar dan terhindar dari sanksi tilang selama aturan ganjil genap berlaku, berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan:

    1. Cek Jadwal Ganjil Genap Secara Rutin:

    – Sebelum bepergian, pastikan untuk mengecek jadwal ganjil genap sesuai dengan tanggal hari itu. Kendaraan dengan pelat nomor berakhiran ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil, sedangkan pelat genap pada tanggal genap.

    2. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    – Aplikasi seperti Google Maps atau Waze dapat membantu menemukan jalur alternatif yang bebas dari aturan ganjil genap. Fitur lalu lintas real-time juga bisa digunakan untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi di jalan utama.

    3. Atur Waktu Perjalanan:

    – Jika memungkinkan, sesuaikan jadwal perjalanan agar berangkat atau pulang di luar jam penerapan ganjil genap, yaitu sebelum pukul 06.00 WIB atau setelah 21.00 WIB.

    4. Manfaatkan Kendaraan Berbasis Listrik:

    – Mobil listrik saat ini masih dikecualikan dari aturan ganjil genap. Jika memiliki kendaraan listrik atau berencana untuk beralih ke mobil ramah lingkungan, ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mobilitas yang lebih fleksibel.

    5. Pilih Transportasi Umum atau Carpooling:

    – Menggunakan MRT, TransJakarta, KRL, atau LRT bisa menjadi alternatif yang lebih efisien dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Jika tetap harus menggunakan mobil, carpooling dengan teman atau keluarga bisa mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

    6. Perhatikan Rambu dan Kamera Tilang Elektronik:

    – Patuhi rambu-rambu yang menandakan area ganjil genap serta waspadai titik-titik kamera tilang elektronik (ETLE). Pelanggaran akan langsung terekam dan bisa berujung pada sanksi tilang.

    7. Gunakan Layanan Transportasi Online Jika Mendesak:

    Jika harus bepergian pada hari di mana kendaraan pribadi tidak diperbolehkan melintas, layanan transportasi online seperti taksi atau ojek berbasis aplikasi dapat menjadi pilihan praktis.

    8. Manfaatkan Park and Ride:

    – Jika tetap ingin menggunakan mobil pribadi, pertimbangkan untuk memarkir kendaraan di fasilitas **Park and Ride** yang tersedia di beberapa titik Jakarta, lalu melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum.

    Dengan menerapkan strategi ini, perjalanan tetap nyaman meskipun aturan ganjil genap berlaku. Tetap patuhi aturan lalu lintas demi kenyamanan bersama!

  • Rencana Grup Bakrie Genjot Pasokan Bus Listrik ke TransJakarta

    Rencana Grup Bakrie Genjot Pasokan Bus Listrik ke TransJakarta

    Jakarta

    Emiten Grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) meningkatkan pasokan bus listrik untuk mendukung ekosistem transportasi rendah emisi di Indonesia. Salah satu yang dibidik adalah memasok bus listrik untuk TransJakarta.

    Tahun ini VKTR berencana merakit 80 unit bus listrik untuk TransJakarta, bertambah dari tahun 2024 yang sebanyak 20 bus.

    “Kemudian ada 20 unit kita jual ke TransJakarta melalui operatornya PT Sinar Jaya Megah Langgeng, Kemudian tahun ini kita akan harus rakit lagi dan suplai untuk kepentingan TransJakarta juga sekitar 80 unit, dan lain-lain,” ujar Direktur VKTR Achmad Amri Aswono Putro, di Jakarta Senin (24/3/2025)

    VKTR juga sudah diminta merakit bus listrik untuk menggantikan bus diesel yang akan berhenti melayani.

    “Minggu lalu Gubernur Jakarta (Pramono Anum) menyampaikan akan memperluas jaringan bus listrik ke TransJabodetabek. Jadi ini akan ada tambahan-tambahan lagi di luar yang sudah direncanakan di awal 200 bus (listrik) itu. Karena bus yang medium pun yang 8 meter kami juga diminta sesegera mungkin uji coba,” ujar Direktur VKTR Bimo Kurniatmoko.

    Sebagai informasi, TransJakarta berencana menambah 200 unit bus listrik tahun 2025 yang dimulai pada Juli hingga akhir 2025. Penambahan ini merupakan tahap lanjutan setelah tahun lalu TransJakarta mengoperasikan 300 unit bus listrik.

    Bus listrik VKTR untuk TransJakarta sendiri diklaim satu-satunya yang dirakit di dalam negeri dengan sertifikat TKDN lebih dari 40%. Secara total ada 84 bus listrik milik VKTR yang sudah mengaspal di berbagai perusahaan dengan rata-rata jarak tempuh per hari 210 km dan mengangkut sekitar 10 juta penumpang.

    Selain untuk TransJakarta, VKTR juga menyuplai 14 truk listrik yang beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rincian truk tersebut adalah model compactor 12 unit, model arm roll 1 unit, dan model dump 1 unit yang dioperasikan untuk Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 1 IKN.

    Bimo menyebut operasional truk listrik di IKN cenderung mendukung karena infrastrukturnya memang dibangun untuk mendukung kendaraan listrik. Hanya terdapat tantangan menyangkut tingginya biaya logistik dari tempat perakitan ke IKN.

    “Hanya challenge-nya karena kami rakitnya di Magelang, mengirimkan ke sana effort-nya luar biasa. Biaya logistik di Indonesia kan jadi salah satu tantangan. Mungkin biaya logistik dari luar ke Indonesia vs dalam negeri sendiri bisa jadi lebih murah dari luar Indonesia,” tutur Bimo.

    Sementara itu, Wakil Direktur Utama Bakrie & Brothers (Induk usaha VKTR) Ardiansyah Bakrie menyebut pihaknya berkomitmen mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ia juga meminta dukungan pemerintah, terlebih karena pihaknya sudah melakukan perakitan kendaraan di dalam negeri.

    “Yuk kita sama-sama majuin sesuatu yang produk dalam negeri, di mana kita pun sudah membuat 98% untuk merakit di sini. Tapi walaupun adanya Keppres, hal tersebut masih banyak dijalankan tidak melalui proses ini. Masih CBU masih diterima, sehingga menurut kami ya susah juga kalau kita mau bantu maju tapi tidak mendapatkan dukungan,” beber Ardi.

    Di sisi lain, CEO VKTR Gilarsi Wahju Setijono menyebut salah satu tantangan terbesar perusahaan adalah bersaing dengan produsen-produsen kendaraan berbasis diesel. Apalagi hingga saat ini pemerintah masih memberikan subsidi untuk Solar dengan nilai yang cukup besar. Menurutnya harga solar yang dibanderol Rp 6.800 per liter telah disubsidi dari harga aslinya sekitar Rp 14 ribuan.

    “Perjuangan paling besar buat kita hari ini adalah belum bisa bersaing dengan kendaraan komersil berbasis diesel adalah harga diesel yang super murah,” tutur Gilarsi.

    (ily/hns)

  • Sejumlah Mobilnya Kebakaran, Begini Pernyataan Resmi Chery Indonesia

    Sejumlah Mobilnya Kebakaran, Begini Pernyataan Resmi Chery Indonesia

    JAKARTA – Ramai di media sosial sebuah video singkat memperlihatkan sejumlah mobil terbakar, yang merujuk bahwa model tersebut (Omoda) merupakan milik PT Chery Sales Indonesia.

    Menyikapi hal tersebut PT Chery Sales Indonesia buka suara, dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Senin, 24 Maret ada tiga poin yang diungkapkan oleh Chery atas insiden tersebut.

    1. Kami ingin mengklarifikasi informasi yang beredar bahwa KD (Knock-Down) Kit unit yang terdampak dalam insiden tersebut adalah komponen untuk produk kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE). Perlu kami luruskan bahwa unit yang terdampak dalam kejadian ini bukanlah kendaraan listrik (EV), melainkan Knock-Down (KD) Kit untuk kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE). Sebagai bukti, kami lampirkan foto yang menunjukkan karakteristik KD Kit tersebut, di mana terlihat adanya lubang untuk pengisian tangki bahan bakar minyak (BBM) yang hanya ditemukan pada mobil bermesin pembakaran internal.

    2. Kami ingin turut mengklarifikasi bahwa insiden tersebut tidak terjadi di dalam maupun area pabrik atau warehouse Chery, melainkan outsourcing di mana lokasi dan pengelolaannya di tempat pihak ketiga. dan di lokasi dipastikan tidak ada kendaraan Listrik (EV) seperti yang diberitakan.

    3. Saat ini, PT Chery Sales Indonesia (CSI) tengah melakukan investigasi internal secara menyeluruh untuk memahami secara utuh penyebab dan dampak dari kejadian ini. Kami juga bekerja sama penuh dengan pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) senantiasa berkomitmen untuk menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh Chery Family di Indonesia.

    “Kami juga mengucapkan terima kasih atas perhatian, dukungan, dan kerja sama yang telah diberikan oleh rekan-rekan dan seluruh masyarakat Indonesia kepada Chery. Kami akan terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif Indonesia dan menghadirkan produk-produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat,” bunyi keterangan resmi Chery.

  • Dukung Kenyamanan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN UID Jawa Barat Resmikan SPKLU Center Rest Area Pertama di Indonesia

    Dukung Kenyamanan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN UID Jawa Barat Resmikan SPKLU Center Rest Area Pertama di Indonesia

    JABAR EKSPRES – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat terus berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan menghadirkan infrastruktur pengisian daya yang semakin luas dan mudah diakses.

    Salah satu langkah nyata dari komitmen ini adalah peresmian SPKLU Center di Rest Area 38B Tol Jagorawi, yang merupakan SPKLU Center pertama di Indonesia.

    General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi, menyampaikan bahwa Jawa Barat saat ini memiliki jumlah SPKLU terbanyak di Indonesia.

    Pembangunan infrastruktur ini sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan listrik serta upaya PLN dalam mendukung transisi energi dan target Net Zero Emission (NZE) 2060.

    “Kami bangga bahwa SPKLU Center Rest Area pertama di Indonesia hadir di Jawa Barat. Ini adalah bukti bahwa kami tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga mendukung gaya hidup masyarakat yang lebih ramah lingkungan. Kini, pengguna kendaraan listrik bisa lebih nyaman saat bepergian tanpa khawatir kehabisan daya,” ujar Agung.

    SPKLU Center di Rest Area 38B ini hadir dengan 5 unit mesin SPKLU yang siap melayani para pengguna kendaraan listrik, yang terdiri dari 4 SPKLU fastcharging dan 1 SPKLU medium charging.

    Dengan lokasi yang strategis di jalur tol utama, SPKLU ini memastikan pengguna kendaraan listrik bisa melakukan perjalanan dengan lebih tenang dan efisien.

    Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) yang diwakili oleh Executive Vice Presiden Pengembangan Produk Niaga, Ririn Rachmawardini, dalam sambutannya juga menegaskan bahwa PLN terus berinovasi dalam menghadirkan layanan terbaik bagi pengguna kendaraan listrik.

    “SPKLU Center ini merupakan bagian dari ekosistem kendaraan listrik yang terus kami kembangkan. Ke depan, PLN akan terus memperluas jaringan SPKLU, memastikan akses yang lebih mudah bagi pengguna kendaraan listrik di seluruh Indonesia,” ungkap Ririn.

    Salah satu pengguna SPKLU Center Rest Area 38B, Radianka Nugroho, menyampaikan pengalamannya dalam menggunakan SPKLU ini.

    “Sebagai pengguna kendaraan listrik, saya merasa sangat terbantu dengan semakin banyaknya SPKLU di sepanjang jalur tol. Dengan adanya SPKLU Center di Rest Area 38B ini, saya bisa lebih tenang saat bepergian tanpa khawatir mencari tempat pengisian daya. Infrastruktur seperti ini sangat dibutuhkan agar lebih banyak orang tertarik beralih ke kendaraan listrik,” ujarnya.

  • Daftar SPKLU di Rest Area Tol dan Cara Cari Lokasinya

    Daftar SPKLU di Rest Area Tol dan Cara Cari Lokasinya

    Jakarta

    Meningkatnya jumlah pengguna kendaraan listrik membuat jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) juga semakin banyak. Pengguna kendaraan listrik pun semakin mudah jika ingin mengisi daya.

    Titik SPKLU di Rest Area Tol 2025

    Selaku pengelola sebagian besar jalan tol, Jasa Marga menyediakan 53 rest area yang dilengkapi SPKLU. Berikut ini daftar lengkapnya berdasarkan informasi resmi dari Jasa Marga yang telah dikutip detikOto:

    Ruas Jabodetabek

    1. JagorawiRest Area KM 10A
    DC 60 KWRest Area KM 21B
    DC 50 KWRest Area KM 45A
    DC 60 KW2. Jakarta-TangerangRest Area KM 13A
    DC 60 KWRest Area KM 14B
    AC & DC 82.5 KW3. Jakarta-CikampekRest Area KM 6B
    AC 22 KW, DC 25 KW & DC 200 KWRest Area KM 19A
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 19B
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 39A
    DC 50 KWRest Area KM 42B
    DC 50 KWRest Area KM 57A
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KWRest Area KM 62B
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KW

    Ruas Cipularang & Padaleunyi

    1. CipularangRest Area KM 72A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area KM 72B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 88A
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area Travoy KM 88B
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area KM 97B
    DC 60 KWRest Area KM 125B
    DC 120 KW2. PadaleunyiRest Area KM 147A
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 149B
    DC 50 KW, DC 24 KW

    Ruas Palikanci & Batang-Semarang

    1. PalikanciRest Area Travoy KM 207A
    DC 50 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area KM 208B
    DC 50 KW, DC 24 KW2. Batang-SemarangRest Area Travoy KM 360B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 379A
    AC 7.4 KW, DC 200 KW, DC 200 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area Travoy KM 389B
    AC 7.4 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KWRest Area Travoy KM 391A
    DC 50 KW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C & Semarang-Solo

    1. Semarang Seksi A, B, CRest Area KM 424B
    DC 50 KW2. Semarang-SoloRest Area KM 429A
    DC 50 KWRest Area KM 439A
    DC 50 KWRest Area KM 444B
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 456B
    AC 7.4 KWRest Area KM 487A
    DC 50 KWRest Area KM 487B
    DC 50 KW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    1. Solo-NgawiRest Area Travoy KM 519A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 519B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 538A
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 538B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 575A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 575B
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KW2. Ngawi-KertosonoRest Area Travoy KM 597A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 597B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area KM 626A
    AC 22 KW, DC 200 KWRest Area KM 626B
    AC 22 KW, DC 200 KW

    Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    1. Surabaya-MojokertoRest Area Travoy KM 725A
    DC 50 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area KM 726B
    DC 50 KW2. Surabaya-GempolRest Area KM 753B
    DC 50 KWRest Area KM 754A
    DC 50 KW3. Pandaan-MalangRest Area Travoy KM 66A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 66B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 84A
    DC 50 KWRest Area KM 84B
    DC 50 KW4. Gempol-PasuruanRest Area Travoy KM 792A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 792B
    DC 50 KWCara Mencari Lokasi SPKLU Terdekat

    Dikutip dari situs resmi PLN, pengguna kendaraan listrik bisa mencari lokasi SPKLU terdekat dengan mudah menggunakan aplikasi PLN Mobile. Install dulu aplikasi ini dan jangan lupa aktifkan GPS.

    Berikut langkah-langkah menggunakan PLN Mobile untuk mencari SPKLU:

    Buka aplikasi. Daftar atau login terlebih dahulu.Di bagian kanan atas, klik Electric VehicleBagi pengguna mobil listrik, pilih SPKLU. Bagi yang ingin menggunakan listrik untuk berbagai tujuan, termasuk untuk motor listrik, bisa pilih SPLU.Akan muncul titik SPKLU terdekat, lengkapi dengan tipe pengisian, jarak menuju lokasinya, hingga jam bukanya.

    Selain lewat aplikasi PLN Mobile, detikers juga bisa memanfaatkan aplikasi Travoy dari Jasa Marga untuk mencari SPKLU dan berbagai informasi terkait jalan tol. Kamu juga bisa menggunakan Google Maps dan carilah SPKLU terdekat.

    Dengan mengetahui titik SPKLU di rest area tol, detikers bisa merencanakan perjalanan terlebih dahulu agar tidak kehabisan daya di tengah tol. Tentunya hal ini bisa melancarkan perjalanan sampai tujuan.

    (bai/row)

  • Jawa Barat – Guangxi Perkuat Kerja Sama Pengembangan SDM

    Jawa Barat – Guangxi Perkuat Kerja Sama Pengembangan SDM

    JABAR EKSPRES – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Guangxi Transport Vocational and Technical College (GTVTC) untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang vokasi, sistem transportasi perkotaan dan pedesaan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

    Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Implementing Arrangement antara Dinas Pendidikan Jabar dan GTVTC.

    Dokumen tersebut ditandatangani oleh Dean of Road and Bridge Engineering School GTVTC dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Erwan Setiawan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (24/3/2025).

    Wagub Erwan menyambut baik kerja sama dengan salah satu institusi pendidikan terbaik di Kota Nanning, Tiongkok tersebut.

    Sebagai langkah awal, Pemdaprov Jabar segera mengirimkan tenaga pendidik untuk mengikuti pelatihan New Energy Car Technology (teknologi kendaraan energi baru) di GTVTC.

    “Hari ini telah dilakukan penandatanganan kerjasama di bidang pendidikan, mudah-mudahan membawa maslahat bagi warga Jabar dan Indonesia umumnya,” kata Erwan.

    Tenaga pendidik yang akan mengikuti pelatihan di GTVTC antara lain Nurholis Kamaludin dari SMKN 7 Garut, Adi Gunawan dari SMKN 6 Bandung, Erga Dian Permana dari SMKN 1 Pusakanagara, Dani Budiman dari SMKN 1 Rancaekek, dan Cecep Dalda Astamalya dari SMKN 7 Baleendah.

    Erwan menekankan pentingnya kerja sama ini dalam mendukung pengembangan teknologi di Jawa Barat.

    Menurutnya, penguasaan teknologi baru sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    “Ini juga dalam rangka mencapai visi misi Jabar istimewa,” ucapnya.

    Kerja sama antara Pemdaprov Jabar dan Pemerintah Guangxi Zhuang Autonomous Region bukanlah yang pertama.

    Sebelumnya, pada 5 Mei 2017, kedua pihak menjalin kerja sama Sister Province hingga 2022, yang kemudian diperpanjang pada 26 Juli 2023 hingga saat ini.

    Beberapa bentuk kerja sama yang telah terealisasi meliputi pengiriman donasi dan alat kesehatan untuk penanggulangan Covid-19, kolaborasi ilmiah antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (FPIK Unpad) dengan Guangxi University for Nationalities, partisipasi Jawa Barat dalam China-ASEAN Expo 2024, pelatihan guru SMK di Liuzhou City Vocational School, serta hibah kendaraan listrik.

    “Kami telah menjalin hubungan Sister Province sejak 2017 dan memperbaruinya pada 2023. Kerja sama ini bukan hanya seremonial, tetapi benar-benar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Jawa Barat,” pungkas Erwan.