Produk: kendaraan listrik

  • Puncak Arus Mudik, Kementerian ESDM dan PLN Pastikan Infrastruktur Kelistrikan dalam Kondisi Prima

    Puncak Arus Mudik, Kementerian ESDM dan PLN Pastikan Infrastruktur Kelistrikan dalam Kondisi Prima

    Cirebon, Beritasatu.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur kelistrikan menyeluruh beroperasi dengan prima pada puncak arus mudik Idulfitri 1446 Hijriah. Termasuk fasilitas yang mendukung mobilitas masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) saat melakukan mudik secara aman dan nyaman.

    Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung saat melakukan peninjauan ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalur mudik yang ada di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cirebon, Jawa Barat, Jumat (28/3/2025) menyampaikan bahwa pemerintah melalui PLN telah melakukan pegecekan dan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan sejak jauh-jauh hari. Persiapan tersebut diharapkan mampu mencegah gangguan kelistrikan selama periode Idulfitri tahun ini.

    “Yang kami lakukan di Kementerian ESDM, meminta kepada PLN untuk melakukan maintenance (kelistrikan) lebih awal, supaya tidak terjadi gangguan selama perayaan Idulfitri. Kemudian untuk antisipasi, kita menyiapkan personil dan juga peralatan,” ujar Yuliot.

    Wamen ESDM Yuliot Tanjung (kedua dari kanan) didampingi Kepala BPH Migas Erika Retnowati (kedua dari kiri), Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu (kiri), dan General Manager PLN UID Jawa Barat Agung Murdifi (kanan) melakukan simulasi pengisian daya mobil listrik di SPKLU PLN UP3 Cirebon.

    Terpisah, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa PLN terus menjalankan arahan pemerintah untuk memberikan layanan secara maksimal selama periode Lebaran. Dalam hal ini, pihaknya memastikan seluruh infrastruktur dari hulu hingga hilir dalam kondisi prima untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

    “Kami berjuang all-out dalam menjaga keandalan pasokan listrik selama periode siaga Ramadan dan Idulfitri 1446 H. Kami telah melakukan pengecekan menyeluruh, mulai dari pasokan energi primer, pembangkit, transmisi, distribusi, hingga personel,” ucap Darmawan.

    Ia melanjutkan, PLN telah menetapkan periode siaga Ramadan dan Idulfitri dari tanggal 17 Maret sampai dengan 11 April 2025 dan memproyeksikan beban puncak selama periode siaga ini sebesar 45 Gigawatt (GW). Dengan daya mampu kelistrikan sebesar 67 GW, maka masih ada reserve margin sebesar 22 GW atau sekitar 40%.

    “Kami memastikan kondisi sistem kelistrikan aman dan andal. Kami terapkan monitoring real-time untuk menjamin pasokan listrik mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bahkan di beban puncak,” ujar Darmawan.

    Wamen ESDM Yuliot Tanjung (kiri) didampingi General Manager PLN UID Jawa Barat Agung Murdifi (kanan) meninjau SPKLU Mobile yang disiagakan untuk membantu pemudik yang kehabisan daya kendaraan listrik saat di perjalanan.

    Sementara Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto menambahkan bahwa PLN telah menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik secara maksimal untuk menyambut periode mudik dan liburan Idulfitri tahun ini. Termasuk dengan menambah jumlah unit SPKLU untuk titik-titik yang memiliki okupansi tinggi.

    “Kami memproyeksikan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan listrik pada Idulfitri kali ini akan meningkat 5 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Guna mengantisipasi antrean panjang charging, kami telah menambah SPKLU hingga 7,5 kali lipat dibanding tahun lalu di titik-titik dengan okupansi tinggi pada jalur mudik Trans Sumatra – Jawa,” jelas Adi.

    Wamen ESDM Yuliot Tanjung (kedua dari kanan) didampingi Kepala BPH Migas Erika Retnowati (kedua dari kiri), Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto (kiri), dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu (kanan) saat sesi doorstop dengan media di PLN UP3 Cirebon, Jumat, 28 Maret 2025.

    Sampai saat ini, tercatat PLN bersama para mitra telah menyediakan 3.558 unit SPKLU yang tersebar di 2.412 titik strategis di seluruh tanah air. Sedangkan untuk jalur mudik dengan okupansi tinggi, total ada sebanyak 1.000 unit SPKLU di 615 lokasi di jalur mudik Trans Sumatra – Jawa, di mana jarak rata-rata antar SPKLU adalah 22 km.

    Khusus di wilayah Jawa Barat, PLN menambah jumlah SPKLU sebanyak 6 kali lipat dari Idulfitri tahun sebelumnya. Dengan begitu saat ini telah tersedia sebanyak 617 unit SPKLU yang tersebar di 406 lokasi di Jawa Barat. Pada tiap-tiap lokasi ini, PLN juga menyediakan petugas yang siaga 24 jam membantu para pemudik dengan total 2.436 personel.

    “Petugas PLN yang bersiaga siap melayani kebutuhan pengisian kendaraan listrik selama 24 jam. Kami juga menyediakan layanan digital di aplikasi PLN Mobile untuk mempermudah pemudik pengguna kendaraan listrik bisa lancar sampai tujuan kampung halaman,” imbuhnya.

    Ketersediaan infrastruktur charging kendaraan listrik dirasakan langsung oleh salah satu pemudik, Rara, yang menggunakan mobil listrik dari Jakarta ke tujuannya Cirebon. Ia merasa sangat terfasilitasi oleh banyaknya SPKLU di sepanjang jalur mudik.

    “Saya mudik dari Jakarta ke Cirebon, untuk pengisian dayanya aman-aman saja sih, cari (SPKLU) yang terdekat selalu ada,” ujar Rara.

    Rara juga menambahkan secara biaya, menggunakan kendaraan listrik jauh lebih murah dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

    “Saya kalau Jakarta – Cirebon pakai mobil biasa BBM habis sekitar Rp 400-450 ribu. Ini (mobil listrik) cuma paling Rp 50 ribuan sekali charge,” tuturnya.

  • Pasokan Listrik Momen Libur Lebaran Dijamin Aman

    Pasokan Listrik Momen Libur Lebaran Dijamin Aman

    Jakarta

    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yuliot meminta PT PLN (Persero) menjaga keandalan sistem kelistrikan dengan meminimalkan potensi pemadaman listrik selama momen Lebaran.

    Menurutnya langkah ini dapat dilakukan melalui percepatan jadwal pemeliharaan pembangkit listrik.

    “Untuk menjamin ketersediaan listrik bagi masyarakat dan mengantisipasi gangguan, Kementerian ESDM telah meminta PLN melakukan maintenance (perbaikan) lebih awal. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi gangguan selama masa libur Hari Raya Idul Fitri,” kata Yuliot di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayan Pelanggan (UP3) pada Jumat (28/3), dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Sabtu (29/3/2025).

    Selain percepatan pemeliharaan, Yuliot mengatakan saat ini PLN juga sudah menyiagakan personel dan peralatan pendukung guna mengantisipasi segala kemungkinan.

    “Kita berharap tidak ada kejadian luar biasa yang mengganggu persiapan kita dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” lanjut Yuliot.

    Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan sudah melakukan persiapan lebih awal untuk memastikan kelancaran pasokan listrik. Posko Siaga telah beroperasi sejak 17 Maret dan akan berlangsung hingga 11 April 2025.

    “Dari sisi ketersediaan energi primer, kami memastikan stok cukup untuk 20 hingga 25 hari. Bahkan, untuk beberapa pembangkit, Hari Operasi (HOP) mencapai 30 hari,” jelas Adi.

    Adi memastikan pemeliharaan pembangkit, transmisi, dan distribusi telah dilakukan jauh-jauh hari sesuai arahan pemerintah. Dengan demikian, selama masa siaga, PLN tidak akan melakukan pemeliharaan yang berpotensi mengganggu pasokan listrik.

    Sebagai informasi, proyeksi Neraca Daya di wilayah Jawa Barat termasuk Kota Cirebon selama periode Siaga Mudik dan Idul Fitri 1446 H dipastikan dalam kondisi normal dan aman, dengan daya mampu sebesar 11.144 MW dan beban puncak 6.649 MW sehingga masih tersisa cadangan 4.455 MW atau 67,6%.

    Untuk mendukung kesiapan selama masa siaga, UP3 Cirebon telah menyiapkan berbagai peralatan guna memastikan keandalan pasokan listrik, di antaranya 15 unit UGB, 15 unit genset, 1 unit deteksi, 1 unit UKB, 1 unit crane, 23 mobil, dan 32 motor, dengan rata-rata transaksi operasional 2-4 kali per hari.

    Sementara itu, bagi pengguna kendaraan listrik, PLN juga memastikan ketersediaan 179 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 155 lokasi di wilayah kerja UID Jawa Barat. Fasilitas ini mencakup 26 unit Ultra Fast Charging, 28 unit Fast Charging, 118 unit Medium Fast Charging, dan 7 unit Slow Charging.

    (igo/hns)

  • Daftar SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa untuk Isi Daya Mobil Listrik

    Daftar SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa untuk Isi Daya Mobil Listrik

    Jakarta

    Dengan meningkatnya penggunaan mobil listrik, ketersediaan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di jalur mudik begitu penting. Banyaknya SPKLU membuat perjalanan pulang kampung akan tetap lancar tanpa khawatir kehabisan daya.

    Penggunaan SPKLU di lebaran Idul Fitri 2025 diproyeksikan naik 5x lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Sehingga, PLN melakukan penambahan jumlah SPKLU untuk mengantisipasi terjadinya antrean. Lantas, di mana saja lokasi SPKLU yang ada di rest area tol Trans Jawa?

    Daftar SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa

    Menurut laman instagram PLN, pada lebaran tahun ini PLN telah menambah 6 kali lipat jumlah unit SPKLU. Mengutip laman Antara, berikut daftar SPKLU di rest area tol Trans Jawa.

    1. Tol Jagorawi

    Rest Area KM 10A: DC 60 kWRest Area KM 21B: DC 50 kWRest Area KM 45A: DC 60 kW

    2. Tol Jakarta-Cikampek

    Rest Area KM 6B: AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kWRest Area KM 19A: DC 50 kW & DC 24 kWRest Area KM 19B: DC 50 kW & DC 24 kWRest Area KM 39A: DC 50 kWRest Area KM 42B: DC 50 kWRest Area KM 57A: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kWRest Area KM 62B: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    3. Tol Jakarta-Tangerang

    Rest Area KM 13A: DC 60 kWRest Area KM 14B: AC & DC 82,5 kW

    4. Tol Padeluenyi

    Rest Area KM 147A: DC 50 kW & DC 200 kWRest Area KM 149B: DC 50 kW & DC 24 kW

    5. Tol Cipularang

    Rest Area KM 72A: DC 50 kW & 24 kWRest Area KM 72B: DC 50 kW & 24 kWRest Area Travoy KM 88A: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kWRest Area Travoy KM 88B: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kWRest Area KM 97B: DC 60 kWRest Area KM 125B: DC 120 kW

    6. Tol Palikanci

    Rest Area Travoy KM 207A: AC 24 kW, DC 24 kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kWRest Area KM 208B: DC 50 kW, DC 24 kW

    7. Tol Batang-Semarang

    Rest Area Travoy KM 360B: DC 50 kWRest Area Travoy KM 379A: AC 7.4 kW, AC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kWRest Area Travoy KM 389B: DC 50 kW, AC 7.4 kW, DC 100 kW, AC 22 kWRest Area Travoy KM 391A: DC 50 kW

    8. Tol Semarang-Solo

    Rest Area KM 429A: DC 50 kWRest Area KM 439A: DC 50 kWRest Area KM 444B: DC 50 kW, DC 200 kWRest Area KM 456B: AC 7.4 kWRest Area KM 487A: DC 50 kWRest Area KM 487B: DC 50 kW

    9. Tol Semarang Seksi A, B, C

    Rest Area KM 424B: DC 50 kW

    10. Tol Solo-Ngawi

    Rest Area Travoy KM 519A: DC 24 kW, DC 50 kWRest Area Travoy KM 519B: DC 24 kW, DC 50 kWRest Area Travoy KM 538A: DC 50 kW, DC 22 kWRest Area Travoy KM 538B: DC 50 kW, DC 22 kWRest Area Travoy KM 575A: DC 50 kW, DC 22 kW, DC 100 kW, AC 22 kWRest Area Travoy KM 575B: DC 50 kW, DC 22 kW

    11. Tol Ngawi-Kertosono

    Rest Area Travoy KM 597A: DC 50 kW, DC 22 kWRest Area Travoy KM 597B: DC 50 kW, DC 22 kWRest Area Travoy KM 626A: AC 22 kW, DC 100 kWRest Area Travoy KM 626B: AC 22 kW, DC 200 kW

    12. Tol Surabaya-Mojokerto

    Rest Area Travoy KM 725A: DC 50 kW, DC 100 kW, AC 22 kWRest Area Travoy KM 726B: DC 50 kW

    13. Tol Surabaya-Gempol

    Rest Area KM 753B: DC 50 kWRest Area KM 754A: DC 50 kW

    14. Tol Pandaan-Malang

    Rest Area Travoy KM 66A: DC 50 kWRest Area Travoy KM 66B: DC 50 kWRest Area Travoy KM 84A: DC 50 kWRest Area Travoy KM 84B: DC 50 kW

    15. Tol Gempol-Pasuruan

    Rest Area Travoy KM 792A: DC 50 kWRest Area Travoy KM 792B: DC 50 kWCara Melakukan Pengisian Daya Mobil Listrik di SPKLU

    Setelah mengetahui lokasi SPKLU di rest area tol Trans Jawa, ketahui juga bagaimana cara melakukan pengisian daya mobil listrik. Begini langkah-langkahnya mengutip laman Instagram PLN Balikpapan:

    Download aplikasi PLN MobileBuka aplikasi dan pilih menu Electric Vehicle.Klik ikon SPKLU dan pilih lokasi yang ingin dikunjungiScan barcode di charging station dan isi nominal kWh yang diinginkanPilih metode pembayaranHubungkan konektor ke charger mobilPengisian daya dimulai.

    Pastikan daya listrik cukup digunakan mobil listrik hingga tempat tujuan.

    (elk/row)

  • Ini Ketentuan Penanganan Mobil Listrik di Kapal Laut Saat Mudik

    Ini Ketentuan Penanganan Mobil Listrik di Kapal Laut Saat Mudik

    Jakarta

    Mudik menjadi momen yang dinanti oleh banyak orang di hari raya. Seiring dengan peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, banyak pemudik yang sudah beralih ke mobil listrik untuk perjalanan jauh.

    Salah satunya menggunakan kapal laut sebagai salah satu moda transportasi. Sehingga, terdapat ketentuan khusus yang diterapkan untuk kendaraan listrik yang menaiki kapal laut. Hal ini untuk menghindari potensi risiko yang terjadi di atas kapal.

    Ketentuan Mudik Naik Mobil Listrik via Kapal Laut

    Terdapat aturan mengenai pengangkutan kendaraan listrik di atas kapal. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor -DJPL 12 Tahun 2024, tertanggal 4 April 2024 tentang Penanganan Kapal Berbendera Indonesia Yang Melakukan Pengangkutan Kendaraan Elektrik, terdapat sejumlah aturan mengenai pengangkutan kendaraan listrik di atas kapal.

    Surat edaran ini ditujukan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dan Para Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan di seluruh Indonesia.

    Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Antoni Arif Priadi, aturan berikut dikeluarkan untuk mengurangi risiko pengangkutan kendaraan listrik yang dapat menyebabkan kebakaran selama proses kegiatan pengapalan. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan keselamatan kapal, muatan, dan awak kapal. Beberapa ketentuan tersebut di antaranya:

    1. Kendaraan listrik di atas kapal harus ditempatkan di area pemuatan yang telah ditentukan. Tentunya, dengan memperhatikan hal penting seperti luas ruangan yang memadai. Apabila memungkinkan, pihaknya memberikan syarat bahwa kendaraan listrik ditempatkan di tempat terbuka di atas kapal. Sehingga kendaraan mendapat udara yang cukup lewat ventilasi alami ataupun mekanik atau sistem pendingin ruangan.

    2. Kapal yang memiliki pintu rampa, diimbau untuk menempatkan kendaran listrik sedekat mungkin dengan pintu rampa.

    3. Kapal harus memiliki alat pendeteksi panas berupa perangkat pencitraan termal yang bisa dipantau secara sentral. Selain itu juga alat pemadam kebakaran yang cocok untuk kebakaran karena baterai atau kendaraan elektrik dengan jumlah memadai.

    4. Ruangan yang digunakan untuk pembuatan kendaraan listrik harus memiliki sistem drainase tidak kurang dari 125% dari kapasitas pompa sistem sprinkler, serta memiliki jumlah selang pemadam yang cukup dan selalu terpantau CCTV

    Potensi Risiko Kendaraan Listrik di Atas Kapal

    Kendaraan listrik mudah terbakar sebab memiliki suhu yang tinggi. Apabila terbakar, api akan sulit dipadamkan dan mudah kembali menyala. Sehingga aturan ini yang terbit pada tahun 2024 ini wajib dilaksanakan.

    Potensi risiko lain adalah high voltage electric shock serta reaksi kimia yang dihasilkan bahan tersebut. Jenis kebakaran ini perlu waktu pemadaman cukup lama menggunakan CO2, foam powder, high pressure water mist.

    (row/row)

  • Habiskan Rp 6,8 T, Perusahaan China Mau Bangun Pabrik Mobil Terbang

    Habiskan Rp 6,8 T, Perusahaan China Mau Bangun Pabrik Mobil Terbang

    Jakarta

    Produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) premium ternama asal China, Xpeng, menginvestasikan 3 miliar yuan atau setara Rp 6,8 triliun (Rp 2.268/yuan) untuk membangun pabrik electric vertical take-off and landing (eVTOL) alias mobil terbang.

    Melansir dari SCMP, Sabtu (29/3/2025), langkah ini dilakukan karena perusahaan melihat mobil terbang sebagai industri yang lebih besar daripada EV selama dua dekade mendatang. Sebab perusahaan yakin pasar mobil terbang global dapat mencapai US$ 2 triliun dalam dua dekade mendatang, dua kali lipat ukuran kendaraan darat.

    “Meskipun penjualan mobil listrik rendah hanya menyumbang 3-5% dari volume penjualan otomotif saat ini, mereka mewakili 20% dalam hal pendapatan penjualan,” kata CEO Xpeng, He Xiaopeng, dalam acara forum China EV100 di Beijing.

    Lebih lanjut, He menjelaskan rencananya pabik mobil terbang ini akan dibangun di Guangzhou dengan kapasitas 10.000 unit per tahun setelah pabrik mulai beroperasi pada 2026.

    Dijelaskan rencana pembangunan pabrik mobil terbang ini muncul saat perusahaan mobil dan teknologi China mengincar peluang pertumbuhan berikutnya di tengah ramainya persaingan pasar EV di negara itu.

    Sebelumnya raksasa teknologi mesin pencarian dan kecerdasan buatan (AI), Baidu, juga mengatakan bahwa platform pemesanan kendaraan otonomnya Apollo Go miliknya telah menandatangani kontrak kemitraan dengan otoritas jalan dan transportasi Dubai untuk menyediakan 1.000 taksi tanpa pengemudi pada 2028 mendatang.

    Kemudian ada juga pembuat EV pintar, Li Auto, yang juga sudah mengumumkan bahwa mereka akan membuka sistem operasi kendaraan Halo OS internalnya, dengan tujuan menjadi padanan Android untuk mobil.

    Seperti diketahui, China menjual 11 juta EV tahun lalu dengan pertumbuhan tahunan sebesar 40% dibandingkan dengan tahun 2023, yang mencakup 65% dari total global.

    Namun, karena tingkat penetrasi yang terlalu tinggi di China, tingkat pertumbuhan penjualan kendaraan listrik baru diramal akan melambat menjadi 15-20 % tahun ini. Sehingga fitur dan produk mobil listrik pintar diharapkan menjadi nilai jual utama di antara para produsen mobil Negeri Tirai Bambu saat ini.

    “Sebagian besar perusahaan telah menaruh harapan mereka pada kendaraan otonom untuk mendongkrak penjualan, karena mereka menggunakan fitur navigasi otonom Full Self-Driving (FSD) Tesla,” tulis SCMP dalam laporannya.

    (igo/eds)

  • SPKLU Berdaya Tinggi Jadi Pahlawan Mudik Pakai Mobil Listrik

    SPKLU Berdaya Tinggi Jadi Pahlawan Mudik Pakai Mobil Listrik

    Jakarta

    Hari Raya Idul Fitri 2025/1446 sudah di depan mata, musim mudik pun tiba. Namun berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, musim mudik tahun ini bakal lebih beragam karena banyak dari pemudik yang memilih untuk mengendarai kendaraan listrik.

    Meski demikian, detikers dan para pemudik yang memilih mengendarai mobil listrik tidak perlu khawatir. Soalnya PT PLN (Persero) bersama Jasa Marga sudah mempersiapkan dan memperbanyak layanan SPKLU di seluruh Indonesia, terutama pada jalur mudik seperti Tol Trans Jawa.

    SPKLU PLN. Foto: Tim detikOto

    Tercatat dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Jasa Marga menyediakan 53 rest area yang dilengkapi SPKLU, dengan daya listrik yang berbeda-beda.

    Saat detikOto melakukan perjalanan ‘Ekspedisi Jalur Mudik’ 2025 bersama PT PLN (Persero), dengan mengendarai mobil listrik AION V, dengan tujuan Jakarta-Magelang-Kulon Progo-Yogyakarta-Jakarta, SPKLU DC benar-benar memiliki peran penting, terutama dengan kapasitas 100 kW/200 kW.

    Seperti SPKLU ultra fast charging yang berada di Rest Area 379A Batang-Semarang. SPKLU ini memiliki beberapa keistimewaan.

    SPKLU ini mampu mengisi penuh mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt hour (kWh) hanya dalam waktu 30 menit saja dari posisi kosong.

    Faktanya, detikOto pun membuktikan dengan langsung melakukan pengisian baterai mobil listrik AION V berkapasitas baterai 75,3 kWh, setelah melalui rute perjalanan Jln. Kapten Tendean Kav. 12-14A Jakarta Selatan menuju Rest Area 379A Batang-Semarang. Saat hendak melakukan pengisian baterai, kapasitas baterai tersisa 6 persen.

    Jasa Marga Siapkan 22 SPKLU di Rest Area Tol saat Mudik, Ini Lokasinya Foto: Dok. Jasa Marga

    SPKLU yang berada di Rest Area 379 A salah satunya menyediakan pengisian dengan daya 200 kW. Ini sangat membantu kami dalam melakukan pengisian mobil listrik AION V. Hanya butuh waktu sekitar 77 menit, baterai tersi penuh dengan pengisian mencapai 76,61 kWh dengan total biaya Rp 207.865.

    Besarnya daya listrik yang disalurkan melalui SPKLU Ultra Fast Charging ini sangat membantu, serta menambah rasa aman saat menggunakan mobil listrik.

    Pemilik mobil listrik yang melakukan perjalanan mudik juga tak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah jalan. Dengan perencanaan perjalanan yang matang, hal ini sangat bisa dihindari.

    Apalagi stasiun pengisian daya kendaraan listrik kini makin banyak tersebar. Selain yang dibangun oleh PLN, beberapa merek kendaraan juga menyediakan fasilitas untuk konsumennya.

    Selaku pengelola sebagian besar jalan tol, Jasa Marga menyediakan 53 rest area yang dilengkapi SPKLU. Berikut ini daftar lengkapnya berdasarkan informasi resmi dari Jasa Marga.

    Ruas Jabodetabek

    1. JagorawiRest Area KM 10A
    DC 60 KWRest Area KM 21B
    DC 50 KWRest Area KM 45A
    DC 60 KW2. Jakarta-TangerangRest Area KM 13A
    DC 60 KWRest Area KM 14B
    AC & DC 82.5 KW3. Jakarta-CikampekRest Area KM 6B
    AC 22 KW, DC 25 KW & DC 200 KWRest Area KM 19A
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 19B
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 39A
    DC 50 KWRest Area KM 42B
    DC 50 KWRest Area KM 57A
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KWRest Area KM 62B
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KW

    Ruas Cipularang & Padaleunyi

    1. CipularangRest Area KM 72A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area KM 72B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 88A
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area Travoy KM 88B
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area KM 97B
    DC 60 KWRest Area KM 125B
    DC 120 KW2. PadaleunyiRest Area KM 147A
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 149B
    DC 50 KW, DC 24 KW

    Ruas Palikanci & Batang-Semarang

    1. PalikanciRest Area Travoy KM 207A
    DC 50 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area KM 208B
    DC 50 KW, DC 24 KW2. Batang-SemarangRest Area Travoy KM 360B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 379A
    AC 7.4 KW, DC 200 KW, DC 200 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area Travoy KM 389B
    AC 7.4 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KWRest Area Travoy KM 391A
    DC 50 KW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C & Semarang-Solo

    1. Semarang Seksi A, B, CRest Area KM 424B
    DC 50 KW2. Semarang-SoloRest Area KM 429A
    DC 50 KWRest Area KM 439A
    DC 50 KWRest Area KM 444B
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 456B
    AC 7.4 KWRest Area KM 487A
    DC 50 KWRest Area KM 487B
    DC 50 KW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    1. Solo-NgawiRest Area Travoy KM 519A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 519B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 538A
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 538B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 575A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 575B
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KW2. Ngawi-KertosonoRest Area Travoy KM 597A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 597B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area KM 626A
    AC 22 KW, DC 200 KWRest Area KM 626B
    AC 22 KW, DC 200 KW

    Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    1. Surabaya-MojokertoRest Area Travoy KM 725A
    DC 50 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area KM 726B
    DC 50 KW2. Surabaya-GempolRest Area KM 753B
    DC 50 KWRest Area KM 754A
    DC 50 KW3. Pandaan-MalangRest Area Travoy KM 66A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 66B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 84A
    DC 50 KWRest Area KM 84B
    DC 50 KW4. Gempol-PasuruanRest Area Travoy KM 792A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 792B
    DC 50 KW (lth/din)

  • Banyak Orang AS Ogah Beli Mobil Tesla, Elon Musk Biang Keroknya

    Banyak Orang AS Ogah Beli Mobil Tesla, Elon Musk Biang Keroknya

    Jakarta

    Baru-baru ini, lembaga survei di Amerika Serikat (AS) melakukan studi terkait minat masyarakat setempat dalam membeli mobil listrik Tesla. Hasilnya, mayoritas responden mengaku tak minat memiliki kendaraan tersebut dan menjadikan Elon Musk sebagai alasan utama!

    Disitat dari Carscoops, Jumat (28/3), survei itu menunjukkan, 67 persen orang Amerika Serikat mengaku tak mau membeli atau menyewa mobil listrik Tesla. Sementara 37 persen dari angka tersebut mengatakan Elon Musk selaku CEO perusahaan sebagai faktor utamanya.

    “Ini berarti Elon Musk sendiri membuat 37 persen orang Amerika tidak tertarik membeli Tesla. Itu jauh lebih besar daripada 27 persen yang mengatakan bos yang blak-blakan itu tak terlibat dalam keputusan untuk tak mempertimbangkan Tesla,” demikian tulis survei tersebut.

    Elon Musk. Foto: AFP/CHIP SOMODEVILLA

    Meski Musk dulu kerap diagung-agungkan penggemar mobil listrik, namun sekarang ‘pesonanya’ mulai luntur. Bahkan, ketika ada survei soal ‘Apakah Elon Musk merupakan alasan Anda membeli atau menyewa Tesla di masa mendatang?’, hanya 1 persen responden yang menjawab iya.

    Sementara survei yang diadakan Yahoo News dan YouGov pada 20-24 Maret lalu mengungkap, 45 persen dari 1.677 responden punya opini buruk tentang Elon Musk. Kemudian 10 persennya menganggap kurang baik dan hanya 21 persen yang beropini baik.

    Penelitian yang sama mengungkap, 52 persen orang percaya Musk hanya peduli soal dirinya sendiri ketimbang negara. Angka-angka tersebut menunjukkan Tesla dan Musk mengalami masa-masa sulit di negaranya sendiri.

    Sebelumnya, sejak beberapa bulan terakhir, Tesla dan Musk mendapat gelombang serangan dari masyarakat Amerika Serikat. Bahkan, sejumlah kelompok sampai melakukan perusakan dan pembakaran fasilitas Tesla seperti dealer, ruang pamer dan pom pengisian daya listrik.

    Musk mengaku heran melihat perlakuan tersebut. Sebab, sebagai CEO Tesla, dia hanya ingin membuat dan menjual kendaraan listrik ke konsumen.

    “Tingkat kekerasan ini gila dan sangat salah. Tesla hanya membuat mobil listrik dan tidak melakukan apa pun untuk pantas mendapat serangan jahat ini,” kata Musk.

    (sfn/dry)

  • Blibli Pastikan Tetap Buka di Libur Lebaran, Tawarkan Diskon dan Cashback – Page 3

    Blibli Pastikan Tetap Buka di Libur Lebaran, Tawarkan Diskon dan Cashback – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Libur Lebaran yang jatuh di awal April 2025 membawa tantangan tersendiri bagi rumah tangga di perkotaan. Banyak asisten rumah tangga (ART) yang mudik, sedangkan sejumlah toko memilih tutup selama liburan.

    Hal ini tak jarang membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, tak perlu khawatir karena Blibli hadir dengan solusi belanja praktis melalui kampanye Blibli 4.4: Pasti Tetap Buka! yang berlangsung pada 4-6 April 2025.

    Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (30/3/2025), Head of Campaign Blibli Wilson Kiantoro menegaskan Blibli memahami kebutuhan pelanggan selama liburan.

    “Kami memahami bahwa masa libur Lebaran adalah waktu berkualitas bersama keluarga tercinta. Blibli siap menjadi ‘asisten’ tepercaya dengan memastikan berbagai kebutuhan harian tetap terpenuhi melalui kampanye Blibli 4.4,” tuturnya. 

    Ia juga memastikan memastikan pelanggan aplikasi Blibli tetap bisa berbelanja tanpa kendala ketersediaan stok, varian produk, hingga keterbatasan logistik.

    Hal ini didukung oleh solusi “Disediakan Blibli” (Fulfillment by Blibli) yang memastikan stok barang selalu tersedia di gudang-gudang Blibli yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

    Blibli juga tetap mengoperasikan layanan pengiriman Kurir BES Paket selama libur Lebaran kali ini, memastikan pengiriman dalam kota berjalan lancar selama libur Lebaran.

    Selain itu, pelanggan layanan ecommerce ini dapat memilih layanan Green Delivery, yakni pengiriman prioritas dengan kendaraan listrik dan hybrid dalam radius 10 km dari lokasi pick-up.

  • Erick Beberkan BUMN Dukung Kelancaran Lebaran: Diskon Tarif Tol-Mudik Gratis

    Erick Beberkan BUMN Dukung Kelancaran Lebaran: Diskon Tarif Tol-Mudik Gratis

    Jakarta

    Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan perusahaan pelat merah hadir mendukung perjalan mudik masyarakat agar berjalan nyaman, aman dan lancar. Berbagai kebijakan dikeluarkan, salah satunya adalah diskon tarif tol 20%.

    “Kami di BUMN hadir untuk melakukan berbagai langkah strategis dalam memastikan perjalanan mudik Lebaran 2025 berjalan dengan nyaman, aman dan lancar. Kami memberikan stimulus diskon tarif tol hingga 20% di sejumlah ruas jalan tol,” ujar Erick di Instagramnya @erickthohir, Sabtu (29/3/2025).

    BUMN juga m menyediakan fasilitas sarana dan prasarana seperti tambahan rest area, charging station Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), posko kesehatan, hingga tambahan CCTV untuk menunjang kebutuhan pemudik selama perjalanan.

    “Jasa Marga, Hutama Karya dan Jasa Raharja memastikan untuk terus bersinergi dan berkomitmen untuk berinovasi demi menciptakan perjalanan berkendara bagi pemudik berjalan aman, lancar, dan selamat sampai tujuan,” terang Erick.

    Dukungan Jasa Marga dan Hutama Karya:
    – 870 km jalan tol siap beroperasi
    – Diskon tarif tol 20% di beberapa ruas utama
    – Penambahan rest area dan fasilitas layanan di jalan tol

    Dukungan Jasa Raharja:
    – Mudik gratis untuk ribuan penumpang
    – Posko kesehatan dan layanan darurat di berbagai titik strategis

    (ily/hns)

  • Mudik Naik Mobil Listrik: Murah, Mudah, Asyik

    Mudik Naik Mobil Listrik: Murah, Mudah, Asyik

    Jakarta

    Mudik atau balik ke kampung halaman menyambut Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Tapi kini dalam beberapa tahun ke depan, dijamin bakal ada tradisi baru yaitu mudik dengan mobil listrik!

    Prediksi tersebut bukan isapan jempol semata, soalnya naik mobil listrik ke kampung halaman itu sangat murah dibandingkan dengan mengendarai mobil bensin atau diesel.

    Tahun ini kami membuktikan langsung betapa murahnya melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil listrik. Hasilnya, ongkos mudik jadi lebih murah dibanding saat naik mobil bensin.

    Perjalanan mudik pakai mobil listrik ini ditemani oleh AION V, yang memiliki kapasitas baterai 75,3 kWh serta jarak tempuh mencapai 600-an kilometer. Kami melakukan trip dengan garis start di dari Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menuju Rest Area 379A Batang, Semarang.

    Perjalanan sejauh 384 KM itu hanya menghabiskan Rp 207.865 untuk melakukan pengisian baterai 76,61 kWh, dengan kalkulasi 1 kWh = Rp 2.466.

    Wow, jelas angka ini sangat efisien alias murah jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar Ron 92.

    AION V Foto: AION Indonesia

    Banyak Lokasi Ngecas Mobil Listrik

    Bicara mobil listrik tak bisa dilepaskan dari kekhawatiran tentang jarak tempuh kendaraan dan lokasi pengisian daya. Tapi rasa was-was ini sejatinya bisa dihilangkan dengan membuat rencana perjalanan yang matang. Memetakan jalur mudik dan mencari lokasi-lokasi sebaran SPKLU akan membuat perjalanan mudik jauh lebih mudah.

    Apalagi di sepanjang jalur mudik utama di Pulau Jawa, SPKLU sudah tersebar luas. Pun begitu dengan di Tol Trans Jawa.

    SPKLU PLN Foto: Tim detikOto

    Selaku pengelola sebagian besar jalan tol, Jasa Marga menyediakan 53 rest area yang dilengkapi SPKLU. Berikut ini daftar lengkapnya berdasarkan informasi resmi dari Jasa Marga yang telah dikutip detikOto:

    Ruas Jabodetabek

    1. JagorawiRest Area KM 10A
    DC 60 KWRest Area KM 21B
    DC 50 KWRest Area KM 45A
    DC 60 KW2. Jakarta-TangerangRest Area KM 13A
    DC 60 KWRest Area KM 14B
    AC & DC 82.5 KW3. Jakarta-CikampekRest Area KM 6B
    AC 22 KW, DC 25 KW & DC 200 KWRest Area KM 19A
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 19B
    DC 50 KW & DC 24 KWRest Area KM 39A
    DC 50 KWRest Area KM 42B
    DC 50 KWRest Area KM 57A
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KWRest Area KM 62B
    AC 22 KW, DC 50 KW & DC 200 KW

    Ruas Cipularang & Padaleunyi

    1. CipularangRest Area KM 72A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area KM 72B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 88A
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area Travoy KM 88B
    AC 22 KW, DC 200 KW, DC 50 KW, DC 24 KW & DC 100 KWRest Area KM 97B
    DC 60 KWRest Area KM 125B
    DC 120 KW2. PadaleunyiRest Area KM 147A
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 149B
    DC 50 KW, DC 24 KW

    Ruas Palikanci & Batang-Semarang

    1. PalikanciRest Area Travoy KM 207A
    DC 50 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area KM 208B
    DC 50 KW, DC 24 KW2. Batang-SemarangRest Area Travoy KM 360B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 379A
    AC 7.4 KW, DC 200 KW, DC 200 KW, DC 100 KW, AC 22 KW, DC 66 KWRest Area Travoy KM 389B
    AC 7.4 KW, DC 50 KW, DC 100 KW, AC 22 KWRest Area Travoy KM 391A
    DC 50 KW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C & Semarang-Solo

    1. Semarang Seksi A, B, CRest Area KM 424B
    DC 50 KW2. Semarang-SoloRest Area KM 429A
    DC 50 KWRest Area KM 439A
    DC 50 KWRest Area KM 444B
    DC 50 KW, DC 200 KWRest Area KM 456B
    AC 7.4 KWRest Area KM 487A
    DC 50 KWRest Area KM 487B
    DC 50 KW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    1. Solo-NgawiRest Area Travoy KM 519A
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 519B
    DC 50 KW, DC 24 KWRest Area Travoy KM 538A
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 538B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area Travoy KM 575A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 575B
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KW2. Ngawi-KertosonoRest Area Travoy KM 597A
    DC 50 KW, DC 22 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area Travoy KM 597B
    DC 50 KW, DC 22 KWRest Area KM 626A
    AC 22 KW, DC 200 KWRest Area KM 626B
    AC 22 KW, DC 200 KW

    Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    1. Surabaya-MojokertoRest Area Travoy KM 725A
    DC 50 KW, DC 100 KW & AC 22 KWRest Area KM 726B
    DC 50 KW2. Surabaya-GempolRest Area KM 753B
    DC 50 KWRest Area KM 754A
    DC 50 KW3. Pandaan-MalangRest Area Travoy KM 66A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 66B
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 84A
    DC 50 KWRest Area KM 84B
    DC 50 KW4. Gempol-PasuruanRest Area Travoy KM 792A
    DC 50 KWRest Area Travoy KM 792B
    DC 50 KW

    Selain itu, makin banyak juga lokasi yang menyediakan fasilitas pengisian daya. Di banyak kota di Pulau Jawa, hotel, mall, hingga pusat keramaian sudah menyediakan SPKLU untuk digunakan beragam jenis kendaraan listrik.

    Asyiknya Mobil Listrik

    Satu lagi, jangan pernah meremehkan soal performa dari mobil listrik, dijamin performa yang nggak pernah kendur dan tenaga spontan membuat kendaraan listrik begitu nyaman untuk dikendarai. Berdasarkan situs resmi AION Indonesia, AION V mampu menyemburkan tenaga hingga 150 kW dan torsi yang mencapai 240 Nm.

    GAC Aion V. Foto: Tim detikOto

    Secara umum mobil listrik juga menawarkan pengalaman berkendara yang sangat berbeda dibanding mobil bensin. Mobil listrik pastinya lebih senyap, ini membuat perjalanan jauh lebih nyaman.

    Selain itu, mobil listrik juga punya model yang terkesan modern dan futuristik. Bicara irit, mobil listrik juga minim perawatan dan pengenaan tarif pajak yang jauh lebih rendah.

    (lth/dry)