Produk: Artificial Intelligence

  • Survei OECD: Keterampilan Sosial Emosional Siswa Berdampak Pada Nilai, Kesehatan dan Kesejahteraan – Halaman all

    Survei OECD: Keterampilan Sosial Emosional Siswa Berdampak Pada Nilai, Kesehatan dan Kesejahteraan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di tengah dunia yang kian kompleks dan penuh ketidakpastian, keterampilan sosial emosional seperti empati, kreativitas, dan kegigihan menjadi kunci keberhasilan individu dan masyarakat. 

    Survei global social emotional skills Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD) menemukan keterampilan sosial emosional siswa berpengaruh terhadap nilai, kesehatan, dan kesejahteraan  terlepas dari latar belakang, kelompok usia, maupun kota domisili.

    Survei melibatkan juga melibatkan Bakti Pendidikan Djarum Foundation dilakukan terhadap 70.000 siswa berusia 10 dan 15 tahun, di 16 lokasi global termasuk Helsinki (Finlandia), Gunma (Jepang), dan Delhi (India) dan Kudus mewakili Indonesia.

    “Temuan OECD yang dalam survei, keterampilan sosial ini menurun secara signifikan pada siswa usia 15 tahun dibandingkan dengan siswa usia 10 tahun, terutama di kota-kota Asia,” kata  Andreas Schleicher, Direktur Pendidikan & Keterampilan OECD saat acara peluncuran hasil survei bertema Menuju Generasi Cerdas Sosial Emosional: Temuan Global dan Praktik Baik Kudus untuk Indonesia di Kudus Jawa Tengah belum lama ini.

    Andreas Schleicher menyebutkan, di antara semua lokasi yang disurvei, pendidik di Kudus menunjukkan konsistensi tertinggi dalam mengintegrasikan keterampilan sosial emosional lintas mata pelajaran. 

    Mereka juga paling memiliki kesamaan pola pikir tentang dampak keterampilan tersebut bagi hasil akademik dan kehidupan siswa, serta tanggung jawab sebagai pendidik untuk menumbuhkannya. 

    Sama halnya di Kudus, kasus perundungan pelajar menjadi kekhawatiran yang signifikan namun sebagian besar kepala sekolah melaporkan tingkat penindasan yang rendah sehingga hal ini menunjukkan adanya kekhawatiran normalisasi terhadap perilaku tersebut.

    “Siswa yang menerima lebih banyak umpan balik guru memiliki keterampilan sosial dan emosional yang lebih tinggi. Di Kudus, menerima umpan balik guru yang lebih sering paling erat kaitannya dengan motivasi berprestasi, rasa ingin tahu, keramahan, kepercayaan, dan toleransi,” katanya.

    Andreas menambahkan, keterampilan sosial emosional merupakan bekal penting yang membuat kita menjadi lebih ‘manusia’ di tengah gempuran teknologi, seperti artificial intelligence dan ini menjadi fondasi yang kokoh untuk berkontribusi pada dunia yang berkelanjutan.

    “Meningkatnya keterampilan sosial emosional juga akan mengatrol sosial ekonomi. Sehingga menjadi penting untuk terus meningkatkan keterampilan tersebut pada siswa,” ungkap Andreas.

    Peluncuran survei mengangkat tema “Menuju Generasi Cerdas Sosial Emosional: Temuan Global dan Praktik Baik Kudus untuk Indonesia dihadiri lebih dari 300 tamu undangan, yang mencakup berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, kepala sekolah, orang tua, pembuat kebijakan, akademisi, hingga pegiat filantropi.

    Koordinator Nasional Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Ananto Kusuma Seta mengapresiasi temuan survei OECD, yang dinilai tepat waktu dan selaras dengan arah kebijakan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah RI, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional siswa, dengan konsep pembelajaran yang mindful, meaningful, dan joyful.

    “Temuan survei OECD di Kudus menguatkan bahwa keterampilan sosial emosional itu sangat penting untuk menuntun para siswa sukses di masa depan. Bahwa keterampilan di abad 21 kini bukan hanya diukur dari skor PISA, tapi perlu juga dilihat dan komplementer dengan skor sosial emosional. Dari temuan ini, Kudus telah menorehkan awal yang bagus dan secara umum posisi kita di atas rata-rata. Pendidikan kita di Kudus masih lebih baik dari Singapura dan Jepang soal sosial emosional,” terang Ananto.

    Selain relevansi kebijakan pada tingkat nasional, temuan ini memiliki potensi untuk memperkuat dan memperluas praktik baik yang sudah ada di Kudus.

    Penjabat Bupati Kudus Dr. Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si mengatakan, sebagai satu-satunya kota perwakilan Indonesia dalam survei global ini, Kudus telah menunjukkan komitmen terhadap pembelajaran sosial emosional melalui aneka program strategis, yang didukung oleh mitra seperti Djarum Foundation, sehingga membantu mempercepat penerapan praktik baik di sekolah.

    “Dalam sistem pendidikan yang terus berkembang, keterampilan sosial-emosional akan berpurwarupa menjadi salah satu hard skills yang dibutuhkan dunia,” kata Hasan.

  • Jack Ma Muncul Buka-bukaan Masa Depan Manusia 20 Tahun Lagi

    Jack Ma Muncul Buka-bukaan Masa Depan Manusia 20 Tahun Lagi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Miliarder asal China yang juga tokoh teknologi Jack Ma mengungkapkan prediksinya soal masa depan manusia. Teknologi yang tengah berkembang belakangan ini, Artificial Intelligence (AI), dikatakan bakal jadi penentu nantinya.

    “Kami beruntung bisa menangkap peluang internet 20 tahun lalu. Dalam 20 tahun lagi, AI akan membawa perubahan yang melampaui imajinasi, AI membawa era lebih hebat lagi,” jelas Jack Ma dalam pidatonya yang dilaporkan Bloomberg, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (9/12/2024).

    Jack Ma juga menyinggung perkembangan Ant, layanan fintech yang ia dirikan. Ia mengatakan kritik yang diberikan pada perusahaan telah dimanfaatkan untuk membuat Ant lebih matang lagi.

    Pidato itu dilakukan saat memperingati 20 tahun Ant Group. Perusahaan fintech tersebut pernah jadi sasaran pemerintah China, yang akhirnya membatalkan IPO tahun 2020 lalu.

    Bukan hanya itu, China juga meminta merombak modal bisnis Ant dalam rangka pemenuhan aturan keuangan. Perusahaan melakukan perubahan dengan mengatur ulang unit bisnisnya.

    Seperti banyak perusahaan lain, Ant memanfaatkan teknologi AI. Tujuannya sebagai cara melakukan revitalisasi pertumbuhan laba karena terhambat tindakan regulator sebelumnya.

    Produk-produknya juga dikembangkan berbasis AI. Termasuk untuk kuliner, transportasi online, layanan hiburan, perawatan kesehatan hingga keuangan.

    Dalam setahun, upaya ini nampaknya membuahkan hasil. Dilaporkan laba perusahaan tumbuh hampir 193% pada bulan Juni lalu.

    Ant mengembangkan bisnis globalnya lewat Ant International. Ini dilakukan dengan memperkuat operasi utamanya yakni Alipay+, Antom, WorldFirst dan Embedded Finance.

    Sebelumnya, Jack Ma pernah berbicara pula soal masa depan dengan karyawan Alibaba. Dalam surat kepada internal perusahaan bulan Juni lalu, dia meminta mereka untuk percaya pada masa depan.

    (fab/fab)

  • Update Zenless Zone Zero Versi 1.4: Karakter Baru, Gameplay Epik, dan Debut di PS5 Pro! – Page 3

    Update Zenless Zone Zero Versi 1.4: Karakter Baru, Gameplay Epik, dan Debut di PS5 Pro! – Page 3

    Cerita di V1.4 akan mencapai klimaksnya. Setelah peristiwa besar melibatkan ledakan Vision Corporation, Proxy kini berada di tengah konspirasi besar.

    Di Chapter ini, para pemain akan bertemu kembali dengan karakter lama, Perlman, yang akhirnya siuman. Bersama Section 6, pemain akan menjelajahi Pelabuhan Elpis, di mana misteri baru dan krisis besar mulai muncul.

    Dengan pembaruan gameplay, karakter legendaris, dan debut di PS5 Pro, Zenless Zone Zero V1.4: Menebas Badai Meteor jelas merupakan momen besar yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar ARPG.

    Hoyoverse berencana untuk merilis update ini pada 18 Desember 2024. Pastikan Anda siap menjelajahi Hollow, mengungkap konspirasi, dan bertarung di dunia yang lebih luas dan lebih indah dari sebelumnya.

    Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

  • Bukan di RI, Nvidia Bakal Bangun Pusat AI di Vietnam

    Bukan di RI, Nvidia Bakal Bangun Pusat AI di Vietnam

    Jakarta, CNN Indonesia

    Nvidia dan pemerintah Vietnam telah sepakat untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), serta pusat data AS di negara tersebut.

    Melansir Reuters, kesepakatan antara Nvidia dan pemerintah Vietnam ditandatangani, Kamis (5/11) di Hanoi dengan dihadiri oleh Huang dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh. Namun, mereka tak merinci soal nilai investasi pembangunan riset dan pusat data yang direncanakan tersebut.

    Nvidia akan menggunakan pusat penelitian dan pengembangan ini untuk berfokus pada pengembangan perangkat lunak, memanfaatkan sumber daya insinyur STEM yang kuat di Vietnam, dan untuk melibatkan para pemimpin industri, startup, lembaga pemerintah, universitas, hingga mahasiswa untuk mempercepat adopsi AI.

    “Kami sangat senang dapat membuka pusat riset dan pengembangan Nvidia untuk mempercepat perjalanan AI di Vietnam,” ujar pendiri sekaligus CEO Nvidia Jensen Huang.

    “Dengan keahlian kami dalam pengembangan AI, kami akan bermitra dengan ekosistem yang dinamis dari para peneliti, perusahaan rintisan, dan organisasi perusahaan untuk membangun AI yang luar biasa di sini, di Vietnam.”

    Nvidia juga mengklaim bahwa mereka telah mengakuisisi perusahaan rintisan perawatan kesehatan VinBrain, sebuah unit dari konglomerat Vietnam, Vingroup. Namun, nilai akuisisi ini tak disebutkan.

    Huang dalam kunjungannya ke Ibu Kota Hanoi setahun yang lalu mengungkap bahwa perusahaannya ingin memperluas kemitraan dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Vietnam.

    Ia mengaku mendukung Negeri Naga Biru itu dalam melatih bakat-bakat untuk mengembangkan AI dan infrastruktur digital.

    Chinh mengatakan bahwa AI akan mendorong pertumbuhan. Ia mengklaim Vietnam juga ingin menggunakan AI untuk mengembangkan energi bersih.

    “Kami tidak hanya ingin menaklukkan AI, tetapi juga ruang angkasa dan lautan,” kata Chinh. “AI akan mengubah matahari, angin, dan ombak menjadi energi bersih bagi kita.”

    Pada April silam, perusahaan teknologi Vietnam, FPT, mengatakan mereka berencana untuk membangun pabrik AI senilai US$200 juta atau setara Rp3,17 triliun dengan menggunakan cip grafis dan perangkat lunak buatan Nvidia.

    (del/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel kembali menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan, IndonesiaNEXT ke-9, dengan tema #UpskillToInnovate.

    Program ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk menciptakan inovasi yang berdampak di era digital.

    Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital mutakhir, termasuk teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI).

    Inisiatif ini hadir sebagai solusi atas tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, seperti ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan ketidaksesuaian lulusan dengan kebutuhan industri.

    Di mana IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan.

    “Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” kata Saki dalam keterangannya dikutip Minggu (8/12).

    IndonesiaNEXT ke-9 menawarkan hal baru

    • Kurikulum Generative AI: Membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru.

    • Sertifikasi Teknologi: Sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    • Kolaborasi Global: Melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional.

    • Kerangka Pemetaan Talenta: Memantau perkembangan peserta secara sistematis.

    Lima tahapan program IndonesiaNEXT ke-9

    1. National Webinar & Placement Test: Pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih.

    2. Tech-Based Certification: Sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.

    3. Ideation Bootcamp: Pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    4. Digitalent Academy: Pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik.

    5. Awarding: Penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia pada 5 Desember 2024; Universitas Airlangga pada 13 Februari 2025.

    Kemudian, Universitas Gadjah Mada pada 18 Februari 2025; dan Telkom University pada 20 Februari 2025). Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    Sebagai informasi, sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.

    Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur andal yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” kata Saki.

    (inh/inh)

  • 6 UMP Terendah di 2025 jika Naik 6,5%, Provinsi Ini Langganan Masuk Daftar – Page 3

    6 UMP Terendah di 2025 jika Naik 6,5%, Provinsi Ini Langganan Masuk Daftar – Page 3

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengungkapkan rencana mogok nasional buruh tidak dilakukan karena sudah ada titik temu terkait kenaikan upah minimum.

    “Dengan demikian mogok nasional tidak dilakukan karena sudah ada titik temu, tapi kami masih lihat apakah implementasinya di daerah-daerah masih ada yang aneh-aneh atau tidak,” kata Said dalam konferensi pers, Jumat (29/11/2024).

    Said sebelumnya mengungkapkan serikat buruh akan melakukan mogok nasional selama 2 hari. Mogok nasional ini direncanakan dilakukan di antara 19 November hingga 24 Desember 2024.

    Pembatalan rencana mogok kerja nasional ini dilakukan setelah Presiden Prabowo Subianto mengumumkan kenaikan Upah Minimum Nasional tahun 2025. Prabowo memutuskan upah minimum provinsi (UMP) 2025 naik sebesar 6,5 persen dari 2024.

    Menanggapi kenaikan ini, Said juga menyebut buruh menerima keputusan ini karena Indonesia sempat mengalami deflasi dalam 5 bulan berturut. Menurut Said, jika deflasi tidak dihitung itu kenaikan upah bisa 8 persen setidaknya 7,7 persen. Namun setelah dikalkulasi dengan adanya deflasi itu mempengaruhi nilai inflasi.

    Maka dari itu menurut Said, 6,5 persen yang sudah diputuskan Presiden adalah rasional masuk akal, dan sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

    Adapun alasan lain buruh menerima keputusan kenaikan 6,5 persen karena dalam 10 tahun terakhir buruh naik upah di bawah inflasi. Said mengungkapan dari 2019-2024, tiga tahun di antaranya kenaikan upah buruh 0 persen.

    “Padahal pertumbuhan ekonomi antara 3 sampai 5,2 persen dan inflasi di sekitar rata-rata 2 persen, tapi kenaikan upah 0 persen dari 2019-2024 di 3 tahun pertama. Dua tahun terakhir 2023-2024 naik upah dibawah inflasi 1,58 persen rata-rata padahal inflasi 2,8 persen,” jelas Said.

    Said menuturkan kenaikan 6,5 persen sudah melampaui inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang sesuai diperintahkan MK. Selain itu menurut Said, kenaikan upah 6,5 persen ini setidaknya membatalkan eksploitasi dengan upah murah dalam 10 tahun terakhir.

    Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

  • 6 Provinsi dengan UMP 2025 Tertinggi jika Naik 6,5%, Wilayah Papua Mendominasi – Page 3

    6 Provinsi dengan UMP 2025 Tertinggi jika Naik 6,5%, Wilayah Papua Mendominasi – Page 3

    Menteri Ketenagakerjaan, Yassierli, menjelaskan alasan di balik penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2025 sebesar 6,5%. Keputusan tersebut diambil setelah melalui berbagai kajian mendalam yang melibatkan faktor-faktor ekonomi dan sosial.

    Menurut Yassierli, penetapan UMP 2025 ini tidak terlepas dari analisis terkait pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi yang terjadi. Pemerintah juga memperhatikan tren kenaikan upah dalam 3-4 tahun terakhir sebagai dasar pertimbangan.

    “Kami telah melakukan beberapa kajian, yang pertama kita membaca pertumbuhan ekonomi, inflasi, kita melihat tren kenaikan upah dalam 3-4 tahun terakhir, dan sebenarnya kajian itu sudah kami sampaikan ke pengusaha,” kata Yassierli dalam konferensi pers UMP 2025, di kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (4/12/2024).

    Setelah melakukan kajian, Menaker menyampaikan bahwa hasil analisis tersebut diajukan kepada Presiden Prabowo Subianto. Ia menegaskan bahwa Pemerintah, dalam hal ini, ingin memastikan kebijakan yang diambil tidak hanya berdasarkan data, tetapi juga mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Maka setelah menerima kajian tersebut, Presiden Prabowo memutuskan untuk menetapkan angka kenaikan UMP 2025 sebesar 6,5%.

    “Atas dasar itulah kami usulkan ke pak Presiden, dan kemudian pak Presiden mengambil kebijakan untuk meningkatkan daya beli sehingga akhirnya itu menjadi 6,5 persen,” ujarnya.

    Meski penetapan UMP 2025 telah disepakati, Yassierli menyebutkan bahwa pemerintah akan terus bekerja sama dengan pengusaha dan serikat pekerja untuk merumuskan rumus yang lebih berkelanjutan dalam penetapan upah minimum di masa depan.

    Menaker menambahkan bahwa untuk menciptakan kebijakan yang lebih matang, penting bagi semua pihak baik pemerintah, pengusaha, maupun serikat pekerja untuk terus bekerja sama. Ini bertujuan agar perumusan kebijakan upah minimum dapat menjawab kebutuhan jangka panjang, sekaligus memperhatikan dinamika ekonomi yang terus berkembang.

    “Sesudah ini kami akan bekerja keras kembali untuk merumuskan kembali bersama dengan teman-teman pengusaha dan serikat pekerja bagaimana kita bisa memiliki rumus yang lebih longterm dan ini tentu membutuhkan waktu,” pungkasnya.

    Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

  • Titi Anggraini, Meidy Fitranto, dan Emmy Samira

    Titi Anggraini, Meidy Fitranto, dan Emmy Samira

    loading…

    Acara peluncuran Demokrasi Digital di Jakarta Selatan, Sabtu (7/12/2024). FOTO/RAKHMATULLOH

    JAKARTA Demokrasi Digital , organisasi nonprofit yang fokus untuk melindungi kualitas demokrasi resmi diluncurkan, Sabtu (7/12/2024). Tiga orang ditunjuk sebagai advisor, yakni Titi Anggraini, Meidy Fitranto, dan Emmy Samira.

    Titi Anggraini seorang pengajar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), dengan pengalaman penelitian lebih dari 23 tahun. Sedangkan, Meidy merupakan CEO Nodeflux, perusahaan pionir di bidang Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Sedangkan, Emmy Samira merupakan Praktisi Media dan Strategi Pemerintahan, yang aktif lebih dari 10 tahun.

    “Ketiganya memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, namun memiliki perhatian yang sama, terutama demi meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia,” kata Pendiri Demokrasi Digital, Stela Nau di Dia.lo.gue, Jakarta Selatan, Sabtu (7/12/2024).

    Demokrasi Digital berangkat dari keresahan dan keingintahuan bagaimana teknologi mempengaruhi kualitas partisipasi publik di ekosistem yang sudah semakin hybrid. Dia melihat ruang online dan offline bukan lagi menjadi dua ekosistem yang berbeda, tetapi sudah menjadi satu realitas dalam kehidupan manusia.

    Dunia digital, menurut Stela, telah mempengaruhi pilihan hidup masyarakat sehari-hari. Termasuk di antaranya, di bidang sosial, budaya, hingga politik. Mengacu data di 2024, 74% masyarakat di dunia termasuk Indonesia, tidak percaya dengan kualitas wakil rakyat yang mereka pilih.

    “Hampir lebih dari setengah populasi warga di 24 negara merasa tidak ada atau mungkin hanya satu partai politik yang bisa mewakili kepentingan mereka,” tutur Stela.

    Di kesempatan ini, Advisor Demokrasi Digital, Titi Anggraini menekankan bagaimana demokrasi membutuhkan adanya partisipasi aktif warga negara dalam kehidupan politik dan bernegara.

    Hal itu diperlukan untuk memastikan agar hak-hak dasar warga negara bisa terpenuhi dengan baik serta prosedur dan norma dalam suatu negara hukum juga diberlakukan secara setara bagi setiap warga negara.

    “Karenanya, demokrasi Indonesia menjadi sangat penting untuk terus dibincangkan khususnya di era teknologi saat ini. Teknologi yang berkembang amat pesat bisa berkontribusi besar dalam memperkuat aktivisme warga dalam suatu sistem demokrasi,” ucap Titi.

    Melalui pemanfaatan teknologi secara tepat, kata Titi, keterlibatan dan partisipasi warga dapat lebih bermakna. Penggunaan teknologi bisa memfasilitasi dialog secara lebih partisipatoris dan substansial, aksesibilitas pada informasi dan pembuatan kebijakan yang lebih inklusif, serta akuntabilitas tata kelola pemerintahan yang makin kuat.

  • Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Jakarta: Perusahaan semakin mengutamakan customer experience dan digital engagement untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Customer experience merujuk pada keseluruhan perjalanan pelanggan saat berinteraksi dengan merek, yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi digital.
     
    Banyaknya konsumen yang mengandalkan teknologi untuk berbelanja dan mencari informasi, mengharuskan perusahaan dapat menyediakan pengalaman yang konsisten dan personal di berbagai platform digital. Dengan penggunaan alat digital memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan.
     
    Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia Lise Tiasanty menyampaikan, upaya perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital, dengan menyediakan layanan yang cepat melalui berbagai saluran komunikasi. Ia mengakui tidak mudah untuk memobilisasi seluruh layanan.
    “Bagaimana bisa memobilisasi mereka supaya bisa memberikan respon yang cepat kepada konsumen. Bagaimana bisa mengirimkan spare parts yang  dari Jakarta bisa diterima di Jayapura dengan cepat,” kata dia dalam seminar “Creating Memorable Customer Journey: Integrating Customer Experience and Digital Engagement” dilansir di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2024.
     
    Oleh karenanya, pada 2021 Sharp meluncurkan layanan service center berbasis sistem artificial intelligence bernama Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) yang tersedia dalam 24 jam. SALLI dapat diakses melalui WhatsApp untuk layanan purnajual, program penjualan terkini, hingga customer service.
     

     
    Selain itu, Sharp memiliki jaringan layanan 638 service point di seluruh Indonesia, termasuk wilayah terpencil. Lise menambahkan bahwa inovasi ini telah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Sharp menjadi 98,7 persen, mengalami kenaikan signifikan dari 87,7 persen pada tahun sebelumnya.
     
    Head of Strategy Development PT HM Sampoerna Tbk Shirley Lesmana menceritakan dampak signifikan bagi UMKM lokal dan perekonomian melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Dimulai pada 2008 dengan 57 toko, program ini kini telah berkembang menjadi 250 ribu toko anggota di seluruh Indonesia. 
     
    Menurutnya, keberhasilan SRC terletak pada pengalaman pelanggan dan hubungan sesama pemilik toko. Dengan inovasi ini, SRC tidak hanya meningkatkan omzet toko tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM melalui program Pojok Lokal, yang memperkenalkan produk lokal di toko-toko anggota. 
     
    “Adapun SRC mengimplementasikan platform digital AYO untuk meningkatkan efisiensi bisnis, dengan 90 persen toko sudah terdigitalisasi. Platform ini membantu meningkatkan omzet toko hingga 42 persen dan menghasilkan transaksi tahunan sebesar Rp5,6 triliun,” ungkapnya.
     
    Untuk itu, SWA dan Business Digest memberikan penghargaan bagi perusahaan dengan customer experience dan digital engagement terbaik. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa serta implementasi strategi engagement konsumen.
     
    Adapun para penerima Indonesia Customer Experience Award 2024 di antaranya PT Telekomunikasi Selular, IndiHome, GraPARI, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Sharp Electronics Indonesia, First Media powered by XL Axiata, KMN EyeCare, ASPIRA dan AXA Mandiri Financial Services.
     
    Sementara Indonesia Customer Experience Champions 2024 diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, AXA Insurance Indonesia, Astra UD Trucks, Urban Republic, Edelweiss Hospital, Telkom Infra dan PT Nusantara Inti Solusindo.
     
    Kemudian penerima Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry di antaranya adalah Bank DBS Indonesia, PT Finnet Indonesia, Baznas RI, PT Great Eastern Life Indonesia dan PT Infomedia Nusantara.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • BINUS University Perkuat Pendidikan Digitalpreneur di Medan untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

    BINUS University Perkuat Pendidikan Digitalpreneur di Medan untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

    Sedikit berbeda dengan kampus BINUS University lainnya, BINUS @Medan mengusung konsep Global Digitalpreneur yang berfokus pada kurikulum pendidikan untuk mencetak wirausaha berbasis teknologi dengan mindset global.

    Pimpinan BINUS @Medan, Tri Juniarty, S.Kom, M.M., menyebut, meski demikian, penerapannya akan tetap memperhatikan kearifan budaya lokal Medan dan Sumatera Utara (Sumut) pada umumnya.

    “Kami ingin generasi muda di Medan bisa menjadi pemimpin masa depan yang mampu menggabungkan teknologi digital dan bisnis global dengan budaya masyarakat lokal di sini. Jadi, mereka bisa memajukan tempat tinggal sendiri,” sebutnya.

    BINUS @Medan menonjolkan sejumlah program studi yang memadukan teknologi komputer terkini dengan ilmu bisnis. Hal ini sesuai dengan konsep Global DigitalPreneur. Pertama, ada Computer Science yang berfokus pada inovasi AI berbasis teknologi cloud agar mahasiswa bisa mengembangkan solusi bisnis dengan kecerdasan buatan.

    Kemudian, ada program studi Information Systems dengan fokus pada automasi bisnis supaya mahasiswa dapat merancang serta mengelola sistem otomatis untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis di berbagai sektor industri.

    Lalu, 2 program berikutnya yang ditawarkan BINUS @Medan lebih berfokus pada aspek bisnis dan manajemen itu sendiri, tetapi tetap memiliki sentuhan teknologi. Misalnya, ada Digital Business dengan fokus mengembangkan ekosistem untuk bisnis ramah lingkungan dengan menekankan pengembangan artificial intelligence di dalam kurikulumnya.

    “Selain itu, ada pula International Trade yang menyoroti Cloud-Based Global Trade agar lulusannya mampu menggunakan teknologi berbasis cloud computing untuk mengelola perdagangan internasional,” Tri Juniarty menuturkan.

    Terakhir, sambungnya, BINUS @Medan juga menyadari industri kreatif akan ikut berkembang pesat mengikuti kemajuan era digital. Mahasiswa yang berminat pada bidang desain dapat bergabung dalam program studi Visual Communication Design dengan fokus pada Animation Technology.

    “Program ini akan berfokus pada teknik membuat animasi dengan teknologi terkini serta storytelling yang efektif untuk menghasilkan karya visual yang dapat mendukung branding bisnis digital,” sebutnya.